Rabu, 01 Juli 2009

TIGA NASEHAT






Pada suatu hari ada seseorang menangkap burung. Burung itu

berkata kepadanya, "Aku tak berguna bagimu sebagai tawanan.

Lepaskan saja aku, nanti kuberi kau tiga nasehat."



Si Burung berjanji akan memberikan nasehat pertama ketika

masih berada dalam genggaman orang itu, yang kedua akan

diberikannya kalau ia sudah berada di cabang pohon, dan yang

ketiga ia sudah mencapai puncak bukit.



Orang itu setuju, dan meminta nasehat pertama.



Kata burung itu,



"Kalau kau kehilangan sesuatu, meskipun kau menghargainya

seperti hidupmu sendiri, jangan menyesal."



Orang itupun melepaskannya, dan burung itu segera melompat

ke dahan.



Di sampaikannya nasehat yang kedua,



"Jangan percaya kepada segala yang bertentangan dengan akal,

apabila tak ada bukti."



Kemudian burung itu terbang ke puncak gunung. Dari sana ia

berkata,



"O manusia malang ! diriku terdapat dua permata besar, kalau

saja tadi kau membunuhku, kau akan memperolehnya!"



Orang itu sangat menyesal memikirkan kehilangannya, namun

katanya, "Setidaknya, katakan padaku nasehat yang ketiga

itu!"



Si Burung menjawab,



"Alangkah tololnya kau, meminta nasehat ketiga sedangkan

yang kedua pun belum kaurenungkan sama sekali! Sudah

kukatakan padamu agar jangan kecewa kalau kehilangan, dan

jangan mempercayai hal yang bertentangan dengan akal. Kini

kau malah melakukan keduanya. Kau percaya pada hal yang tak

masuk akal dan menyesali kehilanganmu. Aku toh tidak cukup

besar untuk bisa menyimpan dua permata besar!



Kau tolol. Oleh karenanya kau harus tetap berada dalam

keterbatasan yang disediakan bagi manusia."



Catatan



Dalam lingkungan darwis, kisah ini dianggap sangat penting

untuk "mengakalkan" pikiran siswa Sufi, menyiapkannya

menghadapi pengalaman yang tidak bisa dicapai dengan

cara-cara biasa.


KHASIAT BUAH DAN DAUN
Dikutip http://cybermed. cbn.net.id/ Hembing

1. Lidah Buaya (Aloe vera L.) Khasiat : untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, flek hitam, menyuburkan dan menguatkan rambut, meningkatkan daya tahan tubuh, sakit kepala, pusing, dan lain-lain. - Lignin yang terkandung dalam gel lidah buaya mampu meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, dengan demikian kulit tidak cepat kering dan terjaga kelembabannya.

2. Alpokat (Persea gratissima Gaertn.) Buah alpukat berkhasiat melembabkan kulit kering, sariawan, dan menurunkan kolesterol (asal tidak pakai gula/madu/susu) . - Kandungan lemak pada alpukat sangat baik untuk perawatan kulit wajah, terutama kulit kering.

3. Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) Khasiat : meningkatkan stamina, jerawat, gangguan lambung dan hati, gangguan haid, anemia, dan lain-lain - Rimpang temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antiradang, hepatoprotektor (melindungi hati dari kerusakan), dan antibakteri.

4. Kiwi (Actinidia chinensis) khasiat : meningkatkan stamina tubuh, mencegah kanker, kecantikan kulit, mempercepat penyembuhan, dan lain-lain - Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mengkudu (Morinda citrifolia L.) khasiat : meningkatkan stamina, kolesterol tinggi, hipertensi, kegemukan, pelembut kulit, ketombe, mencegah kanker, dan lain-lain. - mengandung damnachanthal yang berfungsi sebagai antikanker - mengandung terpenten yang berfungsi dalam peremajaan sel.

6. Wortel (Daucus carota) khasiat : untuk kesehatan mata, radang kulit, mencegah kanker, meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol, mencegah keracunan logam berat, dan lain-lain. - Mengandung beta-karoten yang berkhasiat sebagai antioksidan, memerangi radikal bebas, dan meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Sambiloto (Andrographis paniculata) Khasiat : sebagai antiradang, jerawat, hepatitis, kencing manis, bronkhitis, keputihan, demam, influenza, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain.

8. Pegagan (Centella asiatica Urb.) Khasiat : meningkatkan daya ingat, meningkatkan stamina, radang kulit, demam, susah tidur, bronkhitis, batuk darah, flek paru-paru, dan lain-lain mengandung Asiaticoside, asiatic acid dan madecassic acid yang mampu mempercepat pembentukan kolagen yang turut berperan dalam proses penyembuhan luka.

10. Daun dewa (Gynura pseudo-china) Khasiat : gangguan haid, kista, meningkatkan sirkulasi darah, kolesterol tinggi, hipertensi, mencegah tumor, dan lain-lain.

11. Kencur (Kaempferia galanga) Khasiat : meningkatkan stamina, bau mulut, batuk, masuk angin, perut kembung, nyeri haid, dan lain-lain. Komponen etil-p-metoksisinam at yang terdapat pada minyak atsiri kencur mempunyai efek melindungi kulit.

--

Pemilu 2009 dan Stabilitas Demokrasi

Kamis, 14 Mei 2009

Oleh : Dimas Oky Nugroho

Unggulnya Partai Demokrat dalam meraih suara pada pemilu legislatif menjadi fenomena sekaligus misteri dalam politik Indonesia kontemporer.

Usianya yang baru tujuh tahun berhasil mengubah konstelasi politik nasional dan memunculkannya menjadi partai papan atas yang mampu menarik swing voters, membongkar “hukum besi” politik aliran dan berbagai klaim basis sosial tradisonal.

Dalam partai yang sukses menyatukan berbagai lintas idiologi, prestasi Partai Demokrat (PD) ini mEngingatkan prestasi Golkar pada era Soeharto. Saat itu Golkar efektif menjadi partai beridiologi tengah atau, meminjam istilah Green Pedersen (2008), sebuah pivotal centrist party guna mendukung agenda pemerintah Orde Baru dalam stabilitas politik dan pembangunan.

Namun, berbeda dengan Golkar yang memiliki idiologi dan sistem organisasi yang kokoh, kemenangan PD masih bersandar pada popularitas SBY.

Kemampuan negara menjamin hak-hak dasar dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat seharusnya menjadi ukuran kemuliaan suatu rezim politik dari kegagalan Orde Baru, stabilitas politik dan pembangunan ekonomi yang ditopang sistimatika pembungkaman dan penebaran ketakutan hanya akan meremukkan bangsa ini dalam jebakan otoritarianisme. Namun, belajar dari kemandekan era transisi, kebebasan sipil saja tidak cukup. Dibutuhkan kehadiran negara yang stabil dan kuat, khususnya kuat dari tekanan kartel dan modal, sebagai prasyarat agar kesejahteraan sosial mampu diupayakan dan manfaatnya bisa dirasakan rakyat. Negara yang kuat adalah yang melindungi dan memajukan kepentingan nasional dan mampu mengamankan hak-hak dasar warga yang majemuk, baik hak politik, maupun hak ekonomi sosial budaya.

Menyadari hal ini, kehadiran model partai tengah ala Golkar yang efektif mendukung agenda pemerintah sebenarnya masih dibutuhkan. Namun dalam lanskap multipartai, bentuknya diwujudkan dalam kekuatan koalisi parpol. Dari peta koalisi, sejauh ini PD berniat memimpin koalisi tengah. Pertanyaannya, tanpa dukungan partai “penguasa lama lapangan tengah” itu, mampukan koalisi sentral yang didesain SBY ini solid dan bertahan?

Jangkar kestabilan

Kehadiran sebuah koalisi partai beridiologi tengah yang reformis akan amat bermanfaat bagi stabilnya demokrasi sekalipun menjamin terwujudnya pemerintahan yang kuat. Mengutip Mietzner (2008), koalisi tengah berguna sebagai jangkar kestabilan politik sekaligus penghapus tajamnya politik idiologi dengan menarik ke tengah partai-partai yang ada di “kiri maupun kanan jalan” melalui koalisi.

Namun, penulis memandang integrasi elite sebenarnya merupakan aspek yang lebih signifikan. Apalagi menimbang eksistensi aspek ideologi dalam tradisi politik Indonesia merupakan realitas sejarah sekaligus aset politik rakyat yang sulit dimusnahkan. Penelitian Higley dan kawan-kawan (1991) menunjukkan, demokrasi dapat stabil melalui struktur dan jejaring interaksi antar elite yang memungkinkan mereka mengakses sejumlah arena utama perumusan kebijakan.

Dengan demikian, elite meski idiologi berbeda secara ekstrem, akan menjaga stabilitas politik dan demokrasi jika merasa system yang berlangsung mampu memberikan manfaat bersama.

Pertemuan Amien Rais, tokoh Partai Amanat Nasional yang kritis terhadap pemerintahan SBY-JK, beberapa waktu lalu, merupakan contoh bagaimana perspektif integrasi elite bekerja. Keputusan Amien mendorong PAN berkoalisi dengan PD, the winning side, merupakan pilihan rasional yang memungkinkan PAN dengan segala kepentingannya terlibat dalam pemerintahan.

Ketika elite mau mengompromikan perbedaan, lalu berhasil membangun jejaring politik dan komunikasi konsensual, sekalipun informal, di sanalah stabilitas demokrasi dan pemerintahan dapat dipertahankan.

Menunggu

Selanjutnya, politik menunggu ketulusan SBY dan kearifan Megawati dalam politik kontemporer untuk bersilaturahim dan membangun komunikasi. Peran sentral keduanya akan berdampak bagi stabilnya demokrasi Indonesia.

Kita berdoa, di tikungan terakhir perjalanan politik mereka, para elite generasi transisi ini tulus bekerja keras demi kedaulatan dan kesejahteraan rakyat. Budi baik mereka akan dikenang sejarah dan menjadi inspirasi generasi politik selanjutnya. [Dimas Oky Nugroho Peneliti di Democracy an conflict Governance Institute Universitas Airlangga.]


Transfer Espanyol
Dua Menuju Cornelia El-Prat

Hanya finis di papan tengah La Liga musim lalu ternyata tak mengurangi popularitas Espanyol. Buktinya klub Catalan ini sudah mengamankan tanda tangan dua pemain anyar dengan reputasi cukup mentereng.

Nama pertama yang akan mencicipi aroma stadion baru yang bakal menjadi salah satu venue tercanggih di seantero Spanyol, Cornella El-Prat, adalah Ben Sahar. Wonderkid berusia 19 tahun yang musim lalu memperkuat Chelsea itu diikat selama empat tahun dengan kontrak bernilai satu juta pound alias 17,1 miliar rupiah.

Pemain yang melakukan debut bersama timnas Israel dua tahun silam, sekaligus menjadikannya pemegang rekor termuda, diharap menjadi pengganti Raul Tamudo. Legenda Periquitos yang telah melewati masa keemasannya tersebut memang diperkirakan bakal segera hengkang.

"Espanyol adalah klub besar sekaligus tempat yang baik bagi pemain muda untuk bisa berkembang. Mereka memberi saya kesempatan dan semoga bisa membalasnya," kata pemain yang musim lalu mencetak enam gol dan tiga assist dalam 22 laga bersama klub Belanda, De Graafschap, itu seperti dirilis Goal.

Tambahan Yahud

Tambahan amunisi kedua dengan kualitas cukup yahud adalah Shunsuke Nakamura. Gelandang yang hingga musim lalu tampil dalam 129 laga serta mencetak 29 gol bagi Glasgow Celtic itu diikat dengan durasi dua tahun.

Transaksi ini agak mengejutkan. Pasalnya Nakamura sempat menyatakan ingin mengundurkan diri dari sepak bola Eropa dan kembali ke klub pertamanya, Yokohama Marinos.

"Saya ingin merasakan pengala­man bertanding melawan klub terbaik Eropa yang ada di Spanyol. Saya tidak tahu apakah bisa men­dapat posisi reguler atau tidak, tapi saya akan berusaha sekuat­nya," ucap Nakamura kepada Sports Nippon.

Espanyol jelas diuntungkan dengan pembelian tersebut. Men­dapatkan Nakamura secara gratis karena kontraknya di Celtic selesai pada akhir Juni, Tim Putih Biru bisa berharap banyak pada gelan­dang pemilik tendangan bebas mema­tikan berusia 31 tahun itu. (drew)




Xavi Torres
Demi La Masia

Dalam beberapa pertandingan terakhir La Liga musim lalu, pelatih Barcelona, Pep Guardiola, kerap menurunkan pemain muda. Salah satunya adalah Xavi Torres yang bermain apik pada dua laga pamungkas.

Wajar bila banyak yang mengernyitkan dahi ketika mendengar gelandang bertahan ini dilepas ke Malaga, tanpa biaya sepeser pun. Kesempatan bermain diduga menjadi penyebab utama.

"Saya akan memiliki kesempatan tampil lebih besar di Malaga dibanding bila terus bertahan di Barcelona," ucap Torres di Marca.

Well, penjualan ini sebenarnya bisa dibilang ganjil. Torres adalah pemain muda berbakat dengan prospek menjanjikan. Pemain kelahiran 21 November ini adalah kapten di Barcelona B.

Namun keputusan tersebut jadi masuk akal mengingat kegemaran Guardiola mengorbitkan pemain muda. Usia Torres yang sudah mencapai angka 22 bisa jadi sudah tak masuk dalam hitungan sang entrenador. Apalagi Torres bukan produk asli La Masia melainkan didapat secara gratis dari Villarreal dua tahun lalu.

Menjadikan Torres sebagai langganan starting XI jelas tak mungkin. Stok di posisi ini terbilang cukup melimpah dengan keberadaan Toure Yaya, Sergi Busquets, hingga Seydou Keita.

Menahan Torres di tim B juga tak ada gunanya. Keberadaan Torres bisa jadi bakal menghalangi kemunculan youngster baru. So, tak ada salahnya menyebut penjualan ini dilakukan demi kebaikan La Masia. (drew)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar