Rabu, 15 Juli 2009

KEBERUNTUNGAN




Dalam acara Business Art With Mario Teguh di saluran O-Channel, ada seorang yang bertanya, "Berapa persen peran keberuntungan dalam menentukan sebuah kesuksesan?"

Karena sebelumnya Mario Teguh selalu menekankan tentang berpikir positif dan bertindak positif untuk mencapai hal yang positif, saya jadi bertanya-tanya, apa jawaban yang akan diberikannya. Sebab umumnya orang beranggapan bahwa keberuntungan itu adalah sesuatu hal yang berada di luar kepastian sebuah teori yang matematis.

"Luck" bagi banyak orang adalah suatu misteri, sehingga di dalam saku atau dompet dengan diam-diam orang membawa sebentuk "jimat keberuntungan." Benda-benda yang sudah didoakan atau dikeramatkan diharapkan bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Tentunya kita masih ingat akan ikan arwana yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah karena dianggap bisa memberi keberuntungan. Padahal dahulu kala di tempat asalnya, ikan Arwana termasuk dalam daftar menu makanan kegemaran penduduk setempat.

Saya termasuk seberuntung saudara kita di pedalam Kalimantan, karena pernah menikmati daging ikan Arwana milik saudara yang tiba-tiba sekarat karena salah makan. Terasa nikmat lebih karena membayangkan sedang menyantap daging seekor ikan yang pernah ditawar jutaan rupiah, tetapi berakhir tragis di penggorengan.

Fengshui bagi sebagian orang juga dipercaya mengubah keberuntungan lebih besar bagi yang mengikutinya. Bahkan ada saluran TV yang secara khusus menayangkan program fengshui, dan ternyata menjadi tayangan dengan rating yang tinggi - karena memang orang sangat rindu untuk meraih keberuntungan hidup.

Keberuntungan adalah hal yang diliputi kabut misteri yang menyebabkan orang mengambil kesempatan dengan menawarkan barang dan jasa yang bisa menyingkap kabut kalau-kalau bisa menemukan keberuntungan dibaliknya. Beruntung adalah lawan dari sial, yang kedatangannya pasti dihindari oleh semua orang.

Kemudian apa jawaban Mario Teguh? Seperti biasa sambil tersenyum dan penuh percaya diri dia menjawab, "Orang menempuh pendidikan yang baik supaya hidupnya beruntung. Orang berpakaian dengan rapi dan baik supaya beruntung. Orang menjaga tutur kata dan tingkah lakunya supaya beruntung dalam pergaulan. Orang melakukan semua hal yang baik supaya beruntung dalam hidupnya."

"Jadi berapa persen peran keberuntungan dalam sebuah kesuksesan? Jawabnya adalah Seratus Persen!"

Hebat sekali sekali jawaban yang diberikan. Mengubah hal yang diluar perkiraan dan tidak terukur (intangible) menjadi hal yang terukur (tangible) dan masuk akal. Semua penonton di studio dan juga di rumah setuju dan membenarkan jawaban jitu yang diberikan oleh Mario Teguh.

Tetapi kemudian saya melihat hal berbeda - bukan karena mau mengkritisi atau merasa lebih pintar dari Mario Teguh. Saya lebih melihat bahwa keberuntungan yang disampaikannya adalah bentuk "keberuntungan yang diusahakan."

Orang dengan pendidikan yang tinggi mempunyai tingkat keberuntungan yang lebih besar daripada yang berpendidikan rendah. Orang dengan penampilan fisik yang sempurna akan lebih beruntung dalam hidupnya dibandingkan yang cacat. Orang yang kuper (kurang pergaulan) tidak akan seberuntung orang yang pergaulannya luas. Dan masih banyak deretan yang lain untuk menunjukkan bahwa semua yang terbaik dan sempurna bisa menciptakan keberuntungan yang lebih. Semua alasan itu mudah untuk dipahami.

Tetapi disamping "keberuntungan yang diusahakan" saya akan menambahkan dengan "keberuntungan yang dianugerahkan". Akan tetapi kita harus hati-hati dengan keberuntungan yang kedua untuk tidak menjadi latah dengan gambaran jimat ataupun ikan arwana di penjelasan awal.

Di kantor, saya menemukan orang melamar pekerjaan dengan ijazah SMU karena itu yang dibutuhkan dibandingkan dengan ijazah sarjana yang dimiliki.

Ada teman wanita yang cantik, pintar, karir bagus dan sudah ingin menikah tetapi tidak ada yang mengajukan proposal padanya. Sempat dia memburu cowok idamannya, tetapi pelaminan ternyata berpihak pada wanita lain yang tampak biasa-biasa saja.

Ada staf di kantor yang pendidikannya tinggi, pintar, pribadinya simpatik, mudah bekerjasama dengan baik - tetapi di manapun ditempatkan tidak mencapai target karir yang membuatnya frustrasi. Sampai akhirnya saya ajak dia untuk bergabung dengan team di proyek yang saya kerjakan. Baru saya tahu penyebab utamanya, yaitu entah kenapa dia selalu berada di tempat dan waktu yang tidak tepat.

Banyak kali, dia tidak ada di tempat karena sedang ditugaskan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Padahal momen itu berguna bagi karirnya. Walaupun saya sudah berusaha memberi jalan untuk membantunya, mendorong semangatnya, tetapi pada akhirnya selalu ada saja yang membuatnya tidak berhasil.

Kemudian dia resign. Ternyata hanya beberapa minggu setelahnya ada program penyegaran perusahaan yang menawarkan kompensasi resign dengan nominal yang lebih tinggi. Karena surat resignnya terlanjur sudah diterima oleh management sebelumnya, maka dia tidak bisa menerima kompensasi sebesar yang ada di program penyegaran.

Karena ketidakberhasilan bekerja dengan orang lain, dia memutuskan untuk wirasrasta. Tetapi setelah itu saya mendengar usahanya juga bermasalah cukup serius. Saya sampai bingung sendiri melihat kenyataan itu, dan akhirnya mengakui bahwa dia adalah orang yang 'tidak beruntung'.

Saya punya banyak teman yang merasa tidak seberuntung yang lain - walaupun tingkat pendidikannya lebih tinggi. Walaupun dia sudah berusaha bekerja sama dengan semua pihak. Walaupun sudah mengorbankan waktu dan pikiran untuk lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan keluarga dan hubungan sosial; tetapi tetap saja mereka merasa tidak sukses - sehingga harus berpindah dari satu tempat kerja ke tempat yang lain. Sehingga akhirnya memutuskan untuk berhenti berpindah dan menekuni satu pekerjaan dengan merasa tetap tidak berhasil.


Kalau saya mengajukan sebuah pertanyaan, "Apakah anda merasa beruntung saat ini?" Saya percaya jawaban yang saya terima adalah lebih banyak gelengan kepala dengan perasaan sedih. Kenapa bisa seperti itu? Karena semua usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan untuk membuatnya beruntung ternyata tidak sebanding dengan harapan keuntungan ataupun sukses yang sudah diraih. Itu yang membuat orang merasa tidak sukses atau bahkan merasa gagal dalam hidup.

Mereka pada akhirnya merasa gagal karena berusaha meraih keberhasilan dengan menggunakan "Keberuntungan yang diusahakan."

Ada jalan keluar yang lebih manjur untuk mencapai kesuksesan diluar cara-cara pengumpulan jimat, fengshui atau pun kerja keras untuk membentuk "kebentungan yang diusahakan." Cara yang ampuh yaitu dengan menggunakan jurus, "keberuntungan yang dianugerahkan."

Petrus, Thomas, Natanael dan dua orang murid Tuhan Yesus adalah para profesional penjala ikan. Tetapi dengan semua kemampuan yang membuatnya bisa memperoleh "Keberuntungan yang diusahakan," semalam-malaman mereka bekerja dan tidak menangkap apa-apa. Nothing! Tidak ada satu ikan pun yang berhasil diperoleh.

Tetapi menjelang siang, mereka kembali melaut dengan berbekal "Keberuntungan yang dianugerahkan" oleh Tuhan Yesus, dan mereka memperoleh ikan-ikan besar sebanyak seratus lima puluh tiga ekor dan jalanya tidak koyak (Yohanes 21:11).

Memang tetap diperlukan keahlian dan usaha mereka sebagai "keberuntungan yang diusahakan." Mereka harus bisa mengendalikan perahu, harus bisa membuat jala, harus bisa menebarkan jala dan menarik jala dengan benar serta semua keahlian yang harus dimiliki oleh seorang nelayan. Akan tetapi keberhasilan memperoleh ikan ternyata hanya karena "keberuntungan yang dianugerahkan."

Berapa besar perbandingan keduanya? Kalau diperhitungkan terhadap hasil akhir dan kesuksesan yang diraih, maka porsi "keberuntungan yang diusahakan" sekitar 10% dan "Keberuntungan yang dianugerahkan" sebesar 90%. Ada yang menyebut 15% dan 85%, tetapi semuanya setuju bahwa "keberuntungan yang dianugerahkan" menduduki peran yang paling utama.


Apa kata TUHAN melalui nabi Yeremia mengenai kedua macam keberuntungan ini?

Pertama, mengenai "keberuntungan yang diusahakan," dalam Yeremia 17:5 dikatakan :
"Beginilah firman TUHAN: 'Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!' "

Ternyata TUHAN sama sekali tidak berkenan dengan orang yang MENGANDALKAN kesuksesannya pada "keberuntungan yang diusahakan." Kemampuan dasar memang harus dimiliki dan kerja keras harus dilakukan - tetapi itu lebih dipandang sebagai sarana pendukung saja. Sebab jika itu yang menjadi andalan untuk memperoleh keberhasilan, maka TUHAN justru berfirman sebaliknya: "Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk."

Melihat hasil dari jerih payah yang sia-sia itu, kita bisa menyimpulkan dengan satu kalimat pendek, "Capek deh ...."

Sekarang bagaimana dengan "keberuntungan yang dianugerahkan" ? TUHAN rupanya menjamin dengan firmanNya, "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN." (Yeremia 17:7)

Kemudian hasil yang bisa dicapai dengan "keberuntungan yang dianugerahkan" itu adalah: "Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah."

Suatu kesuksesan yang luar biasa yang pasti dicapai oleh orang yang mengandalkan dan bergantung kepada, "keberuntungan yang dianugerahkan." Dahsyat...

Saya merasa tidak memiliki cukup "keberuntungan yang diusahakan." Pendidikan saya tidak setinggi teman-teman ataupun bahkan staf saya. Penampilan fisik saya jauh dibanding dengan mereka yang memiliki kriteria tampan dan keren. Yang yang lebih parah, saya merasa otak di kepala ini tidak secanggih anak-anak muda jaman sekarang. Saya termasuk orang yang gaptek alias 'gagap teknologi'.

Walaupun dengan segudang kelemahan dan kekurangan, tetapi saya dilahirkan sebagai manusia biasa yang juga memiliki harapan dan keinginan untuk bisa berhasil dan sukses dalam hidup. Karena merasa tidak ada pilihan dan harapan di bagian yang pertama, maka saya bisanya hanya bergantung pada pilihan yang kedua yaitu pada "keberuntungan yang dianugerahkan."

Ya, seperti Petrus dan teman-temannya, saya melengkapi diri dengan kemapuan dasar supaya bisa bekerja dengan baik.

Seingat saya setelah itu, saya diterima bekerja di tempat ini dengan menyingkirkan ratusan pelamar yang lain adalah karena pada setiap tahapan test, saya selalu minta didoakan oleh ibu saya. Jadi Tuhan mengabulkan doa ibu saya dan saya bisa pindah kerja di tempat ini.

Saya bersyukur karena di dalam kebodohan saya, Tuhan memberikan para staf yang berpendidikan tinggi, pintar dan cemerlang, sehingga semua angan-angan dan gambaran yang mustahil sekalipun bisa diwujudkan secara mengagumkan. Bahkan lebih progresif dibandingkan dengan proyek sama yang dikerjakan di group perusahaan di luar negeri. Apa jadinya pekerjaan saya tanpa didukung oleh para staf yang loyal dan berdedikasi tinggi. Mereka bahkan selalu setia 'mengikuti' kemana saja saya ditempatkan, dan saya sangat bersyukur untuk itu.

Tuhan juga telah mempertemukan saya dengan orang-orang yang ternyata di kemudian hari sangat menopang pekerjaan dan karir saya baik di Indonesia maupun di luar negeri. Saya melihat itu semua sebagai keping-keping puzzle yang ternyata baru terlihat gambar indahnya setelah bertahun-tahun terlewati.

Kalau diibaratkan seekor burung, saya tidak perlu terus menerus memeras energi dan pikiran untuk mengepak supaya bisa terbang tinggi. Memang tetap harus diperlukan kepakan sayap awal supaya bisa terangkat ke angkasa. Tetapi setelah itu lebih banyak melayang, mengikuti dorongan angin lembut dan nyaman, yang menjaga ketinggian di udara bahkan mendukung untuk dapat terbang lebih tinggi lagi.

Saya merasa bahwa usaha dan kerja keras yang saya lakukan tidak sebanding dengan keberhasilan yang telah saya peroleh - dibandingkan dengan mereka yang harus 'jungkir balik' tetapi tetap tidak bisa mencapainya. Ini yang terkadang membuat orang merasa iri melihat "kesuksesan" yang saya terima - dan keingintahuan mereka saya jawab dengan, "Semuanya terjadi hanya karena 'keberuntungan yang dianugerahkan' oleh Tuhan saja ..."

Ya, "keberuntungan yang dianugerahkan" pada kenyataannya merupakan 90% penentu dari semua keberhasilan yang bisa dicapai. Semua usaha dan kerja keras untuk membuat "keberuntungan yang yang diusahakan" hanya menyumbang 10%, dan tidak lebih sebagai sebuah langkah awal.

'Sepuluh persen' pun bisa tidak membuahkan hasil apa-apa seperti Petrus dengan segala keahliannya sebagai nelayan yang berusaha keras semalaman menjaring ikan tetapi kembali tanpa menangkap seekor pun. Akan tetapi usaha yang 'sepuluh persen' akan berbuah keberhasilan yang menakjubkan, manakala yang 'sembilan puluh persen' turut terlibat di dalamnya.

Jika demikian halnya, mengapa kita tidak mengandalkan diri pada "keberuntungan yang dianugerahkan" ; sehingga membuat kita dengan bangga mampu untuk mengaku, "Bahwa pertolongan kita adalah di dalam nama Tuhan yang menciptakan langit dan bumi." Bukankah itu adalah kunci rahasia keberuntungan yang dahsyat dan super?

--

Lukisan.

Suatu hari di negeri yang jauh, seorang Raja resah akan tabiat rakyatnya yang berdarah panas dan sering bertengkar. Raja ini dengan bijaksana menyadari, bahwa jika keadaan ini tidak dihentikan, perang saudara akan menghancurkan negerinya. Maka Raja yang bijaksana ini memutuskan untuk mengajarkan arti kedamaian kepada rakyatnya.

Untuk itu, Sang Raja ingin membuat lukisan yang mencerminkan kedamaian, untuk kemudian disebarluaskan pada rakyatnya agar mereka mengerti apa arti kedamaian. Maka, dikumpulkanlah seluruh pelukis negeri untuk mengikuti sayembara membuat lukisan yang bisa menggambarkan kedamaian. Yang dapat menggambarkan kedamaian dengan tepat akan memperoleh hadiah berlimpah dari sang Raja. Perdana Menteri yang pandai diperintahkan untuk menyeleksi tiap lukisan yang diserahkan para pelukis tersebut.

Hingga sebulan sayembara berlangsung dan begitu banyak lukisan indah diserahkan pada Perdana Menteri, namun belum ada satu lukisan pun yang lolos. Akhirnya sebulan lebih sehari, muncul 2 orang pelukis dengan membawa lukisannya masing – masing. Mereka berdua sama – sama pandai, lukisan yang dibuatnya sama – sama indah dan sarat makna. Maka Perdana Menteri memerintahkan agar kedua lukisan itu dibawa ke hadapan sang Raja sehingga Raja bisa memilih dengan bijaksana lukisan mana yang menjadi pemenang.

Lukisan pertama dibawa ke hadapan sang Raja. Pada lukisan ini tergambarkan keadaan yang tenang dan damai, dengan gunung dan dan danau yang tenang. Begitu tenang hingga tidak ada satu riakpun di permukaan airnya, dan bayangan gunung terpantul laksana cermin di danau. Begitu sejuk warna – warni yang dipilih pelukis pertama, hingga menyejukkan hati siapapun yang melihatnya. Raja mengangguk senang atas lukisan tersebut.

Kemudian dibawa masuk pula lukisan kedua. Pada lukisan ini terlukis air terjun yang deras dan bergelora! Airnnya bergolak dan arusnya tampak keras hingga membentuk pusaran – pusaran di bawah air terjunnya. Langitpun terlihat mendung dan gelap, dengan petir menyambar! Warna – warninya pun tampak gelap dan sendu. Namun di sudut lukisan itu terlukis sepasang burung merpati duduk dengan tenang di sarangnya, menjaga telur – telur mereka. Tidak peduli betapa gelap dan mengancam keadaan di sekeliling mereka, sepasang merpati itu begitu damai berdiam di sarangnya dengan tenang.

Melihat lukisan kedua ini sang Raja menitikkan air matanya penuh haru, dan bersabda, ”Inilah pemenangnya. Selayaknya kedamaian tidak tergantung pada segala sesuatu yang ada diluar diri kita. Kedamaian adalah bersumber dari dalam diri kita sendiri, tanpa terpengaruh keadaan apapun yang ada di luar.”

Klausal Kontrak Owen
Masif dan Merugikan

Bukan rahasia lagi apabila Michael Owen dimanja Newcastle. Ketika kontraknya sudah habis pun ia masih mendapat kemudahan apabila tidak kunjung mendapat klub.

Ya, status Owen sebagai pemain di St. James' Park berakhir 30 Juni lalu saat kontrak empat tahunnya habis. Sebelum dipinang Manchester United tiga hari kemudian, status Owen adalah penganggur.

Namun, seandainya sang striker tidak kunjung dipinang United dan Owen tidak menemui kata sepakat dengan Everton, Aston Villa, Stoke, dan Hull, yang juga mengejarnya, pemain dengan gaji 110 ribu pound per pekan ini tidak perlu khawatir.

Salah satu klausal dalam kontrak masifnya bersama Newcastle secara gamblang menyebutkan Owen berhak atas sebulan gaji tambahan dan pembayaran tunggal 500 ribu pound jika ia tidak mempunyai klub baru pada 1 Agustus.

Secara total, ketika ia benar-benar hijrah pada 3 Juli, Owen telah meninggalkan lubang sebesar 45 juta pound di kantong Newcastle, klub yang membiayainya bermain dalam 62 laga selama empat tahun. (frzi)



--


Persiapan Sampdoria
Andalkan Poros Lama

Luigi Del Neri sudah dipilih Sampdoria sejak awal bulan lalu. Tapi, masa tugasnya baru dimulai pada Selasa (7/7) saat diperkenalkan pada publik. Il Samp resmi memulai persiapan pra-musim.

Belum ada latihan di lapangan karena acara sore itu hanya bermaterikan presentasi pelatih baru dan pengenalan skuad. Kendati demikian, Del Neri tidak membutuhkan waktu lama untuk mengidentifikasi poros permainan timnya di 2009/10.

Tidak jauh berbeda dengan musim lalu, kombinasi Angelo Palombo, Giampaolo Pazzini, dan Antonio Cassano tetap menjadi andalan. Maklum, skuad I Blucerchiati tidak banyak mengalami perubahan.

Sejauh ini hanya gelandang Hugo Campagnaro dan Gennaro Delvecchio yang telah hengkang. Penggantinya tak kalah bagus dalam sosok Fernando Tissone dari Udinese dan Daniele Mannini (Napoli).

“Fondasi skuad sama dengan musim lalu dan akan tetap solid dengan tambahan beberapa pemain baru. Tifosi tak perlu khawatir karena klub ini telah bekerja baik di masa mercato yang sulit ini,” ujar eks pelatih Atalanta ini pada Gazzetta.

Selain urusan transfer, pengganti Walter Mazzarri ini rupanya juga sangat senang dengan sikap anak asuhnya terutama Cassano, yang sejak pekan lalu telah memulai sendiri persiapan pramusimnya. Ini jelas menjadi kejutan menyenangkan untuk sang allenatore mengingat sejarah kelam keduanya di masa lalu.

Saat melatih Roma 2004/05, Del Neri bertemu dengan Cassano, yang saat itu masih tak disiplin dan susah diatur. Tak heran bila keduanya kerap terlibat perselisihan. Tapi, sekarang sikap attacante telah berubah 180 derajat.

“Ini merupakan bukti betapa laparnya Cassano akan sebuah kesuksesan. Ia sungguh telah berubah. Bersama Pazzini, ia akan menjalani musim yang penting dan saya harap berimbas positif kepada tim,” ucap Del Neri.

Program ritiro Sampdoria baru dimulai Rabu (8/7) di Bogliasco dengan latihan fisik ringan dan ditutup dengan tes fisik pada Jumat. Keesokan harinya, seluruh tim bertolak ke Moena Val di Fossa di wilayah Trento guna menjalani pemusatan latihan hingga 31 Juli. (Anggun Pratama)


--


Tur Everton ke Ghana Batal
Rencana ke AS Jalan Terus

Sudah lewat dari sepekan berita soal pembatalan rencana tur Everton ke Ghana beredar. Tapi, ternyata masih banyak Evertonian yang tidak puas dengan sikap manajemen klub atas kekacauan persiapan pramusim 2009/10 ini.

Sedianya The Toffees akan bertarung dengan sebuah klub Ghana di kota Kumasi pada 12 Juli mendatang tapi pihak federasi Ghana tidak bisa menyiapkan tim yang cukup kuat untuk menghadapi tamunya asal Inggris tersebut.

Kesemrawutan terjadi karena kubu calon lawan, yaitu Asante Kotoko, Hearts atau Oak masih terlibat dalam lanjutan piala domestik pada tanggal tersebut. Pelatih Everton sejak April lalu sebenarnya sudah menyatakan ketidaksetujuan bahwa penentuan lawan mereka di Ghana akan ditentukan lewat voting penggemar.

Meski kecewa, Chief Executive Robert Elstone tidak berencana mengajukan tuntutan pada otoritas di Ghana dan mengganti jadwal tur itu dengan laga di kandang Rochdale pada 18 Juli.

Nah, hampir seratus orang Evertonian ternyata merasa kecewa pada sikap Elstone, yang terlalu mudah menerima pembatalan lantaran mereka telah jauh-jauh hari merancang perjalanan ke Ghana untuk mendukung tim kesayangannya.

“Kami mengetahui mengenai keluhan mereka. Sebagai sebuah klub jelas kami tidak dalam posisi untuk memberikan pembayaran kompensasi atas pembatalan perjalanan, tapi kami akan mendiskusikan persoalan ini secara internal dan dengan perencana pertandingan,” demikian reaksi Elstone pada Teamtalk.

Kompensasi Harga

Sebagai penggantian kerugian bagi Evertonian, kini Elstone berencana memberikan potongan harga untuk perjalanan suporter Toffees ke AS. Selepas menghadapi Rochdale, Everton memang akan menghadapi River Plate dan MLS All Star di AS.

Sekembalinya ke Inggris, skuad Moyes pun langsung menjajal timnya di kandang Coventry, Blackpool, serta terakhir menjamu Malaga di Goodison Park pada 2 Agustus mendatang.

Sejumlah pemain muda akan dibawa Moyes dalam rangkaian persiapan tersebut, termasuk salah satunya adalah Kieran Agard. Striker berumur 19 tahun itu direkrut dari akademi Arsenal tiga tahun silam dan baru saja mendapatkan perpanjangan kontrak berdurasi dua tahun.

Liverpool Echo menyebut Agard adalah salah satu pemain muda yang ditunggu kiprahnya di Premier League 2008/09. Sayangnya, peluang Agard untuk mendapatkan kesempatan bermain kembali mengecil setelah dipastikan kembalinya Joao “Jo” Alves ke Goodison Park.

Jo, yang semula hanya akan dipinjamkan Manchester City untuk kurun enam bulan, ternyata kembali ke Everton sejalan dengan membanjirnya bomber kelas wahid di City. Pekan ini pemain Brasil tersebut telah bergabung ke pemusatan latihan Everton di Skotlandia untuk mengawali masa pinjam keduanya selama setahun. (Darojatun)


--



Messi Soal Kaka dan Ronaldo
Menanti EL Clasico

Tidak ada kekhawatiran. Inilah pengakuan Messi menyikapi aksi Real Madrid membeli dua pemain terbaik dunia, Kaka dan Cristiano Ronaldo. Kedua pemain itu mengalahkan Messi dalam perburuan gelar FIFA World Player of the Year di dua tahun terakhir.

Lionel Messi, ingin dibantu Mascherano dan Fabregas melawan Real Madrid. (Foto: AFP)

"Saya kini bersama Barcelona dan yang saya khawatirkan hanyalah tim ini," ujar Messi pada reporter di Los Angeles seperti diberitakan Sport. Messi seharusnya ikut bermain membela tim bintang-bintang Amerika Latin melawan wakil pesepak bola dari dunia yang dibatalkan FIFA.

Tapi, Messi jujur mengakui kualitas yang dimiliki Kaka dan Ronaldo. "Keduanya pemain fantastis yang akan membuat Madrid semakin kuat. El clasico akan menjadi pertandingan yang tak terbayangkan, tapi tentu saja Barcelona yang akan kembali menang," ucap pria Argentina berusia 22 tahun itu.

Analisis Messi, Kaka masih harus beradaptasi dengan klub barunya. Di sisi lain, ia memuji kualitas sang rekan, Andres Iniesta.

Kerja sama Messi dan Iniesta ini diakui asisten pelatih Josep Guardiola, Tito Vilanova, "Real Madrid tak membuat kami takut. Bahkan tak ada klub di dunia yang menggetarkan Barcelona. Messi dan Iniesta lebih baik daripada Kaka dan Ronaldo."

Ya, musim ini Messi akan kembali berjumpa Ronaldo, yang dipukulnya "KO" saat final Liga Champion 2009 di Roma, sementara Iniesta disebut-sebut setara dengan kemampuan Kaka sebagai gelandang pembongkar pertahanan lawan.

Messi versus Ronaldo dan Iniesta melawan Kaka. Bukankah duel Barcelona dan Real Madrid dalam tajuk el clasico sangat menarik dinanti? Kedahsyatan duel dua raja di La Liga itu jelas semakin meningkatkan gengsi sepak bola Spanyol di mata dunia.

Mascherano dan Cesc

Namun, muncul sebuah pertanyaan terhadap penghuni Camp Nou. Tidakkah kelesuan manajemen Barcelona di bursa transfer mengganggu pemain? Keinginan Messi yang disampaikan di Amerika rasanya mewakili kegelisahan Barcelonistas.

"Saya berharap Javier Mascherano bisa datang, kami akan menampilkan kerja sama yang solid. Kualitasnya selalu dihargai," ungkap Messi.

Mascherano, gelandang Argentina yang bermain untuk Liverpool, memang masuk dalam incaran Laporta. Namun, sulit bagi Liverpool melepas gelandang bertahan berusia 25 tahun itu ketika Xabi Alonso pun terus dirayu Madrid. Padahal Barca datang dengan tawaran yang menggoda, 46 juta euro.

Tak hanya itu, Messi, sang pencetak gol terbanyak Liga Champion 2008-09 dengan sembilan gol, juga berharap mantan rekannya di La Masia, Francesc "Cesc" Fabregas, mau kembali ke Camp Nou.

Menurutnya, pemain dengan kualitas seperti Cesc, yang bisa memberi banyak bantuan, akan selalu diterima dengan tangan terbuka.

Mungkinkah harapan Messi menjadi kenyataan sebelum jendela transfer ditutup? (Weshley Hutagalung)


Senyum dari Valdes

Spekulasi keberadaan dan masa depan Victor Valdes terjawab Selasa kemarin. Sang kiper berusia 27 tahun itu menerima proposal perpanjangan kontrak dari Presiden Joan Laporta hingga 30 Juni 2014.

Dalam kontrak sebelumnya, Valdes akan menyelesaikan ikatan kerja di Camp Nou pada 30 Juni 2010. Itu berarti di ujung kompetisi 2009/10. Nah, usai final Liga Champion, cerita soal keraguan Barcelona mempertahankan sang kiper mengemuka.

"Ini hari yang penting karena kami sepakat dengan perjanjian baru bersama kiper utama Barcelona. Saya yakin Victor adalah kiper terbaik di dunia dan ia layak mendapatkannya," ujar Laporta di Barca TV.

Menurut Laporta, kesepakatan ini akan menghadirkan kestabilan pada timnya. Kedua pihak pun sepakat harga 150 juta euro sebagai biaya pemutus kontrak Valdes bagi klub yang berminat sebelum Juni 2014.

"Saya bangga membela tim ini setiap hari," kata Valdes. (wesh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar