Rabu, 15 April 2009

Allah Ingin Memakai Anda Dengan Luar Biasa





Lukas 1:38, Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Mengapa Allah memilih Maria dari semua wanita? Bukan karena pendidikannya, karena Maria tidak memilikinya. Bukan karena kekayaannya, karena Maria miskin.Bukan juga karena kedewasaannya, karena Maria hanya berumur belasan tahun. Yang membuat Maria sangat spesial justru karena dia ‘biasa-biasa' saja. Allah mengambil seorang wanita yang biasa-biasa saja dan memakai dia dengan cara yang luar biasa.

Ketika malaikat Gabriel pertama kali menampakkan diri pada Maria untuk memberitahukan kehamilannya, Maria sangat terkejut, bingung, dan mungkin takut setengah mati. Yang ada dalam pikirannya adalah ketakutan akan kritik, "Apa yang akan dipikirkan oleh orang-orang?" Ada ketakutan akan hal supernatural, "Apa yang akan terjadi pada tubuhku?" Ada ketakutan akan ketidakmampuannya, "Bagaimana aku dapat mengatasi hal ini?"

Ada juga ketakutan akan adanya perubahan: "Bagaimana hal ini akan mengacaukan masa depanku?" Segala macam ketakutan ini mempunyai potensi untuk melumpuhkan kehidupan dan tujuan Anda di dalam Tuhan. Maria mempunyai banyak ketakutan dan pertimbangan. Tetapi meskipun takut, dia memilih untuk mempercayai Allah. Iman bukan berarti tidak ada ketakutan.

Pada kenyataannya, iman tidak akan menjadi iman tanpa adanya ketakutan dan keraguan. Maria juga punya ketakutan-ketakutan, tetapi dia tidak membiarkan hal tersebut mengendalikan dirinya. Sebaliknya dia menjadi teladan dari tiga hal yang harus kita miliki dalam kehidupan ini kalau kita ingin dipakai oleh Tuhan. Jika Anda membangun ketiga hal ini dalam kehidupan Anda, maka Anda akan menemukan bahwa Tuhan bisa memakai Anda lebih dari yang Anda duga.

1. Tuhan memakai orang yang INGIN melakukan KEHENDAK-Nya

Kalau Anda ingin lebih dipakai oleh Tuhan, Anda harus ingin melakukan kehendak-Nya lebih dari hal-hal lain. Tuhan punya rencana spesial buat Anda, tetapi hal itu tidak akan terjadi secara otomatis. Anda harus memilih untuk bekerjasama dengan tujuan Tuhan dalam kehidupan Anda atau Anda akan kehilangan hal tersebut. Ada dua sikap yang Maria tunjukkan dengan jelas bahwa dia ingin dipakai oleh Tuhan. Inilah juga hal-hal yang perlu kita miliki:

a. Antusias

Lukas 1:46-47, Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku.

Dia tidak hanya menyeringgai atau tersenyum kecil, dia bernyanyi! Tidak ada hal besar terjadi tanpa antusiasme. Tuhan ingin Anda antusias untuk berpartisipasi dalam rencana-Nya.

b. Kerendahan hati

Maria berkata.... Lukas 1:48, Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya (Maria memahami hal ini).

Tuhan bekerja dalam kehidupan kita dan memberkati kita karena Dia menginginkannya, bukan karena kita layak untuk menerimanya. Kita menunjukkan pada Tuhan bahwa kita ingin melakukan kehendak-Nya waktu kita rendah hati.

2. Tuhan memakai orang yang MEMUTUSKAN untuk mau membayar HARGA-nya

Lukas 1:38, Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan...

Maria siap melakukan apapun juga - berapa pun juga harga yang harus dia bayar. Tuhan mengetahui hal itu. Itulah salah satu alasan mengapa dia bisa dipakai Tuhan dengan luar biasa. Bagi Maria, menjadi ibu dari Juruselamat membahayakan reputasi, kenyamanan dan bahkan mungkin hidup Maria. Kehamilannya, yang terlihat di luar pernikahan, dapat menyebabkan hukuman mati atas tuduhan imoralitas seksual. Tetapi, di dalam pikiran Maria, tidak ada harga yang terlalu mahal untuk melakukan kehendak Allah!

3. Tuhan memakai orang yang BERANI percaya pada janji-Nya

Salah satu alasan Tuhan tidak mengerjakan mukjizat dalam kehidupan seseorang adalah karena mungkin mereka tidak mengharapkan Tuhan melakukan itu. Mereka mau "bermain aman" dalam hal rohani. Tuhan memakai orang-orang yang berani percaya pada janji-Nya. Maria punya semua alasan untuk kuatir. Dia harus memikul tanggung jawab besar.

Tetapi bukannya kuatir, Maria menyembah. Bahkan dia menyanyikan sebuah lagu penyembahan bagi Tuhan dalam Lukas 1. Mengapa? Karena dia berani untuk mempercayai janji Tuhan.

Lukas 1:38, Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."

KESIMPULAN

Jika Tuhan bisa memakai seorang gadis remaja, gadis desa sederhana, tanpa pendidikan untuk bisa menjadi ibu Yesus Kristus, apa Anda pikir Tuhan tidak bisa memakai Anda? Banyak di antara Anda memiliki potensi rohani yang luar biasa, tetapi Anda tidak menyadarinya. Tuhan telah memberi Anda karunia rohani, semangat, kemampuan, kepribadian dan pengalaman. Tuhan tidak maksudkan semuanya itu digunakan hanya untuk diri Anda sendiri. Suatu hari Anda harus berdiri di hadapan tahta Tuhan dan Dia akan berkata,

Apa yang telah kau lakukan dengan segala yang telah Kuberikan padamu?

Apa jawaban Anda nanti? Di tahun baru ini, saya mau bertanya secara pribadi. Apa yang akan Anda berikan pada Yesus di tahun baru ini? Apa yang akan Anda beri? Biarlah kita boleh menyerahkan diri kita untuk dipakai Allah secara luar biasa.



---

7 Kualitas Hati Hamba


Sebuah gereja memerlukan orang-orang yang memiliki hati hamba, karena hal tersebut sesuai dengan apa yang Tuhan ajarkan kepada gereja. Kita harus memiliki hati hamba, karena Yesus juga telah merendahkan diri-Nya dan menjadi hamba bagi semua orang.

Kejadian 24:16 Anak gadis itu sangat cantik parasnya, seorang perawan, belum pernah bersetubuh dengan laki-laki; ia turun ke mata air itu dan mengisi buyungnya, lalu kembali naik.

Alkitab katakan bahwa Ribka adalah gadis yang sangat cantik. Jadi Ribka adalah gadis yang sangat menarik, penampilannya mempesona. Kalau Anda punya roh yang penuh sukacita, hati yang penuh kasih dan mata yang penuh belas kasihan, maka hal itu akan bersinar keluar. Sebaliknya, kalau hati Anda penuh kepahitan dan mata yang tidak memancarkan iman maka penampilan Anda juga akan kusut, suram dan jelek.

Kita menyembah Tuhan yang indah tiada taranya. Dan kita tahu bahwa kita akan diubahkan menjadi seperti apa yang kita sembah (Mazmur 115:8). Kalau Anda menyembah pribadi yang indah, Anda akan menjadi indah juga.

Ribka adalah gadis yang cantik, dan dia lahir dalam keluarga kaya, tetapi dia bukanlah anak yang mementingkan diri sendiri dan egois. Sebaliknya, dia memilih untuk memiliki hati hamba dan suka melayani semua orang!

7 KUALITAS HATI HAMBA

1. Hati Hamba HATI YANG RELA

Kejadian 24:18-19 Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. Setelah ia selesai memberi hamba itu minum, berkatalah ia: "Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air, sampai semuanya puas minum.

Ayat. 19 dalam terjemahan lain : "I will...."



1 Petrus 5:2 "Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

Pelayanan sejati lahir dari hati yang mengasihi Tuhan. Kerelaan hati membuat Anda bergairah dan penuh motivasi. Kerelaaan hati adalah pondasi untuk kesuksesan dalam segala aspek kehidupan kita.

Kejadian 24:58 Lalu mereka memanggil Ribka dan berkata kepadanya: "Maukah engkau pergi beserta orang ini?" Jawabnya: "Mau."

Mazmur 110:3 Thy people shall be willing in the day of thy power..(Umat Tuhan akan rela pada hari kekuasaan Tuhan...)

2. Hati Hamba Mengejar Hal Yang Excellent



Ribka bukan hanya sekedar mengerjakan tugasnya. Tetapi dia mengerjakannya dengan baik, dan sampai tuntas.



Kejadian 24:19 Setelah ia selesai memberi hamba itu minum, berkatalah ia: "Baiklah untuk unta-untamu juga kutimba air, sampai semuanya puas minum."



Ibrani 12:2 "Marilah kita melakukannya dengan mata yang tetuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah."



Filipi 1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.



Kalau Anda ingin menjadi seperti Yesus maka setiap kali Anda melakukan sesuatu, selesaikan dengan baik, lakukan dengan EXCELLENCE. Kalau Tuhan mengerjakan sesuatu maka hal itu akan melampaui apa yang bisa kita pikirkan atau doakan.



3. Hati Hamba CEPAT BEREAKSI



Kejadian 24:18,20 Jawabnya: "Minumlah, tuan," maka segeralah diturunkannya buyungnya itu ke tangannya, serta diberinya dia minum. Kemudian segeralah dituangnya air yang di buyungnya itu ke dalam palungan, lalu berlarilah ia sekali lagi ke sumur untuk menimba air dan ditimbanyalah untuk semua unta orang itu.

Kecepatan sangat penting dalam pelayanan. Derajat kerelaan hati Anda bisa diukur dari kecepatan pelaksanaan tugas yang ada.

4. Hati Hamba Menyadari Pelayanan TIDAK MUDAH

Lukas 17:7-8 "Siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan! Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum.

Melayani itu tidak mudah. Melayani selalu akan menyita waktu Anda. Melayani itu tidak mudah. Tetapi justru itulah saatnya Anda mendemonstrasikan kemurnian kasih Anda pada Tuhan dan sesama!



5. Hati Hamba Penuh HORMAT



Kita lihat betapa Ribka menghormati, respek terhadap Eliezer.





Kejadian 24:18 Jawabnya: "Minumlah, tuan,"

Hati hamba memahami bagaimana cara menunjukkan hormat. Kalau Anda merendahkan diri Anda, maka Anda akan ditinggikan.



6. Hati Hamba Mau BEKERJA



Hati hamba mau bekerja keras.Kalau Anda mencari dahulu kerajaan sorga dan kebenarannya maka segala kebutuhan Anda akan ditambahkan kepada Anda.



7. Hati Hamba PENUH PERHATIAN

Melebihi segala macam tindakannya, ada satu hal yang kita tahu tentang Ribka: dia penuh perhatian pada orang lain. Ribka menemukan takdir ilahinya karena di dunia yang egois ini, dia memperhatikan seorang asing.

Ibrani 13:1-2 " Peliharalah kasih persaudaraan! Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang (stranger), sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

Alkitab katakan, "Peliharalah kasih persaudaraan!....karena waktu Anda melayani mereka, Anda sementara membuka pintu masa depan Anda.

Apakah Botol Yang Kau Bawa Pecah ?

Dr. Lin adalah orang Taiwan pertama yang
menjadi dokter dan menjadi Kristen. Ini terjadi pada
akhir abad ke-19. Ia bekerja di rumah sakit kecil yang

dirintis oleh Dr. Maxwell,seorang misionaris Inggris.

Ketika itu tingkat kesehatan masyarakat di Taiwan
sangat rendah dan cara pengobatan masih sangat
sederhana.

Pada suatu hari seorang anak datang ke rumah sakit itu

dan meminta obat untuk ibunya yang sedang demam akibat

malaria. Anak ini berjalan lebih dari dua jam dari
desanya ke rumah sakit melalui jalan setapak melewati
hutan dan sawah.

Ketika nama ibunya dipanggil, anak ini langsung
bangkit dari bangkunya,meraih botol obat dan bergegas
pulang. Sore harinya pukul lima , ketika kamar obat
akan ditutup, seorang perawat tampak bingung dan
berbisik,
"Dokter Lin,botol obat untuk pasien malaria masih ada
disini. Tetapi ada satu botol yang hilang.

Isinya disinfektan. Dr. Lin terkejut,diperiksan ya
botol yang tertinggal, benar isinya obat malaria.
Jadi, anak tadi membawa botol yang salah!

Botol-botol dikamar obat itu memang berbentuk sama dan

berwarna sama lagipula, baik obat malaria maupun
disinfektan sama-sama cairan.

"Celaka kita. ibu itu bisa mati.. Disinfektan itu obat
keras pembunuh kuman untuk kamar operasi. Kalau sampai

diminum, usus bisa terbakar dan orang itu akan mati"
ujar Dr. Lin dengan wajah pucat. Segera mereka
melaporkan peristiwa ini kepada Dr.Maxwell.

Ia juga terkejut. "Sekarang pukul lima , anak itu
pergi dari sini pukul tiga jadi Ia sudah hampir tiba.
Tidak mungkin kita mengejarnya.

Kita tidak tahu jalan kedesa itu" ujar Dr.Maxwell.
Dr.Maxwell termenung. lalu ia berkata, "Mulai hari ini

semua obat keras tidak boleh diletakkan diatas meja.
sekarang panggil semua karyawan untuk berkumpul.Kita
akan berdo'a."

Begitulah semua orang yang bekerja di rumah sakit
itu berkumpul dan berdo'a. Dr. maxwell berdo'a,
"Tuhan, kami telah membuat kecerobohan. Ampunilah
kami.Nyawa seorang ibu sedang terancam.
Tolonglah dia, cegahlah dia agar tidak meminum obat
yang salah itu......"

Malam harinya Dr. Lin berdinas malam. Ia harus
bertanggung jawab atas kematian ibu ini. Esok harinya,

ketika masih subuh pintu diketuk. Ternyata itu anak
yang kemarin membawa botol yang keliru. Mukanya pucat
ketakutan.

Dr. Lin juga takut. Kedua orang itu berdiri saling
memandang dengan gugup.
Kemudian anak ituberkata, "Ma'af dokter. Kemarin saya
bawa botol itu sambil berlari, lalu saya jatuh, botol
itu pecah dan isinya tumpah".

Dr. Lin yang masih terpaku karena gugup langsung
bertanya, Kapan Jatuhnya? anak itu menjadi makin
ketakutan, "Ma'af, dokter.

Saya baru datang sekarang. jatuhnya kemarin sore,
menjelang gelap," Dr. Lin langsung ingat : Menjelang
gelap....itu adalah saat ketika semua karyawan rumah
sakit berkumpul mendo'akan ibu anak ini!

Jiwa ibu anak ini tertolong, isi botol yang salah itu
tidak sampai terminum, karena botol itu pecah ditengah
jalan.




"....Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk
mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi
Dia......."

"SEGALA SESUATU" berarti segala keadaan atau segala
kejadian, baik berhasil maupun kejatuhan. Kejatuhan
dapat berbentuk musibah, penyakit atau kegagalan.
Seringkali kita mengira bahwa Allah hanya hadir dan
bekerja dalam keberhasilan. Padahal Allah juga hadir
dan bekerja dalam kejatuhan. Apa tujuan Allah bekerja
dalam kejatuhan?

Paulus menjawab,".. ...untuk mendatangkan
KEBAIKAN.... .."

Jadi Tuhan dapat mendatangkan kebaikan melalui sebuah
kejatuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar