Selasa, 14 April 2009

Tidak Pernah Merasa Cukup





Kok saya tidak pernah merasa cukup ya? Selalu saja uang saya kurang!

Tidak pandang kaya atau miskin, uang memang tidak pernah memberi rasa cukup. Selalu saja setiap orang akan merasa kurang jika menyangkut alat pembayaran yang satu itu. Padahal tahukah Anda, bahwa perasaan selalu kurang itu adalah sumber ketidakbahagiaan?

Jika perasaaan itu dibiarkan berkembang, ada beberapa hal yang bisa terjadi:

1. Mengakibatkan Kekuatiran

Orang yang cenderung merasa kurang terus-menerus akan hidup dalam kekuatiran. Dia akan tidur di malam hari dengan rasa gundah dan kuatir akan hari esoknya. Dia akan merasa bahwa Tuhan kurang sanggup menolongnya keluar dari belitan masalah keuangan.

2. Rusaknya Hubungan Dengan Orang Lain

Beberapa orang yang selalu merasa kurang, akan mulai melirik orang lain sebagai tambang emasnya. Dalam kondisi ini, pada akhirnya, kasih dapat berubah menjadi manipulasi, karena orang tersebut akan selalu berusaha mencari keuntungan dari orang lain yang berada di sekitarnya.

3. Menimbulkan Gaya Hidup Konsumtif

Sebagian dari mereka yang selalu merasa tidak cukup adalah bukan tipe orang yang hemat. Mereka suka membelanjakan uangnya bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Akhirnya, mereka terjebak dalam hutang baik cash, maupun lewat pemakaian credit card. Masalah demi masalah akan semakin banyak menekan mereka.

4. Mengaburkan Pandangan Tentang Allah

Memang benar Allah adalah sumber berkat. Tapi manusia datang kepada Tuhan semestinya bukan karena berkat. Kita harus mencari wajah Tuhan, bukan tangan-Nya saja. Mereka yang selalu merasa kurang akan punya motivasi tersendiri ketika mereka berdoa atau pergi ke gereja. Fokusnya bukan lagi Tuhan, tapi berkat Tuhan.

Jangan biarkan keempat hal itu terjadi dalam hidup Anda, sebagai orang yang percaya pada Tuhan!! Karena itu, mulailah untuk memiliki hati yang baru. Sebuah hati yang selalu merasa cukup akan berkat Tuhan dalam kehidupan ini.

Bagaimana caranya memperoleh hati yang selalu merasa cukup?

1. Disiplinkan Diri Untuk Hidup Berdasarkan Kebutuhan Dan Bukan Keinginan
Filipi 4:19
Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Ayat ini dengan jelas mengatakan Tuhan akan memenuhi segala keperluan kita dan bukan keinginan. Jika kita membiasakan hidup berdasarkan keinginan, tidak akan ada yang pernah cukup. Ingin punya mobil baru, ingin punya hp model terbaru dan sebagainya. Tidak akan pernah berhenti!

2. Hiduplah Dengan Iman

Jika Tuhan berjanji akan memelihara kehidupan kita, percayalah bahwa Dia akan menepati janji-Nya! Belajarlah untuk mempercayai Tuhan, sebuntu apapun situasinya. Pertolongan Tuhan pada hidup keuangan Anda pasti tidak akan pernah terlambat.

3. Belajar Mengucap Syukur

Berapapun yang Anda punya, mengucap syukurlah. Itu semua adalah berkat Tuhan yang sekarang dipercayakan kepada Anda. Ingat ketika Tuhan hendak memecah roti untuk 5 ribu orang laki-laki? Dia pun mengucap syukur sebelum memecah-mecahkan roti tersebut, dan keajaiban terjadi. Ada kuasa dalam ucapan syukur! Berkat Tuhan akan mengikuti orang yang tahu mengucap syukur. Mengucap syukur juga merupakan ‘terapi' untuk bisa mencukupkan diri dalam segala keadaan.

4. Hidup Berkemurahan

Orang yang hidupnya disebut berkelimpahan adalah orang yang bisa merasa cukup dan mau memberi dari apa yang ia punya. Jangan jadi orang pelit yang menyimpan segala sesuatu untuk dirinya sendiri. Walaupun angka di kalkulator Anda membuat dahi mengernyit, tetaplah setia untuk memberi, terutama untuk pekerjaan Tuhan dan untuk orang lain.
Kisah Para Rasul 20:35
Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.

Apa yang kita pegang sekarang bisa hilang seketika karena satu dan lain hal. Tapi apa yang kita tabur di ladang Tuhan, memiliki nilai yang kekal.

Rasa cukup itu bukan berasal dari jumlah yang kita punya. Cukup itu sebuah sikap hati! Mau merasa cukup? Miliki sikap hati yang baru.
Filipi 4:11b
Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.


---
It's All About The Money


Jika anda ingin punya gaya hidup baru dalam hal keuangan baik anda seorang single maupun berkeluarga, ada 10 tips yang bisa anda ikuti:

1. Simpan kembalian. Semua orang tahu bahwa menabung adalah gaya hidup terbaik jika ingin cepat kaya. Karena itu, terapkan cara menabung sederhana yaitu dengan menyimpan uang kembalian. Jika anda seorang ibu rumah tangga dan setiap kali anda belanja sering dengan uang cash, simpan kembaliannya baik itu receh atau seribuan ke dalam tempat khusus yang tidak akan anda ambil lagi. Cara menabung ala celengan babi ini cukup efektif kalau dilakukan dengan rutin. Di akhir tahun anda bisa menyimpan sampai Rp.500 ribu atau lebih tanpa anda sadari.

2. Kalau anda punya kebutuhan bulanan yang kurang penting seperti jadwal rutin ke salon, jadwal nonton bioskop, jadwal nongkrong di café atau sebagainya, maka anda bisa belajar menghemat dari hal-hal tersebut. Misalnya krimbat 2 minggu sekali bisa diubah menjadi 3 minggu sekali. Seminggu sekali nonton bioskop bersama pasangan bisa diubah jadi 2 minggu satu kali atau tetap seminggu sekali tapi ditempat yang lebih murah, atau cukup menyewa DVD saja dan menikmatinya di malam yang romantis bersama pasangan di rumah. Anda bisa mulai mengecek hal-hal kecil tersebut untuk melakukan banyak penghematan dalam keuangan. Uang yang terhemat bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain yang jauh lebih mendesak atau bisa ditabung.

3. Lain kali anda tercatat dalam daftar tuan rumah sebuah arisan, pesta keluarga, atau ingin mengadakan pesta ulang tahun atau syukuran, hal pertama yang cukup mengkuatirkan ibu-ibu biasanya adalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk makanan. Tapi jangan kuatir. Cobalah pesta ala potluck, alias membawa makanan sendiri dari rumah. Selain menyenangkan karena makanan yang hadir akan bervariasi, anda bisa menghemat jauh sekali namun tetap bisa menjadi tuan rumah yang oke bagi keluarga atau kerabat. Coba deh!

4. Tahukah bahwa dengan siapa anda bergaul dapat menjadi tolak ukur pengeluaran anda? Maksudnya jika anda seorang ibu rumah tangga yang berteman hanya dengan kaum jet set padahal anda sendiri bukan, maka anda akan kewalahan mengikuti gaya hidup mereka. Mereka akan membawa anda spa 2 minggu sekali dan belanja ditempat bermerk. Wah, bisa besar pasak daripada tiang nantinya. Karena itu, usahakan untuk punya pergaulan dari segala kalangan, termasuk yang membawa anda makan siang bersama di warteg jika anda seorang single. Dengan cara ini, tanpa disadari anda bisa berhemat jauh!

5. Siapa bilang segala sesuatu yang baru itu lebih oke dari yang lama? Daripada gatal beli perabotan rumah tangga baru atau membeli baju baru, sesekali coba cat ulang saja perabotan anda, atau bongkar baju-baju lama ibu anda. Siapa tahu membuahkan hasil yang tak kalah bagus dari barang baru? Pergi ke toko loak atau brang bekas juga sebuah petualangan yang seru. Bawa suami/istri anda kesana dan berburuhlah. Bagi para suami, membeli mobil atau motor second bukan hal yang tabu. Jika hati-hati kendaraan second tidak kalah bagus dan anda bisa sekaligus menghemat.

6. Berhentilah menghabiskan uang lebih banyak dari yang anda hasilkan. Untuk bisa memperbaharui keuangan, jadilah tegas terhadap diri sendiri dan berhenti melakukannya, apalagi untuk alasan kesenangan semata seperti belanja contohnya.

7. Tidak ada salahnya membeli barang dengan cara mencicil. Tapi cicilan yang sehat adalah maksimal 20% dari penghasilan bersih anda setiap bulannya. Jika anda mulai mencicil barang dengan jumlah yang lebih dari itu, segera lunasi dan keluar dari gaya hidup seperti itu, apalagi jika anda sudah berumah tangga. Jika anda tidak menghentikannya, maka anda bisa terlilit hutang nantinya. Kasihan anak-anak anda nantinya....

8. Mulai sekarang belajarlah untuk memberi. Jika anda sudah memiliki sebuah keluarga, sisihkan keuangan anda untuk menjadi orang tua asuh terhadap satu dua orang anak yang putus sekolah lewat badan sosial yang bis dipercaya. Kalau anda single, anda bisa tetap menjadi orang tua asuh dengan biaya yang lebih kecil setiap bulannya. Percayalah, ada berkat besar dibalik kebiasaan memberi.

9. Siapa bilang ikut multilevel marketing itu sebuah keputusan yang salah? Dari hampir semua buku keuangan yang best seller di luar sana, rata-rata menganjurkan MLM sebagai alternatif bisnis untuk cepat kaya! Asal MLM-nya terdaftar dan dijalankan dengan baik dan ulet, banyak kesaksian mereka yang berhasil dari sana sangatlah banyak. Dari seorang janda yang menyekolahkan 3 anaknya keluarga negeri, sampai anak 17 tahun yang menjadi jutawan dalam jangka waktu 1 tahun saja. Tertarik?

10. Untuk semua nasehat keuangan, ada satu hal yang terpenting dan harus tetap ada, yaitu persembahan untuk Tuhan. Jangan pernah tinggalkan yang satu ini, dan saksikan bagaimana keuangan anda dan keluarga akan mengalami perubahan dasyat!


---
Fokus, Kunci Terobosan Keuangan


Tuhan mau untuk setiap anak-anakNya mengalami terobosan / kemerdekaan dalam hal keuangan, tidak perduli apapun profesi Anda. Untuk bisa mengalami terobosan tersebut, tidak cukup hanya berdoa, tetapi juga dibutuhkan suatu tindakan iman. Tuhan membutuhkan kerjasama dari kita untuk melakukan mujizat. Firman Allah merupakan buku manual untuk Anda bisa mengelola keuangan Anda. Satu-satunya konsultan keuangan yang paling sukses yang pernah berjalan di muka bumi bernama Yesus Kristus.

Kunci dari manajemen keuangan Anda adalah :

Lukas 6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Perjanjian baru mencatat 38 perumpamaan dan 16 di antaranya merupakan perumpamaan tentang cara bagaimana Anda mengelola keuangan Anda. Tidak hanya itu saja, tetapi ada 2000 ayat yang fokusnya mengenai bagaimana mencapai kemerdekaan dalam hal keuangan.

7 Rahasia Yang Membawa Kemerdekaan Dalam Keuangan Anda

1. Pemberi beruntung (Mazmur 50:10-15)

Segala sesuatu di bawah kuasa Allah selalu memberi, oleh karena itu segala sesuatu yang dikendalikan oleh Tuhan sifatnya selalu memberi. Pemberian terbesar pertama kali yang terjadi adalah ketika Allah memberikan anak-Nya yang tunggal. Dengan Yesus sebagai benih yang ditabur oleh Allah Bapa, kita terima kehidupan yang kekal dan kasih karunia-Nya. Memberi adalah kunci untuk Anda mengalami kemerdekaan dalam keuangan. Memberi merupakan satu-satunya obat serakah yang ada di jiwa Anda. Keserakahan bisa menghalangi Anda untuk fokus. Jadi, jangan memberi dengan terpaksa (2 Korintus 9:7) karena sampai Anda melepaskan apa yang Anda miliki di tangan Anda, Allah tidak bisa berkati lebih dari itu.

2. Pemberi mengontrol masa depan keuangan mereka (Amsal 3:9-10)

Apa yang saudara beri kepada Tuhan akan menentukan kapan dan berapa banyak berkat-berkat yang akan datang kepadamu. Kebenarannya adalah waktu Anda buka tangan ke arah Tuhan, Tuhan buka tangan ke arah Anda. Benih bisa tinggalkan tangan Anda tetapi tidak pernah tinggalkan hidupmu. Benih Anda adalah satu-satunya pengaruh yang Anda miliki atas masa depanmu. Anda harus beri apa yang benar ... Bukan apa yang sisa.

3. Tuhan ingin Anda membuat investasi bagi diri Anda sendiri (Matius 6:2 )

Allah ingin Anda membuat investasi bagi diri Anda sendiri di surga. Jadi, jika Anda sedang memberi, maka Anda sedang membuat investasi di surga.

4. Anda harus membuat investasi pada hal-hal yang bersifat permanen (2 Petrus 3:10)

5. Memiliki gaya hidup dengan hukum tabur dan tuai (Kejadian 8:22)

Tuhan menciptakan bumi dengan sistem tabur dan tuai. Ini adalah hukumnya Tuhan.

6. Allah yang mengontrol perekonomian dan gaji Anda (Ulangan 8:18)

Allah yang memberikan kekuatan pada Anda untuk membuat hidup Anda berkelimpahan.

7. Ada 2 macam Pemberi :

a. Reason Giver (pemberi karena mempertimbangkan) = memberi karena pikiran, karena alasan tertentu.

b. Revelation Giver (pemberi karena pewahyuan Roh Kudus) = memberi karena dipimpin dengan kehendak Allah, sehingga pada waktu Anda memberikan benih sesuai dengan kehendak Roh Kudus, Anda sedang memberi karena Anda melihat Tuhan sebagai sumber Anda. Akibatnya apa yang Anda berikan bukan berdasarkan apa yang mau Anda beri, tetapi berdasarkan tuntunan Roh Kudus.

Jika Anda mau hidup sukses sebagai anak Tuhan, hidup sebagai utusan Kristus dan pewaris Kerajaan Surga maka Anda harus hidup dengan iman dan bukan dengan apa yang Anda lihat. Hidup karena percaya apa kata Firman Allah dan bukan pada situasinya. Untuk hidup dengan iman selain dibutuhkan suatu determinasi atau kebulatan tekad, hati yang teguh, juga Anda harus Fokus.

3 definisi kata Fokus dari kamus Webster (Webster Dictionary) :

1. The center of one attention (pusat perhatian seseorang).

2. That which has resulted into a clear image (sesuatu yang diuraikan menjadi gambaran yang lebih jelas).

3. A point of convergence (titik pertemuan).

Definisi daripada FOCUSED :

1. To caused to be concentrated (membuat untuk menjadi terkonsentrasi).

2. To concentrate all effort (mengkonsentrasikan semua upaya).

Kata FOCUSED (terfokus) dibuat menjadi terkonsentrasi. Kalau Anda tidak terfokus perhatiannya, imannya, maka tidak ada goal atau terobosan meskipun Allah kita adalah Allah yang melakukan terobosan.

Satu hal yang membuat Anda menjadi sukses adalah jika Anda menjadi orang yang fokus. Orang yang fokus tidak mau diganggu dengan gangguan-gangguan apapun juga. Setan bekerja keras untuk membuat Anda tidak fokus dan cara setan membuat Anda tidak terfokus ialah dengan mengirimkan berbagai macam gangguan dari segala penjuru. Seseorang yang fokus tidak peduli dengan situasi di sekelilingnya.

Filipi 3:13-14 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Rasul Paulus adalah orang yang fokus, oleh sebab itu dikatakan bahwa dia berlari-lari kepada tujuan, ada goal yang akan dicapainya. Dan untuk mencapai tujuan dan goal tersebut, RasuI Paulus harus fokus kepada sesuatu yang di depannya yaitu mimpi Allah, visi Allah yang menjadi targetnya.

Kata Focused adalah akronim dari :

F (FIX)

O (ON)

C (CHRIST)

U (UNLIMITTED)

S (SUPPLY)

E (EVERY)

D (DAY)

Untuk membuat janji Allah termanifestasi dalam hidup Anda, tidak cukup hanya sekedar Anda mengetahui tentang janji Allah itu, tetapi Anda harus perkatakan dan renungkan terus-menerus sampai terjadi terobosan dalam hidup Anda sesuai dengan janji Allah yang Anda perkatakan. Yosua dan Kaleb adalah orang-orang yang fokus.

Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Baru Dapat NPWP, Bagaimana Pelaporan SPT-nya?
PB-Co - detikFinance


Foto: Antari
Jakarta - Bagaimana Cara melaporkan pajak tahunan 2008? dengan pertimbangan sbb:

1. Saya baru bulan Desember kemarin mendapatkan NPWP
2. Saya juga baru kerja di kantor baru bulan November 2008.
3. Saya hanya mendapatkan bukti FORMULIR 1721-A1 dari kantor baru
4. Di perusahaan sebelumnya saya belum pernah mendapatkan bukti FORMULIR 1721-A1
5. Posisi saya sekarang di Jakarta dan Alamat NPWP saya dari daerah di Jawa Timur.


Jawaban kami :

NPWP merupakan sarana administratif perpajakan bagi seseorang untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Sedangkan membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga Negara, bila penghasilannya telah melebihi batasan penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Maka walaupun saudara baru mendapatkan NPWP bulan Desember 2008, namun kewajiban perpajakan saudara sebenarnya telah ada sebelumnya / sejak saudara menerima penghasilan yang diatas batasan PTKP (Confirm Pasal 7 ayat 1 UU PPh).
Atas penghasilan yang saudara terima sebagai karyawan sepanjang tahun pajak 2008, wajib dilaporkan dalam SPT Tahunan PPh Orang Pribadi menggunakan Form 1770S /1770 SS (Untuk karyawan yang berpenghasilan bruto kurang dari Rp.60Juta setahun) dengan melampirkan bukti potong formulir 1721-AI dari perusahaan tempat saudara bekerja.

Formulir 1721-A1 merupakan hak Saudara sebagai bukti bahwa atas penghasilan/gaji yang Saudara terima telah dipotong PPh pasal 21 oleh Kantor tempat Saudara bekerja. Jika form A1 tidak diberikan oleh perusahaan sebelumnya, maka saudara harus menghitung besarnya PPh terutang lalu membayar sendiri jumlah pajak yang belum dipotong tersebut melalui SSP ke bank persepsi.

Cara melaporkan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2008:
1. Mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan lengkap, benar dan jelas (dengan melampirkan bukti potong & daftar tanggungan bila ada)

2. Menghitung besarnya PPh terutang sesuai Pasal 17 UU PPh (bila hasilnya kurang bayar, atas kekurangannya disetorkan ke bank persepsi dengan SSP)

3. Semua dokumen (SPT Tahunan yang telah ditandatangani, bukti potong, dan bukti setor/SSP bila ada) tidak boleh dilipat, dikumpulkan dalam satu amplop tertutup, tulis nama, NPWP, Tahun Pajak (SPT Tahunan OP Tahun Pajak 2008) dan status SPTnya (Kurang Bayar, Nihil, Lebih bayar) serta Nomor Telpon yang bisa dihubungi; lalu

4. Melaporkannya ke KPP tempat saudara terdaftar atau KPP terdekat dimana lokasi Saudara saat ini, atau melalui drop box/ Pojok Pajak/ Mobil Pajak yang tersedia dipusat2 keramaian paling lambat tanggal 31 Maret 2009.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar