Jumat, 15 Oktober 2010

Kekayaan Orang Indonesia Bertambah

Lembaga Riset The Credit Suisse menyebutkan total kekayaan orang Indonesia tumbuh lima kali lipat dalam satu dekade terakhir mencapai 1,8 triliun dolar AS pada 2010.

Angka itu akan naik lagi dua kali lipat menjadi 3,0 triliun dolar pada 2015. Siaran pers The Credit Suisse yang diterima di Jakarta, Kamis mengatakan, kekayaan rata-rata orang dewasa di Indonesia juga melesat 384 persen sejak tahun 2000 menjadi 12.112 dolar yang merupakan pertumbuhan tercepat di Asia Pacific dan tertinggi keempat di dunia.

Lebih dari 90 persen kekayaan rumah tangga di Indonesia adalah aset non finansial, terutama property. Aset finansial hanya menyumbang kurang dari 10 persen selama satu dekade terakhir. Dari total populasi, sekitar 20 persen penduduknya berada di bagian tengah piramida kekayaan (dengan rata-rata kekayaan berkisar dari 10.000-100.000 dolar) dan mayoritas penduduk memiliki kekayaan di bawah 10.000 per orang dewasa. Laporan tersebut menunjukkan, bahwa kekayaan global yang dimiliki 4,4 miliar orang dewasa telah bertumbuh 72 persen sejak 2000 dan mencapai 195 triliun dolar. Didorong oleh ekspansi ekonomi di negara-negara berkembang, Credit Suisse Research Institute memperkirakan kekayaan global akan meningkat 61 persen menjadi 315 triliun dolar pada 2015.

Bagian tengah dari piramida kekayaan terdiri dari satu miliar penduduk dunia yang berdomisili di negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dan menguasai seperenam atau 32 triliun dolar dari kekayaan global. Secara keseluruhan, hampir 60 persen atau 587 juta orang di bagian tengah piramida kekayaan berdomisili di Asia Pacifik. China tercatat sebagai negara penghasil orang kaya terbesar ketiga di dunia, hanya tertinggal dari Amerika Serikat da Jepang, serta 35 persen di depan Perancis sebagai negara terkaya Eropa. (CS/Ant)

--

Saya selalu sebal dengan senyum yang mereka (orang-orang kristen) sunggingkan dimulut mereka ketika kukritik, kuejek dan kupermalukan… Sekarang saya tahu kenapa mereka tersenyum. Karena cinta, kasih, ampunan dan toleransi mereka akan musuh-musuh mereka. Karakteristik kristen itulah yang membuat damai.”



Elemen-elemen ekstrim dan tiranis yang ada di Iran dan Palestina mungkin tidak mengagetkan bagi orang barat – khususnya setelah kejadian 11 Sep 2001 – tapi yang terjadi di Mesir mestilah mengejutkan mereka. Tanah sang Firaun, tujuan dari jutaan turis, juga, sayangnya, markas dari islam ekstrim.



Mesir adalah tanah kelahiran Tangan kanan dari Osama bin Laden, Ayman Al-Zawahiri. Meski terlahir dari darah aristokrat Mesir dan dididik sebagai dokter bedah, Zawahiri, seperti anak muda mesir lain, menolak keistimewaannya itu dan malah jadi tertarik pada islam radikal lewat ajaran-ajaran Sayyit Qutb, orang yang ide-idenya membantu mendirikan al-Qaeda. Tahun 1998, Zawahiri membawa organisasi Jihad islam Mesir menyatu dengan kekuatan Osama bin Laden. Bersama-sama mereka membentuk al-Qaeda dan kejadian-kejadian setelah itu menjadi catatan sejarah yang tragis. Ini adalah sekilas latar belakang dari Ahmed Awny Shalakamy.



Saat ini, Ahmed percaya bahwa dia adalah saksi hidup dari sistem kepercayaan sesat yang mengilhami manusia untuk melakukan kekejian-kekejian yang mengerikan. Dia akui ketika muda, dia begitu dipenuhi dengan kebencian hingga dia keluar rumah begitu saja sambil membawa parang dan membunuh dua orang Sikh tak bersalah – ayah dan anak. Seorang Hindu Bangladesh diseret oleh Ahmed kesebuah mesjid dan dipukuli hingga mati. Sang korban, yang meminta-minta ampun, sepertinya tidak punya pengaruh pada para penyembah Kabah fundamentalis ini, yang terus-menerus berteriak “BUNUH KAFIR, BUNUH KAFIR”. Dalam kesaksian ini, Ahmed juga mengungkapkan bagaimana dia memikat wanita non muslim kedalam islam, dan setelah mereka masuk islam dia mengarak mereka dijalan-jalan untuk mempermalukan keluarga mereka.



Ahmed berpaling 180 derajat dalam pemikirannya, lalu menulis kesaksian ini karena dia sekarang percaya bahwa manusia tidak terlahir jahat tapi menjadi jahat lewat indoktrinasi. Dia sekarang menghabiskan hidupnya untuk mencari para wanita yang dia ajak ataupun paksa masuk islam dan menolong mereka membangun kembali hidup mereka yang pernah dia hancurkan.



Ahmed punya pesan bagi orang-orang yang membaca tulisannya: Terorisme bukan jalan hidup, tapi jalan mati. Dan sampai kita bisa hentikan islam, tak seorangpun akan aman. Ahmed keluar islam karena dia percaya islam membuat dia membunuh. Dan dia takut dunia barat terlambat mengenali ancaman ini.



Kesaksian Ahmed Awny Shalakamy.



Aku besar di Giza, Mesir. Ayahku seorang kontraktor bangunan dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan islami. Dia ketua dari Perkumpulan islam Lokal dan kadang berkhotbah jum’at di mesjid-mesjid.



Ayahku benci kristen. Dia mengajarkan bahwa kristen itu kafir yang mengkontradiksi diri mereka sendiri dengan mengatakan bahwa Yesus Kristus itu Tuhan sementara buku rusak mereka (bible) punya ayat-ayat yang membuktikan Yesus cuma nabi. Itu semua bagian dari retorika yang biasa kita dengar dari Speaker/TOA mesjid yang menggelegar, dan dari radio-radio ataupun kaset-kaset yang diputar keras-keras dijalanan mesir. Dalam atmosfir demikian, seorang anak muslim di Mesir disuapi kebencian bareng dengan disedotnya susu ibu mereka.



Perkumpulan islam Ayah sangat aktif dalam segala bidang. Menjalankan asrama wanita, workshop, klinik, taman kanak-kanak, madrasah dan sekolah untuk belajar dakwah islam. Perhatian utama kelompok ini adalah untuk menyebarkan islam dengan segala cara.



Selama berkuasanya presiden Anwar Sadat, Imam besar Al-Azhar, Mohammad Abdel Halim Mahmoud, terlibat dalam persekongkolan dengan wakil presiden, Mr. Hussein el Shafei. Sheikh Keshk juga terlibat dalam hal ini dan menyusun rencana bersama dengan Mohammad Osman Ismail, Gubernur Assiut yang lama, serta Mohammad Abdel Mohsen Saleh. Baik Ismail maupun Saleh adalah pendiri dari Perkumpulan Dakwah Islam yang tersebar luas, salah satunya yang diketuai ayahku.



Tujuan dari kelompok-kelompok ini adalah mengubah Mesir menjadi negara islam dalam perioda 50 tahun saja. Anggota dari keluarga Kerajaan Saudi, yang terlibat juga dalam pergerakan Wahhabi serta seorang pangeran Minyak dari Teluk, mendanai rencana ini. Uang ditebarkan dengan royalnya untuk membujuk wanita kristen dengan segala cara. Harga yang dibayar bagi setiap satu wanita yang masuk islam adalah 5.000 Pound Mesir, ini tahun 70 dan 80an. Uang itu dibagi untuk lelaki muslim yang memikat sigadis dan anggota polisi serta anggota kelompok yang terlibat dalam ‘penarikan’ si gadis/wanita itu.



Kerja dari kelompok Penarikan di Mesir ini terus berlanjut dan pembayaran akan hasil ‘penarikan’ sekarang menjadi lebih besar lagi. Saat ini harga seorang gadis jika berhasi ditarik masuk islam adalah 10.000 Pound Mesir dan harga itu bisa naik sampai 200.000 Pound Mesir jika si gadis berasal dari keluarga kristen terkenal, atau anak dari Professor sebuah universitas, anak mentri atau anak dari seseorang yang berhubungan dengan pemimpin gereja.



Seperti ayah, saya juga ikut dalam kelompok ‘penarikan’ ini. Setelah kami berhasil menarik wanita kristen masuk islam, kami akan mempamerkan siwanita ini dengan mengaraknya dijalan-jalan keliling kota. Kami memainkan musik dengan keras dan mengibarkan bendera islam sambil berteriak “Allahu Akbar” untuk mengumumkan kemenangan Islam. Kami juga meneriakan slogan-slogan yang mengejek kristen. Tidak ada orang kristen yang mampu menonton pawai ini, juga tidak bisa mereka serang, karena kami dijaga polisi.



Ini adalah praktek yang normal, sampai tahun 1985, ketika pawai-pawai demikian dilarang. Meski demikian, kami meneruskan usaha-usaha ‘penarikan’ ini. Kami memfokuskan untuk menarik wanita/gadis kristen karena kami percaya bahwa ini akan lebih mempermalukan mereka. Di Dunia Timur, kehormatan kaum lelaki bergantung pada anak perempuan, saudari atau istrinya, jadi mempermalukan mereka lebih hebat dengan mengincar wanita-wanitanya.



Kami pakai segala macam tipuan untuk menarik wanita kristen. Utamanya kami mengincar emosi dan impuls hati mereka. Kami juga memakai skandal untuk menarik para wanita ini dan dengan skandal itu bisa membuat mereka melakukan apapun yang kami mau. Ini yang saya lakukan ketika saya ikut dalam kelompok itu. Udah dibayar, saya juga dijanjikan hadiah tambahan karena setiap kutarik wanita kristen masuk islam saya akan dihadiahi satu bidang tanah di SURGA.



Kisah berikut ini adalah mengenai para wanita yang berhasil saya pancing masuk islam lewat penipuan.



Fatimah aslinya dari Kairo dan masuk kuliah dikota dimana keluarga saya tinggal. Saya kuliah ditahun pertama saat itu, dan ini tugas pertama ‘penarikan’ saya.



Fatimah sangat cantik. Punya beberapa teman wanita muslim yang bilang pada saya bahwa dia ‘ikan’ yang mudah ditarik. Mereka mengatur pertemuan saya dengannya dan saya pura-pura jatuh cinta mati padanya, menatapnya dengan penuh cinta dan berkata dengan suara sangat mesra padanya.



Ketika Fatima dan saya mulai bercakap, saya bertanya padanya mengenai iman kristen. Saya sadar langsung bahwa saya harus ganti taktik jika ingin menjebaknya. Saya mulai meyakinkan dia bahwa saya cinta padanya dan saya terus berupaya hingga diapun cinta pada saya. Teman-teman cewek dia yang muslim semua sadar apa yang sedang terjadi dan malah menolong saya membuat dia jatuh dalam pelukan saya. Saya bilang padanya kita akan menikah dan memegang iman masing-masing, karena islam membolehkan pria muslim menikahi ‘Para Ahli Kitab’ dan tetap memegang agama masing-masing karena merekapun percaya pada Tuhan yang sama. Saya jebak dia dan dia hamil.



Secara rahasia saya pergi kegereja bersamanya beberapa kali, bahkan saya beli buku-buku, lambang-lambang Kristen untuk meyakinkan dia bahwa saya pengagum kekristenan. Saya bilang bahwa saya mau sekali masuk kristen, tapi tidak bisa karena bisa dibunuh jika murtad. Lalu saya katakan cinta padanya dan tak bisa hidup tanpa dia dan jika dia masuk islam, dia tidak akan dibunuh oleh orang kristen, lagipula dia mengandung anak saya – buah cinta kami berdua.



Dia ketakutan dan tidak tahu harus melakukan apa. Saat itu, saya minta agar jangan merusak hubungan dia dengan gereja dulu, berlakulah normal dan sebagai kamuflase pergi ke gereja hari kamis untuk pengakuan dosa, hari jumat untuk komuni dan hari minggu untuk misa. Dia mengikuti perintah saya dan satu malam, sesuai instruksi saya, dia datang membawa koper dan perhiasan dia, kami habiskan malam dirumah jalan Gameat El Dewal El Arabia. Sabtu pagi, kami punya janji dengan seseorang terkemuka di Al Azhar untuk mengatur dia masuk islam dan mengucapkan syahadat. Kuganti namanya menjadi Fatima El Zahra Mohammad Ali El Mahdi.



Usaha-usaha keluarga dan kristen lain untuk mengambilnya kembali sia-sia belaka. Saya pastikan agar dia sendirilah yang menolak kembali, dia sudah saya cuci otaknya. Usaha saya berhasil karena dia yakin sekarang dia menyembah Tuhan Yang Asli, Tuhannya Islam, Allah SWT.



Setelah lima minggu meraih kemenangan bagi islam ini dan menerima hadiah uangnya, saya memutuskan untuk meninggalkan pelacur tak beriman ini. Dia terlalu murahan bagi saya dan cuma sekedar objek kenikmatan belaka. Gimana bisa aku punya anak dari keturunan darah kafir kristen, pikir saya. Saya juga mewajibkan dia bekerja utk nafkah hidupnya sendiri. Saya bilang bahwa dia harus melayani tuan muslimnya yang memberi atap rumah diatas kepalanya dan dia harus berterimakasih bahwa saya menikahi dia dan menyelamatkan dia dari malu.



Saya mulai berpikir untuk mengulangi hal demikian lagi, dan lagi dengan wanita lain, jadi saya bisa menikmati hidup, melayani agama saya dan juga menjamin hidup setelah mati saya. Saya percaya dengan melakukan ini saya membela agama saya dengan membuat orang-orang kafir masuk islam; saya menikmati kehidupan sekaligus dibayar uang; dan saya akan dijamin diakhirat nanti karena telah punya tanah berhektar-hektar atas nama saya di surga. Saya juga punya ‘babu’ pengurus rumah secara gratis, sekaligus utk memuaskan birahi saya. Dia bekerja untuk nafkah hidupnya sendiri dan jika saya menginginkan dia untuk seks, dia harus siap untuk memenuhinya.



Saya menikmati penyiksaan, pemukulan dan penghinaan pada Fatima. Saya yakin dia tidak sungguh-sungguh beriman islam dan dia hanya takluk pada insting kewanitaannya belaka. Semua ini semakin membuat saya cenderung menyiksanya sebagai balasan. Fatima hidup bersama saya selama tiga tahun, tujuh bulan dan 12 hari. Selama itu saya telah membuat delapan (8) gadis lain masuk islam.



Ketika aku bertemu Abir, wanita ini sedang kuliah diUniversitas yang jauhnya 1.5 jam dari rumahnya. Dia berasal dari keluarga kaya. Ayah dan ibunya dokter dan saudara lelakinya seorang dokter di Angkatan Darat Mesir. Meski dia rajin ke gereja, dia tidak begitu relijius. Abir terbuka dalam pergaulannya, ia berteman tidak hanya dengan Kristen tapi dengan orang islam juga. Meski dia mudah berteman tapi sulit bagi saya utk mendapatkannya dan harus melakukan tipu daya. Sebagai seorang muslim, kami percaya bahwa kami selalu dalam keadaan perang dengan ‘kafir najis’, dan dengan demikian boleh-boleh saja menipu mereka, tidak dosa.



Satu hari saya menerima kunjungan dari seorang anak muda muslim yang bilang ingin menikahi Abir dan meminta saya menolong dia agar Abir mau masuk islam. Setelah menyusun rencana matang, saya temukan teman dekat Abir ini adalah seorang gadis muslim yang religius. Tapi, dia menganggap Abir sebagai saudara angkatnya sendiri dan ini sangat menyebalkan saya. Jadi saya kunjungi teman dekatnya (si gadis muslim itu) dan bicara mengenai kepercayaan rusak dari kekristenan dan mengingatkan dia akan apa yang Allah SWT katakan dalam Quran. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi teman-teman (mu); sebahagian mereka adalah teman bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi teman, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.” Q 5.51. Saya bilang bahwa Jihad melawan mereka adalah kewajiban dari setiap muslim dan dia harus menyumbang bagi kemenangan Islam. Gadis muslim ini percaya bahwa saya benar dan berjanji akan melakukan apa yang saya inginkan. Saya bilang jangan memperlihatkan kebencian pada teman kristenmu itu, berlakulah seperti biasa, bahkan perkuat persahabatanmu dengan dia, sambil ikuti perintah-perintah saya.



Lalu saya temui seorang muslim ahli farmasi yang menjadi anggota perkumpulan kami dan meminta dia obat halusinasi. Saya beritahu untuk apa obat itu. Dia ingin menyumbang bagi islam karenanya dia setuju memberi obat itu. Lalu saya berikan obat itu pada sigadis muslim temannya dan bilang agar memasukkan dua tablet pada minumannya dan larutkan dengan baik, usahakan Abir meminumnya, lalu panggil kami segera setelah dia mabuk.



Sigadis muslim memanggil kami setelah Abir mabuk di apartemen dia. Kami datang membawa kamera dan perekam video. Kami mulai mempermainkan tubuh Abir dan dia merespon, tidak sadar apa yang kami lakukan. Abir ditelanjangi dan dibawa kekamar tidur.



Saya rekam semua yang terjadi dikamar itu, selama tiga jam kami membuat foto dan rekaman video bergantian. Ketika Abir sadar, dia sadar apa yang terjadi dan mulai berteriak dan menangis. Dia menghina kami, menghina Islam, nabi Islam dan mencoba menyobek-nyobek Qur’an, punya temannya. Saya tunjukkan rekaman video dan foto telanjangnya dan mengancam untuk menyebarkan itu keluar dan kepada keluarganya, juga keluarga Kristen lainnya. Saya ingatkan bagaimana akan malu dia beserta keluarganya oleh skandal ini. Dia menangis dan terjatuh kelantai. Memohon pada kami agar jangan melakukan itu, bahkan kaki kami diciuminya, tapi kami berkeras jika dia tidak mau melakukan apa yang kami perintahkan, kami akan menyebarkan semua ini.



Dia menyerah. Tangisan dan keputus asaannya begitu merdu ditelinga saya. Selama beberapa minggu kedepan dia ikut serta mendengarkan ceramah perkumpulan kami, dimana dia dicuci otak oleh Sang Sheikh. Dia tidak bisa mendebat. Bahkan dia sangat menyebalkan, terus menerus menangis.



Kami ajarkan apa yang harus dikatakan pada polisi nanti. Dia mengikuti instruksi kami ketika diwawancara oleh polisi. Dan ketika polisi bertanya kenapa dia mau masuk islam, dia berkata bahwa Nabi Muhammad mendatanginya dalam mimpi dan menyalaminya dengan salam Islam, memanggilnya “Aisha”. Yesus juga muncul dalam mimpi itu, menyalaminya dengan salam islam juga, menolak semua orang kristen, dan berkata bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT. Dia bilang bahwa Yesus berkata dia adalah hamba Allah dan nabi dan Muhammad adalah nabi Allah. Lalu, dia bilang, Yesus mencium kepala Muhammad dan meminta dia utk mengulangi apa yang diucapkannya dari Quran, “Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, ….dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Q 3.83-85).



Dia mengatakan ini semua tidak hanya dihadapan polisi. Tapi juga dihadapan keluarganya dan pendeta yang mengunjungi dia. Reaksi dia ketika kunjungan ini, yang disebut konseling, diatur oleh kami dan disetujui oleh polisi sebelum pertemuan. Itu semua tipuan dan meski dia dikunjungi oleh pendeta yang berbeda-beda, dia Cuma bisa bilang apa yang harus dia katakan, perkataan yang kami perintahkan.



Setelah semua prosedur sah dilengkapi, dia mendapat kartu Tanda Penduduk baru dan nama islam baru: Aisha Abdalla El Mahdy. Kami berhasil dalam rencana kami, dan pria muslim, Yasser, seorang mujahid, mendapatkan wanita yang dia inginkan bersama dengan hadiah uang, yang cukup banyak karena dia berasal dari keluarga yang terkenal. Saya menerima 25% hadiah, tambah uang pengganti untuk ‘uang lelah’ para polisi dan orang-orang lain yang terlibat seperti si ahli farmasi, teman sigadis, dll.



Keluarga Aisha dipermalukan dan dihina. Hasilnya, ibu dia menjual apoteknya dan ayahnya berhenti praktek dokter. Mereka pindah kota dimana mereka beserta skandalnya tidak dikenal.



Aisha menikahi Yasser dan hidup sebagai orang buangan, karena dia dibenci oleh keluarga Yasser. Dia menikah hanya dua bulan saja, karena Yasser merasa bosan dan tidak menginginkan dia lagi. Dia ceraikan dan ditendang kejalanan kota.



Karena dia saudara muslim kami, tidak boleh bergelandangan, saya bawa dia kemarkas perkumpulan, dimana dia hidup sebagai pembantu, membersihkan tempat itu, menyiapkan makanan dll. Dia tinggal disana selama tiga bulan hingga dia boleh menikah kembali. Sang pengantin pria adalah seorang muslim yang tahu kisah ‘penarikan’ Abir. Dia seorang kuli pasar dan sudah menikah dan punya enam anak. Aisha tidak mau menikahinya dan memohon kami agar jangan menikahkan dia dengan kuli itu. Kami acuhkan dan paksa dia menikah dengan kuli pasar itu.



Dia hidup menderita. Bekerja sebagai babu pembersih rumah dan menjual sayur-sayuran untuk menafkahi suami dan anak-anak suaminya. Sulit dibayangkan bahwa dia dulunya seorang pelajar dari keluarga kaya, keluarga dokter. Hidupnya hancur. Suami keduanya itu menceraikan dia setelah lima bulan. Setelah itu dia tidak menikah lagi karena foto dan rekaman videonya beredar luas, dia dianggap najis dan lacur. Dia jadi gelandangan dan hidup dikamp-kamp jalanan. Ketika dia sedang dalam puncak penderitaanya, dia menangis : “Tuhan ampuni aku.”



Tuhan Menunjukkan Ampunan Dan Menjawab Doanya.



Disaat dia bergelandangan dikota, saya menjadi seorang Kristen dan blasak blusuk mencari setiap wanita yang saya ‘tarik’ masuk islam dulu. Saya temukan Abir yang jadi gelandangan dan saya temui dia bersama dengan istri saya. Kami bawa dia kerumah dan kami rawat. Kami cari orang tuanya dan menceritakan situasi dia, saya kirim kerabat beserta seorang pendeta untuk menjelaskan semuanya. Mereka menangis mendengar kabar ini dan berhasrat untuk bertemu dengan Abir. Reuni keluarga diatur dalam satu gereja di Kairo. Sebuah pertemuan yang sangat mengharukan. Saya pikir keluarganya akan menghina dan menghukum dia, tapi ternyata tidak, mereka menerima dan sangat senang Abir berkumpul dengan mereka lagi.



Ketika keluarga itu saling peluk dan cium, saya tersentuh oleh cinta yang mereka perlihatkan, saya bertanya-tanya kenapa kami (Islam) menyakiti orang-orang Kristen seperti ini. Saya selalu sebal dengan senyum yang mereka (orang- orang kristen) sunggingkan dimulut mereka ketika kukritik, kuejek dan kupermalukan. Saya bilang itu adalah senyum dengki karena mereka minoritas dan tidak sanggup melawan kami para muslim. Sekarang saya tahu kenapa mereka tersenyum. Karena cinta kasih, ampunan dan toleransi mereka akan musuh-musuh mereka. Karakteristik kristen itulah yang membuat damai.

Setelah Abir bertemu keluarganya, dia pulang bersama mereka. Mereka menyambut dia dengan cinta dan kebaikan seperti kitab suci mereka katakan mengenai Anak yang Hilang. Ibunya membelikan baju yang indah, ayahnya membawa perhiasan yang cemerlang. Mereka merayakan kembalinya dia dan mengucapkan kalimat Bible (“Anakku yang mati sekarang hidup kembali dan yang hilang telah ditemukan”).



Permintaan diajukan pada Jemaat Ulama untuk mengembalikannya pada kekristenan, dan disetujui. Seorang pengacara Kristen menjadi sukarelawan mengajukan petisi pada pengadilan untuk mengembalikan nama Kristen dan KTPnya: Pengadilan mengabulkan. Sekarang dia tinggal di Perancis, diaman dia melayani gereja Koptik dengan suami dan anak perempuannya.

--

Liu Wei, pemenang China’s Got Talent

Posted: 13 Oct 2010 05:30 AM PDT
Liu Wei, Pianis Tanpa Lengan di China’s Got Talent

Sempat berjalan-jalan di forum ads-id, saya menemukan sebuah thread lumayan lama yaitu tentang Seorang pria muda yang mengundang decak kagum ribuan orang lewat permainan pianonya yang menakjubkan. Dengan sangat mahir, dia memainkan tuts-tuts piano dengan… kedua jempol kakinya!. Di artikel ini menurut saya sangat inspiratif dan bisa memotivasi sahabat semua yang memiliki kelebihan dalam hal fisik untuk tidak lah berputus asa dan selalu bersyukur atas karunia Tuhan yang telah dilimpahkan kepada saya dan sahabat semua. Berikut ini saya cuplik artikelnya.

Pria itu bernama Liu Wei (23 tahun). Meski tidak memiliki lengan, ia bisa tampil memukau di depan ribuan penonton acara “China’s Got Talent” pada 8 Agustus lalu di Shanghai Grand Theatre. Dengan jari-jari kakinya, Liu sukses membawakan karya klasik milik pianis ternama asal Prancis, Richard Clayderman, yakni “Mariage D’amour”.

Usai permainan piano Liu yang luar biasa itu, seluruh juri dan para penonton memberikan standing ovation pada pria cacat tersebut. Dia pun dinyatakan maju ke babak selanjutnya.

Dua Pilihan

Liu kehilangan dua lengannya dalam sebuah insiden saat dirinya berumur 10 tahun. Dalam insiden itu, Liu menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi saat sedang bermain petak-umpet bersama teman-temannya. Ia langsung jatuh pingsan.

Setelah melewati masa kritis 45 hari, Liu sadar kedua lengannya telah hilang; karena harus diamputasi. Ia menangis sedih.

Jangankan mengejar mimpi menjadi musisi profesional dan produser musik ternama, makan saja ia bingung bagaimana caranya!

Orangtua adalah pihak pertama yang menyadarkannya. Mereka bilang, Liu harus segera bangkit dan melanjutkan hidup. Saat itu, mereka bisa membantu semua keperluan Liu. Namun bagaimana nasib Liu jika mereka sudah tiada?

“Kamu enggak berbeda dengan orang lain,” kata ibunya berulang kali. “Kamu hanya menggunakan kakimu sebagai pengganti lengan.” Sang ibu juga mengatakan, ia tidak muluk-muluk mengharapkan Liu menjadi orang sukses. Ia hanya ingin putra tersayangnya itu hidup bahagia dan sehat lahir batin.

Meski “hancur”, pikiran Liu segera terbuka.

“Saya sadar, untuk orang seperti saya, cuma ada dua pilihan. Pertama, melupakan semua impian yang nantinya akan mengakibatkan kematian sia-sia dan cepat. Pilihan lainnya, berjuang tanpa lengan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik,” demikian tutur Liu.

Saat berumur 19 tahun, Liu memutuskan untuk tetap mengejar impiannya menjadi produser dan musisi profesional, serta menjalani kehidupan yang lebih baik. Dia pun diam-diam belajar piano. “Enggak ada teori kalau piano itu harus dimainkan dengan tangan kan,” begitu pikir Liu.

Tapi … “Berat sekali. Capek, lecet, kaku, kram, sudah menjadi biasa,” cerita Liu kepada para juri China’s Got Talent. “Tetapi dalam pandanganku, kalau kamu memang mau atau punya keinginan, ya terima dan lakukan saja (semua perjuangan itu).”

Sayang, guru piano pertamanya menyerah dan berhenti. Alasannya, mustahil bagi seseorang memainkan piano dengan jari-jari kaki. Memang, ada bagian-bagian nada yang tak bisa dimainkan karena Liu tak bisa menekan tuts-tuts tertentu.

Liu pantang menyerah dan akhirnya dia bisa mengembangkan gaya permainan tersendiri dengan jari-jari kakinya. Saat ini, ia ikut “China’s Got Talent” dengan target masuk 3 besar.

“Saya berpendapat, kita tetap harus bermimpi dan berupaya mengejar sukses yang didambakan,” demikian alasan Liu. “Secara pribadi, saya ingin membuat orangtua bangga.”

Kini, Liu mengaku hidup bahagia.

kita bisa setuju dengan opini salah satu juri China’s Got Talent, “Melalui musik indah yang telah dimainkan oleh Liu Wei, kita disadarkan untuk bersyukur dan tidak mengeluh. Sebab, hidup itu indah!”

--

Kisah Sukses : Nelson Tansu

Banyak orang di berbagai penjuru dunia yang berusaha menggapai mimpi Amerika. Salah seorang yang berhasil merengkuhnya adalah warga negaraIndonesia. Dia bernama Nelson Tansu. Di AS, dia termasuk ilmuwan mulai naik daun dengan tiga hak paten di tangannya.

RAMADHAN POHAN, Washington DC

NAMA lengkapnya adalah Prof Nelson Tansu PhD. Setahun lalu, ketika baru berusia 25 tahun, dia diangkat menjadi profesor di Lehigh University, Bethlehem, Pennsylvania 18015, USA. Usia yang tergolong sangat belia dengan statusnya tersebut.

Kini, ketika usianya menginjak 26 tahun, Nelson tercatat sebagai professor termuda di universitas bergengsi wilayah East Coast, Negeri Paman Sam, itu.

Sebagai dosen muda, para mahasiswa dan bimbingannya justru rata-rata sudah berumur. Sebab, dia mengajar tingkat master (S-2), doktor (S-3), bahkan post doctoral.

Prestasi dan reputasi Nelson cukup berkibar di kalangan akademisi AS. Puluhan hasil risetnya dipublikasikan di jurnal-jurnal internasional.

Dia sering diundang menjadi pembicara utama dan penceramah di berbagai seminar. Paling sering terutama menjadi pembicara dalam pertemuan-pertemuan intelektual, konferensi, dan seminar di Washington DC. Selain itu, dia sering datang ke berbagai kota lain di AS. Bahkan, dia sering pergi ke mancanegara seperti Kanada, sejumlah negara di Eropa, dan Asia.

Yang mengagumkan, sudah ada tiga penemuan ilmiahnya yang dipatenkan
di AS, yakni bidang semiconductor nanostructure optoelectronics devices dan high power semiconductor lasers. Di tengah kesibukannya melakukan riset-riset lainnya, dua buku Nelson sedang dalam proses penerbitan. Bukan main!!

Kedua buku tersebut merupakan buku teks (buku wajib pegangan, Red) bagi mahasiswa S-1 di Negeri Paman Sam.

Karena itu, Indonesia layak bangga atas prestasi anak bangsa di negeri rantau tersebut. Lajang kelahiran Medan, 20 Oktober 1977, itu sampai sekarang masih memegang paspor hijau berlambang garuda. Kendati belum satu dekade di AS, prestasinya sudah segudang. Ke mana pun dirinya pergi, setiap ditanya orang, Nelson selalu mengenalkan diri sebagai orang Indonesia. Sikap Nelson itu sangat membanggakan di tengah banyak tokoh kita yang malu mengakui Indonesia sebagai tanah kelahirannya.

"Saya sangat cinta tanah kelahiran saya. Dan, saya selalu ingin melakukan yang terbaik untuk Indonesia," katanya, serius.

Di Negeri Paman Sam, kecintaan Nelson terhadap negerinya yang dicap sebagai terkorup di Asia tersebut dikonkretkan dengan memperlihatkan ketekunan serta prestasi kerjanya sebagai anak bangsa. Saat berbicara soal Indonesia, mimic pemuda itu terlihat sungguh-sungguh dan jauh dari basa-basi.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan merupakan bangsa yang
mampu bersaing dengan bangsa-bangsa besar lainnya. Tentu saja jika bangsa kita terus bekerja keras," kata Nelson menjawab koran ini.

Dia adalah anak kedua di antara tiga bersaudara buah pasangan Iskandar Tansu dan Lily Auw yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara. Kedua orang tua Nelson adalah pebisnis percetakan di Medan. Mereka adalah lulusan universitas di Jerman. Abang Nelson, Tony Tansu, adalah master dari Ohio, AS. Begitu juga adiknya, Inge Tansu, adalah lulusan Ohio State University (OSU). Tampak jelas bahwa Nelson memang berasal dari lingkungan keluarga berpendidikan.

Posisi resmi Nelson di Lehigh University adalah assistant professor di bidang electrical and computer engineering. "Walaupun saya adalah profesor di jurusan electrical and computer engineering, riset saya sebenarnya lebih condong ke arah fisika terapan dan quantum Electronics," jelasnya.

Sebagai cendekiawan muda, dia menjalani kehidupannya dengan tiada hari tanpa membaca, menulis, serta melakukan riset. Tentunya, dia juga menyiapkan materi serta bahan kuliah bagi para mahasiswanya. Kesibukannya tersebut, jika meminjam istilah di Amerika, bertumpu pada tiga hal. Yakni, learning, teaching, and researching. Boleh jadi, tak ada waktu sedikit pun yang dilalui Nelson dengan santai. Di sana, 24 jam sehari dilaluinya dengan segala aktivitas ilmiah. Waktu yang tersisa tak lebih dari istirahat tidur 4-5 jam per hari.

Anak muda itu memang enak diajak mengobrol. Idealismenya berkobar-kobar dan penuh semangat. Layaknya profesor Amerika, sosok Nelson sangat bersahaja dan bahkan suka merendah. Busana kesehariannya juga tak aneh-aneh, yakni mengenakan kemeja berkerah dan pantalon.

Sekilas, dia terkesan pendiam. Pengetahuan dan bobotnya sering tersembunyi di balik penampilannya yang seperti tak suka bicara. Tapi, ketika dia mengajar atau berbicara di konferensi para intelektual, jati diri akademisi Nelson tampak. Lingkungan akademisi, riset, dan kampus memang menjadi dunianya. Dia selalu peduli pada kepentingan serta dahaga pengetahuan para mahasiswanya di kampus.

Ada yang menarik di sini. Karena tampangnya yang sangat belia, tak sedikit insan kampus yang menganggapnya sebagai mahasiswa S-1 atau program master. Dia dikira sebagai mahasiswa umumnya. Namun, bagi yang mengenalnya, terutama kalangan universitas atau jurusannya mengajar, begitu bertemu dirinya, mereka selalu menyapanya hormat: Prof Tansu.

"Di semester Fall 2003, saya mengajar kelas untuk tingkat PhD tentang physics and applications of photonics crystals. Di semester Spring 2004, sekarang, saya mengajar kelas untuk mahasiswa senior dan master tentang semiconductor device physics. Begitulah," ungkap Nelson menjawab soal kegiatan mengajarnya. September hingga Desember atau semester Fall 2004, jadwal mengajar Nelson sudah menanti lagi. Selama semester itu, dia akan mengajar kelas untuk tingkat PhD tentang applied quantum mechanics for semiconductor nanotechnology.

"Selain mengajar kelas-kelas di universitas, saya membimbing beberapa mahasiswa PhD dan post-doctoral research fellow di Lehigh University ini," jelasnya saat ditanya mengenai kesibukan lainnya di kampus.

Nelson termasuk individu yang sukses menggapai mimpi Amerika (American dream). Banyak imigran dan perantau yang mengadu nasib di negeri itu dengan segala persaingannya yang superketat. Di Negeri Paman Sam tersebut,ada cerita sukses seperti aktor yang kini menjadi Gubernur California Arnold Schwarzenegger yang sebenarnya adalah imigran asal Austria. Kemudian, dalam Kabinet George Walker Bush sekarang juga ada imigrannya, yakni Menteri Tenaga Kerja Elaine L. Chao. Imigran asal Taipei tersebut merupakan wanita pertama Asian-American yang menjadi menteri selama sejarah AS.

Negara Superpower tersebut juga sangat baik menempa bakat serta intelektual Nelson. Lulusan SMA Sutomo 1 Medan itu tiba di AS pada Juli 1995. Di sana, dia menamatkan seluruh pendidikannya mulai S-1 hingga S-3 di University of Wisconsin di Madison. Nelson menyelesaikan pendidikan S-1 di bidang applied mathematics, electrical engineering, and physics. Sedangkan untuk PhD, dia mengambil bidang electrical engineering.

Dari seluruh perjalanan hidup dan karirnya, Nelson mengaku bahwa semua suksesnya itu tak lepas dari dukungan keluarganya. Saat ditanya mengenai siapa yang paling berpengaruh, dia cepat menyebut kedua orang tuanya dan kakeknya. "Mereka menanamkan mengenai pentingnya pendidikan sejak saya masih kecil sekali," ujarnya.

Ada kisah menarik di situ. Ketika masih sekolah dasar, kedua orang tuanya sering membanding-bandingkan Nelson dengan beberapa sepupunya yang sudah doktor. Perbandingan tersebut sebenarnya kurang pas. Sebab, para sepupu Nelson itu jauh di atas usianya. Ada yang 20 tahun lebih tua. Tapi, Nelson kecil menganggapnya serius dan bertekad keras mengimbangi sekaligus melampauinya. Waktu akhirnya menjawab imipian Nelson tersebut.

"Jadi, terima kasih buat kedua orang tua saya. Saya memang orang yang suka dengan banyak tantangan. Kita jadi terpacu, gitu," ungkapnya.

Nelson mengaku, mendiang kakeknya dulu juga ikut memicu semangat serta disiplin belajarnya. "Almarhum kakek saya itu orang yang sangat baik, namun agak keras. Tetapi, karena kerasnya, saya malah menjadi lebih tekun dan berusaha sesempurna mungkin mencapai standar tertinggi dalam melakukan sesuatu," jelasnya.

Sisihkan 300 Doktor AS, tapi Tetap Rendah Hati Nelson Tansu menjadi fisikawan ternama di Amerika. Tapi, hanya sedikit yang tahu bahwa profesor belia itu berasal dari Indonesia. Di sejumlah kesempatan, banyak yang menganggap Nelson ada hubungan famili dengan mantan
PM Turki Tansu Ciller. Benarkah?

NAMA Nelson Tansu memang cukup unik. Sekilas, sama sekali nama itu tidak mengindikasikan identitas etnis, ras, atau asal negeri tertentu. Karena itu, di Negeri Paman Sam, banyak yang keliru membaca, mengetahui, atau berkenalan dengan profesor belia tersebut.

Malah ada yang menduga bahwa dia adalah orang Turki. Dugaan itu muncul jika dikaitkan dengan hubungan famili Tansu Ciller, mantan perdana menteri (PM) Turki. Beberapa netters malah tidak segan-segan mencantumkan nama dan kiprah Nelson ke dalam website Turki. Seolah-olah mereka yakin betul bahwa fisikawan belia yang mulai berkibar di lingkaran akademisi AS itu memang berasal dari negerinya Kemal Ataturk.

Ada pula yang mengira bahwa Nelson adalah orang Asia Timur, tepatnya Jepang atau Tiongkok. Yang lebih seru, beberapa universitas di Jepang malah terang-terangan melamar Nelson dan meminta dia "kembali" mengajar di Jepang.
Seakan-akan Nelson memang orang sana dan pernah mengajar di Negeri Sakura itu.

Dilihat dari nama, wajar jika kekeliruan itu terjadi. Begitu juga wajah Nelson yang seperti orang Jepang. Lebih-lebih di Amerika banyak professor yang keturunan atau berasal dari Asia Timur dan jarang-jarang memang asal Indonesia. Nelson pun hanya senyum-senyum atas segala kekeliruan terhadap dirinya.

"Biasanya saya langsung mengoreksi. Saya jelaskan ke mereka bahwa saya asli Indonesia. Mereka memang agak terkejut sih karena memang mungkin jarang ada profesor asal aslinya dari Indonesia,"jelas Nelson.

Tansu sendiri sesungguhnya bukan marga kalangan Tionghoa. Memang, nenek moyang Nelson dulu Hokkien, dan marganya adalah Tan. Tapi, ketika
lahir, Nelson sudah diberi nama belakang "Tansu", sebagaimana ayahnya, Iskandar Tansu.

"Saya suka dengan nama Tansu, kok,"kata Nelson dengan nada bangga.

Nelson adalah pemuda mandiri. Semangatnya tinggi, tekun, visioner, dan selalu mematok standar tertinggi dalam kiprah riset dan dunia akademisinya. Orang tua Nelson hanya membiayai hingga tingkat S-1. Selebihnya? Berkat keringat dan prestasi Nelson sendiri. Kuliah tingkat doktor hingga segala keperluan kuliah dan kehidupannya ditanggung lewat beasiswa universitas.

"Beasiswa yang saya peroleh sudah lebih dari cukup untuk membiayai semua kuliah dan kebutuhan di universitas," katanya.

Orang seperti Nelson dengan prestasi akademik tertinggi memang tak sulit memenangi berbagai beasiswa. Jika dihitung-hitung, lusinan penghargaan dan anugerah beasiswa yang pernah dia raih selama ini di AS.

Menjadi profesor di Negeri Paman Sam memang sudah menjadi cita-cita dia sejak lama. Walau demikian, posisi assistant professor (profesor muda, Red) tak pernah terbayangkannya bisa diraih pada usia 25 tahun. Coba bandingkan dengan lingkungan keluarga atau masyarakat di Indonesia, umumnya apa yang didapat pemuda 25 tahun?

Bahkan, di AS yang negeri supermaju pun reputasi Nelson bukan fenomena umum. Bayangkan, pada usia semuda itu, dia menyandang status guru besar. Sehari-hari dia mengajar program master, doktor, dan bahkan post doctoral. Yang prestisius bagi seorang ilmuwan, ada tiga riset Nelson yang dipatenkan di AS. Kemudian, dua buku teksnya untuk mahasiswa S-1 dalam proses penerbitan.

Tapi, bukan Nelson Tansu namanya jika tidak santun dan merendah. Cita-citanya mulia sekali. Dia akan tetap melakukan riset-riset yang hasilnya bermanfaat buat kemanusian dan dunia. Sebagai profesor di AS, dia seperti meniti jalan suci mewujudkan idealisme tersebut.

Ketika mendengar pengakuan cita-cita sejatinya, siapa pun pasti akan terperanjat. Cukup fenomenal. "Sejak SD kelas 3 atau kelas 4 di Medan, saya selalu ingin menjadi profesor di universitas di Amerika Serikat. Ini benar-benar saya cita-citakan sejak kecil," ujarnya dengan mimic serius.

Tapi, orang bakal mahfum jika melihat sejarah hidupnya. Ketika usia SD, Nelson kecil gemar membaca biografi para ilmuwan-fisikawan AS dan Eropa. Selain Albert Einstein yang menjadi pujaannya, nama-nama besar seperti Werner Heisenberg, Richard Feynman, dan Murray Gell-Mann ternyata Sudah diakrabi Nelson cilik.

"Mereka hebat. Dari bacaan tersebut, saya benar-benar terkejut, tergugah dengan prestasi para fisikawan luar biasa itu. Ada yang usianya muda sekali ketika meraih PhD, jadi profesor, dan ada pula yang berhasil menemukan teori yang luar biasa. Mereka masih muda ketika itu," jelas Nelson penuh kagum.

Nelson jadi profesor muda di Lehigh University sejak awal 2003. Untuk bidang teknik dan fisika, universitas itu termasuk unggulan dan papan atas di kawasan East Coast, Negeri Paman Sam. Untuk menjadi profesor di Lehigh, Nelson terlebih dahulu menyisihkan 300 doktor yang resume (CV)-nya juga hebat-hebat.

"Seleksinya ketat sekali, sedangkan posisi yang diperebutkan hanya satu," ujarnya.

Lelaki penggemar buah-buahan dan masakan Padang itu mengaku lega dan
beruntung karena dirinya yang terpilih. Menurut Nelson, dari segi gaji dan materi, menjadi profesor di kampus top seperti yang dia alami sekarang sudah cukup lumayan. Berapa sih lumayannya?

"Sangat bersainglah. Gaji profesor di universitas private terkemuka di Amerika Serikat adalah sangat kompetitif dibandingkan dengan gaji industri. Jadi, cukup baguslah, he?he?he?," katanya, menyelipkan senyum.

Riwayat hidup dan reputasinya memang wow. Nelson sempat menjadi incaran dan malah "rebutan" kalangan universitas AS dan mancanegara. Ada yang menawari jabatan associate professor yang lebih tinggi daripada yang dia sandang sekarang (assistant professor). Ada pula yang menawari gaji dan fasilitas yang lebih heboh daripada Lehigh University.

Tawaran-tawaran menggiurkan itu datang dari AS, Kanada, Jerman, dan Taiwan serta berasal dari kampus-kampus top.Semua datang sebelum maupun sesudah Nelson resmi mengajar di Lehigh University. Tapi, segalanya lewat begitu saja. Nelson memilih konsisten, loyal, dan komit dengan universitas di Pennsylvania itu. Tapi, tentu ada pertimbangan khusus yang lain.

"Saya memilih ini karena Lehigh memberikan dana research yang sangat signifikan untuk bidang saya, semiconductor nanostructure optoelectronic devices. Lehigh juga memiliki leaderships yang sangat kuat dan ambisinya tinggi menaikkan reputasinya dengan memiliki para profesor paling berpotensi dan ternama untuk melakukan riset berkelas dunia,"papar pengagum John Bardeen, fisikawan pemenang Nobel, itu.

Perusahaan-perusahaan industri Amerika juga menaruh minat dan mengiming-imingi Nelson dengan gaji dan fasilitas menggiurkan. Itu pun dia tampik.

"Bukan apa-apa. Saya memang tidak tertarik untuk masuk ke industri. Seperti saya bilang tadi, profesor sudah cita-cita saya. Lagi pula, kompensasi finansial yang diberikan Lehigh memang sudah bagus banget dan saya happy,"tuturnya.

Nelson tinggal di sebuah apartemen yang tak jauh dari kampusnya mengajar. Dia tinggal sendiri. Karena itu, semua urusan rumah dan segala keperluannya dilakukan sendiri.

Ditanya soal pacar, Nelson tersipu-sipu dan mengaku belum punya. Padahal, secara fisik, dengan tinggi 173 cm, berat 67 kg, dan wajah yang cakep khas Asia, Nelson mestinya gampang menggaet (atau malah digaet) cewek Amerika.

Banyak kriteria kah?

"Ha?ha?ha…. Pertama, saya ini nggak ganteng ya. Tapi, begini, mungkin karena memang belum ketemu yang cocok dan jodoh saja. Saya sih, kalau bisa, ya dengan orang Indonesia-lah. Saya sih nggak melihat orang berdasarkan kriteria macem-macem. Yang penting orangnya baik, pintar, bermoral, pengertian, dan mendukung," paparnya panjang lebar, geli karena topic pembicaraan menyimpang dari dunia fisikanya ke soal wanita.

Nelson hampir tiap tahun pulang ke Medan, bertemu orang tuanya dan teman-teman lamanya. Pemilik email tansu@l… dan alamat website http://www.lehigh.edu/engineering/ece/tansu.asp itu dengan segudang prestasi dan reputasnya memang membanggakan Indonesia.

--

Kesaksian: Choky Sitohang presenter sukses Indonesia

Kisah Nyata kesaksian dari Choky Sitohang mengenai kehidupan masa lalu nya yang jatuh bangun, bagaimana ia telah Sembuh dari Hepatitis, hingga mencapai kesuksesan sebagai presenter terkenal di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal presenter yang berpenampilan menarik dan sedang naik daun ini. Tanpa disangka-sangka Choky divonis dokter terkena penyakit Hepatitis (liver). Ia terkejut karena ia merasa bahwa ia adalah orang yang paling sehat. Tetapi ia malah jatuh sakit. Yang membuat ia kecewa adalah karena ia mengalami sakit pada saat ia sedang berkarir. Ia sedang mengejar cita-citanya untuk menjadi presenter terkenal.

Pada saat itu ia mulai flash back kehidupannya 2 tahun terakhir ini. Ia sibuk dengan pekerjaannya. Ia mencari uang dengan giat, sesudah itu ia menghabiskan waktu dengan hobi dan teman-temannya. Setelah lelah sampai dirumah ia langsung beristirahat. Ia lupa bahwa ia tidak pernah meluangkan waktunya untuk menyapa Tuhan. Ia tidak pernah bersaat teduh bahkan hari Minggu terkadang ia tidak ke gereja, dan Roh Kudus mulai mengingatkannya akan hal itu.

Pada saat ia sakit, ia harus dirawat di Rumah Sakit selama 21 hari. Padahal ia tidak mempunyai cukup uang untuk biaya Rumah Sakit. Dokter berkata bahwa ia harus tetap dirawat karena sakitnya cukup parah. Tetapi dokter berkata bila ada mukjizat maka Choky dapat keluar Rumah Sakit sesegera mungkin.

Pada hari ke delapan, Choky berangsur-angsur pulih. Akhirnya ia bisa keluar dari Rumah Sakit dan ia dapat membayar biaya Rumah Sakit. Tetapi Choky tidak dapat langsung dapat melakukan kegiatannya. Ia harus bed rest selama 3 bulan. Ia menjalaninya. Pada saat ia merasa sehat, perasaan takut itu datang. Ia merasa tidak bisa sukses. Tetapi pada saat itu Tuhan meyakinkan bahwa ia harus melakukan bagiannya dan Tuhan yang akan lakukan bagian-Nya.

Mulai saat itu ia kembali menulis CV untuk ia masukkan ke beberapa agensi. Ia mulai menghubungi teman-temannya dan mencari link untuk memberikan jalan ia menjadi presenter. Ia melakukan yang terbaik pada waktu di casting. Sampai pada akhirnya produsernya berkata bahwa ia adalah orang yang tepat untuk acara ini.

Ada saatnya ia hampir gagal dan ia ingin menyerah. Tetapi Tuhan jelas berkata jangan pernah menyerah, lakukan terus apa yang sedang dilakukan karena ia menuju keberhasilan. Ia mendapatkan satu ayat “Tetapi orang-orang yang menantikan Tuhan akan mendapat kekuatan baru, mereka seumpama rajawali yang naik terbang…”. Ada waktunya Tuhan memberikan kepercayaan dari yang kecil dampai yang besar. Dari perkara yang kecil, bila kita setia lalu Tuhan pasti akan mempercayakan hal yang besar.

Tuhan mengajarkan Choky untuk tetap optimis. Melakukan sesuatu yang baru dengan semangat. Tuhan Yesus adalah sahabatnya. Walaupun banyak sahabatnya di dunia tetapi ia merasa bahwa Yesus adalah sahabat sejatinya. Pengharapan akan menimbulkan iman dan pada akhirnya akan menghasilakan satu solusi. Itulah hal yang ia percayai tentang kehidupannya bersama Tuhan Yesus.
(Kisah ini ditayangkan 10 November 2009 dalam acara Solusi Life di O’Channel)
Sumber kesaksian:
Choky Sitohang (jawaban.com)

Terberkati dengan artikel di atas? Ayo dong bagikan ke teman-teman yang lain biar jadi berkat. Kalo kamu punya facebook / twiter/ email klik pilihan di bawah ini. GBU

Label: Jangan Menyerah, Kesaksian, Kisah Sukses Tokoh Indonesia

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Impian Masa Kecil Choky Sitohang

Menjadi presenter adalah impian yang dipendam Choky sejak remaja. Dan, itu bukanlah hal yang berlebihan. Sejak usia 4 tahun Choky kecil sudah menunjukkan bakatnya itu. Ia mampu memesona orang-orang di sekitarnya dengan selera humornya. Beranjak remaja Choky sangat senang memperhatikan para presenter andal di televisi. Tantowi Yahya, Ferdy Hasan, Indy Barends, Tamara Geraldine adalah mentor virtualnya.
Anak pasangan Poltak Sitohang dan Diana Br.Napitupulu itu lalu fokus mengejar impiannya. Ia memulai dari lingkup terkecil yaitu radio. Usia 17 tahun, ia menjadi DJ di Radio Oz, Bandung. Di situlah, pria Batak yang tumbuh dan besar di Bandung itu mempertajam kemampuannya memandu acara.
Hingga suatu hari di tahun 2002, sang mama melihat di surat kabar, stasiun televisi LaTivi membuka lowongan presenter. Choky pun mengadu keberuntungannya. Proses seleksi sebanyak 6 tahap, dilaluinya dengan sempurna. Meski awalnya Choky sempat merasa kelelahan. “Saya gunakan tabungan sendiri untuk biaya transportasi Bandung-Jakarta. Saya naik kereta yang turun di Jatinegara lalu disambung angkutan umum dan ojek sampai Pulogadung. Lelah sekali rasanya,” kenang Choky dengan mata menerawang.
18 Agustus 2010 23.06
Anonim mengatakan...

Ujian Pertama Choky Sitohang

Ketika dinyatakan diterima, Choky girang bukang kepalang. Terbayang di benaknya, ia akan memandu berbagai program acara layaknya seorang presenter. Maka, ia sempat terbengong-bengong karena tugas pertamanya adalah meluncur ke kantor Polsek Tebet. “Di sana ada kejadian perkara,” kata Choky menirukan sang koordinator. Perasaan bingung mendera hatinya. “Mengapa harus ke polsek dan wawancara?,” batinnya. Ia dikirim bersama seorang kamerawan. Selepas dari sana, alumnus jurusan Komunikasi Politik, Universitas Bung Karno ini diminta menulis berita. Makin bingung dia.
Selidik punya selidik, ternyata posisi yang ditawarkan adalah news presenter bukan presenter program acara TV seperti yang diinginkannya. Choky pun akhirnya terjun ke dunia jurnalistik. Sebuah dunia yang tidak pernah ada dalam imajinya. Namun, Choky berusaha menikmati hingga akhirnya ia mencintainya. “Saat itu saya sangat menikmati saat-saat on air sebagai pembaca berita dan juga ketika liputan di lapangan,” ujarnya sambil tersenyum.
Aktivitas padat sebagai jurnalis tak membuat Choky melupakan impian masa remajanya. Suatu hari, ia merasa mendapat peneguhan dari Tuhan. Setiap kali menyaksikan para presenter profesional seperti Indy Barends atau Tamara Geraldine memandu acara di televisi, Tuhan berbicara padanya. “Saat itu Tuhan bilang bahwa saya mempunyai talenta seperti mereka. Kamu akan hebat di sana,” kata pria penggila buku ini.
18 Agustus 2010 23.06
Anonim mengatakan...

Mengejar Impian Choky sitohang

Konfirmasi dari Tuhan itu membuat Choky memutuskan berhenti bekerja sebagai jurnalis tahun 2005. Seperti janji- Nya, Tuhan pun membukakan jalan buat Choky. Sebuah tugas baru diembannya. Ia diberi kepercayaan memandu program reality show bertajuk Cepetan Dong di RCTI. Ia dikontrak 12 episode sekaligus!
Perasaan Choky serasa melambung. Tinggal selangkah lagi, ia akan meraih impian masa kecilnya, menjadi presenter andal. Namun kenyataan berkata lain. Selepas episode ketujuh, Choky tumbang. Bukan karena ada pesaing. Melainkan karena virus hepatitis A menyerang levernya. Selama menjadi wartawan, gaya hidup Choky cenderung tidak sehat. Ia tidak memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsinya. Akibatnya, Choky harus bed rest dan menjalani perawatan intensif selama beberapa bulan.
Kenyataan itu membuatnya terpukul. Ia merasa telah mundur tiga langkah. Lagi-lagi Tuhan menguatkannya. Masa penyembuhan sekaligus menjadi masa perenungan. “Dalam masa penyembuhan, saya mencoba memahami maksud Tuhan,” tutur pria yang selalu mampu bangkit dari keterpurukan karena pertolongan Tuhan.

--


[Menkeu: Anggaran Reformasi Rp14 Triliun Belum Terserap] Menkeu: Anggaran Reformasi Rp14 Triliun Belum Terserap

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan ada anggaran sebesar Rp14 triliun yang belum terserap karena pelaksanaan reformasi birokrasi di sejumlah kementerian/lembaga (K/L) belum berjalan dengan baik.

"Ada cadangan anggaran dan prosesnya belum bisa mencapai sekitar Rp14 triliun, maksudnya kalau Kementerian Lembaga bisa mempercepat, kita bisa menyiapkan dananya," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, anggaran yang hingga kini implementasinya di sejumlah kementerian/lembaga belum bisa dijalankan, kemungkinan akan tercatat sebagai sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa).

Menurut dia, pencadangan anggaran tersebut dimaksudkan jika ada K/L yang mampu mempercepat pembenahan birokrasi, dan Kementerian Keuangan bisa segera mencairkan anggaran terutama untuk remunerasi.

Ia mengatakan, hal tersebut didasarkan pada prestasi dari K/L dalam proses perbaikan kelembagaan.

"Memang musti ada proses yang (harus) dilalui mempersiapkan kelembagaannya." ujarnya.

Ia mengatakan tersendatnya proses reformasi birokrasi tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya penyerapan anggaran belanja negara, apalagi realisasi belanja negara hingga 7 Oktober baru mencapai 51 persen dari total pagu sebesar Rp1126,1 triliun dalam APBNP 2010.

"Kalau penyerapan dan pengeluaran anggaran selisihnya 1-2 persen (dibandingkan tahun lalu). Sekarang ini lebih kecil dibanding tahun lalu. Ini yang diharapkan dapat bisa ditingkatkan," ujarnya.

Untuk itu, ia menugaskan kepada Dirjen Anggaran dan Dirjen Perbendaharaan Negara untuk meminta keterangan pada semua K/L terkait rendahnya penyerapan dan melayangkan surat ke seluruh K/L untuk memperbaiki kualitas belanja dan mempercepat pelaksanaannya.

"Kita sudah ingatkan kepada kementerian untuk mereka mempercepat realisasi, kita kirim surat, dan mengalokasikan direktur di dirjen anggaran dan perimbangan untuk menanyakan masalah mereka. Itu APBN sudah disetujui, dan 2010 sudah diberikan dipa-nya. Kita harapkan 2011 akan lebih baik lagi, kan ada `reward and punishment`," ujar Menkeu.

Sementara dari sisi penerimaan, lanjut dia, realisasinya lebih tinggi lima persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 61 persen dari target Rp990,5 triliun.

--

Penduduk Miskin Indonesia Tembus 31 Juta
Republika
Republika - Minggu, 3 Oktober

* Kirim
* Kirim via YM
* Cetak

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sekitar 31 juta penduduk Indonesia masih hidup di dalam kemiskinan, jumlah itu lima kali lipat penduduk Singapura, kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

"Kita ditantang untuk memberdayakan penduduk miskin ini agar lepas dari kemiskinan," kata Agung yang juga Ketua Umum Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong 1957 tersebut.

Ia menuturkan, negeri ini memiliki sumber daya yang mencukupi untuk mengatasi masalah kemiskinan ini. Ia menjelaskan, memaksimalkan sumber daya yang dimiliki ini harus didukung oleh elemen masyarakat yang memiliki kepedulian untuk membantu mengatasi masalah kemiskinan.

Ia menegaskan, upaya untuk mengatasi masalah kemiskinan ini juga menjadi salah satu tantangan bagi Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong untuk menjawabnya.

--

Brandon de Angelo dan Last Minute street crew

Siapa yang tidak kenal dengan Brandon de Angelo? salah satu finalis Indonesia Mencari Bakat (IMB), bocah cilik yang pintar menari hip hop. Kesuksesan Brandon di IMB ini secara tidak langsung juga mengangkat nama sebuah grop tari hip hop asal surabaya yang merupakan tempat Brandon berlatih selama ini yaitu Last Minute Street Crew. Salah satu penari utama Last minute Sammy memiliki andil besar dalam perjuangan Brandon di IMB. Sammy lah yang selama ini mendampingi sekaligus menjadi pelatih brandon di IMB.

Yang perlu kalian ketahui dari anak-anak Last Minute Street Crew ini adalah mereka anak-anak yang cinta Tuhan. Dalam setiap aksi panggung mereka membawa nama Jesus Christ, Keren bukan. Pembimbing Last minute Ferdinand Jonas pernah mengutarakan kekagetannya saat mereka tampil dalam salah satu perlombaan hip hop dance yang diliput oleh salah satu stasiun televisi, pada penampilan akhir mereka mengenakan jaket dan membalikan badan mereka, kemudian menunjuk punggung jaket mereka yang terdapat gambar salib. Mereka benar-benar luar biasa.

kalau kalian pernah melihat salah satu video gokil di blog ini
Click this link -> Video Anak Kristen
Pemain utama yang memerankan "ban seok" adalah salah satu dancer di last minute.


Berikut ini salah satu artikel mengenai Brandon De Angelo yang di ambil dari www.tabloidbintang.com.

SEKALI waktu, kami menyambangi tempat latihan kontestan Indonesia Mencari Bakat (IMB) di Studio 1 Trans TV. Pengin melihat saja bagaimana mereka di luar kemegahan dan ketegangan panggung IMB.


Bertepatan dengan kedatangan kami, Brandon (8), bocah laki-laki penari hip hop, kontestan asal Surabaya yang menggemaskan itu sedang kebagian jatah latihan.

Dengan iringan lagu milik Justin Bieber “Baby”, Brandon meliuk-liukkan tubuhnya dengan sangat atraktif. Memutar tubuh, melompat-lompat, lalu tiba-tiba menjatuhkan diri ke lantai. Uh, membuat kami sedikit ngilu.

Rasanya kekhawatiran kami berlebihan. Karena ayahnya, Budi Suwanto, tenang-tenang saja tuh. Dia malah asyik memberi semangat dan komando jarak jauh kepada Brandon. Brandon, yang sudah berlatih menari profesional sejak usia 5 tahun di sekolah tari The Last Minute, Surabaya, syukurlah, belum pernah cedera.

“Selama ini tidak pernah keseleo atau apa, saya juga tidak takut dia keseleo kok,” kata Budi.

“Saya sendiri tidak tahu triknya dia tidak pernah keseleo. Mungkin yang mengajar sudah memberi tahu dan melatih gerakan tari yang aman,” terangnya.

Mungkin, bakat bergoyang Brandon yang terendus sejak usia dini juga memengaruhi. Jadinya, tubuh bocah kelahiran Blitar, 10 November 2001 ini sudah lentur.

“Dari usia 3 tahun sudah goyang. Kita, kan bisa melihat ya, anak kecil itu ada yang goyangannya kaku atau lemas (lentur). Nah, dia termasuk yang lemas,” jelas Budi.

Brandon membenarkan. “Sering mendengarkan musik, dulu melihat Inul,” aku Brandon polos sambil kemudian menghalang-halangi ayahnya memperlihatkan kepada kami rekaman video tarian dangdut Brandon di handphone.

Kami penasaran, apakah bakat Brandon merupakan keturunan? Apalagi kami menyaksikan sendiri bagaimana Budi piawai memberi arahan menari kepada putra bungsunya itu.

Ternyata ayah dan ibunya gemar menari, walau tidak menekuni sampai ke jenjang profesional. “Saya suka menari, mamanya juga,” kata Budi.

Oleh karena itu, mendapati anak kedua mereka mahir bergoyang, mereka sepakat memasukkan Brandon ke sekolah tari sebagai bentuk dukungan. Di sekolah itu Brandon berlatih seminggu sekali dengan waktu latihan sekitar 2 sampai 3 jam. Hasilnya memuaskan. Masuk ke kelas elementary, tidak lama, Brandon melompat kelas.

“Ada job, dan Brandon diajak. Setelah itu, Brandon resmi masuk tim,” cerita pria berkulit putih ini bangga.

Selanjutnya, langkah Brandon di dunia tari semakin tidak terbendung. Usia muda, memiliki wajah yang imut dan menggemaskan. Gayanya pun supercool! Sebelum ikut IMB, ayahnya pernah mengikutsertakan Brandon di Gong Show.

Bocah yang sejak usia satu bulan sudah dibawa bepergian itu mulai terbiasa dengan panggung pertunjukan skala besar. Mulai terbangun cita-citanya menjadi penari skala internasional. “Aku pengin menari sampai ke luar negeri,” kata Brandon dengan logat Surabaya yang kental.

Mengetahui Trans TV menggelar IMB, Budi menawarkan Brandon untuk mendaftar. “Saya tanya kepada dia, mau ikut IMB, enggak? Dia bilang mau, ya saya mendukung. Teman-teman di sekolah menarinya juga mendukung,” kata Budi.

Sebagai kontestan termuda di panggung IMB, Brandon cukup bernyali. Hanya satu hal membuatnya gentar. “Penjurian,” ujar Brandon singkat. Mengenai alasannya, Brandon tidak tahu pasti. Hanya saja dia menyebutkan salah satu juri yang membuatnya agak senewen.

“Tante Sarah Sechan. Paling cerewet,” bocor bocah yang lebih menyukai Tantowi Yahya.

Selebihnya, Brandon sangat menikmati saat-saat tampil di panggung IMB. Karena bocah penyuka KFC ini senang mengetahui dirinya muncul di televisi! “Aku suka nonton lagi.”

--

Rayulah pasangan Anda dengan puisi terindah. Kalau Anda belum biasa, minimal ucapkan seperti ini, "Duhai dinda, sungguh merahnya strawberry tak semerah bibirmu. Putihnya salju tak seputih kulitmu. Halusnya sutra tak sehalus rambutmu. Baunya bunga bangkai tak sebau tubuhmu." Pasti dia akan terperangah. Percayalah!
--
Seni Memaksimalkan Daya Tarik



Oleh: Anne Ahira



Memiliki kepribadian yang menarik pasti diidamkan setiap insan. Saya, Anda, maupun siapa saja. Kehadiran pribadi yang menarik selalu dinanti-nantikan banyak orang. Ketiadaannya dirindukan.



Pertanyaannya, kualitas istimewa APA yang ada pada manusia, yang bisa membuat orang lain kagum dan terpesona? Dan... ANDA-kah orangnya?



Sebagian orang mungkin berpikir hanya orang-orang yang cantik, ganteng secara fisik, pintar, atau bahkan kaya yang memiliki daya tarik? Sebenarnya tidak demikian!



Setiap orang berpotensi untuk menjadi seorang insan yang memiliki daya tarik tinggi, menjadi sosok yang dielu dan diharapkan. Termasuk Ferry sendiri! Pesona Ferry bisa ditumbuhkan dan diciptakan dengan energi positif yang Ferry miliki.



Bagaimana memunculkan aura positif Ferry agar membuat ketertarikan bagi yang lainnya?



Berikut adalah 7 Seni Memaksimalkan Daya Tarik:



Terus berbuat baik tanpa pernah menghitungnya



Lakukan kebaikan layaknya menulis di atas pasir dan pahatlah di batu untuk setiap kesalahan yang Anda lakukan.



Artinya, lupakan setiap kebaikan Ferry kepada orang lain, tak perlu menghitung. Sikap seperti ini akan melatih keikhlasan, dan pada saat terbiasa, Ferry akan merasakan arti puas yang sejati.



Merendahlah Agar Ferry Menjadi Tinggi



Orang yang merendah justru banyak disenangi orang lain. Lain halnya dengan orang yang sombong, kerendahan hati merupakan perwujudan dari toleransi dan memiliki nilai yang tinggi.



Kerendahan hati dan kedamaian saling bertautan. Percayalah pada diri sendiri, dan singkirkan keinginan untuk selalu ingin membuktikan pada orang lain.



Jagalah Kemurnian



Tampilah 'apa adanya'. Jadilah diri sendiri. Untuk memiliki daya tarik kita tidak perlu menjadi orang lain. Menjadi diri sendiri jauh lebih bernilai ketimbang kita selalu ingin tampil 'seperti orang lain'.



Jadilah Orang Yang Penuh Minat



Apa yang Ferry katakan pada diri sendiri tentang kehidupan dan diri Ferry sendiri, dari hari ke hari, adalah efek yang luar biasa.



Sepanjang waktu, lihatlah diri Ferry sendiri sebagai pribadi yang menarik. Pertahankan perasaaan itu sejelas mungkin dalam pikiran.



Dengan sendirinya, 'alam' akan menarik segala hal yang penting untuk menyempurnakan perasaan dan pandangan Ferry itu.



Jadilah orang yang selalu ceria, penuh harapan, dan buat dunia ini terpikat pada Ferry!



Wajah Ceria



Tertawa itu sehat. Buat wajah Ferry selalu ceria.



Saat kita tersenyum, otak akan bereaksi dan memproduksi endorphin (zat alami yang memindahkan rasa sakit). Selain itu, senyuman akan membuat Ferry bisa rileks. Senyuman juga akan menebarkan kegembiraan pada orang lain.



Tekankan dalam pikiran, saat Ferry bersama orang lain, bahwa senyuman dapat memperpendek 'jarak' antar orang lain.



Antusias dan Hasrat



Dua hal ini merupakan ibu yang melahirkan sukses. Antusias dan hasrat dapat mendatangkan uang, kekuatan dan pengaruh. Hal besar tak akan dapat dicapai tanpa antusias.



Yakin selalu pada apa yang Ferry kerjakan. Kerjakan tiap pekerjaan Ferry dengan penuh cinta. Masukan antusias dalam pribadi Ferry, maka ia akan menciptakan hal yang luar biasa buat Ferry.



Tata Krama



Tingkah laku, kesopanan dan kebaikan bisa membuat orang lain percaya pada kita. Tata karma yang baik akan membuat orang lain merasa nyaman dengan kita.



Tata karma merupakan sumber kesenangan, memberikan rasa aman, dan ini dilakukan dengan menunjukan penghormatan pada oran lain.



Bersikap sopanlah pada setiap orang yang Ferry kenal, tidak peduli status dan kedudukan mereka. Perlakukanlah setiap orang dengan tata krama.



Nah, bagaimana Ferry, tidak sulit bukan? :-)



Nantikan tulisan saya yang lain minggu depan! :-)



Temanmu, Ahira

--

MELODY – Melodi Cinta ( Alb.Single / Nagaswara )
by Md Alex Koswara on Friday, March 26, 2010 at 7:26pm
Tidak banyak perusahaan rekaman yang mau berspekulasi dengan melepas rekaman artis berusia remaja. Namun, kebiasaan tersebut nyatanya tidak berlaku bagi Melody. Meski baru bersuai 15 tahun, gadis bernama lengkap Melody Prima itu sudah memiliki kemampuan olah vokal yang matang. Alasan itu pula yang membuat Big Indie Nagaswara mempercayakan Melody untuk merekam suaranya. Dengan dukungan CongQ Perwira sebagai pencipta lagu sekaligus music arranger, Melodi mengawali debutnya lewat single “Melodi Cinta”.

Menyimak alunan vokal Melody dalam single ini, sama sekali membuang kesan kalau sang penyanyi masih berusia remaja. Selain kematangan vokal, dalam single “Melodi Cinta” ini, Melody menawarkan penjiwaan yang tinggi atas tiap lirik yang dilantunkannya. Dalam beberapa bagian, Melody bahkan mempertontonkan kemampuannya dalam mencapai nada-nada tinggi. Kelebihan penyanyi yang juga bintang sinetron itu, tak urung membuat arangger music-nya ChongQ mengacungkan jempol.

“Banyak penyanyi yang butuh waktu lama untuk menguasai teknik vokal. Tapi, Melody sudah punya semua kelengk1apan tersebut. Setidaknya, setiap menyanyi, Melody selalu masuk dalam melodi lagu yang dinyanyikannya,” ujar ChongQ.

Kesempatan untuk tampil secara profesional sebagai penyanyi, tentu saja sangat disyukuri Melody. Menurut siswa kelas satu SMU ini, sejak kecil, menyanyi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidupnya.

“Makanya aku sangat berterimakasih kepada Pak Rahayu dari Nagaswara, dan semua yang telah membantu Melody dalam mewujudkan single ini,” katanya polos.

Single ini sendiri merupakan satu di antara sekian lagu yang tengah dipersiapkan Melody untuk melengkapi album perdananya. Menariknya, dalam setiap single yang bakal menghiasi albumnya, gadis yang mengidolakan penyayi Rihanna itu, menempelkan berbegai genre musik.

“Jika single ini masih kental warna pop-nya, ke depan Melody akan mencoba rasa rock atau jazz,” katanya yakin.

Sementara, video klip single perdana Melody digarap oleh sutradara Virlan Wana Langgong. Bermain dengan warna-warna natural, Virlan menempatkan sosok Melody sebagai sentral dari nada-nada manis yang dilantunkan gadis kelahiran Jakarta, 18 Januari 1995 itu.

“Aku nggak mau muluk-muluk. Harapanku agar single ini bisa diterima dengan baik dan tidak mengecewakan,” kata Melody. (26 / 03 / 10 )

--

kisah sang bangsawan yang mencari menantu
by Yunianto Puspowardoyo on Tuesday, September 21, 2010 at 3:27pm

pada suatu waktu ada seorang bangsawan yang istana nya sangat megah dan dijaga oleh puluhan penjaga yang sedang mencari calon menantu untuk putri tercintanya...

maka sang bangsawan membuat suatu sayembara untuk mencari orang yang tepat untuk dijadikan menantunya..

"siapapun laki laki yang mampu masuk ke dalam istana saya dan berhasil mencuri barang yang ada di dalamnya tanpa diketahui oleh puluhan penjaganya, maka laki laki tersebut adalah orang yang akan saya jadikan menantu untuk bersanding dengan putri tercintanya..

maka dimulailah sayembara tersebut dan banyak pula orang orang yang tidak berhasil masuk kedalam istana sang bangsawan...

akan tetapi ternyata ada 2 orang yang berhasil masuk kedalam rumah sang bangsawan dan berhasil pula mencuri barang yang ada di dalam istana tanpa sedikitpun ketahuan oleh puluhan penjaganya...

maka sang bangsawan memanggil kedua orang laki laki tersebut.

Laki laki yang pertama berkata " tuanku, saya berhasil masuk ke istana tuanku tanpa masalah dan berhasil tidak diketahui oleh para penjaga"...sang bangsawan pun bertanya " kalau engkau berhasil masuk ke dalam istanaku, barang apa yang berhasil kau curi?"....laki laki pertama pun mengeluarkan sebuah piring emas yang ada cap khusus istana bangsawan tersebut...."inilah buktinya tuanku"....sang bangsawanpun heran dan berdecak kagum..bagaimana mungkin dia bisa mengambil piring kesayanganku dari dapur istanaku?"..

kemudian laki laki yang kedua pun berkata hal yang sama bahwa dia mampu mencuri barang yang ada di dalam istana sang bangsawan dan kali ini dia mampu mencuri vas bunga istana yang ada di ruang tamu istana yang lokasi ruang tamu tersebut sering kali dilewati oleh sang bangsawan..kembali sang bangsawan pun terperangah..

akan tetapi dari dua laki laki tersebut belum ada satupun yang masuk dalam pilihan sang bangsawan untuk dijadikan menantu nya...semua orang pun bingung.

maka sang bangsawanpun memanggil kepala penjaga istana dan bertanya apakah benar hanya dua laki laki tersebut yang mampu masuk ke istana tanpa sedikitpun ketahuan oleh para penjaga istana..

sang kepala penjaga menjawab " tuanku, sebenarnya ada 1 orang laki laki lagi yang berhasil masuk ke istana ini tanpa kami ketahui sedikitpun, akan tetapi tidak kami jadikan panggil menghadap karena laki laki tersebut tidak membawa satu barang apapun dari istana ini"

..sang bangsawan pun memanggil laki laki tersebut dan bertanya..."apakah benar kamu sudah berhasil masuk kedalam istanaku? dan kalaupun iya apa buktinya kalau kamu tidak berhasil membawa barang curian apapun?

sang lelaki ketiga menjawab : benar tuanku..saya berhasil masuk ke dalam istana..bahkan sampai ke kamar tidur tuanku..dan saya tau persis dimana tuanku menyembunyikan peti yang berisi perhiasan perhiasan tuanku yakni didalam lemari rak yang ketiga dan peti tersebut berada tepat di sebelah pojok kanan atas laci tersebut"....

sang bangsawanpun sangat kaget..karena bahkan putrinya sendiripun tidak tau dimana dia menyimpan peti yang berisi perhiasan yang nilainya sangat mahal tersebut...

sang bangsawan berkata: ok..baiklah anak muda, saya percaya engkau sudah berhasil masuk ke kamar yang merupakan ruangan paling pribadi saya...akan tetapi karena engkau tidak mengambil dan mencuri peti tersebut bagaimana mungkin saya bisa memutuskan bahwa engkau dalah pemenang dari sayembara ini?? sedangkan syaratnya saja tidak engkau penuhi, yaitu mencuri barang yang ada di dalam istanaku ???

sang lelaki ketiga pun berkata : Tuanku, pada mulanya saya sudah akan mencuri dan membawa lari peti tersebut karena saya yakin saya akan memenangkan sayembara ini..akan tetapi tuanku, batin saya bergejolak saat itu..hati saya berontak, justru karena syarat yang tuanku berikan adalah saya harus mencuri barang yang ada di dalam istana.....saya bergumul dengan diri saya sendiri, bahwa meskipun ini sayembara akan tetapi dengan satu syarat mencuri itu benar benar bertentangan dengan hati nurani saya tuanku...akhirnya saya memutuskan untuk tidak mengambil barang apapun yang ada di dalam kamar tuanku, dan memutuskan untuk tidak ikut dalam sayembara ini..karena saya tidak mau mendapatkan seorang istri dari hasil mencuri...

sang bangsawanpun sangat terharu dan akhirnya berteriak....teman teman ku..calon suami pendamping putriku sudah kita dapatkan !!!!!!

dan itu adalah engkau lelaki ke tiga yang tidak membawa barang apapun dari istanaku...

banyak orang yang bertanya tanya..mengapa sang bangsawan akhirnya mengambil keputusan bahwa justru lelaki ke tigalah yang akan menjadi menantunya....???

sang bangsawan pun berkata " Tidak mungkin, sebagai seorang ayah yang menyayangi putrinya, aku akan rela menikahkan putriku dengan seorang pencuri"



Teman Teman....di dalam hidup ada banyak pilihan..hati hati dalam memilih..dan tetap percaya bahwa kebaikan akan berbuah kebaikan....

--

Dua Pilihan... by Vicaris Fernando on Tuesday, 21 September 2010 at 12.46pm
by William Hendrawinata on Tuesday, September 21, 2010 at 3:45pm

Jerry adalah seorang manager restoran di Amerika. Dia selalu dalam semangat yang baik dan selalu punya hal positif untuk dikatakan. Jika seseorang bertanya kepadanya tentang apa yang sedang dia kerjakan, dia akan selalu menjawab, " Jika aku dapat yang lebih baik, aku lebih suka menjadi orang kembar!"

Banyak pelayan di restorannya keluar jika Jerry pindah kerja, sehingga mereka dapat tetap mengikutinya dari satu restoran ke restoran yang lain. Alasan mengapa para pelayan restoran tersebut keluar mengikuti Jerry adalah karena sikapnya.

Jerry adalah seorang motivator alami. jika karyawannya sedang mengalami hari yang buruk, dia selalu ada di sana, memberitahu karyawan tersebut bagaimana melihat sisi positif dari situasi yang tengah dialamai.

Melihat gaya tersebut benar-benar membuat aku penasaran, jadi suatu hari aku temui Jerry dan bertanya padanya, "Aku tidak mengerti! Tidak mungkin seseorang menjadi orang yang berpikiran positif sepanjang waktu.

Bagaimana kamu dapat melakukannya?" Jerry menjawab, "Tiap pagi aku bangun dan berkata pada diriku, aku punya dua pilihan hari ini. Aku dapat memilih untuk ada di dalam suasana yang baik atau memilih dalam suasana yang jelek. Aku selalu memilih dalam suasana yang baik. Tiap kali sesuatu terjadi, aku dapat memilih untuk menjadi korban atau aku belajar dari kejadian itu. Aku selalu memilih belajar dari hal itu. Setiap ada sesorang menyampaikan keluhan, aku dapat memilih untuk menerima keluhan mereka atau aku dapat mengambil sisi positifnya.. Aku selalu memilih sisi positifnya."

"Tetapi tidak selalu semudah itu," protesku. "Ya, memang begitu," kata Jerry, "Hidup adalah sebuah pilihan. Saat kamu membuang seluruh masalah, setiap keadaan adalah sebuah pilihan. Kamu memilih bagaimana bereaksi terhadap semua keadaan. Kamu memilih bagaimana orang-orang disekelilingmu terpengaruh oleh keadaanmu. Kamu memilih untuk ada dalam keadaan yang baik atau buruk. Itu adalah pilihanmu, bagaimana kamu hidup."

Beberapa tahun kemudian, aku dengar Jerry mengalami musibah yang tak pernah terpikirkan terjadi dalam bisnis restoran: membiarkan pintu belakang tidak terkunci pada suatu pagi dan dirampok oleh tiga orang bersenjata. Saat mencoba membuka brankas, tangannya gemetaran karena gugup dan salah memutar nomor kombinasi. Para perampok panik dan menembaknya. Untungnya, Jerry cepat ditemukan dan segera dibawa ke rumah sakit.



Setelah menjalani operasi selama 18 jam dan seminggu perawatan intensif, Jerry dapat meninggalkan rumah sakit dengan beberapa bagian peluru masih berada di dalam tubuhnya. Aku melihat Jerry enam bulan setelah musibah tersebut.



Saat aku tanya Jerry bagaimana keadaannya, dia menjawab, "Jika aku dapat yang lebih baik, aku lebih suka menjadi orang kembar. Mau melihat bekas luka-lukaku?" Aku menunduk untuk melihat luka-lukanya, tetapi aku masih juga bertanya apa yang dia pikirkan saat terjadinya perampokan.

"Hal pertama yang terlintas dalam pikiranku adalah bahwa aku harus mengunci pintu belakang," jawab Jerry. "Kemudian setelah mereka menembak dan aku tergeletak di lantai, aku ingat bahwa aku punya dua pilihan: aku dapat memilih untuk hidup atau mati. Aku memilih untuk hidup."

"Apakah kamu tidak takut?" tanyaku. Jerry melanjutkan, " Para ahli medisnya hebat. Mereka terus berkata bahwa aku akan sembuh. Tapi saat mereka mendorongku ke ruang gawat darurat dan melihat ekspresi wajah para dokter dan suster aku jadi takut. Mata mereka berkata 'Orang ini akan mati'. Aku tahu aku harus mengambil tindakan."

"Apa yang kamu lakukan?" tanya saya. "Disana ada suster gemuk yang bertanya padaku," kata Jerry. "Dia bertanya apakah aku punya alergi. 'Ya' jawabku..

Para dokter dan suster berhenti bekerja dan mereka menunggujawabanku. Aku menarik nafas dalam-dalam dan berteriak, 'Peluru!' Ditengah tertawa mereka aku katakan, ' Aku memilih untuk hidup. Tolong aku dioperasi sebagai orang hidup, bukan orang mati'."

Jerry dapat hidup karena keahlian para dokter, tetapi juga karena sikapnya hidupnya yang mengagumkan. Aku belajar dari dia bahwa tiap hari kamu dapat memilih apakah kamu akan menikmati hidupmu atau membencinya.

Satu hal yang benar-benar milikmu yang tidak bisa dikontrol oleh orang lain adalah sikap hidupmu, sehingga jika kamu bisa mengendalikannya dan segala hal dalam hidup akan jadi lebih mudah.

?



Sahabatku, cerita diatas memiliki sebuah nilai yang begitu berharga untuk menjadi sebuah pembelajaran yang baik di dalam hidup kita. ada 2 hal yang kita bisa ambil dari cerita diatas. Yang pertama adalah kita harus bisa menumbuhkan pikiran positif dan menjadikan itu dasar untuk segala sesuatu yang kita lakukan dalam kehidupan ini, da yang kedua adalah kita harus bisa memiliki sikap pantang menyerah dan tetap semangat dalam menjalani apapun juga agar kita bisa menjadi pemenang dalam kehidupan kita. Dua hal ini sangat berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain. Aku akan coba paparkan satu persatu.



Yang Pertama adalah menumbuhkan pikiran positif untuk menjadi dasar dalam melakukan segala sesuatu.

Firman Tuhan dalam Filipi 4:8 berkata "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu." Firman ini mengajarkan kepada kita untuk selalu berpikir positif dalam segala hal dalam kehidupan kita. Karena saat kita bisa selalu untuk berpikir positif, ada kekuatan yang membuat kita untuk dapat terus melangkah, ada harapan yang membawa kekuatan kepada kita. Mungkin seringkali kita mengalami begitu banyak hal yang kelihatannya tidak baik, Si Jerry dalam keadaan diatas pun mengalami hal demikian. Tapi yang berbeda adalah si Jerry bisa tetap selalu berpikir positif dalam menyikapi segala macam keadaan dalam hidupnya. Memang tidak mudah untuk tetap berpikir positif disaat kita mengalami keadaan yang ga enak, tapi saat kita bisa melakukannya pasti ada sesuatu yang baik yang akan kita dapatkan di dalam kehidupan kita.



Dan yang kedua adalah semangat dan jangan pernah menyerah. Sikap ini sangat berkaitan dengan sikap menumbuhkan pikiran positif karena saat kita bisa menumbuhkan pikiran positif ada pengharapan yang memberi kekuatan kepada kita untuk terus maju dan menjadi pemenang dalam segala hal. Firman Tuhan dalam Amsal 18:14 berkata "Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?" Dalam Firman ini pun dijelaskan kalau orang yang punya semangat pasti bisa menanggung semua. Cuma sayangnya seringkali kita ga bisa jalani kedua hal ini, kita lebih mudah menyerah dan kalah sama keadaan. Itu yang membuat kita terkadang mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam kehidupan ini.



Sahabatku, apakah saat-saat ini kamu juga sedang mengalami sebuah tantangan atau masalah dalam kehidupan ini? Coba terapkan kedua hal tadi yaitu selalu tumbuhkan pikiran positif, tetap semangat dan pantang menyerah. Aku percaya pasti ada pengharapan yang kan memberikan kekuatan yang baru kepadamu untuk kamu bisa menjadi pemenang di dalam segala hal dalam kehidupanmu.



dalam hidup ini kita selalu dihadapkan dalam 2 pilihan di dalam segala hal di hidup kita, dan aku ingin kita bisa selalu memilih sisi positif dalam setiap pilihan yang yang kita hadapi agar kita bisa tetap bertahan dan selalu menjadi pemenang di dalam segala hal.



Tuhan Yesus memberkati kita semua... ^_^

--

BRANGKAS
by Agung Prast on Wednesday, September 22, 2010 at 8:12pm

Ada cerita tentang sebuah perusahaan keluarga yang mengalami masalah, brankas mereka terbakar rusak sangat parah dan tidak bisa dibuka.



Masalah ini sangat besar, karena semua dokumen penting serta berharga, emas lantak dan seluruh uang mereka ada di dalam brangkas itu. Total bernilai triliunan rupiah.



Mereka memanggil agen brangkas yang ada di Jakarta, sudah seminggu agen ini bekerja dan sudah menelan biaya puluhan juta, tapi sayang karena kerusakan yang sangat parah, brangkas tidak bisa dibuka.



Agen brangkas Jakarta mengusulkan untuk memanggil langsung ahli pembuka brangkas dari kantor pusat mereka di Eropa. Usul ini disetujui. Mereka memanggil ahli brangkas dari Eropa, sudah seminggu ahli-ahli ini bekerja dan sudah menelan biaya ratusan juta, tapi karena kerusakan yang sangat parah, brangkas tetap tidak bisa dibuka.



Karena kebutuhan akan isi brankas makin mendesak. Mereka memanggil perusahaan alat-alat berat untuk membongkar paksa saja brankas itu. Alat-alat berat pun berdatangan, sudah seminggu bekerja dan sudah menelan biaya yang lebih besar lagi, tapi karena kerusakan yang sangat parah, brangkas tetap tidak bisa dibuka.



Karena kebutuhan akan isi brankas semakin kristis. Mereka memanggil team ahli peledak untuk meledakan saja brankas itu. Team ahli peledak lengkap dengan berbagai jenis peledak pun datang. Sudah seminggu bekerja, tiap jam penuh ledakan, sudah membakar sebagian kantor dan menelan biaya yang sangat amat besar, tapi karena kerusakan yang sangat parah, brangkas ternyata tetap tidak bisa dibuka.



Perusahaan keluarga ini pun putus asa, namun ada seorang konglomerat mereferensikan seseorang kepada keluarga ini, "Pakai dia saja, saya dulu pakai dia dan beres masalahnya".



Karena kebutuhan akan isi brankas semakin kritis. Merekapun memanggil orang yang direferensikan itu.



Seorang tua dan seorang anak muda sederhana datang dengan mengendarai motor. Mereka bertanya kepada Sang Bapak, "Pak berapa biaya membuka brankas ini?" Sang Bapak menjawab, "Tidak perlu dibayar kalau brankas ini tidak bisa kami buka. Tapi jika bisa terbuka, maka fee nya Rp 20 juta."



Orang-orang diperusahaan ini berdiskusi di internal mereka, "Murah sekali ya, jauh lebih murah dibanding sebelumnya. Tapi apa mereka bisa? Kita coba sajalah dulu, toh kalau tidak terbuka kita tidak perlu bayar"



Mereka pun mempersilakan Orang Tua dan Anak Muda ini bekerja. Kedua orang ini membuka tas mereka, sebentar mereka meneliti brankas itu, di tempelkan telinga mereka di brankas, diputar-putar pembuka brankas dan TERBUKA ! Brankas terbuka dalam waktu kurang dari 15 menit !



Perusahaan pun gembira dan kaget, mereka berdiskusi internal,"Wah sebentar sekali ya, gampang sekali ternyata, wah 20 juta kemahalan tuch, iya orangnya juga sederhana cuma pakai motor, ditawar aja setengah..."



Merekapun sepakat untuk menawar, "Wah Pak, cepat sekali, gampang sekali ya... 5 juta saja ya Pak khan gampang sekali..." Sang Bapak menjawab dengan sopan, " tidak bisa tetap 20 juta sesuai perjanjian." "Khan gampang Pak, 10 juta saja ya.." Mereka terus menerus menawar dengan mengatakan bahwa pekerjaan itu gampang dan biaya 20 jt terlalu tinggi. Sang Bapak tetap tidak berubah prinsip.



Karena sudah 1 jam perusahaan mengulur waktu dan terus menawar dengan mengatakan bahwa pekerjaan itu gampang dan biaya 20 jt terlalu tinggi, maka kesallah Bapak Tua dan Anak Muda itu. Mereka berjalan kearah pintu brankas dan BAM! Pintu brankas mereka banting dan TERKUNCI LAGI, sambil tersenyum merekapun berjalan keluar dan pergi dengan motor meninggalkan orang-orang di perusahaan itu yang melongo kaget.



Kejadian seperti ini sering kali terjadi dalam bisnis kita, kita sering tidak mampu menghargai keahlian orang yang benar-benar ahli dan menjadi solusi bagi masalah strategis kita.?



sumber: Christovita Wiloto millis IYE

--

Hachiko - a true story
by Yunianto Puspowardoyo on Monday, September 6, 2010 at 10:10am

Seorang Profesor setengah tua tinggal sendirian di Kota Shibuya. Namanya Profesor Hidesamuro Ueno. Dia hanya ditemani seekor anjing kesayangannya, Hachiko. Begitu akrab hubungan anjing dan tuannya itu sehingga kemanapun pergi Hachiko selalu mengantar. Profesor itu setiap hari berangkat mengajar di universitas selalu menggunakan kereta api.. Hachiko pun setiap hari setia menemani Profesor sampai stasiun. Di stasiun Shibuya ini Hachiko dengan setia menunggui tuannya pulang tanpa beranjak pergi sebelum sang profesor kembali. Dan ketika Profesor Ueno kembali dari mengajar dengan kereta api, dia selalu mendapati Hachiko sudah menunggu dengan setia di stasiun. Begitu setiap hari yang dilakukan Hachiko tanpa pernah bosan. Musim dingin di Jepang tahun ini begitu parah. Semua tertutup salju. Udara yang dingin menusuk sampai ke tulang sumsum membuat warga kebanyakan enggan ke luar rumah dan lebih memilih tinggal dekat perapian yang hangat.

Pagi itu, seperti biasa sang Profesor berangkat mengajar ke kampus. Dia seorang profesor yang sangat setia pada profesinya. Udara yang sangat dingin tidak membuatnya malas untuk menempuh jarak yang jauh menuju kampus tempat ia mengajar. Usia yang semakin senja dan tubuh yang semakin rapuh juga tidak membuat dia beralasan untuk tetap tinggal di rumah. Begitu juga Hachiko, tumpukan salju yang tebal dimana-mana tidak menyurutkan kesetiaan menemani tuannya berangkat kerja. Dengan jaket tebal dan payung yang terbuka, Profesor Ueno berangkat ke stasun Shibuya bersama Hachiko. Tempat mengajar Profesor Ueno sebenarnya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya. Tapi memang sudah menjadi kesukaan dan kebiasaan Profesor untuk naik kereta setiap berangkat maupun pulang dari universitas.

Kereta api datang tepat waktu. Bunyi gemuruh disertai terompet panjang seakan sedikit menghangatkan stasiun yang penuh dengan orang-orang yang sudah menunggu itu. Seorang awak kereta yang sudah hafal dengan Profesor Ueno segera berteriak akrab ketika kereta berhenti. Ya, hampir semua pegawai stasiun maupun pegawai kereta kenal dengan Profesor Ueno dan anjingnya yang setia itu, Hachiko. Karena memang sudah bertahun-tahun dia menjadi pelanggan setia kendaraan berbahan bakar batu bara itu.

Setelah mengelus dengan kasih sayang kepada anjingnya layaknya dua orang sahabat karib, Profesor naik ke gerbong yang biasa ia tumpangi. Hachiko memandangi dari tepian balkon ke arah menghilangnya profesor dalam kereta, seakan dia ingin mengucapkan,” saya akan menunggu tuan kembali.”

“Anjing manis, jangan pergi ke mana-mana ya, jangan pernah pergi sebelum tuan kamu ini pulang!” teriak pegawai kereta setengah berkelakar.

Seakan mengerti ucapan itu, Hachiko menyambut dengan suara agak keras,”guukh!” Tidak berapa lama petugas balkon meniup peluit panjang, pertanda kereta segera berangkat. Hachiko pun tahu arti tiupan peluit panjang itu. Makanya dia seakan-akan bersiap melepas kepergian profesor tuannya dengan gonggongan ringan. Dan didahului semburan asap yang tebal, kereta pun berangkat. Getaran yang agak keras membuat salju-salju yang menempel di dedaunan sekitar stasiun sedikit berjatuhan.

Di kampus, Profesor Ueno selain jadwal mengajar, dia juga ada tugas menyelesaikan penelitian di laboratorium. Karena itu begitu selesai mengajar di kelas, dia segera siap-siap memasuki lab untuk penelitianya. Udara yang sangat dingin di luar menerpa Profesor yang kebetulah lewat koridor kampus.

Tiba-tiba ia merasakan sesak sekali di dadanya. Seorang staf pengajar yang lain yang melihat Profesor Ueno limbung segera memapahnya ke klinik kampus. Berawal dari hal yang sederhana itu, tiba-tiba kampus jadi heboh karena Profesor Ueno pingsan. Dokter yang memeriksanya menyatakan Profesor Ueno menderita penyakit jantung, dan siang itu kambuh. Mereka berusaha menolong dan menyadarkan kembali Profesor. Namun tampaknya usaha mereka sia-sia. Profesor Ueno meninggal dunia. Segera kerabat Profesor dihubungi. Mereka datang ke kampus dan memutuskan membawa jenazah profesor ke kampung halaman mereka, bukan kembali ke rumah Profesor di Shibuya.

Menjelang malam udara semakin dingin di stasiun Shibuya. Tapi Hachiko tetap bergeming dengan menahan udara dingin dengan perasaan gelisah. Seharusnya Profesor Ueno sudah kembali, pikirnya. Sambil mondar-mandir di sekitar balkon Hachiko mencoba mengusir kegelisahannya. Beberapa orang yang ada di stasiun merasa iba dengan kesetiaan anjing itu. Ada yang mendekat dan mencoba menghiburnya, namun tetap saja tidak bisa menghilangkan kegelisahannya.

Malam pun datang. Stasiun semakin sepi. Hachiko masih menunggu di situ. Untuk menghangatkan badannya dia meringkuk di pojokan salah satu ruang tunggu. Sambil sesekali melompat menuju balkon setiap kali ada kereta datang, mengharap tuannya ada di antara para penumpang yang datang. Tapi selalu saja ia harus kecewa, karena Profesor Ueno tidak pernah datang. Bahkan hingga esoknya, dua hari kemu dian , dan berhari-hari berikutnya dia tidak pernah datang. Namun Hachiko tetap menunggu dan menunggu di stasiun itu, mengharap tuannya kembali. Tubuhnya pun mulai menjadi kurus.

Para pegawai stasiun yang kasihan melihat Hachiko dan penasaran kenapa Profesor Ueno tidak pernah kembali mencoba mencari tahu apa yang terjadi. Akhirnya didapat kabar bahwa Profesor Ueno telah meninggal dunia, bahkan telah dimakamkan oleh kerabatnya.

Mereka pun berusaha memberi tahu Hachiko bahwa tuannya tak akan pernah kembali lagi dan membujuk agar dia tidak perlu menunggu terus. Tetapi anjing itu seakan tidak percaya, atau tidak peduli. Dia tetap menunggu dan menunggu tuannya di stasiun itu, seakan dia yakin bahwa tuannya pasti akan kembali. Semakin hari tubuhnya semakin kurus kering karena jarang makan.

Akhirnya tersebarlah berita tentang seekor anjing yang setia terus menunggu tuannya walaupun tuannya sudah meninggal. Warga pun banyak yang datang ingin melihatnya. Banyak yang terharu. Bahkan sebagian sempat menitikkan air matanya ketika melihat dengan mata kepala sendiri seekor anjing yang sedang meringkuk di dekat pintu masuk menunggu tuannya yang sebenarnya tidak pernah akan kembali. Mereka yang simpati itu ada yang memberi makanan, susu, bahkan selimut agar tidak kedinginan.

Selama 9 tahun lebih, dia muncul di station setiap harinya pada pukul 3 sore, saat dimana dia biasa menunggu kepulangan tuannya. Namun hari-hari itu adalah saat dirinya tersiksa karena tuannya tidak kunjung tiba. Dan di suatu pagi, seorang petugas kebersihan stasiun tergopoh-gopoh melapor kepada pegawai keamanan. Sejenak kemu dian suasana menjadi ramai. Pegawai itu menemukan tubuh seekor anjing yang sudah kaku meringkuk di pojokan ruang tunggu. Anjing itu sudah menjadi mayat. Hachiko sudah mati. Kesetiaannya kepada sang tuannya pun terbawa sampai mati.

Warga yang mendengar kematian Hachiko segera berduyun-duyun ke stasiun Shibuya. Mereka umumnya sudah tahu cerita tentang kesetiaan anjing itu. Mereka ingin menghormati untuk yang terakhir kalinya. Menghormati sebuah arti kesetiaan yang kadang justru langka terjadi pada manusia.



Mereka begitu terkesan dan terharu. Untuk mengenang kesetiaan anjing itu mereka kemu dian membuat sebuah patung di dekat stasiun Shibuya. Sampai sekarang taman di sekitar patung itu sering dijadikan tempat untuk membuat janji bertemu. Karena masyarakat di sana berharap ada kesetiaan seperti yang sudah dicontohkan oleh Hachiku saat mereka harus menunggu maupun janji untuk datang. Akhirnya patung Hachiku pun dijadikan symbol kesetiaan. Kesetiaan yang tulus, yang terbawa sampai mati.

--

Kisah Suzuki
oleh Puspowardoyo Yunianto pada Kamis, Mei 27, 2010 at 02:10
KISAH SUZUKI

Hari pertama sekolah di sebuah sekolah tinggi Amerika di Washington DC.
Guru memperkenalkan anak baru, Suzuki Yamaguchi dari Jepang untuk
seluruh kelas.

Sebagai awal kelas, guru mengatakan:
"Mari kita mulai dengan sebuah kuis kecil dalam sejarah Amerika". Siapa bilang "Kebebasan
atau mati? "

Tiba-tiba keheningan dan hanya Suzuki mengangkat tangannya: "Patrick Henry, 1775.
di Philadelphia. "
"Sangat baik Suzuki". Dan yang mengatakan: "Bangsa ini orang-orang itu dan dengan demikian
tidak pernah bisa mati? "

Suzuki mengangkat tangannya lagi: "Abraham Lincoln, 1863, Washington."

Guru melihat murid-muridnya dan berkata:
"Malu pada Anda, Suzuki adalah Jepang dan mengetahui sejarah Amerika yang lebih baik
dari Anda. "

Sebuah suara diam dari belakang kelas:
"Go f * ck dirimu, tty * sh Jepang"

"Siapa yang mengatakan bahwa?!", Berteriak guru.

Suzuki mengangkat tangannya dan berkata:
"Jenderal MacArthur, 1942, Guadalcanalu, dan Lee Iacocca 1982 di
Chrysler manajemen rapat dewan, Detroit. "

Kelas menjadi diam dan Anda dapat kembali mendengar suara diam:
"Suck c saya * ck!"

Guru sangat marah: "Aku sudah muak Siapa yang mengatakan bahwa?."

Suzuki: "Bill Clinton untuk Levinsky Monica, Oval Office, 1997 di Washington."

suara lain berteriak: "Suzuki adalah * sh t!"

Suzuki: "Valentino Rossi di Rio de Janeiro di MotoGP Brasil tahun 2002."

Kelas berjalan liar, guru mulai menangis, dan berjalan ke
Kepala sekolah dia berkata:
"Apa yang terjadi saya? Akan berhenti!"

Suzuki: "Sri Mulyani, Departemen Keuangan, Jakarta, Indonesia, 2010 ketika
auditor KPK berada di kantor dia ... "

--

The STory Of Suzuki
by Yunianto Puspowardoyo on Thursday, May 27, 2010 at 2:10pm
THE STORY OF SUZUKI

First day of school in an American high school in Washington DC.
The teacher introduces the new kid, Suzuki Yamaguchi from Japan to the
rest of the class.

As the class start, the teacher says:
"Let's start with a small quiz in American history". Who said "Freedom
or death?"

Suddenly silence and only Suzuki raises his hand: "Patrick Henry, 1775.
in Philadelphia. "
"Very good Suzuki". And who said: "The nation is it's people and as such
can never die?"

Suzuki raises his hand again: "Abraham Lincoln, 1863, Washington."

The teacher looks at her students and says:
"Shame on you, Suzuki is a Japanese and know American history better
than you."

A silent voice from the back of the class:
"Go f*ck yourselves, sh*tty Japanese"

"Who said that!?", yells the teacher.

Suzuki raises his hand and says:
"General MacArthur, 1942, Guadalcanalu, and Lee Iacocca 1982 at the
Chrysler management board meeting, Detroit."

The class is in silence and you can again hear a silent voice:
"Suck my c*ck!!!"

The teacher is furious: "I've had enough. Who said that?"

Suzuki: "Bill Clinton to Monica Levinsky, Oval Office, 1997 in Washington."

Another voice yells: "Suzuki is sh*t!"

Suzuki: "Valentino Rossi in Rio de Janeiro at the Brazil MotoGP in 2002."

The class goes wild, the teacher starts crying, and in walks to the
school Principal she said:
"What the hell is going on? I am going to quit !!!"

Suzuki: "Sri Mulyani, Ministry of Finance, Jakarta, Indonesia, 2010 when
KPK auditors were in her office…"

--

Bersyukur dalam setiap keadaan (kisah raja yang gemar berburu)
by Yunianto Puspowardoyo on Monday, May 24, 2010 at 1:30pm
Alkisah ada seorang Raja yang gemar sekali berburu dan raja tersebut selalu mengajak penasihatnya untuk menemaninya berburu.
Pada suatu saat raja dan penasihat sedang masuk ke dalam hutan untuk berburu, oleh karena sang raja sangat bersemangat dalam menarik anak panahnya...justru kelingking sang raja yang tertebas anak panah dan akhirnya putus...
Sang raja sangat kecewa telah kehilangan jari kelingkingnya..dan bertanya kepada penasehat nya apa yang harus dilakukannya...
Sang penasehat menjawab ” Tuanku Raja harus bersyukur dengan keadaan apapun yang menimpa baginda”..
Mendengar hal tesebut raja naik pitam dan berkata ” apa katamu ? sebagai seorang raja, saya malu menjadi orang yang cacat dan apa yang akan dikatakan oleh rakyatku begitu mereka tau kelingkingku hilang satu? Kamu penasehat tidak becus!!! Saya kehilangan 1 jari kelingking dan kamu bilang kepada saya bahwa saya harus bersyukur atas keadaan ini!!!, sekarang juga kamu saya pecat dan kamu akan saya masukkan ke penjara karena ketidak becusan kamu itu !!!
Akhirnya sang penasehat dimasukkan ke penjara dan sang raja mencari dan mendapatkan 1 orang penasehat baru.
Kembali sang raja dan penasehat barunya masuk ke hutan untuk berburu.
Saking semangatnya mereka masuk ke dalam bagian hutan yang sangat dalam yang ternyata dihuni oleh suku pedalaman yang masih percaya pada penyembahan Berhala dan dewa dewa!!!
Akhirnya sang raja dan penasehat pun ditangkap dan direncanakan untuk menjadi persembahan bagi dewa suku tersebut ke-esokan harinya..
Sang raja sangat ketakutan membayangkan hal yang akan terjadi pada mereka.
Pada malam harinya Sebelum dijadikan persembahan bagi dewa, sang raja dan penasehatpun dimandikan oleh suku pedalaman tersebut dan ternyata pada saat raja dimandikan hebohlah suku pedalaman tersebut karena tangan sang raja tidak lengkap (tidak ada 1 kelingking)...
akhirnya mereka menganggap sang raja bukanlah korban yang "sempurna" karena anggota badannya tidaklah lengkap dan mereka segera melepaskan sang raja (karena takut akan membawa sial) meninggalkan penasehat barunya yang tetap dipersiapkan sebagai korban bagi dewa mereka.
Sang raja tidak menyia-nyiakan kesempatan dan berlari dengan se kencang kencangnya kembali ke istana sambil menangis...
Sampai di Istana sang raja langsung berlari menuju penjara tempat penasehatnya yang lama ditahan...
Sang raja minta penasehatnya yang lama untuk segera dibebaskan dan sang raja langsung memeluk dan meminta maaf akan kesalahannya telah memecat dan memenjarakan penasehatnya...
Sang raja akhirnya sadar bahwa kata kata pesehat nya adalah sangat benar bahwa dia harus bersyukur akan keadaan dimana sang raja kehilangan kelingkingnya...karena keadaan itulah justru yang menyelamatkan sang raja dari cengkeraman maut suku pedalaman...
Pada saat dia bertemu penesehatnya, sang raja kembali bertanya tentang apa yang dirasakan sang penasehat selama di dalam penjara...sang penasehatpun menjawab hal yang sama ”saya sangat bersyukur atas keadaan dimana saya dipenjara”...loh, sang rajapun bingung, mengapa sang penasehat bisa bersyukur di dalam penjara...jawab penasehatnya "bagaimana saya tidak bersyukur? Jika saya tidak sedang di penjara artinya yang akhirnya menjadi korban suku pedalaman menggantikan sang raja adalah saya..

Mari Kita belajar untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan, karena Tuhan selalu punya rencana yang Indah bagi kita pada waktuNya..bukan pada waktu rekaan kita.

--

Kekuatan Militer Indonesia masuk dalam rangking 14 di seluruh dunia dari sekitar 250 lebih negara. Survey tersebut didasarkan beberapa aspek. Untuk kekuatan perang bangsa kita, lihat saja detail-nya sebagai berikut:



PERSONNEL

Total Population: 237,512,352 [2008] Population Available: 125,530,542 [2008] Fit for Military Service: 104,496,911 [2008] Reaching Military Age Annually: 4,291,700 [2008] Active Military Personnel: 316,000 [2008] Active Military Reserve: 400,000 [2008] Active Paramilitary Units: 207,000 [2008]



ARMY

Total Land-Based Weapons: 2,122 Tanks: 425 [2004] Armored Personnel Carriers: 684 [2004] Towed Artillery: 293 [2004] Self-Propelled Guns: 70 [2004] Anti-Aircraft Weapons: 515 [2004]



AIR FORCE

Total Aircraft: 313 [2004] Helicopters: 194 [2004] Serviceable Airports: 652 [2007]



NAVY

Total Navy Ships: 111 Merchant Marine Strength: 971 [2008] Major Ports and Harbors: 10 Aircraft Carriers: 0 [2008] Destroyers: 0 [2008] Submarines: 2 [2004] Frigates: 15 [2004] Patrol & Coastal Craft: 24 [2004] Mine Warfare Craft: 12 [2004] Amphibious Craft: 26 [2004]



LOGISTICAL

Labor Force: 109,900,000 [2007] Roadways: 391,009 km Railways: 6,458 km



FINANCES (USD)

Defense Budget: $4,740,000,000 [2008] Foreign Exch. & Gold: $56,920,000,000 [2007] Purchasing Power: $843,700,000 [2008]



OIL

Oil Production: 837,500 bbl/day [2007] Oil Consumption: 1,100,000 bbl/day [2006] Proven Oil Reserves: 4,430,000,000 bbl [2007]



GEOGRAPHIC

Waterways: 21,579 km Coastline: 54,716 km Square Land Area: 1,919,440 km



20 besar negara bermiliter terkuat adalah:

U.S.A., China, Russia, India, U.K., France, Germany, Brazil, Japan, Turkey, Israel,

--

Tanduk Pelana
by Darwin Iskandar on Tuesday, August 24, 2010 at 3:20pm

Seorang gadis yang mengendarai mobilnya kehabisan bensin di tengahjalan pedalaman Amerika Serikat. Untung ada seorang Indian yangmenunggang kuda berbaik hati memberikannya tumpangan. Sang gadisberpegang erat-erat dengan melingkarkan lengannya di pinggang sangIndian.



Beberapa saat kemudian sang Indian berteriak, "Yahoo!"

Sang gadis yang tidak mengerti arti teriakan tersebut terus sajamempererat pegangannya dan sang Indian pun berulang kali meneriakkankata yang sama.



Sewaktu turun di suatu pom bensin, sang Indian berteriak untukterakhir kalinya, "Yahoo!" sebelum gadis itu turun. Sesudah sangIndian berlalu, pegawai pom bensin bertanya kepadanya.

Pegawai: Kau apakan si kulit merah itu sampai dia berteriak begitu?

Gadis: Aku tak apa-apakan dia. Hanya duduk diam di belakangnya sambilmemeluk pinggangnya dan memegang kuat-kuat tanduk pelananya," jawabsang gadis.



Pegawai: Nona. Orang Indian menunggang kuda tanpa pelana.



Gadis: ...!??

--

Misi Pemindahan Anak Yahudi

Operasi Mural, adalah gerakan rahasia yang dilakukan Mossad untuk memindahkan anak-anak Yahudi Maroko ke Israel. Untuk menjalankan opersai ini, Mossad menyusup di pemerintahan maupun komunitas Yahudi Maroko.

Setelah mendapat kemerdekaan dari Perancis pada 1956, Pemerintah Maroko melarang perpindahan warga Yahudi ke luar negeri. Kebijakan ini mendapat reaksi dari Pemerintah Israel dengan menugaskan Mossad mempermudah perpindahan warga Yahudi Maroko secara rahasia.

Pada awalnya, Mossad memberangkatkan secara ilegal dengan perahu. Upaya ini berhenti pada 1961 setelah terjadi bencana Egoz, di mana kapal yang membawa 44 imigran terbalik dan semua penumpangnya tenggelam.

Pendekatan baru kemudian diterapkan Mossad bekerja sama dengan LSM OSSEAN yang bertugas memberikan perlindungan pada anak dan bermarkas di Swiss. Lembaga ini menawarkan pada Pemerintah Maroko untuki membawa anak-anak Maroko berlibur ke Swiss.

Dalam melaksanakan operasinya, agen Mossad bekerja di komunitas yahudi untuk mencari keluarga yang tertarik berpindah ke Israel. Berdasarkan rencana, saat berada di Swiss anak-anak Yahudi dipisahkan dari kelompok utama dan diterbangkan ke Israel.

David Littman, adalah sukarelawan yang berperan membantu Mossad mengevakuasi anak-anak Yahudi dari Maroko. Operasi ini tergolong tidak mudah. Setelah berbulan-bulan lima konvoi berkedok liburan ke Swiss berhasil dijalankan. 530 anak-anak Yahudi berhasil diterbangkan ke Israel.

Cerita Operasi Mural pertama kali dipublikasikan pada 1984 dalam artikel di Maariv. Operasi ini mendapat pengakuan secara terbuka oleh Presiden Israel, Chaim Herzog. Pengakuan berlanjut pada 1986, saat ulang tahun operasi ini dengan mengumpulkan anak-anak yang berhasil dievakuasi.

Operasi Mural, menjadi bagian dari operasi besar Mossad dalam melakukan “pemulangan” warga Yahudi yang terpencar di berbagai negara, terutama di Timur Tengah ke “negara baru” Israel. Operasi ini dapat dikatakan sukses. Pemerintah Israel tidak hanya berhasil memulangkan kembali warganya, tetapi juga mencaplok wilayah di Tepi Barat dan Jalur Gaza dengan membangun pemukiman-pemukiman baru. (INTELIJEN, No 7/VII/2010, rubrik “Operasi”)

--

Salah Berpikir!
by Darwin Iskandar on Tuesday, August 10, 2010 at 1:46pm
Yono sedang naksir Melisa, seorang cewek teman sekelasnya.
Tapi dia tidak tahu bagaimana caranya agar bisa mempesona cewek tersebut.
Akhirnya dia berkunjung ke rumah Victor, teman sepermainannya yg pandai,
utk berkonsultasi.

Di teras rumah Victor, mereka mengobrol.

Yono : Vic, aku naksir temen sekelasku.
Victor : Ya gpp to...
Masalahnya dimana?
Yono : Aku gak tau gimana caranya supaya dia juga naksir aku.
Victor : Hmmm, katanya sih, cewek suka dgn cowok yg pinter dan logis.
Bagi mereka, cowok logis itu seksi.
Yono : Logis itu seperti apa?
Victor : Ya klo bicara pake logika.
Yono : Contohin dong...

Victor menunjuk seseorang bapak yg kebetulan lewat di depan rumahnya.

Victor : Kamu lihat bapak itu?
Pasti dia pegawai negri.
Yono : Kok kamu tahu?
Victor : Kliatan dari seragamnya.
Dan aku juga bisa memastikan bahwa dia sudah belasan tahun bekerja.
Yono : Kok tau?
Victor : Ya jelas, kliatan dari mukanya, sudah gak terlalu muda.
Yono : Oiya ya...
Victor : Dia pasti sudah punya rumah sendiri.
Yono : Kok kamu tahu?
Victor : Pegawai negri sudah belasan tahun,
masak gak bisa beli rumah sekecil apapun?
Pasti punya lah...
Yono : Oiya ya. Kamu bener, Vic.
Victor : Dia pasti sudah punya istri.
Yono : Tau darimana?
Victor : Laki2, punya pekerjaan tetap, apalagi punya rumah,
masak gak bisa ngedapetin istri sejelek apapun?
Yono : Bener juga ya.
Terus?
Victor : (jengkel) Terus terus!
Klo punya istri, berarti dia bukan homo !
Gitu aja pake mikir !
Yono : Wah, kamu pinter, Vic. Top deh.
Ternyata itu yg namanya logis.
Makasih ya.

Esoknya Yono dgn dandanan rapi, berkunjung ke rumah Melisa.

Yono : Mel, ayahmu pegawai negri?
Melisa : Bukan.
Kenapa?
Yono : Berarti ayahmu homo.

--

Sigurnosno Obavjestajna Agencija (Badan intelijen Republik Kroasia)
by Darwin Iskandar on Thursday, August 12, 2010 at 11:13am

SOA atau Sigurnosno Obavjestajna Agencija, adalah Badan intelijen Republik Kroasia. Badan intelijen ini didirikan pada 2006 setelah diberlakukannya the Scurity and Intelligence System of the Republic of Croatia Act atau sejak dikombinasikannya dua badan intelijen yang kini tidak beroperasi lagi, yaitu, Counterintelligence Agency (POA) dan the Intelligence Agency (OA). SOA dipimpin oleh seorang direktur yang diangkat oleh presiden.



Sebagai lembaga pemerintah di bidang keamanan, SOA bertanggungjawab untuk mengumpulkan, menganalisis, mengolah dan mengevaluasi data intelijen untuk keamanan nasional. Tugas ini ditujukan untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan individu atau kelompok yang membahayakan konstitusi dan kedaulatan Kroasia.



Operasi intelijen yang dilakukan SOA diatur berdasarkan Strategi keamanan Nasional, Strategi Pertahanan, Panduan Tahunan untuk Keamanan dan Operasi Badan Intelijen serta beberapa undang-undang lain. Cakupan operasi intelijen SOA meliputi pencegahan dan penanggulangan: kegiatan yang bertujuan merusak struktur kekuasaan negara; kegiatan ekstrimis yang mengancam tatanan demokrasi dan HAM, kejahatan terorganisir yang mengancam keamanan dan ekonomi negara; kejahatan yang mengancam pejabat tinggi negara; juga kejahatan perang terhadap warga negara.



SOA juga melakukan kerjasama internasional dengan badan-badan intelijen asing dan lembaga lainnya. Bentuknya bisa berupa pertukaran informasi, peralatan atau operasi bersama.



Terkait dengan pengawasan terhadap SOA, dapat dikatakan badan intelijen Kroasia ini lebih maju. Pengawasan dilakukan secara bersama-sama oleh parlemen, ahli dan masyarakat, disebut sebagai tiga tingkatan pengawasan.



Parlemen mengawasi melalui komisi bidang keamanan nasional. Para ahli mengawasi melalui dewan keamanan nasional. Publik mengawasi melalui the Civilian Oversight of Security and Intelligence Agencies. Jumlah anggota lembaga pengawasan sipil ini enam orang yang merepresentasikan sebagai wakil masyarakat dari berbagai bidang.



Selain pengawasan oleh pihak eksternal, SOA juga memliki pengawasan internal. Pengawasan internal dilakukan untuk mencegah kegiatan-kegiatan ilegal staf dan agen SOA, termasuk penyalagunaan kekuasan atau data.



Di bawah pemerintahan Presiden IVO Josipovic yang memenangi pemilu presiden 2010, SOA menjadi tulang punggung keamanan Kroasia dalam melancarkan perang terhadap kejahatan terorganisir. Hal ini tidak terlepas dari janji kampanye sang presiden yang bertekad membebaskan Kroasia dari berbagai bentuk kejahatan terorganisir yang banyak mengancam keamanan dan ekonomi negaranya.



Sejak berdirinya SOA memang sudah dihadapkan dengan agenda besar, perang melawan teroris dan kejahatan internasional. Salah satu kelompok yang ditakutkan oleh SOA adalah kelompok wahabis yang dianggap mengajarkan paham radikalisme. (INTELIJEN nomor 9/Th VII/2010)?

--

SURAT CINTA UNTUK ......?
by Darwin Iskandar on Monday, August 16, 2010 at 4:45pm

Teruntuk seseorang,



Mengenal kamu adalah hal terindah bagi aku, karena meskipun kamu gak sadar akan hal itu, kamu telah banyak memberikan inspirasi terhadap hidup aku. Tak hanya di urusan cinta, tetapi bahkan aku menemukan kembali keseimbangan dalam hidup. Aku sadar,selama ini aku benar-benar seorang utilitarian penganut setia John Stuart Mill.Tindakan aku hanya berdasarkan pertimbangan efektivitas dan efisiensi. Tetap isaat berhadapan dengan kamu, rasionalitas utilitarian tak lagi bisa aku pertahankan. Pendek kata, aku meluruh dalam emosi cinta yang aku bangunsendiri.



Tadinya aku berpikir ini adalah ilusi yang aku ciptakan sebagai akibat ketertarikan atas kamu secara seksual. Pikiran itu mendorong aku untuk kembali membaca psikoanalisis-nya Sigmund Freud (Three Essays on the Theory of Sexuality). Maka sempat aku menyimpulkan bahwa satu-satunya solusi atas hal ini adalah dengan mengungkapkan"libido" aku secara vulgar, dan seharusnya ketika itu terungkapkan,maka pikiran aku bisa bebas dari ilusi tentang kamu. Tapi nyatanya, kesimpulan itu salah. Ada sesuatu yang lebih dari hanya "kepanasaran" aku terhadap kamu.



Agak sedikit melenceng, aku jadi ingat istilah Hannah Arendt (seorang perempuan filsuf yangpernah pacaran dengan filsuf besar Jerman, Martin Heidegger) bahwa "politik adalah seniuntuk mengabadikan diri manusia". Maka aku kembali berteori bahwa"perjuangan" yang aku lakukan untuk mendapatkan kamu adalah bagian dari keinginan setiap manusia untuk mengeksistensikan (diakui keberadaannya)dirinya. Tiba-tiba aku merasa menjadi seorang eksistensialis. Bukankah Adam adalah seorang eksistensialis ketika ingin mendapatkan Hawa?



Sampai di sini, aku hampir saja menemukan jawaban,bahwa kalau aku memperbanyak pola eksistensialis semacam ini, hasrat akuterhadap kamu pasti akan semakin menipis. Tetapilagi-lagi model ini menemukan jalan buntu. Aku malah semakin cinta sama kamu.Aku jadi agak frustasi dan hampir saja terdorong untuk membuang semua teori.Namun bukankah StephenHawking mengatakan bahwa semua hal pasti ada rumusnya? (Theory of Everything).



Kembali akubuka semua catatan dari filsuf-filsuf besar dunia yang pernah aku baca buku-bukunya. Dari konsep cartesian-nya Descartes hingga keseimbangan kosmiknya Fritjof Kapra. Darikonsep universalitasnya Kant hingga konsep dialogisnya Habermas. Dari konsep komunitariannya Robert N Bellah hingga pragmatismenya JohnDewey.



Dan akhirnya... aku memang tidak pernah bisa mendapatkan jawabannya... namuntetaplah ada filosofi di balik itu semua. Aku menemukan sintesis (rumusan yangsempurna) dari semuanya, bahwa cinta adalah hal yang harus terus dicari olehmanusia. Cinta bukan sebuah konsep fana yang hidup hanya pada momen-momenromantik seperti akhir cerita buku-buku HC Andersen,tetapi lebih dari itu, cinta adalah sebuah cita-cita yang dibangun daripengalaman emosional dan transendental (perubahan/pengalaman hidup) setiap manusia.



Asal mula hubungan cinta itu adalah seruan hati :



"Hendaknya engkau menjalani hidup bersama aku.

Andaikata seruan itu kaujawab dengan membuka hati bagi aku,

yang telah terbuka bagi engkau,

maka dapat dimulai hidup bersama dalam cinta".



Syaratnya ialah kerendahan hati pada orang yang memanggil, kesediaan pada orang yang dipanggil. Dengan kerendahan hati aku ingin memanggil dirimu dengan coretan surat ini agar kesediaanmu terpanggil untuk bersamaku.



"Sayangku,tulislah padaku segeradan katakanlah, bahwa kau sehatdan juga selalu mencintaiku..."



Itulah puisi seorang filsuf besar pergerakan klas proletariat, Karl Marx kepada kekasihnya, Jenny von Westphalen.Semoga juga keluar dari kata-kata manismu untukku sebagai jawabmu untukku.



From Someone

--

DOA
by Darwin Iskandar on Tuesday, August 24, 2010 at 3:13pm

Seorang pemburu kesasar dalam hutan rimba lebat yang dihuni olehbinatang buas. Bingung dia harus menapaki jalan yang mana agar cepatke luar dari dalam rimba tersebut. Dalam kebingungannya tersebuttiba-tiba saja seekor harimau yang tinggi besar sudah berdiri dihadapannya dengan mata yang mengerikan sembari memperlihatkantaringnya yang tajam.



Betul-betul lapar rupanya harimau itu yang membuat burung pemburukita menciut tinggal seperempatnya.



Pasrah dia menunggu kematian yang tak terelakkan dan mulai berdoadalam diam. Sementara itu sang harimau juga diam membisu sembaritetap memandangi sang pemburu dengan tenang. Semenit berlalu, sangharimau belum juga menerkam sang pemburu yang membuat pemburu bingungdan lantas memberanikan diri bertanya kepada harimau.



"Oi, harimau! Kenapa kamu diam saja?



"Kamu juga kenapa diam saja?"



"Sesuai dengan ajaranku, aku harus berdoa agar terlepas dariterkamanmu," ucap sang pemburu dengan berani.



"Sama kalau begitu. Sesuai dengan ajaranku, aku harus berdoa sebelummakan," balas sang harimau dengan kalem.?

--

Operasi Mincemeat
by Darwin Iskandar on Tuesday, August 24, 2010 at 3:11pm

Pada 30 April 1943, seorang nelayan menemukan mayat yang telah membusuk dan mengambang di lepas pantai Huelva, Spanyol Barat Daya. Dari tubuhnya terlihat seorang laki-laki dewasa mengenakan mantel, seragam, sepatu bot dan rantai yang melilit di pinggangnya.

Dari dompet yang ditemukan, dapat diidentifikasi, mayat itu bernama Mayor William Martin dari Marinir Kerajaan Inggris. Pihak berwenang Spanyol memanggil wakil konsul Inggris, Francis Haselden. Di hadapannya pihak Spanyol berkeinginan membuka kasus ini.



Tetapi, Haselden menolak. Ia justru meminta menyelesaikan kasus ini melalui jalur formal. Pihak Spanyol menilai keputusan Inggris seperti yang disuarakan Haselden adalah hal aneh. Pemerintah Inggris di London bahkan mengirimkan serangkaian pesan ke Spanyol menanyakan keberadaan tas milik Mayor Martin.



Spanyol mencoba mengontak agen intelijen Jerman di wilayah ini. Tidak butuh waktu lama bagi petugas Spanyol membuka jalan bagi agen intelijen Jerman. Spanyol adalah negara netral, tapi kebanyakan militernya berpihak pada Jerman dan Nazi serta para jenderalnya bersedia membantu Jerman.



Dalam menghadapi Jerman, Inggris selalu menggunakan taktik dengan mengirim suatu dokumen rahasia. Cara yang digunakan, dengan memasukkan dokumen ke dalam amplop dan batang logam yang tipis.



Mayor Martin sebagai kurir, membawa surat pribadi dari Letnan Jenderal Archibald Nye, Wakil Kepala Staf Umum Kerajaan Inggris di London. Kemudian surat ini disampaikan ke Jenderal Harold Alexander, perwira senior Inggris di bawah Eisenhower di Tunisia.

Surat Nye menguraikan niat Sekutu menyerang Eropa Selatan. AS dan pasukan Inggris berencana untuk menyeberang ke Mediterania dari posisi mereka di Afrika Utara, dan melancarkan serangan di wilayah Yunani dan Sardinia yang dikuasai Jerman.

Menanggapi "fakta" itu, Hitler kemudian mengirim divisi panzer dari Perancis ke Peloponnese di Yunani. Komando militer Jerman juga mengirim pesan mendesak kepada kepala pasukan di wilayah ini untuk mengamankan Sardinia sebagai prioritas utama dalam menghadapi pasukan Sekutu.



Jerman tidak menyadari tipuan yang dilakukan Sekutu dengan memunculkan nama rekaan "William Martin" yang dikira seorang kurir pembawa dokumen penting. Bahkan berdasarkan cerita yang berkembang, sosok kurir "Martin" ini diambil dari rumah sakit jiwa.

Operasi pemunculan tokoh fiktif Mayor Willian Martin itu, oleh seorang wartawan Inggris disebut dalam judul bukunya sebagai "operasi Mincemeat".



Karena keberhasilan operasi ini pula Sekutu dengan ratusan ribu pasukannya berhasil menginvasi Sisilia pada 10 Juli 1943. Jerman, telah menjadi korban penipuan yang paling luar biasa dalam sejarah militer modern.

-
PENGHARAPAN PASTI DI DALAM TUHAN

Posted: 12 Oct 2010 05:47 AM PDT
“Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan.” Roma 8:24a

Semua orang pasti memiliki banyak keinginan dan juga harapan dalam hidupnya. Tak seorang pun mau menjalani hari-hari tanpa ada harapan yang hendak dicapai. Jika tanpa pengharapan orang akan menjalani hidupnya asal-asalan, monoton dan tanpa semangat.

Siapakah di antara kita yang tidak ingin menjadi orang yang sukses, mapan dan bermasa depan cerah? ltulah sebabnya kita mulai merancang/merencana kan segala sesuatunya sejak dini, agar apa yang kita harapkan menjadi kenyataan. Sebagai orangtua kita pasti memiliki pengharapan yang besar terhadap anak-anak kita: sukses dalam studi dan juga karir. Begitu juga bagi si lajang, ia memiliki harapan-harapan dalam hidupnya: pekerjaan yang mapan, punya rumah dan mobil, serta memiliki pasangan hidup sesuai yang diinginkan. Itu adalah gambaran pengharapan semua orang selama hidup di dunia ini, padahal kita tahu bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara (tidak kekal).

Maka dari itu adalah bijak bagi kita sebagai orang percaya untuk tidak menggantungkan pengharapan kepada hal-hal yang kelihatan, karena tidak ada satu hal pun yang bisa kita harapkan dan andalkan di dunia ini, “. . .sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya? Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun.” (ayat 24b-25). Lalu kepada siapa kita menaruh pengharapan itu? Hanya satu saja yang bisa menjadi pengharapan kita yaitu pengharapan di dalam Yesus Kristus. Dia berkata, “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yohanes 10: 10b). Jadi, “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” (Yohanes 15:7).

Bila kita berharap kepada Yesus pengharapan itu tidak pernah mengecewakan (baca Roma 5:5), karena Dia tak pernah lalai menepati janjiNya! Dan saat kita menaruh pengaharapan kita padaNya kita beroleh kekuatan dan semakin kokoh meski berada di tengah badai pencobaan, karena pengharapan itu seperti sauh yang kuat (baca Ibrani 6:19).

Jangan pernah sedikit pun melepaskan pengharapan kita kepada Tuhan, karena ada kemuliaan yang Ia sediakan (baca Efesus 1:18).
-

Cinta Bekerja Seperti Morfin
Lifestyle + / Jumat, 15 Oktober 2010 08:41 WIB

RASA cinta adalah obat yang dinilai ampuh dalam mengalahkan rasa sakit, menurut sebuah penelitian. Dikemukakan, perasaan romantis yang mendalam mampu mengeblok rasa nyeri yang dirasakan tubuh, sama seperti efek morfin.

Para peneliti di 'Negeri Paman Sam' melakukan uji coba berdasarkan teori terhadap 15 siswa dan siswi sebuah universitas yang tengah menjalin hubungan cinta pada tahap awal. Mereka lalu dirunjukkan foto kekasih mereka, sementara itu sebuah alat yang diletakkan di telapak tangan guna mengukur panas tubuh mereka. Alat itu juga menghantarkan rasa sakit, tapi dalam dosis rendah. Pada saat yang sama, otak para mahasiswa tersebut dipindai oleh mesin magnetik resonansi fungsional (MRI).

Hasilnya, ternyata perasaan cinta yang dipicu dengan melihat gambar pasangan dapat berperan sebagai obat penahan rasa sakit atau analgesik yang ampuh. Namun, melihat foto seseorang yang dipuja tidak memiliki efek yang sama dengan melihat seseorang yang memang telah menjadi pasangan yang seseungguhnya. Pemindaian itu juga menunjukkan bahwa efek rasa cinta dapat disamakan dengan efek morfin dan kokain yang sama-sama menyasar pada pusat otak.

Ketua penelitian tersebut, Dr Sean Mackey, Kepala Divisi Manajemen Rasa Nyeri Ilmu Medis Universitas Stanford di California mengutarakan, " Ketika berada dalam fase ini, saat seseorang memiliki gairah cinta, ada perubahan signifikan dalam suasana hati mereka yang berdampak pada rasa nyeri secara fisik yang dirasakan."

Ia menambahkan, "Kami pun mulai memisahkan sistem dari efek tersebut pada otak dan bagaimana rasa nyeri yang dirasakan. Ternyata, hal itu melibatkan suatu sistem pada otak kita yang menyasar pada dopamin, sebuah neurotransmitter utama yang memengaruhi suasana hati, harapan, dan motivasi".(MI/*)

-

Lima Rahasia Keinginan Pria
Lifestyle + / Jumat, 15 Oktober 2010 08:29 WIB

Memahami pria memang sulit. Beda kepribadian, berbeda pula sifat dan cara pikirnya. Tentu saja cara menanggapinya juga harus berbeda pula. Pria yang bijaksana akan membuka pikirannya seluas mungkin dan mencari tahu banyak hal, karena itu dia akan mudah memahami dan menyesuaikan diri dengan Anda. Sayangnya pria seperti ini tidak banyak jumlahnya di dunia ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengumpulkan fakta tentang pria sebanyak-banyaknya untuk di kemudian hari Anda pilih yang sesuai dengan pasangan Anda. Berikut ini Woman sajikan beberapa pikiran pria yang dirahasiakan dari Anda.

1. Jika seorang pria menjauhi Anda, menjaga jarak, bersikap kasar dan tidak memedulikan Anda, padahal dengan teman-teman Anda dia baik-baik saja, bisa dipastikan dia jatuh cinta pada Anda. Hanya tidak tahu caranya. Pria ingin Anda tetap bersikap baik padanya dan tidak melirik pria lain pada saat dia bersikap seperti ini. Hmm.. egois? Ya, pada beberapa tipe pria memang begitu.

2. Patah hati pada pria lebih membekas karena itu pria ingin mantan tetap baik padanya walaupun mungkin dia sendiri tidak seperti itu. Atau sebaliknya, pria ingin mantannya jauh-jauh jika si mantan telah menyakitinya. Tidak seperti wanita, pria tidak biasa menangis menjadi-jadi dan mencurahkan segala isi hati pada teman-temannya ketika patah hati. Oleh karena itu mereka juga biasanya tidak mendapatkan pengobatan yang tuntas untuk luka di hatinya.

3. Pria berkata jika terus bersamanya Anda akan sengsara dan menderita, sebenarnya dia berharap Anda akan terus bersamanya baik dalam suka maupun duka. Hal ini cerita klasik sebenarnya, tapi jangan kaget karena kebanyakan pria masih memegang kuat prinsip ini dan bisa dengan mudahnya memutuskan Anda karena pemikiran ini.

4. Pria balik kepada Anda dan sepakat untuk memenuhi permintaan Anda, termasuk untuk berubah menjadi lebih baik. Dalam keadaan ini pria ingin Anda menyambutnya dengan hangat dan penuh cinta, bukan dengan perasaan jual mahal karena akhirnya dia memilih Anda.

5. Jika Anda ingin seorang pria berubah menjadi lebih baik, di dalam hatinya pria berharap Anda bersedia melakukan apa saja untuk membantunya berubah. Selain itu, pria juga sangat tidak suka jika Anda mengungkit-ungkit keburukannya di masa lalu dan selalu bersikap curiga bahwa dia akan mengulangi keburukannya itu. Sikap itu sanggup mencabut niat pria untuk berubah sampai ke akar-akarnya.(MI/*)

-

10 Peraturan Pernikahan yang Keliru
Lifestyle + / Jumat, 15 Oktober 2010 06:03 WIB

"Anda dan pasangan harus melakukan semuanya bersama-sama, segera menyelesaikan masalah (sebisa mungkin tanpa bertengkar), menghabiskan malam di atas ranjang yang sama, dan jangan pernah merasa bosan dengan pasangan." Semua ini mungkin pernah Anda dengar bahkan anggap sebagai hukum utama yang wajib ditaati bila ingin pernikahan bahagia.

"Faktanya, menganggap lalu beberapa peraturan di atas adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk hubungan dengan pasangan," ujar psikoterapi Barbara Bartlein, RN, MSW, yang juga mengarang buku bertajuk WHY DID I MARRY YOU ANYWAY?. Lalu, apa saja sih peraturan yang ternyata keliru tersebut? Kita simak bersama yuk.

Selesaikan masalah sebelum tidur

Faktanya, ada begitu banyak pasangan yang terlalu letih untuk menyelesaikan masalah mereka saat malam hari tiba. Yang seharusnya adalah menyelesaikan sendiri kemarahan atau kejengkelan yang mungkin timbul dalam diri masing-masing. Tentang solusi, bila memang belum bisa ditemukan hari itu juga, maka tundalah hingga besok, saat pikiran masing-masing sudah lebih fresh.

100% jujur

Dalam pernikahan, mengungkapkan segala sesuatu pada pasangan bukanlah sebuah aksi yang bijaksana. Anda tak perlu menceritakan dengan detail apa saja kegiatan dan perkataan romantis yang pernah Anda lakukan dengan mantan terdahulu. Anda harus mempertimbangkan apa yang mungkin bakal dirasakan dan dipikirkan oleh pasangan tentang hal tersebut. Perlu pemikiran bijak untuk memilah apa yang perlu dan tidak perlu diketahui pasangan. Jangan sampai urusan sepele membuat Anda berdua bertengkar hanya karena salah paham.

Jangan berlibur seorang diri

Memang adalah hal yang menyenangkan bila bisa menghabiskan liburan bersama pujaan hati, namun masalahnya minat Anda dan suami belum tentu sama. Anda suka berenang, suami suka lebih suka travelling. Mengatasi hal ini tentu saja, sesekali Anda boleh pergi berenang sendiri bersama teman-teman wanita, dan biarkan suami menikmati pengalaman travelling-nya. Dengan begitu masing-masing pihak bisa merasakan kebahagiaan dan hal ini malah bisa membuat hubungan Anda berdua lebih kuat karena tidak ada kekangan terhadap satu sama lain.

Bertengkar = kemungkinan cerai

Sebenarnya, ungkap Barbara, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang tak pernah bertengkar lebih berpotensi untuk bercerai karena masing-masing cenderung menahan diri untuk tidak menunjukkan emosi sesungguhnya. Anda boleh bertengkar dengan pasangan, namun lakukan itu dengan cara yang sehat dan produktif (tanpa unsur saling menyalahkan, mengejek nama, dan sejenisnya). Ingatlah bahwa konflik tersebut juga harus berujung pada pencarian solusi, bukan hanya sekedar mengungkapkan emosi dan pemikiran masing-masing.

Saat anak lahir, mereka yang lebih utama

Anak-anak perlu melihat adanya keamanan dan kekuatan dalam hubungan kedua orang tuanya agar mereka bisa bertumbuh menjadi pribadi yang juga saling mengasihi, sama seperti orang tuanya. Jadi, tak mengapa sebenarnya bila Anda dan pasangan berkencan berdua saja sekali waktu.[break]

Pasangan tak seharusnya pisah ranjang

Hanyalah sebuah mitos jika Anda dan pasangan akan tidur lebih nyenyak bila selalu tidur berdua. Saat Anda masih ingin membaca, sedangkan mata suami sudah berat, apa yang akan Anda lakukan? Tentu saja memilih tidur di kamar sebelah adalah pilihan paling bijak. Yang perlu dicatat tentang pisah ranjang di sini adalah agar hal ini tidak sampai membuat Anda berdua terpisah dalam kaitannya dengan keintiman dan hubungan seksual.

Hobi harus sama

Hanya karena Anda sudah menikah, maka hal itu tidak mengharuskan Anda berdua seragam dan sama dalam segala hal. Jika selera makan masih tetap berbeda, maka hobi pun bisa beda juga. Hubungan sehat sebenarnya adalah hubungan yang menghargai kebebasan satu sama lain, tentang makanan, selera makanan, film, buku, dan lain sebagainya. Tetap lakukan apa yang Anda sukai, sambil mencari juga kesenangan Anda bersama pasangan.

Tak ada getaran, maka hubungan ini gagal

Kenyataannya, romantisme akan segera berlalu, dan saat tidak ada lagi getaran itu, maka yang tertinggal adalah komitmen sehidup-semati yang pernah Anda ucapkan dulu. Komitmenlah yang membuat sebuah hubungan abadi, bukan getaran yang dirasakan.

Bosan? Ow-ow, masalah besar!

Dalam menjalani hidup ini, setiap orang, suami, istri, anak, pekerja, atasan, semuanya pasti pernah mengalami yang namanya rasa bosan. Perasaan down ini bisa terjadi karena kehidupan atau aktivitas yang monoton, tidak selalu karena pasangan. Saat hal ini datang, bangkitkan kembali semangat Anda dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menantang.

Anda harus berhubungan seks untuk membahagiakan pasangan

Meski pria sangat suka seks, namun hal itu bukanlah inti kebahagiaan mereka. Seks hanyalah bonusnya. Seks tidak ada apa-apanya dibanding pengertian, perhatian, dan cinta kasih yang Anda berikan pada suami selama ini. Toh, saat dulu suami jatuh cinta pada Anda, itu bukan karena seks kan? Seks hanyalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih pada satu sama lain, dan kebahagiaannya untuk kedua pihak, bukan salah satu saja.

Dengan mengetahui beberapa peraturan yang keliru, mari kita perbarui komitmen kita dengan pasangan dan raih hidup bersama penuh kebebasan dan kebahagiaan. Selamat menempuh 'hidup baru' ibu!(Kpl/ICH)

-

Profesi yang Berisiko Terjadinya Perceraian
Lifestyle + / Kamis, 14 Oktober 2010 14:25 WIB

SIAPA sangka, jenis pekerjaan tertentu ternyata berisiko menyebabkan perceraian pasangan suami istri. Sebuah penelitian terbaru belum lama ini mengidentifikasikan 15 pekerjaan, dengan tingkat risiko perceraian tertinggi.

Menurut studi dari Radford University di Virgninia, berikut ini adalah sejumlah profesi yang dapat meningkatkan potensi perceraian:

1. Pelayan dan pembersih rumah tangga
2. Pembetul atap atau genteng
3. Pelayan restoran
4. Telemarketer
5. Kuli bagasi dan concierge
6. Pekerja hiburan, artis, profesi yang berhubungan dengan olahraga
7. Perawat, psikiatris, dan para pekerja kesehatan
8. Operator telepon
9. Pekerja pabrik makanan dan tembakau
10. Pelayan rumah judi
11. Operator mesin ekstrusi
12. Gaming cage worker (kasir di rumah judi yang melayani penukaran chip, tiket, dan token ke dalam uang tunai
13. Tukang pijat
14. Bartender
15. Penari dan koreografer

Studi tersebut juga menemukan bahwa profesi yang memiliki tingkat perceraian terendah adalah insinyur penjualan, ahli penyakit kaki (podiatrist), dan polisi transit.(MI/*)

-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar