Selasa, 14 April 2009

Bagaimana Mengatasi Kekecewaan dalam Kehidupan




Tuhan punya rencana yang jauh lebih besar dalam hidup Saudara dibanding masalah dalam hidup ini. Tidak peduli masalah apa yang Saudara hadapi, Tuhan memiliki tujuan lebih besar dari masalah yang kita alami.

Keluaran 15 :.22-27 Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air. Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?"

Musa berseru-seru kepada TUHAN, dan TUHAN menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis. Di sanalah diberikan TUHAN ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan di sanalah TUHAN mencoba mereka, firman-Nya: "Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit manapun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Aku Tuhanlah yang menyembuhkan engkau."

Sesudah itu sampailah mereka di Elim; di sana ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma, lalu berkemahlah mereka di sana di tepi air itu.

3 kebenaran yang perlu kita hadapi dalam hidup ini:

1. KEBERHASILAN BESAR DALAM KEHIDUPAN SERINGKALI DIIKUTI DENGAN KEGAGALAN

Ay.22 Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air.

3 sumber kekecewaan dalam kehidupan:
a. Kecewa karena barang-barang
b. Kecewa karena Acara
c. Tetapi sumber kekecewaan terbesar kita adalah manusia.
Mazmur 34:19 yang mengatakan, "TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

2. PELAYANAN BESAR DALAM HIDUP INI SERING KALI DILUPAKAN

Ay 24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?"

Apa yang perlu Saudara kerjakan ketika kecewa?
a. Jangan mengutukinya
Roma 12:14 mengatakan, "Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!
b. Jangan mengulanginya
Ayub 5:2 (Good News) "menguatirkan diri sampai mati dengan amarah adalah suatu hal yang bodoh untuk dilakukan."
Efesus 4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
c. Jangan mengeraminya
Efesus 4:26-27 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Ayub 18:4 "Engkau melukai dirimu sendiri dengan kemarahanmu.".

Apa yang harus Saudara lakukan waktu mengalami kekecewaan?
a. Larutkanlah
Ay 24-25 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?" Musa berseru-seru kepada TUHAN, dan TUHAN menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis
1 Pet 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.
b. Ijinkan Tuhan membalikkannya

3. KERUGIAN BESAR DALAM HIDUP INI SERING KALI DIIKUTI DENGAN KELIMPAHAN

Ay 27 Setelah pengalaman ini Sesudah itu sampailah mereka di Elim; di sana ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma, lalu berkemahlah mereka di sana di tepi air itu

a. Berapa jauhnya Elim dari Mara? kita seringkali berhenti terlalu cepat. Dan jangan menyerah.
b. Bagaimana caranya untuk bisa sampai ke Elim dari Mara?
Tetap maju. Tetap percaya Tuhan. Tuhan punya rencana yang jauh lebih besar dalam hidup Saudara dibanding masalah dalam hidup ini.

Tidak peduli masalah apa yang Saudara hadapi, Tuhan memiliki tujuan lebih besar dari masalah yang kita alami.


--
Ketekunan

Menurut Paulus, cara kita untuk menunjukkan bahwa kita adalah pelayan Tuhan yang sejati, orang Kristen yang sejati, adalah bahwa kita tabah dan tekun di dalam menghadapi kesukaran yang ada di dalam kehidupan ini. Ibrani 10:35-36, "Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu."

KETEKUNAN adalah kekuatan Pikiran yang memampukan seseorang untuk menghadapi bahaya atau mengalami penderitaan atau kesukaran dengan berani.
2 Korintus 6:4 Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran ( endurance= ketabahan/ketekunan )dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,
Menurut Paulus, cara kita untuk menunjukkan bahwa kita adalah Pelayan Tuhan yang sejati, orang Kristen yang sejati adalah bahwa kita tabah/tekun didalam menghadapi kesukaran yang ada didalam kehidupan ini.
2 Timotius 3:10 Tetapi engkau telah mengikuti ajaranku, cara hidupku, pendirianku, imanku, kesabaranku, kasihku dan ketekunanku ( Never give up)
Karakteristik orang yang akan dipakai Tuhan adalah orang yang tidak pernah menyerah.

Winston Churchil pernah mengatakan ‘sukses adalah mengalami kegagalan demi kegalan tanpa kehilangan antusiasme.' Di dalam hidup ini, kalau kita ingin berhasil, kita harus mengatasi kegagalan demi kegagalan tanpa kehilangan antusiasme! Apa yang harus kita lakukan waktu rasanya hidup kita menyerah, rasanya kita tidak kuat lagi lagi Tuhan ooh Tuhan ? Apa yang harus saudara lakukan?

Kita akan belajar dari akronim ENDURE

E -EMBRACE God's purpose in your situation (memahami apa Tujuan Tuhan atas situasi Saudara)
Waktu saudara melewati masa sukar, Saudara perlu memahami apa tujuan Tuhan bagi kehidupan saudara melewati masa sukar tsb. Ini adalah titik awalnya. Karena biasanya orang bisa tabah menghadapi tekanan didalam kehidupannya asal mereka tahu kenapa mereka mengalami semua ini. Tetapi kalau dia tidak bisa memahami tujuannya, maka biasanya mereka akan colaps.

1 Petrus 1:7
Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu -- yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api -- sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya
Yakobus 1:3-4 sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna (mature = dewasa) dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun
Jadi menurut Alkitab, cara kita bertumbuh menuju kedewasaan, kesempurnaan adalah lewat kesukaran. Cara kita mencapai kedewasaan penuh seperti Kristus adalah waktu kita tekun menjalani ujian iman.

N -NURTURE your spiritual roots (Saudara harus memiliki akar karakter yang kuat)
Mark 4:17 tetapi mereka tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu (terjemahan lain mengatakan: waktu hidup menjadi sukar, waktu Firman Tuhan membawa kesukaran dalam kehidupan mereka ), mereka segera murtad.

Yesus sementara berbicara tentang jenis jenis tanah dan Dia berbicara tentang respon orang yang mendengar Firman Tuhan. Ada orang-orang yang "Tanah Karakternya tipis (The Message)" sehingga Firman Tuhan tidak bisa berakar dalam hidup mereka. Jadi harusnya bagaimana respon kita dalam mendengar Firman?

Luke 18:15 (The Message) Benih yang jatuh ke tanah yang baik adalah orang-orang yang menerima Firman itu dan berpegang kepadanya tidak perduli apa yang terjadi, sampai mereka menerima panenan.

D - DIRECT your attention to Jesus Christ ( Arahkan Pandangan kita kepada Yesus Kristus) Saudara harus fokus terhadap Yesus Kristus
Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Kalau kita melihat Dunia kita menjadi stress dan kalau kita melihat diri kita kita bisa tertekan tetapi kalau kita melihat Yesus kita mendapat kelegaan!
Ibrani 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

U - USE your experience to help others ( jadikan pengalamanmu untuk menolong orang lain)
2 Korintus 1:6 Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga.
Jadi kalau saudara menghadapai kesesakan, kesulitan kabar baiknya Tuhan akan memberikan jalan keluar dan pengalaman kitalah yang akan menolong orang lain dalam mengalami kesulitan, kesukaran
2 Timotius 2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal. ( Terjemahan lain " aku rela untuk mengalami segala sesuatu asalkan hal itu membawa keselamatan bagi orang lain dan membawa kemuliaan Yesus Kristus)

Tuhan bisa memakai semua pengalaman kita -baik ataupun buruk- untuk menjadi berkat bagi orang lain, karea segala perkara turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia!

R - RELY on God's power ( bergantung pada kekuatan Tuhan )
Jangan bergantung pada kekuatan manusia tetapi bergantunglah kepada kekuatan Tuhan, Kekuatan kita terbatas tetapi kuasa Tuhan tidak terbatas
Kolose 1:11 dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar
Roma 12:12 (The Message) "Don't quit in hard times; pray all the harder." Jangan menyerah kalau engkau menghadapi keadaan yang berat tetapi berdoalah lebih keras lagi

E - EXPECT God to bless you (harapkan Tuhan untuk memberkati Saudara)
Yakobus 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
Bukan langkah pertama yang menentukan tetapi langkah terakhirlah yang paling menentukan kalau saudara tekun,tabah ENDURE maka saudara akan menerima mahkota. Dari pengalaman yang dialami Ayub kita lihat, dia boleh saja kehilangan segala sesuatu . Tetapi di akhir kisah, dia mendapatkan kembali 2x lipat dari yang pernah dia miliki!

Ibrani 10:35 Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya.
Yakobus 5:11 Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan. (NLT = the Lord's plan finally ended in goodrencana Tuhan akhirnya rencana kebaikan ),

Jadi saudara apa yang perlu kita lakukan di masa sukar?

E - EMBRACE God's purpose in your situation (memahami apa Tujuan Tuhan atas situasi Saudara)
N -NURTURE your spiritual roots? (Saudara harus memiliki akar karakter yang kuat)
D - DIRECT your attention to Jesus Christ (Arahkan pandanganmu kepada Yesus Kristus)
U - USE your experience to help others (gunakan pengalamanmu untuk menolong orang lain)
R - RELY on God's power (bergantunglah kepada kekuatan Tuhan)
E - EXPECT God to bless you(harapkan Tuhan memberikan terobosan kepada Saudara)

Ketabahan atau ketekunan adalah bahwa bukti kita adalah orang kristen
Ibrani 10:36 kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.


The prizes go to those who meet emergencies successfully. And the way to meet emergencies is to do each daily task the best we can."

William Feather
1889-1981, Publisher and Author

Today I Will Make A Difference

Today I will make a difference. I will begin by controlling my thoughts. A person is the product of his thoughts. I want to be happy and hopeful. Therefore, I will have thoughts that are happy and hopeful. I refuse to be victimized by my circumstances. I will not let petty inconveniences such as stoplights, long lines, and traffic jams be my masters. I will avoid negativism and gossip. Optimism will be my companion, and victory will be my hallmark. Today I will make a difference.

I will be grateful for the twenty-four hours that are before me. Time is a precious commodity. I refuse to allow what little time I have to be contaminated by self-pity, anxiety, or boredom. I will face this day with the joy of a child and the courage of a giant. I will drink each minute as though it is my last. When tomorrow comes, today will be gone forever. While it is here, I will use it for loving and giving. Today I will make a difference.

I will not let past failures haunt me. Even though my life is scarred with mistakes, I refuse to rummage through my trash heap of failures. I will admit them. I will correct them. I will press on. Victoriously. No failure is fatal. It's OK to stumble...I will get up. It's OK to fail...I will rise again. Today I will make a difference.

I will spend time with those I love. My spouse, my children, my family. A man can own the world but be poor for the lack of love. A man can own nothing and yet be wealthy in relationships. Today I will spend at least five minutes with the significant people in my world. Five quality minutes of talking or hugging or thanking or listening. Five undiluted minutes with my mate, children, and friends.

Today I will make a difference.

Max Lucado
From On The Anvil

Distribusi Tiket
10.000 untuk Dunia

Partai puncak Liga Champion Eropa musim 2008/09 di Olimpico baru akan berlangsung pada 27 Mei. Namun, bukan berarti hanya publik Roma, Italia, atau suporter kedua calon finalis yang boleh menikmati laga terpenting klub-klub seantero Eropa itu.

UEFA, otoritas tertinggi sepak bola Eropa, menyadari bahwa masyarakat dunia juga memiliki hasrat yang tak kalah besar untuk menikmati laga tersebut. Itu yang membuat UEFA sejak 2 Maret melepas sekitar 10 ribu lembar tiket bagi pencinta sepak bola dari seluruh dunia.

Individu yang berniat menonton langsung pergelaran final Liga Champion 2009 dipersilakan mengakses langsung situs UEFA dan mengisi formulir yang disediakan. Pendaftaran dibuka hingga 16 Maret dan pembayaran hanya dilakukan lewat kartu kredit, demikian bunyi pernyataan di situs resmi UEFA.

Menariknya, tak ada istilah siapa cepat dia dapat dalam urusan pembelian tiket secara online ini. Jika ada kelebihan permintaan saat pendaftaran ditutup, panitia bakal mengundi nama-nama yang berhak mendapatkan tiket.

Setelah melewati serangkaian proses, termasuk pemeriksaan nama yang tergolong daftar hitam alias suporter terlarang yang diterima dari asosiasi sepak bola masing-masing negara, UEFA akan mengirimkan pemberitahuan resmi via surat elektronik pada akhir Maret. Dalam pemberitahuan tersebut dijelaskan apakah pembelian tiket disetujui atau tidak.

Bagi Olimpico sendiri, inilah untuk keempat kalinya stadion megah dengan kapasitas lebih dari 72 ribu tempat duduk tersebut menggelar duel antara dua tim terbaik Benua Biru. Kesempatan pertama terjadi saat Liverpool menjadi jawara tahun 1977 setelah mengalahkan Borussia Munchengladbach.

Yang paling tragis adalah final kedua yang berlangsung pada 1984. Liverpool kembali berjaya setelah mengalahkan AS Roma, salah satu empunya kandang selain Lazio. Terakhir, Juventus menjadi kampiun sesudah menekuk Ajax pada musim 1995/96.

So, jika Anda punya tabungan lebih dan berniat menonton partai puncak Liga Champion, mengapa tidak mencoba mendaftar? (drew)


1 komentar: