Selasa, 14 April 2009

When Bad Things Happen To Good People





Saat sesuatu terjadi dan hidup tidak seperti yang Anda impikan, keraguan dapat timbul dan Anda pun mulai mempertanyakan kebaikan serta kesetiaan Tuhan. Kalau Anda tidak hati-hati, Anda bisa saja kehilangan percaya, mengkompromikan iman Anda dan kehilangan semangat dalam mengiring Tuhan. Yakobus menuliskan bagi orang percaya:

Yakobus 1:2 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,

Yakobus menyarankan untuk memperhitungkan pencobaan sebagai suatu kebahagiaan. Dia juga menyarankan agar Anda tetap mempertahankan iman Anda pada Tuhan tidak peduli tantangan-tantangan apa yang Anda hadapi. Perhatikan di sini Yakobus memakai kata ‘APABILA'. Maksudnya: pencobaan adalah bagian dari kehidupan ini!

Banyak orang berpikir bahwa mustahil hal-hal buruk bisa terjadi pada orang Kristen. Karena orang Kristen mengatakan bahwa mereka melayani Tuhan yang baik. Orang-orang Kristen seringkali diperhadapkan dengan pertanyaan ini: "Kalau Tuhanmu benar-benar baik, terus mengapa kamu mengalami hal itu dalam hidupmu?" "Kalau memang ada Tuhan, kenapa ada begitu banyak penderitaan dalam dunia ini?"

Faktanya: mustahil bisa hidup di dunia ini dan menjalani hidup dengan seluruh kesempurnaan Anda. Dan begitu Anda menyadari hal ini dan menerimanya sebagai suatu realitas, Anda akan merasakan sesuatu yang lebih baik! Anda akan mengalami ‘pencobaan' karena kita semua hidup di dunia yang sudah rusak oleh dosa.

Kita Hidup Dalam Dunia Yang Sudah Rusak

Tuhan menciptakan suatu dunia yang sempurna dan memberikannya pada Adam dan Hawa. Tetapi Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, melawan Tuhan dan oleh sebab hal itu maka kekuasaan atas dunia ini ditransfer ke setan.

Yoh 14:30 ... penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.

Ketika manusia jatuh ke dalam dosa melawan Tuhan, maka segala sesuatu di dalam dunia ini menjadi rusak. Dunia ini menjadi tidak sempurna, seperti halnya umat manusia. Jangan sampai kita menjadi naif. Kekuatan datang dari pengetahuan. Dan mengetahui fakta bahwa dunia ini sudah rusak membuat Anda siap untuk menghadapi apa yang ada di hadapan Anda!

Anda melihat jauh ke depan ke dalam kekekalan dimana segala sesuatu akan sempurna kembali. Tetapi dari sekarang sampai kekekalan tersebut, pergumulan dan penderitaan dalam hidup ini sudah bisa dipastikan. Itu adalah kabar buruknya. Tetapi kabar baiknya, walaupun ada banyak penderitaan, Anda tidak perlu kehilangan sukacita Anda dalam Tuhan, karena Yesus mengatakan:

Yoh 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu (be of good cheer), Aku telah mengalahkan dunia."

Fakta-Fakta Dasar Kehidupan

Karena dunia yang sudah rusak ini, maka manusia menghadapi 4 fakta dasar kehidupan :

1. PENYAKIT dan KEMATIAN

Walaupun Anda percaya pada kesembuhan ilahi oleh kuasa Tuhan, Anda juga harus seimbang dalam pemikiran bahwa dalam dunia yang sudah rusak ini, penyakit dan kematian adalah suatu hal yang tidak bisa dielakkan manusia. Tubuh Anda yang tidak sempurna ini rentan terhadap penuaan, luka, penyakit dan akhirnya akan mengalami kematian secara fisik. Anda dapat membaca di Alkitab bahwa orang-orang yang diurapi dan hamba Tuhan yang setia seperti Elisa, Timotius dan Epafroditus pun tidak luput dari fakta kehidupan ini.

2. KEJADIAN YANG TIDAK TERDUGA

Sering Anda mendengar bagaimana orang meninggal secara tragis, misalnya seperti dalam kecelakaan mobil, pesawat dsb. Anda juga mendengar ada bayi yang dilahirkan dengan cacat bawaan, atau mengalami kelemahan tubuh. Bayangkan bagaimana perasaan seorang ibu waktu diberitahu bahwa dia melahirkan seorang bayi yang cacat karena dia telah melakukan suatu dosa? Orang-orang Kristen harus menyadari bahwa Anda memang mempercayai kemahakuasaan Tuhan, tetapi ada hal-hal yang tidak perlu terlalu dirohanikan! Anda hanya harus menerima fakta bahwa dunia di mana kita hidup bukanlah suatu dunia yang sempurna lagi!

3. STANDAR HIDUP YANG RENDAH

Dunia yang sudah rusak di mana kita hidup ini penuh dengan peperangan, kelaparan, kekacauan, kesalahan pengaturan ekonomi, standar hidup yang rendah..... dan daftarnya masih panjang lagi. Itu sebabnya mengapa Firman Tuhan mendorong orang-orang percaya di seluruh dunia untuk berdoa bagi para pemimpin pemerintahan :

1 Timotius 2:1-2 Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, 2 untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan.

Orang-orang Kristen perlu berdoa bagi pemimpin bangsa mereka sehingga berkat serta hikmat Tuhan turun atas mereka untuk bisa mengatur bangsa dengan baik.

4. GANGGUAN KUASA KEGELAPAN

Kehidupan yang kita jalani ini merupakan suatu ‘peperangan rohani' (spiritual warfare) yang terus menerus melawan setan dan iblis-iblisnya. Yesus mengatakan :

Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan;



Anda bisa yakin bahwa setan akan melontarkan segala macam pencobaan supaya Anda marah pada Tuhan. Kebenarannya adalah: banyak orang naif dan mengabaikan fakta-fakta kehidupan. Sehingga ketika kejadian buruk menimpa, mereka menyalahkan Tuhan. Atau mereka menyalahkan orang-orang yang mengalami krisis dan menuduhnya hal itu disebabkan kurang imannya, atau telah "berbuat dosa" sehingga mengalami keadaan tsb. Yakobus menulis dalam suratnya:

Yakobus 1:3 sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

Yakobus menulis untuk membangkitkan semangat Anda bahwa Tuhan mengijinkan pencobaan terjadi untuk membangun kekuatan dan karakter di dalam Anda! Tanpa masa-masa yang sulit, iman dan kepercayaan tidak akan muncul.

KETIKA ANDA TIDAK BISA MELIHAT TANGAN TUHAN, TUHAN INGIN ANDA MEMPERCAYAI HATINYA!

Kalau Anda hanya bisa mempercayai Tuhan pada masa-masa yang baik, maka kepercayaan Anda belum teruji. Karena iman adalah mempercayai Tuhan walaupun keadaan kelihatannya memburuk.... walaupun ada aniaya.... Iman adalah tetap percaya pada Tuhan walaupun kelihatannya Anda tidak mendapatkan apa yang Anda doakan. Tuhan menggunakan pencobaan-pencobaan ini untuk menyempurnakan sesuatu yang luar biasa di dalam kehidupan Anda.

Jadi kejadian-kejadian yang buruk memang menimpa orang-orang baik. Tetapi seperti obat yang pahit tapi membawa dampak kesembuhan, penderitaan juga bisa menjadi sesuatu yang baik bagi orang Kristen. Penderitaan tidak perlu menjadi sesuatu yang fatal atau menghancurkan, sebaliknya:

1. Penderitaan adalah obat yang baik untuk KESOMBONGAN

2 Korintus 12:7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.



Paulus adalah hamba Tuhan yang menerima wahyu dari Tuhan melebihi siapa pun. Walaupun demikian dia mengalami "duri dalam daging" supaya dia tidak menjadi sombong. Tuhan jauh lebih tertarik pada karakter kita daripada kenyamanan kita.

2 Korintus 12:9 "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.

2. Penderitaan membuat kita mendekat pada KASIH KARUNIA Tuhan

Kasih karunia adalah kekuatan supernatural dari Tuhan untuk menolong Anda melakukan apa yang tidak bisa Anda lakukan sendiri. Sebagai orang Kristen, kadang Anda sombong dengan kebiasaan agamawi Anda. Anda berpikir bahwa kalau Anda suka berpuasa dan membaca seluruh Alkitab dari Kejadian - Wahyu, maka Tuhan tidak punya pilihan lain selain mengabulkan apa yang Anda doakan. Tetapi ketika Anda mengalami penderitaan karena Injil, Anda bisa bersandar pada kekuatan supernatural Tuhan untuk mengalahkan segala macam ketakutan dan penderitaan dan makin mendekat pada Yesus! Bahkan sebenarnya kalau tidak ada penderitaan, maka Anda cenderung untuk berleha-leha dan santai dalam jalan hidup Anda mengiringi Tuhan.

3. Penderitaan adalah tempat latihan KEKUATAN kita

Cara satu-satunya untuk melatih otot-otot Anda adalah dengan mengangkat beban berat. Penderitaan itu seperti "angkat berat" untuk melatih otot-otot Anda. Yesus akan segera datang untuk gereja yang murni dan kuat!

4. Penderitaan memberitahu kita KEASLIAN IMAN kita

Coba cek untuk melihat keaslian iman Anda dalam Tuhan. Apakah Anda tetap berapi-api mengasihi Yesus (love Jesus passionately)? Kalau doa Anda tidak dijawab? Kalau hidup Anda jadi sukar karena Anda orang Kristen? Kalau Anda tahu bahwa mengikut Tuhan berarti Anda harus membayar harga yang mahal, apakah Anda akan tetap mengiringi-Nya? Penderitaan memberitahu keaslian iman kita.

1 Petrus 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Tuhan mengijinkan Anda melewati api pencobaan sehingga Anda bisa melihat diri Anda sendiri seberapa jauh kita mau mengikut Yesus! Tetapi banyak orang Kristen yang menyerah dan melepaskan Tuhan serta nasib kekekalan mereka (destiny) dengan mudah. Anda ingin mengiring Yesus melewati padang berumput hijau. Tapi apakah Anda mau mengikut Dia ke salib? Marilah kita menjadi orang kristen sejati yang sungguh-sungguh hidup bagi Tuhan, bukan hanya karena berkat Tuhan!



Setiap kita punya keterbatasan dalam hidup ini. Oleh sebab itu kita memerlukan teman yang bisa membawa kita ke level yang lebih tinggi dalam hidup ini dan menjalin hubungan dengan mereka. Berhubungan dengan teman yang baik akan menghasilkan hal-hal yang positif. Untuk bisa menjangkau orang lain dan mempengaruhinya, maka kita harus menghormati mereka.

Lukas 19:1-7, Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: "Ia menumpang di rumah orang berdosa."

Prinsip yang perlu kita pelajari dari Yesus sewaktu Dia menjangkau Zakheus : hormati orang yang ingin Anda pengaruhi.

Kalau Anda ingin mempengaruhi seseorang, jangan sampai Anda tidak menghormati mereka. Semua perusahaan melakukan hal ini. Waktu mereka memberi hadiah, waktu kita membeli produk mereka, maka prinsipnya adalah : hormati orang yang ingin kita pengaruhi. Dan penghormatan itu bertujuan supaya bisnis mereka bisa lancar dengan kita. Yesus tahu prinsip ini, jadi Dia melakukannya.

Dengan mampir ke rumah Zakheus, mungkin tidak terlalu lama, maka saat itu Yesus sedang menghormati Zakheus. Itu sebabnya Dia tidak perduli dengan keberatan-keberatan orang banyak. Karena Dia tahu bahwa dengan mempengaruhi kehidupan Zakheus, mungkin Dia bisa mengubah kehidupan Zakheus selamanya.

Lukas 19:8, Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

Pengaruh Yesus begitu luar biasa sehingga mengubah seorang ‘pengambil' menjadi seorang ‘pemberi' (taker become giver). Zakheus begitu terpesona oleh tindakan Yesus yang menghormati dia, seorang pemungut cukai.

Lukas 19:9-10, Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Mengapa Yesus katakan, "Hari ini telah terjadi keselamatan...? Karena orang ini pada saat itu juga telah dibebaskan dari keserakahannya! Dia juga telah dibebaskan dari kehendak jahatnya untuk menekan serta mengeksploitasi orang.

Dan kalau orang ini telah dibebaskan, maka orang-orang miskin pun mengalami kebebasan dari akses-akses yang secara normal tidak bisa mereka miliki untuk mendapatkan uang atau berkat.

Tuhan memberkati Anda untuk menjadi berkat bagi orang lain. Tuhan tidak memberkati Anda supaya Anda bisa berdiri dan berkata, "Lihat, aku adalah orang yang diberkati!" Tuhan memberkati Anda supaya bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Dan waktu Anda memahami hal ini dan menjadi saluran berkat, maka Anda akan melihat bagaimana Tuhan akan memberkati Anda dengan berlimpah sehingga Anda harus mencari-cari orang untuk bisa diberkati. Jadi Yesus menyadari betapa pentingnya untuk menjangkau orang-orang yang bisa memberikan pengaruh ke setiap segmen masyarakat.

Setelah melakukan hal ini, Yesus kembali berpaling kepada murid-murid-Nya karena mereka sangat terkejut melihat Yesus bergaul dengan pemungut cukai.

Lukas 19:11, Untuk mereka yang mendengarkan Dia di situ, Yesus melanjutkan perkataan-Nya dengan suatu perumpamaan, sebab Ia sudah dekat Yerusalem dan mereka menyangka, bahwa Kerajaan Allah akan segera kelihatan.

Yang sebenarnya terjadi adalah Yesus sedang mendemonstrasikan apa yang akan ia terangkan lewat perumpamaan. Yesus menggunakan Zakheus sebagai contoh kehidupan dari perumpamaan untuk menjelaskan interaksinya dengan Zakheus.

Setelah itu, Yesus menyampaikan perumpamaan tentang mina (ay. 12 dst) yang sebenarnya berbicara tentang prinsip-prinsip RETURN OF INVESTMENT.

Alkitab juga memuat prinsip-prinsip tentang bagaimana caranya agar dapat mencapai pencapaian-pencapaian besar (high achiever) dalam kehidupan. Tetapi dalam kosa kata Alkitab disebut sebagai PEMENANG. Dunia menyebut high achiever tetapi Alkitab menyebut overcomers - Pemenang / Orang yang Mengalahkan Dunia!

I Yohanes 5:4, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan (overcome) dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

Ada beberapa ciri dari orang yang mencapai hal-hal besar atau high achiever :

1. Pemenang KURANG SENSITIF terhadap kekecewaan dan penolakan

Orang-orang yang terlalu sensitif terhadap kekecewaan dan penolakan, akan menghadapi saat-saat yang berat dalam kehidupan mereka. Karena waktu mereka mengalami kekecewaan, maka kekecewaan tersebut akan menghancurkan mereka. Orang-orang yang terlalu sensitif terhadap penolakan biasanya takut melakukan sesuatu karena mereka takut ditolak.

Tetapi pemenang adalah orang yang berani melangkah dengan iman walaupun dia tahu mungkin akan ada penolakan, akan ada kekecewaan. Anda harus sadari bahwa di dalam dunia ini, waktu Anda mencoba melakukan sesuatu, selalu ada kemungkinan ada orang yang tidak bisa menerimanya.

Yesus memahami hal ini waktu Dia menyampaikan perumpamaan tentang penabur (Matius 13). Ada benih yang jatuh di pinggir jalan, di tanah berbatu, di semak duri dan beberapa jatuh di tanah yang bagus. Yesus menyadari bahwa selalu akan ada kondisi yang berbeda. Jadi dengan segala aspek, Anda harus menyadari bahwa Anda tidak mendapatkan hasil dari semua tempat dimana Anda melakukan invest. Dalam istilah bisnis namanya adalah DIVERSIFIKASI. Itu sebabnya Anda harus invest di bidang-bidang yang berbeda, menabur banyak benih. Ada berbagai macam jenis tanah. Sehingga kalau Anda menabur semakin banyak benih, kemungkinan jatuh di tanah subur juga semakin besar.

2. Pemenang MENGELILINGI dirinya dengan orang-orang yang positif

Daud dikeliling oleh orang-orang terbaik waktu dia ada di takhtanya. Dalam kitab Tawarikh Anda akan membaca berbagai macam prajurit yang sangat bertalenta. Kalau Anda dikelilingi oleh orang-orang yang sangat talented, Anda adalah pemimpin yang punya rasa aman.

Dalam bisnis, yang membuat Anda bisa naik level adalah HUBUNGAN yang datang dalam hidup Anda. Hidup adalah jaringan dari hubungan. Itu sebabnya orang yang sukar menjalin hubungan, sukar juga membangun jaringan dalam kehidupan.

Markus 2:1-5, Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah. Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintu pun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka, ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang. Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"

Dalam Markus 2:5 dikatakan bahwa Yesus bukan melihat iman orang lumpuh tersebut tetapi iman teman-temannya. Pemenang adalah orang-orang yang membuat dirinya dikelilingi oleh orang-orang yang positif. Seseorang bisa dikenali dari teman-temannya. Seseorang dipengaruhi oleh teman-teman yang mereka miliki.

Orang lumpuh ini tidak bisa datang kepada Yesus. Jadi teman-temannya mencarikan jalan bagi dia untuk bisa datang kepada Yesus. Teman-temannya membawa dia untuk bisa mengatasi keterbatasannya.

Anda memerlukan teman-teman yang bisa membawa Anda mengatasi keterbatasan Anda. Itu sebabnya orang-oranglah yang akan membawa Anda ke level yang lebih tinggi dalam hidup ini. Hubunganlah yang akan membawa Anda ke level yang lebih tinggi dalam bisnis.

Setiap kita punya keterbatasan. Anda memerlukan orang-orang yang lebih tahu dari Anda, lebih berpengalaman dari Anda. Identifikasikan keterbatasan-keterbatasan Anda, kemudian kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang bisa membawa Anda melampaui keterbatasan tersebut. Kalau Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif, Anda akan mendapatkan hasil yang positif. Kalau Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang negatif, maka Anda akan mendapatkan hasil yang negatif.

Jadi kalau Anda berpikir positif, maka Anda akan menarik orang-orang yang positif, Anda akan menarik situasi yang positif. Kalau Anda berpikir tentang kesempatan, maka Anda akan menarik kesempatan.

Akan ada waktu-waktu di mana Tuhan meresponi kebutuhan Anda berdasarkan hubungan yang Anda bangun. Tuhan mengumpulkan Anda dengan hubungan tersebut sehingga dari situ Anda mendapatkan pertolongan. Tetapi ada sisi negatif dari prinsip ini. Akan ada waktu-waktu di mana Tuhan tidak bisa meresponi kebutuhan Anda karena hubungan-hubungan yang Anda bangun. Karena kalau Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang negatif, Anda dikelilingi oleh orang-orang yang tidak mengasihi Anda tetapi menyesatkan Anda. Itu berarti Tuhan akan tetap membawa berkat kepada Anda, tetapi mereka akan mengambil keuntungan atas berkat-berkat Tuhan dalam kehidupan Anda. Akan ada waktu-waktu di mana Tuhan ingin membawa sesuatu dalam kehidupan Anda, tetapi hubungan Anda menghalangi hal-hal tersebut.

Kitab Mazmur mengatakan bahwa lewat ketidakpercayaan mereka, maka orang Israel membatasi Tuhan dari hal-hal yang sebenarnya telah Tuhan siapkan bagi mereka.

Markus 2:10-12, Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --:"Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan orang itu pun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: "Yang begini belum pernah kita lihat."

Teman-temannya memuji Tuhan karena orang lumpuh ini disembuhkan. Sahabat adalah orang-orang yang menopang Anda untuk sementara, tetapi tujuan utama mereka adalah membawa Anda ke tempat di mana Anda bisa mandiri. Karena kalau mereka menopang Anda terlalu lama, Anda bisa merubah teman jadi musuh.

Amsal 25:17, Janganlah kerap kali datang ke rumah sesamamu, supaya jangan ia bosan, lalu membencimu.

Teman itu memang perlu, untuk menopang Anda, untuk mengangkat Anda. Tetapi tujuan utamanya adalah agar Anda bisa mandiri.

Edwin van der sar, Manuel Almunia, Petr Cech, dan Pepe Reina, muka asing penjaga klub Inggris. (Foto: Getty Images)

Inggris 3, Italia 0
Sebuah Ironi dari Bawah Mistar

Situasi di first knock-out round Liga Champion 2008/09 mengarah ke klub-klub Inggris. Dari tiga duel klub Inggris versus Italia, negeri Pangeran Charles unggul atas jagoan Negeri Piza. Skornya bisa disebut 3-0 ketika hasil imbang 0-0 yang didapat Man. United di kandang Inter Milan dianggap sebuah keunggulan. Dua klub lain, Arsenal dan Chelsea, sanggup menang 1-0 atas AS Roma dan Juventus.

Fenomena lain? Lihatlah, tak satu pun gol bisa bersarang ke gawang wakil-wakil Premier League di Liga Champion. Termasuk Liverpool, yang menang 1-0 di markas Real Madrid. Hanya, ada catatan miris saat menonjolkan prestasi anggota The Big Four Premier League. Tak satu pun dari keempat jawara Inggris ini memiliki penjaga gawang utama pria lokal. Bila mengutip sindiran para pengamat di Eropa, klub-klub Inggris tak memercayai kiper sendiri. Selama ada uang, mereka memilih sosok tangguh di bawah mistar dari negara lain.

Bila kita memakai hitungan statistik di 16 besar Liga Champion, hanya ada 3% penjaga gawang Inggris. Sial bagi Fabio Capello, pria Italia yang menangani The Three Lions, ia tak bisa memakai pengalaman berharga di Liga Champion untuk membawa Steven Gerrard dkk. meraih tiket Piala Dunia 2010.

Peluang terdekat untuk itu hanya ada pada Ben Foster, goalkeeper berusia 25 tahun yang sekali diberi kesempatan oleh Sir Alex Ferguson. Setelah Foster, kiper ketiga Man. United, Capello disodorkan pemuda berusia 18 tahun. Namanya Ben Amos, pilihan keempat Sir Alex.

Tidakkah insan-insan sepakbola Inggris rindu memiliki kiper setangguh Peter Shilton atau David Seaman? Sungguh sebuah ironi. Ketika Premier League menyebut diri sebagai liga terbaik dan rumah bagi para pesepak bola kelas wahid, mereka tidak menyediakan seorang kiper untuk mengharumkan nama negara.

Bukankah pengalaman dalam pertandingan kelas atas akan mematangkan performa seorang penjaga gawang? Spanyol mengirimkan 15 kiper di pentas LC 2008/09 dari 64 goalkeeper yang terdaftar di UEFA. Ini fondasi kokoh untuk membangun tim nasional. Hasilnya sudah terbukti, trofi Piala Eropa 2008.

Edwin van der Sar, Petr Cech, Manuel Almunia, dan Pepe Reina telah mengantarkan klub-klub Inggris berstatus clean-sheet di matchday 1 fase 16 besar. Kiper seperti David James (Portsmouth), Joe Hart (Manchester City), Robert Green (West Ham United), hingga Chris Kirkland (Wigan Athletic) jelas bermimpi seperti itu.

Kapan publik Inggris akan melihat putra-putra lokal mereka berjibaku di ajang paling elite antarklub Eropa itu? Sebuah pertanyaan yang tentunya harus dijawab melalui keterampilan di bawah mistar di laga-laga domestik terlebih dahulu.

Tapi, tanpa kesempatan dari klub-klub kaya pelanggan LC, tim nasional Inggris akan tetap merana karena dominasi kiper-kiper asing di rumah mereka. Sungguh sebuah ironi dari negara kaya yang mengaku penemu sepak bola. (Weshley Hutagalung)





Ben Amos

Satu dari empat kiper yang didaftarkan Man. United ke UEFA adalah Ben Amos, pria Inggris kelahiran Macclesfield. Pemilik nomor punggung 40 ini baru berusia 18 tahun. Musim ini, ia belum mencicipi aroma pertandingan sesungguhnya, domestik dan internasional di panggung Liga Champion.

Peluang Ben Amos, mantan gelandang semasa remaja, sangat berat. Ia menjadi pilihan keempat Sir Alex. Tapi, tim nasional Inggris U-19 membutuhkan kehebatannya. Salah satu yang menonjol adalah saat duel adu penalti. (wesh)





Ben Foster

Di Premier League, penampilan Ben Foster masih nol. Tapi, Sir Alex pernah menurunkannya di kancah LC saat Man. United menahan Celtic 1-1 di kandang lawan. Inilah satu-satunya kiper asli Inggris yang pernah mengecap LC 2008/09.

Usia Foster sudah 25 tahun. Ia dikejar waktu agar bisa mekar bersama United dan dipercaya mengawal gawang timnas Inggris. Sebuah penampilan gemilang di final Piala Liga 2009 tak cukup untuk membuat eks Stoke City ini matang sebagai penjaga gawang utama Inggris menuju Piala Dunia 2010. (wesh)

Kolom
PENGALAMAN VERSUS KESEMPATAN

Kiper Lokal
SEBUAH TANTANGAN YANG SULIT

--





Pemain Cedera
Saat Otot Tak Kuat Lagi

Sejumlah pemain bertumbangan cedera di giornata 27 akhir pekan lalu. Menjadi kebetulan yang menarik ketika melihat cedera terparah dialami tiga peserta Liga Champion dari Serie A: Inter, Roma, dan Juventus.

Inikah pertanda para pemain ketiga klub tersebut sudah terlalu banyak bermain? Mungkin otot mereka sudah tidak kuat lagi diterpa jadwal gila yang kepadatannya memuncak pada periode Februari-Maret ini.

Inter kehilangan dua bek tengahnya, Nicolas Burdisso dan Marco Materazzi, dalam 30 menit pertama laga melawan Genoa. Burdisso mungkin akan absen hingga akhir musim setelah tendon di paha kanan dan ligamen di lutut kirinya sobek. Matrix menderita ketegangan otot paha kiri dan bakal dirawat selama lebih kurang tiga minggu.

Juventus akan kehilangan gelandang jangkar Momo Sissoko, mungkin dalam waktu satu hingga dua bulan. Tulang metatarsal kelima di kaki kiri Sissoko patah setelah dia bertabrakan dengan pemain Torino dalam derby della Mole. Sissoko menjadi korban terbaru dalam daftar cedera Juve yang seperti tidak bisa berhenti sejak awal musim.

Situasi Roma juga serius. David Pizarro dan Cicinho mengalami cedera ketika I Lupi ditahan Udinese 1-1. Cedera Cicinho paling gawat karena ada kemungkinan kompetisi musim 2008/09 sudah berakhir untuk dirinya.

Ada kekhawatiran Cicinho mengalami kerusakan ligamen atau tendon di lutut kanannya. Bek kanan asal Brasil itu sudah merasakan ada masalah setelah laga melawan Udinese. Kondisinya bertambah parah setelah menjalani sesi latihan pertama pascalaga giornata 27.

Tidak kurang dari 12 pemain Inter, Roma, dan Juventus sekarang berada di meja perawatan. Ini tidak termasuk mereka yang kondisi fisiknya tidak fit. Jumlah itu terasa terlalu banyak di saat I Nerazzurri, I Lupi, dan I Bianconeri justru harus menghadapi pertandingan hidup-mati sepanjang bulan ini. (wid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar