Jumat, 17 April 2009

9 Fakta Sikap





Sikap kita adalah penentu dari kesuksesan dan kegagalan hidup kita. Sikap Ilahi akan membawa Anda kepada penggenapan destinasi Tuhan. Anda bisa saja memiliki harta, jabatan, kekuasaan ataupun ketenaran, tetapi kemampuan Anda dalam memenangkan setiap tantangan tetap bergantung dari sikap yang Anda miliki.

Di renungan minggu ini kita akan melihat lebih dalam tentang karakteristik-karakteristik sikap. Kita akan mengupas fakta-fakta tentang sikap menurut pandangan Alkitab. Berikut adalah sembilan fakta sikap:

1. Sikap bersifat memajukan - Attitude is advance

Karakteristik dasar dari sikap Anda adalah bahwa sikap kita tidak bisa statis dan diam di tempat. Sikap berhubungan erat dengan pengalaman yang Anda peroleh. Setiap hari kita harus belajar mengenai sikap kita. Jadi, sikap Anda tiga tahun yang lalu seharusnya tidak sama lagi dengan yang sekarang. Cara Anda meng-handle­ situasi seharusnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

2. Sikap berakar ke dalam, bukan ke luar - Attitude roots inward, not outward

Sikap Anda akan berakar dan merambah ke dalam karakter Anda. Ini berarti Anda tidak akan bergantung dengan keadaan di luar untuk bersikap Ilahi.

3. Sikap yang baik akan menjaga mulut dan hati Anda - A good attitude will guard your word and your heart

4. Sikap itu setiap hari - Attitude is everyday

Anda tidak bisa bersikap sesuai Alkitab hanya di perkumpulan orang Kristen dan di gereja. Bagaimana Anda di luar sel dan di luar hari minggu, begitulah Anda di hari minggu dan di sel. Apostle Indri pernah berkata, "Siapa engkau sebenarnya adalah sewaktu Anda sedang sendirian dan tidak ada orang lain di sekitar Anda."

5. Akibat sikap saya bisa berjangka pendek atau panjang - My attitude has a long and short-term effect

Bagaimana sikap Anda hari ini akan menentukan sikap Anda besok. Sikap Anda hari ini adalah hasil dari pilihan sikap Anda di masa lampau. Seorang penulis dan pengkhotbah terkenal di Amerika, Max Lucado, berkata seperti ini: "Today's thoughts are tomorrow's actions and today's lust is tomorrow's adultery." - "Pikiran hari ini adalah tindakan di hari esok dan pikiran penuh nafsu hari ini adalah perzinahan di hari esok."

6. Sikap membuat orang tertarik kepada Anda atau membuat orang menjauh dari Anda - Attitude draw or repel people

7. Sikap tidak pernah puas sampai diekspresikan - Attitude is never satisfied until it is expressed

8. Sikap Anda adalah speaker daripada hidup Anda saat ini - Your attitude is your speaker of your present life

9. Sikap Anda adalah nabi masa depan Anda - Your attitude is the prophet of your future

Dengan kata lain sikap Anda menubuatkan masa depan Anda berhasil atau tidak.

Bertumbuh Dalam Firman-Nya

Apakah Anda tahu arti pertumbuhan rohani yang sebenarnya? Apakah Anda merasakan pertumbuhan yang sedang Anda alami? Juga, apakah Anda tahu bagaimana mengukur pertumbuhan rohani Anda sendiri? Karakter Anda adalah barometer pertumbuhan rohani Anda.
Matius 7:15-20
Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api....Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!

Seringkali orang Kristen keliru mengartikan pertumbuhan rohani. Mereka yang sibuk di pelayanan, sibuk memenangkan jiwa, sibuk terlibat event-event penginjilan dan sebagainya diartikan bertumbuh. Mereka berpikir, pertumbuhan rohani adalah karena "prestasi" di gereja. Tetapi, dalam firman di atas, rasul Matius berkata mereka bisa melakukan semuanya itu dan tidak bertumbuh secara rohani.

Jadi, apa definisi dari pertumbuhan rohani yang sebenarnya? Tuhan berkata kita bertumbuh secara rohani sewaktu karakter dan sikap kita menjadi lebih serupa dengan Kristus. Sewaktu Anda mulai bisa memberi respon terhadap keadaan Anda dengan cara Kristus.

Hanya ada satu cara untuk bertumbuh: yakni melakukan firman-Nya dalam situasi yang sulit bagi Anda untuk taat. Satu-satunya jalan adalah mempraktekkan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Anda perlu mengasihi orang yang perlu Anda kasihi. Anda perlu mengampuni orang yang perlu Anda ampuni. Anda perlu memberi kepada Tuhan dalam jumlah yang sudah Tuhan tetapkan untuk Anda beri.

Mentaati firman Tuhan bukanlah hal yang mudah. Karena waktu Anda mengikuti kehendak Tuhan, setan akan berusaha untuk menghalangi Anda. Dia akan mati-matian menyerang pikiran Anda dengan nalar (reasoning) dan kebohongan lainnya. Pada waktu pencobaan datang, jangan takut; justru Anda bersukacita karena mendapat kesempatan untuk mempraktekkan firman. "Every temptation is an opportunity to do good." (Setiap pencobaan adalah kesempatan untuk berbuat baik), kata Rick Warren dalam salah satu bukunya.

Rasul Yakobus juga menyuarakan hal yang serupa: "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun."- Yakobus 1:2-4

Ketekunan dan kematangan yang dimaksud oleh rasul Yakobus adalah pertumbuhan rohani Anda. Anda bisa mengukur pertumbuhan Anda dengan melihat karakter Anda. Contohnya, apakah Anda sudah bisa mengampuni orang yang sebelumnya Anda tidak bisa ampuni? Sudah bisakah Anda mengasihi orang yang sebelumnya tidak mampu untuk Anda kasihi?

Semakin sering Anda taat pada firman Tuhan, semakin Anda bertumbuh. Tuhan tidak tertarik pada kemampuan yang Anda miliki, tetapi Tuhan tertarik pada karakter Anda. Dia ingin supaya karakter kita dibentuk dan menjadi serupa dengan-Nya.

Jadi, ubah pengertian Anda mengenai pertumbuhan rohani. Miliki pengertian yang baru tentang pencobaan-pencobaan yang Anda alami. Buat komitmen untuk melakukan firman. Taati perintah-perintah-Nya pada waktu susah dan senang. Karena semakin Anda taat pada firman Tuhan, semakin karakter Anda bertumbuh menghasilkan buah yang matang, yaitu karakter yang semakin serupa dengan karakter Kristus.


---
Belajar Bertindak Dengan Iman


Apabila Anda membaca kisah perjalanan hidup Rut, Anda akan melihat kehidupan seorang perempuan yang ditransformasi menjadi jauh lebih baik setelah ia memilih untuk percaya pada Tuhan dan berjalan dalam iman.

Sewaktu suami Rut, yaitu Mahlon meninggal, Rut bisa saja meninggalkan Naomi dan menikah dengan lelaki lain di tanah kelahirannya Moab. Sekalipun Rut tahu bahwa masa depan seorang perempuan sangat tergantung pada suaminya, tradisinya dan keluarga besarnya, tetapi Rut membuat pilihan yang tidak mudah; dia bersikeras mengikuti Naomi ke tanah Yehuda. Tetapi kata Rut:

Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau, sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi; dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut! Rut 1:16-17.

Rut memilih meninggalkan tradisinya, kebudayaannya, negaranya, tuhannya; dan yang paling penting: jaminan masa depannya, demi ikut Naomi ke tanah Yehuda. Rut tidak tahu apa yang akan ia alami di sana. Dia tidak tahu seberapa besar tantangan yang akan dia hadapi di sana. Tetapi dia memilih untuk percaya dan bertindak dalam iman pada Tuhan yang disembah Naomi.

Selama dia di Yehuda, Rut pun terus hidup dalam iman akan Tuhan. Dan Rut bukan janda muda yang malas dan manja, tetapi roh pionir, potensi transformer ada di dalamnya.

Tanpa menunggu uluran bantuan orang lain maupun menuntut simpati dari mertuanya, Rut berinisiatif untuk bekerja mendapatkan nafkah demi menghidupi mertua yang sangat dia kasihi. Tidaklah dia sadari bahwa langkahnya ditetapkan Tuhan seperti Mazmur 37:23 katakan bahwa TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya.... Tuhan tuntun dia bekerja di ladang Boas, sanak keluarga dari suami Naomi - orang terkaya di Betlehem, Yehuda.

Dari track record Rut selama dia bekerja di ladang itu sebagai buruh asing yang Boas dapatkan dari bujang-bujangnya, Rut mendapat "KASIH KARUNIA" dari Tuhan dan manusia dan satu hari Naomi memanggil Rut. Naomi tahu ini saatnya untuk Rut mengakhiri masa kejandaannya dan dia menasehati Rut untuk melayani Boas dengan cara yang di luar kotak kenyamanannya.

Jika ia membaringkan diri tidur, haruslah engkau perhatikan baik-baik tempat ia berbaring; kemudian datanglah dekat, singkapkanlah selimut dari kakinya dan berbaringlah di sana. Maka ia akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan. Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan." - Rut 3:4-5.

Rut yang percaya pada mertuanya terkasih mengambil langkah radikal dan mentaatinya dan Rut akhirnya ditebus oleh Boas sebagai kaum keluarga yang dia harus tebus dan juga Boas menjadikan Rut isterinya. Di sini kutuk atas bangsa Moab berhenti melalui Rut.

Tuhan telah menyediakan masa depan yang terjamin bagi setiap kita yang bertekad untuk menyembah Tuhan semesta alam. Tuhan yang benar satu-satunya dan tinggalkan ilah-ilah lain dan mengakui Tuhan Allah Israel adalah Tuhan yang hidup, Juru Selamat dunia, maka masa depan Anda tidak perlu seperti masa lampau Anda. Rut diawali dengan kesuraman diakhiri dalam kemuliaaan - melalui perkawinannya dengan Boas dia menjadi nenek dari raja Daud dan termasuk dalam silsilah Messias kita.

Kehidupan Rut diubah Tuhan dari latar belakang orang berdosa, orang yang tidak ada apa-apanya dan terkutuk menjadi perempuan terhormat, kaya, hidup dalam kelimpahan, bahkan namanya tertulis dalam silsilah Yesus. Ini terjadi ketika Rut memilih Allah dan bertindak dengan iman meninggalkan segalanya yang berarti bagi dia.

Apakah Anda sudah memilih untuk bertindak dengan iman meninggalkan semua yang Tuhan mau Anda tinggalkan? Ingat bahwa Tuhan ingin mempromosi Anda. Hari ini, pilih untuk percaya kepada-Nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar