Rabu, 12 Mei 2010

Harga Emas Kembali Pecah Rekor

New York - Harga emas melonjak hampir 3% sekaligus menciptakan rekor terbarunya. Kekhawatiran investor seputar rencana bailout US$ 1 triliun yang berdampak melemahnya euro langsung memberikan support pada harga emas.

Investor kembali beramai-ramai mencari tempat investasi yang aman termasuk aset dalam dolar AS dan emas. Euro tercatat melemah ke level 1,2644 dolar, dibandingkan sebelumnya di level 1,2778 dolar.

Harga emas di pasar spot pada Selasa (11/5/2010) tercatat naik hingga US$ 28,90 (2,40%) ke level 1.230,80. Harga emas sempat menyentuh titik tertingginya di US$ 1.233,65.

"Masih ada rasa skeptis seputar tentang rencana dukungan itu akan bekerja atau tidak, ataupun apakah pemerintahan di Eropa siap untuk melakukan hal yang terberat dalam mengimplementasikan program tersebut," ujar Frank Lesh, analis dari FuturePath Trading seperti dikutip dari Reuters, Rabu (12/5/2010).

Kekhawatiran investor seputar rencana bailout US$ 1 triliun Uni Eropa itu sebelumnya juga telah menyebabkan bursa Wall Street berakhir di teritori negatif.

Namun harga minyak mentah dunia berakhir mixed. Selain faktor krisis di Eropa, harga minyak mentah juga dipengaruhi oleh kekhawatiran seputar inflasi di China yang ddikhawatirkan bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi global.

Kontrak untuk minyak jenis light sweet pengiriman Juni tercatat turun 43 sen menjadi US$ 76,37 per barel. Minyak Brent pengiriman Juni naik 37 sen menjadi US$ 80,49 per barel.

--

12 Mitos Tentang Kondom

Merry Wahyuningsih - detikHealth

img
Ilustrasi (Foto: thinklifebalance)
Jakarta, Masih banyak orang yang enggan menggunakan kondom karena alasan yang sebenarnya hanyalah mitos. Padahal kondom bisa mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS) jika salah satu ada yang tak sehat.

Kondom adalah alat pelindung saat berhubungan seks yang terbuat dari bahan karet seperti lateks atau poliuretan yang salah satu ujungnya terbuka.

Kondom digunakan untuk melindungi orang dari penyakit menular seksual (sexually transmitted disease/STD) seperti AIDS, syphilis dan lainnya. Selain itu juga membantu pasangan untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Seperti dilansir dari GeniusBeauty, Selasa (11/5/2010), berikut 12 mitos tentang penggunaan kondom:

1. Membeli kondom itu memalukan

Ada beberapa orang yang berpikir seperti itu, membeli kondom adalah hal yang memalukan. Jika Anda malu berkata 'beli kondomnya' kepada penjual, maka Anda dapat membeli kondom di toko swalayan sehingga tak harus malu untuk membelinya.

2. Penularan infeksi atau hamil bisa terjadi bahkan dengan menggunakan kondom

Jika Anda menggunakan kondom dengan benar, maka hal itu dapat meminimalkan risiko tertular penyakit menular seksual atau mencegah kehamilan.

3. Kondom harus dibeli kaum pria

Logikanya memang yang memakailah yang harus membeli. Tapi pada kenyataannya, lebih dari 35 persen konsumen yang membeli kondom adalah wanita.

4. Menggunakan kondom mempengaruhi kenikmatan

Kondom dibuat tipis, elastis dan tahan lama, yang secara praktis tidak menurunkan kenikmatan sama sekali. Selain itu, ada juga kondom yang dilengkapi dengan pelumas terutama dengan bahan dasar air, yang direkomendasikan bagi mereka yang mengalami masalah orgasme.

5. Menggunakan kondom menyakitkan

Hampir semua kondom memiliki silikon atau pelumas berbasis air, yang mencegah rasa sakit saat digunakan. Jika Anda mempunyai pengalaman nyeri saat berhubungan seks, maka Anda seharusnya berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seksual, bukan menghubungkan rasa sakit dengan kondom.

6. Seks tanpa kondom lebih sehat karena ada pertukaran hormon

Memang benar, melakukan hubungan seks tanpa kondom dapat mengobati depresi pada wanita. Tapi efek negatif seperti kehamilan yang tidak diinginkan, aborsi atau penyakit menular seksual bisa saja terjadi, dan ini bisa berakibat lebih tidak sehat.

7. Pasangan menikah bisa melakukan hubungan seks tanpa kondom

Infeksi virus tidak hanya bisa menular melalui hubungan seks yang bergonta-ganti pasangan, tetapi juga dalam transportasi umum, kolam renang, tempat gym, dan lainnya. Dalam jangka panjang, virus Herpes dapat tiba-tiba 'bangun', yang secara pasif dimiliki oleh hampir setiap organisme.

8. Ada dua ukuran kondom, kecil (Asia) dan besar (negara barat)

Kondom dapat dibagi menjadi tiga kelompok tergantung pada ukuran, yaitu 48-50 mm, 51-53 mm, 54-56 mm. Panjang kondom yang khas adalah 19-20 cm.

9. Canggung memberi tahu pasangan bila akan menggunakan kondom

Banyak orang berpikir bahwa jika mereka meminta pasangan mereka untuk menggunakan kondom, mereka akan tersinggung. Pada kenyataannya, usulan tersebut adalah perawatan ekstra pada kesehatan pasangannya. Selain itu, ajang pemakaian kondom, bisa dijadikan momen khusus yang akan meningkatkan keharmonisan hubungan.

10. Menggunakan kondom lebih baik dilengkapi dengan krim, pelumas atau gel

Hal itu tidak benar. Terlepas dari kenyataan bahwa gel dan krim tertentu dapat menyebabkan gatal-gatal, reaksi alergi atau terbakar, mereka juga mungkin memiliki efek yang dapat merusak lateks dan pelumas kondom.

11. Semua kondom memiliki lubang kecil, sehingga tetap dapat menularkan AIDS

Kondom yang memperoleh izin penjualan harus lulus uji hermiticity dan peradangan, yang membuktikan tidak adanya lubang pada kondom.

12. Kondom mengganggu spontanitas seks

Jika Anda dan pasangan setuju untuk menggunakan kondom sejak awal, maka itu tidak akan mengganggu spontanitas seks Anda.

--

Mendeteksi Kanker Payudara Stadium Nol

Merry Wahyuningsih - detikHealth

img
Mamografi (Foto: srhs.org)
Jakarta, Kanker payudara merupakan kanker terbanyak kedua yang menyerang perempuan setelah kanker mulut rahim di Indonesia. Sampai sekarang belum diketahui penyebabnya secara pasti, sehingga dibutuhkan deteksi dini stadium kanker, yaitu stadium nol dengan menggunakan mamografi.

Penderita pasien payudara setiap tahun semakin meningkat. Berdasarkan data dari International Agencies for Research on Cancer (IARC) tahun 2005, kasus baru di Indonesia sekitar 26 per 100.000 perempuan setiap tahun, dan sebagian besar dalam keadaan stadium lanjut.

Deteksi dini stadium nol dibutuhkan untuk menemukan penderita kanker pada stadium rendah (down staging), sehingga presentase kemungkinan untuk dapat disembuhkan tinggi.

Mamografi merupakan modalitas untuk deteksi dini atau skrining kanker payudara dengan menggunakan sinar X. Alat ini mampu memperlihatkan kelainan pada payudara dalam bentuk yang terkecil hingga kurang dari 5 mm (stadium nol).

Pada stadium nol, mamografi dapat memperlihatkan adanya mikrokalsifikasi, yaitu suatu benjolan yang tidak dapat teraba baik oleh perempuan itu sendiri maupun dokter sekalipun, hingga benjolan tersebut berukuran 1 cm atau lebih.

Stadium nol adalah merupakan stadium pre kanker, dimana massa tumor belum keluar dari kelenjar susu maupun saluran susu (LCIS atau DCIS).

"Bila stadium nol dapat segera dideteksi, maka kemungkinan sembuh masih sangat besar," ujar Dr Sariningsih Hikmawati, Sp.Rad, Staf Medik Fungsional Bidang Radiologi RS Kanker Dharmais, dalam acara penyuluhan awam bertajuk 'Manfaat Pemeriksaan Mamografi' di RS Kanker Dharmais, Jakarta, Selasa (11/5/2010).

Menurut data Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) tahun 2003, prognosis daya tahan hidup penderita kanker payudara (survival rate) per stadium sebagai berikut:

1. Stadium 0 (massa tumor belum keluar dari kelenjar susu maupun saluran susu): 10 tahun bertahan hidup 98 persen
2. Stadium 1 (massa tumor masih terbatas pada payudara): 5 tahun bertahan hidup 85 persen
3. Stadium 2 (telah ada keterlibatan kelenjar getah bening pada ketiak): 5 tahun bertahan hidup 60-70 persen
4. Stadium 3 (massa tumor telah menyebar pada otot dan dinding dada atau kelenjar getah bening di atas supraklavikula): 5 tahun bertahan hidup 30-50 persen
5. Stadium 4 (kanker telah menyebar ke organ lain): 5 tahun bertahan hidup 15 persen


Dr Sari mengatakan, perempuan di atas usia 40 tahun dianjurkan melakukan skrining mamografi setiap 1-3 tahun sekali. Hal ini karena perempuan dengan usia diatas 40 tahun sangat berisiko terkena kanker payudara.

Faktor risiko lainnya pada perempuan antara lain:

1. Mengalami haid pertama pada usia kurang dari 12 tahun
2. Berhenti haid (menopause) di atas usia 50 tahun
3. Tidak mempunyai anak
4. Kehamilan pertama di atas usia 35 tahun
5. Menjalani terapi hormonal
6. Memiliki riwayat tumor jinak sebelumnya
7. Memiliki riwayat keluarga terkena kanker payudara (faktor keturunan)


Tapi Dr Sari tidak menganjurkan melakukan skrining mamografi pada perempuan dibawah usia 35 tahun atau yang belum menikah. Hal ini karena pada usia tersebut payudara masih dalam keadaan kencang, dan bila dilakukan skrining mamografi tidak bisa menampakkan hasil yang maksimal karena masih tertutup hormon.

Namun, skrining masih tetap bisa dilakukan untuk perempuan usia dibawah 35 tahun, yaitu dengan menggunakan Ultrasonografi (USG). Sayangnya, dengan menggunakan USG kita tidak dapat melihat adanya mikrokalsifikasi atau deteksi stadium nol.


--

Gleeden, Situs Kencan untuk Membalas Perselingkuhan
Rachmatunnisa - detikinet

Screenshot situs Gleeden

Jakarta - Setelah kemunculan situs kencan yang mendorong perselingkuhan ramai dibicarakan, situs serupa pun muncul. Namun kali ini target penggunanya adalah para wanita yang pernah diselingkuhi, agar balas melakukan perselingkuhan.

Situs bernama Gleeden.com itu diluncurkan di Eropa pada Desember silam. Si pembuat situs, Teddy Truchot, percaya bahwa kunci kebahagiaan bagi korban perselingkuhan adalah membalas perlakuan pasangannya dengan perbuatan serupa, yaitu berselingkuh.

Truchot mengklaim situsnya telah memiliki lebih dari 220.000 pengguna terdaftar dalam empat bulan pertama peluncurannya, dengan Prancis dan Italia sebagai negara pengikut terbanyak situs ini. Kini situs itu diklaim punya lebih dari 239.161 member.

"Banyak wanita yang mengeluh tentang kehidupan pribadi dan pernikahan. Namun kebanyakan dari mereka tidak ingin menyudahi pernikahan tersebut, melainkan membutuhkan sesuatu yang baru, dan rahasia. Situs ini hadir untuk wanita-wanita tersebut," terang Truchot seperti detikINET kutip dari Big News Networks, Rabu (12/5/2010).

Gleeden disebut-sebut sebagai jawaban bagi para wanita dalam mewujudkan kebahagiaan pernikahan mereka. Layanan ini sepenuhnya gratis bagi pengguna wanita. Sedangkan bagi pria, dapat bergabung secara gratis namun dikenai biaya berkirim email dan penggunaan chat tools.

Namun, ahli psikogi Janet Hall mengingatkan bahwa kehadiran situs seperti Gleeden bisa 'berbahaya' bagi penggunanya.

"Situs ini tidak memberikan apa-apa selain izin langsung untuk menggoda ketimbang membalas dendam. Perlu diingat bahwa dua kesalahan tidak pernah memunculkan sebuah kebenaran," tegasnya.

--

Bukan Tipe Anda Namun Ideal Sebagai Suami?
Angga Firmanza - wolipop
img
Dok. : Thinkstock
Jakarta - Problematika dalam memilih pasangan pastinya pernah terjadi pada tiap wanita. Namun sadarkah Anda bahwa pria yang tidak termasuk kriteria, justru dapat menjadi teman hidup yang sangat mencintai Anda.

Banyak wanita yang mengencani pria potensial dengan segala macam nilai tambah yang dimiliki, namun sedikit dari mereka yang mengakhiri kencannya dalam ikatan suci nan sakral dalam ikatan pernikahan.

Hal tersebut bisa dibilang kesalahan wanita saat memilih pasangan hidup. Mereka terlalu terpaku pada kriteria ideal yang dimiliki dan mengeliminasi pria-pria yang tidak masuk dalam daftar, sehingga kemungkinan mendapatkan pasangan hidup semakin tipis.

Sadar atau tidak, berikut ini adalah tiga hal yang membuat Anda tidak memilihnya dan mungkin dapat diubah dari sekarang:

Fisik
Pertama kali yang diliat dari seorang pria pastilah penampilan fisiknya. Kekurangan secara fisik sering menjadi alasan Anda untuk tidak mengencaninya, padahal belum tentu mereka lebih buruk daripada pria kebanyakan dengan segala kelebihan fisiknya.

Pandangan
Perbedaan pandangan sering kali membuat Anda mencoret pria tersebut dari daftar idaman Anda. Tetapi bukankah perbedaan yang menyatukan dua orang? Bersikaplah saling melengkapi dengan keadaan tersebut dan ambil nilai positifnya.

Status
Sering kali wanita single mempermasalahkan status pria. Mereka yang berstatus memiliki anak atau duda dengan cepat dicoret dari daftar, padahal mungkin figur pria yang telah berpengalaman dalam hubungan yang sebenarnya Anda butuhkan.

Memang hak tiap individu untuk memilih pasangan hidup, namun sebaiknya jangan menutup mata pada pria yang tidak masuk dalam kriteria Anda. Terkadang ketampanan dan kemapanan seseorang bukanlah yang sebenarnya diidamkan. Lantas bagaimana agar bisa mendapatkan pria yang benar-benar cocok? Berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan agar lebih mudah mendapatkan pasangan hidup:

Hapus Kriteria-Kriteria Anda
Dengan menghapus sederetan kriteria berlebihan, maka Anda akan memperluas jangkauan untuk mendapatkan pasangan hidup.

Bandingkan
Ambil kertas dan pulpen, kemudian pilih lima kelebihan dan lima kekurangan yang dimilikinya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menimbang untuk memilih pria yang cocok dengan Anda.

--

Masturbasi


Dear wolipop, aku sering memasukkan jari ke miss V saat terangsang hingga merasa puas, Apakah boleh saya melakukan itu? Apakah tidak ada pengaruh dengan selaput dara, berhubung aku masih virgin. Thanks

Jawab:
Masturbasi merupakan suatu cara untuk merangsang diri sendiri demi mendapatkan kepuasan seksual. Pada laki-laki lebih mudah untuk melakukan masturbasi ini karena daerah paling sensitifnya terdapat di area batang penis, sehingga stimulasi seksual diberikan di daerah penis. Namun pada perempuan, seringkali titik sensitifnya terletak di daerah yang lebih tersembunyi, sehingga lebih sulit untuk mencapainya. Biasanya untuk bisa mencapai orgasme, maka stimulasi diberikan di sekitar klitoris ataupun di area G spot yang terletak di bagian dalam vagina. Stimulasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan jari ataupun dengan alat bantu seksual seperti dildo. Vagina dan sekitarnya merupakan daerah yang harus dijaga kebersihannya. Tidak seperti kulit yang memiliki pelindung terhadap dunia luar, vagina dan sekitarnya lapisan terluarnya berupa mukosa yang lebih rentan terhadap bakteri. Sebenarnya vagina sendiri memiliki suasana asam sehingga mampu melindungi diri dari bakteri, namun bila jumlah kumannya berlebihan maka dapat terjadi peradangan/infeksi pada daerah vagina dan sekitarnya, yang bisa menimbulkan keluhan berupa bengkak/benjolan, rasa nyeri ataupun keputihan. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum menyentuh atau memasukkan sesuatu ke dalam vagina baik tangan maupun benda lain, sebaiknya pastikan apapun itu dalam keadaan bersih (sudah dicuci dengan sabun terlebih dahulu). Selaput dara terletak di mulut vagina, berupa suatu lipatan mukosa yang bentuknya tidak sama antara satu perempuan dengan perempuan lain. Ada yang berupa lipatan mukosa melingkari dinding vagina, ada juga yang berupa membran berlubang-lubang di mulut vagina. Kelenturan dari selaput dara ini juga berbeda-beda pada tiap perempuan, ada yang mudah robek dan ada yang sangat lentur sehingga sulit untuk terjadinya robekan. Memasukkan jari ke dalam vagina untuk mencapai orgasme memiliki risiko untuk terjadinya robekan, mengingat kita tidak tahu bentuk dan kelenturan selaput dara tersebut. Selain itu jika kebersihan jari tidak dijaga maka ada kemungkinan untuk terjadinya infeksi dari bakteri di tangan kita. Seiring dengan berjalannya waktu, usia anda saat inipun sudah mencapai usia biologis yang matang untuk berumah tangga, oleh sebab itu seringkali timbul keinginan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Sebenarnya masalah ini dapat teratasi dengan menikah, setelah menikah anda akan bisa mendapatkan kepuasan seksual melalui hubungan seksual yang sehat dengan suami anda nantinya.

--
Usai Bersih-Bersih Porno, Pendiri Wikipedia 'Mundur'
Febrina Ayu Scottiati - detikinet

Jimmy Wales (J I Iglesias/cc)

Jakarta - Setelah menghapus berbagai konten pornografi di Wikipedia, Jimmy Wales menyatakan 'mundur'. Bukan dalam arti mundur atau mengundurkan diri, namun Wales dalam hal ini menanggalkan kemampuannya yang cukup sakti di Wikipedia.

Ya, seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Senin (10/5/2010), Wales telah menanggalkan semua kemampuan administrator yang tadinya dimiliki sebagai pendiri Wikipedia. Kemampuan khusus ini tadinya memungkinkan Wales menghapus konten sesuai kehendaknya.

"Dengan niat untuk mendorong diskusi soal hal ini agar menjadi seputar isu konten dan filosofi sungguhan, dan bukan pada tindakan saya yang cepat, saya telah menanggalkan semua izin yang memungkinkan saya bertindak sebagai Pendiri Wikipedia," sebut Wales di mailing list Wikimedia Foundation.

"Saya tak ingin menjadi tiran atau diktator. Saya tidak ingin kita bertengkar hanya soal hal ini, karena akan mengganggu dari pekerjaan yang sedang kita lakukan," lanjutnya.

Dewan pengelola Wikipedia sebenarnya mendukung tindakan Wales. Namun bukannya 'menghapus', para administrator sehari-hari ini memilih istilah 'meninjau ulang' beberapa konten. Dari konten yang sudah dihapus oleh Wales, beberapa telah dipulihkan kembali oleh para admin itu.

Tindakan Wales dianggap sebagai hal yang pantas sesuai perannya sebagai pimpinan intelektual di komunitas Wikimedia. "Wikimedia Foundation mendukung upaya terus-menerus dari Jimmy dan relawan lainnya, untuk menjamin bahwa informasi di dalam proyek Wikimedia memiliki mutu tinggi dan bernilai pendidikan," sebut pernyataan resmi dari dewan tersebut.

--

5 Ancaman Bermain Facebook
Rachmatunnisa - detikinet

ilustrasi (ist)

Jakarta - Risiko bahaya yang mengintai para pengguna situs jejaring sosial menjadi topik diskusi yang hangat dibicarakan akhir-akhir ini. Hal itu juga tampaknya yang mendorong seorang ahli privasi online untuk buka suara, membocorkan lima ancaman berbagi informasi di Facebook dan situs jejaring sosial lainnya.

Joan Goodchild yang merupakan Editor Senior Chief Security Officer (CSO) Online mengklaim bahwa upaya pemasaran yang dilakukan situs jejaring sosial seringkali menghasilkan sebuah kesepakatan yang berkaitan dengan akun milik si pemegang privasi.

Dikutip detikINET, Selasa (11/5/2010), pada sebuah acara televisi di AS bernama 'The Early Show', Goodchild mencatat ada lima risiko bahaya yang mengintai saat kita menggunakan Facebook. Bahaya tersebut di antaranya:

1. Informasi Anda akan dibagi oleh pihak ketiga, termasuk juga para pengembang aplikasi Facebook.

2. Setiap kali Facebook melakukan desain ulang situs, pengaturan privasi akun pengguna akan menjadi kurang aman dan lebih rentan. Pengguna pun harus mengatur ulang privasi mereka secara manual, agar sama dengan dengan pengaturan sebelumnya.

3. Iklan-iklan Facebook rentan berisi virus dan menginfeksi akun pengguna.

4. Teman yang benar-benar Anda kenali tanpa sengaja bisa membuat akun Anda menjadi rentan.

5. Risiko bahaya juga bisa datang dari scammer yang menciptakan profil palsu.

Pengumuman ini pun menimbulkan kekhawatiran lebih besar di kalangan ahli keamanan internet. Awal pekan ini, 15 organisasi perlindungan konsumen dan privasi mengajukan keluhan ke Federal Trade Commission (FTC) AS. Menurut FTC, situs jejaring sosial telah memanipulasi pengaturan privasi, sehingga membuat informasi personal para penggunanya dapat diakses dan digunakan untuk penggunaan komersial.

--

Hati-hati Gunakan Internet Banking!
Herdaru Purnomo - detikinet

Ilustrasi (gettyimages)

Jakarta - Apakah anda sering menggunakan Internet Banking? Untuk saat ini anda harus lebih berhati-hati menggunakan transaksi elektronik tersebut. Pasalnya Bank Indonesia (BI) belum mempunyai aturan soal Internet Banking.

Dengan kata lain, BI tidak akan bertanggung jawab jika terjadi suatu fraud atau pembobolan yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah.

Kepala Biro Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Aribowo mengakui BI tidak mempunyai aturan soal Internet Banking. Bahkan menurutnya, bank sentral juga tidak memantau kegiatan transaksi dan nilai transaksinya.

"Memang, Bank Indonesia tidak mengatur mengenai transaksi Internet Banking di setiap bank-bank. Jadi itu masing-masing bank yang bertanggung jawab," ujar Aribowo disela acara Swift Business Forum di Hotel Mandarin, Jakarta, Selasa (11/5/2010).

Jadi, lanjut Aribowo, bagi bank-bank yang telah mempunyai Internet Banking untuk melakukan transaksi hanya mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai Sistem Informasi. "Jadi detailnya pengaturan Internet Banking itu belum ada," jelas Aribowo.

Lebih lanjut Aribowo mengatakan, regulator memang akan ada rencana untuk membuat juklak mengenai Internet Banking. "Kita sedang kaji dulu potensial-potensial fraud yang kemungkinan bisa terjadi di masa depan. Namun memang sampai saat ini memang belum ada kejadian fraud," tuturnya.

Kemungkinan besar menurut Aribowo kemungkinan fraud di Internet Banking memang potensial terjadi. "Jadi lebih besar kemungkinan menggunakan web browser palsu, di situ kemungkinan terjadi fraud," tuturnya.

Juklak mengenai Internet Banking dilakukan karena memang tren saat ini menurut Aribowo meningkat. "Transaksi menggunakan elektronik seperti menggunakan kartu debet, kartu kredit hingga flash saja saat ini Rp 5 triliun per harinya dan terus menunjukkan peningkatan. Hampir sama dengan kegiatan sistem kliring manual yang rata-rata per harinya mencapai Rp 5 triliun," katanya.

Aribowo menambahkan, ke depan BI memang akan terus mengembangkan cashless society yang memang akan mengurangi peredaran uang di masyarakat.

--

8 Langkah Mengobati Patah Hati (Bagian 2)
Kiki Oktaviani - wolipop
img
ist.
Jakarta - Tak perlu berlama-lama menyimpan sakit di dalam hati. Anda harus terus melanjutkan hidup Anda dengan mengerjakan banyak hal yang lebih berguna. Setelah membaca bagian pertama, masih ada empat tindakan lain yang perlu Anda lakukan untuk membuat hidup kembali normal.

Ambil Sebuah Pelajaran dari hal ini
Daripada menyalahkan diri sendiri dan dia, lebih baik belajar dari hubungan tersebut. Belajarlah untuk bisa berpaling dan menjalankan hidup dengan normal setelah Anda putus cinta. Masalah seperti ini bisa dijadikan pengalaman berharga. Segala sesuatu dalam hidup, baik dan buruk, sakit hati dan bagaimana mengatasinya dapat dijadikan pengalaman. Ambil sisi baik dan buruk dari diri Anda selama menjalani hubungan dengan mantan Anda. Tulis di selembar kertas dan catatlah kekurangan dan kelebihan Anda, hal ini untuk memperbaiki diri.

Fokus Pada Diri Sendiri
Pastikan Anda memberikan banyak waktu untuk diri sendiri sebelum Anda memulai hubungan dengan orang baru. Biarkan diri Anda sibuk dengan aktivitas-aktivitas baru. Laungkan waktu untuk bersama sahabat-sahabat Anda dan dengan kelarga .

Biasanya, beberapa saat setelah Anda putus, Anda merasa kurang percaya diri. Lakukan sesuatu untuk membuat Anda lebih percaya diri, misalnya dengam memotong rambut, berdandan, menicure pedicure dan shoping, lakukan hal ini bersama sahabat wanita Anda untuk lebih bersamangat dan mengembalikan keceriaan Anda.

Keluarlah dan bertemu dengan orang-orang baru
Kini saatnya Anda harus keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang baru. Bertemu dengan orang baru memungkin Anda bertemu dengan 'pria idaman' baru. Anda pun merasa tertantang kembali dengan memulai flirting dengan orang-orang baru. Namun Anda tak peru terburu-buru melakukannya. Jangan memperlihatkan kalau Anda kesepian dengan menggoda setiap lelaki. Anda harus mengenal orang tersebut lebih jauh sebelum memutuskan untuk kembali menjalin hubungan pria.

Jangan membandingkan
Setiap orang memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Sangat sulit untuk mendapatkan pria yang memiliki sifat yang sama dengan mantan kekasih Anda. Oleh karena itu, jangan pernah membandingkan pria lain dengan mantan kekasih Anda. Hal tersebut justru akan membuat Anda melangkah mundur dan kembali teringat akan kenangan dengan mantan kekasih.

--

Sex In The City 2: Perempuan Di Mata Mr.Big
Eya Ekasari - wolipop
img
Dok. : Getty Images
Jakarta - Chris Noth dikenal banyak perempuan di dunia lewat perannya sebagai Mr.Big dalam film Sex And The City. Seperti apakah perspektifnya dalam menaklukkan hati perempuan?

Sebagai pemeran Mr. Big, Chris Noth mengaku bahwa ia belajar banyak mengenai perempuan berkat film Sex And The City. Baginya film ini memberikan gambaran mengenai pengampunan, persahabatan dan bersenang-senang dalam hidup. Ia menyadari bahwa hubungan persahabatan antar perempuan sangatlah konstan, terlepas dari status, seperti yang dilansir dari redbook.

Menurut Chris Noth, para lelaki juga senang menganalisa sebuah hubungan seperti halnya perempuan. Tidak berbeda dengan perempuan yang suka menceritakan isi hatinya kepada para sahabatnya, lelaki pun juga melakukan hal sama. Perempuan selalu menjadi topik yang paling sering dibicarakan.

Di filmnya, Mr. Big dan Carrie menjadi terikat karena buku 'Love Letters Of Great Men' dimana buku tersebut berisikan sura-surat yang diberikan oleh para lelaki. Sebagai seorang lelaki, Chris Noth merasa bahwa surat cinta merupakan bagian yang paling romantis saat ia masih muda. Ia merasa sedih bahwa sekarang sudah jarang bahkan tidak ada lagi budaya surat menurat lagi. Baginya surat cinta itu dapat menambahkan esensi romantisme pada sebuah hubungan.

Saat ditanya apakah ia melakukan hal-hal yang romantis untuk pasangannya, ia menjawab bahwa ada banyak hal kecil romantis yang dilakukan tapi tak bisa diutarakan karena terlalu memalukan, ujar kekasih aktris Tara Wilson tersebut.

"Selain ada banyak humor, ada hal lain yang bisa Anda pelajari dari film Sex And The City, bagaimana hubungan pernikahan Carrie dengan Big dan apa artinya buat mereka. Tak peduli seberapa lama Anda mengenal seseorang, banyak hal yang tak terduga terjadi dalam kehidupan pernikahan dan itu merupakan proses pembelajaran bagi Carrie dan Big" jelasnya.

--

Alasan Mengapa Lamaran Tak Kunjung Datang
Angga Firmanza - wolipop
img
ist.
Jakarta - Saat Anda mempunyai kekasih yang tidak kunjung melanjutkan hubungan ke level yang lebih tinggi, mungkin ada beberapa hal yang mengganjal dirinya. Berikut ini alasan-alasan yang membuat si dia belum juga melamar Anda.

Materi
Hal ini merupakan pekerjaan rumah terbesar laki-laki. Banyak sekali dari mereka yang masih merasa belum mapan dalam hal materi. Jika pasangan Anda termasuk dalam laki-laki yang terlalu memikirkan hal ini, maka pasangan Anda termasuk pasangan yang sangat bertanggung jawab. Ia tidak ingin membuat Anda kecewa karena tidak bisa memenuhi kebutuhan lahiriah Anda.

Rumah
Salah satu ambisi laki-laki adalah memiliki tempat tinggal sendiri bersama pasangannya. Mereka tidak ingin merepotkan atau menjadi repot karena tinggal di rumah mertua. Mereka beranggapan keluarga baru dimulai dari rumah sendiri. Laki-laki seperti ini juga temasuk orang yang bertanggung jawab dan memberikan yang terbaik untuk pasangannya.

Main
Sebagian lelaki lainnya merasa masih ingin 'main-main'. Main disini bukan berarti berhubungan dengan perempuan lain, tetapi lebih kepada kebebasan. Ia masih ingin menghabiskan malam bersama teman-temannya. Bila Anda mempunyai pasangan yang seperti ini, sebaiknya Anda lebih bersabar.

Ragu
Laki-laki juga mempunyai segudang pikiran sebelum melakukan langkah yang besar. Keraguan pun kerap menghantuinya. Hal tersebutlah yang membuatnya tidak melamar Anda. Untuk masalah seperti ini, sebaiknya Anda meyakinkan dirinya bahwa Anda adalah perempuan yang tepat untuknya.

Belum Siap Menjadi Ayah
Setelah menikah, pastinya mertua dan orang tua menuntut seorang cucu. Namun tidak semua lelaki siap menjadi seorang ayah dalam waktu singkat. Berbagai alasan membuat mereka menolak untuk mempunyai momongan. Salah satunya adalah alasan repotnya memiliki anak. Hal tersebut jelas sekali bahwa pasangan Anda belum memiliki jiwa kebapakan.

Mengejar Karir
Mengejar karir sering kali menjadi alasan lelaki untuk menunda-nunda pernikahan. Untuk hal yang satu ini, sebaiknya Anda mendukung sepenuhnya agar ambisinya bisa terwujud. Toh, Ambisinya ini juga berdampak positif untuk rumah tangga Anda di masa depan.

--

Sexy atau Murahan? Hati-hati Terjebak
Angga Firmanza - wolipop
img
Dok. Whydate
Jakarta - Mulai dari penampilan fisik hingga kelakuan perempuan dapat menghasilkan pendapat tertentu. Sebagai perempuan tentunya Anda tidak ingin mendapatkan label murahan dari laki-laki.

Simak hal-hal yang harus dihindari untuk terhindar dari cap murahan:

Pakaian
Perbedaan antara 'sexy' dan 'bitchy' sangatlah tipis. Bra yang mengintip terlalu banyak keluar ataupun belahan dada yang terlihat seperti ingin meledak membuat Anda terlihat murahan.

Sama halnya dengan atasan, bagi laki-laki bawahan yang terlalu pendek dan sangat ketat bisa mempengaruhi persepsi lelaki. Ketertarikan yang tadinya normal bisa berubah menjadi ketertarikan seksual.

Oleh sebab itu, perhatikan kesesuaian situasi dan pakaian. Jika terpaksa menggunakan rok super mini, kenakan stocking atau legging untuk membuat kesan lebih elegan dan sopan.

Sinyal
Tanpa Anda sadari, terkadang Anda memberikan sinyal yang ternyata di mata lelaki terkesan murahan. Ini biasanya terjadi pada saat Anda patah hati, kesepian dan memerlukan seseorang untuk curhat.

Terlalu mudah dekat dengan lelaki, terutama mudah melancarkan sentuhan fisik bisa membuat persepsi lelaki berubah. Jika tadinya bersimpati pada masalah Anda, bisa-bisa ia malah menanggapi 'keakraban' tersebut untuk maksud yang lain.

Kepercayaan
Janganlah terlalu percaya pada orang yang baru Anda kenal meskipun secara fisik ia sangat mengagumkan. Untuk menarik perhatiannya, Anda pun membuka diri seluas-luasnya hingga curhat segala macam masalah.

Hati-hati, bukannya simpati yang Anda dapat tapi malah cap murahan yang mengena. Lebih parahnya lagi, sebagian dari mereka bisa mengambil keuntungan dari kepercayaan yang telah Anda berikan kepadanya.

Lelaki senang dibuat penasaran. Jika Anda benar-benar suka padanya, tak ada salahnya sedikit menyusun strategi daripada langsung menyerang tanpa kendali.

Menggoda
Menggoda atau flirting kini bukan hanya dominasi laki-laki. Flirting bukannya dilarang, tapi ada cara melakukannya.

Luncurkan satu atau dua sinyal kepadanya. Jika ia tidak merespon, tinggalkan saja. Meluncurkan godaan bertubi-tubi akan membuat Anda terkesan putus asa.

Menggoda laki-laki favorit Anda di klub memang wajar saja. Tapi flirting dengan semua lelaki di dekat Anda tentunya menimbulkan cap yang berbeda. Label murahan secara instan akan melekat di tubuh anda.

Reputasi
Inilah hal yang paling mudah bagi laki-laki untuk menentukan seorang perempuan murahan atau tidak. Mereka tinggal menanyakan kepada temannya apakah Anda 'bisa' atau tidak. Oleh karena itu menjaga reputasi Anda di depan publik sangatlah penting. Jagalah perkataan, sikap hingga tingkah laku Anda sesuai tips di atas agar terhindar dari label murahan.

--

3 Mitos Umum Seputar Perselingkuhan
Ria Setiawati - wolipop
img

Jakarta - Selingkuh merupakan sering dikhawatirkan perempuan ketika membina hubungan. Berikut beberapa mitos yang sering dipercaya perempuan tentang perselingkuhan.

Bicara tentang cinta pastinya juga tak lepas dari tema tentang selingkuh. Apalagi belakangan ini bicara tentang selingkuh sudah menjadi topik sehari-hari yang menjadi tema film atau mengisi berita infotainment.

Ada tiga hal yang menjadi anggapan umum tentang perselingkuhan. Namun belum tentu tiga mitos umum tentang perselingkuhan ini benar faktanya:


Pasangan Anda Selingkuh Karena Tidak Puas di Rumah
Bagi beberapa orang, mungkin memang benar itu alasannya. Tapi, bukan berarti pria yang bahagia di rumah bahkan tanpa masalah bisa terhindar dari godaan selingkuh. Secara natural, pria memang mudah tergoda jika ada sedikit kesempatan untuk bersenang-senang. Jadi bukan berarti kehidupan pernikahan yang bahagia dan kehidupan seks yang baik bisa mencegah pria dari perselingkuhan. Adrenaline rush saat flirting dengan perempuan lain seringkali menjadi godaan pria untuk melakukan perselingkuhan.

Untuk menghindarinya, perhatikan lingkungan pergaulan suami Anda. Kenali teman-temannya tanpa harus mencampuri urusan pertemanannya terlalu dalam. Dalam banyak kesempatan teman-teman suami Anda yang bisa menjadi pendorong atau penjaga suami Anda dari kemungkinan selingkuh.


Wanita Tidak Berselingkuh Sebanyak Pria
Tidak ada yang bisa membenarkan pernyataan ini. Mungkin pernyataan ini berlaku pada masa lampau, tapi belakangan ini skor perselingkuhan antara pria dan wanita bisa dibilang imbang. Umumnya wanita berselingkuh karena merasa tidak dihargai dan dimengerti. Perempuan umumnya tergoda oleh pria yang dianggap bisa mengertinya dan memperlakukannya istimewa. Jika umumnya pria tergoda berselingkuh karena godaan seksual, wanita terpicu mengkhianati kesetiannya karena kebutuhan.


Selingkuh Hanya Masalah Seks Semata
Selingkuh bukan hanya diperhitungkan ketika Anda berhubungan seks dengan orang selain pasangan Anda. Mempunyai hubungan emosional yang kuat dengan lawan jenis selain pasangan juga bisa dianggap sebagai aksi perselingkuhan. Hubungan emosional ini malah yang lebih berbahaya menggoyang pernikahan. Hubungan yang diawali dengan saling curhat dan pergi berdua ini biasanya justru lebih serius dan bertahan lebih lama ketimbang perselingkuhan yang hanya didasarkan ketertarikan seks semata.

--

3 Kalimat yang Anti Didengar Pria
Angga Firmanza - wolipop
img
Dok. : Saverelationshipsnow
Jakarta - Saat bertengkar, sering kali terlontar kalimat yang menyakitkan. Namun bagi laki-laki ada tiga kalimat yang paling menyakitkan, tentunya selain minta cerai.

Ketika pertengkaran terjadi, saat itu pula emosi meningkat. Pada saat emosi menguasai jiwa, maka Anda akan lepas kontrol dan sering kali mengucapkan kalimat-kalimat menyakitkan. Berikut kalimat-kalimat yang menyakitkan bagi laki-laki.

"Kamu Sudah Tidak Romantis Lagi!"
Kalimat di atas adalah salah satu kalimat yang menyakiti perasaan laki-laki. Anda sering kali merasakan bahwa pasangan Anda tersebut sangat romantis pada saat pendekatan ataupun saat-saat baru menjalin hubungan. Namun lama kelamaan romantisme tersebut memudar.

Hal tersebut bisa jadi benar, bisa jadi tidak. Meskipun, anggapan Anda benar bahwa pasangan Anda tidak romantis lagi, tetapi pernahkan Anda pikirkan apa yang membuatnya seperti itu? Kurang romantisnya lelaki sering kali dikarenakan terlalu sibuk di kantor untuk meningkatkan taraf hidup keluarga. Sehingga mereka tidak memiliki waktu lebih untuk menunjukkan keromantisannya terhadap Anda. Sayangnya mereka tidak pernah memberikan sinyal untuk itu sehingga membuat Anda tidak menyadarinya. Untuk itu, berikan dia sedikit perhatian lebih saat ia pulang dari kantor agar mereka lebih merasa dihargai.

"Kamu Selalu Berantakin Rumah!"
Sudah menjadi kodrat perempuan untuk mengurusi segala kebutuhan rumah, termasuk menjaga kebersihannya. Tetapi terkadang melihat suami yang menaruh barang sembarangan membuat Anda kesal, sangat kesal hingga terlontar kalimat tersebut di atas. Kalimat tersebut justru membuatnya berpikir bahwa Anda tidak iklhas melakukan tugas sebagai istri. Sebaiknya Anda harus lebih bersabar menghadapi suami yang suka meletakkan barang sembarangan. Dengan mengatakan bahwa Anda letih melakukan tugas rumah seharian, akan membuat pasangan Anda lebih mengerti. Mintalah bantuan dengan tidak membuat rumah berantakan dengan nada yang baik, hal tersebut membuatnya lebih mengerti perasaan Anda.

"Kamu Payah di Ranjang!"
Semarah-marahnya Anda, sebaiknya tidak mengatakan kalimat ini karena sangat kasar untuk dikatakan. Kalimat itu sangat menyakitkan bagi lelaki. Mereka akan merasakan harga dirinya terinjak oleh pasangannya sendiri. Terkadang hal inilah yang membuatnya mencari orang ketiga.

--

Alasan si Dia Mencari Orang Ketiga
Angga Firmanza - wolipop
img
Dok.: campusintel
Jakarta - Selingkuh merupakan salah satu topik hangat ketika membahas tema rumah tangga. Survey terhadap ratusan orang laki-laki mengungkap alasan mereka melanggar janji setia.

Sebelumnya kami pernah membahas tentang alasan yang dilontarkan laki-laki ketika berselingkuh. Dilansir redbookmag, kali ini survey terhadap 200 pria mengungkap tema serupa.

Survey ini dilakukan oleh seorang penasihat pernikahan, M. Gary Neuman. Survey ini ia lakukan untuk melengkapi materi pada bukunya, The Truth About Cheating. Berikut hasil survey yang telah ia lakukan.

Ketidakpuasan Emosional
Banyak orang yang berpikir bahwa penyebab laki-laki selingkuh karena ketidakpuasan secara seks. Kenyataannya, hanya ada delapan persen laki-laki yang menyatakan berselingkuh karena tidak puas dalam urusan seks. Sama seperti perempuan, laki-laki juga ingin dihargai oleh pasangannya dan 48 persen dari mereka mengatakan bahwa hal tersebutlah yang membuat mereka berselingkuh. Masalahnya dikarenakan laki-laki tidak seperti perempuan yang bisa menunjukkan perasaan tersebut. "Kebanyakan laki-laki menganggap hal tersebut bukanlah hal yang jantan untuk dikatakan kepada pasangannya. Itulah yang membuat mereka sering mengabaikan urusan emosionalnya," ujar Neuman.

Untuk menghindari hal ini terjadi, tentunya Anda harus lebih peka terhadap pasangan Anda. meskipun sulit, jika terjadi tanda-tanda perubahan sikap, tanyakan secara baik-baik. Jangan memulainya dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuatnya tidak nyaman atau yang bersifat menuduh.

Mempunyai Teman yang Berselingkuh
Lingkungan sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Hal ini jelas terjadi dimana pun Anda berada. Hal ini juga berlaku bagi laki-laki yang berselingkuh. Seperti ditemukan dalam hasil survey 77 persen responden mengatakan perselingkuhan banyak bermula karena pengaruh teman baik secara langsung atau tidak.

Namun bukan berarti Anda langsung menutup pintu pergaulannya. Hal tersebut justru akan membuat pasangan Anda tertekan. Jika suami Anda akan pergi bersama teman-temannya, sarankan tempat-tempat yang lebih 'aman' ketimbang bar atau klub malam.

Tempat Kerja
Hampir setengah dari kehidupan pasangan Anda dihabiskan tempat kerjanya. Di sana mereka bertemu dengan berbagai macam orang termasuk dari kategori lawan jenis. 44 persen laki-laki menyatakan bahwa mereka menemukan pasangan selingkuhannya di kantor, baik bawahan, rekan kerja, bos maupun klien. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda, karena dalam kantor, ada yang disebut sebagai office spouse seperti yang pernah kami bahas sebelumnya.

"Sering kali perempuan yang diselingkuhinya adalah perempuan yang sering memberikan pujian," ujar Neuman. Salah satu rekan kerja yang bisa masuk daftar curiga Anda adalah orang yang namanya sering sekali disebut pasangan Anda. Ingat, jangan langsung menuduh perempuan tersebut teman selingkuhan pasangan Anda karena belum ada bukti yang bisa Anda tunjukkan. Salah-salah, ia malah termakan omongan Anda dan beralih pada perempuan tersebut.

Penampilan
Sering kali Anda cemburu dengan kenalan pasangan Anda yang lebih menarik secara fisik. Ternyata hanya ada 12 persen laki-laki yang berselingkuh karena penampilan fisik. Dengan angka yang cukup rendah tersebut, bukan berarti Anda bisa tenang. Anda tetap harus menjaga penampilan Anda agar pasangan Anda lebih memilih Anda yang cantik luar dalam daripada perempuan yang mereka belum tahu sifat aslinya.

Tidak Ingin Berselingkuh
Dari keseluruhan survey, ternyata 68 persen dari objek survey mengatakan bahwa dirinya tidak ada niat untuk berselingkuh. Semuanya terjadi karena hal-hal di atas sehingga Anda bisa mengantisipasinya sebelum semuanya berantakan.

--

exy atau Murahan? Hati-hati Terjebak
Angga Firmanza - wolipop
img
Dok. Whydate
Jakarta - Mulai dari penampilan fisik hingga kelakuan perempuan dapat menghasilkan pendapat tertentu. Sebagai perempuan tentunya Anda tidak ingin mendapatkan label murahan dari laki-laki.

Simak hal-hal yang harus dihindari untuk terhindar dari cap murahan:

Pakaian
Perbedaan antara 'sexy' dan 'bitchy' sangatlah tipis. Bra yang mengintip terlalu banyak keluar ataupun belahan dada yang terlihat seperti ingin meledak membuat Anda terlihat murahan.

Sama halnya dengan atasan, bagi laki-laki bawahan yang terlalu pendek dan sangat ketat bisa mempengaruhi persepsi lelaki. Ketertarikan yang tadinya normal bisa berubah menjadi ketertarikan seksual.

Oleh sebab itu, perhatikan kesesuaian situasi dan pakaian. Jika terpaksa menggunakan rok super mini, kenakan stocking atau legging untuk membuat kesan lebih elegan dan sopan.

Sinyal
Tanpa Anda sadari, terkadang Anda memberikan sinyal yang ternyata di mata lelaki terkesan murahan. Ini biasanya terjadi pada saat Anda patah hati, kesepian dan memerlukan seseorang untuk curhat.

Terlalu mudah dekat dengan lelaki, terutama mudah melancarkan sentuhan fisik bisa membuat persepsi lelaki berubah. Jika tadinya bersimpati pada masalah Anda, bisa-bisa ia malah menanggapi 'keakraban' tersebut untuk maksud yang lain.

Kepercayaan
Janganlah terlalu percaya pada orang yang baru Anda kenal meskipun secara fisik ia sangat mengagumkan. Untuk menarik perhatiannya, Anda pun membuka diri seluas-luasnya hingga curhat segala macam masalah.

Hati-hati, bukannya simpati yang Anda dapat tapi malah cap murahan yang mengena. Lebih parahnya lagi, sebagian dari mereka bisa mengambil keuntungan dari kepercayaan yang telah Anda berikan kepadanya.

Lelaki senang dibuat penasaran. Jika Anda benar-benar suka padanya, tak ada salahnya sedikit menyusun strategi daripada langsung menyerang tanpa kendali.

Menggoda
Menggoda atau flirting kini bukan hanya dominasi laki-laki. Flirting bukannya dilarang, tapi ada cara melakukannya.

Luncurkan satu atau dua sinyal kepadanya. Jika ia tidak merespon, tinggalkan saja. Meluncurkan godaan bertubi-tubi akan membuat Anda terkesan putus asa.

Menggoda laki-laki favorit Anda di klub memang wajar saja. Tapi flirting dengan semua lelaki di dekat Anda tentunya menimbulkan cap yang berbeda. Label murahan secara instan akan melekat di tubuh anda.

Reputasi
Inilah hal yang paling mudah bagi laki-laki untuk menentukan seorang perempuan murahan atau tidak. Mereka tinggal menanyakan kepada temannya apakah Anda 'bisa' atau tidak. Oleh karena itu menjaga reputasi Anda di depan publik sangatlah penting. Jagalah perkataan, sikap hingga tingkah laku Anda sesuai tips di atas agar terhindar dari label murahan.

--

Yang Harus Diperhatikan Saat Menjalin Hubungan Baru
Angga Firmanza - wolipop
img
dok. : photografica
Jakarta - Dalam menjalin sebuah hubungan yang baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak menyesal dikemudian hari. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan:

Jangan terlalu cepat menceritakan semua masa lalu Anda kepadanya. Hal tersebut dapat membuatnya berfikir yang terlalu banyak tentang diri Anda yang belum tentu benar. Ada saat dimana Anda tidak perlu berbagi cerita akan masa lalu di awal hubungan. Begitu juga dengan keluarga, sebaiknya jangan terlalu cepat mengenalkan pasangan Anda dengan orang tua jika belum yakin dengan dirinya.

Dalam hubungan yang baru dijalani, biasanya pasangan ingin selalu bersama setiap saat. Tetapi kenyataannya hal tersebut tidak bisa dilakukan karena masih ada kegiatan yang harus dilakukan, seperti bekerja. Maka dari itu, komunikasi sangat penting bagi pasangan baru.

Namun bukan berarti Anda harus menghubunginya setiap detik meskipun hanya mengirimkan teks dari telefon genggam. Lelaki akan merasa sangat terganggu jika dihubungi berkali-kali saat beraktifitas.

Terkadang Anda ingin tahu lebih jauh tentang pasangan, namun mengecek ponselnya tanpa sepengetahuan dirinya bukanlah ide yang bagus. Setiap orang memiliki privasinya yang tidak ingin diganggu. Jika ketahuan, bisa-bisa ia akan merah besar dengan Anda dan kemungkinan bubar jalan.

Perbedaan pasti ada dalam berpasangan. Oleh karena itu, jangan terlalu memaksakan kehendak, apalagi memintanya untuk berubah seperti yang Anda inginkan. Sadarilah tidak ada orang yang sempurna. Selama bisa ditolerir, sebaiknya Anda harus lebih bersadar menghadapinya.

Anda tidak harus mengorbankan seluruh energi dan waktu untuknya. Utamakan diri Anda terlebih dahulu, kemudian barulah pasangan Anda. Karena jika Anda bisa menghargai diri sendiri, barulah Anda bisa menghargai orang lain.

--

Tips Mengobrol Bagi Si Pemalu
Angga Firmanza - wolipop
img
dok. : winewriter
Jakarta - Kuasai rasa malu Anda saat berbicara dengan orang lain, khususnya orang yang Anda sukai. Untuk menyukseskan usaha tersebut, diperlukan beberapa kiat sebagai berikut.

Berlatih
Cobalah berlatig dahulu dengan yang mudah diemui sehari-hari. Ajaklah orang-orang yang Anda temui untuk mengobrol. Misalnya kasir swalayan saat Anda membeli makanan, ataupun orang disamping Anda saat di bus diperjalanan menunju ke kantor. Dengan membiasakan mengobrol dengan orang-orang sekitar, perlahan tapi pasti sifat pemalu Anda akan berkurang.

Baca, Baca dan Baca
Perluas pengetahuan Anda dengan membaca. Mulai dari koran, majalah hingga artikel-artikel yang bisa Anda temukan di internet. Dengan begitu, maka Anda dapat memperluas bahan perbincangan Anda nantinya.

Dear Diary
Tuangkan pengalaman Anda tentang perbincangan yang menarik dalam jurnal harian. Anda bisa membacanya sekali-kali untuk mengingatkan pengalaman menarik yang Anda miliki dan Anda bisa berbagi dengan orang lain yang Anda ajak ngobrol.

Berlatih di Depan Kaca
Untuk meningkatkan kualitas diri, Anda bisa berlatih di depan kaca. Perhatikan gaya bicara saat berbicara. Pastikan Anda terlihat cukup ekspresif saat berbicara. Kebanyakan orang suka dengan gaya bicara yang ekspresif.

Coba Hal Baru
Sama seperti membaca, mencoba hal baru akan membuat pengalaman baru bagi Anda. Mencoba restoran baru yang sedang hits atau pergi ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi membuat wawasan Anda semakin luas.

Jadilah Pendengar yang Baik
Saat seseorang menceritakan kisahnya kepada Anda, sebaiknya dengarkan dengan seksama. Berikan sedikit tanggapan positif tanpa terkesan mengguruinya. Hal ini sangat baik bagi membangun imej diri untuk terlihat lebih baik.

Ketika Anda sudah mahir dalam mengajak orang lain mengobrol, maka Akan mudah bagi Anda untuk mendekati orang yang Anda sukai. Selain itu, Anda kan terlihat lebih menarik bagi orang tersebut karena wawasan dan pengalaman yang Anda miliki. Selamat mencoba!

--


SEJARAH SAKSI JEHOVA

Charles Taze Russell, lahir pada tahun 1852 di Pittsburg, adalah pendiri gerakan yang sekarang dikenal sebagai "Saksi-Saksi Yehova". Ketika berumur 18 tahun (1870), ia mengorganisir sebuah kelas Alkitab di Pittsburg, dan pada tahun 1876 terpilih sebagai "pendeta". Tahun 1879, ia mendirikan "Menara Pengawal Sion", yang sekarang dikenal sebagai "Menara Pengawal yang Memberitahukan Kerajaan Yehova". Karyanya yang utama adalah "Studies in the Scriptures" (Penyelidikan Alkitab), diterbitkan dalam tujuh jilid dari tahun 1881 sampai 1917. Sejak bulan Juli 1956, "The Watch Tower Bible and Tract Society" telah memunyai cabang di 63 negara, dan pekerjaan utusan Injil di lebih dari 104 negara. Lembaga itu sekarang mempunyai perusahaan percetakan, apartemen, stasiun radio, dan sekolah Alkitab yang telah mengutus lebih dari 1.000 orang utusan Injil.

Pada tahun 1916, Russell meninggal dunia dan digantikan oleh Joseph Franklin Rutherford. Ia menyusun pemikiran agar semua anggotanya percaya bahwa mereka adalah para Saksi Yehova terakhir. Di bawah pimpinannya, pekerjaan itu berkembang dengan pesat. Ia menyusun lebih dari 100 jilid buku dan selebaran-selebaran, yang diterjemahkan ke dalam bermacam-macam bahasa. Ia meninggal pada tahun 1944 dan digantikan oleh Nathan H. Knorr. Ia mendirikan Sekolah Latihan Utusan Injil Gilead di South Lansing, New York, dan pada tahun 1953 menyelenggarakan Konvensi Internasional "Saksi-Saksi Yehova" di Stadion Yankee, New York.

NAMA SAKSI YEHOVA

Nama "Saksi-Saksi Yehova" diduga memunyai dukungan firman Allah dari Yesaya 41:10-12. Penggunaan nama bidat ini sebenarnya tidak tepat.
Penjelasan-penjelasan di bawah ini akan membuktikan hal tersebut:
1. Kata "kamu inilah saksi-saksi-Ku" dalam Yesaya 43:10 sebenarnya ditujukan kepada bangsa Israel (Yesaya 43:1).
2. Perjanjian Baru mengajarkan agar kita menjadi saksi-saksi Kristus (Kisah Para Rasul 1:8); saksi-saksi kematian dan kebangkitan-Nya untuk pengampunan dosa (Kisah Para Rasul 1:22; 2:32; 3:15; 5:30-32; 10:39-43). Namun Saksi-Saksi Yehova menyangkal kebangkitan jasmani Yesus Kristus.
3. Yang berbicara dalam Yesaya 43:10-12 adalah TUHAN atau Yehovah, yang sama dengan Tuhan Yesus Kristus, terbukti sebagai berikut:
a. TUHAN adalah Pencipta (Yesaya 43:1, 7, 15), demikian juga Kristus (Yohanes 1:1-3; Kolose 1:16; Ibrani 1:1-3).
b. TUHAN adalah Penebus (Yesaya 43:14), demikian juga Kristus (1 Petrus 1:18-19).
c. TUHAN adalah satu-satunya Juru Selamat (Yesaya 43:11), demikian juga Kristus (Kisah Para Rasul 4:12).
d. TUHAN adalah yang terdahulu dan yang terkemudian (Yesaya 44:6), demikian juga Kristus (Wahyu 1:8).
e. TUHAN adalah Allah (Yesaya 43:12), demikian juga Kristus (Yohanes 1:1; Matius 1:23; Roma 9:5; Titus 2:13; 1 Yohanes 5:20).
f. TUHAN adalah Gembala kita (Mazmur 23:1), demikian juga Kristus (Yohanes 10:1; Petrus 5:4; Ibrani 13:20).
g. TUHAN adalah yang menyembuhkan (Keluaran 15:26), demikian juga Kristus (Yakobus 5:15).
h. TUHAN adalah Kebenaran kita (Yeremia 23:6), demikian juga Kristus (1 Korintus 1:30).

ASAS-ASAS SAKSI YEHOVA
1. Pribadi Kristus

Mereka mengajarkan:
a. Kristus diciptakan. J.F. Rutherford dalam bukunya "Harp of God" menyatakan, "Firman adalah ciptaan langsung, pertama dan satu-satunya oleh Yehovah."
b. Kristus belum pernah dan tidak akan pernah menjadi Allah. J.F. Rutherford dalam bukunya "The Truth Shall Make You Free" menyatakan, "Ia adalah seorang Allah yang berkuasa, tetapi bukan Allah Yang Mahakuasa."
c. Kristus hanyalah manusia selagi Ia diam di dunia dan meninggal sebagai seorang Manusia. C.T. Russell dalam bukunya "Studies in the Scriptures" menyatakan, "Manusia Yesus telah mati untuk selama-lamanya" dan "Yesus dikenal sebagai Penghulu malaikat bernama Mikhael, yang berarti utusan Allah." J.F. Rutherford menyetujui hal ini dengan berkata, "Dalam jabatan ini (Anak yang diperanakkan oleh Allah dan anak sulung dari segala makhluk), Ia memunyai nama lain di sorga, yaitu Mikhael.

Kita menjawab:
a. Kristus adalah Pencipta segala sesuatu (Kolose 1:16). Memasukkan perkataan "yang lain" sesudah "segala sesuatu" seperti yang mereka lakukan pada ayat ini dalam The New World Translation, tidak berdasar sama sekali. Kristus adalah Pencipta segala sesuatu, termasuk para malaikat. Ungkapan "sulung" dalam Kolose 1:15 seharusnya dipahami dalam hubungannya dengan Kolose 1:18, "yang pertama bangkit dari antara orang mati". Dan ini tidak berarti bahwa Kristus adalah yang pertama akan dibangkitkan dari antara orang mati, melainkan bahwa Ia yang pertama bangkit dari antara orang mati di dalam tubuh kebangkitan-Nya, "buah sulung" dari antara orang mati, yaitu janji kebangkitan bagi semua orang yang dipersatukan dengan Kristus oleh iman. "Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, Ia tidak mati lagi; maut tidak berkuasa lagi atas Dia."

Perkataan Ibrani untuk Allah dalam Kejadian 1:1, Elohim, menjelaskan bahwa yang mengambil bagian dalam penciptaan pertama, pelakunya terdiri dari beberapa pribadi, sedangkan penggunaan kata kerja tunggal, menunjukkan kesatuan tindakan. Allah Tritunggal juga disebutkan dalam ayat-ayat lain yang berhubungan dengan penciptaan. Pada waktu Yohanes berkata tentang Kristus dalam Wahyu 3:14 sebagai "Permulaan dari ciptaan Allah", ia mengatakan sesuatu yang cocok dengan apa yang dikatakannya dalam Yohanes 1:1-3, di mana ia menegaskan bahwa Kristus ada bersama dengan Allah pada mulanya dan bahwa Ia adalah Firman adalah Allah.

b. Kristus sejak semula adalah Allah dan akan tetap Allah.
1. Ia memunyai nama-nama ilahi (Yesaya 9:6; Matius 1:23; Yohanes 1:1).
2. Ia disembah (Matius 2:11; 14:33; 28:9; Lukas 24:52; Ibrani 1:6; Filipi 2:10-11; Wahyu 5:8). Jika kita menyembah sesuatu yang bukan Allah berarti kita menyembah berhala (Keluaran 20:4-5; Kisah Para Rasul 10:25-26).
3. Ia melakukan perbuatan yang hanya dapat dilakukan oleh Allah. Ia mengampuni dosa (Markus 2:5-7); Ia membangkitkan orang mati (Yohanes 11:43); Ia bangkit dari kematian (Yohanes 2:19; 10:18); Ia menciptakan dunia (Kolose 1:16); Ia menopang dunia (Kolose 1:17; Ibrani 1:2-3); tanda ajaib-Nya membuktikan kemuliaan dan keilahian-Nya (Yohanes 2:11).
4. Gelar-gelar keilahian-Nya membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Allah. Ia Mahakuasa (Matius 28:18); Mahahadir (Matius 28:20); Mahatahu (Yohanes 21:17; 2:25; 16:30; Kisah Para Rasul 1:24); kekal (Yohanes 1:1; Kolose 1:17; Yohanes 8:58).
5. Nama-nama yang diterapkan pada Yehova Allah dalam Perjanjian Lama, diterapkan kepada Kristus dalam Perjanjian Baru.
6. Hubungan antara nama Kristus dengan Allah dan Roh Kudus dalam satu cara dengan mengecualikan semua nama yang lain, membawa kita kepada kesimpulan bahwa ketiganya sama dan sederajat (Matius 28:19; 2 Korintus 13:14; Yohanes 10:30). Ketika Kristus berkata mengenai Allah sebagai Bapa-Nya dalam pengertian yang unik, orang-orang Yahudi mengartikan bahwa Ia menyamakan diri-Nya dengan Allah (Yohanes 5:18).

c. Kristus adalah manusia, tetapi Ia juga adalah Allah yang menyatakan diri dalam daging. Kristus tidak mengesampingkan keilahian-Nya ketika Ia diam di dalam tubuh sebagai Manusia. Paulus menjelaskan bahwa Ia, yang sama dengan Allah, mengambil (bukan mengurangi, melainkan menambah) rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia. "Allah di dalam Kristus" telah memperdamaikan isi dunia ini dengan diri-Nya sendiri.

d. Kristus tidak pernah menjadi Mikhael, Penghulu Malaikat. Kristus jauh lebih indah daripada para malaikat. Para malaikat menyembah Kristus. Pasal pertama Kitab Ibrani menunjukkan bahwa Kristus lebih indah daripada para malaikat sebab dalam hubungan, seorang anak melebihi seorang hamba; dalam martabat, seseorang yang disembah melebihi yang menyembah; dalam kedudukan, Kristus sebagai Tuhan yang berkuasa melebihi para malaikat yang hanya sebagai makhluk-makhluk yang taat saja; dalam kesucian, Kristus membenci dosa, sedangkan malaikat-malaikat ada yang berdosa.

2. Hukuman Kekal

Mereka mengajarkan:
a. Neraka, kuburan, sheol, gehenna, dan hades adalah perkataan-perkataan yang sama artinya. Dalam buku "Let God Be True", mereka berkata, "Alkitab mengatakan bahwa neraka adalah kuburan, sehingga seorang anak kecil yang jujur pun dapat mengerti hal ini, tetapi para ahli teologi tidak dapat mengerti. Neraka yang menakutkan adalah ajaran agama yang mencemarkan Allah. Jelas bahwa neraka atau sheol atau hades berarti kubur, dan semua orang, yang baik maupun yang jahat, akan menuju ke tempat itu untuk menunggu hari kebangkitan."
b. Kesempatan kedua. Mereka mengajarkan bahwa mereka yang meninggal tanpa Kristus akan mendapat kesempatan lain. Mereka akan mendengar Injil diberitakan, dan jika mereka tidak mau menerima undangan, mereka akan dipunahkan. Buku "Let God Be True" berkata, "Gehenna adalah gambar atau lambang kemusnahan atau pembasmian total, dan bukan siksaan kekal. Mereka yang menolak kesempatan kedua akan dibinasakan oleh kematian kedua, yaitu kepunahan."

Kita menjawab:
Kata Ibrani untuk "kuburan" adalah "qeber" (diucapkan "kawbar"). Perkataan ini dipakai 67 kali dalam Perjanjian Lama dan digunakan baik dalam bentuk jamak maupun tunggal. Perjanjian Lama menjelaskan kuburan sebagai berikut.
1. Kuburan dapat menjadi milik pribadi, yang digali dan terletak di satu daerah (Kejadian 50:5).
2. Ada banyak kuburan (Keluaran 14:11).
3. Kuburan dapat disentuh (Bilangan 19:16, 18).
4. Orang-orang menangis di kuburan (2 Samuel 3:32).
5. Tubuh orang yang mati dapat ditaruh di dalam kuburan (1 Raja-raja 13:30).
6. Sebuah kuburan dapat terletak di samping kuburan yang lain (2 Samuel 19:37).
7. Tubuh dapat dikubur di dalam sebuah kuburan (1 Raja-raja 14:13).
8. Orang dapat menaburkan abu di atas kuburan (2 Raja-raja 23:6).

Kata Ibrani "sheol" ditulis 65 kali di dalam Perjanjian Lama. Dalam Alkitab bahasa Inggris Authorized Version, perkataan ini diterjemahkan "kuburan" dan ditulis 31 kali, "neraka" 31 kali dan "lubang" 3 kali. Jika perkataan tersebut tetap sheol tentunya akan mengurangi kebingungan seperti pada Alkitab A.R.V.. Arti kata itu harus ditetapkan oleh pemakaiannya menurut konteksnya, bahwa Sheol bukannya kuburan. Hal itu terbukti dari hal-hal berikut ini:
a. Meskipun dalam Alkitab terjemahan lama dikatakan Yakub "hendak berkabung sampai ke kubur" (Kejadian 37:35), perkataan sheol dalam bahasa Ibrani dalam ayat ini tidak dapat diartikan kuburan -- karena Yakub mengira Yusuf telah dimakan oleh binatang buas. Tidak ada seorang pun yang berkabung sampai ke kuburan. Tidak seorang pun dapat pergi kepada orang lain di dalam kuburan.
b. Sheol dalam Ulangan 32:22 diterjemahkan salah, menjadi "neraka". Di sini perkataan api dihubungkan dengan sheol dan bahwa murka Allah mencapai "tempat yang paling bawah" dari sheol. Di dalam kuburan tidak ada api.
c. 2 Samuel 22:6 mengatakan mengenai kesedihan di dalam Sheol. Di dalam kuburan tidak ada kesedihan.
d. Ayub 11:8 membandingkan dalamnya sheol dengan tingginya langit. Jika sheol diartikan kuburan, maka tidak dapat dipakai sebagai bahan perbandingan.
e. Mazmur 9:18 mengatakan mengenai orang-orang fasik yang akan dimasukkan ke sheol. Anda tidak dapat memasukkan banyak orang ke dalam sebuah kuburan, tetapi di dalam sheol terdapat cukup tempat untuk segala bangsa.
f. Mazmur 16:10 mengatakan mengenai orang yang masuk Sheol dan sesuatu yang dapat binasa. Tubuh kita memang akan binasa, tetapi jiwa tidak akan binasa. Ayat ini berisi nubuatan dan menggambarkan Mesias seperti yang dibuktikan pemakaiannya oleh Petrus di dalam Kisah Para Rasul untuk diterapkan pada Kristus. Kisah Para Rasul 2:31 menunjukkan bahwa sheol dan hades adalah sama, karena perkataan sheol dalam bahasa Ibrani (Mazmur 16:10) bahasa Yunaninya adalah Hades. Dengan menggabungkan pikiran Perjanjian Lama dan Baru, kita dapat memakai istilah "Sheol-Hades" untuk dunia orang mati.
g. Mazmur 55:16 menunjukkan, meskipun maut telah menyergap orang fasik, jiwa mereka akan turun hidup-hidup ke dalam sheol. Jelaslah bahwa sheol bukan berarti kuburan.
h. Mazmur 116:3 menghubungkan sheol dengan kesakitan. Di dalam kuburan tidak ada kesakitan.
i. Rumah perempuan jalang adalah jalan ke sheol. Jika sheol hanya kuburan saja, maka nasib wanita yang jahat sama baiknya dengan wanita yang berbudi luhur. Selanjutnya dikatakan "orang-orang yang diundangnya ada di dalam dunia orang mati" (Amsal 7:27; 9:18). Mengajarkan sheol adalah kuburan, berarti membuang semua kendali moral dan menjadikan dosa hanya sebagai lelucon.
j. Sheol tidak pernah penuh, tetapi kuburan dapat segera penuh (Amsal 27:20; Yesaya 5:14). Perkataan hades dalam bahasa Yunani dipakai 11 kali dalam Perjanjian Baru. Di dalam hades orang-orang sadar akan diri sendiri, dapat berbicara, disiksa, terpisah dan jauh dari mereka yang dihibur, dapat mengingat, di dalam api tidak ada belas kasihan, tidak diberi air setetes pun untuk menyejukkan lidah. Kristus mengungkapkan apa yang terletak di balik kematian bagi orang yang benar dibandingkan dengan orang yang jahat. Nampaknya terdapat hal-hal yang serupa dalam kesanggupan merasakan secara jasmani dan secara kejiwaan. Paulus tidak dapat merasakan perbedaannya. Bahkan meskipun kita membayangkan di dalam mimpi, kadang-kadang masih sukar untuk membedakan apakah pengalaman kita itu dialami secara tubuh atau hanya secara kejiwaan saja. Lagipula kita tidak dapat mengatakan apakah roh yang tidak menempati tubuh tidak memunyai kemampuan untuk melihat, merasa sedih. Manusia diciptakan serupa dengan Allah; dapat melihat, mendengar, merasa, dan sadar seperti Allah, sekalipun nanti kalau jiwa kita sudah tidak menempati tubuh lagi.
k. Perkataan Gehena dalam bahasa Yunani dipakai 11 kali dalam Perjanjian Baru dan diterjemahkan "neraka". Kristus berkata mengenai gehenna sebagai tempat terdapatnya api, yaitu api "yang tak terpadamkan". Dari 11 kali, 8 kali dipakai untuk menerangkan bahwa api itu kekal. Jelas bahwa gehenna tidak dapat berarti kuburan.

Pemakaian kata "kekal" untuk menyatakan sifat kelanggengan Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus, kebahagiaan orang-orang suci maupun kesengsaraan kekal bagi orang-orang sesat pada masa yang akan datang. Ini membuktikan bahwa penderitaan yang dialami orang-orang fasik berlangsung sampai kekal. Pemakaian kata ini dalam Kitab Wahyu membuktikan bahwa itu berarti "berlangsung terus-menerus", "selama-lamanya", "tiada henti-hentinya" (Wahyu 1:6; 4:9-10; 5:13; 7:12; 10:6; 11:15; 14:10-11; 19:3; 20:10).

Mengenai pembasmian, kita menjawab:
a. Wahyu 21:8 tidak mengatakan bahwa lautan api menyebabkan kematian kedua, melainkan itu adalah kematian kedua. Di Alkitab, kematian tidak pernah berarti kepunahan manusia atau tidak ada sama sekali. Jika dianggap sebagai aspek hukuman, ini berarti keadaan salah, keadaan yang menyedihkan sekali, direndahkan martabatnya atau kesukaran yang besar.
b. Menghancurkan tidak berarti memusnahkan. Ketika kantong anggur itu hancur, kantong itu tidak dapat lagi berfungsi untuk maksud semula pada waktu ia dibuat (Matius 9:17). Jika satu jiwa binasa, maka jiwa itu tidak berfungsi lagi untuk tujuannya yang semula, yaitu untuk memuliakan Allah (Kolose 1:16).
c. Membinasakan tidak berarti memusnahkan. Hosea meratapi bangsa Israel, "Umatku binasa karena tidak mengenal Allah," tetapi di sini ia tidak bermaksud bahwa bangsanya telah dimusnahkan. Ketika Yesus berkata, "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali", Ia tidak bermaksud untuk memusnahkannya. Beberapa orang berkeyakinan bahwa dosa memunyai akibat semacam itu, yaitu dapat membinasakan jiwa sama sekali. Hal ini tidak mungkin, karena semakin besar dosanya, maka orang yang berdosa akan segera dibinasakan dan dengan demikian maka hukumannya tidak seimbang.
d. Mengenai kesempatan yang kedua, Alkitab tidak mengajarkan adanya kesempatan apa pun setelah kematian. Alkitab berkata bahwa setelah kematian ada penghakiman -- "Siapa bersitegang leher, walaupun telah mendapat teguran, akan sekonyong-konyong diremukkan tanpa dapat dipulihkan lagi." Keadaan orang yang fasik pada waktu kematian sudah tetap dan ditentukan,, yaitu api kekal, kegelapan, ratapan dan kertakan gigi, siksaan, hukuman kekal, murka Allah, kematian yang kedua, dan kebinasaan kekal.

3. Kerajaan

Mereka mengajarkan:
a. Kerajaan Kristus akan didirikan sepenuhnya pada tahun 1914.
b. Kedatangan Kristus yang kedua kali akan tidak kelihatan seperti angin (Yohanes 14:19).
c. Kejadian-kejadian yang akan terjadi merupakan tanda kehadiran-Nya yang kedua kali sebagai Raja.
d. "Pada akhir zaman dunia tua ini dan pada pintu masuk dunia baru, para Saksi Yehova akan mengabarkan kabar baik mengenai kerajaan yang didirikan dan menunjukkan pertempuran Allah di Armageddon akan menyucikan bumi dari kefasikan dan membukakan jalan pada keadaan damai yang kekal, kebahagiaan dan hidup. Hal ini menyebabkan pemisahan bangsa-bangsa, beberapa dari mereka masuk dunia baru dan sebagian lagi akan ditolak (Matius 25:31-46). Orang-orang yang melawan akan menganiaya para saksi yang memberitakan kabar baik, mengejek dan mencemooh peringatan yang disampaikan".

Kita menjawab:
a. Kerajaan Kristus belum sepenuhnya didirikan pada tahun 1914. Jika memang sudah, maka peperangan akan berhenti dan kerajaan dunia telah menjadi Kerajaan Tuhan. Ketika sang Raja datang, kehendak-Nya akan terjadi di dunia seperti di sorga.
b. Kedatangan Kristus akan terlihat oleh mata.
c. Dalam Matius 24, tanda-tanda akan mendahului kedatangan-Nya dan segera setelah kita melihat pembinasa keji dan siksaan yang dahsyat, maka Anak Manusia akan tampak. Kristus memperingatkan murid-murid-Nya agar mereka jangan kacau tentang tanda-tanda umum dan tanda khusus yang menyatakan kedatangan-Nya.
d. "Injil" (Matius 24:14) adalah Injil yang diberitakan oleh Kristus dan para rasul, dan Injil yang sama ini juga harus diberitakan sampai tiba kesudahan zaman. Injil kerajaan itu tidak berbeda dengan Injil yang diberitakan Rasul Paulus atau Injil yang diberitakan oleh setiap hamba Tuhan yang benar.


--
CINDY JACOBS

Jenderal Peperangan Rohani



Cindy Jacobs adalah puteri seorang pendeta gereja Southern Baptist. Ia dibesarkan di Texas dengan penghargaan yang tinggi akan hal-hal kerohanian. Ia pertama kali mendengar panggilan Allah pada tahun 1960 ketika berusia 9 tahun, saat menghadiri camp gereja. Ia naik ke sebuah bukit karang di hutan belakang kapel dan berdoa di sana. Ada hal khusus yang Allah inginkan untuk dilakukan oleh Cindy, demikian pesan Allah baginya.

Mimpi-mimpi tentang neraka pun mulai ia alami ketika berusia 12 tahun. Malam demi malam ia terbangun dengan penuh keringat dingin. Ia melihat orang-orang menderita siksaan kekal, dan hal ini mendorongnya memohon pada Allah agar memakai hidupnya untuk memenangkan orang-orang terhilang.

Setelah lulus kuliah, Cindy mengajar musik di sekolah umum. Pada tahun 1973 ia menikah dengan Mike dan hidup sebagai ibu rumah tangga biasa dengan dua anaknya. Di sela kesibukannya Cindy aktif memimpin koor gereja, bermain piano, memimpin ibadah Minggu pagi dan mengajar pemahaman Alkitab di gereja. Walaupun begitu, Cindy selalu merasa bahwa pelayanannya seharusnya menjangkau lebih jauh lagi dari sekedar di rumah dan gereja lokal. Bertahun-tahun telah berlalu, sepertinya Allah telah melupakan perjumpaan mereka di bukit karang di tengah hutan dulu.

Ketika Cindy berusia 30-an tahun, suatu hal aneh tiba-tiba terjadi. Setiap malam pada jam yang sama, Cindy selalu terbangun dan tidak bisa tidur lagi. Hal itu berlangsung selama 2 minggu, sehingga dia memutuskan bahwa pasti ada alasan mengapa dia bangun pada jam tersebut. Ternyata Allah sedang menunjukkan padanya cara berdoa. Cindy lalu mulai berdoa bagi keluarga dan teman-temannya, disebutkannya nama siapa saja yang terlintas dalam pikirannya saat itu.

Di suatu malam ia terdorong untuk berdoa bagi seorang pendeta di gerejanya. Dia membisikkan suatu doa sederhana, “Tuhan, dia membutuhkan kesembuhan, dan dia merasa kesepian serta ketakutan. Hibur dia Bapa, sembuhkan dia, dan beritahu bahwa dia tidak sendirian.” Dia lalu menambah permintaannya, “Bapa, saya benar-benar ingin mendapat peneguhan dari Engkau bahwa doa-doa saya ada gunanya.” Sebelum ia terbaring kembali untuk tidur, Cindy memperhatikan waktu itu jam 3:10 dini hari.

Pada kebaktian keesokan harinya, pendeta itu menjumpai Cindy. Katanya, “Tidak banyak orang yang tahu hal ini. Saya menderita kanker. Semalam saya terbangun dan merasa kesakitan. Saya merasa kesepian dan berteriak di hadapan Allah. Tuhan tidak adakah seorang yang memperhatikan saya? Pada saat itu Allah berkata pada saya, ‘Cindy Jacobs terjaga, dan dia berdoa untukmu.’ Waktu itu sekitar jam 3:10,” kata pendeta itu.

Peneguhan itu cukup bagi Cindy untuk tetap berdoa di tengah malam dan ia makin diteguhkan ketika tahu bahwa pendeta itu telah disembuhkan. Ia berdoa lebih tekun lagi dan ia merasakan doa-doanya selalu mengenai sasaran. Kabar segera tersiar, bahwa jika orang butuh sesuatu, mereka perlu datang ke Cindy Jacobs. Gereja dan Women’s Aglow Chapter mulai memintanya berbicara tentang doa syafaat. Dia menggali Firman Allah untuk menemukan cara bagaimana mengajar orang berdoa. Allah pun meningkatkan pelajarannya dengan mempertemukan Cindy dengan pemimpin-pemimpin doa seperti C. Peter Wagner, Joy Dawson, Dick Eastman dan BJ. Whilhite. Perjumpaannya dengan orang-orang ini membangkitkan semangatnya untuk dipakai Allah lebih dahsyat lagi.

Tapi konflik di dalam diri Cindy mulai timbul berkenaan dengan pelayanannya. Cindy merasakan Tuhan memimpinnya untuk pergi ke negara lain, namun banyak orang yang memberitahukannya untuk tetap tinggal di rumah sebagai ibu rumah tangga membesarkan kedua anaknya. Selama dua tahun ia bergumul tentang hal ini hingga akhirnya Allah membukakan semuanya bagi dirinya dan juga Mike, suaminya. Mereka berdua lalu terjun sepenuhnya ke ladang misi dan di tahun 1985 Cindy bersama Mike mendirikan Generals of Intercession (GI) yang melayani bidang doa syafaat atau doa peperangan rohani.

Cindy percaya bahwa gereja tidak efektif memenangkan bangsanya bagi Kristus karena orang Kristen kurang memahami strategi doa gaya militer. Seperti C. Peter Wagner dan orang-orang lain yang sadar akan pentingnya peperangan rohani, Cindy menghimbau umat percaya di seluruh dunia untuk memerangi kuasa kegelapan dengan doa yang terarah. Dia menantang orang Kristen untuk memerangi “roh-roh teritorial”. Bukunya yang diterbitkan pada tahun 1991 berjudul “Possesing the Gates of the Enemy” dianggap sebagai buku manual untuk doa peperangan rohani di mana-mana.

Pengalamannya yang luar biasa bersama Allah menjadikan Cindy memiliki banyak kisah peperangan rohani, dan ia suka bagikan kepada teman-temannya untuk menguatkan dan mendorong mereka untuk lebih bersemangat.

* Pada tahun 1990 dia berbicara di dua seminar di kota Resistencia, Argentina. Pendeta lokal menunjukkan apa yang mereka rasakan sebagai roh-roh jahat yang menguasai kota itu termasuk San La Muerte, roh kematian yang disembah oleh penduduk setempat. Setelah waktu pertobatan, pemimpin Kristen lokal mengusir roh-roh jahat itu. Menurut penginjil Argentina Edgardo Silvoso, kota yang berpenduduk 400.000 itu sukar sekali dijangkau sampai waktu itu. Tetapi setelah roh-roh jahat itu diusir, keanggotaan gereja meningkat dua kali lipat, 18 jemaat baru didirikan dan walikotanya menerima Kristus

* Di tahun yang sama, Cindy menubuatkan dalam pertemuan doa di kota Argentina, Mar del Plata bahwa meja judi di salah satu kasino terbesar di kota itu akan dilemparkan ke jalan. Dia juga menyatakan bahwa kasino itu akan menjadi tempat ibadah. Suatu pernyataan yang kelihatannya terlalu mengada-ada. Tapi, tepat 51 hari setelah didoakan oleh pendoa syafaat lokal, kedua nubuatan itu terjadi. Api merusak bagian kasino dan pemiliknya secara harafiah melemparkan meja judi ke jalan.

* Pada tahun 1991, sekelompok pendoa syafaat di Brasilia mengincar kubu roh jahat ‘Karnaval’, setelah Cindy memberikan nubuatan bahwa Allah akan memakai arak-arakan “Berbaris Bagi Yesus” untuk menghentikan festival kegelapan itu. Para pendoa syafaat percaya bahwa ‘Karnaval’ adalah tenaga penggerak di balik pemberontakan yang terjadi di jalan-jalan di Brasilia. Menurut sumber Cindy di Brasilia, paling sedikit lima perayaan ‘Karnaval’ akhirnya ditutup pada tahun 1993.

* Tahun 1993 Cindy memimpin doa pendobrakan di Jepang, dimana masyarakat Kristennya sedikit dan terpecah-pecah. Pemimpin rohani setempat berkata bahwa peristiwa itu penting artinya karena umat percaya baik karismatik maupun bukan bertobat karena terpisah satu sama lain. Beberapa bulan kemudian ketika diadakan KKR secara nasional yang pertama di Jepang, ribuan orang mengaku percaya kepada Kristus.

Cindy Jacobs tidak merasa takut dengan peranannya karena ia menguasai strategi peperangan rohani dan dia tahu bahwa ia akan menang. Di samping itu, dia percaya Allah memakai bejana yang lemah untuk menghasilkan hal yang besar bagi kerajaan Allah. Dan semuanya itu meneguhkan jenderal wanita ini untuk terus berperang bagi Kristus.

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar