Sabtu, 10 April 2010

Timbangan Feng Yu



Pada suatu ketika, di sebuah kota kecil di Tiongkok Utara terdapat dua toko yang menjual beras, toko yang satu bernama Yong Chang, yang satunya lagi bernama Feng Yu. Pemilik tua toko beras Feng Yu melihat saat itu situasi sedang kacau oleh peperangan tidak mudah untuk berdagang, dia lalu memikirkan suatu rencana yang bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Hari itu, dia mengundang ahli pembuat timbangan ke rumahnya, dengan sembunyi-sembunyi dia berkata kepada ahli pembuat timbangan itu, “Tolong Anda buatkan satu timbangan yang ukuran beratnya 1kg sama dengan 15,5 kati, nanti ongkos pembuatannya saya tambah seratus tael.” (1 kg yang sebenarnya adalah 16 kati). Demi mendapatkan uang seratus tael lebih banyak, dia telah mengabaikan moralnya dan segera menyanggupi pemilik toko tua itu.
Setelah selesai berpesan, pemilik toko itu pun meninggalkan ahli timbangan itu seorang diri di halaman rumahnya untuk membuat timbangan, dia sendiri berjalan ke dalam toko mengurus dagangannya.

Pemilik toko beras tua itu mempunyai empat orang putra, semua anaknya membantu dia mengolah toko beras itu. Putra yang bungsu dua bulan yang lalu baru menikah, istrinya adalah putri seorang guru pengajar. Ketika mertuanya berpesan dengan ahli pembuat timbangan, dia sedang menjahit di dalam kamar, percakapan mertuanya dengan ahli timbangan telah terdengar semuanya olehnya.

Setelah ditinggal pergi oleh si pemilik toko, menantu baru itu merenung sejenak, berjalan keluar dari kamar dan berbicara dengan ahli pembuat timbangan itu, “Mertua saya itu sudah tua, pikirannya agak kacau, tadi pasti salah mengucapkan kata-kata. Mohon Anda buatkan timbangan yang ukuran beratnya 1kg sama dengan 16,5 kati, nanti saya berikan ongkos lebih 200 tael. Tetapi, Anda harus berjanji tidak memberitahukan hal ini kepada mertua saya itu.”
Ahli pembuat timbangan itu demi mendapatkan uang 200 tael lebih banyak lagi, dia mengabulkan permintaan itu.

Timbangan yang ukuran beratnya 1kg sama dengan 16,5 kati dengan cepat telah selesai dibuat, dan ahli pembuat timbangan itu sungguh tidak memberitahu perubahan berat timbangan itu kepada pemilik tua. Pemilik toko yang tua itu sudah pernah beberapa kali membuatkan dacin kepada ahli timbangan itu, dia sangat mempercayai keahliannya, jadi timbangan baru setelah selesai dibuat hari itu juga dibawa ke dalam toko beras untuk dipergunakan.

Beberapa waktu kemudian, perdagangan toko beras Feng Yu kian makmur, pelanggan lama dari toko beras Yong Chang juga ikut meramaikan. Mereka berbondong-bondong beralih ke toko beras Feng Yu untuk membeli beras.

Tidak lama setelah itu, orang-orang yang tinggal di sebelah barat dan timur jalanan kota kabupaten itu juga mencari yang jauh dan melepaskan yang dekat, mereka menelusuri kampung dan jalanan datang ke toko Feng Yu untuk membeli beras, sedangkan toko beras Yong Chang yang berada di depan jalanan menjadi sepi sekali.

Tiba pada akhir tahun, toko beras Feng Yu mendapatkan keuntungan besar, sedangkan toko beras Yong Chang merugi hingga tidak bisa melanjutkan perdagangan, toko beras itu akhirnya dipindah-tangankan kepada Feng Yu.

Pada malam tahun baru Imlek, keluarga besar pemilik toko Feng Yu duduk berkeliling makan Shuijiao (sejenis pangsit, yang merupakan makanan utama malam tahun baru imlek untuk penduduk Tiongkok Utara) bersama.

Hati pemilik tua sedang bergembira, dia mengeluarkan pertanyaan untuk semua orang. Dia ingin tahu siapa yang dapat menebak bagaimana dia bisa menjadi kaya raya. Mereka semua berebut untuk berbicara, ada yang mengatakan berkat perlindungan Yang Mahakuasa, ada yang mengatakan pemilik tua menggunakan cara yang tepat untuk mengelola, ada juga yang mengatakan letak toko beras itu sangat strategis, ada pula yang berkata berkat kerja sama dari seluruh anggota keluarga.

Pemilik tua itu dengan tertawa dan berkata,
“Jawaban kalian semuanya salah. Kita menggantungkan apa untuk menjadi kaya? Menggantungkan timbangan yang kita miliki! Timbangan kita beratnya 1kg sama dengan 15,5 kati, setiap menjual 1kg beras, kurang 0,5 kati, setiap hari menjual ratusan bahkan ribuan kilo beras, maka akan mendapatkan untung banyak, dengan mengumpul keuntungan ini dari hari ke hari, maka akhirnya kita menjadi kaya.”

Selanjutnya dia menceritakan bagaimana dia pada awal tahun telah membuat timbangan yang berat 1 kilonya sama dengan 15,5 kati dengan menambahkan 100 tael kepada ahli pembuat timbangan. Mendengarkan penuturan ini, anak cucunya sangat takjub hingga melupakan Shuijiao di mangkuk mereka. Setelah ketakjuban mereda, semua orang memuji pemilik tua alias orang tua mereka ini sangat hebat, tidak menunjukkan gelagat sedikitpun, hingga orang sendiripun tidak menyadari, uang sudah masuk ke dalam saku. Mendengarkan perkataan ini pemilik tua merasa bangga, girang bukan kepalang, berulang-ulang memegangi janggut panjangnya.

Saat itu, menantu barunya perlahan-lahan berdiri dari bangkunya, dan berbicara kepada sang pemilik tua, “Ada satu hal yang ingin saya sampaikan kepada ayah, sebelum saya beritahukan kepada ayah, saya berharap ayahanda mau berjanji memaafkan kesalahan saya.”
Dia menunggu pemilik tua menganggukkan kepala, dengan tenang-tenang saja menantu baru itu menceritakan kepada semua orang, tentang bagaimana dia pada awal tahun itu telah memberikan uang 200 tael lebih banyak kepada ahli pembuat timbangan untuk membuatkan timbangan yang beratnya 1 kilo sama dengan 16,5 kati.

Dia berkata, “Ucapan ayah sangat benar sekali, kita menjadi kaya berkat timbangan yang kita pakai. Timbangan kita setiap 1 kilo mempunyai kelebihan berat 0,5 kati, semua pelanggan tahu kita berdagang sangat jujur tidak mencuri timbangan, maka mereka semua mau membeli beras kita, maka usaha perdagangan kita menjadi makmur. Walaupun setiap kilonya kita mendapatkan untung lebih sedikit, tetapi jika penjualannya banyak keuntungan yang didapatkan akan besar pula. Kita telah menjadi kaya berkat kejujuran yang kita tunjukkan kepada pelanggan ”

Kali ini semua orang dibuat jadi lebih takjub, mereka terperangah. Pemilik tua tidak percaya bahwa hal ini adalah benar, dia mengambil dan meneliti timbangan yang dipergunakan setiap hari untuk menjual beras. Ternyata memang benar berat 1 kg-nya sama dengan 16,5 kati.
Pemilik tua itu tercengang kaget, dia tidak mengatakan sepatah katapun, dengan perlahan-lahan berjalan masuk ke dalam kamarnya.

Keesokan pagi setelah sarapan pagi, tepat pada awal tahun baru Imlek tanggal satu, pemilik tua mengumpulkan seluruh anggota keluarga, sambil melepaskan kunci kasir yang terikat di pinggangnya ia berkata, “Saya sudah tua, sudah tidak berguna. Kemarin semalaman saya telah mempertimbangkan, memutuskan mulai saat ini, menyerahkan kendali toko ini kepada menantu saya yang keempat, dikemudian hari, kita semua mematuhi kehendak dia!”

Akhirnya keputusan itu dilaksanakan, dan Toko Beras Feng Yu semakin tahun menjadi maju dan berkembang di Tiongkok Utara.

MORAL STORY

Semua orang bagai sebuah timbangan, dengan timpang sebelah (tidak jujur), orang lain akan dapat melihatnya dengan sangat jelas. Berdagang yang diutamakan adalah ‘kejujuran’, dan sebagai manusia bukankah kita juga harus demikian?

Sumber: TRUE STORY
10 Wanita Idaman Pria
-- Written by admin on July 2, 2009
Allahpun Menangis Bahagia
Pria tergila-gila pada wanita cantik dan seksi ? Itu normal, tapi tak cukup cantik dan seksi saja untuk membuat pria tergila-gila. Ada kalanya seorang pria akan bosan punya kekasih cantik dan seksi namun tak bisa diajak bicara. Wanita semacam ini hanya untuk dikagumi, namun tak akan duduk di urutan pertama wanita yang akan diincar untuk menjadi pasangan hidup. Nah berikut ini adalah 10 point dari wanita yang dicari oleh para arjuna pria.
Suatu musim panas dimana hujan belum turun hampir satu bulan lamanya.
Tanaman jagung hampir mati. Sapi-sapi tidak menghasilkan susu. 1. Wanita Bisa Mengontrol Emosi
Sungai-sungai mengering. Itu adalah musim kering yang cukup parah bahkan
ada mungkin sebelum musim panas berakhir banyak dari para petani sudah Pada dasarnya semua wanita cenderung menjadi tukang ngomel. Pacar yang baik tahu kapan waktunya untuk menahan amarah dan kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkannya. Beberapa perilaku pria kerap membuat wanita terganggu, hal ini lah yang kerap menyebabkan perselisihan. Pada kesalahan-kesalahan kecil usahakan untuk bicarakan secara baik-baik, tak perlu tensi tinggi. Pria akan lebih mudah mendengarkan wanita dalam nada yang lembut.
harus mengalami kebangkrutan. Setiap hari suamiku dan adik laki-lakinya
berusaha semaksimal mungkin mengairi ladang kami walau dengan proses 2. Wanita yang Satu Hati soal Seks
yang amat sukar. Dan akhirnya proses ini melibatkan sebuah truk yang
harus di bawa ke pabrik penyimpan air setempat dan mengisinya dengan Seks bisa menjadi masalah yang paling penting dewasa ini. Ketidakcocokan masalah seks bisa jadi problem yang mengganjal dalam hubungan Anda. Seorang pacar yang hebat sedikitnya mengerti selera seksual kekasihnya. Tidak harus secara keseluruhan dan menuruti semua hasrat sang kekasih. Tapi setidaknya mengerti, berkomunikasi secara terbuka dan bisa mengimbangi serta mengendalikan ke hal yang positif.
air. Penjatahan air yang ketat membuat banyak orang kesusahan. Kalau
hujan tidak turun juga dengan segera kami akan kehilangan segalanya. 3. Wanita yang Menghargai Kepribadian Kekasihnya

Hari itu aku mendapatkan satu pelajaran yang sangat berharga tentang Secara tak sadar kadang sifat pria berubah sesuai dengan keinginan kekasihnya. Sifat-sifat dan kebiasaan ala lelaki menjadi berkurang atau hilang sama sekali karena perintah sang pacar. Nah, kekasih semacam ini biasanya akan dihindari pria. Walau cinta mati pada kekasihnya, seorang lelaki tetap merasa perlu waktu untuk berkumpul dengan teman-teman lelakinya.
memberi dan aku menyaksikan sendiri mujizat terjadi. Saat sedang di Pria dan Wanita punya kebiasaan masing-masing yang sangat berbeda. Hargai perbedaan masing-masing dan berikan waktu untuk kehidupan lain di luar kisah asmara Anda.Kekasih yang dengan penuh pengertian memberika waktu bahkan mendukung jika kekasihnya hang-out bersama teman-temannya justru membuat pria makin tergila-gila.
dapur menyiapkan makan siang, aku melihat anak laki-lakiku, Billy, 6
tahun, sedang berjalan ke hutan. Langkahnya tidak seperti anak kecil 4. Wanita yang Mandiri
pada umumnya, sepertinya sedang berjalan dengan satu tujuan yang sangat
penting sekali. Aku hanya bisa melihat punggungnya saja. Tak ada seorang pria pun yang ingin menjadi baby sitter untuk pacarnya. Pria lebih suka wanita yang mandiri bahkan bisa bekerja dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan usahanya sendiri. Ia justru akan meminjamkan bahunya ketika sang pria membutuhkan. Namun walau semandiri apapun, pria juga selalu ingin merasa dibutuhkan.

Dengan upaya yang besar, ia mencoba berjalan dengan tenang. Setelah Boleh saja bergantung pada pria tapi jangan keterlaluan. Sesekali Anda boleh kok manja dan minta tolong tapi jika terlalu bergantung bisa-bisa dia kabur. Selain itu, seorang wanita yang mandiri biasanya amat sangat bisa diandalkan. Ia bisa mengatur sendiri hidupnya dengan baik dari sisi finansial ataupun emosional. Ia pun bisa menikmati waktu jauh dari Anda walaupun rasa rindu itu tak bisa tertahankan.
menghilang ke dalam hutan, segera dia sudah terlihat kembali, berlari
kencang menuju rumah. Aku tidak terlalu perduli, rasanya ia sudah 5. Wanita yang Menghormati Kekasihnya
selesai dan aku meneruskan kegiatanku. Tetapi, sesaat aku kembali
melihat Billy, seperti tadi lagi langkahnya tetap tenang. Ini hal yang penting. Pria senang punya pacar yang menghormati dan menghargainya sebagai lelaki. Intinya, dia adalah wanita yang selalu mendengarkan Anda walaupun ia tak selalu setuju dengan pendapat dan pemikiran Anda. Dan tentunya ia juga tak pernah lelah berada disisi Anda ketika saling membutuhkan. Pacar yang baik tak akan melecehkan atau membuat Anda malu di depan teman-teman ataupun keluarga dan selalu membicarakan masalah pribadi hanya untuk kalian berdua saja.

Hampir satu jam dia melakukan hal itu terus menerus. Akhirnya aku tidak 6. Wanita Menjadikan Anda Pria yang Lebih Baik
tahan lagi, langsung keluar mencoba untuk mengikutinya (tapi berusaha
untuk tidak diketahui... rasanya dia tak mau ibunya tahu apa yang sedang Pada dasarnya setiap pria yang memiliki kekasih atau istri yang hebat akan berkata pasangannya lah yang membuatnya ingin menjadi orang yang lebih baik. Tak perlu kata-kata atau tindakan untuk membuat si pria merasa demikian. Hal tersebut terjadi begitu saja tanpa disadari.
dikerjakannya).
Secara otomatis sang pria akan berusaha memperbaiki hidupnya, lebih perhatian pada adik perempuannya, berusaha mengatur hidupnya lebih baik, dan melakuka berbagai hal untuk membuat dirinya lebih baik. Secara tak sadar si pria kadang-kadang juga tak menyadari apa motivasinya melakukan itu semua. Well, itu semua pastinya karena cinta!
Dia berjalan dengan tangan yang sedang menangkup air, mencoba untuk
tidak menumpahkan satu tetespun Air ditangannya yang kecil itu paling 7. Wanita yang Cerdas
hanya sebanyak 1 atau 3 sendok makan. Aku mencoba lebih mendekat saat
dia sedang berjalan menuju hutan. Ranting-ranting pohon dan duri Seorang wanita yang cerdas punya berbagai cara agar membuat pria tidak merasa bosan ketika berada di dekatnya. Ia akan selalu memberikan kejutan kecil yang mungkin tak pernah Anda duga. Seorang wanita yang cerdas tentunya juga memiliki wawasan yang luas di luar masalah kecantikan dan model baju terbaru. Para pria tentunya akan sangat senang jika memiliki lawan bicara yang bisa merespon dengan baik topik yang dibicarakan.
mengenai wajah kecilnya, tapi dia sama sekali tidak mencoba untuk
menghindar. Dia lebih memusatkan perhatiannya kepada tugas yang sedang 8. Wanita Cepat Akrab Dengan Teman dan Keluarga Kekasihnya
dia kerjakan.
Pacar yang hebat tak sekadar mau membantu ibu Anda di dapur, mendengarkan cerita ayah Anda dan hang out bersama teman-teman Anda. Ia melakukan hal tersebut bukan hanya untuk menyenangkan kekasihnya, tapi benar-benar menikmati kegiatan tersebut dan melakukannya dengan sepenuh hati. Pacar yang baik sangat menghargai orang-orang yang dianggap penting oleh kekasihnya.
Ketika aku sedang mengawasinya, disaat itulah aku melihat pemandangan
yang sangat luar biasa. Beberapa rusa besar bermunculan dihadapannya. Dia juga tak akan meminta pria pujaan hatinya untuk menjauhi teman-teman dekatnya. Ketika teman si pria sedang patah hati, pacar yang baik akan menyarankan kekasihnya untuk mengajak sahabatnya pergi bersenang-senang. Bukti bahwa kekasih Anda demikian adalah, teman-teman Anda tak akan bersikap negatif atau terkesan berat hati jika pacar Anda akan hang-out bersama mereka.
Billy berjalan tepat ke arah mereka. Hampir aku berteriak untuk
menyuruhnya menjauh. Seekor rusa jantan besar dengan tanduknya yang 9. Wanita yang Cantik dan Seksi
indah datang mendekat. Tapi rusa itu tidak melakukan apa-apa, bahkan
ketika Billy duduk berlutut. Dan aku melihat seekor anak rusa kecil Mungkin ini adalah hal yang biasa, tapi juga penting. Layaknya istri, pacar yang hebat juga pastinya ingin selalu terlihat cantik di mata kekasihnya. Bukan hanya untuk Anda setidaknya untuk dirinya sendiri. Ia selalu berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Ingat, cantik bukan berarti ia harus berdandan bak model dunia. Yang penting bersih, serasi dan sesuai dengan kondisi.
tergelak di tanah dan jelas sekali sedang menderita dehidrasi dan
keletihan yang amat sangat. Aku melihat anak rusa itu dengan usaha yang 10. Wanita yang Mencintai Sepenuh Hati
keras mencoba mengangkat kepalanya untuk bisa menjilat air dari tangan
kecil anakku. Demikian Billy melakukannya. Jika Anda menemukan wanita yang mencintai Anda dengan sungguh-sungguh, apa adanya dan tanpa rekayasa sebaiknya jangan sia-siakan dia. Wanita yang tidak berusaha mengubah kekasihnya sangat sulit untuk ditemukan. Tentu saja setiap orang punya kebiasaan yang menjengkelkan tapi, jika ia mencintai Anda sepenuh hati, ia pasti akan berusaha memakluminya. Cara lain untuk mengetahui ia sangat mencintai Anda adalah coba perhatikan cara ia memandang dan memperlakukan Anda. Jika Anda tak merasakan getaran-getaran cinta sebaiknya jangan dipaksakan. Jika ia mencintai Anda, sedikit hal sepele bisa jadi penting untuknya.

Ketika airnya habis, segera Billy berdiri, kembali berlari ke rumah, Nah itulah sepuluh point yang sepatutnya diketahui para wanita dan para pria pun harus mengetahui bagaimana mengungkapkan cinta dan pria pun harus dapat menaikkan ranking depan wanita
berjalan menuju keran yang telah kami tutup. Billy membukanya dan aliran
air yang sangat kecil meluncur turun. Dia menadahkan tangannya sambil
berjongkok, menunggu air yang mengalir sangat lambat itu memenuhi
tangannya dan sinar matahari yang panas menyinari punggungnya.
Butuh waktu kira-kira 2 menit untuk air itu bisa memenuhi tangan
kecilnya. Setelah penuh dia berdiri dan kembali ke hutan, disaat itulah
dia baru menyadari bahwa aku telah berada di hadapannya. Dengan air mata
yang hampir mengalir dia berkata, "aku nggak sedang buang-buang air,"
katanya.

Akhirnya aku menemaninya...kali ini dengan membawa mangkuk kecil yang
sudah berisi air. Aku menunggu di kejauhan, membiarkannya memberi minum
anak rusa itu. Itu pekerjaannya. Aku berdiri di pinggir hutan sambil
memandangi sebuah hati yang luar biasa indah, dengan usaha yang besar
sedang berusaha untuk menyelamatkan sebuah kehidupan lain.

Ketika air mata membasahi wajahku, tiba-tiba aku merasakan ada tetesan
air yang lain menimpa wajahku, lagi, lagi dan lebih banyak lagi. Aku
memandang ke langit dan bisa merasakan bahwa Allah pun turut menangis
dengan bangga.

Mungkin ada yang mengatakan bahwa itu hanyalah kebetulan. Bahwa mujizat
itu tidak ada. Bahwa kebetulan saja hujan memang harus turun. Aku tidak
dapat mendebatnya... dan tidak ingin melakukannya. Yang ingin aku
katakan hanyalah bahwa hujan hari itu sungguh-sungguh telah
menyelamatkan pertanian kami, seperti yang telah dilakukan seorang anak
laki-laki kecil yang telah menyelamatkan nyawa makhluk lain.

--

Fergie Kini Juga Sebut Bayern Tukang Gertak
Kris Fathoni W - detiksport


Getty Images

Manchester - Sir Alex Ferguson tak menyesali komentar "tipikal orang Jerman" yang dia lontarkan ke Bayern Munich. Fergie kini bahkan menuding pemain Bayern sebagai bully alias penggertak.

Usai Manchester United disingkirkan Bayern dari Liga Champions, Fergie menyebut bahwa para pemain klub Jerman itu sudah mempengaruhi wasit Nicola Rizzoli dalam mengartu merah bek MU, Rafael.

Saat itulah manajer MU asal Skotlandia itu menyebut tingkah laku para pemain Bayern sebagai sikap yang "tipikal orang Jerman". Tudingan Fergie itu jelas mengundang kontroversi kendati dia mengaku tak menyesal.

Maka alih-alih minta maaf, Fergie kembali melemparkan kritik serupa. Bukan hanya itu, pihak media pun kena semprot.

"Di akhir pertandingan kalian (media) sudah menggunakan itu. Kami tak beruntung, tapi kalian tersesat dalam kabut beracun yang kalian letakkan di headline kalian," cetus Fergie di Telegraph.

"Kubu Jerman sudah bikin diri mereka sendiri kecewa dengan perilaku yang bikin si bocah (Rafael) dikartu merah. Jika mereka tak sadar, aku tak bisa berbuat apa-apa. Itu benar-benar tak adil. Mereka bikin si bocah dikartu merah dan menggertak wasit. Mereka menggertak wasit untuk melakukannya," urai dia sengit.

Juga telah diberitakan sebelumya bahwa tudingan-tudingan Fergie ini, meski jelas tak diterima dengan baik oleh kubu Bayern, tak bakal diproses lebih lanjut oleh pihak UEFA.
( krs / krs )

--

Gerrard Rambah Bisnis Restoran
Okdwitya Karina Sari - detiksport


Getty Images

Liverpool - Sukses di sepakbola belum membuat Steven Gerrard puas. Skipper Liverpool ini akan mencoba peruntungannya di bidang bisnis makanan dengan membuka sebuah restoran.

Gerrard dilaporkan telah membeli saham dari sebuah restoran lokal favoritnya, Warehouse Brasserie, yang lokasinya berada di Southport tak jauh dari Liverpool. Untuk menjalankan bisnisnya ini, pemain kelahiran 30 Mei 1980 ini bergabung dengan pengusaha restoran Paul Adams.

"Saya telah makan di sana selama bertahun-tahun karena saya cinta dengan makanannya dan atmosfernya. Jadi saya sangat senang menjadi pemilik restoran ini bersama Paul (Adams)," ujar bintang sepakbola Inggris itu kepada Reuters.

Selain menyajikan makanan kelas satu, Gerrard juga berencana untuk mengubah tampilan restoran menjadi sebuah restoran mewah nan populer yang terdapat di New York. Maka dari itu, kini restoran tersebut tengah dipugar secara besar-besaran.

Nantinya restoran ini akan diperkenalkan dengan nama Warehouse Kitchen & Bar dan rencananya dibuka menjelang dimulainya Piala Dunia 2010, Juli mendatang.

Gerrard tampak tidak mau main-main dalam menggarap bisnisnya yang satu ini. Tetapi Pemain Terbaik Inggris 2005-06 ini mengaku masih memprioritaskan sepakbola sebagai karirnya.

"Ini adalah usaha pertama saya di bidang restoran tapi saya pikir ini penting bahwa prioritas saya dan selalu pada sepakbola," pungkas Gerrard.

"Real integritas adalah melakukan hal yang benar, tahu bahwa tak seorang pun akan mengetahui apakah Anda melakukannya atau tidak."

Oprah Winfrey
Talk Show Host, Producer dan dermawan

--

"Pengampunan tidak mengubah masa lalu, tetapi memperbesar masa depan."

Paul Boese
Ahli botani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar