Sabtu, 18 April 2009

Tips Membuka Usaha Baru





JAWABAN.com - Mempunyai pekerjaan merupakan perintah Tuhan. Mengingat setiap pribadi memiliki keunikan, bakat serta hasrat spesifik maka pekerjaan atau usaha yang dikerjakan akan mencapai hasil maksimal ketika itu semua sesuai dengan pribadi dari tiap-tiap orang. Melakukan apa yang dicintai, apa yang menjadi gairah serta hasrat diri, yang merupakan perwujudan siapa diri anda akan menjadi motivator tidak tergantikn oleh apapun.

Demikian juga ketika anda membuka usaha atau bisnis. Anda harus memulainya dengan apa yang anda sukai yang melambangkan diri anda sesungguhnya. Berikut kami memberikan tips membuka usaha atau bisnis yang akan menjadi perwujudan diri anda sesungguhnya :

1. Gagasan usaha haruslah berasal dari diri anda.

* Perhatikan talenta, bakat, hobi dan minat anda : tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melakukan sesuatu yang menjadi kesukaan.
* Pengalaman kerja : keahlian dan pengetahuan yang kita peroleh di waktu lalu akan sangat menolong kita memulai usaha sejenis di masa depan.


2. Miliki gagasan bisnis yang jelas. Gagasan bisnis anda harus memiliki focus, konkrit, mudah dikerjakan, telah diketahui kebutuhan pasarnya, pendanaan tidak terlalu besar hingga anda dibelit hutang dan terakhir setiap langkahnya harus sederhana untuk bisa dilakukan.

3. Masuki pasar dengan membawa perbedaan. Anda dapat memasuki pasar yang telah ada dengan menawarkan sesuatu yang lebih berkualitas, unik dan memiliki nilai tambah. Sedikit nilai tambah dan keunikan usaha justru dapat menjadi perbedaan besar bagi usaha anda.

4. Carilah mentor, mitra usaha dan komunitas. Pelajaran terbaik bisnis anda diperoleh melalui pengalaman, nasehat dan kegagalan pihak lain. Pengetahuan manajemen, keuangan, pemasaran dan masalah teknis akan lebih baik jika diperoleh dari mereka yang telah memiliki pengalaman terbang. Mentor, kemitraan, komunitas usaha atau asosiasi membuat anda lebih kuat menghadapi tantangan dan masalah ketika merintis usaha baru.

5. Mulailah dengan operasi berskala kecil. Jangan percaya sesuatu yang besar selalu lebih baik. Usaha sehat justru adalah usaha berskala kecil yang kemudian mengembang, bukan usaha yang langsung dijalankan dengan skala besar. Usaha berskala kecil juga menjadi guru terbaik karena menjadi tempat belajar menangani masalah dari yang paling sederhana.

6. Jangan lekas percaya tawaran waralaba atau franchise serta keagenan. Waralaba atau keagenan biasanya berarti suatu langkah yang terbukti untuk bisa dijalankan, adanya dukungan pemasaran dan pengakuan dari segi nama. Namun sebagai pembeli nama perlu waspada. Yakinkan anda telah melakukan penelitian dengan seksama sehingga anda tidak perlu membayar sesuatu yang dapat anda lakukan seorang diri.

7. Miliki etos kerja dan etos usaha yang baik. Etos kerja dan usaha akan menentukan jalannya usaha anda ketika anda menghadapi kompetisi dan tantangan masalah. Etos kerja akan menyelamatkan anda dari berbagai penyimpangan dan kerugian.

8. Jalankan bisnis dan usaha selalu dalam kehendak Tuhan. Mazmur mengatakan bahwa berkat Tuhan-lah yang menjadikan anda kaya dan susah payah tidak akan menambahi keuntungan. Selalu membawa usaha yang anda lakukan dalam doa dan terus merenungkan setiap kebenaran Tuhan akan membuat apa yang anda lakukan selalu berhasil dan anda akan selalu beruntung.

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yosua 1:8)(

---

Insting Bisnis Berbuah Manis


Judisner Sihotang (41) adalah konsultan sebuah perusahaan Information Technology (IT). Tetapi dia juga memiliki sebuah bengkel sepeda motor meskipun tidak berpengalaman di bidang itu. Tidak ada yang aneh ketika Jusdiner membuka bengkel sepeda motor. Ayah empat anak ini yakin pengguna motor yang kian bertambah di Jalan Munjul, Cibubur, Jakarta, memerlukan bengkel perawatan. Peluang usaha inilah yang kemudian digarapnya dengan serius, meski nol pengalaman di bidang otomotif.

Kejelian dan Peluang

Trend kepemilikan motor mewabah pada warga Cibubur. Rata-rata punya satu, beberapa bahkan memiliki dua atau tiga motor. Dipilihnya alat transportasi ini karena harganya yang terjangkau dan pemeliharaan yang tidak terlalu rumit. Sebagai alat transportasi, perawatan mutlak diperlukan. Tabrakan, senggolan dengan kendaraan lain, fasilitas jalan yang buruk dan keausan onderdil menjadi alasan ketergantungan dengan bengkel. Memang awalnya dealer masih memberikan service gratis. Tapi begitu waktunya selesai, perawatan dialihkan oleh si empunya ke bengkel umum. Spare part yang mahal dan antrian panjang menjadi alasannya. Hal itulah yang menguatkan Judisner untuk membuka bengkel motor di lingkungannya. Insting bisnis Judisner tidak meleset. Dengan modal Rp80 juta dan tiga karyawan, bendera Kreasi Motor dia kibarkan. Sebagian besar modal Judisner Sihotang dipergunakan untuk pembelian spare part. Sebagai bengkel umum yang menerima semua merk motor, ia harus menjamin kelengkapan spare part.

Kendala Tetapi Optimis

Perjalanan usahanya tidak sepi kendala. Minimnya pengalaman di bidang otomotif terbukti. Ia keliru menginvestasi modalnya pada jenis spare part yang kurang laku. Akibatnya perputaran modalnya terhambat. "Jadi modal banyak tertahan disitu, seperti pembelian knalpot dan helm," jelas jemaat HKBP Cibubur itu. Kendala lain yang dihadapi adalah ketika seorang karyawannya mengundurkan diri. Pelayanan kepada pengunjung terganggu. Padahal untuk bengkel umum, layanan menjadi ukuran baik-buruknya bengkel tersebut.

Kompetisi antar bengkel juga menjadi kendala. Tapi untuk yang satu ini ia bijak. "Kalau kita bekerja dengan benar dan efisiensi bagus dalam pengoperasian, saya yakin dua tahun lagi, saya bisa buka satu bengkel motor," ujarnya. Pemasukan yang diperoleh setiap bulannya tidak tetap. Pada bulan pertama ia sudah mengantongi Rp7,5 juta. Sekarang mencapai Rp14 juta. "Penjualan spare part dan service kendaraan selalu meningkat," katanya.

Tetap Konsultan

Untuk pengelolaan bengkel, Jusdiner percaya pada karyawannya. Ia sendiri hanya dapat meluangkan waktu satu hingga dua jam, sebelum atau sepulang kerja. Pekerjaannya sebagai konsultan IT pada PT. Hexa Optima sudah menyita hampir seluruh waktunya. Tapi waktu singkat itu cukup baginya mengawal pertumbuhan Kreasi Motor. Judisner bersyukur akan kejeliannya melihat peluang bisnis di daerahnya. Ia yakin usahanya akan semakin maju meski ia masih menekuni pekerjaannya sebagai konsultan IT. "Kemudahan kepemilikan motor akan mendongkrak kebutuhan perawatan di bengkel," katanya optimis.

Barusan ane browsing ke Blog temen , trus dapet cerita begini...:
Suatu kenyataan betapa egoisnya warga Jakarta, bahkan untuk sesuatu
yang hukumnya Fadhu Kifayah seperti mengubur jenazah. Sebuah kenyataan
yang sangat sedih..

PEJABAT Jakarta seperti ditampar. Seorang warganya harus menggendong mayat anaknya karena tak mampu sewa mobil jenazah.

Penumpang kereta rel listrik (KRL) jurusan Jakarta - Bogor pun geger

Minggu (5/6). Sebab, mereka tahu bahwa seorang pemulung bernama
Supriono (38 thn) tengah menggendong mayat anak, Khaerunisa (3 thn).
Supriono akan memakamkan si kecil di Kampung Kramat, Bogor dengan
menggunakan jasa KRL. Tapi di Stasiun Tebet, Supriono dipaksa turun
dari kereta, lantas dibawa ke kantor polisi karena dicurigai si anak
adalah korban kejahatan. Tapi di kantor polisi, Supriono mengatakan si
anak tewas karena penyakit muntaber. Polisi belum langsung percaya dan
memaksa Supriono membawa jenazah itu ke RSCM untuk diautopsi.

Di RSCM, Supriono menjelaskan bahwa Khaerunisa sudah empat hari
terserang muntaber. Dia sudah membawa Khaerunisa untuk berobat ke
Puskesmas Kecamatan Setiabudi. “Saya hanya sekali bawa Khaerunisa ke
puskesmas, saya tidak punya uang untuk membawanya lagi ke puskesmas,
meski biaya hanya Rp 4.000,- saya hanya pemulung kardus, gelas dan
botol plastik yang penghasilannya hanya Rp 10.000,- per hari”. Ujar
bapak 2 anak yang mengaku tinggal di kolong perlintasan rel KA di
Cikini itu.
Supriono hanya bisa berharap Khaerunisa sembuh dengan sendirinya.
Selama sakit Khaerunisa terkadang masih mengikuti ayah dan kakaknya,
Muriski Saleh (6 thn), untuk memulung kardus di Manggarai hingga
Salemba, meski hanya terbaring digerobak ayahnya.

Karena tidak kuasa melawan penyakitnya, akhirnya Khaerunisa menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (5/6) pukul 07.00.
Khaerunisa meninggal di depan sang ayah, dengan terbaring di dalam
gerobak yang kotor itu, di sela-sela kardus yang bau. Tak ada
siapa-siapa, kecuali sang bapak dan kakaknya. Supriono dan Muriski
termangu. Uang di saku tinggal Rp 6.000,- tak mungkin cukup beli kain
kafan untuk membungkus mayat si kecil dengan layak, apalagi sampai
harus menyewa ambulans. Khaerunisa masih terbaring di gerobak. Supriono
mengajak Musriki berjalan menyorong gerobak berisikan mayat itu dari
Manggarai hingga ke Stasiun Tebet, Supriono berniat menguburkan anaknya
di kampong pemulung di Kramat, Bogor. Ia berharap di sana mendapatkan
bantuan dari sesama pemulung.

Pukul 10.00 yang mulai terik, gerobak mayat itu tiba di Stasiun Tebet.
Yang tersisa hanyalah sarung kucel yang kemudian dipakai membungkus
jenazah si kecil. Kepala mayat anak yang dicinta itu dibiarkan terbuka,
biar orang tak tahu kalau Khaerunisa sudah menghadap Sang Khalik.
Dengan menggandeng si sulung yang berusia 6 thn, Supriono menggendong
Khaerunisa menuju stasiun. Ketika KRL jurusan Bogor datang, tiba-tiba
seorang pedagang menghampiri Supriono dan menanyakan anaknya. Lalu
dijelaskan oleh Supriono bahwa anaknya telah meninggal dan akan dibawa
ke Bogor spontan penumpang KRL yang mendengar penjelasan Supriono
langsung berkerumun dan Supriono langsung dibawa ke kantor polisi
Tebet. Polisi menyuruh agar Supriono membawa anaknya ke RSCM dengan
menumpang ambulans hitam.

Supriono ngotot meminta agar mayat anaknya bisa segera dimakamkan.
Tapi dia hanya bisa tersandar di tembok ketika menantikan surat
permintaan pulang dari RSCM. Sambil memandangi mayat Khaerunisa yang
terbujur kaku. Hingga saat itu Muriski sang kakak yang belum mengerti
kalau adiknya telah meninggal masih terus bermain sambil sesekali
memegang tubuh adiknya. Pukul 16.00, akhirnya petugas RSCM mengeluarkan
surat tersebut, lagi-lagi Karen atidak punya uang untuk menyewa
ambulans, Supriono harus berjalan kaki menggendong mayat Khaerunisa
dengan kain sarung sambil menggandeng tangan Muriski. Beberapa warga
yang iba memberikan uang sekadarnya untuk ongkos perjalanan ke Bogor.

Para pedagang di RSCM juga memberikan air minum kemasan untuk bekal Supriono dan Muriski di perjalanan.

Psikolog Sartono Mukadis menangis mendengar cerita ini dan mengaku
benar-benar terpukul dengan peristiwa yang sangat tragis tersebut
karena masyarakat dan aparat pemerintah saat ini sudah tidak lagi
perduli terhadap sesama. “Peristiwa itu adalah dosa masyarakat yang
seharusnya kita bertanggung jawab untuk mengurus jenazah Khaerunisa.
Jangan bilang keluarga Supriono tidak memiliki KTP atau KK atau bahkan
tempat tinggal dan alamat tetap. Ini merupakan tamparan untuk bangsa
Indonesia”, ujarnya.

Koordinator Urban Poor Consortium, Wardah Hafidz, mengatakan peristiwa
itu seharusnya tidak terjadi jika pemerintah memberikan pelayanan
kesehatan bagi orang yang tidak mampu. Yang terjadi selama ini,
pemerintah hanya memerangi kemiskinan, tidak mengurusi orang miskin
kata Wardah.

Just share...
Sekaligus mengingatkan kalau kita juga punya andil "dosa" atas kejadian ini...

Muenchen vs Barcelona 1-1 (Agregat 1-5)
Ambisi Terpelihara Barca

Setelah unggul empat gol dari partai pertama, Barcelona menunjukkan tidak kagok tampil agak defensif untuk mengerem Bayern Muenchen. Tuan rumah tak cuma gagal mengejar di laga kedua, Selasa (14/4), tapi hasil imbang cukup menegaskan hegemoni Barca.

“Kami berniat mendominasi duel. Kami dapat mengontrol pergerakan Ribery di sayap dan bertahan dengan baik,” sebut Xavi Hernandez, salah satu aktor gol balasan.

Franck Ribery membuka asa Bayern di menit ke-47. Namun, tembakan keras Seydou Keita menghajar sodoran Xavi pada menit ke-73 memupus harapan raksasa Jerman ini membuat pengejaran bak dalam dongeng.

“Kami tahu semifinal sudah dalam genggaman, tapi kami ingin memperlihatkan diri sebagai tim dengan ambisi. Penting bagi kami tak kalah. Partai berikutnya akan menarik. Kami hanya harus ingat tinggal dua laga lagi sebelum ke Roma,” tutur Andres Iniesta di situs resmi Barca.

Entrenador Josep Guardiola enggan membicarakan Chelski secara prematur. “Kami gembira lolos ke semifinal, tapi masih ada beberapa partai yang harus dilalui sebelum memikirkan Chelsea,” ucap Guardiola di AFP. "Mereka adalah tim yang bagus, tapi kami harus melihat Bayern di laga pertama. Menyaksikan bagaimana kami bermain, ada perkembangan di sejumlah area," lanjut Pep.

Juara Liga

Guardiola gembira, tapi tekanan membesar di pundak Juergen Klinsmann. Bos Muenchen ini bersikeras kubunya sudah memberikan perlawanan keras terhadap salah satu favorit utama musim ini.

“Jika gol cepat yang diharapkan bisa terjadi, semuanya bisa terjadi. Kami tak mendapat keberuntungan yang dibutuhkan,” ucapnya.

Toh bahkan tak lama seusai pembantaian di Camp Nou, media Jerman sudah sibuk menghitung peluang mantan striker ini bertahan di kursi pelatih Bayern.

“Kami melangkah lebih jauh dari yang dikira. Sasaran awal adalah mencapai 16 besar. Sekarang kami harus berkonsentrasi meraih titel Bundesliga sehingga bisa kembali ke Liga Champion musim depan,” tukas Klinsmann lagi. (chrs)

DATA FAKTA
---------------------------
MUENCHEN vs barcelona 1-1
Waktu: Selasa, 14 April (20.45)
Stadion: Fussball Arena Muenchen
Wasit: Roberto Rosetti
Gol: 1-0 Ribery 47’, 1-1 Keita 73’
Kartu Kuning: Lucio 36’, Demichelis 42’, Borowaki 82’, Lell 84’ (M), D. Alves 18’, Puyol 25’ (B)
Kartu Merah: ---
Tembakan ke Gawang: 2-1
Tembakan Melebar: 5-6
Penguasaan Bola: 25’ 45” – 34’ 27”
Penguasaan Bola: 43%-57%
Pelanggaran: 19-9
Sepak Pojok: 5-3
Off-side: 10-3
Man of the Match: Franck Ribery





Isu Transfer Franck Ribery
Penolakan Laporta

Jika ada pertanyaan mengenai pemain terbaik Bayern Muenchen musim ini, jawabannya pasti merujuk pada satu nama: Franck Ribery. Gelandang asal Prancis ini telah menjelma menjadi roh permainan tim asuhan Juergen Klinsmann tersebut.

Kegemilangan itu juga terlihat pada duel leg kedua perempat final Liga Champion musim ini. Liukan The Scarface terbukti sangat merepotkan lini belakang Barcelona. Sumbangan satu gol kian mempertegas kinerja apiknya. Di akhir laga, UEFA menganugerahinya gelar man of the match.

Pujian pun meluncur deras, termasuk dari kubu lawan. "Saya harus mengakui bahwa Ribery sangat bagus. Dia adalah tipe orang yang bisa membuat perbedaan," tutur kapten Barca, Carles Puyol pada Canal Plus.

Ucapan Puyol jelas menjadi santapan empuk media. Kata-kata manis itu dianggap sebagai isyarat kian dekatnya proses transfer Ribery ke Camp Nou, markas Barca. Beberapa pekan terakhir, sejumlah media Eropa memang memanas-manasi dengan menyebut bahwa Ribery akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia bila bergabung di klub sekelas Barca.

Hanya, Presiden Barcelona, Joan Laporta, tak ingin memancing di air keruh. "Saya ingin mengakhiri semua spekulasi dengan mengatakan tidak. Ribery di Muenchen tak ubahnya Messi bagi Barcelona. Jadi, saya bisa memahami jika mereka tak ingin melepasnya. Sangat menyenangkan melihat aksinya, tapi dia tetap pemain Muenchen," kata Laporta kepada Sport Bild. (drew)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar