Senin, 10 Agustus 2009

SAKSI JEHOVA TIDAK MENGAKUI DOKTRIN TRINITAS




Saksi Jehova tidak mengakui doktrin Trinitas, Pengikutnya mengartikan bahwa Allah Bapa dan Putera Allah(Yesus Kristus) adalah dua pribadi berbeda dan terpisah satu sama lain. Mereka mengatakan bahwa Allah Bapa lebih tinggi dari sang Putera. Yesus Kristus adalah saksi dan pelayan utama dari Jehova. Setiap warga/jemaat saksi jehova adalah pelayan yang mengikuti teladan Kristus. Roh Kudus bukanlah pribadi ke-Allah-an yang tersendiri, melainkan kuasa, daya atau pengaruh dari Allah Bapa.

Pada suatu ketika Allah berada sendirian, tetapi setelah memulai penciptaan, Allah 'mengeluarkan' seorang Putra. Dengan demikian sang Putra itu mempunyai keberadaan pra-manusia sebelum kelahirannya di dunia dan merupakan "permulaan dari penciptaan oleh Allah". Sang Putera itu dinamakan "Mikhael" atau "Logos" ("Firman") ketika masih dalam keadaan tidak fana, lalu dinamakan Yesus selama Ia melawat dunia.


Ketika Yesus dilahirkan sebagai manusia oleh seorang perawan dan menjalani kehidupan tanpa dosa selama berada didunia, ia bukanlah Allah. Karena Adam ketika hidup di Taman Eden sebelum kejatuhannya adalah manusia sempurna dan bukan Allah, maka keadilan Allah tidak mengijinkan Yesus yang adalah juga keturunan Adam, untuk lebih dari manusia sempurna. Dengan ajaran ini maka ditolaklah doktrin Trinitas.

Alkitab
Pada hakikatnya Alkitab tidak mengandung kesalahan, karena ditulis oleh orang-orang yang merekam dengan cermat yang didiktekan Allah. Tetapi Alkitab versi modern mengandung banyak salah terjemahan. Karena itulah Menara Pengawal(Saksi Jehova) menerbitkan terjemahan sendiri, New World Translation of Scriptures tahun 1961 yang didasarkan pada naskah yang lebih asli sekaligus mengoreksi kesalahan pada terjemahan lain.

Dalam hal mempelajari Alkitab Badan pengurus Saksi Jehova ini melarang warganya melakukan studi Alkitab secara independen,tanpa menggunakan tafsiran yang sudah diterbitkan badan ini.

Sejarah.
Sejarah alam semesta ini terdiri dari tiga babak besar:
1.Dunia masa lalu, yakni sebelum kejatuhan Adam serta keturunannya kedalam dosa yang berakhir dengan peristiwa air bah.

2.Dunia masa kini, yang disebut juga 'zaman kekafiran' berlangsung sejak nebukadnezar menduduki Yerusalem pada tahun 607 SM dan akan berakhir Harmagedon.

3.Dunia masa depan, yang dimulai dengan kerajaan seribu tahun,disusul dengan kehidupan kekal di bumi (selain yang juga berlangsung di sorga bagi 144.000 orang pilihan)

Penebusan
Misi sang Mesias(Kristus) adalah menyediakan diri-Nya sebagai tebusan, dan untuk itu dia harus bersama-sama dengan (manusia berdosa)yang hendak ditebus. Sebagai konsekuensi dari kejatuhan Adam, dosa dan maut diwariskan kepada keturunan Adam, sehingga untuk bebas dari maut itu, perlu penebusan. Yesus disatu pihak adalah keturunan Adam, namun di lain pihak menjadi Kristus sejak pembabtisannya dan pengurapannya oleh Roh Kudus. Ia menyerahkan hidupnya bukan hanya sekadar untuk membatalkan dosa orang percaya, melainkan juga membebaskan manusia dari kutuk maut dengan memberi jaminan bahwa setiap orang akan beroleh kesempatan penuh selama satu milenium untuk menerima Injil dan percaya padanya.

Kedatangan Kristus kedua kali dan Millenium.
Kedatangan Kristus kedua-kali ke bumi akan didahului oleh perang Harmagedon di bumi. Tetapi peristiwa itu didahuli oleh perang antara Mikhael dan Iblis. Setelah kalah, Iblis 'sang naga' dijatuhkan kebumi dan dipenjarakan. Setelah itu berlangsunglah Kerajaan seribu tahun di bumi, alias "Zaman akhir dunia ini", dimana Kristus memerintah sebagai raja, didampingi 144.000 orang-orang pilihan yang nantinya juga mewarisi sorga. Pada waktu itu berita Injil akan diberitakan kesegala bangsa dan bahasa, dan orang-orang jahat akan dipisahkan dari umat Allah. Diantara umat Allah itu termasuklah "jutaan orang yang tidak mati pada zaman ini", tetapi tidak semua termasuk dalam kelompok 144.000 itu. Ke 144.000 itu dipilih cara sbb: Roh Allah memberi kesaksian tentang mereka ini bahwa mereka termasuk kedalam kelompok istimewa ini. Pada kedatangan Kristus kedua-kali itu elite ini akan dibangkitkan dalam tubuh rohani(tanpa daging,tulang dan darah),dan akan membantu Kristus memerintah alam semesta. Orang-orang lain yang mendapat keuntungan dari penebusan Kristus, diluar kelompok elite itu namun masih termasuk dalam 'kelompok Yonadab', akan dibangkitkan dengan tubuh jasmani yang sehat dan telah disempurnakan(jadi tetap terdiri dari daging,tulang dan darah),dan akan mewarisi bumi ini setelah bumi dipulihkan keadaannya menjadi seperti Firdaus yang hilang dulu.

Kebangkitan dan penghakiman.
Kendati Yesus bangkit dari kubur dan tampil seperti seorang manusia, bentuk kebangkitan-Nya yang sebenarnya adalah seperti Jehova, yaitu Roh, yang bukan duniawi atau manusiawi. Tentang kematian, kebangkitan dan penghakiman atas manusia sama dengan ajaran Advent-dikemukakan bahwa roh dan tubuh manusia tidak pernah terpisah, karena itu jiwa manusia tidur setelah ia mati. Pada saat penghakiman, umat manusia tidak serempak dihakimi. Mereka yang menjalani kehidupan yang tidak benar di bumi dan telah berdosa terhadap Roh Kudus telah dihakimi sebelum Hari penghakiman agung. Mereka ini berada diluar pembaruan dan perbaikan dan tidak akan berdiri di hadapan Kristus pada penghakiman agung, melainkan tertidur selama-lamanya. "Lautan api yang berkobar dan membara" adalah ungkapan kiasan di dalam Alkitab, yang berarti bahwa tidak ada kebangkitan bagi ciptaan yang jahat.

Pada Akhir pemerintahan Kristus seribu tahun di atas bumi, semua anak-anak Allah, kecuali mereka yang berada diluar pembaruan, akan berhimpun untuk ujian akhir. Iblis akan dibebaskan dari penjara dan akan berjuang sekuat tenaga untuk membuat manusia berpaling dari Allah. Orang-orang yang jatuh ke dalam pencobaan akan dibasmi bersama Iblis dan antek-anteknya, sedangkan mereka yang tetap setia selama ujian akhir itu akan di anugerahi kehidupan kekal. Jiwa-jiwa yang taat itu akan bebas dari kesakitan, kemalangan,dan derita, kebingungan dan duka-lara dan akan dipenihi cinta kasih yang murni dari Allah.

Baptisan dan Perjamuan.
Kedua upacara ini tidak disebut sakramen, namun dilaksanakan dengan teratur. Baptisan tidak dilaksanakan di gedung pertemuan atau ibadah, melainkan di sungai, danau, laut atau tempat mandi buatan, dimana seluruh tubuh diselamkan. Hanya pejabat Saksi Jehova yang diberi wewenang yang boleh membaptis. Sebelum 1972 setiap orang yang merasa siap untuk di babtis bisa segera dilayani. Tetapi sejak 1972 telah ada sejumlah persiapan, oleh penatua jemaat, maupun calon baptisan. Sejak 1983 malah calon baptisan harus mengikuti katekisasi dengan mempelajari semacam katekismus yang sangat rinci. Setelah sang calon mampu membuktikan pengetahuan dan pemahamannya, barulah ia di baptis selam, dan resmilah ia menjadi seorang Saksi Jehova.

Demikianlah sedikit gambaran tentang ajaran Saksi Jehova dan semoga berguna menambah pemahaman tentang ajaran Saksi Jehova.

DAFTAR ISTILAH
All Industries Index
Indeks ini menunjukkan pergerakan harga untuk kombinasi harga yang telah di-adjust (disesuaikan) terlebih dahulu dari semua indeks perindustrian.

Average Hourly Earnings
Tingkat pertumbuhan antara tingkat rata-rata per jam dalam satu bulan dan tingkat pertumbuhan upah, sehingga dapat pula dijadikan indikator inflasi. Tingkat per tahunnya juga penting disimak untuk memberikan gambaran trend jangka panjang.

Business Inventories
Angka persediaan barang yang telah diproduksi namun belum terjual.
Merupakan salah satu komponen dalam perhitungan GDP dan dapat memberikan petunjuk penting mengenai arah perekonomian di masa yang akan datang.

CBI Survey
Organisasi pengusaha terbesar di Inggris, memfokuskan pada menciptakan mempertahankan kondisi ideal bagi kompetisi dan kemakmuran yang optimal bagi semua. CBI menerbitkan survei tiap bulan dan empat bulan sekali terhadap penilaian pada sektor jasa dan manufaktur masa lalu, saat ini, dan yang akan datang. Indeks yang dihasilkan menunjukan pandangan responden untuk berbagai hal seperti output, penjualan, harga, investasi, dan permintaan ekspor/impor.

Chicago PMI (Purchasing Managers’ Index)
Merupakan data PMI dari kawasan Chicago dan sekitarnya. Lingkup survey meliputi baik sektor indusri, maupun sektor non-industri (yang jarang disadari oleh para pelaku pasar). PMI sendiri merupakan indeks gabungan dari lima indikator utama, yang meliputi unsur:
Order, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja.
Angka indeks di atas 50 berarti sektor bisnis mengalami ekspansi, di bawah 50 berarti mengalami kontraksi.

Indeks ini dinilai sebagai indikator penting dan dianggap indikator terbaik dalam mengukur aktivitas produksi. Indeks ini juga dapat mendeteksi tekanan inflasi dan aktivitas perindustrian.

Consumer Confidence
Data ini mengukur tingkat optimisme konsumen terhadap performa perekonomian. Pada umumnya, Consumer Confidence akan tinggi jika tingkat pengangguran rendah dan GDP tinggi. Data (perubahan) per bulan ini dianggap tidak berdampak signifikan pada tren secara keseluruhan.

Consumer Price Index (CPI)
Adalah data yang mengukur rata-rata perubahan harga yang dibayarkan oleh konsumen (dalam rata-rata) untuk sekelompok barang dan jasa tertentu. CPI merupakan indikator inflasi yang paling umum digunakan dan dianggap juga sebagai indikator keefektifan kebijakan pemerintah. Naiknya CPI mengindikasikan naiknya tingkat inflasi yang akan menyebabkan turunnya harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Tidak seperti indikator inflasi lainnya, yang hanya mencakup barang- barang produksi lokal, CPI juga mencakup barang-barang impor. Kelemahannya ada pada kecilnya jumlah sampel yang diambil. Para analis biasanya lebih fokus pada Core (Inti) CPI, varian dari CPI
yang tidak mencakup komponen-komponen yang perubahan harganya paling tidak stabil. Core CPI dinilai lebih akurat dalam mengukur tingkat inflasi.

Current Account
Adalah selisih antara total ekspor dan impor barang, jasa, dan transfer. Merupakan bagian dari neraca perdagangan. Dalam perhitungannya, Current Account tidak mencakup transaksi-transaksi asset finansial dan kewajiban (hutang). Data ini merupakan indikator
tren perdagangan luar negeri.

Durable Goods Orders
Adalah data yang menghitung volume (dalam dollar) pesanan dan pengiriman barang-barang yang termasuk kategori tahan lama (barang yang usia manfaatnya 3 tahun atau lebih).

Existing Home Sales
Adalah sebuah laporan regional mengenai aktivitas penjualan kembali rumah.

Factory Orders
Adalah data yang menghitung nilai (dalam dollar) pesanan (order) baru barang-barang tahan lama (durable) dan tak tahan lama (non-durable). Data ini memberikan laporan yang lebih lengkap daripada data Durable Goods Orders yang dirilis satu atau dua minggu lebih
awal.

Data pesanan barang ini memberikan gambaran mengenai akan seberapa sibukkah sektor industri dalam beberapa bulan ke depan untuk memenuhi pesanan tersebut. Sehingga otomatis angka data yang lebih besar berarti semakin tingginya tingkat permintaan pasar.

Federal Open Market Committee (FOMC)
Adalah lembaga bagian dari Federal Reserve (bank sentral Amerika) yang menetapkan kebijakan tingkat suku bunga dan kredit. FOMC merupakan lembaga pembuat kebijakan yang paling penting dalam sistem Federal Reserve. Lembaga yang saat ini diketuai oleh Ben Bernanke ini biasanya secara periodik mengadakan 8 kali pertemuan dalam setahun untuk memutuskan apakah perlu atau tidak ada perubahan dalam kebijakan moneter.

FOMC Minutes
Adalah pengumuman dari Federal Reserve yang menjelaskan tentang pertemuan yang diadakan lembaga penentu kebijakan moneter Amerika ini sebelumnya.

Gross Domestic Product (GDP)
Mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.

Dirilis per kuarter, angka data ini menunjukkan persentase pertumbuhan dari kuarter sebelumnya. Laporan GDP terbagi dalam 3 rilis: 1) advanced – rilis pertama; 2) preliminary – revisi pertama; dan 3) final – revisi kedua dan terakhir. Revisi-revisi inilah yang biasanya berdampak signifikan bagi market.

Help-wanted Index.
Adalah indeks yang menghitung jumlah lowongan pekerjaan yang diiklankan di 51 koran yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Ketua Federal Reserve, Alan Greenspan, seringkali membicarakan dan mengamati indeks ini, sebab indeks ini mampu memberikan kondisi bursa tenaga kerja di AS saat ini.

H I C P
Kurang lebih sama dengan Consumer Prices Index (CPI). Merupakan indikator inflasi yang dipakai oleh European Central Bank (bank sentral Eropa).

Housing Starts & Building Permits
Housing starts adalah data bulanan yang menghitung jumlah pembangunan unit perumahan baru per bulannya. Sebagian besar data Housing Starts dikumpulkan dari jumlah aplikasi dan ijin (permits) untuk pembangunan rumah.

Data ini termasuk indikator utama. Pentingnya data ini terletak pada kemampuannya untuk memicu perubahan kondisi perekonomian, memprediksi perubahan tingkat pertumbuhan. Turunnya jumlah unit perumahan baru dapat memperlambat perekonomian dan mendorong ke arah resesi. Sebaliknya, peningkatan pada jumlah unit perumahan baru
mengindikasikan tumbuhnya perekonomian.

Peningkatan bulanan yang melebihi perkiraan diartikan sebagai indikasi naiknya tekanan inflasi.

IFO Survey
Survey utama Jerman tentang kondisi usaha. Diterbitkan per bulan oleh Institute for Economic Research, salah satu lembaga riset terbesar di Jerman, indeks IFO secara umum dinilai sebagai indicator penting tentang aktivitas perekonomian, dan terkenal kehandalannya dalam mengindikasikan perubahan tren pada tingkat pertumbuhan
perekonomian Jerman. Responden survey ini meliputi lebih dari 7.000 perusahaan.

Industrial Production
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain).
Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial Production, dapat diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini adalah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang bisa sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca).

Peningkatan yang melebihi perkiraan dari indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan menyebabkan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Industrial Production & Capacity Utilization
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain). Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial
Production, dapat diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini adalah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang bisa sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca).

Sementara Capacity Utilization merupakan pelengkap dari data Industrial Production. Capacity Utilization menghitung tingkat penggunaan modal negara yang dipakai dalam proses produksi tersebut. Data ini naik-turun sejalan dengan siklus bisnis. Naiknya tingkat
produksi akan menyebabkan naiknya juga data ini. Namun, sangat tingginya tingkat kesulitan dalam menyusun data ini menyebabkan market kurang mempercayai tingkat akurasinya Peningkatan yang melebihi perkiraan dari kedua indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan menyebabkan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Industrial Production & Manufacturing Production
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain). Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial
Production, dapat diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini adalah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang bisa sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca). Peningkatan yang melebihi perkiraan dari indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan
menyebabkan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Institute for Supply Management (ISM) Index
Sebelumnya dikenal dengan NAPM, efektif berubah sejak Januari 2002.
Merupakan survei penting pada aktivitas manufaktur AS yang dilakukan oleh Institute for Supply Management (ISM). Laporan biasanya dikeluarkan pada hari pertama kerja pada tiap bulannya, menyediakan pandangan awal yang detail tentang sektor manufaktur sebelum dikeluarkannya laporan employment lain.

Survei ini dikenal dengan keakuratan timeliness (jangka waktu) nya, luasnya informasi yang ada, dan angka yang tertera pada headline-nya merupakan fungsi dari enam komponen utama : pembayaran harga, order baru, supplier, pengantaran, produksi, inventaris, dan employment. Perlu dicatat, ketiga komponen terakhir merefleksikan kekuatan supply (penawaran), sementara tiga komponen sebelumnya merefleksikan
kekuatan demand (permintaan).

Dapat dilihat bagaimana trend relatif antara dua kelompok tersebut (supply dan demand) menggambarkan balance antar dua kekuatan tersebut, dan hal ini memberikan pandangan bagi kebijakan-kebijakan Federal Reserve.

Komponen pembayaran harga (Price Paid) secara luas diperhatikan karena komponen ini melibatkan unsur tekanan harga dalam sektor tersebut, angka 50 atau lebih mengindikasikan bahwa sektor tersebut sedang berkembang, sementara angka di bawah 50 menunjukan adanya penyusutan.

Industrial Production & Manufacturing Production
Industrial Production adalah data bulanan yang mengukur total produksi dari seluruh pabrik, pertambangan, dan perusahaan pelayanan publik (listrik, air, gas, transportasi, dan lain-lain). Manufacturing Production, komponen terbesar dari data Industrial
Production, dapat diprediksi secara akurat dari total jam kerja dari laporan ketenagakerjaan. Salah satu kelemahan terbesar dari data ini adalah dimasukkannya komponen tingkat produksi pelayanan publik yang bisa sangat dipengaruhi oleh perubahan (contohnya perubahan cuaca). Peningkatan yang melebihi perkiraan dari indikator ini diartikan sebagai naiknya tingkat inflasi, yang pada gilirannya nanti akan
menyebabkan turunnya harga-harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

Leading Indicators
Adalah gabungan dari beberapa indikator ekonomi lainnya. Indeks ini disusun untuk mendapatkan sinyal tentang tren perekonomian yang lebih up-to-date (terkini) dan konsisten.

M4 - Money Supply
Adalah data yang menghitung jumlah uang yang beredar dalam suatu perekonomian. Merupakan jumlah dari:
Jumlah uang yang beredar dalam bentuk koin maupun kertas;
Jumlah pinjaman dari bank, kepada perseorangan, perusahaan dan bank-bank lain;
Jumlah uang yang dipinjam oleh pemerintah.

Para pakar moneter meyakini bahwa Money Supply ini adalah indikator yang bagus untuk memprediksi tingkat inflasi. Namun, korelasinya menjadi tidak dapat diandalkan sejak liberalisasi finansial pada tahun 80′an.

Net Capital Flows
Adalah data yang menghitung selisih bersih dari total dana/modal yang masuk dan keluar.

New York Empire State Manufacturing Index
Survey bulanan terhadap para industriawan yang diadakan di area New York dan sekitarnya oleh Federal Reserve New York. Partisipan survey ini mewakili berbagai macam sektor industri.

Personal Consumption Expenditures (PCE)
Kurang lebih sama dengan CPI, PCE adalah laporan (lebih tepatnya bagian dari laporan Personal Income) yang dirilis oleh Biro Analisa Ekonomi Departemen Perdagangan. PCE mengukur tingkat perubahan harga barang-barang dan jasa. Komponen data ini terdiri dari pengeluaran- pengeluaran rumahtangga kontan maupun kredit untuk semua jenis
barang baik tahan lama, tidak tahan lama, maupun jasa.

Philadelphia Fed Index (Business Outlook Survey)
Adalah survey bulanan terhadap para industriawan di kawasan sekitar negara bagian Pennsylvania, New Jersey dan Delaware. Perusahaan yang disurvey mengindikasikan perubahan pada seluruh aktivitas bisnis dan berbagai macam aktivitas perindustrian mereka. Yang ditanyakan meliputi tenaga kerja, jam kerja, pesanan-pesanan, persediaan
barang, pengiriman, pembayaran-pembayaran dan penerimaan-penerimaan.
Angka indeks di atas nol berarti ekspansi, dan kontraksi jika di bawah nol.

Data ini dianggap sebagai indikator perubahan yang bagus dalam segala hal yang berhubungan dengan industri. Dinilai akurat karena menggambarkan kondisi terkini. Namun, karena hanya mencakup tiga negara bagian, kurang bisa menggambarkan kondisi negara secara keseluruhan.

Purchasing Managers’ Index (PMI)
PMI merupakan indeks gabungan dari lima indikator utama, yang meliputi unsur: Order, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja. Angka indeks di atas 50 berarti industri mengalami ekspansi, di bawah 50 berarti mengalami kontraksi.

Indeks ini dinilai sebagai indikator penting dan dianggap indikator terbaik dalam mengukur tingkat produksi. Indeks ini juga dapat mendeteksi tekanan inflasi dan aktivitas perindustrian.

Productivity
Mengukur perubahan dalam jumlah barang dan jasa yang diproduksi per unit. Menggabungkan input buruh dan modal. Harga unit dari komponen buruh adalah indikator yang berguna untuk mengukur tekanan terhadap upah. Pentingnya produktivitas telah berkembang beberapa tahun terakhir sejak Federal Reserve telah mulai memberi perhatian pada perkembangan trend dan tingkat inflasi.

Producer Price Index (PPI)
Adalah sekumpulan indeks yang menghitung tingkat perubahan harga jual barang dan jasa pada periode waktu tertentu yang diterima oleh para produsen domestik. Singkatnya, PPI mengukur tingkat perubahan harga dari perspektif penjual.

Tidak sebagus CPI dalam mengindikasi tekanan inflasi. Tetapi karena memasukkan komponen barang-barang yang sedang dalam proses produksi, PPI seringkali dapat sekaligus memperkirakan CPI.
PSNCR - Public Sector Net Cash Requirement
Adalah jumlah uang yang harus dipinjam pemerintah untuk membiayai pengeluaran-pengeluarannya. Sebab pemerintah seringkali mengeluarkan lebih dari yang mereka terima dari penerimaan pajak, dan satu-satunya cara untuk menambah kekurangannya adalah dari meminjam.

Real GDP
Para pakar makro ekonomi cenderung lebih memperhatikan Real GDP sebab data ini juga memperhitungkan tingkat inflasi, tidak sebagaimana halnya (Nominal) GDP yang hanya merefleksikan tingkat perubahan harga-harga.

Retail Sales
Data ini menghitung total penerimaan toko-toko ritel, tanpa memasukkan komponen pengeluaran untuk sektor jasa di dalamnya. Data bulanan ini menunjukkan persentase perubahan dari data bulan sebelumnya. Angka negatif menunjukkan jumlah penjualan menurun daripenjualan bulan sebelumnya.

Tertiary Index
Adalah data yang menghitung tingkat permintaan sektor jasa.

TICS / Foreign Purchases of US Securities
Adalah data yang menghitung jumlah arus modal yang masuk dari para investor asing.

Trade Balance
Trade balance adalah selisih bersih dari nilai ekspor dan impor barang dan jasa suatu negara dalam suatu periode tertentu. Angka positif menunjukkan surplus (ekspor melebihi impor), negatif menunjukkan defisit (impor melebihi ekspor).

Unemployment Rate
Adalah persentase dari mereka yang aktif mencari lowongan pekerjaan namun belum mendapatkan pekerjaan. Meski merupakan data yang sangat umum dikenal (karena simple dan ada implikasinya dengan politik), Unemployment Rate relatif kurang penting bagi market karena dianggap kurang akurat (seringkali terlambat dalam memberikan sinyal
perubahan tren perekonomian).

University of Michigan Consumer Sentiment Index
Adalah hasil survey tentang kepercayaan konsumen yang diselenggarakan oleh University of Michigan. Merupakan indikator kepercayaan konsumen Amerika yang paling banyak diperhatikan.

Kepercayaan konsumen adalah indikator penting bagi siklus bisnis karena menyajikan informasi penting tentang penilaian konsumen terhadap kondisi saat ini dan harapan pada masa mendatang.

Data survey diambil dengan cara mengeposkan kuesioner ke 5.000 rumah tangga di seluruh negeri sebagai sampel yangmewakili, kurang lebih 3.500 diantaranya merespon. Kuesioner tersebut berisi 5 pertanyaan yaitu (1) rating kondisi usaha di lingkungan rumah tangga tersebut, (2) rating kondisi usaha dalam enam bulan, (3) ketersediaan lapangan
kerja di lingkungan rumah tangga tersebut, (4) ketersediaan lapangan kerja dalam enam bulan, dan (5) penghasilan keluarga dalam enam bulan.

Consumer Confidence ini berhubungan erat dengan tingkat pengangguran, inflasi, dan penghasilan riil. Umumnya, kepercayaan konsumen tinggi jika tingkat pengangguran rendah dan tingkat pertumbuhan GDP tinggi.

Pasar-pasar finansial menerjemahkan naiknya angka indeks ini sebagai indikasi akan naiknya pula tingkat pengeluaran konsumen. Tingginya tingkat pengeluaran pada gilirannya nanti akan dapat memicu naiknya tingkat inflasi.

Weekly Initial Jobless Claims
Adalah rata-rata per minggu jumlah klaim baru untuk mendapatkan tunjangan pengangguran. Data ini menyediakan laporan yang up-to-date, meski juga seringkali keliru, tentang tren perekonomian, dengan peningkatan (penurunan) pada data ini berpotensi mengindikasikan terjadinya pelambatan (percepatan) tingkat pertumbuhan tenaga kerja.

Karena dirilis mingguan, data ini bisa menjadi sangat sensitif dan fluktuatif. Para analis lebih memilih rata-rata pergerakan per 4 minggu dari data ini untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.


Pretemporada Klub Papan Atas
Barca Lebih Menjanjikan

Baru sepekan lebih bergabung dengan Barcelona, Zlatan Ibrahimovic sudah berani melontarkan komentar bernada perang kepada Real Madrid. Kata bomber jangkung yang dibeli dari Internazionale itu, beban atau tekanan untuk berprestasi justru berada di tubuh sang rival abadi tersebut.

Madrid telah mengeluarkan uang melimpah untuk membeli pemain. Tekanan ada pada mereka. Di sisi lain, tim Barcelona sudah terbentuk. Karena itu wajar Barca cuma butuh tambahan dua pemain baru. Pandangan ini disampaikan Ibra pada Sport. Ia menyinggung kehadiran dirinya dan Maxwell.

Dalam skala luas, ucapan atau lebih tepatnya prediksi Ibrakadabra baru bisa dibuktikan saat musim kompetisi 2009/10 berakhir Mei tahun depan. Tapi, dari perspektif jangka pendek, mengacu pada rangkaian pretemporada yang telah dilalui, maka celoteh Ibra soal beban Madrid telah menampakkan hasil.

Perbandingannya mungkin bisa dilihat dari hasil Madrid bersama dua personel Neo Galacticos (Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema), hanya bisa menang tipis 1-0 atas tim ecek-ecek, Shamrock Rovers, berbagi skor 1-1 dengan Al Ahly, serta kalah 1-2 dari Juventus. Kemenangan tunggal 4-2 didapat ketika bersua LDU Quito.

Nilai minus Los Merengues lain terletak pada ketiadaan cantera yang menetas. Esteban Granero dan Alvaro Negredo, yang masuk score-sheet dalam kemenangan atas Quito, mungkin tak layak disebut calon bintang mengingat usia yang telah menyentuh 23 tahun.

So, jika benar pelatih Manuel Pellegrini bermaksud menemukan bibit muda guna diorbitkan ke tim senior, pramusim ini bisa dibilang bukan arena tepat. Bintang yang diharapkan langsung mengilap pun terbukti belum mampu mempertontonkan kualitas terbaik. Penampilan di hadapan publik Santiago Bernabeu ternyata sarat beban.

Sebaliknya, Pep Guardiola bersama Barca justru mendapat-kan pasokan ciamik di tiga partai pretemporada awal. Tujuh gol yang diperoleh via dua kemenangan dan satu imbang seluruhnya diboyong para cantera. Bojan Krkic, Pedro Rodriguez, dan Jeffren Suarez masing-masing menyumbang dua gol. Satu gol lagi lahir dari kaki Jose Manuel Rueda.

Debut Maxwell pun terbilang memikat. Sepanjang partai versus LA Galaxy, bek Brasil ini bisa menjaga wilayah sekaligus menyuplai umpan ke kotak penalti. Setidaknya ini membuktikan abilitas debutan Barca lebih oke ketimbang milik Madrid.

Dalam dua pekan ke depan, Pep maupun Pellegrini sudah bisa memanfaatkan semua personel, terutama jugador timnas yang baru tampil di Piala Konfederasi. Di sinilah kesempatan terakhir bagi kedua entrenador untuk menyempurnakan starting eleven. Jika Madrid masih juga menuai hasil buruk, berarti isu beban bukan isapan jempol belaka. (Sapto Haryo Rajasa)


Hasil Pretemporada
Optimisme Kontradiktif

Atletico Madrid mengapungkan optimisme tinggi menyambut musim kompetisi 2009/10. Ini bisa dimaklumi mengingat Atleti bermodal materi nyaris sama dengan musim kemarin. Bahkan, mereka menambah amunisi anyar dengan masuknya Sergio Asenjo, Juanito, serta kembalinya Jose Antonio Reyes dan Jose Manuel Jurado dari masa peminjaman.

Pelatih Abel Resino menargetkan hasil bagus di Liga Champion, pentas di mana Los Colchoneros bakal manggung mulai babak play-off. Sementara itu, Tomas Ujfalusi, bek andalan mereka, menyatakan bahwa Atleti siap bersaing ketat di La Liga bersama Barcelona dan Real Madrid.

Ironisnya kadar sesumbar kubu Vicente Calderon ini berbanding terbalik dengan hasil yang didapat pada rangkaian pretemporada. Diego Forlan dkk. hanya mampu menang di dua laga awal kontra Colmenar dan Benfica, tapi kemudian seri dan kalah masing-masing dua kali.

Empat hasil tak sedap itu (3-3 vs Ajax, 0-2 vs Sunderland, 1-2 vs Arsenal, dan 1-1 vs PSG) pun menghilangkan kans juara di turnamen pramusim Amsterdam Tournament dan Emirates Cup. Garis merah yang bisa ditarik dari laga-laga tersebut adalah inkonsistensi sepanjang 90 menit. Resino jelas kudu membenahi sektor ini jika memang tak ingin targetnya meleset. (shr)


--

Mesut Oezil
Spielmacher Penerus Diego

Bundesliga 2009/10 adalah untuk pertama kalinya Werder Bremen bermain tanpa Diego Ribas dalam tiga tahun terakhir. Denyut nadi di tubuh tim boleh berkurang, tapi nyawa permainan tidak akan hilang. Bremen masih mempunyai spielmacher, pengatur serangan, muda, Mesut Oezil.


Setelah bersinar di Euro U-21, Mezut Oesil diyakini bakal hadi ikon baru Bremen. (Foto: AFP)


Siapa itu Oezil? Well, Bundesliga telah menjadi arena kreativitas sang pemain sejak tiga tahun lalu saat masih berumur 17 tahun dan memperkuat Schalke, klub kota kelahirannya. Walau baru sekali memperkuat timnas Jerman, Oezil menjadi momok publik Inggris. Apa korelasinya?

Pemain berumur 20 tahun ini adalah aktor sentral di balik hancurnya timnas U-21 Three Lions di final Euro U-21 kemarin. Padahal, pers Inggris sangat yakin Young Lions akan membawa gelar junior perdana ke Inggris semenjak titel U-18 pada 1993.

Di final, James Milner dkk. dibuat kagum oleh gelandang berdarah Turki yang membuat satu gol dan memberi assist kepada Gonzalo Castro dan Sandro Wagner itu. Jerman menang 4-0 dan Inggris terkapar di kaki rival abadi mereka. Pengidola Zinedine Zidane ini terpilih sebagai man of the match.

“Oezil adalah pemuda luar biasa yang bermain sangat baik di turnamen ini. Ia pintar mencari posisi dan selalu menjadi ancaman,” puji Stuart Pearce, pelatih Inggris, usai final, kepada situs UEFA.

Joachim Loew tidak lupa melesakkan pujian kepadanya. “Jika ia bisa mempertahankan level permainan, Mesut akan menjadi pemain timnas yang top,” cetus sang pelatih Die Manschaaft.

Kemenangan di final juga menjadi puncak karier Oezil sejauh ini. Sebelumnya ia tampil di partai pamungkas Piala UEFA melawan Shakhtar Donetsk saat menggantikan Diego, yang absen. Sayang, Werder menyerah 1-2. Untung sepuluh hari kemudian ia mencetak gol tunggal di final DFB-Pokal kontra Leverkusen.

“Saya senang dengan performanya, ia telah menunjukkan perkembangan pesat. Saya mengucapkan selamat dengan apa yang ia raih,” cetus Thomas Schaaf, trainer Bremen yang memanfaatkan kisruh kontrak sang pemain dengan manajemen Schalke untuk menggondolnya ke Weserstadion pada Januari 2008 dengan 4,5 juta euro (63,9 miliar rupiah).

Pujian sang trainer tidak membuat Oezil besar kepala. “Target saya adalah menjadi lebih baik di depan gawang,” lanjut pemain yang baru mencetak empat gol senior, semua untuk Bremen, ini.

Kesempatan bersinar ada di depan mata pemuda dari generasi ketiga imigran Turki di Gelsenkirchen, kota tambang batu bara, ini. “Saya ingin memainkan peran penting di dalam tim dan akan melakukan segalanya agar bisa sukses di liga,” cetus Oezil.

Bremen memberi peluang dengan tidak membeli pemain di pos yang ditinggal Diego. Semua ada di tangan sang spielmacher untuk bersinar sejak Bundesliga 2009/10. (Firzie A. Idris)

DATA DIRI
-------------------------
Nama Lengkap: Mesut Oezil
Tempat/Tanggal Lahir: Gelsenkirchen/15 Oktober 1988
Postur: 180 cm/78 kg
Posisi: Playmaker
Nomor Punggung: 11
Idola: Zinedine Zidane
Klub Favorit: Barcelona, Fenerbahce.
Pelajaran Favorit: Olah Raga, Matematika, Seni.

Karier Klub
2006-07 Schalke 30 (0)
2008-Sekarang Bremen 40 (4)

Karier Timnas
2009-sekarang Jerman 1 (0)
Debut Timnas: 11 Februari 2009 vs Norwegia (0-1)


Antara Elang dan Bulan Sabit

Ideologi kemurnian ras Jerman yang diusung Adolf Hitler telah lama hilang. Di final Euro U-21 kontra Inggris, akhir Juni, setengah line-up Manschaaft adalah pemain campuran. Salah satunya Mesut Oezil, pemain berdarah Turki yang sempat memiliki dua kewarganegaraan.

Ia lahir dan tumbuh besar di Jerman tapi mempunyai akar di Turki. Perasaan ini juga dimiliki sekitar 1,76 juta warga Turki di Jerman. Dengan jumlah mencapai 25,7 % dari total imigran, Turki adalah etnis pendatang terbesar.

Bakat terang Oezil sempat membuatnya jadi rebutan timnas Jerman dan Turki. “Kami akan berusaha sebisa mungkin membuatnya main bersama kami,” kata Fatih Terim, pelatih timnas Turki, kepada Qantara.de, setelah sang pemain mencuat bersama Schalke pada umur 18 tahun.

Berdasarkan undang-undang Jerman, Oezil harus menanggalkan kewarganegaraan ganda dan memilih salah satu saat berusia 18-23 tahun.

Setelah itu, dari jurnalis sampai politisi kedua negara mempertanyakan nasionalisme sang pemain. Federasi Sepak Bola Turki bahkan meminta Halil dan Hamit Altintop, yang juga lahir di Gelsenkirchen dan memilih bermain untuk Turki, membujuk Oezil.

“Dengarkan kata hatimu,” ujar mereka kepada penggemar aktor Will Smith ini.

Walau mengidolai kedua pemain tersebut, kata hati Oezil memilih elang, lambang negara Jerman, ketimbang bulan sabit, lambang Turki pada awal 2009. Tidak sedikit yang mencerca keputusan ini. Website pribadinya sempat ditutup karena penuh umpatan yang datang dari bangsa Turki.

Walau begitu, ia juga mendapat banyak dukungan. Salah satunya dari Cristoph Daum, pelatih Fenerbache, “Olah raga adalah instrumen integrasi yang mempunyai peran di masyarakat. Saya melihat kehadiran pemain keturunan Turki merupakan bagian penting integrasi dan kontribusi bagi hubungan kedua negara.” (frzi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar