Kamis, 15 April 2010

GERAKAN NAMA SUCI

Imbas Hebraic Roots Movement dan Sacred Name Movement dari Israel dan terutama memasuki Amerika Serikat melalui misi mereka juga dialami beberapa kalangan Kristen yang berziarah ke Israel dan bepergian atau mengadakan hubungan dengan gerakan itu di Amerika Serikat. Gerakan nama suci ini terlihat di beberapa kalangan kristen di Indonesia sejak lebih dari dua dasawarsa yang lalu.

Sekalipun mirip dengan gerakan itu di mancanegara yaitu menekankan kembali ibadat yang berakar Yudaik dan memulihkan nama Yahweh, di Indonesia ada ciri khas yang ditunjukkan, yaitu semangat menolak nama 'Allah' yang dianggap mereka sebagai nama berhala. Di tahun 1980-an, beberapa mantan penganut muslim yang menjadi kristen merintis usaha penginjilan untuk menobatkan umat Islam melalui ceramah-ceramah, dan kemudian mendirikan Yayasan Nehemia (1987) untuk mendidik para penginjil. Yayasan ini dalam siar agamanya pelan dan pasti memperkenalkan 'nama Yahweh' dan menekankan kembalinya ibadat ke akar yudaik dengan membangkitkan kembali penggunaan bahasa Ibrani, mereka juga memulihkan nama 'Eloim dan Yesua Hamasiah.'

Misi Yayasan itu terutama ditujukan untuk menginjili umat Islam dan membina mereka menjadi penginjil untuk menjangkau umat dimana mereka berasal. Dari kelompok ini di tahun 1990-an diterbitkan seri traktat berjudul 'Siapakah yang Bernama Allah itu?.' Pada umumnya dalam traktat itu disebutkan bahwa 'Allah' adalah nama dewa Arab (dewa bulan/pengairan) masa jahiliah, karena itu bila umat Kristen menggunakan nama itu berarti mereka menghujat Yahwe. Puncak dari penerbitan seri traktat itu adalah pada tahun 2000 diterbitkan 'Kitab Suci Torat dan Injil' (KS-TDI / Kitab Suci 2000). Kitab Suci ini menggunakan dasar Terjemahan Baru Alkitab yang diterbitkan Lembaga Alkitab Indonesia (TB-LAI) dengan beberapa nama diganti seperti 'TUHAN' dengan YAHWE, Allah dengan Eloim, Yesus dengan Yesua, dan beberapa nama lain seperti Musa dengan Mose, Daud dengan Dawid, Yohanes dengan Yokhanan, dsb.

Karena siar agama mereka yang berani dan sering menggunakan ayat-ayat Al-Quran yang menurut penafsiran sebuah forum ulama dinilai keliru, dua tokohnya sempat dijatuhi Fatwa Mati oleh kalangan tertentu sehingga keduanya menghindar ke mancanegara. Fatwa Mati jelas melanggar hukum negara Indonesia yang berazaskah Pancasila dan Bhineka Tunggal Eka itu, namun situasi ini mencerminkan bahwa telah ada benih yang tumbuh dari semangat kembali ke akar yudaik yang berpotensi mengganggu kerukunan beragama di Indonesia.

Pada tahun 2002, kelompok lainnya menerbitkan Kitab Suci Umat Perjanjian Tuhan (KS-UPT), yang sama dengan KS-TDI menggunakan terjemahan LAI sebagai dasar dan mengganti nama 'TUHAN' dengan YAHWEH, dan 'Allah' dengan Tuhan. Yang menarik, KS-UPT berbeda dalam menyebut YHWH, dimana KS-TDI menyebut YAHWE dan KS-UPT menyebut YAHWEH. KS-UPT juga tetap menggunakan nama Yesus dan mengganti nama Allah bukan dengan Eloim tetapi dengan terjemahan 'Tuhan.'

KS-UPT menyebutkan dalam Prakatanya bahwa mereka menyalahkan: (1) Yudaisme orthodok, karena mengganti nama YHWH dengan Adonai; (2) Septuaginta, karena menerjemah-kan nama 'Yahweh' ke bahasa Yunani Kurios; dan (3) Perjanjian Baru Yunani, yang mengikuti jejak Septuaginta.

Tahun-tahun berikutnya, berkembang generasi baru kelompok yang berbeda yang dipimpin pendeta-pendeta muda yang beberapa diantaranya bergelar teologia. Beberapa pendeta berhenti dari gerejanya semula karena mengajarkan 'Nama Yahweh' dan kemudian mendirikan jemaat sendiri-sendiri.

Semangat menolak 'nama Allah' yang digunakan kalangan Kristen juga datang dari kalangan tertentu dalam Islam. Pada tahun 2004 keluar teguran yang ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Alkitab Indonesia, dan yang kedua ditujukan Dirjen Bimas Kristen Protestan Depag RI dan Lembaga Alkitab Indonesia.

Isi surat kedua itu pada prinsipnya menegur umat Kristen berdasarkan pertimbangan:
1. Bahwa Allah adalah nama sesembahan umat muslim;
2. Agar menarik semua Alkitab dan buku rohani yang menggunakan nama Allah;
3. Agar menegur dengan keras Gereja-Gereja yang masih memakai nama Allah;
4. Agar memberikan peringatan keras kepada para pendeta, pendeta muda, pendeta pembantu dan para Evangelis untuk tidak menggunakan kata Allah dalam menyampaikan Firman, Seminar dll.

Karena para tokoh agama Islam sendiri menyadari bahwa nama Allah sudah digunakan oleh orang Kristen Arab sebelum hadirnya agama Islam bahkan dalam Al-Qur'an juga disebut (QS. 22:40), maka surat edaran demikian tidak berdampak apa-apa.

Berbeda dengan KS-TDI dan KS-UPT yang menggunakan terjemahan LAI sebagai dasar, pada tahun 2007 terbit Kitab Suci Indonesian Literal Translation (KS-ILT) yang diakui diterjemahkan langsung dari naskah bahasa Inggris 'The Interlinear Bible' karya J.P. Green (USA) yang berdasar sumber naskah asli Kitab Suci. Sekalipun lebih baik motivasinya dari kedua pendahulunya, KS-ILT masih memperlihatkan adanya bayang-bayang Terjemahan Baru Lembaga Alkitab Indonesia (TB-LAI).

Yang paling akhir dari perkembangan ini adalah adanya penganut gerakan nama suci yang pada akhir 2007 memeja-hijaukan Lembaga Alkitab Indonesia ke Pengadilan Negeri dengan tuduhan LAI telah mengubah nama YHWH menjadi Allah dan menuntut agar: "Bimas Kristen dan LAI segera menarik semua Alkitab dan buku rohani yang memakai nama Allah. Kedua lembaga ini juga diminta untuk memberikan peringatan keras kepada para pendeta untuk tidak lagi menggunakan nama Allah dalam kotbahnya."

Adanya beberapa pengikut gerakan ini yang vokal seperti yang diperlihatkan oleh yang dikenai fatwa mati dan yang memeja-hijaukan LAI, dan adanya pengikut yang secara vokal menyalahkan orang-orang yang tidak setuju dengan mereka, membuat banyak pembicara kristen yang semula terbuka untuk berdiskusi dengan pengikut Gerakan Nama Suci kemudian enggan meneruskan karena diskusi demikian tidak akan menghasilkan jalan keluar kearah pemecahan.

Dibalik itu di kalangan mayoritas tenang gerakan ini (silent majority), dalam beberapa tahun terakhir ini telah tumbuh banyak jemaat Gerakan Nama Suci dengan berbagai nama, namun situasi antar jemaat-jemaat itu dapat dilihat dari kesimpulan salah satu sumber dari dalam Gerakan Nama Suci itu sendiri, yaitu:

"Akhir-akhir ini rasa frustasi mengghinggapi komunitas Qahal Mesianik di Indonesia. Frustasi terhadap apa? Frustasi terhadap kondisi komunitas ini yang semakin tidak jelas arah dan tujuan pergerakannya. Beberapa orang mulai mengeluh mengenai perselisihan diantara pemimpin, beberapa orang lainnya mengeluh tidak siap melihat perubahan demi perubahan dan pembenahan demi pembenahan. Sebagian yang lain mulai tidak nyaman dengan berbagai pengajaran tentang "tefilah" [doa harian], "ibadah shabat", "pembaruan tata ibadah". Sementara yang lain hanya berpuas diri dengan penggunaan nama Yahweh namun pemahaman teologis maupun tata cara ibadah masih mencerminkan denominasi yang lama [pentakostal, kharismatik, protestan dll]" (Buletin Nafiri Yahshua Ministry, No.32, Februari 2007, hlm.4)

Kesimpulan itu bisa juga dibandingkan dengan kenyataan bahwa di Indonesia, dalam 7 tahun terakhir saja sudah 3 versi Kitab Suci diterbitkan kalangan Gerakan Nama Suci dan ketiganya tidak seragam, dan rupanya para penyusunnya bekerja sendiri-sendiri dan tampaknya tidak adanya koordinasi yang satu dengan yang lainnya.

Dari kesimpulan di atas, dan melihat perkembangannya yang selama tiga perempat abad di Amerika Serikat, terlihat bahwa perkembangan masing-masing kelompok Gerakan Nama Suci di Indonesia itu bermacam-macam, ada yang baru mengalami Eforia pemulihan nama Yahweh tetapi dalam hal iman percaya tidak beda dengan pengikut aliran Kristen lainnya, ada yang sudah melangkah lebih jauh dengan mengganti nama Yesus dengan Yahshua atau Yehshua, namun ada juga yang sudah menggunakan ibadat hari-hari raya Yahudi menggantikan hari-hari raya Kristen, dan ada yang sudah lebih lanjut tidak lagi merayakan Paskah Kebangkitan Yesus dari antara orang mati sebagai kenangan penebusan dosa umat, dan menggantikannya dengan perayaan Pesakh yang mengenang keluarnya Israel dari tanah Mesir.

Ketidak-seragaman ini, seperti yang diperlihatkan 3 versi Kitab Suci gerakan ini, kelihatannya timbul diakibatkan kelompok-kelompok berbeda dihasilkan dan dipengaruhi oleh pelayanan misi yang berbeda-beda pula.

Tidak berbeda jauh dengan Hebraic Roots Movement dan Sacred Name Movement di Amerika Serikat, perkembangan Gerakan Nama Suci di Indonesia dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Menjalankan misi Hebraic Roots Movement untuk kembali keakar Yudaik dengan menjalankan ritual dan adat-istiadat Yahudi;
2. Terpengaruh Sacred Name Movement, yaitu menekankan perlunya dipulihkan nama 'YHWH'. Ada juga yang menekankan kembali nama Elohim dan Yahshua;
3. Khususnya di Indonesia ada usaha Gerakan Nama Suci untuk menolak penggunaan terjemahan 'Allah' dalam Alkitab terbitan LAI yang dianggap oleh mereka sebagai nama berhala.

Yang menarik untuk diketahui, dalam hubungan dengan butir ketiga, adalah bahwa sejak sebelum kehadiran agama Islam, umat Kristen di Siria-Aram menyebut El/Elohim/Eloah dengan 'Elah/Elaha' dan di Arab menyebutnya 'Allah/al-Ilah.' Saat ini ada 29 juta umat Kristen berbahasa Arab dan semuanya menyebut 'El/Elohim/Eloah' dengan nama 'Allah.' Baik umat Yahudi, Kristen maupun Islam yang berbahasa Arab, dari dahulu sampai sekarang, semuanya menyebut nama 'Allah' untuk menyebut Tuhan Pencipta Langit dan Bumi yang dipercayai oleh Abraham. Dalam Al-Qur'an sendiri kita juga melihat bahwa penyebutan nama Allah sudah bersama-sama diucapkan di Gereja, Sinagoge, dan Mesjid pada masa awal berdirinya Islam, itu berarti penggunaannya di kalangan Yahudi dan Kristen yang sudah ada lebih dahulu, tentunya sudah jauh lebih lama lagi:

"(Yaitu) orang-orang yang diusir dari negerinya, tanpa kebenaran, melainkan karena mereka mengatakan: Tuhan kami Allah. Jikalau tiadalah pertahanan Allah terhadap manusia, sebagian mereka terhadap yang lain, niscaya robohlah gereja-gereja pendeta dan gereja-gereja Nasrani dan gereja-gereja Yahudi dan mesjid-mesjid, di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah menolong orang yang menolong (agama)Nya. Sungguh Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa." (Q.S. 22:40, Mahmud Yunus, Tafsir Quran Karim)

Sejak Alkitab berbahasa Arab ditulis pertama kalinya pada abad V, 'El/Elohim/Eloah' sudah diterjemahkan dengan nama 'Allah.' Saat ini ada empat versi Alkitab berbahasa Arab dimana 'El/Elohim/Eloah' diterjemahkan 'Allah,' termasuk 'Arabic-Bible' yang secara resmi digunakan Lembaga Alkitab Arab dan 'Todays Arabic Version.' Menarik untuk diketahui bahwa bila dalam Alkitab berbahasa Arab nama 'El/Elohim/Eloah/Theos' diterjemahkan menjadi 'Allah,' maka terjemahan Al-Qur'an ke dalam bahasa Ibrani justru menerjemahkan nama 'Allah' menjadi 'Elohim.' (Al-Qur'an Tigrem Avrit, Devir Publishing House, Tel Aviv, Israel, 1945).

Mengenai nama 'Yahweh' (butir 2) juga perlu diketahui, bahwa arus utama Yudaisme yaitu 'Yudaisme Orthodoks' karena merasa nama YHWH terlalu suci diucapkan mereka kemudian menyebutnya dengan nama 'Adonai' atau 'Ha-Syem' (Nama Itu). Dalam Alkitab dalam bahasa Arab, nama 'Yahweh' diterjemahkan dengan nama 'Ar-Rabb.'

Amin.

Casillas Menuju 500
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Reuters

Madrid - Penjaga gawang Real Madrid Iker Casillas siap menorehkan milestone di buku sejarah Los Blancos. Bila diturunkan akhir pekan ini, maka San Iker akan mencatatkan penampilannya yang ke-500.

Seperti dikutip dari situs resmi Madrid, Casillas tinggal butuh satu partai lagi guna mencatatkan caps ke-500-nya bersama Madrid.

Sejak menjalani debutnya di musim 1999/2000, Casillas sudah tampil 368 kali di La Liga, 16 kai di Copa del Rey, 101 di Liga Champions, tujuh di Piala Super Spanyol, dua di Piala Super Eropa, dua di piala interkontinental/Piala Toyota, dan tiga di kejuaraan dunia antarklub.

Empat gelar La Liga, dua Liga Champions, tiga Piala Super Spanyol, satu Super Eropa, satu piala interkontinental, dan dua penghargaan kiper terbaik dunia adalah pencapaiannya. Semua itu diraih San Iker ketika usianya baru 28 tahun.

"Saya praktis masih ingat setiap laga dan hasil akhirnya. Menurut saya, selama menjaga gawang Madrid saya membuat sedikit kesalahan," ujar Casillas.

Apa hal-hal yang membekas di dalam benak San Iker selama satu dekade menjaga gawang Los Merengues? "Tembakan Adriano yang ketika itu memperkuat Inter Milan adalah yang terkeras yang pernah saya hadapi. Ketika itu di laga Trofi Santiago Bernabeu."

"Sementara penyelamatan terbaik saya adalah ketika saya menggagalkan serangan Racing Santander. Ketika itu kami menang berkat gol Zidane," ujarnya.

Casillas mengatakan kini dia merasa sudah beranjak tua. Ia menjelaskan berat badannya beratmbah hampir sepuluh kilogram, dari 77 kg kini menjadi 86 kg. Kiper nasional Spanyol itu mengatakan dirinya bersyukur karena saat beranjak tua, dia bisa bekerja lebih santai.

"(Pekerjaan) Saya kini lebih rileks. Saya memang ingin menjalani peran lebih di setiap peratndingan, namun tim bermain sangat baik. Jadi saya hanya sedikit bekerja. Semua ingin berpartisipasi. Ketika sepak pojok, semua membantu saya untuk menghalau bola," pungkas Casillas.

Stadion Chapin, markas Xerez bisa menjadi gelanggang di mana kiper kelahiran 20 Mei 1981 itu menorehkan sejarah. Bila pelatih Manuel Pellegrini menurunkannya dalam laga yang digelar Sabtu (13/2/2010) malam waktu setempat, maka angka penampilan Casillas akan menjadi 500.

Memang, bila angka 500 dicapai, Casillas belum akan masuk sepuluh besar daftar penampil terbanyak bagi El Real. Masih ada dua nama pemain aktif yang harus "ditaklukannya" yakni Guti (520) dan Raul Gonzalez (726).

Tapi apa pun itu, penampilan Casillas tetaplah sesuatu yang layak mendapatkan apresiasi.
( nar / nar )

The dollar fell against the euro, ending two days of gains, on speculation the Federal Reserve will hold interest rates near zero to support economic growth.

The greenback weakened versus 13 of 16 major counterparts on prospects Fed Chairman Ben S. Bernanke will tell Congress in testimony starting today that last week’s increase in the discount rate isn’t a prelude to higher benchmark borrowing costs. South Korea’s won dropped after a report showed the nation’s consumer confidence fell.

“The Fed’s action last week won’t lead to immediate rate increases,” said Tetsuya Inoue, chief researcher in Tokyo for financial markets and technology studies at Nomura Research Institute. “The employment situation limits the possibility for rate hikes” and that saps demand for the dollar.

The dollar weakened to $1.3545 per euro as of 12:32 p.m. in Tokyo from $1.3507 in New York yesterday, when the U.S. currency jumped 0.7 percent. The yen fell to 122.21 per euro from 121.86. The greenback was at 90.23 yen from 90.22 yesterday, when it reached 89.92 yen, the lowest since Feb. 16.

The New Zealand dollar rose 0.4 percent to 69.49 U.S. cents. The won declined 0.5 percent to 1,154.45 per dollar.

Bernanke is set to deliver his semiannual report on the economy today and tomorrow a week after the Fed decided to raise the discount rate charged to banks for direct loans.

Federal Reserve

The Fed said Feb. 18 it was increasing the rate to 0.75 percent from 0.5 percent to encourage financial institutions to rely less on the central bank for short-term borrowing. It also reiterated that economic conditions are likely to warrant “exceptionally low” benchmark rates “for an extended period.”

Fed Bank of St. Louis President James Bullard said in Richmond, Virginia that the central bank may hold off on raising interest rates through 2010.

Interest-rate futures on the Chicago Board of Trade yesterday showed a 56 percent chance U.S. policy makers would raise the target lending rate by at least a quarter-percentage point to 0.5 percent by November. That was down from 58.8 percent a day ago.

The South Korean won weakened for a second day after the central bank said its consumer sentiment index fell to 111 in February, the first drop in four months. A figure exceeding 100 indicates optimists outnumber pessimists.

The yen fell against 13 of its 16 major counterparts on speculation Japanese investors will buy overseas assets as finance companies seek to raise 2.1 trillion yen ($23.3 billion) for so-called toshin mutual funds focused on higher-yielding securities today, according to data compiled by Bloomberg.

Mutual Funds

“A lot of toshin aimed at emerging market investments are slated to be set up today,” said Akane Vallery Uchida, a currency strategist at Royal Bank of Scotland Group Plc in Tokyo. “This may lead to some selling of the yen against currencies like the Australian dollar, the South African rand and the Brazilian real.”

The benchmark interest rate of 0.1 percent in Japan compares with 3.75 percent in Australia, 7 percent in South Africa and 8.75 percent in Brazil, attracting investors to those nations’ higher-yielding assets. The risk in such trades is that currency market moves will erase profits.

--


--

» Trade dengan perusahaan pialang legal yang teregulasi pemerintah dibawah CFTC / NFA, dan FSA UK secara penuh.
» Terdaftar sebagai anggota NFA di kategori Futures Commission Merchant (FCM) dan bukan yang lainnya.
» Forex dengan Spread rendah mulai 1 pips (dan dimulai dari 0.7 point untuk account Pro diatas $10,000). Spread fluktuatif.
» Spread mengikuti harga fluktuatif di market (Fractional) yang TANPA manipulasi dan tanpa cheating
» Tersedia Lot Regular, Mini dan Micro Forex (Volume Lot bisa dimulai dari 0.01 dan 2 angka dibelakang koma - fleksibel lot)
» Lebih Hemat Margin dengan adanya Lot yang fleksibel
» Tersedia 5 desimal harga (4 digit) untuk account normal dan 6 desimal harga (5 digit) untuk account pro
» Tersedia leverage 1:100 dan 1:200 untuk menjaga margin anda.
» Margin Level 100% untuk menghindari Balance yang Negatif dan Menjaga Margin anda
» Modal awal $250 (modal awal disesuaikan untuk trading secara baik dengan lot 0.01, dan bukan menyesatkan)
» Trading Forex dengan tanpa komisi (perusahaan berkeuntungan dari selisih spread saja)
» Eksekusi Order yang Cepat
» Bukan broker berjenis Stop Loss hunting (posisi profit yang susah diclose, tetapi jika loss mudah)
» Tidak ada requote untuk market normal
» Server Trading Stabil dan Tidak Sering Putus (untuk kondisi Server di LIVE Account saja)
» Kami tidak melawan trading anda, kami mempertemukan penjual dan pembeli di antara para user dan liquiditor
» Perusahaan Gain Capital mengambil keuntungan dari selisih harga Jual dan Beli
» Tanpa Extra Margin ketika Posisi Hedging (Zero Margin)
» Memperbolehkan segala macam gaya trading termasuk Scalping, Hedging, Martingale, Carry Trade, dan sebagainya
» Tidak ada account terblokir/tersuspend akibat jumlah order dan transaksi yang dibatasi
» Menggunakan platform Metatrader (MT4)
» Tersedia fasilitas real time news di dalam platform MT4
» Bisa menggunakan Forex Robot / EA (Expert Advisor) tanpa larangan teknik trading
» Kompatibel dengan Tools Robot GainScope
» Bisa digunakan di PDA untuk Mobile Trading
» Tanpa Manipulasi
» TIDAK menggunakan E-Currency offshore seperti E-Gold, E-Bullion, LR dan sejenisnya untuk keamanannya
» Pencegahan pencurian uang, karena tidak diperbolehkan transfer dengan pihak ke 3
» Semua transfer dana adalah atas nama perusahaan langsung, dan bukan perorangan/pihak ke 3.
» Kredibilitas tinggi sebagai salah satu perusahaan Forex retail terbesar.
» Meraih lebih dari 20 penghargaan bergengsi sejak tahun 2001 (Forbes, Inc 500, Deloitte, Global Finance, dan lain-lain)
» Bebas Krisis
» Berpusat di negara Amerika Serikat yang masuk dalam daftar white list OECD

Mengenai Broker Curang ?

Biasanya suatu ciri perusahaan forex yang beresiko untuk scam dan cheating (curang) ditandai dengan :

* Seringnya requote pada eksekusi order anda, meski di saat pasar sedang tidak terjadi hectic.
* Server yang sering freeze/down.
* Pembatasan suatu teknik trading
* Sering menjemput Stop Loss anda (Stop Loss Hunter), sedangkan jika liquidasi Profit akan susah sekali atau diperlambat.
* Manipulasi harga, ataupun pengaturan nilai deposit yang tidak sesuai standard. Seolah-olah seperti dibesarkan nilai nominalnya dengan tujuan mengangkat nilai liquiditas perusahaan tersebut di laporan keuangannya.
* Diperbolehkannya transfer dengan pihak ke 3 (berbeda nama). Hal ini beresiko terjadi pencurian uang atau hacker, serta bisa disebut dengan Money Laundry dan tergolong Ilegal.
* Bisa menggunakan transfer dengan media e-currency yang berjenis offshore seperti jenis e-gold, Liberty Reserve (LR) dan sejenisnya, yang verifikasinya seringkali sangat mudah (instan) dan bisa berbeda nama. Karena tidak ada regulasi yang benar yang berfungsi mengatur dan mengawasi. Hal ini juga sangat berbahaya dan beresiko sekali, mengingat e-currency jenis tersebut sering digunakan untuk media pencucian uang (money laundry) serta tidak ada jaminan keamanan dana. E-currency seperti itu juga beresiko untuk dibobol hacker/pencurian uang.
* Pengiriman uang (deposit/penarikan) yang bisa melalui perantara pihak perorangan/pribadi, dan bukan atas nama perusahaan pialang yang bersangkutan secara langsung. Hal ini berbahaya dan tidak benar.
* Terletak/beralamat di negara-negara kecil/terpencil yang tidak jelas ataupun yang berjenis negara offshore (tax heaven). Yang seringkali alamat dari negara-negara tersebut biasanya digunakan sebagai alamat dari perusahaan judi dan perusahaan investasi penipuan.
* Web tidak memiliki Top Domain DOT com (.com). Tidak ada perusahaan komersial yang benar yang tidak memiliki top domain .COM sebagai induk perusahaannya. Waspada bila web perusahaan pialang/broker tersebut berdomain .NET, .ORG, .BIZ, dan sejenisnya. Tidak ada google.net, microsoft.org, ataupun yahoo.org sebagai induk webnya.
* Memiliki nama web yang tidak lazim dan terkesan seperti dipaksakan. Contoh: 4x (yang seolah-olah diartikan seperti Four Ex = Forex). Dan sejenisnya. Hal ini menandakan suatu perusahaan komersil yang tidak profesional.
* Lebih waspada dengan perusahaan yang masih baru atau yang berumur kurang dari 5 tahun.
* Tidak memiliki ijin sebagai perusahaan pialang yang benar seperti teregulasi di salah satu berikut:
- NFA/CFTC (US)
- Financial Services Authority - FSA UK (Inggris)
- MiFID/FSA (Uni Eropa)
- ARIF/Polyreg (Swiss)
- Bappebti/Bapepam (Indonesia)
- IDA/BCAC/OSC/CSA/MFDA/Investment Industry Regulatory Organization of Canada - IIROC (Canada)
- SC (Malaysia)
- FFMS (Rusia)
- ASIC (Australia)
- Financial Services Agency/Japan Securities Dealers Assiciation/SESC (Jepang)
- Monetary Authority of Singapore - MAS (Singapore)
- DGCX/DMCC/DFSA (UAE/Dubai)
- Securities and Futures Commission - SFC (Hongkong)
- CSRC (China)
- SEBI (India)

Hati-hati bila suatu perusahaan tidak teregulasi di salah satu perijinan pialang (regulatory) tersebut, karena bila tidak teregulasi benar dan jelas di suatu negara yang benar (bukan terletak di negara offshore) maka segala aktifitas dari perusahaan tersebut tidak ada yang mengawasi dan sangat tidak aman. BEDAKAN PULA antara ijin pendirian perusahaan saja, dukungan anti money laundry dan ijin sebagai perusahaan pialang. Perusahaan sekuritas/forex yang benar HARUS berijin sebagai perusahaan pialang di badan regulasi seperti diatas. (Hati-hati dengan Regulasi Palsu! atau yang hanya berkedok seperti seolah-olah teregulasi, padahal tidak. Anda harus benar-benar memeriksanya di badan regulasi diatas untuk memastikannya, dan juga jenis kategorinya) Untuk negara-negara diluar itu biasanya tergabung di dalam salah satu afiliasi regulasi diatas, ataupun belum terdapat suatu badan regulatory yang memadai ataupun tidak jelas, dan disarankan sebaiknya dihindari bila diluar badan regulasi utama di atas, karena untuk faktor keamanan dan resikonya, Terutama untuk anda yang ingin serius bertrading forex secara aman dan terjamin.

Beberapa perusahaan forex online yang telah menghilang/membawa lari uang nasabah, tidak bisa melakukan penarikan, ataupun terbukti berbuat curang seperti menghilangkan transaksi yang profit, dan sejenisnya (*Berdasarkan bukti sumber yang diterima di teguran badan regulatory, investigasi kepolisian internasional, dan laporan kasus dari para klien/korban): CrownForex, FIGfx, MoneyForex, GCI, ForexGen, EMPfx, Forex-Swiss (FXCH), FXTechTrading, StartForex, AC Trading (ACTC FX), dan masih banyak lagi), Bahkan beberapa di antara mereka ada yang masih beroperasi dan berbahaya sekali bila terjebak menjadi klien mereka. Kebanyakan dari perusahaan forex yang bermasalah tersebut adalah terletak di tempat yang tidak jelas/terpencil (offshore brokers) dan tidak teregulasi sebagai perusahaan pialang sebagaimana mestinya (Tidak teregulasi NFA ataupun FSA di kategori Futures Commission Merchant (FCM)).

Perusahaan Scam bukan hanya berarti melarikan dana nasabah dan menghilang, tetapi Scam juga bisa berarti merugikan nasabahnya dengan kegiatan yang curang, serta tidak terdaftar pula di suatu badan regulatory yang benar yang bisa bertindak sebagai penengah dan pengawasnya (tergolong seperti Illegal Gambling). Dan untuk menghindari hal semacam itu maka pastikan perusahaan forex yang ingin anda ikuti tidak termasuk di dalam kategori seperti diatas. Lebih baik memiliki regulasi daripada yang tidak (hati-hati pula dengan regulasi palsu). Dan lebih baik mengikuti di negara yang besar dan sudah bagus daripada di negara yang kecil/tidak jelas dan berbahaya (negara offshore).

Bila suatu perusahaan Forex yang benar, maka hal-hal seperti diatas tersebut sangat jarang anda temukan, karena perusahaan forex yang benar lebih mengutamakan KEAMANAN dan KUALITAS, daripada sekedar memberikan fasilitas yang terlihat fantastis, kadang tidak masuk akal (tidak sesuai market) dan penuh bonus, padahal juga penuh dengan jebakan kepada konsumen. Waspadalah bila anda menemukan tawaran yang terlihat fantastis, periksa dahulu profil mereka dan kelengkapan regulasinya, apakah teregulasi di negara yang benar (bukan terletak di negara kecil yang tidak jelas/negara offshore), atau hanya berijin akta pendirian perusahaan saja (tidak berijin sebagai perusahaan pialang/sekuritas resmi sebagaimana mestinya di suatu negara yang besar dan benar), ataukah yang hanya sekedar outsourcing dan alamat sejenis PO BOX saja. Sudah banyak terjadi pelarian dana nasabah, penipuan, scam, dan prilaku curang di broker-broker yang berciri seperti itu, Waspadalah! Karena bertrading forex juga menyangkut keamanan dari uang anda. Anda boleh untuk mengkonsultasikan kepada kami terlebih dahulu perihal perusahaan pialang/broker anda tersebut.

Kantor GAIN Capital - Forex.com PUSAT beralamat di:





GAIN Capital Corporate Headquarters:




http://www.ecnpro.com/awards.php

1 komentar: