Selasa, 28 Juli 2009

BELAJAR DARI BOM MARRIOT DAN RITZ CARLTON JAKARTA




Kejadian Bomb Marriot 2 memang sangat memukul kita semua bagaimana tidak, sebuah hotel yang telah mempunyai pengalaman yang sangat memilukan menjadi sasaran bomb pada tahun 2005 dan telah meningkatkan system pengamanannya sehingga, dari kaca mata public hotel Marriot menjadi salah satu hotel dengan sytem pengamanan terbaik, ternyata masih dapat diserang kembali oleh terrorist.

Kejadian ini telah membuat orang mencoba menganalisa dengan persepsinya sendiri sendiri. Ada yang menghubungkan hal ini dengan system security out sourcing, tapi banyak object vital di Dunia yang meng outsourcing kan petugas securitynya seperti antara lain NASA , Airport Schiphol, Belanda dan masih banyak lagi object lain yang menganut system outsourcing.
ada yang menilai penerapan walk through metal detector dan hand held metal detector tidak effective. Karena memang hanya menditeksi metal Atau cctv tidak dapat merekam dengan jelas wajah dan masih banyak analisa lainnya. Tapi ada pula yang mengaitkan dengan politik. Mana dari analisa diatas yang merupakan sumber nya.

Sebagai praktisi security saya cenderung melihat kedalam system security yang paling mendalam tidak secara partial yaitu dengan membuat pertanyaan berikut

1. Apakah tujuan utama system security hotel marriot ?
Apakah system security dibuat untuk meningkatkan rasa aman tamu hotel atau untuk mencegah serangan terrorist.

2. Apakah Scenario ancaman yang diusahakan untuk dicegah dengan system pengamanan tersebut ?

Pertanyaan 1
Pertanyaan tersebut sangat penting dan selalu di gunakan oleh semua ahli security. Arah dari sebuah system adalah tujuannya, demikian pula dalam system pengamanan Tujuan Utama Security menentukan systemnya. Dilihat dari pengamanan Hotel Marriot dan berbintang lainnya saya menyimpulkan tujuan system security mereka adalah meningkatkan rasa aman para tamu bukan mencegah serangan terrorist.

Mengapa saya berpendapat demikian. System yang diterapkan saat ini lebih mengutamakan factor deterrence dan factor deterrence ini telah meningkatkan rasa aman atau menurunkan fear of crime sehingga Hotel yang pernah di bomb beberapa tahun yang silam bisa kembali ramai. Hotel juga masih belum mau mengorbankan kenyamanan tamu demi keamanan.

Contoh suatu pengamanan yang bertujuan mencegah masuknya barang barang berbahaya adalah kapal terbang adalah Airport. Sebagian besar airport besar international sudah tidak memperdulikan kenyamanan penumpang , mereka lebih peduli pada keamanan. System Security Hotel karena masih mengutamakan kenyamanan maka mereka belum mengutamakan factor detection. Coba kita amati kembali bagaimana petugas security bekerja di check point. Mereka hanya menggunakan metal detector yang pasti tidak dapat mendekteksi bahan bomb yang tidak terbuat dari metal, dan mereka hanya melakukan gerakan memeriksa tanpa benar benar ingin mendeteksi isinya, dan hal ini dilakukan secara rutin sehingga sudah kehilangan arahnya sebagai factor detection.

Bagi orang awam security hotel memang terlihat baik, namun tentu saja tidak demikian mata terrosist. Bagi terrorist system ini sangat mudah di kelabuhi dan hanya dalam waktu yang tidak cukup lama terrorist sudah dapat menyimpulkan kelemahannya.

Pertanyan 2
Pertanyaan ini penting karena dengan dapat membayangkan scenario penyerangan atau AMO (aggressor methods of operation) maka kita dapat menentukan langkah pengcegahannya (counter measures). Bila kita lihat system pengamanan hotel maka kemungkinan besar scenario ancaman atau AMO yang dibayangkan adalah terrorist membawa bomb dari luar dalam keadaan telah jadi , bukan dalam bentuk komponen bomb yang masuk secara terpisah. Dan asusmi ancaman adalah dari tamu sehingga pemeriksaan terhadap karyawan tidak seketat tamu.
AMO terrorist selalu berubah sehingga system securitynyapun harus dinamik tidak statis. Seharusnya peristiwa serangan terrorist di Negara lain harus menjadi referensi perbaikan system keamanan. Kalo kita belajar dari penyerangan hotel dan penyanderaan tamu di Mumbai dilakukan dengan kerja sama orang dalam, yaitu menyelundupkan senjata melalu pegawai hotel maka system security kita harusnya sudah dirubah untuk menangkal AMO baru itu. Namun ternyata kita masih menggunakan scenario lama.

Kesimpulan :
Serangan terrorist pada ke dua hotel Marriot dan Ritz Carlton terjadi karena memang Security System hotel Marriot maupun Ritz Carlton tidak dirancang untuk menangkal dengan AMO menggunakan orang dalam dan merakit bomb didalam kamar.


Saran Perbaikan :
1. Redesigned security objective menjadi mencegah serangan terrorist
2. Lakukan Screen terhadap karyawan dan back ground check sebelum mendapat ID permanent.
3. Kembangkan system informasi tentang perilaku abnormal karyawan.
4. Buat Surveilance Detection Team untuk mengolah semua informasi tentang hal hal yang mencurigakan dan masukan dalam data base
5. Beri pelatihan untuk semua karyawan tentang predictive terrorist profiling.
6. Kembangkan system test kehandalan system security ( minimal 2 x/ bulan )
7. Terapkan sangsi keras pada karyawan yang tidak mematuhi system keamanan atau prosedur.
8. Orientasi pada keamanan lebih besar dari kenyamanan



Toto Trihamtoro,SH, MM ICPS
President APSA (Asian Professional Security Association) , Indonesian Chapter
Ketua harian BPP Abujapi (Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia )
International Crime Prevention Specialist. (ICPS)


Polanya koq jadi terbalik malah jadi mencurigai Karyawan.
Kaji yang dalam bung..buka wawasan anda tentang ilmu sosial.
Bagaimanapun tamu yang masuk yang mengiring BOMB, masalahnya
Standard Hotel itu perlu diperbaiki
- menghormati tamu tetapi tidak melonggarkan pengawasan .
- nama area/mapping lokasi mesin /unit agar dihilangkan.
- pemakaian master key agar ditinjau, cukup dimiliki oleh pihak yang berwenang.
- penggunaan outsourching memang tidak baik, selain kurang terlatih juga penghasilan minim.
- point bagus juga buat management gedung agar jangan menggunakan outsourching, sehingga
orang luar tidak mudah mendapatkan gambaran didalam.

Pemakaian outsourchi ng harusnya untuk kalangan profesional dengan bayaran tinggi.
Peralatan hanya alat bantu, Naluri / instink security itu saja perlu ditingkatkan
SOP itu tidak perlu kaku harus dinamis, sehingga mudah dibaca oleh pihak luar.

Top 10 Hotels in Dubai

These are the best of the best hotels in Dubai (5 star, 7 star or otherwise!), in our eyes:

1. Malakiya Villas- Madinat Jumeirah. You want exclusivity and you have the bank balance of a king, deposed dictator or drug baron, this is where you stay.

Malakiya Villas

2. Atlantis Dubai – the hotel that everyone is talking about - it’s on the Palm, it’s crazy, it’s everything – it’s what Dubai is all about.

Atlantis Dubai

3. The Palace The Old Town Downtown Burj Dubai – if you can forget for a minute that a giant building is being finalized just next door, you will appreciate how top class this hotel actually is.

The Palace The Old Town Downtown Burj Dubai

4. Grosvenor House Dubai – the Grosvenor is high end, classy and proper bling without going over the top – the service here is impeccable

Grosvenor House Dubai

5. One & Only Royal Mirage – The Palace – The Royal Mirage appears to have the staying power that some of the other hotels in Dubai may not have. Maybe it is the one and only?

One & Only Royal Mirage

6. Park Hyatt Dubai – the Park Hyatt is all about understated luxury for those who want the finer things in life.

Park Hyatt Dubai

7. Burj Al Arab – love it or loathe it, this is the icon of Dubai, gold everywhere and the one place which will get an eyebrow raise when you tell your family and friends where you stayed. It doesn’t claim 7stardom for nothing

Burj Al Arab

8. Madinat Jumeriah – Dar Al Maysaf – If you can’t quite afford Malakiya, Dar Al Maysaf is where you should stay at Madinat. In fact, Al Qasr and the Arabian Resort are all top class but Dar Al Maysaf made it into our top ten

Madinat Jumeriah

9. Ritz Carlton Dubai – For the view alone onto the beaches, this makes it into our top 10 of Dubai. But, that said, this hotel excels in all areas and lives up to the Ritz Carlton name. One can only wait for how good the new Ritz Carlton in DIFC will be.

Ritz Carlton Dubai

10. Shangri-La, Dubai – Great rooms, great style, and a great view give the Shangri-La the last spot in our top 10.

--

The Alternative Top 10 hotels in Dubai

Some of these are obvious and some are a little different. If you want something slightly different from your trip to Dubai, these hotels might cater to your whims:

1. XVA - for those who want a feel of the culture

XVA

2. Fusion Hotel –– if you want something different from the massive hotels

Fusion Hotel

3. The Montgomerie Dubai – for the golf fanatics.

The Montgomerie Dubai

4. Kempinki Dubai – for the skiing elite crowd.

Kempinki Dubai

5. Al Maha Deset Resort & Spa for those looking for luxury in the middle of the desert away from Dubai. Alternatively, try Bab Al Shams.

Al Maha Deset Resort& Spa

6. La Maison d’hotes de Dubai – for homely secrecy in the heart of Jumeirah.

La Maison d’hotes de Dubai

7. Hilton Dubai Creek – for great views of the creek and to be central to the old town

Hilton Dubai Creek

8. Orient Guest House – a traditionally Arabian style boutique hotel

Orient Guest House

9. Jumeirah Beach Hotel – the best beach experience in Dubai?

Jumeirah Beach Hotel

10. Raffles Dubai – simply for staying in an Egyptian pyramid, and this is pretty luxury as well!

Raffles Dubai

A real friend is not 1 who only entertain you, but one who cares about you, one who will be there when you cry.



****************



Friendship is wat gets u through the bad times and helps you enjoy the good times.



****************



Yesterday brought the beginning, tomorrow bringz the end, bt somewhere in the middle we have become best of friends.



****************



Money might make u wealthy, bt friends makes u rich.



****************



Everyone hears wat u say. Friends listen 2 what you say. Best friends listen to what you don't say.



****************



Friendship often ends in love; but love in friendship - never



****************



Without friends no one would choose to live, though he had all other goods



****************



When I find myself fading, I close my eyes and realize my friends are my energy



****************



Friends are treasures



****************



True friendship is like sound health, the value of it is seldom known until it is lost.


Mercato Genoa Impresif
Pelatih pun Sampai Bangga

Tifosi Genoa barangkali sekarang sudah bisa melupakan kesedihan ditinggal Diego Milito dan Thiago Motta ke Inter. I Grifoni mengganti dua protagonisti itu dengan sederet perekrutan impresif.

Rossoblu sebelumnya sudah menggaet Sergio Floccari, Hernan Crespo, Houssine Kharja, Emiliano Moretti, dan Nenad Tomovic. Rabu (15/7), Genoa menambah armadanya lagi dengan sosok Rodrigo Palacio dari Boca Juniors.

Bahkan pelatih Gian Piero Gasperini merasa bangga melihat sepak terjang Genoa di calciomercato. "Palacio adalah seorang juara. Saya berterima kasih kepada Presiden Enrico Preziosi. Beliau bekerja keras untuk mencari pemain yang cocok dengan metode kepelatihan saya," katanya di Football Italia.

Aksi impresif Genoa di mercato kelihatannya belum berakhir. I Grifoni diketahui juga masih bernegosiasi dengan Boca Juniors untuk pemain lainnya, Sebastian Battaglia.

Dengan angka belanja yang kini mencapai total 60 juta euro, manajemen Genoa sudah memenuhi janjinya untuk mengganti kepergian Milito-Motta. Skuad yang ada sekarang sudah terlihat sebagai salah satu yang terkuat di Serie A 2009/10. (wid)

--

Mercato Lazio
Mencari Pelengkap

Masa Depan Julio Cruz tampak semakin jelas. Setelah kontraknya tidak diperpanjang Inter, penyerang berusia 34 tahun ini dikabarkan merapat ke Lazio.

Sportmediaset mengabarkan I Biancoceleste memang menjadi peminat serius dan yang paling mendapat tanggapan dari sang pemain. Tawaran kontrak senilai dua juta euro (sekitar 28,6 miliar rupiah) per tahun hingga 2011 disebut paling cocok dengan usianya saat ini.

Apalagi peluang meraih starting eleven dalam pasukan Davide Ballardini terbilang tinggi. Jika formasi 4-2-3-1 atau 4-4-2 yang saat ini sedang dipoles jadi dipakai, sosok Cruz, yang memiliki tinggi 190 cm, tentu menjadi pelengkap yang sangat tepat.

Maklum, Ballardini tidak memiliki penyerang bertubuh jangkung dalam timnya. Penyerang lain seperti Mauro Zarate (176 cm), Tommasso (177 cm), Rocchi atau Goran Pandev (184 cm) tak ada yang setinggi penyerang berjuluk El Jardinero itu.

“Cruz adalah pemain penting. Kedatangannya pasti akan memperkuat tim,” cetus Rocchi pada situs Goal. “Saya tidak takut berkompetisi dengan siapa pun. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik dan pantas mendapat kesempatan seperti yang lain,” ucap sang kapten.

Cruz sendiri merasa terhormat mendapat kesempatan berkostum I Biancoceleste.

“Memang benar. Saya bisa saja menjadi pemain Lazio pada akhir pekan ini. Tapi, kami masih harus menunggu dan melihat perkembangannya,” ujar bomber asal Argentina itu. (gun)


--



Pasca Penjualan Melo
Investasi Pertahanan

Kepindahan Felipe Melo ke Juventus dengan harga 21 juta euro (Rp 299,6 miliar) plus Marco Marchionni memang meninggalkan kegetiran bagi tifosi Fiorentina. Maklum, selain nyawa permainan tim, Melo pergi menuju ke rival utama.

Jangan kaget bila para ultras melakukan protes keras pada pihak klub. Tapi, sebelum melakukan tindakan anarkistis lebih jauh, ada baiknya jika pendukung garis keras itu mendengar ucapan Diego Della Valle.

“Pemain memang penting, tapi nasib klub masih lebih utama. Sungguh tidak mudah menjalankan klub di masa sulit seperti ini,” ujar sang direktur umum di situs Tuttomercatoweb.

“Tapi, jangan khawatir. Setelah penjualan Melo, klub ini mendapatkan sumber keuangan luar biasa. Kami pasti akan berinvestasi untuk tim,” sebutnya.

Target pembelian pun langsung dicanangkan. Mengingat musim lalu masalah pertahanan jadi momok utama pelatih Cesare Prandelli, tak heran incaran utama terletak di belakang.

Mereka adalah bek tengah Palermo, Simone Kjaer (10 juta euro), dan bek sayap Lazio Lorenzo De Silvestri (8 juta). (gun)


Penyerang untuk Penyerang

Akhir pekan lalu Luciano Spalletti mengaku timnya masih membutuhkan suntikan tenaga baru guna menyambut 2009/10. Sayangnya, Spalletti juga menyebut Roma harus menjual pemain terlebih dahulu guna menyeimbangkan kas.

Sebagai bukti konsistennya ucapan tersebut, tawaran Fiorentina untuk melakukan tukar tambah Matteo Brighi dengan Mario Santana sudah ditolak. Keadaan masih bisa berubah kecuali I Viola datang dengan membawa dana segar.

Kendati demikian, Brighi sendiri menyebut dirinya masih betah dan belum ingin pindah dari tim ibu kota itu. Situasi ini berbeda dengan yang dialami Mirko Vucinic.

Penyerang berusia 25 tahun itu belakangan rela dijual ke klub peminat. Padahal, sebelumnya sosok yang diincar Manchester United, Liverpool, dan Tottenham Hotspur ini terang-terangan menolak pindah.

“Saya senang bekerja keras membuat 20 gol untuk Roma musim depan. Tapi, jika kepergian saya sangat dibutuhkan untuk membantu kondisi keuangan klub, saya siap,” ujar Vucinic pada Gazzetta dello Sport.

Sebelumnya Spurs menawar pemain Montenegro ini sebesar 20 juta euro atau sekitar 285,162 miliar rupiah. Jika tawaran itu masih berlaku, duit sebesar itu bisa dijadikan modal merekrut Klaas Jan Huntelaar, seorang penyerang murni yang selama ini diidam-idamkan I Lupi. (gun)

--



Sampdoria
Geber Sayap Kiri

Pelatih baru Sampdoria, Luigi Del Neri, ditengarai akan memakai formasi 4-4-1-1 musim depan. Untuk menunjang rencana itu, strategi mercato Il Samp digeber untuk menggaet beberapa sayap kiri bagus.

Melatih Atalanta musim lalu, Del Neri terbiasa memakai 4-4-1-1. Wajar jika ia kembali ingin menggunakan formasi itu di Sampdoria, yang musim lalu akrab dengan pola 3-5-2 atau 3-5-1-1.

Sayap kiri menjadi sektor yang harus dibenahi oleh Il Samp karena mereka kekurangan personel untuk masuk ke formasi 4-4-1-1. Satu-satunya sayap kiri yang mumpuni, Mirko Pieri, sudah dilego ke Livorno.

I Blucerchiati segera merekrut Daniele Mannini dari Napoli dan Luciano Zauri dari Lazio. Mannini digaet dengan status kepemilikan bersama, sedangkan Zauri dipinjam dengan opsi kepemilikan permanen musim depan.

Mannini diproyeksikan menjadi gelandang sayap kiri dan Zauri berdiri di belakangnya sebagai wing back kiri. Keberadaan mereka mengimbangi sektor kanan yang sudah diperkuat Marco Padalino serta Marius Stankevicius.

Mannini dan Zauri bisa diharapkan membuat sektor sayap Sampdoria semakin tajam. Latar belakang kedua pemain ini cukup meyakinkan.

Mannini adalah sayap kiri andalan Napoli musim lalu sebelum ia dijatuhi hukuman skorsing setahun karena terlambat menjalani tes doping pada tahun 2007. Skorsing itu sekarang sudah dibekukan sehingga Mannini bisa kembali merumput.

Zauri merupakan bekas kapten Lazio. Musim lalu ia masuk ke dalam starting XI Fiorentina yang tampil di Liga Champion. Pemain berusia 31 tahun ini juga sudah pernah memperkuat tim nasional Italia, di level junior dan senior.

"Saya datang ke Sampdoria dengan antusiasme dan rasa lapar untuk memberikan yang terbaik. Saya sudah pernah bekerja bersama Beppe Marotta (Direktur Olah Raga Sampdoria) semasa di Atalanta, jadi saya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan olehnya. Saya ingin memperkuat Sampdoria dalam waktu yang lama," kata Zauri di Datasport. (Dwi Widijatmiko)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar