Selasa, 14 Juli 2009

Sepuluh Mitos Menyehatkan Soal Makanan



1. Gula menyebabkan diabetes

Jika Anda diabetesi, Anda perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah. Bila bukan diabetesi, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, diet tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan tak pernah olahraga adalah faktor resiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.

2. Semua lemak buruk

Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A,D,E,K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan berat badan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-lemak. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.

3. Gula cokelat lebih baik dibanding gula putih

Memang benar gula cokelat mengandung sejumlah mineral. Namun, mineral itu bisa terasa manfaatnya untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak sekali. Dalam konsumsi sehari-hari, perbedaan kandungan mineral itu tak terlalu signifikan.

4. Kulit telur cokelat lebih bergizi dibanding yang putih

Warna kulit telur dapat berwarna-warni, tetapi itu tak ada hubungannya dengan kualitas, rasa dan kandungan nutrisinya.

5. Turunkan kolesterol dengan pantang seafood

Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengarhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydrogenated.

6. Hindari karbohidrat agar berat badan cepat turun

Pesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun, membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan karbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat untuk energi, dengan melepaskan air. Itulah sebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.

7. Hindari kacang-kacangan karena lemak

Memang benar kacang-kacangan tinggi kalori. Asal tak berlebihan, kacang-kacangan baik untuk kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

8. Ibu hamil harus makan untuk dua orang

Kebutuhan energi setiap orang itu berbeda. Rekomendasi tambahan gizi untuk ibu hamil adalah 100 kilo kalori untuk trimester pertama dan 300 kalori untuk trimester kedua. Contohnya, tambahan kudapan sebelum tidur untuk ibu hamil adalah buah, yoghurt, dan beberapa potong biskuit.

9. Tidak makan malam membantu menurunkan berat badan

Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.

10. Daging merah tidak baik untuk kesehatan

Memang benar daging merah meningkatkan risiko penyakit jantung karena kandungan lemak jenuhnya. Padahal, daging putih juga mengandung lemak jenuh. Seporsi daging sapi sirloin atau babi tenderloin mengandung lemak jenuh lebih sedikit daripada paha ayam dengan kulit. Jangan makan daging ayam dengan kulitnya. Pilih daging sapi tanpa lemak agar tidak menambah kandungan lemak jenuh dalam tubuh.

Man. United, Cristiano Ronaldo, dan Antonio Valencia
Goodbye 80, Welcome 16

Rekor itu pun terjadi. Per Rabu, 1 Juli, kepin­dahan Cristiano Ronaldo, yang berbuah rekor transfer termahal dari Manchester United ke Real Madrid, telah dipastikan. United menempatkan Antonio Valencia sebagai pengganti Ron.

Antonio Valencia, penyamaan tak terelakkan dengan Cristiano Ronaldo. (Foto: Getty Images)

Kesepakatan sesungguhnya telah didapat tiga pihak terkait pada minggu lalu. Namun, baru di pembuka bulan Juli ini transfer menghebohkan, 80 juta pound (sekitar 1,33 triliun rupiah, bisa untuk memberikan hadiah juara Liga Indonesia selama 650 tahun), dikonfirmasi sebagai rekor anyar dunia.

Termahal sebelumnya dipegang Kaka (56,1 juta pound dari Milan ke Madrid) selama beberapa hari dan Zinedine Zidane (46 juta saat dibajak El Real dari Juventus pada 2001). Kepantasan CR7 dihargai sedemikian mahal masih menjadi bahan diskusi yang sulit dicari ujungnya, pun ketika si pemain tampil baik atau jelek.

Namun, ada baiknya menyimak suara dari kubu yang mencuatkan nama gelandang serang atraktif asal Portugal itu. Sir Alex Ferguson lebih suka memberikan kata perpisahan yang manis.

“Cristiano sudah menjadi pemain hebat untuk Man. United. Enam tahunnya di Old Trafford telah membuatnya berkembang menjadi pesepak bola terbaik di dunia."

"Kontribusinya adalah faktor mayor dalam kesuksesan klub ini ketika itu. Talentanya, kemam­puannya menghibur, dan kepribadian yang penuh pengaruh telah memesona fan di seluruh dunia. Semua orang di sini berharap ia mendapatkan yang terbaik di masa depan kariernya,” ujar Fergie seperti dikutip BBC.

Bersama Setan Merah, Ron merasakan tiga titel Premier League, 1 Piala FA, 2 Piala Liga, 1 Liga Champion, dan 1 FIFA Club World Cup. Saat di United pula pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut meraih gelar Pemain Terbaik Eropa dan Dunia pada 2008.

Di Madrid, klub barunya, Ronaldo diikat selama enam tahun dengan nilai kontrak sebesar 13 juta pound per tahun, sesuatu yang sukar didapatnya di United.

Kontribusi Signifikan

Era Ronaldo di Inggris telah lewat. Man. United dipastikan mencari lagi talenta hebat serupa. Antonio Valencia pun mendapat beban gadang-gadang penerus peran Ronaldo karena kebetulan digaet dari Wigan berdekatan dengan kepergian Ron. Kebetulan pula posisi pemain asal Lago Agrio ini adalah gelandang serang yang kerap beroperasi dari sayap.

Pendekatan The Red Devils pada pemain berusia 23 tahun ini juga semakin intensif setelah Madrid mulai mendekati Ronaldo. Kapasitas Valencia dinanti.

Tak ada jaminan dari United bahwa Valencia akan memberikan pengaruh yang sama seperti Ronaldo. Namun, gaffer Ferguson memunculkan isyarat bahwa pemain anyarnya ini punya bakat yang juga masif.

“Antonio adalah pemain yang kami kagumi selama dua tahun di Wigan. Saya yakin kecepatan dan kemampuannya akan mem­berikan kontribusi signifikan untuk tim,” sebut Sir Alex saat memperkenalkan Valencia.

“Saya menikmati waktu bersama Wigan. Saya berharap fan di Wigan bisa mengerti saya adalah orang yang ambisius. Kesempatan seperti ini takkan datang lagi. Saya gembira Wigan mendapat keuntungan finansial dari kepin­dah­an saya,” tutur Valencia.

Nilai jual pemilik cap 34 kali dan empat gol di timnas Ekuador ini dirahasiakan, tapi diberitakan setinggi 16 juta, rekor penjualan The Latics.

Dengan kesemringahan yang kurang lebih sama kala Ronaldo menjejakkan kaki di United pada 2003, Valencia berkata tak sabar ingin berlaga di depan 76 ribu publik Old Trafford bersama parade bintang United. Bila skill tak jauh berbeda, setangguh Ronaldo-kah mental Valencia? (Christian Gunawan)

--

Manchester City
Muka Tebal Citizen

Man. City belum berhenti menggoyang bursa transfer. Tawaran terhadap Samuel Eto’o sesungguhnya sudah dimentahkan dengan kontrak baru dari Barcelona untuk strikernya itu plus penegasan agen si pemain bahwa kliennya akan bertahan di Camp Nou.

Namun, City memberi indikasi proposal stratospheric mereka transfer 25 juta pound, kontrak empat tahun, dan gaji 250 ribu pound per pekan masih bisa meningkat ke angka maksimal.

“Kami mesti menunggu perkembangan. Kami butuh bersabar,” tutur bos Mark Hughes, penuh asa, di BBC.

Ya, uang gemuk masih jadi modal kepercayaan tinggi Man­chester Biru dalam membeli pemain, termasuk Carlos Tevez. Untuk nama terakhir, City juga memutuskan bersabar, tapi peluang City mendapatkan si pemain praktis lebih gede setelah striker Argentina itu memilih hengkang dari tetangga.

“Saya adalah penggemar berat Carlos. Setiap pihak memahami situasinya. Kami tertarik seperti pada semua pemain berkualitas tinggi. Kami harus menanti apa yang akan terjadi, tapi semua masih terlalu dini,” kata Hughes.

Toh uang besar pula yang tampak membuat City tak sabaran. Mereka memastikan melepas empat pemain senior. Danny Mills, Darius Vassell, Dietmar Hamann, dan Michael Ball tak diberikan kontrak baru sehingga bebas menerima tawaran dari pihak lain. (chrs)



Ombang-Ambing Pantai Selatan

Musim panas ini terasa semakin bergelombang bagi Portsmouth. Klub pantai selatan ini terus tergerus.

Calon pemilik, Sulaiman Al-Fahim, belum juga merampungkan pembelian. Kursi pelatih yang dahulu ditempati caretaker Paul Hart belum mendapat pengisi tetap.

Ketika pemain baru tak kunjung tiba, Pompey malah ditinggal dan melepas pemain. Masa peminjaman Jermaine Penannt, Pele, Armand Traore, dan Theofanis Gekas telah habis. Glen Johnson dilego ke Liverpool. Sean Davis dijual ke Bolton pekan ini. Arnold Mvuemba sedang dicoba klub Prancis, Lorient.

Amunisi menipis, Pompey melepas lima pemain sekaligus pada tengah pekan ini. Mereka adalah Noe Pamarot, Lauren, Glen Little, Djimi Traore, dan Jerome Thomas.

Porsmouth malah menyodor­kan ikatan baru untuk penye­rang kawakan, Nwankwo Kanu. “Kanu memiliki opsi tampil setahun lagi. Ia tengah mempertimbangkannya,” sebut Executive Chairman Peter Storrie di Sky Sports.

Veteran lainnya, Sol Campbell, diduga juga akan diperta­han­kan. Namun, Storrie belum mau memastikannya. “Belum ada diskusi apa pun dengan Sol saat ini. Apakah akan ada pembicaraan lebih lanjut, kami akan melihatnya minggu depan,” ucapnya.

Pompey tak pelak butuh stabilitas untuk bersiap. (chrs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar