Sabtu, 22 Mei 2010

2 Trik Perpanjang Penis di Rumah

Vera Farah Bararah - detikHealth

img
ilustrasi (Foto: sheknows)
Jakarta, Bagi kaum laki-laki tentu ada kebanggaan tersendiri jika memiliki penis yang panjang karena itu banyak berbagai cara dilakukannya. Ternyata ada cara yang bisa dilakukan di rumah untuk memperpanjang penis.

Selama ini banyak orang yang pergi ke dokter, mendatangi orang yang memiliki kemampuan khusus, menggunakan bahan alami atau mengonsumsi obat-obatan agar bisa memiliki penis yang panjang. Padahal ada cara mudah dan murah yang bisa dilakukan seseorang di rumah.

Seperti dikutip dari Buzzle, Jumat (21/5/2010) ada dua trik yang bisa dilakukan kaum laki-laki di rumah agar memiliki penis yang panjang, yaitu:

Teknik menarik
Teknik ini melibatkan peregangan penis untuk mendapatkan panjang optimal. Ini adalah salah satu metode yang efektif dan bisa digunakan secara alami untuk meningkatkan ukuran penis. Untuk melakukannya seseorang harus berbaring dan memegang daerah sekitar kepala penis dengan menggunakan jari dan membentuk tanda 'O'.

Tarik penis bergerak perlahan ke arah luar seperti saat ereksi, lalu perlahan-lahan melenturkan otot pubococcygeus (PC). Otot pubococcygeus adalah salah satu otot yang bertanggung jawab terhadap ereksi, kekuatan, panjang penis serta mengatur aliran urin.

Selanjutnya dari pangkal penis cobalah menariknya agak keras dengan menggunakan tangan yang lain, tetapi pastikan untuk tidak terlalu menarik penis karena bisa berbahaya. Setelah itu pijat secara lembut penis dari pangkal hingga ke bagian kepala.

Teknik memerah basah
Untuk melakukan teknik ini diperlukan bantuan pelumas seperti lotion atau minyak, dan teknik ini belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Sebelum melakukan teknik ini, sebaiknya seseorang melumasi tangannya dan membuat tanda seperti 'OK' di sekitar penis. Kemudian geser jari dari pangkal penis menuju ke arah kepala. Sebelum mencapai ujung penis, seseorang harus menempatkan tangan lainnya di posisi pangkal dan melakukan hal yang persis sama.

Alternatif untuk teknik ini adalah tangan harus terlihat seperti sedang memerah susu sapi. Satu hal yang penting adalah pastikan bahwa teknik ini tidak dilakukan saat penis dalam keadaan ereksi penuh atau ejakulasi. Jika terjadi ereksi, hentikan untuk beberapa saat dan membiarkan penis hingga tenang sebelum memulai kembali.

Kedua teknik ini memang belum teruji secara medis, namun beberapa orang sudah mencobanya di rumah. Tapi untuk mencapai hasil yang diinginkan diperlukan kesabaran dan konsisten untuk melakukannya. Karena teknik ini tidak akan bisa membuat penis seseorang memanjang dalam waktu seketika. Meskipun hasil yang didapatkan nantinya masih bersifat sementara.

--

Jika tak sempat ke gym, tahukah tahukah Anda, ada banyak aktivitas rutin yang bisa dimanfaatkan sebagai bentuk kegiatan olahraga.

Kegiatan itu pun dapat sekaligus membakar kalori 200-300 kalori sehari. Otomatis, berat badan juga bisa menyusut. Apa saja aktivitas itu?

1. Menyapu lantai rumah

Ketika menyapu, usahakan agar sikap badan atau postur tubuh tetap tegak. Jangan menyapu dengan sikap membungkuk, dan pilih sapu yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan. Lakukan gerakan menyapu dengan dua tangan.

Caranya, 5 kali menyapu dengan tangan kanan, lalu 5 kali dengan tangan kiri. Bila terus dilakukan bergantian, maka beban pada otot kiri dan kanan lengan menjadi sama, dan otot lengan bagian atas akan terlatih. Menyapu tidak memerlukan energi besar karena intensitasnya tidak terlalu tinggi.

2. Mengelap kaca

Lebih bagus jika Anda memiliki peralatan untuk membersihkan kaca-kaca gedung. Namun, kain lap pun tidak masalah. Gerakan yang dilakukan bisa bervariasi. Pertama, gosokkan alat yang sudah diberi cairan pembersih dengan gerakan memutar. Lakukan dengan tangan kanan dan tangan kiri secara bergantian.

Selain meratakan cairan pembersih, gerakan tersebut akan mengencangkan otot lengan. Kedua, kaca dibersihkan dengan alat yang sudah diberi air.

Gerakkan alat ke atas dan ke bawah serta ke kiri dan kanan. Masing-masing arah 5 kali. Tangan selalu bergantian agar selalu ada keseimbangan gerak antara tangan kanan dan tangan kiri. Jika kaca di rumah banyak dan besar, tentunya intensitas gerakan tangan pun akan bertambah.

3. Membersihkan perabot di bagian atas

Perabot di bagian atas tentunya sulit dijangkau tanpa menggunakan alat bantu. Untuk bagian yang lebih rendah, Anda dapat berjinjit untuk mengencangkan otot-otot betis. Saat berjinjit, otot betis akan mendapatkan beban latihan yang cukup besar. Semakin tinggi berjinjit, otot betis semakin tertarik.

Alternatif lain, jika tempatnya sangat tinggi, gunakan bantuan kursi. Gerakan naik dan turun kursi inilah yang menjadi olahraga cukup berat seperti naik tangga atau memanjat. Gerakan tangan kurang lebih sama dengan kegiatan mengelap kaca.

4. Membersihkan kamar mandi

Kegiatan menyikat dinding kamar mandi memerlukan cukup banyak energi. Tangan bisa digerakkan ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan. Selain tangan, otot kaki, otot pinggang, dan otot punggung juga mendapatkan beban latihan. Anda tidak bisa berada dalam posisi tegak terus-menerus, sesekali harus berjinjit, membungkuk, dan bahkan berjongkok. Ambil posisi badan yang berbeda secara bergantian agar semua otot mendapat beban yang sama.

Selain menyikat dinding, Anda juga bisa menyikat bak airnya. Dalam aktivitas ini, badan lebih banyak membungkuk dan gerakan tangan menyikat pun harus tetap bergantian. Otot pinggang, otot punggung, dan otot paha juga mendapat beban yang cukup berat. Karena, saat Anda membungkuk, semua otot itu tertarik ke atas.

5. Menyetrika

Gerakan tangan menyetrika yang cukup intensif juga akan bermanfaat untuk mengencangkan lengan. Keseimbangan antara tangan kiri dan kanan harus selalu diperhatikan. Selain itu, jika Anda menyetrika dengan posisi berdiri, beban latihan untuk otot kaki cukup berat. Untuk mencegah terjadinya sakit punggung, sebaiknya salah satu kaki Anda bertumpu pada bangku kecil, bergantian antara kaki kanan dan kiri.

Sumber : vivanews.com

--

TEMPO Interaktif, Montreal - Tidur nyenyak bisa meningkatkan keperkasaan pria. Menurut penelitian Zoran Sekerovic, mahasiswa pascasarjana Jurusan Psikologi dari Universitas Montreal, Quebec, Kanada, tidur nyenyak berkaitan dengan kadar testeron. Testosteron adalah hormon steroid yang merupakan hormon utama seks lelaki. Fungsinya antara lain meningkatkan libido, energi, fungsi imun, dan perlindungan terhadap osteoporosis.

Sekerovic, yang mempresentasikan temuannya pada konferensi tahunan Association Prancophone pour le Savoir (ACFAS), menyatakan, pada pria muda, tidur nyenyak mencapai 10 - 20 persen dari tidur total. Pada usia 50 tahun, menurun menjadi 5 - 7 persen. Untuk pria berusia lebih dari 60 tahun, tidur nyenyak bisa lenyap sama sekali.

Menurut peneliti Universitas Montreal ini, kualitas tidur pria mulai berkurang saat usia 40 tahun. "Pada usia 30 tahun, kadar testosteron turun 1- 2 persen per tahun," kata dia seperti dikutip dari lama Sciencedaily. "Tidur nyenyak merupakan penyembuhan tubuh dan pikiran yang optimal," kata Sekerovic, seraya menambahkan bahwa ini adalah studi pertama untuk penemuan ini.

Pada pria umur 20 tahunan, kaitan tidur nyenyak dan kadar testosteron ini tak ditemukan. Pasalnya, pria usia 20 tahunan memiliki sirkuit saraf yang masih utuh, yang berguna untuk sinkronisasi saraf. "Tidur nyenyak butuh sinkronisasi saraf. Rendahnya testosteron menandakan minimnya sinkronisasi. Ini menjelaskan kenapa pria paruh baya susah tidur nyenyak," kata dia. Sekerovic menunjukkan kurangnya kadar testosteron merupakan dampak tak bisa tidur nyenyak, bukan sebaliknya.

--

Suatu pagi seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia. Dia bertanya kepada Tuhan,

Bayi : "Para malaikat di sini mengatakan bahwa besok Engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara saya hidup di sana? saya begitu kecil & lemah."

Tuhan : "Aku sudah memilih 1 malaikat untukmu. Ia akan menjaga dan mengasihimu."

Bayi : "Tapi di sini di dalam surga apa yang pernah kulakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini sudah cukup bagi saya."

Tuhan : "Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari dan kamu akan merasakan kehangantan cintanya dan menjadi lebih berbahagia."

Bayi : "Dan bagaimana saya bisa mengerti saat orang-orang berbicara kepadaku jika saya tidak mengerti bahasa mereka?"

Tuhan : "Malaikatmu akan berbicara kepadamu dengan bahasa paling indah yang pernah engkau dengar dan dengan penuh kesabaran dan perhatian dia akan mengajarkanmu bagaimana cara berbicara."

Bayi : "Apa yang akan saya lakukan saat saya ingin berbicara kepadamu?"

Tuhan : "Malaikatmu akan mengajarkanmu bagaimana cara berdoa."

Bayi : "Saya dengar bahwa di bumi banyak orang yang jahat, siapakah nanti yang akan melindungi saya?"

Tuhan : "Malaikatmu akan melindungimu walaupun hal itu akan mengancam jiwanya."

Bayi : "Tapi saya pasti akan sedih karena tidak melihatMu lagi."

Tuhan : "Malaikatmu akan menceritakan padamu tentang-Ku dan akan mengajarkan bagaimana agar kamu bisa kembali kepada-Ku, walaupun sesungguhnya Aku akan selalu berada di sisimu."

Saat itu surga begitu tenangnya sehingga suara dari Bumi dapat terdengar dan sang bayi pun bertanya perlahan,

Bayi : Tuhan, jika saya harus pergi sekarang, bisakah Engkau memberitahuku nama malaikat tersebut?"

Tuhan :....."Kamu akan memanggil malaikatmu, Ibu

-Buat Para Ibu, Wanita, Gadis2 diluar sana dan buat semua mari kita mulai lebih peduli dan mencintai Orang Tua kita... Luv u Mom

--


Balas Budi' Mourinho untuk Moratti
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Reuters

Madrid - Ketika Inter Milan meraih scudetto musim ini, Massimo Moratti mengatakan gelar itu adalah milik Jose Mourinho. Sebagai "balas budi", The Special One bertekad untuk mempersembahkan Liga Champions untuk Moratti.

Sejak menjadi presiden Inter di tahun 1995, Moratti sudah mengeluarkan biaya dalam jumlah yang sangat besar untuk mendatangkan pemain atau pun pelatih papan atas.

Christian Vieri, Ronaldo, Roberto Baggio, Luis Figo, Zlatan Ibrahimovic, adalah contoh pemain kelas dunia yang didatangkan oleh sang taipan minyak itu. Sementara itu jajaran pelatih top yang didatangkan Moratti, sebut saja Luigi Simoni, Marcello Lippi, dan Hector Cuper.

Meski begitu Massimo masih belum bisa lepas dari bayang-bayang ayahnya yakni Angelo Moratti. Angelo pernah membawa Inter memasuki era keemasan di periode 1960-an. Di bawah kepempimpinan Angelo pula Inter terakhir kali meraih gelar juara Piala Eropa yang kini bernama Liga Champions.

Sejak memimpin Nerazzuri, trofi "kuping lebar" alias Liga Champions selalu menjadi cita-cita yang belum kunjung bisa diwujudkan oleh Moratti junior.

Inter memiliki kesempatan terbaik untuk merealisasikan mimpi sang presiden. Minggu (23/5/2010) dinihari WIB La Beneamata akan melakoni laga puncak Liga Champions dengan menghadapi Bayern Munich.

Pelatih Inter Jose Mourinho bertekad untuk membawa Massimo sejajar dengan Angelo. "Presiden Moratti merupakan orang yang spesial. Saya berterimakasih kepadanya karena telah menunjuk saya dua tahun silam," tukas arsitek asal Portugal itu di Inter.it.

"Saya berharap bisa menyaksikannya tersenyum dengan piala di tangannya, berharap bisa menyaksikannya menangis gembira. Saya ingin melihat foto presiden Moratti dengan trofi Liga Champions dan foto itu dipasang di samping foto ayahnya di Appiano Gentile," tegas Mourinho.


--

Super Pippo Tambah Semusim Lagi
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Getty Images

Milan - Meski sudah berumur, namun AC Milan masih berminat menggunakan tenaga Filippo Inzaghi. Rossoneri memperpanjang kontrak Super Pippo hingga musim depan.

Di musim 2009/2010, Inzaghi hanya empat kali menjadi starter di Seri A. Pemain berusia 36 tahun itu dikabarkan tidak puas dengan minimnya kesempatan yang diberikan.

Hal ini membuat Inzaghi diisukan bakal meninggalkan Il Diavolo Rosso dan hijrah ke Parma, klub yang pernah ia perkuat 15 tahun silam.

Namun rumor kepergian Super Pippo langsung mentah. "AC Milan mengumumkan bahwa Filippo Inzaghi telah memperpanjang kontrak hingga 30 Juni 2011," demikian keterangan Milan melalui situs resminya, Jumat (21/5/2010) petang waktu setempat.

Apa yang membuat Inzaghi memutuskan untuk menerima kontrak jangka pendek? "Ada kesepakatan antara saya dengan Inzaghi. Bila Milan lolos ke Liga Champions musim depan, dia akan tinggal," ujar wakil presiden Adriano Galliani di Football-Italia.

Inzaghi memperkuat Milan sejak tahun 2001. Ia telah mempersembahkan sejumlah gelar juara mulaidari tingkat domestik seperti scudetto (musim 2003/2004) dan Coppa Italia (2002/2003) dan trofi internasional seperti Liga Champions (2002/2003 dan 2006/2007), Piala Super Eropa (2003 dan 2007) serta juara dunia antarklub (2007).


--

Ronaldo Minta Portugal Bermain Kolektif
Reky Herling Kalumata - Piala Dunia 2010
Gambar
Getty Images
Covilha - Cristiano Ronaldo meminta skuad Portugal untuk saling bekerjasama di Afrika Selatan. Ronaldo menegaskan bahwa dia tak bisa sendiri membawa Portugal meraih sukses di Piala Dunia 2010.

Sukses Portugal memang tak lepas dari nama Ronaldo. Winger Real Madrid ini pun diprediksi akan menjadi tumpuan oleh pelatih dan pemain Portugal untuk bisa meraih sukses di Afrika Selatan.

Bahkan pelatih Inter Milan Jose Mourinho pun memprediksi bahwa Portugal tidak akan akan meraih sukses di Afsel. Hal tersebut diungkapkan oleh Mourinho karena Portugal sangat bergantung pada Ronaldo.

Sebab itu, Ronaldo pun berharap dukungan skuadnya untuk bisa membawa Portugal meraih sukses. "Saya tidak bermain sendiri dan saya tidak bisa memberikan performa keajaiban," ungkapnya seperti dilansir Reuters.

"Kita harus bermain bagus secara kolektif. Guna memenangi Piala Dunia, tim harus memiliki tujuh atau delapan pemain dengan perfoma yang sangat baik. Namun dengan hanya dua atau tiga itu sulit," tegas Ronaldo.

Sedangkan anggapan Mourinho dibantah pemain Portugal lainnya. "Saya menghormati pendapatnya, tapi tidak seperti itu adanya. Ini bukan hanya Ronaldo, skuad ini punya beberpa pemain top yang dapat membuat perbedaan," tegas Miguel.


--

Mimpi Chamakh jadi Kenyataan
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Getty Images

London - Marouane Chamakh begitu gembira ketika resmi menjadi milik Arsenal. Pemain Maroko ini mengatakan bahwa berseragam The Gunners merupakan mimpinya yang jadi kenyataan.

Chamakh dan Arsenal bisa jadi memang ditakdirkan untuk berjodoh. Tim London Utara sudah sejak lama berminat kepada Chamakh, sementara pemain kelahiran 10 Januari 1984 itu juga memendam keinginan untuk berseragam tim Gudang Peluru.

Sabtu (22/5/2010) dinihari Chamakh akhirnya resmi menjadi milik Arsenal. Eks striker Bordeaux ini menandatangani kontrak jangka panjang.

"Ini merupakan mimpi yang jadi kenyataan. Sungguh kegembiraan yang luar biasa bisa bergabung dengan Arsenal," tukas Chamakh seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Tujuan saya selalu bermain di Premier League dan Arsenal adalah pilihan hati saya. Tak perlu diragukan lagi, Arsenal adalah klub yang saya inginkan. Tim itu sendiri serta sejarah klub membuat saya memimpikan mereka," tukas pemain yang membawa Bordeaux juara Liga Prancis musim 2008/2009 itu.

"Keinginan saya bergabung dengan Arsenal melebihi keinginan untuk bergabung ke klub Inggris lainnya. Sebab Arsenal selalu membuat saya bermimpi tentang mereka dan saya merupakan fans Arsenal sejak kecil," lanjut pemain yang dikabarkan bakal menerima gaji 50 ribu poundsterling per pekan itu.

Chamakh mengaku tidak sabar untuk tampil di Stadion Emirates dan menantikan sambutan para Gooners yang akan diberikan kepadanya.

Di tengah euforia merayakan impian yang jadi kenyataan, Chamakh menyadari ekspektasi yang bakal datang, yakni harapan untuk membantu tim "London Merah" mengakhiri puasa gelar juara yang sudah berlangsung setengah dasawarsa lamanya.

"Saya berjanji memberikan yang terbaik untuk Arsenal, klub yang sedari dulu saya dukung. Arsenal punya banyak pemain luar biasa dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangi trofi musim depan," pungkasnya.

--

Chamakh Resmi Milik Arsenal
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Marouane Chamakh (Getty Images)

London - Setelah melalui proses panjang, Arsenal berhasil mendatangkan striker Marouane Chamakh. Pemain asal Maroko itu diikat dengan kontrak berdurasi "jangka panjang".

Perburuan Arsenal terhadap Chamakh diberitakan sudah berakhir sejak sekitar sepuluh hari silam. Namun begitu belum ada pengumuman resmi soal hal ini. Setelah menunggu, Arsenal akhirnya mengumumkan secara resmi telah memboyong eks pemain Bordeaux itu.


"Arsenal Football Club dengan gembira mengumumkan bahwa striker internasional Maroko Marouane Chamakh telah bergabung dengan The Gunners. Dia menandatangani kontrak jangka panjang," demikian keterangan yang detiksport kutip dari situs resmi Arsenal, Sabtu (22/5/2010) dinihari WIB.

Di tim London Utara tersebut, Chamakh mengenakan nomor punggung 29. Pemain kelahiran 10 Januari 1984 itu didapatkan dengan cuma-cuma karena kontraknya bersama Bordeaux sudah habis pada akhir musim 2009/2010.

"Chamakh merupakan pemain yang kami idamkan dalam beberapa waktu terakhir dan sekarang saya paham bahwa ia bakal menyokong skuad dengan kualitas luar biasa yang dimilikinya," demikian manajer Arsene Wenger soal pemain anyarnya tersebut.

"Dia bukan hanya pesepakbola yang bagus, namun juga seorang bertipikal petarung (fighter). Ia sangat bagus dalam bola-bola udara sekaligus pemain tim yang bagus. Chamakh merupakan rekrutan yang luar biasa," pungkas manajer asal Prancis itu. ( nar

--

Soal Ribery, Bayern Pilih Bungkam
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Reuters

Madrid - Franck Ribery diberitakan telah sepakat untuk memperpanjang kontraknya di Bayern Munich. Soal hal ini, kubu Die Roten memilih untuk bungkam.

Mendekati akhir musim 2009/2010, Ribery menjadi bahan pembicaraan terkait dengan masa depannya bersama Bayern Munich. Ketika itu Real Madrid dan Manchester United ramai diberitakan merupakan pemburu tanda tangan dari pemain Prancis tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya, Ribery diberitakan telah sepakat untuk bertahan di Allianz Arena hingga 2015.

Meski begitu kubu Bayern memilih untuk tidak menanggapi berita soal perpanjangan kerjasama antara 'Si Codet' dengan sang juara Bundesliga 2009/2010 itu.

"Menurut saya, kita di sini tidak untuk berbicara tentang masalah itu. Mari kita tunggu saja pernyataan resmi klub," kata kapten Mark van Bommel dalam jumpa pers menjelang final Liga Champions, Jumat (21/5/2010) waktu setempat.

"Franck merupakan pemain yang sempurna dan kami tentu ingin dia tetap di sini. Jika manajemen Bayern Munich tak mengeluarkan pernyataan apa-apa, maka saya juga tidak boleh melakukannya," tukas pemain asal Belanda itu seperti dilansir dari AP.

Hal senada juga dikatakan pelatih Louis van Gaal. "Anda (wartawan) pintar. Tapi saya juga pintar," tukas sang trainer sembari menjelaskan keputusannya untuk tak berkomentar lebih lanjut soal Ribery.


--

El Guaje Tak Ingin Sesumbar
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Getty Images

Barcelona - David Villa memiliki track record yang positif. Meski begitu ia tidak mau sesumbar untuk Barcelona. Seperti apa sambutan pertama El Guaje ketika diperkenalkan sebagai pemain The Catalans?

Villa resmi menjadi pemain Barca setelah menyelesaikan sejumlah persyaratan administratif pada Jumat (21/5/2010) malam WIB. Selanjutnya pemain internasional Spanyol itu diperkenalkan kepada 35 ribu pendukung Barcelona yang memadati Nou Camp.

"Saya berharap bahwa seluruh fans Barcelona senang dengan penampilan saya nantinya," harap Villa.

Pemain bernomor punggung tujuh itu tidak ingin mengumbar janjinya. "Ini merupakan tim dan klub terbaik di dunia," tukas Villa di situs FIFA.

"Saya bergabung dengan klub yang sudah memenangi segalanya dalam beberapa tahun ini, jadi saya hanya akan menyumbang sedikit saja, dan itu sudah cukup untuk membuat tim ini menjadi lebih baik dan membantu mereka melanjutkan kisah sukses."

"Saya tidak bisa berjanji soal berapa gol yang akan saya cetak. Di sepanjang karir, saya memang belum banyak meraih trofi, cuma dua Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol. Meski begitu saya tidak boleh mengeluh dan saya bangga dengan pencapaian itu. Saya bergabung ke Barcelona dengan keinginan untuk mengukir prestasi lebih baik dan bila memungkinkan, juara Liga Champions," ujar pemain 28 tahun itu di situs resmi klub. ( nar / key )

--
Tujuh Milik Villa
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Reuters

Barcelona - Nomor tujuh memang seperti tak bisa dilepaskan dari seorang David Villa. Di klub barunya, Barcelona, El Guaje kembali menggunakan angka tujuh sebagai nomor punggungnya.

Jumat (21/5/2010) malam WIB Villa sudah menyelesaikan proses kepindahannya dari Valencia ke Barcelona. "David Villa sudah menandatangani kontrak berdurasi empat tahun bersama FC Barcelona dengan opsi perpanjangan satu musim, serta buy-out-clause senilai 200 juta euro," demikian keterangan yang detiksport kutip dari situs resmi El Barca.

Bersama klub Catalan itu, Villa kembali menggunakan nomor punggung tujuh. Nomor yang sama dengan yang dia gunakan di klub sebelumnya atau pun tim nasional Spanyol.

Nomor tujuh sudah setahun "menganggur" di Azulgrana. Pemakai terakhir adalah Eidur Gudjohnsen yang meninggalkan Camp Nou pada tahun 2009.

"Ada beberapa pemain bintang yang pernah mengenakan nomor punggung tujuh di Barca dan mereka merupakan starter reguler. Di antaranya Vicenç Piera (1920-1933), Martí Ventolrà (1933-1937), Estanislao Basora (1946-1958), Carles Rexach (1965-1981), 'Lobo' Carrasco (1978-1989), Alan Simonsen (1979-1982) dan Andoni Goikoetxea (1990-1994)," tulis Barca dalam situs resminya.

"Pemain pertama yang memilih nomor tujuh secara permanen ketika pemain bisa memilih nomor adalah Luis Figo yang menggunakannya tahun 1995 hingga 2000. Alfonso selanjutnya memakai nomor tujuh di musim 2000/2001. Berikutnya nomor tersebut dipakai Javier Saviola (2001-2004), Larsson (2004-2006) dan terakhir Gudjohnsen (2006-2009)."

--

Ovrebo Pensiun, Chelsea 'Diperingatkan'
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Reuters

Oslo - Wasit kontroversial yang memimpin laga Chelsea kontra Barcelona, Tom Henning Ovrebo, pensiun dari tugas memimpin laga internasional. Chelsea diminta tak merasa menang dengan keputusan wasit asal Norwegia itu.

Keputusan Ovrebo didasari oleh fakta bahwa dirinya tidak masuk dalam wasit yang dipanggil untuk menjadi pengadil di Piala Dunia 2010.

"Keputusan ini berdasarkan indikasi dari asosiasi sepakbola Norwegia yang mereka dapatkan dari UEFA, soal prospek untuk tugas lebih lanjut," terang wasit berusia 43 tahun itu di Reuters, Jmuat (21/5/2010) malam WIB.

Nama Ovrebo mencuat ke permukaan usai di leg kedua semifinal Liga Champions 2008/2009 antara Chelsea kontra Barcelona membuat sejumlah keputusan kontroversial.

Pasca pertandingan yang berujung tersingkirnya tim London Barat itu, sejumlah pemain Chelsea melakukan protes keras dan juga menghujani Ovrebo dengan kecaman. Imbasnya para punggawa The Blues dikenai sanksi.

"Beberapa orang bakal mengingat saya karena laga Chelsea vs Barcelona. Namun saya bisa menjalani hidup dengan baik dengan 'cap' tersebut," tandas Ovrebo.

Selain Chelsea kontra Barca, Ovrebo juga membuat keputusan kontroversial di laga 16 besar antara Bayern Munich kontra Fiorentina. Ketika itu wasit berkepala plontos itu mengesahkan gol Bayern yang mendapatkan protes dari kubu I Viola akiibat dinilai offside.

"Ovrebo sudah berkarir (internasional) selama 16 tahun. Ia menorehkan catatan bagus, tapi juga sempat menjalani laga berat seperti Chelsea-Barcelona dan Bayern-Fiorentina," kata ketua asosiasi wasit Norwegia Rune Pedersen.

Pedersen mengingatkan agar Chelsea tidak "bergembira" atas keputusan anggotanya. "Sebelum ini, Chelsea juga pernah bermasalah dengan wasit lain dan mereka hampir selalu tidak bersikap baik. Jadi bila mereka melihat keputusan pensiun Ovrebo ini merupakan kemenangan, mereka jelas salah," tegas Pedersen.

--

Tosic Bisa jadi Kartu As Serbia
Narayana Mahendra Prastya - Piala Dunia 2010
Gambar
Zoran Tosic (Getty Images)
Belgrade - Zoran Tosic memang masih berusia muda. Meski begitu gelandang Manchester United ini bisa menjadi salah satu kartu as bagi Serbia di Afrika Selatan bulan depan.

Tosic memang gagal mendapatkan tempat utama di MU. Hal tersebut membuat pemain kelahiran 28 April 1987 itu selanjutnya dipinjamkan ke klub Jerman, Koln.

Di Bundesliga Tosic dinilai tampil menawan. Itu sebabnya pelatih timnas Serbia Radomir Antic memutuskan untuk tetap memasukkan pemain dengan 18 caps untuk timnas senior itu di skuad provisional yang sudah dipangkas menjadi 24 nama pada Jumat (21/5/2010).

"Tosic bisa menjadi salah satu pemain yang bersinar di turnamen nanti, setelah dia menunjukkan potensinya di Bundesliga. Ia sudah mengambil keputusan yang berat dengan pindah ke klub yang lebih kecil daripada klub lamanya," ujar Antic seperti dikutip dari Reuters.

"Tosic menunjukkan keberanian, komitmen dan keinginan kuat. Itu memungkinkan baginya untuk membuat kemajuan luar biasa dan skill individunya bakal menjadi aset berharaga dalam upaya kami untuk tampil baik di putaran final," tutup Antic.


Skuad Provisional Serbia per 21 Mei 2010

Kiper: Vladimir Stojkovic (Sporting), Zeljko Brkic (Vojvodina Novi Sad), Bojan Isailovic (Zaglebie Lubin), Andjelko Djuricic (Uniao Leiria).

Bek: Branislav Ivanovic (Chelsea), Antonio Rukavina (Munich 1860), Nemanja Vidic (Manchester United), Neven Subotic (Borussia Dortmund), Aleksandar Lukovic (Udinese), Ivan Obradovic (Real Zaragoza), Aleksandar Kolarov (Lazio).

Gelandang: Dejan Stankovic (Inter Milan), Gojko Kacar (Hertha Berlin), Nenad Milijas (Wolverhampton Wanderers), Zdravko Kuzmanovic (VfB Stuttgart), Radosav Petrovic (Partizan Belgrade), Milos Krasic (CSKA Moscow), Zoran Tosic (Manchester United), Milos Ninkovic (Dynamo Kiev), Milan Jovanovic (Standard Liege).

Depan: Nikola Zigic (Valencia), Marko Pantelic (Ajax Amsterdam), Danko Lazovic (Zenit St. Petersburg), Dragan Mrdja (Vojvodina Novi Sad).


--

Laporta: Ibra Dijaga, Fabregas Masih Diraba
Mohammad Resha Pratama - detiksport


Getty Images/Dennis Doyle

Barcelona - Presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan Zlatan Ibrahimovic tak akan dijual meski David Villa datang. Dan soal Cesc Fabregas, Laporta tak mau banyak berkomentar karena itu masih sebatas rumor saja.

Ibra pantas was-was dengan kehadiran Villa yang didatangkan dari Valencia dengan banderol 40 juta euro. Performanya musim lalu yang dianggap belum memenuhi ekspetasi jadi alasan banyak prediksi liar yang bilang pria asal Swedia itu akan ditendang dari Nou Camp.

Dengan banderol 46 juta euro plus Samuel Eto'o, Ibra hanya mampu membalasnya dengan torehan 21 gol dari 44 penampilannya di seluruh kompetisi musim lalu. Coba bandingkan dengan Pedro Rodriguez yang mampu mencetak 25 gol meski berstatus sebagai pemain orbitan Pep Guardiola.

Maka dengan hadirnya Villa di lini depan Barca musim depan, banyak spekulasi yang mengatakan Ibra akan dijual kembali ke Juventus, Chelsea atau Manchester City yang dikabarkan meminantinya.

Jika Direktur Teknik, Txiki Bergiristain, sudah memberi komentar soal masa depan Ibra. Kini giliran sang bos besar Laporta yang bersuara soal nasib pemain berjuluk 'Si Hidung Betet' itu. Apa katanya?

"Ibra tidak dijual. Dia adalah pemain yang sangat berharga dan aku tahu pelatih mengandalkannya. Pembelian Villa tidak akan mempengaruhi masa depan Ibra," tukas Laporta kepada ESPN.

Soal Ibra sudah, lalu bagaimana dengan kemungkinan kapten Arsenal Fabregas kembali ke klub tempat ia memulai karir itu? Laporta pun bersikap netral karena segalanya masih belum pasti dan masih sebatas isu.

"Ada banyak pemain yang belajar sepakbola di sini dan mengetahui gaya Barca. Maka ketika mereka dayang ke sini lagi, lebih mudah bagi mereka untuk beradaptasi," tutup pria yang berprofesi sebagai pengacara itu. ( mrp / roz )

--

Mourinho Punya Rencana Rahasia
Rossi Finza Noor - detiksport


Getty Images

Madrid - Jose Mourinho adalah pelatih yang dikenal detil dalam menerapkan taktik untuk tim yang dilatihnya. Khusus untuk laga final Liga Champions akhir pekan ini, Mourinho disebut sudah punya rencana rahasia.

Orang-orang boleh menyebut Mourinho adalah sosok yang pragmatis, ia tak peduli dengan sepakbola indah selama timnya bisa meraih kemenangan, bahkan setipis 1-0 sekali pun. Namun, ada juga yang menyebut, apa yang diterapkan Mourinho adalah sebuah hal yang efektif.

Ketika Inter Milan menyingkirkan Barcelona di semifinal Liga Champions, Mourinho dikritik lantaran menerapkan strategi defensif. Toh, ia tak peduli dengan kritik itu. Baginya, yang penting Inter melaju ke final.

Waktu itu taktik Mourinho sukses meredam gelandang-gelandang El Barca yang terkenal lugas dalam mengalirkan bola. Kala pemain Barca melakukan tusukan ke dalam kotak penalti, barisan pertahanan Inter dengan sigap langsung menutupnya.

Lalu, apa lagi yang bakal dilakukan Mourinho dalam laga melawan Bayern Munich akhir pekan ini? "Mourinho adalah tipe pelatih yang sistematis. Dia suka ketepatan dan memperlakukan semuanya dengan serius," ujar kiper Julio Cesar di ESPN Star.

"Dia sendiri takut dengan lawan yang dihadapi. Sementara, untuk taktik menghadapi Bayern, itu adalah rencana rahasia. Orang-orang harus menyaksikan pertandingan hari Sabtu nanti," tukas Cesar.

--

Ramai-ramai Pulang ke Bernabeu
Doni Wahyudi - detiksport


Madrid - Arjen Robben dan Wesley Sneijder tak cuma berdua saat bereuni dengan Santiago Bernabeu di final Liga Champions. Total ada lima pemain yang akan 'mudik' ke kandang Real Madrid itu.

Robben dan Sneijder jadi cerita tersendiri terkait sukses Inter Milan dan Bayern Munich lolos ke final Liga Champions dalam laga yang akan dilangsungkan di Santiago Bernabeu, Minggu (23/5/2010) lusa. Keduanya menjadi bintang di masing-masing kubu setelah terbuang dari Real Madrid.

Kedua pesepakbola asal Belanda itu sama-sama terdepak di penghujung musim 2008/2009, saat Madrid sibuk membangun 'Gugusan Galaksi' keduanya dengan di antaranya memboyong Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Kaka. Selama dua musim, Robben tercatat bermain 50 kali buat Madrid sementara dalam periode yang sama Sneijder merumput 52 kali.

"Sebuah mimpi yang menjadi kenyataan buat kami berdua. Tak satupun dari kami pernah tampil di final Liga Champions, dan itu baru terwujud setelah kami meninggalkan Madrid. Tapi pada akhirnya ini semua adalah soal sepakbola dan soal kemenangan. Buat kami, semuanya lebih pada keinginan besar kami meraih titel ini," ungkap Robben mengomentari kembalinya dia dan Sneijder di situs resmi UEFA.

Mantan pemain Chelsea itu berulang kali menjadi penyelamat Die Rotten di babak knock out Liga Champions dengan gol-gol yang dia buat ke gawang Fiorentina, Manchester United dan Olympique Lyon. Sedangkan Sneijder juga punya peran krusial di skuad Jose Mourinho dengan lima assist dan tiga golnya.

"Ya, akan menyenangkan bisa kembali bermain di sana. Bertanding di final dan memenangi piala, itu akan hebat. Setelah pergi ke Inter dan tahu kalau final akan dilangsungkan di Bernabeu, adalah sebuah mimpi untuk bisa sampai di sini - meraih kemenangan dan mengangkat trofi. Tak ada yang tak mungkin," timpal Sneijder.

Bukan Robben dan Sneijder saja yang akan menjalani laga 'comeback' di Bernabeu. Di skuad Nerazzurri saat ini ada tiga pemain lain yang pernah terdaftar sebagai pemain Los Merengues, mereka adalah Walter Samuel, Samuel Eto'o dan Esteban Cambiasso.

Eto'o memperkuat Madrid saat dia masih berusia 16 tahun. Tiga tahun membela 'Si Putih', striker Kamerun itu tak kuasa menembus deretan pemain top Madrid yang membuat dia beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, hingga akhirnya dibeli Mallorca dan jadi bintang di sana.

Kondisi tak jauh berbeda dialami Cambiasso, yang diboyong ke Bernabeu dalam usia 22 tahun. Dua musim di Madrid (2002-2004), dia cuma dapat kesempatan 42 kali bermain. Tahun 2004 Inter beruntung merekrutnya dan terus dipertahankan hingga kini.

Juga gagal mendapat kepercayaan jangka panjang dari Madrid adalah Samuel. Dibeli mahal dari AS Roma tahun 2004 (25 juta euro), dia dilego ke Inter semusim berselang dengan harga lebih murah sembilan juta euro. Bek Argentina itu dianggap tampil tak memuaskan.

"Saya tumbuh di stadion itu. Saya juga mengambil langkah sebagai pesepakbola profesional untuk kali pertama di sana. Saya harap itu bisa memberi kami keberuntungan," ujar Eto'o.
( din / key )

--

Bayern Dapat Wejangan dari Kahn
Rossi Finza Noor - detiksport


Reuters

Munich - Para pemain Bayern Munich antusias menghadapi final Liga Champions yang bakal berlangsung akhir pekan ini. Antusiasme itu pun ikut menular ke mantan pemain seperti Oliver Kahn yang dengan senang hati memberikan wejangan.

Pria berusia 40 tahun itu adalah kiper yang sangat identik dengan Bayern dalam satu dekade terakhir. Bersamanya, Bayern sukses melaju ke final Liga Champions dua kali (tahun 1999 dan 2001), di mana dalam kesempatan yang terakhir Die Roten berhasil keluar sebagai juara.

Kahn pun dengan senang hati memberikan sedikit nasihat kepada Arjen Robben cs jelang laga yang akan dihelat di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (23/5/2010) dinihari WIB.

"Kalian tak akan memenangi Liga Champions hanya dengan spirit tim. Kalian bisa menang jika kalian berkonsentrasi maksimal," ucapnya kepada majalah Kickers.

"Dua gelar juara (Bundesliga dan DFB Pokal) telah memberikan Bayern kepercayaan diri, tetapi mereka harus memastikan agar tensinya tak jatuh, bahkan satu milimeter pun," lanjutnya lagi.

Soal konsentrasi maksimal, Kahn mungkin belajar dari final tahun 1999. Kala itu Bayern takluk 1-2 dari Manchester United akibat dua gol telat di penghujung babak kedua.

Sementara, dari kubu Bayern sendiri, antusiasme di ruang ganti tetap terjaga. Robben mengatakan, dirinya dan rekan-rekannya siap untuk menorehkan sejarah buat klub.

"Atmosfer di sini sangat bagus. Kami bangga dan bahagia bisa berada di sini. Kami punya kesempatan besar untuk menorehkan sejarah," tukasnya.

--

Inter Jangan Terburu-buru'
Rossi Finza Noor - detiksport


Getty Images

Madrid - Sebagai pemain yang pernah dua kali merasakan final Liga Champions, Samuel Eto'o terhitung paling "berpengalaman" di skuad Inter. Ia pun menyebut, jika ingin memenangi Liga Champions musim ini, Inter dilarang terburu-buru.

Eto'o pernah mencicipi dua final Liga Champions kala dirinya masih memperkuat Barcelona, yakni pada tahun 2006 dan 2009. Dalam dua kesempatan tersebut, Barca selalu sukses keluar sebagai pemenang.

Akhir pekan ini, Eto'o berpeluang untuk menyabet gelar juara Liga Champions-nya yang ketiga. Mengingat, ia adalah sosok yang paling sering mengangkat trofi Liga Champions dibanding rekan-rekan setimnya, penyerang asal Kamerun ini pun memiliki beberapa "wejangan".

Eto'o tahu penantian selama 38 tahun telah membuat Inter beserta pendukungnya sangat antusias menghadapi final ini. Namun, rasa antusias itu perlu sedikit diredam untuk menghindari terjadinya kecerobohan.

"Ini adalah final yang kami mimpi-mimpikan. Kami akan kalah jika kami menjadikannya sebuah obsesi," ujarnya kepada La Gazzetta dello Sport.

"Saya tahu bahwa penggemar Inter sudah menunggu lama untuk momen ini. Tetapi, kami harus memperlihatkan sikap yang tepat dan keinginan untuk bertarung," tukasnya.

Sebagai catatan, dua klub yang dahulu dihadapi Eto'o bersama Barca berasal dari Inggris. Tahun 2006 mereka mnjungkalkan Arsenal 2-1, sementara tahun 2009 mereka menekuk Manchester United 2-0.

--

Jangan Main Perempuan Dulu, Ronaldo'
Rossi Finza Noor - Piala Dunia 2010
Gambar
Getty Images
Lisbon - Sepakbola dan wanita adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan Cristiano Ronaldo. Untuk hal yang disebut belakangan, Ronaldo diingatkan agar tak sampai mempengaruhi performanya di Piala Dunia.

Dengan modal gaji besar dan tampang yang terhitung menarik untuk kaum hawa, Ronaldo memang kerap terlihat wira-wiri dengan beberapa perempuan. Mulai dari selebriti Hollywood sampai model asal Eropa pernah ia kencani.

Sebut saja Gemma Atkinson, Paris Hilton hingga kini Kim Kardashian. Pria mana pun boleh iri dengan kebolehan Ronaldo menaklukkan mereka. Beruntung, sejauh ini akitivitas berpacaran pemain berjuluk CR9 ini tak menganggu performanya di lapangan.

Tetapi, yang namanya rasa khawatir selalu ada. Pelatih Portugal, Carlos Queiroz, adalah salah satu yang merasakannya. Apalagi ada kabar bahwa Paris dan Kim berniat untuk terbang ke Afrika Selatan kala Ronaldo membela Portugal di sana.

Salah seorang sumber dari skuad Portugal menyebut, Queiroz meminta Ronaldo menepikan masalah wanita pada Piala Dunia nanti.�

"Queriroz tahu bahwa Ronaldo tahu tanggung jawabnya dan ia adalah seorang profesional yang memiliki komitmen kepada tim. Dia juga tahu bahwa Ronaldo masih muda dan menghargai hidupnya yang gemerlap," ujar sumber tersebut seperti dilansir Yahoosports.

"Tetapi ini adalah Piala Dunia dan yang dibutuhkan hanyalah berkonsetrasi terhadap pertandingan. Queiroz merencanakan untuk berbicara dengannya dan memastikan pikiran Ronaldo tak terganggu."

Queiroz sendiri tak ragu-ragu mengakui jika timnya berharap banyak pada mantan pemain Manchester United itu. Ronaldo diharapkannya bisa mengangkat performa tim di Afsel nanti.

"Kami berharap banyak dari Cristiano Ronaldo. Dengan apa yang sudah kami lakukan, ditambah kontribusi dari seorang pemain yang danggap salah satu yang terbaik di dunia, tentu saja tim ini akan mendapatkan keuntungan," tukasnya.


--

Kejutan ala Queiroz
Mohammad Resha Pratama - Piala Dunia 2010
Gambar
AFP/Francisco Leong
Lisbon - Tim bayangan Portugal untuk Piala Dunia sudah terbentuk. Dan beberapa kejutan dibuat oleh pelatihnya Carlos Queiroz terkait pemilihan ke-24 nama dalam timnya itu. Seperti apa?

Sebulan lagi Piala Dunia akan memulai kickoff-nya dan 32 negara peserta pun berlomba mempersiapkan skuad terbaiknya guna meraih hasil terbaik.

Tak terkecuali Portugal yang juga ingin memperbaiki posisinya dari peringkat ke-4 di Jerman 2006, meski hal itu terbilang berat karena Cristiano Ronaldo dkk tergabung di Grup G bersama Brasil, Pantai Gading dan Korea Utara.

Begitu kompetisi Eropa sebagian besar sudah rampung, Queiroz pun tak mau membuang waktu dan segera memanggil para pemainnya untuk bergabung di pemusatan pelatihan. Dan dari 24 nama yang dipanggil Queiroz bikin sedikit terapi kejut kepada publik Portugal.

Pepe yang sudah absen sejak Desember lalu karena cedera lutut dipanggil oleh Queiroz. Pemanggilan bek Real Madrid ini terbilang riskan terkait kondisi Pepe yang sudah lama tak merumput mungkin sedikit mempengaruhi penampilannya.

Selain pemanggilan Pepe, Queiroz pun menyertakan bek asal Deportivo La Coruna Ze Castro yang tak sama sekali bermain di babak kualifikasi lalu. Pemanggilan yang juga tak disangka-sangka oleh si pemain tersebut.

"Tentu saja ini kejutan karena tahun ini aku jarang dipanggil. Aku sebenarnya mempunyai harapan lebih jika musim ini berjalan sesuai dengan perkiraanku. Aku banyak bermasalah dengan kondisi fisikku tapi sekarang aku dalam keadaan terbaik," ucap Castro yang baru mengumpulkan satu caps itu kepada SportTV.

Tak hanya soal pemanggilan Pepe serta Castro,� dua kiper minim pengalaman internasional, Beto (Porto) dan Daniel Fernandes (Iraklis) yang dibawa, dengan menyingkirikan dua penjaga gawang senior Quim asal Portugal dan Hilario yang bermain di Chelsea jadi kejutan lain ala Queiroz jelang Afsel 2010.

Skuad di bawah ini akan dieleminasi menjadi 23 orang pada 1 Juni:

Kiper: Eduardo (Braga), Daniel Fernandes (Iraklis), Beto (Porto).

Bek: Miguel (Valencia), Paulo Ferreira (Chelsea), Ricardo Carvalho (Chelsea), Bruno Alves (Porto), Rolando (Porto), Ricardo Costa (Lille), Duda (Malaga), Fabio Coentrao (Benfica).

Tengah: Pedro Mendes (Sporting), Pepe (Real Madrid), Ze Castro (Deportivo Coruna), Tiago (Atletico Madrid), Deco (Chelsea), Raul Meireles (Porto), Miguel Veloso (Sporting).

Penyerang: Simao Sabrosa (Atletico Madrid), Danny (Zenit St Petersburg), Liedson (Sporting), Hugo Almeida (Werder Bremen), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Nani (Manchester United).
(mrp/krs)

--

Portugal Berharap Pada 'Super Ronaldo'
Mohammad Resha Pratama - Piala Dunia 2010
Gambar
Getty Images/Mike Hewitt
Madrid - Boleh dibilang Cristiano Ronaldo adalah separuh nyawa timnas Portugal saat ini. Maka itu Simao Sabrosa pun meminta CR9 tampil lebih dari sekadar hebat untuk membawa 'Samba Eropa' melaju jauh di Piala Dunia.

Performa hebat Ronaldo bersama Real Madrid musim ini jadi alasan Simao berani menilai pemain termahal dunia itu akan jadi tumpuan utama Portugal. Tak hanya jadi kapten, runner-up Piala Eropa 2004 mengharapkan banyak gol hadir dari kaki dan kepala Ronaldo.

Meski baru semusim bermukim di Santiago Bernabeu, Ronaldo sudah menunjukkan banderol mahal pantas disematkan pada dirinya. Ronaldo mencetak 32 gol di seluruh kompetisi yang diikuti Madrid dan menjadi topskorer klub itu.

Tak salah jika Simao mengganggap Ronaldo bukan cuma berstatus pemain bintang Seleccao das Quinas namun bisa dikatakan 'Ronaldo adalah Portugal, Portugal adalah Ronaldo'.

"Saya tahu Cristiano dengan baik dan saya tahu apa yang bisa dia lakukan. Dia sedang bermain dalam bentuk terbaiknya dan tidak mudah menilai tentang musim pertamanya di Real Madrid, dia mencetak 25 gol di liga dan tujuh di Liga Champions. Saya pikir itu fenomenal," sahut winger Atletico Madrid itu di Yahoosports.

"Cristiano adalah pemain super penting bagi Portugal. Saya sangat senang dengan level permainannya saat ini dan saya pikir bisa lebih baik di Piala Dunia," tukasny pemain berumur 30 tahun itu lagi.

Ronaldo pun harus bisa membuktikan omongan Simao itu dengan penampilannya di atas lapangan hijau. Sebab tim asuhan Carlos Queiroz itu tergabung di Grup G yang terhitung berat bersama Brasil, Pantai Gading dan Korea Utara.

"Kami selalu bisa bermimpi tapi kami bergabung di grup yang sangat berat. Jika pemain kami bermain di level tertinggi, semua akan berjalan lebih mudah," pungkas Simao.

--

Deco: Portugal Bukan Favorit
Andi Abdullah Sururi - Piala Dunia 2010
Gambar
Reuters
London - Punya banyak pemain top, punya reputasi cukup tinggi, salah satu punggawa Portugal tidak merasa timnya termasuk favorit di Afrika Selatan. Yang merasa demikian adalah gelandang senior, Deco.

Sejak dulu Portugal cukup disegani, mulai dari era Eusebio sampai generasi emas yang ditopang nama-nama beken seperti Rui Costa, Paulo Souza, Vitor Baia, Fernando Couto, Luis Figo dan Pedro Pauleta.

Mereka juga terus melahirkan pemain-pemain bagus seperti di era saat ini seperti Deco, Simao Sabrosa, Nuno Gomes, Jose Bosingwa, dan tentu saja pemain terbaik dunia 2008, Cristiano Ronaldo.

Menjadi semifinali Piala Dunia 2006 dan perempatfinalis 2008, Portugal masuk putaran final Piala Dunia tahun ini lewat jalur playoff di zona Eropa. Di babak grup mereka berada di kelompok "maut" bersama Brasil, Pantai Gading (dan Korea Utara).

"Banyak pemain di skuad Portugal 2006 yang tidak lagi terlalu diandalkan. Kami punya banyak pemain pemain yang akan tampil di kompetisi besar pertamanya. Saya pikir, kualitasnya sama bagus. Meski demikian kami tak punya level pengalaman yang sama seperti di tahun 2006," demikian Deco kepada situs resmi FIFA.

"Tim-tim favorit adalah mereka yang punya asal-usul (bagus) di Piala Dunia, dan itu tak dimiliki Portugal yang memang tak pernah memenangi piala. Jadi, kami tak bisa diperhitungkan sebagai salah satu tim favorit," sambung pemain klub Chelsea tersebut.

Ditambahkan Deco, Portugal memang punya tim bagus dan pemain-pemain yang hebat, dan itu bisa membawa mereka ke jenjang yang tinggi. Namun, untuk sampai memenangi Piala Dunia bukanlah hal mudah.

"Tidak gampang menjuarai Piala Dunia. Lagi pula, ada alasan bagus kenapa beberapa negara bisa melakukan itu. Mereka tim-tim besar yang tak pernah memenangi Piala Dunia karena perbedaannya kerap oleh detil-detil kecil, misalnya sedikit beruntung di momen yang menentukan," pungkas Deco.

--

Fabregas Ingin ke Barca Karena Ambisi
Rossi Finza Noor - detiksport


Getty Images

London - Kabar kepindahan Cesc Fabregas ke Barcelona semakin santer terdengar. Arsenal pun "disalahkan" akibat keinginan hengkang si pemain. Andai The Gunners tak sepi trofi, Fabregas pasti tak ingin pindah.

Demikianlah pendapat yang dituarakan oleh Perry Groves, mantan pemain Arsenal yang bermain dalam kurun waktu 1986-1992. Groves menyoroti hampa gelarnya Arsenal dalam lima tahun terakhir.

Groves menyebut, Fabregas tak tertarik dengan segala uang atau tawaran menggiurkan lainnya. Yang diinginkan oleh gelandang asal Spanyol itu adalah trofi juara, dan itulah kekurangan Arsenal dibandingkan Barcelona.

"Saya tak terkejut karena melihat Arsenal tidak memenangi apa pun tahun ini dan itulah yang membuatnya ingin hengkang. Dia tengah menuju puncak dalam karirnya, dia sudah memiliki pengaruh dalam sepakbola Eropa, tetapi ia tak memenangi apa pun dalam lima tahun terakhir," tukas Groves di ESPN Star.

"Cesc tak mempedulikan uang, tapi ini masalah ambisi. Ini semua masalah trofi. Dia bisa melihat Arsenal tertinggal dari Manchester United dan Chelsea, dan Arsene Wenger butuh empat pemain baru musim panas nanti."

"Barcelona sudah memenangi beberapa trofi dan Cesc ingin mengisi lemari trofinya. Saya pikir, dia tak akan mempedulikan Barcelona jika Arsenal sudah memenangi beberapa gelar," tandas Groves.

Sejauh ini, Arsenal tetap bersikukuh untuk mempertahankan kaptennya itu. 'Tim Gudang Peluru' bahkan dikabarkan Daily Mail meninggikan harga Fabregas hingga 80 juta pounds.

--

Chelsea Ikut 'Perang Milner'
Rossi Finza Noor - detiksport


Getty Images

London - Belakangan, nama James Milner kerap dikait-kaitkan dengan Manchester City menyusul isu kepindahannya ke klub asal Manchester itu. Tetapi, kini muncul Chelsea yang siap merebut gelandang Aston Villa itu.

Dilansir SkySports, City telah mengirim proposal kepada Villa untuk menggaet Milner dengan harga 20 juta poundsterling (Rp 263 miliar). City bergerak cepat karena ada kabar Milner juga diminati sejumlah klub lain.

Milner tampil sangat bagus bersama Villa musim ini. Meski cuma mencetak tujuh gol dari 36 penampilannya, peran gelandang 24 tahun itu di lini tengah The Villans sangat dominan.

Namun demikian, Villa memberikan penolakan dengan mengatakan bahwa Milner tak dijual. City menyerah? Tidak. Malahan rival sekota Manchester United ini dikabarkan menaikkan penawaran hingga 30 juta pounds.

Belum selesai urusan dengan penolakan Villa, kini muncul masalah lain bernama Chelsea. Ya, The Blues diam-diam ternyata juga meminati Milner. Mereka bahkan menyebut, tak akan kalah dari City untuk perebutan pemain yang satu ini.

"Kami kalah mendapatkan Robinho dari City, itu adalah hal yang memalukan. Meskipun pada akhirnya itu terbukti bahwa kami beruntung," ujar salah seorang sumber Chelsea kepada The Sun.

"Tetapi, kami bersemangat untuk mendapatkan incaran kami hari ini. Kami pun sangat percaya diri bisa mendapatkannya," tandas sang sumber.

--

Fergie: Berbatov Not For Sale
Rossi Finza Noor - detiksport


Reuters

Manchester - Performa pas-pasan Dimitar Berbatov musim lalu ternyata masih dipandang positif oleh Sir Alex Ferguson. Posisinya di skuad Manchester United pun aman. Berba, seperti dinyatakan Fergie, takkan dijual.

Dengan catatan 12 gol dalam semusim, Berbatov memang tampak timpang jika dibandingkan dengan Wayne Rooney. Nama terakhir sendirian menjadi penyumbang gol utama MU dengan catatan 34 gol semusim.

Tak heran jika kemudian Rooney meminta tandem yang lebih super untuk menemaninya musim depan. Alasan Rooney masuk akal jika melihat ketergantungan 'Setan Merah' terhadapnya musim ini. Imbasnya, ketika dia absen, MU pun kehilangan greget di lini depan.

Masalahnya, jika The Red Devils jadi mendatangkan penyerang top, ada kemungkinan posisi Berbatov bakal tergusur. Pemain yang dibeli dengan harga 30 juta pounds (sekitar Rp 401 miliar) dari Tottenham Hotspur itu diisukan bakal dilego.

Namun demikian, kabar tersebut dibantah oleh Fergie. Dia menyebut, sorotan media terhadap pemain asal Bulgaria itu adalah hal yang biasa dan pihak klub sudah terbiasa menghadapinya.

"Tidak, dia tak akan dijual," tegas pelatih asal Skotlandia itu kepada The Mirror.

"Manchester United memang memiliki masalah dalam hal ekspektasi dan sorotan dari media. Selalu ada spekulasi setiap tahunnya dan kami terbiasa hidup dengan hal semacam itu."

"Kami tahu bahwa Dimitar adalah pemain yang bagus dan dia akan tetap bersama kami musim depan," tandasnya.

--

Fabregas Dilirik, Silva Dibidik
Rossi Finza Noor - detiksport


Reuters

London - Ketika Cesc Fabregas dilirik oleh Barcelona, Arsenal langsung memagarinya dengan harga selangit. Namun, kalau Fabregas akhirnya pindah juga, The Gunners bersiap membidik David Silva.

Seperti dikabarkan belakangan ini, niat Barcelona untuk membeli Fabregas sudah dinyatakan terang-terangan. Sang pemain pun disebut sudah meminta untuk dilepas, meski Arsenal belum mengizinkannya.

'Tim Gudang Peluru' bahkan mematok harga tinggi untuk kaptennya itu. Menurut salah satu media Inggris, Daily Mail, Arsenal sampai memasang harga 80 juta pounds (sekitar Rp 1,06 triliun) untuk gelandang asal Spanyol itu.

Tetapi mungkinkah Arsenal terus bertahan dari godaan Barcelona dan permintaan pindah Fabregas? Andai akhirnya Fabregas benar-benar hengkang, pemain baru yang tak kalah bagusnya siap untuk dibeli.

Pemain yang dimaksud adalah David Silva. Gelandang milik Valencia ini disebut-sebut bisa didapatkan Arsenal dengan harga yang lebih murah dari Fabregas, yakni "hanya" 17 juta pounds (sekitar Rp 227 miliar) saja.

Namun, yang menginginkan Silva bukan cuma Arsenal saja. Pemain yang tampil gemilang di Piala Eropa 2008 ini juga memiliki peminat dari dalam dan luar Spanyol. Mereka di antaranya adalah Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Real Madrid.

--

Kontrak 'Unik' Villa
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


Getty Images

Barcelona - Ada yang "unik" dari kontrak David Villa. Presiden Barcelona Joan Laporta mengatakan ini kali pertama ada kontrak pemain yang menyertakan butir anti-rasisme.

Villa menyelesaikan proses kepindahannya ke Barcelona pada Jumat (21/5/2010) malam WIB dengan menandatangani kontrak selama empat tahun.

Ikatan kerjasama yang diteken Villa dengan Barca boleh dikatakan "unik", pasalnya dalam kontrak terdapat butir-butir yang menyatakan kesanggupan pemain untuk tidak bertindak rasis.

"Ini merupakan kali pertama sebuah kontrak diteken dengan menyertakan klausul anti-rasisme yang diperkenalkan oleh asosiasi klub Eropa," terang Laporta seperti dikutip dari situs resmi Barca.

Dalam butir tersebut dituliskan bahwa pemain berjanji tidak akan mengekspresikan atau menampilkan dalam bentuk apa pun aksi-aksi dan tindakan yang diskriminatif, baik itu dalam pertandingan sepakbola atau ketika menjalani kewajiban di luar lapangan yang ditugaskan klub.

Tidak diterangkan secara rinci soal sanksi apa yang akan diberikan seandainya terjadi pelanggaran. Laporta mengatakan bahwa "klub akan sangat menyesali setiap tindakan rasis atau diskriminatif, yang melanggar kesepakatan itu."

Beberapa tahun silam Spanyol pernah diguncang oleh beberapa insiden rasis di lapangan hijau. "Korban"-nya adalah Samuel Eto'o yang saat itu masih memperkuat Barcelona dan para pemain timnas Inggris yang berkulit hitam ketika melakukan ujicoba melawan timnas Spanyol di Negeri Matador.

"Selanjutnya kami (Barcelona) akan menyertakan butir-butir anti-rasisme itu di setiap kontrak baru," tuntas Laporta.

Siapa menyusul Barca?

--

Keegan Soal Rooney & Capello
Mohammad Resha Pratama - Piala Dunia 2010
Gambar
Reuters
London - Kevin Keegan menilai Wayne Rooney adalah sosok kunci jika timnas Inggris ingin juara di Piala Dunia. Dan menurutnya Fabio Capello akan mendapat tekanan besar jika The Three Lions sampai gagal total.

Ekspetasi besar dibebankan di pundak para pemain Inggris untuk mengakhiri 44 tahun puasa gelar setelah titel Piala Dunia pertama direbut pada tahun 1966. Apalagi banyak kalangan menganggap tahun ini adalah saat yang tepat bagi generasi emas Inggris untuk juara.

Coba tengok bek sekelas John Terry, Rio Ferdinand dan Ashley Cole bermain sejajar bersama, duo gelandang enerjik pada diri Frank Lampard serta Steven Gerrard dan kecepatan Theo Walcott yang menopang sosok striker kelas dunia dalam diri Rooney. Jika melihat di atas kertas, tim seperti itu pantas juara bukan?

Nah dari semua nama itu, Rooney memegang peranan paling penting. Bagi Keegan Rooney adalah setengah nyawa 'Tim Tiga Singa' dan singkatnya tanpa Rooney, Inggris tak bisa apa-apa. Masalahnya adalah Rooney sendiri bisa saja belum fit sepenuhnya karena baru saja didera cedera akhir musim lalu.

"Inggris bisa saja kehilangan pemain lain dan itu akan jadi pukulan yang telak namun tak telak-telak amat," tutur Keegan di ESPN.

"Tapi jika Inggris kehilangan Rooney, saya bisa katakan mereka tidak mempunyai kesempatan karena Rooney adalah pemain yang bisa membuat perbedaan besar dalam tim," tegas pelatih Inggris di Piala Eropa 2000 itu.

"Setiap tim punya pemain kunci mereka masing-masing. Kami pun punya Rooney dan jika ia bisa tampil baik dan bermain dalam bentuk terbaiknya, saya pikir Inggris bisa sampai semifinal."

Eks Liverpool, Hamburg dan Newcastle United itu pun turut mengomentari kiprah Capello di timnas selama dua tahun ini. Memang Capello jarang mendapat serangan mau pun kritik dalam kurun waktu itu karena Inggris tampil baik dengan rekor 16 kemenangan, dua seri dan empat kekalahan.

Namun jika performa Inggris mengecewakan di Afrika Selatan, maka pria asal Italia itu harus siap menerima caci maki dari para fans serta media setempat.

"Anda bisa jadi orang yang paling baik di dunia ini, anda bisa jadi pelatih terbaik di dunia. Tapi jika anda tidak mendapatkan hasil, maka bersiaplah kehilangan pekerjaan anda," tandas Keegan.

"Capello mempunyai permulaan yang sangat bagus namun jika Inggris tampil buruk di Piala Dunia maka tekanan akan mengarah pada dirinya," pungkas pria yang dijuluki Mickey Mouse itu.

--


Del Bosque Boyong Torres & Fabregas
Mohammad Resha Pratama - Piala Dunia 2010
Gambar
Getty Images/Michael Steele
Madrid - Fernando Torres dan Cesc Fabregas sedang berjuang memulihkan diri dari cedera. Namun pelatih Spanyol Vicente Del Bosque tetap memasukkan keduanya dalam skuad bayangan La Furia Roja di Piala Dunia.

Torres sudah absen sejak bulan lalu karena operasi pada lutut kanannya. Striker Liverpool ini bahkan diragukan fit dan bisa tampil di partai pembuka kontra Swiss 16 Juni mendatang. Kehilangan Torres merupakan kerugian bagi Del Bosque karena pria 26 tahun ini andalan Spanyol di lini depan bersama David Villa.

Jika peluang Torres untuk bermain masih tanda tanya, lain halnya dengan Fabregas yang juga sudah menghilang dari lapangan hijau sejak Maret akibat patah tulang fibula. Playmaker asal Arsenal ini yakin dirinya sudah pulih dan bahkan bisa bermain dalam partai pemanasan kontra Arab Saudi akhir Mei ini.

"Dalam pandangan umum kami, dua pemain itu menunjukkan perkembangan positif dalam usaha pemulihan dari cedera mereka," ujar pernyataan resmi federasi sepakbola Spanyol seperti dikutip Reuters.

Selain Torres dan Fabregas, Del Bosque pun membuat kejutan dengan membawa serta kiper Barcelona Victor Valdes dalam daftar 30 nama skuad bayangan tersebut. Sebelumnya Valdes sempat patah arang tak kunjung dipanggil ke 'Tim Matador' meski tampil apik bersama Barcelona.

Bersama Valdes ada juga Pedro Rodriguez yang namanya mencuat musim ini dan juga belum pernah mencicipi caps pertamanya bersama Spanyol. Pemain-pemain debutan lainnya adalah David De Gea, Javi Martinez dan Cesar Azpilicueta.

Gelandang lincah Andres Iniesta yang masih cedera pun turut disertakan oleh Del Bosque. Di Afrika Selatan nanti, Spanyol yang difavoritkan juara tergabung bersama Swiss, Cile dan Honduras di Grup H.

Skuad Spanyol:

Kiper: Iker Casillas (Real Madrid), Pepe Reina (Liverpool), Diego Lopez (Villarreal), Victor Valdes (Barcelona), David de Gea (Atletico Madrid).

Bek: Raul Albiol (Real Madrid), Alvaro Arbeloa (Real Madrid), Cesar Azpilicueta (Osasuna), Joan Capdevila (Villarreal), Carlos Marchena (Valencia), Gerard Pique (Barcelona), Carles Puyol (Barcelona), Sergio Ramos (Real Madrid).

Gelandang: Xabi Alonso (Real Madrid), Sergio Busquets (Barcelona), Cesc Fabregas (Arsenal), Andres Iniesta (Barcelona), Javi Martinez (Athletic Bilbao), Marcos Senna (Villarreal), David Silva (Valencia), Xavi (Barcelona).

Penyerang: Santi Cazorla (Villarreal), Jesus Navas (Sevilla), Juan Mata (Valencia), Pedro (Barcelona), Daniel Guiza (Fenerbahce), Fernando Llorente (Athletic Bilbao), Alvaro Negredo (Sevilla), Fernando Torres (Liverpool), David Villa (Valencia).


--

Der Panzer Siap Serang Afsel
Mohammad Resha Pratama - Piala Dunia 2010
Gambar
Getty Images
Berlin - Timnas Jerman rupanya ingin tampil menyerang demi meraih trofi Piala Dunia keempatnya. Tak tanggung-tanggung pelatih Joachim Loew berencana membawa enam striker ke Afrika Selatan nanti.

Keenam striker yang masuk dalam skuad bayangan Loew adalah Miroslav Klose, Lukas Podolski, Mario Gomez, Cacau, Stefan Kiessling dan rising star Thomas Mueller.

Loew pun tampaknya tak akan mengeleminasi satu pun dari mereka pada 1 Juni nanti saat pengumuman final 23 nama dalam skuad Jerman.

"Rencana kami adalah membawa enam striker tersebut di Piala Dunia karena kami ingin lebih fleksibel," sahut Loew kepada SID yang dilansir Reuters.

Klose dan Podolski diprediksi masih jadi kandidat terkuat pengisi dua slot penyerang di starting eleven Loew. Namun yang jadi masalah adalah penampilan keduanya musim ini jauh dari kata memuaskan.

Klose dari 18 penampilannya di Bundesliga hanya mampu mencetak satu gol dan kalah benderang dibanding juniornya Mueller yang mendonasi 13 gol. Sementara itu Podolski pun setali tiga uang dengan Klose dengan hanya menceploskan dua gol dari 20 penampilannya.

Jika menilik nama lain macam Cacau dengan 13 golnya musim, Gomez lewat 10 golnya dan Kiessling yang paling produktif dengan 21 golnya, jelas Klose dan Podolski sudah seharusnya duduk di bangku cadangan.

Namun Loew lebih memilih kepentingan tim dibanding melihat penampilan per individu musim ini. Dengan mempunya enam striker dengan tipe berbeda, Loew mengaku bisa lebih bebas bereksperimen guna meracik strategi terbaik Der Panser.

"Dengan Lukas Podolski, Thomas Mueller dan Cacau kami mempunyai tiga striker yang bisa muncul dari belakang dan juga dapat bermain melebar," ucap Loew.

"Klose, Gomez, dan Kiessling lebih condong jadi penyerang tengah. Saya ingin punya banyak pilihan jika ada kebutuhan mendesak," pungkas Loew.

Di Grup D Jerman akan meladeni perlawanan Serbia, Australia dan Ghana.

--

Denmark Tetap Panggil Sorensen
Kris Fathoni W - Piala Dunia 2010
Gambar
Getty Images/Michael Steele
Oslo - Denmark tampaknya masih terus berharap pada Thomas Sorensen. Kiper nomor satu Denmark itu masih dipanggil ke timnas sementara kendati tengah cedera.

Siku tangan kiper Stoke City itu terlepas dari persendiannya pada akhir April lalu, ketika tengah membela klubnya menghadapi Chelsea di laga Liga Primer. Alhasil, kondisinya pun meragukan untuk tampil di Piala Dunia 2010.

Meski begitu, cedera Sorensen tersebut tak mencegah Pelatih Denmark Morten Olsen untuk memanggilnya ke dalam skuad sementara timnas negara itu yang berisikan 26 nama, seperti dikutip situs FIFA.

Hal ini jelas memberi indikasi bahwa Olsen sangat berharap Sorensen bisa pulih tepat waktu. Apalagi kiper 33 tahun itu memang sudah jadi penjaga gawang pilihan pertama Denmark selama sembilan tahun dan akan jadi andalan Denmark di Afrika Selatan.

Ke-26 nama, plus empat nama cadangan, pengisi timnas sementara ini rencananya akan menggelar laga ujicoba lawan Senegal di Aalborg pada tanggal 27 Mei depan. Setelah itu Olsen akan memangkasnya menjadi 23 nama saja yang akan dibawa ke Piala Dunia 2010.


Tim Sementara Denmark:
Jesper Christiansen (FC Copenhagen), Kim Christensen (IFK Gothenburg), Stephan Andersen (Brondby), Thomas Sorensen (Stoke City); Daniel Agger (Liverpool), Lars Jacobsen (Blackburn), Patrick Mtiliga (Malaga), Per Kroldrup (Fiorentina), Simon Busk Poulsen (AZ Alkmaar), Simon Kjaer (Palermo), William Kvist (FC Copenhagen); Christian Poulsen (Juventus), Christian Eriksen (Ajax), Daniel Jensen (Werder Bremen), Jakob Poulsen (AGF Aarhus), Michael Silberbauer (FC Utrecht), Mikkel Beckmann (Randers), Thomas Enevoldsen (FC Groningen), Thomas Kahlenberg (Wolfsburg), Dennis Rommedahl (Ajax), Jesper Gronkjaer (FC Copenhagen), Jon Dahl Tomasson (Feyenoord), Martin Jorgensen (AGF Aarhus); Michael Krohn-Dehli (Brondby), Nicklas Bendtner (Arsenal), Soren Larsen (Duisburg)

Cadangan: Anders Moller Christensen (Odense), Leon Jessen (FC Midtjylland), Mikkel Thygesen (FC Midtjylland), Morten Rasmussen (Celtic) (krs/mrp)

--

Bagaimana dengan Adu Penalti, Don Fabio?
Narayana Mahendra Prastya - Piala Dunia 2010
Gambar
Reuters
London - Fabio Capello mengatakan dirinya berniat menyingkirkan "hantu-hantu" yang sering mengganjal langkah Inggris. Bagaimana dengan "hantu" adu penalti?

Pelatih tim nasional Inggris Fabio Capello mengaku ingin menjadi ghostbuster-nya The Three Lions.

Eks arsitek AC Milan, Real Madrid, dan Juventus itu bermaksud mengatakan bahwa dirinya ingin menyingkirkan berbagai halangan yang sering mengganjal langkah Inggris di turnamen internasional.

Halangan pertama bernama Kroasia sudah dia atasi. Aral kedua yang ingin disingkirkan suksesor Steve McClaren itu adalah "kutukan" perempatfinal.

Sebenarnya ada satu "hantu" lagi yang hampir selalu menjadi penghancur asa Inggris yakni adu penalti. Di tiga Piala Dunia yakni 1990, 1998, dan 2006, tim Negeri Ratu Elizabeth ini harus tersingkir akibat penalty shoot out.

Soal babak tos-tosan ini, Capello tak ingin berbicara banyak. "Ya kami terus berlatih adu penalti setiap kami berkumpul. Memang mudah mencetak gol saat latihan karena tekanannya tak sebesar di pertandingan sesungguhnya," ujarnya di Daily Mail.

"Selama latihan, kiper terlihat begitu kecil. Tapi di pertandingan sesungguhnya, kiper terlihat sangat sangat besar," lanjut Capello.

Pelatih asal Italia ini mengatakan bahwa dalam adu penalti mental pegang peranan penting, bukan skill pemain. "Saya ingat Roberto Baggio di tahun 1994. Dia merupakan pemain paling penting di Italia dan bahkan dunia. Namun ia gagal mengeksekusi penalti ke gawang Brasil di final Piala Dunia."

"Roberto mengatakan tendangan penaltinya tidak pernah melambung, tapi kenyataannya melambung. Itu karena tekanan," tuntas Capello.

Kegagalan teraktual Inggris di babak adu penalti terjadi di Piala Dunia 2006 kala menghadapi Portugal. Ketika itu nama-nama tenar seperti Frank Lampard dan Steven Gerrard termasuk mereka yang gagal menjalankan tugasnya selaku eksekutor.

--

2 komentar:


  1. Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable
    new experience. all things that are here will I make the source of
    reference, thank you friends...

    obat vimax canada


    obat hammer thor's


    obat pembesar klg


    obat pembesar penis


    vimax canada


    pembesar penis


    obat pembesar


    agen vimax


    apotik vimax


    obat penis bikin besar


    pembesar klg


    distributor vimax


    obat pembesar alat vital pria

    BalasHapus