10 Cara Tidak Mahal Untuk Mempromosikan Bisnis Kecil Anda
Perusahaan-perusahaan besar mengeluarkan banyak uang untuk iklan karena mereka tahu itu bekerja. Jika anda memiliki bisnis kecil - baik bisnis hobi yang menghasilkan sedikit tambahan uang atau sebuah usaha yang lengkap dengan beberapa pegawai - anda tahu bahwa iklan memang bekerja. Tapi anda mungkin tidak memiliki uang yang cukup untuk beriklan dengan cara yang umum tersebut. Bagi anda yang ingin mempromosikan bisnis anda tanpa membelanjakan banyak uang, pilihan-pilihan berikut ini pun bisa menjadi pilihan yang efektif :
Cetak Flyers. Anda mungkin tidak nyaman membagikannya di wiper mobil-mobil, tapi anda bisa memasangnya pada papan-papan pengumuman di supermarket, kantor pos, pusat keramaian, dan gedung-gedung publik lainnya. Dapatkan ijin dan tempelkan flyer anda (atau kartu bisnis, jika itu adalah ketentuannya) di setiap papan yang anda bisa temukan.
Desain kartu bisnis anda dengan apik yang juga bisa berfungsi ganda sebagai iklan. Berikan kartu-kartu tersebut kepada setiap orang yang anda tahu, bahkan orang-orang yang tidak membutuhkan jasa pelayanan anda, dan minta mereka untuk menyebarkan kartu-kartu tersebut kepada teman-teman mereka.
Berikan secara cuma-cuma kupon-kupon gratis atau produk/jasa dengan potongan harga pada saat event komunitas, acara sekolah, dan acara-acara bisnis. Pilihan lain, ciptakan permainan dalam suatu bazaar dan pastikan pada hadiah-hadiah tersebut memiliki kartu nama bisnis anda.
Cari bulletin board / grup lokal di internet dimana anda bisa mengiklankan bisnis anda.
Beli space iklan yang classified, yang biasanya lebih murah dibandingkan iklan regular. Jangan lupakan koran-koran komunitas gratis, yang sering memiliki pembaca setia dan sedikit pengiklan yang berebut perhatian dengan mereka.
Kirimkan press release bisnis anda untuk mengumumkan pencapaian dari perusahaan anda atau event - event khusus (seperti open house atau tampilan selebritis). Benar, press release sebenarnya adalah public relation, bukanlah periklanan, tapi mereka bisa menolong nama bisnis anda lebih dikenal untuk kustomer-kustomer yang potensial.
Sport TeamMenjadi sponsor untuk tim olahraga anak muda, komunitas teater, atau organisasi non profit yang lain. Baik anda memberi donasi secara kas, produk-produk, atau pelayanan, nama bisnis anda pastinya akan tampil pada seragam tim, tiket show teater, atau pada newsletter dan website organisasi non-profit tersebut. Metode ini bekerja terutama jika anda bisa menampilkan contoh dari pekerjaan anda sebagai sebagai bagian dari donasi.
Pasang iklan pada mobil anda, terutama jika anda memiliki mobil yang tidak biasa.
Yard SignBayar teman-teman anda dan keluarga untuk memasang papan iklan bisnis anda di depan rumah mereka.
Tawarkan sample dari produk atau pelayanan bisnis anda untuk seseorang yang berpengaruh di komunitas anda dan tanyakan orang tersebut untuk berbagi cerita jika mereka puas dengan yang anda tawarkan. Word of mouth adalah cara paling efektif untuk bercerita.
Biaya untuk cara-cara beriklan murah di atas, seperti cara beriklan yang mahal, berbeda dari lokasi ke lokasi. Semakin anda mengenal komunitas anda, anda bisa memutuskan hasil yang mana yang sesuai dengan pengeluaran iklan anda. Ikuti yang menjadi pemimpin dalam bisnis lokal di area anda yang memiliki reputasi yang baik, tapi juga coba promosi-promosi yang tidak biasa.
---
Gina A. Karsana : Salurkan Naluri Bisnisnya Di Pendidikan
Dimana ada kemauan, disitu pula ada jalan. Tampaknya pepatah ini pas disandang Gina Ardiany, Presiden Direktur PT Golden Anugerah Kencana. Dengan terobosan barunya, dia sukses memperkenal konsep fasilitas sekolah di mal.
Bisa dibilang kalau terobosannya itu ide yang cukup cemerlang. Awalnya, langkah wanita kelahiran 48 tahun lalu ini ditentang berbagai pihak, apalagi harus menyediakan sebuah sekolah lengkap dengan fasilitas di tengah-tengah pusat perbelanjaan.
Untuk membuktikan ide yang dinilai sbagaian orang adalah "konyol" ibu dari enam anak ini akhirnya membuka sekolah sekaligus arena permainan anak dengan nama My Playmall High/Scope Indonesia di Senayan City
Wanita yang akrab disapa Gina ini mengakui, orang yang datang ke mal biasanya tanpa tujuan. "Tapi dengan adanya sekolah disini, orangtua bisa belanja dengan tenang, sementara anaknya bisa dititipkan sekaligus belajar," ujarnya memberikan alasan.
Selain itu, istri dari Djonny Wiguna yang juga aktif di organisasi Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) ini menyadari, masih kesulitan merubah paradigma orangtua tentang konsep yang diterapkan dalam High Scope. "Di sini kan kita terapkan anak untuk bisa menganalisa, me-review dan menyelesaikan masalah. Juga anak dilatih gerak motoriknya," beber Ketua Harian Marketing Terbaik Seluruh Indonesia (CEC) periode 2000-2005 ini
Soal konsep pendidikan yang diterapkan di High/Scope, wanita yang pernah menjadi istri tentara ini mengakui jika materi penyelesaian masalah memang penting diterapkan pada anak-anak. "Saya punya anak yang umurnya 22 dan 26 tahun, mereka punya kebiasaan menghindar dari masalah. Nah, itu yang berusaha kita ajarkan bahwa jangan lari dari masalah," ucapnya
Ia pun berusaha memperlebar konsep pendidikan High Scope dengan membuka cabang di Rancamaya yang dekat dengan alam. Saat ditanya bagaimana menghadapi persaingan bisnis arena permainan? Gina tidak khawatir, karena hal itu belum sampai pada tahap head to head.
Janji dan utang
Hari ini rasanya sungguh aneh. Yulia merasa dikelilingi oleh berbagai kejadian yang mirip antara satu dengan yang lainnya. Yulia teringat kejadian kemarin waktu dia pergi ke sebuah mal. Ketika sedang turun melalui tangga berjalan, di hadapannya terdapat seorang ibu dan anak perempuannya yang masih kecil. Ibu itu berdiri di depan, anaknya di belakang bersama seorang babysitter. Anak ini memegang kantong makanan ringan yang sudah dibuka di tangan kirinya. Agak kerepotan juga karena lengan kirinya dipegangi sang babysiter. Tangan kanannya berusaha memegangi kantong makanan ringan tersebut.
Ibunya kemudian menoleh ke belakang dan berkata:"Sini kantong makanannya, ibu bawakan. Biar tidak repot." Anak itu ragu-ragu sejenak. Tapi setelah berpikir sebentar, dia mengulurkan tangannya sambil berkata:"Jangan dimakan!". "Nggak", kata ibunya. Anak itu percaya perkataan ibunya dan menyerahkan kantong makanannya. Tapi Yulia kaget ketika melihat sang ibu langsung mengambil dan memakannya. Anak kecil itu berteriak:"Jangan dimakan!". Si ibu hanya tertawa.
Sesampainya di bawah, anak kecil tadi merebut kembali kantong makanan dari tangan ibunya sambil marah-marah. Yang membuat Yulia sedih, Yulia melihat ekspresi kekecewaan dalam diri anak tersebut. Janji ibunya yang dipercayainya, ternyata tidak ditepati.
Mungkin bagi sang ibu, kejadian itu dianggap lucu. Tapi bagi si anak, hatinya luka dan kecewa. Apa arti sebuah janji kalau tidak bisa dipercaya? Kalau lain kali ibunya berjanji seperti itu lagi, apakah anaknya bisa percaya?
Ingkar janji
Yulia teringat ketika dia dulu masih kecil. Kebetulan Yulia senang ilmu bela diri. Yulia memiliki seorang paman yang sangat baik. Suatu kali pamannya ini membicarakan ilmu bela diri Yulia. Pamannya kemudian ingin mengukur kekuatan pukulan Yulia. Beliau meminta agar Yulia memukul lututnya. Yulia menolak karena tidak ingin menyakiti lutut pamannya. Tapi pamannya meyakinkannya bahwa beliau tidak akan sakit.
Dari bimbang, akhirnya Yulia percaya penuh pada pamannya. Dia pun mengepalkan tinjunya yang kecil dan memukul lutut pamannya dengan keras. Tepat pada saat tinjunya hampir mengenai lutut sang paman, beliau menggerakkan lututnya dan menghindar. Kepalan tangan Yulia membentur pinggiran kursi yang terbuat dari kayu. Sakitnya bukan kepalang. Tapi, yang lebih sakit lagi adalah hatinya. Yulia sangat kecewa karena pamannya ternyata menipunya. Dia sudah menaruh kepercayaan penuh pada pamannya, tapi sang paman mengkhianatinya. Tapi pamannya terus tertawa karena menganggap kejadian itu lucu. Sungguh menyakitkan hati.
Rina, rekan kerja di ruang sebelah juga sedang menggerutu. Rina sudah lama berteman dengan Meri. Kemarin Meri pindah rumah. Rina yang sudah pernah merasakan repotnya pindah rumah berniat membantu Meri. Karena itu Rina mengatakan agar Meri tidak perlu khawatir. Rina pasti akan membantunya membereskan barang-barang di rumah barunya. Tapi kemarin Rina sibuk sekali di kantor. Karena itu, sorenya Rina malas ke rumah Meri. Ternyata Meri menelepon dan menanyakan mengapa Rina tidak datang. Meri menagih janji Rina.
Tapi rupanya Rina tidak suka. Memangnya saya berutang pada Meri? Katanya. Yulia menjawab :"Janji adalah utang."
Ferdi tadi menelepon. Dulu Ferdi bekerja di kantor tempat Yulia bekerja. Sudah dua tahun dia di sana . Kemudian dia pindah bekerja di perusahaan lain. Baru dua minggu dia bekerja di perusahaan yang baru itu. Ketika akan masuk kerja, dia dijanjikan mobil dan jabatan yang tinggi. Tentu saja Ferdi senang sekali bekerja di perusahaan tersebut.
Tapi ternyata fasilitas yang sudah dijanjikan tidak sesuai. Tak ada mobil. Ketika Ferdi menagih ke atasannya sesuai janjinya, malah beliau tersinggung. Katanya, dia kan tidak berutang apa-apa? Lagipula belum kelihatan hasil kerjanya kok minta mobil. Kalau ternyata perusahaan berat memberikan mobil, mengapa dulu begitu mudah mengucapkan janji? Bukankah janji adalah utang?
Di bagian penjualan, pagi tadi ada pelanggan yang marah-marah karena salah seorang karyawan berjanji akan datang pukul sembilan sambil membawakan formulir pesanan, ternyata hingga dua hari dia tidak muncul. Ada juga yang marah-marah karena bagian penjualan berjanji akan menelepon sepuluh menit lagi, eh ternyata sudah satu jam tidak juga menelepon. Padahal orang tersebut sudah menunggu di samping pesawat telepon.
Hari ini Yulia belajar sesuatu. Sebagian orang sangat meremehkan janji. Padahal janji adalah utang yang harus ditepati. Yulia berniat tidak akan terlalu mudah mengucapkan janji. Dia sadar kadang-kadang janji diucapkan hanya untuk menunjukkan pada orang lain bahwa dia baik. Tapi Yulia diingatkan, bukan janji yang membuat orang kagum pada kita. Tapi menepati janji yang pernah diucapkan jauh lebih berharga. "Janji adalah utang". Keep your promise!
Sumber: Janji dan Utang oleh Lisa Nuryanti, Director Expands Consulting & Training Specialist
Chelsea vs Liverpool 4-4 (Agregat 7-5) Kelolosan Seperti Hambar
Selama setahun situs resmi UEFA memasang partai 2nd leg perempat final 2007/08 antara Liverpool versus Arsenal sebagai duel terbaik dalam sejarah Liga Champion. Posisi terhormat itu mendadak menjadi milik Chelsea dan Liverpool, yang Selasa (14/4) melakoni babak serupa.
Tak seperti partai final antara Liverpool dengan AC Milan 04/05 atau Bayern Muenchen vs Manchester United 98/99, yang juga menentukan ke mana trofi berlabuh. Laga di Stamford Bridge ini baru berpredikat 2nd leg delapan besar. Namun, drama, emosi, serta tensi yang ditumbulkan dinilai lebih menggetarkan hati.
Rasanya skor akhir 4-4 sehingga meloloskan The Blues ke semifinal dengan agregat 7-5 itu cukup mewakili alasan pemilihan. Akan tetapi, siapa yang lolos kemarin menjadi sedikit mudah dilupakan orang karena proses kejar-mengejar gol antara duo Premier League ini yang begitu seru.
Tentu di luar perkiraan publik jika The Reds yang datang bertamu justru unggul 2-0 lebih dulu saat laga baru berjalan 28 menit. Maklum, The Anfield Gank datang membawa defisit 1-3. Steven Gerrard, kapten sekaligus jimat mereka, hanya bisa duduk di bangku penonton akibat cedera.
Dwigol Si Merah dicetak Fabio Aurelio lewat tendangan bebas serta Xabi Alonso dari titik putih menyusul pelanggaran Branislav Ivanovic atas gelandang asal Spanyol tersebut. Kedudukan ini bertahan hingga jeda. Artinya, tambahan satu gol akan meloloskan juara Eropa lima kali itu ke empat besar.
Beruntung bagi Chelsea, kendali kapal telah berpindah tangan dari Luiz Felipe Scolari ke Guus Hiddink. Pelatih yang disebut terakhir punya segudang strategi menghadapi situasi mencekam seperti ini. Rotasi pemain langsung dilakukan, Nicolas Anelka masuk menggantikan Salomon Kalou.
Memang, striker asal Prancis ini tak mencetak gol. Akan tetapi, ia membawa kontribusi optimal dalam terciptanya dua gol Chelsea. “Sungguh dramatis jika Anda sempat tertinggal, lalu unggul, dan kemudian kembali tertinggal. Saya pernah merasakan laga dramatis, tapi inilah partai di mana banyak tercipta peluang, gol, sekaligus kesalahan di kedua gawang,” ujar Hiddink seperti dilansir Reuters.
Selain reaksi cepat dalam mengubah skema, ucapan Hiddink di ruang ganti saat istirahat menjadi penentu kelolosan Chelsea. Rafael Benitez sendiri mengakui kapasitas besar sang lawan dalam membalikkan skor.
“Saat Chelsea mencetak gol pertama, saya masih punya keyakinan karena kami memegang kendali laga. Tapi, saat membicarakan Chelsea, berarti kita melibatkan pemain kelas dunia. Jadi, ketika Anda berbuat kesalahan, Anda harus membayarnya,” kata Benitez, yang mengaku bangga pada pemainnya meski harus kemasukan empat gol.
Bagi Chelsea, tiket ini membawa mereka ke semifinal kelima dalam enam musim terakhir. Untuk Liverpool, kegagalan ini menutup jalan menuju Stadion Olimpico, Roma, panggung final 27 Mei. Di ibu kota Italia itu, Liverpool berhasil meraih trofi Champion kedua dan keempat mereka. Tapi, skor sensasional di London itu membuat Liverpool layak berjalan dengan kepala tegak. (Sapto Haryo Rajasa)
DATA FAKTA --------------------------- CHELSEA vs Liverpool 4-4 Waktu: Selasa, 14 April (20.45) Stadion: Stamford Bridge Wasit: Luis Medina Cantalejo (Spa) Gol: 0-1 F. Aurelio 19’, 0-2 Xabi Alonso 28’-pen., 1-2 Drogba 51’, 2-2 Alex 57’, 3-2 Lampard 76’, 3-3 Lucas 81’, 3-4 Kuyt 83’, 4-4 Lampard 89’ Kartu Kuning: Ivanovic 28’, Carvalho 58’, A. Cole 65’ (C), Benayoun 41’, Arbeloa 74’ (L) Kartu Merah: --- Tembakan ke Gawang: 6-7 Tembakan Melebar: 6-4 Penguasaan Bola: 19’ 31” – 27’ 6” Penguasaan Bola: 42%-58% Pelanggaran: 14-29 Sepak Pojok: 3-5 Off-Side: 3-4 Man of the Match: Frank Lampard
--
Perebutan Peringkat Empat Bursa Mengunggulkan Genoa
Persaingan menempati peringkat empat semakin seru. Genoa, Fiorentina, dan Roma menjadi tim terdepan yang memperebutkan posisi berhadiah sebuah karcis ke kualifikasi III Liga Champion ini.
Untuk saat ini, Genoa menempati pole position karena memang sedang menempati pos itu dengan jumlah 57 poin. Fiorentina tepat di bawah I Grifoni dengan selisih dua angka, sedangkan Roma beda delapan poin.
Dengan komposisi seperti ini, tak heran jika beberapa rumah taruhan di Eropa menempatkan pasukan Giam Piaro Gasperini sebagai unggulan teratas untuk meraih tiket emas tersebut.
Agipronews memberikan Salvatore Bocchetti dkk. peluang 1,95, sedangkan Fiorentina dan Roma masing-masing memperoleh perbandingan 2,10 dan 4,25 (semakin kecil angka menunjukkan semakin tinggi kesempatan tim tersebut memenuhi prediksi). Nilai serupa juga dibuat Bet Brain.
Angka-angka itu bukan tanpa alasan. Kemenangan 3-2 atas Juventus pekan lalu yang semakin menaikkan pamor tim asal kota pelabuhan ini menjadi salah satunya. Belum lagi menyebut keunggulan jadwal yang mereka punya.
Dari tujuh laga tersisa musim ini, bisa dibilang tim yang dihadapi Genoa relatif lebih mudah ketimbang dua kompetitornya. Lawan sulit yang harus mereka hadapi hanyalah rival sekota, Sampdoria (3/5).
Bandingkan dengan Roma dan Fiorentina, yang masih harus saling sikut pada giornata 33. Sampdoria (17/5) dan Milan (31/5) menjadi lawan Si Ungu selanjutnya, sedangkan Philippe Mexes cs. masih harus melawan Cagliari (10/5) dan Milan (24/5). (gun)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar