Selasa, 10 Agustus 2010

Saran Investasi Bagi Pemula, Mulailah Sekarang!


Saran Investasi Bagi Pemula, Mulailah Sekarang!
SATURDAY, 07 AUGUST 2010
Total View : 605 times

Berikut ini merupakan tips-tips yang diberikan untuk para investor pemula. Tips ini layak Anda ikuti, karena ketika pertama kali berinvestasi, Anda pasti bingung bagaimana harus memulai suatu investasi, atau investasi apa yang bagus, atau apakah ada cara-cara yang dipakai agar investasi Anda dapat menguntungkan dan bukannya malah merugikan Anda. Tips-tips tersebut adalah :

Langkah pertama – Mengerti akan kebutuhan investasi

Menaruh uang di dalam bank seperti meminjamkan tanpa keuntungan yang berarti. Memang tabungan itu aman, uang Anda tidak akan hilang tapi jika Anda hanya dapat uang Anda kembali, itu bukan berinvestasi, apalagi dengan adanya inflasi yang membuat nilai uang Anda semakin kecil, Anda perlu membuat uang Anda terus bertumbuh. Itulah yang namanya investasi.

Langkah kedua – Dimanakah uang itu ditaruh?

Ada empat kelas aset yaitu uang tunai, property, suku bunga tetap, dan saham, yang punya hal-hal positif maupun negatif masing-masing. Uang tunai bisa dipakai kapan saja untuk keperluan darurat, tidak seperti property yang susah dijual tapi bisa mengurangi pajak yang harus dibayarkan.

Suku bunga tetap artinya dalam usaha yang tetap akan memberikan Anda kepastian uang Anda kembali dalam pasar uang, sementara saham dalam perusahaan hanya membayarkan Anda deviden / keuntungan tahunan kepada Anda secara rutin sesuai dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut.

Langkah ketiga – Kekuatan waktu

Investasi adalah sebuah proses menjadi kaya secara perlahan-lahan. Jadi, semakin awal Anda memulai, semakin baik karena keuntungan Anda semakin berlipat ganda. Namun, hati-hati dalam memilih sebuah investasi, karena ada harga yang naik turun, kemungkinan Anda bisa merugi. Seorang investor bisa juga menetapkan tujuan jangka pendeknya seperti menyimpan untuk deposit rumah dan tujuan jangka panjang seperti uang untuk masa pensiun dengan rencana investasi.

Langkah keempat – Bangkitkan rasa sensitif terhadap resiko yang ada

Anda tidak bisa menghindari resiko, bahkan jika Anda meninggalkan uang Anda di bank, ada kemungkinan kehilangan nilai seiring dengan waktu, ditambah lagi karena biaya hidup yang semakin tinggi. Semakin tinggi nilai yang Anda dapatkan, semakin tinggi pula resiko yang harus Anda tanggung. Resiko tersebut adalah Anda harus kehilangan uang Anda. Jadi sangat penting bagi seorang investor untuk dapat mengidentifikasi resiko tersebut.

Setiap orang dapat mengidentifikasikan resiko yang berbeda-beda. Saham dan property memang lebih beresiko dibandingkan dengan suku bunga tetap dalam jangka pendek, namun lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Waktu yang dipilih juga sangat penting untuk diperhatikan. Anehnya, para investor biasanya tidak terburu-buru membeli ketika harga turun, namun mereka lebih banyak yang membeli ketika harga sudah naik, karena takut mereka akan ketinggalan.

Langkah kelima – Ambil langkah pertama Anda

Orang yang belum berpengalaman dalam berinvestasi, dapat menggunakan angka minimal dalam suatu investasi, ambil contoh Rp 10 juta. Pilihlah pangsa pasar yang paling menguntungkan buat Anda. Jika Anda tidak paham, Anda bisa meminta jasa seorang konsultan untuk awalnya. Tidak apa-apa, karena ini akan menjadi modal buat Anda agar Anda lebih banyak mempunyai wawasan ke depannya mengenai investasi, atau Anda bisa meminta pertolongan teman Anda yang mengerti soal investasi. Investasi ini didesain dengan berbagai tingkat resiko, dari yang konservatif sampai normal sampai pertumbuhan yang cukup agresif. Menginvestasikan uang Anda dalam saham juga dapat dilakukan. Investasi apapun yang Anda lakukan, carilah informasi sebanyak mungkin lalu bergeraklah.

--

Hidup ini adalah perjalanan. Ujungnya adalah kuburan. Satu satunya energi yang bisa membuat hidup jadi berarti, adalah Cinta.


Cinta terbesar adalah cinta akan kehidupan ini secara seutuhnya. Mencoba menyadari akan segala rasa; kesedihan dan kesakitan dan kekurangan dan kekecewaan ini. Dan tetap mencintai kehidupan ini. Kekurangan itu ada dan selalu akan ada, dan akan membuat kita lebih menghargai kelebihan yang datang nanti.

Tadi kulihat kolom2 berita kematian di koran, ada yang tua dan sudah waktunya berpulang, ada pula yang masih muda perkasa. Ada sebuah rasa bersyukur saya masih hidup dan bernafas dan sehat, ini adalah anugerah yang mesti kita syukuri.

Ambisi dan keinginan maju adalah kewajaran dan bukan sebuah dosa. Kemauan untuk menang dalam bersaing adalah sebuah ke normalan hidup. Tetapi kitapun mesti menyadari bahwa tidak semua kemenangan dan segala sesuatu yang kita dapatkan "lebih" itu akan membuat kita bahagia.

Lebih banyak uang, lebih kaya, lebih cantik, lebih banyak koleksi Louis Vuitton, lebih perkasa, lebih tampan, lebih keren mobilnya.... dan seterusnya adalah kekosongan yang berkepanjangan tanpa Cinta.

Lebih cinta akan kehidupan ini adalah satu satunya "lebih" yang berguna.

Bekerja dengan cinta akan membawa kebahagiaan dan berkah, walau mungkin bukan sebuah kenikmatan berlebih atau bahkan kemapanan hidup.

Apa yang akan terjadi dengan hari esok adalah milik Langit dan Matahari. Kita harus syukuri dan nikmati hari ini. Dan berusaha dengan sepenuh hati, jiwa dan pikiran.

Hidup adalah perjalanan, dan Cinta adalah Keajaiban.


--

Efek Kakus


Bila anda memasuki kakus (WC) yang kotor pertama kali masuk, akan terasa bau busuknya luar biasa, tetapi setelah anda berada didalam sepuluh menit, maka tidak terasa lagi baunya.

Apakah berarti sudah tidak ada lagi baunya? Pasti bukan ! Baunya masih ada, tetapi hidung kita telah "menyesuaikan diri" dengan bau itu.

Dalam kehidupan kita banyak sekali Efek Kakus terjadi dalam kehidupan kita tanpa kita sadari. Pikirkan beberapa contoh ini:

1. Teman/Family/Orang dekat kita yang sangat jelek secara fisik sampai level "menakutkan", bila kita ketemu setiap hari, maka lama kelamaan terasa "biasa" juga.

2. Jalan TOL yang tersumbat lumpur Lapindo pertama terjadi membuat kita bingung luar biasa, setelah 3 bulan, teman saya yang harus sering bermobil Surabaya-Malang ya sudah merasa terbiasa untuk memilih milih jalan dan menerima perjalanan yang seharunya 2 jam menjadi 4 jam sebagai sebuah "kenyataan".

3. Seorang pebisnis sukses yang tiba2 diberitahu mendapat penyakit jantung kronis dan harus "by-pass" di Australia, dan shock berat awalnya, setelah operasi merasa itu hal umum dan wajar saja.

Nah, kita tahu kemampuan manusia untuk beradaptasi terhadap sekelilingnya memang luar biasa. Efek Kakus dalam kehidupan kita terjadi disemua lini. Kita sadari itu. Bisnis yang sulit karena barang China masuk terus secara illegal ke Indonesia juga sudah dianggap kenyataan yang tak terpungkiri lagi. Mata uang kita yang sering fluktuasipun sudah dianggap umum.

Maka bagaimana kita dapat belajar dan mengambil "keuntungan" dari Efek Kakus ini? Beberapa hal yang dapat kita coba:

1. Paksakan untuk bekerja lebih keras, memang tidak enak awalnya, tapi kalau kita paksakan terus, makan akan terjadi Efek Kakus dan kita akan terbiasa dengan hal ini dan menjadi pekerja yang lebih baik.

2. Cobalah selalu menciptakan network persahabatan baru. Awalnya terasa tidak enak, tetapi setelah terbiasa kita akan menjadi orang yang lebih sukses dengan kekuatan jaringan kita.

3. Berpikir dan bertindak kreatip selalu. Memang awalnya susah dan tidak "natural" terutama buat mereka yang jarang ber inovasi, tetapi kalau kita coba terus akan menjadi terbiasa juga.

Nah, ini adalah cara kita membentuk kebiasaan baik dalam kehidupan kita ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar