Senin, 04 Oktober 2010

Menjaga Sikap Hati Yang Benar

Menjaga Sikap Hati Yang Benar
THURSDAY, 09 SEPTEMBER 2010
Total View : 792 times

Yesus Kristus pernah memberikan sebuah perumpamaan tentang seorang majikan dan tiga orang hambanya atau pekerjanya hal ini dituliskan dalam Matius 25: 14-46. Majikan atau pengusaha tersebut akan melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang cukup lama. Ia memanggil ketiga hambanya itu dan memberikan kepada mereka masing-masing sejumlah uang. Hamba yang pertama 5 talenta, hamba kedua mendapat dua talenta dan hamba yang ketiga mendapat satu talenta. Mereka bertiga diminta untuk menginvestasikan uang tersebut sehingga menghasilkan keuntungan bagi sang majikan.

Suatu hari, sang majikan pulang dari perjalanannya dan memanggil ketiganya untuk menanyakan hasil usaha mereka. Hamba yang pertama menjawab, “Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta.”

Sang majikan sangat senang atas kerja keras hamba pertama tersebut, “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”

Pujian yang sama juga diberikan kepada hamba yang dipercayakan dua talenta, karena ia berhasil memberikan keuntungan sebesar dua talenta. Namun tidak demikian dengan hamba ketiga yang dipercayakan satu talenta.

Hamba ketiga ini menjawab seperti ini, “Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!”

Sikap menentukan keberhasilan karir seseorang. Sikap yang buruk ditunjukkan oleh hamba yang ketiga ini. Dia tidak seperti hamba yang pertama dan kedua yang menunjukkan sikap yang taat dan setia kepada majikannya, tapi malah menunjukkan sikap arogansinya dan berprasangka buruk kepada sang majikan.

Tidak hanya itu, hamba yang ketiga ini sama sekali tidak memberikan keuntungan apapun bagi majikannya malah membuat sang majikan kesal. Tentu saja upahnya sudah jelas, selain dipecat dia juga di hukum.

Dibidang apapun Anda bekerja saat ini, ada satu kunci untuk mencapai kesuksesan yaitu menjaga sikap hati Anda tetap benar. Sikap Anda akan tercermin dalam tingkah laku dan perkataan Anda. Sikap Anda akan menuntun cara berpikir Anda.

Hamba yang pertama dan kedua menunjukkan sikap ketaatan dan kesetiaan kepada majikannya. Mereka percaya bahwa majikannya adalah majikan yang baik yang akan disenangkan dengan hasil pekerjaan mereka. Sikap seperti inilah yang harus kita miliki, dimanapun kita bekerja.

--

Tahapan Memiliki Karir Terus Menanjak
SUNDAY, 12 SEPTEMBER 2010
Total View : 779 times

Sebagai pegawai kantoran tentu Anda memiliki cita-cita sebagai pemimpin perusahaan bukan? Karir yang statis atau tidak mengalami kemajuan tentu akan membuat Anda bosan sehingga kreativitas pun akan cenderung menurun. Untuk bisa mengalami kenaikan pangkat/tingkat /posisi di kantor, ada baiknya Anda mengetahui tahapan-tahapannya.

1. Tuhan Menyertai. Sebagai orang-orang Kristen tentu ini adalah sebuah yang harus ada di dalam pikiran manusia. Anda harus tanamkan bahwa segala Anda sedang jalankan ada tangan Tuhan yang menyertai disana. Tokoh-tokoh di Alkitab telah membuktikan bahwa ketika Tuhan menuntun kehidupan mereka maka keberhasilan menjadi milik mereka.

2. More Success Than. Setelah Anda membangun paradigma yang benar tentang peran Tuhan dalam kesuksesan Anda, maka tahap selanjutnya adalah Anda harus memiliki mental lebih daripada yang lain. Kata ‘lebih” yang dicetak lebar disini dapat diartikan melakukan lebih dari apa yang diminta oleh atasan.

3. More Behaved Than. Tahapan ketiga ini berbicara tentang karakter. Seorang yang ingin karirnya menanjak harus memiliki karakter yang baik. Meski dalam kenyataannya ada orang-orang yang karakternya jelek dan berada di posisi penting di kantornya, tetapi percayalah orang itu tidak akan bertahan lama disana.

4. Disukai oleh Banyak Orang. Jangan pernah senang jika orang-orang di kantor Anda tidak menyukai Anda. Koreksilah diri mengapa mereka menjauhi Anda. Belajarlah kepada tokoh Alkitab seperti Yusuf dan Daniel bagaimana menjadi orang yang disenangi banyak orang.

5. Namanya Dikenal Sebagai Orang yang Luar Biasa. Naik atau stagnan karir seseorang juga sangat bergantung dengan citra yang ia bangun. Apabila orang tersebut dalam masa awal-awal karirnya terus menunjukkan hasil yang kerja yang excellent maka lambat laun ia akan dilirik tidak hanya oleh pemimpin-pemimpin se-kantornya, tetapi juga pemimpin-pemimpin dari cabang lain akan mengenalnya.

--

TEMPO Interaktif,Orang selalu membicarakan siapa penyerang dan gelandang terbaik di dunia saat ini. Pandangan ini sah-sah saja meski di lain pihak posisi pemain bertahan juga menentukan maju tidaknya permainan tim.

Posisi bek selain bertahan juga kerap membantu serangan tim. Lihat aksi Gerrard Pique di Barcelona maupun Lucio di Inter Milan yang terkadang lewat tusukan-tusukan sayapnya bisa menjebol gawang lawan. Melihat ini berikut 11 bek terbaik di dunia saat ini.


1. Ricardo Carvalho

Carvalho tidak diragukan adalah salah satu bek sentral terbaik di dunia saat ini. Ia diklaim sebagai rekrutan terbaik Real Madrid pada musim panas ini setelah kedatangan Jose Mourinho.

Gerakannya cepat, pintar mengendalikan bola-bola atas, dan mempunyai teknik bermain yang menakjubkan. Sejak menyumbangkan gelar Liga Champions buat Porto (2004), namanya langsung dijejali julukan 'jagal' yang ditakuti penyerang-penyerang lawan.

Meski telah berusia 32 tahun, performa Carvalho tetap liat. Siapapun lawannya, ia tidak akan gampang memberikan begitu saja peluang baginya untuk mengemas gol.

2. Rio Ferdinand

Lebih dari satu dekade ini permainan Rio Ferdinand tetap konsisten. Ia menjadi salah satu bek sentral terbaik di dunia dan kunci kesuksesan Manchester United.

Posisi dan postur tubuhnya yang mendukung membuat pemain lawan kerap sulit mengalahkannya. Ketika mendapat cedera kaki serius musim lalu performa MU langsung terkena imbasnya. Begitupun Inggris yang kedodoran di Piala Dunia 2010 tanpa sang kapten.

Bersama Nemanja Vidic, Ferdinand adalah duo bek alot di dunia saat ini.

3. John Terry

Meski sempat diganggu kabar perselingkuhannya dengan Vanessa Perroncel, kemampuan John Terry menjaga daerah pertahanan jempolan. Disiplin ketat didukung kewibawaannya di lapangan membawa Chelsea sukses belakangan ini.

Berduet dengan Ricardo Carvalho masih di Chelsea sangatlah sukses dan menjadi instrumen kebangkitan Chelsea. Salah satu momen terburuknya adalah ketika JT gagal menjadi eksekutor yang jika bola masuk bisa membuat The Blues gelar pertama Liga Champions.

4. Nemanja Vidic

Duetnya dengan Rio Ferdinand sangat menjanjikan. Vidic yang terakhir menemani Serbia di Piala Dunia 2010 juga jago mencetak gol khususnya lewat bola-bola atas.

Vidic selalu bermain sederhana dan jarang melakukan kesalahan. Performanya di Manchester United . Lantaran permainan impresifnya, namanya ditahbiskan sebagai pemain terbaik Liga Primer Inggris musim 2008/09.

5. Ashley Cole

Status bek kiri terbaik di dunia saat ini masih dimiliki Ashley Cole. Kemampuannya dalam bertahan maupun menyerang banyak mendapat tabik dari lawan.

Cole sukses menyumbangkan dua gelar Liga Inggris buat Arsenal. Namun tajinya semakin tajam ketika hijrah ke Chelsea dan menahbiskan namanya sebagai bek kiri terbaik di dunia saat ini.

Chelsea memilih mempertahankan Cole setelah Carlo Ancelotti mempertahankannya musim ini.

6. Maicon

Dengan postur tubuhnya Maicon selalu sigap di lini pertahanan Inter Milan. Musim lalu bersama Jose Mourinho, bek Brasil ini berhasil menyumbangkan gelar treble di Guiseppe Meazza.

Berkat golnya, Inter berhak menggondol gelar Eropa musim lalu. Namanya pun digadang-gadang sebagai pemain terbaik di Liga Champions musim 2009/10.
Inter teguh ketika mempertahankan Maicon yang dilirik Mourinho di Real Madrid.

7. Carles Puyol

Tanpa Puyol, bukan tidak mungkin Spanyol gagal meraih gelar pertamanya di Piala Dunia 2010 Juni lalu. Golnya ke gawang Jerman di semi final mengantar La Furia bertemu Belanda di babak pamungkas.

8. Lucio

Didier Drogba boleh ditanya soal kemampuan Lucio di lini pertahanan. Penyerang Pantai Gading itu dibuat takluk ketika berusaha melewati hadangan bek Brasil itu ketika bertemu di Liga Champions musim lalu.

Lucio juga bertaji ketika menyerang. Di tim nasional Brasil, dengan ban kapten yang disandangnya aliran-aliran bola ke depan kerap datang dari arahnya.
Jose Mourinho yang melihat permainannya tak kecewa ketika Inter Milan meraih gelar treble musim lalu.

9. Daniel Alves

Bersama Ronaldinho, dan Samuel Eto’o, Dabiel Alves diklaim sebagai rekrutan terbaik yang pernah dilakukan Barcelona selama satu dekade ini.

Energinya yang penuh ditambah staminanya yang menjulang membuat Alves kerap bermain sebagai bek maupun pemain sayap sekaligus. Permainannya kerap disamakan dengan Maicon, kecuali yang membedakan keduanya adalah pemain kidal ini kerap menjebol gawang lawan lewat tembakan bebas.

Meski telah berusia 34 tahun, Alves masih dipercaya Josep Pep Guardiola menjaga lini pertahanan Azulgrana.

10. Alessandro Nesta

Setelah Paolo Maldini lengser, Nesta sukses menggantikan bek veteran itu di AC Milan.
Jika bukan karena cedera, namanya mungkin masih akan mengisi lini pertahanan Rossoneri saat ini. Namun ketika fit jarang penyerang lawan bisa menjaringkan gol ke gawang timnya.

11. Gerrard Pique

Permainan Pique kerap disamakan sebagai Franz Beckenbauer baru yang kerap bermain sebagai libero.

Dengan postur tubuh yang menjulang, Pique seringkali menyudutkan penyerang lawan . Umpan-umpannya ke depan juga kerap membantu terjadinya gol buat Barcelona.
Dengan talentanya, Pique digadang-gadang akan menjadi Beckenbauer, Franco Baresi, dan Maldini masa depan. Toh namanya telah berganti menjadi “Piquenbauer”.

--

Tips Hemat Untuk Tampil Cantik
FRIDAY, 01 OCTOBER 2010
Total View : 245 times

Siapa sih wanita yang tak suka berbelanja, apa lagi berbelanja pakaian. Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para wanita. Keluar masuk dari satu toko ke toko yang lain tak membuat mereka lelah karena asik dengan berbagai model dan keindahan yang dilihat berbagai jenis baju. Namun hal ini seringkali membuat para wanita kebablasan dan tahu-tahu sudah melebihi anggaran yang ditetapkan.

Agar Anda tidak mengalami kejadian seperti ini, berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Jangan belanja beramai-ramai atau bersama dengan para sahabat

Mengapa tidak boleh? Bukankah belanja bersama teman membuat suasana semakin asik? Benar, namun teman dan sahabat Anda juga bisa jadi provokator paling bersemangat yang bisa membuat Anda impulsive dan membeli barang-barang yang sebenarnya Anda tidak benar-benar inginkan dan perlukan.

Perhatikan pencahayaan toko yang menjual

Pencahayaan dapat mempengaruhi warna asli dari pakaian yang Anda lihat. Untuk itu, pastikan warna lampu toko atau butik tempat Anda berbelanja putih, karena lampu dengan warna tertentu dapat menyamarkan warna aslinya. Jika Anda salah pilih, tentu saja Anda kecewa bukan.

Pastikan Anda mencobanya di kamar pas

Pakain yang terlihat bagus di etalase toko, belum tentu enak untuk dipakai. Jadi pastikan Anda mencoba dulu pakaian yang akan Anda beli. Jika tidak enak dipakai dan tidak pas dibadan, tentunya pakaian tersebut tidak akan Anda pakai dan jadi pemborosan.

Jangan selalu mengikuti tren

Jika Anda jadi seorang penggila tren, akhirnya setiap berganti tren pakaian lama jadi tidak terpakai lagi. Namun cobalah kreatif dalam memadu padankan pakaian, hal ini akan lebih efektif bagi Anda yang ingin tampil cantik namun tetap menghemat uang dalam dompet Anda.

--

Neo-Nazisme: Roh Hitler Hidup Di Jerman
detail_img
Related Articles

*
rel_img1
Pendeta Di Amerika Bersatu Menuntut Kebebasan Berbicara
*
rel_img2
Iman dan Pengampunan Si Kembar Holocaust
*
rel_img3
CSW Serukan Gerakan Doa Bagi Pakistan

THURSDAY, 30 SEPTEMBER 2010
Total View : 652 times

Sekitar 65 tahun setelah jatuhnya rezim Nazi Jerman, ada kekhawatiran bahwa semangat Adolf Hitler masih hidup di negara ini. Ini bukan fenomena yang luas, tetapi gerakan neo-Nazi terus ada dalam benak kecil di seluruh warga Jerman. "Para laki-laki muda tertarik karena tidak ada alternatif di desa, ciri kelompok ini agresif, jantan, chauvinis dan hidup berkuasa di lingkungan," jelas Hajo Funke, seorang pemerhati neo-Nazi di Free University Berlin.

Sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan satu dari dua puluh anak laki-laki Jerman berumur 15 tahun menjadi anggota neo-Nazi, umur yang begitu belia yang tidak ditemukan pada partai politik.

Matthias Adrian adalah salah satu dari mereka. Sekarang, ia membantu orang lain meninggalkan gerakan itu dengan kelompok yang disebut Exit Deutschland. "Saya adalah seorang neo-Nazi, 24 jam sehari," kenang Adrian. Ia yakin bahwa orang-orang Yahudi adalah kekuatan jahat yang menguasai dunia. Dia menambahkan bahwa kelompok-kelompok neo-Nazi telah menyembunyikan persenjataan di seluruh Jerman.

"Gerakan kami, Exit Deutschland, membantu orang meninggalkan ekstremis sayap kanan itu, karena semua orang yang keluar keanggotaan adalah pengkhianat di mata neo-Nazi," ujar Adrian.

Partai politik pendukung gerakan neo-Nazi adalah Partai Demokrasi Nasional atau NPD. Seorang mantan NPD mengatakan tujuan mereka adalah membangkitkan The Third Reich. Dia juga mengatakan para anggota dilatih untuk berbicara sedang di depan umum, tapi secara pribadi juga memuji Jerman Nazi dan Holocaust.

Data resmi menyebutkan bahwa keanggotaan kelompok neo-Nazi relatif kecil, tetapi jumlah warga Jerman yang setuju dengan ide-ide neo-Nazi jauh lebih besar. Beberapa laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa neo-Nazi di Jerman timur mencoba untuk menjalankan taman kanak-kanak mereka sendiri.

Dasar pemikiran ideologi yang membenarkan segala cara termasuk pembasmian etnis dan manusia di belahan bumi manapun harus dicegah dan ditolak. Ada hal yang lebih mulia menjalankan kehidupan bersama orang sekitar, ketimbang membius dengan ideologi lama yang jelas telah menorehkan luka sejarah dunia.

--

Gates dan Buffett, Ajak Orang Terkaya Tiongkok Beramal
detail_img
Related Articles

*
No related articles yet

FRIDAY, 01 OCTOBER 2010
Total View : 823 times

Milyuner Amerika Bill Gates dan Warren Buffett menghimbau sekelompok orang terkaya Tiongkok agar mereka mau mempertimbangkan pemberian sebagian kekayaan mereka untuk didermakan. Gates, yang merupakan salah seorang pendiri perusahaan piranti lunak Microsoft dan investor Buffett mengundang makan malam puluhan orang terkaya Tiongkok di Beijing hari Rabu (29/9) dalam upaya mempromosikan kegiatan ama, seperti yang telah mereka lakukan di Amerika.

Sebelumnya, kedua milyuner AS itu meluncurkan kampanye ‘Giving Pledge’ di Amerika bulan Juni lalu, lalu meyakinkan kelompok warga terkaya di Amerika agar bersedia menyumbangkan sebagian kekayaan mereka untuk berbagai tujuan amal, baik semasa mereka masih hidup atau setelah mereka meninggal dunia.

Himbauan Gates dan Buffett di Beijing ini sayangnya menghadapi tentangan dari beberapa orang dalam kelompok konglomerat Tiongkok tersebut. Sejumlah media Tiongkok menyebutkan, beberapa dari mereka yang diundang dalam acara makan malam itu enggan hadir karena kuatir ditekan.

Gates dan Buffett telah menegaskan bahwa mereka tidak akan menekan atau memaksa siapa pun untuk mendermakan sebagian kekayaannya. Majalah Forbes menyebutkan ada 64 orang Tiongkok yang memiliki kekayaan bernilai lebih dari satu miliar dolar, kebanyakan dikumpulkan dalam dua dekade terakhir ini.

Bill Gates dan Warren Buffett yang merupakan seorang milyuner serius dalam melakukan amal yang telah Tuhan taruh dalam hati mereka, meskipun banyak milyuner lainnya yang tidak mau berpartisipasi. Mereka benar-benar menyadari bahwa harta mereka di dunia ini dapat mereka pergunakan untuk sesuatu yang lebih abadi, mencari ‘harta’ di surga.

--
5 Hal Terlarang Bagi Karyawan
WEDNESDAY, 29 SEPTEMBER 2010
Total View : 943 times

Sebagai karyawan, kehidupan Anda di kantor pastinya menjadi perhatian banyak orang karena sebagai orang percaya, Anda ibarat buku yang terbuka yang dapat dibaca oleh semua orang. Untuk itu, sangat penting agar kehidupan Anda menjadi kesaksian yang hidup bagi rekan-rekan Anda.

Berikut adalah lima yang tidak patut dilakukan seorang duta Kerajaan Allah di dunia kerja:

Performa kerja yang dibawah standar.

Kitab Amsal memberi peringatan keras kepada pemalas, dan mengajar kita agar belajar dari semut (Amsal 6:6-8) yang bekerja dengan baik walau tidak ada pemimpinnya. Sebagai pekerja Kristen, seharusnya performa kerja kita di atas rata-rata sehingga perusahaan merasa diuntungkan dengan adanya keberadaan umat Tuhan disana.

Tidak menghormati pemimpin.

Kita harus menghormati pemimpin sekalipun dia seorang yang tidak percaya. Di dalam Alkitab Anda akan menemukan bagaimana beberapa pahlawan Allah seperti Daniel dan Nehemia bekerja kepada raja yang tidak mengenal Tuhan. Namun mereka sangat menghormati pemimpinnya dan taat pada perintah dan keputusannya. Untuk itu, hormati dan taatilah pemimpin Anda, sehingga melalui sikap Anda mereka mengenal Yesus Kristus.

Menyalahgunakan fasilitas kantor

Fasilitas kantor disediakan untuk menunjang performa kerja Anda, untuk itu sangat tidak patut jika Anda menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Untuk itu Anda harus bijaksana dalam menggunakan fasilitas kantor. Bagaimanapun kantor dapat memantau Anda dalam menggunakan fasilitas kantor yang Anda. Namun sekalipun tidak ada yang melihat, ingatlah bahwa Tuhan yang diatas melihat apa yang tersembunyi sekalipun.

Mencuri waktu

Sering muncul dalam pemberitaan bagaimana Pegawai Negeri Sipil tertangkap sedang belanja atau berada diluar kantor untuk keperluan pribadi di jam kerja. Hal ini merupakan tindakan indisipliner dan dapat dikenakan sanksi. Namun mencuri waktu tidak hanya seperti di atas, namun juga dapat juga seperti sewaktu jam kerja Anda lebih banyak baca koran atau malah sibuk bermain di jejaring sosial.

Tindakan yang tidak bertanggung jawab seperti ini hendaknya tidak Anda lakukan. Selain akan merugikan perusahaan, Anda pun tidak menjadi kesaksian bagi sekeliling Anda.

Sering mengeluh

Mengeluh akan membuat Anda tidak bersemangat, dan orang lainpun akan dilemahkan oleh keluhan-keluhan Anda tersebut. Mazmur 32:3 berkata, “Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari;” Alangkah baiknya jika Anda bersyukur dan bersukacita dalam segala keadaan.

--
5 Hal Terlarang Bagi Karyawan
WEDNESDAY, 29 SEPTEMBER 2010
Total View : 944 times

Sebagai karyawan, kehidupan Anda di kantor pastinya menjadi perhatian banyak orang karena sebagai orang percaya, Anda ibarat buku yang terbuka yang dapat dibaca oleh semua orang. Untuk itu, sangat penting agar kehidupan Anda menjadi kesaksian yang hidup bagi rekan-rekan Anda.

Berikut adalah lima yang tidak patut dilakukan seorang duta Kerajaan Allah di dunia kerja:

Performa kerja yang dibawah standar.

Kitab Amsal memberi peringatan keras kepada pemalas, dan mengajar kita agar belajar dari semut (Amsal 6:6-8) yang bekerja dengan baik walau tidak ada pemimpinnya. Sebagai pekerja Kristen, seharusnya performa kerja kita di atas rata-rata sehingga perusahaan merasa diuntungkan dengan adanya keberadaan umat Tuhan disana.

Tidak menghormati pemimpin.

Kita harus menghormati pemimpin sekalipun dia seorang yang tidak percaya. Di dalam Alkitab Anda akan menemukan bagaimana beberapa pahlawan Allah seperti Daniel dan Nehemia bekerja kepada raja yang tidak mengenal Tuhan. Namun mereka sangat menghormati pemimpinnya dan taat pada perintah dan keputusannya. Untuk itu, hormati dan taatilah pemimpin Anda, sehingga melalui sikap Anda mereka mengenal Yesus Kristus.

Menyalahgunakan fasilitas kantor

Fasilitas kantor disediakan untuk menunjang performa kerja Anda, untuk itu sangat tidak patut jika Anda menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Untuk itu Anda harus bijaksana dalam menggunakan fasilitas kantor. Bagaimanapun kantor dapat memantau Anda dalam menggunakan fasilitas kantor yang Anda. Namun sekalipun tidak ada yang melihat, ingatlah bahwa Tuhan yang diatas melihat apa yang tersembunyi sekalipun.

Mencuri waktu

Sering muncul dalam pemberitaan bagaimana Pegawai Negeri Sipil tertangkap sedang belanja atau berada diluar kantor untuk keperluan pribadi di jam kerja. Hal ini merupakan tindakan indisipliner dan dapat dikenakan sanksi. Namun mencuri waktu tidak hanya seperti di atas, namun juga dapat juga seperti sewaktu jam kerja Anda lebih banyak baca koran atau malah sibuk bermain di jejaring sosial.

Tindakan yang tidak bertanggung jawab seperti ini hendaknya tidak Anda lakukan. Selain akan merugikan perusahaan, Anda pun tidak menjadi kesaksian bagi sekeliling Anda.

Sering mengeluh

Mengeluh akan membuat Anda tidak bersemangat, dan orang lainpun akan dilemahkan oleh keluhan-keluhan Anda tersebut. Mazmur 32:3 berkata, “Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu karena aku mengeluh sepanjang hari;” Alangkah baiknya jika Anda bersyukur dan bersukacita dalam segala keadaan.

--

Efektifkan Waktu Dengan DO IT NOW
THURSDAY, 02 SEPTEMBER 2010
Total View : 597 times

Produktivitas berhubungan langsung dengan efektivitas seseorang dalam menggunakan waktunya. Hal yang terpenting dalam meningkatkan efektivitas waktu adalah dengan menetapkan prioritas dan fokus dalam bekerja. Jika Anda bekerja sambil chatting atau sibuk dengan BlackBerry, tentu saja pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit harus diselesaikan dalam waktu 2 jam.

Produktivitas dan efesiensi waktu seorang pekerja adalah tolak ukur kinerja seorang karyawan. Untuk itu, jika Anda ingin meningkatkan performa Anda sebagai seorang karyawan maka Anda perlu melakukan perbaikan dalam efesiensi waktu Anda.

Untuk meningkatkan produktivitas dan efesiensi waktu, Anda harus menerapkan prinsip DO IT NOW.

D : Divide. Bagilah tugas-tugas Anda berdasarkan prioritas, tenggat waktu dan kepentingannya. Kadang pekerjaan menumpuk karena Anda tidak pernah memilah-milahnya, hingga akhirnya rasanya terlalu sulit untuk diselesaikan.

O : Organize. Setelah Anda bagi berdasarkan prioritas, kepentingan dan tenggat waktunya, Anda tinggal atur kapan harus dikerjakan. Pastikan Anda mengatur waktunya secara realistis, jika tidak maka Anda jadwal yang Anda telah buat tidak dapat Anda laksanakan.

I: Ignore. Abaikan pengganggu-pengganggu yang akan membuat fokus Anda teralih. Hal ini termasuk mematikan instant messenger, mengatur ponsel Anda dengan mode getar, dan menahan semua telephone masuk dulu.

T: Take. Ambil setiap kesempatan untuk menjadi lebih baik. Latih diri Anda untuk menjadi orang yang efektif dan produktif.

N: Now. Jalankan rencana Anda sekarang juga. Ingatlah bahwa penundaan merupakan musuh keberhasilan, jika Anda terus berkata “nanti” maka perubahan itu tidak pernah akan terwujud.

O: Oportunity. Manfaatkan setiap kesempatan untuk memberikan kontribusi positif bagi organisasi.

W: Wach Out. Waspada dengan tenggat waktu, karena sekalipun Anda menyelesaikan pekerjaan Anda namun Anda telah lewat tenggat waktu yang ditetapkan maka hal tersebut akan mempengaruhi efektivitas pekerjaan.

Ingatlah bahwa promosi karir Anda akan ditentukan oleh kinerja Anda. Kinerja yang baik ditentukan oleh efektivitas dan produktivitas Anda. Jadi dengan mengatur waktu dan prioritas Anda, maka Anda telah mengawali sebuah kesuksesan.

--

4 langkah Agar Uang Datang Kepada Anda
SUNDAY, 29 AUGUST 2010
Total View : 1201 times

Salah satu permasalahan klasik dan masih sering terjadi saat ini dalam kehidupan orang-orang yang bekerja kantoran adalah gaji yang tidak bisa menutupi biaya hidup sampai satu bulan ke depan. Keadaan seperti ini sering membuat sejumlah orang akhirnya stres dan tidak jarang melakukan perbuatan-perbuatan yang gila (konotasi negatif).

Agar Anda bisa terjauh dari kondisi tersebut maka mau tidak mau Anda harus membuat kondisi keuangan Anda melesat tajam. 4 langkah berikut adalah 4 langkah membuat uang datang menghampiri hidup Anda.

1. Kemauan belajar dan mencari mentor

Orang sukses di dunia ini sudah banyak jumlahnya. Beberapa dari mereka bahkan sudah membuat buku. Bacalah buku salah seorang dari mereka tersebut. Pelajarilah apa yang ditulis di dalam buku tersebut. Jika Anda sudah merasa sreg dengan salah satu buku itu, bacalah siapa orang yang mengarangnya.

Jadikan orang di dalam buku tersebut sebagai mentor Anda. Seraplah pengetahuan orang itu dan ikuti apa yang yang ia ajarkan.

2. Aktivasi RAS dengan menuliskan apa yang Anda inginkan

Reticular Activating System atau RAS merupakan bagian dari otak yang bisa menggerakkan semangat atau motivasi untuk melakukan sesuatu. RAS, seperti kompas yang akan membantu Anda mendapatkan tujuan yang telah spesifik Anda tetapkan.

Apapun yang Anda inginkan, cobalah tuliskan di atas kertas, dan tidak disimpan saja di dalam pikiran. Menuliskan keinginan Anda sama dengan mengaktivasi RAS dalam otak.

3. Jawab pertanyaan ini spesifik, sebenarnya Anda ingin menjadi apa?

Tujuan hidup adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Cobalah lihat kehidupan Bill Gates. Pria terkaya nomor dua tahun 2010 versi majalah Forbes itu tahu sejak awal ingin menjadi apa. Karenanya ia keluar dari Harvard dan fokus dengan bisnisnya. Saat wartawan menanyakan mengapa ia keluar dari Harvard, ia hanya menjawab ia tahu ingin menjadi apa dan juga mengetahui keinginan itu tak akan terwujud jika tetap berada di Harvard.

Jadi, ada baiknya mulailah kenali diri sejak saat ini.

4. Lakukan yang terbaik dan kesempatan baik akan menghampiri Anda

Peningkatan kualitas diri perlu terus-menerus diupayakan. Lakukan saja yang terbaik, tanpa disibukkan dengan memikirkan apakah ini adil untuk Anda atau tidak, atau ada hal lain yang bisa menghambat kinerja Anda.

Keberuntungan akan datang dengan sendirinya kepada orang yang selalu melakukan hal terbaik dengan pekerjaannya, atau dalam hidupnya. Kesempatan baik akan datang pada waktu yang tak bisa diprediksi. Jadi, lakukan dan berikan hal terbaik dari diri Anda tanpa pamrih. Dan lihat nanti, saat waktunya tiba, kesempatan, keberuntungan bahkan uang, akan membayar kerja keras Anda.

--

Tahu Kapan Duduk dan Berdiri
WEDNESDAY, 22 SEPTEMBER 2010
Total View : 449 times

Jika Anda ingin memberi kesan tersendiri bagi pimpinan Anda dan juga rekan serta klien, maka tempat yang tepat adalah waktu rapat. Caranya sangat mudah, yaitu Anda harus tahu kapan harus duduk dan kapan harus berdiri.

Setelah menyampaikan ide ketika Anda duduk, tetaplah duduk. Tentu, ide Anda adalah ide yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Namun jika Anda ingin diskusi yang spontan, buatlah pembicaraan mengalir. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan berbagai masukan atas kekurangan dan kelebihan dari ide Anda.

Penekanan “penting"

Masalah kepentingan ini bukan tentang Anda, tetapi tentang ide Anda.

Diskusi akan mengangkat masalah “penting” tadi, sehingga Anda akan mendapatkan dukungan dari rekan, klien maupun pemimpin Anda.

Bahasa tubuh

Ketika Anda berdiri untuk menyampaikan presentasi, pastikan bahwa bahasa tubuh Anda menyampaikan pesan bahwa Anda percaya diri dengan ide Anda namun juga terbuka untuk berbagai masukan yang ada. Duduk untuk berdiskusi dan menampung masukan orang lain adalah sinyal bahwa Anda menghargai pendapat orang lain dan memiliki kesediaan untuk sesuatu yang lebih baik lagi.

Jadi, pastikan Anda tahu kapan berdiri dan kapan untuk duduk. Sikap Anda akan terpancar lewat kata dan juga bahasa tubuh Anda. Buat para peserta rapat menerima pesan yang benar dari sikap tubuh dan perkataan Anda.

--

8 Tangga Menuju Kesuksesan
THURSDAY, 26 AUGUST 2010
Total View : 830 times

Sadar atau tidak sadar, penghormatan, kepercayaan diri dan kredibilitas adalah unsur-unsur yang kasat mata yang dapat membangun atau menghancurkan karir. Jika Anda tidak bisa membangun respek atau penghormatan dari rekan sekerja maupun klien maka karir Anda akan hancur. Demikian juga ketika Anda tidak memiliki kepercayaan diri dan kredibilitas. Ketiganya harus ada dalam hidup Anda untuk mendukung karir Anda.

Untuk mendapatkan respek, kepercayaan diri serta kredibilitas, bagaimanakan caranya? Dalam bukunya “The Trump Way of 3 Minutes” Ricardo R. Bellino, pendiri dari Trump Realty Brazil, sebuah anak perusahaan milik Donald Trump menceritakan rahasia yang ia pelajari dari raksasa bisnis dunia tersebut.

1. Menciptakan visi, dan temukan sumber daya untuk mewujudkan visi tersebut.
2. Komunikasikan visi tersebut. Sampaikan visi itu dengan kepercayaan diri di setiap kesempatan.
3. Bersikaplah penuh semangat. Antusiasme akan mendorong orang lain untuk menerima ide Anda dan mengikuti Anda. Anda tidak dapat menarik minat orang lain, jika Anda sendiri tidak antusias dan bersemangat.
4. Selalu tampil. Selalu libatkan diri Anda. Anggota tim Anda menginginkan seorang pemimpin yang ikut terjun dalam medan pertempuran bersama mereka. Jika Anda ingin melihat anggota tim Anda menjadi orang-orang yang dapat dipercaya, tunjukkan kepercayaan Anda.
5. Ciptakan lingkungan yang mendukung. Jadilah pendengar yang baik, sabar dan bersikaplah terbuka. Tim Anda perlu merasa dapat mengekspresikan diri dengan bebas. Kepercayaan akan menciptakan kepercayaan.
6. Tunjukkan Anda menghargai pekerjaan tiap-tiap anggota tim. Setiap orang memiliki tingkat ketrampilan dan tanggung jawab sendiri-sendiri. Akuilah bahwa mereka memberikan kontribusi pada kesuksesan kelompok itu.
7. Kenali kekuatan dan keterbatasan Anda. Evaluasi dan pahami bagaimana perasaan orang lain terhadap Anda. Secara spesifik, kenali titik-titik lemah Anda sendiri dan upayakan menghilangkannya. Doronglah diri Anda untuk mampu membicarakan tentang kegagalan Anda yang disertai kejujuran dan integritas.
8. Bertanggung jawab terhadap tindakan Anda dan tim Anda. Tunjukkan keberanian. Jika tim Anda merasa Anda memanfaatkan mereka dan menjadikan mereka kambing hitam maka Anda akan kehilangan respek dan dukungan mereka.

Ingatlah bahwa sikap dan tindakan Anda diperhatikan oleh sekeliling Anda. Jadi keberhasilan Anda dalam membangun hubungan yang baik dengan mereka, dan kredibilitas Anda di mata mereka akan menentukan kesuksesan karir Anda.

--

Penyemangat Madrid buat Penambang di Chile
Arya Perdhana - detiksport


Getty/Kevork Djansezian

Madrid - Real Madrid mengirimkan dukungan untuk 33 orang penambang yang terjebak di bawah tanah di Chile dengan mengirimkan seragam mereka. Ada tanda tangan pemain dan pelatih di sana.

Madrid menyerahkan seragam-seragam yang bertuliskan 'Tetap Kuat, Penambang' tersebut kepada Menteri Pertambangan Chile Laurence Golborne, Jumat (1/10/2010). Demikian dilansir AFP.

"Ini sungguh berarti, saat seisi negara seperti yang terjadi di Spanyol mengikuti kejadian yang tengah kami alami ini. Saya berharap para penambang itu bisa menikmati pemberian ini," kata Golborne.

Sejak 5 Agustus lalu, 33 orang penambang terperangkap 700 meter di bawah tanah saat lubang penggalian mereka yang terletak di kota San Jose itu runtuh. Sampai saat ini, upaya penyelamatan terus dilakukan.

Selain bertuliskan kalimat penyemangat, seragam yang dikirimkan Madrid juga dibubuhi nomor punggung 33 sebagai tanda jumlah penambang yang terjebak. Turut dikirimkan adalah album foto berisi gambar para pemain Los Blancos.

Di situs Madrid, terdapat gambar yang memperlihatkan kalau sejumlah pemain seperti Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos dan Iker Casillas tengah menandatangani seragam-seragam itu. Tidak ketinggalan pula, pelatih Jose Mourinho.

Sebelum aksi Madrid ini, penyerang Barcelona David Villa, yang keluarganya juga secara turun temurun menjadi penambang, mengirimkan dua seragam miliknya kepada 33 penambang di Chile itu.

--
Sanksi Mexes Dikorting
Arya Perdhana - detiksport


AFP

Roma - Sanksi larangan bertanding selama tiga pertandingan yang dijatuhkan kepada Philippe Mexes dikurangi. Namun hukuman denda buat bek AS Roma itu justru dilipatduakan.

Pada Jumat (1/10/2010) waktu setempat, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mengumumkan bahwa sanksi buat Mexes dikorting jadi dua laga saja, tapi dendanya ditambah jadi 20 ribu euro dari tadinya 10 ribu euro. Demikian dilansir AFP.

Sanksi buat Mexes dijatuhkan usai bek Prancis itu diusir wasit saat membela Roma menghadapi Brescia setelah mendapat dua kartu kuning. Dua kartu kuning itu ia peroleh akibat melanggar Eder.

Saat sedang berjalan menuju kamar ganti, Mexes terlibat konfrontasi dengan ofisial pertandingan.

Wasit pertandingan itu, Carmine Russo, mendapat kritik keras atas kepemimpinannya. Pasalnya, dalam tayang ulang televisi, kontak antara Mexes dengan Eder sebenarnya sangat minimal.

Mexes sudah melakoni sebagian skorsingnya dengan tidak tampil saat Roma menghadapi Inter Milan akhir pekan lalu. Ia masih akan absen saat Giallorossi berjumpa Napoli akhir pekan ini.

Pertandingan Roma kontra Genoa pada 17 Oktober mendatang akan jadi tanggal comeback Mexes bersama Roma.

--
Tiga Punggawa Atletico Dapat Kontrak Baru
Arya Perdhana - detiksport


Reyes (AFP/Dominique Faget)

Madrid - Pencapaian lumayan Atletico Madrid di fase-fase awal Liga Spanyol membuat tiga orang punggawanya, Jose Antonio Reyes, Tomas Ujfalusi dan Paulo Assuncao, mendapat perpanjangan kontrak.

Atletico mengumumkan memperpanjang kontrak Reyes dengan durasi tiga tahun. Kontrak gelandang 27 tahun yang seharusnya berakhir Juni 2011 telah diperpanjang hingga 2014. Demikian diumumkan Atletico di situs resminya.

Sejauh ini, Reyes adalah satu pemain andalan Atleti di lini tengah. Eks pemain Arsenal itu sudah bermain lima kali meskibelum membukukan satu gol pun atas namanya.

Sementara Ujfalusi, yang kontrak aslinya juga harusnya berakhir tahun 2011, mendapat perpanjangan selama dua tahun hingga 2013.

Demikian juga dengan gelandang Brasil Paulo Assuncao. Sama dengan Ujfalusi, pemain Brasil berusia 30 tahun itu juga masih akan berseragam Los Cholconeros sampai 2013.

Atletico saat ini duduk di peringkat kelima klasemen sementara dengan nilai 10. Dari lima laga, tim arahan Quique Sanchez Flores itu mencatat tiga kemenangan, sekali seri dan sekali kalah.

--

Asimilasi dan Nasionalisme di Dunia Sepakbola
Liza Arifin - detiksport


Di Stefano, Puskas, Zidane, Van Bronckhorst (ist)

London - Dalam sejarah, asimilasi pemain sepakbola jamak terjadi. Dan negara-negara Eropa adalah yang paling getol melakukannya.

Eusebio adalah pemain paling hebat Portugal sepanjang masa. Tetapi semua orang tahu ia berasal dari Mozambik dan baru datang ke Portugal setelah melewati masa remajanya.

Begitupun Alfredo di Stefano yang malang melintang di Real Madrid dan Spanyol. Ia orang Argentina keturunan Italia. Ia bahkan sudah membela Argentina dan kemudian Kolombia sebelum bermain untuk Spanyol.

Ferenc Puskas datang sebagai striker Hongaria dengan reputasi hebat dan kemudian membelot ke Spanyol, bahu membahu dengan Di Stefano membela Spanyol.

Tim Prancis yang mempersembahkan Piala Dunia dan Piala Eropa penuh dengan orang keturunan generasi pertama ataupun imigran yang lahir di luar Prancis. Bahkan salah satunya, David Trezeguet, konon tidak begitu fasih berbahasa Prancis. Mereka ini kalau saja tidak membela Prancis, berhak membela negara-negara asal mereka.

Tim Belanda mulai era 80-an begitu juga. Jerman yang biasanya menurunkan pemain "murni" Jerman, kini tidak bisa lagi mengatakan demikian. Inggris sama saja. Semua negara Eropa hampir tidak ada lagi yang tidak kemasukan dua atau tiga pemain hasil asimilasi.

Di Asia, Jepang adalah salah satu pelopornya. Negara ini banyak menyerap pesepakbola asal Brasil dan dalam sejarahnya memiliki sedikitnya lima pemain nasional yang berasal dari Negeri Samba.

Asimilasi itu bisa didapat karena berbagai faktor. Ada yang karena keterkaitan sejarah seperti bekas negara jajahan, perkawinan campur, garis keturunan, hak menetap karena sudah memenuhi syarat waktu untuk menjadi warga negara dan banyak lainnya.

Benar bahwa berbagai faktor ini administratif sifatnya. Alasan yang lebih mendasar untuk asimilasi sebenarnya hanyalah satu, yang bersangkutan dianggap bisa memberi kontribusi untuk mengangkat gengsi persepakbolaan negara di tingkat internasional. Tetapi alasan administratif itu sangat penting untuk mengabsahkan bahwa yang bersangkutan telah menjadi bagian dari "kita" dan bukan "mereka". Selama kaidah nilai ke-"kita"-an itu belum terpuaskan, akan sangat susah menerima pemain sebagus apapun menjadi bagian "psyche" satu kelompok.

Kalau ditingkat klub persoalan ini mudah terpecahkan. Kontrak yang ditandatangani pemain yang bersangkutan terukur lewat imbalan finansial.

Di tingkat negara ikatan kontraknya berbeda. Harus ada rasa bersama memperjuangkan sebuah tatanan ide, nilai, mungkin (kebangsaan) nasionalisme, seabstrak apapun itu. Jadi, ketika pemain turun ke lapangan mewakili sebuah negara ia bukan semata-mata hanya bermain bola demi uang.

Kalau pemain tidak bisa berdamai dengan tatanan nilai yang ia wakili maka akan sulit mengharapkan yang terbaik darinya. Begitupun kelompok yang diwakili oleh pemain yang bersangkutan akan sangat sulit menerima pemain itu.

Itulah pentingnya dipenuhinya persyaratan administratif tersebut. Karenanyalah prosesnya disebut asimilasi: sebuah tindakan untuk menerima, merangkul, penyatuan dan internalisasi nilai.

Namun demikian, negara atau kelompok yang menyerap pemain tadi tidak boleh berperilaku egois. Harus ada kelenturan, kesadaran, untuk membiarkan para pemain serapan itu menjalankan kehidupan yang sudah mereka miliki sebelumnya. Melakukan kontrak politik untuk menjadi bagian dari sekumpulan nilai baru bukan berarti harus membuang segala nilai yang sudah mereka miliki sebelumnya.

Bagaimanapun para pemain itu mempunyai sejarah, kehidupan dan tatanan yang sudah mereka jalani sebelumnya. Adalah mustahil untuk meminta mereka memutus segalanya dan bertotalitas layaknya warga "asli".

Berkaca pada negara-negara Eropa yang melakukan penyerapan pemain, itulah yang mereka lakukan.

Pemerintah Prancis ataupun warga negara Prancis tidak pernah mencak-mencak hanya karena Zinedine Zidane mengatakan kecintaannya pada Aljazair dan berpaspor ganda, misalnya. Atau orang Belanda tidak merasa terhina ketika kapten tim mereka, Giovanni Van Bronchost, dengan bangga mengatakan orang tuanya berasal dari Indonesia. Bahkan ketika Ferenc Puskas memutuskan untuk pulang ke Hongaria, tidak ada orang Spanyol ataupun pemerintah Spanyol mengutuknya sebagai pengkhianat.

--

Serba-Serbi Gol Bola Nike di Premier League
Andi Abdullah Sururi - detiksport


Jakarta - Sudah 10 tahun perusahaan apparel Nike menjadi sponsor dan menyuplai bola sepak untuk kompetisi Premier League. Frederic Piquionne mencetak gol ke-10.000, Cristiano Ronaldo terbanyak dalam satu musim.

Piquionne akan memperoleh kenang-kenangan berupa bola T90 Tracer warna emas, yang diproduksi secara terbatas oleh Nike. T90 Tracer adalah bola keluaran Nike edisi musim 2010/2011.

Hadiah spesial itu diberikan untuk Piquonne setelah penyerang West Ham United itu mencetak gol tunggal ke gawang Tottenham Hotspur hari Sabtu (25/9/2010) lalu, dan itu adalah gol ke-10.000 dengan bola Nike.

Kerja sama Nike dan Premier League dimulai sejak musim 2000/2001, dan Mark Venus adalah pemain pertama yang mencetak gol dengan bola keluaran pabrikan raksasa asal Amerika Serika itu. Venus membuatnya untuk Ipswich Town ke gawang Tottenham Hotspur di hari pembukaan kompetisi.

Catatan lain seputar penggunaan bola Nike untuk Premier League adalah, Fabrizio Ravanelli adalah pencetak gol ke-100 dengan bola itu, saat memperkuat Derby County melawan Blackburn Rovers di Pride Park Stadium di musim 2001/2002.

Penyerang legendaris Arsenal Dennis Bergkamp mencetak gol ke-5.000 saat timnya bertanding melawan Middlesbrough di Riverside Stadium di musim 2005/2006.

Dilansir Dailymail, Cristiano Ronaldo adalah pemain yang membukukan gol paling banyak dalam satu musim dengan bola Nike, yakni 31 buah di musim 2006/2007 untuk Manchester United. Adapun Fernando Torres merupakan pemain debutan yang mencetak gol terbanyak dengan bola tersebut dalam satu musim, saat mengemas 24 gol untuk Liverpool di musim 2007/2008.

--
Landasan Pengelolaan Uang Yang Alkitabiah 2
TUESDAY, 28 SEPTEMBER 2010
Total View : 548 times

Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu. ~ Amsal 27:23

Setelah sebelumnya kita mempelajari mengenai “Dasar Pengelolaan Keuangan 1”, mari kita lanjutkan dengan belajar apa yang perlu kita lakukan sebagai orang yang Allah beri kepercayaan untuk mengurus sebagian dari harta-Nya.

Yang pertama yang harus dilakukan adalah mendata kekayaan bersih dan ringkasan arus kas. Sebagaimana dikatakan oleh Amsal diatas, kita harus tahu kondisi keuangan kita dengan baik. Hal ini penting karena berdasarkan data kekayaan bersih dan ringkasan arus kas tersebut dapat melakukan analisis tentang dimana Anda sekarang dan kemana Anda akan pergi.

Daftar kekayaan.

Laporan kekayaan bersih menyediakan ringkasan dari semua keputusan keuangan Anda dan transaksi pada saat tertentu. Caranya adalah data semua aset Anda, kemudian kurangi dengan semua kewajiban Anda. Selisihnya adalah kekayaan bersih Anda.

Ada dua jenis aset yang harus dipertimbangkan ketika menyusun laporan kekayaan bersih Anda. Liquid aset adalah kekayaan yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan segera tanpa kehilangan nilai pokok. Ini termasuk tabungan tunai, sertifikat deposito, rekening cek, dan nilai-nilai asuransi jiwa. Lebih mudah cair, maka lebih fleksibel (dan mungkin lebih aman) bagi Anda. Nonliquid aset tidak mudah dikonversi menjadi uang sesuai dengan nilai pasar yang wajar. Ini termasuk rumah Anda, properti pribadi, rekening pensiun perorangan, dan tabungan pensiun.

Kumpulkan sumber-sumber berikut: buku cek dari semua rekening, slip gaji, pajak tahunan sebelumnya, kebijakan asuransi jiwa, dan laporan keuangan (jika Anda memilikinya), serta setiap dokumen lain yang dapat membantu menentukan aset Anda. Jika perlu, hubungi profesional seperti agen real estate atau dealer mobil untuk menentukan nilai aset nonliquid Anda.

Berikutnya Anda harus menghitung jumlah kewajiban Anda. Ini termasuk semua hutang Anda dari kartu kredit dan kredit rumah. Perhatikan bahwa saldo tagihan adalah total kewajiban Anda.

Untuk memahami kondisi keuangan Anda saat ini, penting untuk mengetahui tiga istilah kunci. Yang pertama adalah aktiva produktif. Harta benda ini menghasilkan atau memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan untuk tujuan investasi. Ini termasuk semua aset cair ditambah investasi real estate.

Kecenderungan Anda untuk berhutang ditentukan oleh pembagian kewajiban Anda berbanding dengan aset Anda. Semakin rendah persentase pinjaman, semakin baik kondisi keuangan Anda. (Banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk meminjam tidak dapat membayar hutang mereka, bahkan jika mereka menjual segala sesuatu yang mereka miliki).

Di sisi positif, kecenderungan Anda untuk mengumpulkan harta dihitung dengan membagi kekayaan bersih Anda dengan berapa lama Anda bekerja. Hal ini menunjukkan akumulasi rata-rata tahunan Anda

Ringkasan arus kas.

Ringkasan arus kas membuat Anda dapat mengukur uang yang mengalir masuk dan keluar. Hal ini juga bisa menjadi ringkasan proyek di waktu masa lalu atau proyek periode mendatang. Untuk melakukan itu, Anda perlu menentukan kedua arus masuk Anda (gaji, pendapatan bisnis, pendapatan atau investasi, dan pendapatan pensiun pribadi) dan keluar Anda (pemberian, pajak, pembayaran hutang, biaya hidup, dan tabungan atau akumulasi).

Setelah Anda membuat daftar aset dan kewajiban serta menemukan kekayaan bersih Anda, bahkan telah membuat arus kas Anda sendiri, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk berhenti sejenak dan bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang dipercayakan-Nya pada Anda.

--

"EAT PRAY LOVE"
Versi Bali Timur

Saya saat ini kerja & tinggal di Bali, di sebuah hotel di Bali Timur, dekat
Candidasa
Dan kami bangga di sini akan "keBaliannya" karena masih alami dan gaya hidup
masyarakat yang tradisional
Tidak seperti di Kuta, Seminyak, Jimbaran, bahkan di Denpasar & Sanur yang
sudah manjadi kota, penuh dengan turis, club & masyarakat individual

Membahas mengenai novel & film EAT, PRAY & LOVE
Yang kini di Ubud telah dipelesetkan menjadi : Eat, Pay & (get)Lost atau
makan, bayar & cabut

Masukan dari Pak Made , mengenai arti "cinta" di Indonesia yang kita cintai
ini, memang sangat ironis
Tapi saya SANGAT percaya, masyarakat Indonesia di manapun, adalah orang2
yang penuh dengan cinta kasih
Dari segala macam ras, etnis, suku, agama, golongan, apapun.

Yang ribut2 ini adalah dikarenakan MATERI
- Mahasiswa2 ribut karena lelah, penampilan berantakan, kuliah tidak beres,
tidak mampu bayar uang kuliah, datang dari keluarga tidak mampu & tidak
harmonis
- Pria pria dewasa di pinggir kota yang menganggur, tidak dapat kerja yang
layak, sehingga terlalu banyak waktu luang, jadi tawuran
- Pejabat korup, saling hantam & hina, akhir nya saling menyeret ke
pengadilan
- Pengusaha nakal & rakus, menghindar pajak, menyuap petugas , pengusaha (yg
mau jadi penguasa) sudah salah tapi berlagak benar, guna mendapatkan materi
sebanyak mungkin dan dapat menikahkan anak nya di hotel bintang 7 sebanyak 3
kali dengan mengundang 3,000 orang dengan dana milyaran
- Pedemo yang dibayar, tapi gak ngerti apa yg di demo
- Petugas umbar janji untuk perbaikan jalan dll namun tidak kunjung terjadi
- Para wakil kita yang pergi ke Afrika Selatan guna mendapatkan uang saku RP
20 juta per hari x 10 hari (untuk kunjungan kerja 2 hari saja)
- dll dll dll

Mereka semua pengejar mimpi materi & kehidupan enak, makan enak, pelisir,
punya blackberry, laptop, I-pad, TV plasma 100 inch, rumah mewah
Yang harus diakui, kita semua mau (thanks to capitalism & good job of the
marketing people)

Namun, teman2 sekalian, mari kita tidak kehilangan asa.
Masih banyak orang yang peduli, mungkin kita mesti mulai dari diri kita
sendiri
Mari memberikan contoh & berbagi ke sesama, berpikir positif dan tulus dalam
berbuat
Maksud nya BUKAN dengan :
- kasi uang seribu ke pengemis di pinggir jalan
- berlagak bagaikan guru dengan memberikan nasehat berlebihan ke petugas
parkir di pinggir jalan
- muncul di TV dengan kalimat2 "ajaib", nasehat2 tentang kehidupan, membuat
akun twitter, meminta orang membeli buku nya, kaset nya, ikut seminar dan
bayar fee

Adalah hak kita untuk berbelanja materi, apalagi kita semua sudah bekerja
keras mendapatkan nya
Namun tidak berlebihan, ajarkan ke anak anak kita pula akan hal ini

Berbagilah kursi di busway ke orang tua
Turut kerja sukarela di kalangan kita
Bersihkan lingkungan sekitar rumah kita dan ajak semua tetangga, kenali
mereka
Mari berbicara dengan sesama warga negara Indonesia dari etnis / agama lain,
yang Cina ngobrol dengan yang Jawa, yang Batak ngobrol dengan yang Arab, dsb
nya
Mari turun ke perkampungan miskin di pinggir kota, ajak bicara anak2 yang
tidak mampu ini, bawa makanan, susu, buku2, pakaian bekas layak pakai

Yang menarik diangkat sang penulis Elizabeth, adalah dia memilih BALI
Pulau yang populer akan wisata budaya nya

Saya rasa TIDAK mungkin ada orang miskin di Pulau Bali ini
Sangat kaya akan budaya, alam dan berbagai hal keahlian (membuat benda seni)

Punya tanah sedikit saja, bisa buat toko dan jual sovenir, barang nya unik &
cara marketing yg benar, pasti laku keras
Tanah subur dan bisa ditanam apapun
Dari kertas bekas, bisa dibuat kertas recycle, dijual lagi dan laku
Anak2 muda yang tanpan & cantik, bisa jadi model, menemani tamu jalan2,
dapat uang tips
Yang mau belajar bahasa asing, bisa jadi guide, dibayar RP. 100,000 sehari
!!!!!!!!!!!

Begitu banyak orang asing yang menetap di Bali, dan memiliki usaha dan jadi
kaya , karena mereka pintar mencari peluang, DAN TIDAK CARI KERIBUTAN serta
waktu dipakai se efficient mungkin

Namun di Bali, masih ternyata masih ada orang miskin
Kenapa ?
Karena tergilas akan kemajuan jaman yang sudah masuk sampai ke pelosok desa
Sehingga mereka terlihat miskin, dan tidak memiliki harta
Para pejabat daerah yang tidak perduli akan masyarakat nya, mereka tidak
diberi pendidikan dan arahan tepat untuk bekerja (petani, nelayan,
berdagang)
sehingga tidak mampu bersaing dengan pendatang
tidak diajarkan keahlian , sehingga diberikan modal pun , akan habis karena
rugi

Saya bekerja di sini, dan awalnya sulit untuk memaksa orang untuk kerja :
cepat, over time dan sesuai standard Jakarta
Kenapa ?
Jawaban nya balik ke novel EAT PRAY LOVE
Masyarakat Bali (dan saya yakin sama juga dengan masyarakat tradisional lain
nya di pulau lain) lebih memilih hidup yang harmonis (terutama di Bali
timur)
Antara agama & materi, kerja sesuai porsi nya, setelah itu waktu luang untuk
sembayang di pura, upacara bersama sama, dan aktif di banjar bercakap2
dengan teman2
Itu bahagia untuk mereka, tidak perlu Plasma TV 100 inch, yang cara dapetin
nya dengan penuh penderitaan

Makanya Pak Liyer sang ahli nujum di film Eat Pray Love itu mengatakan hal
itu ke Julia Roberts

Teman2, kalau mahasiswa di Makassar fokus ke belajar, coba rapihkan pakaian
& rambut,
jangan hati panas selalu,
waktu luang belajar bernyanyi, ke mesjid/gereja/lain nya
Orang tua nya sekali kali berbicara yang baik & tenang ke mereka,
Uang kuliah dapat dibayarkan dengan murah
Para pengelola universitas nya tidak korup & rakus
Maka saya yakin tidak terjadi tawuran mahasiswa

Mari kita mulai dan bantu & bicata ke teman2 kita ini, peduli lah ke mereka,
jangan kita cuma mengeluh

Maka itu pula India dipakai untuk porsi PRAY nya
Pejabat2 di India terkenal akan korup nya
Saat ini pengaturan untuk COMMONWEALTH GAMES (seperti olimpiade namun khusus
untuk negara2 persemakmuran, bekas koloni Inggris) dirasakan berantakan
Katanya karena pejabat korup
Hingga saat ini penganut Hindu & Muslim di India sering terjadi pertikaian
Namun India, terkenal akan asram nya, kelas yoga & meditasi nya , itu porsi
positif yang diambil Elizabeth

Mungkin kita bisa belajar dari masyarakat Bali Timur ?
Hidup sederhana, harmonis, mau berbagi, lebih banyak menerima kehidupan ini
dengan senyum
Itu sebabnya saya berhenti menekan kerja ke para staff dan lebih banyak
bekerja berdampingan dan memberikan pengertian
Lebih banyak usaha/energi/waktu yang perlu dikeluarkan, dan tidak banyak
materi yang bisa saya dapatkan
Namun saya lebih berbahagia, daripada waktu saya tinggal di Jakarta, dengan
segala kemewahan kota besar, namun penuh dengan keluh kesah

Mari kita lakukan yang terbaik, dan berhenti berkeluh kesah
Sehingga bisa melihat mengapa Elizabeth memilih Bali (Indonesia) untuk
tempat yang tepat untuk porsi LOVE
Saya sendiri menemukan LOVE saya di Bali ini . . .

Michael Wandow

--

*Eat, Pray & Love*
oleh Made Teddy Artiana, S. Kom
fotografer, penulis & event organizer

Novel karya Elizabeth Gilbert ini memang terbilang sangat sukses. Bukan
hanya karena telah bertengger diperingkat pertama bestseller New York Times
selama beberapa minggu, namun juga karena versi film dari novel inipun telah
dibuat,bahkan sudah beredar diberbagai negara, walaupun di Indonesia belum.
Pemeran wanitanya pun tidak tanggung-tanggung, artis papan atas Holywood,
Julia Roberts !!

(Aku dan crew kami, yang kebetulan saat itu juga sedang ada pemotretan di
Bali pun, menyempatkan diri untuk berkunjung ke sekitar Monkey Forest,
saking inginnya hati ini menyaksikan proses shoting *Mbak *Julia.)

Satu hal yang paling membanggakan dari novel itu adalah terangkatnya nama
Indonesia, atau lebih tepatnya Bali sebagai salah satu tempat terpenting
dalam novel tersebut. Sebuah promosi pariwisata gratis tentunya. Kabarnya
ini membuat nama Indonesia semakin dikenal di Amerika sana, sehingga
Presiden SBY pernah secara terbuka menyampaikan kebanggaan hatinya dengan
keberadaan film tersebut.

Terlepas dari itu semua, bagiku pribadi -Eat, Pray & Love- berbicara tentang
tiga kebutuhan yang tak tergoyahkan dari setiap manusia dalam kehidupan
yaitu : makanan (fisik), TUHAN (spiritual) dan cinta (eksistensi).
Kehilangan satu saja dari tiga hal itu tentunya berdampak serius bagi
manusia siapapun dan dimanapun ia berada.

Bagi Sang Penulis, Eat, Pray & Love secara tidak langsung juga mengacu pada
pengalaman pribadinya pada tiga negara yang letaknya terpisah dipenjuru
dunia. Eat, di Italia, yang memang terlanjur terkenal dengan makanannya yang
lezato. Lalu Pray, di India yang memang dikenal akan tradisi meditasi dan
yoganya. Kemudian Love di Indonesia, nah ini yang sedikit unik.

Kalau boleh jujur, sebenarnya ada perasaan sedih dihati ku, terlebih ketika
melihat keadaan nyata di sekitar bangsa ini. Apa Elizabeth tidak keliru ?
Jangan-jangan Sang Penulis tidak paham benar apa yang sedang terjadi di
negara ini. Adakah penemuan cinta di Indonesia ini hanya sindiran belaka ?
Adakah cinta memang mudah ditemukan di Indonesia ? Apakah bangsa kita ini
memang jadi tempat inspiratif untuk memahami arti cinta ?

Apakah cinta memang terlukiskan diwajah *oknum *politisi-politisi di Senayan
sana yang terlalu sering dekat dengan issue miliaran rupiah ? Dari mulai
kantor yang baru, kolam renang baru, ribut-ribut kenaikan tunjangan, ongkos
gertak sambal Century hingga kepada biaya perjalanan dinas ?

Atau mungkin cinta ada di rekening gendut para *oknum *pejabat yang konon
bercokol di kejaksaan agung, polisi, pajak dan tempat-tempat strategis lain,
yang kabarnya persekongkolannya lebih rapi dari kaum mafia ?

Jelas mereka semua sama. Setali tiga uang ! Tebal muka, tidak tahu malu dan
sama sekali tidak tergetar hatinya dengan kemiskinan rakyat. Mereka-mereka
yang mengaku ber-TUHAN tapi dalam setiap gerak nafas hidupnya menista nama
TUHAN ! Mereka-mereka yang merasa akan masuk surga, hanya dengan menyuap
TUHAN dengan sedekah uang haram.

Atau rasa cinta di antara para calon presiden yang tidak terpilih dengan
yang terpilih ? Sehingga yang tidak terpilih minimal akan menjadi opsisi
yang jujur atau teman sekerja yang tulus.

Atau cinta juga nyata pada perang terbuka antara petugas dan teroris yang
tak kunjung usai ? yang membuat tak terbilang air mata dari ibu, ayah, istri
dan anak yang tumpah ? Dimana setiap tetesan yang terjatuh, mengeraskan
nurani dengan dendam kesumat. Lingkaran setan yang tak kunjung usai.

Atau pada banjir, macet dan seluruh janji-janji yang dianggap gombal yang
pada akhirnya menimbulkan umpatan caci maki (atau bahkan doa yang buruk)
warga Jakarta terhadap Sang Pejabat yang dulu mengaku-aku 'ahli' ?

Atau sekian tak terhitungnya jumlah demo -baik bayaran atau tidak- yang
begitu membiasa menghiasi Jakarta bak pawai tujuh belasan ?

Atau diantara peperangan aparat dengan ratusan orang penjaga makam yang
berujung pada tindakan sadis pembunuhan dan pembakaran ?

Adakah cinta di Bekasi sana, saat dua golongan agama yang sama-sama merasa
paling benar, paling suci, paling berhak untuk masuk surga, paling mewakili
TUHAN namun gagal membereskan persoalan mereka dengan cara surgawi ?

Atau mungkin diantara tawuran pelajar dengan pelajar lain dijalanan,
mahasiswa yang merusak kampusnya sendiri ?

Sungguh daftar panjang yang melelahkan hati.

Berandai-andai dengan semua fakta diatas, jika Saja Penulis buku Eat, Pray &
Love menyempatkan diri lebih lama lagi berada dinegeriku, besar kemungkinan
ia mengungsi mencari negara lain yang lebih masuk akal untuk menemukan
cintanya disana. Karena pemilihan Indonesia, sepertinya sangat kurang tepat.
Karena jangankan Elizabeth, kami -yang sudah lahir, tinggal dan menua di
negeri ini pun- terlanjur tergoda dan menganggap cinta sebagai komoditas
sangat mahal di negera kami sendiri. Sama sekali bukan hal yang begitu mudah
ditangkap baik dengan mata terbelalak, apalagi dengan mata tertutup dan
sekali comot. Semoga saja aku keliru, dan Elizabeth Gilbert yang benar.

Karena itu ada baiknya kita mulai berdoa, mungkin bukan dengan kebencian dan
rasa dendam ataupun tawarnya rasa pesimis akan keadaan di negeri ini. Semoga
TUHAN masih menyisakan dan akan terus membangkitkan orang-orang jujur dan
tulus hati di negeri ini. Sebuah generasi yang hatinya dipenuhi rasa takut
akan nama-NYA. Mereka yang mengasihi bangsa, negara dan rakyatnya. Yang
bersungguh-sungguh mencintai istri, suami, anak, rumah tangga, orang tua,
dan sesamanya. Orang baik yang kehadirannya membaikkan keadaan. Wakil-wakil
TUHAN yang menyebarkan cinta dan menjadi rahmat. Sama sekali bukan
kebengisan, kearoganan dan kemunafikan, yang sebenarnya jelas-jelas adalah
ciri khas setan.

Sehingga suatu saat nanti, setiap jengkal tanah di Indonesia Raya, menjadi
tempat inpiratif yang sungguh-sungguh layak dan nyata bagi siapapun untuk
bertemu dengan cinta. Yang berarti pula, bertemu dengan TUHAN, Sang Raja.
Karena dimana ada cinta yang tulus, disana IA hadir dan bertahta (*)

*"Andai saja kita mengetahui betapa kita sangat dicintai-Nya & betapa luar
biasanya kita dicipta maka setiap saat hati kita akan berpesta pora"*

--

Ketika syuting film nya mbak juliar roberr. semua orang pasti pingin ngelihat
pengambilan filmnya. Bagiku yang saat itu juga diubut, aku pusing dengan adanya
pengambilan film mbak jul, bayangkan saja, tiap hari macet total, kerjaku jadi
terhambat. rencana meetingku dengan orang orang di ubut berantakan, jadi gak
ontime. waduh pokoknya bagiku gak ada untungnya. Ini komentar 1

Komentar 2 , menurutku ya sah sah saja dan bisa jadi idenya penulis menemukan
cinta di bali. kalau bicara indonesia ya....benar benar saydaraku made teddy
bilang, karena memang indonesia isisnya kerusushan saja. Tapi kalau di
bali.........saya kira pas.......indonesia is indonesia......bali is
bali......bali beda dengan indonesia.....indonesia bukan bali.....bali bukan
indonesia.......itu kata bule bule yang di kuta sana......so jika cinta
indonesia rasanya kok kurang pas dengan kontek saat ini.....indonesiaku
...korupsiku, indonesiaku....perkelahianku, indonesiaku....ajang
pencurianku....indonesiaku....ajangnya para orang yang sudah tidak memahami
hakekat sumpah pemuda, hakekat pancasila, dan hakekat Undang undang dasr negara
kita...........................kalau bali.......hem............ada nasi lawar,
ada pizza....dari ataly, ada tari leaknya, ada orang pinternya, ada orang
bodnonya, .....ada bisnismannya, ....ada...pekerjanya, ada orang penting datang
kebali, ada orang gak penting datang kebali...pokoknya semuanya tumplek blek di
nusa dua, sanur, kuta, kerobokan, jimbaran, canggu....dn pastinya
legian....na...na...na....indahnya malam di bali......na na ana ......baunya
harum dupa baliku.....na na na asik snorkling....pokoknya nikmat sruput
kopi....nikmat minu bir bintang......lihat cewek cantik bikini....asik asik main
gitar di pantai.........cari uang banyak gampang, hidup santai....okay.semuanya
ada.....hidup bali..............itulah alasan penulis eat, pray, and love
menenetukan bali sebagai penentuan cinta.....setuju gak setuju terserah
pemirsa.....tapi itulah yang kurasakan dan dirasakan penilis eat, pray , and
love......kita sama sama kok pecinta bali.....

--


Banyak faktor yang menuntun customer memilih produk yang dibeli, market leader
dengan harga murah akan mempimpin pasar biasanya terjadi pada customer dengan
tingkat pendapatan dan pendidikan rendah dan juga biasanya terjadi di sektor
pertanian. Jika dilihat dari karakternya adalah pembeli turun temurun, kurang
open minded, dan hanya berdasarkan keyakinan dan mereka akan puas dengan kondisi
minimum yg diberikan produk tersebut,
Contoh: Jagung Hibrida Bisi 2, sangat terkenal dikalangan petani jawa tengah, 80
% market share, harga paling murah dibandingkan kompetitor. (Bisi dikisaran Rp
30 ribuan. Pioneer 50 ribuan. Syngenta 45 ribuan. Dekalb 50 ribuan ) dan Bisi
bukan yang pertama masuk ke pasar hibrida, namun keyakinan, harga murah,
manjadikan petani loyal, kondisi minimum yang saya maksud diatas adalah, mereka
akan sangat maklum jika setelah mereka tanam hanya 50-60 persen yang tumbuh,
mereka tidak akan komplain karena ya begitulah biasanya jagung tersebut, namun
jika mereka membeli produk yang lebih mahal, jika ada sesuatu yang jelek sedikit
saja, mereka akan bercerita tentang betapa jeleknya benih mahal yang mereka
beli.
Pada contoh yang diberikan Pak Sukardi Arifin tentang Nokia, Sharp dan
Avanza.
Nokia masih yang pertama dan sangat gencar beriklan dari awal sampai sekarang,
konsisten.
Sharp, merk tersebut sangat fokus di TV,,,,TV alat iklan paling bagus,,,coba
jika kita lihat TV pasti dibawah ada mereknya,,,,SHARP,,,ditonton sejak kelas 3
SD sampai tua, sampai beberapa tahun pun saya anggap SHARP hanya membuat TV,
fokus.
Avanza, membawa nama besar TOYOTA dengan brand image tertinggi di pasar
kendaraan, padahal Avanza=Xenia cuma beda label yang tertera di mesin saja.
Merk.

Ide Gila: Coba saja Toyota buat TV dengan merk Toyota? laris pasti.


--

Berapa Persen Waktu yang Dialokasikan CEO Anda untuk Mengelola SDM?

* Written by Yodhia Antariksa
* Posted September 27, 2010 at 12:00 am

peoplere.jpgThe world’s best companies realize that no matter what business they’re in, their real business is building leaders.

Ya benar, kalimat penuh makna itulah yang disuarakan oleh para CEO atau Presiden Direktur dari perusahaan-perusahaan kelas dunia. Mereka sejatinya ingin mengatakan, mengembangkan dan mengelola future leaders/managers adalah tugas utama yang harus mereka lakukan – lebih dari tugas-tugas lainnya. Dengan kata lain, tugas pokok seorang CEO pertama-tama bukanlah mengurus bisnis, namun mengurus orang. Pendeknya, tugas pertama yang maha penting bagi setiap CEO yang ingin berhasil adalah ini : develop future leaders/managers.

Dari statement penting diatas, saya lalu teringat ungkapan dari Noel Tichy, pakar manajemen yang menjadi otak dibalik kehebatan program pengembangan kepemimpinan di GE. Noel bilang, ada sebuah cara mudah untuk menguji apakah perusahaan Anda benar-benar serius terhadap upaya pengembangan SDM, atau sekedar lip service. Caranya begini : coba datanglah kepada sekretaris CEO Anda, dan tanyakan apa saja agenda sang bos dalam satu bulan ke depan. Kalau dari puluhan agendanya yang super sibuk itu, tak ada satupun item yang menyangkut mengenai proses pengembangan SDM, then forget it. Lupakan semua blah-blah-blah mengenai strategi pengembangan SDM.

Ya, sederet pertanyaan yang sungguh serius lantas perlu segera dikibarkan : dari pengamatan Anda, apakah dalam setahun terakhir bos besar (alias Dirut) Anda pernah meluangkan waktu untuk menjadi trainer dan memberikan sharing session bagi para anak buahnya? Apakah sang CEO selama ini pernah memberikan coaching one-on-one secara reguler dan sistematis kepada para manajer kunci di perusahaan? Apakah sang CEO selama ini pernah mengalokasikan waktunya untuk ikut wawancara penerimaan trainee yang akan menjadi calon future leaders? Dan apakah sang CEO selama ini selalu terlibat intens dalam penyusunan rencana pengembangan strategis bagi para future managers?

Faktanya, berdasar riset yang dilakukan oleh majalah Fortune, rata-rata waktu yang dilalokasikan oleh para CEO perusahaan kelas dunia untuk proses pengembangan SDM adalah 50 % — sebuah angka yang amat signifikan mengingat kesibukan seorang CEO. Dulu, ketika Jack Welch masih menjadi CEO General Electric, ia mengalokasikan 60 % waktunya untuk mengelola manusia. Ia bilang, urusan pengembangan SDM terlalu penting untuk diserahkan pada orang lain. Dengan kata lain, ia ingin mengatakan urusan SDM harus langsung ditangani oleh sang CEO seperti dirinya. Tidak oleh orang lain.

Demikianlah saat menjadi CEO GE, Jack Welch – yang langkahnya kini juga diikuti oleh penerusnya, Jeff Immelt – selalu meluangkan waktu untuk mengajar para manajernya di kampus GE Academy yang megah di Crotonvile, USA. Secara periodik ia menghabiskan waktu berjam-jam dengan Direktur SDM-nya untuk memelototi dan memantau pengembangan SDM bagi 100 manajer kuncinya. Dan setiap tahun, ia datangi satu per satu seratus orang itu untuk melakukan tatap muka secara langsung dalam sesi coaching secara khusus. Praktek yang persis semacam ini juga dilakukan oleh AG Leafley, CEO dari perusahaan Procter and Gamble. Setiap minggu, Leafley berdiskusi intensif dengan Chief HR-nya guna memantau secara cermat progres pengembangan SDM bagi para manajernya.

Filosofi kedua orang itu – yakni Jack Welch dan Leafley – sama. Bagi mereka, tugas utama mereka adalah mengembangkan kapabilitas dari para manajernya. Sebab, dengan barisan para manajer yang kapabel, roda bisnis dengan sendirinya akan berjalan dengan lancar. Dengan kata lain agar perusahaan terus bisa sukses, mereka harus serius mengembangkan mutu orang-orang yang mengemudikan roda bisnis itu.

Jadi omong-omong, berapa persen waktu yang dialokasikan bos besar Anda untuk mengurus proses pengembangan SDM? 40 %, 20, 10 atau 0 %? Kalau menurut Anda, masih dibawah 20 %, silakan lakukan hal berikut : simpan tulisan ini, lalu segera kirim melalui email kepada bos besar Anda. Semoga dengan begitu, para bos besar Anda menjadi sadar that no matter what business they’re in, their real business is building leaders……

--

3 Toko Buku Favorit yang Keren dan Asyik

* Written by Yodhia Antariksa
* Posted September 20, 2010 at 12:00 am

road-re.jpgBisnis perbukuan di tanah air tampaknya tetap semarak. Banyak toko buku megah yang berdiri mejeng di tengah lokasi mal. Banyak pula buku baru yang terus bermunculan, lengkap dengan aneka judul yang menggoda. Dan setiap akhir pekan, beragam toko buku itu hampir selalu dipadati oleh banyak pengunjung.

Saya sendiri termasuk penggemar toko buku. Inilah tempat pertama yang saya kunjungi, setiap kali saya berkunjung ke kota-kota besar, baik di tanah air ataupun di luar negeri. Lalu dimana toko buku favorit yang koleksinya bagus dan layak dikunjungi secara reguler?

Ada tiga toko buku yang saya kira layak mendapatkan predikat sebagai favorit – setidaknya di mata saya. Mungkin penilaian saya subyektif, namun tetap daftar toko buku favorit ini bisa dijadikan semacam referensi.

Toko buku favorit yang pertama adalah toko buku Gramedia Cabang Matraman, Jakarta. Oke, Gramedia memang telah menjelma menjadi semacam penguasa tunggal dalam bisnis retail buku di tanah air. Konon, setiap mal besar yang berdiri selalu membujuk Gramedia agar mau membuka toko di tempatnya dengan diskon sewa yang amat besar (tanpa Gramedia, sebuah mal – betapapun megahnya – terasa kehilangan “sesuatu”).

Pesaing Gramedia seperti toko Gunung Agung, Kharisma atau Toga Mas, mungkin agak tertatih-tatih mengejar sang raja buku retail ini. Boleh jadi hal ini karena Gramedia dimiliki oleh Grup Kompas yang punya jaringan penerbitan buku yang terintegrasi. Jadi agak sudah juga melawannya.

Nah, diantara puluhan toko Gramedia yang mencolok itu, cabang yang ada di Matraman, Jakarta Pusat merupakan salah satu yang paling lengkap koleksinya. Cabang yang ini selalu menjadi rujukan cabang Gramedia lainnya jika mereka kehabisan pasokan buku; atau ketika menemui pelanggan yang mau mencari buku dengan judul yang langka. Jika Anda mau mencari buku bisnis bahasa Indonesia, toko Gramedia Matraman ini termasuk yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

Toko buku favorit kedua adalah toko Periplus Cabang Pondok Indah Mall. Bagi Anda yang punya minat dengan buku bisnis berbahasa Inggris, tempat ini adalah yang terbaik koleksinya. Di Jakarta sekarang memang sudah ada toko buku yang khusus menyediakan buku-buku bisnis berbahasa Inggris seperti Times, Kinokuniya, QB, ataupun juga Gramedia. Namun Periplus saya kira yang paling bagus dari sisi kelengkapan dan update-nya.

Sering, buku-buku internasional yang tengah hot di berbagai negara, sudah langsung bisa ditemui di Periplus hanya dalam hitungan hari. Saya suka kagum juga dengan kejelian Periplus dalam memilih buku-buku bisnis yang akan dijual.

Selain Periplus di Pondok Indah Mall, Periplus di Bandara Soekarno Hatta Terminal 2 juga oke. Tempatnya kecil, namun koleksinya wow. Kalau Anda sedang menunggu boarding pesawat Garuda, toko Periplus ini layak mendapatkan kunjungan.

Toko buku favorit saya yang ketiga adalah toko buku online Amazon.com. Tak pelak, toko ini menyediakan koleksi buku bisnis paling lengkap sedunia. Setiap judul buku bisnis yang ada dikolong jagat ini rasanya tersedia di Amazon.com. Inilah yang membuat saya paling rajin berbelanja buku di tempat ini.

Membeli buku via amazon.com memang harus melalui kartu kredit (online payment). Ongkos kirimnya rata-rata 50 ribu per buku, dan kira-kira butuh waktu antara 2 – 3 minggu agar buku yang kita pesan tiba di rumah (setelah dikirim dari pusat Amazon.com di USA sana).

Yang menarik dari Amazon.com adalah mereka selalu menampilkan best seller buku-buku bisnisnya secara real time (Anda bisa melihatnya disini). Dengan begitu kita bisa selalu update dengan buku-buku bisnis apa saja yang sedang hot saat ini, dan tengah dibincangkan oleh komunitas bisnis global.

Itulah daftar tiga toko buku favorit yang layak dikunjungi secara reguler. You are what you read, begitu sebuah pepatah pernah bilang. Mudah-mudahan kita semua bisa selalu menyisihkan dana untuk membeli buku secara rutin (bukan hanya beli baju baru, pulsa atau gadget melulu).

Dengan membeli dan membaca buku dengan rutin, kita kemudian bisa mengisi salah satu ruang rumah kita dengan “perpustakaan kecil” yang indah. Seb

--


Pay + Passion + Purpose = True Happiness

* Written by Yodhia Antariksa
* Posted August 9, 2010 at 12:00 am

landscape-re.jpgSemburat sinar mentari selalu hadir menyapa di ufuk timur : cahayanya membuat langit merekah merah. Tiap pagi, tetesan embun senantiasa jatuh di sudut dedaunan. Dan tiap pagi pula kita terus mengawali hari dengan sepercik asa untuk merajut hidup yang lebih syahdu. Tidakkah sejarah hidup kita akan terasa lebih indah jika sepercik asa dan setangkup harapan itu bisa menjelma menjadi kenyataan?

Pertanyaannya sederhana : terus apa yang kudu dihayati agar setangkup harapan untuk menyulam hidup yang syahdu nan bahagia itu bisa menjelma menjadi kenyataan? Apa yang kudu dilakoni agar sejarah hidup kita yang terus mengalir ini bisa terus mengalun dalam lengking kebahagiaan dan limpahan kebermaknaan (meaningfulness) ?

Sepotong jawaban untuk merajut happiness life itu barangkali terletak pada formula 3 P atau singkatan dari Profit/Pay, Passion and Purpose. Jadi kalau kita rumuskan menjadi : Pay + Passion + Purpose = Happiness.

P yang pertama adalah profit (bagi Anda yang punya usaha sendiri ) atau pay (atau gaji bagi para pekerja kantoran). Uang bukanlah segala-galanya, begitu sebuah pepatah lama berkidung. Benar sekali, sebab uang semata acapkali tidak membikin kita bahagia (money can’t buy us happiness).

Namun sebaliknya juga benar : tanpa income yang cukup, atau apalagi dengan penghasilan yang terus defisit, kita nyaris tidak bisa hidup dengan tenteram dan tidur nyenyak. Kalau tidak percaya, tanyakan pada teman atau kerabat kita yang dikejar-kejar debt collector gara-gara keblablasan memakai kartu kredit, atau terjerat utang lantaran income-nya selalu defisit.

Sebab kita tahu, harga rumah rasanya semakin tak terjangkau, biaya anak-anak sekolah rasanya makin mahal, dan tidak pernah ada dalam sejarah harga sepeda motor atau mobil turun. Karena itulah, kita mesti meraih pay atau profit yang layak agar kita bisa merajut kehidupan yang juga memadai.

Lalu berapa besaran idealnya? 16 juta per bulan, demikian angka yang sudah pernah saya bahas DISINI. Wah kok lumayan gede ya? Ya, sebab dengan angka itulah kita barangkali baru bisa membeli rumah yang layak. Dibawah angka itu, kita mungkin seumur-umur hidup di rumah kontrakan. Nah kalau kitanya wafat lalu anak kita mau tinggal di rumah siapa? Ngontrak lagi? Atau berkemah di pinggir jalanan?

P yang kedua adalah Passion. Kalaulah kita sudah lulus ujian dalam P yang pertama (pay atau profit), idealnya kita juga bisa menemukan passion dalam pekerjaan atau usaha yang kita jalankan sehari-hari. Betapa indahnya kalau kita telah mendapatkan pekerjaan dengan gaji gede, dan kita pun mencintai pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari.

Lazimnya, pay dan passion itu memang berjalan beriringan. Logikanya, jika Anda memiliki passion dengan pekerjaan Anda, maka Anda akan selalu bersemangat dan gigih dalam menuntaskan tugas-tugas yang ada. Hasilnya pasti akan mak nyos, dan selanjutnya karir atau usaha Anda otomatis akan terus melaju. Tentu dengan begitu, gaji atau profit Anda akan terus juga melesat naik.

Sebaliknya, kalau Anda tidak punya passion, maka Anda akan menjalani pekerjaan atau usaha Anda dengan terpaksa, lalu hasilnya pasti akan brekele, dan selanjutnya karir/usaha Anda akan mentok. Lalu, gaji atau profit Anda akan stagnan : berhenti, tidak kemana-mana. Waduh cilaka dong.

P yang terakhir adalah Purpose. Kalaulah kita sudah bisa meraih pay/profit yang memadai, dan juga menemukan passion dalam pekerjaan /bisnis kita; maka bentangan berikutnya adalah : finding purpose in our life. Maksudnya, bagaimana kita selalu bisa mentautkan pekerjaan dan passion kita pada tujuan (purpose) yang lebih hakiki, yakni tak lain tak bukan : sebagai bentuk ibadah dan pengabdian kepada Sang Pencipta Kebahagiaan Sejati.

Pay atau profit yang layak dan passion yang terus menyala mungkin akan membawa kebahagiaan pada hidup kita. Namun hanya melalui niat dan tujuan untuk selalu hormat pada Sang Ilahi yang benar-benar akan membawa kita pada kebahagiaan sejati.

Demikianlah rumus Pay + Passion + Purpose = True Happines.

Setiap petang, sang mentari selalu tenggelam dalam peraduannya. Setiap hari sejarah hidup kita terus dianyam. Semoga dalam perjalanan hidup yang panjang itu, kita semua bisa menuntaskan rumus diatas dengan sempurna. Dan kemudian bisa meraih kebahagiaan yang hakikiki dalam hidup.

--


Outsourcing dan Strategi Pengelolaan SDM

* Written by Yodhia Antariksa
* Posted October 4, 2010 at 12:00 am

breakre.jpgKini tampaknya makin banyak perusahaan yang berbondong-bondong menggunakan pegawai dengan status oursourcing (alih daya). Dan jenis pekerjaan yang di-alihdayakan juga tak lagi sebatas pekerjaan supporting semacam tenaga sekuriti, OB ataupun tenaga kurir. Kini juga makin banyak pekerjaan back office yang di-outsource-kan, seperti tugas sekretaris, staf payroll, staf accounting dan sejenisnya.

Pertimbangannya tentu saja untuk menghemat cost. Dengan menggunakan tenaga outsourcing, perusahaan tak lagi harus terbebani berbagai “employee benefit cost” yang kadang sangat mahal (bisa sama besarnya dengan gaji dasar karyawan). Sebut misalnya, biaya kesehatan pegawai atau biaya pensiunan pegawai.

Jika menggunakan karyawan permanen, berbagai employee benefit cost semacam itu wajib diberikan oleh perusahaan, dan diam-diam ini bisa menggerus sumber daya finansial perusahaan. Kita masih ingat misalnya, tragedi kebangkrutan perusahaan General Motors. Salah satu sebabnya, biaya kesehatan para pensiunannya lebih besar dibanding keuntungan perusahaan. Dengan kata lain, laba perusahaan habis hanya untuk menanggung beban biaya kesehatan pegawai dan para pensiunannya. Banyak perusahaan BUMN disini yang suatu saat mungkin akan menghadapi problem serupa.

Itulah mengapa pilihan untuk merekrut tenaga outsourcing merupakan salah satu pilihan yang menarik untuk melakukan efisiensi biaya tenaga kerja. Tentu saja, banyak pihak yang protes dengan situasi semacam ini. Sebagian bahkan kemudian mengusulkan agar pemerintah mengeluarkan kebijakan yang melarang atau sangat membatasi kegiatan outsourcing.

Namun barangkali kita mesti hati-hati dengan anjuran semacam itu. Sebab – harap ingat kalimat ini – sejumlah studi menunjukkan kebijakan mengenai tenaga kerja yang terlalu kaku dan rigid dalam jangka panjang justru akan merugikan ekonomi sebuah negeri. Dengan kata lain, peraturan tenaga kerja yang “terlalu” melindungi kepentingan dan hak pekerja acapkali justru menjadi bumerang bagi kemajuan ekonomi bangsa.

Contoh yang peling getir dari pernyataan diatas adalah apa yang terjadi di Perancis dan Spanyol. Di banyak negera Eropa – terutama Perancis – terdapat banyak kebijakan yang sangat memihak kepentingan pegawai (misal di Perancis untuk melakukan PHK karyawan harus melalui ijin dari Perdana Menteri !!). Kenyataannya, angka pengangguran di dua negera itu sangat tinggi. Di Perancis angka pengangguran faktual diperkirakan berada pada angka 20% — sebuah angka menyeramkan dan jauh diatas angka pengangguran di negeri ini. Begitu juga di Spanyol.

Sebabnya sederhana : peraturan tenaga kerja yang kaku dan “terlalu” membela kepentingan pekerjaa ternyata membuat banyak perusahaan takut melakukan rekrutmen dan enggan menjalankan kebijakan ekspansi bisnis. Akibatnya fatal : roda ekonomi bisnis menjadi macet.

Itulah sebabnya sejumlah ahli kebijakan ekonomi menyebut peraturan tenaga kerja yang terlalu kaku (rigid) bisa sangat menguntungkan orang yang saat ini sudah bekerja; namun bisa menjadi ancaman bagi para calon pekerja (adik-adik kita yang akan segera memasuki dunia kerja). Sebabnya ya itu tadi : peraturan tenaga kerja yang tidak fleksibel akan membuat perusahaan enggan melakukan rekrutmen dan investasi baru. Ujungnya : roda ekonomi menjadi tersendat, dan para calon pekerja baru menjadi tidak kunjung menemukan pekerjaan yang diimpikannya.

Melihat fakta diatas, maka kebijakan mengenai outsourcing mungkin akan terus berjalan, bahkan mungkin dengan laju yang kian menggeliat. Jadi harus bagaimana?

Dari sisi pekerja, fenomena outsourcing ini mungkin memang sebuah berita yang sungguh memilukan. Memilih menjadi pegawai dengan status outsourcing memang seperti menggantang masa depan pada sebuah jalan ketidak-pastian yang kelabu.

Namun sekedar menggerutu pada perusahaan atau mengomel tentang kebijakan outsourcing juga hanya buang-buang energi belaka. Sebab mengutuk keadaan hanyalah cermin dari sebuah sikap yang tak mau menerima tanggungjawab penuh akan nasib diri sendiri.

Karena itu jika ada ada diantara Anda yang kebetulan menjadi pegawai outsourcing, kenapa tidak menjalaninya saja dengan penuh ketekunan. Tentu saja sambil terus belajar, menggali pengalaman bekerja, dan senantiasa mengasah kecakapan yang relevan. Lalu suatu saat, ketika ada kesempatan pekerjaan yang lebih menjanjikan, Anda bisa dengan lebih siap bersaing untuk mendapatkannya.

Sekali lagi, pesan yang ingin terus disuarakan adalah ini : we create our own destiny. Menjadi pegawai outsourcing bukanlah sebuah petaka yang menjadi akhir segalanya. Bagi pribadi yang bermental tangguh dan selalu berpikir positif, pengalaman menjadi tenaga outsourcing mungkin justru merupakan jalan yang harus dilalui untuk menapaki kesuksesan di kemudian hari.

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar