Jumat, 17 April 2009

Merdeka Untuk Mengampuni





Pernahkah Anda berada dalam situasi di mana Anda harus mengampuni seseorang, tetapi Anda merasa tidak dapat melakukannya? Ingatkah Anda akan perasaan frustasi dan bingung karena Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan? Anda merasa jengkel dan sakit ketika bertemu kembali dengan orang tersebut?

Anda tahu bahwa Anda harus mengampuni. Mungkin Anda sering mendengar ayat-ayat ataupun pengajaran-pengajaran mengenai pengampunan. Anda tahu pentingnya mengampuni. Tetapi, Anda tidak tahu bagaimana Tuhan mau kita mengampuni. Dan ini membuat Anda bertanya: "Bagaimana caranya saya bisa bebas dan cepat mengampuni?"
Matius 18:23-27
Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hamba-hambanya. Setelah ia mulai mengadakan perhitungan itu, dihadapkanlah kepadanya seorang yang berhutang sepuluh ribu talenta. Tetapi karena orang itu tidak mampu melunaskan hutangnya, raja itu memerintahkan supaya ia dijual beserta anak isterinya dan segala miliknya untuk pembayar hutangnya. Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan. Lalu tergeraklah hati raja itu oleh belas kasihan akan hamba itu, sehingga ia membebaskannya dan menghapuskan hutangnya.

Di perumpamaan ini Tuhan adalah raja dan kita adalah hambanya. Ayat ini adalah obat untuk penyakit tidak bisa mengampuni. Ketika kita fokuskan pikiran kita pada berapa banyak dosa kita (hutang kita) yang sudah dihapuskan, akan lebih mudah bagi kita untuk menghapuskan (mengampuni) dosa dan kesalahan orang lain. Dengan kata lain, Anda bisa cepat mengampuni orang dengan cara fokus akan pengampunan yang Tuhan sudah berikan khusus untuk Anda.

Anda tidak bisa memberi sesuatu yang Anda tidak punya. Anda pun tidak bisa mengampuni sebelum Anda yakin Anda sudah diampuni. Banyak orang, termasuk orang Kristen, yang fokus pada bagaimana cara mereka memberikan pengampunan. Mereka berdoa dan berdoa dan mencoba berbagai cara untuk mengampuni dan melupakan langkah pertama yang terpenting yaitu menerima pengampunan dari Tuhan.

Jadi, apakah Anda sudah membuat keputusan untuk mengampuni? Kalau belum, buatlah keputusan itu sekarang juga karena mengampuni orang lain tidaklah susah kalau Anda memfokuskan pikiran Anda kepada Tuhan, bukan diri Anda sendiri atau orang yang menyakiti Anda.

Doa kepada Tuhan sesuai Efesus 3:18. Minta Dia untuk membuat Anda memahami lebarnya, panjangnya, tingginya dan dalamnya kasih Kristus. Minta pada Tuhan hati yang mengerti seberapa besar dosa Anda yang telah Ia ampuni. Fokuskan pikiran dan emosi Anda pada harga yang Ia telah bayar untuk mengampuni Anda: ingat bagaimana Ia dicambuk dan menderita di kayu salib buat Anda. Semuanya menunjukkan pengampunan-Nya yang luar biasa besar bagi Anda. Akibatnya, tidak sulit bagi Anda untuk mengampuni.Tuhan mau Anda merdeka untuk mengampuni orang lain.

---

Jangan Gampang Menyerah

Mazmur 3:2-9
Banyak orang yang berkata tentang aku: "Baginya tidak ada pertolongan dari pada Allah." Sela. Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku. Dengan nyaring aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus. Sela. Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku! Aku tidak takut kepada puluhan ribu orang yang siap mengepung aku. Bangkitlah, TUHAN, tolonglah aku, ya Allahku! Ya, Engkau telah memukul rahang semua musuhku, dan mematahkan gigi orang-orang fasik. Dari TUHAN datang pertolongan. Berkat-Mu atas umat-Mu! Sela.

Hubungan yang intim dengan Tuhan bisa menyelesaikan masalah-masalah Anda. Salah satu kelebihan orang yang mempunyai pergaulan akrab dengan Tuhan adalah mereka bisa tetap tenang di tengah pencobaan yang dashyat, seperti raja Daud di atas. Mereka mengerti bahwa Tuhan pasti akan menggenapi janji-Nya untuk membuat mereka menang atas setiap pencobaan yang mereka hadapi.

Para pencetak sejarah (history maker) adalah orang-orang yang akrab dengan Tuhan. Di dalam Alkitab banyak terdapat contoh orang-orang yang mempunyai pergaulan dengan Tuhan dan menjadi sukses: Nuh yang luput dari murka Tuhan, Daud yang berkemenangan terus-menerus melawan musuhnya dan Samuel yang menjadi revivalist (tokoh kebangkitan) dari Israel.

Kenapa pergaulan Anda dengan Tuhan akan membuat Anda tahan uji dan mencapai kemenangan? Karena dengan pergaulan Anda dengan Tuhan Anda akan mempunyai pikiran yang sejalan dengan pikiran Tuhan dan melihat pencobaan seperti Tuhan melihat pencobaan. Anda akan lebih mengenal Tuhan. Tuhan selalu melihat pencobaan yang Anda sedang alami sebagai proses pembentukan karakter Anda untuk menjadi lebih seperti Kristus.

Dalam pencobaan, setan turut bekerja. Apabila Anda merasa takut dalam menghadapi cobaan itu, Anda sedang membuka celah bagi setan untuk turut bekerja. Dia akan melontarkan pikiran bingung, putus asa dan perasaan mau menyerah.

Tidak ada substitusi untuk Anda bertahan dalam pencobaan selain pergaulan dengan Tuhan. Jabatan atau agama pun tidak akan bisa menyelamatkan Anda dari serangan setan. Orang Kristen - termasuk yang menjabat di posisi leadership dalam gereja pun tidak luput dari kuasa setan, seperti di 2 Samuel 15:1-6 di mana Absalom menipu pemimpin-pemimpin dalam gereja.

Yesaya 41:10 (amplified) "Fear not (there's nothing to fear) For I am with you; do not look around you in terror and be dismayed; for I am your God. I will strengthen and harden you to difficulties, Yes, I will help you; Yes, I will hold you up and retain you with my (victorious) right hand of rightness and justice)."

Jadi, pada saat kesusahan terjadi, Anda mesti ingat bahwa Tuhan mau menguatkan Anda. Kuncinya untuk berkemenangan atas pencobaan adalah Anda mesti tetap fokus ke janji-janjinya Tuhan dan mempunyai determinasi luar biasa untuk menang. Miliki roh seperti bulldog yang berlari terus sampai ke garis akhir dan fokus ke Tuhan di tengah-tengah oposisi Anda, supaya Anda menerima yang terbaik yang Tuhan sudah sediakan bagi Anda.
.



Pernahkah Anda menghadapi satu situasi yang berat sampai-sampai Anda merasa sulit untuk mentaati Firman Tuhan? Atau pernahkah Anda mengalami suatu masalah yang sepertinya Anda tidak bisa atasi? Pada saat-saat inilah Anda harus meminta Tuhan untuk memberikan kasih-karuniaNya supaya Anda bisa berkemenangan atas keadaan Anda.

Banyak dari Anda yang mungkin sudah mendengar arti dari kasih-karunia Tuhan. Mungkin Anda mengerti tehtang "konsep" kasih-karunia. Tetapi, apakah Anda benar-benar tahu dan yakin apa arti dari kasih-karunia-Nya? Tahukah Anda bahwa ada tujuan dan maksud di balik kasih karunia tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat pada perumpamaan berikut.

Ada seorang bapak yang anaknya meninggal akibat tertabrak mobil. Maka bapak tersebut mempunyai tiga pilihan. Yang pertama, dia bisa mendatangi orang yang menabrak dan membunuhnya. Ini disebut balas dendam. Kedua, si bapak bisa menyerahkan penabrak tersebut ke tangan polisi. Yang pada akhirnya orang tersebut akan diadili. Ini disebut keadilan.

Atau yang ketiga, bapak itu bisa juga melakukan sesuatu yang secara kapasitas manusia tidak mungkin dilakukan. Yaitu dengan mengampuni si penabrak tersebut dan kemudian mengadopsinya sebagai anaknya sendiri. Lalu dia memberikan semua warisannya kepada si penabrak dan menganggapnya seperti anak kandungnya sendiri. Ini yang dinamakan kasih-karunia.

Seperti gambaran di atas, Tuhan telah menghapus semua dosa-dosa kita dan mengangkat status kita sejajar dengan Yesus. Dia rela mati supaya kita bisa terbebaskan dari hidup menurut hukum taurat. Karena hukum membuat mata Anda terfokus pada kegagalan Anda. Tapi kasih-karunia membuat mata Anda terfokus pada kasihnya Tuhan.

Coba bayangkan apabila sang bapak di atas menyerahkan si penabrak ke pengadilan. Mungkin si penabrak akan menghabiskan sisa hidupnya menyesali perbuatannya. Tetapi bayangkan apa yang si penabrak akan rasakan sewaktu bapak tersebut mengampuninya dan mewariskannya harta kekayaan. Pastinya si penabrak tidak akan terlalu fokus dengan kesalahannya bukan?

Seperti itulah kasih karunia yang Tuhan berikan pada kita semua. Kasih karunia memberikan Anda kekuatan untuk hidup sesuai Firman. Kasih karunia-Nya lah yang meyakinkan Anda bahwa Dia akan membuat Anda lebih dari pemenang.
Law gives a picture of righteousness.
Grace gives the power to live a righteous life.
(Hukum memberi Anda gambaran tentang hidup yang benar.
Kasih-karunia memberi Anda kekuatan untuk hidup benar.)

Jadi, fokuskan pikiran Anda pada kasih karunia-Nya. Ingat bahwa Tuhan memberikan kasih karunia-Nya setiap hari khusus kepada Anda. Belajar untuk menerima kasih karunia-Nya karena hanya kasih karunia-Nya yang memampukan kita hidup berkemenangan.

Katakan kepada-Nya: "Tuhan, ampuni Aku karena selama ini Aku lebih suka hukum Taurat daripada kasih karunia-Mu. Aku mau hidup berkemenangan dan menghasilkan buah, tetapi Aku akan butuh kasih karunia-Mu untuk berbuat demikian. Ajari Aku untuk berjalan dalam kasih karunia-Mu. Mulai dari hari ini Aku membuat komitmen untuk memfokuskan mata dan pikiranku hanya kepada kasih karunia-Mu dan bukan kepada hukum Taurat. Dalam nama Yesus, Amin."


----
Miliki Hati Seorang Penyelesai


Pernahkah Anda mengerjakan suatu proyek yang tidak kunjung selesai? Bukankah Anda menjadi frustasi dibuatnya? Bahkan orang lain yang melihat Anda pun ikut frustasi. Tuhan juga demikian sewaktu melihat masalah dan tantangan yang Anda hadapi tidak kunjung selesai.
Filipi 1:6
Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Tuhan mau Anda menyelesaikan tugas-tugas yang Dia telah berikan kepada Anda. Firman di atas menunjukkan keyakinan rasul Paulus akan hati penyelesai yang dimiliki oleh Yesus. Dia adalah Tuhan yang mau melihat anak-anak-Nya mencapai garis akhir dengan sukses.

Semenjak Anda lahir baru, Tuhan sudah menetapkan rencana dan destinasi ilahi-Nya bagi Anda.Tuhan membuang hati Anda yang keras, yang bermusuhan dengan Tuhan, dan memberikan hati yang baru, hati yang lembut di mana Roh Kudus berdiam. Sementara itu, ada bagian yang belum diperbaharui yaitu pikiran Anda.

Tuhan ingin kita mencapai kesuksesan. Tetapi kuncinya terletak pada seberapa banyak pikiran kita yang sejalan dengan pikiran Kristus. Yesus mempunyai hati dan pikiran seorang penyelesai. Dia tidak memulai sesuatu dan meninggalkannya setengah jalan. Sewaktu Anda bertekad untuk tidak menyerah dan terus bertekun, Anda sedang mengubah pola pikir dan hati Anda menjadi seperti pola pikir dan hati Yesus.

Ibrani 12:2 (KJV) "Looking unto Jesus the author and finisher of our faith; ...."

Kita ketahui, bahwa perjalanan menuju destinasi dan mencapai kesuksesan bukanlah perjalanan yang mulus. Musuh kita si setan akan mati-matian membuat kita menyerah dan berhenti bertekun. Tetapi kita bisa mengatasi semua masalah dan rintangan dengan cara fokus pada janji-janji Tuhan bagi kita.

Anda bisa belajar ketekunan dari tokoh-tokoh Alkitab seperti Musa. Musa dipilih Tuhan pada usia senja untuk memimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir. Dia mengalami masa yang sangat sulit pada saat menggembalakan umat Israel. Masalah demi masalah datang silih berganti. Tetapi dia tidak menyerah dan keluar dari pelayanannya, sebaliknya dia tetap bertekun untuk melihat bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian.

Kepada orang yang bertekun menyelesaikan sampai akhirnya, Tuhan berjanji bahwa orang itu akan mencapai destinasi yang dituju. Anda adalah umat perjanjian Allah. Allah mempunyai janji-janji yang harus Dia genapi apabila Anda melaksanakan perintah-perintah-Nya dan tetap setia pada tugas-tugas Anda.

Jadi, setiap kali Anda tergoda untuk menyerah, fokuskan pikiran Anda pada janji-janji Allah untuk Anda. Pegang erat-erat apa yang sudah Ia perkatakan tentang masa depan Anda. Milikilah pikiran dan hati penyelesai seperti hati Yesus. Sebab orang yang berjalan dengan Tuhan akan mencapai destinasinya!

this guy who is very much in love with his girl (Story) Reply With Quote
There was once this guy who is very much in love with his girl. This romantic guy folded 1,000 pieces of paper cranes as a gift to his girl.

Although, at that time he was just a small fry in his company, his future didn"t seem too bright, they were very happy together. Until one day, his girl told him she was going to Paris and will never come back. She also told him that she cannot visualize any future for the both of them, so they went their own ways there and then...

Heartbroken, the guy agreed. But when he regained his confidence, he worked hard day and night, slogging his body and mind just to make something out of himself.

Finally with all the hard work and the help of friends, this guy had set up his own company .

You never fail until you stop trying. One rainy day, while this guy was driving, he saw an elderly couple sharing an umbrella in the rain walk ing to some destination. Even with the umbrella, they were still drenched. It didn"t take him long to realize they were his girl"s parents.

With a heart in getting back at them, he drove slowly beside the couple, wanting them to spot him in his luxury sedan. He wanted them to know that he wasn"t the same any more; he had his own company, car, condo, etc. He made it! What he saw next confused him, the couple was walking towards a cemetery, and so he got out of his car and followed...and he saw his girl, a photograph of her smiling sweetly as ever at him from her tombstone and he saw his paper cranes right beside her...

Her parents saw him. He asked them why this had happened. They explained, she did not leave for France at all. She was ill with cancer. She had believed that he will make it someday, but she did not want to be his obstacle... therefore she had chosen to leave him.
Just because someone doesn"t love you the way you wa nt them to, doesn"t mean they don"t love you with all they have. She had wanted her parents to put his paper cranes beside her, because, if the day comes when fate brings him to her again...he can take some of those back with him...

Once you have loved, you will always love. For what"s in your mind may escape but what"s in your heart will remain forever.

The guy just wept...The worst way to miss someone is to be sitting right beside her knowing you can"t have her, see her or be with her ever again.........hope you understand.

Find time to realize that there is one person who means so much to you, for you might wake up one morning losing that person who you thought meant nothing to you.

KINDNESS Pays !

One day, a poor boy who was selling goods from door to door to pay his way through school, found he had only one thin dime left, and he was hungry.
He decided he would ask for a meal at the next house. However, he lost his nerve when a lovely young woman opened the door. Instead of a meal he asked for a drink of water. She thought he looked hungry so brought him a large glass of milk. He drank it slowly, and then asked, "How much do I owe you?"

"You don"t owe me anything," she replied "Mother has taught us never to accept payment for a kindness." He said... "Then I thank you from my heart."

As Howard Kelly left that house, he not only felt; stronger physically, but his faith in God and man was strong also. He had been ready to give up and quit.

Years later that young woman became critically ill. The local doctors were baffled. They finally sent her to the big city, where they called in specialists to study her rare disease. Dr. Howard Kelly was called in for the consultation. When he heard the name of the town she came from, a strange light filled his eyes.
Immediately he rose and went down the hall of the hospital to her room.
Dressed in his doctor"s gown he we nt in to see her. He recognized her at once. He went back to the consultation room determined to do his best to save her life. From that day he gave special attention to the case.

After a long struggle, the battle was won. Dr. Kelly requested the business office to pass the final bill to him for approval. He looked at it, then wrote something on the edge and the bill was sent to her room.
She feared to open it, for she was sure it would take the rest of her life to pay for it all. Finally, she looked, and something caught ; her attention on the side as She read these words.....

"Paid in full with one glass of milk." (Signed) Dr. Howard Kelly.

Tears of joy flooded her eyes as her happy heart prayed: "Thank You, GOD, that Your love has spread abroad through human hearts and hands."



------



A Silent Love (Touching Love Story)


From the very beginning, the girl's family objected strongly on her dating this guy. Saying that it has got to do with family background & that the girl will have to suffer for the rest of her life if she were to be with him.
Due to family's pressure, the couple quarrel very often. Though the girl love the guy deeply, but she always ask him: "How deep is your love for me?"
As the guy is not good with his words, this often causes the girl to be very upset. With that & the family's pressure, the girl often vents her anger on him. As for him, he only endures it in silence.
After a couple of years, the guy finally graduated & decided to further his studies in overseas. Before leaving, he proposed to the girl: "I'm not very good with words. But all I know is that I love you. If you allow me, I will take care of you for the rest of my life. As for your family, I'll try my best to talk them round. Will you marry me?"
The girl agreed, & with the guy's determination, the family finally gave in & agreed to let them get married. So before he leaves, they got engaged.
The girl went out to the working society, whereas the guy was overseas, continuing his studies. They sent their love through emails & phone calls. Though it's hard, but both never thought of giving up.
One day, while the girl was on her way to work, she was knocked down by a car that lost control. When she woke up, she saw her parents beside her bed. She realized that she was badly injured. Seeing her mum crying, she wanted to comfort her. But she realized that all that could come out of her mouth was just a sigh. She has lost her voice.
The doctor says that the impact on her brain has caused her to lose her voice. Listening to her parents' comfort, but with nothing coming out from her, she broke down.
During the stay in hospital, besides silence cry, it's still just silence cry that companied her. Upon reaching home, everything seems to be the same. Except for the ringing tone of the phone. Which pierced into her heart every time it rang. She does not wish to let the guy know. & not wanting to be a burden to him, she wrote a letter to him saying that she does not wish to wait any longer.
With that, she sent the ring back to him. In return, the guy sent millions & millions of reply, and countless of phone calls,.. all the girl could do, besides crying, is still crying.
The parents decided to move away, hoping that she could eventually forget everything & be happy. With a new environment, the girl learnt sign language & started a new life. Telling herself everyday that she must forget the guy. One day, her friend came & told her that he's back. She asked her friend not to let him know what happened to her. Since then, there wasn't anymore news of him.
A year has passed & her friend came with an envelope, containing an invitation card for the guy's wedding. The girl was shattered. When she opened the letter, she saw her name in it instead.
When she was about to ask her friend what's going on, she saw the guy standing in front of her. He used sign language telling her "I've spent a year's time to learn sign language. Just to let you know that I've not forgotten our promise. Let me have the chance to be your voice. I Love You. With that, he slipped the ring back into her finger. The girl finally smiled.

1 komentar:

  1. Did you know that you can create short urls with Shortest and get $$$$$$ from every visitor to your short links.

    BalasHapus