Senin, 27 April 2009

Musuh Membuat Anda Sukses





Tuhan berkata di Yeremia 29:11: "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

Lalu Anda bertanya, kalau memang Tuhan merancangkan kehidupan yang sukses buat Anda, mengapa ada yang benci dan iri hati terhadap Anda? Mengapa ada orang terdekat yang berubah ingin menjatuhkan Anda? Mengapa ada rekan kerja di kantor yang berpolitik melawan Anda? Mengapa ada saudara dekat yang menyebarkan gosip dan hal-hal negatif tentang Anda?

Tahukah Anda bahwa Tuhan memakai "musuh-musuh" yang membenci dan memusuhi Anda untuk membuat Anda sukses?

Yusuf dibenci dan dibuang oleh kakak-kakaknya ke dalam sebuah sumur di Dotan hanya karena mereka iri hati, apalagi setelah Yusuf menceritakan mimpi Tuhan bagi dia. Demikian iri hatinya, sehingga kakak-kakaknya bertekad tidak mau melihat Yusuf hidup lagi.

Pada saat seperti ini, penting sekali Anda menyadari bahwa Tuhan sudah menyediakan kebesaran bagi Anda dengan memakai orang-orang yang membenci Anda. Tuhan punya maksud baik di balik semua penderitaan Anda. Apakah Tuhan meninggalkan Yusuf mati di sumur tua itu? Tidak. Melalui orang-orang yang membenci Yusuf dan membuangnya ke sumur, Yusuf berada di tanah Mesir dan akhirnya menjadi orang nomor dua di negara itu.

Sumur merupakan tempat empuk bagi setan untuk menghancurkan Anda lebih dalam lagi. Rick Warren berkata: "Many people will be bitter, rather than better, and never grow up." Banyak orang menjadi kecewa di tengah masalah, bukannya menjadi lebih baik dan tidak pernah bertumbuh dewasa.

Jangan ijinkan kekecewaan bertumbuh. Jika Anda memberikan respon seperti yang Yesus ajarkan, maka Anda akan keluar dari sumur dengan kemenangan. Ada empat langkah untuk keluar dari sumur ini:

1. Cepat lepaskan pengampunan kepada orang-orang yang sudah menyakiti Anda.



Perbuatan mereka memang sudah menyakiti Anda. Tetapi akan lebih menyakitkan lagi apabila Anda menyimpan rasa sakit itu dan membawanya kemana pun Anda pergi. Anda harus lepaskan rasa sakit itu dengan cara mengampuni.

2. Ingat rancangan Tuhan baik untuk Anda.



Di tengah orang-orang yang membenci Anda, ingat bahwa Tuhan tidak merencanakan kehancuran untuk hidup Anda. Seperti yang Yusuf katakan di Kejadian 50:20 kepada saudara-saudaranya sewaktu ia menjadi asisten Firaun: "Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan,..."

3. Selalu bersukacita dan bersyukur.



Mudah sekali untuk bersukacita dalam keadaan yang nyaman dan menyenangkan. Tetapi Tuhan mengajarkan Anda bahwa "the real joy" adalah ketika Anda bersukacita dalam keadaan yang buruk.

4. Bertekad untuk tidak menyerah.



Situasi buruk bukan berarti mimpi dan janji-janji Tuhan batal terjadi dalam hidup Anda. Karena itu, jangan putus asa, jangan berhenti apalagi mundur, berlarilah.

Ingat, musuh yang ada di tengah perjalanan kehidupan Anda akan membuat Anda sukses. Karena itu, bersukacitalah dan bersyukur. Jangan pernah menyerah karena rancangan-rancangan Tuhan di dalam hidup Anda memberikan hari depan yang penuh pengharapan.


---

Pembaharuan Pikiran Membuka Jalan Bagi Tuhan

Yohanes 5:37
Dan tidak ada seorangpun akan menuang anggur baru ke kantung anggur lama. Jika ia melakukannya, anggur yang baru itu akan memecahkan kulit kantung itu, anggur baru akan terbuang dan kantung anggur itu akan rusak. (And no one pours new wine into old wineskins. If he does, the new wine will burst the skins, the wine will run out and the wineskins will be ruined. - NIV)

Barang-barang yang terbuat dari kulit asli seperti sepatu atau tas, memerlukan perawatan khusus agar tetap bagus, tidak pecah dan kaku. Pada jaman Yesus, penyimpanan minuman anggur menggunakan kantung dari kulit lembu, kambing atau domba. Minuman anggur mengandung alkohol yang bersifat mengeringkan, menarik kandungan air dan kelembaban dari sekitarnya. Akibatnya, kantung anggur yang sudah lama dipakai akan menjadi kaku dan kering. Ke dalam kantung anggur seperti itu, tidak bisa dituangkan anggur baru karena kantung yang sudah keras dan kaku itu akan pecah. Anggur yang baru harus dituangkan ke kantung yang baru, yang lentur, fleksibel dan tahan terhadap kekuatan alkohol dari anggur yang baru.

Di dalam kiasan ini, kantung anggur melambangkan pola pikir. Anggur baru adalah semua janji kebesaran dan kemenangan yang Tuhan ingin tuangkan ke dalam kehidupan kita. Melalui perumpamaan ini, Yesus mengatakan kepada kita untuk terus memperbaharui pikiran, karena tanpa pembaharuan pikiran, Tuhan tidak bisa mencurahkan semua yang baik bagi kita.

Semua manifestasi janji kebesaran Tuhan seperti terobosan finansial, keselamatan keluarga, kesehatan emosi dan perubahan karakter; tidak terjadi sampai pola pikir kita mengenai hal itu sejalan dengan apa yang Tuhan katakan. Bahkan untuk seseorang mengalami kelahiran baru pun mengandalkan satu prinsip dasar ini.

Kelahiran baru sebenarnya adalah detik-detik spesial di mana hadirat Tuhan datang dan Roh Kudus menginsyafkan kita. Pola pikir lama kita yang masih suka dosa, diganti dengan pola pikir baru, menjadi kantung anggur baru yang mengerti bahwa Tuhan benci dosa dan ingin berkomitmen menyenangkan Dia selamanya. Akibat pergantian pola pikir ini, hubungan kita dengan Tuhan dipulihkan. Dan akibat pemulihan hubungan ini, berkat-berkat-Nya tersedia untuk kita.
Efesus 1:3
Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.

Dengan kata lain, kehidupan ke-Kristenan kita adalah suatu perjuangan besar untuk mengubah pola pikir dunia kita menjadi sama dengan firman-Nya seperti dikatakan oleh Roma 12:2; "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

Perjuangan ini dijelaskan rasul Paulus di 2 Korintus 10:4-5: "..... karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus, ..." Ini memerlukan disiplin dan kerja keras sampai maranatha, sebab yang menghalangi kita bertumbuh adalah pola pikir kita sendiri.

Tuhan sudah mengerjakan bagian-Nya dengan menebus kita dari kuasa Iblis dan memberikan kuasa untuk kita mendapatkan janji-janji-Nya (2 Petrus 1:3-4). Sekarang, giliran kita yang seharusnya rajin memprogram ulang pikiran kita. Pembaharuan pikiran sesuai firman Tuhan membuat kita berada pada posisi yang benar untuk menjadi bejana yang tepat bagi kegerakan Roh Kudus. Ketahui status Anda di dalam Kristus, sebab hanya di dalam Kristus semua janji yang begitu besar dan berharga itu tersedia bagi setiap orang percaya.

Delio Rossi
Curiga Zarate

Delio Rossi memang pasrah atas nasibnya sebagai pelatih Lazio musim depan. Tapi, bukan berarti Rossi bakal asal-asalan saat menangani timnya itu di sisa kompetisi.

Delio Rossi, masih ingin di Lazio. (Foto: Getty Images)

Maklum, harapannya untuk terus melatih tim ibu kota Italia tersebut masih tinggi. Karena itu, wajar saat ada yang mengusik dengan menyebar isu negatif tentang dirinya, sang allenatore langsung marah.

Beberapa saat lalu Sergio Zarate, agen sekaligus kakak Mauro Zarate, menyebut masa pinjaman kliennya dari Al Sadd yang tak juga berbuah kontrak permanen terjadi karena Rossi menganggap enteng urusan ini. Padahal, batas akhir pembayaran untuk klub Qatar itu jatuh pada 30 April.

“Ucapannya itu membuat saya bingung. Ingat, Mauro baru merasakan menjadi pemain inti di sebuah tim besar saat memperkuat Lazio. Apalagi ia juga menyebut saya dipaksa pihak klub untuk terus memainkan adiknya. Itu tidak benar," ucap pria berusia 48 tahun itu pada Channel4.

"Saya khawatir ada agenda tertentu di balik itu semua mengingat ucapan tersebut keluar menjelang akhir musim,” sebutnya. (Anggun Pratama)





Blerim Dzemaili
Resmi Milik Torino

Blerim Dzemaili sudah bisa melupakan masa kelam saat memperkuat Bolton Wanderers musim lalu. Torino, yang meminjamnya dari klub Inggris itu, telah mengubah status pinjaman sang pemain menjadi hak milik.

Kamis (14/9) sore waktu Italia, Bolton menyetujui tawaran dua juta pound atau sekitar 34 miliar rupiah dari Torino sebagai biaya transfer gelandang asal Swiss itu.

“Semua sudah sepakat dan kini kami tinggal menyelesaikan urusan birokrasi. Saya sangat senang karena Dzemaili adalah sosok pemain yang berkualitas, tak hanya dari segi teknis tapi juga kepribadiannya. Saya yakin ia akan menjadi aset berharga untuk masa depan,” ucap Presiden Urbano Cairo seperti dikutip situs Football Italia.

Sayang, belum ada rilis resmi berapa lama pria keturunan Yugoslavia ini akan berkostum merah marun ala Torino. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi rasa gembiranya.

“Saya sangat bahagia. Kepastian ini membuat saya semakin bangga menjadi pemain Torino. Setelah terpuruk bermain di Inggris, di sini saya menemukan kembali senyuman dan kebahagiaan bermain sepak bola,” ujar pria berusia 23 tahun ini. (gun)


--


Juventus vs Inter 1-1
Super-Mario: Tanpa Sopan, Tanpa Ampun

Mario Balotelli menjadi sorotan utama di derby d'Italia antara Juventus dan Inter, Sabtu (18/4). Striker Inter berusia 18 tahun itu dikecam sebagai provokator, tapi sekaligus dipuji sebagai pemain bermasa depan cerah.

Sepanjang pertandingan, Balotelli bertingkah kasar dan provokatif. Sebagai pemain termuda di atas lapangan, bisa dibilang dia tidak berlaku sopan di depan para senior.

Berkali-kali Super-Mario sengaja menendang pemain-pemain Juventus untuk memancing emosi mereka. Bek Nicola Legrottaglie paling keras menghujat.

"Rasanya tidak mungkin seorang remaja melakukan trik seperti ini, tapi Balotelli jelas-jelas melakukan provokasi. Dia dua kali menendang saya dari belakang. Dia tidak perlu melakukan itu," ujar Legrottaglie di Channel4.

"Mungkin seseorang memberi tahu dia akan tampak lebih impresif jika melakukan itu. Balotelli memiliki talenta besar, jadi melakukan provokasi macam itu hanya akan merusak kariernya," ucap Legrottaglie.

Balotelli juga membikin gerah seisi stadion di awal babak kedua. Ia menjadi orang terakhir yang muncul di lapangan setelah waktu istirahat sementara pemain-pemain Juventus dan Inter yang lain sudah siap kembali bermain.

Pemain tim nasional Italia U-21 ini memprovokasi Tiago Mendes sehingga gelandang Juventus itu frustrasi dan melakukan pelanggaran keras yang berbuah kartu merah. Balotelli juga terlihat jelas dua kali menghina wasit karena memberikan tendangan bebas untuk Juventus. Untung dia hanya mendapatkan kartu kuning.

Tidak berapa lama setelah insiden dengan wasit, Balotelli menyikut lagi seorang pemain Juventus. Rekan-rekan setimnya bahkan sampai meneriaki Super-Mario agar lebih kalem.

Bakat Hebat

Untungnya Balotelli mengimbangi nilai minusnya itu dengan bakat hebat. Tidak heran pelatih Inter, Jose Mourinho, tak mau membuangnya kendati Super-Mario berkali-kali berulah dalam sesi latihan I Nerazzurri.

Balotelli sempat membawa Inter unggul sebelum Zdenek Grygera menyamakan skor di injury time. Dengan dingin ia menyelesaikan sebuah serangan balik Tim Biru-Hitam. Kesalahan yang dilakukan pertahanan Juventus dihukumnya tanpa ampun.

Berkat Balotelli, Inter kini semakin dekat dengan scudetto. Unggul 10 poin dengan sisa enam pertandingan, La Beneamata tinggal membutuhkan tiga kemenangan lagi untuk memperoleh kepastian matematis.

"Saya puas dengan semua yang dilakukannya dalam hal sepak bola. Pergerakannya sesuai dengan taktik kami. Tapi, saya tidak suka dia membantah wasit. Saya takut dia akan menerima kartu kuning kedua sehingga saya menggantinya," kata Mourinho.

Balotelli sendiri mengakui dia masih memiliki kekurangan. "Inilah karakter saya. Musuh sudah mempelajari karakter itu sebagai sebuah kelemahan dan mereka juga sering memprovokasi saya. Saya tahu masih harus memperbaiki diri di banyak hal, salah satunya adalah kendali emosi dan berusaha bermain lebih tenang," sebut Super-Mario. (Dwi Widijatmiko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar