Jumat, 21 Mei 2010

Tips Berbicara di depan Orang Banyak

Bicara didepan orang banyak bolehdibilang susah-susah gampang. Seorang penulis handal pun kadang masih seringbelepotan dan terkesan tak mampu bicara didepan banyak orang, padahal kalausedang menulis jagonya minta ampun.

Bicara memang ada seninya,sebagian kalangan percaya bahwa ada dua jenis kepandaian komunikasi yangdimikili manusia yakni komunikasi lisan dan tulisan. Baiklah mari kita tinggalkan komunikasi tulisan dan beranjak pada seni komunikasi lisan atau verbal.

Berikut beberapa tips berbicaradidepan banyak orang :

1. Jika anda seorang yang pemalu, pertama-tama singkirlah rasa malu Anda jauh-jauh. Bagaimana caranya terserah Anda, jika rasa malu bersumber dari penampilan misalnya, baju, atau rambut. Segera perbaiki, lalu mulailah maju ke depan. 99 persen kesuksesan berbicara di depan orang adalah mengalami rasa malu, minder atau sungkan.
2. Jika anda bukan orang pemalu dan mampu menyingkirikan rasa malu, 99 persen Anda sudah mampu bicara didepan banyak orang.
3. Persiapan. Lakukan persiapan sebaik mungkin, belajar bicara sebentar didepan kaca bisa membantu. Atau buat catatan kecil sebagai panduan agar omongan Anda tidak melebar
4. Sering membaca buku humor, lho kok? Betul ini termasuk penting, kenapa? Diharapkan anda mampu menyelipkan suasana humor disela omongan anda agar suasana menjadi sersan alias serius tapi santai
5. Gaya bicara, tak perlu berpatokan dengan gaya bicara tertentu, cukup percaya dirilah dengan gaya bicara anda, namun sebaiknya berikan tekanan intonasi pada kalimat-kalimat yang krusial atau penting
6. Bahasa tubuh. Gunakan bahasa tubuh dengan baik dan tak berlebihan. Misalnya jika ingin menunjuk sesuatu atau seseorang gunakan jari jempol tangan, jika ingin memberi semangat, jangan ragu-ragu mengepalkan tangan. Gerakan tubuh juga perlu dilakukan untuk menambah “daya gedor” pembicaraan anda.
7. Pandangan mata. Sapulah pandangan anda ke seluruh audiens, jangan hanya terpaku pada satu titik. Audiens akan merasa dihargai jika sesekali Anda menoleh kepadanya
8. Cocokan waktu, tempat dan jenis audiens. Jangan sampai salah menyesuaikan materi.

http://www.kabarinews.com

--

Bagaimana mengatasi rasa lelah berlebih yang dirasakan hampir sepanjang hari? Seseorang memang dapat merasa kelelahan dalam menjalani rutinitas hariannya, tidak peduli seberapa lama dia tidur/ beristirahat. Apakah ada langkah sehat yang dapat diambil untuk mengatasi rasa lelah berlebih, tanpa melibatkan kopi atau unsur kafein sebagai penambah semangat?

Perlu diketahui bahwa rasa lelah kebanyakan diakibatkan karena kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena itu, para ahli kesehatan selalu menyarankan agar Anda mengkonsumsi air sedikitnya 2 liter per hari (lebih bagi yang melakukan kegiatan olah raga).

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan berlemak juga dapat membuat seseorang mudah lelah dan mengantuk. Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan berserat, buah-buahan, dan sayuran segar.

Selain itu, kurangnya olah raga juga ikut bertanggung jawab terhadap kelelahan yang Anda rasakan. Orang yang rajin/ rutin berolah raga memiliki stamina yang lebih prima dan metabolisme tubuhnya juga lebih baik dibanding orang yang kurang gerak.

Saran yang terakhir adalah memulai hari dengan optimisme. Semangat Anda di pagi hari sangat menentukan emosi Anda pada sepanjang hari. Jika Anda memulai hari yang baru dengan semangat yang positif, maka Anda akan menjalani hari itu dengan maksimal. Oleh karena itu, jagalah hatimu!

--

Tips Mujarab Untuk Yang Patah Hati

Berikut ada beberapa tips untuk mengobati sakit
hati Anda.

1. Yakinkan diri Anda bahwa si mantan bukan orang satu-satunya orang yang bisa membahagiakan Anda. Masih banyak orang lain yang lebih cocok tanpa harus menyakiti Anda seperti dia.

2. Beri ''napas'' untuk diri sendiri.
Hari ini berikan dispensasi untuk menangis jika ingin menangis, mengunci diri
di kamar tanpa menyisir rambut, melakukan hal yang ingin Anda lakukan. Tapi
ingat, batasi maksimal 24 jam saja.

3. Melupakan diet untuk sementara
dapat dimaafkan. Memakan coklat lezat favorit Anda, dapat menjadi semacam
vaksin. Setiap gigitan coklat Anda memberikan phenylethylamine, semacam zat
kimia yang keluar saat Anda jatuh cinta.

4. Ucapkan mantera sakti Anda
setiap pagi setelah bangun tidur. Kalimat seperti, "Saya tak butuh pria
macam dia" atau "He''s not worth for me to love", ini adalah
terapi diri yang manjur.

5. Get the new fresher look!
Pergilah ke salon, mengganti model atau warna rambut dan membuat penampilan
Anda lebih segar. Tak akan ada yang menyangka Anda sebagai si gadis patah hati.

6. Singkirkan semua barang yang
berkaitan dengannya. Mulai dari foto, surat
cinta, shaver dia yang ketinggalan, sampai dengan teddy bear bertulisan I Love
U pemberiannya.

7. Hang-out dengan teman-teman
Anda. Sudah lama tidak ber-ladies-nite-out? Kini Anda bebas kembali tanpa ada
kewajiban lapor atau dilarang pergi.

8. Some exercise will help.
Menurut physical trainer Amerika, Kathy Kaehler, gerakan senam dapat merangsang
hormone yang bisa membuat Anda merasa nyaman. Selaraskan gerakan senam dengan
lagu-lagu yang membangkitkan semangat seperti "Independent woman"
yang dinyanyikan oleh Destiny''s Child atau "I will survive"-nya
Gloria Gaynor.

9. Kenakan baju bernuansa hijau.
Menurut teori terapi warna, hijau selalu
diasosiasikan dengan hati, dengan memakai pakaian hijau perasaan Anda
akan mendapat energi yang diperlukan.

10. Sounds cliché, but it works!
Tanamkan di kepala Anda, soulmate Anda yang sesungguhnya dan lebih baik dari
dia telah menanti di luar sana.

--

Tidak selamanya hidup ini diisi oleh rasa bahagia. Terkadang kesedihan itu menimpa diri kita, entah itu karena masalah cinta atau kehilangan teman atau datang merana entah sebab yang tidak jelas.

Berikut ada 8 tips yang dapat anda baca dan ikuti, semoga kesedihan akan segera hilang.

* Serahkan sepenuhnya masalah kamu kepada Nya. Ibadah ditengah malam, menangislah dan adukan semua permasalah itu.
* Cerita atau curhat kepada orang yang dapat kamu percaya tetang apa yang terjadi dan kamu rasakan saat ini, sampai puas.
* Tulis dan tuangkan apa yang jadi masalahmu ke dalam tulisan seperti buku harian, cerpen, atau novel.
* Cari kesibukan, banyak membaca, olahraga, nonton, dengarkan musik yang memberi semangat atau mengerjakan apa yang menjadi hobi kamu.
* Dengarkan cerita atau curhat orang lain, lalu coba kamu berikan solusi yang menyenangkan kepadanya. Mengikuti kegiatan sosial, kalau kamu melihat orang yang kamu bantu bahagian dan senyum tulus niscaya kesedihan kamu akan terlupa atau hilang.
* Hilangkan pikiran negatif. Rubah dengan rasa bersyukur, pikirkan betapa banyak nikmat yang kamu dapat selama ini.
* Lampiaskan kesedihan dengan teriak sekeras kerasnya atau memukul bantal guling dengan sekuat tenaga. Dapat juga saat air mata mengalir tak tertahankan, berlarilah sekencang kencangnya seperti sedang olahraga, toh nanti orang lain mengira itu adalah keringat bukan air mata. Setelah badan terasa hangat ikutilah detakan jantung kamu yang memburu karena kelelahan, maka kesedihan akan terlupakan.
* Handstand . Cobalah berdiri dengan tangan kamu, kaki diatas kepala di bawah. Jika anda lakukan maka airmata tidak lagi menetes, dan kesedihan akan berpindah ke otak tidak lagi berasa nyeri di hati. Saat anda terjatuh dan berdiri kembali seperti semula memang kepala anda agak pusing, lakukan kegiatan lain yang bermanfaat.

--

4 Tips Kerja Tanpa Stres

1. Meja kerja bersih Meja kerja yang bersih dari kertas kerja akan sangat membantu anda untuk lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Pekerjaan akan cepat selesai karena pandangan tidak terganggu dengan tumpukan kertas dan barang-barang di atas meja.

2.Bekerja dengan prioritas Yup, SEMUA pekerjaan memang penting untuk diselesaikan secepatnya. Tapi, kita harus bisa membedakan mana yang mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa sedikit ditunda. Bekerjalah dengan prioritas! Dan beban pikiran pun akan jauh berkurang.

3. Segera ambil keputusan Semakin cepat anda mengambil keputusan dalam menghadapi masalah, semakin cepat pula masalah anda akan terselesaikan. And, guess what? Anda tidak perlu lagi berlama-lama stress memikirkan masalah itu. Bukan pekerjaan yang gampang, tapi harus dilakukan secepatnya supaya tidak berlarut-larut. SEMANGAT!!

4. Delegasikan pekerjaan Tidak ada orang di dunia ini yang bisa melakukan segala pekerjaan tanpa bantuan orang lain. So, biasakan untuk mulai membagi beban kerja dengan orang lain di tim kerja anda. Stress berkurang dan anda pun akan punya lebih banyak waktu luang untuk aktivitas lainnya.

Masih juga stress? Mungkinkah karena anda tak punya pilihan lain dan merasa dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang sama sekali bukan minat anda? Atau, lebih parah lagi... Anda merasa diperlakukan seperti sapi perah yang hanya menghasilkan keuntungan buat boss anda?

Kalau begitu, sudah saatnya anda bergerak maju dan bebaskan diri anda dari stress! Caranya? Cari peluang bisnis sampingan yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Dengan bertambahnya penghasilan, anda akan punya lebih banyak pilihan dan otomatis stress pun jauh dari pikiran anda...

-

Tips presenter radio

Anda ingin menjadi presenter radio / penyiar radio? Di era keterbukaan sekarang peluang berkarir di radio sangatlah terbuka. Anda bisa memulai di radio lokal yang bila dikembangkan terus skill-nya akan berakhir di Washington atau London. Radio sampai sekarang merupakan medium jurnalistik sangat penting dan belum tergantikan televisi.

Presenter radio diperlukan mengikuti era multimedia sekarang ini. Oleh sebab itu ada beberapa tips yang bisa bermanfaat untuk menjadi presenter radio khususnya presenter bidang news dan current affairs.(dalam acara tertentu)

1. Wawasan mengenai peristiwa lokal, nasional dan internasional. Seorang presenter apalagi menyampaikan berita setiap hari.

2. Suara yang standar. Setiap orang memiliki warna suara. Temukan suara Anda dengan berlatih. Suara adalah perangkat penting dalam radio. Oleh karena itu menyadari pentingnya pita suara dalam diri seorang presenter acara / MC dalam Acara radio merupakan hal esensial. Apakah warna suara ana bas, bariton atau melengking, semuanya masih memungkinkan tergantung dari radio yang akan dimasuki.

3. Otoritatif namun rileks. Radio adalah medium yang intim. Suara Anda perlu otoritatif namun terdengar akrab. Nada otoritatif itu bisa digambarkan sebagai suara yang akrab di telinga namun mengandung suasana yang lugas dan langsung. Dia tidak basa basi dan berpanjang-pangjang namun terdengar alamiah dan mengalir.

4. Semangat dalam menyampaikan informasi. Sikap antusias dalam menyampaikan informasi merupakan bekal sangat penting. Prinsipnya, jika Anda antusias karena kabar yang disampaikan sesuatu yang baru dan perlu diketahui pendengar maka sikap yang keluar dari suara Anda juga seolah-olah mengajak pendengar untuk mengikutinya. Sebaliknya jika Anda tidak ansusias suda dapat diguga pendengar pun malas mengikutiny.

5. Jadikan siaran Anda “your show”. Anggap ini adalah panggung Anda. Presentasi acara merupakan sebuah pertunjukkan anda. Anda harus menganggap sebagai sopir dan pengendali yang menguasai “panggung” siaran. Setiap nada, intonasi dan suara yang keluar dari diri Anda menjunjukkan bagaimana jalannya siaran itu seharusnya. Seperti halnya teater maka dalam penyampaian pun ada pembukaan, isi dan penutup pada acara radio. Ada nada suara tinggi, rendah dan menekankan. Semuanya disampaikan bukan dengan sikap membosankan.

Perlu juga saya tambahkan tips presenters / pembawa acara ini dari situs BBC.

Presenter sebenarnya “penghubung” satu bagian dengan bagian lain dari siaran. Oleh sebab it kadang-kadang presenter merekam atau menyampaikan secara langsung “links” itu.

Tips dari BBC:

1. Tenang. Suara bicara yang alamiah kadang-kadang terlalu cepat untuk pendengar oleh karena itu tenanglah suaranya dan perlahan-lahan menyampaikan informasi yang Anda sampaikan.

2. Buatlah setiap kata-kata itu berarti. Baca naskah dengan rasa percaya diri dan katakan setiap kata dengan tepat. Jangan mengakhiri kalimat tidak lengkap.

3. Bersikaplah seolah-olah Anda bicara kepada orang tertentu. Bayangkan Anda meneceritakan sesuatu kepada satu orang di dalam pikiran Anda.

4. Hindari rasa canggung dan gelisah. Nanti kedengarannya aneh di telinga pendengar.

5. Tersenyumlah. Mungkin ini terdengar baik, seperti Anda lihat sendiri kadang-kadang sikap tersenyum membuat suara lebih bersahabat.

6. Ingat suara Anda bagus seperti orang lain. Setiap orang bisa bicara lamban atau menyajikan dengan jelas tidak jadi soal apakah aksen anda tinggi atau rendah.


--

Makan

Semangat yang rendah bisa disebabkan karena tubuh Anda kekurangan energi sehingga ia “membunyikan alarm” yang bukan saja mengganggu konsentrasi pikiran tapi juga membuat mengurangi semangat.

Makan adalah kegiatan yang bukan saja mempersiapkan energi untuk tubuh Anda, tapi sekaligus meningkatkan semangat Anda. Saat perut sudah terisi, tubuh menjadi lebih “tenang” sehingga pikiran lebih bisa diarahkan dan secara keseluruhan menyiapkan Anda untuk pekerjaan yang ingin dikerjakan.
To Do List

Tidak terarahnya pikiran mengenai apa yang seharusnya Anda kerjakan hari ini dapat membuat semangat menurun. Ini karena tubuh Anda telah siap untuk bekerja tetapi pikiran Anda tidak siap.

Dengan menyusun to do list Anda dapat memperjelas pada pikiran Anda hal-hal apa saja yang bisa Anda kerjakan hari ini, dan membantu Anda untuk menentukan prioritas urutan pengerjaannya.

Sekedar catatan Untuk diperhatikan, to do list bukanlah sekedar daftar pekerjaan yang harus dikerjakan, tetapi melainkan seluruh pekerjaan yang bisa diperbuat hari ini. Dengan demikian, prioritas pengerjaan bisa disusun bukan sekedar dari tuntutan deadline tetapi juga dari pekerjaan mana yang menggembirakan Anda.
Bersyukur

Saat Anda mengerjakan sesuatu, syukurilah segala sesuatu yang terlibat dalam proses pengerjaan. Entah itu alat yang digunakan, situasi lingkungan, orang-orang lain yang secara dinamis berada di sekitar Anda. Apapun. Syukurilah itu.

Dengan rasa syukur, Anda dapat menerima keberadaan segala sesuatunya itu, dan daripada menyalahkan segala sesuatunya sebagai hal-hal yang tidak memungkinkan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, Anda justru dapat memanfaatkan segala sesuatunya itu demi kemajuan dan keberhasilan pekerjaan Anda.

Dengan rasa syukur, Anda tidak membiarkan semangat Anda ditentukan oleh faktor-faktor luar yang jelas bukan dalam kendali Anda. Ingat, pepatah berkata, “Seorang profesional tidak menyalahkan alatnya atas pekerjaannya.”
Kerjakan, Sekarang!

Bila semua hal mengenai apa saja yang ingin dikerjakan hari ini sudah jelas di kepala Anda dan tubuh Anda telah siap dengan energi penuh, mulailah bekerja, sekarang! Jangan cari-cari alasan untuk menunda hanya karena menurut Anda semua sudah siap dan jelas sehingga kelihatannya tidak akan sulit diselesaikan. Waktu dapat dengan mudah menyeret segala sesuatu yang saat ini terlihat begitu mudah dan sepele menjadi sesuatu yang besar dan menyulitkan!

--

Pusing dengan masalah kerjaan yang menumpuk? Deadline yang mengejar dan menghadapi bos yang susah dibuat puas? Simak ulasan W berikut yang berhubungan dengan masalah terbesar yang biasanya melanda para pekerja kantoran itu.

1. Masalah Fisik Berkaitan Dengan Stres
Stres tingkat tinggi biasanya diikuti dengan berbagai masalah kesehatan fisik seperti tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol yang tinggi, sakit jantung, bisul-bisul, sakit pada tulang, dan sakit kanker.

2. Masalah Psikologis
Masalah psikologis sering timbul seiring stress melanda. Masalah psikologis ini berkaitan dengan hubungan stress-kesehatan mental. Dari berbagai penelitian
menunjukkan bahwa level stres yang tinggi senantiasa disertai oleh: kemarahan, kelelahan, depresi, nervous, cepat tersinggung, ketegangan, kebosanan, agresi antar personal, dan sikap permusuhan. Bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bunuh diri.

Psikologis akan berpengaruh terhadap kinerja yang buruk dan penghargaan diri yang cenderung rendah. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi juga bisa menjadi efek dari stres dalam psikologis. Tidak mau kan ditegur bos karena kinerja yang buruk? Yang ada malah kita bertambah stres karena omelan bos.
3. Masalah Perilaku
Masalah perilaku seringkali tidak kita sadari. Perilaku itu mencakup kurang makan atau justru terlalu banyak makan, terlalu banyak merokok atau minum-minuman keras, bahkan penggunaan drugs.

Semakin kita stress pasti semakin membuat kinerja menurun. Berusahalah untuk tetap relax tapi produktif. Minum vitamin bisa meningkatkan performa dan semangat. Jangan ragu untuk mengambil libur sekedar merelaksasikan pikiran kita akan kerjaan. Namun setelah itu, jangan lupa untuk segera menyelesaikan pekerjaan.
So, Stress?Go Away!!!(rezki)

--

Meng-Update 9 Skill Manajemen HR

Menguji untuk mendapatkan orang yang paling tepat untuk mengisi jabatan tertentu hanyalah salah satu dari keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang profesional di departemen HR. Pada dasarnya ada 9 keterampilan yang harus selalu di-up date oleh orang HR agar senantiasa siap menjalankan peran dan fungsinya sebagai mitra strategis bagi bisnis dalam mengelola karyawan.

1. Organization

Manajemen HR memerlukan langkah-langkah pendekatan. Data-data yang rapi, kemampuan mengelola waktu dengan baik, efisiensi personal merupakan hal-hal yang mendasar dalam fungsi HR. Sebagai pimpinan atau pun staf HR, Anda berurusan dengan kelangsungan hidup dan karir banyak orang. Ketika seorang manajer lini meminta data personal seorang karyawan atau meminta rekomendasi mengenai kompensasi yang sesuai dengan organsasi maupun industrinya, Anda tak bisa dengan enaknya mengatakan, "Tunggu ya, aku lihat dulu ada apa enggak."

2. Multitasking

Menjadi orang HR harus punya banyak "tangan". Pada menit ini Anda menghadapi karyawan yang sedang "curhat" tentang masalah pribadinya, menit berikutnya membereskan klaim biaya meeting yang diajukan karyawan lain, dan pada menit yang lain lagi memikirkan strategi rekrutmen yang tepat untuk situasi sekarang. Berbagai prioritas dan kebutuhan bisnis bergerak dan berubah dengan cepat. Klien A tidak mungkin menunggu dengan alasan bahwa Anda sedang sibuk dengan kolega B. Anda harus bisa meng-hadle semua.

3. Discretion and Business Ethics

Profesional HR adalah hari nurani perusahaan, di samping juga penjaga kerahasiaan informasi. Seiring Anda melayani top management, Anda juga harus memastikan bahwa karyawan juga tetap berhak memiliki privasi yang terjaga.

4. Dual Focus

Profesional HR harus mampu berdiri di tengah-tengah antara kepentingan dan kebutuhan karyawan dan manajemen. Ada saat ketika Anda harus mengabil keputusan untuk melindungi karyawan, dan pada saat yang lain Anda akan dihadapkan pada panggilan untuk melindungi organisasi, budaya dan nilai-nilainya. Dengan posisi ini, Anda akan mudah disalahpahami, dan kuncinya ada pada komunikasi.

5. Employee Trust

Karyawan berharap pada orang HR untuk membela kepentingan mereka, tapi Anda juga dituntut untuk mendukung setiap kebijakan dari top management. Dengan menyeimbangkan antara dua kutub yang sama-sama menarik tangan Anda itu, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan.

6. Fairness

Komunikasi yang jelas, saluran aspirasi yang tersedia, adanya kesempatan bagi semua orang untuk mengemukakan pendapatnya, aturan yang ditegakkan dengan konsisten, mengembangkan sikap saling menghargai...itulah hal-hal yang harus dijaga untuk menciptakan suasana keterbukaan di kantor.

7. Dedication to Continuous Improvement

Profesional HR harus selalu siap membantu manajer mendampingi dan mengembangkan karyawan di lini masing-masing. Dengan begitu, kemajuan dan inovasi bisa berkelanjutan, dan jika perlu dibarengi dengan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan fungsi HR sendiri.

8. Strategic Orientation

Berpikir ke depan adalah bagian dari peran kepemimpinan dan strategi manajemen yang dimiliki orang HR. Mengisi kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja berkualitas, merancang skema penggajian yang baik, memberi pelatihan kepada karyawan untuk mendukung pertumbuhan bisnis merupakan perwujudan dari ungkapan yang sudah sering Anda katakan di mana-mana bahwa, "Karyawan adalah aset terpenting."

9. Team Orientation

Dalam dunia bisnis saat ini, tim adalah raja. Manajer HR harus senantiasa memahami dinamika tim yang ada, dan melakukan upaya untuk menjaga semangat kebersamaan dan membuat tim bekerja dengan baik.

Sumber: www.portalhr.com

--

Baru putus dengan seseorang memang bukan perasaan yang menyenangkan. Semua terasa menyebalkan dan menyisakan perih yang amat sangat di hati, apalagi bila kita putus kepada cowok yang benar-benar kita cintai. Tips untuk melupakan si dia, agar-agar hari Anda terasa lebih menyenangkan dan bersemangat menjalani hari indah Anda semua.

Berikut tipsnya:

1. Nggak usah sering-sering ngecek Friendster atau Facebook si mantan. Bakal nge-BT-in atau gondok sendiri kalau pas ‘ngintip’ profile-nya, ternyata si dia uda punya gebetan baru!

2. Girls nite out! Seru-seruan, deh, bareng sahabat cewek sampai pagi. Mau clubbing atau sekedar pajamas party sama efektifnya buat melupakan bayangan mantan. But, tetep yang positif ya!!

3. Kalau selama jadian hari-hari kita diisi pacaran terus, saatnya kembali memperhatikan keluarga dan sahabat, nih! Rancang surprise party untuk teman yang ultahnya hampir tiba. Kalau sukses, yang senang bukan hanya mereka, kita juga!

4. Bawa dan sumbangkan semua boneka pemberian mantan ke panti asuhan terdekat.

5. Lakukan segala hal yang selama ini dilarang si dia: potong rambut, nongkrong bareng teman-teman cowok, pakai hot pants, dan seterusnya.

Ingat, Jomblo = suka-suka!

6. Jual perhiasan atau HP yang dikasih mantan, lalu pakai uangnya buat makan-makan bersama sahabat.

7. SMS gebetan di kampus atau kantor yang selama ini teleponnya sering kita cuekin! (dulu, kan masih status pacar orang…). Lumayankan buat, angin segar. Hehehehe.

8. Tulis daftar kejelekan mantan. Lalu bersyukur dan berterima kasih pada Tuhan karena telah dibebaskan dari cowok yang ga banget!

9. Booking tempat karaoke, nyanyikan kencang-kencang semua lagu penambah semangat: I Will Survive(Cake), Survivor (Destiny’ s Child) hingga…Kegagalan Cinta milik Bang Rhoma!

--

SEMANGAT BEKERJA DAN BUDAYA KERJA JEPANG

Ciri-etos kerja dan budaya kerja orang Jepang adalah :
Pertama, bekerja untuk kesenangan, bukan untuk gaji saja. Tentu saja Orang Jepang juga tidak bekerja tanpa gaji atau dengan gaji yang rendah. Tetapi, kalau gajinya lumayan orang Jepang bekerja untuk kesenangan. Jika ditanya " Seandainya Anda menjadi milyuner dan tidak usah bekerja, Anda berhenti bekerja?", kebanyakan orang Jepang menjawab, "Saya tidak akan berhenti, terus bekerja". Bagi orang Jpeang kerja itu seperi permainan yang bermain bersama dengan kawan yang akrab. Biasanya, di Jepang, kerja dilakukan oleh satu tim. Di aingin berhasil dalam permainan ini dan ingin menaikkan kemampuan diri sendiri. Dan bagi mereka, kawan-kawan yang saling mempercayai sangat penting. Karea permainan terlalu menarik, dia kadang lupa pulang ke rumah. Fenomena ini disebut work holic oleh orang orang asing.

Kedua, mendewakan langganan. Memang melanggar ajaran Islam, etos kerja orang Jepang mendewakan langganan seperti Tuhan. Okyaku sama ha kamisama desu yang artinya langganan adalah Tuhan. Kata itu dikenal semua orang Jepang. Perusahaan Jepang berusaha mewujudkan permintaan dari langganan sedapat mungkin dan berusaha mengembangkan hubungan erat dan panjang dengan langganan.

Ketiga, bisnis adalah Perang. Orang Jepang yang berada di dunia bisnis menganggap bisnis sebagai perang yang melawan dengan perusahaan lain. Orang Jepang suka membaca buku ajaran Sun Tzu untuk belajar strategi bisnis. SunTzu adalah sebuah buku militer Tiongkok kuno pada abad 4 sebelum masehi. Sun Tzu itu suka dibaca oleh baik samurai dulu maupun orang bisnis sekarang. Untuk menang perng, perlu strategis dan pandangan jangka panjang. Supaya menang perang seharusnya diadakan persiapan lengkap untuk bertempur. Semua orang Jepang tahu peribahasa Hara ga kette ha ikusa ha dekinu yng artinya kalau lapar tidak bisa bertempur. Oleh karena itu, orang Jepang tidak akan pernah menerima kebiasaan puasa. Bagi orang Jepang, untuk bekerja harus makan dan mempersiapkan kondisi lengkap.
Jepang merupakan negara yang jatuh pada titik nol, khusunya dalam industri. Namun, mereka merangkak, tertatih-tatih, kemudian berdiri. Selanjutnya seperti yang kita lihat industri Jepang telah berlari jauh kemuka mendahului neghara yang mengalahkannya. Akan tetapi, bukan berarti Jepang ridak memilikikegoncangan, pada awal 1990-an misalnya, banyak perusahaan Jepang mem-PHK secara massal. Mereka mengintroduksi gaya Amerika, yakni performance-paid system pda tahun1990-an untuk mengirit biaya tenaga kerja. Sistem ini gajinya dibayar menurut hasil kerjanya. Tetapi, sistem ini merusakkan kerja tim di dalam perusahaan dan menghilangkan kesetiaan pekerja pada perusahaannya. Bgi orang Jepang memilih menjadi lebih langsing dan ringan. Pekerja tetap menjadi terbatas, kebanyakan peekrja adalah non tetap. Etos kerja pekeja non tetap ada kemungkinan berubah drastis.
Blok sekutu kini boleh gigit jari, gregetan atapun senyum kecut melihat si bayi kini menjadi raksasa. Mereka terpontang-panting menyelamatkan industrinya dari serbuan industri Jepang yang merajalela. Sejarah, dengan cepat telah mengubah nasib Jepang. Negara manatahari terbit itu telah berada jauh di puncak keberhasilannya. Dan, dampaknya telah mengangkat derajat Asia dimata Barat.
Diposkan oleh FRONT (TERDEPAN) di 23:21

--

Tips Semangat Kerja Tanpa Stress

Bila anda tidak mencintai pekerjaan anda, maka cintailah orang-orang yang bekerja di sana. Rasakan kegembiraan dari pertemanan itu. Dan, pekerjaan anda pun jadi menggembirakan.

Bila anda tidak mencintai teman kantor anda, maka cintailah gedung dan suasana kantor. Ini akan memotivasi anda berangkat kerja dan melakukan pekerjaan kantor dengan lebih bersemangat.

Bila ternyata anda tidak bisa melakukannya, cintai perjalanan pulang pergi dari dan ke tempat kerja anda. Perjalanan yang menyenangkan akan menjadikan tujuan perjalanan atau kantor tampak menyenangkan.

Tapi jika anda pun tak menemukan kesenangan di perjalanan, cintai apapun yang bisa anda cintai dari tempat kerja anda. Bisa tanaman hias di meja kerja, barisan semut di dinding, atau burung-burung yang beterbangan di luar sana. Apa saja !

Jika tidak juga menemukan sesuatu yang bisa anda cintai dari kerja anda, kenapa anda masih di situ??? Cepat pergi dan carilah apa yang anda cintai, lalu bekerjalah di sana. Hidup cuma sekali. Tak ada yang lebih indah selain melakukan sesuatu dengan cinta yang tulus.

--

Bisnis Beresiko Kecil untuk Karyawan

Sebagai karyawan atau pebisnis pemula dengan modal terbatas (Baca: Cara Pintar Karyawan Jadi Investor), sangat disarankan untuk memilih bisnis beresiko kecil alias 99% pasti untung. Jadi, anda bisa belajar berbisnis sekaligus menghasilkan keuntungan. Belajar berbisnis pastinya juga lebih semangat kalau melihat laba sudah menunggu di depan mata.

Hanya saja laba yang diperoleh tidak terlalu banyak alias margin tipis karena resiko berbanding lurus dengan keuntungan. Makin besar resiko yang diambil, makin besar pula laba yang bisa diraih. Untuk belajar, memang sebaiknya pilih bisnis "aman" atau resiko kecil supaya anda bisa lebih berani mengambil langkah-langkah bisnis yang diperlukan.

Sekarang, apa saja yang termasuk bisnis beresiko kecil? Yang paling mudah adalah menanamkan modal anda di suatu bisnis/usaha yang sudah berjalan dan terbukti sukses. Pilih bisnis dengan sistem franchise (Baca edisi berikutnya tentang memilih franchise) atau -jika modal sangat terbatas- pilih bisnis M*LM terpercaya supaya anda tidak direpotkan dengan stok barang ataupun pengiriman yang memerlukan biaya besar.

Ada lagi alternatif bisnis beresiko kecil dengan modal terbatas, yaitu bisnis online yang berprospek tinggi hingga 10 tahun ke depan (Baca: Bisnis Berprospek Tinggi 10 Tahun ke Depan). Hanya perlu 1 juta rupiah untuk membuat website dan anda pun punya toko online yang bisa buka 24 jam tanpa harus merekrut karyawan atau bayar sewa tempat.

Masih banyak lagi sebenarnya alternatif bisnis beresiko kecil, tinggal buka mata lebar-lebar dan kreatif melihat celah peluang bisnis di sekitar kita. Pastikan saja anda mulai sekarang juga, sukses tinggal masalah waktu.

--

Walau awalnya semangat, pekerjaan rutin kerap membuat kita bosan. Bila kebosanan tak segera diatasi maka profesionalitas kerja pun jadi korban. Sebelum performa kerja Anda terancam menurun, baca tips ini!
1. Tuliskan tugas sehari-hari Anda.
Bikin daftar pekerjaan Anda sehari-hari. Dan berikan tanda pada setiap pekerjaan yang sudah selesai Anda kerjakan. Selain bisa lebih fokus dan efisien,juga bisa jadi cara jitu menghindari tudingan Anda tidak cukup berusaha menyelesaikan tugas-tugas Anda.
2. Minta lebih banyak tugas
Coba bicarakan dengan atasan Anda dan minta lebih banyak pekerjaan, termasuk tanggung jawab yang lebih menantang. Bila memungkinkan coba meminta kepada atasan Anda untuk bertukar posisi. Jika tidak mungkin coba bantu rekan kerja Anda menyelesaikan tugasnya. Jadi relawan istilahnya. Selain rekan kerja akan merasa terbantu Anda pun jadi nggak bosan lagi. Tapi ingat, mintalah ijin terlebih dahulu pada atasan Anda. Jangan sampai rekan Anda yang mendapat pujian dari hasil kerja Anda.
3. Menjadi panitia kegiatan yang dilakukan perusahaan
Bila perusahaan Anda akan libur, usulkan untuk membuat liburan bersama. Ide Anda perlu dilontarkan pada atasan. Berikan juga usulan tempattempat yang cocok untuk dijadikan tempat liburan. Bisa juga Anda mengusulkan untuk melakukan bakti sosial. Selain membuat Anda lebih akrab dengan lingkungan kerja, hal itu juga bisa menunjukkan reputasi Anda sebagai seorang pemimpin. Pasti Anda mendapat nilai lebih dari atasan.
4. Menambahkan nilai pada pekerjaan Anda
Anda bisa memperlihatkan pada atasan ada bahwa Anda memiliki kemampuan lebih. Deskripsi pekerjaan Anda hanya perlu menyelesaikan dan mengajukan laporan keuangan standar. Bila Anda mampu, mengapa tidak mencoba melakukan analisa atau mengajukan format terbaru? Untuk mengurangi prasangka Anda hanya cari muka, lakukan hal itu tanpa memberi tahu siapapun. Selesaikan sampai tuntas, dan ajukan pada atasan Anda. Tidak perlu meminta jawaban langsung. Tunggu beberapa hari, sampai si bos memberikan jawaban. Bila atasan Anda menerima proposal yang Anda ajukan tadi tentu akan menambahkan nilai pekerjaan Anda. Pasti si bos akan lebih antusias memberikan tanggung jawab pada Anda.
5. Ambil inisiatif dan mulailah proyek baru
Jangan menunggu perintah seseorang. Jadilah pro-aktif. Coba membuat data base baru, atau cari klien baru yang cukup potensial untuk perusahaan. Bisa juga mencoba menangani materi promosi perusahaan Anda. Selalu komunikasikan dengan pengambil keputusan setiap langkah Anda. Tujuan Anda adalah menunjukkan kemampuan Anda untuk bekerja, bukan membuat orang lain terlihat tidak mampu atau mencoba meraih posisi yang kosong.
6. Berpikirlah positif
Coba untuk selalu berpikir positif. Anda bosan karena hanya menangani email perusahaan, namun di satu sisi coba tumbuhkan pikiran bahwa Anda diberi tanggung jawab mengkomunikasikan perusahaan dengan pihak-pihak lain. Jadi bila ada konsumen yang mengeluh atau ada kolega yang menghubungi perusahaan, bisa cepat ditanggapi. Apalagi bila segera dibicarakan dengan kolega yang lebih senior, siapa tahu Anda dapat promosi.
7. Cobalah Istirahat Bila kebosanan benar-benar merasuki Anda dan mengancam karir Anda,beristirahat sebentar. Pergilah makan siang atau minum kopi di kantin. Ajaklah satu atau dua kolega baru di tempat kerja Anda untuk bergabung. Curi sedikit waktu untuk bermain games yang disedikan perangkat PC Anda. Main soliter atau bounce. Tapi jangan terlalu lama, bisa-bisa Anda kena semprot atasan. Pergunakan waktu ekstra Anda secara bijaksana, untuk menciptakan jaringan kerja dan memperbaiki harapan karir Anda.

--

inta memang tak kenal tempat dan waktu, dimana saja perasaan itu bisa bersemi. Karena itu banyak bermunculan pasangan yang berbeda jarak dipisahkan, sungai, gunung, laut, sampai benua. Pasangan semacam ini memang punya tantangan sendiri. Jika kepercayaan dan cinta tak terlalu kuat, hubungan bisa gampang berantakan. Sebelum itu terjadi, baca dulu tips ini:
1. Komunikasi
Zaman sekarang semuanya sudah serba mudah. Walau beda benua banyak alternatif komunikasi yang bisa ditempuh. Selain telepon, dengan kecanggihan internet ngobrol lewat chatting bisa dilakukan. Mau kirim foto, sampai video semuanya serba mungkin. Apalagi biayanya juga jauh lebih murah. Tak ada lagi alasan untuk tak berkomunikasi. Ada keraguan, kecurigaan, atau perasaan lainnya, utarakan langsung pada sang kekasih. Jangan memendam dan menebak-nebak sendiri.
Tentang frekuensinya, sesuaikan dengan kegiatan masing-masing. Jangan sampai mengganggu dan membuat si dia kesal. Tapi disela-sela komunikasi elektronik, tak ada salahnya sekali-sekali diselingi dengan surat biasa lewat pos. Selain lebih personal, di surat biasa Anda bisa membubuhkan wewangian yang sering Anda gunakan sehingga menimbulkan perasaan nostalgia pada dirinya. Jika si dia rindu pada makanan rumah tak ada salahnya sekali-sekali mengirim masakan favorit dia. Tapi sebelum itu cek dulu dengan perusahaan pengiriman atau kantor pos tentang prosedur pengiriman makanan.
2. Buat kejutan
Kejutan seringkali menjadi penyegar suatu hubungan. Untuk yang jarak jauh bisa memanfaatkan jasa pengiriman. Sesekali mengirim bunga bisa menjadi penawar rindu yang romantis. Jika memang ada waktu yang cukup untuk liburan kejutkan dia dengan datang ke kotanya. Tapi ingat juga kesibukannya, jangan terlalu banyak menuntut waktunya. Jika memungkinkan, cari tahu dulu jadwal dia pada hari itu. Kunjungan Anda juga tak perlu lama-lama, yang penting perasaan rindu sudah terobati.
3. Tetapkan peraturan
Untuk menghindari salah paham dan hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda menetapkan beberapa aturan dasar. Misalnya, berapa lama harus bertemu, apakah setiap hari harus menelepon, adakah hari khusus dimana Anda harus bertemu, serta berbagai aturan main lainnya.
4. Antisipasi segala kemungkinan
Namanya hubungan jarak jauh, faktor penghalang pasti banyak menghadang. Walaupun sudah buat rencana Anda harus selalu siap untuk kemungkinan terburuk. Misalnya ketika sudah janji bertemu, kekasih Anda ada meeting tiba-tiba. Atau bisa saja Anda tak bisa pergi bertemu dia karena sahabat perlu teman curhat setelah putus dari pacar.
5. Percaya dan Sabar
Ketika sudah berkomitmen untuk hubungan jarak jauh, kepercayaan pada pasangan sangat penting. Jika tak bisa percaya pada pasangan sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum menjalani hubungan jarak jauh. Anda bisa lelah sendiri disiksa kecurigaan dan karena tak bisa selalu mengawasi sang kekasih. Jika ada perasaan curiga atau gelisah, langsung ungkapkan kepadanya. Jangan dipendam sendiri dan berkembang menjadi masalah.
Keadaan emosi memang sulit dikontrol. Kadang kesal sedikit bisa jadi masalah. Khusus untuk pasangan jarak jauh, kesabaran adalah aspek yang penting. Seperti dilansir “lovearticle”, Rabu (21/9/2005), emosi pasangan pada hubungan jarak jauh lebih mudah meledak. Padahal seharusnya pasangan tersebut sangat menghargai saat-saat ketika mereka bertelepon atau bertemu.
Karena itu, jika timbul masalah sebaiknya coba bersabar dan jangan langsung meledak. Ingat, pertemuan dan komunikasi yang cukup sulit sebaiknya diisi dengan hal-hal yang menyenangkan supaya hubungan lebih mesra. Selalu akhiri pembicaraan dengan kata-kata yang manis.
6. Timbang baik dan buruknya
Tidak semua orang bisa menjalani hubungan jarak jauh dengan baik. Perlu banyak kesabaran dan usaha untuk melewati itu semua. Coba pertimbangkan positif dan negatif hubungan yang tengah dijalani. Apakah Anda dan pasangan bahagia? Apakah Anda lebih sering bertengkar daripada bermesraan? Apakah hubungan berubah menjadi buruk setelah kekasih pindah ke kota lain? Dan berbagai hal lainnya. Jika setelah ditimbang ternyata hal buruk lebih unggul, tak ada salahnya Anda berpikir dua kali untuk melanjutkan hubungan jarak jauh. Jangan tergesa-gesa mengakhiri hubungan, bicarakan dulu baikbaik dengan kekasih. Beri alasan dan argumen yang tepat. Pada akhirnya, akan sangat baik jika Anda dan pasangan bisa menemukan jalan keluar. Siapa tahu adanya perubahan malah akan membuat lebih mesra. Tapi jika tidak kenyataan pahit memang harus ditempuh. Lagian siapa yang mau terus-terusan sedih dan menderita karena cinta.
7. Prediksi masa depan
Hubungan yang punya tujuan, pasti bikin Anda dan pasangan lebih semangat menjalaninya. Jika memang sudah saatnya tak ada salahnya menguatkan komitmen. Setidaknya jangan menghindar jika membicarakan hal tersebut. Suatu hubungan terutama jarak jauh perlu ‘iming-iming’ yang membuat Anda dan pasangan tetap kuat. Setidaknya ada sesuatu yang diharapkan dan dituju.

-

Untuk menjadi karyawan andalan perusahaan, Anda bukan hanya harus mencapai target tapi melebihinya. Satu kunci yang harus Anda pelihara dengan baik yaitu kepercayaan. Memiliki kepercayaan dengan reputasi yang jempolan bisa melancarkan jalan karir Anda. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan dengan baik-baik. Ada jurus-jurus jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengejar cita-cita Anda menjadi karyawan. Berikut tips yang bisa bermanfaat bagi Anda.
1. Anda harus punya nilai tambah pada setiap tugas Sebagai karyawan tentu saja setiap hari Anda harus memenuhi job description yang telah ditetapkan. Ternyata melengkapi semua pekerjaan itu belum cukup membuat Anda dianggap sebagai karyawan yang bisa diandalkan. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat pekerjaan Anda berada di atas standar. Beri nilai tambah bagi setiap tugas yang Anda berikan. Misalkan Anda seorang fotografer. Bukan hanya syarat tuntutan gambar saja yang harus Anda selesaikan. Tapi coba berikan pilihan ide-ide terbaik Anda kepada atasan. Sehingga Anda dinilai sebagai karyawan yang kreatif. Biasakan berpikir kreatif
2. Pandai mencari solusi
Untuk hal yang satu ini Anda dituntut untuk selalu bersikap proaktif. Carilah solusi sebanyak mungkin untuk semua permasalahan yang ada di kantor. Jangan membawa masalah. Tak perlu berpikir keras untuk mendapatkan solusi terbaik. Berpikirlah dengan kepala yang jernih dan tak harus hebat, tapi cukup sederhana. Solusi sederhana akan lebih efisien karena mudah dilakukan dan tak memakan banyak waktu terbuang.
3. Tugas tambahan, siapa takut!
Tak perlu ragu untuk menerima tugas tambahan. Jangan takut dianggap penjilat atau sok sibuk. Semua yang Anda lakukan sepenuhnya demi kepentingan perusahaan. Siapa yang tidak senang bisa bekerja dalam perusahaan yang kian hari semakin meningkat. Hal ini tentu saja beresiko bagi Anda. Anda harus siap kerja lemburuntuk menyelesaikan tugas Anda dan tambahannya. Jangan lalaikan kewajiban Anda.
4. Mampu bekerja dalam tim
Ajaklah rekan dalam tim Anda untuk bekerjasama. Bekerja secara individual tak menjamin hasil yang terbaik. Jangan sungkan untuk mengajukan ide cemerlang Anda kepada tim. Biasanya bekerja bersama bisa menambah ilmu bagi kita. Jika rekan tim kita memiliki ide yang brilian jangan lupa untuk memujinya di depan atasan. Bukankah menyenangkan memiliki rekan kerja yang bisa menerima pendapat orang dan rendah hati.
5. Selangkah lebih maju
Berpikirlah secara positif dan ciptakan suasana yang menyenangkan ketika Anda berada di kantor bersama rekan-rekan kerja Anda. Jangan bawa permasalahan pribadi dalam pekerjaan. Jika suasana hati sedang tak enak, pakailah baju berwarna terang untuk meningkatkan mood kerja Anda. Anda pun perlu menjadi orang yang dinamis dan mengikuti tren perubahan jaman. Setiap bidang pekerjaan yang kita geluti pastinya mengikuti perubahan jaman. Anda harus siap menghadapi perubahan tersebut.
6. Profesional setiap saat
Citra diri dan citra perusahaan sangat bergantung pada penampilan Anda. Anda tak akan pernah tahu akan bertemu siapa hari ini. Jika sewaktu-waktu ada tamu penting Anda pun harus siap. Tapi juga Anda harus sesuaikan penampilan Anda dengan karakter diri, jangan berlebihan. Ingat kesan pertama itu penting, jika Anda siap setiap saat Anda pasti akan percaya diri.

--

Waktu adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Namun bahkan kita sendiri tak pernah menyadari hal tersebut. Jika ditelaah lebih jauh lagi hidup kita dalam sehari hanyalah 24 jam. Sedangkan waktu efektif aktifitas hanya separuhnya. Jika dari separuh hari itu kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, harapan untuk tercapainya kehidupan yang lebih baik dan berkembang tinggal di depan mata. Yang perlu diingat juga adalah jangan pernah menyepelekan hal kecil. Jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari. Untuk membagi waktu kita dalam sehari yang paling penting adalah disiplin dan teratur. Kita simak tips berikut ini:
1. Awali mengatur waktu Anda dengan membuat agenda hal yang harus dilakukan setiap hari. Buatlah catatan kecil di malam hari yang berisikan jadwal kegiatan kita keesokannya. Setelah terorganisir dengan baik jangan lupa taruh catatan tersebut pada tempat-tempat yang kemungkinan besar mudah terlihat. Seperti di tempelkan pada lemari baju ataupun di pintu kamar mandi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah Anda membaca jadwal itu lagi keesokan harinya.
2. Jangan lupakan jadwal yang telah Anda buat semalam. Begitu bangun tidur, cobalah periksa agenda Anda. Jangan sampai Anda melewatkan rapat penting ataupun ujian.
3. Ada bagusnya Anda memiliki sebuah organizer yang bisa mengatur jadwal dan menandainya dengan bunyi alarm. Tulis setiap janji-janji Anda di catatan dengan warna yang mencolok dan simpan di tempat yang mudah terlihat. Saat Anda membuat jadwal, jangan lupa periksa ulang janji Anda. Jangan sampai ada yang terlewat atau bentrok dengan kegiatan lain.
4 Jadwal yang kita buat haruslah dipatuhi. Jangan sekali-kali kita mengacuhkan jadwal itu ataupun menggantinya. Namun jika ada kegiatan yang sangat penting, maka Anda boleh tiba-tiba mencantumkannya untuk mengganti kegiatan yang kurang penting dan masih bisa ditunda. Jangan Anda mengorbankan serangkaian jadwal hanya karena tergiur ajakan main teman-teman kita.
5. Gunakan waktu refresing sebaik mungkin. Boleh saja Anda gunakan untuk pergi belanja bersama teman ataupun menghabiskan waktu dengan nonton TV di rumah. Namun jangan lupa waktu jika sudah waktunya tidur, sebaiknya Anda bergegas atau terlambat besok pagi.
6. Jangan suka menunda pekerjaan penting, karena kita akan kehilangan waktu untuk mengerjakan yang lain. Pekerjaan yang Anda tumpuk selama beberapa hari tidak akan mempermudah Anda untuk sekaligus mengerjakannya. Namun konsentrasi Anda akan buyar dengan banyaknya hal yang harus diselesaikan.
7. Biasakan untuk memulai hidup rapi. Letakkan barang yang telah kita pakai di tempat semula. Hal itu akan memudahkan kita mencari barang tanpa menghabisakan waktu dan tak perlu memakan waktu lama saat tiba waktunya beres-beres rumah. Praktis kan?
8. Sebelum Anda membuat jadwal untuk besok pagi, koreksi pelanggaran yang telah dilakukan hari ini. Buat evaluasi apa penyebabnya Anda melakukan pelanggaran dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini juga harus diselesaikan untuk mencegah kesalah serupa terjadi lagi pada Anda. Cobalah berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. jadwalkan semua kegiatan Anda dengan lebih realistis. Anda yang paling mengerti maka Anda yang menentukan.
9. Yang terakhir, jangan menyalahkan orang lain atas pelanggaran itu. Mungkin benar Anda melanggarnya karena terbujuk rayuan teman-teman untuk pergi hangout bersama. Namun semua jadwal yang Anda buat beserta pelanggarannya adalah tanggung jawab Anda sendiri. Tunggu apalagi? Tak perlu menghabiskan kursus atau membeli buku tebal untuk mempelajari cara membagi waktu yang baik. Semua harus bermula dari hati dan diri Anda sendiri. Selamat mencoba!

--

Solusi Kilat Menggugah Semangat Bekerja

3 April, 2007 pada 7:01 am · Disimpan dalam GayaHidup

Anda merasa jenuh bekerja?, ikuti beberapa tips kilat untuk mengisi kembali energi anda.

1. Makan siang yang lama
Efeknya sangat luar biasa untuk membangkitkan kembali semangat kerja. Cobalah pergi ke restoran favorit, atau sekedar cuci mata di pertokoan. Boleh juga sesekali melakukan manicure dan pedicure atau creambath sebentar disela-sela jam makan siang. Ditanggung anda tidak bakal merasa bosan lagi.

2. Lakukan sekarang juga
Betapapun sebalnya anda pada tugas tertentu, sebaiknya jangan pernah menunda menyelesaikannya. Lakukan sekarang juga, meskipun risikonya mungkin anda harus menghadapi klien yang cerewet atau bos yang menyebalkan. Bisa jadi hasilnya tidak seburuk yang anda bayangkan. Lagipula, mau tidak mau anda tetap harus menyelesaikannya, jadi buat apa menunda-nunda pekerjaan.

3. Selesaikan sebuah pekerjaan dengan sempurna
Disaat semangat bekerja sedang kendur, ada baiknya pusatkan perhatian anda sepenuhnya pada satu jenis pekerjaan saja, agar bisa mencapai hasil sesempurna mungkin. Jangan paksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang bertumpuk sekaligus. Hasilnya tidak akan maksimal, bisa jadi malah berantakan. Kerjakan semua satu persatu, sehingga anda bisa pulang kerumah dengan perasaan tidak terbebani.

--

Tips Menghadapi Rekan Kantor 'Bandel'
BERI KOMENTAR CETAK ARTIKEL INI DAFTAR MAILING LIST KIRIM KE TEMAN
Rabu, 23 November 2005 18:15
KapanLagi.com - Kenyamanan dalam bekerja tergantung pada beberapa faktor, selain tempat kerja tentunya juga rekan sekantor. Betapa menyebalkan kalau ternyata salah satu atau beberapa rekan kerja kita sulit diajak bekerjasama. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips menghadapi rekan kerja yang 'bandel' ini:

- Untuk Tipe orang yang mendewakan kekuasaan, jika ia selalu menganggap Anda atau ide Anda hanya sebagai sesuatu yang remeh dan tak patut dipertimbangkan. Cara mudah menghadapi si gila kuasa ini adalah dengan menyebutkan ide Anda sebagai ide orang banyak, atau apapun yang penting agar ia mau mempertimbangkan dan menerimanya.

- Ajak si 'bandel' menghadapi lawan bersama-sama. Sesulit apapun orang ini jika diajak bersatu untuk menghadapi target yang sama, tentunya ia akan menjadikan Anda teman seperjuangan. Seperti misalnya ajak dia menghadapi perusahaan kompetitor.

- Sukses dalam pekerjaan merupakan tujuan utama dari tim, begitu juga jadi tujuan pribadi dan profesi Anda. Jadi sebaiknya jangan terburu nafsu untuk menaklukan rekan 'bandel' ini. Bekerja sama akan jadi jalan yang lebih mudah untuk kesuksesan Anda.

- Jangan mengurangi potensi rekan Anda hanya karena ia 'bandel'. Ingat siapapun dapat memberi Anda kebahagiaan atau bisa juga mencelakakan Anda. Jadi sebaiknya jangan menyepelekan orang lain.

- Menghadapi si keras kepala ini Anda tak perlu melawan dengan sikap keras. Tekan ego Anda dan tetap bersikap kalem. Jika Anda kehilangan kendali dan terjadi perseteruan, Anda sendiri yang akan mengalami kerugian, selain buang-buang energi itu juga tak akan memberi banyak manfaat untuk karir Anda.

- Untuk menghindari konflik di tempat kerja, usahakan tidak memasuki wilayah orang lain tanpa meminta ijin si empunya. Bagaimanapun juga di kantor dengan aturan kerja yang telah ditetapkan, tak seorangpun akan senang jika Anda main 'slonong' ke wilayah rekan Anda.

- Usahakan mengubah sikap Anda menghadapi si 'bandel' ini. Jangan buat dia menguasai Anda dan jangan buat suasana makin tak nyaman dengan melawan si sulit ini. (erl)

--

Sepuluh Pengganjal Kebahagiaan Anda
LET GO OF DEMAND

Apa sih, yang sebenarnya membuat Anda marah dan kecewa? Apakah seseorang yang memotong antrian di depan Anda? Pengemudi iseng yang memprovokasi Anda di jalanan? Komputer yang hanya untuk di-boot saja terasa begitu lama? Handphone yang harus berganti setiap bulan dua kali karena terus dicuri? Orang yang mengejek dan mempermainkan Anda? Hujan sepanjang hari? Tagihan bejibun yang membuat Anda marah sampai ke ubun-ubun?

Bukan, bukan itu semua. Apa yang membuat Anda marah dan kecewa adalah “tuntutan yang kekanak-kanakan” dan “ekspektasi yang tidak realistis”.

Saat Anda masih bayi, apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan sesuatu, hanyalah berteriak menangis sekencang-kencangnya. Dengan modal itu, Anda mendapatkan popok yang baru, susu ibu atau susu sapi, atau barang sepuluh lima belas kerokan pisang ambon untuk dinikmati.

Itulah ciri Anda saat masih helpless dulu. Waktu itu, perilaku demanding Anda masih bisa diterima. Tapi kini Anda telah dewasa. Anda bertanggung jawab pada hidup Anda, dan Anda tidak bisa lagi berharap bahwa dunia akan melayani Anda sebagaimana yang Anda mau. Jika Anda tetap melakukannya sekarang, itu namanya self-induced misery, alias penderitaan yang Anda buat sendiri. Berhentilah.

Apa yang perlu Anda lakukan sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti demand dan ekspektasi, dengan preferensi.

“Aku sih nggak nuntut suamiku bangun lebih pagi, tapi aku lebih prefer kalo dia memang bisa melakukannya.”

Anda akan lebih mengerti, dan Anda akan menjadi orang yang penuh pengertian.

Buanglah Pola Pikir yang Tidak Rasional

“Saya tidak akan pernah berbahagia kecuali dunia melayani Saya seperti yang Saya mau.”

Itu tidak rasional. Apa yang bisa Anda kontrol hanyalah diri Anda sendiri.

Bersikaplah Mau Berbahagia

Disadari atau tidak, Anda mungkin tidak ingin berbahagia. Anda bisa melepaskan apapun dari diri Anda; uang, harta, waktu, energi, dan bahkan cinta, kecuali satu; penderitaan Anda.

Bahagia haruslah dimulai dari kemauan Anda sendiri. Anda mau bahagia atau tidak? Secara sadar Anda jelas mau berbahagia. Tapi cobalah selami kembali alam bawah sadar Anda. Bisa jadi, Anda sendiri yang t idak mau berbahagia.

Saat Anda merasa marah, itu penderitaan yang tidak membahagiakan. Lepaskanlah penderitaan Anda, bukan lampiaskan. Bertanyalah pada diri sendiri, “Bener nih, mau nuker happy sama kemarahan ini?” Perpanjanglah sumbu Anda supaya Anda bisa membuang penderitaan.

Berhentilah Mengasihani Diri Sendiri

Anda tidak akan menjadi pahlawan hanya dengan menderita. Adalah lebih heroik jika Anda tetap riang gembira di tengah penderitaan.

Berhentilah Membesar-besarkan

Tak perlu mem-blow-up permasalahan sampai keluar dari proporsinya. Itu akan melumpuhkan Anda. Belajarlah obyektif dan jadikanlah itu sebagai motivasi untuk mengambil tindakan.


LET GO OF REGRET

Anda pasti pernah menyesali sesuatu tentu saja. Wong kita ini manusia kok. Itu, sebenarnya versi lain dari kata-kata: “Kita tidak sempurna”.

Tak perlu panik atau terobsesi oleh penyesalan. Jadikanlah ia kekuatan positif. Anggaplah itu sebagai wakeup call, sebuah tepukan yang membangunkan Anda dari tidur. Bukankah Anda macan?

Janganlah menunda tindakan dengan penyesalan. Bertindaklah segera dan Anda tidak akan menyesal lagi, sebab Anda telah melakukan sesuatu.

Tutuplah rapat-rapat lebarnya jarak antara Anda yang ideal dan Anda yang sekarang. Nikmatilah Anda yang sekarang dan lakukan apa yang terbaik menurut Anda. Sebab jika Anda punya waktu untuk menyesal, maka Anda pasti punya waktu untuk melakukan sesuatu tentang itu.


LET GO OF GREED

“Saya telah punya semua yang saya mau, dan Saya telah menjadi apa yang Saya ingin, kecuali…”

Ya. Itulah Anda barangkali. Tidak SEMUA yang Anda mau akan Anda dapatkan. < BR>
Pertama, resources Anda terbatas. Kedua, nafsu Anda adalah sesuatu yang tidak akan pernah terpuaskan. Ia seperti air laut. Makin Anda minum, makin kering rasanya tenggorokan. Desire Anda tidak salah, melewati batasnyalah yang salah.

Sadarilah bahwa penyebab kerakusan adalah kesenangan. Bisa memiliki memang menyenangkan. Tapi kesenangan itu sendiri bisa menjadi candu. Kita sering lupa, bahwa kesenangan tidak selalu sama dengan kebahagiaan. Saat Anda menemukan bahwa kesenangan ternyata tidak sama dengan kebahagiaan, muncullah ketakutan dan kekhawatiran. Takut dan khawatir itu, akan memicu desire Anda lebih besar lagi.

Maka, Anda akan menemukan lingkaran yang abadi di sini: Karena desire Anda tidak pernah punya ujung, maka fear Anda juga tak akan pernah punya muara. Berhentilah menjadi manusia yang terpenjara!

Ya. Tapi bagaimana?

Fokus dan terapkanlah prioritas. Mulailah dahulu dengan BEING. Soal HAVING, ya belakangan sajalah. Dan untuk BEING, Anda harus DOING. Just DO your best.


LET GO OF WORRY

Anda tahu kenapa lagu “Don’t Worry - Be Happy” begitu ngetop? Karena itulah panggilan jiwa Anda.

Pahamilah perbedaan antara “menderita” dan “khawatir”. Menderita adalah pesan tentang masalah, sementara khawatir adalah pesan tentang adanya peluang untuk tumbuh dan berkembang. Jadi waspadalah. Apakah Anda memang menderita, atau sebenarnya Anda hanya khawatir saja?

Jika Anda hanya khawatir, ketahuilah bahwa sumbernya adalah ketakutan. Anda takut terhadap sesuatu yang masih gelap, blank, dan tidak tahu apa-apa tentangnya. Atau, Anda takut menghadapi tantangan.

Ketahuilah bahwa setiap detik dan setiap saat, Anda adalah benih. Benih yang mestinya bisa tumbuh menjadi besar dan hebat. Worry can’t change the past, but it can ruin the present. Berpengetahuanlah, dan bertindaklah menyambut tantangan. Seperti seekor macan.


LET GO OF DEFENSIVENESS

Salah itu normal, termasuk jika itu melukai orang lain. Bukan nyuruh nih, tapi kita semua memang pernah berbuat salah. Anda tahu kan kenapa pensil, whiteboard, dan papan tulis itu ada penghapusnya? Karena Anda adalah manusia.

Jika Anda salah apa yang Anda katakan?

“Aduhhh.. maaf nih. Maaf, namanya juga manusia.”

Lantas, apa yang Anda katakan jika orang lain yang salah?

“Dasar Bodoh!”
“Stupid!”
“Bloon.”

Saat Anda salah, Anda adalah manusia. Saat orang lain salah, mereka bukan manusia. Ini tidak rasional. Maka, maafkankanlah mereka.


LET GO OF GUILT

Guilt adalah rasa tidak nyaman saat Anda mengalami perlawanan menentang kesadaran Anda sendiri. Guilt itu sendiri tidak terlalu berbahaya. Apa yang lebih berbahaya adalah ketiadaan solusinya.

Feeling guilty itu bagus. Itu sinyal lampu merah yang memperingatkan Anda agar stay on course. Maka saat Anda feeling guilty, dengarkanlah isi hati Anda. Manakah yang Anda pilih, short-term pleasure atau long-term gain?

Rasa bersalah yang tidak menemukan solusi, akan membuat Anda mengalami ini:

1. Pikiran yang tidak damai.
2. Rasa tidak percaya dan takut pada orang lain, atau bahkan kepada Allah SWT.
3. Sesuai angka ini, Anda akan menderita tiga kali:

Pertama, saat Anda bertindak tidak bertanggung jawab. Kedua, saat Anda melihat orang lain bertindak dengan penuh tanggung jawab. Ketiga, saat Anda harus menanggung konsekuensinya.

Berikut inilah yang perlu Anda lakukan saat Anda merasa tidak bertanggung jawab.

Ingatlah bahwa responsibility, adalah singkatan dari “response-ability”. Kemampuan untuk merespon dengan tepat. Bagaimana caranya agar bisa merespon dengan tepat? Anda bisa menggunakan rumus AAA.

1. Admit. Akui bahwa pilihan tindakan Anda adalah salah.
2. Analyze. Ana lisis perilaku Anda. Apa alasan Anda memilih yang salah? Apa konsekuensinya? Bagaimana tidak mengulanginya? Bagaimana meluruskan pilihan yang sekarang?
3. Atonement, alias integritas. Integritas adalah menyatunya hati, jiwa, sasaran, tindakan, dan keimanan. Saat semuanya menyatu, Anda memasuki tahap atonement, alias at-one-ment.

Dengan AAA, Anda bisa memperbaiki keadaan.


LET GO OF SPITE

Anda, pasti pernah diprovokasi. Oleh pengemudi lain di jalanan, atau oleh orang lain yang mengejek dan melecehkan. Anda pasti pernah merasa diserang. Di kantor, di rumah, di lapangan sepak bola, di kantin, di mana saja.

Tidak ada perlunya Anda melayani yang begituan. Sebab, dunia Anda bisa rusak seharian. Mengalah sajalah, kecuali jika undang-undang dasar Anda yang terlanggar atau terinjak-injak.

Kita cenderung lupa bahwa kita lebih sering menggunakan hati untuk merasakan, ketimbang otak untuk berpikir. Ini sepertinya benar dan wajar. Tapi berhati-hatilah karena itu tidak logis dan tak rasional. Itu emosional.

Jika Anda merasa perlu melayani serangan, provokasi, dan ejekan orang lain, maka itu tentu ada sebabnya.

Pertama, rasa keadilan Anda yang terusik. Saat Anda merasa diserang, Anda merasa perlu membalasnya. Tapi, jika serangan itu dilakukan karena tidak sengaja, tidak dimaksudkan untuk menyerang, kesalahpahaman, atau hanya karena mereka bodoh saja, keadilan macam apa sih yang Anda inginkan?

Kedua, logika Anda yang terdistorsi. Anda berasumsi bahwa jika mereka mengalami sakit seperti yang Anda rasakan, maka mereka akan meminta maaf.

Tidak. Jikapun mereka akhirnya meminta maaf, itu bukan karena sakit yang Anda buat dengan serangan balasan, tapi karena pikiran dan hati mereka yang sudah lurus kembali. Saling menyakiti tidak akan menyelesaikan masalah. Ia bahkan memperuncingnya.

Ketiga, secara sadar atau tidak Anda mencoba menghindari tanggung jawab untuk membahagiakan diri sendiri. Sebab jika Anda memang mau bertanggungjawab untuk kebahagiaan Anda sendiri, Anda pasti tidak akan melarikan diri.

Jika begitu, bagaimana caranya memunculkan rasa tanggung jawab untuk kebahagiaan diri sendiri? Awareness-lah jawabannya.

Ketahuilah bahwa rasa sakit yang Anda derita adalah bukan karena serangan mereka, tapi karena reaksi Anda atas perilaku mereka. Mengapa mereka begitu jahat dan kejam kepada Anda? Karena mereka sedang sakit, dan mereka merasa terancam oleh Anda.

Responlah sikap buruk orang lain dengan kebaikan, maka Anda akan mulia dan terhormat. Cobalah selalu untuk bersikap rendah hati tapi bukan rendah diri.

Ketahuilah bahwa sabar itu tidak pasif. Ia tidak datang dengan sendirinya, dan ujug-ujug Anda menjadi sabar. Sabar itu kata kerja dan bukan kata sifat. Maka sabar, adalah disabar-sabarin.


LET GO OF ENVY

Anda juga mungkin pernah merasa kalah. Waspadalah. Salah-salah, kekalahan bisa membuat Anda menjadi orang yang envious, yaitu orang yang penuh dengki dan tidak bisa menerima kekalahan. Tidak senang jika orang lain senang, dan senang jika orang lain tidak senang.

Sikap envious, bisa berkembang dalam tiga tahap.

Pertama, saat Anda merasakan kekalahan. Di tingkat ini, perasaan kalah itu sebenarnya wajar. Apalagi jika Anda bisa memberi selamat kepada pemenang, dan kemudian menjadikan kekalahan sebagai pelajaran. Jika tidak bisa, maka di sinilah bibit envious Anda akan mulai tersemai.

Kedua, saat Anda mulai mengembangkan perilaku mensabotase orang lain. Mulainya dari yang kecil-kecil saja, seperti menciptakan isu dan gosip buruk, atau berharap dan “berdoa” untuk kemalangan dan kecelakaan bagi orang lain. Anda mungkin meng ira ini tidak berbahaya.

Salah. Itu sangat berbahaya. Mengapa? Karena harapan buruk seperti itu adalah karatnya jiwa, persis seperti karatnya besi. Merusak, melubangi, merontokkan, dan menggerogoti semua amal baik. Lebih dari itu, dari mana sih datangnya semua tindak kejahatan? Ya dari doa, harapan, fitnah, dan pikiran negatif yang melenceng seperti itu!

Ketiga, seperti sudah disebut barusan, semuanya akan termanifestasi menjadi tindak kejahatan. Anda akan menjadi orang yang dengki, dengan sikap dan tindakan yang keji. Anda telah menghancurkan diri sendiri.

Jika Anda mulai mengalami gejala penyakit ini, resepnya sederhana. Bertemanlah dengan mereka yang menang. Kemudian, ubahlah cara berpikir Anda. Gantilah “Saya pengen kayak gitu,” menjadi “Bagaimana supaya Saya bisa seperti itu.”


LET GO OF ANGER

ANGER itu cuma satu huruf lebih pendek dari DANGER. Dan “D”, adalah nilai minusn ya.

Alasan yang bagus bagi Anda supaya tidak marah, adalah memahami bahwa kemarahan akan menyebarluaskan kelemahan. Saat Anda marah, Anda sebenarnya berkata, “Saya takut! Saya Terluka! Saya frustrasi!” Itu, adalah kata lain dari “Saya lemah.”

Sadarilah bahwa orang, barang, atau situasi, akan cenderung membuat Anda selalu marah. Udah dari sononya begitu. Anda tidak bisa dengan mudah mengontrol sesuatu di luar diri Anda. Dan jika Anda marah, kemarahan Anda tidak akan membuat dunia berjalan sesuai kemauan Anda. Andalah yang harus menyesuaikan diri dengannya.

Sadarilah bahwa jika Anda menghadapi orang yang marah, they’re not being mean; they’re just being people. Like you. Dan seperti biasa, marah itu muncul disebabkan oleh fear. Rasa takut akan kehilangan kontrol.

Keinginan untuk mengontrol adalah benar. Tapi, ingin mengontrol orang lain itu salah. Yang benar, ingin memberi contoh teladan kepada orang lain. Mengontrol dengan kekuasaan? Salah juga. Apa yang perlu dikontrol hanyalah diri sendiri. Sekali lagi, maafkanlah mereka yang marah. Tidak ada yang salah saat seorang manusia bersikap dan bertindak sebagai manusia.

Anda sendiri, kurangilah marah Anda sebab Anda sendirilah yang akan merugi. Saat Anda marah, apa yang telah keluar sebenarnya tidak perlu keluar dan apa yang terlanjur sebenarnya tidak perlu terlanjur.


LET GO OF FEAR

Saat Anda menghadapi ketakutan, Anda berada di tengah-tengah persimpangan jalan. Satu cabang menuju kepada kepengecutan, dan satu lagi menuju kepada keberanian. Yang satu menuju harapan dan impian, yang satu lagi menuju kekecewaan dan kesedihan.

Anda tidak bisa mundur atau tetap diam, melainkan tetap maju dan memilih salah satu cabang. Dengan diam atau mundur, Anda tidak akan tumbuh dan berubah. Malah, Anda menuju ke kepunahan dan kematian.

Manage-lah fear Anda, sebab fear adalah False Evidence Appearing Real. Asli tapi sebenarnya palsu.

Jadi, tak usahlah Anda bersedih lagi. Bersenang-senang sajalah. Sibuklah. Lakukan yang terbaik. Tak perlu takut dan tak usah khawatir. Lakukanlah segalanya dengan semangat dan keberanian. Itu lebih baik buat Anda.

Bukannya tadi sudah Saya bilang, kalo Anda itu macan?

--

10 Proven Methods To Get More Happiness With Less Stress


Artikel ini dikirim oleh seseorang yang memakai nama. Laconia New Hampshire. Beliau aktif berkunjung ke website ini.Berikut ulasan dari 10 Proven Methods To Get More Happiness With Less Stress

motivasi bahagia1. No Act Rule. Don’t react so quickly to things, especially negative circumstances. Sometimes we stress ourselves out by acting too fast and regretting it later. The negative email response we send out, the emotional yelling at an argument, etc. Some things are better left to be thought about and some reactions are better to be delayed. Give yourself some cooling off time.

2. Fact Only (No Interpretations). See things in terms of facts, not your interpretation. Your friend didn’t call you like he promised. Fact: He didn’t call you. Interpretation: He’s forgotten about you. Just react on the facts. Your interpretations may be wrong and they’re just going to give you unneccesary stress.

3. No Emotion. Try to live life with less or no emotion. Emotions are fleeting and they make our states go UP and DOWN. When it’s up, it’s great! But when it’s down, we feel stressed. Try to flatten your emotion. Everything is just IS.

4. Focus on Solution, not the Problem. Look for solutions in your challenges. Dwelling on the problem and how bad your life is won’t help. Focusing on solutions unleashes your resources.

5. Know What You Want. Motivate yourself forward by having clear goals. Visualize them clearly and you will have the drive to go through the challenges necessary to achieve them.

6. Set Some Rules to Achieve Your Goals. Now that you’ve got a goal, what are the rules you must obey to achieve them? For him, it was a more balanced and healthier life. So Rule #1: No Work on Weekends. Set it, obey it… and your life will change.

7. Change Your Environment. Find people that will support your rules. Change your environment, friends, work if necessary. The #1 person in your life is YOU.

8. Say YES!! Yes to opportunities, fun things, new people, and anything that will get you to where you want to go.

9. What Other People Think is Not Important. You can spend your life trying to be “acceptable” to everyone and it willl never be achieved. Just set your goals and be true to yourself. You are a beautiful creation.

10. Remember the Law of Diminishing Returns. Something that may work well will also diminish in effectiveness over time. Always learn something new so that you will have new ideas and strategies to sustain the peace and happiness in your life.

Terima kasih atas partisipasi saudara dengan mengirimkan artikel.

Semoga Anda di Paman Sam sana, memperoleh kebahagiaan..

Doa kami bersama Anda.. Kami menunggu partisipasi sahabat yang lain.. boleh dengan menyertakan foto Anda.

Selain itu kami mengharapkan partisipasi sahabat untuk menerjemahkannya..


--

Motivational Quotes
August 18, 2009 · Filed Under Kata Motivasi by Obor Motivasi


I believe life is constanly testing us for our level of commitment,
and life’s greatest rewards are reserved for those who
demonstrate a never ending commitment to act until they achieve.
This level of resolve can move mountains,
but it must be constant & consistent.
As simplistic as this may sound, it is still the common detonator
separating those who live their dreams from those who live in regret
- Anthony Robbins –

Anda akan dikritik orang ketika melakukan sesuatu. Anda juga akan
dikritik ketika tidak melakukan sesuatu. Jadi, lakukan saja apa yang
menurut anda benar.
- Eleanor Roosevelt –

All successful people, men & women, are big dreamers. They imagine
what their future could be, ideal in every respect, and than they
work everyday toward their vision, purpose & goal.
- Brian Tracy -

Orang sukses akan melakukan sesuatu yang berbeda, yang tidak
dilakukan oleh orang rata-2 ….. untuk mendapatkan hasil yang
berbeda pula
- Sonny V. Sutedjo -

There are many people who have big plans but their big plans never
come true. The reason is, too many people have big plans but fail to
keep their small agreements
- Robert Kiyosaki -

The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams
- Eleanor Roosevelt -

What ever the mind of man can conceive & believe, it can achieve !
- Napoleon Hill -

Most of the important things in the world have been accomplished by
people who have kept on trying when there seemed to be no hope at all
- Dale Carnegie -

I can not give you the formula for success, but I can give you the
formula for failure, which are try, try and try
- Herbert Bayard Swope -

You see, in life, lots of people know what to do, but few people
actually do what they know. Knowing is not enough. You must take
action !
- Anthony Robbins -

Only those who can see the invisible, can accomplish the imposibble
- Patrick Snow -

Effective People are not problem-minded ;they’re opportunity
minded.
They feed opportunities and starve problems
- Stephen Covey -

Do the thing you fear to do and keep on doing it … That is the
quickest & surest way ever yet discovered to conquer fear
- Dale Carnegie -

There are only two tragedies in life : one is not getting what you
wants, and the other is getting it
- Oscar Wilde -

If you don’t throw the dice, you will never land a six
- Old Chinese proverb -

Happiness cannot be travelled to, owned, earned, worn or consumed.
Happiness is the spiritual experience of living every minute with
love, grace, and gratitude.”
- Denis Waitley -

Success doesn’t come to you… you go to it
- Marva Collins -

It’s not the will to win, but the will to prepare to win that makes
the difference
- Paul “Bear” Bryant -

Motivation is the art of getting people to do what you want them to
do because they want to do it.”
- Dwight D. Eisenhower -

--
Live with Passion (Reprise) – Success Music
July 8, 2008 · Filed Under Kata Motivasi, Lagu Motivasi by Obor Motivasi


MOtivational songdo, do, do-dodo
dodo, do, do do-dodo

well the day is gone
and I’m moving on
from the endless lessons
that teach me to keep strong

satisfaction overwhelms me
and I’m proud to see
all that I can be
the change inside of me

there’s one thing above all else
that has led me to success
three amazing words I live by
that bring fulfillment and happiness

chorus:
live with passion
strong and focused as can be
live with passion
I’m juiced with energy

live with passion
every moment, every day
live with passion
I know I’m on my way

I close my eyes at night
rest comfy in my bed
expectation in my body
thoughts still flowing through my head

I can hardly wait ’til day break
to experience so much more
life is one big celebration
live no limits, that’s for sure

chorus

--

10 Kualitas Pribadi yang Disukai
October 21, 2008 · Filed Under Artikel Motivasi, Tips Motivasi by Obor Motivasi


Ketulusan

Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura- pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. Prinsipnya “Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak”. Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu diimbangi dengan kecerdikan seekor ular. Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan diri sendiri.

Kerendahan Hati

Berbeda dengan rendah diri yang merupakan kelemahan, kerendah hatian justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang
yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa
membuat orang yang diatasnya merasa oke dan membuat orang yang di bawahnya
tidak merasa minder.

Kesetiaan

Kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya. Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban dan tidak suka berkhianat.

Positive Thinking

Orang yang bersikap positif (positive thinking) selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dan sebagainya.

Keceriaan

Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, maka keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh tapi sikap hati. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

Bertanggung jawab

Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.

Percaya Diri

Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru. Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.

Kebesaran Jiwa

Kebesaran jiwa dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain.
Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa- masa sukar dia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.

Easy Going

Orang yang easy going menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau pusing dan stress dengan masalah-masalah yang berada di luar kontrolnya.

Empati

Empati adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan kehendaknya sendiri. Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

Artikel dikutip dari Kartu Pintar produksi Visi Victory Bandung

--

Ciptakan Kehidupan, Bukan Sekedar Hidup
October 25, 2008 · Filed Under Artikel Motivasi, Tips Motivasi by Obor Motivasi


“Your successes and happiness are forgiven you only if you generously consent to share them. – Kesuksesan dan kebahagiaan akan sangat berarti jika kau mau berbagi dengan orang lain.” Albert Camus

Untuk dapat sekedar hidup, mungkin kita tidak perlu bersusah payah mencari peluang ataupun memikirkan bagaimana meningkatkan kualitas dan manfaat diri kita. Namun sebagai mahluk yang paling spesial diantara mahluk ciptaan Tuhan YME, kita berkewajiban untuk mendapatkan kehidupan yang berarti. Kita harus berupaya semaksimal mungkin. Sebuah pepatah bijak menyebutkan, “Find a meaningful need and fill it better than anyone else. – Kejarlah sesuatu yang bermakna, dan gunakanlah setiap peluang yang ada secara lebih baik dari siapapun.”

Ada beberapa langkah untuk menjadikan kehidupan kita menjadi lebih berarti. Langkah pertama adalah memperbesar kemauan untuk belajar. Manusia mempunyai pikiran yang luar biasa, maka gunakan pikiran tersebut untuk belajar menciptakan kemajuan-kemajuan dalam hidup. Kita dapat belajar dari berbagai hal, diantaranya adalah belajar kepada pengalaman hidup, kegagalan, kejadian sehari-hari, orang lain dan sebagainya. Maka tingkatkan terus kemauan belajar.

Langkah kedua supaya kehidupan kita lebih berati adalah mencoba melakukan sesuatu agar lebih dekat dengan impian yang diidamkan. Bekerjalah lebih keras, lebih aktif atau produktif. Langkah ini sangat efektif dalam meningkatkan kemungkinan mendapatkan uang, kekayaan atau segala sesuatu yang berharga bagi manusia.

Satu hal yang patut dijadikan pedoman bahwasanya kerja keras itu bukan semata-mata mengejar 5 P, yaitu power (kekuasaan), position (posisi), pleasure (kesenangan), prestige (kewibawaan) dan prosperity (kekayaan). Setiap usaha yang hanya berorientasi kepada lima hal tersebut memang menjamin kesuksesan atau bahkan hasil yang melimpah
ruah, tetapi tidak menjamin sebuah akhir yang menyenangkan. Contohnya adalah sebuah fakta tentang delapan orang miliarder di Amerika Serikat yang berkumpul di Hotel Edge Water Beach di Chicago, Illionis pada tahun 1923. Mereka adalah orang-orang yang sangat sukses, tetapi mengalami nasib tragis 25 tahun kemudian.

Salah seorang diantara mereka adalah Charles Schwab, CEO perusahaan besi baja ternama pada waktu itu, yaitu Bethlehem Steel. Tetapi Charles Schwab mengalami kebangkrutan total. Sehingga ia terpaksa berhutang untuk membiayai hidupnya selama 5 tahun sebelum meninggal. Yang kedua adalah Richard Whitney, President New York Stock Exchange. Namun pria ini ternyata menghabiskan sisa hidupnya dipenjara Sing Sing. Orang ketiga adalah Jesse Livermore, raja saham “The Great Bear” di Wall Street. Tetapi Jesse mati bunuh diri.

Orang ke empat adalah “The Match King”, Ivar Krueger, CEO perusahaan hak cipta, yang juga mati bunuh diri. Begitu juga dengan Leon Fraser, Chairman of Bank of International Settlement, ia mati bunuh diri. Yang keenam adalah Howard Hupson, CEO perusahaan gas terbesar di Amerika Utara. Tetapi ia sakit jiwa dan dirawat di rumah sakit jiwa
hingga akhir hidupnya. Arthur Cutton sebelumnya adalah pemilik pabrik tepung terbesar di dunia, tetapi ia meninggal di negri orang lain. Sedangkan Albert Fall, waktu itu ia adalah anggota kabinet presiden
Amerika Serikat. Namun ia meninggal di rumahnya di Texas ketika baru saja keluar dari penjara.

Di dunia ini tidak sedikit orang yang semula sangat sukses, tetapi merana di tahun-tahun terakhir kehidupan mereka. Kehidupan mereka seakan-akan tidak berarti meskipun sebelumnya sangat kaya raya. Upaya terbaik memang dapat menghasilkan kesuksesan besar, tetapi bukan berarti merupakan jaminan sebuah akhir kehidupan sebagai manusia yang penuh arti.

Karena itu langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah mengimbangi kerja keras dengan berbuat kebaikan. Seorang penulis pada abad 20-an yang berkebangsaan Perancis, André Gide, mendefinisikan kebaikan itu sebagai berikut; “True kindness presupposes the faculty of imagining as one’s own the suffering and joys of others. –
Kebaikan yang sesungguhnya adalah kemampuan merasakan penderitaan maupun kebahagiaan orang lain.”

Kerja keras yang diimbangi dengan berbuat kebaikan akan menghasilkan semangat yang tinggi untuk mendapatkan lebih dari apa yang dibutuhkan. Hal itu terdorong oleh keinginan untuk dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Pada akhirnya kebaikan tersebut berpengaruh positif terhadap semangat hidup, motivasi, dan kemajuan
sikap dan ekonomi. James Allen, penulis buku berjudul As a Man Thinketh mengatakan, “Pemikiran serta perbuatan baik tidak mungkin mendatangkan hasil yang buruk; pemikiran dan perbuatan buruk tidak
mungkin mendatangkan hasil baik.”

Dengan belajar, bekerja keras dan berbuat kebaikan maka kita akan dapat menciptakan kehidupan yang jauh lebih berarti. Langkah-langkah sebagaimana dijelaskan diatas terbukti juga sangat efektif menjadikan kesan positif tentang diri kita tidak mudah dilupakan orang. Saya meyakini bahwa kita masih mempunyai banyak kesempatan dan potensi untuk mendapatkan kehidupan berharga itu dimanapun dan apapun pekerjaan kita.

Sumber: Make A Life, Not Merely A Living – Ciptakan Kehidupan, Bukan Sekedar Hidup oleh Andrew Ho.

--

Cara Memilih Calon Isteri

26 April, 2008 pada 8:02 am · Disimpan dalam Tips & Trik

Menikah alias kawin yang baik hanya dilakukan satu kali seumur hidup dan kita akan terus hidup bersama dengan orang yang kita pilih sebagai isteri kita beserta anak yang mungkin kita hasilkan dari pernikahan itu. Memilih pasangan hidup yang tepat adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup dengan banyak aspek dan faktor kriteria pemilihan yang harus dihitung dengan matang. Gadis atau janda semua sama saja di mana anda harus melakukan penjajakan yang cukup sebelum melangkah ke jenjang yang lebih tinggi.
Kesalahan memilih wanita / cewek / perempuan yang kita nikahi akan berdampak buruk pada kualitas hidup kita di masa depan. Cerai adalah pilihan yang sangat buruk yang bisa diambil ketika semua cara dan upaya telah dicoba untuk membuat hubungan menjadi baik tidak berhasil dan dapat membahayakan jika terus dibiarkan.

Pacaran merupakan salah satu upaya untuk menemukan pasangan hidup yang tepat. Pacaran yang baik tidak melakukan apa yang boleh dilakukan pasangan yang sudah menikah. Melakukan hubungan suami istri yang tidak semestinya justru akan berdampak buruk pada hubungan setelah menikah maupun hubungan setelah menikah dengan gadis lain.

Berikut ini adalah Kriteria Pemilihan Calon Isteri Yang Baik :

1. Saling Jujur / Tidak Suka Bohong, Cinta Dan Setia
Mana ada orang yang suka dibohongi. Pilih wanita yang dapat dipegang kata-katanya dan hanya akan berbohong untuk kepentingan keluarga yang positif. Jika suka bohong anda akan dibuat pusing sama istri anda kelak. Wanita yang setia pada anda akan selalu mencintai anda dan akan selalu berada di samping anda ke mana pun anda pergi dan dalam kondisi apa pun. Cinta juga menjadi yang sangat penting, karena cinta adalah modal dasar dari hubungan suami istri yang baik dan sebaiknya sudah ada sejak status masih pacaran.

2. Penampilan Menarik
Sebaiknya anda mencari perempuan yang dari fisik anda suka namun bukan hasil permak atau dandan tebal. Menarik tidak harus selalu cantik, cakep, ayu, menor, seksi, imut, manis dan sebagainya, tetapi yang tidak membuat anda benci jika melihatnya. Sebisa mungkin cari yang jika anda prediksi puluhan tahun mendatang dapat tetap dapat membuat anda tersenyum bahagia ketika memandang wajahnya. Jangan lupa dengan penampilan anda sendiri ketika sudah menikah. Jangan buat si dia ilfil dan jadi benci sama anda.

3. Taat Ibadah
Ini hal yang penting bagi masa depan keluarga anda. Anak-anak anda nanti akan dibimbing lebih banyak oleh sang ibu. Jika ibunya ugal-ugalan nggak bener kelakuannya, maka bisa ditiru oleh anak. Cari wanita shalihah / solehah yang dapat mendidik anak-anak menjadi manusia yang berakhlak soleh dan mempengaruhi anda untuk beribadah lebih baik lagi.

4. Pandai / Pintar
Jangan mencari jodoh gadis kampung atau cewek kota yang memiliki intelegensia di bawah rata-rata. Penampilan hanya luar saja yang cuma enak dalam urusan ranjang serta bisa selalu kita atur dan mungkin bisa kita bobongi, selingkuh di belakangnya, menikah lagi / kawin lagi, dll. Akan tetapi wanita yang bodoh tidak akan mampu membantu mencari solusi pada saat-saat diperlukan dan mungkin akan terkekang selama hidup dengan kita karena harus selalu menurut pada sang suami. Istri yang pintar bisa membantu mengatur rumah tangga dan mungkin bisa juga membantu finansial / keuangan keluarga dengan melakuka usaha sampingan atau bekerja.

5. Tidak Materialistis / Bukan Cewe Matre
Cewe matre ke laut aje emang bener itu lagu. Jangan cuma cari cewek dari cantiknya saja, tapi dari hatinya. Sebanyak apa pun uang yang kita dapat dari bekerja tidak akan cukup untuk menghidupi seorang isteri matre tidak tahu diuntung. Bisa jadi ketika anda sudah tidak punya uang dan pekerjaan layak anda akan ditinggalkan sendiri begitu saja bersama anak-anak.

6. Kalem / Emosi Stabil Rendah Dan Dapat Menghibur
Istri yang murah senyum, lemah lembut, tidak suka marah dan tidak mudah stres menghadapi problema hidup adalah istri yang baik. Sebelum kawin dan selama berpacaran anda wajib melakukan pengamatan emosional, sikap dan perilaku. Jika pacar anda gampang sekali marah meledak-ledak dan tidak bisa diubah sebaiknya tinggalkan saja. Hidup dimarahi isteri terus-menerus akan membuat anda menderita. Istri yang baik adalah istr yang bisa menghibur di kala suka dan duka dalam berbagai kondisi baik terhadap suami maupun terhadap anak. Pilih juga yang mencintai keluarganya dan keluarga kita masing-masing.

7. Sehat Jasmani Dan Rohani
Pilihlah yang dari segi fisik dan mental / jasmani dan rohani yang sehat wal’afiat. Pilih yang sehat, cerah, gesit, kuat, dan tidak mudah sakit. Dari segi kesuburan pun juga penting jika anda ingin punya keturunan. Jika belum yakin maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kesehatan berdua saat pranikah. Perhatikan pula keluarganya apakah ada yang punya riwayat penyakit yang dapat menurun dan bisa berakibat fatal. Terkadang suatu penyakit dapat diturunkan ke anak dan atau cucu.

8. Dapat Dikontrol Dan Mengontrol
Di saat isteri melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, berbicaralah dengan baik tanpa emosi bahwa sebaiknya si istri melakukan apa yang kita inginkan beserta alasannya. Begitu juga sebaliknya, di mana kita dapat dikritik isteri pada sikap dan perilaku kita secara kekeluargaan dan baik-baik. Untuk melakukan hal ini diperlukan adanya kesamaan tingkatan atau derajat di mana suami dan isti sama-sama dalam satu tim kepemimpinan yang solid. Bukan hanya suami saja yang jadi pemimpin dan istri cuma manut-manut saja. Umumnya untuk dapat tipe cewek semacam ini adalah yang umur sepantar dan sama-sama pintar.

9. Persetujuan Orang Tua, Keluarga, Teman Dan Sebagainya
Hubungan suami isteri harus didukung oleh orang-oang yang ada di sekitar kita mulai dari orang tua, mertua, teman, kerabat, saudara, teman, tetangga, teman kantor, dan lain-lain. Pernikahan yang emsional tanpa dukungan orang dekat dapat berdampak buruk bagi hubungan di masa mendatang. Yang jelas jika belum mendapat persetujuan, anda harus dapat berbicara dengan baik untuk membela argumentasi anda.


--

Editansil Bisa Dihindari

Ada sebuah idiom dalam dunia seksologi: Pria itu selalu mau, tapi tidak selalu mampu. Dan, wanita selalu mampu tapi sering tidak mau. Untuk urusan ketahanan dalam permainan seks, lelaki kalah dibanding wanita. Wanita mampu melakukan hubungan selama ia mau. Pria? Perlu banyak latihan untuk bisa mengimbangi wanita.Malah, pada sebagian pria selalu mengalami kekalahan pada setiap episode perjuangan mencapai puncak. Meski durasi perjuangan si wanita tidak lebih dari 5 menit.

Mereka yang masuk dalam katagori ini digolongkan pada kelompok pria yang mengalami masalah ejakulasi premateur alias ejakulasi dini. Dalam bahasa populernya mengidap ‘editansil’ , ejakulasi dini tanpa hasil.

Dalam hubungan pria dan wanita dewasa, editansil akan menjadi masalah yang serius. Laki-laki yang mengalami orgasme lebih awal mengakibatkan perempuan tidak mendapatkan puncak kenikmatan.

Sebenarnya durasi berhubungan intim bukan suatu masalah asalkan si wanita mengalami orgasme terlebih dahulu atau bersamaan. Jika si perempuan dalam tempo 10 detik sudah mencapai orgasme, maka, minimal pria perlu mempertahankan diri hingga 15 detik untuk mencapai orgasme. Intinya, lady first.

Terkadang, masalah ini jarang dipahami dan disadari para lelaki. Tak jarang urusan ini bisa berujung pada masalah rumah tangga di luar urusan ranjang.

Dalam berhubungan suami istri, kedua belah pihak harus sama-sama mendapatkan kepuasan. Pendidikan seks dasar haruslah dimengerti dan dipahami kedua pihak. Untuk menjaga keharmonisan hubungan, hindari egoisme menang sendiri tanpa memikirkan keinginan pasangan.

Ejakulasi dini atau si pria lebih dulu mencapai orgasme dalam setiap menjalankan hubungan sebenarnya bisa diatasi. Dengan latihan yang berkala durasi ketahanan pria bisa ditingkatkan.

Berikut beberapa langkah mengatasi dan mencegah ejakulasi dini :

1. Konsentrasi

Arahkan pikiran anda pada sesuatu yang tidak ada sangkut pautnya dengan sex saat berhubungan badan. Bisa juga sambil memikirkan yang Anda tidak sukai. Hal ini akan mengurangi rangsangan yang diterima oleh suami.

2. Kurangi Sensitifitas

Gunakan kondom, cream atau alat bantu seks lainnya yang dapat mengurangi rangsangan yang diterima milik pria. Jika perlu gunakan kondom yang lebih tebal. Semakin tebal, rangsangan yang diterima juga relatif kecil.

3. Teknik Cabut

Ketika mendekati puncak, cabutlah. Tahan beberapa waktu hingga kondisi kembali normal. Setelah itu lakukan penetrasi lagi. Teknik ini memerlukan peran serta si wanita agar berhasil dengan baik.

4. Posisi Tepat

Carilah posisi dalam hubungan intim yang biasanya membuat Anda bisa menikmatinya dalam waktu lama. Pakailah posisi tersebut di awal permainan. Dan biarkan pasangan Anda mencapai puncak lebih dahulu.

5. Konsultasi Lebih Lanjut

Jika tips dan langkah-langkah di atas belum mampu membantu meningkatkan durasi ketahanan daya tempur , Anda memerlukan terapi yang lebih serius. Hubungi dokter atau mereka yang menurut Anda ahli di bidang pengobatan masalah seksual (ejakulasi dini) untuk mendapatkan terapi lebih lanjut. Hindari penggunaan obat kuat secara sembarangan. Kondisi dan daya tahan tubuh setiap manusia berbeda. Belum tentu obat “A ” yang hebat untuk teman Anda, akan hebat pula bagi Anda.

--

ARTIKEL Pendidikan, Kesehatan & Humor

Bagi Yang Peduli Pendidikan, Kesehatan & Masa Depan

* Homepage
* Beranda Nathaniel
* GALERY NATHANIEL
* Profile
* Selamat Datang

HIKMAH SEBUAH TEGURAN


“Beritakan firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasehatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!” (2 Timotius 4:2-5)

Ada yang mengatakan agar kita jangan mengkritik dosa orang lain karena kitapun orang berdosa, sebaiknya kita mendoakan mereka saja. Perlukah sebuah kritik atau teguran? Memang kritik atau teguran yang dikarenakan hawa nafsu dan egoisme tidak benar sekalipun ada kebenarannya, tetapi kritik yang tulus untuk menuju perbaikan kelihatannya disuruh Tuhan karena mengingatkan orang-orang yang terpeleset agar tegak kembali.

Pernah ketika menjadi dosen disatu universitas ada dua mahasiswa datang menghadap dan meminta restu untuk mengadakan acara pesta akhir tahun. Nasehat yang saya berikan adalah: “Tepatkah mengadakan acara demikian ditengah krisis universitas yang kala itu jatuh bangun dalam proses survivalnya?” Yang menjadi soal, pendeta mahasiswa mengatakan kepada mereka ‘nggak apa-apa!’ Alhasil, beberapa bulan kemudian keduanya mengalami musibah, yang satu bentrok dengan rektor dan dischors dan yang lainnya kedua orang tuanya mengalami tabrakan dan meninggal dunia. Dalam situasi demikian bersama seorang mahasiswa PMK, saya mengunjungi keduanya dan mendoakan dan menguatkan mereka menghadapi musibah sambil menghubungi rektor untuk meminta keringanan schorsing. Belasan tahun berlalu, yang satu pindah ke Jakarta dan ketika saya melayani salah satu kampus di Jakarta ia yang sudah lulus dikampus itu dan mengajar disitu menjumpai saya dan dengan senyum ramahnya menjabat tangan saya. Beberapa tahun yang lalu ketika saya berkotbah di salah satu gereja, yang kedua orang tuanya meninggal mengunjungi gereja itu dan menjabat tangan saya sambil mengundang menginap di rumahnya! Biasanya kalau dialami musibah, seseorang baru mengerti dengan benar makna sebuah teguran yang membangun!

Seorang pemuda saya tegur karena bermain-main dengan narkoba dan ia merasa tidak enak berhadapan dengan sipengkritik ini. Beberapa tahun yang lalu ketika saya mengunjungi sebuah gereja Baptis dikota lain, kebetulan gereja itu sedang mengundang pengkotbah luar, pendeta itu berkotbah “Saya dulu pengisap narkoba dan bersyukur ada seorang pendeta menegur saya dan saya lihat malam ini duduk dibelakang bersama isterinya diruang gereja ini.” Ia memang kemudian bertobat, dan menyerahkan diri menjadi hamba Tuhan bahkan sampai melanjutkan studi di Amrik.

Buku ‘Teologi Sukses’ (sekarang cetakan ke-5) yang penuh kritik dimusuhi oleh pendeta-pendeta sebuah denominasi kharismatik yang besar, bahkan salah satu pendetanya yang punya gereja terbesar diatas mimbar mengumumkan agar membakar buku TS tersebut, alhasil buku malah laku keras dan dicetak berulang-ulang. 6 bulan yang lalu, belasan tahun setelah buku itu terbit, saya diundang ceramah dalam pertemuan para pendeta sinoda itu yang sedang berkumpul di Jakarta dari seluruh Indonesia, dan sebelum ceramah banyak pendetanya menyalami saya dan mengatakan bahwa sudah membaca buku TS dan banyak mendapat berkat!

Beberapa hari setelah dirilisnya di beberapa milis artikel ‘Tragedi Teologi Sukses’ seorang ibu tokoh gereja di Semarang yang sering mendengar kotbah pendeta sukses yang diceritakan mengucapkan dukungannya atas artikel itu. Ia mengatakan kesedihannya bahwa: “Sayang banyak pendeta dan jemaat tidak berani mengkritik perilaku salah para pendeta/penginjil karena takut dan hanya mengatakan pujian saja atas perilaku penginjil KKR demikian, padahal itu diperlukan.” Belum lama ini ada pendeta dengan gereja besar yang pernah berkotbah untuk mengubah batu menjadi berlian (asalkan seseorang memberikan persembahan uang yang besar) terlibat jerat hutang piutang miliaran rupiah. Ia terjerat daya tarik mamon dengan cara menggolangkan persembahan besar yang masuk agar berbunga-bunga!

Majalah ‘Jakarta-Jakarta’ (4-10 Maret 1988) pernah mengulas artikel berjudul ‘Agama, Uang dan Seks’ ketika Jim Bakker dan Jimmy Swaggart jatuh dari singgasana mereka.

Tim Storey, seorang penginjil Amrik ketika berkotbah di Surabaya pada bulan Oktober 1997 menantang jemaat untuk “Memberi lebih besar dari yang sanggup mereka berikan!” Ia memberi sugesti bahwa “Dalam waktu tiga bulan Anda bakal mendapat mujizat keuangan yang besar!” Alhasil, tiga bulan kemudian terjadi krismon dimana kurs dolar naik enam kali lipat. Tentu hadirin KKR itu yang menyimpan uangnya dalam bentuk dolar berbunga-bunga karena uang mendadak menjadi 5 kali lebih besar, tetapi bagaimana dengan sebagian besar jemaat yang lebih cinta uang rupiah sebagai simpanannya? Kasus ini sempat menjadi reklame jelek bagi kekristenan karena dimuat sebuah harian dengan judul ‘Mereka Tidak Kehilangan Bahkan akan Panen Besar’ (Suara Indonesia, 7 Oktober 1997).

Seorang penginjil sukses di Jakarta pernah malam-malam tertangkap polisi ketika naik taksi karena kedapatan membawa uang dolar palsu sekoper penuh yang katanya titipan jemaat yang orang asing! Dengan permainan uang kasusnya dilupakan polisi! Seorang ekonom beken yang bermukim di Amrik menanggapi artikel ‘Tragedi Teologi Sukses’ mengungkapkan keprihatinannya mengenai adanya ‘konspirasi’ dibalik KKR-KKR yang berisi ‘fund-raising’. Diceritakan bahwa di US pernah ada film berjudul ‘Leap of Faith’ (dibuat di tahun 1992 ketika ramainya skandal Jim Bakker dan Jimmy Swaggart) dibintangi Steve Martin (komedian) sebagai pendeta dengan “miracle’ yang fake, tapi di akhir cerita muncul miracle beneran, anak yang jalan pakai tongkat bisa berjalan sendiri dan hujan turun setelah dinantikan suatu kota kecil. Tapi disitu juga dibongkar tentang “pasien yang pura pura sakit, sembuh karena miracle” tapi semua adalah “gangnya si pendeta”.

Banyak lagi kasus-kasus ‘jerat mamon’ dialami pendeta/penginjil yang bermain-main dengan ‘persembahan jemaat,’ soalnya penekanan pada hukum ‘tabur tuai’ dan ‘perpuluhan’ menyebabkan jemaat terhipnotis secara masal dalam KKR Teologi Sukses dan memberikan persembahan yang luar biasa banyak dan sesudah itu ‘uang panas’ itu akan meminta korban, apakah arogansi, apakah jerat pencucian uang, atau korupsi, yang jelas jemaat akan gigit jari karena ia tetap terkena PHK dan banyak pengusaha perusahaannya pailit, sedangkan pendeta/penginjil itu tabungannya membengkak!

Jonggi Cho yang ditahun 1980 dan 90-an sempat dielu-elukan orang-orang Indonesia karena kotbah-kotbahnya yang menekankan berkat materi (banyak dikritik dalam buku Teologi Sukses) dan membangun gereja terbesar di dunia, pernah disebutkan seorang teman baik yang menjadi bendahara panitia KKRnya di Jakarta, tersinggung dan marah ketika panitia tidak berhasil menginapkannya di hotel bintang lima yang sedang penuh. Ketika Krismon melanda Korea di tahun 1997, jemaatnya yang statistiknya naik terus itu tiba-tiba mengalami stagnasi dan banyak jemaatnya mundur dari gereja itu dan kembali kepada ajaran agama tradisional. Soalnya kala itu banyak perusahaan pendukungnya palit dan banyak jemaat terkena PHK massal! Mereka menyadari bahwa ‘Tuhan Cho’ ternyata tidak lebih besar dari ‘dewa-dewi’ nenek moyang mereka.

Seperti keluhan tokoh wanita di Semarang itu, memang benar banyak orang takut mengkritik pendetanya sekalipun pendeta itu berbuat salah (yang umum jerat kekayaan dan seksual), tetapi melihat makin banyaknya skandal menimpa para pendeta dan penginjil, sudah tiba saatnya jemaat bangun untuk berani mengingatkan dan menegur penginjil dan pendeta mereka dan menjadikan gereja bukan sebagai tempat berjual beli melainkan sebagai tempat berdoa dan mendengarkan firman Tuhan, bukan dengan semangat iri-hati atau dengki, tetapi dengan semangat agar kerajaan Allah makin bersih dari penyalah gunaan para penginjil/pendeta yang mengatas namakan Tuhan tetapi memeras jemaat, sebelum makin banyaknya korban yang terus menerus akan berjatuhan. Jemaat yang terus-menerus memuja penginjil/pendeta yang kotbahnya mengenai berkat Tuhan menarik hati dan menyenangkan telinga mereka justru akan menjatuhkan pendeta/penginjil tersebut.

--

MENGHADAPI KEMATIAN

Minggu sore, aku menelepon seorang sahabat dalam kedukaannya melepas ayahanda ke pangkuan Bapa di sorga dan menjelang pernikahannya yang tinggal beberapa saat lagi.

Duka yang dalam terasa dalam setiap perkataannya. Aku menarik nafas untuk menyembunyikan tangisku yang mulai mengalir, mendengar semua uneg-unegnya. Untuk seorang perempuan seperti dia, yang begitu rapuh, pastilah sangat sulit untuk menghadapi kejadian seperti ini. Apalagi dia sangat dekat dengan ayahandanya itu.

Kucoba menghibur dia, meskipun ternyata kata terakhir yang dikeluarkannya “Aku tidak sanggup” membuatku patah arang. “Tuhan, kenapa dia begitu hancur?”. Janji ayahnya untuk melihat dia menikah tidak bisa ditepati. Aku yakin Tuhan punya alasan kenapa melakukan ini, dan aku tahu itulah hal yang terbaik baginya.

Kami berdoa bersama sore itu dan kujanjikan padanya akan mendoakan dia. Kupaksa dia untuk tetap kuat, meskipun aku ragu dia mendengarkanku.

Ketika kematian itu ada di sekitar kita, bagaimanakah kita menghadapinya?

Aku belajar banyak dari orang-orang sekitarku yang menghadapi permasalahan ini, sedangkan aku sendiri hanya pernah menghadapinya sekali, seorang kekasih hati meninggal dunia yang bukan keluarga, tapi dekat di hatiku. Tentulah sahabatku ini mengalami hal yang lebih berat dariku.

Ronald Purba

Pernah mengutip kata-kata ini ketika dia memberikan kesaksian tentang kematian sang ibu. “TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!” Ayub 1:21. Aku mengingat kata-kata itu dan aku memuji nama Tuhan pada saat itu, karena menyadari betapa Tuhan tidak membiarkannya dan bang Ronald menjadi kuat.

Shanty Irawati Ginting

Kesembuhan yang kekal telah diraih, kebahagiaan yang sesungguhnya ada di tangan Bapak sekarang, jadi tak perlu kuatir dan bimbang. Apa yang lebih baik lagi dari itu semua?

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Filipi 1:21

Yang menjadi renungan adalah:
Ketika aku mengalami hal yang sama, apakah aku akan seteguh mereka, atau aku akan menggagalkan semua pemahamanku tentang konsep kematian. Ketika seorang yang penting dan berarti dalam hidup tiba-tiba meninggal dunia, dan tidak mungkin bertemu di dunia fana ini, apakah aku akan terhanyut dalam duka mendalam dan tidak akan bangkit lagi.

Tuhan, berikanlah aku pemahaman yang benar.

How Great Thou Art…
Setiap hal yang terjadi takkan pernah lepas dari kuasaNya. Bahkan rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. (Lukas 12:7)

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Setiap kali melihat hidup ini, ingatlah bahwa kita sedang berjalan dalam sebuah rancangan. Tentulah butuh proses untuk sampai ke akhir rancangan itu. Dan yakin kalau rancanganNya pasti damai sejahtera.

Seperti bejana di tangan Pencipta, kita dibentuk sedemikian untuk jadi indah dan bermanfaat. Bentukan itu keras, sakit dan panas agar bejana yang dihasilkan indah dan tidak rapuh; siap dipakai untuk Tuhan.

--

MENGAPA KITA MEMULIAKAN ALLAH

“… semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, ….” (Yesaya 43:7)

Tuhan menciptakan manusia bukan supaya manusia hidup dan berbuat sekehendak hatinya. Tuhan menciptakan manusia supaya manusia tahu, ia harus memuliakan Allah Pencipta. Inilah tujuan kita diciptakan, tujuan kita ditebus.

Waktu saya masih kecil, saya selalu ingat suatu ayat yang mengatakan “muliakanlah Allah; muliakanlah Tuhan”. Lalu saya berpikir, apakah Tuhan tidak malu atau sungkan meminta orang memuliakan Dia? Saya tidak mengerti, maka saya tanya guru sekolah minggu saya. Guru menjawab, “Saya juga tidak mengerti!” Kalau guru tidak mengerti, mana saya bisa mengerti? Tetapi saya merasa pasti ada jawaban dalam Kitab Suci, karena Allah tidak main-main. Kemudian saya temukan dalam Kitab Suci, dua kali Allah berkata, “Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain. Aku tidak mengizinkan kemuliaan-Ku diberikan kepada ilah-ilah yang palsu.” (Yesaya 42:8)

Tidak lama setelah saya menjadi hamba Tuhan, pemuda-pemudi menanyakan pertanyaan yang sama, “Mengapa Allah meminta kita memuliakan Dia?” Saya balik bertanya, “Sebelum kita memuliakan Allah, apakah kemuliaan Allah sudah sempurna?” Jawabnya: sudah! Kalau kemuliaan Allah sudah sempurna sebelum seseorang memuliakan Dia, mengapa Dia meminta lagi supaya kemuliaan diberikan kepada-Nya?

Saya sebenarnya tidak mengerti, tetapi satu hal saya mengerti. Matahari memunyai cahaya sendiri, tetapi bulan tidak punya cahaya sendiri. Bulan hanya memantulkan 8% dari cahaya matahari yang diterimanya; dia menjadi reflektor untuk memancarkan kembali cahaya itu kepada benda-benda lain.

Andai kata saya mengambil cermin lalu memakainya sebagai reflektor untuk memantulkan kembali cahaya ke arah sumber cahaya tersebut, apakah dengan demikian sumber cahaya itu bisa menjadi lebih bercahaya? Tidak! Tetapi di sini ada satu pengertian yang penting, yaitu “kembali pada asal”. Itulah maknanya!

Allah mau kita kembali kepada asal. Allah mau kita hidup dalam arah yang benar. Berapa banyak orang yang memunyai arah hidup yang salah? Berapa banyak orang yang memunyai suara yang bagus tetapi tidak memakai suara itu untuk Tuhan? Berapa banyak orang yang namanya Kristen tetapi menyanyi di klub malam? Berapa banyak orang yang namanya anak-anak Tuhan tetapi menyanyi untuk memuja hawa nafsu? Di sinilah letak perbedaan antara anak-anak Tuhan dan mereka yang tidak mengenal Tuhan. Bagi anak-anak Tuhan, bakatku berasal dari Hu, uangku berasal dari Hu, kesehatanku berasal dari Hu. Berapa banyak orang yang dalam hal ini pun tidak mengerti! Mereka mengatakan, bakatku dariku, kepintaranku dariku, semua sukses dariku, segala keunggulanku adalah karena aku lebih dari orang lain.

Celakalah kalau kita menjadi orang yang tidak mengetahui sumber. Celakalah kalau kita tidak mengerti bahwa Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu yang kita terima. Sampai saat Roh Kudus menggerakkan hati kita, barulah kita menjadi sadar bahwa keberadaan kita pada hari ini adalah karena anugerah Tuhan saja. Demikian dikatakan Paulus, “Karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang.” (1 Korintus 15:10)

Pada saat seorang Kristen memunyai kesadaran demikian dan pada saat dia mengerti akan sumbernya, dia sudah melangkah dalam hidup kerohaniannya ke pangkalan yang benar; dia berdiri di atas batu karang yang benar. Dia tahu, dia adalah dia; dia diciptakan oleh Tuhan, dia memunyai kesehatan karena kemurahan Tuhan, dia menikmati sukses karena Tuhan. Suaranya diberi oleh Tuhan, waktu dan hidupnya berasal dari Tuhan. Kalau kesadaran ini sudah ada, mungkinkah seseorang menjadi sombong, congkak, membanggakan diri, dan merebut kemuliaan Tuhan? Itu tidak mungkin!

Tetapi kesadaran jangan berhenti di situ saja. Kesadaran itu harus mengarahkan kita kembali kepada Tuhan. Kalau bakatku, suaraku, dan kesehatanku berasal dari pada-Nya; kalau segala sesuatu yang baik dalam hidupku berasal dari pada-Nya, apakah yang seharusnya aku perbuat? Memakai semuanya untuk kemuliaan Allah! Kesadaran itu membawa kita bukan hanya ingat akan sumber, tetapi kembali mengarahkah diri kepada sumber.

Ketika saya berumur tujuh belas tahun, oleh pekerjaan Roh Kudus saya teringat akan cinta kasih Kristus di atas kayu salib. Sekali lagi saya berkata kepada Tuhan, “Di sini hamba-Mu, aku doulos-Mu, aku hamba-Mu, karena aku telah ditebus dengan harga tunai, dengan darah Kristus yang mahal.” Dalam Alkitab, Petrus menyebut tentang darah yang sangat bernilai, “the precious blood of Christ” (1 Petrus 1:19). Pertanyaan ini muncul satu kali saja dalam Alkitab — darah yang amat berharga, darah dari anak Allah sendiri, yang telah menebus saya. Siapakah saya? Saya adalah tebusan Tuhan.

Seorang pendeta yang tua sekali di Tiongkok, dalam khotbahnya lima puluh tahun lalu berkata demikian, “Sebelum suatu barang saya beli, barang itu milik toko. Setelah saya beli, barang itu milik saya. Mengapa saya membelinya? Karena saya mau memunyai hak milik atas barang itu.” Apa sebabnya Saudara ditebus oleh Tuhan? Apa sebabnya Saudara dibeli dengan darah yang begitu mahal? Karena Tuhan mau mempergunakan hak milik atas dirimu! Saudara-saudara, Dia mau memakai saya, Dia mau memakai Saudara, dan Dia mau berkata kepada Saudara, “Muliakanlah Aku oleh karena darah Anak-Ku yang tunggal. Aku sudah menebus engkau, Aku sudah membeli engkau dan sekarang Aku mau engkau memuliakan Aku.” Umat Kristen memiliki agama yang bernyanyi. Kita tahu kita bernyanyi karena ada yang kita puji, yaitu Tuhan Penebus kita.

Lagu-lagu yang dikumandangkan dalam pergelaran perdana Jakarta Oratorio Society berbicara tentang Kristus, Kristus, Kristus. Kita diingatkan kembali akan Kristus, Domba Allah, yang sudah mati disembelih untuk mengangkut dosa dunia; Domba Allah yang membersihkan hati nurani kita masing-masing. Dia patut dipuji dan dimuliakan. Marilah kita bersama-sama memuji Dia, bersyukur kepada-Nya dengan hati nurani yang bersih. Mari kita kembalikan kemuliaan kepada Tuhan!

--

Melayani Sesuai Karunia

Nats : Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan kasih karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengelola yang baik dari anugerah Allah (1 Petrus 4:10)

Bacaan : 1 Petrus 4:7-11



Sekelompok pemangkas rambut kristiani ingin melayani Tuhan sesuai talenta mereka. Lalu muncullah ide unik. Sebulan sekali mereka mendatangi kawasan kumuh, panti wreda, dan tempat perawatan orang cacat. Dan dibukalah layanan perawatan kecantikan gratis. Setiap orang dilayani layaknya pelanggan eksklusif. Dihormati. Dicintai. Hasilnya? Banyak yang tersentuh. “Orang-orang ini memberi saya harga diri,” ujar seorang ibu miskin. “Saya dan kedua putri saya tak mampu pergi ke salon. Kini, tiap bulan saya bisa menatap diri di cermin dengan bangga. Mereka membuat saya merasa berharga, cantik, dan layak untuk hidup.”



Petrus menyerukan agar di akhir zaman ini kita bersungguh-sungguh mengasihi sesama. Kasih yang sungguh itu nyata, bukan hanya kata. Kasih yang sungguh itu polos, bukan hanya polesan. Petrus memberi contoh. Jika memberi tumpangan pada orang asing, lakukan dengan sepenuh hati. Pelayanan setengah hati menghasilkan sungut-sungut. Orang tak merasa dikasihi jika kita melakukan tindakan kasih tanpa kasih. Kasih yang sungguh juga harus kreatif. Ia mendorong kita menemukan dan memakai segala karunia yang Tuhan berikan untuk melayani sesama. Dengan cara itulah Allah dimuliakan.



Karunia Tuhan bagi setiap orang berbeda, tetapi pasti ada. Banyak orang menganggap diri tak bisa apa-apa, hanya karena tidak bisa bernyanyi atau bermain musik di gereja. Padahal apa pun kemampuan kita, bisa dipakai untuk melayani. Para pemangkas rambut bisa melayani dengan sisir, gunting, dan senyuman. Seorang sopir bisa mengantar lansia ke gereja. Anda pun pasti bisa berbuat sesuatu —JTI

--

Kualitas Pekerjaan

Nats : Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia (Kolose 3:23)

Bacaan : Kolose 3:22-25

Kualitas sebuah pekerjaan tidak ditentukan oleh “nilai rohani” yang terkandung dalam pekerjaan itu—misalnya pendeta atau orang yang bekerja di lembaga keagamaan, tetapi oleh motivasi yang mendasarinya. Seorang petani yang bekerja dengan motivasi “bekerja buat Tuhan”, akan lebih bernilai karyanya, daripada pendeta yang berkhotbah sekadar untuk mendapatkan honorarium atau pujian.

Pekerjaan apa pun—selain tentunya baik dan benar—yang penting sungguh-sungguh dilakukan untuk Tuhan. Ada sebuah sajak yang dikutip oleh Pdt. Eka Darmaputera dalam salah satu bukunya, Tuhan dari Poci dan Panci. Konon sajak itu ditulis oleh seorang pekerja rumah tangga berumur 19 tahun:

Tuhan dari setiap poci dan panci, aku tak punya cukup waktu, bukan pula seorang ahli, untuk menjadi anak-Mu dengan mengerjakan yang suci-suci. Tapi jadikanlah aku anak-Mu melalui makanan yang kusaji. Jadikanlah aku anak-Mu melalui piring-piring yang kucuci. Hangatilah dapur ini dengan kasih-Mu. Terangi dapur ini dengan sinar-Mu. Sama seperti ketika Engkau menyajikan makanan di tepi danau, atau ketika perjamuan malam. Dan terimalah pekerjaanku yang sehari-hari ini, yang kukerjakan bagi Engkau sendiri.

Nasihat Paulus memang ditujukan bagi para hamba dalam hal ketaatan kepada tuannya. Namun juga berlaku bagi semua orang dalam setiap profesi. Bukankah setiap profesi sangat berarti, jika dikerjakan sebagai bagian dari persembahan kepada Tuhan? —AYA

BILA PEKERJAANMU MENYAPU JALAN
LAKUKAN SEPERTI BEETHOVEN MENGGUBAH LAGU

--

Sudah Berprestasikah Anda?
Diposting oleh admin pada 26 September, 2008
baru 1 komentar
Disimpan di [ Tips Karir ]

Jika ditilik dari masa kerja, bisa jadi Anda sudah tergolong senior. Namun bisakah Anda menyebutkan apa saja prestasi yang sudah diraih selama ini? Apalagi jika Anda ingin mengembangkan sayap menuju jenjang karir yang lebih tinggi, baik di perusahaan yang sekarang atau perusahaan lain yang lebih bonafit.

Deskripsi mengenai prestasi tentu akan jauh lebih menarik ketimbang deskripsi tugas yang selama ini digeluti. Bahkan, akan memberikan nilai tambah bila Anda mencantumkannya dalam resume. Paling tidak, Anda akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pekerja yang berkualitas.

Beberapa jenis prestasi yang sangat mungkin dicantumkan dalam resume , antara lain adalah:

1. Pencapaian target. Kumpulkan beberapa target tersukses yang pernah dibebankan oleh supervisor atau perusahaan kepada Anda. Akan sangat mudah mendefinisikannya bila proyek itu merupakan target pribadi. Namun bila hal tersebut merupakan proyek keroyokan, maka definisikan kontribusi Anda dalam pencapaian itu secara jelas.
2. Menepati tenggat waktu. Boleh dikata, hampir semua industri-terutama industri media- harus berpacu dengan waktu. Oleh karena itu, jangan heran bila karyawan-karyawan yang mampu melaksanakan tugas dengan hasil yang berkualitas dan tepat waktu cenderung lebih dihargai. Cantumkan hal ini dalam resume bila Anda termasuk salah satu orang yang disiplindan menghargai waktu.
3. Kemampuan dalam memecahkan masalah. Dalam hidup-apalagi bisnis-pasti selalu saja ada masalah. Jika Anda pernah menangani masalah pelik dalam bisnis dengan baik, tak ada salahnya jika hal tersebut dikemukakan dalam resume. Tentu saja tak sembarang masalah bisa dipaparkan dalam resume. Pilih yang memang layak untuk dikemukakan.
4. Kemampuan menangani beberapa tugas sekaligus. Mungkin banyak karyawan yang bisa mengerjakan tugas dengan baik. Namun hanya segelintir yang mampu mengerjakan berbagai pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan dengan kualitas yang tetap optimal. Jika Anda termasuk salah satunya biarkan hal tersebut muncul dalam resume.

Jika keemapt hal ini ada pada diri Anda plus berkas sertifikat penghargaan sebagai buktinya, maka sudah sepantasnya Anda disebut sebagai karyawan yang berprestasi.

-
KEMERDEKAAN YANG BERTANGGUNG JAWAB

“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.” (Galatia 5:1)

Beberapa bulan terakhir ini ada dua kemarahan besar yang dilakukan kelompok umat beragama yang menimbulkan korban harta benda yang tidak kecil. Peristiwa pertama adalah kemarahan besar yang ditujukan kepada negara-negara Barat terutama Denmark yang dipicu karikatur tokoh yang dinabikan yang dianggap melecehkan yang dimuat sebuah koran Denmark yang kemudian dimuat ulang beberapa koran Eropah, dan yang kedua pembakaran rumah-rumah penganut Ahmadyah di Lombok.

Mengapa ada umat beragama yang begitu mudah marah? Salahkan ajaran agama itu? Ataukah ada tradisi budaya agama yang tidak benar? Atau mungkinkan sistem pemerintahan agama yang represif sehingga membuat pengikutnya menyimpan kemarahan terpendam? Kita tidak perlu berspekulasi mengenai hal itu, karena perilaku masyarakat dibentuk oleh gabungan berbagai faktor seperti a.l. tradisi budaya suku, temperamen khas suku, ajaran agama yang dianut, maupun otoritarianisme pemimpin agama. Kalau sifat-sifat yang negatif menumpuk maka kemarahan dan nafsu perang akan makin mencuat keluar.

Kasus Denmark memang bisa menjadi pelajaran menarik mengenai soal ‘kebebasan’ khususnya kebebasan beragama dan bersuara. Memang latar belakang tradisi budaya Barat yang terpengaruh Helenisme dan Kekristenan mendorong dipraktekkannya kebebasan, namun kelihatannya kasus karikatur mutakhir itu menunjukkan bahwa kebebasan atau kemerdekaan itu sudah kelewat batas sehingga malah berdampak bebasnya terjadi kekacacauan.

Memang kadang-kadang tidak bisa dimengerti mengapa alasan agama bisa menjadikan orang merusak, membakar rumah ibadah, membunuh atau memberi fatwa mati. Selain Suradi yang melecehkan nama ‘Allah’ tokoh muda Ulil Absar Abdala juga pernah diberi fatwa mati oleh kalangan tertentu.

Kita belum lupa kasus majalah Monitor yang menyeret redaksinya bertahun-tahun di penjara karena perilaku demikian. Pasalnya ada angket mengenai tokoh yang dianggap paling populer, Muhammad yang diakui sebagai nabi ternyata ada yang memilihnya dengan 14 suara (kalau nggak salah ingat) dan Yesus hanya mendapat 4 suara, suara-suara ini jauh dibawah tokoh sekuler. Reaksi memang cukup keras sehingga Arswendo dihukum penjara, padahal dia hanya mengungkapkan fakta berapa jumlah suara yang diusulkan dan dikirim pembaca. Umat kristen (yang notabena mengaku Yesus sebagai Tuhan) menghadapi angket itu tidak bereaksi apa-apa, bahkan ada yang bersyukur bahwa hanya sedikit orang (4) yang mengaku Yesus sebagai Tuhan dan tokohnya yang membaca tabloid bernuansa ‘paha dan dada’ (komentar Arswendo mengenai tabloidnya) itu.

Dibandingkan kasus majalah Monitor, memang kasus karikatur di koran Denmark jauh lebih kental nuansa pelecehannya. Reaksi dari kalangan yang terkena macam-macam, ada yang menanggapinya dengan kepala dingin namun ada juga yang menghadapinya dengan hati panas, bahkan ada yang merusak dan membakar kedutaan Denmark, dan tidak kalah panas ada tokoh agama yang bahkan menuntut pemerintah RI memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Denmark dan negara-negara lain yang salah satu korannya ikut memuat karikatur bermasalah itu.

Sedemikian jauhkah perlu reaksi berantai kemarahan itu? Apa urusan pemerintah Denmark dengan ulah satu koran yang berlindung dalam kebebasan persnya? Di Denmark, pemerintah bisa dituntut oleh koran kalau berani memberangus koran itu. Kita perlu sadar bahwa di Denmark dan negara-negara yang korannya memuat karikatur itu ada banyak warganegaranya yang muslim yang bergantung pada ekonomi negara. Sebenarnya tindakan kemarahan generalisasi itu bisa menjadi bumerang seperti yang diungkapkan dengan bijak oleh tokoh muslim Dawam Rahardjo yang mengingatkan bahwa penutupan kedutaan dan pabrik negara-negara itu menambah banyak jumlah PHK karena banyak orang muslim bekerja di situ.

Yang menarik lagi adalah generalisasi itu ditujukan kepada Dunia Barat secara keseluruhan seakan-akan Barat dan juga agama Kristen ikut bersalah. Kita harus sadar bahwa sekalipun banyak fundamentalis Kristen yang mendukung Bush dalam menyerbu Afghanistan dan Irak, banyak juga kalangan Kristen di USA yang menolak nafsu perang Bush. Apa hubungan kekristenan dengan Denmark yang serba bebas termasuk dalam hal pornografi? Sekalipun mendapat cap sebagai negara Kristen, survai menunjukkan bahwa hanya sekitar 4 persen orang Denmark yang pergi ke gereja.

Kemarahan kalangan tertentu yang pemarah dalam Islam memang jauh lebih dominan dibanding mereka yang juga muslim yang mayoritas yang lebih tenang (the silent majority), namun justru karena kemarahan yang sering memang dipicu oleh para pemimpin agama yang tidak bertanggung jawab itulah, maka karikatur itu malah menyebar tak terbatas melalui internet dan tidak seorang pun bisa membendungnya sehingga orang yang tidak tahu jadi tahu bahkan ikut menyebarkannya lebih luas lagi.

Umumnya umat Kristen telah belajar banyak dari sejarah bahwa kalau pelecehan dilayani maka akan makin menyebar tetapi kalau didiamkan akan berakhir sendiri. Yesus (yang dipercayai sebagai Tuhan) sudah sering dilecehkan orang. Yesus pernah dilukis sebagai wanita telanjang memimpin perjamuan malam, film ‘The Last Temptation’ menggambarkan Yesus disalib telanjang dan membayangkan kawin dengan Maria Magdalena dan membuatnya hamil dan berselingkuh dan mengawini Marta, film ‘Jesus Christ Superstar’ menjadikan Yudas sebagai pahlawan yang dikorbankan untuk Yesus yang berpacaran dengan Maria Magdalena. John Dominic Crossan tokoh Jesus Seminar bercerita tentang Yesus yang mayatnya dimakan anjing, dan Dan Brown menulis dalam ‘The Da Vinci Code’ bahwa Yesus mengawini Maria Magdalena dan memiliki keturunan. Namun sekalipun ada kalangan Kristen yang marah tetapi tidak sampai bereaksi berlebihan dan hanya dalam wacana, dan umumnya umat Kristen menganggap karya-karya demikian sebelah mata.

Memang ayat pembuka renungan ini menggambarkan kebebasan/kemerdekaan yang dibawakan oleh Yesus kepada umat Yahudi kala itu yang sangat terikat dan terjajah oleh tradisi suku dan agama Yahudi dan lain-lain ikatan, demikian juga ayat itu masih berlaku hingga saat ini dalam konteks kebebasan beragama dan menganut keyakinan, namun dibalik itu perikop ayat itu diakhiri dengan batasan kebebasan/kemerdekaan itu agar bertanggung jawab.

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk berbuat dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.” (Galatia 5:13)

Surat rasul Paulus kepada jemaat Galatia di atas merupakan pengejawantahan hukum kasih yang diberitakan oleh Yesus kepada kita agar dilakukan oleh umatnya yang mengakuinya sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Marilah kita mendoakan mereka yang mengatas-namakan kebebasan dan ingin berbuat sesuka hati agar bisa bertanggung jawab dan tidak sampai melecehkan pihak lain, kita juga jangan terpancing untuk ikut-ikutan melecehkan mayoritas umat Islam hanya karena kemarahan kalangan minoritas di dalamnya, sebaliknya kita juga perlu mendoakan mereka yang mengaku beragama tetapi menjadi pemarah dan hakim, dan marilah kita memperkenalkan dengan kesaksian kita mengenai ‘kasih’ Tuhan yang telah diajarkan kepada kita yang membebaskan manusia termasuk bebas dari kemarahan.

--

Kegairahan Melayani Tuhan

Dan didalam agama Yahudi aku jauh lebih maju dari banyak teman yang sebaya dengan aku diantara bangsaku, sebagai orang yang sangat rajin memelihara adat istiadat nenek moyangku. (Gal 1:14)

Sebelum Paulus mengenal Yesus, tradisi Farisi sangat mempengaruhinya, itulah yang membuatnya bergairah untuk mendalaminya dan berusaha mentaatinya. Jadi, penolakan Paulus terhadap Yesus dan pengikut-pengikutnya didasarkan pada kesetiaannya pada tradisi Farisi. Disini terlihat, pemahaman yang salah sesungguhnya dapat saja membuat orang bergairah untuk mentaatinya, namun, kegairahan pada yang salah tetap saja akan menghasilkan penghukuman. Kegairahan saja tidak cukup untuk melayani Tuhan, tetapi kita membutuhkan pengetahuan yang benar tentang Tuhan.

Oleh anugerah Tuhan, Paulus dirubah oleh Allah, kegairahan Paulus kini beralih pada Injil, bahkan, Paulus tampak jauh lebih bergairah melayani Tuhan, meski ia harus mati demi kesetiannya pada Injil. Kegairahan melayani Tuhan semestinya jauh lebih berkobar-kobar dibandingkan kegairahan kita ketika melayani dosa.

Pelajaran ini seharusnya menyadarkan kita, jika pada waktu yang lampau kita pernah bergairah hidup dalam kegelapan, maka seharusnya ketika hidup dalam Kristus, kegairahan untuk melayani Tuhan semestinya terus berkobar-kobar, karena hadiah hidup kekal telah menjadi bagian dalam hidup kita.

Doa. Tuhan, berikanlah padaku kegairahan untuk melayani engkau pada hari ini lagi, Amin.

-

ENAM LANGKAH SUKSES MENITI KARIR
Diposting oleh admin pada 26 June, 2009
7 Comments
Disimpan di [ Kepribadian, Tips Karir ]

Tak seorang pun karyawan yang tak ingin sukses. Semua pasti ingin memiliki jenjang karir yang menjanjikan masa depan cerah. Untuk meraihnya, tentu saja dibutuhkan usaha dan pengorbanan yang cukup besar

Beberapa tip berikut, mungkin dapat membantu Anda mencapai jenjang karir yang diinginkan:

1. Berdedikasi tinggi. Untuk mewujudkan cita-cita akan karir yang terus berkembang, diperlukan daya juang dan dedikasi pada perusahaan yang tinggi. Usahakan jangan berdedikasi jika hanya ingin mendapatkan promosi jabatan semata. Lakukan semua pekerjaan dengan disiplin yang tinggi. Bila perlu disertai dengan prestasi yang menonjol di bidang yang Anda geluti.
2. Berinisiatif. Jangan ragu untuk melontarkan ide dan inisiatif. Tunjukkan pula hasil karya penyelesaian tugas, kerja sama dan komunikasi yang memuaskan semua pihak.
3. Menambah ilmu dan pengalaman. Tingkatkan kepercayaan diri dengan memperbanyak ilmu dan keterampilan yang relevan dan signifikan agar dapat memberikan hasil karya yang memuaskan.
4. Tidak gagap teknologi. Di zaman yang serba canggih ini, ada baiknya jika Anda menguasai teknologi internet, penggunaan software tertentu dalam proses bisnis diperusahaan, dan teknologi yang relevan dengan kompetensi khusus.
5. Jalin kerja sama dengan unit-unit terkait. Pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari pasti terkait dengan unit bisnis lainnya. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menunjukan sikap bersahabat, serta menghargai bantuan atau karya orang lain. Lakukan juga hubunga komunikasi yang baik dengan sesama bawahan maupun atasan. Jangan lupa untuk mengucapkan kata terima kasih atas bantuan dan kerja sama mereka.
6. Selalu menjaga sikap. Sebuah perusahaan yang berkualitas tentunya menuntut karyawannya untuk selalu menjaga penampilan diri, serta kesopanan dalam tutur kata. Ada baiknya jika Anda selalu menyesuaikan cara berpakaian dengan budaya perusahaan yang berlaku. Terlebih sikap ramah, tersenyum, dan sopan yang selalu ditunjukkan dalam perilaku kerja.


--

Menjaga Hubungan Cinta Dengan Pacar

26 April, 2008 pada 8:07 am · Disimpan dalam Tips & Trik

Memiliki pacar yang kita sayangi dan cintai sangat menyenangkan untuk dijalani. Selama masa berpacaran pasti akan ada berbagai masalah yang datang silih berganti. Jika anda berhasil menjalani itu semua, maka kesuksesan anda adalah menikah dengan doi.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan agar hubungan anda tetap menyenangkan dan lancar dengan pacar tercinta sehingga dapat menikahinya :

1. Komunikasi Yang Intensif
Dengan teknologi yang sudah maju anda bisa sering menelpon dan mengirim sms ke dia dengan obrolan yang segar dan tidak membosankan. Usahakan bisa menelfon si dia setiap malam hari dengan tarif yang murah meriah sehingga anda dapat berlama-lama ngobrol dengannya berdua. Jika si doi sudah merasa nyaman dan senang ditelfon maka komunikasi yang anda lakukan dalam kondisi yang baik.

Hindari menanyakan hal yang sama berulang-ulang dan dapat membuat pasangan anda bosan menjawabnya. Jika anda mempunyai sesuatu hal yang menarik dan baru, sampaikanlah. Selain malam hari, jangan ganggu si dia terlalu lama. Cukup dengan telepon sebentar dan beberapa sms segar. Jangan paksakan melakukan komunikasi jika keadaan sedang tidak memungkinkan.

2. Beri Perhatian Lebih
Perlakukan si dia berbeda dan lebih baik dari orang lain. Ketika dia ulang tahun atau event-event tertentu ucapkan selamat dan juga bisa anda beri hadiah. Buatlah seolah-olah dia seorang yang spesial dan anda tidak mau kehilangan dirinya. Jika doi ada masalah, bantulah minimal dengan mendengarkan curhat serta membantu dengan memberi solusi.

3. Ungkapan Cinta Yang Tulus Dan Wajar
Jangan memberi ungkapan gombal yang berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Ungkapkan cinta anda secukupnya secara wajar tidak dibuat-buat alias maksa. Buat varasi ungkapan cinta anda dengan berbagai metode dan cara agar tidak monoton.

4. Pelajari Sifat Dan Perilaku
Amati dan pelajari apa-apa yang ia sukai dan apa-apa yang tidak disukainya. Jika anda sudah tahu, jangan lakukan hal-hal yang tidak ia sukai dan lakukanlah apa yang ia sukai selama tidak melanggar aturan hukum, norma dan agama serta tidak membebani anda. Hindari hubungan seks di luar nikah untuk menghindari masalah pelik yang dapat muncul. Tolak dengan baik ajakan-ajakan yang berbahaya, karena belum tentu ia akan menikah dengan anda.

5. Jangan Pelit Dan Matre
Ketika sedang pergi berdua jika memungkinkan tanggunglah biaya-biaya pacaran berdua seperti makan, nonton, belanja, jajan, transport, dsb. Jangan maunya dibayari saja tanpa mau mengorbankan sedikitpun uang anda untuk orang yang anda sayangi. Tetapi jika salah satu ada yang sudah bekerja dan yang satunya tidak bekerja, dibayari adalah sesuatu yang wajar.

6. Perjelas Hubungan Ke Depan
Komitmen menikah merupakan sesuatu yang penting dan perlu disepakati yang menunjukkan bahwa anda dan pasangan saling mencintai. Komitmen tersebut bisa diungkapkan di awal maupun setelah lama berhubungan. Semakin jelas hubungan anda dengan dirinya, maka semakin kuat ikatan batin anda dengan si dia. Terlebih lagi jika keluarga kedua belah pihak telah mengetahui serta merestuinya. Berdoalah kepada Tuhan agar anda kelak bahagia bersama pasangan anda.

7. Hubungan Keluarga Yang Baik
Jaga hubungan baik dengan anggota keluarga si dia jangan sampai menimbulkan masalah dan citra yang negatif. Jika ada masalah segera selesaikan secara kekeluargaan bersama pasangan anda. Pernikahan tidak hanya penyatuan seorang laki-laki dengan perempuan, tetapi juga menikahkan kedua keluarga.

8. Jujur Dan Menjadi Diri Sendiri
Jadilah sebagai diri sendiri dan tidak meniru adegan sinetron, novel, film, dan sebagainya. Tanpa berpura-pura menjadi seseorang yang sempurna, kita akan merasa bebas lepas tanpa beban dalam menjalani hubungan cinta anda.

Usahakan tidak membohongi kekasih anda dan katakan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Sekali berbohong maka anda harus membuat kebohongan lainnya untuk menutupinya. Jika telah menikah nanti akan lebih indah jika saling jujur tanpa ada dusta diantara anda dengan dia.

9. Menjaga Emosi
Jangan membalas emosi dengan emosi. Gunakan kesabaran yang tinggi untuk meredam amarah si dia. Ungkapkan anda tidak suka jika dia marah membabi-buta. Jika si dia melakukan kesalahan atau kebohongan pun jangan sampai emosi anda meledak-ledak. Tetap tenang dan gunakan akal sehat dalam menjalani suatu masalah. Berbicaralah baik-baik dan lembut namun tegas dalam menyikapi sesuatu karena emosi terkadang sifatnya hanya sementara. Emosi yang saling beradu sangat berbahaya dalam menjaga hubungan agar tidak putus cinta.

10. Selesaikan Masalah Yang Ada Secepatnya
Jangan menunda-nunda untuk mencari pemecahan dari masalah yang timbul. Jika keadaan dibuat mengambang terlalu lama maka bisa jadi si dia akan berpaling dari anda dan menjalin cinta yang lain. Sedapat mungkin hubungan yang terjalin dapat kembali mesra seperti sedia kala setelah masalah terselesaikan.

11. Selalu Setia
Hal yang sangat penting adalah menjaga kepercayaan si doi. Jika anda ketahuan pacaran lagi dengan orang lain maka hancurlah hati si dia jika mengetahuinya. Jangan pernah menduakan cinta anda, karena itu sangat membahayakan hubungan anda dengan pacar anda.

12. Seimbang / Tidak Ada Dominasi
Jangan sampai hubungan yang berjalan menjadi kurang nyaman karena yang satu dianggap atau menganggap dirinya lebih dewasa, lebih pintar, lebih kaya, dan sebagainya. Buatlah diri anda dengan dirinya seimbang satu sama lain tanpa perbedaan. Keadaan yang seimbang antara pria dan wanita seperti teman akan sangat menyenangkan daripada yang satu harus selalu menuruti kemauan salah satu pihak terus menerus seperti pembantu.

13. Lakukan Hal-Hal Yang Menyenangkan
Sesuatu yang membuat anda berdua senang tidaklah harus yang berharga mahal. Mungkin dengan belanja bersama ke pusat perbelanjaan, jalan-jalan naik motor berdua atau duduk berdua di bangku taman yang gratis dapat menyenangkan kedua belah pihak. Nikmatilah masa-masa pacaran anda yang indah agar tidak menyesal nantinya ketika menikah.


--

22 Rahasia Ketika Wanita Menginginkan Anda

26 April, 2008 pada 8:10 am · Disimpan dalam GayaHidup

Sebenarnya kami malas untuk membuka rahasia ini. Tapi apa boleh buat, demi Anda… kami rela berkorban. Masalahnya, tak banyak pria di dunia ini yang tahu kode-kode rahasia wanita ini. Jadi, ketika Anda mengetahuinya… Anda bisa menjadi Don Juan. Wanita mana pula yang tak ‘terkapar’ di tangan Anda?

Dia akan pergi bersama Anda bila… ujung kakinya diayun-ayunkan ke arah Anda dalam posisi menyilang. Ini artinya si Dia sedang mencoba menggoda Anda.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… ujung kakinya menunjuk ke arah pria ganteng di sebelah Anda, atau kakinya disilangkan ke arah menjauh dari Anda.

Dia akan pergi bersama Anda bila… Dia bertanya apakah Anda suka menonton serial Sex and the City. (Ini alasan si Dia untuk menggoda Anda dan memunculkan topik-topik nakal.)

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Si Dia bilang kalau Anda adalah tipe pria yang senang menonton Every Body Loves Raymond. (Ini artinya Anda sangat membosankan.)

Dia akan pergi bersama Anda bila… Dia tidak mengenalkan Anda kepada teman-temannya. (Mungkin karena ia merasa tidak perlu persetujuan teman-temannya untuk bersama Anda malam itu, atau ia tak ingin punya saingan.)

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Dia ingin Anda berkenalan dengan teman-teman wanitanya.

Dia akan pergi bersama Anda bila… Dia mengajukan banyak sekali pertanyaan kepada Anda, sementara ia sendiri tidak bisa berhenti bicara.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Dia sama sekali tidak mengajukan pertanyaan apa pun pada Anda. (Maaf, mungkin dirinya sama sekali tidak tertarik dengan kehidupan Anda.)

Dia akan pergi bersama Anda bila… tangannya selalu membelai dan memainkan rambutnya. Sepertinya ia ingin menunjukkan betapa sehat rambutnya -dan tentunya mengacu pada tubuhnya juga.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… tubuhnya kaku atau tidak bergerak sama sekali. Mungkin ia berpikir sedang menonton Dunia Dalam Berita saat Anda sedang bercerita di hadapannya

Dia akan pergi bersama Anda bila… Dia mengatakan kalau dirinya sedang tidak layak mengendarai mobil. Bila Dia ingin memberi tahu Anda kalau malam itu ia seharusnya tidak boleh mengemudi, artinya, ia menginginkan Anda menjadi supirnya atau ia ingin menumpang mobil Anda.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Ia meletakkan kunci mobilnya di atas meja bar dan mengingatkan kalau saat ini sudah terlalu malam baginya.

Dia akan pergi bersama Anda bila… Dia memberi petunjuk pada Anda kalau dirinya bisa membolos keesokan harinya. Dia sudah siap untuk bersenang-senang semalam suntuk.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Dia memberi petunjuk pada Anda kalau keesokan pagi ia harus mempersiapkan bahan presentasi, ada meeting, atau ada janji dengan kliennya.

Dia akan pergi bersama Anda bila… Ia membelikan Anda minuman.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Ia mengatakan kalau minuman di sini rasanya aneh atau ia sudah kebanyakan minum, saat Anda menawarkannya minuman.

Dia akan pergi bersama Anda bila… Anda mengatakan padanya kalau Anda memiliki anjing, dan si Dia menanyakan namanya.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Ia mengatakan pada Anda kalau ia benci sekali anjing atau bahkan alergi terhadapnya.

Dia akan pergi bersama Anda bila… Ia mengeluarkan cermin kecil dan mulai merapihkan lipstiknya di hadapan Anda. (Wanita menganggap hal ini akan membuat pria bergairah.)

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Dia meminta izin ke kamar kecil, dan kembali tanpa merapihkan make up-nya sama sekali. (Dia merasa tidak perlu membuat Anda tertarik padanya.)

Dia akan pergi bersama Anda bila… Dia menghindari makan banyak kudapan di mejanya, karena takut Anda menganggapnya rakus.

Dia berencana meninggalkan Anda bila… Dia menghabiskan semua kudapan, tanpa menyisakannya untuk Anda, dan memesan dua piring lagi.


--

Cara Mengatasi Emosi

26 April, 2008 pada 8:05 am · Disimpan dalam Tips & Trik

Ketika emosi dan amarah memuncak maka segala sifat buruk yang ada dalam diri kita akan sulit dikendalikan dan rasa malu pun kadang akan hilang berganti dengan segala sifat buruk demi melampiaskan kemarahannya pada benda, binatang, orang lain, dll di sekitarnya.

Banyak orang bilang kalau menyimpan emosi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat pecah sewaktu-waktu dan bisa melakukan hal-hal yang lebih parah dari orang yang rutin emosian. Oleh sebab itu sebaiknya bila ada rasa marah atau emosi sebaiknya segera dihilangkan atau disalurkan pada hal-hal yang tidak melanggar hukum dan tidak merugikan manusia lain.

Beberapa ciri-ciri orang yang tidak mampu mengandalikan emosinya :
1. Berkata keras dan kasar pada orang lain.
2. Marah dengan merusak atau melempar barang-barang di sekitarnya.
3. Ringan tangan pada orang lain di sekitarnya.
4. Melakukan tindak kriminal / tindak kejahatan.
5. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb.
6. Menangis dan larut dalam kekesalan yang mendalam.
7. Dendam dan merencanakan rencana jahat pada orang lain. dsb…

Cara lainnya :

1. Rasakan Yang Orang Lain Rasakan
Cobalah bayangkan apabila kita marah kepada orang lain. Nah, sekarang tukar posisi di mana anda menjadi korban yang dimarahi. Bagaimana kira-kira rasanya dimarahi. Kalau kemarahan sifatnya mendidik dan membangun mungkin ada manfaatnya, namun jika marah membabi buta tentu jelas anda akan cengar-cengir sendiri.

2. Tenangkan Hati Di Tempat Yang Nyaman
Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak mingkin rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.

3. Mencari Kesibukan Yang Disukai
Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi. Contoh seperti mendengarkan musik, main ps2 winning eleven, bermain gitar atau alat musik lainnya, membaca buku, chating, chayang-chayangan dengan kekasih pujaan hati, menulis artikel, nonton film box office, dan lain sebagainya. Hindari perbuatan bodoh seperti merokok, make narkoba, dan lain sebagainya.

4. Curahan Hati / Curhat Pada Orang Lain Yang Bisa Dipercaya
Menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati. Jangan curhat pada orang yang tidak kita percayai untuk mencegah curhatan pribadi kita disebar kepada orang lain yang tidak kita inginkan. Bercurhatlah pada sahabat, pacar / kekasih, isteri, orang tua, saudara, kakek nenek, paman bibi, dan lain sebagainya.

5. Mencari Penyebab Dan Mencari Solusi
Ketika pikiran anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan gunakan secarik kertas kosong dan sebatang pulpen untuk menulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran anda.

6. Ingin Menjadi Orang Baik
Orang baik yang sering anda lihat di layar televisi biasanya adalah orang yang kalau marah tetap tenang, langsung ke pokok permsalahan, tidak bermaksud menyakiti orang lain dan selalu mengusahakan jalan terbaik. Pasti anda ingin dipandang orang sebagai orang yang baik. Kalau ingin jadi penjahat, ya terserah anda.

7. Cuek Dan Melupakan Masalah Yang Ada
Ketika rasa marah menyelimuti diri dan kita sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan anda. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yang tidak penting. Misalnya dalam hati berkata : ya ampun…. sama yang kayak begini aja kok bisa marah, nggak penting banget sich…

8. Berpikir Rasional Sebelum Bertindak
Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Terkadang ada orang yang karena diliatin sama orang lain jadi marah dan langsung menegur dengan kasar mengajak ribut / berantem. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yang besar jangan disepelekan.

9. Diversifikasi Tujuan, Cita-Cita Dan Impian Hidup
Semakin banyak cita-cita dan impian hidup anda maka semakin banyak hal yang perlu anda raih dan kejar mulai saat ini. Tetapkan impian dan angan hidup anda setinggi mungkin namun dapat dicapai apabila dilakukan dengan serius dan kerja keras. Hal tersebut akan membuat hal-hal sepele tidak akan menjadi penting karena anda terlalu sibuk dengan rajutan benang masa depan anda. Mengikuti nafsu marah berarti membuang-buang waktu anda yang berharga.

10. Kendalikan Emosi Dan Jangan Mau Diperbudak Amarah
Orang yang mudah marah dan cukup membuat orang di sekitarnya tidak nyaman sudah barang tentu sangat tidak baik. Kehidupan sosial orang tersebut akan buruk. Ikrarkan dalam diri untuk tidak mudah marah. Santai saja dan cuek terhadap sesuatu yang tidak penting. Tujuan hidup anda adalah yang paling penting. Anggap kemarahan yang tidak terkendali adalah musuh besar anda dan jika perlu mintalah bantuan orang lain untuk mengatasinya.

11. Untuk meredam amarah orang lain sebaiknya kita tidak ikut emosi ketika menghadapi orang yang sedang dilanda amarah agar masalah tidak menjadi semakin rumit. Cukup dengarkan apa yang ingin ia sampaikan dan jangan banyak merespon. Tenang dan jangan banyak hiraukan dan dimasukkan dalam hati apa pun yang orang marah katakan. Cukup ambil intinya dan buang sisanya agar kita tidak ikut emosi atau menambah beban pikiran kita.

12. Jika marahnya karena sesuatu yang kita perbuat maka kalau bukan kesalahan kita jelaskanlah dengan baik, tapi kalau karena kesalahan kita minta maaf saja dan selesaikanlah dengan baik penuh ketenangan batin dan kesabaran dalam mengatasi semua kemarahannya. Lawan api dengan air, jangan lawan api dengan api. Semoga berhasil menjinakkan emosi rasa marah anda.


--


Tips Anti Jenuh Kerja
oleh: Artikelku
Pengarang : Johan

* Summary rating: 3 stars (15 Tinjauan)
* Kunjungan : 2091
* kata:600
*

More About : tips kerja
Walau awalnya semangat, pekerjaan rutin kerap membuat kita bosan. Bila
kebosanan tak segera diatasi maka profesionalitas kerja pun jadi
korban. Sebelum performa kerja anda terancam menurun, baca tips ini!

1. Tuliskan tugas sehari-hari anda.

Bikin daftar pekerjaan anda sehari-hari. Dan berikan tanda pada setiap
pekerjaan yang sudah selesai anda kerjakan. Selain bisa lebih fokus
dan efisien, juga bisa jadi cara jitu menghindari tudingan anda tidak
cukup berusaha menyelesaikan tugas-tugas anda.

2. Minta lebih banyak tugas

Coba bicarakan dengan atasan anda dan minta lebih banyak pekerjaan,
termasuk tanggung jawab yang lebih menantang. Bila memungkinkan coba
meminta kepada atasan anda untuk bertukar posisi.

Jika tidak mungkin coba bantu rekan kerja anda menyelesaikan tugasnya.
Jadi relawan istilahnya. Selain rekan kerja akan merasa terbantu anda
pun jadi nggak bosan lagi. Tapi ingat, mintalah ijin terlebih dahulu
pada atasan anda. Jangan sampai rekan anda yang mendapat pujian dari
hasil kerja anda.

3. Menjadi panitia kegiatan yang dilakukan perusahaan

Bila perusahaan anda akan libur, usulkan untuk membuat liburan
bersama. Ide anda perlu dilontarkan pada atasan. Berikan juga usulan
tempat-tempat yang cocok untuk dijadikan tempat liburan. Bisa juga
anda mengusulkan untuk melakukan bakti sosial. Selain membuat anda
lebih akrab dengan lingkungan kerja, hal itu juga bisa menunjukkan
reputasi anda sebagai seorang pemimpin. Pasti anda mendapat nilai
lebih dari atasan.

4. Menambahkan nilai pada pekerjaan anda

Anda bisa memperlihatkan pada atasan ada bahwa anda memiliki kemampuan
lebih. Deskripsi pekerjaan anda hanya perlu menyelesaikan dan
mengajukan laporan keuangan standar. Bila anda mampu, mengapa tidak
mencoba melakukan analisa atau mengajukan format terbaru?

Untuk mengurangi prasangka anda hanya cari muka, lakukan hal itu tanpa
memberi tahu siapapun. Selesaikan sampai tuntas, dan ajukan pada
atasan anda. Tidak perlu meminta jawaban langsung. Tunggu beberapa
hari, sampai si bos memberikan jawaban.

Bila atasan anda menerima proposal yang anda ajukan tadi tentu akan
menambahkan nilai pekerjaan anda. Pasti si bos akan lebih antusias
memberikan tanggung jawab pada anda.

5. Ambil inisiatif dan mulailah proyek baru

Jangan menunggu perintah seseorang. Jadilah pro-aktif. Coba membuat
data base baru, atau cari klien baru yang cukup potensial untuk
perusahaan. Bisa juga mencoba menangani materi promosi perusahaan anda.

Selalu komunikasikan dengan pengambil keputusan setiap langkah anda.
Tujuan anda adalah menunjukkan kemampuan anda untuk bekerja, bukan
membuat orang lain terlihat tidak mampu atau mencoba meraih posisi
yang kosong.

6. Berpikirlah positif

Coba untuk selalu berpikir positif. Anda bosan karena hanya menangani
email perusahaan, namun di satu sisi coba tumbuhkan pikiran bahwa anda
diberi tanggung jawab mengkomunikasikan perusahaan dengan pihak-pihak
lain. Jadi
bila ada konsumen yang mengeluh atau ada kolega yang menghubungi
perusahaan, bisa cepat ditanggapi. apalagi bila segera dibicarakan
dengan kolega yang lebih senior, siapa tahu anda dapat promosi.

7. Cobalah Istirahat

Bila kebosanan benar-benar merasuki anda dan mengancam karir anda,
beristirahat sebentar. Pergilah makan siang atau minum kopi di kantin.
Ajaklah satu atau dua kolega baru di tempat kerja anda untuk bergabung.

Curi sedikit waktu untuk bermain games yang disedikan perangkat PC
anda. Main soliter atau bounce. Tapi jangan terlalu lama, bisa-bisa
anda kena semprot atasan.

Pergunakan waktu ekstra anda secara bijaksana, untuk menciptakan
jaringan kerja dan memperbaiki harapan karir anda

--

Kenali Karakter Orang-orang SUKSES
Ada pepatah mengatakan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda , sebenarnya kegagalan dan kesuksesan hanyalah sebuah pilihan dan hanya kitalah yang berhak untuk menentukan apa terbaik bagi kita.

Siapa yang ingin sukses? Kelihatannya ini adalah pertanyaan yang mudah dijawab tetapi sangat sukar dilaksanakan. Secara umum sukses dapat diartikan sebagai level

tertentu dari suatu status sosial, atau pencapaian dari suatu tujuan, lawan dari kegagalan.

Karena tidak semua orang sukses sehingga banyak yang percaya bahwa orang sukses adalah orang yang memang dilahirkan untuk berhasil. Sudah garis tangannya untuk berhasil sehingga apapun yang dikerjakan memberikan hasil yang luar biasa. Orang yang memang digariskan untuk gagal apapun yang dikerjakan tidak akan berhasil. Padahal hal seperti itu adalah mitos yang salah.

Albert E. Gray, memiliki kata-kata motivational yang sangat terkenal.
Pertama, semua orang sukses punya kebiasaan melakukan hal-hal yang enggan dilakukan oleh mereka yang gagal. Sebenarnya orang sukses merasakan pula keengganan itu, tetapi kekuatan tekad mereka mampu mengalahkannya.

Kedua, orang-orang sukses memiliki sikap dan cara berfikir berbeda dengan orang kebanyakan. Inilah yang membuat mereka mampu bersaing. Sebenarnya pada saat seseorang dilahirkan, tidak ada yang langsung menjadi orang sukses atau pemimpin. Jadi pada awalnya semua bayi memiliki hal-hal yang sama yang dimiliki oleh yang lain.

Ketiga, orang-orang sukses memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mampu beradaptasi dengan dunia yang baru, dan cepat-cepat belajar mengenal sesuatu yang baru. Bedanya, orang sukses dengan konsisten melakukannya tetapi orang yang gagal cenderung tidak memelihara apalagi mengasah sehingga lama-kelamaan potensi tersebut menghilang.

Apakah sukses dapat diraih semua orang ? Tidak seorangpun yang langsung tiba di puncak tangga sukses tanpa melalui posisi seperti apa yang kebanyakan orang atau anda dan saya mungkin sedang hadapi saat ini.Sukses itu bisa diraih oleh semua orang. Lidya T, Vibiznews (sumber: majalah wirausaha dan keuangan)

--


Sekilas tentang Blue Ocean Strategy
Sejatinya "Blue Ocean Strategy" (strategi bisnis laut biru) ini sudah dikenal sejak tahun 2005 lalu. Saat itu berbagai acara bedah buku, seminar, sarasehan hingga diskusi informal lainnya kerap dilakukan. Oleh banyak pembicara seminar, konsep dasar strategi bisnis laut biru yang dikarang oleh W Chan Kim dan Renee Maubourgne, diperas intisarinya oleh banyak pembicara seminar menjadi pembelajaran bagaimana meningkatkan value innovation pada sebuah perusahaan.


Blue Ocean Strategy (BOS) mengajak pebisnis memasuki celah-celah inovasi yang belum terpikirkan oleh pebisnis lain sebelumnya. Inovasi bagi pebisnis adalah hal terpenting. Inovasi adalah kata kuncinya.


Dalam bahasa awam, inovasi disinonimkan dengan kreasi, atau kreativitas. Inilah kata kunci jika anda atau siapapun ingin sukses menggeluti bisnis. Harus penuh kreasi. Apa konsekuensinya jika anda tidak kreatif? Jelas bisnis anda akan terbenam dalam 'laut merah', seperti yang digambarkan W Chan Kim dan Renee. Karena sesuatu yang tidak kreatif pasti tidak unik, dan sesuatu yang tidak unik memiliki teman serupa yang sangat banyak jumlahnya.

Inovasi, tidak selalu berupa inovasi teknologi, tetapi dapat berupa inovasi lain yang dapat meningkatkan keuntungan pelanggan yang disesuaikan dengan harga jual dan biaya. Soal unik ini, ada seorang penjual soto hanya dengan 'memainkan' strategi gebraknya karena selalu memukulkan botol kecap ke rombongnya setiap ada pelanggan datang ia mampu memicu daya ingat pelangganya dengan menyebutnya soto gebrak. Ia pun laris. Tentu anda tidak akan ikut-ikutan cara seperti itu, karena cara itu kini sudah usang. Di level perusahaan yang lebih besar, produsen sepeda motor Yamaha mampu menyalip dominasi pasar sepeda motor yang dikuasai Honda dengan hanya memberikan sentuhan sepeda motor dengan produk yang berbeda, berupa Yamaha Mio yang bentuknya vespa bukan, bebekpun tidak.

Bagaimana dengan Laut Biru bisnis anda?

--



Mikhail Khodorkovsky mogok makan untuk memprotes pelanggaran atas reformasi kehakiman tentang penahanannya.

Raja minyak Rusia yang sedang dipenjara Mikhail Khodorkovsky mengumumkan mogok makan untuk memprotes apa yang dikatakannya pelanggaran terhadap reformasi kehakiman tentang penahanan sebelum persidangan.

Khodorkovsky yang dulunya orang terkaya di Rusia mengatakan pengadilan Moskow yang mengadilinya atas tuduhan baru telah melakukan kesalahan keuangan melanggar UU Kriminal Rusia yang baru.

Sebuah UU yang disahkan bulan lalu oleh Presiden Dmytri Medvedev melarang penahanan sebelum persidangan terhadap orang-orang yang dikenai tuduhan melakukan kejahatan ekonomi.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Ketua Mahkamah Agung Rusia, Khodorkovsky mengatakan ia akan terus mogok makan sampai ia yakin Presiden Medvedev mengetahui pelanggaran itu.

Khodorkovsky, bekas pimpinan Yukos Oil yang kini bangkrut sedang menjalani hukuman delapan tahun yang dijatuhkan pada tahun 2005 karena melakukan penipuan dan penggelapan pajak. Dalam persidangannya yang terbaru, ia dituduh mencuri minyak dan melakukan pencucian uang.






--



"Setiap kesempatan yang datang akan menjadi peluang emas, jika kita MAU melihatnya benar-benar sebagai peluang emas" - Henry Miller
4 Tips Kerja Tanpa Stres
1. Meja kerja bersih
Meja kerja yang bersih dari kertas kerja akan sangat membantu anda untuk lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan. Pekerjaan akan cepat selesai karena pandangan tidak terganggu dengan tumpukan kertas di atas meja.

2.Bekerja dengan prioritas
Yup, SEMUA pekerjaan memang penting untuk diselesaikan secepatnya. Tapi, kita harus bisa membedakan mana yang mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa sedikit ditunda. Bekerjalah dengan prioritas! Dan beban pikiran pun akan jauh berkurang.


3. Segera ambil keputusan
Semakin cepat anda mengambil keputusan dalam menghadapi masalah, semakin cepat pula masalah anda akan terselesaikan. And, guess what? Anda tidak perlu lagi berlama-lama stress memikirkan masalah itu. Bukan pekerjaan yang gampang, tapi harus dilakukan secepatnya supaya tidak berlarut-larut. SEMANGAT!!

4. Delegasikan pekerjaan
Tidak ada orang di dunia ini yang bisa melakukan segala pekerjaan tanpa bantuan orang lain. So, biasakan untuk mulai membagi beban kerja dengan orang lain di tim kerja anda. Stress berkurang dan anda pun akan punya lebih banyak waktu luang untuk aktivitas lainnya.

Masih juga stress? Mungkinkah karena anda tak punya pilihan lain dan merasa dipaksa untuk mengerjakan sesuatu yang sama sekali bukan minat anda? Atau, lebih parah lagi... Anda merasa diperlakukan seperti sapi perah yang hanya menghasilkan keuntungan buat boss anda?

Kalau begitu, sudah saatnya anda bergerak maju dan bebaskan diri anda dari stress! Caranya? Cari peluang bisnis sampingan yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Dengan bertambahnya penghasilan, anda akan punya lebih banyak pilihan dan otomatis stress pun jauh dari pikiran anda...

--

Tips Semangat Kerja Tanpa Stress
Posted on May 5, 2008 by rosarustam

Bila anda tidak mencintai pekerjaan anda, maka cintailah orang-orang yang bekerja di sana. Rasakan kegembiraan dari pertemanan itu. Dan, pekerjaan anda pun jadi menggembirakan.

Bila anda tidak mencintai teman kantor anda, maka cintailah gedung dan suasana kantor. Ini akan memotivasi anda berangkat kerja dan melakukan pekerjaan kantor dengan lebih bersemangat.

Bila ternyata anda tidak bisa melakukannya, cintai perjalanan pulang pergi dari dan ke tempat kerja anda. Perjalanan yang menyenangkan akan menjadikan tujuan perjalanan atau kantor tampak menyenangkan.

Tapi jika anda pun tak menemukan kesenangan di perjalanan, cintai apapun yang bisa anda cintai dari tempat kerja anda. Bisa tanaman hias di meja kerja, barisan semut di dinding, atau burung-burung yang beterbangan di luar sana. Apa saja !

Jika tidak juga menemukan sesuatu yang bisa anda cintai dari kerja anda, kenapa anda masih di situ??? Cepat pergi dan carilah apa yang anda cintai, lalu bekerjalah di sana. Hidup cuma sekali. Tak ada yang lebih indah selain melakukan sesuatu dengan cinta yang tulus.

--

tips agar semangat kerja

para pebijak di sekelilingku sering menghembus-hembuskan pesan untuk selalu rajin bekerja selagi muda. semua paham, bekerja adalah segala-galanya. apalagi untuk mereka yang telah berkeluarga.

yang masih sendiri pun kurang lebih sama sebenarnya. sebagai pekerja, status di mata calon mertua jadi meningkat. paling tidak, mereka agak yakin cucu-cucunya tak akan terlalu teraniaya keadaan.

bisa merencanakan masa depanya lebih cemerlang. berumah di tempat yang layak, berdeposito dengan deretan angka nol banyak. andai meninggal cepat pun, ada asuransi yang mengcovernya dan seterusnya dan seterusnya.

namun semua itu tak membuat aku bekerja lebih semangat. apalagi di musim hujan ini. jam lima pagi, deras hujan di luar membangunkan lelapku yang telat semalam. selimut butut rasanya lebih nyaman daripada berdesakan di bus kota.

sampai pada suatu siang saya mendapatkan nasehat terbaik tahun ini dari mbak anting panjang. kal"au ingin semangat bekerja, jangan pernah menabung. gubrakkkk!

memang akan pontang-panting juga suatu ketika. namun karena kepepet, mau tak mau harus melakukan apa yang harus dilakukan. sehingga bisa mengerahkan energi terbaik secara maksimal.

saya pikir benar adanya. kita harus segera menghabiskan duit yang kita terima. jangan pernah berpikir dua kali lagi untuk memuaskan apa yang diinginkan. untuk memperolehnya saja harus berpikir, memeras otak , masa membelanjakannya harus berpikir lagi? busyet!


--
Tips Menghindari Kemalasan



Menurut penelitian, kebiasaan malas merupakan penyakit mental yang timbul karena kita takut menghadapi konsekuensi masa depan. Yang dimaksud dengan masa depan ini bukan hanya satu atau dua tahun kedepan tetapi satu atau dua menit dari sekarang. Contohnya saja ketika Anda malas dari bangun, Anda akan berkata dalam hati: “Satu menit lagi saya akan bangun”, tetapi kenyataannya barangkali Anda akan berlama-lama di tempat tidur sampai akhirnya memang waktunya tiba untuk siap-siap pergi ke kantor.

Kebiasaan malas timbul karena kita cenderung mengaitkan masa depan dengan persepsi negatif. Anda menunda-nunda pekerjaan karena cenderung membayangkan setumpuk tugas yang harus dilakukan di kantor. Belum lagi berhubungan dengan orang-orang yang Anda tidak sukai, misalnya.

Sayangnya, menunda-nunda pekerjaan pada akhirnya akan mengundang stress karena mau tidak mau satu saat Anda harus mengerjakannya. Di waktu yang sama Anda juga mungkin punya banyak pekerjaan lain.

Dalam beberapa hal, Anda pun mungkin akan kehilangan momen untuk berkembang ketika Anda mengatakan “tidak” terhadap sebuah kesempatan –Anda malas bertindak karena bayangan negatif tentang hal-hal yang memberatkan didepan.

Ganti “Kapan Selesainya” dengan “Saya Mulai Sekarang”

Apabila Anda dihadapkan pada satu tugas besar atau proyek, Anda sebaiknya JANGAN berpikir mengenai rumitnya tugas tersebut dan membayangkan kapan bisa diselesaikan. Sebaliknya, fokuslah pada pikiran positif dengan membagi tugas besar tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyelesaikannya satu demi satu.

Manusia membutuhkan motivasi diri untuk melakukan manajemen diri yang baik. Untuk itu dia harus selalu berimprovisasi dalam pengembangan diri. Sehingga memperoleh manajemen diri yang berkualitas jg,

Katakan setiap kali Anda bekerja: “Saya mulai sekarang”.
Cara pandang ini akan menghindarkan Anda dari perasaan terbebani, stress, dan kesulitan. Anda membuat sederhana tugas didepan Anda dengan bertindak positif. Fokus Anda hanya pada satu hal pada satu waktu, bukan banyak hal pada saat yang sama.

Ganti “Saya Harus” dengan “Saya Ingin”

Berpikir bahwa Anda harus mengerjakan sesuatu secara otomatis akan mengundang perasaan terbebani dan Anda menjadi malas mengerjakannya. Anda akan mencari seribu alasan untuk menghindari tugas tersebut.

Satu tip yang bisa Anda gunakan adalah mengganti “saya harus mengerjakannya” dengan “saya ingin mengerjakannya”. Cara pikir seperti ini akan menghilangkan mental blok dengan menerima bahwa Anda tidak harus melakukan pekerjaan yang Anda tidak mau.

Anda mau mengerjakan tugas karena memang Anda ingin mengerjakannya, bukan karena paksaan pihak lain. Anda selalu punya pilihan dalam kehidupan ini. Tentunya pilihan Anda sebaiknya dibuat dengan sadar dan tidak merugikan orang lain. Intinya adalah tidak ada seorang pun di dunia ini yang memaksa Anda melakukan apa saja yang Anda tidak mau lakukan. Manajemen kepemimpinan yang bagus kelak akan menciptakan mental manusia yang bagus juga.

Anda Bukan Manusia Sempurna

Berpikir bahwa Anda harus menyelesaikan pekerjaan sesempurna mungkin akan membawa Anda dalam kondisi mental tertekan. Akibatnya Anda mungkin akan malas memulainya. Anda harus bisa menerima bahwa Anda pun bisa berbuat salah dan tidak semua harus sempurna. Anda harus memiliki manajemen diri, salah satunya bisa dengan belajar manajemen kepemimpinan dari orang-orang sukses. Dengan demikian Anda akan terbiasa untuk selalu melakukan pengembangan diri.

Dalam konteks pekerjaan, Anda punya kesempatan untuk melakukan perbaikan berulang kali (pengembangan diri). Anda selalu bisa negosiasi dengan boss Anda untuk meminta waktu tambahan dengan alasan yang masuk akal. Mulai pekerjaan dari hal yang kecil dan sederhana, kemudian tingkatkan seiring dengan waktu. Berpikir bahwa pekerjaan harus diselesaikan secara sempurna akan membuat Anda memandang pekerjaan tersebut dari hal yang besar dan rumit.

--



Lima Langkah Mudah Kurangi Stres di Tempat Kerja
19 May, 2010 - 15:28

VOA News - Rutinitas kerja sehari-hari di kantor dapat menimbulkan stress. Tapi ada sejumlah langkah sederhana yang dapat membuat waktu Anda di tempat kerja tidak identik dengan stres.

ilustrasi stress dikantorAnda dapat mulai melakukan berbagai langkah ini yang dimulai sebelum Anda berangkat kerja, hingga kembali ke rumah.

1. Pagi-pagi, sisihkan waktu lima hingga 30 menit untuk menenangkan diri atau bermeditasi.

Anda bisa berbaring atau duduk, lantas pandanglah situasi di luar jendela, dengarkan suara alam atau berjalan-jalan santai di sekitar rumah.

2. Sebelum naik kendaraan, aturlah agar Anda menghirup dan menghela nafas dengan rileks.

Bila mengemudikan mobil, posisikan badan dengan nyaman. Matikan radio di mobil dan kemudikan mobil sedikit di bawah kecepatan maksimal di jalan raya.

Ketika tiba di tempat kerja, mulailah menyiapkan tubuh dan pikiran untuk melakukan berbagai pekerjaan pada hari itu.

3. Sewaktu bekerja, upayakan agar sikap tubuh tetap rileks dan hindari ketegangan.

Bila waktu rehat makan siang tiba, cari suasana lain dan lakukan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya, tinggalkan meja kerja dan berjalan-jalan di luar kantor.

Anda juga bisa membuat janji makan siang atau rehat bersama teman-teman dekat dan hindari topik terkait pekerjaan.

4. Setelah jam kerja berakhir, evaluasi aktivitas Anda. Puji diri sendiri atas apa yang telah dicapai dan cobalah membuat daftar kegiatan Anda esok.

Nikmati perjalanan keluar kantor tanpa merasa perlu terburu-buru, dan siapkan mental Anda untuk menghadapi situasi dan suasana baru di rumah.

5. Setiba di rumah, mengganti baju kerja dengan busana rumah akan membantu mempermudah pergantian suasana dan peran baru Anda sebagai anggota keluarga.

Sapalah anggota keluarga atau orang-orang yang tinggal bersama Anda, dan kembali sisihkan waktu lima hingga sepuluh menit untuk menenangkan diri sebelum kembali beraktivitas di rumah. (Sumber VOA News - Ilustrasi Ist)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar