Jumat, 29 Mei 2009

Kisah Seorang Pramugari




Saya adalah seorang pramugari biasa dari China Airline, karena bergabung dengan perusahaan penerbangan hanya beberapa tahun dan tidak mempunyai pengalaman yang mengesankan, setiap hari hanya melayani penumpang dan melakukan pekerjaan yang monoton.

Pada tanggal 7 Juni yang lalu saya menjumpai suatu pengalaman yang membuat perubahan pandangan saya terhadap pekerjaan maupun hidup saya.

Hari ini jadwal perjalanan kami adalah dari Shanghai menuju Peking, penumpang sangat penuh pada hari ini.

Diantara penumpang saya melihat seorang kakek dari desa, merangkul sebuah karung tua dan terlihat jelas sekali gaya desanya, pada saat itu saya yang berdiri dipintu pesawat menyambut penumpang kesan pertama dari pikiran saya ialah zaman sekarang sungguh sudah maju seorang dari desa sudah mempunyai uang untuk naik pesawat.

Ketika pesawat sudah terbang, kami mulai menyajikan minuman, ketika melewati baris ke 20, saya melihat kembali kakek tua tersebut, dia duduk dengan tegak dan kaku ditempat duduknya dengan memangku karung tua bagaikan patung.

Kami menanyakannya mau minum apa, dengan terkejut dia melambaikan tangan menolak, kami hendak membantunya meletakan karung tua diatas bagasi tempat duduk juga ditolak olehnya, lalu kami membiarkannya duduk dengan tenang, menjelang pembagian makanan kami melihat dia duduk dengan tegang ditempat duduknya, kami menawarkan makanan juga ditolak olehnya.

Akhirnya kepala pramugari dengan akrab bertanya kepadanya apakah dia sakit, dengan suara kecil dia mejawab bahwa dia hendak ke toilet tetapi dia takut apakah dipesawat boleh bergerak sembarangan, takut merusak barang didalam pesawat.

Kami menjelaskan kepadanya bahwa dia boleh bergerak sesuka hatinya dan menyuruh seorang pramugara mengantar dia ke toilet, pada saat menyajikan minuman yang kedua kali, kami melihat dia melirik ke penumpang disebelahnya dan menelan ludah, dengan tidak menanyakannya kami meletakan segelas minuman teh dimeja dia, ternyata gerakan kami mengejutkannya, dengan terkejut dia mengatakan tidak usah, tidak usah, kami mengatakan engkau sudah haus minumlah, pada saat ini dengan spontan dari sakunya dikeluarkan segenggam uang logam yang disodorkan kepada kami, kami menjelaskan kepadanya minumannya gratis, dia tidak percaya, katanya saat dia dalam perjalanan menuju bandara, merasa haus dan meminta air kepada penjual makanan dipinggir jalan dia tidak diladeni malah diusir.

Pada saat itu kami mengetahui demi menghemat biaya perjalanan dari desa dia berjalan kaki sampai mendekati bandara baru naik mobil, karena uang yang dibawa sangat sedikit, hanya dapat meminta minunam kepada penjual makanan dipinggir jalan itupun kebanyakan ditolak dan dianggap sebagai pengemis.

Setelah kami membujuk dia terakhir dia percaya dan duduk dengan tenang meminum secangkir teh, kami menawarkan makanan tetapi ditolak olehnya.

Dia menceritakan bahwa dia mempunyai dua orang putra yang sangat baik, putra sulung sudah bekerja di kota dan yang bungsu sedang kuliah ditingkat tiga di Peking. anak sulung yang bekerja di kota menjemput kedua orang tuanya untuk tinggal bersama di kota tetapi kedua orang tua tersebut tidak biasa tinggal dikota akhirnya pindah kembali ke desa, sekali ini orang tua tersebut hendak menjenguk putra bungsunya di Peking, anak sulungnya tidak tega orang tua tersebut naik mobil begitu jauh, sehingga membeli tiket pesawat dan menawarkan menemani bapaknya bersama-sama ke Peking, tetapi ditolak olehnya karena dianggap terlalu boros dan tiket pesawat sangat mahal dia bersikeras dapat pergi sendiri akhirnya dengan terpaksa disetujui anaknya.

Dengan merangkul sekarung penuh ubi kering yang disukai anak bungsunya, ketika melewati pemeriksaan keamanan dibandara, dia disuruh menitipkan karung tersebut ditempat bagasi tetapi dia bersikeras membawa sendiri, katanya jika ditaruh ditempat bagasi ubi tersebut akan hancur dan anaknya tidak suka makan ubi yang sudah hancur, akhirnya kami membujuknya meletakan karung tersebut di atas bagasi tempat duduk, akhirnya dia bersedia dengan hati-hati dia meletakan karung tersebut.

Saat dalam penerbangan kami terus menambah minuman untuknya, dia selalu membalas dengan ucapan terima kasih yang tulus, tetapi dia tetap tidak mau makan, meskipun kami mengetahui sesungguhnya dia sudah sangat lapar, saat pesawat hendak mendarat dengan suara kecil dia menanyakan saya apakah ada kantongan kecil? dan meminta saya meletakan makanannya di kantong tersebut. Dia mengatakan bahwa dia belum pernah melihat makanan yang begitu enak, dia ingin membawa makanan tersebut untuk anaknya, kami semua sangat kaget.

Menurut kami yang setiap hari melihat makanan yang begitu biasa dimata seorang desa menjadi begitu berharga.

Dengan menahan lapar disisihkan makanan tersebut demi anaknya, dengan terharu kami mengumpulkan makanan yang masih tersisa yang belum kami bagikan kepada penumpang ditaruh didalam suatu kantongan yang akan kami berikan kepada kakek tersebut, tetapi diluar dugaan dia menolak pemberian kami, dia hanya menghendaki bagian dia yang belum dimakan tidak menghendaki yang bukan miliknya sendiri, perbuatan yang tulus tersebut benar-benar membuat saya terharu dan menjadi pelajaran berharga bagi saya.

Sebenarnya kami menganggap semua hal tersebut sudah berlalu, tetapi siapa menduga pada saat semua penumpang sudah turun dari pesawat, dia yang terakhir berada di pesawat. Kami membantunya keluar dari pintu pesawat, sebelum keluar dia melakukan sesuatu hal yang sangat tidak bisa saya lupakan seumur hidup saya, yaitu dia berlutut dan menyembah kami, mengucapkan terima kasih dengan bertubi-tubi, dia mengatakan bahwa kami semua adalah orang yang paling baik yang dijumpai, kami di desa hanya makan sehari sekali dan tidak pernah meminum air yang begitu manis dan makanan yang begitu enak, hari ini kalian tidak memandang hina terhadap saya dan meladeni saya dengan sangat baik, saya tidak tahu bagaimana mengucapkan terima kasih kepada kalian. Semoga Tuhan membalas kebaikan kalian, dengan menyembah dan menangis dia mengucapkan perkataannya. Kami semua dengan terharu memapahnya dan menyuruh seseorang anggota yang bekerja dilapangan membantunya keluar dari lapangan terbang.

Selama 5 tahun bekerja sebagai pramugari, beragam-ragam penumpang sudah saya jumpai, yang banyak tingkah, yang cerewet dan lain-lain, tetapi belum pernah menjumpai orang yang menyembah kami, kami hanya menjalankan tugas kami dengan rutin dan tidak ada keistimewaan yang kami berikan, hanya menyajikan minuman dan makanan, tetapi kakek tua yang berumur 70 tahun tersebut sampai menyembah kami mengucapkan terima kasih, sambil merangkul karung tua yang berisi ubi kering dan menahan lapar menyisihkan makanannya untuk anak tercinta, dan tidak bersedia menerima makanan yang bukan bagiannya, perbuatan tersebut membuat saya sangat terharu dan menjadi pengalaman yang sangat berharga buat saya dimasa datang yaitu jangan memandang orang dari penampilan luar tetapi harus tetap menghargai setiap orang dan mensyukuri apa yang kita dapat.

--

Bagilah segala sesuatu dengan saudaramu..Jangan berkata 'Ini milik pribadi'.
Bila kamu saja saling membagi hal yang abadi dalam Ekaristi
seharusnya kamu lebih rela lagi membagi hal-hal yang tak abadi...

Bila setiap orang hanya mengambil apa yang diperlukannya
dan memberikan sisanya kepada orang yang membutuhkan
tak akan ada orang kaya atau orang miskin
Kenyataannya bukankah kamu datang ke dunia dengan telanjang
dan dengan telanjang pula kamu kembali ke bumi?

Roti yang ada di lemari dapurmu adalah milik orang lapar
mantel yang tergantung tak terpakai di lemari pakaianmu
adalah milik orang yang membutuhkannya
sepatu yang menjamur di rak sepatumu adalah milik orang yg telanjang kaki

Kamu berbuat salah kepada orang yang dapat kamu tolong
tetapi tidak kamu tolong

............

kotbah Santo Basilus (330-379 M)
dikutip dari Oase Kehidupan-Martin Suhartono, SJ


--

Kebahagiaan Sejati
Share
by Lucila Ismoyo Rukmi (notes) Tuesday, May 19, 2009 at 12:37am
Kebahagiaan adalah sesuatu yang dicari oleh setiap orang di dunia ini. Orang mencari kebahagiaan dengan berbagai cara, misalnya dengan menikmati gaya hidup hedonisme (mencari kesenangan duniawi).

Ada juga yang mencarinya melalui hubungan dengan roh-roh jahat. Namun semuanya sia-sia, karena kebahagiaan yang ditempuh dengan cara itu adalah kebahagiaan semu. Kalau begitu bagaimana kita bisa memperoleh kebahagiaan sejati? Tidak banyak yang tahu kejadian buruk yang pernah menimpa Thomas Alva Edison di usianya yang ke 67.

Ketika itu kobaran api yang sangat besar melahap dan membakar habis gedung laboratoriumnya. Laboratorium dimana dia telah menghabiskan sepanjang hidupnya untuk menghasilkan karya selama bertahun-tahun, habis dalam sekejab. Tapi apa yang dikatakannya tidak lama setelah dia menyaksikan kebakaran hebat itu? “Aku baru berusia 67 tahun dan belum terlalu tua untuk memulai lagi”. Saya tidak sanggup membayangkan seandainya kejadian seburuk itu menimpa saya. Saya begitu kagum dengan keputusan yang dia ambil dalam menyikapi sebuah kejadian. Edison tidak marah ataupun menyesali kejadian buruk tersebut. Yang dia lakukan hanyalah memperkatakan hal yang positif. Dan dia berhasil menelurkan gagasannya lagi sepanjang 17 tahun ke depan. Dia menyadari sepenuhnya bahwa apapun yang terjadi adalah hal yang terbaik bagi dirinya, meskipun itu samasekali bukan kejadian yang baik.

Masalah adalah tanda penghormatan alam kepada mu.(MTSN – You Are Only As Honorable As What You Do)

Jika Thomas Alva Edison memutuskan bersikap positif terhadap hal buruk yang menimpanya, sebaliknya dengan Shriver, istri seorang aktor yang sangat terkenal Arnold Schwarzenegger. Hari itu acara CBS Morning yang dipandunya dibatalkan. Ia berkata bahwa “dirinya bernasib sial”. Hanya karena sebuah hal sekecil itu dia melupakan semua keberhasilan dan kekayaan yang telah ia peroleh selama hidup. Hanya karena sebuah acara yang gagal tayang, dia lupa akan semua yang dia miliki, seperti karir yang cemerlang, anak-anak yang sehat, juga buku-buku biografinya yang sangat laris. Lalu keputusan mana yang akan kita ambil? Sikap seperti apa yang akan kita pilih saat kegagalan menimpa diri kita? Dennis Prager mengatakan,

“Semua orang yang berbahagia selalu bersyukur. Orang yang tidak bersyukur tidak dapat berbahagia”.

Kita sering salah persepsi dan cenderung berpikir bahwa karena tidak bahagia, orang mengeluh. Padahal yang benar adalah, orang mengeluh maka ia tidak berbahagia. Mungkin sekaranglah saatnya kita harus belajar untuk mengucap syukur dalam segala hal. Tuhan seringkali mengijinkan kegagalan untuk mengukur iman kita, apakah kita tetap berterimakasih dan mengucap syukur dalam segala hal? Apakah kita hanya mau menerima yang baik dari Tuhan, tapi tidak mau menerima yang buruk? Thomas Alva Edison tidak mengeluh bahkan tetap bersyukur saat laboratoriumnya habis terbakar. Dan hasil yang dia peroleh adalah tidak hanya kekuatan baru yang membuatnya menggapai keberhasilan, namun juga kebahagiaan sejati dan damai sejahtera. Karena bersyukur adalah kunci agar tidak kehilangan kebahagiaan dan damai sejahtera. Apapun yang terjadi kepada Anda, akan tetap menjadi sesuatu yang menguatkan Anda, bila Anda tidak mengijinkannya untuk melemahkan Anda.(MTOF Mercury)

-

--

The Land
The Golden State, California takes its name from a make-believe island filled with gold in a Spanish novel.California is located on the along the Pacific Coast and is bordered by Nevada on the east, Arizona (southeast), Mexico (south), Pacific Ocean (west), and Oregon (north).
At 158,648 square miles, California is the 3rd largest state. The highest elevation is Mt. Whitney in Inyo-Tulare County at 14,494 feet. The lowest elevation is Death Valley in Inyo County at -282 feet below sea level (lowest elevation in the United States).Entertainment and Tourism. Hollywood has long been the world capital of motion-picture and television film production, in turn drawing numerous tourists. Other popular California tourist attractions include Disneyland, Sea World, the San Diego Zoo and other theme parks, San Francisco, Tijuana (just across the Mexican border from San Diego), and California's spectacular national parks and miles of beautiful beaches.With mountains to the east and deserts to the south, California has the best of all worlds. You can Snow Ski in mountains then drive less then two hours and be in soaring high temperatures all in the same day.The highest temperature recorded was 134° while the lowest was -45°.National Parks & Monuments include Channel Islands, Death Valley, Joshua Tree, Kings Canyon, Lassen Volcanic, Mojave, Redwood, Sequoia, Yosemite, Cabrillo, Devil's Postpile, Lava Beds, Muir Woods, Pinnacles.
The History
Spain claimed and occupied California in the interest of increasing Spanish and Catholic influence. The Spanish colonization was highly authoritarian and subject to all the inefficiencies of centralized planning. To their credit, the Spanish envisioned the native population as playing an important role as Catholic citizens, but the mission/presidio system failed to adopt the Indians to this role and failed to attract a sufficient number of Spanish settlers. When Mexico fought and obtained independence, California lost virtually all its centralized support. As members of an isolated community, Californians spent three decades in political confusion (at one point, a Californian-based republic was declared). The richest families turned to the one industry guaranteed to earn a comfortable living -- selling hides and tallow generated from the virtually free cattle that roamed vast ranchos. In an attempt to increase the non-Indian population, foreigners of all types were admitted.Soon a sizable minority of Yankees grew, dominating the merchant class and entering into important positions in the political and social structure. The defense of California, completely neglected by Mexico and lacking support from unstable California administrations, led to the unusual condition where any of several world powers could have easily occupied California. In point of fact, the Yankee residents themselves were the first to do it, in the Bear Flag revolt of June 1846. Just one month after, due to the Mexican-American war that in turn stemmed from the Yankee takeover of Texas, the American Navy took control of California without firing a shot.Most Californians were resigned to inevitable Yankee rule, though a revolt at Los Angeles led to a pocket of Californian resistance lasting from September 1846 to January 1847. California was officially made a territory with the end of the Mexican-American war February 2, 1848, nine days before gold was discovered at Sutter's Mill.Through some local PR efforts, and support in late 1848 from President Polk himself, a gold mania swept the States and the world resulting in the remarkable 49er migration. The population soared, quickly (and brutally) overwhelming the Californian and Indians. Political leaders seized the moment to obtain a constitution and voter's ratification by November 1849, with recognition by the U.S. congress in October 1850.Meanwhile, the great influx of miners was redirected to farming, trade, and business. The beauty, richness, and climate of California -- as well as a lack of options for bankrupt miners -- kept the population here long after the gold mania died down. The State of California, a chaotic mix of ethnicity’s and incomes, hopes and cynicism, was born. During World War II, U.S. citizens of Japanese descent were rounded up and confined in internment camps. Though the government claimed it was necessary for security reasons, the effort was driven largely by greed. While the Japanese Americans were locked up, their farms were sold to white farmers. Today, thousands of Mexicans contribute to the seasonal migrant labor hired to gather and pack crops.
The People
Not all Californian's have cement pools or are movie stars but with a State population that just exceeds the entire population of Canada, California has the largest percentage of millionaires in the U.S.More immigrants settle in California than any other state, more than one third of the nation's total in 1994. The most numerous group of immigrants are Asians and Pacific Islanders, though many Mexicans emigrate to California, either legally or by illegally crossing the border between California and Texas. Whites remain the largest ethnic group but, for the first time, no longer constitute the majority. Hispanics make up one third of the population in California, which also saw a boom in Asian immigration.The 2000 census put California's population at 33,871,648. The State Capital is Sacramento, other major cities or towns include Los Angeles, San Diego, San Jose, San Francisco, Long Beach, Fresno, Oakland, Santa Ana, Anaheim.

Menanti Final Bersejarah

Setiap tahun, jutaan turis dari seluruh belahan dunia berkunjung ke Roma karena tergodadaya pikat sejarah dan romantisme kota itu. Rabu (27/5), kota yang dijuluki Eternal City ini akan menjadi tuan rumah laga paling dikenang dalam 54 tahun sejarah Liga Champion.

Barcelona versus Manchester United. Siapa yang tidak tergiur untuk datang ke Stadion Olimpico dan menyaksikan kejadian demi kejadian seru yang mungkin akan ter saji dalam laga tersebut?

Bukan hanya karena kedua kubu menampilkan permainan efektif secara konsisten selama musim 2008/09 - mencetak 171 gol dalam 73 partai di liga domestik hingga pekan lalu -, tetapi juga lantaran Barcelona dan Man. United mewakili esensi dari sepak bola. Ya, keduanya punya kemampuan menikmati, menyerang di setiap kesempatan. Sepak bola Gung-ho adalah yang terbaik.

Lupakan insiden yang terjadi di London pada awal Mei silam. Insiden tentang kebodohan wasit asal Norwegia, Tom Henning Ovrebo, yang memastikan Barcelona lolos ke final dan menyingkirkan Chelsea. Faktanya, banyak pengamat sepak bola Eropa dan petinggi Eropa yang puas melihat Barcelona dan Man. United merebut tiket ke Roma.

Tidak terlalu sering terjadi final klasik di Liga Champion dalam beberapa tahun terakhir. Istanbul pada 2005 menyuguhkan drama paling mengejutkan, tetapi bukan kisah klasik yang menjadi inti dari sepak bola. Harapan terbesar para penggila sepak bola adalah menyaksikan duel yang begitu sengit hingga bisa menandingi kehebohan yang terjadi saat Real Madrid mengalahkan Eintracht Frankfurt di final 1960 dengan skor 7-3.

Fenomena seperti itu hanya akan terjadi jika kedua kubu masih mempertahankan filosofi menyerang yang menjadi bagian dari permainan mereka sepanjang musim 2008/09. Trio lini depan milik Barcelona yang terdiri dari Lionel Messi, Thierry Henry, dan Samuel Eto’o sudah mengoleksi hampir 100 gol musim ini.

Kemungkinan absennya Henry gara-gara cedera otot ligamen akan mengurangi peluang Barca meraup kemenangan. Tapi ,mengingat Barcelona hanya mengenal satu cara dalam bermain sepak bola, mungkin mereka satu-satunya klub di Eropa yang bisa menaklu k kan Man. United.

Di bawah asuhan pelatih Josep Guardiola ,yang berhasil memadukan kekuatan, kerja keras dan permainan solid dengan keindahan sepak bola, Barcelona akan tampil untuk keenam kalinya di final Liga Champion.

Walau dengan kemenangan atas Red Devils, Barcelona masih tertinggal enam gelar dari musuh bebuyutan mereka ,yaitu Real Madrid .Prestasi ini akan menjadi kesuksesan kedua mereka dalam empat tahun terakhir dan yang pastiakan membenarkan tindakan para petinggi klub membuang pelatih Frank Rijkaardplus dua bintang, Ronaldinho serta Deco ,pada musim panas 2008.

Guardiola sendiri tidak bisa mengharapkan musim yang lebih indah ketimbangkali ini . Dalam debutnya sebagai arsitek tim senior, ia mampu membawa La Blaugrana meraih gelar juara La Liga 2008/09, Copa del Rey, danmungkintrofi Liga Champion.

Pada usia 38 tahun, Guardiola berpeluang menyabet gelar sebagai salah satu pelatih termuda yang mampu menjuarai Liga Champion. Hingga kini rekor itu masih dipegang Jose Villalonga, yang sukses membawa Madrid meraih gelar Piala Champion pertama pada usia 36 tahun dan 184 hari.

Tetap sajaini akan menjadi prestasi bersejarah yang pernah diukir Guardiola. Coba bandingkan dengan Jose Mourinho ,yang sudah berusia 41 tahun saat menyabet titel juara Liga Champion pada 2004 dan langsung men yejajarkan dirinya di deretan pelatih top sepak bola Eropa.

Rekor United

Di sisi lain, Manchester United juga berpeluang menorehkan sejarah baru. Kemenangan atas Barcelona berarti membukukan gelar keempat dan men yejajarkan mereka dengan Ajax Amsterdam serta Bayern Muenchen.

Titel ini sekaligus bakal menjadi gelar keempat bagi sang manajer, Sir Alex Ferguson. Sebelumnya, hanya Bob Paisley yang sukses mengangkat trofi Eropa sebanyak tiga kali pada 1977, 1978 dan 1981.

Kemenangan akan menjadi sukses Fergie ketujuh di level Eropa. Ingat, sebelumnya ia juga sudah mengoleksi Piala Winners dua kali dan Piala Super Eropa dua kali. Guardiola baru berusia 12 tahun saat Ferguson memenang i trofi Eropa pertamanya 26 tahun silam.

Menjuarai Liga Champion berbeda dengan mempertahankan gelar tersebut. Tidak ada pernah berhasil menyabet gelar juara dalam dua musim berturut-turut sejak Piala Champion berganti nama dan format menjadi Liga Champion pada 1992/93.Man. United hanya perlu menunggu 90 menit atau 120 menit sebelum ditahbiskan menjadi klub pertama yang mampu membawa pulang trofi Liga Champion dalam dua musim beruntun.

Di masa depan, skuad Manchester United untuk 2007 hingga 2009 akan masuk ke golongan yang sama dengan Madrid pada 1956-1960, Ajax 1971-1973, Muenchen 1974-1976, Liverpool 1977-1984, dan AC Milan 1989-1990.

Wayne Rooney (23) serta Cristiano Ronaldo (24)akan disejajarkan dengan Francisco Gento, Alfredo Di Stefano, Clarence Seedorf, Frank Rijkaard, Ruud Gullit, Johan Cruyff, dan Paolo Maldini.


Kontroversi Roma
Ancaman Keamanan

Tidak semua pihak menyambut final Liga Champion 2008/09 dengan sikap optimistis. Pemilihan Roma sebagai tuan rumah sudah beberapa kali dikritik. Bahkan The London Times sempat menggelar petisi di surat kabar dan situs mereka agar UEFA memindahkan lokasi final.

Alasannya sederhana, final di Roma berpotensi menimbulkan kekerasan di luar lapangan. Kekerasan yang mungkin luput dari perhatian kamera televisi dan terlupakan di tengah komersialisasi yang menghidupkan kompetisi ini.

Kantor Foreign and Commonwealth di London telah mengeluarkan peringatan mengenai bahaya berkunjung ke Roma setelah mendengar kabar mengenai penikaman yang dilakukan suporter fanatik di kota itu. Se mentara itu suporter sepak bola Inggris masih ingat saat seorang mendukung Liverpool ditikam setelah The Reds mengalahkan AS Roma di final Piala Champion 25 tahun silam.

Penyerangan terhadap suporter tim tamu yang terjadi di Roma semakin meningkat dalam satu dekade terakhir. Pada 2001, 20 orang terpaksa dirawat di rumah sakit saat Liverpool menghadapi Roma. Pada 2007, 11 pendukung Manchester United ditikam.Sejumlah suporter Middlesbrough serta Arsenal dianiaya dalam tiga tahun terakhir.

Namun ,UEFA bersikerasRoma akan menggelar final Liga Champion 2008/09 apa pun yang terjadi. Masalahnya, lebih dari 30 ribu pendukung Man. United akan berkunjung ke Roma dan UEFA hanya menyediakan 19.500 tiket bagi kedua finalis.

Kedatangan mereka ke Roma akan sia-sia karena panitia penyelenggara tidak menyediakan layar raksasa di luar stadion seperti pada putaran final Piala Dunia 2006 atau Piala Eropa 2008.Kondisi itu berpeluang memperpanas situasi.

Final 2009 bisa menjadi laga paling dikenang sepanjang sejarah Liga Champion. Tapi ,kekhawatiran mengenai kejadian di luar lapangan sehari setelahnya mungkin akan lebih diingat ketimbang proses meraih gelar juara. (maul)


--

Lionel Messi
Terbaik Tak Resmi

“Karena penampilan kami sepanjang musim, Barcelona layak mendapatkan gelar di Roma. Mereka yang bukan pendukung Barca kini menghormati kami atas permainan yang kami tunjukkan.”

Lionel Messi, individu yang bisa melakukan perubahan. (Foto: AFP)

Suara Lionel Messi yang disampaikan di Camp Nou, Kamis (21/5), punya pesan yang oleh pengagum sepak bola indah dianggap sebagai tantanganuntuk Cristiano Ronaldo. Messi dan pasukan Barcelona jelas lebih memikat insan sepak bola dunia melalui penampilan mereka.

Total 30 gol yang dilesakkan Barcelona hingga mencapai final Liga Champion berbanding 18 milik lawannya, Manchester United. Walau lima gol Barca di babak III kualifikasi dikeluarkan dari catatan statistik klub (karena Man. United langsung tampil di fase grup), tetap saja jumlah gol Barca kental menunjukkan agresivitas permainan mereka.

Messi memberi kontribusi delapan gol bagi Barca. Jumlah itu mengantarnya sebagai pencetak gol terbany a k sementara sebelum final. Selain menjadi teman Samuel Eto'o dan Thierry Henry dalam menggedor pertahanan lawan, Messi membuktikan ia juga piawai melayani rekan-rekannya.

Lima assistMessi hanya kalah satu dari rekannya ,playmaker Xavi Hernandez ,serta Franck Ribery (Muenchen) yang menduduki puncak pelaku assistLC.

Nah, pertemuan Barcelona dan Man. United di Roma tentu semakin menarik ketika pengagum Messi menanti duel pemain yang disebut-sebut terbaik di bumi saat ini. Ya, Ronaldo dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa dan Dunia 2008.

Messi ada di urutan kedua dalam Ballon d'Or (Eropa) dengan selisih suara 165 dari CR7. Begitu pula dalam kategori FIFA World Player of the Year, Messi tertinggal 257 dari pemain United itu. Tapi, tak sedikit tokoh terkenal dunia sepak bola melihat situasi yang berbeda.

Walau asal negara bisa menjadi faktor pembias, banyak pihak sepaham dengan penilaian Diego Armando Maradona. Katanya pada AFP pertengahan Januari lalu, "Saya terpaksa memilih Ronaldo karena sebagai pelatih timnas Argentina, saya tak boleh memilih pemain sendiri. Tapi ,sangat jelas Messi adalah yang terbaik di dunia."

Tak lama setelah Maradona berkomentar usai penobatan Ronaldo sebagai yang terbaik di dunia, Arjen Robbenpun memberikan suaranya untuk Messi. Walau berstatus rival utama Barcelona, pemain Real Madrid asal Belanda itu menggambarkan kemampuan Messi sebagai pemain dari luar bumi,

"Messi dan Ronaldo sama-sama pemain hebat. Tapi ,di semifinal, Messi menunjukkan bahwa dia lebih baik dari Ronaldo," begitu sebut Joe Cole, pemain Chelsea. Sebuah sikap perwujudan persaingan anggota Premier League?

Dari Italia, Antonio Cassano bahkan memuji pria yang akan berusia 22 tahun pada 24 Juni nanti lebih baik dari Diego Maradona dan Ronaldo. "Saya harap Barcelona yang menang di Roma, itu jalan bagi Messi meraih Ballon d'Or," ucapnya pada Sky Sport Italia.

Striker Barcelona asal Prancis, Thierry Henry, melihat kemampuan lebih rekannya. "Dalam kondisi terbaik, Messi bisa membuat perubahan yang tak bisa dilakukan pemain lain," ujarnya pada Record.

So, siapa yang akan menduduki singgasana di Roma, Rabu ini? (Weshley Hutagalung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar