Sabtu, 10 April 2010

Mari Mengenal Saham (1)

Beberapa waktu lalu kita dikejutkan oleh pengeboman Gedung Bursa Efek Jakarta. Di gedung inilah saham diperdagangkan. Mungkin ada di antara Anda bertanya, apa sih yang dimaksud dengan saham? Bagaimana cara bekerjanya? Mari kita berkenalan dengannya.

Pernahkah Anda berpikir untuk memiliki sebuah usaha? Katakan saja Anda ingin memiliki usaha berupa sebuah toko. Apa yang bisa Anda lakukan untuk dapat memiliki toko tersebut?

Bila Anda punya modal, maka Anda bisa membeli atau menyewa sebuah bangunan dan membeli barang-barang yang akan dijual. Bila toko Anda masih baru, tentu ada risiko tertentu, semisal belum dikenalnya toko Anda oleh masyarakat. Artinya, toko Anda belum dikunjungi banyak pembeli.

Kalau begitu, sebagai alternatif, kenapa tidak mencoba membeli toko lain yang sudah lebih dulu berdiri? Anda bisa memilih-milih toko mana yang akan Anda beli, dan tentu saja Anda pasti akan memilih toko yang kelihatannya sudah cukup dikenal dan laris, bukan?

Bila demikian, maka uang yang harus Anda bayarkan ke pemilik lama toko tersebut biasanya adalah senilai harga bangunan (bila bangunan toko itu dimiliki sendiri) dan barang-barang yang dijual didalamnya. Dengan kata lain, Anda telah membeli kepemilikan toko tersebut, di mana yang Anda beli adalah modalnya.

PECAHAN-PECAHAN KECIL

Perlu diketahui, dalam dunia usaha tidak hanya toko yang bisa memberikan keuntungan. Usaha lain yang tidak berbentuk toko juga banyak yang bisa memberi keuntungan. Usaha tersebut biasanya adalah dalam bentuk badan usaha, atau istilah populernya: perusahaan. Sama dengan toko, kepemilikan perusahaan juga bisa dibeli. Jadi Anda bisa memilih perusahaan mana yang kira-kira selalu menguntungkan pada tahun-tahun lalu, dan Anda bisa membeli kepemilikan (modal) dari perusahaan tersebut.

Berbeda dari toko, pada umumnya modal sebuah perusahaan jauh lebih besar daripada modal dari sebuah toko. Sebagai contoh, modal dari toko yang ingin Anda beli mungkin Rp 30 juta, namun modal dari perusahaan yang hendak Anda beli bisa saja mencapai Rp 300 juta.

Masalahnya, tidak semua orang memiliki uang kontan Rp 300 juta. Mungkin saja orang hanya punya Rp 3 juta sehingga ini berarti ia hanya mendapatkan kepemilikan sebesar satu persen saja dari semua nilai kepemilikan perusahaan tersebut. Tapi bagaimana caranya agar ia dapat membeli kepemilikan yang cuma sebesar satu persen itu?

Oleh hukum, diaturlah suatu cara: kepemilikan perusahaan dibagi ke dalam pecahan-pecahan kecil yang disebut saham. Sebagai contoh, kepemilikan perusahaan senilai Rp 300 juta tadi dibagi ke dalam saham di mana satu saham diberi nilai ­ katakan ­ Rp 1.000. Dengan demikian, bila Anda hanya punya Rp 3 juta, maka Anda hanya bisa membeli 3.000 lembar saham.

KEUNTUNGAN MEMBELI SAHAM

Keuntungan apa yang akan Anda dapatkan dengan membeli saham atau kepemilikan dari sebuah perusahaan?

Yang pertama, kalau perusahaan mengalami untung (laba), maka biasanya Anda mendapatkan pembagian keuntungan yang disebut dividen. Ambil contoh, bila dari per lembar saham Anda mendapat dividen Rp 100 per lembar sahamnya, maka dengan 3.000 saham yang Anda miliki, total dividen yang Anda dapatkan adalah Rp 300.000. Tentu saja patokan besarnya dividen berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Tapi prinsipnya kurang lebih sama saja. Makin banyak saham yang Anda miliki, makin besar pula dividen yang Anda dapat bila memang perusahaan untung.

Keuntungan kedua, bisa saja nilai saham Anda naik. Kembali kita misalkan Anda membeli saham seharga Rp 1.000. Nah, bila kemudian makin banyak yang ingin membeli saham perusahaan, maka mungkin saja harga saham tersebut meningkat jadi ­ katakan Rp 1.400 per lembar. Dengan demikian, bila Anda menjualnya, ini berarti Anda mendapatkan keuntungan sebesar 40 persen. Keuntungan seperti ini disebut capital gain. Ke mana Anda menjual saham itu? Bukan ke perusahaan yang menerbitkan saham bersangkutan, tapi pada orang lain yang memang ingin memiliki saham tersebut.

Tentu saja investasi dalam bentuk saham juga berisiko. Yakni, turunnya harga saham yang Anda miliki. Misalnya saja dari Rp 1.000 turun jadi Rp 600 per lembar saham. Bila Anda menjualnya, maka Anda akan rugi Rp 400 per lembar sahamnya. Kerugian seperti ini biasa disebut capital loss. Ke mana Anda menjualnya? Juga ke orang lain yang memang ingin memiliki saham tersebut.

--

Masbuchin (mahasiswa ITS) Raup 1000 Dolar Perbulan

Mohammad Masbuchin Raup 1000 Dolar Perbulan

Sumber = http://ww.its.ac.id/berita.php?nomer=4704

Bos (it)gossips, Mahasiswa ITS yang Tinggal di Rumah Kos
16 Mei 2008 23:42:05

Banyak jalan mendapatkan tambahan uang kuliah. Tapi, Mohammad Masbuchin, mahasiswa Teknik Informatika ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya ini, punya cara cerdas. Bikin web publisher. Kini, dia punya "karyawan" ya… teman kuliahnya.

http://jawapos.com/index.php?act=detail_c&id=341908 -

Rambutnya gondrong sebahu, memakai sepatu kets butut, kaus oblong, biasanya dilapisi jaket. Alat transpor pribadinya, motor keluaran tahun 2000-an. Penampilan Mohammad Masbuchin itu nyaris tidak berubah sejak tahun pertama kuliah di ITS.

Padahal, kalau mau, pria 22 tahun tersebut bisa saja gonta-ganti sepatu baru, beli jaket branded, bahkan kredit mobil. Sebab, sejak setahun lalu, mahasiswa semester enam tersebut punya penghasilan cukup besar dari web publisher yang dirintisnya sejak dua tahun belakangan. Setiap bulan, tak kurang USD 1.000 masuk rekeningnya.

Ah... saya masih sama saja seperti dulu. Tinggal di rumah kos, katanya ketika ditemui di kampusnya, Senin lalu. Bahkan, dia mengaku sepatu putih yang dipakai juga milik temannya satu kos. "Jaket biru ini juga saya temukan di laboratorium. Milik kakak kelas. Lumayan masih bisa dipakai," kata mahasiswa kelahiran Peterongan, Jombang, itu.

Tongkrongan Masbuchin memang tak seperti mahasiswa berduit. Semangatnya pun biasa saja. Beberapa teman kuliahnya justru kerap melihat Buchin -begitu panggilannya- mengantuk saat kuliah. "Kalau ngantuk, rambutnya yang gondrong ditutupkan ke mata. Jadi, dosennya nggak kelihatan kalau matanya merem," kata seorang temannya.

Seperti umumnya mahasiswa, Buchin gemar berselancar di dunia maya. Jujugan-nya situs-situs tentang teknologi informasi. Maklum, dia mahasiswa jurusan itu. Ketika menjelajah itulah, dia merasa bisa membuat situs semacam itu. "Saat itu terpikir, saya ingin punya pemasukan duit, tapi tidak perlu repot pergi ke kantor," katanya.

Dia pun membuat situs sendiri. "Saya ingin menyediakan informasi bagi para penggila teknologi," katanya. Sebab, penyedia informasi di dunia tersebut sangat terbatas. "Ada, tapi kurang spesifik dan tidak detail. Nah, saya ingin memudahkan orang saja," ungkapnya.

Alamat sistusnya, www.itgossips.com, memuat beberapa berita teknologi yang diambil dari berbagai sumber atau situs lain. Tak lupa, dia mencantumkan sumbernya. Misalnya, Catch Hackers Red-Handed yang diambil dari www. gfi.com atau Mobile Software dari www.eWeek.com. "Apa pun berita teknologi ada di situ," kata alumnus SMA Al-Islam Mojokerto tersebut. Karena serbaada itu, situsnya diberi slogan tech juice, daily. "Kalau besar, bisnis saya itu mirip detik.com," tambahnya.

Setiap hari Buchin juga berselancar ke beberapa situs produk elektronik. "Saya cari berita-berita baru, kemudian saya tulis ulang agar enak dibaca," jelasnya.

Seperti bikin koran yang harus terbit setiap hari, Buchin juga tiap hari mengirim berita tiap hari ke situsnya. Aktivitas itu dilakukan di sela-sela kuliah. Kalau sedang semangat, sekali menghadapi laptop, Buchin bisa menulis lima hingga tujuh artikel. "Saya terus di hadapan laptop. Mirip wartawan yang dikejar deadline," ujarnya.

Bulan pertama tayang, tak seorang pun mengunjungi situsnya. Padahal, cukup banyak uang yang dikeluarkan untuk medianya tersebut. "Saya prihatin sekali. Saya bertanya dalam hati, apakah tulisan saya tidak menarik," ungkapnya.

Buchin tak menyerah. Dia terus mengirim tulisan setiap hari. Setiap ada waktu senggang, di sela-sela kuliah, saat menunggu jam pergantian kuliah, dia selalu menyempatkan mengirim artikel. "Di mana pun bisa. Pokoknya kirim. Bisa dikerjakan sambil kelesotan," katanya lantas tersenyum.

Bikin tulisan setiap hari tidak mudah. Buktinya, saat Buchin merintis usaha tersebut, tak kurang sepuluh temannya juga merintis hal yang sama. "Tapi, mereka rontok karena tak tahan menulis berita tiap hari," tegasnya.

Bulan berikutnya, mulai ada satu-dua orang yang mampir. Tiga bulan pertama, dia hanya memperoleh uang USD 0,8 dari iklan. Kini, iklan yang ditayangkan di situs itu cukup banyak dan bergengsi. Misalnya, LCD, iPod, kamera, alarm, dan masih banyak lagi. Setiap hari, ribuan orang mampir untuk buka-buka halaman (it) gossips. "Rata-rata sehari seribu orang berkunjung," jelasnya.

Buchin mengamati siapa saja yang menjenguk situsnya itu. Lalu, dia membuat rekap sederhana. Rinciannya, 40 persen warga negara Amerika, 20 persen orang Inggris, 20 persen lagi dari Australia.

Dari data itu, dia menyesuaikan artikelnya. Dia memberikan porsi berita terbanyak untuk orang Amerika. "Misalnya, mereka bertanya tentang pengunjung situs yang tak dikenal, maka saya sediakan artikel tersebut," katanya.

Karena banyak pengunjung, agen iklan pun tertarik memasang berbagai produk di (it)gossips. "Tentu saja kami terima karena dapat duit," tegasnya.

Dia dapat uang melalui sistem paypal, alat pembayaran yang berlaku di internet. Pembayaran itu untuk order pemasangan iklan. Agen iklan cukup mengorder Buchin tentang jenis produk yang diiklankan. Kemudian, Buchin mencari sendiri materinya di situs, lalu ditayangkan.

Agen menghitung penayangan iklan tersebut, kemudian mengirim sejumlah uang sesuai hitungan poin ke rekening Buchin. "Mereka juga mengirim dalam bentuk cek jika google adsense (advertorial, Red) banyak dikunjungi," katanya.

Pendapatan juga diperoleh dari paid review. Misalnya, ulasan tentang suatu produk. "Per artikel bisa dibayar sekitar enam dolar AS sampai puluhan dolar," jelas Handy Eka Cahyana Kurniawan, penulis (it)gossips.

Makin banyak pengunjung membuat Buchin cukup kewalahan menyediakan artikel. Maka, dia pun melibatkan dua temannya sebagai penulis. Salah satunya ya Handy itu. "Apa pun saya tulis, mulai teknologi komputer terbaru hingga sabun mandi. Namanya saja tech juice," kata teman seangkatan yang kini jadi "karyawan" Buchin tersebut.

Tentu saja dia dapat honor. "Jumlahnya rahasia sekali. Lumayan buat tambahan," elak Hendy. Sejak punya bisnis itu, Buchin tak lagi minta uang bulanan kepada ibunya, pengusaha ternak ayam di Jombang. "Bisnis ini sudah cukup untuk bayar kuliah segala," ujar Buchin. (cfu)

--

Gaji DPR

By benni on March 31st, 2009

Mungkin alasan ini kenapa org2 berlomba-lomba jadi caleg…..

Pemilu 2009 adalah pemilu terbanyak yang melibatkan caleg atau calon legislatif, sebenarnya berapa sih gaji dari anggota DPR?
Penerimaan anggota DPR terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

rutin perbulan, rutin non perbulan dan sesekali. Rutin perbulan meliputi :

Gaji pokok : Rp 15.510.000
Tunjangan listrik : Rp 5. 496.000
Tunjangan Aspirasi : Rp 7.200.000
Tunjangan kehormatan : Rp 3.150.000
Tunjangan Komunikasi : Rp 12.000.000
Tunjangan Pengawasan : Rp 2.100.000
Total : Rp 46.100.000/bulan
Total Pertahun : Rp 554.000.000

Masing-masing anggota DPR mendapatkan gaji yang sama. Sedangkan penerimaan nonbulanan atau nonrutin. Dimulai dari penerimaan gaji ke-13 setiap bulan Juni.

Gaji ke-13 :Rp 16.400.000
Dana penyerapan ( reses) :Rp 31.500.000
Dalam satu tahun sidang ada empat kali reses jika di total selama pertahun totalnya sekitar Rp 118.000.000. Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu yaitu:

Dana intensif pembahasan rencangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000/kegiatan
Dana kebijakan intensif legislative sebesar Rp 1.000.000/RUU

Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir 1 milyar rupiah. Data tahun 2006 jumlah pertahun dana yang diterima anggota DPR mencapai Rp 761.000.000, dan tahun 2007 mencapai Rp 787.100.000. Woww…!!!! Pantas jika mereka mengejar kursi DPR, belum lagi dana pensiunan yang mereka dapatkan ketika tidak lagi menjabat.
Sumber:


Tipu-tipu Skema Ponzi oleh si 'Warren Buffet China'
Nurul Qomariyah - detikFinance


Surat Gugatan SEC (Reuters)
Washington - Aksi tipu-tipu dengan skema ponzi ala Bernard Madoff kembali mencuat. Kali ini dilakukan oleh Weizhen Tang yang mendeskripsikan dirinya sebagai 'Warren Buffett China'.

Tang melalui perusahaan hedge fund miliknya "Oversea Chinese Fund Limited Partnership" diduga melakukan aksi tipu-tipu ala skema ponzi hingga jutaan dolar.

Skema Ponzi merupakan sebuah istilah untuk praktek kotor dalam bisnis keuangan yang menjanjikan pemberian keuntungan berlipat ganda yang jauh lebih tinggi dari keuntungan bisnis riil bagi investor yang mau menyimpan dana investasinya lebih lama di perusahaan investasi seperti sekuritas, bank, asuransi ataupun investment banking. Para invesor umumnya tidak tahu dan tidak mau tahu darimana perusahaan membayar keuntungan yang dijanjikan.

Nama Ponzi diambil dari seorang penipu bernama Charles Ponzi yang tinggal di Boston, AS. Ponzi terkenal dengan penipuannya karena menawarkan investasi berupa transaksi spekulasi perangko AS terhadap perangko asing di era 1919-1920.

Aksi tipu-tipu ala skema tersebut yang baru-baru ini mengguncang dunia pasar finansial adalah yang dilakukan eks chairman Nasdaq, Bernard Madoff. Korban penipuan Madoff sangat luas dengan kerugian mencapai sekitar US$ 50 miliar. Selain korban uang, aksi tipu Madoff juga menelan kerugian jiwa. Setidaknya 2 aksi bunuh diri dilakukan oleh para korban Madoff.

Sementara penipuan yang dilakukan sang 'Warren Buffet China' ini memang tidak sebesar Madoff. Tang diketahui berhasil meraup dana hingga US$ 75 juta milik 200 nasabah sejak tahun 2004.

Badan Pengawas Pasar Modal AS atau Securities Exchange Commission (SEC) telah mendakwa Tang melakukan penipuan terhadap ratusan nasabahnya. Tang pada Februari 2009 menyampaikan kepada para investornya bahwa dalam rangka menyembunyikan kerugian dari perdagangan yang substansial dan menarik investor baru, maka ia mencatatkan laba palsu pada neraca investor. Tang juga menggunakan dana dari investor baru untuk membayar paling tidak laba palsu untuk investor lainnya hingga US$ 8 juta.

Menurut dokumen tuntutan SEC, Tang membidik warga AS keturunan China. Tang juga mengirim email kepada para investor agar mereka tetap mempercayainya dengan menginvestasikan lebih banyak uang lagi dan melakukan transaksi atas nama mereka. Tang menginformasikan kepada para investornya bahwa dia telah berhasil mendapatkan US$ 1 juta untuk menutup kerugian investor dan menciptakan entitas bisnis baru.

Tang hingga kini belum bersedia berkomentar, namun ia sempat memposting surat untuk publik di websitenya dan menyatakan permintaan maafnya.

Saya tidak mencuri uang siapapun. Kepada para mitra investasi saya, 27 Februari 2009 merupakan hari yang sangat mengejutkan, mematahkan hati dan penuh duka cita, tulis Tang seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/4/2009).

Hari itu juga merupakan hari yang sangat menyedihkan bagi diri saya, dan satu yang sangat saya khawatirkan namun tetap saja datang. Karena dosa yang telah saya perbuat, saya telah menyakiti Anda, maka saya menyampaikan permintaan maaf sedalam-dalamnya, ujar Tang.

Sementara Edwin Tomko, pengacara WinWin yang merupakan perusahaan entitas bisnis Tang, menyatakan kliennya siap untuk bersikap kooperatif atas masalah ini.

Pangeran Roma' Juga Suka Ber-Poker Ria
Kris Fathoni W - detiksport


Roma - Di dalam lapangan, Francesco Totti terbiasa mengolah si kulit bundar. Di luar lapangan saat tak bermain bola, 'Pangeran Roma' mengaku senang beraksi di meja poker.

Aksi Totti di lapangan sepakbola tak usah lagi diragukan. Berkat kepiawaiannya itulah dia berhasil menjadi kapten dan andalan klub AS Roma --bahkan dapat julukan Pangeran Roma.

Akan tetapi hidup Totti tentu tak melulu diisi dengan sepakbola. Italiano berusia 33 tahun tersebut mengaku suka duduk dan bermain poker jika tak sedang menjalankan profesi utamanya tadi.

"Aku menyempatkan bermain tiga kali sepekan, terkadang juga online. Aku bermain dengan rekan-rekan satu timku," ungkap Totti di Football Italia.

Dari seluruh rekan seklubnya, Totti bahkan punya sejumlah nama yang sepertinya jadi "rekan tetap" bermain poker. Namun, hanya satu nama saja yang paling senang "dihabisinya" di meja poker.

"Permainan paling menarik adalah dengan Philippe Mexes, Marco Casetti dan Jeremy Menez. Tapi untuk main serius, orang yang paling senang aku kalahkan adalah Mexes," ceplos Totti dengan tawa berderai.

Untuk saat ini poker juga sudah menambah tebal kantong Totti. Bukan karena dia sering memenangi uang dalam jumlah banyak di meja poker melainkan karena Totti terikat kontrak sponsor dengan perusahaan judi online, Party Poker.


--

Vinnie Jones Ajak Beckham Main Film
Arya Perdhana - detiksport


Reuters

Los Angeles - David Beckham telah dipastikan gagal bermain di Piala Dunia 2010 akibat cedera parah. Mungkin sebagai penghiburan, Vinnie Jones menawarinya untuk bermain di film bersama dia.

Seperti dilansir The Sun, Jones berkeinginan untuk mengajak Beckham bermain dalam film berjudul 'Escape to Victory', remake dari film berjudul sama yang pertama dibuat tahun 1981.

Film 'Escape to Victory' berkisah tentang sekawanan prajurit Sekutu yang ditawan Nazi di Perang Dunia II. Mereka lalu membuat tim sepakbola dan bertanding melawan tim asal Jerman.

Di film aslinya, bintang-bintang yang turut bermain antara lain adalah Sylvester Stallone dan Sir Michael Caine. Selain mereka, juga ada beberapa pesepakbola betulan, seperti Pele dan Bobby Moore.

Sayangnya, meski dibintangi oleh pesepakbola populer, versi asli 'Escape to Victory' mendapat respons negatif dari penonton.

"Akting para pesepakbola asli itu kaku seperti kayu. Mereka seharusnya berada di gerai Ikea (pembuat mebel ternama--red)," demikian aku seorang rekan Jones di Hollywood seperti dikutip The Sun.

Jones, mantan pesepakbola yang pernah membela Wimbledon dan kini beralih profesi sebagai aktor, berniat untuk mengajak Beckham untuk mengisi peran yang pernah dimainkan Bobby Moore.

"Sekarang ini, banyak pesepakbola yang punya pengalaman akting dan para produser tahu kalau mereka bisa membuat film ini sukses," imbuh rekan Jones itu lagi.

"Vinnie sudah bicara dengan beberapa pemain terkenal yang tertarik untuk ikut. Bahkan, Caine dan Sly (Stallone) juga mungkin akan diberi peran cameo," kata sang sumber.


--

Robben Juru Selamat Bayern
Mohammad Resha Pratama - detiksport


Getty Images/Alex Livesey

Manchester - Arjen Robben bukanlah Lionel Messi. Tapi Robben bisa jadi seperti Messi di Barcelona, yaitu menyelamatkan timnya dari kekalahan. Dan Robben melakukannya buat Bayern Munich di Old Trafford.

Bayern boleh berbangga hati karena termasuk dari empat tim yang berada di semifinal Liga Champions musim ini. Selain Bayern ada Barcelona, Inter Milan dan Lyon. Nama terakhir menjadi lawan The Bavarians di empat besar nanti.

Jalan Bayern menuju semifinal tidaklah mudah. Di fase grup, tim asuhan Louis van Gaal itu baru bisa memastikan lolos ke knockout setelah menang 4-1 atas Juventus di matchday pamungkas.

Di babak 16 besar pun Bayern hampir angkat koper cepat. Di leg kedua, hingga memasuki menit ke-60, Bayern masih kalah 1-3 dari Fiorentina lalu Robben mencetak gol yang membuat skor jadi 2-3 dan bertahan hingga usainya laga. Bayern yang menang 2-1 di leg pertama berhak lolos dengan agregat gol tandang 4-4.

Di perempatfinal, Bayern pun dihadapkan pada lawan berat dan finalis dua musim terakhir, Manchester United.

Lagi-lagi Bayern berhasil lolos dari lubang jarum. Menang 2-1 di leg pertama, Bayern bertandang ke Old Trafford tadi malam dan mereka nyaris saja 'terkubur' karena tertinggal 0-3 hingga menit ke-40.

Namun, gol Ivica Olic di penghujung babak pertama menghidupkan asa Bayern. Dan Robben kembali lagi jadi penyelamat timnya dengan tembakan kaki kirinya di menit ke-74 membuat skor jadi 2-3 serta memupuskan mimpi MU untuk bisa 'melaju' ke final ketiganya secara beruntun, tuan rumah kalah agresivitas gol tandang 4-4.

Dua kali menyelamatkan Bayern, Robben pun pantas diberikan julukan 'Juru Selamat' alias 'Messias'. Dan apa yang dilakukan Robben itu lantas membuat banyak pihak menyamakannya dengan Messi yang telah banyak menolong Barca dengan gol serta aksi individunya.

"Messi itu berada di dunia yang lain. Dia adalah pemain terbaik di dunia persepakbolaan saat ini, tak ada keraguan untuk itu," tegas Robben sekaligus menepis anggapan banyak orang itu.

Memang kau bukan Messi, Robben. Tapi bagi seluruh pemain dan pendukung Bayern, kau adalah 'Messias'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar