Selasa, 28 April 2009

Hidup Dalam Kekudusan




Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Salah satu definisi kekudusan adalah berada dalam keadaan murni. Dalam bahasa Ibrani, kudus adalah "kadosh" artinya naik lebih tinggi. Dalam bahasa Inggris, definisi kudus adalah "cut above" artinya di atas rata-rata. Tuhan memanggil kita untuk naik ke standar-Nya, untuk hidup sebagaimana Dia hidup dan berpikir sebagaimana Dia berpikir. Inilah panggilan Tuhan bagi gereja-Nya: "Kuduslah kamu, sebab Aku kudus".

Orang yang sombong berpikir bahwa ia dapat mencapai kekudusan dengan mengandalkan kekuatannya untuk mentaati berbagai peraturan. Sebaliknya, orang yang rendah hati tahu bahwa ia tidak dapat mencapainya. Ia bergantung pada anugerah dan kekuatan Allah; dan Allah memberikan anugerah kepada orang yang rendah hati. Kekudusan adalah pekerjaan anugerah Allah, bukan hasil kekuatan daging. Sebab tanpa kasih karunia Tuhan, tidak ada orang yang mampu hidup dalam kekudusan. Namun demikian, seringkali kita berpikir, apakah mungkin hidup kudus?
Roma 12:1
Karena itu, saudara-saudara demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah; itu adalah ibadahmu yang sejati.

Dalam alkitab versi NKJ, "ibadahmu yang sejati" dikatakan sebagai ''your reasonable service". Reasonable artinya dapat dijangkau, berada dalam jangkauan kemampuan. Dengan kata lain, hidup dalam kekudusan adalah kehidupan yang dapat dijangkau dan merupakan kehidupan Kristen rata-rata, bukan sesuatu yang mustahil. Nah, bagaimana kita dapat hidup dalam kekudusan?

1. Hidup Dalam Takut Dan Hormat Akan Tuhan
Ibrani 12:28
Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

2. Belajar Firman Tuhan

Belajar firman Tuhan sebab Firman adalah ilham Allah.
2 Timotius 3:16
Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Dalam bahasa Gerika, ilham adalah "Teos neuma" artinya nafas Allah.

3. Memperbarui Pikiran Dengan Firman
Roma 12:2
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaruan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Dalam bahasa Inggrisnya "be transformed" artinya menyeberang dari dunia, naik ke tempat yang lebih tinggi. Sekalipun kita hidup di dunia, tetapi berjuang untuk bersikap sama seperti Tuhan.

4. Fokus Pada Karakter Tuhan Dan Bukan Pada Peraturan-Nya

Karena peraturan mematikan, tetapi karakter dan kasih karunia-Nya memampukan kita hidup kudus. Law gives you the picture of holiness, but grace gives you the power to live holy.

Ketika Tuhan memberi perintah, maka Dia juga akan memberikan kasih karunia-Nya agar kita mampu melakukan perintah-Nya. Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.


---
Keluar Dari Sumur Dengan Kemenangan


Perjalanan hidup Yusuf adalah cermin dari perjalanan hidup kita untuk mencapai akhir yang sukses seperti yang Tuhan inginkan. Perjalanan Yusuf terdiri dari dua jalur: jalur penderitaan dan jalur kelimpahan. Yusuf harus masuk lebih dulu pada jalur penderitaan sebelum ia berada pada jalur kelimpahan.

Penderitaan Yusuf mungkin menggambarkan pengalaman Anda sekarang. Anda mungkin sedang diperlakukan secara tidak adil oleh orang-orang terdekat Anda. Anda disakiti, dibuang, ditolak, masa depan Anda dicuri. Anda mungkin masuk ke dalam sumur tersinggung (pit of offence) atau sumur kegagalan (pit of failure). Di dalam sumur manapun, Anda harus belajar memberikan respon yang tepat untuk bisa mencapai penggenapan janji-janji Tuhan yang luar biasa.

Kita belajar enam hal dari Yusuf yang membuatnya keluar dari sumur dengan kemenangan.

1. Tidak Mentoleransi Kondisi Sumur

Jangan pernah mentoleransi kondisi sumur di mana Anda sedang berada. Kalau kita mentoleransi, artinya kita menerimanya dan memaklumkannya sebagai sesuatu yang wajar. Ketika Anda tidak mentoleransi kondisi Anda di sumur, Anda menciptakan masa depan yang baru.

2. Kenali Serangan Setan Yang Mau Membatalkan Promosi Dari Tuhan

Serangan setan selalu datang pada setiap orang yang akan dipromosi oleh Tuhan. Anda memiliki potensi dan setan mau mematikannya. Tetapi ingat, tidak ada mahkota tanpa salib, tidak ada kemenangan tanpa pertentangan.

3. Fokus Pada Janji Tuhan Dan Bukan Pada Apa Yang Sudah / Sedang Terjadi

Pecundang fokus pada apa yang dia telah / sedang alami tetapi pemenang fokus pada masa depan, pada ke mana dia akan pergi. Jika Anda ingin keluar dari sumur, fokus pada ke mana Tuhan mau Anda berada bukan pada apa yang Anda sedang alami.

4. Tolak Reaksi Kepahitan

Sewaktu Anda berada di lubang sumur, bagaimana reaksi Anda terhadap orang yang melempar Anda ke sumur? Reaksi Anda menentukan bagaimana perlakuan Tuhan terhadap Anda. Lukas 6:31 berkata: "Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka". Akan tiba harinya, Anda akan tuai apa yang Anda tabur. Jika Anda ingin Tuhan menolong Anda pada waktu Anda sedang dalam masalah, Anda lebih baik menolong orang lain yang sedang dalam masalah terlebih dulu.

5. Ketahui Bahwa Orang Yang Menyebabkan Anda Menderita Tidak Mengontrol Masa Depan Anda

Orang yang menyebabkan Anda menderita saat ini, tidak bisa mengontrol kenikmatanmu di masa depan. Yusuf disakiti, dikhianati dan dijual oleh kakak-kakaknya, tapi mereka tidak bisa mengontrol kebahagiaan Yusuf di masa depannya. Yusuf tetap menjadi penguasa di seluruh tanah Mesir.
Yesaya 60:14
Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."

6. Menangkan Peperangan Dengan Iman Dan Firman

Jika Anda masuk ke sumur, ingat bahwa Anda tidak bisa memenangkan peperangan rohani ini dengan logika. Anda hanya bisa memenangkannya dengan iman dan pengetahuan firman.

Perjalanan hidup Yusuf melalui lubang sumur adalah persiapan pembentukan karakternya untuk sesuatu yang besar yang sedang Tuhan kerjakan. Jika Anda tekun, tabah, setia berjalan dengan Tuhan, dan maju terus selama Anda berada di jalur penderitaan, Anda akan melihat diri Anda masuk di jalur kelimpahan dalam kehidupan Anda.

Lassana “Lass” Diarra
Sukses Hasil Latihan

Sabtu kemarin, kartu kuning yang diterima Lassana Diarra membuatnya absen saat Real Madrid melakoni jornada 32 dengan menjamu tetangganya, Getafe (21/4). Posisinya sebagai gelandang bertahan dipuji telah menstabilkan perjalanan El Real musim ini.

Lass Diarra, memuji kedisiplinan yang diterapkan Juande Ramos. (Foto: AFP)

Dari tak kenal, Lass menye but sosok Juande Ramos adalah faktor penting keberhasilan Real Madrid untuk terus menekan Barcelona di puncak klasemen. Mereka tak terkalahkan sejak tumbang 0-2 di Camp Nou pada jornada 15 (13 Desember 2008). Tujuh kemenangan beruntun di partai away La Liga menyamai rekor Madrid yang tercipta musim 1960/61.

Apa saja pendapat mantan gelandang Le Havre, Chelsea, Arsenal, dan Portsmouth berusia 24 tahun itu? Berikut rangkuman wawancara Lass, yang dikutip dari berbagai sumber, termasuk situs Real Madrid dan El Mundo Deportivo.

Kemenangan atas Recreativo menyamai rekor kemenangan partai away Madrid.

Ya, saya diberi tahu setelah pertandingan. Kami hanya ingin terus meraih kemenangan agar upaya mempertahankan gelar tetap hidup.

Apa yang mengejutkan Anda dari seorang Juande Ramos.

Semula saya tak kenal dengannya walau sebelumnya pernah mendengar nama Juande Ramos. Dia seorang pelatih yang sangat disiplin. Berkat dia, Real Madrid masih berjuang mengejar gelar juara liga.

Kemenangan atas Recreativo adalah berkat kerjanya yang baik. Saya sangat bahagia. Dia menjadi bagian penting dari hidup saya.

Punya gambaran seperti apa Madrid musim depan?

Saya hanya fokus pada kemenangan dan perjalanan musim ini. Saya ingin memenangi liga dan tak mau memikirkan musim depan. Semua tergantung pengurus klub.

Tanpa kehadiran Anda, Madrid akan kehilangan saat melawan Getafe?

Madrid akan menang tanpa saya di dalamnya. Saya hanya seorang pemain, yang memenangi pertandingan adalah seluruh anggota tim. Skuad kami dihuni banyak pemain berkualitas. Saya yakin Madrid akan menang.

Barcelona akan tampil sehari setelah Madrid menjamu Getafe. Bagaimana perasaan para pemain?

Kami akan fokus untuk berusaha meraih kemenangan di setiap pertandingan. Normalnya, kami akan mencari tahu apa yang terjadi bila mereka bermain sebelum Madrid. Tapi, kemenangan adalah yang terpenting, tak peduli kapan Barcelona bermain.

Wesley Sneijder cedera cukup parah dan mungkin absen beberapa minggu. Apa bedanya bermain bersama Sneijder dan Fernando Gago?

Keduanya adalah pemain brilian. Sneijder lebih ofensif dan bermain ke depan. Gago selalu ada di dekat saya. Itu bedanya. Saya senang bermain dengan keduanya bersamaan. Mereka pemain berkualitas.

Menurut Anda, apa yang membuat pertahanan Madrid semakin baik?

Kami saling mengerti satu sama lain. Tapi, kunci sukses Madrid adalah apa yang kami lakukan saat latihan.

Anda selalu dibandingkan dengan Claude Makelele, gelandang yang sukses di Real Madrid. Tidak merasa terganggu?

Sebuah kehormatan bila saya dibandingkan dengan Makelele. Saya tak merasa terganggu karena dia seorang pemain hebat. Lagi pula, saya mengenalnya secara personal dan kami pernah bermain bersama. Tapi, tentu saja saya ingin dikenal sebagai Lassana Diarra karena kami orang yang berbeda. (Weshley Hutagalung)


---





The Blues Main Cantik dan Menang
Manajemen Risiko ala Hiddink

Jose Mourinho tak bisa disangkal adalah pelatih yang paling berhasil sepanjang sejarah Chelsea. Dalam kurun tiga tahun pelatih asal Setubal, Portugal, itu merengkuh lima trofi bergengsi bagi The West Londoners.

Guus Hiddink, bisa menyesuaikan pilihan taktik yang pas dengan stok pemain Chelsea. (Foto: Getty Images)

Pencapaian ini membuat reputasi Luiz Felipe Scolari, sebagai pelatih peraih Piala Dunia pertama di kompetisi Premier League, terabaikan. Namun, The Observer menyebut fenomena kebangkitan instan Chelsea di tangan Guus Hiddink tidak lepas dari kehadiran Avram Grant dan Felipao.

Disebutkan di sana bahwa bila Hiddink datang langsung sepeninggal Mourinho, transisi yang terjadi belum tentu semulus sekarang. Tak ada yang bisa menyaingi The Special One dalam memotivasi, memainkan suasana off-field, dan melakukan penjabaran taktik secara detail.

Dibanding Mourinho, Hiddink pun kalah teliti. Meneer Belanda itu tidak pernah membagikan beberapa lembar catatan berisi analisis kekuatan calon lawan berikutnya, seperti yang dulu dilakukan Mourinho bagi John Terry dkk.

Tapi, karena kehadiran Hiddink lebih dulu diselingi Avram dan Felipao, figur eks pelatih timnas Korea Selatan itu jadi terlihat lebih baik.

Dibanding Avram dan Felipao, yang sulit berkomunikasi lisan dan memberi penekanan pada aspek-aspek taktik tertentu di lapangan, Hiddink memang cenderung lebih luwes dan mengulas segala sesuatunya secara aplikatif.

Unggul Jam Terbang

De Telegraaph menilai kelebihan Hiddink yang tidak dimiliki Mourinho adalah kemampuannya meracik tim dengan cepat sesuai kebutuhan terkini.

Ini lantaran lelaki kelahiran Varsseveld itu terbiasa menangani timnas (Belanda, Korsel, Australia, Rusia) yang hanya punya waktu berkumpul 1-2 hari sebelum berlaga di kualifikasi Piala Dunia atau Euro. Bandingkanlah itu dengan kenyataan bahwa Mourinho sama sekali tidak punya jam terbang di timnas.

So, banyak dugaan prematur media Inggris di saat kedatangan Hiddink ke Stamford Bridge kini menjadi keliru. Tabloid-tabloid London awalnya menyebut lelaki Belanda itu membutuhkan sebuah preseason yang spartan guna membangun sebuah tim kuat.

Masuk di pertengahan musim dengan amunisi pemain yang bukan pilihannya akan membuat Hiddink terlihat seperti orang bodoh. Ini jelas lantaran kebiasaan sang pelatih menerapkan permainan cepat yang menguras stamina pemain untuk memenangi sebuah laga ketat.

Kenyataannya, kini Roman Abramovich justru mendapatkan apa yang tidak diperolehnya dari Mourinho tanpa harus bermodalkan pengondisian panjang. Ketimbang The Special One yang lebih cenderung pragmatis dan mementingkan hasil akhir, Hiddink dinilai bisa memancing potensi Chelski bermain agresif dan atraktif.

Selalu Bermain Positif

Amatilah bagaimana ketika The Blues bermain imbang 4-4 dengan Liverpool di perempat final Liga Champion yang baru lalu. Daripada mengkhawatirkan timnya kebobolan, Hiddink lebih suka mengarahkan fokus anak buahnya untuk menjebol gawang lawan.

Mindset untuk selalu bermain positif adalah kunci keberhasilan Chelsea saat ini.

“Memperlihatkan upaya maksimal untuk mencetak gol akan mengundang apresiasi yang lebih baik dari siapa pun ketimbang sekadar mengamankan kemenangan dengan bermain bertahan,” kata Hiddink pada Guardian.

Uniknya, di sisi yang berseberangan pelatih yang sama mengakui amat membenci kekalahan yang datang akibat timnya bermain terlalu terbuka.

“Semua menyangkut manajemen risiko. Pada suatu saat, saya lebih senang tim saya bermain habis-habisan menyerang dan menang setelah lebih dulu tertinggal. Tapi, di saat yang lain saya juga meminta anak-anak bermain aman bila kondisi fisik mereka tak memungkinkan,” tambah figur yang sempat dituduh melakukan penggelapan pajak itu.

Itulah juga sebabnya Hiddink lebih suka menyesuaikan taktik dengan stok pemain yang tersedia ketimbang meminta timnya tampil dengan patron tertentu secara kaku. Adaptif, agresif, dan rasional, itulah karakter pemenang yang sudah merasuki Hiddink dalam kurun hampir tiga dekade melatih sepak bola. (Darojatun)

How to Find Stocks for a Recession?
Investors are as worried about recession as the Federal Reserve is about inflation, and at the first signs of a slowdown, stock pickers and regular investors start thinking about how to protect their portfolio from the incipient slowdown. While a recession doesn't necessarily mean all sectors perform poorly, it is a challenging time to hold stocks. However, if you know how to invest during rough patches, you can survive, if not thrive, during a recession.

Instructions

Step 1 - Pick stocks that have huge double- or triple-digit growth. In spite of other drawbacks a company may have, if you invest in stocks with massive growth, a slowdown will not affect the growth of the stock very much. Make sure this growth, however, is not at the expense of other factors.

Step 2 - Look for stocks that are undervalued based on the company's assets and cash flows. Find good stocks that are disliked during a recession because of external factors and not because of the viability of the company.

Step 3 - Opt for companies that have economic independence and are not vulnerable to the fluctuations of the U.S. economy. Good examples are debt collection agencies and companies that have a good part of their revenues coming from overseas.

Step 4 - Select defensive stocks that focus on drugs or food. These goods are necessary even in down times, and people don't stop eating just because there is a recession.

Step 5 - Protect yourself with dividend stocks. Companies that offer a high dividend yield will be like shelter in a storm and will give you income even in difficult times.

Tips & Warnings

- Know that even in a recession, there is always a part of the economy that is working. Try to find the sector that is healthy in downtimes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar