Selasa, 14 April 2009

Hati Hamba Vs Rasa Aman




Kalau Anda mau melayani, Anda harus memiliki HATI HAMBA, kerendahan hati. Karena melayani artinya Anda harus mau melakukan seperti yang Yesus lakukan : mencuci kaki orang lain. Melayani artinya Anda harus mau melakukan tugas-tugas ‘kotor', bau, hal-hal yang tidak enak dengan tuntutan yang besar.

Kebanyakan orang Kristen hanya suka berkatnya saja, tapi tidak suka melayani. Dalam Yohanes 13 dalam ayat ke 4-16, Yesus mendemonstrasikan kehambaan dan menantang kita untuk menjadi hamba bagi semua. Tetapi melayani Tuhan dan orang lain bukan hal yang gampang. Khususnya waktu tugas menjadi berat dan orang-orang yang Anda layani adalah orang-orang yang sukar!

Sebelum Yesus bisa membasuh kaki murid-murid-Nya, yang merupakan tindakan kerendahan hati yang luar biasa dari Tuhan Semesta Alam Dia harus memiliki rasa aman atas beberapa area dalam hidupnya.

Yohanes 13:3 Yesus tahu, bahwa Bapa-Nya telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan kembali kepada Allah.

Yesus tahu apa yang Dia miliki, dari mana Dia berasal, kemana Dia akan pergi. Dia tahu Kuasa-Nya: apa yang Dia miliki. Dia tahu Posisi-Nya dari mana Dia berasal. Dia tahu Tujuan-Nya ke mana Dia akan pergi. Karena Yesus memiliki rasa aman dalam hal-hal / area tersebut maka Dia bisa menjadi Pelayan Tuhan yang luar biasa! Kalau Anda melayani, Anda harus memiliki rasa aman. Ada empat area di mana Anda perlu memiliki rasa aman :

1. GAMBAR DIRI: Bagaimana Saya MELIHAT diri Saya sendiri

Kalau Anda ingin memiliki gambar diri yang sehat, maka Anda harus bisa menyatukan kerendahan hati dan keyakinan / kepercayaan diri. Rendah hati dan percaya diri pada saat yang bersamaan. Seperti Yesus, percaya diri bahwa Dia adalah Anak Allah, tapi pada saat yang sama cukup rendah hati untuk membasuh kaki murid-murid-Nya!



Itu sebabnya mengapa kita perlu terus-menerus memperbaharui pikiran kita dengan Firman Tuhan supaya kita bisa mengetahui apa yang Alkitab katakan tentang siapa diri kita yang sebenarnya!

Kej. 1:27: "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka."

Kita butuh pewahyuan tentang siapa Tuhan itu. Karena siapa dan apa Tuhan itu, itulah yang telah Tuhan tanamkan sebagai sifat alamiah (nature) kita! Waktu kita tidak tahu siapa Tuhan itu, kita tidak akan tahu siapa diri kita, dan sebagai akibatnya kita ijinkan opini orang lain yang membentuk identitas kita.



2. HARGA DIRI: Bagaimana Saya MENILAI diri Saya.



Sering kita mendengar orang berkata, "Berapa nilai kekayaan pribadi orang ini? What is his net worth?" $3 million? $30 million? $50 billion?



Saya mau katakan pada Anda bahwa Anda lebih berharga dari perak dan emas. Tuhan berkata: "Hargamu semahal Anak Tunggal-Ku!"



Roma 8:31-32 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?



Anda berharga di mata Tuhan! Anda adalah biji mata Tuhan!

3. PERCAYA DIRI: Bagaimana PERASAAN Saya tentang diri Saya.

Amsal 23:7 "For as he thinks in his heart, so is he ..."

Mungkin kita pikir, "Hei, kita berpikir dengan kepala bukan dengan hati.....!" Tetapi Alkitab katakan, kita mengambil kesimpulan-kesimpulan lebih dengan hati daripada dengan pikiran kita. Itu sebabnya Alkitab memerintahkan kita untuk menjaga hati kita (pastikan perasaan hati kita sejalan dengan Firman dan Roh Kudus).

4. HORMAT DIRI: Bagaimana Saya MENGHORMATI MARTABAT diri Saya

Kita sadar bahwa di luar Tuhan kita bukan siapa-siapa. Tetapi bersama Tuhan kita didudukkan bersama-sama dengan Dia di sorga (seated in the heavenly seated."- Efesus 2:6) Sebagai anak Raja kita bisa hidup dengan tatanan dan sistem nilai yang lebih baik dalam hidup kita. Kita bisa belajar berbicara baik, kita tidak perlu kasar atau merasa superior terhadap orang lain. Karena kita menolak untuk merusakkan gambar Tuhan di dalam diri kita.

Memiliki hati hamba bukan berarti kita gampang dipermainkan (diolok, diejek, dipermainkan, dimanipulasi). Karena kita menghormati diri kita maka kita tidak perlu menuruti kalau kita direndahkan. Orang lain akan memperlakukan kita sebagai anak raja waktu kita berperilaku seperti anak raja! Karena itulah yang ada di dalam diri kita -anak-anak Raja Mahakuasa!


---

Sikap Menentukan Kesuksesan



Seberapa tinggi Anda terbang dalam Tuhan... seberapa Anda bertumbuh dalam-Nya... Berapa banyak kasih karunia yang Anda dapatkan di dalam Tuhan... Semuanya bergantung pada sikap dalam hidup Anda!

2 Timotius 2:20-21, Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia. Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Tuhan ialah Penjunan yang Agung dan kita ialah bejana-Nya. Tuhan ingin membentuk dan membuat Anda menjadi bejana yang indah untuk kemuliaan-Nya. Sekarang, dalam rumah penjunan ada banyak bejana. Beberapa bejana terhormat beberapa tidak. Apa yang membuat perbedaan? Dalam gereja, begitu banyak orang Kristen. Alkitab yang dibaca sama, menghadiri ibadah yang sama, melayani di tempat yang sama.

Tapi apa yang membuat perbedaan sehingga beberapa orang Kristen nampak seperti disukai Tuhan? Beberapa nampak lebih diberkati daripada yang lain? Beberapa bejana nampak lebih terhormat dibanding yang lain? Apa yang membuat perbedaan? Apakah karena jarak antara waktu keanggotaan Anda di gereja? Apakah jumlah talenta yang Anda berikan untuk gereja? Apakah karena jumlah jam yang Anda habiskan di gereja untuk berbuat ini-itu? Apakah karena personalitas Anda? Anda lebih ekstrovert, dll.

Faktor X Kesuksesan : Sikap Anda

Itu tidak ada kaitannya dengan penampilan luar, melainkan harus berkaitan dari dalam. Tidak ada kaitannya dengan keadaan dari luar melainkan dari dalam. Faktor X yang Tuhan cari ialah sikap Anda! Sikap Anda menentukan pencapaian Anda! Sikap benar-benar segala-galanya! Anda yang sekarang ada karena sikap Anda. Anda adalah gabungan keseluruhan dari sikap hati + mental + spiritual.

Filipi 3:13-15, Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu.

Ayat 15 (NASB) "Let us therefore, as many as are perfect, have this attitude; and if in anything you have a different attitude, God will reveal that also to you."

Apa yang Paulus katakan? Kalau Anda mau yang terbaik dari Tuhan dalam hidup Anda, maka sikap Anda juga harus benar. Kalau Anda mau terbang tinggi untuk menggenapi panggilan Tuhan dalam hidup Anda, sikap Anda haruslah benar.

Paulus : Seorang Dengan Sikap Yang Luar Biasa!

Paulus ialah seorang yang luar biasa. Dia seorang yang agak terlambat dalam hal kerohanian: seorang yang individualis, sombong, berdarah dingin... pembunuh, penganiaya gereja-gereja. Dalam kehidupannya, dia punya banyak keadaan yang melawan dia. Pertama, dia seorang yang jelek, bongkok, botak, pendek. Dan kedua, matanya hampir buta. Kata-katanya penuh dengan makian. Dia bukan seorang yang punya kepribadian yang menarik, Mr. Personality, yang akan membuat para wanita di gereja jatuh hati begitu melihatnya. Tetapi ketika dia menjadi seorang percaya, pertumbuhan rohaninya sangat fenomenal. Dia mendapat perjumpaan ilahi demi perjumpaan... yang bahkan murid-murid Yesus sendiri tak pernah impikan.

Diangkat ke surga, setan gemetar pada waktu menyebut namanya, dll. Bahkan dia melebihi gurunya, Barnabas. Sampai-sampai diapun lebih dewasa dibanding dengan Petrus, pemimpin dari 12 rasul! Mengapa Tuhan begitu suka dengan orang ini, seorang yang sedikit aneh, kurang bertalenta? Rahasia Paulus adalah dia memiliki sikap yang hebat!

Sikap Anda menentukan pencapaian Anda! SIKAP ANDA = SAUDARA SEBENARNYA! Waktu sikap Anda salah, seluruh hidup Anda akan berantakan. Waktu sikap Anda benar, seluruh hidup Anda akan berjalan seiring. Beberapa orang berpikir: "Aku butuh seseorang membantu memperbaiki sikapku."

Pak pendeta, kontrol sikapku. Katakan bagaimana aku harus bertingkah laku! Tidak, itu mustahil... itu tidak bisa. Saya bisa memperlihatkan tingkah laku yang benar untuk Anda tapi saya tidak bisa mengatur sikap Anda.

Kesimpulan :

Setiap dari Anda punya takdir / panggilan ilahi, rencana + tujuan di dalam Tuhan. Tetapi sejauh mana Anda mau mencapainya tergantung pada sikap dari hati Anda. Sikap Anda menentukan pencapaian Anda!

3 sikap yang dapat Anda miliki:

1. Kerendahan hati, seorang yang rela mengerjakan tugas seorang hamba.

2. Kerelaan hati, jika Anda rela + taat, Anda akan memakan hasil baik dari negeri itu! (Yesaya 1:19, Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu) vs pemberontakan = sihir.

3. Sikap yang positif, sikap seperti yang dimiliki Paulus!

Klik Disini untuk Melihat Profil Penulis

Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!

Fakta Clean Sheet Wakil Inggris
Dipunggawai Kiper Asing

Komentator Sky Sports, Graeme Souness, di tayangan siaran langsung 16 besar Liga Champion dua pekan lalu menyatakan sebuah keyakinan. Menilik penampilan di pertemuan pertama, eks bintang Liverpool itu menyebut seluruh wakil Inggris berpeluang besar lolos ke perempat final.

Well, berterima kasihlah Inggris pada kiper-kiper asingnya yang memungkinkan kilasan fenomena clean sheet mengemuka saat itu. Ya, bila kita melihat hingga bangku cadangan pun akhirnya memang hanya didapati seorang kiper Inggris saja di fase first knock-out Liga Champion itu.

Ia adalah Ben Foster, penjaga gawang cadangan Manchester United berusia 25 tahun. Kesempatan kiper kelahiran Warwickshire itu untuk merumput di Eropa memang kecil mengingat performa luar biasa Edwin van der Sar belakangan ini.

Rekor clean sheet Van der Sar di pentas Premier League membentang sepanjang 1.311 menit dan baru berakhir 4 Maret ketika United dibobol pemain Newcastle, Peter Lovenkrands. Sebagai punggawa di bawah mistar, peran kiper asal Belanda itu boleh dibilang baru bisa tergantikan bila dirinya cedera.

Kejayaan klub-klub Premiership di Liga Champion memang mutlak ditentukan peran penjaga gawang mancanegara. Liverpool mengandalkan Jose Reina (Spanyol) dan Diego Cavalieri (Brasil). Petr Cech (Rep. Ceska) dan Henrique Hilario (Portugal) adalah pilihan pertama dan kedua Chelsea.

Arsenal memilih Manuel Almunia (Spanyol) serta Lukasz Fabianski (Polandia). So, ini adalah penjelasan langsung mengapa akhirnya timnas Inggris bergelut dengan sejumlah ketidakpastian ketika tiba saatnya bagi Fabio Capello untuk memilih kiper di pentas kualifikasi Piala Dunia.

Tapi, siapakah sebenarnya kiper terbaik wakil Inggris di pentas Liga Champion saat ini? Ia adalah Pepe Reina, kiper plontos yang menyandang beban berat ketika bertandang ke Santiago Bernabeu.

United Tidak Teruji

Pada pertemuan pertama dengan Real Madrid tersebut, Reina tidak hanya harus tampil impresif secara profesional, tapi juga harus bisa melepaskan diri bayang-bayang kebesaran pesaing utamanya di timnas. Iker Casillas, yang berada di bawah mistar Madrid, memang tidak bakal tergeser di timnas Spanyol dalam waktu dekat.

Kenyataannya, persentase keberhasilan Pepe menahan gempuran Madrid adalah yang tertinggi dibanding kiper-kiper klub Inggris lainnya di fase yang sama. Penampilan Reina hanya bisa didekati Cech, yang tampil solid ketika Chelsea menggulingkan perlawanan Juventus 1-0 di London.

Hal yang sedikit ironis adalah kenyataan bahwa Van der Sar justru relatif tidak teruji ketika bertandang ke San Siro. Permainan defensif yang dipraktikkan Inter di bawah kendali Jose Mourinho membuat selama 90 menit pertama Van der Sar nyaris tak mengalami ancaman berarti.

Statistik UEFA menjabarkan bahwa tidak satu pun tendangan dari para penyerang La Beneamata: Adriano Leite, Zlatan Ibrahimovic, Julio Cruz, hingga Mario Balotelli, yang tepat mengarah ke gawang United.

Tapi, tak ada jaminan sahih bahwa rentetan clean sheet bakal terulang di pertemuan kedua mengingat performa rival-rival klub Inggris masih bisa berubah membaik. Just wait and see, folks! (Darojatun)





Kiper Inggris
Hanya 3%

Empat dari 16 klub (25%) yang tersisa di Liga Champion musim ini berasal dari Inggris. Ironisnya, kiper Inggris hanya 3% dari total jumlah penjaga gawang.

Dari 64 orang kiper yang terdaftar, hanya ada dua kiper asal Inggris. Dua pemain itu semua dipunyai Manchester United. Liverpool, Chelsea, dan Arsenal tidak memiliki penjaga gawang lokal.

Dua kiper Inggris dari Manchester United adalah Ben Foster dan Ben Amos. Hanya Foster yang pernah tampil, tapi cuma satu partai. Ia bermain 90 menit saat The Red Devils bertemu Glasgow Celtic di fase grup, 5 November 2008.

Inggris kalah dari Spanyol sebagai negara dengan jumlah kiper terbanyak di Liga Champion 2008/09. Spanyol memiliki 15 kiper, diikuti Italia (9), Brasil (7), dan Prancis-Portugal (6). (wid)

ASAL NEGARA KIPER LIGA CHAMPION
--------------------------------------------------------------
Spanyol (15) , Italia (9) , Brasil (7) , Prancis (6) , Portugal (6) , Polandia (4) , Jerman (3) , Inggris (2) , Yunani (2) , Argentina (1) , Slovenia (1) , Belanda (1) , Denmark (1) , Turki (1) , Rep. Ceska (1) , Wales (1) , Austria (1) , Uruguay (1) , Kroasia (1)




Kiper Inggris Juara
Payah 27 Tahun

Aston Villa adalah kubu terakhir yang menampilkan kiper Inggris saat menjuarai Liga Champion 1982. Villa bahkan menyediakan sekaligus dua kiper lokal di laga puncak melawan Bayern Muenchen.

Awalnya, Jimmy Rimmer dimainkan manajer Tony Barton. Nigel Spink masuk menggantikan Rimmer ketika sang kiper utama cedera pada menit ke-10. Spink, dalam kiprah keduanya di musim itu, mampu mempertahankan gawangnya tak dibobol lawan. Gol tunggal Peter Withe -- eks pelatih timnas Indonesia -- memastikan titel.

Tapi, meski sukses mempersembahkan trofi benua untuk klub, kedua kiper tidak bisa menggoda pelatih timnas Inggris. Baik Rimmer maupun Spink hanya mencatat satu penampilan timnas.

Soal jumlah cap, Liverpool bisa sedikit berbangga atas keberadaan Ray Clemence di bawah mistar mereka. Clemence adalah sosok tangguh penjaga gawang The Reds saat meraih tiga gelar pertama di Liga Champion, yakni 1977, 78, dan 81.

Ketika masih di Liverpool, Clemence melakoni debutnya di The Three Lions pada 15 November 1972 melawan Wales. Sejak saat itu, kiper kelahiran 5 Agustus 1948 tersebut 61 kali dipercaya menjaga gawang timnas.

Well, kesuksesan Villa sudah hampir 27 tahun berlalu. Bruce Grobbelaar, Peter Schmeichel, Jerzy Dudek, dan Edwin van der Sar hanya menambah kemirisan Inggris. (chrs)


--
WHY?? kata yang sering muncul saat kita ingin tahu tentang sesuatu. Pertanyaan itu juga yang sering kita tanyain saat ada masalah. Misalnya, saat banyak masalah, terus kita mengeluh "Tuhan, kenapa sih ini terjadi padaku?", "kenapa sih dia bisa, aku gak bisa?". Dan akhirnya kita akan bilang GAK ADIL.

Apakah Anda benar-benar yakin bahwa Tuhan itu tidak adil? Padahal bukan karena gak adil, tapi karena kita yang terburu-buru sama keinginan duniawi kita. Mungkin kita suka atau pernah berdialog dengan Tuhan seperti di bawah ini:

Me :God, kenapa sih dia jahat banget sama aku? dia mengkhianati cintaku, kan aku sayang banget sama dia

God : My daughter, Aku melakukan ini bukan untuk menyakitimu, Aku hanya ingin memberimu yang terbaik

Me :God, bagiku dia sudah yang terbaik, dia sangat sayang ma aku, dia juga selalu stand by setiap saat kalo aku pengen pergi kemana-mana, tapi kenapa mudah banget dia ninggalin aku, aku gak mau kehilangan dia, ini gak adil God, aku dah pelayanan bareng dia, tapi sekarang kemana-mana aku harus sendiri.. Ughhhhh

God : Pernahkah berpikir kamu telah menyakitiku, My Lovely. Kamu tau, kamu telah memberhalakan dia, kamu terlalu tergantung ma dia, dan kamu lebih memandang dia. Yang Aku harapkan, kau tetap mengutamakan Aku dalam hidupmu. Pria itu hanya "berkat" yang kuberi padaMU, kubiarkan dia menyayangimu, karena Aku juga ingin kau merasakan dicintai, tapi apa kau pernah berpikir akan kehilangan dia? karena Aku pun tak ingin kehilanganmu, jadikan aku landasan cintamu, bukan ego mu untuk mencintai dia

Me : God, apa Kau ijinkan ini terjadi, untuk menguji kesetiaanku padaMU, aku sadar God, aku selalu bilang setia sampai mati padaMu, padahal dihatiku aku telah memberhalakan dia. Ampuni aku God, apa yang jadi mauMu itulah yang terbaik buatku, aku tau, sekarang aku disini, inilah yang terbaik buatku

God :Hmmmmmm....anak-Ku, jadikan Ak yang pertama dalam hidupMU, dan rencana-Ku adalah rencana yang terbaik, asal kamu mau tetap berjalan di jalanKU. Oke?

Me :Yes Sir... aku mau, biarlah dia menjadi masa laluku, aku tau Kau mengijinkanku bertemu dan menjadikan dia bagian cerita cintaku, karena Kau ingin mempertemukan dan menyatukan aku dengan orang yang tepat seperti dalam rencana-MU..Love U GOD..

God : Love u toooo

Me : Eits..God, satu lagi..kapan ya aku ketemu jodohku?

God : Lia, apapun masalahmu, apapun yang membuatmu merasa gak adil, apapun yang membuatmu protes sama Tuhan. Satu hal, ujung-ujungnya kembali saja sama rencana-Ku, pasti akhirnya HAPPY ENDING. Daripada repot-repot dan menghabiskan waktu buat protes, lebih mengucap syukur selalu atas setiap perkara dalam hidup kita. Masalah yang ada akan mendewasakan cara berpikir kita.

Me : SEMANGAT!! Indah rencanaMU Tuhan didalam hidupku. Bersyukur selalu bagi kasihMU, didalam hidupku.

Percayalah!! Segala yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita adalah untuk kebaikan kita karena DIA adalah Allah yang penuh kasih. Haleluya!!

Sumber: lia_ers1984@yahoo.com

Segala sesuatu yang berkaitan dengan isi dan kebenaran dari kisah di atas diluar tanggung jawab Jawaban.com

Apakah Anda diberkati oleh artikel di atas? Anda ingin mengalaminya? Ikuti doa di bawah ini :

Tuhan Yesus, aku menyadari bahwa aku seorang berdosa yang tidak bisa menyelamatkan diriku sendiri. Aku membutuhkan Engkau. Aku mengakui bahwa aku telah berdosa terhadap Engkau. Saat ini aku minta agar darah-Mu menghapuskan segala kesalahanku. Hari ini aku mengundang Engkau, Tuhan Yesus, mari masuk ke dalam hatiku. Aku menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juru Selamat satu-satunya dalam hidupku. Aku percaya bahwa Engkau Yesus adalah Tuhan yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan dan memulihkanku. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus aku berdoa. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar