Senin, 19 April 2010

berita seruuuu

Dosa Goldman Sachs Diungkap Komisi Perdagangan dan Sekuritas AS (SEC)
Senin, 19 April 2010 14:10 WIB

(Vibiznews – Business) – Tuntutan hukum terhadap aksi fraud yang dilakukan oleh perusahaan investasi Glodman Sachs telah mengakibatkan bursa saham Asia rontok bersama keyakinan para investor. Pemerintah AS telah memutus bersalah perusahaan ini setelah terbuktinya gugatan perdata yang dilayangkan oleh Komisi Perdagangan dan Sekuritas AS (SEC). SEC menyatakan bahwa Goldman Sachs telah menipu investor dengan "memanipulasi angka dan mengabaikan fakta-fakta kunci" tentang produk keuangan berdasarkan efek subprime mortgage (kredit perumahan berisiko tinggi) yang dikeluarkannya. (19/04)

Awal Mula Bencana
Kasus ini berawal dari produk ABACUS 2007-ACI keluaran Goldman. Produk ini masuk kategori Collateralized Debt Obligation (CDO). CDO adalah sejenis surat utang turunan atau derivatif yang menggunakan kumpulan surat utang lain sebagai jaminan.

Kumpulan surat utang yang digunakan sebagai jaminan itu juga berjaminan tagihan surat utang atau kredit lain. Lazimnya, tagihan yang menjadi awal rangkaian jamin-menjaminkan ini adalah tagihan kredit perumahan berisiko tinggi atau suprime mortgage. Dengan kata lain investasi yang mereka jual adalah investasi yang secara rahasia telah diketahui akan mengalami kerugian.

Penipuan Goldman bermula ketika di bulan Februari 2007, Fabrice Tourre, salah satu Vice President Goldman Sachs, memiliki ide menerbitkan CDO yang menggunakan asset-aset kredit berbau kredit suprime sebagai asset dasarnya (underlying asset).

Masalahnya, dalam proses pembuatan CDO tersebut, Tourre melibatkan perusahaan pengelola dana (hedge fund) Paulson & Co untuk membantu memilih aset-aset yang akan menjadi portofolio CDO itu. Padahal, Tourre mengetahui bahwa Paulson justru memiliki posisi yang berlawanan dengan CDO itu.

Paulson memprediksi harga aset berbasis aset suprime akan jatuh. Karenanya, ia bertaruh dengan memasang posisi short (jual) di CDO tersebut. Sederhananya, Paulson melawan produk buatannya sendiri. SEC memperkirakan dari aksi ini, Paulson meraup untung 1 miliar dolar. Sebesar ini pula perkiraan kerugian investor lain.

Pada saat ABACUS mengalami penurunan nilai, Goldman Sachs dan hedge fund lain yang membantu penjaminan instrumen investasi ini memperoleh keuntungan dengan posisi negative yang telah mereka miliki sebelumnya. Akan tetapi klien Goldman yang membeli ABACUS yang dilaporkan mencapai nilai 10.9 miliar dolar mengalami kerugian miliaran dolar.

Namun, kesalahan Goldman bukan hanya itu. Ketika memasarkan, menurut SEC, mereka tidak menyampaikan informasi vital tentang ABACUS, termasuk tentang keterlibatan Paulson. Dalam materi pemasarannya, Goldman justru menyebut ACA Management LLC sebagai perusahaan yang memilih portofolio ABACUS. Kondisi ini membuat kesalahan Goldman Sachs menjadi lebih besar karena dikategorikan menipu dan membohongi investornya sendiri.

Kasus Goldman Rontokkan Bursa Saham Global
Dalam pernyataan resminya Goldman Sachs menyangkal semua tuduhan yang dilancarkan SEC tersebut. Perusahaan ini menyatakan bahwa tuduhan tersebut “tidak berdasar” dan bersumpah akan melakukan pembelaan.

Kasus yang menimpa perusahaan investasi yang selama ini dianggap paling mumpuni di dunia telah mengakibatkan anjloknya bursa saham di seluruh dunia. Bursa Asia hari ini membukukan penurunan tajam. Indeks Nikkei di bursa Jepang kehilangan 1.74% nilai pasar seiring maraknya aksi jual yang dilakukan oleh para investor. Sementara itu indeks utama di bursa Hong Kong, hang seng, terpantau telah membukukan penurunan sebesar 2.4%.

Anjloknya bursa-bursa saham di Asia ini menyusul aksi jual parah yang dialami oleh bursa saham Wall Street pada penutupan perdagangan akhir minggu lalu. Dow Jones mendekati level psikologis 11000 poin dengan membukukan penurunan sebesar 1.2%. Sementara itu indeks S&P 500 mengalami penurunan sebesar 1.6%.

Bursa komoditas berjangka global turut terhantam oleh kemelut yang dihadapi perusahaan investasi ini. Seperti yang dimaklumi bersama Goldman memiliki posisi yang besar pada investasi di sektor komoditas, sehingga kekacauan yang melibatkan perusahaan ini menimbulkan kepanikan di sektor komoditas tersebut.



-
Tekanan Melepas Pegging Yuan Makin Nyata Setelah GDP China Q1 Bertumbuh 11.7%
Kamis, 15 April 2010 19:00 WIB


(Vibiznews – Business) – China merupakan negara yang saat ini menjadi motor dari proses pemulihan ekonomi global. Seiring dengan program stimulus senilai 4 triliun yuan yang diberikan oleh pemerintah China ekonomi negara ini telah kembali membukukan pertumbuhan yang massif. Kondisi ini menjadi pemicu pemulihan ekonomi di berbagai negara lain di dunia karena permintaan ekspor dari negara-negara lain turut bertumbuh. (15/04)

Pertumbuhan ekonomi China mengalami kenaikan tajam dan mencapai level tertinggi dalam nyaris tiga tahun belakangan pada kuartal pertama tahun 2010 ini. Melesatnya pertumbuhan ekonomi di negara ini meningkatkan tekanan terhadap PM Wen Jiabao agar melepaskan peg mata uang yuan terhadap dolar AS.

Pertumbuhan ekonomi di China pada kuartal pertama 2010 mencapai angka 11.9% dibandingkan tahun lalu. Kenaikan ini melampaui estimasi para analis yang hanya mengharapkan terjadi kenaikan sebesar 11.7% pada ekonomi China di kuartal pertama lalu.

Masifnya pertumbuhan ekonomi di Negeri Tirai Bambu ini merupakan imbas dari kenaikan harga property. Harga property di China mengalami kenaikan tertinggi sepanjang sejarah pada bulan Maret lalu. Sementara itu dukungan dari kenaikan cadangan devisa di negara ini juga menjadi faktor penting yang menyebabkan kondisi ekonomi yang luar biasa. Di bulan Maret lalu cadangan devisa di China mengalami kenaikan terbesar dalam empat bulan belakangan.

Sementara itu pada laporan terpisah terungkap bahwa inflasi di tingkat konsumen dan produsen justru mengalami peningkatan yang lebih kecil dari estimasi. Inflasi konsumen hanya sebesar 2.4%, turun dari bulan Februari yang sebesar 2.7% dengan estimasi sebelumnya di level 2.6%.

Inflasi pada tingkat produsen juga tampak mengalami peningkatan yang tidak sebesar estimasi. Di bulan Maret inflasi produsen hanya sebesar 5.9%, lebih kecil dibandingkan estimasi sebelumnya yang berada di posisi 6.4%.

Sementara itu data lain yang berupa produksi di sektor industri tampak mengalami kenaikan sebesar 18.1% pada bulan Maret lalu. Penjualan eceran mengalami peningkatan sebesar 18%. Penjualan eceran yang solid ini didukung oleh maraknya penjualan mobil yang mengalami kenaikan sebesar 76% pada kuartal pertama tahun ini.



AS Makin Gerah dengan Aksi Pegging Yuan China
Bukan menjadi rahasia umum bahwa ketegangan mengenai perdagangan atnara China dan AS telah mengakibatkan kedua negara ini saling berseteru di WTO. AS memprotes kebijakan pegging nilai tukar yuan yang dilakukan oleh China sehingga barang-barang ekspor dari China menjadi relative lebih murah dan makin diminati. Kondisi ini telah mengakibatkan defisit perdagangan yang cukup besar antara AS dan China.

Seharusnya pertumbuhan ekonomi China yang menunjukkan kondisi solid ini membuka kesempatan untuk China menghentikan aksi pegging yuan. China telah berkali-kali dihimbau agar mau melepaskan nilau tukar yuan ke dalam mekanisme pasar. AS bahkan telah menjuluki pemerintah China sebagai manipulator mata uangnya.

Pemerintah China diharapkan secara berkala akan mulai mengikuti langkah negara-negara Asia lain dengan melepaskan proses penetapan nilai tukar kepada mekanisme pasar. Sebelumnya Malaysia telah melepaskan pegging ringgit terhadap dolar. Singapura juga melakukan langkah yang serupa menyusul rilis data pertumbuhan ekonomi yang solid dar kedua negara tersebut.

Waspadai Bubble di China
Pertumbuhan ekonomi yang berjalan dengan luar biasa di China bukan hanya mendatangkan berkah, akan tetapi juga disertai oleh kekhawatiran. Menurut beberapa analis prospek terjadinya bubble property di China semakin terasa. Saat ini kebijakan bank sentral dan pemerintah untuk melakukan kontrak moneter merupakan salah satu cara yang dipandang paling tepat untuk mengatasi pecahnya bubble tersebut.

Untuk saat ini sendiri belum ada arahan yang jelas apakah dengan pertumbuhan ekonomi yang mencapai angka 11.7% tersebut bank sentral China akan meningkatkan suku bunga acuannya. Terakhir kali pertumbuhan ekonomi mencapai di ats 11% adalah pada kuartal pertama tahun 2006, dan bank sentral merespon dengan segera meningkatkan suku bunga acuan.
.

--

GDP Singapura Q1 Meningkat Signifikan; Terbesar Sejak 1975
Rabu, 14 April 2010 14:00 WIB

(Vibiznews - Business) - Pada hari ini (14/4) pemerintah Singapura melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi negaranya pada kuartal pertama tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Melelui Kementrian Perdagangan dan Industri Singapura, tingkat pertumbuhan ekonomi kuartal pertama dilaporkan mengalami kenaikan sebesar 13,1%. Kenaikan tersebut bukan hanya memberikan sebuha kejutan bagi banyak pihak termasuk pasar, tapi juga telah menimbulkan sebuah perspektif positif bahwa perekonomian Singapura telah jauh mengalami pemulihan sejak terhantam krisis ekonomi global di awal tahun lalu.

Kenaikan pertumbuhan ekonomi sebesar 13,1% (y/y) pada kuartal pertama berhasil mengalahkan prediksi yang sebelumnya memperkirakan bahwa GDP Singapura untuk kuartal pertama hanya akan naik ke posisi 7-9% saja. Hal tersebut didasari oleh imbas pergerakan ekonomi kawasan yang masih berjalan dengan lamban dan masih mengalami ketergantungan dengan kondisi ekonomi global yang pada kuartal pertama lalu dihadapkan oleh adanya tekanan seperti krisis ekonomi di Yunani dan spekulasi perlambatan perekonomiann China. Padahal pada kuartal keempat tahun lalu pertumbuhan ekonomi Singapura sempat mengalami penurunan sebesar 2,8%.

Selain itu, Otoritas Moneter Singapura juga menyatakan bahwa naiknya pertumbuhan ekonomi kuartal lalu merupakan peningkatan pertumbuhan ekonomi terbesar sejak kuartal pertama tahun 1975. Lembaga tersebut juga menilai kenaikan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan dipicu oleh peranan pemerintah dalam meningkatkan performa ekonomi yang terfokus kepada sektor ekspor dan juga perbaikan di sektor konsumsi masyarakat.



Selain itu, kebijakan uang ketat turut memberikan sebuah sumbangan yang baik bagi perekonomian dalam negeri. Dalam hal ini, Otoritas Moneter Singapura memegang peranan penting dalam menjaga pergerakan dollar Singapura terhadap mata uang mayoritas. Sebagai hasilnya, kebijakan ini berhasil meningkatkan performa mata uang lokal terhadap dollar di kuartal pertama tahun ini. Dollar Singapura di kuartal pertama lalu tercatat telag mengalami peningkatan sebesar 2% terhadap dollar AS. Kenaikan tersebut juga diikuti oleh peningkatan pada mata uang kawasan Asia seperti terhadap ringgit Malaysia yang mengalami kenaikan 7%, rupee India naik 4,6% dan terhadap rupiah Indonesia mengalami kenaikan sebesar 4,2%.

Disisi lain, munculnya laporan mengenai pertumbuhan ekonomi Singapura langusng berimbas kepada pergerakan bursa Straits Time yang hari ini mengalami kenaikan sebesar 1,1% menjadi 3.004.45 basis poin atau merupakan peningkatan indeks Straits Time tertinggi dalam 22 bulan terakhir. Pasar rupanya menyambut optimis terhadap peluang pertumbuhan ekonomi Singapura kedepannya meski disaat yang bersamaan peluang kenaikan inflasi cukup menghadap. Inflasi Singapura untuk tahun ini diprediksi akan berkisar antara 2,5-3,5%.

--

Bertekuk Di Bawah Pesona Sombong BlackBerry
MInggu, 30 Agustus 2009 20:00 WIB

(managementfile – ICT) - Percaya atau tidak, dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna ponsel pintar Blackberry terbesar di seluruh dunia.

Hingga pertengahan 2009 saja, jumlah pengguna ponsel rilisan Research in Motion (RIM) itu sudah menduduki angka 300-400 ribu pelanggan.

Soal pertumbuhan, jangan ditanya, tahun lalu ponsel yang diperkenalkan sejak 1997 di Kanada itu melesat hingga hampir mendekati 500 persen. Meski angka pengguna masih di bawah Amerika Serikat dan Kanada yang rata-rata mencapai satu juta tapi diproyeksikan Indonesia tidak akan perlu waktu lama untuk mengejar ketertinggalan itu.

Chief Marketing Officer Indosat, Guntur Siboro, meyakini, pengguna BlackBerry di Indonesia akan menempati posisi tertinggi di dunia tidak lama lagi. "Saya rasa Indonesia tak lama lagi akan melampaui AS dan Kanada," katanya.

Dari sisi konsumen, RIM pada dasarnya memiliki pangsa pasar yang empuk untuk "bermain" di Indonesia. Tidak sekadar pasar `corporate`, pasar becek pun mulai menjadikan BlackBerry sebagai "the most wanted" handset di Tanah Air.

Bahkan ada sebagian orang yang rela mengajukan aplikasi Kredit Tanpa Agunan (KTA) ke perbankan untuk sekadar memuaskan keinginan demi memiliki ponsel impian, si cerdas BlackBerry.

Diperkenalkan pertama pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub tidak menjadikan BlackBerry kesulitan untuk segera merebut hati para pencinta ponsel di Indonesia.

Indosat yang memulai langkah pertama dengan menggandeng Starhub yang merupakan pengejewantahan RIM segera menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server.

Tidak berselang lama, pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+).

Natrindo Telepon Seluler (Axis) enggan ketinggalan menikmati manisnya "kue" berbisnis layanan BlackBerry di Indonesia. Pada pertengahan tahun ini, operator itu meluncurkan layanan berbasis BlackBerry yang amat diminati.

Smart Telecom dan Hutchison CP Telecom (Tri/3) siap menjadi operator berikutnya dan bergabung menjadi mitra RIM menggelar akses BlackBerry.

"Untuk BlackBerry kami sedang dalam proses assesment dengan RIM (Research in Motion)," kata Deputy General Manager New Business Services/Product Innovations Hutchison CP Telecom Indonesia, Hiro Wardana.

Ia mengakui, Tri tidak menjadi operator pertama yang menawarkan layanan BlackBerry, tetapi ia menjamin layanan yang diberikan pihaknya memiliki nilai tambah yang tidak ditawarkan operator lain. Pihaknya sendiri menilai market BlackBerry di Indonesia sangat menarik, dinamis, dan menjadi fenomena khusus.

Di koridor yang berbeda, Telkom (Flexi), Bakrie Telecom, dan Mobile-8 Telecom juga telah menyatakan diri cukup berminat mengisi pasar yang sama. Jadi, dapat dipastikan dengan semakin banyaknya penyedia layanan, pasar BlackBerry akan semakin mempesona di Indonesia.

Fenomena Candu<

BlackBerry menjadi salah satu handset yang paling diinginkan di Indonesia. Itu tercermin dari kian membengkaknya pengguna layanan ponsel yang memiliki sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) itu.

Harus diakui, BlackBerry di tanah air diinginkan bukan sekadar karena kecerdasannya melainkan keberadaannya yang penuh dengan privelese. Si ponsel pintar itu telah menjadi simbol status dan menaikkan nilai gengsi penggunanya.

"Hanya di Indonesia, BlackBerry digunakan oleh user non-corporate kalau di negara lain, BlackBerry digunakan untuk kepentingan corporate," kata PR Manajer Hutchison CP Telecom, Arum K. Prasodjo.

Bercermin dari pengalaman di negara lain, keberadaan BlackBerry juga begitu diinginkan tetapi bukan lantaran harganya yang mahal melainkan sifatnya yang "mengekstasi" penggunanya hingga kecanduan.

Dalam dunia ponsel pintar, bahkan lahir istilah "crackberry" berasal dari kata crack yang berarti kokain dan kata Blackbery. Kemudahan yang dihadirkan dalam mengakses e-mail dan pesan instan membuat para pengguna seringkali tak bisa lepas dari ponsel itu.

Efek yang dihasilkan membuat para pengguna tampak seperti orang yang kecanduan dengan Blackberry. Crackberry pun menimbulkan kekhawatiran akan perubahan ritme kerja menjadi tidak sehat dan hilangnya keseimbangan hidup.

Hal itulah yang kemudian membuat beberapa pemerintahan negara membatasi bahkan melarang penggunaan Blackberry.

Di Kantor Imigrasi dan Kewarganegaraan Kanada, misalnya, pejabat memerintahkan karyawan untuk mematikan alat dari pukul 7 malam hingga 7 pagi, hari libur, dan akhir pekan. Larangan itu semata dimaksudkan untuk menjaga kesimbangan hidup karyawan. Pemerintah setempat juga kemudian mengeluarkan panduan khusus dalam menangani kondisi darurat sehubungan dengan pembatasan Blackberry.

Sementara di Perancis, muncul larangan bagi para menteri untuk menggunakan Blackberry dengan alasan intelijen. Alasan itu logis mengingat di Inggris pemanfaatan Blackberry telah meluas hingga ke arah kepentingan pelacakan nomor-nomor kendaraan serta foto-foto pelaku kriminal.

Service Center

Sayang, meski pertumbuhan pasar BlackBerry di Indonesia luar biasa pesat, RIM tidak segera merespon dengan membuka service center dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang sulit dimengerti.

RIM dengan BlackBerry-nya terkesan menjadi handset yang mempesona dengan kesombongan luar biasa lantaran diperlakukan layaknya raja di pangsa perponselan tanah air.

Jika pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) tidak mendesak perusahaan itu untuk bersegera membuka service center dengan membekukan pengajuan sertifikasi impor, pembukaan cabang RIM di Indonesia layaknya jauh api dari panggang.

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menghendaki kantor RIM-Authorized Repair Facility di Jakarta lebih besar dibandingkan kantor serupa di negara-negala lain di Asia, mengingat pertumbuhan BlackBerry di Indonesia tercatat yang paling tinggi di kawasan ini.

"Departemen Kominfo dan BRTI menghendaki agar kapasitas RIM-Authorized Repair Facility yang ada di Jakarta ini harus lebih besar dibandingkan dengan yang berada di negara-negara sekitar Asia, mengingat pertumbuhan BlackBerry di Indonesia tercatat yang paling tinggi di Asia," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo, Gatot S. Dewa Broto.

Menurut dia, RIM-Authorized Repair Facility di Jakarta yang baru dibuka akhir Agustus 2009 harus bersifat "total solution", sama seperti yang menjadi persyaratan internasional.

Dengan demikian, jika ada handset yang mengalami kerusakan cukup berat tidak perlu dikirim ke RIM-Authorized Repair Facility di negara lain yang terdekat dengan Indonesia.

RIM memang meminta waktu untuk melakukan studi kelayakan di Indonesia untuk menemukan konsep paling tepat bagi service centernya. Tarik ulur pun kembali terjadi. Pembekuan sertifikat pengajuan impor BlackBerry untuk jenis-jenis tertentu yang belum beredar di Indonesia menjadi senjata tersendiri bagi pemerintah untuk mendesak RIM agar bersegera membuka kantor cabang.

Pembekuan akan dicabut sampai service center resmi dibuka di Indonesia. Service center yang dibuka pun tidak kemudian asal ada, melainkan dengan syarat yang telah disebutkan sebelumnya.

Kesombongan itu pun layaknya mencair saat RIM resmi membuka authorized Repair Facility di Indonesia pada 21 Agustus 2009. Pemerintah melakukan inspeksi pada hari yang sama.

Sampai kemudian Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) bersama BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) akhirnya menyatakan, dapat menerima secara prinsip kelengkapan, mekanisme, dan prosedur yang dimiliki fasilitas layanan perbaikan resmi RIM (RIM-Authorized Repair Facility) di Indonesia.

Banyak pihak menggantungkan harapan yang besar terhadap komitmen RIM.

--

Jenis-jenis Sektor Bisnis Kecil yang Berprospek Cerah di AS
Jumat, 16 April 2010 18:00 WIB

(Vibiznews - Business) - Situs bisnis terkemuka, Forbes, pada hari ini (16/4) berhasil merilis 20 jenis pekerjaan kecil yang memiliki prospek yang baik dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Jenis pekerjaan kecil yang dimaksud ialah pekerjaan yang tidak melibatkan tenaga kerja yang banyak bahkan bisa dijalankan seorang diri oleh seseorang yang dapat berperan sebagai pemimpin perusahaan maupun karyawan yang berinteraksi langsung kepada klien. Mayoritas ke-20 jenis pekerjaan tersebut terdiri dari jenis pekerjaan yang berdasarkan bidang keilmuan tertentu.

Untuk posisi pertama sebagai pekerjaan yang memiliki prospek yang baik di AS ialah sebagai akuntan bersertifikat. Di AS, akuntan tidak hanya bekerja di salah satu Kantor Akuntan Publik saja, namun juga dapat bekerja independen dan memiliki klien yang dapat ditangani olehnya sendiri. Jenis pekerjaan ini banyak dilakukan di AS mengingat pengguna jasa akuntan bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang perlu diaudit pengeluarannya, tapi juga individu-individu ataupun sebuah keluarga yang mengalami kesulitan dalam mengetahui besaran pengeluaran yang mereka keluarkan dalam periode waktu tertentu.

Diurutan kedua, merupakan jenis pekerjaan yang cukup jarang dilakukan oleh banyak orang di AS. Jenis pekerjaan tersebut ialah penyedia jasa pijit. Bagi negara AS mungkin belum banyak yang menerapkan sektor bisnis ini. Mengingat gencarnya produk-produk pijit otomatis yang beredar di media-media. Namun sektor bisnis rupanya cukup untuk patut dicoba oleh pelaku bisnis di AS. Di posisi keempat, masih di bidang kesehatan namun kali ini ialah mengenai bisnin jasa perawatan gigi. Sektor bisnis ini sebenarnya cukup umum di mana saja mengingat dokter gigi dapat melakukan praktek individu dan bisa berhadapan langsung dengan para pasien. Forbes melihat, sektor ini memiliki peluang yang baik kedepannya mengingat kesehatan gigi banyak dianjurkan oleh perusahaan-perusahaan besar di AS.

Jenis pekerjaan lainnya yang cukup unik ialah penyewaan jasa loker berukuran besar. Jenis pekerjaan ini berada pada urutan ke delapan. Sudah barang tentu, loker yang disewakan merupakan loker yang memiliki daya tahan yang kuat yang dapat menyimpan berbagai macam barang. Bisa dibilang loker tersebut merupakan deposit box dalam ukuran yang besar. Posisi selanjutnya diurutan ke 11 ditempati oleh jenis pekerjaan yaitu agen freelance asuransi. Seiring dengan semakin pulihnya perekonomian AS yang berimbas kepada sektor finansial seperti asuransi, maka akan semakin banyak pula tenaga-tenaga pemasar produk-produk asuransi. Maka dari itu, Forbes menilai bahwa jenis pekerjaan ini akan sangat dibutuhkan pada saat ini dan jangka panjang.

Masih di sektor finansial, jasa pengamat investasi juga pastinya akan dibutuhkan saat ini. Jenis pekerjaan ini berada pada posisi 15. Jenis pekerjaan ini merupakan pekerjaan individu dengan ujung tombak pengamat seorang diri. Kondisi yang sama juga dialami oleh dokter anak yang menurut Forbes akan memiliki prospek yang baik di masa datang. Dokter anak berada di urutan ke 18.


--

Service Recovery, Strategi Ampuh Mempertahankan Pelanggan (2)
Selasa, 06 April 2010 21:00 WIB

Mengapa Service Recovery Diperlukan?

(managementfile – Service) - Pelanggan yang kecewa karena keadaan seperti tersebut di atas, akan melakukan komplain kepada perusahaan pemberi jasa. Apabila komplain tidak ditangani dengan baik maka akan berakibat pelanggan kecewa, memutuskan hubungan dengan perusahaan pemberi jasa, dan banyak terjadi mereka menceritakan kekecewaannya kepada orang lain. Sehingga bagi perusahaan akan berakibat hilangnya pelanggan, yang bisa berpengaruh kepada hilangnya pelanggan yang lain juga, merusak citra perusahaan dan ujungnya adalah kerugian material maupun immaterial bagi perusahaan.

Untuk itu apabila terjadi kesalahan atau keluhan pelanggan, perusahaan perlu menangani dengan baik dan apabila perlu lakukan recovery agar pelanggan tidak meninggalkan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penangan keluhan yang baik, disertai dengan recovery service yang baik akan meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan pemberi jasa. Hal ini dapat digambarkan dengan bagan sebagai berikut:

Dengan adanya program service recovery diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan pelanggan sehingga pelanggan tetap bertahan bahkan meningkatkan volume transaksinya dengan perusahaan pemberi jasa.

Beberapa strategi Service Recovery yang bisa dilakukan
Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah sbb:

1. Strategi Penanganan Keluhan “Wow”.
Penanganan keluhan yang diberikan kepada pelanggan yang kecewa, melebihi apa yang mereka ekspektasikan, sehingga pelanggan akan terkejut dan berkomentar “Wow...luar biasa” terhadap pelayanan anda. Ini dapat dilakukan dengan cara :
Memberikan kesempatan untuk memperoleh kembali produk atau layanan yang dimaksudkan sesuai atau melebihi dengan pesanan.
Mempublikasikan permintaan maaf dan jaminan untuk memperoleh pelayanan kembali sesuai yang dikehendaki.

2. Relationship Marketing.
Strategi preventive yang bisa dilakukan adalah sejak awal menerapkan sistem data base pelanggan dengan baik, mencakup jenis produk atau layanan yang dibeli, volume pembelian, cara pembayara, cara pengiriman dan hal-hal khusus dari pelanggan misalnya kebiasaan atau kesukaannya. Informasi ini akan sangat bermanfaat ketika anda akan menentukan tindakan recovery dan seberapa besar perusahaan berani investasi disini.

3. Total Service Excellence
Strategi ini berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul daripada para pesaing. Untuk mewujudkan strategi ini diperlukan investasi yang besar, kemampuan sumber daya manusia, kreatifitas dan usaha yang gigih. Meskipun demikian, melalui pelayanan yang lebih unggul, perusahaan dapat membebankan harga yang lebih tinggi pada jasa yang ditawarkan.

4. Strategi Extraordinary Guarantees
Strategi dengan memberikan jaminan terhadap jasa yang ditawarkan atau memberikan pelayanan purnajual yang baik untuk menjaga loyalitas pelanggan. Pelayanan purnajual ini juga harus menyediakan media yang efisien dan efektif untuk menangani keluhan.

Selamat mempraktekkan.


--

Tips Berbusana Yang Rapi Bagi Seorang Salesperson
Rabu, 07 April 2010 15:13 WIB

(Managementfile – Sales and Marketing) - Keberhasilan seorang salesperson memang sangat bergantung dari penampilannya. Penampilan yang rapi bagi seorang salesperson bukan hanya dilihat pada saat ia bertemu dengan klien dan partner kerja untuk menawarkan kerjasama atau menjual produk dan jasa perusahaan, tetapi juga merupakan hal yang harus diperhatikan pada saat berada di kantor. Penampilan yang rapi dan elegan bagi seorang salesperson, sudah pasti akan memberikan kesan professional. Berbusana rapi, bukan berarti tidak bisa bergaya modis dan fashionable.

Mungkin sebagai seorang salesperson Anda bertanya, bagaimana membuat busana kantor yang simple tersebut menjadi terlihat modis? Nah, ini tipsnya..Dengan tehnik padu padan yang tepat dan aksesoris sebagai pelengkap, Anda bisa menyulap busana kerja yang cenderung monoton, menjadi lebih segar, dinamis dan enerjik.

Warna hitam biasanya lebih banyak dipilih untuk busana kantor, karena dianggap warna paling 'aman'. Namun setelan hitam-hitam Anda bisa terlihat lebih menarik jika diberi sentuhan warna terang.

Padukan blazer hitam dengan blouse warna putih atau terang seperti cobalt blue, kuning mimosa, oranye, fuchsia atau merah. Pilih blouse dengan aksen ruffle, pita atau renda untuk mempermanis potongan blazer yang tegas.Serasikan dengan rok A-line berbahan chiffon untuk gaya girlie dan muda, atau celana palazzo hitam untuk bergaya lebih matang dan elegan.

Jika memilih cokelat, krem atau abu-abu sebagai busana kantor, beri sentuhan dengan scarf motif bunga, tie dye, polkadot atau yang bernuansa etnik seperti ikat atau batik. Anda bisa mengenakannya dengan berbagai cara, membentuk simpul melingkari leher, disampirkan ke samping, atau dibiarkan terurai di bahu.
Pilih yang berwarna cerah dan senada dengan warna pakaian. Anda juga bisa menambahkan belt hitam atau yang bernuansa metalik sebagai alternatif penambah gaya.

Anda punya kemeja putih? Kenapa tidak dimanfaatkan untuk tampil gaya ke kantor? Tambahkan aksen pada kemeja putih Anda dengan vest atau sleeveless cardigan yang panjangnya jatuh di bawah pinggang, lalu padankan dengan celapa pipa (lurus), high-waisted, rok pensil atau tulip.

Pilihan tas dan sepatu pun turut mempengaruhi keseluruhan penampilan. Kenakan ankle boots hitam jika ingin tampil sedikit berbeda, atau flat shoes serta stiletto untuk gaya klasik. Anda bisa memilih warna yang sedikit berani; flame red, turquoise atau maroon.

Pilih tas model tote bag, postman atau big clutch dengan ukuran agak besar untuk memuat barang-barang keperluan Anda. Untuk tas yang digunakan sehari-hari, sebaiknya pilih warna netral seperti putih, off-white, krem, navy blue atau hitam.

--

NABE: Pertumbuhan Ekonomi AS Akan Berjalan Solid dan Sesuai Rencana
Selasa, 23 Februari 2010 01:00 WIB
Oleh: Ika Akbarwati

(Vibiznews – Business) – Sebuah kelompok ekonom bisnis di AS telah menaikkan proyeksi tingkat pertumbuhan ekonomi pada tahun berjalan ini. Survey yang dirilis pada hari Senin ini merngungkapkan keyakinan bahwa ekspansi ekonomi secara global maupun dalam negeri AS berjalan sesuai dengan rencana, dengan kondisi yang solid. Hal ini merupakan angin segara di tengah carut-marut kondisi ekonomi di Uni Eropa. (23/02)

Asosiasi Nasional Ekonom Bisnis memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi AS pada tahun 2010 ini akan mencapai besaran 3.1%. Prediksi ini meningkat dibandingkan proyeksi yang dibuat pada bulan November sebelumnya, yang berada di level 2.9%. Sementara itu pada tahun 2011 mendatang diperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 3.2%.



Chief ekonom sekaligus presiden NABE (National Association for Business Economists) menyatakan bahwa saat ini ekspansi ekonomi yang sehat telah mulai terlihat meskipun memang butuh waktu untuk mengurangi slask pada ekonomi dan memperbaiki neraca yang rusak.

Kelompok ekonom bisnis ini mempercayai sepenuhnya bahwa ekspansi berjalan sesuai rencana dengan keyakinan bahwa pertumbuhan sektor pekerja juga sedang berjalan dengan kondisi yang solid. Kelompok ini yakin bahwa prediksinya pada bulan November lalu akan terjadi, yaitu perbaikan sector pekerja dalam waktu dekat.

Proyeksinya adalah pertumbuhan tenaga kerja bulanan sebesar 50,000 orang sepanjang kuartal pertama tahun 2010, naik dari prediksi bulan November, yang memperkirakan tidak akan terjadi perubahan.

Tingkat pengangguran diharapkan akan mengalami penurunan menjadi 9.6% pada kuartal keempat mendatang, agak naik sedikit dari prediksi bulan November, yang berada di level 9.5%.

Presiden Barack Obama telah membuat penciptaan lapangan kerja sebagai prioritas program pemerintahannya pada tahun 2010. Langkah pemerintah ini merupakan usaha untuk mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi dan sulit untuk diturunkan.

Tercatat bahwa jumlah pekerja yang kehilangan pekerjaan sejak bulan Desember 2007, awal dari resesi, mencapai angka 8.4 juta orang.

Kelompok ini juga menyatakan prediksinya bahwa tingkat bunga acuan akan tetap dipertahankan pada tingkat yang rendah. Mereka yakin bahwa Fed tidak aakn terburu-bur menaikkan tingkat suku bunga acuan meskipun telah secara tidak terduga menaikkan suku bunga kredit pinjaman dana darurat perbankan pada minggu lalu. Setidaknya diperkirakan suku bunga akan dipertahankan hingga akhir kuartal ketiga mendatang. Setelah itu kenaikan yang akan terjadi juga akan dipatok secara gradual.

Para ekonom ini juga mengharapkan bahwa tingkat pengeluaran konsumsi perkapita akan mengalami peningkatan sebesar 1.5% di tahun 2010 dan 1.7% di tahun 2011 mendatang.

Inflasi akan tetap berada di kisaran yang rendah terutama jarena ekspektasi upah dan gaji masih akan tidak berubah, tidak mengalami kenaikan pada tahun berjalan ini.

Pengeluaran pemerintah akan mengalami kenaikan yang lambat pada dua tahun ke depan. Kelompok ini mengharapkan bahwa gap anggaran federal di AS masih akan tinggi.

--

Negara-Negara Paling Korup di Dunia
Kamis, 25 Februari 2010 14:30 WIB
Oleh: Ika Akbarwati

(Vibiznews – Business) – Merupakan sebuah kenyataan yang menyedihkan bahwa di saat krisis keuangan global merajalela di dunia, korupsi masih tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari praktik-praktik pemerintahan di seluruh dunia. Korupsi bukan lagi merupakan kejahatan yang merugikan satu atau dua orang, tidak terbayangkan sebelumnya bahwa tragedi kemanusiaan yang menimpa Haiti yang diguncang gempa juga merupakan salah satu akibat dari korupsi. (25/02)

Transparency International baru saja merilis data indeks korupsi terbarunya. Haiti yang luluh lantak dihantam gempa akibat struktur bangunan dan infrastruktur buruk imbas kelalaian dan korupsi berada di peringkat ke-10 dari negara-negara terkorup dunia. Sungguh menydihkan bahwa menurut lembaga ini di tengah krisis ekonomi global saat ini korupsi justru menjadi salah satu hal yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi. Tidak perlu terkejut bahwa Indonesia masuk ke dalam salah satu negara korup, meskipun tidak lagi berada di peringkat 5 besar. Sementara itu negara yang dinilai paling bersih adalah Selandia Baru, yang diikuti oleh Denmark.

Somalia menjadi negara paling korup yang dinilai oleh Transparency International. Perang saudara yang berlangsung sejak tahun 1991 ini telah membuat negara ini terkenal dengan bajak lautnya. Jutaan dolar uang tebuasan telah berhasil dikumpulkan oleh para bajak laut dari para pemilik kapal yang kapalnya berhasil ditawan. Saat ini boleh dikatakan bahwa bajak laut merupakan industry terbesar di negara miskin Afrika ini. Reuters mencatat bahwa jumlah kapal yang berhasil dibajak mencapai 47 kapal pada tahun 2009 lalu. Dukungan dana dari para bajak laut ini membuat korupsi di darat dan perang antar gank makin merajalela. Akan tetapi di tengah kelamnya nasib negara ini seberkas sinar harapan muncul dalam bentuk rencana bantuan senilai 2 juta dolar dan African Development Bank, untuk implementasi kebijakan bank sentral dan komisi anti korupsi.

Negara Afghanistan yang sedang mengalami masa sulit ini makin terpuruk di tangan pemerintah yang kotor dan korup. Saudara laiki-laki Presiden Hamid Karzai dilaporkan secara luas memiliki kaitan dengan jaringan perdagangan opium di negara ini. Korupsi yang merajalela di Afghanistan menimbulkan keprihatinan dari Presiden AS, Barack Obama, yang secara langsung memutuskan untuk member “kuliah” Presiden Karzai mengenai pentingnya menciptakan pemerintahan yang bebas korupsi. Akan tetapi di saat dana bantuan jutaan dolar dari AS untuk pembangunan kembali negara ini masih bebas dicuri oleh orang-orang pemerintah, sulit untuk membayangkan Afghanistan menjadi negara yang bebas dari korupsi dalam waktu dekat ini.


Di tengah kekuasaan militer yang tidak terbatas, Myanmar menjadi salah satu negara paling korup di dunia. Negara yang dulunya dikenal dengan nama Burma ini memiliki kekayaan alam yang besar. Kayu, tambang mineral dan gas merupakan salah satu sumber pendapatan dari negara ini. Belum lagi para jederal juga memanfaatkan posisi negara yang sangat sesuai sebagai tempat transit perdagangan obat illegal. Pemerintah AS telah melarang warganya untuk menanamkan invstasi di negara ini sejak tahun 1997 lalu. Baru-baru ini sansksi terhadap 100 lebih anggota pemerintahan dan pimpinan lembaga ekonomi dari Myanmar telah dijatuhkan atas perilaku korup mereka.

Sudan. Menyedihkan sekali bahwa negara yang kaya akan sumber daya ala mini bis amenjadi begitu miskin. Meskipun dikesampingkan bahwa Presiden berkuasa Omar Al-Bashir telah terindikasi oleh Pengadilan Kriminal Internasional sebagai penjahat perang dan pelaku pembantaian etnis, akan tetapi kondisi yang lebih parah terjadi di negara ini. Global Witness telah mengungkapkan bahwa terjadi perbedaan besar antara pembukukan yang dilakukan perusahaan minyak China yang berproduksi di Sudan dengan pencatatan yang dilakukan oleh pihak berwenang di negara tersebut. Dapat dibayangkan bahwa nilai royalty yang diterima oleh pemerintah Sudah pada tahun 2009 lalu mencapai angka 6 miliar dolar. Bahkan perbedaan sebesar 10% dari angka tersebut berarti ratusan juta dolar yang sedianya dapat digunakan untuk pembangunan di negara tersebut, tapi tersia-sia di kantong pegawai pemerintah tamak.

--
Be Different ? It’s Great!!
Minggu, 18 April 2010 11:30 WIB

(Managementfile – Sales & Marketing) - Siapa bilang sesuatu yang berbeda itu sudah pasti aneh dan tidak disukai? Asal tahu saja, untuk membuat produk atau jasa kita laku dijual di pasaran, kadang memang kita harus bersikap berbeda. Berbeda yang dimaksud bukan berarti kita menjadi tidak wajar atau bahkan berlaku tidak wajar, akan tetapi berbeda yang dimaksud adalah memiliki ciri khas yang membuat kita mudah untuk diingat.

Bila Anda bergerak di dunia musik dan entertainment, memiliki teks lagu atau gaya bermusik yang unik? Mengapa tidak! Ingat saja Adam Young dalam lagunya “The Bird and The Worm” yang potongan liriknya berbunyi : “You and I left our troubles far behind, troubles far behind..But I still have just one more question on my mind..For all my pals who live in the oceans and the seas..With friends like these well, who needs enemies” Mendengar liriknya, memang unik kan? Tapi buktinya lagu tersebut juga menjadi lagu yang hits dan popular.

Selain Adam Young, ada lagi Justin Bieber. Penyanyi lagu “Baby” dan “One Time” asal Canada yang lahir pada tahun 1994 ini ditemukan oleh pencari bakat yang menemukan videonya yang dipublikasikan di YouTube. Memang banyak cara yang terlihat “berbeda” yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang kita lakukan. Seperti Adam Young yang membuat lagu dengan lirik yang unik atau Justin Bieber yang menjadi popular melalui YouTube, hal tersebut menunjukkan bahwa banyak cara “berbeda” yang unik untuk memasarkan keahlian serta produk atau jasa yang kita miliki dan hasilkan.

Soal berbusana, jangan takut untuk berbeda agar kita lebih diingat orang. Misalnya, kalau yang berbaju ungu itu pasti si A atau yang suka mengenakan asesoris warna oranye pasti si N. Tetapi tentu saja mencari busana yang “unik” dan “berbeda” bukan berarti berbusana seronok atau berdandan yang terlalu tidak lazim sehingga bisa menimbulkan persepsi negatif dari masyarakat. Kita mungkin bisa menandai diri kita sendiri dengan ciri khas yang kita bisa tonjolkan dan tentu saja tetap tidak menimbulkan efek negatif dari masyarakat.

Banyak hal “berbeda” lainnya yang bisa kita lakukan untuk membuat produk atau jasa serta keahlian yang kita miliki dikenal dan laku dijual di pasaran. Misalnya saja, dari cara berbicara kita yang jago melawak tanpa menjaga image yang berlebihan, keahlian kita untuk membuat suasana menjadi ceria, gaya berbusana kita yang unik sehingga menjadi trendsetter, atau bisa juga dengan berbagai cara lainnya seperti sifat yang supel, down to earth,sopan, serta berbagai cara lainnya agar kita terlihat berbeda namun dikenal dan diingat oleh orang lain. Percaya atau tidak, keunikan dan ciri khas yang kita miliki seringkali dapat membuat kita lebih mudah untuk memasarkan produk, jasa atau keahlian yang kita miliki.

So, don’t afraid to be different!! Still confident and be the real you!!


--

Menciptakan Wow Experience dengan Kano Model Analysis
Kamis, 08 April 2010 18:00 WIB

(managementfile – Quality) – Kano Model Analysis merupakan salah satu metode yang sederhana namun powerful dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan kepada pelanggan, bahkan memberikan mereka suatu experience yang wow. Apa itu Kano Model Analysis dan bagaimana melakukannya?

Kano Model Analysis merupakan suatu model yang mengelompokkan atribut-atribut dari produk berdasarkan persepsi pelanggan, dan efeknya terhadap kepuasan pelanggan. Analisa ini bisa sangat membantu bagi Anda yang ingin menciptakan suatu customer experience yang wow. Analisa ini aslinya dikembangkan oleh Professor Noriaki Kano pada tahun 80-an.

Kano Model membagi atribut produk menjadi tiga jenis, yakni: 1) threshold (basic) atau kebutuhan dasar; 2) performance; dan 3) excitement (delighters), seperti gambar di bawah ini.

Basic Needs digambarkan oleh kurva yang terletak di paling bawah, yakni merupakan suatu atribut, fungsi, atau fitur dasar yang wajib ada pada suatu produk/layanan. Ketiadaan faktor-faktor ini dapat mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan, komplain, bahkan kehilangan pelanggan. Namun, jika kebutuhan ini terpenuhi, pelanggan akan bersikap netral saja. Jadi, basic needs bukan merupakan opsi bagi pemberi layanan, melainkan memang seharusnya ada.

Selanjutnya, di atas kurva basic needs ada atribut performance. Semakin baik kinerja dari atribut ini, maka tingkat kepuasan pelanggan juga semakin tinggi. Sebaliknya, kinerja yang buruk dari atribut ini juga dapat menurunkan kepuasan pelanggan.

Terakhir, pada kurva teratas ada atribut excitement (delighters) yakni atribut yang tidak diperkirakan oleh pelanggan. Namun, kehadiran atribut ini dapat memberikan tingkat kepuasan yang tinggi kepada pelanggan, sehingga kemudian menghasilkan sebuah `wow experience` bagi mereka.

Pada level basic needs, belum ada diferensiasi, karena memang pelanggan mengharapkan hal yang sama terhadap seluruh penyedia produk dan layanan. Sementara itu, kesempatan diferensiasi bisa dilakukan pada atribut performance dan excitement. Gabungan keduanya dapat menghasilkan suatu pengalaman yang wow dan memorable, sehingga menjadi suatu competitive advantage tersendiri.

Belum ada gambaran?
Ilustrasikan misalnya Anda dan teman-teman pergi untuk makan di sebuah restoran. Ekspektasi Anda yang utama tentunya adalah makanan yang enak, tempat yang bersih, dengan harga yang wajar. Ketiga hal ini adalah basic needs, sesuatu yang wajib dimiliki oleh semua restoran. Sekiranya pelanggan menemukan salah satu dari kebutuhan ini tidak terpenuhi dengan baik, maka mereka tentu akan kecewa. Misalnya, pelanggan menemukan serangga dalam makanan, tentunya ini akan membuat mereka kecewa, bahkan mungkin tidak akan kembali lagi. Namun jika makanannya enak, bersih dan harganya juga wajar pun belum tentu Anda akan terpuaskan, hanya netral.

Selanjutnya, bagaimana dengan atribut performance, yang mempengaruhi kepuasan pelanggan? Contohnya misalnya restoran ternyata punya menu yang unik, rasanya sangat enak, suasana dan interior yang menyenangkan, pelayanan yang sangat responsif , harga yang relatif murah, dan lainnya. Atribut-atribut ini sudah lebih di atas standar, dan semakin baik restoran dalam melengkapi atribut ini, maka kepuasan pelanggan juga semakin tinggi.

Lalu terakhir, atribut excitement (delighters), yang dapat memberikan kepuasan yang tinggi kepada pelanggan. Contohnya adalah compliment yang Anda terima dari restoran, seperti dessert gratis setelah makan, cash back sekian persen jika tagihan mencapai tertentu, free entertainment yang dihadirkan di restoran, hingga free makanan untuk yang sedang berulang tahun. Jika excitement tidak ada maka tidak akan mengakibatkan pelanggan tidak puas. Sebaliknya, jika ada dapat memberikan efek yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan. Atribut ini biasanya merupakan kebutuhan yang memang tidak diutarakan secara langsung oleh pelanggan, bahkan mungkin tidak terpikirkan oleh mereka. Oleh karena itu, maka Anda harus pandai-pandai dalam mempelajari dan memahami pelanggan.

Nah, setelah Anda memahami Kano Model Analysis, apa saja manfaatnya bagi Anda sebagai penyedia produk/layanan?

Pertama-tama, Kano Model Analysis dapat membantu Anda untuk mengklasifikasikan kebutuhan-kebutuhan dari pelanggan, apakah itu basic, performance, ataukah excitement

Kedua, dengan mengklasifikasikan kebutuhan tersebut, maka Anda dapat membantu Anda dalam membuat konsep produk dan layanan yang wow. Anda bisa berfokus pada atribut performance dan excitement supaya pelanggan memperoleh kepuasan tinggi.

Terakhir, Kano Model Analysis juga bermanfaat dalam menganalisa tingkat persaingan produk dan layanan Anda dengan kompetitor. Apakah fitur-fitur Anda sudah cukup unggul?

Dengan bantuan Kano Model Analysis, maka Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik, memberikan mereka experience yang wow, sekaligus menjadikannya sebagai competitive advantage.

--

Perusahaan-Perusahaan Besar Dunia Yang Memiliki Jiwa Kepemimpinan Tersolid
Jumat, 19 Februari 2010 18:00 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Indeks) - Jiwa kepemimpinan di dalam dunia bisnis pada saat ini rupanya kian diutamakan. Skill kepemimpinan rupanya bukan hanya milik dari para atasan yang merupakan kepala tim dari keseluruhan staff yang dipimpinnya, namun seluruh pihak mulai dari bawahan sampai dengan atas wajib mengetahui bahwa jiwa kepemimpinan bukan hanya sebuah pertanggung jawaban terhadap perusahaan saja, namun juga kepada rekan kerja dan diri sendiri.

Situs bisnis terkemuka, BusinessWeek pada hari ini merilis hasil survey mengenai 20 perusahaan terkemuka dunia yang patut dijadikan panutan dalam proses pembentukan jiwa kepemimpinan terhadap seluruh aspek dan bagian di seluruh perusahaan. Survey kali ini berhasil mengumpulkan perusahaan-perusahan yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari restoran cepat saji sampai dengan perusahaan produsen elektronik.

General Electric, Perusahaan Paling "Berjiwa Pemimpin"

Diurutan pertama dari survey yang dilakukan oleh BusinessWeek tersebut ditempati oleh General Electric, multi company ini telah berhasil menjaga statusnya sebagai sebuah perusahaan besar dunia yang patut dijadikan sebagai proyek percontohan bagi seluruh perusahaan- perusahaan dunia. Tingginya etos kerja yang disertai dengan kelengkapan fasilitas berikut juga dengan prestasi perusahaan semakin membuat bangga bagi para perkerjanya.

Dalam aspek internalnya, GE menekanan prinsip kepemimpinan di berbagai hal. Bahkan menurut wakil CEO General Electric, Susan Peters, tantangan kedepan bagi perusahaannya cukup besar. Terutama menyangkut mengenai pembangunan reputasi dan kemampuan SDM-nya paska perusahaan mengalami tekanan akibat hantaman krisis ekonomi global. Jiwa kepemimpinan menurutnya sangat perlu diteladani oleh para pekerjanya saat ini, dengan jiwa sebagai pemimpin maka mereka akan bangga berkerja bagi perusahaannya. Total pekerja yang dimiliki oleh General Electri tercatat mencapai 320.000 orang dan membutuhkan dana sebesar 400 juta dollar per tahun guna menunjang proses penciptaan jiwa kepemimpinan melalui pendidikan dan pelatihan.

Didalam posisi 5 besar juga diduduki oleh P&G, perusahaan produsen produk-produk toiletris ini menempati posisi ke empat. Perusahaan yang bermarkas di Cincinnati ini lebih menekankan konsep kepemimpinan bagi para pegawai-pegawai baru yang baru bekerja. Menurut Direktur SDM, P&G, Laura Mattimore, "anak-anak muda" ini patut diberikan sebuah pegangan guna menjaga profesionalitas perusahaan. Kebijakan dini yang dilakukan oleh perusahaan tersebut guna membentengi sikap dan tindakan karyawan baru yang masih belum memiliki pengalaman.

Bagi Anda penikmat makanan cepat saji mungkin sudah sangat tidak asing lagi oleh perusahaan yang bernama McDonald's. Perusahaan ini berhasil berada di urutan ke sembilan dalam survei yang dilakukan oleh BusinessWeek. Mengingat sektor bisnis yang digeluti oleh McD merupakan sektor jasa maka jiwa kepemimpinan dirasa amat sangat diperlukan. Dalam proses pembentukan karakter kepemimpinan dari para pekerjanya, McD, memberikan empat slogan utama yaitu membawa perusahaan (McD) untuk tetap menjadi perusahaan yang terbaik di bidangnya, berusaha menciptakan kreasi terhadap keberlanjutan inovasi-inovasi baru, bekerja dengan sebaik mungkin sebagai bentuk pertanggung jawaban dengan perusahaan, tim dan diri sendiri dan yang terakhir membawa McD semakin lebih baik kedepannya.

Tiga perusahaan diatas mudah-mudahan dapat memberi kita pandangan bahwa sikap kepemimpinan merupakan hal yang penting terutama dalam kegiatan bisnis perusahaan. Dari kebijakan internal yang dilakukan perusahaan dari pelatihan-pelatihan dipastikan akan memberikan output bagi sikap karyawan kemudian hari.



--

Maskapai-maskapai Penerbangan Paling On-Time Sedunia
Rabu, 24 Februari 2010 18:30 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Business) - Dalam beberapa hari terakhir mungkin Anda telah disuguhkan oleh banyak informasi yang berisi mengenai aksi mogok pekerja di sektor penerbangan Eropa, dimana aksi protes yang dilancarkan lebih terfokus di beberapa bandara Perancis yang salah satunya ialah bandara Charles de Gaulle. Empat serikat pekerja di sektor penerbangan Prancis menyatakan menolak adanya penggabungan jaringan kontrol lalu lintas udara Belgia, Belanda, Perancis, Jerman, Luksemburg dan Swiss. Hal ini diduga akan semakin menimbulkan adanya perang tarif antar maskapai penerbangan di Eropa. Sampai dengan hari ini (24/2) upaya-upaya negosiasi masih berjalan oleh pihak-pihak yang terkait.

Ditengah kekisruhan kondisi penerbangan di Eropa tersebut, Forbes hari ini merilis hasil survey terhadap 10 maskapai penerbangan terbaik yang telah berhasil menciptakan manajemen waktu terutama mengenai ketepatan waktu terbang. Dari 10 maskapai penerbangan tersebut masih diisi oleh maskapai-maskapai terbaik di dunia.

Japan Airlines Paling On-Time

Diurutan pertama sebaga maskapai penerbangan yang memiliki manajemen waktu terbaik ditempati oleh Japan Airlines (JAL). Predikat sebagai maskapai yang palin tepat waktu ini memberikan sebuah kondisi yang positif mengingat sejak akhir tahun 2009 maskapai ini dinyatakan sedang mengalami krisis finansial dimana tingkat kerugian yang diterima akibat besarnya jumlah hutang perusahaan yang mencapai 22 miliar dollar dan berdampak pada pemecatatan sebanyak 15.600 orang karyawannya.

Namun krisis yang terjadi tersebut tidak menghalangi JAL untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggannya termasuk mengenai ketepatan waktu pengangkutan. Menurut Forbes, total penerbangan yang dilakukan oleh JAL sepanjang tahun 2009 mencapai 21.478 kali. Sedangkan durasi keterlambatan kurang dari 15 menit hanya sebesar 90,95% dari keseluruhan penerbangan.

Masih dari maskapan Jepang, ANA (All Nippon Airways), perusahaan maskapai ini menempati posisi kedua sebagai maskapai paling on-time versi Forbes dengan hanya mengalami keterlambatan kurang dari 15 menit sebanyak 90,37%. Perusahaan yang berdiri dari tahun 1952 ini telah berhasil hampir menyangi JAL sebagai maskapai penerbangan favorit dari Jepang. Sedangkan di urutan ketiga ditempati oleh SAS yang merupakan maskapai penerbangan asal Swedia. Perusahaan yang berbasis di Stockholm ini merupakan maskapai penerbangan kebanggaan wilayah Skandinavia, dimana 50% kepemilikan sahamnnya dimiliki oleh pemerintah Swedia, Norwegia dan Denmark. Dan menurut Forbes, tingkat keterlambatan di bawah 15 menit mencapai 89,11%.

Menyangkut pautkan dengan krisis di sektor penerbangan Eropa saat ini, salah satu maskapai penerbangan kebanggaan Eropa, Lufthansa masuk keurutan 9 didalam survey Forbes. maskapai yang baru-baru ini mengalami ancaman mogok dari para pilot yang menuntut kenaikan gaji sebesar 6,4%. Namun hal tersebut belum disetujui oleh manajemen dan menunggu sampai 6 Maret yang merupakan batas tenggat waktu rapat pimpinan dari perusahaan tersebut. Menurut Forbes, tingkat keterlambatan kurang dari 15 menit sebanyak 83,21% dari total penerbangan yang mencapai 386.205 kali.

Dengan melihat prestasi yang diciptakan oleh beberapa maskapai penerbangan diatas kita dapat melihat bahwa manajemen waktu sangatlah penting apalangi menyangkut mengenai jasa pengangkutan seperti bisnis penerbangan.


--

Negara-negara Dengan Ekspektasi Profit Paling Besar di Sektor Bisnis
Jumat, 26 Februari 2010 15:00 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Business) - Seiring dengan adanya gelombang pemulihan yang sedang terjadi di hampir seluruh dunia paska hantaman krisis ekonomi global yang terjadi sejak 2008, banyak negara mulai membenahi segala jenis sektor ekonominya agar dapat memberikan nilai tambah terutama bagi dunia bisnis. Situs bisnis terkemuka, BusinessWeek pada hari ini (26/2) merilis hasil survey terhadap 20 negara yang memiliki nilai keuntungan terbesar dalam berbisnis. Ke semua negara tersebut tercatat telah berhasil memberikan kondisi yang positif guna menununjang pemulihan ekonomi baik kawasan maupun global.

Negara Paling Profit, Vietnam

Posisi pertama sebagai negara paling menguntungkan dari segi bisnis ditempati oleh Vietnam. Posisi yang ditempati oleh Vietnam ini cukup mengejutkan bagi banyak pihak mengingat posisi negara tersebut masih belum begitu "populer" dari segi bisnis dibanding negara-negara raksasa Asia lainnya seperti India dan China. Tingkata kepercayaan keuntungan yang dihasilkan jika berbisnis di Vietnam mencapai 91%, dengan kepercayaan adanya peningkatan pendapatan mencapai 95% dan adanya peningkatan penambahan tenaga kerja sebanyak 64%.

Salah satu kunci sukses Vietnam dam menciptakan sebuah iklim bisnis yang baik ialah relatif murahnya tenaga kerja dan juga kondisi ekonomi yang relatif stabil ditambah oleh kondisi keamanan yang membuat para investor dan perusahaan-perusahaan besar dunia berusaha berinvestasi di negara ini, yang salah satunya ialah Intel Corp. sedangkan diurutan kedua ditempati oleh salah satau raksasa Asia yaitu India, posisi India sebagai negara dengan tingkat ekspektasi peningkatan profit yang tinggi merupakan suatu hal yang wajar.

Bersama dengan China, India telah membuktikan bahwa dengan kapasitas jumlah konsumen dalam negeri dapat menjadi sebuah posisi yang sangat menguntungkan bagi para produsen dan para investor luar negeri yang beberapa diantaranya ialah Ford Motor dan Volkswagen. Menurut BusinessWeek, tingkat keyakinan peningkatan profit bagi sektor bisnis di India mencapai 72% dengan prediksi penambahan tenaga kerja diperkirakan akan naik sebesar 56%.

Masih di wilayah Asia Tenggara, Filipina berhasil menempati posisi ketiga dengan tingkat percayaan peningkatan profit bisnis senilai 69% dan prediksi penambahan jumlah tenaga kerja senilai 49%. Iklim bisnis yang dimiliki oleh Filipina sebetuknya hampir mirip dengan apa yang terjadi Vietnam. Dengan beberapa perusahaan dunia yang telah menjadi investor di negara tersebut diantara ialah HSBC, Deutsche Bank, JPMorgan Chase dan Dell.

Asia Tenggara Masih Mendominasi, AS Terlempar

Negara-negara dikawasa Asia Tenggara rupanya mendominasi daftar negara paling berpontesi menghasilkan profit di sektor bisnis. Setelah sebelum Vietnam dan Filipina menempati posisi pertama dan ketiga, dua negara lainnya yaitu Malaysia dan Singapura di urutan masing 11 dan 13. Malaysia menurut BusinessWeek menghasilkan ekspektasi peningkatan profit sebesar 54% dan Singapura sebesar 57%. Prestasi yang diperoleh Malaysia diperkirakan akibat kinerja pemerintah yang bekerja keras paska mengalami tekanan dari imbas krisis ekonomi sehingga menurunkan performa ekonomi negaranya. Dengan mengandalkan produk-produk utama seperti kelapa sawit dan sektor kesehatan, Malaysia cukup dapat bersaing dengan negara-negara lainnya. Sedangkan Singapura sepertinya tidak mengherankan lagi sebagai negara yang paling memiliki posisi sentral dalam perekonomian di wilayah Asia Tenggara.

Sedangkan negara adidaya seperti AS justru berada pada posisi ke 16 didalam suevry BusinessWeek ini. Imbas krisis ekonomi yang disebabkan oleh krisis kredit finansial rupanya masih memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian dalam negeri. Ekspektasi peningkatan profit bisnis AS hanya sebesar 50% dan ekspektasi penambahan tenaga kerja hanya mencapai 25% mengingat masih tingginya tingkat pengangguran.

Jika kita melihat prestasi-prestasi yang diperoleh negara-negara diatas, lalu dimana letak posisi Indonesia ? sayangnya negara kita tidak masuk ke dalam rilis survey tersebut. Rupanya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk dapat menciptakan iklim bisnis yang baik.

--

Setelah Google, Kini Hacker China Serang Yahoomail
Rabu, 31 Maret 2010 17:30 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Business) - Kondisi IT China akhir-akhir ini kian mengalami tekanan, setelah sebelumnya search engine Google mengancam akan hengkang dari negara tersebut akibat maraknya aksi hacker yang mengganggu proses search engine tersebut. Kasus ini disinyalir merupakan tindakan "penyerangan" pelaku-pelaku IT lokal terhadap produk-produk IT luar. Kini, kondisi tersebut rupanya masih tetap terjadi. Kali ini Yahoo pun tak luput dari serangan hacker-hacker tersebut.

Yahoo seperti Anda ketahui bukan hanya sebagai situs search engine terkemuka selain Google saja, namun telah menjelma sebagai situs dengan fasilitas email terbesar di dunia. Dan sepertinya hal tersebut menjadi incaran bagi hacker-hacker China untuk melakukan aksinya. Dalam beberapa hari terakhir, sampai dengan hari ini, para pengguna email di China mengeluhkan emailnya yang telah di hack sehingga sulit mengakses dan membuka email.

Pihak Yahoo sendiri telah berusaha seoptimal mungkin guna mengurangi dan mencegah perluasan aksi-aksi para hacker ini. Bahkan imbauan dan pernyataan tertulis telah Yahoo lakukan bagi para pengguna email. Termasuk salah satunya agar para pengguna email untuk sesegera mungkin mengubah pasword yang dimilikinya. Namun kebijakan tersebut rupanya masih "kalah" dengan pintarnya para hacker yang terus membobol akun email para pengguna.



Pihak Yahoo China kemarin secara langsung melaporkan kasus ini kepada pihak pemerintah China melalui Kementerian Telekomunikasi China. Tingkat keamanan dunia cyber China memang saat ini sedang diuji. Rapuhnya pertahanan keamanan menjadi sebuah kondisi yang mengkhawatirkan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang IT, termasuk perusahaan-perusahaan internasional yang telah berinvestasi dan memiliki cakupan bisnis di China.

Banyak yang mensinyalir bahwa apa yang dilakukan oleh hacker-hacker tersebut dilandasi oleh berbagai alasan, antaranya ialah adanya sentimen nasionalistis yang tidak menginnginkan berkembangnya perusahaan asing yang berinvestasi di China. Disisi lain, ketatnya persaingan bisnis IT di China juga menjadi salah satu faktor terkuat akan kondisi-kondisi yang terjadi saat ini.

Salah satu perwakilan dari Yahoo China, Clifford Coonan setelah dirinya beserta eksekutif lainnya melapor ke pemerintah China, menyatakan bahwa apa yang terjadi di China saat ini cukup menyeramkan bagi dunia bisnis, terutama bagi bisnis IT. Tindakan yang dilakukan oleh para hacker tersebut bukan lagi merugikan para pengguna maupun konsumen yang menjadi korban penyerangan terhadap emailnya, namun juga dapat merusak iklim bisnis di China secara keseluruhan.

Apalagi bisnis IT memiliki cakupan bisnis yang luas dan merupakan salah komponen yang penting. Dengan dibobolnya email para pengguna email Yahoo di China maka seluruh pengguna email Yahoo merasa was-was akan privasi email yang dimilikinya. Coonan dalam responnya mengatakan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan langkah yang sama seperti Google jika kasus ini terus terjadi.

--

Negara-negara Tercanggih di Dunia; Dominasi Negara Asal Skandinavia
Senin, 29 Maret 2010 17:30 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Business) - Perkembangan dunia teknologi pada saat ini kian mengalami perkembangan yang amat pesat. Teknologi kini bukan lagi merupakan kebutuhan sekunder yang diperlukan pada beberapa bidang saja, namun secara keseluruhan teknologi telah berperan dalam hidup kita sehari-hari. Setiap negara kini berlomba-lomba dalam menyuguhkan kemampuan teknologi dalam memberikan setiap pelayan publik kepada masyarakatnya.

Maka dari itu, situs bisnis terkemuka, Forbes pada hari ini merangkum hasil survey terhadap 10 negara yang dinilai memiliki teknologi canggih di setiap bidang. dalam penghitungan survey yang dilakukan oleh Forbes tersebut didasari oleh 6 faktor pendukung, antara lain besaran modal riset, perlindungan hak intelektual, tingkat pendidikan, kemampuan ilmuwan, penyebaran penggunaan internet dan besaran pajak konsumen atau warga negara.

Swedia, Negara Tercanggih

Di urutan pertama sebagai negara tercanggih versi Forbes ditempati oleh Swedia. Salah satu negara di kawasan Skandinavia ini membuktikan bahwa teknologi dapat memajukan negaranya. Beberapa faktor yang membuat Swedia memiliki teknologi canggih ialah tingginya jumlah besaran pajak. Tak mengherankan bahwa dengan jumlah penduduk yang hanya berkisar 9,3 juta tingkat pajak individu yang diberlakukan cukup besar.

Selain itu, yang patut dikedepankan ialah tingginya tingkat pendidikan rata-rata penduduk di Swedia. Sebanyak 90% penduduk di Swedia minimal telah menempuh pendidikan SLTA, sedangkan biaya pendidikan didominasi oleh pemerintah yang diperoleh dari pendapatan pajak negara.

Di posisi kedua ditempati oleh negara tetangga kita yaitu Singapura. Sebuah prestasi yang mengejutkan yang diperoleh oleh negara pelabuhan ini menyusul Singapura berhasil mengalahkan negara-negara yang relatif lebih maju. Keberadaan negara Singapura di urutan nomor 2 sebagai negara berteknologi tercanggi didasari oleh oleh majunya infrastruktur yang menyangkut jaringan internet.

Bahkan jaringan internet yang dimiliki oleh Singapura lebih tinggi dibandingkan dengan Swedia diurutan pertama. Fasilitas internet memang menjadi nilai lebih dari Singapura mengingat wilayah topografi negara tersebut yang tidak besar sehingga dapat dengan mudah memiliki infrastruktur jaringan internet yang mudah untuk dijangkau.

Amerika Serikat pada survey Forbes ini berada di urutan ke 5. Kondisi AS terbilang cukup komplit dalam memenuhi faktor-faktor pendukung untuk dapat dikatakan sebagai negara yang memiliki teknologi canggih. Tercukupinya infrastruktur jaringan internet dan majunya tingkat pendidikan menjadi nilaih lebih dari negara ini, meskipun dari segi sektor pajak AS jauh tertinggal dibandingkan dengan Swedia.

Sedangkan di perkingkat terakhir atau di peringkat 10 diduduki oleh Norwegia. Negara yang hanya berpenduduk sebanyak 4,8 juta jiwa ini berhasil menutup prestasi negara-negara kawasan Skandinavia yang masuk didalam 10 besar negara dengan teknologi canggih. Setelah Swedia diurutan pertama, Denmark di urutan 4 dan Finlandia diurutan ke 6.

Karakteristik yang dimiliki oleh Norwegia sebetulnya sama dengan negara-negara lainnya di wilayah Skandinavia. Faktor utama yang ditonjolkan masih soal besaran pajak yang dibebankan kepada penduduk. Selain itu juga mengenai majunya sektor pendidikan yang dimana seluruh biaya pendidikan umum dibiayai oleh negara. Yang membedakan Norwegia dengan negara-negara Skandinavia lainnya ialah lebih besarnya jumlah ilmuwan yang dihasilkan.

--

Eropa Kian Tertekan; Setelah Krisis Yunani Kini Penurunan Rating Kredit Portugal
Kamis, 25 Maret 2010 18:45 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Column) - Perkembangan kondisi perekonomian Eropa pada saat ini rupanya kian hari kian menegangkan. Apa yang terjadi dengan imbas krisis ekonomi yang dialami oleh Yunani rupanya kian berkembang. Rapat anggota Uni Eropa yang diselenggarakan mulai hari ini juga menunjukan bahwa kondisi ekonomi Yunani cukup mendatangkan sebuah resiko bagi perekonomian Eropa. Hal tersebut menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi negara-negraa anggota Uni Eropa. Alhasil pembahasan didalam pertemuan pun cukup memanas.

Jerman Adu Argumen Dengan Perancis

Apa yang terjadi dengan Eropa saat ini sebenarnya cukup dapat diredam jika imbas krisis ekonomi yang berawal dari tahun lalu. Namun seiring dengan masih adanya proses pemulihan ekonomi hal tersebut cukup dapat menyulitkan bagi perekonomian Eropa. Uni Eropa yang sebulan lalu memastikan akan mengeluarkan kebijakan bantuan finansial terhadap Yunani, kini berusaha untuk menimbang-nimbang kebijakan tersebut akibat berbenturan terhadap spekulasi terjadinya defisit anggaran jika kebijakan tersebut diberlakukan.

Kondisi tersebutlah yang menjadi sebuah bahan pembahasan yang terpenting dalam pertemuan kali ini. Bahkan debat pun bermunculan antar negara-negara anggota Uni Eropa. Jerman misalnya, melalui Kanselirnya Angela Merkel mengatakan bahwa kondisi yang terjadi pada Yunani mesti dilakukan sebuah upaya penyelamatan guna memutus imbas yang diprediksi akan merambat ke kondisi perekonomian Eropa termasuk pada pergerakan euro terhadap mata uang mayoritas.

Merkel berharap Uni Eropa dapat merealisasikan kebijakan tersebut dengan segera mengingat performa euro kian hari kian terpukul oleh pergerakan dollar. Ketidakpastian akan kebijakan ini juga secara global akan memberikan sentimen positif. namun pendapat Merkel tersebut direspon oleh PM Perancis, Nicholas Sarkozy yang mengatakan bahwa pemberikan bantuan terhadap Yunani saat ini mesti membutuhkan waktu yang cuku mengingat masing-masing negara anggota Uni Eropa sedang berupaya memulihkan perekonomiannya.

Sarkozy juga menggarisbawahi bahwa dengan memberikan bantuan terhadap Yunani akan menekan anggaran Uni Eropa, mengingat suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB) juga masih dalam kondisi konstan. Oleh karena itu, kondisi yang sulit rupanya bukan hanya terjadi pada Yunani saja, tapi juga Uni Eropa. Angin segar diharapkan dapat muncul bulan April mendatang setelah pihak IMF merencanakan akan mengucurkan bantuannya kepada Yunani.

Portugal, Ancaman Berikutnya

Selain membahas mengenai upaya pemberian bantuan kepada Yunani, dalam rapat antar negara-negara Uni Eropa hari ini juga membahas mengenai pengaruh dari turunnya rating tingkat kredit Portugal yang dilaporkan mengalami penurunan ke level AA- dari posisi tahun lalu yaitu AA. Hal tersebut semakin menekan kondisi ekonomi Eropa yang kini sebetulnya tengah berjuang dalam menangani imbas krisis ekonomi akibat imbas krisis kredit global.

Turunnya rating tersebut memberikan sebuah ancaman bagi perekonomian global dan dikhawatirkan juga akan berimbas bagi perekonomian negara-negara Uni Eropa lainnya. Kondisi yang cukup sama dengan apa yang terjadi dengan Yunani. Selain mengalami penurunan rating kredit, Portugal juga mengalami defisit anggaran pada tahun lalu sebesar 9,3% dari total GDP yang dimilikinya.

Apa yang terjadi dengan Portugal diperkirakan akan semakin menambah "keruh"nya kondisi perekonomian Eropa saat ini. Kebijakan progresif dan respon yang optimal diharapkan dapat segera muncul oleh Uni Eropa guna menanggapi kondisi yang terjadi Yunani dan Portugal.


--

Trend “Making Money Without Money” Saat Ini, Seberapa Menguntungkan Hal Tersebut? (1)
Senin, 18 Januari 2010 13:07 WIB

(Managementfile-Sales and Marketing)- Mendengar kata “making money without money” atau disebut dengan menghasilkan uang tanpa mengeluarkan uang, hal tersebut pasti merupakan hal yang sangat menyenangkan di telinga. Tetapi, bagaimanakah aplikasinya di dalam kehidupan sehari-hari?

Nah, mari kita mengambil contoh mengenai hal yang sedang trend di dunia marketing saat ini, yaitu tentang penjualan butik online yang sedang menjamur dimana-mana. Kita semua tahu, bahwa bisnis fashion memang akan selalu menjanjikan karena hal tersebut memang merupakan salah satu kebutuhan yang paling diperhatikan oleh wanita masa kini.

Bisnis butik memang sudah dilakukan sejak dahulu, seperti dilakukan melalui cara konservatif, seperti menyewa ruko, tempat di pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat lainnya untuk menjajakan produk fashion mereka. Tetapi, pada kenyataan saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi, seperti adanya kemajuan internet dan juga keberadaan situs sosialisasi seperti facebook, twitter, dan lainnya, hal tersebut memberikan kemajuan dampak bagi bisnis butik yang mulai bergeser dari penjualan butik secara konservatif menjadi penjualan butik secara online. Nah, dalam hal ini, sepertinya prinsip “making money without money” terdengar semakin menjanjikan bagi para supplier dan penjual, khususnya bagi mereka yang bergerak di bisnis yang dapat dilakukan secara online.Tetapi, apakah bisnis tersebut sebenarnya sangat menjanjikan seperti yang dibayangkan?

Hmmm..kalau kita berpikir, mungkin hal tersebut memang bisa dikatakan “making money without money”. Bagaimana tidak? Anda tidak perlu menyewa gedung, ruko, atau tempat khusus untuk menjajakan barang dagangan butik Anda. Yang Anda lakukan memang cukup memasukkan barang dagangan Anda di internet atau situs sosialisasi seperti facebook, twitter dan menunggu telepon, chatting, atau respon dari calon para pembeli yang ingin membeli produk Anda.

Tetapi, Anda juga harus mengetahui, bahwa cara ini tidak selamanya berhasil. Ada beberapa sisi negatif dari “making money without money” melalui bisnis online, yaitu :

- Jika Anda hanya memasang produk Anda di internet, terkadang ada orang yang kurang tertarik hanya dengan melihat gambar, sehingga ia tidak akan melakukan pembelian tanpa mau melihat bentuk fisiknya terlebih dahulu. Hal tersebut akan memakan waktu Anda dalam melayani calon pembeli seperti itu, karena biasanya pembeli seperti itu menginginkan informasi yang sedetil-detilnya dan hal tersebut bisa menghabiskan waktu Anda hanya untuk menjelaskan kepadanya yang belum tentu berujung pada transaksi.

- Kurang efektifnya komunikasi, karena jika hanya melalui internet, hal tersebut kurang dapat membangun “trust” atau kepercayaan bagi penjual dan pembeli, karena tidak ada interaksi langsung. Interaksi langsung atau tatap muka memang terkadang dirasakan kurang penting, namun hal tersebut sebenarnya dapat membangun hubungan yang baik antara penjual dan pembeli karena salah satu hal yang membuat pembeli menjadi loyal kepada produk kita adalah kepuasan karena sikap penjual yang bersahabat dan menyenangkan.

- Adanya calon pembeli yang terkadang hanya bermaksud “iseng”, yaitu menelepon, bertanya, atau chatting kepada penjual hanya untuk basa-basi, dan pada akhirnya lebih banyak mengarahkan pembicaraan kepada hal-hal yang tidak penting dan akhirnya tujuan jual-beli tidak akan tercapai.

Bukan hanya butik, pada kenyataannya bisnis yang berhubungan dengan online memang bisa dikatakan “making money without money” jika dilihat dari kemudahannya. Tetapi jangan lupa, dibalik hal-hal yang terlihat mudah, ada juga sisi negatif yang memperlihatkan kenyataan bahwa hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Memang secara biaya atau factor lainnya, banyak hal yang membuat sisi penjual lebih diuntungkan, tetapi tetap saja ada sisi negatif yang harus diperhitungkan agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan bisnis tersebut.

Terlepas dari sisi negatif yang ada, bisnis yang dapat dipasarkan secara online memang menjanjikan hal yang sangat menguntungkan, apalagi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal untuk hal tersebut. Bagaimana? Anda tertarik untuk memulainya?


--

Trend "Making Money Without Money" Saat Ini, Seberapa Menguntungkan Hal Tersebut? (2)
Selasa, 26 Januari 2010 15:10 WIB

(Managementfile-Sales & Marketing)-Kita mengetahui betapa pentingnya pengeluaran yang kecil tetapi pemasukan yang maksimal. Di kolom sebelumnya, kita mengetahui mengenai bisnis online yang bisa disebut “making money without money”. Namun, di kolom sebelumnya diulas juga mengenai sisi negatif dari bisnis online tersebut.

Namun, segala sisi negatif yang dijelaskan tersebut jangan membuat Anda menjadi patah semangat. Anda tetap bisa untuk meningkatkan keuntungan melalui bisnis online yang terkadang disebut orang sebagai “making money without money” ini.

Banyak yang merasa bahwa ketika memasang di situs sosialisasi seperti facebook, twitter, atau yang lainnya pasti akan mendatangkan keuntungan maksimal. Memang hal tersebut pada awalnya terlihat mudah karena gratis dan Anda hanya perlu mempunyai satu account untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Tetapi, Anda harus berpikir berbagai kemungkinan lain yang bisa terjadi, seperti :

Berapa banyak orang yang akan mengunjungi untuk melihat produk atau jasa Anda
Maksudnya adalah, mungkin Anda berpikir bahwa dengan memasang foto produk atau jasa Anda di situs sosialisasi tersebut, Anda bisa menjamin bahwa jualan Anda bisa laku keras. Ya, pendapat tersebut memang tidak salah. Tetapi, pendapat tersebut juga tidak sepenuhnya benar. Karena asalkan Anda tahu, seringkali Anda harus menambah teman terlebih dahulu untuk menambah calon pembeli Anda.

Tetapi, Anda juga harus memperhitungkan beberapa hal, seperti berapa banyak orang yang akan menerima permintaan pertemanan Anda? Berapa banyak orang yang setelah menerima permintaan pertemanan Anda tidak tertarik pada produk Anda karena masalah prestise?Dan banyak pertimbangan lainnya.

Semua hal diatas memang harus menjadi pertimbangan Anda. Memang situs sosialisasi merupakan tempat dimana Anda bebas berteman tanpa memandang status apapun. Tetapi, jangan salah. Ada juga orang yang memandang bahwa account di situs sosialisasinya adalah hal yang personal sehingga ia tidak akan menerima pertemanan siapapun yang diluar keluarga atau kenalannya meskipun orang tersebut pada kenyataannya bisa jadi adalah seorang shopaholic atau pencinta belanja.

Lain lagi hal yang dimana ketika penjual berusaha menjajakan barangnya di salah satu situs sosialisasi. Salah satu orang yang telah menjadi temannya malah marah karena penjual menawarkan produknya di account orang tersebut, sehingga bisa jadi foto di account orang tersebut malah menjadi ramai dengan gambar jualan produk atau jasa yang semakin lama semakin banyak sehingga menjadi menyebalkan baginya.

Selain itu, ada juga yang mempertimbangkan masalah prestise, seperti ia lebih suka produk atau jasa yang dipakai oleh selebriti atau berharga mahal. Dengan penjualan online yang hanya dipasang di situs sosialisasi atau hanya dengan penjualan sekedarnya saja, terkadang orang malas untuk membeli karena tidak ada icon yang menggambarkan prestise dari produk atau jasa tersebut

Seberapa luaskah segmen pasar yang Anda jangkau dari account Anda di situs sosialisasi tersebut
Anda harus berpikir, jika Anda hanya memasang produk atau jasa Anda di situs sosialisasi saja, Anda tidak akan mungkin mengembangkan penjualan Anda. Para pelanggan Anda hanya akan sejauh teman-teman di situs sosialisasi Anda dan diluar teman-teman Anda di situs tersebut, belum tentu ada orang lain yang tahu mengenai produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Sekarang, bagaimana agar penjualan produk atau jasa Anda menjadi lebih laku?

Sebenarnya Anda tidak perlu sulit, karena Anda juga bisa memanfaatkan jasa lain yang akan semakin menguntungkan Anda, yaitu media online dan telemarketing.

Media online dan telemarketing sangat menunjang segala bentuk “making money without money” dalam bisnis online. Anda tetap bisa memasarkan produk atau jasa Anda di situs sosialisasi, namun Anda bisa semakin meningkatkan “brand awareness”Anda melalui media online dan telemarketing melalui cara :

Memasarkan produk atau jasa di media online yang sudah terkenal atau memiliki hit rate yang tinggi

Memasarkan produk atau jasa Anda di media online yang memiliki hit rate tinggi sangat menunjang pemasaran produk atau jasa Anda. Selain itu, calon pembeli Anda juga lebih jelas. Dengan memasarkan produk atau jasa Anda di media online yang memiliki hit rate tinggi dan dengan segmen pembaca yang memiliki purchasing power yang tinggi, maka hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda dan meningkatkan brand awareness produk atau jasa Anda.

Anda mungkin tidak perlu memasarkan dengan mengeluarkan biaya periklanan yang mahal untuk memasarkannya di media online, namun Anda bisa menawarkan kepada media tersebut beberapa keuntungan dan kerjasama, seperti profit sharing, dimana Anda dan media tersebut menetapkan system bagi hasil yang adil dan menguntungkan kedua belah pihak.

Meningkatkan kualitas telemarketing
Anda juga harus meningkatkan kualitas telemarketing, karena salah satu kekuatan penjualan bisnis online seperti ini adalah di telemarketing. Telemarketing yang baik adalah harus memperhatikan tatabahasa yang sopan ketika berbicara dengan calon klien, dan juga tentu saja harus bisa mempertahankan etika yang baik dalam bertelepon.


--

Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Makanan
Kamis, 04 Februari 2010 15:40 WIB

(Managementfile-Sales & Marketing) - Bisnis makanan, terutama catering, merupakan bisnis yang sangat potensil untuk meraup keuntungan. Apalagi jika pangsa pasarnya adalah untuk kantoran. Akan tetapi, untuk mencapai itu semua memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti langkah awal memulai bisnis ini dan juga cara memenangkan persaingan di dalam mengelola bisnis makanan tersebut.

Pada langkah awal memulai bisnis makanan seperti ini, memang kita terkesan rugi. Dikatakan terkesan rugi karena memang kita harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk melakukan test product kepada calon konsumen. Dalam test product ini, Anda harus benar-benar memastikan bahwa kualitas dari makanan yang akan Anda pasarkan benar-benar baik dan memenuhi selera konsumen, karena jika konsumen puas dengan kualitas produk makanan yang kita hasilkan, maka konsumen akan berpikir untuk memakai jasa kita dan pada akhirnya menjadi loyal kepada kita.

Ada beberapa tantangan dalam menjalankan bisnis ini, yaitu banyaknya persaingan antar bisnis catering sendiri, karyawan kantor cenderung lebih senang makan di luar, dan seringkali makanan yang ada di sekitar kantor lebih variatif dan banyak pilihannya.

Namun, menanggapi semua hal tersebut, ada cara untuk memenangkan persaingan di dalam menjalankan bisnis makanan ini, terutama catering

Membangun jaringan

Membangun jaringan memang tidak mudah pada awalnya. Namun, Anda harus mengetahui bahwa hal ini merupakan hal yang penting untuk dapat menjalankan bisnis makanan, terutama bisnis catering. Cara membangun jaringan yang baik adalah dimulai dari perkenalan atau test product kepada orang yang Anda kenal terlebih dahulu, baru setelah ia puas, Anda jangan lupa untuk menyampaikan pesan kepada rekan Anda tersebut untuk mereferensikan jasa catering Anda kepada rekan-rekannya yang lain. Tetapi ingat, untuk melakukan test product memang usahakan jangan hanya kepada satu orang saja. Perluas relasi sebanyak-banyaknya dan promosikan jasa Anda tanpa menyerah. Memang awalnya bukanlah hal mudah untuk membangun jaringan. Namun, jaringan ini merupakan salah satu cara pemasaran word of mouth yang sangat efektif. Selain dengan cara pemasaran mulut ke mulut atau word of mouth, Anda juga bisa membangun jaringan dari situs sosialisasi seperti facebook, twitter, mengiklankan di website, dan lainnya

Diversifikasi menu

Diversifikasi merupakan salah satu strategi penting di dalam bisnis makanan, terutama bisnis catering. Anda harus mengetahui, bahwa keragaman atau pilihan dari menu makanan yang Anda sajikan merupakan hal yang meningkatkan nilai jual bisnis makanan Anda. Karena itu, jangan pernah menjual produk atau jasa yang sama atau itu-itu saja, tetapi sediakan banyak pilihan yang akan meningkatkan nilai jual bisnis makanan Anda.

Meningkatkan kualitas layanan

Di dalam meningkatkan kualitas layanan Anda, ada tiga hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu on time, menerima masukan dari pelanggan atau calon pelanggan, dan juga kualitas makanan yang Anda hasilkan harus baik.

On time berarti Anda harus memperhatikan ketepatan waktu di dalam menjalankan bisnis makanan tersebut. Seperti jika Anda berbisnis catering, Anda harus bisa mengantarnya tepat waktu, dan hal tersebut adalah harga mati yang tidak bisa ditawar, karena kepercayaan konsumen sangat terletak dari ketepatan waktu Anda.

Menerima masukan dari pelanggan atau calon pelanggan berarti Anda harus mau untuk menerima kritik dan saran yang diajukan oleh pelanggan atau calon pelanggan Anda. Jangan pernah merasa tersinggung jika pelanggan mengatakan hal yang tidak berkenan mengenai makanan Anda. Akan tetapi, Anda harus bisa menerima semua kritik dan saran, karena itu adalah modal Anda untuk dapat lebih baik dalam menjalankan bisnis makanan, terutama di dalam bisnis catering

Kualitas yang baik adalah harus memperhatikan kualitas makanan, bahan makanan, packaging dan juga keunikan. Packaging merupakan hal yang penting karena kemasan yang buruk akan membuat image calon pelanggan menjadi buruk juga. Tetapi packaging yang baik akan lebih meningkatkan nilai jual bisnis Anda. Keunikan merupakan hal yang penting. Jika Anda mempunyai ciri khas di dalam penjualan makanan dalam catering Anda, yang tidak dimiliki oleh jasa catering lainnya, maka itu akan menciptakan nilai tambah bagi bisnis Anda, karena bagaimanapun jika menu dalam catering Anda tergolong unik, biasanya pelanggan rela merogoh kocek yang agak tinggi sekalipun untuk mendapatkan makanan khas tersebut.

--

Pelajaran dari Adam Young, Memanfaatkan Kekurangan Menjadi Kelebihan
Jumat, 05 Februari 2010 15:36 WIB

(managementfile- Sales & Marketing) - Saat ini, siapa yang tidak kenal akan Adam Young, seorang anak muda yang piawai dalam musik dan lebih terkenal lagi dengan grup music “Owl City” yang merupakan proyeknya. Saat ini, musiknya sedang digemari oleh banyak orang, bahkan berhasil bertahan di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika selama beberapa minggu.

Keberhasilannya memang benar-benar luar biasa. Hal tersebut terbukti dari beberapa lagu-lagunya yang memang menjadi favorit banyak orang, seperti “Fireflies”, “The Saltwater Room”, dan berbagai lagu-lagu lainnya yang saat ini menjadi kesukaan di telinga banyak orang.

Namun, di balik segala keberhasilannya, siapa yang menyangka bahwa sebenarnya Adam Young adalah seorang penderita insomnia? Dan siapa yang menyangka bahwa karya-karyanya yang luar biasa tersebut banyak tercipta ketika ia menderita insomnia?

Nah, mungkin di dalam hidup, seringkali kekurangan yang ada di dalam diri kita membuat kita tidak percaya diri dan menjadi tidak sanggup untuk menjual potensi yang ada di dalam diri kita. Seperti yang kita tahu, percaya diri merupakan salah satu kunci penting yang harus dimiliki seorang salesperson. Salah satu wujud percaya diri yang harus kita ketahui adalah “memanfaatkan kekurangan menjadi kelebihan”.

Memanfaatkan kekurangan menjadi suatu kelebihan merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang salesperson. Soal merubah atau memanfaatkan kekurangan menjadi kelebihan, seorang salesperson harus memiliki mental yang kuat seperti Adam Young, dimana penyakit insomnia yang dideritanya tidak membuatnya menjadi mengeluh dan tidak percaya diri, melainkan ketika ia terserang insomnia, ia justru memanfaatkan waktu pada saat ia mengalami kesulitan tidur itu untuk mengarang dan mengaransemen berbagai lagu yang pada akhirnya menjadi terkenal dimana-mana.

Di dalam marketing, kita juga harus sanggup untuk “memanfaatkan kekurangan menjadi kelebihan”. Hal tersebut sangat penting karena ketika kita memanfaatkan dan mengubah kekurangan kita menjadi suatu kelebihan, maka kita akan sanggup untuk meningkatkan nilai jual kita dalam hal apapun, baik nilai secara pribadi maupun nilai dari produk atau jasa yang kita pasarkan.

Beberapa cara untuk memanfaatkan atau merubah kekurangan menjadi suatu kelebihan :

Belajar untuk mengenali potensi diri

Belajar untuk mengenali potensi diri, berarti kita mencari tahu segala kelebihan yang ada di dalam diri kita. Misalnya, kita memiliki kemampuan untuk berkomunikasi di dalam pemasaran, kembangkanlah kemampuan komunikasi kita dengan sebaik-baiknya. Memang bisa jadi di dalam kemampuan kita berkomunikasi, kita bukanlah orang yang memiliki strategi yang baik di dalam menjalankan pemasaran kita. Tetapi Anda jangan berkecil hati, sambil terus belajar untuk mengembangkan strategi di dalam pemasaran Anda, terus tunjukkan keberanian Anda dalam berkomunikasi dan kembangkan kelebihan Anda secara terus-menerus dalam batas yang positif.

Tetap merasa percaya diri dan fokus kepada tujuan

Percaya diri merupakan salah satu kunci keberhasilan seorang salesperson. Selain percaya diri, fokus kepada tujuan juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan kita fokus kepada tujuan, kita juga menjadi disiplin dan tidak menganggap kekurangan kita sebagai hal yang akan menghambat kemajuan kita. Dengan kita mau untuk percaya diri dan fokus kepada tujuan, kita akan semakin terpacu untuk menjadi lebih baik dan hal tersebut justru akan memberikan nilai tambah bagi diri kita sebagai seorang salesperson.

Tidak menganggap bahwa kelemahan kita akan membuat kita menjadi tidak ada artinya, tetapi gali segala potensi yang ada di dalam diri dan berusaha untuk mengembangkan diri dengan mengemas dan menghargai diri sendiri dengan nilai yang setinggi-tingginya

Kelemahan yang kita alami, tidak boleh menjadi penghambat di dalam hidup kita. Ketika kita hanya berdiam diri, mengeluhkan kelemahan kita dan bahkan merasa hidup sudah tidak ada artinya karena kelemahan yang kita derita, kita akan membuat diri kita semakin terpuruk dan potensi kita yang sesungguhnya tidak akan pernah tergali dan berkembang.

Kita harus mau untuk aktif menggali potensi yang ada di dalam diri kita dan juga menghargai diri kita begitu tinggi. Dengan itu, kita akan sanggup untuk merubah kelemahan menjadi kelebihan yang meningkatkan nilai jual kita dan juga produk atau jasa yang kita hasilkan. Kita juga harus bisa untuk mengemas dan menghargai diri kita dengan setinggi-tingginya.

Mengemas dan menghargai diri kita dengan setinggi-tingginya bukan berarti kita menjadi angkuh atau sombong, tetapi kita yakin dengan kemampuan kita dan tidak memandang kelemahan kita. Dan dengan keyakinan tersebutlah kita akan terpacu untuk menggali potensi diri dan sanggup mengubah kelemahan kita menjadi suatu kelebihan yang akan semakin memberikan nilai jual yang tinggi bagi diri kita sendiri maupun produk atau jasa yang kita hasilkan.

--

Musik, Elemen Packaging Yang Penting Dalam Bisnis Perfilman
Selasa, 02 Maret 2010 18:01 WIB

“The Hills are alive, with the sound of music..With songs they have sung for a thousand year..The hills fill my heart with the sound of music..My hearts wants to sing every song it hears”..

Lirik lagu diatas merupakan cuplikan dari lagu “The Sound of Music” yang merupakan soundtrack film “The Sound of Music” yang tersohor. Ya, film musikal yang terkenal pada tahun 1965 ini merupakan film yang abadi sampai sekarang. Bahkan, lagu “The Sound of Music” tersebut masih suka dinyanyikan oleh banyak orang sampai saat ini. Dan bukan hanya itu saja, film “The Sound of Music” sendiri merupakan film yang abadi dan diingat orang sampai sekarang. Mengambil contoh lagu dan film “The Sound of Music”, kita semua mengetahui bahwa musik merupakan unsur penting yang mendukung pemasaran dalam industri perfilman.

Seperti kita lihat betapa berhasilnya film “The Sound of Music” yang legendaris, selain lagu “The Sound of Music”nya yang terkenal, beberapa lagu lainnya seperti Climb Ev’ry Mountain, Do-Re-Mi, Edelweiss, Sixteen Going On Seventeen, dan beberapa lagu lainnya menjadi popular bahkan sampai sekarang pun lagu-lagu ini sering dinyanyikan di kalangan high society dimana-mana.

Selain film “The Sound of Music”, contoh lainnya adalah film “The Lion King” yang merupakan salah satu mahakarya dari Disney, dimana lagu-lagunya merupakan karya yang abadi dan tetap enak didengar bahkan sampai saat ini. Selain itu, ada juga film “High School Musical” yang bahkan dibuat beberapa serial karena soundtrack lagu-lagunya yang enak didengar.

Pertanyaannya saat ini adalah, bagaimana kita bisa mengetahui musik yang tepat untuk film yang akan kita pasarkan? Berikut ada beberapa cara yang tepat :

Pilihlah jenis musik yang sesuai dengan tema film tersebut

Musik yang dipilih untuk sebuah film harus sesuai dengan tema film yang akan diproduksi. Misalnya, film tersebut membahas mengenai dunia anak sekolah, lagu-lagu tersebut haruslah yang sesuai dengan tema anak sekolah. Seperti contohnya jenis lagu A merupakan lagu yang sangat baik dan sangat enak didengar, namun lagu A tersebut ternyata tidak cocok untuk tema film yang berhubungan dengan anak sekolah, melainkan lebih cocok dengan segmen anak mahasiswa atau yang lainnya. Contoh lainnya, lagu B sangat cocok untuk film bertema opera, namun belum tentu cocok untuk film bertema drama komedi. Karena itu, pilihlah lagu dengan jenis musik yang sesuai dengan tema film yang akan diproduksi.

Perhitungkan segmen pasar yang menjadi sasaran dari film yang akan diproduksi dan dipasarkan

Selain jenis musik, segmen pasar merupakan hal yang harus kita perhitungkan di dalam mencari lagu yang cocok untuk industry perfilman. Seperti apabila kita mengincar segmen menengah keatas, mungkin lagu jenis jazz dan klasik merupakan jenis lagu yang cocok untuk film yang bersegmen menengah keatas yang cenderung bertema opera, drama yang berkelas, atau lainnya. Tetapi, jika segmen pasarnya misalnya adalah anak muda, lagu yang lebih easy listening merupakan lagu yang pas untuk film yang mengincar segmen pasar yang kebanyakan adalah anak muda. Jadi, segmen pasar salah satu hal penting yang harus diperhitungkan di dalam memilih lagu untuk film yang akan kita produksi dan pasarkan.

Tambahkan unsur lainnya yang mendukung, seperti tarian dan lainnya

Selain musik, ada unsur lainnya yang juga mendukung dan dapat meningkatkan brand awareness dari film itu sendiri, yaitu seperti tarian. Film seperti “High School Musical”, selain lagu-lagunya yang enak didengar, koreografi tarian di film tersebut juga membuat penonton serasa hidup dan ingin menari bersama ketika menonton film tersebut. Karena itu, selain memperhitungkan jenis lagu dan segmen pasar, unsur lainnya seperti tarian dan lainnya juga harus diperhitungkan untuk membuat pemasaran film tersebut menjadi berhasil dan juga meningkatkan brand awareness terhadap film tersebut.

--

Kisah-Kisah Sukses Kampanye Viral Marketing di Industri Entertainment
Minggu, 14 Maret 2010 11:00 WIB

(managementfile – Marketing) – Viral marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang paling kuat saat ini, terutama ditunjang dengan adanya media internet seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Dunia entertainment banyak menuai hasil yang sukses dari viral marketing. Berikut ini adalah beberapa kisah sukses dari kampanye viral marketing di industri entertainment.

Blair Witch Project
Blair Witch Project merupakan pionir dalam menjalankan viral marketing di internet secara sukses. Film ini bahkan mencetak Guinness Book of World Records untuk “Top Budget: Box Office Ratio”. Film ini hanya membutuhkan biaya produksi sebesar $22,000 dan berhasil membukukan pendapatan $240.5 juta, rasio biaya $1 untuk setiap $10,931 yang dihasilkannya.

Pemasaran film ini dimulai dengan buzz yang mengabarkan bahwa terdapat tiga siswa yang sedang membuat film dokumenter hilang di hutan. Kisah ini diceritakan di sebuah website yang memuat berbagai aspek mengenai kasus tersebut, mulai dari biografi 3 siswa yang hilang, berbagai wawancara dengan orang tua, penyelidik, polisi, hingga liputan yang dimuat media. Di situs tersebut pula, user bisa melakukan chat hingga dapat berbicara satu sama lain.

Website tersebut begitu meyakinkan, sehingga saat itu masyarakat percaya bahwa cerita itu benar. Mereka tidak tahu bahwa ini adalah cerita sebuah film. Saat itu validitas cerita tidak dipertanyakan, karena penggunaan intenet masih terbatas sekali, seperti Youtube, dan belum ada media seperti Facebook ataupun Twitter. Cerita ini begitu populer di masyarakat, sehingga ketika kemudian dikatakan akan difilmkan, orang jadi penasaran dan membuat film ini meledak.

The Dark Knight
Sekuel film Batman, The Dark Knight merupakan salah satu viral marketing yang paling menarik dan interaktif. Yang dilakukan Warner Bros pertama-tama adalah hanya membuat situs The Dark Knight, dan mengisinya dengan gambar logo Batman. Namun ketika gambar tersebut diklik, maka situs tersebut langsung ter-redirect ke situs yang gambarnya Harvey Dent, salah satu karakter dalam film tersebut. Selanjutnya situs tersebut ter-redirect ke situs lainnya, yang memperlihatkan bahwa gambar Harvey Dent sudah terkena deface oleh Joker.

Selanjutnya, user diminta untuk memasukkan alamat email dan kode verifikasi, yang kemudian di dalam email akan diberikan koordinat tertentu untuk menghapus satu pixel pada gambar yang telah mengalami deface tersebut. Karena satu email hanya terbatas boleh menghapus satu pixel saja, maka ini mendorong suatu viral marketing yang hebat. Setiap fans yang penasaran tentunya akan mengabarkan ini kepada teman-temannya, baik lewat word-of-mouth, instant messages, social network, dan lainnya. Hasilnya, dalam beberapa jam saja, gambar di balik poster tersebut sudah terbuka, menunjukkan poster Joker yang dibintangi almarhum Heath Ledger.

Album Radiohead: In Rainbows
Bulan Oktober 2007, Radiohead melakukan gebrakan di industri musik dengan mengumumkan bahwa mereka membagi-bagikan album digitalnya secara gratis, yang dapat diunduh lewat website. Radiohead membebaskan para fans untuk membayar BERAPAPUN jumlah yang dianggap pantas oleh para fans, itupun jika mereka mau.

Nyatanya, ini adalah salah satu gebrakan pemasaran tersukses dalam industri musik. Hanya dalam dua minggu, Radiohead berhasil menjual 1.2 juta album, dengan rata-rata harga $8 tiap pembeli, artinya pendapatan yang dihasilkan sebesar $9.6 juta. Prestasi yang luar biasa jika mengingat album ini tidak punya anggaran pemasaran sama sekali, hanya mengandalkan viral marketing.

Jika dipikir-pikir, mungkin Radiohead dapat memperoleh uang lebih banyak dibandingkan jumlah tersebut. Namun, dengan begini mereka benar-benar menerapkan `value for money`, serta memperoleh popularitas dan reputasi yang lebih besar dibandingkan jika menerapkan pemasaran konvensional. Selagi albumnya meledak di pasar, tentunya Radiohead dapat memperoleh alternatif pendapatan dari sumber lain seperti konser dan merchandise.

--

Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Ekspor di Indonesia
Rabu, 17 Maret 2010 14:39 WIB

(Managementfile – Sales and Marketing ) - Ekspor dan impor merupakan hal yang penting di dalam dunia pemasaran. Tanpa adanya ekspor dan impor maka produk atau jasa yang kita hasilkan tidak akan dikenal dan dipasarkan di mancanegara.

Seperti yang kita ketahui, perusahaan yang mengekspor barangnya ke luar negeri pasti menggunakan jasa transportasi. Salah satu jasa transportasi yang digunakan adalah kapal laut melalui pelabuhan tertentu, seperti Tanjung Priok, Tanjung Perak, Belawan, dan beberapa pelabuhan lainnya yang memiliki custom/bea cukai.

Salah satu hal yang menjadi tanggungan para pengekspor/pengimpor yang menggunakan jasa kapal laut adalah sea freight, yaitu ongkos kirim barang/containerized cargo, melalui kapal laut dari pelabuhan asal atau POL (port of loading) menuju ke pelabuhan tujuan atau POD (port of destination), baik itu lokal maupun antar negara. Sea freight merupakan hal yang sangat berpengaruh di dalam ekspor, karena jika sea freight mengalami kenaikan, maka hal tersebut bisa memberikan dampak yang besar bagi perdagangan ekspor di Indonesia.

Krisis ekonomi merupakan hal yang memberikan dampak bagi perdagangan ekspor di Indonesia karena dapat mengakibatkan kenaikan sea freight. Kenaikan dari sea freight dapat memberikan efek negatif yang cukup serius, karena hal itu mengakibatkan penurunan volume ekspor ke luar negeri, yang berarti berkurangnya pendapatan perusahaan pengekspor barang dan juga pemerintah melalui pajak.

Krisis ekonomi yang mengakibatkan sea freight menjadi mahal akan mengakibatkan barang-barang ekspor di Indonesia tidak mampu bersaing di pasaran internasional dan hal tersebut memberikan dampak yang sangat buruk bagi pemasaran barang maupun jasa ke luar negeri.

Dampak yang terjadi akibat kenaikan sea freight adalah produsen (shipper) menurunkan produksinya atau melakukan cost cutting. Ketika produksi turun, maka secara otomatis ekspor juga menjadi turun dan pada akhirnya mengakibatkan muatan kapal juga menjadi turun.

Akibat dari ekspor yang kurang adalah kargo menjadi kosong dan muatan kapal menjadi sedikit. Hal tersebut mengakibatkan kesulitan bagi perusahaan jasa angkutan ekspor dan impor (forwarder) dan perusahaan kapal cargo (shipping line/liner), karena meskipun muatan kapal tidak penuh, kapal tersebut tetap harus berjalan.

Kenaikan sea freight sendiri semata-mata bukan hanya disebabkan oleh kenaikan ongkos kapal laut, tetapi didalamnya juga ada faktor-faktor lainnya seperti THC ( Terminal Handling Cost). Karena kenaikan THC tersebut, maka hal tersebut bisa menimbulkan protes dari liner,dan menyebabkan mereka tidak mau mengangkut barang di Indonesia. Hal tersebut bisa memberikan dampak yang buruk bagi ekspor di Indonesia, karena jika tidak ada yang mau mengangkut barang di Indonesia, maka ekspor menjadi terlantar.

Jika ekspor di Indonesia menjadi terlantar, maka hal tersebut bisa memberikan dampak yang buruk bagi perdagangan di Indonesia. Solusi agar ekspor di Indonesia tidak terlantar akibat krisis adalah cost cutting baik dari pihak shipper (produsen/pemilik barang) dan juga liner (perusahaan kapal kargo) agar ekspor di Indonesia menjadi tetap berjalan dengan baik.

-

Merancang Strategi Marketing B2B
Kamis, 25 Maret 2010 18:30 WIB

(managementfile – Sales & Marketing) – Selama ini kita lebih banyak membincangkan mengenai aspek pemasaran untuk business-to-consumer (B2C) dan jarang menyentuh ranah business-to-business (B2B). Pemasaran B2B mempunyai beberapa perbedaan yang substansial dengan B2C, sehingga strategi yang diterapkan juga harus berbeda.

Dalam merancang strategi untuk pemasaran kepada B2B, kita harus mengalihkan pikiran kita dari mindset pelanggan ke mindset bisnis. Bicara tentang bisnis, yang menjadi fokus mereka adalah efektif dan efisien, jadi strategi pemasaran Anda harus berfokus pada kedua hal tersebut.

Efektif dan Efisien
Pemasaran barang dan jasa kepada konsumen, biasanya kita memfokuskan pada manfaat. Keputusan pembelian tidak hanya berdasarkan pada fungsi saja, melainkan juga emosional. Meskipun mungkin fungsi tidak terlalu besar, namun memberikan nilai emosional yang tinggi, maka konsumen akan membeli.

Hal tersebut tidak berlaku pada B2B. Bisnis tidak akan membeli sesuatu karena punya nilai emosional, melainkan murni hanya fungsi yang ditawarkan oleh suatu produk/jasa terhadap bisnis mereka. Anda perlu menjelaskan bagaimana produk/jasa yang Anda tawarkan sempurna dengan operasional bisnis yang mereka jalankan.

Selain fungsional, bisnis juga paling fokus pada hal efisiensi. Oleh karena itu Anda harus menekankan bagaimana manfaat penghematan yang ditawarkan oleh produk/jasa Anda. Penghematan ini bisa dalam bentuk biaya, waktu, ataupun sumber daya.

Build Relationship
Kehilangan satu pelanggan pada B2C mungkin akibatnya tidak akan signifikan dalam jangka pendek. Sementara,. B2B biasanya melibatkan transaksi dengan volume yang besarnya substansial, sehingga satu klien bisa berpengaruh besar terhadap bottom line. Sementara itu, untuk mengakuisisi pelanggan baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa menjaga hubungan baik dengan klien-kliennya.

Berikan layanan yang baik, selama purchase maupun post-purchase, sehingga klien tetap merasa puas dengan produk dan layanan Anda. Jangan segan untuk sekali-kali memberikan ekstra dan promo kepada klien yang memang sudah menjadi pelanggan lama.

Evaluate
Value merupakan sesuatu yang sangat penting bagi klien, oleh karena itu, ini juga harus menjadi perhatian Anda. Bagaimana produk dan layanan Anda memberikan value kepada bisnis mereka? Value inilah yang membuat mereka bertahan kepada produk dan layanan Anda.

Selain itu, tentu Anda juga ingin mengevaluasi produk/layanan dari para pesaing. Apakah para pesaing dapat memberikan value yang lebih dibandingkan dengan Anda? Jika ya, maka Anda punya risiko kehilangan pelanggan di masa depan. Evaluasi produk dan layanan Anda terus menerus, dan lakukan peningkatan supaya dapat memberikan value secara konsisten kepada klien.


--

Be Different ? It’s Great!!
Minggu, 18 April 2010 11:30 WIB

(Managementfile – Sales & Marketing) - Siapa bilang sesuatu yang berbeda itu sudah pasti aneh dan tidak disukai? Asal tahu saja, untuk membuat produk atau jasa kita laku dijual di pasaran, kadang memang kita harus bersikap berbeda. Berbeda yang dimaksud bukan berarti kita menjadi tidak wajar atau bahkan berlaku tidak wajar, akan tetapi berbeda yang dimaksud adalah memiliki ciri khas yang membuat kita mudah untuk diingat.

Bila Anda bergerak di dunia musik dan entertainment, memiliki teks lagu atau gaya bermusik yang unik? Mengapa tidak! Ingat saja Adam Young dalam lagunya “The Bird and The Worm” yang potongan liriknya berbunyi : “You and I left our troubles far behind, troubles far behind..But I still have just one more question on my mind..For all my pals who live in the oceans and the seas..With friends like these well, who needs enemies” Mendengar liriknya, memang unik kan? Tapi buktinya lagu tersebut juga menjadi lagu yang hits dan popular.

Selain Adam Young, ada lagi Justin Bieber. Penyanyi lagu “Baby” dan “One Time” asal Canada yang lahir pada tahun 1994 ini ditemukan oleh pencari bakat yang menemukan videonya yang dipublikasikan di YouTube. Memang banyak cara yang terlihat “berbeda” yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang kita lakukan. Seperti Adam Young yang membuat lagu dengan lirik yang unik atau Justin Bieber yang menjadi popular melalui YouTube, hal tersebut menunjukkan bahwa banyak cara “berbeda” yang unik untuk memasarkan keahlian serta produk atau jasa yang kita miliki dan hasilkan.

Soal berbusana, jangan takut untuk berbeda agar kita lebih diingat orang. Misalnya, kalau yang berbaju ungu itu pasti si A atau yang suka mengenakan asesoris warna oranye pasti si N. Tetapi tentu saja mencari busana yang “unik” dan “berbeda” bukan berarti berbusana seronok atau berdandan yang terlalu tidak lazim sehingga bisa menimbulkan persepsi negatif dari masyarakat. Kita mungkin bisa menandai diri kita sendiri dengan ciri khas yang kita bisa tonjolkan dan tentu saja tetap tidak menimbulkan efek negatif dari masyarakat.

Banyak hal “berbeda” lainnya yang bisa kita lakukan untuk membuat produk atau jasa serta keahlian yang kita miliki dikenal dan laku dijual di pasaran. Misalnya saja, dari cara berbicara kita yang jago melawak tanpa menjaga image yang berlebihan, keahlian kita untuk membuat suasana menjadi ceria, gaya berbusana kita yang unik sehingga menjadi trendsetter, atau bisa juga dengan berbagai cara lainnya seperti sifat yang supel, down to earth,sopan, serta berbagai cara lainnya agar kita terlihat berbeda namun dikenal dan diingat oleh orang lain. Percaya atau tidak, keunikan dan ciri khas yang kita miliki seringkali dapat membuat kita lebih mudah untuk memasarkan produk, jasa atau keahlian yang kita miliki.

So, don’t afraid to be different!! Still confident and be the real you!!


--

Ada Apa dengan Toyota?
Jumat, 12 Februari 2010 18:00 WIB

(managementfile – Quality) – Toyota, yang selama puluhan tahun dikenal dengan quality management yang handal dan jadi benchmark, yakni Toyota Production System (TPS) kali ini tersandung juga. Masalah yang terjadi pada karpet dan pedal, yang bahkan mengakibatkan kematian, memaksa Toyota untuk melakukan recall terhadap 8 juta produknya di seluruh dunia.

Apa yang terjadi dengan Toyota? Benarkah mereka sudah kehilangan kualitasnya?Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita analisa apa yang terjadi.

Pertama, terdapat kasus dimana karpet tidak terpasang dengan baik, sehingga membuat pedal gas stuck dan kendaraan terus akselerasi. Masalah inilah yang diduga mengakibatkan kecelakaan satu keluarga di AS, yang berujung pada kematian. Kedua, juga terdapat laporan mengenai masalah rem yang blong.

Banyak pihak yang menuding bahwa Toyota terlalu agresif dalam berekspansi, sehingga melupakan kualitas yang sudah menjadi keunggulan utama mereka selama ini. Benarkah? Terlalu dini untuk menyatakan demikian.

Menurut data dari National Highway Traffic Safety Administration, komplain mengenai Toyota sejak tahun 2001 hingga awal Februari ini hanya sebanyak 9.1%, padahal pangsa pasar mereka di AS cukup besar, yakni sebanyak 13.5%. Ini merupakan angka yang cukup baik. Bandingkan misalnya dengan Land Rover yang komplainnya mencapai 0.6%, padahal pangsa pasarnya hanya sebesar 0.1%.

Hanya saja, Toyota terekspos terutama karena kecelakaan pada satu keluarga, yang kemudian memicu mereka melakukan jutaan recall. Tindakan recall besar-besaran inilah yang menjadikan seolah-olah Toyota sudah kehilangan kualitasnya. Padahal, recall sendiri merupakan tindakan Toyota yang serius menangani komplain dan menaruh `safety` jadi prioritas, mengantisipasi adanya korban lain, selagi melakukan pengecekan masalah dan perbaikan.

Lalu apa langkah yang harus dilakukan Toyota saat ini?

Pertama-tama, tentunya Toyota harus melakukan pendefinisian terhadap masalah. Apa yang menjadi akar permasalahan? Lakukan investigasi terhadap komplain-komplain yang ditujukan kepada Toyota.

Apakah benar akselerasi kendaraan bertambah karena gas terjepit oleh karpet? Jika benar karena karpet, lalu dimana letak kesalahannya? Karpet yang terlalu besar? Dealer yang memasangnya kurang pas? Atau karena tergeser oleh pemakaian? Lalu bagaimana rem bisa blong? Dalam kondisi seperti apa rem bisa blong? Akar permasalahannya harus dicari.

Kedua, setelah menemukan akar permasalahannya, tentunya Toyota harus memecahkan masalah ini. Solusi yang dilakukan bisa bermacam-macam, mulai dari perbaikan proses, perbaikan software, dan/atau perbaikan hardware. Continuous improvement harus tetap menjadi semangat Toyota, dengan berusaha mencapai zero defect. Lakukan pengujian-pengujian ulang setelah perbaikan dilakukan. Akio Toyoda bahkan berniat untuk melibatkan ahli quality control dari luar Toyota untuk membantu.

Terakhir, yang tidak kalah penting adalah bagaimana Toyota dapat menangani komplain pelanggan dan memperbaiki reputasinya. Toyota harus menyampaikan masalah secara transparan, serta menyampaikan solusi yang mereka kerjakan. Hal ini demi menjaga kepercayaan pelanggan.

Reputasi Toyota dipertaruhkan kali ini, karena jutaan recall bukanlah angka yang kecil. Oleh karena itu, Toyota butuh terobosan besar dalam public relation. Toyota harus menyampaikan bahwa kualitas dan safety merupakan nilai yang mereka junjung, dan masalah ini menjadi perhatian utama yang akan diselesaikan dengan baik.

Apakah Toyota akan bisa melewati hal ini? Dari segi memperbaiki kualitas, saya yakin sekali dengan Toyota. Namun, kunci sukses Toyota akan ada pada public relation mereka. Toyota perlu public relation yang dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada mereka.


--

Menggabungkan Six Sigma dan Balance Scorecard
Senin, 11 Januari 2010 16:00 WIB

(managementfile – Quality) – Untuk melakukan continuous improvement dalam organisasi, salah satu metode yang digunakan adalah Six Sigma. Jika Six Sigma digabungkan dengan Balanced Scorecard, maka keduanya menjadi tool yang makin powerful, karena menyelaraskan antara proyek Six Sigma dengan tujuan dan strategi organisasi.

Six Sigma merupakan aktivitas proyek yang dilakukan organisasi dalam rangka continuous improvement, yang diharapkan dapat menghasilkan penghematan sekaligus meningkatkan kinerja.

Sementara itu, Balanced Score Card merupakan tool yang dapat membantu organisasi untuk berfokus kepada aspek-aspek penting dalam bisnis, sekaligus melakukan evaluasi terhadap perkembangan yang sudah dicapai. Dalam Balanced Score Card, karyawan harus mengubah tujuan organisasi menjadi metrik kinerja dari empat aspek. Keempat aspek berikut inilah yang menjadi sudut pandang dari Balanced Score Card.

• Customer: bagaimana pelanggan memandang organisasi?
• Internal Process: di area mana yang seharusnya menjadi unggulan organisasi?
• Learning/Growth: bagaimana organisasi dapat meningkatkan dan menciptakan value?
• Financial: bagaimana pemegang saham memandang organisasi?

Bagaimana Six Sigma dan BSC bisa menjadi perpaduan yang sempurna? Intinya adalah karena keduanya merupakan metode yang dapat membantu meningkatkan kinerja dari organisasi.

BSC membantu dalam rangka menunjukkan area-area mana saja yang perlu ditingkatkan. Melalui BSC, maka metric-metrik akan memperoleh 3 jenis rating, yakni merah untuk buruk, kuning untuk mixed, dan hijau untuk sempurna. Dengan rating ini, maka kita dapat mengetahui aspek mana yang perlu diperbaiki. Selanjutnya, maka dirancanglah proyek-proyek Six Sigma yang ditujukan untuk meningkatkan aspek-aspek yang lemah.

Metode Six Sigma menjalankan proyek-proyek yang berupaya dalam meningkatkan kinerja organisasi. Sementara itu, BSC kembali menjadi metrik yang menjadi tolak ukur dari kemajuan dari kinerja organisasi. Jadi, penggunaan BSC menjadikan proyek Six Sigma yang dilakukan selaras dengan tujuan dan strategi organisasi. Apa yang menjadi focus organisasi, kemudian ditingkatkan lewat Six Sigma.

Faktor yang menjadi kunci sukses dari penggunaan Six Sigma dan BSC ini adalah partisipasi dari seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam melakukannya. Pentingnya Six Sigma dan BSC harus dikomunikasikan dengan baik kepada seluruh karyawan.


Balanced Scorecard juga bermanfaat sebagai alat mengkomunikasikan strategi pada karyawan. Melalui BSC. maka karyawan akan dapat memahami bahwa kontribusi mereka terkait langsung dengan kinerja organisasi. Mereka akan memahami bahwa . empat perspektif dalam BSC saling berpengaruh satu sama lainnya. Sehingga, keempat perspektif tersebut semuanya harus berjalan dengan baik, jika strategi ingin berjalan dengan lancar, dan tujuan organisasi tercapai.

Ketika rating jatuh ke indikator merah, tentunya ini menunjukkan bahwa terdapat kinerja yang bermasalah. Jika karyawan paham pentingnya Six Sigma dan BSC, maka mereka akan berinisiatif untuk mengambil langkah dalam melakukan perbaikan dalam area yang bermasalah tersebut. Apalagi, jika satu area mengalami masalah, maka ini berpotensi menghasilkan masalah ke area lainnya.

Sehingga, Six Sigma dengan Balanced Scorecard akan menjadi tools yang powerful jika digabungkan. Six Sigma meningkatkan kinerja, sementara BSC menyediakan indikator lewat metrik untuk mengevaluasi kinerja. Penggunaan keduanya juga memungkinkan untuk menyelaraskan antara continuous improvement dengan strategi dan tujuan organisasi.

--
Mengenal Taguchi Method, Offline Quality Control
Kamis, 17 Desember 2009 15:00 WIB

(managementfile – Quality) - Taguchi Method adalah metode statistik yang dirintis oleh Dr. Genichi Taguchi pada sekitar tahun 60-an. Metode ini awalnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari produk manufaktur. Namun, dalam prakteknya metode ini juga dapat diimplementasikan pada bidang teknik, bioteknologi, pemasaran, hingga periklanan.

Menurut Taguchi, metodenya ini merupakan suatu bentuk `offline quality control` karena memastikan kinerja kualitas yang bagus sejak dari tahap desain produk atau proses. Melalui penerapan Taguchi method, maka perusahaan dapat mengurangi waste dalam proses pengembangan produk, menghemat biaya secara signifikan, sehingga meningkatkan bottom line.

Tools yang digunakan dalam metode Taguchi diantaranya adalah:

1. Process diagram (P-diagram)
P-Diagram adalah diagram yang digunakan untuk mengelompokkan variabel-variabel yang terkait dalam suatu proses, antara lain faktor signal (input), response (output), noise dan control.

Pertama-tama, identifikasi input dan output dari konsep yang sedang didesain. Kemudian identifikasi apa saja yang menjadi control dan noise factor. Control factor merupakan parameter yang dapat diukur oleh desainer, sementara noise factor merupakan parameter yang berada di luar kontrol desainer.

Selanjutnya, desainer mengatur control factor supaya deviasi yang terjadi minimum dalam biaya rendah. Selain itu, noise factor juga harus dipertimbangkan dalam melakukan desain, demi menghindari banyaknya kegagalan produk dan biaya yang terjadi akibat desain yang buruk.

Setelah itu, desainer mengatur deviasi yang dibolehkan dari nominal, dengan menyeimbangkan antara cost dengan benefit bagi pelanggan. Proses ini disebut dengan tolerance design. Hasil menggunakan parameter design diikuti dengan tolerance design merupakan produk dengan biaya yang rendah.

2. Ideal function, yang digunakan untuk menentukan bentuk ideal dari hubungan signal-response dalam konsep desain, sehingga higher level system work perfectly.

3. Quadratic Loss Function, yakni digunakan untuk mengkalkulasi kerugian yang terjadi pada user akibat kinerja yang menyimpang dari target. Fungsi ini bentuknya bisa berbeda-beda, tergantung situasinya. Pengukuran ini sangat bermanfaat untuk menghitung kepuasan pelanggan dan menentukan toleransi yang optimum.


4. Signal-to-Noise Ratio yakni mengukur perbandingan antara kekuatan signal (output) dibandingkan dengan noise. Semakin tinggi rasio ini, maka semakin disukai.


5. Orthogonal Array, digunakan untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan control factor dan beberapa eksperimen.

Langkah-langkah dalam membuat parameter design adalah:
1. menentukan karakteristik output yang sesuai dan ingin dioptimalkan
2. menentukan control factor dan levelnya, kemudian mengidentifikasi hubungan yang mungkin terjadi
3. menentukan noise factor dan levelnya
4. menentukan inner dan outer array, kemudian menaruh control factor pada inner array sementara noise factor pada outer array
5. lakukan eksperimen
6. lakukan analisa statistik dan prosedur optimization berikut:
a. pilih level control factor yang dapat memaksimalkan S/N
b. pilih mean adjusting factor terhadap target value
7. prediksikan kinerja optimal output berdasarkan kombinasi level control factor yang optimal, dan lakukan eksperimen untuk memverifikasi hasil tersebut

Penjelasan panjang lebar tidak akan dibahas, karena terlalu teknis, namun Anda bisa mempelajari lebih lanjut melalui resource di internet, ataupun mengikuti pelatihan Six Sigma. Intinya, metode Taguchi ini berusaha meminimalisir cost of quality dengan menjalankan offline quality control, yakni menciptakan produk dengan desain yang optimal.

Kontribusi Genichi Taguchi sangat besar terhadap dunia statistik dan teknik. Pendekatannya mengenai loss to society, teknik dalam mengukur variasi dalam eksperimen, serta strateginya dalam system, parameter, dan tolerance design berpengaruh besar dalam meningkatkan kualitas manufaktur di seluruh dunia.


Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Taguchi_methods
http://www.isixsigma.com/library/content/c020311a.asp
http://www.slideshare.net/rbalisnomo/Introduction-To-Taguchi-Method-05Sep08
http://www.itl.nist.gov/div898/handbook/pri/section5/pri56.htm
www.phadkeassociates.com

foto: http://www.omnilingua.com/gif/photos/lossfunction.gif, http://www.isixsigma.com/library/graphics/ideal-function-signal-noise-ratio.gif,

-

Peran Krusial Six Sigma dalam Pemerintahan
Jumat, 13 November 2009 16:00 WIB

(managementfile – Quality) – Six Sigma selama ini selalu diasosiasikan dengan perusahaan manufaktur. Padahal, Six Sigma juga dapat diimplementasikan pada area lainnya, seperti perusahaan jasa, bahkan pemerintahan. Bagaimana pemerintah dapat memanfaatkan Six Sigma untuk meningkatkan kinerja?

Peran Six Sigma dalam pemerintahan terdapat pada level makro maupun mikro. Pada level makro, pemerintah berfungsi sebagai stimulator maupun katalis untuk menciptakan perekonomian dalam suatu negara, seperti investasi, fiskal, perdagangan hingga kebijakan. Sementara itu, pada level makro, Six Sigma membantu dalam meningkatkan pengelolaan pemerintahan, supaya lebih efektif, efisien dan ekonomis.

Dalam mengelola negara, pemerintah mengalami dilema. Di satu sisi, mereka harus memberikan berbagai layanan lengkap kepada publik. Sementara itu, di sisi lain, pemerintah juga dituntut untuk efisien, tidak menghamburkan uang negara yang berasal dari pajak masyarakat. Six Sigma bisa menjadi tools yang sangat bermanfaat karena selain punya fokus kepada kepuasan pelanggan, juga dapat memangkas biaya secara signifikan.

Red Tape Reduction
Pemerintah merupakan institusi yang membuat regulasi dan kebijakan. Pemerintah idealnya membuat regulasi yang seefisien mungkin, dengan demikian sektor swasta tidak terbebani dengan regulasi yang terlalu banyak, sehingga biaya yang mereka keluarkan juga lebih sedikit. Usaha pemerintah dalam mengurangi dan memperbaiki regulasi seringkali disebut sebagai `red tape reduction`

Dengan melakukan red tape reduction, tentunya pemerintah dapat menjalankan proses yang lebih efisien. Sementara itu, dengan regulasi yang lebih baik pemerintah juga menurunkan biaya yang ditanggung oleh sektor swasta. Misalnya, pemerintah daerah yang memperbaiki regulasi terkait dengan perizinan investasi, sehingga memperbaiki iklim investasi. Iklim investasi yang membaik tentunya mendorong investor untuk datang, sehingga pertumbuhan ekonomi bakal meningkat.

Apa saja yang diperlukan untuk menerapkan Six Sigma dalam pemerintahan?

• Komitmen Pemimpin. Pemimpin harus punya komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan Six Sigma dalam pemerintahannya jika ingin sukses. Perubahan yang radikal akibat Six Sigma tentunya akan dapat banyak penolakan, oleh karena itu pemimpin harus menjadi pihak penggerak utama.

• Selaras dengan Strategi dan Visi. Six Sigma harus selaras dengan strategi dan visi pemerintah, sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan.

• Fokus pada Pelanggan. Six Sigma selalu fokus pada kebutuhan pelanggan, dan selalu dimulai dari sana. Pertama-tama yang dilakukan adalah mengidentifikasi proses, output, serta pelanggan-pelanggan yang dilayani. Kemudian baru identifikasi apa saja customer requirement.

• Infrastruktur formal Six Sigma dalam organisasi Anda juga penting, diantaranya yakni sponsor/champions, process owner, Master Black Belt, Black Belt, Green Belt serta anggota tim.

• Training, yang merupakan salah satu faktor vital juga dalam implementasi Six Sigma. Selain untuk mengkomunikasikan pentingnya Six Sigma, seluruh karyawan juga perlu untuk punya pemahaman mendalam mengenai metode Six Sigma, serta berbagai tools dan metrik yang digunakan di dalamnya.

• Six Sigma harus menjadi bagian dari culture dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Mindset dan culture Six Sigma harus ditanamkan pada diri setiap orang, jika tidak maka implementasi terancam gagal. Oleh karena itu, perlu disiapkan strategi untuk menghadapi penolakan terhadap Six Sigma

• Kinerja dan remunerasi juga harus terhubung langsung dengan Six Sigma. Lebih dari 60% perusahaan yang kinerjanya cemerlang dalam Six Sigma mengaitkan reward dengan strategi bisnis dan proyek Six Sigma.

Six Sigma dapat membantu pemerintah dalam menjalankan berbagai pelayanannya terhadap publik, penegakan hukum, serta membantu berbagai departemen dalam bidang keuangan, SDM, memperbaiki proses dan melakukan penghematan. Selain itu, Six Sigma juga bakal menciptakan culture efisien dan tanggung jawab kepada karyawan pemerintahan.

Di AS, Fort Wayne, Indiana merupakan salah satu kota yang pertama kali mengimplementasikan Six Sigma. Mereka memanfaatkan metode Six Sigma untuk melakukan perbaikan pada berbagai bidang, seperti mengontrol polusi limbah, SDM, transportasi, sampah, community development, dan lainnya. Six Sigma berhasil menekan biaya, meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, serta meningkatkan produktivitas pemerintah kota. Hasilnya, proyek Six Sigma berhasil menghasilkan penghematan sebesar $3 juta bagi kota tersebut.


--

Mengenal Thoughts Process Map, Tool Six Sigma
Selasa, 27 Oktober 2009 11:00 WIB

(managementfile – Quality) – Untuk menjalankan suatu proyek Six Sigma dengan sukses, maka Anda harus mempunyai fondasi yang kuat. Salah satu perangkat yang digunakan untuk memantapkan fondasi ini adalah Thought Process Map yang biasa disingkat TMAP atau TPM.

TMAP adalah suatu bentuk visual dari sejumlah ide, pemikiran, dan pertanyaan yang terkait dengan penyelesaian suatu tujuan proyek yang asalnya dari individu maupun tim. TMAP seharusnya menjadi salah satu tool yang digunakan dalam awal proses Six Sigma. TMAP berisikan informasi yang terstruktur, yang dapat bermanfaat sebagai referensi bagi tim dalam menjalankan proses DMAIC proyek.

Elemen dari TMAP, sekurang-kurangnya meliputi:
1. Tujuan proyek atau statement permasalahan
2. Area/bagian tertentu dari proses yang perlu dianalisa
3. Isu atau pertanyaan yang perlu ditangani
4. Data dan informasi yang diketahui mengenai isu/pertanyaan tersebut
5. Data dan informasi yang tidak diketahui mengenai isu/pertanyaan tersebut
6. Asumsi awal mengenai tiap isu/pertanyaan
7. Data dan informasi apa saja yang dibutuhkan
8. Hambatan utama dalam mencapai tujuan proyek
9. Keterkaitan isu/pertanyaan satu sama lainnya
10. Perangkat Six Sigma yang akan digunakan

TMAP tidak hanya punya perspektif ke belakang, melainkan juga ke depan. Dokumen TMAP terdiri dari berbagai ide dan keputusan yang telah dijalankan dalam aktivitas Six Sigma, serta keterkaitannya satu sama lain. Selain itu, TMAP juga menggambarkan aktivitas yang akan dilakukan oleh tim di masa depan dalam jangka pendek.

Manfaat-manfaat dalam menggunakan TMAP diantaranya adalah:
• perangkat yang efektif untuk memastikan bahwa seluruh isu dan masalah mengenai proyek sudah diidentifikasi dan ditangani sejak awal proyek
• cara yang efektif dalam melakukan brainstorming, mengumpulkan informasi, melihat sudut pandang, serta meringkas data. TMAP mengidentifikasi asumsi yang dibuat tim, serta tindakan yang akan diambil.
• menyediakan gambaran visual mengenai perkembangan ide dan isu terkait dengan proyek, sehingga lebih mudah dipahami

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menciptakan suatu TMAP, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Definisikan Tujuan Proyek
Tujuan proyek adalah hal pertama yang perlu didefinisikan. Apa yang ingin dicapai dari proyek ini? Masalah apa yang perlu diselesaikan? Atau peluang apa yang muncul?

Definisikan ruang lingkup proyek, kalimat permasalahan, tujuan, manfaat, anggota tim, process owner serta Champion dari proyek. Kalimat permasalahan dan tujuan biasanya ditaruh di paling atas dari sebuah TMAP, kemudian empat langkah selanjutnya digambar di bawahnya.

2. Daftar Known dan Unknown
Buat dua kolom, untuk mendaftar informasi known dan unknown, yang sudah diketahui dan tidak diketahui. Informasi ini meliputi antara lain waktu, metrik, biaya, isu, hambatan, masalah, persyaratan pelanggan, output, input, langkah proses, kuantitas, lokasi, dan sebagainya.

Penting bagi Anda untuk mendata informasi yang telah diketahui, namun mendata informasi yang belum diketahui dan harus dicaritahu juga penting.

3. Tanyakan Pertanyaan DMAIC dan Kelompok
Selanjutnya, ajukan pertanyaan dari perspektif kategori DMAIC: Define, Measure, Analyze, Improve dan Control. Ini adalah lima area yang akan menjadi kategori dari seluruh pertanyaan-pertanyaan. Ini merupakan salah satu latihan brainstorming. Misalnya:

Define: Siapa pelanggan kita? Bahan baku apa yang digunakan?
Measure: Metrik apa yang digunakan?

Kemudian, ajukan juga pertanyaan berdasarkan perspektif kelompok yang berada dalam proses ataupun terkait dengan proses. Misalnya:

Transportasi: bagaimana transportasi dilakukan? seberapa jauh perjalanan?
Processing: seberapa lama waktu antri?

4. Urut dan Kaitkan Pertanyaan
Selanjutnya, urutkan pertanyaan, kemudian kaitkan satu pertanyaan dengan pertanyaan. Sehingga, dengan demikian maka Anda akan melihat bahwa satu hal punya keterkaitan yang tinggi dengan hal lain. Dalam langkah ini mungkin Anda juga akan menemukan banyak pertanyaan yang bisa ditambahkan.

5. Identifikasi Tools
Kemudian, tim harus mengidentifikasi tools Six Sigma yang akan digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Buat empat kolom yang isinya pertanyaan, tools/metode, siapa yang bertanggung jawab, serta jadwal.

6. Hasil
Setelah menjalankan tools Six Sigma, selanjutnya buat daftar hasilnya. Kemudian, ulangi langkah 3 hingga 6 sepanjang proyek tersebut berjalan.

Demikian adalah sekilas pengenalan mengenai Thoughts Process Map, yang sangat bermanfaat terutama dalam menjalankan proyek Six Sigma. Dengan adanya TMAP, maka proyek Six Sigma bisa dilakukan secara lebih terarah dan terencana.

--

Mengenal 7 Tools Utama dalam Quality Control (2)
Selasa, 15 September 2009 17:00 WIB

Cause-effect diagram
Cause & effect diagram, diajukan pertama kali oleh Kaoru Ishikawa pada sekitar tahun 60-an. Ishikawa merupakan orang yang merintis quality management di Kawasaki, dan ia adalah salah satu tokoh di manajemen modern. Diagram cause & effect bertujuan untuk menganalisa seluruh potensi sebab atau input, yang dapat menghasilkan dampak tertentu atau output.

Diagram ini dapat menjadi perangkat untuk menelusuri penyebab terjadinya variasi dalam proses. Sebab (cause) diatur sesuai dengan tingkat kepentingannya, sehingga dapat memperlihatkan hubungan dan hierarki dari berbagai event. Sehingga, dengan demikian Anda dapat mengetahui dimana sumber masalah yang paling signifikan, untuk kemudian dilakukan peningkatan.

Sebab(cause) dalam diagram cause & effect biasanya terdiri dari 4 macam,yang disebut juga `4M` diantaranya: `Materials`, `Machines`, `Manpower` dan `Methods`. Ini biasanya untuk bisnis manufaktur. Sementara untuk bisnis administrasi dan jasa maka sebabnya adalah: `equipment`, `policy`, `prosedur` dan `people`.

C&E diagram, selain disebut sebagai Ishikawa diagram juga lebih popular dengan nama fishbone diagram, karena bentuknya yang menyerupai tulang ikan. Jadi, masalah utama yang mendasar dituliskan di bagian kanan, atau kepala ikan. Kemudian, dari tulang ikan tersebut gambarkan cabang-cabang yang berpotensi menjadi sumber permasalahan. Biasanya ini ditentukan berdasarkan hasil brainstorming tim, yang memberikan saran-saran mengenai permasalahan.

Selanjutnya dari beberapa masalah utama tersebut, dapat dipecah lagi menjadi sub-masalah yang lebih spesifik lagi. Kedalaman dari fishbone ini bisa mencapai empat hingga lima level. Setelah fishbone ini selesai disusun, kemudian kita dapat melihat permasalahan dengan lebih menyeluruh, sehingga dapat dianalisa apa yang sebenarnya menjadi sumber permasalahan utama. Selanjutnya, dari sini baru kemudian diambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kinerja proses.

Contoh fishbone diagram:


Flowchart
Flowchart merupakan suatu perangkat yang memberikan gambaran mengenai urutan dari langkah-langkah dalam suatu proses, sehingga suatu proses bisa lebih mudah untuk dipahami. Flowchart seringkali pula disebut dengan Flow Diagram, Process Deployment Flow, dan Process Flowchart.

Elemen-elemen yang terdapat pada flowchart diantaranya adalah: serangkaian langkah, input dan output, keputusan yang diambil, orang yang terlibat, waktu hingga evaluasi. Proses ini juga bisa meliputi berbagai macam proses, entah itu manufaktur, jasa, administrasi, hingga proyek.

Manfaat flowchart salah satunya adalah untuk menganalisa dan mendefinisikan proses, supaya langkah dan keputusan dijabarkan lebih detail. Sehingga, dengan demikian melalui proses pada flowchart ini kita dapat melihat potensi masalah. Flowchart juga sangat bermanfaat sebagai perangkat komunikasi yang dapat menghindarkan dari kesalahpahaman yang mungkin terjadi tanpa adanya gambaran jelas dari flowchart.

Contoh flowchart:


Scatter diagram
Scatter diagram merupakan diagram yang biasanya digunakan untuk mengukur jenis maupun besar hubungan sebab-akibat diantara kedua variabel. Diagram yang juga biasa disebut scattergram atau scatterplot ini biasanya dibentuk menggunakan software di komputer.

Pada scatter diagram, satu variabel diplot di sumbu horizontal, dan variabel lainnya diplot di sumbu vertikal. Pattern dari titik-titik pada diagram ini dapat menunjukkan bentuk hubungan keduanya. Scatter diagram memang biasanya digunakan untuk melihat hubungan sebab akibat, namun bisa juga menggambarkan bahwa dua variabel ini berasal dari sebab yang sama namun tidak diketahui, atau suatu variabel merupakan substitusi dari variabel lainnya.

Intinya sama, scatter diagram juga berusaha untuk menemukan sebab dari suatu masalah. Melalui scatter diagram, Anda juga dapat mendesain sistem kontrol yang memastikan bahwa upaya peningkatan kualitas berjalan dengan baik dan berkesinambungan.

Contoh scatterplot:


Demikian adalah tujuh perangkat quality yang utama yang biasa digunakan dalam rangka untuk meningkatkan proses dan kualitas. Perangkat-perangkat ini membantu supaya proses dan kualitas berjalan dengan konsisten sehingga meminimalisir variasi.


--

Mengenal 7 Tools Utama dalam Quality Control (1)
Rabu, 26 Agustus 2009 13:30 WIB

(managementfile - Quality) - Quality control dikenal mempunyai berbagai tools yang powerful dalam melakukan process improvement. Sebagian besar tools ini adalah metode statistik, meskipun beberapa bukan. Biasanya, tools ini digunakan secara bersamaan, karena seringkali mempunyai informasi yang saling mendukung satu sama lainnya.

Histogram
Histogram pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli statistik asal Prancis, A.M. Guerry pada tahun 1833. Histogram menunjukkan distribusi frekuensi dari sejumlah pengukuran, yang digambarkan dari serangkaian diagram batang.

Melalui histogram, maka kita dapat memperoleh gambaran mengenai karakteristik data, diantaranya seberapa banyak frekuensi data yang jatuh pada range nilai tertentu. Kemudian jika variasi dalam suatu proses cukup random, maka histogram akan mengambil bentuk kurva normal. Namun, jika bentuknya selain kurva normal, ini dapat mengindikasikan adanya suatu masalah. Misalnya, jika terdapat skewness dalam kurva, maka mengindikasikan adanya outlier.


Control Chart
Control Chart merupakan chart yang bermanfaat untuk memonitor proses. Chart ini menggambatkan nilai rata-raat, serta limit atas dan limit bawah dari suatu proses.

Manfaatnya? Dalam tiap proses pasti selalu terjadi variasi. Nah, control chart membantu Anda dalam membedakan antara variasi proses yang normal dan tidak normal. Variasi timbul dari dua sebab, diantaranya:

1. common cause: kesalahan yang terjadi dalam desain proses, sehingga hanya bisa dihilangkan dengan memperbaiki sistem
2. special cause: kesalahan yang disebabkan oleh karyawan atau peristiwa lain yang tidak biasa.

Control chart yang biasa digunakan untuk variable adalah sebagai berikut:
• X-bar chart. Mean sample diplot untuk mengontrol nilai mean dari suatu variable
• R chart. Range sample diplot untuk mengontrol variabilitas dari suatu variable
• S chart. Standar deviasi sample diplot untuk mengontrol variabilitas dari suatu variable
• S**2 chart. Sampel varians sample diplot untuk mengontrol variabilitas dari suatu variable

Sementara itu, untuk mengontrol karakteristik kualitas dalam atribut, biasanya menggunakan chart berikut ini:
• C chart. Chart ini menggambarkan jumlah barang cacat yang terjadi (per batch, per hari, per mesin, dsb). Chart ini mengasumsikan bahwa cacat dalam atribut jarang terjadi, dan control limit disini dihitung berdasarkan distribusi Poisson.
• U chart. Chart ini menggambarkan tingkat barang cacat, dimana jumlah barang cacat dibagi dengan jumlah unit yang diinspeksi.
• Np chart. Chart ini juga menggambarkan jumlah barang cacat (per batch, per hari, per mesin, dsb) seperti halnya pada C chart. Bedanya, control limit disini tidak menggunakan distribusi Poisson, melainkan binomial. Chart ini bisa digunakan jika munculnya barang cacat tidak jarang, misalnya 5%.
• P chart. Chart ini menggambarkan persentase barang cacat, seperti halnya dalam U chart. Hanya saja, ini menggunakan distribusi binomial.


Cara menggunakan control chart antara lain dengan mengambil sampel dari proses produksi. Selanjutnya mengukur control limit, yang terdiri dari upper limit, standard (average) dan lower limit.
• Jika data berfluktuasi di dalam limit, maka ini merupakan common cause, dan hanya dapat diperbaiki jika sistem dirubah
• Jika data jatuh di luar limit, maka ini merupakan hasil dari special cause, yang bisa terjadi baik itu dari kurangnya training, instruksi yang salah, dan sebagainya. . Special cause ini harus dihilangkan, sebelum control chart menjadi alat untuk memonitor.
• Proses dikatakan sebagai `out of control` jika satu atau poin lebih jatuh di luar control limit.

Jenis chart dikelompokkan tergantung pada jenis karakteristik kualitas yang akan dimonitor, dimana ada control chart untuk variable, dan ada juga control chart untuk atribut.

Pareto Chart
Pareto Chart digunakan untuk menggambarkan tingkat kepentingan yang berbeda-beda dari beberapa kelompok data. Melalui Pareto Chart, maka Anda akan dapat menemukan bahwa sebagian kecil dari sumber masalah akan menghasilkan sebagian besar dari masalah Anda. Pareto ini biasa disebut juga dengan 80/20 Rule.

Dengan mengetahui mana sumber masalah yang menghasilkan dampak paling besar, maka ini akan menjadikan Anda untuk fokus dalam mengatasi masalah itu dulu.




Misalnya, Example#1 menunjukkan banyaknya komplain pelanggan pada masing-masing dari 5 kategori
Kemudian, Example#2 merupakan breakdown dari kategori terbesar pada Example#1, sehingga dapat diketahui sumber masalah utama dokumen berasal dari quality certificate error. Jika ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, untuk menghasilkan dampak terbesar maka perbaiki quality certificate.


Check-sheet
Check-sheet merupakan dokumen sederhana yang digunakan untuk mengumpulkan data secara real-time di lokasi data tersebut berada. Dokumen ini didesain supaya dapat mengumpulkan informasi yang diinginkan secara mudah, baik kualitatif dan kuantitatif.

--

Value Analysis, Mengoptimalkan Value Produk atau Proses
Jumat, 14 Agustus 2009 13:00 WIB

(managementfile – Quality) – Value analysis merupakan salah satu perangkat analisa yang tua, namun masih relevan untuk diimplementasikan saat ini. Apa itu value analysis, manfaat dan bagaimana menjalankannya?

Value analysis adalah suatu perangkat analisa yang digunakan untuk meningkatkan value suatu produk atau jasa yang dibeli ataupun diproduksi, baik itu dengan menekan biaya ataupun meningkatkan kinerja.

Value analysis memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
· Mengurangi penggunaan dan biaya bahan baku
· Mengurangi biaya distribusi
· Mengurangi waste
· Meningkatkan profit margin
· Meningkatkan kepuasan pelanggan
· Meningkatkan morale karyawan

Kapan Anda dapat melakukan suatu value analysis?
· Ketika sedang menganalisa produk atau proses, untuk menentukan value asli dari tiap-tiap komponen
· Ketika akan melakukan penghematan, untuk menentukan komponen mana yang akan dioptimalkan
· Ketika item yang akan dianalisa bisa dipecah menjadi beberapa sub-komponen, dan terdapat biaya dan value yang terkait dengannya.

Langkah Value Analysis
Sejak era Perang Dunia III, langkah value analysis sudah mulai dilakukan. Saat itu, General Electric mengalami kesulitan dalam memperoleh komponen dan bahan baku yang digunakan untuk memproduksi. Sehingga mereka menyuruh insinyurnya, Lawrence D. Miles untuk menemukan bahan baku dan komponen substitusi yang akan digunakan untuk memproduksi perlengkapan perang. Dalam pencariannya, Miles menemukan bahwa setiap bahan baku punya karakteristik unik yang dapat meningkatkan kinerja produk jika didesain dengan baik.

Larry Miles mengembangkan konsep yakni Function Analysis, salah satu elemen dari proses value analysis. Disini, pertama kali Anda melakukan konversi produk maupun proses menjadi dua kata yang disebut Functions. Misalnya, ketika sedang mempertimbangkan mengenai produk atau proses, pikirkan apa yang dilakukannya? Apa yang menjadi fungsi utamanya? Contohnya adalah menghilangkan polutan. Selanjutnya, yang dikonsentrasikan adalah pada dua kata ini, bukannya produk atau proses tertentu. Ini disebut sebagai serangkaian Function Analysis.

Dengan berkonsentrasi untuk memecahkan masalah dengan Function yang terdiri dari dua kata ini, maka tim dapat mencapai beberapa tujuan:
· Tim bisa lebih kreatif dalam mengembangkan pemecahan masalah, dibandingkan dengan hanya terpaku pada produk/proses tertentu.
· Tim bisa lebih fokus pada apa yang menjadi fungsi penting suatu produk bagi pelanggan, bukannya mekanisme teknis dari produk
· Tim bisa memahami esensi utama dari kerumitan suatu produk ataupun proses. Ini dinamakan Function Diagram atau FAST Diagram.

Selanjutnya, tom mengalokasikan biaya ke dalam Function Diagram, yang menghasilkan suatu struktur hierarki Costed FAST Diagram. Kini, tim punya cara pandang yang baru, yakni Function-Cost, menggantikan sebelumnya Hardware-Cost. Selain itu, dalam FAST Diagram juga bisa mencakup data mengenai perilaku, keinginan, dan kebutuhan dari pelanggan. Ini menghasilkan kehadiran dimensi Function-Cost dan Function-Worth. Dengan demikian maka tim dapat mengidentifikasi dan berfokus pada fungsi-fungsi tersebut dan melihat apakah terdapat ketidaksesuaian antara kedua parameter tersebut.

Value Analysis terdiri dari delapan elemen utama, yakni:
· Function analysis
· Function-cost
· Function-worth
· Create by function
· Implementation
· The job plan
· The team
· Ownership

Langkah yang terkait dengan function sudah dibahas diatas, demikian ini adalah langkah selanjutnya:
Implementation
Sebelum melakukan studi, tim perlu untuk mengidentifikasi bagaimana hasil yang mereka antisipasikan. Selanjutnya, identifikasi pula hambatan-hambatan yang mungkin akan dialami dalam implementasi tersebut, sekaligus tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut. Ini sama dengan manajemen risiko. Selanjutnya, daftar ini dievaluasi secara periodik.

Job Plan
Job Plan ala Miles terdiri dari enam prosedur, sementara dalam perkembangannya di masa modern kemudian menjadi delapan langkah berikut:
· Preparation
· Information
· Analysis
· Creation
· Synthesis
· Development
· Presentation
· Follow-up

Team
Team value analysis idealnya terdiri dari lima expert mengenai produk yang sedang dipelajari, dan dari disiplin berbeda. Mereka adalah pihak pengambilan keputusan yang punya tanggung jawab terhadap produk ini. Berikut ini adalah kapabilitas yang harus ada dalam tim:
· DESIGN
Project Engineer, Chief Draftsman, Designer. Idealnya adalah insinyur yang bertanggung jawab terhadap produk tersebut.
· OPERATIONS
Factory Supervisor, Industrial Engineer, Manufacturing Engineer, Methods Engineer
· COST
Cost Estimator, Industrial Engineer, Accountant
· OUTREACH
Marketing, Sales, Field Service, Purchasing
· CATALYST
Constructive Troublemaker, bisa jadi seorang Engineer, Product Manager, atau Marketer

Ownership
Selama fase pembentukan job plan, seiring dengan berkembangnya ide dan konsep, pemimpin tim akan menanyakan siapa diantara anggota tim yang akan menjadi Champion dari ide atau konsep tersebut. Jika tidak ada yang mau, maka ide atau konsep tersebut tidak dipertimbangkan. Orang yang setuju untuk menjadi Champion ini adalah yang bertanggung jawab terhadap kelayakan ide dan konsep, juga kelayakan secara finansial. Jadi, dalam tiap ide/konsep harus ada orang yang bertanggung jawab penuh, terdapat ownership dalam tiap ide/konsep.

--

Implementasi Six Sigma di Industri Jasa
Jumat, 31 Juli 2009 16:40 WIB

(managementfile – quality) – Six Sigma merupakan metodologi yang awalnya dipopulerkan oleh Motorola pada tahun 80-an untuk melakukan quality improvement. Setelah itu, sejumlah perusahaan besar lain turut mengimplementasikannya, termasuk General Electric, Ford Motor, dan 3M.

Sebagian besar perusahaan yang mengimplementasikan Six Sigma adalah perusahaan manufaktur, sehingga terjadi suatu miskonsepsi bahwa metode ini hanya bisa digunakan oleh industri manufaktur saja. Hanya karena dalam industri jasa tidak ada ukuran berupa produk yang cacat, bukan berarti Six Sigma tidak dapat diimplementasikan disana.

Perbedaaan Six Sigma pada Industri Manufaktur dan Jasa
Pada industri manufaktur, pada umumnya ukuran yang dilihat adalah dari jumlah produk yang cacat. Dalam produk jasa, tidak bisa saklek seperti itu, karena industri jasa seringkali tidak menghasilkan produk.

Dalam industri jasa, proses yang diukur adalah people process karena memang itu adalah yang menjadi komponen utama dari industri jasa. Intinya, defect dalam industri jasa adalah masalah yang menyebabkan penurunan dalam hal kualitas atau mengakibatkan pelanggan tidak puas.

Misalnya, dalam industri perbankan: lamanya durasi untuk membuka rekening, atau lamanya suatu pinjaman cair, lamanya pemrosesan statement, dan sebagainya.

Tahapan Six Sigma
Proses Six Sigma pada industri jasa pada dasarnya punya tahapan yang sama seperti di industri manufaktur, yakni menggunakan DMAIC pula.
1. Define, yakni melakukan identifikasi mengenai apa saja yang masuk ke dalam kategori defect.
2. Measure, mengumpulkan data mengenai tingkat defect yang terjadi. Misalnya, dengan membuat Pareto chart.
3. Analyze, yakni menganalisa factor-faktor yang menyebabkan defect tersebut
4. Improve, yakni melakukan process improvement dalam untuk menghilangkan defect
5. Control, mengontrol berjalannya proses dan mencegah supaya defect tidak muncul kembali

Contoh dari implementasi Six Sigma di industri jasa, adalah seperti yang pernah dilakukan Citibank. Citibank menerapkan Citibank Cross-Functional Performance Challenge dalam divisi-divisinya menggunakan metodologi Six Sigma untuk mengidentifikasi defect, kemudian CFPM (Cross-Functional Process Mapping) untuk membuat map mengenai langkah-langkah perbaikan, kemudian memberikan empowerment terhadap tim untuk melakukannya.

Pada intinya, CFPM ini bertujuan untuk menghilangkan aktivitas-aktivitas yang kurang menghasilkan nilai, serta tidak sesuai dengan tujuan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. CFPM yang dilakukan Citibank melibatkan suatu tim global cross-functional yang terdiri dari 80 orang.

Berikut ini adalah tahapan dari CFPM seperti yang dilakukan Citibank

1. Planning
• Tentukan proses-proses mana saja yang perlu untuk ditingkatkan
• Identifikasi senior champion, steering committee, team leader dan fasilitator
• Bentuk tim yang terdiri dari karyawan terbaik dari seluruh unit utama untuk melakukan redesain proses

2. “As Is Session
• Melakukan mapping mengenai proses yang terjadi saat ini
• Mengidentifikasi masalah yang merupakan aktivitas yang menghabiskan banyak waktu dan mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan

3. Involve Others
• Berdiskusi dengan rekan kerja
• Melakukan verifikasi terhadap akurasi dari map process yang telah dibuat sebelumnya
• Identifikasi solusi terhadap masalah, dan tekankan kebutuhan akan suatu perubahan

4. “Should Be” Session
• Menciptakan suatu model “should be” yang lebih baik dan lebih cepat, dibandingkan dengan kondisi pada “as is”, tanpa harus menambahkan orang atau pengeluaran
• Menentukan serangkaian aktivitas yang dapat menciptakan “should be” serta panduannya

5. Detailed Design and Implementation
• Menciptakan item-item tindakan yang perlu dilakukan dengan segenap anggota organisasi
• Membuat project plan. Team leader mengelola timnya lewat pertemuan rutin. Selain itu, diciptakan pula system reward dan recognition.

Supaya CFPM dapat bekerja dengan baik, maka harus terdapat komitmen yang kuat dari seluruh anggota organisasi, di level manapun. Setiap orang perlu berlaku sebagai pemimpin. CFPM ini bersifat cross-functional, yakni melibatkan anggota tim kunci dalam proyek. Sehingga, CFPM memberikan empowerment kepada mereka, karena kemudian mereka dapat melakukan perbaikan dalam divisinya sendiri, sehingga kemudian dapat mengubah pula corporate culture.

--

Eropa Kian Tertekan; Setelah Krisis Yunani Kini Penurunan Rating Kredit Portugal
Kamis, 25 Maret 2010 18:45 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Column) - Perkembangan kondisi perekonomian Eropa pada saat ini rupanya kian hari kian menegangkan. Apa yang terjadi dengan imbas krisis ekonomi yang dialami oleh Yunani rupanya kian berkembang. Rapat anggota Uni Eropa yang diselenggarakan mulai hari ini juga menunjukan bahwa kondisi ekonomi Yunani cukup mendatangkan sebuah resiko bagi perekonomian Eropa. Hal tersebut menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi negara-negraa anggota Uni Eropa. Alhasil pembahasan didalam pertemuan pun cukup memanas.

Jerman Adu Argumen Dengan Perancis

Apa yang terjadi dengan Eropa saat ini sebenarnya cukup dapat diredam jika imbas krisis ekonomi yang berawal dari tahun lalu. Namun seiring dengan masih adanya proses pemulihan ekonomi hal tersebut cukup dapat menyulitkan bagi perekonomian Eropa. Uni Eropa yang sebulan lalu memastikan akan mengeluarkan kebijakan bantuan finansial terhadap Yunani, kini berusaha untuk menimbang-nimbang kebijakan tersebut akibat berbenturan terhadap spekulasi terjadinya defisit anggaran jika kebijakan tersebut diberlakukan.

Kondisi tersebutlah yang menjadi sebuah bahan pembahasan yang terpenting dalam pertemuan kali ini. Bahkan debat pun bermunculan antar negara-negara anggota Uni Eropa. Jerman misalnya, melalui Kanselirnya Angela Merkel mengatakan bahwa kondisi yang terjadi pada Yunani mesti dilakukan sebuah upaya penyelamatan guna memutus imbas yang diprediksi akan merambat ke kondisi perekonomian Eropa termasuk pada pergerakan euro terhadap mata uang mayoritas.

Merkel berharap Uni Eropa dapat merealisasikan kebijakan tersebut dengan segera mengingat performa euro kian hari kian terpukul oleh pergerakan dollar. Ketidakpastian akan kebijakan ini juga secara global akan memberikan sentimen positif. namun pendapat Merkel tersebut direspon oleh PM Perancis, Nicholas Sarkozy yang mengatakan bahwa pemberikan bantuan terhadap Yunani saat ini mesti membutuhkan waktu yang cuku mengingat masing-masing negara anggota Uni Eropa sedang berupaya memulihkan perekonomiannya.

Sarkozy juga menggarisbawahi bahwa dengan memberikan bantuan terhadap Yunani akan menekan anggaran Uni Eropa, mengingat suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB) juga masih dalam kondisi konstan. Oleh karena itu, kondisi yang sulit rupanya bukan hanya terjadi pada Yunani saja, tapi juga Uni Eropa. Angin segar diharapkan dapat muncul bulan April mendatang setelah pihak IMF merencanakan akan mengucurkan bantuannya kepada Yunani.

Portugal, Ancaman Berikutnya

Selain membahas mengenai upaya pemberian bantuan kepada Yunani, dalam rapat antar negara-negara Uni Eropa hari ini juga membahas mengenai pengaruh dari turunnya rating tingkat kredit Portugal yang dilaporkan mengalami penurunan ke level AA- dari posisi tahun lalu yaitu AA. Hal tersebut semakin menekan kondisi ekonomi Eropa yang kini sebetulnya tengah berjuang dalam menangani imbas krisis ekonomi akibat imbas krisis kredit global.

Turunnya rating tersebut memberikan sebuah ancaman bagi perekonomian global dan dikhawatirkan juga akan berimbas bagi perekonomian negara-negara Uni Eropa lainnya. Kondisi yang cukup sama dengan apa yang terjadi dengan Yunani. Selain mengalami penurunan rating kredit, Portugal juga mengalami defisit anggaran pada tahun lalu sebesar 9,3% dari total GDP yang dimilikinya.

Apa yang terjadi dengan Portugal diperkirakan akan semakin menambah "keruh"nya kondisi perekonomian Eropa saat ini. Kebijakan progresif dan respon yang optimal diharapkan dapat segera muncul oleh Uni Eropa guna menanggapi kondisi yang terjadi Yunani dan Portugal.

--

CEO AS Mengalami Penurunan Kompensasi, Porsi Kas Makin Meningkat
Sabtu, 27 Maret 2010 03:00 WIB
Oleh: Ika Akbarwati

(Vibiznews – Business) – Survey terbaru terhadap 81 perusahaan besar di AS menunjukkan bahwa kompensasi bagi para CEO mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Survey ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan rata-rata sebesar 8.6% per CEO. Meskipun mengalami penurunan akan tetapi porsi kas dalam pemberian kompensasi ini mengalami kenaikan sebesar 8.3%. Kondisi ini menunjukkan bahwa perusahaan kurang memfokuskan insentif jangka panjang bagi para petingginya. (27/03)

Masa keemasan kompensasi bagi CEO di AS adalah pada tahun 2000 lalu, di mana per CEO rata-rata dapat menerima kompensasi hingga sebesar 14.6 juta dolar. Pada tahun 2008 lalu jumlah tersebut hanya tersisa 40%. Pada tahun 2009 lalu perusahaan yang CEO-nya mengalami penurunan kompensasi didominasi oleh perusahaan keuangan. Sebelas perusahaan di antaranya adalah bank yang menerima dana bail out dari pemerintah AS.

Ada Yang Naik Ada Yang Turun
CEO Citigroup Vikram Pandit merupakan CEO yang mengalami pemotongan kompensasi terbanyak menururt survey. Pada bulan Ferbruari 2009 lalu pria ini secara suka rela menurunkan gajinya hingga hanya sebesar 1 dolar, dari sebelumnya sebesar 38 juta dolar. Setelah harga saham Citi ambruk lebih dari 90% dari rekor tertingginya di tahun 2006, Pandit berjanji tidak akan menerima kenaikan gaji atau kompensasi sebelum Citi kembali membukukan keuntungan. CEO Bank of America Kenneth D. Lewis juga tidak menerima gaji, bonus, maupun kompensasi dalam bentuk ekuitas pada tahun 2009 lalu.

Lain padang lain belalang. Berkebalikan 180 derajat dengan kebijakan di Citigroup dan Bank of America, komite kompensasi di Wells Fargo bulan Agustus lalu justru melakukan peningkatan gaji pokok CEO John G. Stumpf. Gaji Stumpf dinanikkan menjadi 5.6 juta dolar, lima kali lipat lebih besar dibandingkan gaji yang diterimanya pada tahun 2008 lalu. Porsi kas dari kompensasi yang diterima CEO Wells Fargo ini mecapai 900,000 dolar. Secara keseluruhan kompensasi yang diterima oleh Stumpf pada tahun 2009 lalu mencapai 21.3 juta dolar, naik sebesar 136% dibandingkan kompensasinya di tahun 2008 lalu. Menurut salah satu anggota komite kompensasi Wells Fargo, kenaikan gaji yang diterima oleh CEO ini merupakan langkah yang diambil perusahaan karena pembatasan TARP tidak memungkinkan perusahaan untuk “memberikan penghargaan setimpal” bagi CEO-nya.

Bank-bank memang memiliki keterbatasan dalam pemberian kompensasi karena adanya kebijakan ketat bagi peneriman dana TARP. Akan tetapi beberapa perusahaan yang tidak terikat TARP juga memutuskan untuk menurunkan kompensasi bagi para petingginya. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi yang sedang tidak mendukung. Komite kompensasi di Motorola dan perusahaan printer Lexmark memutuskan untuk menurunkan kompensasi bagi para eksekutifnya didorong oleh tantangan yang dihadapi dalam industry mereka. David M. Cote, CEO internasional Honeywell, meminta agar ia tidak menerima bonus pada tahun 2009. Direktur mengabulkan permintaannya dan sebagai hasilnya Cote menerima pemotongan sebesar 57% dari total kompensasi di tahun sebelumnya. Pada level 44 dolar, harga saham Honeywell masih berada 29% di bawah level tertinggi yang dicapai pada bulan Mei tahun 2008 lalu.

Porsi Kas Makin Mendominasi Kompensasi Para CEO
Di samping pemotongan kompensasi, hal lain yang menjadi perhatian dalam survey tersebut adalah kenaikan porsi kas yang diberikan bagi kompensasi para CEO. Seiring dengan penurunan sebesar 30% dalam option saham, para CEO di AS menerima 12% lebih rendah kompensasi dalam bentuk saham. Kondisi ini menunjukkan bahwa komite kompensasi lebih memilih instrument yang paling aman bagi kompensasi para CEO, sambil tetap merestrukturisasi paket kompensasi.

Tentu saja kas merupakan instrument yang paling aman dibandingkan instrument pemberikan kompensasi lainnya, terutama di saat ekonomi sedang sulit. Pada tahun 2008 dam awal 2009 lalu harga saham di AS mengalami penurunan tajam dan pasar mengalami kondisi yang sangat volatil. Nilai dari options dan saham sangat sulit untuk diprediksi. Kondisi ini menyebabkan porsi kas bagi kompensasi sebagian besar perusahaan besar di AS mengalami kenaikan sebesar 8.9%.

Salah seorang konsultan kompensasi di AS, Steven Hall. Menunjukkan bahwa saham telah kehilangan nilainya dan kini tidak lagi memiliki kekuatan yang mengikat para eksekutif. Dia mengatakan bahwa itulah sebabnya mengapa perusahaan memberikan porsi kas yang lebih besar untuk mengkompensasi para CEO-nya agar mereka bertahan dan tidak tergoda untuk menyeberang ke perusahaan lain.

--

Negara-negara Tercanggih di Dunia; Dominasi Negara Asal Skandinavia
Senin, 29 Maret 2010 17:30 WIB
Oleh: Joko Praytno

(Vibiznews - Business) - Perkembangan dunia teknologi pada saat ini kian mengalami perkembangan yang amat pesat. Teknologi kini bukan lagi merupakan kebutuhan sekunder yang diperlukan pada beberapa bidang saja, namun secara keseluruhan teknologi telah berperan dalam hidup kita sehari-hari. Setiap negara kini berlomba-lomba dalam menyuguhkan kemampuan teknologi dalam memberikan setiap pelayan publik kepada masyarakatnya.

Maka dari itu, situs bisnis terkemuka, Forbes pada hari ini merangkum hasil survey terhadap 10 negara yang dinilai memiliki teknologi canggih di setiap bidang. dalam penghitungan survey yang dilakukan oleh Forbes tersebut didasari oleh 6 faktor pendukung, antara lain besaran modal riset, perlindungan hak intelektual, tingkat pendidikan, kemampuan ilmuwan, penyebaran penggunaan internet dan besaran pajak konsumen atau warga negara.

Swedia, Negara Tercanggih

Di urutan pertama sebagai negara tercanggih versi Forbes ditempati oleh Swedia. Salah satu negara di kawasan Skandinavia ini membuktikan bahwa teknologi dapat memajukan negaranya. Beberapa faktor yang membuat Swedia memiliki teknologi canggih ialah tingginya jumlah besaran pajak. Tak mengherankan bahwa dengan jumlah penduduk yang hanya berkisar 9,3 juta tingkat pajak individu yang diberlakukan cukup besar.

Selain itu, yang patut dikedepankan ialah tingginya tingkat pendidikan rata-rata penduduk di Swedia. Sebanyak 90% penduduk di Swedia minimal telah menempuh pendidikan SLTA, sedangkan biaya pendidikan didominasi oleh pemerintah yang diperoleh dari pendapatan pajak negara.

Di posisi kedua ditempati oleh negara tetangga kita yaitu Singapura. Sebuah prestasi yang mengejutkan yang diperoleh oleh negara pelabuhan ini menyusul Singapura berhasil mengalahkan negara-negara yang relatif lebih maju. Keberadaan negara Singapura di urutan nomor 2 sebagai negara berteknologi tercanggi didasari oleh oleh majunya infrastruktur yang menyangkut jaringan internet.

Bahkan jaringan internet yang dimiliki oleh Singapura lebih tinggi dibandingkan dengan Swedia diurutan pertama. Fasilitas internet memang menjadi nilai lebih dari Singapura mengingat wilayah topografi negara tersebut yang tidak besar sehingga dapat dengan mudah memiliki infrastruktur jaringan internet yang mudah untuk dijangkau.

Amerika Serikat pada survey Forbes ini berada di urutan ke 5. Kondisi AS terbilang cukup komplit dalam memenuhi faktor-faktor pendukung untuk dapat dikatakan sebagai negara yang memiliki teknologi canggih. Tercukupinya infrastruktur jaringan internet dan majunya tingkat pendidikan menjadi nilaih lebih dari negara ini, meskipun dari segi sektor pajak AS jauh tertinggal dibandingkan dengan Swedia.

Sedangkan di perkingkat terakhir atau di peringkat 10 diduduki oleh Norwegia. Negara yang hanya berpenduduk sebanyak 4,8 juta jiwa ini berhasil menutup prestasi negara-negara kawasan Skandinavia yang masuk didalam 10 besar negara dengan teknologi canggih. Setelah Swedia diurutan pertama, Denmark di urutan 4 dan Finlandia diurutan ke 6.

Karakteristik yang dimiliki oleh Norwegia sebetulnya sama dengan negara-negara lainnya di wilayah Skandinavia. Faktor utama yang ditonjolkan masih soal besaran pajak yang dibebankan kepada penduduk. Selain itu juga mengenai majunya sektor pendidikan yang dimana seluruh biaya pendidikan umum dibiayai oleh negara. Yang membedakan Norwegia dengan negara-negara Skandinavia lainnya ialah lebih besarnya jumlah ilmuwan yang dihasilkan.

-

IMF Masih Harapkan Yunani Tidak Butuh Bantuan
Selasa, 30 Maret 2010 14:50 WIB
Oleh: Ika Akbarwati

(Vibiznews – Commodity) – International Monetary Fund (IMF) menyatakan bahwa jika Yunani memutuskan untuk memohon bantuan, maka IMF akan memberlakukan syarat-syarat yang sama dengan para anggota IMF yang lain. Pernyataan ini diperoleh dari Managing Director IMF, Dominique Strauss-Khan (30/03).

Para pemimpin dari 16 negara yang tergabung dalam Uni Eropa telah melakukan pertemuan minggu lalu untuk membahas proposal Perancis dan Jerman mengenai penyelamatan kondisi fiskal Yunani. Dalam proposal tersebut IMF merupakan salah satu lembaga yang akan dimintai bantuan untuk mengatasi krisis anggaran di Yunani. Dalam proposal tersebut dinyatakan bahwa negara-negara anggota Uni Eropa akan memberikan pinjaman lebih dari setengah yang dibutuhkan oleh Yunani, sementara sisanya diharapkan akan datang dari IMF.

Menanggapi hal ini Dominique Strauss-Khan selaku managing director IMF menyatakan bahwa apabila Yunani memutuskan untuk mengajukan permohonan bantuan, maka syarat dan ketentuan bagi negara ini akan sama seperti anggota IMF lain yang mengajukan pinjaman. Pinjaman ini akan menjadi program IMF dan mengikuti persyaratan dari IMF, sama seperti negara-negara lain yang diberikan bantuan oleh IMF. Dalam hal ini IMF akan menentukan persyaratan dan kondisi yang diperlukan untuk memperoleh pinjaman tersebut.

Sementara itu PM Luksembourg Jean-Claude Juncker justru kurang setuju jika IMF ikut ambil bagian dalam rencana penyelamatan Yunani ini. Menurut Juncker ia lebih memilih bahwa penyelamatan Yunani dilaksanakan oleh negara-negara anggota Uni Eropa saja. Hal ini senada dengan pendapat dari Presiden ECB Jean-Claude Trichet, yang telah lebih dulu mengungkapkan ketidaksetujuan terhadap campur tangan IMF. Menurutnya akan lebih nyaman jika Uni Eropa yang menjadi pengontrol proses penyelamatan tersebut.

IMF Tunggu Permohonan Yunani
Strauss-Khan memastikan bahwa IMF tidak akan ikut serta dalam proses penyelamatan Yunani apabila tidak ada permohonan dari Yunani, negara yang bersangkutan. Ia bahkan berharap bahwa Yunani akan mampu menyelesaikan sendiri permasalahan ekonomi dalam negerinya dan tidak akan membutuhkan bantuan dana dari IMF. Menurut managing direstor IMF ini IMF tidak pernah mendatangi negara yang membutuhkan dana dan menawarkan program-programnya. Selalu negara yang membutuhkanlah yang meminta bantuan resmi dari IMF.

Dominique Strauss-Khan juga menolak untuk berspekulasi mengenai kemungkinan jumlah bantuan yang dapat diperoleh oleh Yunani. Menurutnya bantuan yang dapat diperoleh Yunani sama porsinya dengan ketentuan bagi negara lain, yaitu sesuai dengan kebutuhan dari negara itu sendiri.

Yunani merupakan negara Eropa yang paling banyak memiliki utang. Negara ini telah menjual obligasi pemerintah dengan tempo tujuh tahun tambahan senilai 5 miliar euro (6.7 miliar dolar AS). Penjualan obligasi pemerintah ini merupakan yang pertama kalinya terjadi setelah gagalnya perundingan mengenai penyelamatan fiskal negara tersebut.

Pemerintah Yunani saat ini juga telah melakukan langkah-langkah di dalam negeri untuk mengatasi defisit anggaran. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memotong gaji pegawai negeri sispil dan meningkatkan pajak. Defisit anggaran Yunani diturunkan menjadi hanya sebesar 8.7% dari GDP dari sebelumnya sebesar 12.7% pada tahun 2009 lalu. Defisit anggaran di tahun 2009 tersebut merupakan yang tertinggi dalam sejarah Uni Eropa.

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar