Selasa, 10 Agustus 2010

Creating Wow and Aha!



Creating Wow and Aha!

WOW adalah sebuah keterkejutan yang nikmat, sebuah “eye popping” dan “jaw dropping” dalam filem kartun. Keindahan yang lebih, purple cow, remarkable, dan membuat mulut menganga. Design yang berbeda, fantastis, mencengangkan.

AHA adalah ketepatan dari strategi dan pemikiran yang dalam. Tepat guna. Sebuah karya yang pas, strategi yang cerdik, design yang mengena, promosi yang meningkatkan penjualan, cerita yang melekat di otak, dan komunikasi persuasi yang berhasil.

Creating Wow and Aha! menjadi pedoman kerja Sam-Design sejak berdiri di tahun 1998, sebagai pedoman untuk selalu menghasilkan karya yang fantastis dan berstrategi pas. Para sammies (crew Sam-Design) meyakini bahwa semua karya kita haruslah menghentakkan keindahan yang tepat guna.

Ada empat kunci penting dalam mebuat karya yang WOW and AHA: Science, Art, Craft dan Soul. Keempatnya harus menjadi satu kesatuan dalam kita berkarya. Karya website, company profile, logo, branding, promosi, design atau apapun dalam kehidupan kita, baru akan sukses, bila kita lakukan dengan campuran yang pas dari empat elemen ini.

Science: Otak kiri kita, haruslah diisi dengan startegi komunikasi yang berlandaskan hasil riset dan pendekatan akademis yang sudah terbukti nyata. Art: Otak kanan para sammies mendekatkan keilmuan pada nilai kreatifitas seni yang menghasilkan inovasi dalam semua karya. Craft: Keahlian yang merupakan pengalaman berkarya terbaik yang menjadi sebuah kebiasaan dalam menghasilkan komunikasi yang efektip. Soul: Jiwa yang mebuahkan karya2 yang menyentuh emosi dan sisi humanisme kita. Jiwalah yang mengikat ketiga elemen lain dalam menghasilkan karya indah yang tepat guna.

Hampir sembilan tahun perjalanan Sam-Design dalam "Creating WOW and AHA!", dan kita masih akan berjuang lebih keras lagi untuk terus menciptakan karya yang memberikan nilai tambah tinggi buat semua klien kita.

--



13 January 2007
8 Success Strategies 2008


Diawal tahun 2008, saya coba untuk memikirkan hal hal apa yang penting dalam mengarungi 2008 ini, dan memilih 8 hal kunci yang perlu kita perhatikan untuk mencapai kesuksesan yang besar.


Brand You

Authentic, Distinct, Memorable

“Brand” menjadi semakin penting dalam kehidupan kita, karena banyaknya penawaran dan alternatip. Product brand, bahkan personal brand adalah kunci sukses dimedan persaingan yang menawarkan semua yang mirip dan sejenis. Pelanggan menginginkan sesuatu yang mudah diingat dan punya kepribadian yang khas dan “Authentic”. Kita harus secara terus menerus dan sadar menguatkan “Brand” kita ketika bertemu dengan pelanggan kita.


Think Like a Fish

Emotional, Emphatic, You-First

Walaupun kita suka makan mangga, tetapi bila kita pergi memancing kita harus memakai cacing sebagi umpan kita. Kita sadar benar akan hal ini, tetapi kita sering lupa saat menawarkan jasa/produk kita kepada pelanggan kita, kita lupa memikirkan perasaan dan kebutuhannya. Untuk sukses dalam berbisnis, kita harus selalu memikiran pelanggan kita lebih dulu. Sukses kita tergantung pada kepuasan pelanggan tersebut, baik secara fisik ataupun emotional.


Use Viral Strategy

Network, Word-Of-Mouth, Heartstrings

Penjangkauan sukses akan lebih cepat bilamana ada pihak ketiga yang mau merekomendasikan kita. Word-Of-Mouth yang natural selalu jadi kunci sukses bisnis. Bilamana kita bisa melalukan “Amplification” atau percepatan proses WOM ini, maka kesuksesan akan lebih cepat terjadi. Powerpoint ini adalah contoh Viral Marketing “Brand” saya. Bilamana anda mengirimkan ppt ini keteman anda, maka teman anda senang, sayapun mendapatkan keuntungan dari “Brand” saya yang semakin tersebar. Kita harus memberikan kemudahan untuk orang lain menyebarkan “brand” kita.


Go Internet

Blog, Youtube, Friendster

Suatu siang, saya mampir di coffeeshop, tiba2 saya sadar ada banyak anak muda berinternetan disana dengan asik sekali. Pekerjaan dan hiburan menjadi satu disana. Ah, jaman baru!...Internet telah benar2 merubah wajah infrasturtur dunia. Video, percakapan, dan social nerwork kita semuanya berada disana. Generasi baru telah hidup dan bernafaskan internet. Sudah saatnya kita dan perusahaan kita menginvestkan sumber daya kita pada internet. Blog, Youtube, Friendster, Amazon, eBay, Craigslist, Wikipedia, Google, semuanya merubah cara kita hidup.


Copy From Different Industry

Relevantly Different, Observe, Copy&Twist

Saya percaya pada “copy&twist”, mantra yang saya pakai sejak dahulu. Kita tidak punya waktu lagi “reinvent the wheel”, kita membutuhkan mata dan otak yang tajam dalam observasi kita akan trend dan kesuksesan orang lain. Perjalanan keluar negeri semakin mudah murah, internet menyediakan semua jawaban apa saja. Meniru dari industri yang berbeda, dari dunia yang lain, dan menyesuaikannya untuk bisnis kita adalah mantra yang tepat jitu. Kita tetap harus kreatip dan beda dari pesaing kita, kita dapat lakukan dengan meniru dunia lain, dan menyesuaikannya untuk bisnis kita.


Choose Your Value

Priorities, 80/20, Focus

Tidak mungkin kita bisa menyediakan sebuah produk atau jasa yang paling berkwalitas, paling murah, paling bagus servisnya, paling bergengsi, beriklan paling banyak, dan seterusnya. Didunia yang competitive ini kita harus memilih hal kunci apa yang kita ingin tonjolkan. Jadilah yang terbaik di bagian yang anda pilih, hal itu sajalah yang anda harus selalu perkuat dan sempurnakan, lainnya asalkan memenuhi “standard” umum sudah cukup. Asalkan hal yang anda tonjolkan adalah hal yang konek dengan nilai nilai pelanggan anda, maka sukseslah anda.


Spend 20% on “Totally Different Thing”

Google’s Lesson, New Thing, Diffuse

Salah satu sukses google adalah karena strategi nya untuk membolehkan karyawannya menghabiskan 20% waktu nya untuk melakukan pekerjaan lain yang tidak ada hubungan apapun dengan tugas rutinnya. Sesuatu hal baru yang berbeda dengan pekerjaan rutin anda, yang anda lakukan karena “passion”, akan membuahkan sebuah hasil yang berbeda. Habiskan 20% waktu anda untuk hal baru, ini akan melebarkan kesempatan sukses anda. Rutinitas membunuh kreativitas dan kejemuan menghambat kesempatan baru yang mungkin akan tumbuh.


Doing Things

Just Do It, Ready-Shoot-Aim, Persistent

Rencana yang sebagus apapun, tidak akan menghasilkan apa apa bila tidak dinyatakan dalam tindakan. Walaupun nantinya kita akan berubah arah bisnis, atau akan menemui kegagalan, atau akan menghadapi kesulitan, kita tetap harus melakukan tindakan secara terus menerus untuk bisa sampai pada tujuan kesuksesan kita. Kita harus kuat secara constant menghadapi C-R-A-P (Criticism, Rejection, Assholes, Pressure) dan terus mengerjakan pekerjaan kita dengan penuh antusias. Hidup hanyalah perjalanan, yang ditaburi mimpi, diisi keberanian, dan dinyatakan dalam tindakan.

--



01 November 2007
Life is a journey

Saya selalu berkata bahwa "Hidup Ini Hanyalah Sebuah Perjalananan", di ujung perjalanan hanyalah sepenggal tanah 2 x 3 meter. Dan betapapun kaya miskin bahagia sedih nikmat sengsara nya perjalanan kita, semuanya akan sampai ditempat yang sama.

Yang paling berarti dalam kehidupan ini adalah perjalanan itu sendiri; bagaimana kita memberika makna pada perjalanan kita; bagaimana kita menyatakan arti hidup kita dalam tindakan dan perkataan dan karya.

Bilamana kita telah memberikan yang terbaik, dan berusaha yang terbaik, dan melakukan yang terbaik, maka tidak ada lagi penyesalan apapun ketika kita telah selesai dengan perjalanan kita.

1 November 2007, Surabaya.



A POEM FOR THE GRIEVING...
Do not stand at my grave and weep.
I am not there, I do not sleep.
I am a thousand winds that blow,
I am the diamond glints on snow.
I am the sunlight on ripened grain,
I am the gentle autumn's rain.
When you awaken in the morning's hush,
I am the swift uplifting rush
of quiet birds in circled flight.
I am the stars that shine at night.
Do not stand at my grave and cry,
I am not there, I did not die...

--

Merdeka!

Ketika kecil kita selalu senang pada 17 Agustus-an yang meriah: lomba makan kerupuk, karung goni, lari dengan bakyak, atau permainan menarik lainnya. Ada hadiah, ada bendera dan hiasan, rumah dan kampungpun di cat ulang dengan rapi dan bersih.

Disekolah ada upacara bendera, berdiri dengan tegak, menyanyi dengan hikmat, walau terik matahari tidak bersahabat dan pidato pak kepala sekolah terlalu panjang seperti orang baca koran.

Menjadi dewasa kita mulai bertanya, sebenarnya apa hakekat Kemerdekaan itu? Apa makna intinya?

Saya selalu setuju: Mengingat dan menghargai jasa jasa Pahlawan kita, mengisi kemerdekaan dengan sebaik mungkin. Dan seribu nasihat baik lainnya. Saya paham dan setuju sekali.

Tetapi sering ada saja sebuah pemikiran kecil yang menggelitik, sebenarnya apa inti arti “Merdeka” itu sendiri untuk kehidupan kita.

Memberanikan diri mencoba mengartikan nya, saya berpikir Merdeka adalah sebuah “Hak Pilihan”. Kita berhak memilih kehidupan kita. Keluar dari arti umum tentang hak dan kewajiban warga merdeka, Kemerdekaan adalah sebuah kesadaran akan “Bebas” nya kehidupan kita. Bebas untuk Memilih. Bebas untuk mengejar mimpi kita. Bebas untuk Bertindak.

Memilih apakah kita mau menjadi rajin atau malas, belajar atau berleha leha, menambah teman atau bertengkar, membaca atau tidur, dan seterusnya. Apakah kita telah mengisi hidup dengan arti, lebih etis dalam berbisnis, mencintai sekeliling kita?

Kemerdekaan adalah sebuah “emotion state” tentang cara kita melihat hidup, untuk mengisi perjalanan hidup ini sesuai hakiki jiwa kita, dan tidak dikukung oleh “jajahan” dogma dan stigma yang mengekang, walaupun kita tetap harus mengikuti norma kehidupan dan tidak merugikan orang lain.

“Independence Day”, mengambil kata “Independence” adalah sebuah kemandirian, dalam pimikiran dan tindakan, dalam hati dan jiwa dan kelakuan kita.

Merdeka!

Dan kita mesti mencari lagi artinya untuk diri kita sendiri, untuk hati dan jiwa kita, untuk kita nyatakan dalam Tindakan kita, hari ini, dan besok, dan lusa, dalam mengisi hidup ini dengan semangat “Merdeka”.

--

Beberapa waktu yang lalu, ada seseorang yang mengaku sebagai penggemar,berkali-kali menghubungi telepon genggam saya. Sebutlah namanya "Mr.Success". Dia menyatakan kekagumannya kepada saya, ingin bertemu danberkenalan secara langsung, atau sekadar makan siang bersama.Sayangnya, karena kesibukan masing-masing, pertemuan yang diharapkanterus tertunda.

Suatu hari, saat ia menelepon kembali. Kebetulan, saat itu sayasedang ada waktu. Maka, tanpa rencana terlebih dahulu, kami punakhirnya sepakat untuk bertemu dan santap siang bersama di sebuahrestoran di Jakarta Pusat.

Siapa sangka, ternyata penggemar setia ini adalah seorang anak muda,pengembara dari Kalimantan barat, berusia sekitar 28 tahun, yang datangbersama istrinya.

Sambil makan, kami pun mulai ngobrol santai.

"Pak Andrie, saya sangat senang dengan buku-buku dan CD audio ceritamotivasi bapak. Koleksi saya lengkap lho Pak, dan entah sudah berapapuluh kali saya dengar, sampai CD-nya rusak dan kemudian saya belilagi. Hahaha," ceritanya dengan penuh semangat.

"Terima kasih lho, Pak. Setiap hari, serasa Pak Andrie menemani setiaplangkah saya, memotivasi, menasihati. Saya sungguh beruntung dan tidakmenyangka kalau hari ini saya betul-betul bisa berkenalan dengan Bapak.Dalam pikiran saya, Pak Andrie selalu menjadi pembimbing dan guru sayaselama ini. Bayangkan saja Pak, tiap hari pagi-pagi, SMS Motivasi sudahmenyapa saya. Tiap Senin pagi jam 7 sampai jam 8, mendengar talk-showbapak di Radio Smart FM. Secara rutin saya juga mengunjungi website(AndrieWongso.com) dan bergabung di Fans Page bapak di Face Book.Poster-poster motivasi pun banyak menghiasi dinding kantor, ditambahmajalah LuarBiasa atau buku motivasi selalu menjadi santapan mentalsaya."

Sambil menikmati minuman, dia melanjutkan, "Karena saya merasakansendiri manfaatnya, saya juga membelikan majalah LuarBiasa dan CDmotivasi untuk sahabat, saudara, relasi, bahkan customer saya. Merekasenang sekali, kata mereka bagus sekali. Hehehe, lumayan lah, berbuatbaik untuk orang-orang baik, pasti ada pahalanya, ya kan Pak?" katanyabercanda.

Singkat kata, pengaruh cerita dan kata-kata yang penuh motivasi daninspirasi dari CD, buku, majalah, radio, website saya itu, membuatnyamampu bertahan saat goncangan menerjang; lebih tekun dan ulet dalamberusaha; serta lebih "care" kepada semua orang. Berkat itu semua dankerja kerasnya, usaha yang ditekuninya selama ini semakin berkembangluar biasa. Kini dia memiliki 7 kios penjual pulsa dengan omzetberbilang miliar per bulannya. Sungguh Luar Biasa!!!

Saya ikut bersyukur. Sungguh hebat dan membanggakan! Sebuah perjalanananak manusia yang biasa-biasa saja, yang berjuang keras dengan kekayaanmental dan mampu menjadi pengusaha muda yang luar biasa! Ini suatubukti bahwa filosofi yang saya kumandangkan selama ini, yaitu "Success is My Right",benar adanya. Sukses bukan milik orang tertentu. Sukses milik Anda danmilik siapa saja yang mau berjuang dengan sepenuh hati!

Saya berharap, kisah nyata ini bisa menambah spirit dan motivasi bagi kita semua.

--

Dikisahkan, seorang wanita baru menikah dengan pria yang dicintai dan tinggal serumah dengan ibu mertuanya. Tidak lama setelah mereka berumah tangga, sangat terasa banyak ketidakcocokan di antara menantu dan sang mertua. Hampir setiap hari terdengar kritikan dan omelan dariibu mertua. Percekcokan pun seringkali terjadi. Apalagi sang suami tidak mampu berbuat banyak atas sikap ibunya.

Saat sang menantu merasa tidak tahan lagi dengan temperamen buruk dan dominasi ibu mertuanya, dia pun akhirnya memutuskan untuk melakukan sesuatu demi melampiaskan sakit hati dan kebenciannya.

Pergilah si menantu menemui teman baik ayahnya, seorang penjual obat ramuan tradisional. Wanita itu menceritakan kisah sedih dan sakit hatinya dan memohon agar dapat diberikan bubuk beracun untuk membunuh ibu mertuanya.

Setelah berpikir sejenak, dengan senyumnya yang bijak, si paman menyatakan kesanggupannya untuk membantu, tetapi dengan syarat yang harus dipatuhi si menantu. Sambil memberi sekantong bubuk ramuan yang dibuatnya, sang paman berpesan, "Nak, untuk menyingkirkan mertuamu, jangan memberi racun yang bereaksi cepat, agar orang-orang tidak akan curiga. Karena itu, saya memberimu ramuan yang secara perlahan akan meracuni ibu mertuamu. Setiap hari campurkan sedikit ramuan ini ke dalam masakan kesukaan ibu mertuamu dari hasil masakanmu sendiri. Kamu harus bersikapbaik, menghormati,dantidak berdebat dengannya. Perlakukan dia layaknya sebagai ibumu sendiri, agar saat ibu mertuamu meninggal nanti, orang lain tidak akan menaruh curiga kepada kamu."

Dengan perasaan lega dan senang, diturutinya semua petunjuk sang paman penjual obat. Dilayaninya sang ibu mertua dengan sangat baik dan penuh perhatian! Setiap hari, ia menyuguhkan aneka makanan kesukaan si ibu mertua.

Tidak terasa, empat bulan telah berlalu dan terjadilah perubahan yang sangat besar. Dari hari ke hari, melihat sang menantu yang bersikap penuh perhatian kepadanya, ibu mertua pun merasa tersentuh. Ia berbalik mulai menyayangi si menantu bahkan memperlakukannya seperti anaknya sendiri. Dia juga memberitahu teman-teman dan kenalannya bahwa menantunya adalah seorang penuh kasih dan menyayanginya.

Menyadari perubahan positif ini, sang menantu cepat-cepat datang lagi menemui sang paman penjual obat, "Tolong berikan kepada saya obat pencegah racun pembunuh ibu mertua saya. Setelah saya patuhi nasihat paman, ibu mertua saya berubah sangat baik dan menyayangi saya seperti anaknya sendiri. Tolong paman, saya tidak ingin dia meninggal karena racun yang telah saya berikan".

Sang paman tersenyum puas dan berkata "Anakku, kamu tidak perlu khawatir. Bubuk yang saya berikan dulu bukanlah racun, tetapi ramuan untuk meningkatkan kesehatan. Racun yang sebenarnya ada di dalam pikiran dan sikapmu terhadap ibu mertua. Sekarang semua racun itu telah punah oleh kasih dan perhatian yang kamu berikan padanya."

Teman-teman yang luar biasa!

Cerita di atas mengajarkan kepada kita betapa luar biasanya kekuatan kasih dan kekuatan perhatian.

Kasih dan perhatian mendatangkan kepedulian, ketulusan, dan kerelaan untuk berkorban. Kasih dan perhatian mampu melepaskan kita dari belenggu kesalahpahaman, meluluhkan ketidakpedulian, hati yang keras, dan pikiran yang penuh kebencian. Kasih dan perhatian juga mendatangkan kedamaian dan merekatkan perbedaan menjadi suatu kedekatan yang menyenangkan.

Jika setiap harikita mau memberikan kasih dan perhatian kepada orang di sekeliling kita, maka kehidupan kita pastiakan lebih bermakna dan berbahagia!

Salam sukses, luar biasa!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar