Kamis, 16 April 2009

Jebakan Dari Pikiran Negatif


Jebakan Dari Pikiran Negatif (Bagian 2)

Zakaria 9:12 Kembalilah ke kota bentengmu, hai orang tahanan yang penuh harapan! Pada hari ini juga Aku memberitahukan: Aku akan memberi ganti kepadamu dua kali lipat!

Return to the stronghold (of security and prosperity), you prisioners of hope; even today do I declare that I will restore double your former prosperity to you.

Minggu lalu kita belajar bagaimana kita dapat terjebak dalam pikiran negatif kita sendiri. Keberhasilan kita sangat ditentukan oleh cara berpikir kita. Ketahuilah bahwa Allah kita suka memulihkan. Dia selalu ingin memberi kebaikan setiap saat dalam kehidupan kita. Namun ada penghalang terbesar yang menyebabkan kita tidak dapat menerima janji-janji Tuhan dan menikmati kehidupan; yaitu PIKIRAN NEGATIF.

Pikiran kita menentukan arah hidup kita. Pikiran negatif membuat kita gagal dan tidak menerima janji Allah. Pikiran kecewa, putus asa, kebingungan, kebimbangan, mempertanyakan otoritas firman dan mempertanyakan kebenaran tidak membawa kita menerima pemulihan yang Tuhan ingin kerjakan dalam kehidupan kita. Kita dapat menikmati semua yang baik tergantung pada yang kita pikirkan. YOU ARE DRAWN INTO WHAT YOU ARE THINKING! Apakah pikiran Anda POSITIF atau NEGATIF?

Allah Yang Positif

Hidup kita seperti magnet yang dapat menarik apa pun yang kita pikirkan. Apabila kita berpikir negatif terus maka hidup kita akan negatif. Jadi selama Anda memikirkan yang negatif, maka Anda seperti berenang melawan arus berat, akibatnya Anda banyak pergumulan. Anda tidak akan dapat menerima pemulihan dua kali lipat. Ketahuilah, Tuhan adalah Tuhan yang baik, Tuhan yang menjanjikan restorasi bagi Anda. Karena itu Anda harus mengambil pilihan yang benar hari ini.

Karena itu kita harus memperbaharui pikiran kita. Pemikiran yang positif adalah kunci untuk menerima setiap berkat dan janji-Nya dalam kehidupan kita. Ketika Anda memilih untuk berpikir positif maka sebenarnya kita sedang menarik semua yang baik yang telah Tuhan sediakan bagi kita. Oleh karena itu betapa pentingnya cara berpikir kita. Apabila Anda tidak bertekad untuk memiliki pemikiran yang positif maka pikiran Anda yang negatif akan menjebak Anda untuk hidup dalam kegagalan dan tidak menerima janji-Nya. Pilihan ada di tangan Anda! Anda harus bertekad memiliki pikiran yang postif.

Ingat! Tuhan kita sukanya MERESTORASI. Mengapa? Karena Tuhan ingin kita anak-anak-Nya dapat menikmati kehidupan yang Dia telah sediakan. Namun ada bagian yang harus Anda kerjakan, Anda harus berpikir positif. Pikiran yang positif adalah pikiran yang penuh harapan, iman, kemenangan dan pemulihan. Bagian Tuhan adalah memulihkan Anda.

Bagaimana Anda dapat mengalami pemulihan yang Tuhan telah janjikan di Zakaria 9:12? Anda harus bertekad mengubah pemikiran Anda, Anda harus secara agresif dan gigih mengubah setiap pikiran negatif yang datang dalam pikiran Anda. Karena setiap arus pikiran negatif akan mengikis arus pikiran positif Tuhan. Anda harus berdiri dan melawannya. Karena itu semua pilihan yang Anda buat, menentukan kemajuan atau kemunduran dalam hidup Anda. Jangan tinggal dalam kubangan pikiran negatif Anda! Jangan bangun kubangan yang lebih besar lagi. Ambil pilihan yang benar dan mengalirlah dengan arus pikiran Tuhan yang positif.

Mengapa kita harus secara agresif memperbaharui pikiran kita? Karena pikiran kita seperti sebidang tanah. Tanah tidak dapat memilih benih yang mau ditumbuhkan. Benih apa saja yang ditabur ke tanah akan produksi oleh karena itu petaninya yang harus memilih benih tersebut. Anda dan saya mempunyai kemampuan untuk memilih benih pikiran yang mana yang akan direnungkan. Pikiran kita tidak dapat menyeleksi setiap pemikiran yang datang. Kehendak kitalah yang melakukan seleksinya. Oleh karena itu firman Tuhan mengajarkan bagaimana kita dapat memiliki arus pikiran Tuhan yang positif. Firman Tuhan berkata pikirkanlah hal-hal yang di atas.

Kolose 3:1-2 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

...And set your minds and keep them set on what is above (the higher things), not on the things that are on the earth.

Pemikiran akan "higher things" adalah pikiran yang datang dari Tuhan. Bagaimana caranya kita memakai pikiran "higher things"? Setiap hari bangun pagi Anda harus berkata; "Hari ini aku akan menerima kemurahan Tuhan. Hari ini aku akan melihat kasih setia Tuhan. Hari ini aku mengharapkan sesuatu yang besar akan terjadi dalam hidupku." Pikiran yang seperti ini harus Anda taruh di dalam pikiran Anda, sebab kesuksesan hidup Anda tergantung apa yang Anda pikirkan. Apabila yang di dalam sukses maka yang di luar akan mengikutinya. Setiap hari Anda harus mengatur nada hidup Anda. Apabila Anda tidak mengaturnya maka setan akan mengatur seluruh nada hidup Anda hari itu untuk kacau dan berantakan.

Setiap hari pakailah sikap iman bahwa mujizat akan terjadi dalam kehidupan Anda. Jangan tinggal dalam sampah negatif yang datang dalam kehidupan Anda. Pikiran negatif menghalangi Anda masuk dalam destinasi Tuhan. Bagaimana Anda mengatur nada hidup Anda hari itu akan menentukan apakah berkat Tuhan datang dalam kehidupan Anda. Jangan terjebak kembali dengan pikiran negatif yang datang dalam hidup Anda. PRE-CONDITION your mind! Pra-kondisikan pikiran Anda pada kesuksesan dan kemenangan. Miliki pikiran iman setiap pagi. The choice is yours!


---

Jebakan Dari Pikiran Negatif (Bagian 1)

Apakah Tuhan kita Allah yang memulihkan? Apakah Tuhan suka memulihkan kita? Saat kita memilih jalan Tuhan dan mentaatinya maka Tuhan akan segera datang dalam kehidupan kita dan Ia akan memulihkan keadaan kita. Ketahuilah, karakter Tuhan kita adalah baik. Semua yang Dia kerjakan adalah baik, semunya membuktikan bahwa Ia adalah TUHAN yang memulihkan (Kejadian 1). Karena itu apakah Tuhan menginginkan kita memilki seluruh berkat yang Dia sediakan dalam kehidupan kita? Ya.., secara mutlak Tuhan ingin kita menikmati seluruh berkat yang Dia sediakan, sebab karakter Tuhan kita adalah memulihkan - TO RESTORE.

Zakaria 9:12 Kembalilah ke kota bentengmu, hai orang tahanan yang penuh harapan! Pada hari ini juga Aku memberitahukan: Aku akan memberi ganti kepadamu dua kali lipat!

Return to the stronghold (of security and prosperity), you prisioners of hope; even today do I declare that I will restore double your former prosperity to you.

Melalui firman Tuhan, kita tahu bahwa Tuhan rindu mengembalikan kepada kita setiap berkat yang telah dicuri setan. Apakah yang Tuhan pulihkan dalam kehidupan kita? Tuhan berikan restorasi dua kali lipat. Prosperity adalah mengenai pemulihan roh, jiwa dan tubuh. Namun untuk memiliki janji Tuhan yang luar biasa ini kita harus menjadi tahanan pengharapan. Pengharapan kita tidak boleh hilang, dengan demikian kita tidak boleh menjadi seseorang yang mudah putus asa dan mudah menyerah. Mengapa? Sebab Tuhan memulihkan keadaan Anda! Jangan lepaskan pengharapan Anda di dalam DIA dan janji-Nya.

Ketahui bahwa musuh Anda yaitu Setan ingin menghalangi Anda dalam menerima janji-Nya. Karena itu setiap hari Anda harus bertekad dan berkata ke dalam kehidupan Anda bahwa setiap hari aku akan menerima sesuatu yang besar dalam kehidupanku. Tuhan memilki kesukaan untuk memulihkan anak-anak-Nya, Dia suka memulihkan dua kali lipat dan ingin Anda menikmati hidup. ENJOY YOUR LIFE! Apakah kuncinya agar Anda mendapatkan semua janji Tuhan dan pemulihan-Nya?

Anda harus bertekad untuk memperbaharui pikiran Anda. Pemikiran Anda mengambil peranan penting sekali dalam menentukan arah hidup Anda. Sebab seluruh kehidupan kita akan diatur oleh pemikiran kita. Pemikiran apakah yang membuat kita gagal dan tidak menerima janji Allah? PIKIRAN NEGATIF! Apabila pikiran Anda negatif maka Anda tidak dapat menerima dan mengharapkan sesuatu yang besar dalam kehidupan Anda. Apakah Anda terjebak dalam pikiran yang selalu negatif?

Pikiran negatif adalah pikiran yang mengecewakan, putus asa, kebingungan, kebimbangan, meragukan firman Tuhan, mempertanyakan kebenaran firman, kecemasan dan tawar hati. Banyak Anda yang tidak mengerti bahwa ini adalah jebakan yang membuat Anda bermain-main dalam jurang pikiran negatif. Padahal kebenarannya adalah bahwa Tuhan tidak dapat memberkati dan memulihkan kehidupan Anda apabila Anda terus menerus bermain dalam jebakan dan jurang pikiran negatif Anda sendiri.

Apakah Tuhan kita BAIK? Ya... secara mutlak Dia BAIK. Namun apakah Tuhan membutuhkan kerjasama dengan setiap kita? Ya!! Tuhan membutuhkan orang-orang yang selaras dengan pikiran-Nya. Apakah Anda selaras dengan pikiran Tuhan hari ini? Apakah dari hari ke hari pikiran Anda selalu negatif? Negatif terhadap seseorang, negatif terhadap Tuhan, negatif terhadap janji-janji Tuhan. Mari... kembalilah kepada Tuhan dan bertobatlah!

Mengapa kita harus melepaskan pikiran negatif kita? Karena Tuhan kita adalah Tuhan yang memilik pikiran positif. Segala sesuatu yang baik dari DIA. Kita tidak dapat melawan arus Tuhan sendiri. Apabila Anda memiliki pikiran negatif, sedangkan Tuhan memiliki pikiran yang selalu positif, maka kita bertentangan dengan Tuhan. Anda melawan arus Tuhan! Bagaimana sebuah arus positif dapat berjalan bersama-sama dengan arus negatif? TIDAK BISA! Mengapa demikian? Setiap kali Anda berpikir negatif, pikiran negatif itu akan seperti arus yang mengikis deras semua pemikiran Anda yang postif.

Dengan demikian ketika Anda mencoba berpikir positif, Anda tidak akan dapat melawan kuatnya arus negatif dari pikiran Anda karena secara alamiah dan otomatis pikiran negatif itu mengontrol dan menguasai Anda. Anda harus selalu berjuang terus melawan arus negatif tersebut. Apabila Anda terus menerus berpikiran negatif sementara arus pikiran Tuhan selalu positif, maka yag positif akan terkikis habis oleh pemikiran negatif Anda. Ini yang membuat Anda selalu bergumul. Karena Anda melawan arus Tuhan. Dengarkan anak Tuhan! Jangan bermain-main dengan pikiran negatif yang selalu timbul dalam pikiran Anda kalau Anda ingin melihat kemenangan dalam kehidupan Anda.

Bagaimana Anda dapat menikmati kehidupan apabila setiap hari Anda melawan arus TUHAN? Bagaimana kehidupan Anda dapat dipulihkan dan menerima berkat dua kali lipat apabila pikiran negatif itu terus menerus mengikis deras pikiran positif dari Tuhan? Bagaimana Tuhan dapat bekerja memulihkan kehidupan Anda apabila di dalam pikiran Anda tidak tersisa pikiran yang positif sedikit pun yang menjadi alasan bagi Tuhan memulihkan untuk Anda? Mari renungkanlah pertanyaan-pertanyaan ini!

Pikiran positif apakah yang dimaksudkan Tuhan di sini? Pikiran yang di transformasi. Metanoia (perubahan pikiran) = Pikiran kemenangan, pikiran kesuksesan, pikiran pertambahan, pikiran keberhasilan - semua pikiran ini harus Anda bangun dalam kehidupan Anda setiap hari.

Roma 12:1-2 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Apakah yang Anda harapkan dalam kehidupan? Kesuksesan ataukah kegagalan? Jadilah kreatif dalam menangani setiap pikiran negatif yang datang dalam pikiran Anda. Setiap hari Anda dapat berkata: "Aku akan terima sesuatu yang besar hari ini." I can expect something greater today...Pilihan ada di tangan Anda!

---

Menang Atas Peperangan Anda

Tuhan mau Anda menang total atas setiap peperangan yang Anda hadapi.

Setiap orang pasti pernah mengalami peperangan. Peperangan Anda mungkin melawan keadaan finansial Anda ataupun perjuangan untuk merestorasi hubungan keluarga. Anda bisa mencoba mengatasi masalah dengan kekuatan dan cara Anda sendiri, tetapi seringkali hasilnya tidak berlangsung lama. Pada akhirnya Anda akan frustasi karena masalah tersebut tidak terselesaikan.

Anda bisa belajar dari raja Yosafat bagaimana berperang dengan cara Tuhan, sehingga Anda akan menang melawan musuh-musuh rohani Anda.
2 Tawarikh 20:1-3
Setelah itu bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat bersama-sama sepasukan orang Meunim. Datanglah orang memberitahukan Yosafat: "Suatu laskar yang besar datang dari seberang Laut Asin, dari Edom, menyerang tuanku. Sekarang mereka di Hazezon-Tamar," yakni En-Gedi. Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.

Firman di atas menggambarkan bagaimana Yosafat mengandalkan Tuhan pada saat dia menghadapi musuh-musuhnya. Di akhir pasal ini (2 Tawarikh 20:24-28), raja Yosafat mengalami kemenangan yang luar biasa. Ketiga suku yang akan menyerang Yosafat akhirnya saling membunuh dan mereka binasa tanpa ada pertumpahan darah di pihak Yosafat. Malahan Yosafat diuntungkan dengan jarahan berupa barang berharga peninggalan ketiga musuhnya.

Yosafat bisa menang seperti itu karena dia memilih untuk mencari Tuhan di tengah-tengah keadaannya yang buruk: "...Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN." Mencari Tuhan dan berserah kepada-Nya bukanlah mengenai perasaan Anda, tetapi keputusan tegas yang Anda harus buat. Sewaktu Anda memutuskan mencari Tuhan, maka tangan Tuhan akan memberkati Anda.

Anda masing-masing pasti punya suku Moab, Amon atau Seir. Moab Anda bisa hutang, Seir Anda bisa mertua, Amon Anda bisa kanker, atau Meunim Anda bisa bangkrutnya perusahaan Anda. Anda bisa mengatasi tantangan-tantangan seperti ini dan keluar sebagai pemenang dengan cara:

* Membuat keputusan mencari Tuhan. Sewaktu ditimpa masalah, memang sulit untuk kita memikirkan hal lain selain masalah tersebut. Tapi kunci pertama kemenangan Anda terletak pada keputusan Anda untuk mencari Tuhan.
* Memuliakan dan membesarkan nama Tuhan. Yosafat mengajak seluruh tentaranya untuk menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan.
* Merendahkan diri dan menyerahkan segala kekhawatiran ke Tuhan. Tuhan menunggu Anda menyerah. Selama Anda berpikir bisa memakai kekuatan sendiri, Dia tidak akan menolong. Dia akan mulai membuka jalan-Nya dan memberi arahan melalui Roh Kudus pada saat Anda berkata. "Tuhan, aku tidak tahu lagi mau berbuat apa. Saya merendahkan diri di hadapan-Mu dan mengaku semua jalan keluar berasal dari Engkau dan bukan kekuatanku sendiri."

Jadi, jika memang Anda betul-betul desperate untuk melihat mujizat Tuhan terjadi, inilah waktu dan masa bagi Anda untuk serius dengan Tuhan. Milikilah hati seperti raja Yosafat yang menaruh nyawanya dan nyawa tentara-tentaranya pada Tuhan. Fokuskan pikiran Anda pada Tuhan dan bukan pada masalah. Ingat bahwa seberapa cepat masalah Anda selesai bergantung dari seberapa cepat Anda mencari dan mendengar suara Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar