Sabtu, 18 April 2009

Belajar Dari Demam BlackBerry





Saat ini dunia, termasuk Indonesia sedang diserang oleh virus BB (baca: BlackBerry). Bill Gates berani bersumpah diatas BlackBerry-nya, Obama rela menentang protocol pengamanan presiden demi mempertahankan BlackBerry-nya, dan Oprah Winfrey berkata bahwa alat ini "secara harfiah mengubah hidupnya."

Hal yang tidak pernah dinyana oleh orang banyak adalah pengembang alat ini berasal dari Kanada dan kurang dikenal. Research in Motion, didirikan oleh putra seorang imigran Yunani di kota kecil Waterloo di Kanada. Dengan membanjirnya produk smart mobile, jika Anda melihat awal munculnya BB mungkin Anda akan pesimis akan keberadaannya. Namun terbukti pada hari ini, tidak satu perusahaan raksasapun, seperti Nokia, Microsoft, bahkan Apple yang berhasil menggusur BB dalam kancah persaingan smartphone.

Ada banyak smartphone menawarkan organizer pribadi, dan dapat menerima serta mengirimakan email, namun semua itu tidak bisa menyamai interface bersahabat "selalu tersambung" seperti yang ada pada BB. Hal inilah yang membuat para penggemar BB sampai dijuluki "CrackBerry."

Namun kesuksesan BB tidak terjadi dalam waktu semalam. Mike Lazaridis dilahirkan di Turki. Sepertinya kejeniusannya sudah terlihat sejak dia masih kecil. Pada umur empat tahun, dia membuat sebuat pemutar rekaman dari Lego. Memasuki usia lima tahun,membuat sebuah radio, dan setelah dewasa mengambil kuliah jurusan tehnik listrik dan ilmu computer di Waterloo University. Pada tahun 1984, sebulan sebelum ujian akhir Mike memutuskan untuk drop out dan memulai bisnisnya sendiri. Dia memenangkan kontrak senilai 560.000 dolar AS dari General Motors untuk merancang dan membangun sebuah system display industrial.

Pada tahun 1987, Mike didekati sebuah pembuat perangkat lunak bernama Mobitex. Disaat itulah dia mendapatkan ide yang akhirnya dia wujudkan dalam bentuk BlackBerry 12 tahun kemudian.

Yang terbayang oleh Mike saat itu, dia ingin mencontoh cara kerja "pager" (penyeranta), namun memiliki kemampuan diatas alat tersebut. "Kami ambil hakikatnya - dapat dikenakan bebas, tidak mengganggu, real-time, selalu menyala, selalu tersambung, berbiaya rendah, dan membawanya ke masa depan," demikian ungkap Mike.

Nama BlackBerry berasal dari sebuah firma di California bernama Lexicon Branding yang awalnya memberi nama "PocketLink", sebuah nama yang fungsional namun membosankan. Lalu mempertimbangkan memberi nama "Stroberry" karena bentuknya yang mirip, namun terdengar sangat jinak. Akhirnya mereka memutuskan memberi nama BlackBerry, sebuah nama yang cerdas dan akrab.

Research in Motion memasuki bursa saham pada tahun 1997, kemudian menikmati keuntungan pada demam dotcom. Saham mereka meningkat dan memberi keuntungan pada kemitraan yang dibangun oleh Mike - bahkan dia mampu mendermakan 85 juta dolar Amerika untuk mendirikan Perimeter Institute Physics di Waterloo, Kanada, dan juga beberapa donasi yang lain yang bertujuan memperbaiki peluang mendapatkan pendidikan bagi mereka yang tidak mampu.

Mike Lazirdis kini memiliki kekayaan sekitar 1,7 miliar dolar AS, walaupun dia tidak pernah memeriksa harga sahamnya. Karyawannya yang tertangkap basah mengamati harga saham pada jam kerja akan dihukum membelikan donat untuk semua orang (Ini bukan lelucon: seorang karyawan pernah tertangkap basah pada tahun 2002 dan harus merogoh kantongnya untuk membeli 1000 buah donat).

Pelajaran penting yang bisa diambil dari demam BlackBerry ini, Anda tidak perlu takut untuk memunculkan produk Anda sekalipun sudah banyak produk sejenis ada di pasaran. Lakukan inovasi, dan pastikan produk Anda memiliki kelebihan yang tidak akan bisa didapatkan pada produk sejenis dengan merek lain.

---

Bisnis Tokoh-tokoh Kartun


Anda mungkin pernah mendengar tokoh-tokoh kartun seperti Naruto, Dora, Sponge Bob. Tokoh-tokoh kartun tersebut yang disebutkan diatas merupakan beberapa tokoh idola anak-anak Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa membanjirnya tayangan televisi untuk anak-anak juga memberi kontribusi bagi bisnis yang Anda jalani nantinya.
Ada banyak investasi yang bisa Anda buat dengan menggunakan tokoh-tokoh kartun sebagai kekuatan bisnisnya. Salah satunya adalah bedcover bergambar Sponge Bob. Sponge Bob, tokoh yang dikenal dengan topi kecil dan kepala wajah segi empat dapat Anda jadikan sebagai inspirasi bedcover Anda. untuk pemilihan model bedcover tergantung kepada rasa ketertarikan Anda kepada tokoh-tokoh kartun tersebut.
Ada hal yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan model bedcover menggunakan tokoh-tokoh kartun karena bisa-bisa Anda mengalami kerugian. Hal pertama yang harus diingat adalah jangan pernah melakukan duplikasi langsung karena Anda bisa terganjal dengan hak cipta. Salah satu solusinya adalah carilah orang yang dapat berkreasi menggunakan tokoh-tokoh kartun tersebut. Hal ini untuk menghindari penjiplakan ide gambar.
Untuk pangsa pasar, sebaiknya Anda membuat produk-produk tersebut untuk kalangan menengah ke bawah. Ini bukannya untuk mengurangi kualitas dari produk yang Anda buat, tetapi kemudahan dalam menjual. Semoga hal ini bisa mencerahkan ide Anda untuk masuk ke dalam bisnis baru, Selamat berinvestasi!!!

Rahasia Come-Back Madrid
Rezim Kebugaran Ramos

Saat David Beckham melanglang buana bersama Real Madrid, hal pertama yang dikeluhkan Sven Goran Eriksson adalah fisiknya. Posisi Becks, yang sempat menduduki peringkat pertama di The Three Lions saat masih membela Manchester United, melorot drastis.

Keluhan serupa juga disuarakan beberapa pelatih timnas yang kebetulan mencomot personel dari Santiago Bernabeu. Dari beberapa kasus, kita bisa menyimpulkan bahwa sesi latihan Los Merengues belum optimal, meski dua gelar La Liga beruntun mereka rengkuh dalam dua musim terakhir.

Kubu Si Putih bukannya tidak menyadari hal ini. Sebagai bukti, manajemen memutuskan membangun pusat latihan terpadu dengan nama Madrid TEC High Performance Centre. Fasilitas latihan dengan laboratorium lengkap ini diyakini bakal menunjang kinerja Raul Gonzalez dkk.

Madrid TEC ini mulai resmi dipakai pada awal musim 2008/09 ini. Hingga 14 jornada pembuka, tanda-tanda perbaikan di sektor kebugaran fisik bisa dibilang nirhasil. Kinerja El Real baru melonjak jauh di atas rata-rata pada jornada 16 sampai pekan kemarin.

Ironisnya performa apik ini bukan lantaran kontribusi Madrid TEC, melainkan akibat kehadiran Juande Ramos di kursi el entrenador. Alih-alih memakai fasilitas anyar nan mutakhir itu, Senor Juande malah mengembangkan metode latihan kuno bersama pelatih kebugaran Marcos Alvarez.

Persis seperti ketika menukangi Sevilla dan Tottenham Hotspur, dua sejoli ini menggunakan metode praktis. Di antaranya timbang badan setiap hari, saat memulai dan mengakhiri latihan, diet ketat, time-table untuk memonitor masing-masing pemain di laga home dan away, serta optimalisasi aspek fisik dalam setiap partai yang dilakoni.

Rezim Ramos memindahkan sesi angkat berat ke luar dari gimnasium. Suasana alam terbuka di pinggir lapangan latihan diyakini bakal menambah minat pemain melakoni latihan yang tergolong membosankan itu.

Memangkas Berat Badan

Secara berani Ramos pun mencoret "rapat evaluasi" yang biasanya membahas analisis pertandingan sebelumnya karena dianggap membuang-buang waktu dan terbukti jarang dihadiri para pemain.

Ketika semusim menukangi Spurs, metode seperti ini mampu memangkas bobot pemain overall sampai 100 kilogram. Evaluasi soal berat badan para jugador Madrid belum tercatat karena Ramos mengevaluasi progres setiap enam bulan.

Namun, jika kita mengacu pada pengakuan Lassana Diarra, yang telah kehilangan bobot sebanyak dua kilogram pada pekan pertama, maka bisa disimpulkan tren ini berjalan sesuai skenario.

Yang bisa kita catat justru angka-angka sebagai imbas fisik pemain yang lebih bugar. Dalam 15 partai terakhir, Madrid mampu memecahkan rekor klub untuk kategori gol masuk. Maklum, dalam rentang ini, Iker Casillas cuma kebobolan lima kali!

Iker Casillas hanya memungut bola sekali saat bertemu Osasuna (skor 3-1), Real Betis (6-1), Atletico (1-1), dam Athletic Bilbao (5-2). Bandingkan dengan era Schuster, yang kemasukan 24 gol dalam 14 pekan.

Ramos bisa mempertajam rekor yang hingga saat ini dipegang Miguel Munoz era 60/61 jika mampu mendapat satu lagi kemenangan sehingga meraih 15 kemenangan dan satu seri dalam 16 laga. Plus jika mampu menang sekali lagi di laga away.

Andai mampu mengalahkan Recreativo Huelva, artinya Ramos meneruskan enam tripoin beruntun (versus Mallorca, Numancia, Sporting Gijon, Espanyol, Bilbao, dan Malaga) guna menyamai tujuh kemenangan laga away beruntun milik Munoz. (Sapto Haryo Rajasa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar