Sabtu, 15 Mei 2010

Harga Melonjak, Toko Emas Sepi Pembeli

Ramdhania El Hida - detikFinance

Jakarta - Banyak toko emas sepi pembeli karena harga emas yang melonjak tajam akibat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang masih belum stabil.

Pekan lalu, dolar AS sempat menguat terhadap rupiah. Hal ini membuat harga emas ikut merangkak naik. Berdasarkan pantauan detikFinance di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (15/5/2010), harga emas murni naik dan toko-toko emas di pasar ini sepi pengunjung.

Menurut Ari, salah seorang padagang emas di pasar ini, harga emas murni naik hingga Rp 20 ribu. Pada 2 pekan sebelumnya, harga emas murni masih pada kisaran Rp 330 ribu/gram. Namun, pada minggu ini harga emas naik mencapai Rp 350 ribu/gram.

"Ya kan dolar naik, biasanya harga emas juga naik," ujarnya.

Sedangkan emas 22 karat, harganya saat ini berada pada kisaran Rp 260 ribu/gram. Untuk emas putih, harganya mencapai Rp 300 ribu. Kenaikan harga emas tersebut, lanjut Ari, menyebabkan para pengunjung yang mendatangi toko emasnya berkurang.

"Biasanya bisa 4 orang, yang beli atau yang jual, sekarang ya 1-2 orang, malah nggak ada," keluhnya.

Hal serupa juga dikeluhkan Zainab dan Ani yang juga berjualan emas di pasar ini. Mereka menyatakan tidak jarang tokonya tidak didatangi satu orang pengunjung. Hal ini kerap terjadi jika harga emas sedang naik, termasuk pada beberapa pekan ini.

"Ya lihat saja, sepi, paling hanya 1-2 orang," ujar Ani.

--

Harga Cabe Merah Naik Rp 6.000/Kg Dalam Semalam
Ramdhania El Hida - detikFinance

Jakarta - Walaupun harganya naik drastis, cabe merah terus dicari-cari masyarakat. Berdasarkan pantauan detikFinance di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (15/5/2010), harga sayur-sayuran melesat cepat dalam semalam.

Suranti, salah seorang penjual sayur menyatakan kenaikan harga beberapa jenis sayur terjadi dalam semalam. "Tomat, cabe, dan wortel naik. Bahkan cabe dalam semalam naik Rp 6 ribu, lonjakannya luar biasa," keluhnya.

Suranti menyebutkan harga cabe merah yang tadinya Rp 18 ribu/kg menjadi Rp 24 ribu/kg. Harga tomat naik Rp 2 ribu dari Rp 10 ribu/kg menjadi Rp 12 ribu/kg. Begitupun dengan timun. Walaupun harga jualnya tetap sama yaitu Rp 5 ribu/kg tetapi harga beli pedagang di pasar induk naik sekitar Rp 1.000/kg.

Walaupun harga naik, Suranti mengaku kualitas barang tidak sebaik ketika harganya turun. Hal tersebut disebabkan karena musim hujan yang masih berlangsung di beberapa tempat penghasil komoditas tersebut.

"Mungkin karena banjir. Malah kalau mahal barangnya jelek, mudah patah (untuk cabe)," jelasnya.

Hal serupa juga dikeluhkan Rivo yang berjualan rempah-rempah di pasar ini. Menurutnya, walaupun mahal, cabe yang dijual kualitasnya kurang baik. "Karena hujan kayaknya, cabe kurang bagus, banyak yang basah," ujar Rivo.

Oleh karena itu, tidak tanggung-tanggung, dirinya menaikkan harga cabe sangat tinggi karena untuk mengganti barang yang rusak yang dibelinya. "Ini kan upah susut, banyak yang rusak yang ada di karung," jelasnya.

Rivo juga menyebutkan, beberapa kenaikan harga pada beberapa komoditas sayuran lainnya. Seperti bawang merah, harga naik dari Rp 10 ribu/kg menjadi Rp 14 rb/kg. Bahkan bawang putih yang tadinya sekitar Rp 15 ribu/kg menjadi Rp 22-24 ribu/kg. "Mahal banget," keluhnya.

Namun, kenaikan harga ini tidak menyurutkan minat masyarakat Indonesia untuk membeli komoditas khas negara ini.

"Soalnya butuh kali ya jadi tetap saja pembelinya. Walaupun memang banyak yang ngeluh. Ya mau bagaimana, masak kan pakai ini semua," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulan April 2010 mencapai 0,15%. Inflasi bulan April ini didorong oleh komoditas rempah-rempah yaitu, cabe merah 0,06% ke inflasi, bawang putih 0,04%, tomat dan sayur 0,03%, bawang merah 0,02%, dan rokok kretek filter 0,02%.

"Semua urusan rempah-rempah ini menjadi faktor pendorong inflasi," ujar Kepala BPS Rusman Heriawan.

--

Asing Lepas Surat Utang RI Rp 3,13 Triliun
Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Setelah terus-menerus Surat Utang Negara (SUN) menjadi incaran para investor asing. Kali ini para investor asing melepas sebagian kepemilikannya di SUN senilai Rp 3,13 triliun dalam waktu 5 hari.

Demikian data dari Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan yang dikutip, sabtu (15/5/2010).

Sepertinya dampak dari merebaknya krisis utang di Eropa khususnya Yunani menjadi salah satu penyebab keluarnya dana asing dari instrumen SUN.

Sampai 12 Mei 2010, jumlah SUN yang diperdagangkan mencapai Rp 608,68 triliun, sementara porsi kepemilikan investor asing mencapai 23,89% atau Rp 145,43 triliun.

Porsi terbesar tetap dipegang oleh perbankan dengan jumlah sebesar Rp 238,78 triliun.

Bank Indonesia (BI) juga memegang instrumen SUN sebesar Rp 17,83 triliun. Kemudian industri reksa dana memiliki SUN sebesar Rp 47,14 triliun, industri asuransi memiliki SUN Rp 75,77 triliun, dana pensiun memegang Rp 37,74 triliun, perusahaan sekuritas Rp 280 miliar, dan lainnya Rp 45,71 triliun.

--

Wall Street Tergelincir Lagi
Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Saham-saham di bursa Wall Street AS kembali tergelincir pada perdagangan Jumat (14/5/2010), disebabkan kombinasi 3 berita negatif yang menyelimuti. Pertama soal lemahnya laporan pendapatan dari sektor ritel, lalu Senat AS yang mendukung pembatasan fee (komisi) untuk kartu kredit, dan terakhir kekhawatiran akan masalah utang di Eropa.

Pada perdagangan Jumat kemarin, saham-saham bank dan perusahaan kartu kredit langsung jatuh. Setelah Senat AS menyatakan akan membatasi komisi kepada bank atau perusahaan penerbit kartu kredit atas transaksi kartu kredit yang dilakukan oleh nasabah. Pembatasan komisi ini dikhawatirkan akan mempengaruhi laba perusahaan penerbit kartu kredit. Saham Visa pun jatuh hampir 10%.

Analis dari Miller Tabak & Co. Peter Boockvar mengatakan, Ekonomi AS bisa membaik dari keterpurukan Eropa apabila bisa memperbaiki keterpurukan di beberapa sektor.

"Ada 4 hal yang mendorong pertumbuhan ekonomi, yaitu konsumsi, investasi, belanja pemerintah, dan perdagangan, tapi 3 dari keempat hal tersebut di AS mengalami kinerja yang buruk," jelas Peter seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (15/5/2010).

Indeks Dow Jones pada perdagangan Jumat kemarin terjatuh 162,79 poin (1,51%) menjadi 10.620,16. Kemudian indeks S&P 500 juga tergelincir 21,76 poin (1,88%) ke level 1.135,68. Sementara indeks Nasdaq kehilangan 47,51 poin (1,98%) menjadi 2.346,85.

Di awal pekan ini, sebenarnya saham di Wall Street mengalami lonjakan tajam setelah pemerintah Uni Eropa menyetujui bailout US$ 1 triliun untuk mengatasi krisis utang di Yunani. Tapi optimisme tersebut hanya sementara saja, karena harga saham menurun dalam 3 hari di pekan ini.

Meski begitu, 3 indeks saham utama di Wall Street mencetak persentase kenaikan yang paling tinggi dalam 10 pekan terakhir.

Pada pekan ini, indeks Dow Jones berhasil naik 2,3%, indeks S&P 500 naik 2,2%, dan Nasdaw menanjak 3,6%. (dnl/dnl)


--

Dana Ngendon di SBI Capai Rp 346,6 Triliun
Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat dana yang mengendap di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) sampai dengan akhir April 2010 mencapai Rp 346,6 triliun. Naik jika dibandingkan April 2009 yang jumlahnya sebesar Rp 233,4 triliun.

Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Humas BI Difi A. Johansyah ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jalan Budi Kemulyaan, Jakarta, Jumat (14/05/2010).

"Porsi SBI per April 2010 untuk 1 bulan sebesar Rp 69,17 triliun, kemudian 3 bulan sebesar Rp 229,96 triliun dan Rp 44,66 triliun untuk SBI yang 6 bulan. Sedangkan SBI Syariah baru yang 1 bulan saja, per April ini mencapai Rp 2,8 triliun," ujar Difi.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2009, Difi mengatakan memang terjadi perpindahan dana ke SBI jangka waktu menengah dan panjang.

"Itu terkait dengan aturan lelang yang sesuai dengan PBI (Peraturan Bank Indonesia) yang baru kemarin. Jadi (SBI) 1 bulan sekarang sepi peminatnya dan cenderung berkurang," tuturnya.

Untuk diketahui, Posisi SBI sampai dengan akhir tahun 2009 mencapai Rp 259,81 triliun.

--

Pengiriman Uang dari TKI Capai US$ 6,6176 Miliar
Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah transaksi remitansi ke Indonesia selama tahun 2009 mencapai US$ 6,6176 miliar. Nilai tersebut turun tipis dibandingkan 2008 yang mencapai US$ 6,6179 miliar karena menurunnya penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia.

"Penurunan tipis tersebut disebabkan karena terpengaruh penurunan penempatan ke Malaysia sebesar 50% sehubungan dengan kebijakan moratorium," ungkap Senior Analis Informasi dan Lisensi Sistem Pembayaran Direktorat Akuntansi Sistem Pembayaran BI, Ida Nuryanti di Gedung Bank Indonesia, Jalan Budi Kemulyaan, Jakarta, Jumat (14/5/2010).

Secara kumulatif penempatan TKI selama tahun 2009 mencapai 636,8 ribu orang atau turun 15% dari tahun sebelumnya. Penurunan penempatan TKI tersebut terutama terjadi pada wilayah Asia yang mengalami penurunan sebesar 33% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan wilayah penempatan Timur Tengah mengalami kenaikan sebesar 11,7%.

Namun, lanjut Ida, nilai remitansi terbesar masih tetap berasal dari kawasan Asia yang mencapai 53%, sementara urutan kedua dipegang Timur Tengah dan Afrika 44%. "Remmitansi paling banyak berasal dari Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Sementara kawasan Eropa dan Amerika hanya 3%," tambahnya.

Berdasarkan data BI, dana remitasi yang masuk ke kawasan Asia sepanjang Januari 2010 mencapai US$ 279,42 juta. Ke Timur Tengah dan Afrika US$ 228,72 juta, Amerika US$8,58 juta, serta Eropa dan Australia US$ 8,32 juta.

Sementara berdasarkan negara tujuan penempatan TKI, Malaysia masih menjadi sumber inflow Worker's Remintance (WR) terbesar dari kawasan Asia Pasifik mencapai 67,1%, diikuti Hongkong 13,3 %, dan Singapura 6,2 %.

Ia menambahkan, untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika negara asal remitansi terbesar berasal dari Arab Saudi 81,9 % serta UEA 6,9 %. "Kawasan Amerika dan Eropa inflow WR terbesar masih berasal dari USA sebesar 50,8%," pungkasnya.


--

Persentase Bonus Direksi Bank Mandiri Lebih Kecil dari BNI
Suhendra - detikFinance

Jakarta - Persentase bonus yang diterima oleh direksi dan komisaris Bank Mandiri bakal lebih kecil dibandingkan BNI. Persentase yang lebih kecil itu demi azas keadilan karena laba Bank Mandiri lebih besar dari BNI.

"BNI dan BRI keuntungan jauh di bawah Bank Mandiri. Bank Mandiri lebih kecil persentasenya (bonus) dari BNI," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (14/5/2010).

Rencananya pada Senin (17/5/2010) pekan depan Bank Mandiri akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS). Pada RUPS itu akan juga ditetapkan tantiem atau bonus bagi para direksi Bank Mandiri.

"Bank BNI, BRI, Mandiri sudah ada tantiem dan besarannya saya belum bisa sebut.
Tunggu saja rapat besok (senen)" ujar Mustafa.

Mustafa menjelaskan persentase tantiem untuk direksi Bank Mandiri akan lebih kecil dari Bank BRI dan Bank BNI karena tingkat keuntungan Bank Mandiri lebih besar. Dengan persentase yang lebih kecil ini, maka secara nominal bonus yang diterima direksi bank BUMN tidak akan njomplang.

"Bukan nominalnya tapi persentasenya kecil. Itu yang azas keadilan," jelasnya.

Mengenai posisi Dirut Bank Mandiri Agus Martowardojo apakah akan dilanjutkan, Mustafa enggan berkomentar banyak. Namun jika melihat kinerja Agus Martowardojo selama memegang Bank Mandiri tentunya public sudah bisa menilainya.

"Yah, anda bisa menduga sendiri dengan capaian-capaiannya. Jangan dari saya, kita sabar aja tinggal sehari lagi (Senen)," jelasnya.

Sebelumnya, RUPS BNI menyetujui pemberian bonus atau tantiem kepada jajaran direksi BNI sebesar 2,29% dari laba bersih atau Rp 56,7 miliar. BNI membukukan laba bersih sebesar Rp 2,48 triliun pada tahun 2009 sesuai RUPS beberapa waktu lalu.

Sementara Bank Mandiri berhasil membukukan laba bersih hingga Rp 7,16 triliun, naik 34,7% dibandingkan tahun 2008.

--

Investasi di Pasar Modal dan Emansipasi Perempuan
Indro Bagus,Whery Enggo Prayogi - detikFinance


(foto: dok detikFinance)
Jakarta - Emansipasi perempuan Indonesia kini tidak hanya terbatas pada pilihan bekerja di luar rumah. Meski pilihan itu mendorong terjadinya kemandirian finansial pada perempuan, kadangkala pilihan itu tetap saja sulit dijalani.

Terlebih, jika perempuan itu sudah berkeluarga dan memiliki momongan. Mengambil pilihan bekerja di luar rumah mau tidak mau harus mengorbankan waktu di luar rumah dan meninggalkan buah hati tercinta. Tentu pilihan ini masih terasa sulit bagi kebanyakan perempuan.

Untuk itulah, diperlukan cara alternatif guna menciptakan perempuan-perempuan yang mandiri secara finansial, tanpa harus mengorbankan waktu untuk keluarga.

Investasi perempuan di pasar modal bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Apalagi, kini dunia pasar modal tengah dalam proses transisi menuju era transaksi via internet atau yang dikenal dengan nama online trading.

Fasilitas online trading, sudah barang tentu bisa menengahi masalah klasik antara perempuan bekerja versus perempuan rumahan. Dengan manjajal online trading, perempuan berkeluarga alias ibu rumah tangga, bisa tetap memiliki waktu penuh mengurus rumah sembari mencari sumber pendanaan alternatif.

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan, Linda Amalia Sari Gumelar, perempuan sebagai ibu rumah tangga di tuntut dapat mengelola keuangan keluarga. Untuk itu, pemahaman yang mantap soal investasi, harus memiliki tempat dalam benak perempuan moderen. Tujuannya tak lain menciptakan kemandirian finansial perempuan.

"Perempuan Indonesia sudah saatnya berinvestasi di pasar modal. Tentu juga harus mengerti alternatif-alternatif investasi selain produk perbankan," ujar Linda seusai membuka perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Jakarta, Senin (10/5/2010).

Ia menambahkan, bentuk pemahaman yang bisa dilakukan adalah dengan membuka kelas edukasi pasar modal yang difasilitasi BEI. Otoritas pasar modal pun menyambut baik hal ini.

"Kita akan buat kelas khusus perempuan. Ini komitmen kami untuk memperbanyak jumlah investor di pasar modal," ujar Direktur Pengambangan PT Bursa Efek Indonesia Friderica Widyasari Dewi.

Friderica juga mengamini adanya kelebihan peran perempuan, seperti yang diungkapkan Linda Gumelar. Ibu rumah tangga menurutnya adalah Menteri Keuangan di dalam keluarga. Mereka dinilai sangat cakap mengelola keuangan. Untuk itu, kecakapan ini hendaknya dituangkan dengan berinvestasi di pasar modal.

"Perempuan harus mengambil peran berinvestasi di pasar modal. Karena perempuan adalah Menteri Keuangan di dalam keluarga, maka pengelolaan di pasar modal tentu bisa dilakukan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan juga membuka perdagangan pasar modal hari ini (10/5/2010), tepat pada pukul 09.30 JATS. Sosialisasi pasar modal sendiri, merupakan upaya BEI untuk meningkatkan jumlah calon investor di Indonesia, dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi.

Analis BNI Securities, Asri Pohan bahkan menegaskan, investasi di pasar modal bisa menjadi jalur enterpreneurship baru bagi ibu rumah tangga. Namun, dirinya mengingatkan, keputusan untuk membeli atau menjual saham tertentu, jangan hanya didasarkan atas rumor tapi harus pada analis fundamental yang komprehensif.

"Kita bisa lihat keputusan fundamental. Bisa dari laporan keuangannya, aksi-aksi korporasinya. Jangan hanya rumor pasar," ujar Asri saat ditemui di galeri BEI.

Lanjutnya, "Ini bisa alternatif entepreneurship. Dia tidak harus meninggalkan rumah untuk melakukan transaksi di pasar modal, yaitu dengan memanfaatkan online trading," imbuhnya.

Nah, bagi perempuan atau ibu rumah tangga yang berpikir untuk mencari sumber pendanaan alternatif tanpa harus mengorbankan waktu untuk keluarga, berinvestasi di pasar modal dapat menjadi pilihan yang cukup solutif. Namun tentunya, pemahaman mengenai dunia pasar modal harus memadai. Salah-salah, yang ada malah buntung ketimbang untung.


--

Tekan Korupsi, Pemerintah Percepat Reformasi Birokrasi
Gede Suardana - detikFinance

Nusa Dua - Pemerintah mempercepat implementasi reformasi di bidang birokrasi di setiap instansi pemerintah, sehingga mampu menekan mafia hukum, korupsi, politik uang serta adanya aturan yang jelas antara pebisnis dan birokrat.

"Blue print sedang digarap. Kini menunggu proses formalisasi," kata Boediono saat berbicara pada The 3rd Top Executive Forum on Governance di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Jumat (14/5/2010).

Boediono mengatakan reformasi birokrasi hanya baru dijalankan oleh beberapa instansi, di antaranya Departemen Keuangan. Ia berharap cetak biru reformasi birokrasi tahun 2010-2025 bisa menjadi landasan untuk melakukan reformasi di setiap lembaga pemerintah.

"Diharapkan membantu menekan praktik mafia hukum di birokrasi," katanya.

Dalam cetak biru itu, terdapat tiga syarat dasar untuk mencapai pemerintahan yang bersih efektif, yakni stabilitas politik, birokrasi yang efektif. Cetak biru juga menekankan pemberantasan koruspsi, politik uang, dan aturan yang jelas antara pebisnis dan birokrat.

Forum ini yang digagas oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). Acara ini juga dihadiri Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad, Dirut Pertamina Karen Agustiawan, Ketua Satgas Pemberantas Mafia Hukum Kuntoro Mangkusubroto, dan Kepala PPATK Yunus Husein.

--

Hati-hati, Ratusan Perusahaan Jasa Pengiriman Uang Tak Punya Izin
Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat ada ratusan penyelenggara jasa Kegiatan Usaha Pengiriman Uang (KUPU) non bank di Indonesia tidak mempunyai izin. BI hanya mencatat sebanyak 60 penyelenggara KUPU yang mendapatkan izin resmi dari BI.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah dalam sebuah diskusi di Gedung Bank Indonesia, Jalan Budi Kemulyaan, Jakarta, Jumat (14/05/2010).

"Baru 60 penyelenggara KUPU yang mendapatkan izin resmi dari BI. Padahal ada banyak penyelenggara KUPU non bank di Indonesia jadi harus hati-hati bagi para pengguna jasa tersebut," ungkap Difi.

Ia mengatakan, jika penyelenggara KUPU yang telah mendapatkan izin resmi bank sentral maka dengan kata lain segala transaksinya aman dan dipantau oleh BI.

Difi memaparkan penyelenggara-penyelenggara KUPU yang telah mendapatkan izin antara lain PT Shimacazh Exchange, PT Able Remittance, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, PT Mandiri Express Remittance, PT Citra Niaga Remittance, PT Global Remittance. "Perusahaan-perusahaan tersebut sama dengan beberapa penyelengara KUPU asing seperti Western Union dan Money Gram," tuturnya.

Bank sentral, lanjut Difi, terus mendorong para penyelenggara agar mendaftarkan KUPU miliknya di BI, nantinya hal ini menjadi wajib seiring dengan terbentuknya Undang-Undang Transfer Uang yang saat ini dibahas di DPR.

"Ini juga upaya untuk mencegah adanya money laundering di Indonesia, jika sudah didaftarkan maka akan jelas jika transfer uang digunakan sebagai upaya untuk melakukan money laundering," paparnya.

Lebih lanjut Difi mengungkapkan transaksi KUPU yang diselenggarakan oleh lembaga nonbank sepanjang kuartal I-2010 mencapai Rp 558,68 miliar atau naik 213 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 178,22 miliar.

Difi menambahkan, tahun 2010 beberapa perusahaan operator telekomunikasi akan masuk ke jasa KUPU ini. Tercatat PT Telekomunikasi Indonesia telah mulai menyediakan fasilitas pengiriman dana oleh TKI ke dalam negeri hanya meggunakan telepon genggam.

Perusahaan pelat merah ini menggunakan dua operator yaitu Telkomsel dan Flexi. Sementara PT Indosat Tbk dan PT Excelcomindo Axiata Tbk juga mulai mendaftarkan perusahaannya untuk bisa melayani kegiatan transfer dana lintas negara tersebut.

--

Per 15 Mei 2010
Pemerintah Terbitkan Surat Utang Rp 86 Triliun
Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Sampai dengan kurang lebih 5 bulan di tahun 2010, pemerintah telah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dan juga Sukuk dengan nilai Rp 86 triliun. Penerbitan surat utang ini dilakukan untuk memenuhi kekurangan dana untuk membiayai APBN tahun ini.

"Sampai saat ini pemerintah sudah menerbitkan Rp 86 triliun atau 48,4% dari total gross target penerbitan SBN (Surat Berharga Negara) di tahun 2010," jelas Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Rahmat Waluyanto kepada detikFinance, Sabtu (15/5/2010).

Seperti diketahui, anggaran pemerintah di tahun 2010 mengalami kenaikan defisit menjadi 2,1% atau Rp 129,816 triliun. Salah satu jalan yang diambil oleh pemerintah untuk menutupi defisit tersebut adalah dengan menerbitkan surat utang tersebut.

Pemerintah berencana untuk menarik pinjaman luar negeri sebesar Rp 70,777 triliun. Kemudian dari penerbitan surat utang (SBN/Surat Berharga Negara) sebesar Rp 107,5 triliun. Semua akan dilakukan di tahun ini.

--

Harga Beras Kembali Merangkak Naik
Ramdhania El Hida - detikFinance

Jakarta - Walaupun sempat menyumbang deflasi pada bulan April lalu karena harganya yang turun, harga beras kembali merangkak naik pada bulan Mei ini.

Ahmad Subur, salah seorang pedagang beras di Pasar Rawamangun menyatakan harga beras naik. Untuk bulan ini, harga beras per kuintal naik Rp 10 ribu.

"Jadi kalau per kuintal naik Rp 10 ribu, per kilonya naik Rp 100. Itu untuk semua jenis ya," ujarnya saat ditemui detikFinance di Pasar Rawamangun, Jakarta, Sabtu (15/5/2010).

Menurut Ahmad, kenaikan harga beras tersebut terjadi sejak Badan Urusan Logistik (Bulog) mulai membeli gabah dari petani. Hal ini disebabkan Bulog hanya menyalurkan beras-beras yang bagus. Sebelumnya, lanjut Ahmad, beras-beras tersebut disalurkan oleh pribadi sehingga harganya tidak terlalu tinggi.

"Baru terasa (harga beras naik) awal bulan ini. Itu karena Bulog terima gabah dari petani. Bulog kan sudah beli gabah dari petani. Nah, dia kan menyalurkan yang bagus-bagus," jelasnya.

Ahmad menyebutkan untuk beras Pandan Wangi kisaran harganya saat ini mencapai Rp 8 ribu/kg. Merek Cetra Bagus Rp 7 ribu/kg. Merek beras Saigon Rp 7 ribu/kg. Sedangkan IR 64 masih stabil pada Rp 5.500/kg.

Sebelumnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) beras menyumbang deflasi 0,07% pada inflasi April 2010 ini. Hal ini disebabkan masih euforia panen. Gula pasir juga menyumbang deflasi karena harganya di bawah Rp 10 ribu/kg.

Untuk komoditas 9 bahan pokok lain, berdasarkan pantauan di pasar ini, harga stabil. Harga gula turun di bawah Rp 10 ribu. Sebelumnya, harga gula mencapai Rp 12 ribu.

Harga minyak goreng aman pada Rp 10 ribu/liter. Harga telur merosot turun dari Rp 13 ribu/kg menjadi Rp 12 ribu/kg. Margarin stabil pada harga Rp 18 ribu/kg untuk jenis blueband. Begitupun dengan susu yang masih kokoh di harga Rp 8.500/kaleng untuk merek Bendera.

Harga daging sapi pun tidak bergerak pada harga Rp 65 ribu/kg. Namun,terdapat sedikit kenaikan sekitar Rp 2 ribu pada harga daging ayam.

-
Utang RI Pada 3 Kreditur Besar Capai US$ 48,57 Miliar
Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Jumlah utang luar negeri Indonesia sampai saat ini mencapai US$ 64,37 miliar. Dari jumlah itu ada 3 kreditur besar utama, utang Indonesia kepada 3 kreditur ini mencapai US$ 48,57 miliar atau 75,5%.

Berdasarkan data yang dikutip dari Ditjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Sabtu (15/5/2010), 3 kreditur yang terbesar memberikan utang ke Indonesia adalah Jepang, Bank Pembangunan Asia (ADB/Asian Development Bank), dan Bank Dunia.

Data terakhir per 31 Maret 2010, utang Indonesia ke Jepang mencapai US$ 27,36 miliar atau memiliki porsi 42,5% dari total keseluruhan utang luar negeri pemerintah Indonesia. Lalu utang Indonesia ke ADB mencapai US$ 11,24 miliar atau 17,5%, dan ke Bank Dunia mencapai US$ 9,97 miliar atau 15,5%.

Total utang luar negeri pemerintah Indonesia per 31 Maret 2010 mengalami penurunan yang tipis dibandingkan dengan posisi akhir 2009 yang sebesar US$ 65,02 miliar.

Seperti diketahui, jumlah utang pemerintah sampai akhir Maret 2010 naik US$ 1,35 miliar menjadi US$ 174,89 miliar. Dari jumlah di akhir Februari 2010 yang sebesar US$ 173,54 miliar.

Namun jika dikonversi ke rupiah, jumlah utang pemerintah sampai akhir Maret 2010 mencapai Rp 1.594,15 triliun. Turun dibandingkan dengan jumlah di akhir Februari 2010 yang sebesar Rp 1.619,96 triliun. Karena penguatan nilai tukar.

Utang pemerintah di bulan Maret 2010 tersebut terdiri dari pinjaman luar negeri US$ 64,37 miliar dan surat berharga US$ 110,52 miliar.

--

Maia Estianty - Sudah ada tiga pria yang ingin menikahi Maia Estianty, 34 tahun, namun dia belum tertarik karena masih konsentrasi di karir dan mengurus ketiga anaknya.

maiaUmi Nung, guru spiritual Maia, mengatakan Maia memang berkeinginan menikah, namun saat ini lagi konsentrasi dulu di karir dan anak.

Menurut Umi, Maia tidak trauma dengan kehancuran rumah tangganya bersama Ahmad Dhani. “Dia lebih selektif dan berhati-hati,” ujar Umi.

Calon suami yang diharapkan Maia harus bisa dekat dengan ketiga anaknya, Al, El dan Dul.

“Yang terpenting pria itu bisa terima dan dekat dengan anaknya, selain sayang sama ibunya. Itu yang ditekankan Maia,” kata Umi.

Tiga pria yang kabarnya mendekati pentolan ‘Duo Maia’ itu sudah dikenalkan ke Umi. Namun Umi enggan berkomentar lebih rinci karena Maia belum memberi respon apa-pun terhadap pria-pria tersebut. (Foto Duniamaia)

--

Gaya Hidup – Wanita single, jomblo, so much available, happy single, apapun namanya Anda sedang tidak punya pasangan. Ini adalah pedoman kala Anda berhadapan dengan fase atau keinginan mengakhiri kesendirian.

sebelah hatiBelum Siap Komitmen

Jika pria mengatakan belum siap untuk berkomitmen, percaya perkataannya. Tidak perlu memaksakan kehendak, daripada ujungnya Anda yang sakit.

Jangan Buru-buru

Memang sulit, tapi yakinkan Anda menikah dengan pria yang tepat. Anda ingin bersamanya selama sisa hidup Anda, dan sebaliknya.

Jangan Mudah Percaya

Jangan percaya pada pria yang tidak tersenyum. Terlihat cool memang, tapi itu pertanda tidak baik. Jangan pula menjatuhkan pilihan pada pria yang tidak punya teman, berarti ia tidak menyenangkan.

Pria Culun

Ingat teman sekolah dulu yang paling culun? Besar kemungkinan dia yang paling baik untuk dijadikan pasangan jangka panjang. Culun dekat dengan anak pintar dan prospek masa depan bagus. Karena dulu dia terlihat aneh biasanya di masa dewasa punya tekad kuat untuk mengubah penampilan.

Percaya Insting

Kuncinya hanya ini : jika pria suka, Anda tahu. Tapi jika tidak, Anda bingung.

Hargai Diri Sendiri

Menjadi wanita single sering dibayangi dengan pria yang coba-coba. Hargai diri Anda dengan bersikap tegas, “Kamu bukan segalanya jika aku hanya dijadikan sesuatu!”

Lawan Arah

Coba yang ini. Katakan ‘tidak’ pada tipe pria Anda, dan katakan ‘iya’ pada pria yang bukan tipe Anda. (Shine / Foto Ist)

--

Gaya Hidup - Lambat laun Anda jatuh cinta pada teman pria Anda? Tidak ada salahnya didekati. Tapi mengubah suatu hubungan dari teman menjadi kekasih juga ada triknya.

friend turning loverPanggil Namanya

Saat berteman Anda sering memanggilnya dengan sebutan gaul macam “bro, bos, cuy, brader, friend,” hentikan segera. Coba panggil dengan nama depannya, ia pasti akan terasa dengan perbedaan ini.

Ubah Rutinitas

Jika Anda dan teman pria terbiasa menonton pertandingan olahraga atau nongkrong bersama, coba arahkan ke rutinitas yang lebih romantis. Ajak iseng saja, misalnya pergi ke pagelaran musik berdua saja.

Tonjolkan Sisi Feminin

Biasanya Anda tampil cuek dengan jeans dan kaos, bebas riasan, cenderung berantakan. Setelah berhasil menjerat dengan ajakan romantis, ganti jeans dengan rok atau sedikit warna di area wajah. Ia akan sadar dan mulai mempertimbangkan sisi perempuan teman baiknya ini.

Buka Hati Untuk yang Lain

Terima ajakan kencan pria lain. Jika teman incaran Anda mulai bertanya, ini tandanya ada sedikit aroma cemburu dan kompetisi. Tidak ada yang salah dengan sedikit mengipasi, sedikit saja.

Flirting Ladies

Betul, jangan ragu untuk menggoda sembunyi-sembunyi. Mulailah menyentuh lengannya alih-alih memukul pelan, tersenyum manis sambil menatap matanya, atau sedikit memuji. Jadilah memikat tanpa harus bersikap palsu.

Ajak Duluan

Kalau Anda mulai tersiksa menahan diri tidak membelai rambutnya, ajak saja dia kencan lebih dulu. Apapun hasilnya, yang penting Anda sudah coba kan?

Akhirnya Sabar

Saat ini waktunya belum tepat untuk Anda bersama. Tapi tetap jaga hubungan baik. Masa depan tidak ada yang tahu, lalu ia sendiri dan Anda memang sabar menantinya. Tunggu apa lagi? (Shine / Foto Ist)

--

Kim Kardashian – Setelah tampil bugil untuk menunjukkan lekuk tubuh berisi, kini Kim Kardashian ingin menunjukkan apa arti dari “kecantikan yang sebenarnya”.

kim kardashianSosialita 29 tahun ini tampil dengan wajah bebas riasan. Satu hal yang anti dilakukan oleh kalangan selebriti.

Namun Kim percaya diri berpose tanpa bulu mata palsu, blush-on yang merona dan sapuan lip gloss yang menggoda.

Hasilnya? Tidak ada yang berubah. Wanita ini tetap mengeluarkan kilau seorang Kardashian saat memakai “perabot” lengkap.

Foto ini (di atas) diterbitkan untuk majalah Life and Style edisi Amerika.

Ia menjadi role yang mendobrak tren tubuh kurus hingga kini bergeser menjadi tubuh bentuk jam pasir. Dengan foto bebas make-up ini ia menjadi suar untuk menyuarakan arti kecantikan yang lebih kompleks dan awet, inner beauty.

“Make-up menyenangkan, tapi itu hanya aksesori. Saya bahagia dengan diri sendiri dan inilah saya,” ujarnya kepada majalah Life and Style.

Namun Kim mengaku make-up sangat membantu agar wajahnya lebih berwarna dan tidak pucat. Bayangkan jika tubuhnya yang berwarna kecokelatan hasil tanned berbanding dengan wajah pucat asli warna kulitnya, itu akan terasa janggal.

“Sama halnya dengan indahnya glamor, hal terpenting adalah nyaman dengan kulit kita sendiri, dengan atau tanpa make-up,” tuturnya.

Yang jelas kecantikan natural didapat tidak semudah membalik tangan. (Teks dan Foto : Daily Mail)

--

Pasangan Beda Usia - Pasangan beda generasi mulai marak sejak Demi Moore memproklamirkan hubungannya dengan Ashton Kutcher, pria yang 16 tahun lebih muda dari dirinya. Tidak hanya Demi, sejumlah selebriti juga tergaet dengan pria-pria muda (Pria brondong)..

sam taylor-woods



Sam Taylor-Wood, 42 tahun, seorang sutradara asal Inggris, mendadak tenar karena jatuh hati dengan aktornya, Aaron Johnson, 19 tahun. Pasangan yang terpaut usia 23 tahun ini tengah menanti calon buah hati mereka.

susan sarandon





Aktris Susan Sarandon, 63 tahun menjalani hubungan dengan kekasihnya Tim Robbins, 51 tahun, selama 21 tahun. Pasangan yang terpaut jarak 12 tahun ini resmi berpisah tahun 2009.





mariah carey





Mariah Carey, 39 tahun, menikah dengan Nick Cannon yang 11 tahun lebih muda. Mereka bertemu saat pembuatan video klip penyanyi itu, dan melangkah ke altar tahun 2008.



halle berry





Halle Berry, 41 tahun, menjalani hubungan dengan Gabriel Aubry, model yang 10 tahun lebih muda dari dirinya. Hubungan mereka yang tergolong mulus telah menghasilkan seorang anak perempuan bernama Nahla Ariela.



kim cattrall



Kim Cattrall meresapi perannya di Sex and the City sebagai wanita penggoda. Dikehidupan nyata, ia telah tiga kali menikah, dan sejak perceraian yang terakhir, ia telah berpacaran dengan tiga laki-laki yang lebih muda darinya. Saat ini ia masih langgeng dengan koki asal Kanada, Alan Wyse, 23 tahun dibawah usianya. (Foto Handbag)

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar