Kamis, 02 Juli 2009

Menabung yang Benar






Menabung sepertinya mudah. Tapi kalau tidak ada niat, pasti tidak akan berhasil. Masalah Anda mungkin terletak pada produk investasi yang terlalu mudah dicairkan atau terlalu likuid. Saran saya, cobalah mencari produk investasi atau tabungan yang lebih sulit dicairkan. Misalnya, Anda menabung di tabungan berjangka. Produk ini tidak mudah dicairkan karena ada perjanjian untuk menyimpan dana Anda selama jangka waktu tertentu sehingga tidak bisa diambil sesuka hati.

Atau kalau jumlahnya cukup banyak, tabunglah uang Anda dalam deposito. Namun, tabungan Anda tidak terbatas selalu pada produk keuangan. Anda bisa mengambil asuransi yang bersifat link di mana produk ini selain memberikan proteksi juga memberikan investasi.

--

Kebanggaan Pengikut Kristus

Bacaan: Yesaya 60:7-15
Performa tim nasional Inggris yang makin menanjak turut memacu David Beckham untuk terus berkiprah bersama The Three Lions. Semangat mantan kapten tim nasional tersebut ditunjukkan ketika dirinya hadir di stadion kebanggaan Inggris, Wembley, dalam sebuah acara peluncuran produk makanan sehat terbaru untuk anak-anak. Ia mengaku merasa tersanjung masih dipanggil tim nasional.

Ada satu kebanggaan bagi orang percaya yang melebihi kebanggaan ketika seseorang berjuang untuk mewakili negaranya yaitu menjadi pengikut Kristus. Kebanggaan menjadi umat Tuhan merupakan salah satu penyemangat bagi Paulus untuk tetap gigih memberitakan Kabar Baik maupun menepis berita miring seputar dirinya pada awal karier sebagai hamba Tuhan. Ia tahu apa arti kebanggaan. Baginya, setelah dirinya mengenal Kristus segala sesuatu menjadi tidak berharga—seperti sampah. Demikian saat orang yang terlebih dulu mengenal Tuhan meragukan kerasulannya, Paulus dengan sikap elegan —bukan merajuk— meyakinkan orang-orang itu. Buah dari upaya ini mengubah sikap mereka. Hal yang senada dengan itu ditunjukkan oleh Daud saat menghadapi Goliat. Jika Goliat mengandalkan kekuatan tenaga dan kecakapan berperang serta senjatanya, justru Daud mengandalkan kekuatan yang berpangkal pada statusnya sebagai pribadi yang percaya kepada Allah Israel. Kebanggaan sebagai pengikut Kristus pada Paulus maupun Daud membuahkan sikap berani yang berbuah manis. Mereka adalah orang-orang yang tahu, Pribadi seperti apakah yang dipercayainya. Itu penting karena pada satu titik —ketika situasi mengharuskan menjadi alat bukti yang tak terbantahkan lagi. Kebanggaan kepada Tuhan yang benar, merupakan motivator kita untuk membuktikan keyakinan itu.

Kebanggaan kita sebagai pengikut Kristus berpotensi sama dengan kebanggaan para pahlawan iman yang teraplikasikan. Karya dan pengabidian yang telah kita buat akan menjadi persembahan yang membuat nama Tuhan dimulikan. Karya itu juga akan memberi sumbangsih bagi kehidupan yang berlangsung bagai sebuah perlombaan ini. Marilah kita bangga menjadi pengikut-Nya.

Sumber: Renunga Malam, Juni 2009

--

Kekuatan untuk Menabung

Shalom Pak Eko,
Saya karyawan perusahaan minyak di Kalimantan Timur. Tiap 2 minggu sekali saya mendapat libur dan biasa menghabiskannya di Surabaya. Masalahnya Pak Eko, pada saat liburan itu, hampir semua pendapatan saya habis digunakan untuk pengeluaran, mulai dari memberi keluarga sampai dengan belanja. Akibatnya saya yang telah 7 tahun bekerja tidak memiliki tabungan. Bagaimana caranya agar saya bisa menabung?
(Simon – Kaltim)

Simon, Anda harus bersyukur karena diberi kesempatan oleh Tuhan mendapatkan penghasilan yang cukup dengan bekerja di perusahaan minyak. Saya yakin penghasilan Anda bisa dikatakan lebih dari cukup.

Masalah yang Anda hadapi mungkin juga dihadapi banyak orang saat ini, yaitu tidak bisa menabung. Dan, saya bersyukur Anda sadar serta ingin berubah.

Banyak orang yang saat bekerja dan berada di puncak, lupa dan tidak menyadari pentingnya menabung. Akibatnya, saat tidak lagi bekerja, mereka tidak memiliki simpanan sehingga hidupnya lebih sulit dibandingkan saat bekerja.

Saran saya, kurangi masalah yang membuat Anda boros. Anda boros karena tiap 2 minggu pulang ke Surabaya sehingga Anda lebih konsumtif daripada saat di tempat kerja Anda (Kaltim). Nah, untuk itu, cobalah memperpanjang waktu liburan Anda bukan tiap 2 minggu, tetapi tiap 4 minggu. Artinya, Anda baru pulang setelah 4 minggu bekerja. Tentunya ini diimbangi dengan pengaturan pengeluaran yang ketat, yaitu tidak menghabiskan semua anggaran saat liburan itu.

Oh ya, satu lagi yang penting, sisihkan tabungan di awal. Artinya, sebelum berangkat, sisihkan uang dengan menabung. Jangan berharap menabung setelah mendapat dana sisa dari perjalanan karena itu hampir tidak mungkin. Ingat kisah Yusuf di Mesir. Selalu ada masa senang dan masa susah. Jadi, persiapkan hal itu dengan baik.

--

Karakter Tangguh untuk Mengalahkan Musuh

Banyak orang menyebut Goliat sebagai raksasa, tetapi Daud tidak pernah menyebutnya sebagai raksasa. Ia menyebutnya orang Filistin yang tidak bersunat dan Daud bisa mengalahkannya. Inilah antara lain isi pengantar buku ini. Sang penulis mengakui bahwa kelahiran bukunya merupakan proses panjang yang dilewati dalam pergumulan dan upaya terus-menerus penuh lika-liku saat menyelidiki Kitab Suci.

Melalui buku ini kita disadarkan bahwa pembunuh raksasa bukan hanya Daud beserta para pahlawan iman yang namanya tertulis di Alkitab. Anda juga seorang giant killer! Jangan bingung dulu. Melalui buku ini kita ditunjukkan bahwa di sepanjang kehidupan ini, orang percaya selalu menghadapi tantangan. Pada satu kali tantangan itu datang begitu nyata sehingga tanpa analisa rumit langsung bisa ditengarai keberadaannya. Untuk yang ini, kita bisa langsung pasang strategi, mengatur cara jitu untuk mengalahkannya. Kita yang berkiprah di dunia kerja sering beradu kecanggihan dengan para kompetitor kita. Namun pada kali lain, keberadaan raksasa itu begitu tersamar sehingga dibutuhkan kiat tanpa gentar untuk bisa mengenali serta mengatur strategi guna membuat keok para lawan itu. Pesan pentingnya adalah: jangan mudah menyerah. Tantangan tidak untuk ditinggal lari, melainkan harus dihadapi dan dikalahkan dengan kekuatan dari Tuhan!

Dengan menyelami setiap bagian buku ini, kita diajak untuk mengenali berbagai jenis raksasa yang ada dalam kehidupan ini. Jika keberhasilan telah diraih para pahlawan iman seperti Yosua, Kaleb, Daud dkk, serta mereka yang berhasil mengukir prestasi di zaman modern ini, kita juga punya kesempatan yang sama!

Setiap orang yang ingin meraih kemenangan di setiap keadaan, perlu mencermati buku ini. Antusiasme sejati akan membawa kemenangan sejati bagi mereka yang tak sudi menyerah kalah.

Success To A Happy Married Life..



A man and a woman had been married for more than 60 years. They had
shared everything. They had kept no secrets from each other except
that the little old woman had a shoe box in the top of her closet that
she had cautioned her husband never to open or ask her about.



For all of these years, he had never thought about the box, but one
day the little old woman got very sick and the doctor said she would
not recover. In trying to sort out their affairs, the little old man
took down the shoe box and took it to his wife ' s bedside.



She agreed that it was time that he should know what was in the box.
When he opened it, he found two crocheted dolls and a stack of money
totaling $95,000. He asked her about the contents.



"When we were to be married," she said, "my grandmother told me the
secret of a happy marriage was to never argue. She told me that if I
ever got angry with you, I should just keep quiet and crochet a doll."



The little old man was so moved; he had to fight back tears. Only two
precious dolls were in the box. She had only been angry with him two
times in all those years of living and loving. He almost burst with
happiness.



"Honey," he said "that explains the doll, but what about all of this
money? Where did it come from?"



"Oh, that?" she said. "That is the money I made from selling the dolls." : )

Nikola Kalinic
Pengganti Villa?

Masa depan sepak bola Kroasia ada di Valencia. Bila mengacu pada pujian Slaven Bilic pada Nikola Kalinic, The Future of Croatian Football, rencana manajemen El Che menduetkan Kalinic dan David Villa adalah sebuah mimpi indah bagi Valencianistas.

Media massa Spanyol menyebut striker berusia 21 tahun yang menjadi milik Hajduk Split itu ditawar tujuh juta euro. Dari mana uang Valencia untuk menyandingkan Kalinic dengan Villa?

Harian As melaporkan pertemuan antara Direktur Sport Valencia, Fernando Gomez, dengan perwakilan Kalinic. Pihak Valencia dikabarkan menanti jawaban hingga akhir minggu ini.

Rumor di Kroasia, kubu Hajduk awalnya bersikeras dengan angka 10 juta euro walau kemudian melunak menjadi delapan. Angka ini sama dengan penawaran Chelsea Maret tahun lalu.

Well, ketika deal antara kubu Valencia dan Hajduk Split berjalan, Barcelona datang ke Mestalla dengan sebuah proposal membeli David Villa. Menurut Onda Cero, sepanjang minggu ini terjadi tiga kali kontak antara kedua kubu.

Tak hanya mengajukan angka 40 juta euro, pihak Camp Nou juga menyertakan dua nama sebagai daya tarik dalam proposal mereka. Selain striker muda Bojan Krkic (18), bek tengah Martin Caceres (21) diharap cukup diminati Valencia karena mereka telah kehilangan Raul Albiol yang hijrah ke Real Madrid.

Valencia memang harus ber­gerak cepat bila ingin mendapatkan Kalinic. Dari Rusia, Zenit St. Petersburg juga sangat ingin memiliki striker dengan tinggi 187 cm yang sudah masuk tim senior Kroasia di babak kualifikasi Piala Dunia 2010. (wesh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar