Kamis, 16 April 2009

Menang Atas Pencobaan "Ingin Menyerah"




Kunci untuk Anda menjadi sukses adalah jangan pernah menyerah, jangan pernah lepaskan mimpi dan visi yang Allah berikan kepada Anda. Sebab untuk setiap orang percaya, Tuhan pasti memberikan mimpi dan visi. Yusuf diberikan mimpi, Abraham mendapat penglihatan. Anda harus memiliki roh seperti bulldog untuk memegang visi tersebut, agar tidak mudah lepas.

1 Tesalonika 3:3-5 Supaya jangan ada orang yang goyang imannya karena kesusahan-kesusahan ini. Kamu sendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu. Sebab, juga waktu kami bersama-sama dengan kamu, telah kami katakan kepada kamu, bahwa kita akan mengalami kesusahan. Dan hal itu, seperti kamu tahu, telah terjadi. Itulah sebabnya, maka aku, karena tidak dapat tahan lagi, telah mengirim dia, supaya aku tahu tentang imanmu, karena aku kuatir kalau-kalau kamu telah dicobai oleh si penggoda dan kalau-kalau usaha kami menjadi sia-sia.

Pencobaan bisa berbentuk apapun juga. Pada waktu pencobaan datang, problemnya bukan pada apa yang ada di depan Anda, tetapi apakah Anda bisa melawan tekanan dan godaan yang datang terus - menerus. Pada waktu Anda berkata, "Aku tidak kuat, aku tidak bisa!", Anda sudah jatuh di dalam pencobaan. Anda sedang dicobai iblis supaya Anda tidak menjalankan visinya Tuhan, tidak masuk dalam rencana dan destinasinya Tuhan. Pencobaan adalah dimana Anda tidak kuat mentaati Firman di depan godaan itu. Itu adalah pencobaan ‘ingin menyerah'. Padahal sebenarnya setelah Anda menjalani tugas yang semula Anda anggap berat bahkan tidak mungkin, ternyata Anda mampu sebab Tuhan yang akan memberikan kepadamu kekuatan untuk melakukannya. Untuk Anda bisa menghadapi tantangan, Anda tidak bisa santai, Anda harus pakai senjata Allah.

Jika Anda mau keluar lebih dari pemenang, mau sukses dan lepas dari pencobaan ‘ingin menyerah', maka keputusan dan pilihannya ada di tangan Anda dan Anda harus melakukannya bersama Tuhan. Anda harus berjalan dengan Tuhan sebagai partner-Nya untuk hidup benar, berkarakter benar, dan berkelakuan benar. Tidak ada orang lain yang bisa melakukannya bagi Anda. Hanya Anda dan Tuhan saja! Anda harus mempunyai kesaksian (pengalaman pribadi) dengan Tuhan sendiri. Anda harus pergi untuk menimba ke sumber yang tidak pernah berkesudahan, ke sumur kehidupan, ke kekuatan (sumber) yang tidak terbatas yaitu Tuhan yang menjadi sumber kehidupan Anda.

Bilangan 21:17-18 Pada waktu itu orang Israel menyanyikan nyanyian ini: "Berbual-buallah, hai sumur! Mari kita bernyanyi-nyanyi berbalas-balasan karena sumur yang digali oleh raja-raja, yang dikorek oleh kaum bangsawan di antara bangsa itu dengan tongkat-tongkat kerajaan, dengan tongkat-tongkat mereka." Dan dari padang gurun mereka ke Matana;

Pada waktu semuanya kacau dan sudah tidak memungkinkan, semua sumber manusiawi Anda habis, sumber akal sudah habis, cari sumber yang Tuhan sediakan, bongkar sumur kehidupan Tuhan, sumber keselamatan Tuhan yaitu di hati Anda sendiri. Pada waktu Ishak di tengah - tengah Tanah Negeb, sedang kelaparan dan tidak ada hujan sama sekali, Ishak secara daging ingin ke Gerar, ingin pergi ke Mesir, tetapi Tuhan berkata fokus ke Tanah Kanaan, dan waktu Ishak fokus ke Kanaan, dia menarik sumur kehidupan itu. Di dalam diri Anda ada sumur kehidupan yaitu manusia rohmu, hati nuranimu. Di situ Anda akan terima hikmatnya Allah. Fokus ke sumur kehidupan itu dan gali sampai keluar aliran air hidup itu. Semua sumur yang isinya air hidup akan memuaskan dahaga Anda. Tetapi jika sumur Anda sumbernya bukan Yesus melainkan kesibukan, hobby atau televisi, maka kolam itu akan bocor, tidak bisa menampung air, seperti dikatakan oleh nabi Yeremia : "Sebab dua kali umatKu berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air." (Yeremia 2:13)

Yang membuat Anda gagal, miskin, bukan problem atau pencobaan yang Anda hadapi tetapi cara menangani tekanan atau pencobaan itu sendiri. Anda harus memiliki sikap yang tidak mudah menyerah. Setiap perkataan negatif yang tidak membangun Anda jangan Anda dengarkan. Pilih kata - kata positif yang membangun Anda. Cara untuk memenangkan peperangan dan godaan adalah Sikap. YOUR ATTITUDE DETERMINES YOUR ALTITUDE. SIKAP Anda MENENTUKAN KETINGGIAN ROHANI Anda.

Bagaimana Anda harus bersikap ketika mengalami tekanan yang berat?

1. Efesus 6:12 Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Kuncinya adalah jangan ijinkan setan untuk mencuri sukacitamu, karena sukacita Allah adalah kekuatanmu untuk menghadapi tantangan dan pencobaan yang sedang Anda hadapi. Setan tidak rela kehilangan pengikutnya. Oleh sebab itu Tuhan menyediakan urapan Allah, pedang roh, perisai iman, darah Yesus, ketopong keselamatan, dan nama Yesus untuk menghancurkan strateginya setan. Tuhan mau terlibat dalam setiap aspek kehidupan Anda, emosi, kehendak, pikiran, kehidupan doamu, semuanya, karena Anda miliknya Dia.

2. Efesus 6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Pada waktu Anda mengalami tekanan, pencobaan yang bertubi - tubi dalam hidup Anda, manusia roh Anda harus tetap berdiri. Sebab Tuhan sudah memperlengkapi Anda dengan senjata peperangannya yaitu Firman Allah untuk melawan setiap pencobaan dan tipu muslihat iblis. Jika Anda tetap berdiri, tidak lepas keyakinan dan kepercayaan Anda, maka upahmu akan besar sekali. Ini berarti Anda pakai mentalitas pemenang bukan mentalitas korban. Mentalitas korban selalu berkata "aku tidak bisa." Tetapi kebenarannya adalah Anda bisa melakukan segala perkara bersama Yesus yang memberi kekuatan kepada Anda. Yesus tidak bisa melakukan mujizat dengan orang yang tidak tinggal dan hidup dengan sikap iman. Bagaimana hidup Anda penuh dengan iman? Bicara secara iman, pikiran secara iman, berkelakuan secara iman.

3. Yesaya 50:7 Tetapi Tuhan ALLAH menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu.

Anda pegang terus Firman, pikirkan Firman, berkelakuan sesuai Firman. Jika Anda sedang mengalami tekanan, jangan duduk dan murung dan mengeluh, tetapi lakukan kebaikan kepada orang yang perlu ditolong. Hal itu akan mendatangkan sukacita dalam diri Anda. Waktu Anda bersukacita, Tuhan bekerja. Ini adalah cara bagaimana Anda membuat manusia roh Anda berdiri.

Seringkali Tuhan mengijinkan tekanan - tekanan datang dalam hidup Anda, supaya Anda berubah. Sebab melalui tekanan tersebut, membuat Anda naik ke tempat yang lebih tinggi lagi. Selama Anda menanti Tuhan bekerja dan mujizat-Nya terjadi, lakukan apa yang benar, yang Anda harus lakukan dan terus berkata dengan sikap "aku tidak akan gagal". Lakukan terus, meskipun Anda belum melihat manifestasinya. Setiap kali Anda perkatakan Firman, apa yang tidak ada diciptakan menjadi ada dan Tuhan sedang bekerja. Sebab segala sesuatu indah pada waktunya dan sempurna. Sementara Anda menunggu Tuhan selesai bekerja, pakailah sikap yang positif.

Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu. "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya. Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang percaya akan beroleh hidup. (Ibrani 10: 35-39).

---

The Power Of Thought

Ini janji Tuhan yang sangat luar biasa bagi kita. Tuhan kita adalah Tuhan yang baik. Tuhan yang merestorasi. Ia selalu melakukan kebaikan bagi anak-anak-Nya. Firman Tuhan membuktikan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang suka memulihkan baik roh, jiwa dan tubuh. Tuhan memulihkan hidup kita dua kali lipat.

Zakaria 9:12 Kembalilah ke kota bentengmu, hai orang tahanan yang penuh harapan! Pada hari ini juga Aku memberitahukan: Aku akan memberi ganti kepadamu dua kali lipat!

Zechariah 9:12 Return to the stronghold (of security and prosperity), you prisioners of hope; even today do I declare that I will restore double your former prosperity to you.

Mengapa Tuhan suka memulihkan? Ya...secara mutlak kita memiliki Tuhan yang baik, yang ingin agar anak-anak-Nya menikmati hidup. Tuhan ingin anak-Nya menikmati janji yang telah Dia sediakan. Namun penghalang terbesar yang menghambat kita menerima semua berkat-Nya adalah PIKIRAN NEGATIF.

Sangat penting bagi kita mengetahui kuasa dari pikiran. Semua pemikiran kita menentukan arah hidup kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengatur arah pikiran kita. Apabila arah pikiran kita negatif maka hidup kita pun akan negatif dan sebaliknya.

Cara berpikir kita akan menentukan hidup kita sukses atau gagal; menerima janji Tuhan atau kehilangan janji-Nya. Bagaimanakah cara berpikir Anda? Hidup kita ini seperti magnet yang menarik semua yang kita pikirkan. Sukses atau gagal ditentukan oleh bagaimana Anda mengendalikan kuasa pikiran Anda.

Semua yang bersifat negatif mendatangkan ketakutan. Hidup kita terbentuk dari kerangka pikiran kita sendiri. Apabila kerangka pikiran Anda negatif maka seluruh hidup Anda akan dipenuhi dengan ketakutan. Karena itu jika Anda berikan hidup Anda pada ketakutan maka ketakutan itu akan menjebak Anda ke arah yang salah. Apabila Anda setiap hari memberi makan pikiran dengan hal-hal yang negatif sebenarnya Anda sedang mengaktifkan ketakutan bekerja dalam hidup Anda. Ketakutan mengaktifkan setan bekerja dalam kehidupan kita.

Bagaimana mengaktifkan Tuhan bekerja dalam hidup Anda? Iman mengaktifkan Tuhan bekerja. Karena itu kita harus hidup dalam iman setiap hari dan mengharapkan hal-hal yang besar terjadi dalam kehidupan kita. Setiap pagi harapkan sesuatu yang besar dan baik terjadi. EXPECT SOMETHING GREAT TO HAPPEN EVERY DAY.

Anda harus mengharapkan sesuatu yang luar biasa terjadi dalam hidup, keluarga, bisnis, kerohanian Anda. Miliki sikap iman setiap hari. Miliki sikap yang mengharapkan sesuatu yang berbeda dan baik selalu terjadi pada hidup Anda. Anda harus memiliki tingkat pengharapan yang tinggi. Mengapa?

Tuhan selalu bekerja dan menjumpai Anda melalui tingkat pengharapan Anda kepada-Nya. Naikan LEVEL OF EXPECTATION Anda. (2 Raja-raja 13:14-19). Seberapa besar tingkat harapan Anda? setiap hari Anda menentukan bagi hidup Anda sendiri untuk menerima sesuatu yang besar dan baik atau sesuatu yang buruk dalam kehidupan Anda. Anda menjadi seperti yang Anda harapkan sebab iman memanggil sesuatu yang tidak ada seperti sudah ada (Roma 4:17).

Matius 9:29 ...Jadilah kepadamu menurut imanmu (jadilah sesuai dengan apa yang Anda harapkan - terjemahan lain).

Latih diri Anda untuk mengharapkan sesuatu yang baik setiap pagi, latih diri Anda hidup dalam iman bukan ketakutan. Sebab Tuhan memberikan kita pikiran yang membawa ketertiban, disiplin dan dikendalikan oleh firman Tuhan. (2 Timotius 1:7).

Anda memiliki kuasa untuk mengendalikan setiap benih pikiran yang datang kepada Anda. Anda tidak dapat melarang benih pikiran putus asa, ketakutan datang, namun Anda dapat memilih untuk tidak tinggal dalam situasi tersebut. Pilih pikiran yang positif! Pilih pikiran yang selaras dengan Tuhan!

Pikiran kita seperti sebidang tanah. Tanah tidak dapat memilih benih yang mau ditumbuhkan. Benih apa saja yang ditabur ke tanah akan tumbuh; karena itu petanilah yang harus memilih benih. Anda dan saya mempunyai kemampuan untuk memilih benih pikiran mana yang akan direnungkan. Pikiran kita tidak dapat menyeleksi setiap pemikiran yang datang. Kehendak kitalah yang melakukan proses seleksinya. Karena itu, jangan tinggal dalam kubangan pikiran negatif Anda! Apabila Anda berpikir buruk setiap saat, demikianlah hidup Anda jadinya. Ini membuktikan Anda kalah dalam peperangan di pikiran Anda.

Jadi jangan ijinkan pikiran negatif mengontrol. Setiap hari Anda punya kesempatan untuk memilih memulai hidup Anda dalam kesuksesan atau kegagalan. Berhenti menjadi penjara dari pikiran Anda. Berhenti untuk dikalahkan oleh situasi buruk hidup Anda. Latih diri Anda berpikir positif, penuh iman dan memiliki tingkat harapan yang besar. Lihat kemenangan di depan Anda. Anda akan melihat mujizat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar