Selasa, 14 Juli 2009

PEMILU DAN NUBUATAN




Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” (Yeremia 29)



Belum lama ini penulis menerima e-mail dari sebuah milis berlabel kristen yang isinya mempromosikan secara berat pasangan capres/cawapres tertentu. Yang menarik, ketika ditanyakan mengapa membawa misi agama mempromosikan capres/cawapres tertentu, jawabannya cukup menarik untuk disimak, karena dijawab: “Kami baru menerima wahyu agar kami ikut mengentaskan kemiskinan.”



Yang dipertanyakan adalah, mengapa membela capres/cawapres tertentu, padahal tidak ada dari ketiga calon yang tidak berbicara mengenai pengentasan kemiskinan. Tetapi, yang memprihatinkan bukan itu, tapi mengapa membawa-bawa ‘wahyu/nubuatan agama’ demi tujuan politik golongan tertentu?



Kita semua mengingat bahwa pada Pemilu 2004, juga banyak didengar mengenai adanya wahyu/nubuatan yang disampaikan orang-orang kristen tertentu yang macam-macam isinya, seperti :

“Ada nubuatan yang mengatakan bahwa 50% orang Indonesia akan menjadi Kristen”

“Ada juga nubuatan yang menyebutkan bahwa tokoh partai Kristen akan jadi RI-1.”

“Ada penginjil luar negeri yang menubuatkan di saat itu bahwa kita jangan kuatir karena tidak lama lagi ikan-ikan dari perairan sekeliling Indonesia akan memasuki perairan Indonesia!”



Mengapa kita mudah terbuai oleh nubuatan-nubuatan yang pada saat diperdengarkan kelihatannya merupakan nubuatan atau wahyu yang benar yang segera akan terjadi, tetapi ternyata palsu dan tidak tergenapi? Ini tidak aneh, sebab kalau kita menyimak ucapan nabi Yeremia diatas, memang kita harus mensejahterakan kota dimanapun kita berada (yang tentunya termasuk mengentaskan kemiskinan)! Namun, ayat itu tidak berhenti disitu tetapi dilanjutkan dengan ayat-ayat berikut:

[8] “Sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di tengah-tengahmu dan oleh juru-juru tenungmu, dan janganlah kamu dengarkan mimpi-mimpi yang mereka mimpikan! [9] Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku. Aku tidak mengutus mereka, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 29)



Ayat-ayat itu sekalipun disampaikan oleh nabi Yeremia ketika orang Israel berada di pembuangan masih tetap berlaku dan merupakan peringatan bagi kita umat Kristen agar kita tidak mudah terkecoh oleh wahyu atau nubuatan yang diterima seakan-akan dari Tuhan, padahal dalam Alkitab kita sudah banyak membaca bahwa pada zaman Para Nabi dan Para Rasul pun nubuatan dan wahyu palsu sudah banyak mengecoh jemaat dan diperingatkan oleh Para Nabi dan Rasul yang benar agar dihindari, apalagi sudah terbukti nubuatan dan wahyu di kalangan kristiani sering dijadikan komoditas politik oleh kalangan tertentu.



Kita perlu mendoakan semua capres/cawapres, apapun partai mereka. Soalnya, banyak orang-orang Kristen yang hadir di partai-partai pendukung ketiga capres/cawapres itu. Tugas kita adalah tetap dengar-dengaran akan firman Tuhan dan tetap mendoakan agar terpilih presiden/wakil presiden yang dikehendaki Tuhan, yaitu: “kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap.” (Keluaran 18:21)



Kita jangan terkecoh reklame dan janji-janji politik yang kelihatannya benar-benar akan dilaksanakan dan mendatangkan mujizat kemakmuran, soalnya masalah bangsa Indonesia sudah terlalu kompleks dan parah sehingga membutuhkan pemikiran dan kerja keras semua eksponen bangsa, dan kita tahu dimanapun janji-janji politik pemilu selalu diisi janji-janji yang menghibur seperti nubuatan dan wahyu palsu pada zaman para nabi khususnya Yeremia: “Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN; mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista firman TUHAN: Kamu akan selamat! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata: Malapetaka tidak akan menimpa kamu.” (Yeremia 23:16-17)



Kita harus mendoakan terutama orang-orang kristen yang ada di semua partai politik, agar mereka yang terpilih kelak, baik yang akan duduk di kabinet maupun DPR/DPRD, agar mereka juga memenuhi kriteria kepemimpinan seperti yang ditulis Musa, agar di pemerintahan yang diangkat dan terpilih kelak mereka dapat menjadi surat-surat Kristus yang ikut mengemban tugas untuk mensejahterakan kota dan negeri dimana kita semua tinggal. Ingatlah, bukan kesejahteraan yang dijanjikan oleh tokoh politik, tetapi kesejahteraan yang dijanjikan oleh Tuhan sendiri yang bisa memberikan kita kesejahteraan dan damai kekal dalam hati kita apapun situasi politik dan lingkungan yang terjadi disekitar kita, seperti ditawan dalam pembuangan di zaman Yeremia apalagi dalam kondisi bebas merdeka di Indonesia seperti sekarang : Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 29:11-14)

Renungan: NIGERIA– 200 Orang Terbunuh Dalam Kekerasan Di Jos

Menurut informasi terpercaya militan Hindu menawarkan imbalan bagi mereka yang membunuh orang-orang Kristen di Orissa ketika politisi Hindu meningkatkan tekanan atas orang-orang Kristen dengan pembahasan undang-undang nasional anti perpindahan agama.



Kontak KDP di India berkata bahwa gerombolan Hindu bersenjata telah menawarkan uang, minuman keras, makanan untuk menyerang rumah-rumah orang Kristen dan membunuh mereka. Makin peinting target, makin besar imbalanannya.



Uskup-uskup di Orissa telah menyurati kepala pejabat pemerintahan tentang apa yang mereka gambarkan sebagai sebuah “rancangan besar” orang-orang garis keras Hindu untuk menyapu bersih kekristenan dari negara. Luapan tiba-tiba kekerasan anti-Kristen ini dimulai di Orissa pada bulan Agustus 2008 setelah terbunuhnya seorang pemimpin Hindup – meskipun pengikut Mao mengakui bertanggung jawab atas kematiannya. Kekerasan lalu menyebar ke negara bagian lain. Kekerasan yang pecah itu merupakan yang kedua di tahun 2008.



Nasionalis Hindu dari BJP (Partai Bharatiya Janata) sekarang berkata bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan undang-undang nasional pelarangan ‘pemaksaan atas individu untuk memeluk keyakinan yang ia tidak ingini’ jika mereka memenangkan pemilihan umum yang akan datang. Sejauh ini tujuh negara bagian India telah melegalkan peraturan anti-perpindahan keyakinan. Penerapan peraturan yang abu-abu ini (tidak jelas), yang mana mengundang terjadinya pelecehan, meningkatkan tekanan tidak hanya pada kelompok-kelompok Kristen yang terlibat pada pelayanan amal tetapi juga gereja-gereja yang menjalankan ibadah.



118 Orang Kristen Dibunuh Sejak Agustus 2008

AICC (All India Christian Council) memperkirakan bahwa sekitab 118 orang Kristen telah terbunuh dalam penyerangan sejak Agustus 2008, yang mana telah menghancurkan 315 desa dan membuat 54.000 orang Kristen kehilangan tempat tinggalnya, sebagian besar dari mereka adalah orang-orang Dalit (Kasta terendah dalam Hindu) dan mereka yang dari latar belakang suku, tetap tinggal tempat-tempat pengungsian. Banyak dari mereka takut untuk kembali ke tempat asal mereka oleh karena ancaman yang terus menerus oleh orang-orang garis keras Hindu.


--

” TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya.”(Nahum 1:7)
“Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.” (Mazmur 46:2)

Dimanakah hatimu berada?

Published by Bonjour under Renungan

Kata Yesus:”…di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.” Mat.6:21. Waktu adalah salah satu harta kita yg paling berharga. Jadi dimana kita paling banyak menghabiskan waktu kita,disitulah hati kita berada.

Kata Yesus:”Marta, Marta,engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yg perlu: Maria telah memilih bagian yg terbaik, yg tidak akan diambil dari padanya.”Luk10:41-42.

Dimanakah Maria menghabiskan waktunya?

“…Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,” Luk.10:39.

No responses yet

Dec 14 2008
Hidup untuk Tuhan vs. hidup untuk diri sendiri

Published by Bonjour under Renungan

“Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.” (Roma 14:7-8)

Saya perhatikan bahwa kesalahan yang saya buat seringkali terjadi karena saya masih hidup untuk diri sendiri dan bukan untuk Tuhan. Hal-hal yang menghalangi saya untuk mengalami yang terbaik yang Tuhan ingin berikan kepada saya, bukanlah hal-hal yang berada di luar diri saya, tetapi hal-hal yang ada dalam diri saya sendiri. Musuh utama saya bukanlah orang lain, tetapi diri saya sendiri. Kendala utama saya bukanlah orang lain, tetapi diri saya sendiri.

No responses yet

Sep 26 2008
Puasa bagi orang Kristen:

Published by Bonjour under Renungan

Jawab Yesus kepada mereka: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.” (Matius 9:15)
Sekarang mempelai itu telah diambil. Yesus telah kembali ke sorga, menantikan saat-Nya Dia akan datang kembali untuk menjadi Hakim orang mati dan orang hidup. Jadi masa di antara kenaikan Yesus ke sorga, sampai dengan kedatangan-Nya kembali adalah masa dimana orang-orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus diperintahkan untuk berpuasa. Taati saja!
Tuhan memberkati.

No responses yet

Jul 18 2008
Bagaimana mengalami hidup kekal

Published by Bonjour under Renungan

Kata Yesus: “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak [=Yesus] dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, …” (Yohanes 6:40)

Percaya kepada Yesus berarti mempercayakan segenap hidup kepada Tuhan Yesus. Percayakan saja, maka “hidup kekal” = “hidup bersama Tuhan Yesus” akan kita alami sekarang dan sampai selamanya.

No responses yet

May 21 2008
Jadilah orang yang dikasihi Tuhan



Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia,…(Roma 8:28)

Allah turut bekerja dalam segala sesuatu, baik yang menyenangkan maupun yang tak menyenangkan, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan, untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.
Kesimpulannya, yang penting bukan apa yang terjadi pada diri kita, tetapi apakah kita adalah orang-orang yang mengasihi Allah!
Bila kita mengasihi Allah, maka Allah turut bekerja dalam segala sesuatu, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan, untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.
Jadilah orang yang mengasihi dan dikasihi oleh Tuhan!

No responses yet

May 14 2008
Rahasia doa yang dijawab Tuhan


Kata Yesus: “Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.” (Markus 11:24-25)

Percayalah dan ampunilah, maka doa kita akan dijawab oleh Tuhan.

Percayalah = percayakan apa yang kita minta kepada Tuhan dan kebaikanNya.

Ampunilah seperti Tuhan dalam Kristus telah mengampuni kita, walau kita tak layak untuk diampuni. (Efesus 4:32)

No responses yet

May 01 2008
Arti kenaikan Yesus ke sorga


“Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.” (Markus 16:19-20)

Yesus naik ke sorga bukan sebagai tamu Allah tetapi sebagai Allah sendiri. “duduk di sebelah kanan Allah” adalah istilah yang menjelaskan kedudukan Yesus yang mulia di sorga sebagai Allah Penguasa seluruh alam semesta. Dalam kedudukanNya sebagai Penguasa alam semesta, Yesus meneguhkan pemberitaan Injil (kabar baik) dengan mujizat-mujizat.

Pada waktu Yesus lahir di Betlehem lebih dari 2000 tahun yang lalu, Allah menjadi manusia. Sehingga Yesus adalah 100% Allah dan 100% manusia pada saat yang sama. Kenaikan Yesus ke sorga membuktikan bahwa manusia memang bisa masuk sorga.

Firman Allah berkata: “Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.” (1 Tesalonika 4:14)

Percayakan nasibmu di dunia dan di akherat kepada Tuhan Yesus Kristus! Kau akan menghabiskan kekekalan bersama Dia di sorga. Sorga itu indah karena ada Allah disana.

Firman Allah berkata:

“Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba [Yesus Kristus] itu. Dan kota itu tidak memerlukan matahari dan bulan untuk menyinarinya, sebab kemuliaan Allah meneranginya dan Anak Domba [Yesus Kristus] itu adalah lampunya. Dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayanya dan raja-raja di bumi membawa kekayaan mereka kepadanya; dan pintu-pintu gerbangnya tidak akan ditutup pada siang hari, sebab malam tidak akan ada lagi di sana; dan kekayaan dan hormat bangsa-bangsa akan dibawa kepadanya. Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba [Yesus Kristus] itu.” (Wahyu 21:22-27)

No responses yet

Apr 02 2008
Maju Terus



“… aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.”
(Filipi 3:13-14)

Sir Winston Churchill adalah Perdana Menteri Inggris sewaktu Sekutu mengalahkan Nazi Jerman di Perang Dunia Kedua yang lalu. Beliau pernah mengatakan: “Success is not final, failure is not fatal, what matters is the courage to go on.” Terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia adalah “keberhasilan bukan akhir untuk berpuas diri, kegagalan bukan akhir segala-galanya, yang penting adalah keberanian untuk maju terus.”

Pretemporada Real Madrid
Tersita di Peace Cup

Kembalinya Florentino Perez ke tangga teratas Real Madrid secara otomatis membuatnya bisa melakoni kebijakan secara mutlak. Sebagai pemangku jabatan el presidente, praktis tak banyak orang yang sanggup menghentikan proyek ambisius miliknya yang kini dijuluki Neo Galacticos tersebut.

Dalam membangun skuad, kebijakan mengoleksi bintang-bintang terbaik di muka bumi seperti yang ia lakukan pada termin pertama (2000-2006) lewat label Los Galacticos kembali dijalankan. Sesuai janjinya saat berkampanye, Perez sukses membawa Kaka, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, dan Raul Albiol dengan kombinasi transfer 209 juta euro.

Kebijakan “vakansi” ke belahan dunia lain dengan tema tur pra-musim pun dihidupkan kembali. Kepastian tampil di fase grup Liga Champion, tanpa melalui babak kualifikasi, membuat Madrid bisa mengarungi perjalanan panjang tanpa dibatasi waktu.

Kali ini, destinasi yang dituju adalah daratan Amerika, di mana Raul Gonzalez dkk. bakal bereksibisi melawan dua wakil MLS: Toronto FC di BMO Field, Toronto, pada 7 Agustus dan DC United di Fedex Field, Washington, pada 9 Agustus.

Misi “penggalian dolar” ini memang memakan waktu cukup singkat, hanya dua hari. Namun, perjalanannya sendiri sudah menyita durasi lumayan panjang. Karena itu, Madrid menaruh jadwal US Tour ini agak di belakang, sebelum dua laga eksibisi, melawan Borussia Dortmund di Westfalen (17/8) dan menjamu AC Milan di Trofeo Santiago Bernabeu (25/8), menutup pramusim mereka.

Durasi terlama justru terjadi pada masa pengondisian tim mulai 14-22 Juli di Dublin, di mana mereka bakal menjajal juara Irlandia, Shamrock Rovers. Periode 10 hari juga akan menyita atensi ketika Madrid mengambil bagian di Peace Cup (26 Juli sampai 2 Agustus).

Di ajang dwitahunan yang bersifat amal–meski memperebutkan sejumlah prize money–ini, anak-anak asuh Manuel Pellegrini bakal tampil bareng 11 klub ternama. Berhubung mengambil tempat di Andalusia, maka La Liga berhak mengirim tiga wakil, yakni Madrid, Sevilla, dan Malaga.

Selain trio Spanyol ini, Peace Cup juga diikuti Juventus, Olympique Lyon, Fenerbahce, FC Porto, Glasgow Celtic, Aston Villa, LDU Quito, Al-Ittihad, dan Seongnam, yang notabene adalah si empunya gawe. (Sapto Haryo Rajasa)



Karim Benzema
Bukan Faubert, Bukan CR9

Pencinta Real Madrid tentu masih ingat dengan sosok Julien Faubert. Betul, dia adalah sayap kanan asal Prancis yang mengejutkan Madridistas di paruh kedua musim 2008/09, baik itu saat Juande Ramos memutuskan untuk meminjamnya dari West Ham United maupun saat hanya 70 kepala (termasuk jurnalis) yang datang meliput perkenalan dirinya.

Ya, Faubert cuma mampu menarik massa sebanyak personel reguler yang biasa dibawa El Real saat bertandang di sebuah matchday Liga Champion. Bandingkan dengan penerimaan Cristiano Ronaldo, yang awal pekan ini menyedot 85.000 orang ke Santiago Bernabeu. Terpaut 1.214 kali lipat lebih sedikit!

Kamis malam (Jumat dini hari WIB), giliran Karim Benzema mendapat resepsi khusus. Bomber muda Les Bleus yang baru dibeli seharga 35 juta euro dari Olympique Lyon ini siap memamerkan kaus bernomor pungung 19 anyarnya. Yang pantas ditunggu apakah atensi Madridistas berada pada level Faubert atau pada tingkat CR9.

Statusnya sebagai bekas pemain terpanas menyusul hujan tawaran dari berbagai klub Eropa secara logis tentu menaruhnya jauh di atas Faubert. Namun, rasanya mustahil jika kita berharap terciptanya full-house.

Bagaimanapun rupa resepsi perkenalan, Benzema tampak kurang peduli. Ia begitu menghormati pemain maupun bekas pemain Madrid. “Saya selalu menginginkan untuk bermain bersama Madrid. Apa pun yang terjadi, dirinya hanya memfokuskan untuk segera bergabung dan berlatih bersama rekan-rekan setimnya. Latihan perdana Madrid bakal mentas 10 Juli di Valdebebas. Benzema sudah akan tampil di sana. (shr)




-


Kampanye Kemanusiaan Iker Casillas di Mali
Santo Pembawa Pesan

Rasanya tak salah bila portiere Real Madrid, Iker Casillas, mendapat sebutan santo. Selain kerap menjadi malaikat penyelamat tim berkat aksi gemilang di bawah mistar, Casillas juga menaruh perhatian terhadap sesama, khususnya anak-anak, yang jauh kurang beruntung dibanding dirinya.

Iker Casillas, perhatikan kesejahteraan anak. (Foto: publicio.com)

Mungkin Casillas memang tak pernah mengetahui bahwa berdasarkan data Unicef pada Maret 2009, sekitar 600 juta anak hidup di bawah garis kemiskinan. Ia juga mungkin tak membaca bahwa 2,5 juta anak terinfeksi HIV/AIDS, sekitar 218 juta mengalami bentuk terburuk eksploitasi di sektor tenaga kerja, serta lebih dari 100 juta, khususnya anak perempuan, tidak bersekolah. Namun, bukan berarti Casillas tak berbuat sesuatu.

Kiper utama timnas Spanyol ini adalah duta besar Plan, yayasan amal untuk kesejahteraan anak yang dibentuk pada 1937, untuk wilayah Spanyol. Sebagai sosok terkenal, wajah Casillas menjadi alat kampanye utama untuk menggugah kesadaran masyarakat.

Ruang jelajah Casillas pun tak terbatas di Negeri Matador. Pada awal pekan ia tiba di Mali, negara Afrika Barat berpenduduk sekitar 12,6 juta jiwa yang merupakan salah satu negara termiskin di dunia.

Ingin tahu apa kegiatan Casillas di sana? Kiper utama Spanyol ini bergabung dengan sesama punggawa Los Blancos, Mahamadou Diarra, di dusun Sanambele, sekitar seratus kilometer dari Bamako, ibu kota Mali. Di tempat itu, Casillas dilaporkan menikmati tradisi setempat, menari bersama penduduk lokal, berinteraksi dan makan bersama anak-anak.

Casillas juga melihat-lihat fasilitas yang dibangun oleh Plan Mali, seperti sekolah, perpustakaan, lapangan sepak bola, dan basket. Tentu tak ketinggalan pula kegiatan bermain bola selama sepuluh menit di mana Casillas menjadi kiper bagi kedua tim saat pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalti.

"Pengalaman sewaktu kecil bisa menentukan masa depan seorang anak. Itulah yang membuat mereka harus merasakan kegembiraan serta mendapat kesehatan dan pendidikan yang layak. Saya merasa memiliki tugas khusus membawa pesan ini ke seluruh dunia untuk saling membantu sesama," ucap Casillas, yang mendapat seekor kambing putih sebagai rasa terima kasih penduduk setempat, seperti dirilis Noticanarias. (drew)


--



Valencia
Soriano Melepas Krisis

Segenap Valencianistas, julukan suporter Valencia, boleh mulai bernapas lega. Krisis keuangan yang membuat Los Ches terancam kehilangan pemain bintang mungkin bakal segera teratasi.

Vicente Soriano, kembail memegang kendali penuh atas Valencia. (Foto: as.com)

Vicente Soriano menyatakan siap melunasi utang klub senilai 500 juta euro atau sekitar tujuh triliun rupiah. Mungkinkah hal itu dilakukan oleh pria yang sudah mundur dari jabatan presiden klub pada awal Juni ini?

Mungkin saja terjadi. Penyebabnya adalah sosok bernama lengkap Vicente Soriano Serra itu sudah kembali ke tampuk kepemimpinan Pasukan Kelelawar Mestalla tepat sebulan setelah pengunduran dirinya.

Pengusaha konstruksi dan perumahan ini baru saja membeli 37 persen saham klub milik Juan Soler, Presiden El Che saat ini, plus empat persen saham kepunyaan pemilik klub lainnya seperti Vicente Silla, Carlo Fichella, Vicente Alegre, dan Jose Peris Frígola. Jumlah tersebut, ditambah sepuluh persen saham milik Soriano sendiri, sudah cukup menjadikannya sebagai pemilik saham mayoritas.

Menurut Soriano, dana segar kucuran dari Inversiones Dalport, perusahaan yang berbasis di Montevideo, ini bisa menyelesaikan semua masalah klub.

"Proyek raksasa Valencia tertahan akibat krisis ekonomi. Masalah ini sangat serius dan bahkan sempat melumpuhkan rencana yang disusun untuk mengembangkan klub. Eksistensi Valencia terancam, tetapi kini tak perlu dikhawatirkan lagi," tutur Soriano di harian As.

"Kami ingin menyampaikan pesan bahwa suporter bisa bersikap optimistis melihat masa depan klub. Valencia akan terbebas dari utang. Dengan begitu, kami akan menemukan kembali kedamaian dan stabilitas yang sudah hilang belakangan ini," tambah Soriano, seputar proses pengambilalihan yang bakal diumumkan ke publik pada awal pekan depan tersebut.

Imbas Villa

Menilik ucapan Soriano, berarti selain proses pembangunan stadion baru bakal dilanjutkan, dilepasnya Raul Albiol ke Real Madrid bisa jadi merupakan penjualan terakhir. Sejak awal Soriano adalah sosok yang berusaha menahan arus keluar bintang tim dari Mestalla.

"Kami tak perlu lagi menjual pemain bintang yang merupakan aset utama. Kami akan melakukan yang terbaik demi kepentingan klub. Kami siap membuka pembicaraan dengan semua pemain," kata Soriano.

Ucapan tersebut sepertinya bukan sekadar bualan. Media Spanyol mensinyalir bahwa selama beberapa pekan terakhir sang taipan berusaha meyakinkan David Villa untuk bertahan.

Pengaruh Soriano pula yang membuat Valencia seolah mengulur-ulur kesepakatan dengan Madrid dan Barcelona, dua klub yang berniat mendapatkan jasa bomber ganas tersebut. Hal yang sama juga disinyalir berlaku atas David Silva. (Andrew Sihombing)

Pretemporada Valencia
Tiga Turnamen Mini

Kubu Valencia mengakui bahwa perjalanan fluktuatif sepanjang kompetisi 08/09 berkaitan erat dengan persiapan kurang optimal di awal musim. Bisa dimaklumi karena lawan-lawan yang dijumpai El Che pada pretemporada hanya dua klub minor Premier League.

Menjelang kampanye 09/10, Unai Emery selaku el entrenador pun mengusulkan kepada direksi agar Carlos Marchena dkk. diberi lawan dengan porsi kualitas lebih tinggi. Jam terbang di turnamen mini, selain Trofeo Naranja, yang mereka gelar secara reguler, pun diajukan untuk diperbanyak.

Alhasil, setelah memulai pusat latihan di Paterna pada 13 Juli, Che bakal terlibat dalam dua turnamen lain, yakni di Westfalen dan di Sevilla (Trofeo Carranza). Tim BPL pun akan kembali dilawan. Bedanya kali ini bukan selevel Bolton Wanderers, tapi setingkat Arsenal dan Manchester United.

Meski cuma berstatus eksibisi, kubu Mestalla berharap rangkaian pretemporada kali ini bakal meningkatkan kadar pede tim, khususnya legiun muda yang pastinya bakal mendapat jam terbang lebih banyak. (shr)


--


Didier Zokora
Dari Lane Ke Pizjuan

Lama tiarap di bursa transfer dan hanya berstatus sebagai penjual pemain, akhirnya Sevilla masuk juga ke dalam barisan pembeli. Rabu (8/7), Si Putih asal Andalusia ini mendatangkan Didier Zokora dari White Hart Lane.

Didier Zokora, pembelian perdana Sevilla. (Foto: Flickr)

“Setiap Sevillista seharusnya berbahagia. Zokora memang menjadi target utama kami menghadapi musim mendatang,” ujar Ramon Rodriguez Verdejo, direktur eksekutif, seperti dikutip dari situs resmi Sevilla.

Menurut kubu Ramon Sanchez Pizjuan, gelandang asal Pantai Gading ini memang diincar lan­taran memiliki fisik prima dan mam­pu menutup lapangan tengah tanpa lelah. Penampilan mereka di Liga Champion pun menuntut hadirnya gelandang bertahan yang tiga musim membela Tottenham Hotspur tersebut.

Tak disebut berapa besar biaya resmi Zokora tapi ditaksir berkisar di antara 9-13 juta euro. Yang jelas, Sevilla langsung mematok buy-out clause sebesar 30 juta euro. (shr)


--

Penjualan Kaus CR9
18 Juta Rupiah Per Menit

Di kala klub membeli pemain baru, pemilihan nomor punggung selalu menjadi momen yang paling ditunggu. Baik oleh pemain lama yang tentu ketar-ketir jika nomor miliknya diserobot si akan baru maupun oleh para pendukung klub yang bersangkutan.

Pendukung punya motif tersendiri. Kepedulian mereka lebih pada waktu peluncuran jersey itu sendiri. Semakin cepat nomor punggung sang debutan diketahui dan kaus tersebut masuk toko, maka semakin cepat pula mereka bisa mengoleksinya.

Bagi fan fanatik, keberhasilan menduduki pole-position dalam membeli kaus terbaru milik pemain baru merupakan sebuah kewajiban. So, jangan heran bila rush Madridistas terjadi ketika toko resmi Real Madrid maupun gerai Adidas sebagai sponsor resmi El Real mulai menjual jersey Cristiano Ronaldo.

Tak terhitung berapa warga dunia yang memesan kaus bernomor punggung 9 tersebut via internet. Tulisan “temporarily out of stock” yang sempat muncul pada dua hari pertama setelah terpampang di www.realmadridshop.com membuktikan pemesan terjadi dalam skala luar biasa besar.

Bukti yang lebih nyata muncul di toko resmi Madrid di stadion Santiago Bernabeu. Bertepatan dengan seremoni perkenalan CR9 pada publik, yang berlangsung sekitar dua jam, official store ini menjual 2.000 lembar kaus CR9. Ini sama artinya dengan 15-16 kaus per menit!

Dengan harga 85,41 euro per buah, berarti dalam tempo dua jam itu kas Madrid kemasukan sekitar 18 juta rupiah per menit. Sialnya, meski pada saat toko tutup penjualan mencapai 3.000 kaus, pada saat yang bersamaan mereka kehilangan 300 kaus CR9 (home dan away) akibat dicuri maling. (shr)



Adidas pun Tersenyum

Rekor penjualan jersey masih dipegang David Beckham, baik ketika pertama kali diperkenalkan ke publik Santiago Bernabeu pada 2003 silam maupun ketika dirinya “menginvasi” Los Angeles atau lebih tepatnya Benua Amerika saat memutuskan pindah ke LA Galaxy pada musim panas 2007.

Di Madrid, kubu El Real mengklaim telah menjual 8.000 potong jersey bernomor punggung 23 milik Becks hanya dalam tempo dua jam. Di LA Galaxy, saat diperkenalkan, konon sudah ada 250.000 pembeli jersey dengan nama Becks. Ini bisa dimaklumi karena deal perekrutan Becks antara Galaxy dan Madrid sudah disepakati sejak akhir tahun 2006.

Jika kita membandingkan penjualan kaus Becks dengan milik Kaka atau Cristiano Ronaldo, dua nama terakhir ini memang tak berada di level yang sama. Dalam durasi sama-sama dua jam saat diperkenalkan, Kaka “hanya” menjual 600, sedangkan CR9 menghasilkan 2.000 buah.

Kendati begitu, angka-angka ini dianggap cukup, bahkan sangat memuaskan di mata Adidas, sponsor penyokong jersey Madrid. “Dengan masuknya Kaka dan Cristiano, Anda memiliki dua pemain terbaik di dunia. Ini membuka banyak jalan alternatif bagi kami guna membangun bisnis komersial di sekeliling dua pemain ini,” ungkap Herbert Hainer, CEO Adidas AG, seperti dilansir Bloomberg.

Melihat tren fantastis ini, Hainer pun berani mematok pemasukan 1,3 miliar euro untuk tahun 2010. Angka ini sedikit terkoreksi ke arah lebih tinggi karena sebelumnya Adidas hanya menargetkan income dari gelaran Piala Dunia Afsel. Masuknya Kaka-CR9 tentu terasa bak berkah.

Kita jadi bisa memaklumi “gertakan” Florentino Perez, medio pekan lalu yang meminta tambahan nilai kontrak kepada produsen olah raga asal Jerman itu. Sebaiknya Hainer mendengarkan tawaran baru jika tak ingin logo Nike, pesaing utama mereka, menempel di jersey Madrid. (shr)

--



CR9 Diperkenalkan kepada Publik
Sambut Sihir Ronaldomania

Setelah mencatatkan rekor pesepak bola termahal dunia dengan transfer 94 juta euro serta dipastikan bakal mengantongi gaji tertinggi sebesar 13 juta euro per tahun, Cristiano Ronaldo kembali menahbiskan diri sebagai atlet terpopuler di muka bumi. Kali ini lewat tebaran sihirnya yang memesona.

Cristiano Ronaldo, mengaku sangat terkejut dengan penerimaan luar biasa yang diterimanya di Santiago Bernabeu. (Foto: AFP)

Selasa (6/7) lalu, CR7 resmi diperkenalkan pada publik ibu kota Spanyol. Wabah Ronaldomania pun menyebar. Sekitar 85.000 pasang mata Madridistas, yang hadir di Santiago Bernabeu, secara aklamasi mengukuhkan status terbeken pada pemuda super-dandy asal Portugal itu.

Sepanjang sejarah perkenalan seorang atlet anyar, belum pernah ada kerumunan massa yang mampu mencapai angka sefantastis ini. Kaka, yang dipertontonkan kepada publik Bernabeu beberapa hari sebelumna, “cuma” berhasil menyeret sekitar 55.000 pendukung El Real.

Ketika pemegang rekor attendance sebelum ini, Diego Maradona, diperkenalkan kepada publik Napoli tahun 1984 silam, “hanya” 75.000 tifosi Napoli yang hadir di San Paolo. “Saya sama sekali tak membayangkan bahwa stadion ini akan penuh. Ini benra-benar impresif,” begitu kata CR9, sebutan baru Ronaldo setelah nomor 9 bertuliskan namanya, resmi tertera di pungung jersey Si Putih.

Well, mereka yang selama ini meragukan kedigdayaan Ronaldo sebagai sosok paling influensial di pentas sepak bola dunia mungkin dengan berat hati harus mengaku kalah. CR9 memang punya daya pikat di luar batas manusia biasa.

Ludesnya bangku Bernabeu, yang sebetulnya cuma berkapasitas total 80.000, ditambah jutaan pengakses internet yang mendapatkan relay seremoni ini dari sejumlah situs setidaknya membuktikan bahwa di tengah keraguan sebagian publik, CR9 tetaplah magnet yang sanggup menarik atensi berskala massive. Ya, dunia tampak siap menyambut sihir Ronaldomania. (Sapto Haryo Rajasa)


--

Transfer La Liga 2009/10
Minus Rp 2,9 Triliun

Kegiatan di bursa transfer pemain Primera Division terus menarik perhatian insan sepak bola dunia. Kelahiran kembali Los Galacticos di tangan Florentino Perez diharapkan memancing perlawanan klub-klub Spanyol dalam memperkuat timnya.

Hasil transfer pemain Liga Spanyol hingga Rabu, 8 Juli 2009, tercatat nyaris mencapai 203 juta euro. Ini bukan pembelian, melainkan selisih antara pemasukan dan penjualan. Ya, buku keuangan La Liga menunjukkan minus 203 juta euro, sekitar 2,9 triliun rupiah!

Transfermark menunjukkan catatan hampir 240 juta euro pengeluaran klub-klub La Liga dalam membeli pemain baru. Tentu Real Madrid berada di puncak klub terboros. Bahkan, dalam lima daftar transfer termahal, El Real menguasai empat teratas.

Pemain termahal kelima untuk sementara di La Liga adalah Ivan Marcano Sierra. Bek berusia 22 tahun ini dibeli Villarreal dari Racing Santander seharga 6 juta euro. Meski posisi utamanya sebagai bek tengah, Marcano pun kerap melakoni tugas mengawal sisi kiri pertahanan Racing.

Awal Juli, Villarreal memboyong bek dengan tinggi 188 cm itu untuk enam tahun. (wesh)



Gagal Raih Xabi Alonso
Valdano Mainkan Rencana B

Sulit mendapatkan Xabi Alonso dari Liverpool, Real Madrid masuk ke dalam rencana cadangan. Plan B itu adalah mengarahkan pandangan ke ibu kota Italia, Roma. El Real mencoba menggaet Daniele De Rossi.

Harga 47 juta euro yang diminta Liverpool untuk Alonso tak bisa dipenuhi Madrid. Seperti diberitakan harian Marca, Direktur Madrid, Jorge Valdano, mengakui mereka mulai melakukan upaya membeli De Rossi, gelandang bertahan AS Roma.

Berapa tawaran Madrid terhadap De Rossi? Marca menyebut tak lebih dari 30 juta euro untuk kontrak hingga 2012.

Nah, angka yang mencapai 429 miliar rupiah itu kalah jauh dari keinginan kubu Roma ketika menolak pinangan Chelsea. Awal pekan kemarin, petinggi klub berjuluk Sang Serigala itu, Bruno Conti, mematok angka 46 juta euro bila Chelsea menginginkan gelandang bertahannya tersebut.

Benarkah De Rossi layak dikunci semahal itu? Pemilik Chelsea, Roman Abramovic, tak kuasa menahan jengkel. Ia menyebut harga pesepak bola berusia 25 tahun tersebut jauh di bawah yang diminta Bruno Conti.

Bagaimana bila keinginan Madrid juga ditepis kubu Roma? Adakah rencana C dan D? Ya, Marca menyebut dua nama, Gaetano D'Agostino (27) dari Udinese dan Alberto Aquilani (25), rekan De Rossi di Roma. (wesh)



Cinta Fabiano

"Ini kota yang tenang dan tempat menyenangkan untuk hidup. Saya dan istri senang keluar rumah, berjalan, mengunjungi restoran, dan bertemu teman-teman. Saya bahagia di Sevilla."

Dapatkah pendukung Sevilla percaya ucapan Luis Fabiano (28), yang disampaikan pada harian Estadao di Brasil, sebagai pertanda penolakannya terhadap pinangan AC Milan?

Penampilan gemilang sang striker di Piala Konfederasi 2009 memang pantas membuat Milan terpikat untuk memboyong Fabiano ke San Siro. Hanya, media Spanyol memberitakan kubu Sevilla telah menolak tawaran 14 juta euro dari klub Italia itu.

Bagaimana bila Milan datang dengan angka yang lebih besar? Akankah Fabiano bersikeras membela Sevilla? Sebagai seorang pesepak bola profesional, nama besar AC Milan jelas menggoda. Namun, Fabiano tak ingin terkesan dirinya yang memilih keluar dari Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

Simak ucapannya, "Semua tergantung proposal yang dibuat Milan dan negosiasi kedua klub. Saya hanya pergi bila itu menguntungkan semua pihak." (wesh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar