Sabtu, 18 April 2009

Mary Kay


Mary Kay: Satu-satunya Wanita Dalam Pebisnis Unggul Versi Forbes

Inovatif, karismatik, dan optimistik, bisa jadi tak seorang wanita pun telah memainkan peran lebih penting dalam meningkatnya wanita-wanita pengusaha dibandingkan Mary Kay Ash. Setelah mengalami langsung "gelas kaca" yang menjaga banyak wanita dari mencapai posisi-posisi puncak dalam dunia perusahaan yang didominasi pria, Mary Kay bervisi sebuah perusahaan impian dimana ibu-ibu pekerja bisa menentukan sendiri tingkat mereka berdasarkan kemampuan dan kompensasi, menjadi bos bagi diri mereka sendiri, dan menyiapkan jadwal kerja yang masih meninggalkan waktu juga bagi anak-anak mereka. Hasil dari visi ini adalah Mary Kay Cosmetics, sebuah multilevel yang unik, perusahaan kosmetik penjualan langsung yang dapat menyediakan kesempatan ratusan dari ribuan bagi wanita yang Mary Kay sendiri ditolak.

Seperti pionir-pionir bisnis lainnya, Mary Kay tersandung ke talenta wirausahanya tanpa sengaja. Itu terjadi di akhir pertengahan 1930-an, ketika seorang wanita penjual ensiklopedia door-to-door membuat perjanjian dengan Mary Kay: Jika Mary Kay bisa menjual 10 set ensiklopedia, sang wanita penjual tersebut akan memberikan diri sebuah set gratis. Ini adalah sesuatu yang patut dicatat, mengingat 10 set adalah kuota untuk tiga bulan bagi orang penjual yang paling sukses.

Mempercayai ia menemukan keahlian, Mary Kay melanjutkan penjualan keliling ensiklopedia secara paruh waktu dan secepatnya akhirnya meraup cukup uang untuk menolong mendukung keluarga mudanya. Sayangnya, ia juga menerima kegusaran dari kebanyakan temannya yang menuduhnya menjual kepada mereka sebuah produk yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Mengambil remehan tersebut hingga ke hati, Mary Kay mulai mencari sebuah produk yang lebih berguna untuk dijual. Ia beralih ke Stanley Home Products, sebuah perusahaan direct-sales yang menawarkan perlengkapan-perlengkapan rumah dan pasokan pembersih.

Mary Kay AshTidak lama setelah bergabung dengan perusahaan tersebut, Mary Kay menghadiri sebuah konvensi dimana wanita penjual Stanley paling sukses dimahkotai "Queen of Sales" (Ratu penjualan, red). Menjadi pesaing, Mary Kay berjanji tahun selanjutnya ia akan menjadi ratu. Untuk mencapai tujuannya, ia membujuk ratu yang baru untuk mengadakan pesta demonstrasi, dimana Mary Kay mentranskripkan presentasinya kata per kata. Sesuai janjinya, tahun selanjutnya Mary Kay benar-benar mendapatkan gelar tersebut.

Sebuah titik balik besar dalam kehidupan Mary Kay ketika suaminya kembali ke rumah dari Perang Dunia II dan pergi dengan wanita lain. Dengan tiga anak untuk diasuh, Mary Kay memaksakan untuk menjadikan Stanley Home Products karir sepenuh waktunya. Tetapi meskpun ia dengan cepat menjadi produser penjualan paling atas, ia menemukan frustrasi ketika pria yang memiliki talenta dan pengetahuan kurang dari dirinya dipromosikan melewati dirinya.

Merasa muak selalu dilewati, Mary Kay bergabung dengan perusahaan direct-sales World Gift Co. pada 1952. Selama 10 tahun, ia telah memperluas distribusi World Gift hingga 43 negara bagian dan menerima sebuah posisi dalam dewan pimpinan perusahaan. Tetapi saran-sarannya selalu dilewatkan oleh anggota dewan yang pria dengan komentar, "Oh, Mary Kay, Anda berpikir layaknya seorang wanita" -sebuah tanda yang tidak pernah gagal menimbulkan amarah dirinya. Ia akhirnya keluar pada tahun 1962, setelah seorang pria yang ia latih menamakan dirinya supervisor dan mendapatkan dua kali gajinya.

Memutuskan pensiun lebih awal, Mary Kay menyiapkan sebuah panduan untuk menolong wanita lain menghindari lubang-lubang kejatuhan yang telah ia hadapi di dunia perusahaan yang didominasi pria. Ia merangkum dua daftar. Yang pertama menggaris-bawahi pengalaman-pengalaman negatifnya. Yang kedua menjelaskan kualitas-kualitas yang ia kira dapat menciptakan sebuah bisnis ideal - sebuah "perusahaan impian" bagi wanita pekerja yang berkeluarga yang dapat 1) memperlakukan semua orang dengan sama, 2)berdasarkan promosi yang pantas dan 3) memilih produk-produk berdasarkan performa penjualan merekan dan kemampuan pasar, dan bukannya keuntungan. Mengamati daftar yang kedua, Mary Kay menyadari ia telah menciptakan sebuah perusahaan direct-sales yang dapat bekerja dan berpikir, "Mengapa saya membuat teori tentang perusahaan impian? Kenapa saya tidak melakukannya?" Dan itulah yang ia lakukan.

Pertama ia perlu untuk mencari sebuah produk. Itu adalah sesuatu yang seorang wanita bisa percayai, yang bisa mereka rekomendasikan dengan hati mereka, dan, yang terpenting, sebuah produk yang bisa digunakan meskipun telah dipakai dan terus dipesan berulang-ulang. Tetapi dimana ia bisa menemukan produk tersebut? Ironisnya, itu sudah berada duduk di ruang rias kamarnya.

Mary Kay AshSelama hampir 10 tahun, Mary Kay telah membeli sebuah pelembut kulit dari anak seorang pencipta krim coklat lokal yang mencampurkan krim untuk solusi kulit mencoklat. Dengan $5000 tabungan seumur hidupnya, Mary Kay membeli resep dari anak tersebut, mempercantik sebuah toko kecil di Dallas, dan mempekerjakan pabrik lokal untuk menciptakan produk-produk perawatan kulit berdasarkan formula yang ia beli.

Selagi suami keduanya berhadapan dengan permasalahan-permasalahan legal dan keuangan, Mary Kay merekrut sekumpulan tenaga penjualan sembilan dari teman-temannya. Tetapi sebulan sebelum perusahaan dijadwalkan untuk dibuka, bencana terjadi. Suami Mary Kay meninggalkan dikarenakan serangan jantung. Diyakinkan bahwa ia tak dapat sukses tanpa pertolongan suaminya, pengacara dan akuntan Mary Kay menyarankan dirinya untuk melupakan rencana-rencananya. Tetapi seperti pengusaha-pengusaha besar lainnya, Mary Kay, yang pada saat itu berada di usia pertengahan 40-an, tak menghiraukan saran-saran dari "para ahli," dan Mary Kay Cosmetics membuka pintunya pada 13 September 1963.

Dari permulaan, itu adalah sesuatu yang unik di antara bisnis-bisnis direct-sales. Bukannya menggunakan pola- penjualan tekanan tinggi, Mary Kay menginstruksikan orang-orang penjualannya (yang ia panggil "konsultan") untuk menunjukkan para wanita bagaimana mereka bisa menggunakan produk-produk Mary Kay untuk meningkatkan penampilan mereka. Itu adalah teknik yang Mary Kay klaim belum ada perusahaan manapun yang mencobanya.

Dalam waktu tiga setengah bulan, penjualan-penjualan produk Mary Kay berjumlah $34.000, dan di akhir dari tahun pertama, jumlah tersebut telah meningkat sangat luar biasa $198.000. Setahun kemudian, penjualan telah berlipat menjadi $800.000. Dalam waktu tersebut, tenaga penjualan Mary Kay Cosmetics telah bertumbuh hingga 3.000 konsultan.

Lebih Dekat Lagi Dengan Mary Kay
• Pada 1989, Mary Kay Cosmetic Inc. menjadi yang pertama dalam industri kosmetik yang berhenti menggunakan hewan sebagai percobaan.
• Mary Kay adalah satu-satunya perusahaan yang masuk tiga kali dalam majalah Fortune "The 100 Best Companies to Work for in America."
• Mary Kay Ash adalah satu-satunya pemimpin bisnis wanita yang diprofilkan dalam buku Forbes Greatest Business Stories of All Time.


--

William G. McGowan: Pengukir Revolusi Telekomunikasi

Ketika William G. McGowan ditetapkan untuk mengambil alih AT&T, orang-orang berpikir bahwa dia gila. Sekali dan lagi ia diberitahukan bahwa AT&T terlalu besar dan kuat. Tetapi melalui kombinasi tekad yang mantap, kerja keras, dan dosis sehat dari chutzpah, McGowan menghancurkan monopoli AT&T, membuka pintu bagi kompetisi bebas dalam pasar jarak jauh, dan mengubah perusahaan yang sedang berjuang menuju karir jarak jauh terbesar kedua di dunia.

McGowan sudah menjadi multi milyuner ketika ia memutuskan untuk pergi berhadapan dengan AT&T. Ia telah menghabiskan 10 tahun di Wall Stret sebagai konsultan finansial independen yang mengkhususkan dalam reorganisasi dan memutar balik perusahaan-perusahaan yang sedang jatuh. Sukses terbesarnya yang patut dicatat adalah Powertron Co., dimana ia mengambil alih $25.000 pada 1959 dan dijual seharga $3 juta pada 1962.

Pada tahun 1968, seorang teman memperkenalkan ia kepada John D. Goeken, seorang pengusaha Illinois yang menjual radio tanpa kabel. Goeken menginginkan untuk memperluas layanannya dengan membangun sebuah sistem microwave antara Chicago dan St. Louis. Tetapi Federal Communications Commission (FCC) telah mengadakan persetujuan proyek selama lima tahun karena oposisi yang kuat dari AT&T, dan Goeken secara praktis bangkrut.

William McGowanMcGowan menyadari jika FCC mengakui apliksi Goeken, perusahaan ia akhirnya akan berkompetisi dengan pelayanan telepon jarak jauh di sepanjang negeri - sesuatu yang tak seorang pun pernah coba sebelumnya. Kemudian McGowan mengatakan kepada majalah Money, "Kenyataan bahwa itu tidak pernah dilakukan sebelumnhya membuat semua ide tersebut lebih tak tertahankan.: McGowan membeli setengah bunga dari perusahaan Goeken, Microwave Communications Inc., untuk $50.000 dan mengubah nama menjadi MCI Communications Corp.

Satu tahun kemudian, FCC menyetujui petisi MCI untuk menyediakan pelayanan telepon "jalur pribadi"sepanjang rute Chicago - St. Louis. Hanya ada satu masalah: Untuk mengimplementasikan pelayanan jarak jauhnya, jaringan-jaringan MCI memerlukan untuk koneksi dengan jaringan-jaringan telepon local, yang disubsidi oleh AT&T. Ketika AT&T menolak untuk mengijinkan koneksi sambungan manapun kecuali pada harga yang terlalu tinggi, MCI mengarsipkan gugatan terhadap perusahaan tersebut pada 1974, menuntut biaya atas tindakan melawan hokum industri dengan melarang akses jaringan telepon lokalnya.

Tetapi akan memakan waktu enam tahun atas tuntutan tersebut masuk ke pengadilan. Selama masa tersebut, McGowan menolong mengembangkan dan mendapat persetujuan oleh FFC untuk tipe pelayanan baru yang disebut MCI Execunet. Sistem cerdas ini mengijinkan pelanggan MCI untuk memanggil komputer-komputer, yang kemudian menghubungkan penelepon ke nomor telepon manapun, yang artinya dengan lengkap mempersingkat jalur fasilitas jarak jauh AT&T. Diberi harga dari sebagian kecil dari ongkos pelayanan jarak jauh AT&T, Execunet adalah keberhasilan besar. Inilah yang tidak diketahui oleh AT&T.

Dengan menyetujui Execunet, FCC tanpa diketahui telah diijinkan MCI untuk mengimplementasikan pelayanan-pelayanan jarak jauh umum. AT&T menunjukkan ini kepada FCC, yang memerintahkan MCI untuk menyingkirkan pelayanan tersebut. MCI memohon, dan pengadilan federal memutuskan bahwa MCI atau operator lain memiliki hak untuk menawarkan layanan jarak jauh.

William McGowanSetelah lebih dari 10 tahun berjuang, akhirnya McGowan telah mematahkan pengaruh AT&T atas pelayanan jarak jauh. Tetapi itu adalah kemenangan yang menghabiskan terlalu banyak tenaga. Terjadi perubahan besar bagi MCI. Perubahan itu adalah bencana. Perusahaan tersebut selalu menjadi pemain tepat di pasarnya, menaruh harga sendiri sebagai penyedia layanan yang paling murah. Itu sangatlah jelas kurangnya persiapan dengan AT&T atas kualitas pelayanan. MCI kehilangan jutaan. Permasalahan-permasalahan tersebut mengambil korban yaitu McGowan, yang harus transplantasi hati, McGowan harus menjadi penonton dari pinggir selama sembilan bulan, tetapi ketika ia kembali, ia siap untuk beraksi.

Dipacu oleh McGowan, manajemen MCI menaikkan kualitas dan pelayanan, dan mendorong leboih bagi pelanggan-pelanggan perusahaan. MCI juga mendigitalkan jaringan teleponnya, mengijinkan transmisi yang lebih cepat baik bagi suara dan data. Perusahaan dengan cepat meraih reputasi untuk pelayanan yang sempurna dan lalu membesarkan Pentagon, Westinghouse, Chrysler, dan IBM di antara pelanggan-pelanggan korporatnya. MCI kembali meraih keuntungannya pada 1987, dan di akhir 1991 telah mendapatkan posisinya sebagai penyedia operator jarak jauh terbesar kedua di AS. Mimpinya terpenuhi, McGowan kembali melangkah sebagai CEO. Ia meninggal karena serangan jantung keduanya setahun kemudian.

Selama 24 tahun masa jabatannya sebagai kepala MCI, William McGowan menumbuhkan MCI dari pelayanan radio tanpa kabel yang nyaris tak berfungsi hingga raksasa telekomunikasi seharga $9.5 milyar. Sekarang, perusahaan yang ia dirikan, yang disebut MCI WorldCOm, adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Tetapi warisan yang sebenarnya dari dirinya lebih dari individual lainnya, McGowan membawa hantaman bagi AT&T dan menimbulkan revolusi telekomunikasi.

Lazio vs Roma 4-2
Neraka Olimpico!

Derby della capitale kembali membuktikan sebagai derby nomor satu di Italia. Duel antara Lazio dan Roma di giornata 31, Sabtu (11/4), sekali lagi mengubah Olimpico menjadi neraka.

Enam gol dan lima kartu merah mewarnai partai penuh drama ini. Tiga dari lima kartu merah diterima oleh Christian Panucci, Philippe Mexes, dan Francelino Matuzalem karena tidak bisa lagi mengendalikan emosi.

Sementara itu, dua kartu merah yang lain diberikan kepada asisten pelatih Lazio, Igli Tare, dan arsitek Roma, Luciano Spalletti. Dua orang ini terlibat perseteruan di masa istirahat dan terus terbawa sampai ke jumpa pers setelah pertandingan usai.

"Di akhir babak pertama, saya berbicara dengan wasit Emidio Morganti soal sebuah insiden. Tiba-tiba Tare datang. Entah apa yang diinginkannya. Saya menanyakan itu kepada dia dan Morganti mengusir kami," jelas Spalletti di Football Italia.

"Tare datang dengan tangan teracung dan sikap mengancam. Saya hanya bilang dia harus berhenti melakukan itu".

Tare membalas. "Saya hanya bilang bahwa bukan sebuah tindakan benar mencoba memberikan tekanan kepada wasit," kata bekas pemain Lazio antara tahun 2005-08 itu.

Pertempuran Luar-Dalam

Pertempuran juga menular ke pemain. Striker Lazio, Goran Pandev, menuduh pemain-pemain Roma memang mengajak Gli Aquilotti berkelahi. "Mereka mencoba mengubah derby ini menjadi sebuah perkelahian. Mungkin itu disebabkan mereka kecewa dan sakit hati mengalami kekalahan".

Di luar stadion, sekelompok tifosi Lazio dan Roma "tidak lupa" mengajak polisi berperang. Kerusuhan ini menjadi semacam tradisi setiap kali derby della capitale berlangsung.

"Mengecewakan melihat ketegangan mendominasi partai ini, tapi itulah derby untuk Anda. Kami minta maaf memberikan tontonan seperti ini, tapi emosi memang sering mengambil alih di partai derby. Kedua tim bernafsu ingin menang sehingga sulit mengendalikan emosi di level yang minimum," lanjut Pandev seperti dikutip oleh situs Raisport.

Di Luar Teori

Derby juga sering menghadirkan drama di luar teori. Tim yang di atas kertas lebih kuat belum tentu bisa meraih kemenangan karena derby bukan cuma bicara kemampuan teknik. Itu terjadi pula di derby della capitale edisi ke-130 di Serie A ini.

Lazio sebetulnya sedang berada dalam grafik permainan yang jelek. Mereka selalu kalah dalam tiga partai menjelang derby. Roma terlihat lebih bagus.

Apa yang terjadi? Pemain-pemain Lazio seperti tampil kesetanan. Mereka sudah unggul 2-0 dalam waktu empat menit. Roma tidak pernah diberi kesempatan menyamakan skor.

"Syukurlah kami berhasil menang. Lazio betul-betul membutuhkan kemenangan ini dan kami bisa memulai ulang dari hasil ini. Lazio adalah sebuah tim yang kuat dan masih memiliki kesempatan lolos ke kompetisi antarklub Eropa musim depan," sergah Pandev. (Dwi Widijatmiko)





Inter vs Palermo 2-2, Genoa vs Juventus 3-2
Derby d'Italia Tanpa Arti

Akhir pekan mendatang, Juventus bakal menjamu Inter dalam laga derby d'Italia di giornata 32. I Bianconeri berharap partai ini akan menjadi langkah penting dalam upaya mereka menyalip Inter.

Tapi, masihkah derby d'Italia itu memiliki arti vital ketika Juventus sekarang sudah tertinggal 10 poin dari Inter? Kalau menang pun, Si Nyonya Tua masih akan defisit tujuh poin dari La Beneamata.

Derby d'Italia sudah kehilangan arti karena kejadian di giornata 31, Sabtu (11/4). Lagi-lagi Juventus gagal memanfaatkan kesempatan memperkecil jarak dari Inter.

Sang pemuncak klasemen secara mengejutkan ditahan Palermo 2-2 di San Siro. Juventus berpeluang memangkas keunggulan Inter menjadi hanya tujuh angka. Kalau kondisi itu tercapai, kemenangan Juventus di derby d'Italia akan membuat kedua tim hanya berjarak empat poin.

Skenario itu gagal terlaksana. Menghadapi Genoa, Juventus menyerah 2-3. Barisan eks Juventini di Genoa, seperti Domenico Criscito, Raffaele Palladino, dan Ruben Olivera, menghukum bekas klubnya.

Bukan cuma gagal memperkecil jarak dari Inter dan defisit poin mereka justru semakin melebar, posisi Juventus di peringkat kedua kini juga didekati Milan. I Rossoneri sekarang hanya berjarak dua poin dari I Bianconeri.

"Kami kecewa karena tidak mengambil keuntungan dari hasil imbang yang didapatkan Inter. Kami seharusnya bisa memperkecil jarak dari mereka. Sekarang kami harus memainkan derby d'Italia dengan 'kemarahan' yang lebih besar," kata pelatih Claudio Ranieri kepada Sky Italia.

Kemenangan prestisius memang masih bisa diraih Juventus di derby d'Italia. Tapi, bisakah derby itu membuka jalan mereka menuju scudetto?

Bahkan pelatih Inter, Jose Mourinho, tidak khawatir seusai timnya ditahan Palermo sebelum Juventus bermain. "Skenario terburuk adalah kami unggul tujuh poin dari Juventus," ungkapnya di Channel4.

"Jika pada musim panas lalu saya ditawari keunggulan tujuh poin dengan sisa tujuh partai, saya akan langsung menerima. Apabila keunggulan itu ternyata lebih besar, itu jauh lebih baik". (wid)

Cerita ini ditulis oleh seorang wartawan di Taiwan sehubungan dengan

adanya gosip mengenai makanan penambah kekuatan dan stamina yang dibuat

dari sari/kaldu janin manusia.

'Healthy Soup' yang dipercaya dapat mendapat stamina dan keperkasaan

pria terbuat dari janin bayi manusia berumur 6 - 8 bulan dapat dibeli

perporsi seharga 3000-4000 RMB(mata uang setempat).

Salah seorang pengusaha pemilik pabrik di daerah Tong Wan , Taiwan

mengaku sebagai pengkonsumsi tetap 'Healthy Soup'. Sebagai hasilnya,

pria berusia 62 tahun menjelaskan khasiat 'Healthy Soup' ini

mempertahankan kemampuannya untuk dapat berhubungan seks beberapa kali

dalam semalam.

Penulis diajak oleh pengusaha tersebut di atas ke salah satu restoran

yang menyediakan 'Healthy Soup' di kota Fu San - Canton dan

diperkenalkan kepada juru masak restoran tersebut. Kata sandi untuk

'Healthy Soup' adalah BAIKUT. Juru masak restoran menyatakan jenis

makanan tersebut tidak mudah didapat karena mereka tidak tersedia 'ready

stock'. Ditambahkan pula bahwa makanan tersebut harus disajikan secara

fresh, bukan frozen.

Tetapi kalau berminat, mereka menyediakan ari-ari bayi (plasenta) yang

dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual dan juga obat awet muda.

Juru masak restoran tersebut mengatakan jika memang menginginkan Healthy

Soup', dia menganjurkan untuk datang ke sebuah desa di luar kota dimana

ada sepasang suami istri yang istrinya sedang mengandung 8 bulan.

Diceritakan pula bahwa si istri sebelumnya sudah pernah mengandung 2

kali, tetapi kedua anaknya lahir dengan jenis kelamin perempuan. Jika

kali ini lahir perempuan lagi, maka 'Healthy Soup' dapat didapat dalam

waktu dekat.

Cara pembuatan 'Healthy Soup', seperti yang diceritakan oleh jurnalis

yang meliput kisah ini adalah sebagai berikut: Janin yang berumur

beberapa bulan, ditambah Pachan, Tongseng, Tongkui, Keichi, Jahe, daging

ayam dan Baikut, di tim selama 8 jam, setelah itu dimasak selayaknya

memasak sup.

Beberapa hari kemudian seorang sumber menghubungi penulis untuk

memberitahukan bahwa di Thaisan ada restoran yang sudah mempunyai stok

untuk 'Healthy Soup'. Bersama sang pengusaha, penulis dan fotografer

pergi ke restoran di Thaisan untuk bertemu dengan juru masak restoran

tersebut yang tanpa membuang waktu langsung mengajak rombongan untuk

tour ke dapur.

Di atas papan potong tampak janin tak bernyawa itu tidak lebih besar

dari seekor kucing. Sang juru masak menjelaskan bahwa janin tersebut

baru berusia 5 bulan, tidak dijelaskan berapa harga belinya, yang pasti

itu tergantung besar-kecil, hidup-mati janin tersebut dan sebagainya

(Masya Allah!!!).

Kali ini, harga per porsi 'Healthy Soup' 3,500 RMB karena stok sedang

sulit untuk didapat.. Sambil mempersiapkan pesanan kami, dengan terbuka

juru masak tersebut menerangkan bahwa janin yang keguguran atau di

gugurkan, biasanya mati, dapat dibeli hanya dengan beberapa ratus RMB

saja, sedang kalau dekat tanggal kelahiran dan masih hidup, bisa semahal

2.000 RMB. Urusan bayi itu diserahkan ke restoran dalam keadaan hidup

atau mati, tidak ada yg mengetahui.

Setelah selesai, 'Healthy Soup' disajikan panas di atas meja, penulis

dan fotografer tidak bernyali untuk ikut mencicipi, setelah kunjungan di

dapur, sudah kehilangan semua selera makan, maka cepat-cepat

meninggalkan mereka dengan alasan tidak enak badan.

Menurut beberapa sumber, janin yang dikonsumsi semua adalah janin bayi

perempuan. Apakah ini merupakan akibat kebijaksanaan pemerintah China

untuk mewajibkan satu anak dalam satu keluarga yg berlaku sampai

sekarang, atau hanya karena kegemaran orang akan makanan sehat sudah

mencapai suatu kondisi yang sangat terkutuk.

Catatan:

Harap teruskan cerita ini kepada setiap orang demi menghindari

penyebarluasan kebiasaan yang tak berperikemanusiaan tersebut. Sebagai

manusia beragama dan berpikiran sehat, kita berkewajiban untuk

menghentikan tindakan kanibalisme dalam bentuk dan alasan apapun. Bangsa

manusia adalah bangsa yang derajatnya paling tinggi dari mahluk apapun

di bumi ini, dan tindakan tersebut adalah tindakan yang sesungguhnya

bukan berasal dari pemikiran manusia waras. Perhatian : gambar di bawah

berisi gambar-gambar yang sangat memilukan hati. Jangan dilihat jika

tidak yakin anda cukup kuat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar