Sabtu, 08 Januari 2011

6 jan 11

TAHUN 1916:
George Jung memproduksi Fortune Cookies pertama, di Los Angeles.
Coca-Cola meluncurkan model botol nya "montoknya", pada Cola rasa kacang.
William Boeing mendirikan perusahaan konstruksi pesawat yang kemudian diberi nama Boeing.
John D Rockefeller menjadi miliarder pertama di Dunia.

PERNIKAHAN TERCEPAT:
Dunia mencatat bahwa Pernikahan antara aktor Hollywood Rudolph Valentino dan Jean Acker pada tanggal 5 November 1919, merupakan pernikahan tersingkat.
Pengantin baru ini, memutuskan bercerai 6 jam setelah mereka mengucapkan janji di depan altar.
Luar biasa, anda punya data pernikahan yang lebih singkat dari mereka berdua...?

PERMEN POLO:
Ketika musim panas, pengusaha Coklat, Clarence A Cnane merasa pusing karena coklatnya lebih cepat meleleh. Untuk menyelamatkan bisnisnya, Clarence membuat dan menjual permen mint padat.
Dia mencetak permen mintnya menggunakan mesin press pil buatan lokal. Karena kesalahan setting pada mesin pembuat pil, permen yg dihasilkan ternyata tidak tidak berbentuk bulat padat, melainkan berlubang di tengah seperti cincin. Clarence tetap menjual permen tersebut dengan nama "life savers".
Karna unik dan tidak biasa, permen tersebut malah disukai. Sejak masa pembuatannya pada tahun 1912, permen salah cetak ini terus mengalami kesusesan.
Hingga tahun 1980, Clarence mengklaim telah menjual lebih dari 30 milyar bungkus permen bolong tersebut. Permen bolong ini masuk ke Asia dengan nama "POLO".
Klo kebetulan anda salah dalam membuat suatu yg sudah standar, jangan buru-buru putus asa. Karena mungkin itu adalah pintu utama kesuksesan anda.

TAHUN 1915:
James Lewis Kraft meluncurkan proses pembuatan keju di Kanada.
Eugene Sullivan dan William Taylor menciptakan Pyrex di New York.
Gas beracun digunakan sebagai senjata di Ypres, Belgia oleh tentara Jerman

WILMA RUDOLF:
Wilma Rudolf adalah anak ke 20 dari 22 bersaudara (bisa dibayangkan kecukupan gizinya). Dia lahir secara prematur dengan harapan hidup yang sangat tipis. Saat berusia 4 tahun ia terserang radang paru-paru dan demam Scarlet yang menyebabkan kaki kirinya lumpuh, namun ia tidak patah semangat.
Pada usia 9 tahun ia sudah dapat melepaskan penyangga kakinya dan dapat berjalan sedikit tanpa bantuan alat, pada usia 13 tahun ia sudah dapat berjalan normal yg menurut dokternya adalah suatu keajaiban.
Di tahun berikutnya ia memutuskan untukmenjadi pelari. Dia mengikuti beberapa perlombaan selama beberapa tahun dan selalu mendapat posisi TERAKHIR. Setiap orang menyuruhnya berhenti, namun ia tetap bertahan dan berlari, sampai suatu hari ia berhasil memenangkan suatu perlombaan. Kemudian ia menang, menang, dan menang lagi di setiap perlombaan yang diikutinya. Wilma yang pernah divonis tidak bisa berjalan lagi, akhirnya berhasil MEREBUT 3 MEDALI EMAS OLIMPIADE.
"Sejak awal, Ibu saya mengajarkan untuk percaya bahwa saya bisa mencapai prestasi yang saya inginkan, dan saya meyakininya" demikian Wilma berbagi.

THOMAS ALFA EDISON:
Semasa mudanya, Edison dianggap bodoh dan terbelakang di sekolahnya. Sehingga ibunya menghentikannya dari sekolah dan mengajarinya sendiri di rumah.
Namun hal itu dimanfaatkan edison kecil untuk belajar sendiri dari buku buku ilmiah. Di usia 10 tahun ia sudah membuat laboratorium kimia sendiri di rumahnya, beberapa penemuan hebatnya adalah gramofon, lampu, proyektor film, dsb. Dia memiliki 1.093 hak paten, dia juga pendiri grup GE(general electric).
Motto hidupnya adalah "1% inspirasi, 99% kerja keras" dan yg paling menakjubkan adalah pernyataannya tentang percobaan bola lampu pertama bahwa ia mengalami kegagalan sebanyak 1999 dan pada percobaan ke 2000 barulah lampu itu berhasil menyala. Itulah hasil dari ketekunan dan keyakinan, saat ditanya oleh reporter "bagaimana rasanya mengalami kegagalan sebanyak itu?" Dijawab olehnya "SAYA TIDAK PERNAH GAGAL SEKALIPUN. SAYA MENEMUKAN BOLA LAMPU, HANYA SAJA ITU MEMERLUKAN PROSES 2000 TAHAP."

WEB-BLOG PERTAMA:
Blog pertama adalah halaman What's New pada browser Mozaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993.
Mozaic digunakan sebagai browser, jauh sebelum Internet Explorer, bahkan sebelum Netscape.
Baru pada tahun 1994, Justin Hall membuat website pribadi dengan nama Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground.
Buat para blogger and pemilik website, say thank to both of them...

INTERNET:
Cikal Bakal Internet berawal pada tahun 1969 saat didirikannya United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency. Department ini sering disebut sebagai ARPA-NETwork.
Tujuan Arpanet adalah melakukan penyelidikan dan penelitian mengenai Kaedah Rangkaian Tanpa Pusat (decentralised Network), teori antrian (Queueing), Pertukaran paket (packet switching).
Januari 1983, ARPANET mengganti protokol rangkaIan pusatnya dari NCP menjadi TCP/IP. Yang hingga saat ini digunakan diseluruh dunia.
Again, thanx to ARPANET.

POHON TERTINGGI:
Sampai Januari tahun 2009, rekor pohon tertinggi dipegang oleh Pohon Redwood yg diberi nama Stratosphere Giant dengan ketinggian mencapai 113 meter.
Pohon yang hidup di Taman Nasional Redwood California, USA ini memang dapat mencapai ketinggian 120 meter.
Februari 2009, sebuah pohon Redwood diberi nama Hyperion telah mengalahkan rekor pendahulunya, dengan tinggi 115,2 meter. Hebatnya Hyperion ini bukanlah satu pohon, tetapi 3 batang pohon yang hidup berdampingan. Mungkin karena tidak sendirian, sehingga pohon ini dapat tumbuh besar dan tidak stress..!
Mengapa di Indonesia yang beriklim tropis bertanah subur dimana tongkat, kayu dan batu bisa jadi Tanaman, tidak pernah membiarkan sebatang pohon menjadi tinggi sehingga menjadi tertinggi di dunia ya?

MONGOLIA
Kekuasaan Mongolia pada zaman Gengis Khan sampai menguasai bagian utara Cina, Asia Tengah, sampai ke Persia.
Setelah kematiannya, ia digantikan anak ketiganya (Ogodei Khan) yg berhasil memperluas kekuasaanya hingga ke Eropa, seluruh Roma, Polandia, Hungaria, Arab Utara dan India utara.
Setelah Ogodei Khan meninggal, ia digantikan anaknya Guyuk. Lalu terjadi beberapa kali pergantian kekuasaan sampai posisi pemimpin dipegang oleh keponakan Ogodei Khan, yg bernama Kubilai Khan.
Di tangan Kubilai Khan, Mongolia berhasil menguasai seluruh Cina dan mendirikan Dinasti Yuan di Cina, ia juga menguasai seluruh Korea, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.
Usahanya untuk menguasai Indonesia gagal (saat itu masih kepulauan yg belum bersatu menjadi Indonesia), saat ia memasuki wilayah Jawa, pasukannya diterima oleh Raden Wijaya yg mengaku sebagai penerus kerajaan singosari dan meminta bantuan mongol untuk menyerang Kediri dengan janji bahwa ia akan menyerah kepada Mongolia setelah kerajaan Kediri bisa direbut, ternyata setelah Mongolia membantu Raden Wijaya mengalahkan Kediri, tentara Mongolia diusir oleh Raden wijaya dan kemudian mendirikan kerajaan Majapahit.
(Ehm... Bad attitude juga yaaah leluhur yg satu ini)

Kekalahan lainnya dari Kubilai Khan diantaranya adalah saat melakukan serangan ke Jepang, serangan ke Jepang sebanyak dua kali, selalu gagal karena Tsunami. Namun, Jepang kemudian membayar upeti kepada Mongolia sebagai tanda perdamaian.
Kubilai Khan sangat menghargai orang asing supaya dapat menjual kebudayaan dan kekayaan alam Cina. Kunjungan Marcopolo ke cina disambut dengan baik oleh Kubilai Khan, bahkan kemudian dijadikan Gubernur di salah satu provinsi di Cina.
Marcopolo kemudian membawa banyak kebudayaan dari cina ke kampungnya di Italia, seperti porselen, dan resep masakan Mie yg akhirnya terkenal sebagai Spagheti di Italia.
Di Eropa, Marcopolo menyebarkan berita tentang benua Asia yg kaya akan hasil alam, dan adanya Vihara serta istana dari emas di Cina, tidak ada yg percaya cerita Marcopolo, namun ada 1 orang yg percaya, orang itu adalah Colombus, yg kemudian mencoba memulai ekspedisinya sendiri dan ternyata yg dia temukan bukanlah Cina, tetapi benua Amerika.
Catatan:
Saat benua Amerika baru ditemukan, wilayah Indonesia sudah menjadi kerajaan Majapahit yg besar yg sanggup mengusir mongolia. Tapi mengapa sekarang negara ini jauh tertinggal dari Amerika?

TAHUN 1914:
Pecahnya Perang Dunia I, pada tanggal 4 Agustus.
Pertempuran udara pertama, diawali saat Yusuf dari Frantz dan Louis Voisin Quenault menembak jatuh pesawat Aviatik Jerman.
Photografi berwarna ditemukan oleh ilmuwan bernama Eastman Kodak.
Sistem dan lampu lalu lintas pertama dipasang di depan House of Commons Inggris.
Maskapai komersial pertama, terbang dari Tampa ke St Petersburg, Florida.
Pelayanan makan di atas pesawat pertama kali, dilakukan pada penerbangan dari Rusia ke Ukraina.
Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson menyatakan Hari Ibu. Mengingatkan kembali
perayaan yang ditinggalkan oleh Kerajaan Yunani Kuno.

FRANKLIN DELANO ROOSEVELT:
Franklin Delano Roosevelt adalah Presiden Amerika Serikat ke-32 dan merupakan satu-satunya Presiden Amerika yang terpilih 4 kali dalam masa jabatan dari tahun 1933 hingga 1945. Perjuangannya menjadi presiden tidaklah mudah.
Pada umur 39 tahun ia menderita polio dan menjadi lumpuh, namun ia tidak putus asa, pada usia 50 tahun, ia berhasil menjadi presiden untuk pertama kalinya dimana saat itu Amerika sedang mengalami depresi. Saat dilantik, ia berkata "SATU-SATUNYA YANG HARUS KITA TAKUTI ADALAH RASA TAKUT ITU SENDIRI". Dia mencetuskan PROGRAM 100 HARI (sepertinya program ini sering di denger di Indonesia).
Dalam program 100 harinya ia menyatakan untuk menghidupkan kembali kegiatan perusahaan dan pertanian dan memberi bantuan kepada para penganggur dan kepada mereka yg terancam akan kehilangan ladang dan tempat tinggal. Ia terbukti sukses memenuhi janji dalam program 100 harinya.
Ketika Pearl Harbour diserang oleh Jepang pada tahun 1941, ia menyatakan perang secara resmi terhadap Jepang. Ia lalu menggerakkan Negara-negara lain dan membentuk Sekutu serta banyak berperan dalam pembentukan PBB. Tapi, ia meninggal 12 April 1945 sebelum sempat melihat Jepang dibom oleh Sekutu pada bulan Agustus. Bangsa Indonesia wajib berterima kasih kepadanya, karena dialah yg mempelopori dibentuknya Sekutu sampai akhirnya Jepang dibom dan Indonesia bisa merdeka. :D

--

Tuhan Itu Begitu Dekat Dengan Anda

Posted: 23 Dec 2010 06:11 PM PST
Lukas 2:11
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 26; Lukas 2; Ayub 29-31

Jika Anda pikir bahwa Tuhan tidak pernah bisa mengerti keadaan Anda, maka Anda salah besar. Tuhan sangat mengerti kehidupan Anda. Bagaimana saya bisa katakan dengan yakin tentang hal ini? Tuhan kita bukanlah Tuhan yang hanya duduk-duduk di sorga dan memperhatikan kehidupan umat-Nya. Pada dua ribu tahun lalu, Allah Sang Pencipta Alam Semesta itu menjelma menjadi seorang bayi, berada di rahim seorang wanita dan lahir sebagaimana seorang bayi lahir dari rahim ibunya.

Tidak berhenti disana, Yesus bertumbuh dari seorang bayi, anak-anak, remaja dan menjadi pemuda dewasa dalam asuhan keluarganya. Ia sangat mengerti permasalahan kehidupan ini, karena Ia pernah mengalaminya. Dia bukan Tuhan yang jauh dan tidak tersentuh. Dia adalah Tuhan yang sangat dekat dan mengerti permasalahan kehidupan ini. Bahkan hingga saat ini, Yesus yang telah naik ke sorga dapat kita temui kapan saja.

Jika Anda hari ini berpikir bahwa Natal adalah sebuah perayaan kelahiran-Nya saja, maka saat ini ada sebuah berita gembira untuk Anda. Natal adalah tentang sebuah berita bahwa Tuhan yang telah menjadi manusia itu datang untuk menyelamatkan seluruh umat manusia, Ia tidak jauh, bahkan sangat dekat dengan kita. Yesus Sang Mesias itu ada di tengah-tengah kita. Ia hidup di dalam Anda dan saya. Bagikan pesan Natal ini kepada setiap orang yang Anda temui, karena pesan ini sangat penting.

Tuhan kita bukanlah Tuhan yang jauh dan tak tersentuh, Ia ada ditengah-tengah kita.

--

BAHASA ROH MENURUT CALVIN DAN IMPLIKASINYA BAGI GEREJA MASA KINI

Kategori: Artikel – Iman



Rekan-rekan member, Jika menginginkan artikel-artikel lama, silahkan kirim permintaan Anda dengan menyebut JUDUL yang dimaksud dan kirim ke support@elia-stories.com

Para member Elia’s Stories bisa berkumpul dan bergabung di friendster http://www.friendster.com/39537228



Description: cid:image001.gif@01C7E2A7.B636D0D0 Ingin berlangganan gratis “Elia’s Stories” kirimkan email kosong ke elia-stories-subscribe@yahoogroups.com atau click Sign Up, selanjutnya, ‘reply’ balasan dari yahoogroups sebagai konfirmasi



oleh: Pdt. Drs. Timotius Fu, M.Div., M.Th.



Beberapa tahun lalu, saya berkesempatan mengikuti sebuah seminar theologi yang dipimpin oleh seorang pendeta terkenal dari Amerika Serikat. Sebelum seminar dimulai, sekitar 2000 peserta yang hadir diajak terlebih dahulu mengikuti acara Praise and Worship. Setelah menyanyi beberapa pujian, tiba-tiba musik diperlambat dan pembawa acara mengangkat tangan, menutup mata, dan mulutnya mengeluarkan “komat-kamit” suku kata-suku kata yang tidak dimengerti oleh seorang pun. Kontan, sebagian besar peserta mulai mengikuti apa yang dilakukan oleh pembawa acara tersebut. Akibatnya, suasana jadi ribut dengan bahasa-bahasa aneh, teriakan-teriakan yang liar, serta sebagian peserta terlihat menangis atau ketawa tidak terkendali. Setelah “pertunjukan” tersebut berlangsung sekitar 20 menit, pembawa acara mengumumkan bahwa tiba saatnya para peserta mengusir segala kuasa gelap dan gangguan lainnya dari dalam ruang pertemuan, dan untuk itu semua yang hadir harus melakukannya dengan “berbahasa roh.”1 Di bawah komando sang pembawa acara, kembali ruangan kebaktian menjadi ribut dan kacau, masing-masing mengeluarkan bunyi-bunyian aneh yang bagi mereka adalah “bahasa roh” yang dipakai untuk mengusir Setan dan para pengikutnya dari ruangan tersebut.



Menyaksikan fenomena seperti itu, perasaan saya bercampur baur, ada rasa takut sehingga bulu kuduk berdiri, ada rasa canggung karena menjadi orang “aneh” di tengah-tengah mereka, dan ada rasa ingin tahu apa yang selanjutnya akan terjadi. Dalam kondisi itu muncul dalam pikiran saya sebuah seri pertanyaan: “Seandainya John Calvin masih hidup dan hadir dalam kebaktian ini, bagaimana reaksinya? Apakah dia akan menerima dan mempraktikkan hal yang sama? Atau dia akan menentang, bahkan mengajarkan fenomena tersebut sebagai tindakan yang tidak alkitabiah?”



Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, tulisan ini disajikan dengan harapan agar kita semua memiliki pandangan yang tepat tentang natur dari karunia bahasa roh serta implikasinya bagi kehidupan bergereja masa kini.





PENGAJARAN CALVIN TENTANG BAHASA ROH

Natur Bahasa Roh

Calvin secara konsisten menafsirkan fenomena bahasa roh sebagai kemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing yang sama sekali tidak pernah dipelajari oleh pembicara sebelumnya. Hal ini terlihat jelas dari komentarnya atas peristiwa dan pengajaran mengenai karunia bahasa roh yang tercatat dalam Alkitab, baik di Kisah Para Rasul maupun 1 Korintus 12-14.



Mengkomentari fenomena berbahasa roh yang terjadi pada hari Pentakosta, ia menulis:

He showeth that the effect did appear presently, and also to use their tongues were to be framed and applied. But because Luke setteth down shortly after, that strangers out of divers countries hear the apostles speaking in their own tongue. . . . I suppose that it doth manifestly appear hereby that the apostles had the variety and understanding to tongues given them, that they might speak unto the Greek in Greek, unto the Italians in the Italian tongue, and that they might have true communication (and conference) with their hearers.2



Hal yang sama diungkapkan dalam khotbahnya di hari Pentakosta:

How then were the Apostles, having always been isolated as foolish and unlearned people in this corner of Judea, able to publish the Gospel to all the world, unless God accomplished what He had previously promised: namely, that He would be known by all tongues and by all nations?3



Terhadap kejadian serupa yang tercatat di rumah Kornelius (Kis. 10), Calvin hanya memberi dua kalimat untuk menjelaskan natur dari bahasa roh, yakni: “He expresseth what gifts of the Spirit were poured out upon them, and therewithal he noteth the use; to wit, that they had variety of tongues given them, so that they did glorify God with many tongues.”4



Penafsiran yang sama ditunjukkan Calvin ketika ia mengomentari pengajaran rasul Paulus di 1 Korintus 12-14. Secara spesifik ia menuliskan bahwa “in the use of the word tongue, there is not a pleonasm (a figure of speech – involving a redundancy of expression). . . . The term denotes a foreign language.”5 Selanjutnya, berulang kali—dalam bagian Alkitab ini—ia mengartikan karunia bahasa roh sebagai kemampuan yang diberikan kepada Roh Kudus kepada seseorang untuk berbahasa asing tanpa terlebih dahulu mempelajarinya, misalnya: “karunia untuk berkatakata dengan bahasa roh” (12:10) ditafsirkan sebagai kemampuan untuk berbicara bahasa bangsa asing;6 “berdoa dengan bahasa roh” (14:14) diartikan sebagai “to frame a prayer in a foreign language”;7 dan bahasa roh bagi orang percaya di kota Korintus yang dianalogikan dengan bahasa Ibrani dan Yunani bagi Calvin dan orang sezamannya.8



Dengan penafsiran di atas, Calvin menyangkal kemungkinan untuk menafsirkan praktik bahasa roh sebagai suatu kepenuhan Roh Kudus yang menghasilkan fenomena ecstatic dengan mengucapkan bunyi-bunyian atau suku kata-suku kata yang sepenuhnya bukan bahasa manusia, sehingga menjadi asing bagi segala bangsa.9



Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bagi Calvin, karunia berbahasa roh dalam Alkitab hanya memiliki satu makna, yakni sebuah karya Roh Kudus atas orang percaya sehingga mampu berbahasa asing tanpa terlebih dahulu mempelajarinya. Selanjutnya, pandangan ini yang mewakili pandangan Calvin dalam tulisan ini.





Fungsi Bahasa Roh

Di mata Calvin, bahasa roh adalah sebuah karunia yang diberikan oleh Roh Kudus kepada orang percaya.10 Namun, karunia ini—sama seperti karunia yang lainnya juga—tidak serta merta diberikan kepada semua orang11 pada setiap saat, tetapi hanya diberikan oleh Roh Kudus dalam kondisi tertentu dengan tujuan tertentu.12 Sesuai dengan keyakinannya, semua karunia roh diberikan Roh Kudus kepada orang percaya dengan satu tujuan utama, yakni untuk membangun tubuh Kristus, sehingga penerapan karunia apa pun kalau bukan bertujuan membangun tubuh Kristus adalah pelanggaran dari tujuan Roh Kudus memberikan karunia-karunia tersebut.13



Sesuai dengan penjelasan di atas, karunia bahasa roh juga harus dipraktikkan demi pembangunan tubuh Kristus, yakni: pertama, karunia bahasa roh diberikan dalam hubungan yang sangat erat dengan pekabaran Injil. Tujuan karunia bahasa roh dalam aspek ini secara khusus ditemukan dalam catatan di Kisah Para Rasul. Pada saat itu, para rasul atau pekabar Injil di abad pertama mengalami keterbatasan karena faktor bahasa. Dengan memberikan kemampuan berbahasa asing kepada para rasul, Allah telah menghilangkan salah satu penghalang utama pekabaran Injil. Hal ini dapat dibaca lewat komentarnya atas peristiwa para murid berbahasa roh pada hari Pentakosta:

The diversity of tongues did hinder the gospel from being spread abroad any farther; so that, if the preachers of the gospel had spoken one language only, all men would have thought that Christ had been shut up in the small corner of Jewry.14



Dalam khotbahnya di hari Pentakosta, ia juga mengungkapkan bahwa Roh Kudus memberikan manifestasi bahasa roh kepada para rasul dengan dua tujuan, yakni agar Injil dapat disampaikan kepada segala bangsa dalam bahasa mereka masing-masing dan agar konsep yang salah bahwa keselamatan hanya disediakan bagi bangsa Yahudi dapat dibuang, seperti yang dapat dibaca lewat kutipan berikut ini:

It is true that it is said that all will speak the Hebrew language in order to join in a true faith, but the truth is better declared to us when it is said that all believers, from whatever region they may be, will cry, “Abba, Father,”invoking God with one accord; although there may be diversity of language. That, then, is how the Spirit of God wished to display His power in these tongues, in order that the Name of God might be invoked by all and that we might together be made partakers of this covenant of salvation which belonged only to the Jews until the wall was torn down.15



Pendapat di atas diperkuat dengan pernyataan dari rasul Paulus bahwa “karunia bahasa roh adalah tanda, bukan untuk orang yang beriman, tetapi untuk orang yang tidak beriman” (1Kor. 14:22). Bagi Calvin, kalimat di atas berarti karunia ini berfungsi sebagai sebuah mukjizat untuk dipertunjukkan kepada orang yang belum percaya agar mereka diyakinkan untuk menerima Injil, seperti yang dapat dibaca dari tulisannya:

The advantages derived from tongues were various. They provided against necessity— that diversity of tongues might not prevent the Apostles from disseminating the gospel over the whole world: there was, consequently, no nation with which they could not hold fellowship.16



Hasil dari pekabaran Injil adalah bangsa-bangsa yang datang dari aneka ragam latar belakang dan bahasa dapat bersatu di hadapan Tuhan, seperti yang tertuang dalam pikirannya: “But God did furnish the apostles with the diversity of tongues now, that he may bring and call home, into a blessed unity, men which wander here and there.”17



Konsep yang sama diungkapkannya ketika mengomentari kejadian di rumah Kornelius (Kis. 10:46) dengan mengatakan bahwa “that the tongues were given them . . . seeing the gospel to be preached to strangers and to men of another language.”18



Kedua, praktik bahasa roh dalam pertemuan jemaat. Bagi Calvin, bahasa roh—sama dengan karunia yang lain—memiliki satu tujuan utama, yakni untuk membangun jemaat19 dan membawa berkat bagi semua orang (for the common benefit).20 Supaya dapat membangun jemaat, maka semua bentuk praktik bahasa roh harus dapat dimengerti oleh orang-orang yang hadir dalam pertemuan ibadah tersebut, seperti yang dapat dibaca dalam tulisannya:

For the gift of tongues was conferred— not for the mere purpose of uttering a sound, but, on the contrary, with the view of making a communication. For how ridiculous a thing it would be, that the tongue of a Roman should be framed by the Spirit of God to pronounce Greek words, which were altogether unknown to the speaker, as parrots, magpies, and crows, ar taught to mimic human voices!21



Sesuai dengan pengajaran rasul Paulus di 1 Korintus 12-14, Calvin menerapkan prinsip bahwa dalam setiap pengajaran yang menggunakan bahasa roh harus diterjemahkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh semua pendengar; dan seandainya tidak ada penerjemah, maka tidak seorang pun diizinkan berbicara dengan bahasa roh dalam pertemuan ibadah.22 Baginya, karunia bahasa roh yang dipadukan dengan karunia menerjemahkan menghasilkan karunia bernubuat, seperti ungkapannya: “For if interpretation is added, there will then be prophecy.”23



Sebaliknya, praktik bahasa roh yang tidak diterjemahkan dalam sebuah pertemuan ibadah merupakan sebuah pelanggaran atau penyalahgunaan, yang digambarkan Calvin dengan berbagai istilah berikut: (1) Misdirected ambition: sebuah ambisi untuk menyombongkan diri24 atau mempertontonkan kehebatan pribadi dalam barbahasa asing di balik praktik berbahasa roh di hadapan umum;25 untuk hal ini Calvin menyebut bahasa roh sebagai empty vauntings.26 (2) Speaking to no purpose: sebuah praktik berbahasa asing yang tidak membawa manfaat apa pun bagi pendengar, yang menurut Calvin bahwa “thy voice will not reach either to God or man, but will vanish into air.”27 (3) Speaking as a barbarian: sebuah manifestasi bahasa roh yang membingungkan para pendengar karena pada dasarnya tidak ada seorang pun yang mengerti;28 para pendengar pada gilirannya nanti akan menghina mereka yang berbahasa roh, yang oleh Calvin digambarkan sebagai “how foolish then it is and preposterous in a man, to utter in an assembly a voice which the hearer understand nothing – in which he perceives no token from which he may learn what the person means!”29



Ketiga, praktik bahasa roh dalam doa orang percaya. Sehubungan dengan hal ini, Calvin berpegang kepada prinsip bahwa semua doa harus diucapkan dalam bahasa yang dapat dimengerti. Baginya, doa tanpa pengertian tidak mungkin diterima oleh Allah, seperti yang dapat dibaca dalam tulisannya: “But this must be fully admitted: that it is by no means possible, either in public prayer or in private, that the tongue without the heart is accepted by God.”30 Di bagian lain, ia menulis bahwa berdoa dalam bahasa roh namun tanpa pengertian adalah sebuah pelanggaran atas fungsi dan tujuan dari karunia tersebut, sehingga tindakan tersebut merupakan sesuatu yang tidak berkenan kepada Allah.31 Ia bahkan mengritik gereja Katolik Roma yang saat itu mempraktikkan hal ini, menurutnya:

It is also plain that public prayers are not to be couched in Greek among the Latins, nor in Latin among the French or English (as hitherto has been everywhere practiced), but in vulgar tongue, so that all present may understand them, since they ought to be used for the edification of the whole Church, which cannot be in the least degree benefited by a sound not understood.32



Hal yang sama juga diajarkannya mengenai doa pribadi ketika ia menulis bahwa “the tongue is not even necessary to private prayer.”33 Namun, ia memberikan sebuah pengecualian penggunaan bahasa roh dalam doa, yakni ketika seseorang dalam kondisi yang sedemikian rupa sehingga tidak mampu mengucapkan kata-kata dan secara spontan mengeluarkan bahasa roh atau bahasa tubuh lainnya. Tetapi, dalam kondisi demikian pun, orang tersebut tidak boleh kehilangan pengendalian atas pikiran dan pengertian, seperti yang ia tuliskan:

For although the best prayers are sometimes without utterances, yet when the feeling of the mind is overpowering, the tongue spontaneously breaks forth into utterance, and our other members in gesture. Hence that dubious muttering of Hannah (1Sam. 1:13), something similar to which is experienced by all saints when concise and abrupt expressions escape from them..34





IMPLIKASI DARI PENGAJARAN CALVIN BAGI GEREJA MASA KINI

Tidak dapat disangkal bahwa sejarah gereja mencatat Calvin sebagai salah satu “bintang yang paling bersinar di tengah-tengah masa kegelapan gereja.”Buah pemikiran dan karyanya telah menjadi salah satu acuan utama kehidupan bergereja sepanjang masa, salah satunya adalah berhubungan dengan pengajarannya tentang karunia bahasa roh.



Pemaparan pengajaran di atas membawa beberapa implikasi praktis bagi kalangan orang percaya hari ini. Pertama, karunia bahasa roh tidak berfungsi sebagai penentu tingkat spiritualitas seseorang. Zaman ini, terdapat kelompok-kelompok tertentu yang mengajarkan bahwa kemampuan berbahasa roh merupakan tanda tingginya tingkat kerohanian seseorang,35 bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai prasyarat untuk menerima keselamatan.36 Pandangan demikian telah dianulir oleh pengajaran Calvin yang menyatakan bahwa karunia bahasa roh hanya memiliki dua fungsi, yakni sebagai alat untuk mengabarkan Injil dan sebagai alat untuk membangun jemaat. Dengan kata lain, dalam pandangannya, bahasa roh tidak ada hubungan dengan tingkat spiritualitas seseorang. Baginya, tingkat spiritualitas seseorang ditentukan oleh ada tidaknya ia menyatu dengan Yesus Kristus dalam semua aspek kehidupan sehari-hari, seperti yang dapat dibaca dari tafsirannya terhadap perumpamaan tentang pohon anggur dan carang-carangnya:

Now, there are three principal parts; first, that we have no power of doing good but what comes from himself; secondly, that we, having a root in him, are dressed and pruned by the Father; thirdly, that he removes the unfruitful branches, that they may be thrown into the fire and burned.37



Selanjutnya, berbicara tentang pruning, ia menulis:

By these words, he shows that believers need incessant culture, that they may be prevented from degenerating. . . . When he says that the vines are pruned, that they may yield more abundant fruit, he shows what ought to be the progress of believers in the course of true religions.38



Masih dalam konteks yang sama, ia menyimpulkan bahwa:

Christ has no other object in view than to keep us as a hen keepeth her chickens under her wings (Matth. xxiii. 37), lest our indifference should carry us away, and make us fly to our destruction. In order to prove that he did not begin the work of our salvation for the purpose of leaving it imperfect in the middle of the course, he promises that his Spirit will always be efficacious in us, if we do not prevent him.39



Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa spiritualitas dapat diumpamakan dengan carang-carang yang bergantung sepenuhnya kepada pohon untuk mendapatkan makanan, perawatan, dan perlindungan agar dapat menghasilkan banyak buah.



Pandangan Calvin di atas juga didukung oleh beberapa penulis modern. Di antaranya adalah Dallas Willard yang mengartikan spiritualitas sebagai sebuah renovation of the heart, sebuah proses di mana seseorang menerima kehidupan yang baru dari Yesus Kristus dan secara konstan hidup di dalam hadirat-Nya untuk menerima makanan rohani bagi setiap hari.40



Pernyataan yang senada juga diungkapkan oleh R. Paul Stevens dan Michael Green yang mengartikan spiritualitas sebagai sebuah kehidupan yang dipenuhi dengan pengalaman bersama Allah, sehingga orang-orang percaya dapat menemukan Allah dalam setiap aspek kehidupan, termasuk di dalamnya pekerjaan, hubungan dengan sesama, dan kehidupan di gereja serta dunia.41 Bagi mereka, spiritualitas yang sejati hanya dapat dicapai dengan ketaatan kepada pengajaran Alkitab dan sebuah hati yang takut akan Allah.42



Sementara itu, Barry L. Callen mengungkapkan bahwa spiritualitas Kristen lebih dari sekadar usaha mencari Tuhan lewat pengajaran dan liturgi keagamaan, melainkan sebuah hati yang terpanggil dan siap untuk mengiring Tuhan dan terbuka untuk dipimpin oleh Roh Kudus dalam kehidupan setiap hari,

For the church to be authentically Christian, spiritual as God intends, the primary influences must be an intentional alliance with Jesus Christ and a genuine openness to the power of the Holy Spirit. . . . The Spirit wants to move the church beyond the spiritual deadness of mere religion.43



Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa spiritualitas Kristen yang sejati ditemukan di dalam hubungan yang erat dan konstan dengan Yesus Kristus, dengan firman Allah, dengan ketaatan kepada pengajaran Allah. Karunia bahasa roh mutlak tidak dapat membawa orang percaya kepada tingkat tersebut karena Roh Kudus tidak memberikan karunia ini untuk mencapai tujuan tersebut.



Kedua, manifestasi karunia bahasa roh dalam pertemuan jemaat harus dilaksanakan dalam konteks membangun jemaat. Calvin tidak pernah melarang orang berbahasa roh, namun ia selalu memegang prinsip bahwa dalam pertemuan jemaat, karunia bahasa roh harus dipraktikkan untuk kebaikan semua yang hadir serta berjalan dengan tertib dan lancar. Hal ini tentu bertolak belakang dengan apa yang terjadi dalam pertemuan atau kebaktian di kalangan tertentu.



Hari ini tidak sulit ditemukan kelompok orang percaya, atas nama sebuah puji dan sembah dalam ibadah, secara simultan mengucapkan (lebih tepat meneriakkan) kalimat-kalimat dalam suku kata yang tidak dapat dimengerti manusia (unintelligible) dalam suasana yang kacau dan tidak terkendali. Adakah manfaat dari fenomena tersebut? Jawabannya adalah tidak, baik bagi yang mempraktikkan atau yang menyaksikan, karena pada dasarnya apa yang diucapkan tidak dimengerti oleh siapa pun juga. Jika ada orang yang mengaku bahwa sewaktu atau setelah mempraktikkan apa yang mereka sebut sebagai bahasa roh tersebut, mereka merasa “lebih dekat kepada Allah, lebih rohani, lebih sukacita, atau melihat kemuliaan Allah,” semua pengakuan tersebut tentu tidak dapat dipertanggungjawabkan secara alkitabiah, karena Alkitab tidak pernah mengajarkan bahwa bahasa roh berfungsi untuk hasil-hasil yang disebutkan di atas. Jadi, apa yang sudah dilakukan di atas bukan hanya tidak membawa berkat, sebaliknya Calvin sudah memperingatkan bahwa mereka sangat mungkin dianggap sebagai orang yang memiliki misdirected ambition untuk menampilkan sebuah pertunjukan rohani agar dinilai lebih hebat, lebih suci, atau lebih rohani.



Sedangkan, bagi para pendengar atau mereka yang tidak mempraktikkan, kejadian tersebut alih-alih membawa berkat atau manfaat, sebaliknya tentu menciptakan sebuah kebingungan yang besar, karena pada dasarnya mereka sama sekali tidak mengerti apa yang sedang diucapkan atau apa yang sedang terjadi. Kejadian seperti itulah yang digambarkan oleh Calvin sebagai praktik speaking to no purpose atau speaking as a barbarian. Dengan kata lain, apa yang sedang terjadi sebenarnya merupakan sebuah penyalahgunaan atau penyimpangan dari karunia yang diberikan oleh Roh Kudus,44 sehingga kebaktian atau ibadah yang dipenuhi dengan fenomena seperti itu tentu bukan hal yang berkenan kepada Tuhan.



Ketiga, karunia bahasa roh tidak berperan di dalam gerakan kebangunan rohani. Pembahasan mengenai Calvin tidak pernah lepas dari konteks Reformasi gereja pada abad ke-16. Dalam catatan sejarah gereja, gerakan Reformasi gereja merupakan sebuah kebangunan rohani yang tidak tertandingi, baik dari segi luasnya pengaruh maupun pembaharuan spiritualitas orang percaya. Uniknya, selama proses gerakan ini tidak tercatat sedikit pun peran karunia bahasa roh di dalamnya.45 Kenyataan di atas seharusnya tidak membuat kita heran karena pada dasarnya karunia bahasa roh diberikan oleh Roh Kudus bukan untuk tujuan kebangunan rohani, seperti yang dijelaskan lewat pengajaran Calvin di atas serta kenyataan bahwa sejarah tidak merekam sedikit pun jejak praktik bahasa roh dalam kehidupannya.



Memang, hari ini cukup banyak gereja yang mengalami “kebangunan rohani”46 mengaku bahwa sumber kebangunan tersebut adalah karunia bahasa roh. Namun, pengakuan tersebut perlu diimbangi dengan kenyataan bahwa tidak semua gereja yang berbahasa roh mengalami kebangunan rohani dan sebaliknya tidak semua gereja yang mengalami kebangunan rohani berbahasa roh. Lagi pula, tidak sedikit “kebangunan rohani” yang dimaksud lebih difokuskan kepada hal-hal lahiriah, seperti bertambahnya pengunjung kebaktian, jumlah persembahan, atau kesuksesan lahiriah lainnya; yang tentu bukan tolok ukur yang sebenarnya bagi sebuah kebangunan rohani yang sejati.





KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan di atas, penulis menyimpulkan beberapa hal:

Pertama, natur bahasa roh yang dikaruniakan Roh Kudus kepada orang percaya adalah kemampuan seseorang untuk mengucapkan bahasa asing tanpa terlebih dahulu mempelajarinya. Bahasa asing yang dimaksud adalah bahasa manusia yang dapat dimengerti oleh pemakai aslinya.



Kedua, Roh Kudus memberikan karunia ini dengan dua tujuan: sebagai alat untuk mengabarkan Injil dan sebagai alat untuk membangun jemaat. Oleh sebab itu, setiap aplikasi dari karunia ini harus diterapkan dalam koridor dua tujuan pemberian di atas.



Ketiga, karunia bahasa roh dapat disalahgunakan, baik untuk tujuan menyombongkan diri dengan menjadikan karunia berbahasa roh sebagai bahan pertunjukan maupun dalam bentuk “kebodohan,” yakni mengucapkan kata-kata yang tidak dimengerti baik oleh pembicara maupun pendengar, sehingga apa yang dilakukan tidak mencapai tujuan apa pun juga serta tidak membawa manfaat kepada siapa pun juga.



Keempat, karunia bahasa roh tidak dapat dijadikan baik sebagai tolok ukur tingkat kerohanian—apalagi sebagai prasyarat keselamatan—seseorang, maupun alat untuk mencapai kebangunan rohani sebuah Gereja, karena karunia ini diberikan bukan untuk tujuan tersebut.

--

Soft Time

Posted: 01 Jan 2011 07:47 PM PST
Galatia 4:4
"Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat."

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 2; Matius 2; Kejadian 3-4

Setelah melakukan penelitian terhadap perilaku ribuan pengguna telepon genggam di salah satu kota di Amerika Serikat, Dr. James Katz, seorang profesor di bidang komunikasi di Rutgers University, menyimpulkan bahwa telepon genggam telah mengubah pembawaan cara berpikir seseorang terhadap waktu. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa Amerika Serikat kini hidup dalam "soft time" atau "waktu lunak".

Istilah "soft time" diciptakan sebagai gambaran pemikiran para pengguna telepon genggam di negara tersebut yang menelepon pada pukul 08:20 untuk mengatakan ia akan terlambat hadir dalam rapat yang diadakan pada pukul 08:30, datang pukul 08:45, dan menganggap dirinya tepat waktu karena ia telah menelepon sebelumnya.

Allah tidaklah seperti itu, Dia senantiasa tepat waktu. Mungkin ada diantara Anda yang berkata, "Jika Allah tepat waktu, mengapa tidak segera menghentikan peristiwa menyakitkan dalam hidup saya?" kenyataan yang Anda alami bukanlah kebenaran, tetapi hanya sebuah fakta. Alkitab dengan jelas menulis tentang bahwa Allah adalah Pribadi yang tepat waktu, "Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan (pada saat yang tepat) oleh Allah." (Roma 5:6).

Percayakanlah hidup Anda kepada Tuhan dan yakinlah bahwa rencana-Nya pasti terjadi dalam hidup kita sesuai dengan waktu yang telah Dia tetapkan.

Waktu Allah tidak akan pernah meleset dalam kehidupan kita, walaupun ada pihak-pihak lain yang ingin mengacaukannya.

--

Evaluasi Hubungan Menjelang Tahun Baru
MONDAY, 27 DECEMBER 2010
Total View : 1176 times

Dalam perubahan yang sangat cepat hari-hari ini, sangat sulit untuk menemukan pasangan yang tepat bagi Anda dan cocok dengan gagasan pasangan ideal yang Anda bayangkan. Apalagi menjelang tahun baru, saat yang tepat bagi setiap kita untuk membenahi diri dan menjalani hubungan yang lebih baik. Berikut adalah panduan untuk menjalani hubungan yang sehat.

Pada tahap awal sebuah hubungan, semuanya tampak begitu sempurna dan hubungan ini selalu tampaknya menuju pada sebuah hubungan jangka panjang namun tidak selalu terjadi demikian. Hampir setiap orang yang menjalani sebuah hubungan baru tidak pernah memikirkan hal yang buruk tapi selalu apa yang baik dan betapa luar biasanya pasangan mereka. Inilah yang disebut periode honeymoon.

Tetapi cepat atau lambat hal-hal baru itu akan mereda dan Anda dapat meneruskannya ke hubungan jangka panjang atau mengakhirinya dengan buruk. Apa yang telah terjadi setelah berlalunya bulan-bulan awal itu tak seorangpun yang dapat menebaknya. Meskipun tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di depan, namun ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat mengambil langkah untuk berhati-hati dan mengetahui lebih dini jika hubungan yang baru Anda jalin akan berakhir atau dapat Anda jalani untuk jangka panjang.

Faktor utama yang berperan dalam menjalin sebuah hubungan adalah saling menghormati. Aspek dari hubungan ini sangat penting dan cara Anda mengetahui bahwa orang lain memiliki rasa hormat terhadap Anda adalah ia menghargai pendapat positif Anda sebagaimana pendapat negatif Anda. Hal yang sama berlaku pada Anda yakni Anda memahami seseorang melalui proses dan menghargai dirinya sebagai seorang pribadi. Kunci untuk saling menghormati adalah dengan tidak saling memaksakan batasan-batasan masing-masing dan jika hal itu mulai terjadi, lebih baik bagi Anda untuk berpikir ulang mengenai hubungan ini.

Kepercayaan merupakan dasar dari hubungan Anda dan jika hal ini hilang dari hubungan Anda maka faktor lainnya tidak lagi menjadi relevan. Izinkan pasangan Anda untuk bergaul dengan beberapa rekan lawan jenisnya baik saat ini maupun nanti. Hal ini akan menunjukkan padanya bahwa Anda percaya kepadanya. Tapi pastikan Anda dapat melihat tanda-tanda peringatan jika pasangan Anda telah melewati batas yang telah Anda berdua tetapkan. Jika pasangan Anda tak dapat dipercaya, lebih baik Anda mengakhirinya sebelum hubungan itu menyakiti Anda.

Faktor lainnya adalah bagaimana Anda memperlakukan pasangan Anda sederajat. Hal ini tentu saja berhubungan dengan faktor pertama yaitu saling menghormati. Hal itu berarti Anda memperlakukan pasangan Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan dan pastikan Anda memperlakukan pasangan Anda dengan adil. Misalnya saja jika Anda suka menonton teater sedangkan pasangan Anda senang bermain game. Apakah Anda akan bergiliran melakukan hal itu bersama-sama atau tidak? Jika ya maka hubungan Anda akan berjalan dengan baik dan jika tidak maka Anda harus berpikir ulang hubungan seperti apa yang sedang Anda jalani saat ini.

Yang terakhir tapi bukan akhir dari segalanya adalah komunikasi yang terbuka. Jika Anda dapat menceritakan segala hal kepada pasangan Anda tanpa membuat ia menjadi marah tentang apa yang Anda katakan, itu berati Anda sedang berada di dalam hubungan jangka panjang yang baik.

-

12 Resolusi Hubungan Yang Harus Dilakukan Setiap Wanita
SATURDAY, 01 JANUARY 2011
Total View : 1123 times

Bayangkanlah bahwa tahun 2011 bisa jadi akan menjadi tahun terbaik yang pernah ada dalam kehidupan cinta Anda. Ikuti petunjuk-petunjuk berikut in dan lihatlah bagaimana ikatan yang berada di antara Anda dan pasangan akan bertumbuh semakin kuat.

1. Berhenti Untuk Terlalu Menganalisa

Baiklah para wanita: hal ini berarti jangan lagi membaca sebuah SMS sampai 12 kali dan mempertimbangkan apakah Anda akan menjawabnya sekarang, dalam lima menit maupun dalam dua jam ke depan. Seluruh energi itu dapat Anda habiskan untuk melakukan sesuatu yang lain.

2. Tinggalkan Para Pria Beracun

Bad boy mungkin saja menarik (dan biasanya seksi), namun apakah Anda benar-benar rela untuk membuang waktu Anda untuk berhubungan dengan pemuda pengangguran yang memiliki masalah dengan komitmen?

3. Monitor Twitter Anda

Follower Anda tidak sepenuhnya benar-benar ingin ‘bermain’ untuk membangkitkan asmara Anda. Hal ini memang menjadi cara baru untuk saling berbagi secara berlebihan dan sama buruknya dengan mengunggah 500 foto Anda berdua untuk dipublikasikan di Flickr.

4. Jangan Biarkan Ia Mengambil Alih Pertemanan Anda

Apakah Anda benar-benar ingin bergabung dengan teman perkumpulannya ketika Anda sebenarnya tidak suka dengan minat mereka? Dan apakah Anda pikir ia akan benar-benar menghargai kesempatan untuk menemani Anda melakukan apa yang menjadi minat Anda? Anda berdua memiliki teman-teman Anda sendiri: manfaatkan mereka.

5. Tetapkan Tujuan Baru Untuk 2011

Anda sudah memiliki banyak pencapaian di tahun 2010, tapi 2011 merupakan kesempatan baru yang terpentang lebar untuk Anda mencapai lebih banyak kesuksesan dan pencapaian menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan hilangkan kesempatan itu. Tetapkan tujuan-tujuan baru yang ingin Anda raih di tahun 2011 dan kejarlah hal itu.

6. Tinggalkan Mereka Yang Tidak Membangun Anda

Jika Anda sedang menjalin hubungan dengan orang yang seringkali melontarkan kalimat sampah yang tidak bermakna dan tidak membangun Anda sama sekali, putuskan untuk meninggalkan dirinya dan katakan Anda tidak berniat untuk berpacaran dengan seseorang yang begitu kasar dan selalu merendahkan Anda. Dia akan menghormati Anda ketika Anda berbicara, terutama ketika ia menyadari Anda sebenarnya sedang mencegah terjadinya ledakan pertikaian di masa depan.

7. Akui Anda Membutuhkan Perhatian Lebih

Kita semua mengakui hal ini: terkadang senang rasanya bisa menggoda seorang pria lain di depan pasangan kita hanya untuk membuatnya cemburu. Tetapi bahkan jika pasangan Anda adalah seorang pria brengsek yang selalu mengabaikan Anda, ia akan marah jika Anda mempermainkannya seperti itu. Jadi katakan langsung padanya jika Anda membutuhkan perhatian lebih darinya.

8. Lupakan Gadis Lain Yang Mungkin Sedang Bersamanya

Kecuali gadis itu muncul dan mengambil alih waktu-waktu kencan Anda, Anda tidak perlu kuatir. Sebaliknya, gunakan energi mental Anda pada sesuatu yang lain seperti introspeksi diri dan berusaha untuk menjadi pribadi yang terbaik bagi siapapun yang bersentuhan dengan kehidupan Anda.

9. Usir Pertanyaan Ini Dari Otak Anda: Mau Dibawa Kemana Hubungan ini?

Anda mungkin memiliki jadwal dalam kehidupan cinta sebagaimana Anda mengejar karir. Namun Anda tidak dapat menyamakannya dengan dunia percintaan. Jangan terlalu banyak berharap ketika ia tetap tidak menunjukkan kepastian setelah 10 bulan berhubungan.

10. Jauhi Profil Facebooknya

Hanya karena statusnya masih ‘single’ setelah satu bulan menjalin hubungan dengan Anda tidak berarti ia ingin putus dengan Anda. Apalagi mempertanyakan foto-foto yang men-tag dirinya bersama dengan beberapa gadis yang belum pernah Anda temui. Jika ia membuat rencana untuk bertemu dengan Anda minggu demi minggu dan terus menelepon Anda pada hari-hari biasa di antaranya, Anda tidak memerlukan kepastian dari jejaring sosial untuk mengetahui apa yang ia rasakan.

11. Kunci Ponsel Dan Ubah Passwordnya

Menurut survei Great Male dari Askmen.com, 50% pria telah membaca email maupun pesan elektronik dari pacar mereka. Hanya untuk kasus dimana pacar Anda pernah mencoba untuk mengintip pesan, buatlah pengaturan privasi pada alat-alat elektronik Anda. Anda juga jangan mencoba-coba untuk mengintip pesan elektronik yang dimiliki pacar Anda: ia akhirnya akan mencari tahu. Kepercayaan lebih baik daripada mengetahui ia telah melakukan beberapa chatting dengan gadis yang bernama Nancy empat bulan lalu. Jika Anda mencurigai dirinya telah melakukan sesuatu yang tidak baik, konfrontasi langsung padanya sebelum Anda menyebut-nyebut soal Nancy.

12. Berhenti Menuntut Kesempurnaan

Jika Anda menginginkan dunia, ia mungkin tidak akan dapat memberikannya kepada Anda. Jadi mintalah sesuatu yang masuk akal. Dalam kasus Anda memang telah merencanakan untuk putus dengannya karena ia tidak memiliki perencanaan untuk masa depan, paling tidak berikan kesempatan padanya untuk berjuang dan buatlah daftar akan segala kebaikan yang pernah dilakukannya bagi Anda. Lalu putuskan apakah Anda benar-benar tidak dapat menerima beberapa kekurangan yang dimilikinya.

--

Pikiran Negatif Yang Harus Dibuang Seorang Single
TUESDAY, 04 JANUARY 2011
Total View : 1369 times

Sebagai jomblo yang sudah berulang kali gagal dalam membina hubungan, memang sulit untuk tetap semangat dan berpikir positif tentang suatu relationship. Mati rasa? Tentu banyak yang sudah mengalaminya. Dan bukan hanya mati rasa, bahkan banyak yang beranggapan kalau mereka tidak akan mungkin menjalin hubungan kembali. Tapi jangan langsung pasrah. Coba Anda telusuri penyebab kegagalan-kegalan hubungan Anda terdahulu.

Suatu cara berpikir merupakan aspek penting dalam menjalin hubungan. Beberapa pikiran-pikiran negatif yang harus Anda buang jauh-jauh yang menyebabkan Anda sulit menemukan pasangan:

Capek

Capek yang dimaksudkan di sini bukan capek setelah bekerja atau semacamnya, namun capek menjalin hubungan. Merasa lelah dan kehilangan kepercayaan terhadap suatu hubungan. Anda jadi merasa pesimis bahwa hubungan Anda akan berlanjut, atau bahkan malas mencari cinta baru. Seiring berjalannya usia, pemikiran seperti ini membuat Anda lebih merasa nyaman menjadi single.

Unlucky

Hanya dipermainkan, dia tidak serius, diduakan, ternyata dia sudah punya pasangan, beda agama, beda prinsip, overprotective, long distance? Masalah-masalah tersebut membuat Anda merasa hidup ini tidak adil. Mengapa mereka yang datang pada Saya akhirnya pergi lagi, atau selalu menjalin hubungan dengan orang-orang yang bermasalah? Merasa selalu tidak beruntung ini akhirnya hanya akan membuat Anda berhenti berusaha.

Terlalu Percaya Diri

Percaya diri memang sesuatu yang positif. Namun jika berlebihan, hati-hati ia akan membuat Anda jatuh. Misalnya, Anda tertarik dengan pria beristri. Anda merasa yakin karena fisik dan usia Anda yang masih muda, ia pasti akan berpaling. Namun ternyata orang itu hanyalah pria yang takut kepada istri. Secara tidak sadar, ternyata Anda hanya dimanfaatkan olehnya.

Oleh karena itu, Anda harus tetap berpikir positif. Mr. Right pasti akan muncul pada waktunya. Tetap realistis, tetap berharap dan berusaha. Jangan takut menemui kegagalan lagi. Karena Mr. Right pasti akan muncul setelah Mr. Wrong.

--

# Tuhan akan menolong orang yang mau menolong dirinya sendiri. Seringkali kita berteriak-teriak minta tolong, pada hal kita terkunci dalam ruangan yang kuncinya ada ditangan kita sendiri. CBN Mobile Ketik : Reg (spasi) CBN (spasi) Hikmat, kirim ke 7266 "
# "Tuhan akan menggunakan uang untuk menguji apakah kita bisa dipercaya. Hal ini penting karena hidup kita seputar memperoleh, menghabiskan, menabung, dan menggunakan uang. CBN Mobile Ketik : Reg (spasi) CBN (spasi) Berkat, kirim ke 7266"
# "Satu-satunya hal yang memisahkan antara seseorang dan apa yang diinginkan dalam hidup ini seringkali hanyalah kemauan untuk mencobanya dan iman untuk mempercayai bahwa hal itu mungkin.CBN MOBILE, REG(SPASI)CBN(SPASI)HIKMAT Kirim ke 7266"
# " Mereka yang memiliki "why" (alasan/tujuan) untuk hidup akan selalu dapat mengatasi setiap "How" (Tantangan) kehidupan.CBN MOBILE, REG(SPASI)WANITA Kirim ke 7266 "
# "Langkah penting yang sangat Anda perlukan untuk mencapai apa yang Anda inginkan dalam hidup ini adalah : Putuskan apa yang Anda mau.CBN MOBILE REG(SPASI)PRIA Kirim ke 7266"

--

#
Berkat seringkali terbungkus dalam ujian dan masalah. Sikap kita menentukan apakah kita dapat menemukan berkat itu. Bagaimana sikap Anda menghadapi ujian dan masalah? 2 Kor 4:17CBN MOBILE REG(SPASI)BERKAT Kirim ke 7266
#
Hidup berkelimpahan dimulai dari pinsip cukup. Jangan merampas, jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu. Lukas 3:14CBN MOBILE
#
Kunci berkat adalah kurangi menggerutu, banyak bersyukur dan rajin bekerja. Tidak ada hukum yang melarang semuanya itu, lakukanlah dengan sukacita. Maz 118:21 CBN MOBILE ( REG SPASI BERKAT, kirim ke 7266)


--

Jangan Jadi Miskin di Atas Gundukan Gunung Emas
TUESDAY, 04 JANUARY 2011
Total View : 801 times

Negara kita begitu kaya, kita seperti berada di atas gunung emas. Namun apa yang terjadi? Geliat kewirausahaan penduduk Indonesia terbilang rendah dibandingkan dengan yang lain. Kita masih terlena dengan banyaknya sumber daya alam yang menjadi kekayaan bangsa kita, tetapi lupa memberdayakannya secara optimal. Ibarat hidup, kita masih tergolong bangsa yang miskin, justru rumah kita berdiri di atas gundukan emas.

Ambil contoh ketika kita masih mengekspor bahan baku mentah ke negara lain, apa jadinya? Kita ekspor minyak alam mentah kita ke negara lain, mereka mengolahnya menjadi bahan jadi dan menjualnya kembali ke negara-negara lain bahkan termasuk Indonesia dengan harga yang berkali lipat ganda. Kita seperti seorang ‘budak’ atas kekayaan alam sendiri untuk kemakmuran negara lain.

Karena apa? Mungkin kita malas menciptakan inovasi baru dan nilai tambah. Kita belum mengerti apa yang harus kita lakukan, mungkin? Sesungguhnya, hal-hal seperti inilah yang membuat kita sulit menjadi negara maju. Tapi tidak ada yang mustahil. Dalam lima tahun terakhir ini banyak momentum yang membuat kita sadar bahwa hanya bangsa yang memiliki kewirausahaan tinggi yang akan mampu mengantarkan rakyatnya menuju gerbang kesejahteraan.

Kewirausahaan itu bukan lagi milik sekelompok orang tertentu, jaringan bisnis tertentu. Kewirausahaan kini telah menjadi gerakan nasional dan menjadi pilihan yang tepat bagi bangsa ini untuk menuju bangsa yang sejahtera di masa mendatang. Karena itulah, berdayakan potensi kekayaan alam negara kita dengan optimal dan berdayakan potensi yang ada dalam diri kita dengan optimal. Jangan merusak alam, tapi diberdayakan.

Jepang, Korea, China sudah membuktikannya. Negara tetangga terdekat seperti Singapura juga jadi contoh betapa kewirausahaan itu dibutuhkan. Lalu, bekal apa yang harus ditumbuhkan agar kita menjadi bangsa yang berkewirausahaan tinggi? Hanya butuh keberanian kita, bangsa ini, untuk menghasilkan manusia-manusia Indonesia yang berani dan tidak takut gagal.

Dalam berwirausaha, yang diukur adalah keberanian menghadapi segala resiko, jeli menangkap peluang, serta mampu menciptakan nilai tambah. Karena itu, sangat menggembirakan kini banyak berdiri komunitas kewirausahan, buku-buku, majalah, acara radio, siaran TV, hingga seminar yang diselenggarakan di berbagai tempat di Indonesia. Sudah saatnya kita berpikir dan melakukan semuanya itu.

Bangsa ini harus belajar tentang ketekunan, kesabaran, selalu berfikir optimis, serta memiliki kemauan yang keras untuk sukses dan maju. Lima tahun lagi, bila kita semuanya sebagai satu kesatuan bangsa mengembangkan kewirausahaan masing-masing, kita tidak lagi menjadi bangsa miskin, tidak ada lagi kelaparan, dan juga bukan bangsa yang hanya bisa mengekspor TKI ke luar negeri.

--

In the middle of every difficulty lies opportunity. Albert Einstein:

--

Landasan Pengelolaan Uang Yang Alkitabiah 1
TUESDAY, 21 SEPTEMBER 2010
Total View : 1476 times

Matius 6:24

Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

Yesus menyajikan pilihan pada para murid-Nya: Mereka bisa melayani Tuhan atau uang – pilih salah satu – tidak bisa keduanya sekaligus. Orang Kristen didorong untuk memegang apa yang dimilikinya dengan tangan terbuka sebagai kesaksian kepada dunia. Jumlah harta yang dimiliki, baik besar maupun kecil, tidak pernah membedakan orang percaya dari orang yang tidak mengenal Kristus. Perbedaan yang diukur adalah kekayaan kehadiran Allah di tengah-tengah mereka.

Bagaimana kita melihat, menangani, dan menggunakan uang menunjukkan sikap hati kita. Hari ini banyak orang hati mereka berpusat pada diri mereka sendiri karena mereka putus asa mencari arti dan keamanan. Kedua kebutuhan dasar itu melampaui garis yang memisahkan ras, keyakinan, atau budaya, dimana orang-orang di dorong untuk mencari pengakuan dan rasa aman dengan mengumpulkan uang dan harta akibatnya banyak yang telah kehilangan perspektif spiritual mereka. Uang, bukanlah tujuan itu sendiri, melainkan hanyalah sebuah alat untuk mencapai rencana dan tujuan Allah.

Tidak ada alasan untuk "melakukan" atau "mendapatkan" demi keamanan, karena, bagi orang Kristen, hal tersebut seharusnya sudah terpenuhi melalui pengorbanan Yesus Kristus. Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."(Ibr. 13:5). Demikian juga, pencarian makna hidup dalam harta kekayaan adalah sia-sia, karena Pencipta alam semesta telah telah menyatakan bahwa Anda berharga: "Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat." (Mazmur 8:6).

Sering kali orang kaya mengalami kesulitan mengakui Allah sebagai sumber kehidupannya dan menggunakan uang semata-mata sebagai alat. Sikap seperti ini digambarkan oleh Yesus dalam perumpamaan tentang orang kaya yang bodoh (Lukas 12:18-19). Hanya kekayaan di dalam Allah pada akhirnya yang penting.

Lain lagi dengan mereka yang memiliki sumber daya keuangan sedikit atau miskin. Mereka seringkali menganggap bahwa hanya orang kaya yang memiliki masalah dengan keserakahan. Tetapi orang dengan penghasilan rendah, yang menimbun uang, dan menolak untuk membantu orang lain, uang memuja sama seperti seorang jutawan yang menghabiskan setiap uangnya untuk saham dan obligasi. Uang itu sendiri tidak sumber keserakahan. "Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka." (1 Tim. 6:10).

--
Landasan Pengelolaan Uang Yang Alkitabiah 2
TUESDAY, 28 SEPTEMBER 2010
Total View : 1188 times

Kenallah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu. ~ Amsal 27:23

Setelah sebelumnya kita mempelajari mengenai “Dasar Pengelolaan Keuangan 1”, mari kita lanjutkan dengan belajar apa yang perlu kita lakukan sebagai orang yang Allah beri kepercayaan untuk mengurus sebagian dari harta-Nya.

Yang pertama yang harus dilakukan adalah mendata kekayaan bersih dan ringkasan arus kas. Sebagaimana dikatakan oleh Amsal diatas, kita harus tahu kondisi keuangan kita dengan baik. Hal ini penting karena berdasarkan data kekayaan bersih dan ringkasan arus kas tersebut dapat melakukan analisis tentang dimana Anda sekarang dan kemana Anda akan pergi.

Daftar kekayaan.

Laporan kekayaan bersih menyediakan ringkasan dari semua keputusan keuangan Anda dan transaksi pada saat tertentu. Caranya adalah data semua aset Anda, kemudian kurangi dengan semua kewajiban Anda. Selisihnya adalah kekayaan bersih Anda.

Ada dua jenis aset yang harus dipertimbangkan ketika menyusun laporan kekayaan bersih Anda. Liquid aset adalah kekayaan yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dengan segera tanpa kehilangan nilai pokok. Ini termasuk tabungan tunai, sertifikat deposito, rekening cek, dan nilai-nilai asuransi jiwa. Lebih mudah cair, maka lebih fleksibel (dan mungkin lebih aman) bagi Anda. Nonliquid aset tidak mudah dikonversi menjadi uang sesuai dengan nilai pasar yang wajar. Ini termasuk rumah Anda, properti pribadi, rekening pensiun perorangan, dan tabungan pensiun.

Kumpulkan sumber-sumber berikut: buku cek dari semua rekening, slip gaji, pajak tahunan sebelumnya, kebijakan asuransi jiwa, dan laporan keuangan (jika Anda memilikinya), serta setiap dokumen lain yang dapat membantu menentukan aset Anda. Jika perlu, hubungi profesional seperti agen real estate atau dealer mobil untuk menentukan nilai aset nonliquid Anda.

Berikutnya Anda harus menghitung jumlah kewajiban Anda. Ini termasuk semua hutang Anda dari kartu kredit dan kredit rumah. Perhatikan bahwa saldo tagihan adalah total kewajiban Anda.

Untuk memahami kondisi keuangan Anda saat ini, penting untuk mengetahui tiga istilah kunci. Yang pertama adalah aktiva produktif. Harta benda ini menghasilkan atau memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan untuk tujuan investasi. Ini termasuk semua aset cair ditambah investasi real estate.

Kecenderungan Anda untuk berhutang ditentukan oleh pembagian kewajiban Anda berbanding dengan aset Anda. Semakin rendah persentase pinjaman, semakin baik kondisi keuangan Anda. (Banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk meminjam tidak dapat membayar hutang mereka, bahkan jika mereka menjual segala sesuatu yang mereka miliki).

Di sisi positif, kecenderungan Anda untuk mengumpulkan harta dihitung dengan membagi kekayaan bersih Anda dengan berapa lama Anda bekerja. Hal ini menunjukkan akumulasi rata-rata tahunan Anda

Ringkasan arus kas.

Ringkasan arus kas membuat Anda dapat mengukur uang yang mengalir masuk dan keluar. Hal ini juga bisa menjadi ringkasan proyek di waktu masa lalu atau proyek periode mendatang. Untuk melakukan itu, Anda perlu menentukan kedua arus masuk Anda (gaji, pendapatan bisnis, pendapatan atau investasi, dan pendapatan pensiun pribadi) dan keluar Anda (pemberian, pajak, pembayaran hutang, biaya hidup, dan tabungan atau akumulasi).

Setelah Anda membuat daftar aset dan kewajiban serta menemukan kekayaan bersih Anda, bahkan telah membuat arus kas Anda sendiri, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk berhenti sejenak dan bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang dipercayakan-Nya pada Anda.

--

6 Pengeluaran Yang Bisa Membuat Anda Berhemat
WEDNESDAY, 15 SEPTEMBER 2010
Total View : 1594 times

Banyak website yang menyuguhkan artikel tentang bagaimana cara praktis untuk menabung. Kita semua ingin melakukannya, dan orang Amerika telah membuktikan diri mereka dengan baik dalam hal ini. Namun terkadang Anda harus menyingkirkan semua tips itu keluar jendela.

Jika Anda menghabiskan US$ 700 untuk sebuah mobil dan harus mengeluarkan US$ 2.000 untuk memperbaikinya, Anda hanya ‘menyimpan’ diri Anda sendiri ke dalam sebuah lubang yang besar.

Berikut adalah beberapa keadaan dimana Anda dianjurkan untuk membelanjakan uang Anda dan pada akhirnya justru membuat Anda bisa berhemat:

1. Pemakaian peralatan yang efisien. Jika pengering lama Anda berfungsi dengan baik, maka biarkan saja. Tapi jika fungsinya sedikit terganggu dan tagihan listrik Anda melangit, model baru dengan sensor uap air justru dapat membuat Anda berhemat dalam memakai energi.

2. Pembuat kopi. Bahkan mesin pembuat kopi mewah menjadi terjangkau jika Anda berhenti membelanjakan US$ 5 untuk menikmati latte Anda di pagi hari. Dengan mengeluarkan US$ 100 sebulan untuk mencicil mesin pembuat kopi, Anda akan memiliki Gaggia Classic yang dapat Anda lunasi dalam empat bulan.

3. Compact Fluorescent Light Bulbs (lampu TL). Harganya memang bisa dua kali lipat dari lampu pijar, dan itu benar, tapi pemakaiannya bisa empat kali lebih lama. Andapun pada akhirnya akan menuai manfaatnya yang besar.

4. Pelindung lonjakan arus yang berkualitas. Saya tidak dapat menghitung jumlah rumah yang saya masuki dengan TV layar lebar terpasang langsung ke dinding. Sebuah pelindung lonjakan arus yang berkualitas mungkin akan membuat Anda dikenakan biaya sebesar US$ 100, tapi TV baru tanpa proteksi akan membuat Anda dikenakan biaya US$ 2.000.

5. Rumah. Jika Anda tidak dapat membayar hipotek, jangan tempatkan diri Anda dalam lubang. Tapi jika jumlahnya hampir sama dengan biaya sewa, pajak hipotek ini dapat bermanfaat bagi Anda pada akhirnya. Anda tidak dapat menulis cek dari sewa, tapi Anda dapat menulis sejumlah besar nilai hipotek Anda. Dan pada akhirnya Anda akan mendapatkan ekuitas.

6. Mobil. Menyewa mobil mungkin menjadi pilihan dengan biaya yang lebih rendah. Tetapi Anda tidak akan memiliki mobil pada akhirnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai dari penyewaan mobil. Membeli mobil sendiri pada akhirnya menjadi pilihan yang terbaik untuk bepergian.

--

Kehendak Tuhan Atas Uang Anda
TUESDAY, 02 NOVEMBER 2010
Total View : 1453 times

Ketika Anda salah dalam menggunakan uang yang Allah percayakan dalam hidup Anda, maka Anda akan melenceng dari tujuan yang telah Allah tetapkan. Banyak orang menggunakan uang dengan cara yang menyedihkan, mereka menggunakan uang untuk memuaskan hawa nafsu dan keinginannya. Sebagai contoh, beberapa orang menggunakan sumber daya yang Tuhan berikan untuk mengejar harta benda demi membangun status sosial mereka. Mengendarai mobil bagus, tinggal di lingkungan elit dan memiliki gadget terbaru menjadi sesuatu yang kompetitif. Namun tanpa disadari, semua itu membangun budaya hutang dalam masyarakat.

Dalam salah satu renungan hariannya, Crown Financial Ministries menyatakan:
Tujuan awal dari materi yang kita terima adalah membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman; Namun saat ini keinginan untuk memiliki “sesuatu” telah menjadi standar penilaian atas kesuksesan seseorang. Dan karena tekanan untuk memiliki kemewahan ini telah menjadi sebab yang umum seseorang terlibat dalam hutang.

“Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.” (I Yohanes 2:17).

Tuhan memiliki tujuan yang jelas atas uang yang Ia percayakan kepada kita. Tuhan menggunakan uang yang Ia berikan kepada Anda untuk membangun integritas. Tuhan ingin memastikan kita dapat menggunakan sumber daya yang Ia berikan dengan bijaksana dan seturut dengan kehendak-Nya.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mencari tahu apa yang Tuhan inginkan atas setiap penghasilan yang kita terima. Mungkin Tuhan ingin agar Anda menggunakan sebagian gaji Anda di bulan ini untuk memberkati seorang teman atau saudara. Mungkin bonus akhir tahun Anda, Allah ingin agar Anda gunakan untuk memberkati hamba-hamba Tuhan di ladang misi. Tuhan memiliki sebuah tujuan yang spesifik atas setiap berkat yang Anda terima. Tidak ada sesuatu yang kebetulan, untuk itu Anda perlu bertanya pada Tuhan sebelum menggunakan uang yang Anda terima.

Satu hal yang harus selalu kita ingat yaitu kita hanyalah bendaharanya Allah. Jadi apa yang kita terima bukanlah milik kita. Kita hanya mengelolanya saja, semua harta kita adalah milik Tuhan. Jadi pastikan Anda menggunakan apa yang Anda terima sesuai dengan kehendak Tuan kita, Yesus Kristus.

Jika kita sibuk mengejar uang dan materi, fokus kita pada Tuhan akan teralih. Itu sebabnya Tuhan meminta kita untuk mencari “dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:33). Dengan demikian maka kita tidak akan melewatkan kesempatan untuk Allah pakai menjadi berkat bagi orang lain.

--

Menyelaraskan Rencana Anda Dengan Rencana Tuhan
TUESDAY, 19 OCTOBER 2010
Total View : 1167 times

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya. ~ Pengkhotbah 3:1

Berdasarkan ayat di atas, Alkitab menyatakan dengan jelas bahwa untuk segala sesuatu itu ada waktu dan masanya. Untuk itu sebuah perencanaan sangat berperan penting dalam kehidupan baik bidang keuangan maupun aspek hidup lainnya. Kita harus memiliki rencana jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjangnya.

Saat terbaik untuk membuat perencanaan adalah ketika Anda masih muda, namun jarang yang menyadari hal ini. Jika Anda sudah berusia 40an tahun, dan masih belum memiliki suatu rencana keuangan yang matang, maka Anda sudah terlambat.

Pertama Anda harus tahu kekayaan bersih Anda. Kemudian Anda harus melakukan evaluasi terhadap pertumbuhan investasi Anda, dan menghitung kemungkinan jumlah uang yang akan Anda terima kedepannya. Jika kekayaan Anda tidak bertumbuh secara signifikan, maka Anda harus melakukan evalusi karena bisa jadi kekayaan Anda tergerus oleh laju inflasi.

Orang yang membuat target, baik bulanan, tahunan maupun jangka panjang, adalah orang yang tidak bersedia hidup hanya mengalir saja. Melalui membuat rencana dan menjaga tujuan Anda, maka Anda terhindar dari kondisi yang tidak di inginkan. Anda bisa mengatur tabungan, investasi, pajak, dan juga pensiun serta asuransi kesehatan Anda sesuai kebutuhan.

Rasul Paulus memberikan nasihat berikut ini, “Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. (Filipi 3:13-14). Apa yang disampaikan Paulus menunjukkan dia memiliki rencana dan target. Paulus mengejar tujuan yang telah ia tetapkan.

Rencana yang baik dan target yang terukur membutuhkan disiplin dan juga pengendalian diri. Bahkan peran Roh Kudus sangat penting dalam mengatur rencana kehidupan. Ketika Anda ingin membuat target dalam hidup Anda, bahkan sekalipun bicara mengenai keuangan atau karir, mintalah bimbingan dan tuntunan Roh Kudus. Keberhasilan Anda adalah ketika Anda dapat menggenapi rencana Allah dalam hidup Anda, untuk itu pastikan sebelum memutuskan sesuatu dalam hidup Anda, tanyakan apa rencana Tuhan. Selamat berjalan dalam rencana Allah.

--

4 Kebiasaan Belanja Yang Berbahaya
TUESDAY, 23 NOVEMBER 2010
Total View : 1286 times

Bulan Desember sudah di depan mata, akhir tahun adalah waktu dimana menyita banyak uang kita. Untuk itu, jika Anda tidak mengatur keuangan Anda dengan baik maka sudah pasti isi kantong Anda akan segera ludes. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat membawa Anda dalam masalah ini.

1. Window shopping

Jalan-jalan di mall untuk refreshing adalah sebuah alasan yang buruk. Setiap orang pasti memiliki kelemahannya sendiri, seperti elektronik, baju, atau perlengkapan rumah. Jadi jika Anda beralasan hanya window shopping atau melihat-lihat saja, hal itu membohongi diri sendiri karena pasti ada dorongan untuk membeli barang-barang impian Anda. Jadi jika Anda tidak bisa mengendalikan diri dengan baik, maka lebih baik Anda hindari refreshing dengan cara ini..

2. Membawa uang tunai terlalu banyak

Anda mungkin sudah tahu bahaya kartu kredit, sehingga tidak menggunakannya. Namun membawa uang tunai terlalu banyak juga bisa berbahaya. Bawalah uang yang Anda butuhkan saja, lalu tinggalkan sisanya di rumah.

3. Langganan milis dari vendor favorit Anda

Milis yang berisi promosi terbaru dari vendor favorit Anda adalah sesuatu yang lazim saat ii. Hanya dengan menekan sebuah tombol bahkan dengan membayar ketika barang sampai di depan pintu rumah Anda, kini sudah bisa dilakukan. Jadi hati-hatilah dengan email dan penawaran yang muncul di jejaring sosial yang marak saat ini.

4. Belanja sebagai pelampiasan emosi

Anda sedang marah atau kecewa, dan mencoba mengobatinya dengan belanja? Hal ini jelas bukanlah obat yang benar, karena Anda akan punya penyakit baru: hutang.

Belanja untuk kebutuhan rumah tangga atau pribadi tentu harus, namun Anda harus memperhatikan empat hal di atas jika tidak ingin mengalami kebocoran dalam anggaran keuangan Anda. Selamat mencoba.

--

Alami Kemerdekaan Keuangan di Dalam Tuhan
TUESDAY, 09 NOVEMBER 2010
Total View : 1497 times

Di dalam Yesus, orang percaya diberikan kuasa untuk menguasai dan menaklukan bumi. Tuhan ingin memberkati anak-anaknya, terlepas dari situasi ekonomi dan keuangan dunia. Tetapi dalam kebijaksanaan dan rahmat-Nya yang tak terbatas, Tuhan terkadang menahan berkat-Nya atas mereka yang menolak untuk berjalan dalam ketaatan Firman Tuhan.

Kepuasan keuangan adalah target Alkitabiah untuk umat Kristen dan dapat dicapai melalui tanggung jawab pribadi dan ketergantungan pada arahan Tuhan. “Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya;” I Tawarikh 29:12. Kemudian, Tuhan “menginginkan keselamatan hamba-Nya!” Mazmur 35:27. Untuk mengalami berkat keuangan maka kita harus mengalami kemerdekaan dari belenggu dan stres karena masalah keuangan, dan dalam perjalanan menuju kesana Anda harus melakukan tanggung jawab Anda yang telah Tuhan berikan. Kepuasan dalam keuangan terletak pada ketaatan Anda, bukan karena kelimpahan.

Berikut adalah beberapa langkah penting menuju kemerdekaan keuangan:

* Berilah perpuluhan dan persembahan. Tuhan tidak akan memberkati orang yang menahan berkat dari-Nya (Maleakhi 3:7-12).
* Keluar dari hutang dan jangan menjamahnya lagi. Gunakan kartu kredit hanya jika Anda bisa membayarnya dalam tenggang waktu yang ada tanpa harus membayar bunga.
* Membuat rencana belanja atau anggaran. Disiplinkan diri Anda untuk tetap mengikuti anggaran yang telah dibuat.
* Membuat tabungan rutin. Setelah memberikan perpuluhan, berilah pada diri Anda sendiri. Karena penghasilan Anda tidak akan ada selamanya, maka penting untuk menabung dan mengatur keuangan dengan baik.
* Buatlah investasi dalam beberapa tingkat resiko : rendah, menengah dan tinggi. Anda bisa pertimbangkan investasi seperti emas, danareksa, saham dan property. Lihatlah mana yang sesuai dengan kapasitas keuangan Anda.
* Milikilah asuransi yang Anda butuhkan. Beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan untuk asuransi seperti : asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan lain-lainnya.
* Belilah barang dengan uang tunai. Jalanilah kehidupan sesuai dengan kemampuan Anda, dan jangn beli sesuati sampai Anda memiliki uang untuk membelinya.
* Miliki persediaan uang darurat. Buatlah tabungan yang bisa membiayai dari dua hingga enam bulan kehidupan Anda.
* Prioritaskan kebutuhan dan investasi. Bayarlah tagihan sebelum melakukan investasi.
* Milikilah catatan terperinci. Hal ini membantu Anda untuk melakukan audit keuangan.
* Milikilah hati untuk memberi pada sesama. “Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.” Matius 10:42

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah bahwa semua yang Anda miliki saat ini adalah kepunyaan Allah, untuk itu Anda harus menggunakannya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Akan tiba saatnya nanti Anda harus mempertanggung jawabkan semuanya di hadapan Allah. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka Allah berkata, “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia... Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (Matius 25:23).

--

Beda Orang Hemat dan Orang Pelit
TUESDAY, 26 OCTOBER 2010
Total View : 1564 times

Pasti menyenangkan dapat menyimpan beberapa rupiah ditabungan dalam kondisi ekonomi seperti saat ini. Namun untuk melakukan penghematan ini, ada garis tipis yang membuat orang memandang Anda sebagai orang hemat atau orang pelit.

Hemat itu keren, tapi pelit sangat dibenci oleh orang-orang disekelilingnya.

Berikut adalah beberapa contoh perbedaan orang hemat dan orang pelit :

Di Restoran

Orang hemat: Ketika seorang hemat pergi makan di restoran dia akan menyiapkan kupon diskon atau mencari yang sedang promo. Saat selesai makan dia mungkin akan tetap mengajak rekannya untuk membayar masing-masing, tapi ia akan tetap memberikan tip besar bagi si pelayan.

Orang pelit: Sama seperti orang hemat, orang pelit juga mencari diskon atau promosi restoran, namun saat tagihan datang dia tidak akan memberi tip sedikitpun.

Ulang tahun

Orang hemat : Dia akan membelikan hadiah yang pasti berguna untuk sahabat atau keluarga yang berulang tahun. Baginya adalah suatu kebahagiaan jika bisa memberi hadiah pada hari yang special itu.

Orang pelit : Dia akan datang satu atau dua minggu setelah hari ulang tahun dan berkata, “Oh ya, kamu ulang tahun minggu lalu ya? Selamat ulang tahun. Sudah dulu ya, sampai jumpa.”

Belanja

Orang hemat akan membeli apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan harga yang terbaik melalui tawar menawar. Mereka membandingkan harga, bahkan tidak malu-malu untuk membeli barang bekas.

Orang pelit puas dengan harga diskon yang paling murah. Mereka menunjukkan sikap tidak ingin memberi lebih dalam tawar menawar dan biasanya wiraniaga dengan mudah mengenali sikap ini.

Ingatlah bahwa semua orang suka orang yang murah hati, dan tidak ada yang suka dengan orang pelit. Jadilah seorang yang murah hati, bersikaplah ramah, mintalah bantuan staf toko dengan baik, jadilah konsumen yang loyal, maka Anda pasti mendapatkan harga terbaik yang sangat pantas.

--

Sumber Uang Menurut Robert T. Kiyosaki
TUESDAY, 14 DECEMBER 2010
Total View : 1688 times

Menurut Kiyosaki, sulit mencapai kekayaan hanya dengan bekerja bagi orang lain. Bahkan yang bergaji besar sekalipun dia seorang dokter dan pengacara. Mereka bahkan cenderung terjebak dengan apa yang disebut lomba tikus – bekerja keras, mendapat gaji lebih besar, membeli lebih banyak, tagihan lebih besar, membutuhkan utang lebih banyak, dan kembali lagi bekerja lebih keras. Uang itu otomatis akan berhenti mengalir bila mereka berhenti bekerja.

Seseorang bisa menjadi kaya bila ia dapat keluar dari lingkaran tersebut dan memasuki jalur cepat, menemukan sumber uang yang bisa dicapai dengan memiliki pengetahuan finansial yang cukup. Lalu, darimanakah sumber uang itu berasal?

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan aset dan liabilitas bila ingin kaya. Aset mengalirkan uang ke kantong Anda sedangkan liabilitas mengeluarkan uang dari kantong Anda.

Untuk menjadi kaya, seseorang harus menemukan aset, segala sesuatu yang memasukkan uang ke kantong Anda dan memperkecil liabilitas, segala sesuatu yang menguras kantong Anda. Misalnya Anda melihat bahwa Anda mempunyai sepeda motor. Sepeda motor akan menjadi liabilitas kalau hanya Anda pergunakan begitu saja. Namun, sepeda motor itu dapat menjadi aset. Misalnya saja, Anda menggunakannya sebagai tambahan mata pencaharian Anda sebagai seorang tukang ojek.

Namun, ada barang yang sudah jelas aset seperti emas. Yang penting di sini, dapatkan aset sebanyak mungkin dan bukan liabilitas. Perbesar aset dan perkecil liabilitas. Buatlah list apa saja yang menjadi aset maupun liabilitas Anda sehingga Anda bisa memikirkan bagaimana caranya agar liabilitas itu dapat menjadi aset.

--

8 Pilar Keuangan Umat Kristen
TUESDAY, 30 NOVEMBER 2010
Total View : 1685 times

Orang Kristen sudah seharusnya membuat keputusan keuangan sesuai dengan rencana Tuhan bagi hidup mereka, caranya yaitu dengan mengenal tuntunan Tuhan. Setiap keputusan membutuhkan cara pandang Tuhan, dan hal ini hanya bisa di dapat dari mempelajari firman Tuhan dan berkomunikasi dengan-Nya.

Jika orang Kristen tidak pernah meminta petunjuk Tuhan tentang keputusan keuangan mereka, maka mereka tidak pernah mengalami mukjizat dalam hal keuangan.

Ada beberapa prinsip yang jelas yang perlu orang Kristen ketahui dalam membuat keputusan keuangan : menghindari spekulasi, menjaga keadaan keuangannya stabil, tetap menjadi saksi, memberi – bukan meminjamkan, tidak menanggung hutang orang lain, hindari berfoya-foya, bersiap untuk masa sulit, dan hidup dalam damai sejahtera.

Hindari spekulasi

Seringkali banyak orang terjebak dalam penipuan uang karena mereka termakan oleh iming-iming cepat kaya. Tuhan tidak pernah mengajarkan untuk mengejar kekayaan, tetapi mengejar pengertian dan hikmat. Dengan mendapatkan hikmat Tuhan, maka Anda bisa membuat keputusan yang benar dalam kehidupan keuangan Anda. Dengan cara ini Anda tidak melakukan spekulasi atau mengandalkan keberuntungan dalam hidup Anda.

Menjaga kondisi keuangan

Anda harus menjaga cash flow keuangan Anda dengan baik, jangan meminjam melebihi kemampuan Anda untuk membayar. Evaluasi pengeluaran dan investasi Anda. Rencanakan masa depan Anda mulai dari hari ini; rencana bagi masa depan adalah pelita yang akan menerangi kehidupan Anda di saat ini.

Tetaplah menjadi saksi

Dalam membuat keputusan, bahkan dalam keuangan, selalu pertimbangkan dampaknya bagi pekerjaan Tuhan dan reputasi Yesus. Membabi buta mengejar kekayaan bukanlah rencana dan kehendak Tuhan. Namun hidup tanpa rencana juga akan membawa Anda kepada kekurangan. Untuk itu, Anda harus memikirkan baik-baik hal ini.

Memberi – bukan meminjamkan

Bagi orang Kristen, hindari sebisa mungkin meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan. Sebisa mungkin beri tanpa ada embel-embel apapun. Jika ada orang lain yang berkekurangan, maka sudah kewajiban Anda sebagai orang Kristen untuk membantu mereka.

Jangan menanggung hutang orang lain

Jangan menanggung hutang ataupun menjamin hutang orang lain dengan aset Anda. Baik itu urusan pribadi atau bisnis, jangan pernah melakukannya. Alkitab mengatakan dengan jelas tentang hal ini: “Hai anakku, jikalau engkau menjadi penanggung sesamamu, dan membuat persetujuan dengan orang lain; jikalau engkau terjerat dalam perkataan mulutmu, tertangkap dalam perkataan mulutmu, buatlah begini, hai anakku, dan lepaskanlah dirimu, karena engkau telah jatuh ke dalam genggaman sesamamu: pergilah, berlututlah, dan desaklah sesamamu itu;”

Hindari foya-foya

Anda harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam setiap transaksi keuangan. Hal ini bukan hanya berlaku dalam belanja namun juga dalam investasi. Sebelum melakukan investasi, pikirkan baik-baik apa yang Anda akan lakukan dengan uang tersebut jika Tuhan memberikan kelipatan atas uang itu.

Bersiap untuk masa sulit

Mempersiapkan hal terburuk adalah masalah yang penting dalam keuangan. Lakukan evaluasi atas setiap keputusan keuangan Anda. Pastikan Anda memiliki cadangan keuangan untuk berjaga-jaga jika pemasukan Anda berkurang sekalipun kecil. Untuk itu jangan remehkan yang namanya menabung.

Ijinkan damai sejahtera memimpin Anda

Seringkali kita kurang peka dengan suara Allah atau kehadiran-Nya, hingga kita mengalami kehilangan damai sejahtera. Damai sejahtera seringkali Allah gunakan sebagai senjata terakhir untuk memperingatkan kita. Untuk itu, jika Anda merasakan hal ini, jangan terus melangkah.

Peka akan suara Tuhan adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita, jika kita tidak ingin salah membuat keputusan, hal ini berlaku juga dalam bidang keuangan kita. Untuk itu, bangunlah hubungan yang erat dengan Allah dan selalu konsultasikan keputusan hidup Anda kepada-Nya.

--

Resolusi Apakah Menjadi Solusi?
SATURDAY, 01 JANUARY 2011
Total View : 386 times

Setiap menjelang akhir tahun, banyak orang menunggu-nunggu tahun baru. Banyak juga yang mencoba membuat janji-janji dalam dirinya. Janji-janji untuk memperbaiki diri, dan memperbaharui diri.

Apa Arti Resolusi? Agar tidak membingungkan, langsung saja kita tuliskan apa arti resolusi. Pada pergantian tahun ke tahun yang baru, sering digunakan istilah untuk perbaikan dan pembaruan diri tadi dengan resolusi. Resolusi berarti ketetapan hati, atau kebulatan tekad untuk setia melaksanakan apa yang sudah disepakati seseorang dengan dirinya sendiri.

Apa Saja Resolusi yang Paling Umum? umumnya bagi kebanyakan orang, ada beberapa hal yang biasanya menjadi ketetapan hati di tahun baru, yang paling biasa adalah:
- Menurunkan berat badan
- Berhenti merokok
- Menaati anggaran
- Menabung lebih disiplin atau menghasilkan uang lebih banyak
- Menemukan pekerjaan yang lebih baik
- Lebih tertib dan teratur
- Lebih rajin berolahraga
- Lebih sabar dengan orang lain
- Makan yang lebih baik
- Menjadi orang yang lebih baik

Lalu, apa makna tahun baru? Saya jadi teringat akan ungkapan yang lucu tapi jitu: "Banyak orang menanti tahun baru hanya untuk memulai kebiasaan-kebiasaan lama." Lalu? Sepertinya ungkapan dari G. K. Chesterton ini, bisa menjadi permenungan, "Tujuan tahun baru bukan agar kita punya tahun yang baru. Tujuan tahun baru adalah: kita harus memiliki jiwa baru."

--

Batasi Daftar Keinginan
SATURDAY, 25 DECEMBER 2010
Total View : 274 times

Sukacita akan berganti kekecewaan jika kita mengharapkan lebih daripada yang kita terima. Jangan biarkan Natal menjadi saat yang mengecewakan. Bersukacitalah dan harapkan apa yang dijanjikan pada Anda.

Kebutuhan kita dipenuhi sesuai dengan kelimpahan-Nya. Sukacita dalam dukacita, dan sorak-sorai sebagai ganti ratapan. Jawaban doa. Kerinduan hati kita dipenuhi jika kita bertindak dengan iman sesuai dengan kehendak Tuhan.

Janji-Nya terlalu banyak untuk disebutkan satu per satu. Berkat-Nya terlalu indah untuk ditampung. Dalam mujizat-Nya, kita harus menanti dengan roh pengharapan. Carilah hadiah Natal Anda pada Tuhan tahun ini dan Anda tidak akan kecewa. "Tapi bagaimana dengan anak-anak?" Ajaklah anak-anak untuk memikirkan ulang daftar keinginan mereka.

Batasi Daftar Keinginan

Mungkin Anda ingin memberi batas pada daftar keinginan anak-anak yang Anda layani dan anak-anak Anda sendiri. Batasi jumlah harga benda tersebut. Batasi jenis benda yang boleh dimasukkan dalam daftar keinginan mereka -- misalnya, hanya dua mainan, setidaknya satu jenis pakaian. Batasi benda yang hanya dipakai untuk kebutuhan pribadi. Mungkin Anda ingin mendorong anak-anak untuk memikirkan suatu benda dalam daftar keinginan yang ingin mereka berikan pada orang lain atas nama mereka.

Ajak Mereka Menyusun Daftar Pemberian

Selalu imbangi daftar keinginan dengan daftar pemberian. Kalau anak berkata "saya ingin ...", tanyakan padanya, "Apa yang akan kau berikan?" Libatkan anak dalam mencari hadiah bagi orang lain. Biarkan ia memakai uang sakunya untuk hal itu (atau setidaknya, setengah uang sakunya sebagai andil dalam pembelian hadiah). Dorong anak Anda untuk membuat hadiah sendiri dan bersikap kreatif dalam memberi hadiah.

Terutama tanyakan pada anak apa yang ingin ia terima dari Yesus tahun ini dan apa yang ia ingin berikan pada Yesus. Beri contoh dengan membiarkan ia mendengar doa permintaan dan janji Anda sendiri. Bicarakan dengan anak karunia utama yang diberikan Yesus. Yakinkan ia bahwa Yesus bukan saja bisa memberi karunia itu, tetapi sangat ingin memberikannya. Dan itu adalah karunia utama yang bukan hanya bisa diharapkan pada saat Natal, tetapi seumur hidup.

--

Demi Sepakbola, Titik!
Rossi Finza Noor - detiksport




(Ilustrasi: Laurence Griffiths/Getty Images)

Jakarta - Perubahan itu mutlak harus terjadi. Perubahan ke arah yang lebih baik. Tujuannya hanya satu: demi sepakbola nasional yang lebih baik.

Kamis 27 November 2008 rumah di bilangan Cibubur itu tampak sepi. Tak tampak pemiliknya. Rumah beratap hijau itu belum mau menerima tamu wartawan sehingga para penjaganya hanya bisa mengizinkan mereka yang meminta komentar si pemilik menunggu di luar.

"Bapak saat ini sedang beristirahat. Kelihatannya dia kelelahan dan tampak kurang sehat. Kami tak bisa kasih izin karena kami tak mendapatkan instruksi," tukas salah seorang petugas keamanan.

Hari itu adalah hari ketika Nurdin Halid, si pemilik rumah, keluar dari Rutan Salemba pada pukul 06.00 pagi. Sudah lebih dari dua tahun hari itu berlalu --sudah cukup lama pula artinya. Namun, sejak saat itu kritikan dan desakan agar dirinya mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI berlangsung.

Bahkan sebenarnya seruan itu sudah bergaung lebih lama, sejak Nurdin masih mendekam di dalam ruang tahanan. Alasannya jelas, di lihat dari sisi mana pun tidak etis dan tak pantas sebuah federasi sepakbola nasional dipimpin seseorang yang berada di dalam tahanan.

Tapi mau bilang apa, kritik dan desakan itu dianggap angin lalu. Nurdin masih tetap memimpin PSSI sampai hari ini. Kongres Sepakbola Nasional yang diprakarsai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hampir setahun silam tak mampu mendongkelnya. Nurdin masih tetap di kursinya.

Jangan salahkan siapa-siapa kalau kini muncul banyak gerakan perlawanan terhadap Nurdin dan PSSI-nya. Ketika tim nasional yang tampil sepenuh hati di Piala AFF dipuja-puja, Nurdin dan PSSI-nya dilarang untuk kecipratan pujian. Mereka tetap dihantam kritik.

Seruan di dunia-dunia maya bermunculan. Semuanya satu suara, suara yang hampir sama seperti dua tahun lalu: Nurdin harus mundur!

Itu baru seruan. Dalam langkah konkret dan nyata, perlawanan itu muncul, salah satunya, dalam sebuah bentuk kompetisi baru bernama Liga Primer Indonesia (LPI). LPI menjanjikan sebuah kompetisi yang sarat akan perubahan: klub yang tak dibiayai APBD, wasit asing agar permainan lebih teratur dan terutama penegakan fair play.

Janji perubahan yang bagus, dan layak untuk dinantikan apakah LPI mampu memenuhi janjinya itu.

Masalah mulai muncul ketika PSSI tak setuju dengan munculnya LPI. Klub-klub yang membelot diancam dikenai sanksi. Pemain-pemain timnas yang bermain di sana pun tak lepas dari sorotan mereka. Bagi mereka hanya ada satu kompetisi yang sah: Liga Indonesia, termasuk di dalamnya adalah ISL.

PSSI pun mulai mengeluarkan dalil-dalil dan berbagai macam peraturan, termasuk di dalamnya bahwa LPI tak akan diakui oleh AFC. Tapi pedulikah LPI terhadap semua itu? Tidak.

LPI lahir dengan dana sendiri, klub sendiri dan para penontonnya sendiri (kelak). Sejauh ini mereka tak meminta juara dari kompetisinya bermain di kompetisi AFC. Anggap saja LPI adalah turnamen "antarsekolah", yang mereka lakukan hanyalah ingin memberikan sebuah kompetisi yang layak dan bisa memajukan sepakbola Indonesia.

"Beginilah sepakbola Indonesia, saya kira, seharusnya," ujar Arifin Panigoro, sang pencetus LPI, dalam peluncuran resmi kompetisi tersebut beberapa waktu silam.

Saya pribadi tak membela LPI. Tidak juga pro ISL. Buat saya, asal dua-duanya bisa bagus dan lebih bagus, tidak masalah. Yang harus diuntungkan cuma satu: sepakbola itu sendiri!

Harapan dengan munculnya LPI adalah ISL mendapatkan sentakan moral sehingga mereka mau berbenah ke arah yang lebih baik. Kalau kedua kompetisi ini berjalan dengan baik, tentunya mutu sepakbola nasional akan terangkat naik. Pemain-pemain yang dihasilkan oleh kompetisi tersebut juga lebih baik. Ujung-ujungnya, kualitas tersebut, idealnya, bisa menular kepada tim nasional--yang tentunya diharapkan bisa menghasilkan sebuah prestasi.

Tapi lagi-lagi PSSI bertindak bebal. Mereka keukeuh bertahan dengan segala aturan hukum dan peraturan -- sesuatu yang biasa mereka abaikan ketika tengah berada di atas.

Kalau mereka bisa bicara peraturan dan tatanan hukum, ke mana mereka ketika Nurdin dipenjara? Saat itu, dan mungkin sampai saat ini bisa terus diulang-ulang, kita bisa saja berbicara, "Dari sisi moral, tak pantaslah seorang narapidana memimpin federasi dari balik jeruji, apalagi sang mantan napi itu masih memimpin sampai saat ini."

Kita berbicara moral di sini.

--

Chicharito Menapaki Jalur 'Super Sub'
Kris Fathoni W - detiksport




(AFP/Ian Kington)

Jakarta - Javier "Chicharito" Hernandez semakin dibanding-bandingkan dengan Ole Gunnar Solskjaer. Apalagi usai golnya ke gawang West Bromwich Albion, ia kian menajamkan catatan saat tampil dari bangku cadangan.

Chicharito jadi penentu kemenangan 'Setan Merah' saat Manchester United dijamu West Bromwich Albion, Sabtu (1/1/2010) malam WIB. Masuk di menit 61, si penyerang Meksiko menjebol gawang lawan pada menit 75 untuk membuat MU unggul 2-1. Skor itu pula yang menjadi hasil akhir.

Situs resmi MU mencatat gol tersebut adalah gol kelima Chicharito dalam 12 penampilannya sebagai seorang pemain pengganti. Catatan itulah yang bikin dirinya semakin digadang menjadi pewaris predikat "Super Sub" yang sebelumnya disandang Solskjaer di MU.

Selama 11 tahun bergabung dengan MU, dari 1996 sampai 2007, Solskjaer sudah mengemas 28 gol saat menjadi pemain pengganti. Tak ada pemain lain yang melebihi torehan itu di Old Trafford.

Akan tetapi, dengan usia yang masih 22, bukan tak mungkin Chicharito nantinya akan bisa melebihi torehan Solskjaer tersebut. Apapun, Manajer MU Sir Alex Ferguson memang sudah menilai kalau Chichacito mirip dengan Solskjaer.

"Menyenangkan mendengarnya dan itu menjadi motivasi yang bagus buatku, tapi aku tahu mesti bekerja lebih keras lagi untuk bisa jadi seperti dirinya," tukas Chicharito merendah saat diwawancara MUTV.

Selama tiga partai terakhir MU --periode Natal-- Chicharito juga selalu menjadi pemain pengganti. Total ia hanya bermain selama 38 menit. Namun, ia tetap menilainya sebagai Natal musim ini sebagai yang terbaik.

"Memang berbeda, tapi aku amat senang. Ini adalah Natal terbaik, aku di sini bersama seluruh keluargaku dan aku bermain untuk MU," lugasnya ceria.

--

Redknapp Diserang Istri David Bentley
Mohammad Resha Pratama - detiksport




Getty Images/Richard Heathcote

London - Akibat masa depan suaminya David Bentley tak menentu di Tottenham Hotspur, sang istri Kimberly pun gelisah. Pelatih Lilywhites Harry Redknapp jadi sasaran kekesalan Kim di Twitter.

Sejak bergabung dengan Spurs pada musim panas 2008 itu, Bentley memang jarang mendapat kesempatan bermain di tim utama. Total baru 56 kali gelandang kanan itu tampil dan dalam kesempatan itu ia mencetak 12 gol.

Apalagi di musim semenjak penampilan yang kian cemerlang dari Aaron Lennon di sayap kanan, jam terbang yang didapat Bentley makin minim.

Hal itulah yang kemudian berkembang rumor jika Bentley akan dilepas atau dipinjamkan pada musim dingin ini, meski Redknapp pun belum berkata apapun soal kepastian karir Bentley di White Hart Lane.

Hal itulah yang lantas bikin Kimberly yang adalah istri berang bukan main. Lewat akun twitternya, ia menulis kata-kata yang isinya memaki Redknapp akibat tak jua memberi kejelasan soal status sang suami.

"Apa yang terjadi? Persetan semua dan ini mulai membuatku kesal!! Ya ampun, cepat selesaikan Harry!!," tulis Kimberley di akun twitternya seperti dilansir Dailymail.

Namun beberapa saat kemudian Kimberley pun langsung menghapus tweet-nya tersebut dan membuat tweet baru yang bertuliskan.

"Orang-orang terlalu serius menganggap tweet ku! Tenang-tenang."

--

7 Cara Memotong Pengeluaran Tanpa Pengorbanan
WEDNESDAY, 08 SEPTEMBER 2010
Total View : 1050 times

Ketika kondisi keuangan Anda sedang sulit, memotong pengeluaran sepertinya tak dapat dihindari. Melakukannya juga bukanlah suatu hal yang mudah. U.S. News menanyakannya pada pakar keuangan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa-masa sulit tanpa perlu mengorbankan terlalu banyak kesenangan hidup. Berikut adalah tips utama dari mereka.

Mandi dalam gelembung sabun. Jika berendam dalam air panas tak sanggup menghibur Ada, cari tahu apa yang bisa, karena dengan melakukannya hal ini dapat menghentikan Anda untuk memboroskan uang setelah melalui hari yang buruk. “Terutama di masa-masa sulit, sangat penting bagi seseorang untuk menemukan cara lain selain berbelanja untuk membuat dirinya merasa lebih baik, apakah itu metode tantra, bola Cina atau gelembung mandi – apa saja yang bisa membuat rekening bank Anda tetap utuh,” ujar Ken McDonnell, direktur program dari American Savings Education Council.

Menjadi host film di rumah. Pergi ke bioskop, terutama jika Anda seorang penggemar popcorn, dengan mudah bisa menghabiskan Rp 100 ribu untuk dua orang. Faye Griffith-Smith, pemimpin komunitas American Association of Family and Consumer Sciences, menyarankan Anda untuk menyewa film dan mengundang teman-teman Anda untuk menonton bersama di rumah.

Belajar memasak. Makan di restoran tidak hanya akan menambah pengeluaran, demikian juga jika Anda membeli makan siang. Jika Anda memasak makan malam di rumah, Anda bisa membawa sisa makanan yang ada untuk dibawa bekal bekerja pada hari berikutnya atau meluangkan waktu beberapa menit membuat roti isi. Jika Anda selalu terburu-buru di pagi hari, cobalah untuk menyiapkannya di malam hari sebelum tidur, saran Jean Austin, pendidik keluarga dan konsumen sains untuk Maryland Cooperative Extension Service. Dan ketika Anda berbelanja bulanan, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu. Pergi ke toko kelontong dalam keadaan lapar sering membuat Anda tergoda untuk jajan, ujar Austin memperingatkan.

Manfaatkan perpustakaan. Manfaatkan keanggotaan perpustakaan Anda untuk mendapatkan buku dan film gratis. Bahkan terkadang Anda juga bisa mendapatkan layanan internet gratis.

Minum di rumah. Apakah pilihan minuman Anda adalah teh hijau, kopi atau minuman jus dan soda, jauh lebih murah bila Anda menikmatinya di rumah Anda sendiri. Pergi ke kafe bersama dengan teman-teman akan membuat Anda dengan mudah menghabiskan uang ratusan ribu, ujar McDonnell. Daripada melakukan itu, bawalah beberapa kaleng minuman dan nongkrong di rumah teman Anda. Interaksi sosial akan menghibur Anda.

Manfaatkan tabungan Anda. Jika Anda telah menyiapkan dana darurat selama tiga sampai enam bulan untuk keperluan darurat bila Anda kehilangan pekerjaan atau musibah lainnya, inilah saatnya untuk menggunakannya. Jadi ketika Anda sedang mengalami masa-masa sulit dalam keuangan, dana tersebut bisa Anda gunakan untuk memenuhi tagihan bulanan atau beberapa pengeluaran kecil.

Putuskan apa yang Anda inginkan. Kebanyakan orang bisa memotong 10% dari pengeluaran mereka dalam waktu 10 menit, ujar Ramit Sethi, penulis blog I Will Teach You To Be Rich. Tulis saja kategori pengeluaran utama Anda, seperti makanan dan pembayaran pinjaman, dan perkirakan berapa persentase yang dibutuhkan dari penghasilan Anda pada setiap kategori. Buatlah daftar kedua dengan persentase seperti yang Anda inginkan. Kemudian buatlah daftar ketiga dengan persentase yang sebenarnya. Jika kenyataannya tidak sesuai dengan ideal Anda, maka sesuaikanlah pengeluaran Anda.

--

Menjadi Bendahara Allah
TUESDAY, 05 OCTOBER 2010
Total View : 1160 times

Tuhan sebagai seorang Pencipta memiliki kekuasaan tidak terbatas dalam memerintah. Namun dalam segala ke Maha Kuasaannya tersebut, Dia mendelegasikan beberapa kekuasaan kepada manusia yang adalah hamba-hamba-Nya. Salah satunya adalah Tuhan mendelegasikan berkat kepada manusia untuk dikelola. Fungsi manusia disini adalah bendahara Allah, dimana kita diberi kewenangan oleh Allah dalam mengurus harta yang Ia percayakan.

Namun sebagai seorang bendahara Allah, kita bukanlah seorang “agen bebas” dalam melaksanakan tugas, namun otoritasnya memiliki batasan-batasan tertentu. Karena sebagai seorang hamba Tuhan kita juga mengemban tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan misi Ilahi.

Dari kitab Kejadian hingga Wahyu, Allah telah memandatkan penatalayanan kepada manusia.

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." ~ Kejadian 1:28

Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai. ~ I Korintus 4:2

“Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi” ~ Wahyu 5:10

Untuk memenuhi mandat diatas, Anda perlu berhenti sejenak dan merenungkan kewajiban serta hak-hak Anda sebagai hambat Tuhan.

1. Tetapkan prioritas. Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya. ~ Amsal 3:9-10
2. Memberi dengan murah hati. Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.
3. Melatih kesabaran. Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan. ~ Amsal 21:5
4. Memberi dengan sukacita. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.~ 2 Korintus 9:7-8
5. Membangun kredibilitas. Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang, ~ 2 Korintus 9:13


--

Mereka yang memiliki "why" (alasan/tujuan) untuk hidup akan selalu dapat mengatasi setiap "How

--

Membiasakan Diri Dengan Anggaran Anda
FRIDAY, 12 MARCH 2010
Total View : 3681 times

Membuat anggaran atau budgeting membutuhkan waktu dan kemauan yang kuat. Mungkin tidak selalu berhasil pada bulan-bulan pertama. Tetapi jangan takut jika Anda tak berhasil mencapai tujuan Anda karena semakin sering Anda melakukannya, Anda akan menjadi terbiasa membuat anggaran. Berikut adalah beberapa cara membuat anggaran jadi lebih mudah :

1. Tuliskan. Anda harus berusaha menulis baik pemasukan maupun pengeluaran sehingga Anda tidak akan melupakannya.

2. Jika Anda memiliki pemasukan lebih, Anda bisa membayar cicilan-cicilan yang cukup besar. Misal, membayar uang cicilan KPR, atau menyisakan untuk berlibur atau memberikan hadiah untuk orang terkasih.

3. Biasakan untuk berpikir ke depan. Jika Anda sudah mengetahui bahwa situasi akan berubah, misal bayi kedua akan lahir, kamar mandi perlu direnovasi, rencanakan ulang keuangan Anda.

4.Usahakan Anda tidak menimbun hutang. Jangan memakai kartu kredit terlalu sering.

5. Ketika penghasilan Anda meningkat, jangan berfoya-foya. Tetap bijaksana dalam mengunakan uang sampai Anda benar-benar yakin bisa selangkah lebih maju keluar dari kesulitan keuangan.

Kepandaian dalam mengatur keuangan akan makin terasah semakin Anda terus melakukannya. Mengubah kebiasaan finansial Anda akan mengubah hidup Anda.

--

Hemat Pangkal Kaya
MONDAY, 22 MARCH 2010
Total View : 1264 times

Sebelum Anda mulai menabung, Anda perlu menata pengeluaran Anda terlebih dahulu. Bagaimana cara menatanya? Anda bisa cari di internet, buku, majalah, ataupun sumber lainnya. Anda juga bisa melihat di sini sebagai bahan referensi.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa menabung. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah :

•- Bila Anda mempunyai hutang, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan segera melunasi hutang Anda, karena akan merugikan Anda dengan bunga-bunganya yang ada.

•- Berhemat dengan pengeluaran Anda. Misalnya, tiap hari Anda minum kopi di warung tiap hari. Cobalah untuk bawa kopi instan sendiri dan buat sendiri. Jadi setidaknya Anda bisa menghemat Rp.2.000/hr atau Rp. 50.000/bln. Atau bila mau beli pakaian, Anda dapat menunggu waktu ada SALE.

•- Sisihkan uang di awal bulan dan bertekad untuk tidak memakainya. Karena, sekali Anda pakai, Anda akan tergoda untuk memakainya kembali sampai uang itu habis. Anda akan merasa senang bahwa Anda dapat menyimpan sesuatu untuk masa depan.

•- Jika Anda mendapatkan gaji per 2 minggu (bukan bulanan), artinya Anda mendapat gaji 2x dalam 1 bulan, maka tentukan satu dari dua tanggal terima gaji itu untuk menyisihkan uang. Jika Anda wiraswastawan, sebaiknya ambil tanggal di tengah bulan untuk menyisihkan uang, di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.

•- Letakkan gambar dari benda yang Anda inginkan di tempat dimana Anda sering memandang. Di meja kerja Anda, di dekat kaca, di dinding rumah,di dompet Anda, di manapun. Kemudian kumpulkan uang secara regular selama waktu yang Anda perlukan untuk memberli benda tersebut. Motivasi diri Anda agar bisa mencapai target yang telah Anda tetapkan.

•- Buka rekening yang tidak bisa Anda sentuh, seperti deposito. Rekening ini biasanya mempunyai bunga lebih tinggi dan Anda tidak dapat mengambil uang kapan saja.

•- Uang koin yang dikumpulkan, misalnya Rp. 500 setiap hari, dalam sebulan (30 hari) terkumpul Rp. 15.000 dalam setahun (12 bulan) Rp. 180.000 dapat digunakan untuk kebutuhan ekstra lainnya seperti membeli buku tulis anak, hadiah kecil, dan lain sebagainya.

•- Setiap kali Anda menerima bonus, simpan. Uang ini bukan bagian dari penghasilan regular Anda, sehingga jangan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, Anda dapat mempergunakan uang ini untuk melunasi hutang Anda.

•- Biasakan hidup hemat tanpa harus menderita. Bawa makanan dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, manfaatkan diskon, tidak sering dalam memanjakan diri maupun keluarga, dan masih banyak lagi.

--

Syarat Nikah Tidak Hanya Cinta Tapi Juga Uang
MONDAY, 29 MARCH 2010
Total View : 1726 times

Saat kalimat "Maukah kau menikahiku?" dijawab dengan "Iya", maka hal lain yang harus Anda pikirkan adalah pelaksanaan dari kalimat tersebut. Anda berdua perlu merencanakan siapa yang akan membayar untuk hal-hal tertentu, berapa uang yang harus disiapkan, apa saja yang harus dibeli atau dilakukan.

Di negara barat, biasanya keluarga pihak perempuan yang membayar resepsi pernikahan dan keluarga laki-laki yang membiayai makan malam kedua keluarga. Hal ini bisa dijadikan masukan untuk Anda, namun kita tidak bisa terpatok di situ.

Ada banyak hal dalam melaksanakan pernikahan tersebut yang membutuhkan biaya, antara lain : cincin pernikahan, bulan madu, akomodasi bagi keluarga yang ada di luar kota, bunga buat pengantin wanita, bunga di dalam gereja maupun tempat resepsi, hadiah untuk pengiring pengantin, pakaian pengantin (termasuk di dalamnya gaun, jas untuk pengantin dan pengiring pengantin), make-up maupun salon, mobil pengantin, tempat resepsi, makanan, dekorasi, fotografi, musik, cinderamata, dan tak kalah penting adalah upacara pernikahan sesuai adat Anda dan pasangan.

Karena pernikahan dua orang berarti penggabungan dua keluarga, ada baiknya jika Anda berdua juga dapat berkonsultasi dengan keluarga pasangan, khususnya mengenai upacara adat yang perlu dipersiapkan. Untuk biaya upacara ini, tidak semuanya harus ditanggung oleh laki-laki.

Bila Anda ingin menggunakan jasa wedding organizer, biasanya Anda tidak perlu mengurus hal-hal kecil yang bersangkutan dengan pernikahan. Namun di sisi lain, uang yang perlu Anda keluarkan jauh lebih besar kalau dibandingkan kalau dikerjakan sendiri. Hal ini tergantung dari kesepakatan Anda berdua.

Hal ini mudah dilakukan jika salah satu pihak dapat menanggung semua biaya, biasanya dari pihak laki-laki. Namun, jika kondisi keuangan Anda berdua tidak jauh berbeda, maka Anda berdua dapat membuat kesepakatan untuk menabung uang sejumlah tertentu untuk biaya pernikahan.

Anda perlu mencari tahu dan kemudian menghitung semua biaya yang harus Anda keluarkan untuk sebuah pernikahan. Total biaya tersebut Anda bagi dua, dan Anda bagi dengan jumlah berapa bulan biaya tersebut harus tercapai. Fokuskan semua keuangan Anda pada masalah ini terlebih dahulu, bila Anda ingin melangsungkan pernikahan dalam waktu satu tahun ke depan.

Bila biaya tersebut masih sangat tinggi, Anda dapat memotong biaya yang ada sebisa mungkin. Anda juga dapat mencari pinjaman uang, namun sebaiknya jangan dilakukan jika masih ada jalan lain yang dapat Anda tempuh. Misalnya, jika ada uang lebih, sebaiknya Anda pakai untuk membeli cinderamata.

--

Kantong Kering' Tidak Lagi Jadi Penyakit Anda
MONDAY, 19 APRIL 2010
Total View : 943 times

Saat ini, sebagian besar mahasiswa masih hidup dengan bergantung sepenuhnya pada uang kiriman orangtua. Kadang-kadang uang kiriman orangtua itu sudah menipis sebelum waktunya. Supaya hal ini tidak terjadi, maka mahasiwa harus bisa mengatur keuangan sebaik-baiknya.

Rencanakan lebih dahulu dengan mencatat pengeluaran, menyimpan kuitansi pembelian, dan membuat anggaran belanja terlebih dahulu.

Ada banyak cara bagi mahasiswa untuk mengatur keuangan mereka, salah satunya yaitu dengan bergabung dengan koperasi atau menabung di bank dengan suku bunga tinggi dan lebih bagus lagi bila tidak punya biaya administrasi. Membayar tagihan tepat waktu, jangan miliki kartu kredit terlebih dahulu, bila berbelanja pastikan memang ada uang sisa, dan hindari utang untuk kepentingan non-akademik.

Agar kehidupan kampus tidak boros, beli buku bekas atau Anda bisa pinjam saja. Bila Anda ingin menghemat, Anda tidak usah bawa mobil atau setidaknya pergunakan motor. Jangan hang out dengan orang boros karena Anda pasti ikut boros.

Semua hal di atas harus dimulai dari niat diri Anda. Rajin mempraktekkan metode di atas, mengembangkan diri, olahraga teratur sehingga setidaknya mengurangi hal-hal tak terduga. Makan makanan yang sehat, jauhi minuman keras, rokok, dll karena selain tidak baik buat kesehatan, hal tersebut juga mengurangi uang yang dikasih orangtua. Jika Anda punya pacar, pintar-pintarlah memikirkan kencan kreatif namun tidak mahal.

Yang terakhir adalah Anda mungkin dapat menghasilkan uang sendiri, asal tidak mengganggu kuliah Anda. Obat yang baik yaitu bergembiralah selalu karena gembira adalah obat bagi kesehatan. Rajinlah belajar, agar Anda dapat cepat selesai kuliah sehingga banyak mengurangi uang kuliah Anda.

--

Financial Makeover" Dalam Seminggu
FRIDAY, 23 APRIL 2010
Total View : 705 times

Apakah Anda pernah mengalami kehabisan uang padahal baru seminggu yang lalu Anda menerima gaji? Anda mungkin heran karena Anda bukan termasuk orang yang bergaji di bawah upah minimum. Mungkin hal ini disebabkan oleh gaya hidup Anda yang lebih besar pasak daripada tiang. Inti masalah Anda adalah pada pengeolaan keuangan yang salah.

Robert Pagliarini, MSFS, CFP, penulis The Six-Day Financial Makeover dan presiden Pacifica Wealth Advisors, Inc., membuat sebuah sistem yang bisa membantu Anda untuk mengontrol keuangan Anda, sebagai berikut :

1. Buatlah laporan pengeluaran. Satu-satunya cara untuk mengawasi keuangan adalah dengan memeriksa, kemana perginya uang Anda. Buatlah catatan untuk setiap pengeluaran Anda selama seminggu. Jangan hanya fokus pada pengeluaran yang besar seperti sewa rumah, bensin, atau asuransi tetapi coba perhatikan berapa banyak pengeluaran kecil-kecilan Anda seperti nonton film, ngopi bareng teman, atau memborong DVD dan akumulasikan. Jumlahnya pasti cukup banyak, bukan?

2. Terapkan manajemen amplop. Ini mungkin metode yang Anda anggap kuno tetapi Anda akan melihat manfaatnya. Caranya, tiap minggu ambil sejumlah uang dari ATM atau bank (sesuai dana Anda, atau kurang dari itu), lalu bagi-bagi sesuai kebutuhan. Belanjakan uang hanya dari dana tersebut selama seminggu. Anda akan terkejut dengan penghematan yang sudah Anda lakukan.

3. Tunda pengeluaran. Anda mungkin bisa menunda liburan atau menukar tambah mobil baru Anda untuk sementara waktu sehingga Anda akan mendapat tambahan uang untuk keperluan yang lebih mendesak. Setiap pengeluaran yang Anda batalkan adalah tabungan ekstra dalam dompet Anda.

4. Batalkan pengeluaran yang tidak Anda manfaatkan. Misalnya, Anda mendaftar jadi anggota pusat kebugaran, tetapi tak pernah menggunakan keanggotaan Anda, lebih baik memanfaatkan uang membership untuk keperluan lain. Hal yang sama bisa Anda terapkan untuk biaya ekstra saluran tambahan dari TV berbayar yang tak pernah Anda tonton.

5. Kurangi pengeluaran. Misalnya Anda punya kebiasaan makan bersama keluarga besar pada Minggu siang. Anda bisa mengurangi tradisi ini dengan makan bersama hanya dua minggu sekali. Cara lain tetap makan bersama tiap minggu, namun dengan memilih restoran yang tidak begitu mahal.

--

angan Remehkan Uang Receh
MONDAY, 26 APRIL 2010
Total View : 863 times

Sebelum Anda mengeluarkan biaya bulanan, sebaiknya sisihkan uang Anda untuk ditabung atau mungkin untuk pendidikan anak Anda kelak. Jika Anda belum menikah, Anda dapat menyisihkan buat keperluan pernikahan Anda nantinya, untuk anggota keluarga seperti orangtua, ataupun keperluan lain yang lebih penting menurut Anda. Anda juga perlu menyediakan uang untuk membayar premi asuransi.

Sekarang mari kita berhitung. Dengan perkiraan di atas, maka total pengeluaran Anda kemungkinan akan seperti ini :

Uang Masuk

Penghasilan : 100 persen

Uang keluar

Cicilan : 30 persen

Tabungan rutin : 15 persen

Premi asuransi : 20 persen

Total : 65 persen dari penghasilan

Berarti, sebelum Anda sempat belanja kebutuhan hidup sehari-hari, atau sepasang sepatu, atau biaya transportasi sehari-hari, atau biaya lainnya, penghasilan Anda sebesar 65% sudah berkurang. Lalu, dengan jumlah sisa penghasilan yang hanya 35% Anda memutuskan pergi makan ke restoran fast food. Sekali makan menghabiskan sepuluh ribu rupiah. “Ah, nggak ada masalah, cuma sepuluh ribu ini.”

Setelah mengeluarkan jumlah uang yang cukup besar untuk membayar cicilan rumah, tabungan untuk anak/menikah, dan membayar premi asuransi, apa bedanya keluar uang sepuluh ribu lagi? Toh itu cuma uang receh.

Bedanya banyak sekali!!!!!

Kalau Anda keluar uang sepuluh ribu rupiah setiap hari untuk makan di restoran atau beli cokelat / majalah / minuman atau apapun, maka dalam dua puluh tahun Anda akan keluar uang Rp 206 juta! Itu dengan asumsi bahwa setiap tahun harga-harga naik sebesar 10 persen per tahun. Bayangkan, itu adalah jumlah uang receh yang Anda keluarkan setiap hari.

Karena itu, jangan remehkan pengeluaran-pengeluaran kecil yang Anda lakukan setiap hari, sekecil apapun. Lakukan pengecekan pengeluaran yang telah Anda lakukan tiap hari sehingga Anda dapat melihat apakah keuangan Anda ‘surplus’ atau ‘minus’. Tabung setiap uang ‘surplus’ tersebut atau gunakan untuk keperluan yang bermanfaat lainnya.

Bukan berarti, Anda tidak boleh makan di restoran. Namun, kalau Anda mempunyai uang yang lebih, maka Anda dapat mengajak keluarga Anda atau siapapun untuk makan. Anda dapat memanjakan diri Anda.

--

Memiliki Keuangan Pribadi Yang Sehat
FRIDAY, 30 APRIL 2010
Total View : 1010 times

Kondisi keuangan Anda akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan emosional, fisik, dan spiritual Anda. Pengaturan keuangan yang salah sering menjadi sumber berbagai masalah dalam hidup Anda. Anda harus membangun hubungan yang sehat dan jujur dengan uang sehingga sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan Anda tetap sehat. Ada beberapa hal yang menjadi tanda bahwa keuangan Anda cukup sehat, sebagai berikut :

1. Anda memiliki kebiasaan menabung dan berinvestasi. Semakin Anda sadar dengan kebiasaan ini keuangan Anda akan semakin sehat. Jadi miliki tabungan di rekening bank Anda dan berinvestasilah dalam bidang properti, reksa dana dan lain-lain.

2. Anda berani mengambil risiko finansial. Risiko finansial bisa juga digolongkan sebagai langkah yang cerdas, misalnya jika Anda membeli rumah sebagai investasi, atau mencari cara-cara untuk memperoleh uang dari hobi Anda.

3. Anda memiliki tujuan keuangan. Tujuan Anda mungkin meningkatkan penghasilan menjadi sekian juta rupiah sebulan atau Anda tertarik pada sebuah investasi.

4. Anda memahami persoalan keuangan secara mendasar. Seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, suku bunga, pajak penghasilan, dan lain sebagainya. Semakin Anda menguasai masalah keuangan, semakin sehat kondisi keuangan Anda, karena Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dengan uang Anda.

--

Racun Bagi Keuangan Anda
MONDAY, 05 APRIL 2010
Total View : 1727 times

Semua kemudahan pinjaman yang disediakan saat ini, sebaiknya diwaspadai dengan penuh kehati-hatian. Apabila Anda membutuhkan uang, jangan cepat tergiru dengan kemudahan pinjaman yang ditawarkan dan jangan asal memanfaatkan semua peluang yang ada. Karena itu, sebaiknya perhatikan dulu tips-tips berikut ini terlebih dahulu sebelum Anda menentukan langkah keuangan Anda selanjutnya :

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Sekarang ini memperoleh uang sangat mudah, KTA menawarkan pinjaman tunai langsung cair dalam 1 hari. Namun jangan tertipu, di balik semua kemudahan itu tersirat aturan-aturan yang akan merugikan Anda, seperti suku bunga yang cukup tinggi. Jika tidak mendesak, sebaiknya hindari KTA.

Pinjaman Bank

Pinjaman bank ini lebih rumit daripada KTA dalam hal administrasi serta harus ada jaminan dan belum tentu disetujui. Biasanya, urusannya pun memakan banyak waktu karena banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi. Biasanya orang melakukan pinjaman bank ini bila ingin meminjam dalam skala besar. Masalahnya adalah, pinjaman yang besar akan menjadikan bunganya juga besar. Jika Anda ingin melakukan pinjaman bank, pastikan Anda mampu membayarnya dan carilah bank dengan suku bunga terendah.

Penarikan tunai kartu kredit

Anda harus berhati-hati bila mempunyai kartu kredit, karena Anda dapat dengan mudahnya menggunakan kartu kredit tersebut dan membuat Anda terlilit hutang yang tidak Anda sadari akan semakin besar jumlahnya. Salah satu fitur kartu kredit yaitu adalah penarikan tunai melalui ATM. Yang perlu Anda ketahui adalah bunga dari penarikan ini hampir 2x lipat dari bunga cicilan kartu kredit itu sendiri.

Rumah pegadaian

Sama seperti bank, Anda diharuskan untuk menggadaikan barang milik Anda dengan sejumlah uang. Barang Anda akan dihargai jauh di bawah harga pasaran dan tidak bisa ditawar. Jika Anda menginginkan kembali barang gadaian Anda, maka akan dijual dengan harga pasaran kepada Anda.

Rentenir

Biasanya rentenir akan memberikan bunga sesuka hati dan super besar. Biaya pengembalian bisa 2-3x lipat dari pokok pinjaman. Rentenir biasanya menggunakan kekerasan jika kamu tidak bayar tepat pada waktunya atau mereka akan membebankan bunga yang sangat tinggi atas keterlambatan Anda per hari.

Semua hal di atas sebaiknya dihindari jika memang tidak terpaksa, apalagi meminjam kepada rentenir. Sebaiknya Anda mulai menabung dan berhemat. Anda juga dapat berinvestasi kecil-kecilan, seperti membeli emas. Atau Anda dapat meminjam uang kepada keluarga atau teman dekat yang biasanya tidak memberikan bunga. Namun ingat, jaga kepercayaan mereka terhadap Anda. Sekali terjebak ke dalam belenggu hutang, Anda akan susah untuk keluar.

--

Menghindari Kebangkrutan Financial
FRIDAY, 09 APRIL 2010
Total View : 1028 times

Anda dikatakan bangkrut jika jumlah hutang Anda lebih besar daripada harta Anda sehingga harta Anda tidak mampu lagi meng-cover jumlah hutang Anda. Pertanyaannya, mengapa jumlah hutang Anda bisa lebih besar dari harta Anda? Benarkah Anda bisa bangkrut karena kenaikan harga-harga barang? Tidak bisa disangkal, kenaikan harga-harga sudah pasti membuat daya beli Anda semakin menurun. Jika Anda ingin tetap menjaga tingkat konsumsi Anda, dengan kata lain menjalankan gaya hidup yang sama maka pengeluaran Anda otomatis akan bertambah besar.

Kondisi ini akan semakin parah seandainya tidak ada peningkatan pemasukan dalam kas keuangan Anda, akibatnya terjadi perebutan prioritas di antara berbagai pengeluaran rumah tangga Anda. Dan biasanya yang terjadi adalah Anda akan menunda pembayaran cicilan hutang Anda karena Anda terpaksa mengalokasikan penghasilan Anda lebih banyak untuk pengeluaran biaya hidup. Akan bertambah parah, jika suku bunga pinjaman Anda ikut naik maka Anda akan dihadapkan kepada pilihan sulit antara membayar kewajiban hutang yang membengkak atau menjaga tingkat konsumsi.

Untuk menghindari kebangkrutan ini sebenarnya sangat mudah karena sinyal-sinyal kebangkrutan sangat mudah untuk dideteksi. Tidak perlu menunggu Anda batuk-batuk dulu dalam membayar cicilan hutang. Perhatikan saja apakah masih cukup nyaman buat Anda menabung tanpa kepayahan membayar pengeluaran lainnya secara siknifikan. Jika kondisinya lebih buruk dari ini, maka Anda benar-benar harus melakukan perubahan-perubahan dalam anggaran rumah tangga.

Penghematan bahkan pemangkasan beberapa pos pengeluaran adalah langkah-langkah efektif yang harus segera Anda jalankan. Artinya Anda harus mengesampingkan pola hidup konsumtif dan berusaha untuk mengalokasikan penghasilan Anda untuk kebutuhan pokok berupa sandang, pangan, papan, menabung serta pembayaran cicilan hutang. Anda harus merubah cara mengelola uang Anda karena Anda tidak akan bisa mendapatkan hasil yang berbeda jika Anda terus berpikir dan melakukan hal yang ceroboh dengan uang Anda.

--

Kebebasan Waktu dan Uang
MONDAY, 03 MAY 2010
Total View : 1201 times

Mencari penyebab kenapa kita selalu ada dalam himpitan keuangan dan memecahkannya dapat memberikan dampak yang luar biasa dalam hidup. Setiap kita pasti menginginkan kebebasan waktu dan uang. Kunci untuk menemukan hal tersebut adalah dengan melihat berbagai kemungkinan-kemungkinan dan mengambil keputusan yang tepat dari pilihan-pilihan yang ada dalam hidup kita. Hanya ada empat hal penting berkaitan dengan uang yang harus Anda ketahui :

Bagaimana Anda menghasilkannya

Bagaimana Anda menyimpannya

Bagaimana Anda menginvestasikannya

Bagaimana Anda menikmatinya

Secara teori, ada banyak sekali tips-tips yang dapat Anda ikuti untuk melakukan keempat hal di atas. Mungkin Anda sudah seringkali membacanya. Anda sudah memiliki penghasilan bulanan dari kerja Anda. Anda juga setiap bulan sudah menabung.

Mungkin Anda malah sudah menginvestasikan tabungan Anda ke lain hal agar memberikan hasil yang lebih baik di jangka waktu yang lebih panjang. Mungkin ada dari Anda yang sudah bisa menikmati apa yang Anda peroleh dari penghasilan bulanan Anda.

Tapi mengapa masih banyak orang yang merasa bahwa keuangannya masih saja sulit? Mari Anda perhatikan posisi-posisi berikut ini dan mulailah Anda mencari berada di posisi manakah Anda?

Posisi budak. Dari sisi harta Anda hanya punya sedikit atau bahkan tidak memiliki harta sama sekali. Anda juga tidak punya waktu, karena Anda bekerja terus bahkan sampai malam. Contoh nyatanya seperti orang tua tunggal yang harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau hanya untuk membayar hutang rentenir yang terus membumbung.

Posisi belalang. Memiliki banyak waktu tapi tidak memiliki atau sedikit memiliki kekayaan. Posisi ini sama seperti cerita dongeng dimana semut selalu bekerja keras untuk mengumpulkan makanan di waktu sulit sedangkan belalang menjalani hidup tanpa mengumpulkan untuk masa sulit.

Posisi karyawan. Titik ini mewakili sebagian besar masyarakat. Mereka menukarkan waktu mereka dengan uang dan menfokuskan untuk mencari uang untuk dibelanjakan. Jika sikap ini dipertahankan, mereka akan terus menukar waktu mereka untuk mendapatkan uang, tetap bekerja keras dan hidup dengan uang pension yang sangat minim.

Si pemilik. Memiliki kekayaan yang melimpah namun hanya sedikit waktu yang bisa digunakan secara bebas. Ereka mengira mereka memiliki bisnis, tapi kenyataannya bisnis tersebut yang memiliki mereka. Kelompok ini harus terus bekerja untuk dapat mempertahankan gaya hidup atau hal-hal yang mereka miliki sekarang ini.

Si pemenang. Mereka kaya karena mereka memiliki uang untuk dinikmati dan waktu yang bebas. Sang pemenang adalah mereka yang tidak harus bekerja untuk uang, tapi uang yang bekerja untuk mereka. Contoh nyata dari posisi ini adalah seorang investor.

Bagaimana kita bisa keluar dari perangkap waktu uang dan menuju ke posisi si pemenang ini? Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami bagaimana Anda sampai di sana untuk pertama kalinya.

Kita terperangkap dalam pemikiran jika uang yang kita hasilkan lebih banyak maka akan memecahkan semua masalah keuangan, betul begitu? Tidak seluruhnya benar. Pandangan baru yang harus ada dalam pemikiran baru yaitu dengan menciptakan kehidupan keuangan mendasar yang sederhana dan tidak banyak memakan waktu dalam penanganannya.

Kesederhanaan….adalah kunci utama. Ada orang yang mengartikan sederhana sebagai mengawasi pengeluarannya secara ketat. Pembatasan berlebihan malah merusak kepuasan kehidupan berkeluarga. Kesederhanaan adalah kesadaran untuk berusaha membatasi kebutuhan pokok kehidupan berkeluarga.

Selain membuang kemewahan hidup, sederhana juga memerlukan perubahan cara pandang dari dalam. Intisari dari kesederhanaan yaitu membedakan antara kebutuhan dan keinginan menjadi sangat penting dalam menumbuhkan hubungan yang selaras dan lebih sehat berkenaan dengan uang.

Karena itu, hiduplah sederhana. Pahami apakah itu kebutuhan atau keinginan Anda. Ubah posisi Anda menjadi si pemenang. Bila Anda tidak tahu caranya, maka cari tahu dari buku-buku, pengalaman pribadi seseorang, dari manapun.

--

Jangan Salah Gunakan Uang Anda!
MONDAY, 17 MAY 2010
Total View : 1237 times

Kebanyakan orang hidup dalam mimpi indah, bergantung kepada hal-hal yang mereka pikir bisa membuat mereka kaya. Namun, Anda perlu tahu bagaimana agar uang Anda dipakai dengan benar. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam memakai uang dan juga trik untuk menyiasati hal tersebut :

1. Jatuh cinta … dengan investasi Anda

Hal yang baik jika Anda mencintai seseorang, namun mencintai saham akan membawa masalah untuk Anda. Beberapa klien dari Laura Tarbox, seorang financial planner, berpusat pada pasar saham karena mereka merasa bekerja kepada perusahaan saham tersebut sehingga mereka akan merasa tidak setia jika menjualnya. Laura Tarbox mengemukakan bahwa hal ini jangan dibiarkan berlangsung terus. Jangan biarkan kekayaan Anda terkurung dalam satu saham lebih dari 10%.

2. Mengejar fantasi

“Keadaan masa lalu bukanlah indikasi kenyataan masa depan.” Merupakan kalimat yang tepat namun tidak semua orang yang mempercayai kalimat tersebut. Para pemain saham, misalnya, atau seseorang yang kalah dalam bisnis sehingga mengalami kerugian, biasanya jatuh dalam lumpur dan tidak dapat bangkit lagi. Mereka menumpahkan kekayaan mereka untuk mengejar mimpi / fantasi yang ada dalam pikiran mereka, sehingga saat jatuh, mereka makin terpuruk. Orang-orang seperti ini perlu tahu bahwa jika Anda gagal sekarang ini, Anda dapat meraih sukses keesokannya.

3. Menyamakan “Penjualan Promo” dengan “Harga Bagus”

Ambil contoh ada dua televisi yang dijual, keduanya sama spesifikasinya dan harganya, misalkan Rp 1 juta. Namun, di salah satu TV tersebut tertera harga awalnya Rp. 1,5 juta. Mana yang Anda pilih? Anda pasti pilih TV yang dari Rp 1,5 juta menjadi Rp. 1 juta, bukan? Padahal televisi yang satunya lagi itu merupakan televisi rekomendasi banyak orang. Kenapa Anda memilih TV yang sedang dijual promo? Sederhana sekali, karena sedang dalam harga murah.

Kenyataannya, Rp. 1 juta tetaplah Rp. 1 juta. Hanya karena ada informasi Rp. 1,5 juta diberi tanda silang dan diganti dengan Rp. 1 juta, bukan berarti Anda langsung mengeluarkan uang Anda untuk mendapatkannya. Lain kali, jika Anda ingin membeli sesuatu, ingatlah apakah benda tersebut harganya sejajar dengan nilainya, apakah Anda memerlukannya, atau mungkin Anda bisa mendapatkan benda lain yang mirip tapi dengan harga lebih rendah.

4. “Balas dendam”

Anda tidak butuh benda tersebut, Anda bahkan tidak mau. Tapi, tidak ada seorang pun yang dapat memberitahu Anda apa yang tidak seharusnya Anda beli. Anda seperti orang balas dendam yang membeli barang-barang tanpa peduli dengan keuangan Anda. Jika Anda benar-benar susah mengendalikannya, bicaralah dengan penasihat keuangan atau perencana keuangan Anda.

5. Berutang

Banyaknya orang yang mempunyai tabungan hanya sebesar 2% daripada mereka yang mempunyai kartu kredit sebanyak 14%. Mungkin Anda akan berargumentasi bahwa Anda membutuhkannya untuk keadaan darurat. Tidak ada alasan sebenarnya bagi Anda untuk hidup dalam keadaan berhutang, baik kepada bank maupun perseorangan. Mengantisipasi keadaan darurat yang sewaktu-waktu bisa terjadi, Anda harus rajin menabung pendapatan Anda secara rutin dan bijaksana. Itulah aset Anda ke depan. Mungkin Anda masih punya kartu kredit, tapi Anda tidak menggunakannya lagi, kecuali Anda sudah tidak punya jalan keluar.

6. Ketidakamanan Perbankan Online

Secara perhitungan kasar, setengah dari penduduk dunia ini sudah mengaktifkan online banking-nya, dimana managemen dan waktu lebih mudah. Pertanyaannya sekarang, bank apa yang mempunyai keamanan perbankan online? Mereka menaruh banyak firewall, seperti tembok-tembok di sekeliling kita, mereka menyediakan satpam untuk menduduki tempat-tempat yang dianggap bisa dimasuki pencuri selama 24/7.

Sekarang lihat mailbox Anda yang mungkin tidak dikunci dan dijaga, itu yang dicari pencuri. Kenyataannya, pencuri dapat menyusup dan mengambil informasi rahasia Anda via email atau mereka menyusup ke rekening bank online Anda. Jika Anda sudah melakukan online banking ini, jangan kuatir. Beri pengaman pada jaringan internet Anda dan cek secara teratur data keuangan Anda.

7. Menimbun uang

Alkitab katakan, “Ada orang yang menimbun harta tapi selalu kekurangan, tapi ada yang menyebar harta dan hidup dalam kelimpahan.” Ini membuktikan bahwa ketika Anda memberikan uang kepada yang kekurangan, maka suatu hari Anda akan diberi. Bukan berarti, pikiran Anda melulu tentang diberi makanya Anda memberi. Bukan pula berarti Anda boros dan tidak perlu menyimpan uang lagi.

Uang, Anda tabung untuk membuat Anda dan orang-orang yang Anda cintai agar merasa aman dan nyaman. Hal yang sangat membahagiakan bila Anda menggunakan uang tersebut untuk menyenangkan keluarga Anda, membawa anak Anda ke tempat bermain, menyenangkan orangtua Anda dengan mengajaknya jalan-jalan ataupun memberikan hadiah-hadiah kecil kepada orang yang Anda kasihi. Jauh lebih menyenangkan dibandingkan bila Anda baru akan memberikan uang tersebut setelah Anda menutup usia.

--

Roda Putar Keuangan Anda
FRIDAY, 21 MAY 2010
Total View : 1098 times

Merencanakan keuangan Anda akan selalu berkaitan dengan penghasilan dan pengeluaran Anda. Sering kali Anda tidak sadar telah masuk ke dalam roda putar hamster dimana ketika penghasilan Anda bertambah, semakin cepat juga pengeluaran Anda bertambah. Anda seperti seekor hamster yang berlari di roda berputarnya. Dan sebenarnya gaya hidup Andalah yang menciptakan roda berputar tersebut. Anda akan kelelahan tetapi tidak sampai kemana-mana.

Jika Anda terus berlari-lari dalam keadaan ini yaitu semakin tinggi penghasilan Anda semakin besar pengeluaran Anda. Ini merupakan sinyal bahaya untuk Anda. Bayangkan apa yang terjadi jika penghasilan Anda naik 10%, dan pengeluaran Anda naik 20% atau bahkan naik 30% artinya Anda membiayai pengeluaran Anda dengan hutang kredit card. Akhirnya tiap bulan Anda bekerja hanya untuk melunasi kredit card Anda.

Segera keluar dari roda putar Anda, beberapa hal berikut mungkin bisa membantu Anda, sebagai berikut:

1. Miliki gaya hidup yang wajar. Jangan memaksakan diri untuk membeli sesuatu diluar kemampuan keuangan Anda. Cari alternative barang dengan fungsi yang sama tapi lebih murah.

2. Evaluasi dan analisa pengeluaran Anda tiap bulan. Tentukan prioritas dalam pengeluaran-pengeluaran Anda.

3. Usahakan untuk menabung setiap bulan.

4. Cari cara untuk berinvestasi.

5. Singkirkan kartu kredit Anda.

Atur pengeluaran Anda secara bijaksana dan wajar. Batasi keinginan atau kesenangan yang berlebihan sampai keuangan Anda benar-benar sehat.

--

Bebas Dari Tekanan Keuangan
FRIDAY, 28 MAY 2010
Total View : 1242 times

Apakah Anda sedang merasa stres dan depresi dengan kondisi keuangan Anda? Anda terus-menerus mengkhawatirkan. Ketika uang Anda bertambah, ini menjadi tugas besar bagi Anda mengelolanya dengan baik lebih mudah. Artikel ini membahas empat cara untuk membantu Anda untuk terlepas dari perasaan tertekan, stres, atau khawatir tentang keuangan Anda, sebagai berikut :

1.Rencanakan dan buatlah anggaran. Salah satu alasan terbesar mengapa Anda merasa stres dan tertekan adalah karena Anda tidak memiliki anggaran.Anda harus membuat anggaran sehingga Anda tahu ke mana uang Anda pergi.

2. Keluar dari hutang. Hutang akan mengontrol Anda. Bila Anda memiliki hutang, Anda akan terikat untuk membayarnya dan Anda akan merasa tertekan ketika pembayaran terlambat sehingga Anda harus membayar denda atau berurusan dengan telepon dari penagih utang.

3. Jangan gunakan kartu kredit. Ini adalah salah satu cara agar Anda terhindar dari hutang. Hutang kartu kredit adalah salah satu jenis hutang terburuk bagi Anda. Apalagi jika Anda tidak bisa membayar tagihan secara penuh maka bunga akan semakin membengkak. Anda harus berusaha menggunakan uang tunai atau kartu debet pada saat melakukan pembelian.

4. Simpan uang Anda. Jika Anda memiliki tabungan maka Anda punya uang yang Anda butuhkan dalam keadaan darurat, atau jika Anda membutuhkan uang untuk sesuatu yang Anda inginkan namun tidak ada dalam anggaran Anda.

--

Bebas Dari Tekanan Keuangan
FRIDAY, 28 MAY 2010
Total View : 1240 times

Apakah Anda sedang merasa stres dan depresi dengan kondisi keuangan Anda? Anda terus-menerus mengkhawatirkan. Ketika uang Anda bertambah, ini menjadi tugas besar bagi Anda mengelolanya dengan baik lebih mudah. Artikel ini membahas empat cara untuk membantu Anda untuk terlepas dari perasaan tertekan, stres, atau khawatir tentang keuangan Anda, sebagai berikut :

1.Rencanakan dan buatlah anggaran. Salah satu alasan terbesar mengapa Anda merasa stres dan tertekan adalah karena Anda tidak memiliki anggaran.Anda harus membuat anggaran sehingga Anda tahu ke mana uang Anda pergi.

2. Keluar dari hutang. Hutang akan mengontrol Anda. Bila Anda memiliki hutang, Anda akan terikat untuk membayarnya dan Anda akan merasa tertekan ketika pembayaran terlambat sehingga Anda harus membayar denda atau berurusan dengan telepon dari penagih utang.

3. Jangan gunakan kartu kredit. Ini adalah salah satu cara agar Anda terhindar dari hutang. Hutang kartu kredit adalah salah satu jenis hutang terburuk bagi Anda. Apalagi jika Anda tidak bisa membayar tagihan secara penuh maka bunga akan semakin membengkak. Anda harus berusaha menggunakan uang tunai atau kartu debet pada saat melakukan pembelian.

4. Simpan uang Anda. Jika Anda memiliki tabungan maka Anda punya uang yang Anda butuhkan dalam keadaan darurat, atau jika Anda membutuhkan uang untuk sesuatu yang Anda inginkan namun tidak ada dalam anggaran Anda.

--

Menjaga Uang Tanpa Harus Kehilangan Teman
FRIDAY, 18 JUNE 2010
Total View : 411 times

Jika Anda harus disuruh memilih mempertahankan teman atau menjaga uang, manakah yang Anda pilih? Bila Anda memilih mempertahankan teman, uang Anda bisa jadi menipis karena setiap keluar bareng mereka mau tidak mau harus mengeluarkan uang yang Anda miliki. Namun jika Anda memilih menjaga uang, sangat terbuka kemungkinan Anda akan kehilangan orang-orang yang menjadi teman Anda selama ini. Jadi, manakah yang dipilih? Pillihan yang sulit? Tidak juga.

Anda sebenarnya dapat menjaga kedua hal tersebut tanpa harus ada yang kehilangan. Beberapa tips di bawah ini akan mewujudkan apa yang Anda inginkan itu di dalam kehidupan Anda. Berikut tipsnya:

Pilihlah yang lebih murah. Jika Anda hendak pergi keluar dengan teman, carilah waktu-waktu dimana Anda hanya mengeluarkan sedikit uang. Misalnya: jika Anda berencana dengan teman Anda pergi ke bioskop, pergilah ke hari dimana bioskop memberikan tarif khusus kepada penontonnya.

Katakan tidak pada rekreasi yang mengeluarkan biaya mahal. Jika Anda tidak punya uang, katakan dengan kondisi tersebut pada teman-teman Anda. Ini sulit memang. Percayalah, saya tahu. Namun, daripada Anda mengikuti semua keinginan mereka dengan terpaksa lebih baik bersikap jujurlah.

Tunda kesenangan Anda sampai jangka waktu kemudian. Pilihan ketiga ini mungkin bisa Anda terapkan dalam hubungan pertemanan Anda. Daripada Anda terus menerus berkata “tidak”, ucapan “nanti atau jangan sekarang” sepertinya hal yang lebih enak didengar. Teman Anda tidak hanya menjadi tidak kesal dengan Anda, mereka pun juga akan memaklumi kondisi Anda. Namun, ketika memang ada kesempatan dan uang lebih, bersenang-senanglah dengan mereka.

Pergilah dengan teman-teman yang bertanggung jawab dalam hal keuangan. Percayalah kepada Tuhan bahwa ketika Dia menaruhkan Anda di suatu lingkungan atau dipertemukan dengan orang-orang yang menjadi teman Anda, mereka adalah orang-orang yang tepat yang Tuhan berikan ke dalam hidup Anda. Kalaupun ada yang tidak sesuai dengan hal ini, maka Anda bisa mengambil keputusan untuk perlahan-lahan menjauh dari mereka. Pilihlah orang-orang yang menurut Anda bertanggung jawab dalam keuangan sebagai teman pergi Anda. Selain karena mereka adalah orang yang menghargai uang, Anda akan menjadi terjaga dari kebocoran-kebocoran yang tidak perlu.

Jadi, inilah keempat tips bagaimana menjaga uang Anda dan mempertahankan teman. Tidak ada yang sulit sepertinya dari hal-hal diatas. Hanya diperlukan kemauan, komitmen dan ketaatan untuk melakukan langkah-langkah yang sudah diuraikan di artikel ini. Mudah bukan? Selamat menerapkan tips ini dalam kehidupan Anda sehari-hari.

--

Umur 50 Tahun Tidak Punya Tabungan?
WEDNESDAY, 30 JUNE 2010
Total View : 1074 times

Anda berumur 50 tahun dan tidak memiliki tabungan sedikitpun? Hal ini adalah mimpi buruk bagi mereka yang sudah mendekati masa pensiun. Tapi jika Anda mengalami hal ini, bukan berarti Anda tidak miliki harapan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, mulailah dengan membuat tindakan yang tepat.

Temukan masalahnya dan perbaiki

Hal pertama adalah temukan apa yang membuat Anda dalam keadaan bankrupt dalam usia 50 an tahun, dan bagaimana mengatasinya. Hal ini bisa dikarenakan masalah kesehatan yang menguras semua tabungan Anda, atau juga karena gagal dalam sebuah investasi.

Selain itu, masalah keuangan Anda bisa disebabkan karena terlalu murah hati, atau karena kurang menabung. Beberapa orang lebih memilih membeli mobil baru, barang elektronik terbaru atau liburan yang menyenangkan dari pada menabung.

Jalan keluarnya adalah mengendalikan pengeluaran Anda, dan fokus untuk menabung. Kalau Anda gagal dalam sebuah investasi, hal ini menunjukkan bahwa Anda terlalu berani mengambil resiko dan tidak cukup melakukan diversifikasi.

Ubah rencana Anda

Jika Anda dalam keadaan tidak memiliki uang dalam usia 50 tahun, maka sudah waktunya untuk mengubah rencana Anda. Bagi kebanyakan orang, usia 50 tahun adalah titik puncak pemasukan Anda. Lupakan tentang transisi untuk mulai bekerja part-time atau mengambil pensiun dini, dan mulai fokus untuk mencari sumber penghasilan serta menabung.

Anda harus memikirkan secara serius pekerjaan yang bisa Anda tangani dalam usia mendekati 50an tahun. Untuk di Indonesia, usia tersebut sudah cukup sulit mencari pekerjaan. Untuk itu, sebagai alternative membangun usaha adalah ide paling memungkinkan.

Jika anda ingin menabung dengan cepat, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki penghasilan tambahan selain pekerjaan utama Anda. Jika Anda memiliki keahlian khusus maka mungkin hal ini bukanlah sesuatu yang sulit. Anda bisa menjadi seorang konsultan dengan pendapatan per jam.

Mengejar ketinggalan

Cara pertama untuk mengejar ketinggalan dalam jumlah tabungan Anda adalah dengan mengencangkan ikat pinggang Anda dan mengatur anggaran Anda seketat mungkin. Caranya tentu tidak dengan menyiksa diri seperti makan indomie tiap hari, namun Anda bisa memangkas pengeluaran yang tidak perlu seperti mengurangi makan di luar, tidak ke bioskop dulu, dan hal-hal lainnya.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengambil tabungan hari tua. Jika perusahaan Anda tidak menyediakan tabungan hari tua, maka Anda harus memiliki tabungan yang dipotong langsung dari gaji Anda untuk hari tua Anda. Saat ini banyak bank yang menawarkan jenis tabungan ini, yang jangka waktunya bisa Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan kuatir, tapi juga jangan menunda.

Jika Anda melihat bahwa target tabungan hari tua Anda baru bisa dicapai dalam 15 atau 20 tahun lagi, jangan putus asa. Percayalah bahwa Tuhan yang akan menjamin hidup Anda. Sebab firman Tuhan berjanji, “Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.” (Yesaya 46:4). Namun Anda juga jangan menunda-nunda untuk menabung bagi masa tua Anda, karena penundaan adalah musuh utama keberhasilan.

--

Membuat Keputusan Finansial
FRIDAY, 02 JULY 2010
Total View : 511 times

Sebuah keputusan sangatlah mempengaruhi kehidupan manusia. Apabila diambil dengan penuh kebijaksanaan maka hasilnya pasti akan baik bagi kehidupannya, tetapi apabila itu diambil dengan gegabah maka hasilnya akan berdampak buruk baginya.

Salah satu kesalahan manusia yang gagal mencapai kesejahteraan di bumi ini adalah mereka tidak serius dalam mengatur finansial mereka sendiri. Bagaimana bisa mengetahui bahwa mereka tidak serius mengatur finansial mereka? Lihatlah bagaimana mereka membuat keputusan finansial sehari-hari.

Orang yang sukses selalu membuat keputusan finansial dengan baik. Ia lebih mempertimbangkan sisi rasional dibandingkan sisi emosional. Bukan ingin mengatakan pertimbangan sisi emosional tidak baik, tetapi bila ini kita terapkan saat mengatur keuangan hasilnya akan mengecewakan kita.

Sebagai contoh ketika Anda hendak membeli rumah, pilihan keputusan finansial yang tepat yang Anda ambil adalah membeli rumah yang sesuai dengan tujuan. Jangan sekali-kali membeli rumah hanya untuk memuaskan keinginan Anda sendiri. Bila ini Anda lakukan, bisa-bisa Anda mengalami kerugian yang sangat besar.

Kalau begitu, hal-hal apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan finansial? Apakah hanya tujuan saja yang perlu diperhitungkan? Tentu saja tidak. Ada hal lain yang perlu Anda pikirkan ketika akan mengambil sebuah keputusan finansial di hidup Anda sendiri. Berikut hal lain yang dimaksud:

1. Budget. Setelah Anda telah menentukan tujuan, tentukan berapa budget yang disediakan untuk suatu keputusan keuangan. Ini adalah penting sebab banyak kalangan membeli barang tanpa perencanaan jelas tentang biaya yang dialokasikan. Mereka baru kebingungan setelah hal yang menjadi kebutuhan mereka justru belum terpenuhi. Keputusan finansial yang tidak mempertimbangkan faktor budget akan sangat membahayakan kehidupan Anda tidak hanya di masa depan, tetapi juga di saat-saat sekarang ini.

2. Purnajual dan dampak. Keputusan finansial yang tidak mempertimbangkan aspek purnajual dari suatu barang akan menimbulkan penyesalan. Perilaku finansial yang tepat adalah ketika aset yang dimiliki lebih bersifat produktif ketimbang konsumtif. Demikian juga halnya dengan pembelian barang. Jika barang tersebut sudah tidak memiliki nilai produktif, termasuk ketika dijual kembali, barang tersebut tergolong biaya semata.

Dampak keputusan terhadap kondisi keuangan secara menyeluruh jangan lepas dari pertimbangan Anda. Setiap keputusan finansial pada dasarnya berdampak positif atau negatif. Sering kali kita lupa bahwa suatu keputusan tidaklah berdiri sendiri. Ketika Anda membeli rumah secara kredit, misalnya, akan berpengaruh terhadap perilaku keuangan Anda dalam mengelola pengeluaran pada masa berikutnya, karena sebagian penghasilan akan dipakai untuk mencicil angsuran kredit.

3. Argumentasi rasional. Saat akan mengambil keputusan finansial, pikirkan dengan matang apakah ini adalah sesuatu yang tepat. Apakah keputusan itu sudah dengan argumentasi-argumentasi rasional ataukah hanya emosional. Semua pembelian yang hanya berdasarkan keinginan umumnya adalah berdasarkan emosional. Meskipun begitu, pembelian yang berbasis kebutuhan tidak selalu rasional.

Kendati keputusan finansial Anda sudah diyakini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan, belum tentu memenuhi kriteria logis rasional. Oleh karena itu, cek sekali lagi, berapa persen aspek emosional terkandung di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan finansial. Temukan itu dalam kehidupan Anda dan catatlah dalam daftar pertimbangan. Dengan melakukan ini, Anda bisa menimbang-nimbang apakah keputusan Anda ini dapat dipertanggungjawabkan secara logika atau sekadar emosi belaka. Yang pasti, keputusan berdasarkan emosional biasanya akan lebih banyak mengeluarkan biaya ketimbang keputusan berdasarkan rasional. Pilihan kini berada di tangan Anda.

--

Belum Pakai BB, "Belum Bertobat" Tuh..
WEDNESDAY, 23 JUNE 2010
Total View : 830 times

Menjalani kehidupan dengan pengeluaran dibawah penghasilan sepertinya bukan hal mudah bagi mereka yang hidup dimasa kini. Dengan berbagai kenikmatan hidup yang ditawarkan, dan pergaulan yang ada, seringkali mereka yang tidak mengikuti trend terbaru mengalami intimidasi tersendiri.

Tekanan ini bukan hanya terjadi di kantor, sekolah atau kampus saja, bahkan di gereja juga terjadi. Sebagai contoh, dalam sebuah sharing dengan teman-teman di kantor, seorang teman bercerita bagaimana rekan-rekan gerejanya telah menggunakan Blackberry. Mereka yang belum berganti handphone dengan jenis tersebut, di cap BB yang artinya “Belum Bertobat”.

Mungkin hal tersebut hanyalah bahan lelucon belaka, namun bagi mereka yang dikatakan “BB” tersebut bisa jadi masalah serius. Mereka akan merasa rendah diri, minder dan mungkin jadi terobsesi sehingga berpikir, “Kreditpun tak apalah, yang penting aku bisa sama seperti mereka.”

Hal-hal seperti inilah yang akhirnya membuat seseorang terlilit hutang, atau besar pasak dari pada tiang, karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan demi mengikuti trend terbaru.

Seharusnya hal tersebut tidak perlu terjadi, beberapa tips yang akan membantu Anda untuk bisa mengatasi besar pasak dari pada tiang:

1. Fokuskan pada fungsi bukan trend. Contohnya handphone, fungsi utamanya adalah untuk telephone dan terima sms, bahkan saat ini sudah banyak handphone yang bisa untuk akses internet. Tehnologi berkembang dengan cepat saat ini, jika Anda ingin terus mengikuti trend terbaru maka tidak akan ada habisnya. Jadi, bersyukurlah dengan yang Anda miliki saat ini dan jangan mudah terprovokasi oleh teman dan saudara.
2. Belanja hanya apa yang Anda butuhkan bukan apa yang Anda inginkan. Keinginan tidak ada habisnya, seringkali jika Anda berbelanja karena dipicu oleh keinginan pada akhirnya Anda akan merasa menyesal.
3. Tentukan target dan batasan finansial. Jika Anda tidak memiliki target dalam bidang finansial, maka Anda tidak bisa membuat batasan pemakaian uang. Dalam hal ini menabung hanya akan jadi mimpi.

Bagi Anda yang memiliki uang yang cukup sehingga bisa mengikuti trend terbaru, bersikap bijaksanalah terhadap rekan Anda. Kondisi finansial setiap orang berbeda, jadi jangan mengatakan sesuatu yang membuat orang lain mengalami tekanan dalam pergaulan hanya karena tidak bisa memiliki barang-barang tertentu dalam mengikut trend masa kini.

--

Jurus Ampuh Atasi Sifat Boros
FRIDAY, 09 JULY 2010
Total View : 974 times

Di masa dimana dunia sedang mengalami masalah keuangan dan pemerintah memperketat pengeluaran tentu kita harus bijak dalam mempergunakan uang. Namun, masalahnya adalah terkadang kita susah untuk menahan uang kita karena kita selalu ingin membeli barang-barang yang kita inginkan.

Sifat boros ini tentunya membahayakan, bukan hanya untuk diri kita saja tetapi juga orang-orang sekeliling kita. Coba pikirkan jika Anda adalah seorang istri dan Anda termasuk orang yang suka berbelanja, di suatu waktu uang Anda habis dan ternyata Anda anak sakit. Di saat yang sangat genting tersebut, salah satu jalan tercepat adalah dengan berhutang. Satu dua kali mungkin Anda bisa bayar hutang Anda itu, namun jika sikap boros Anda tidak berubah, Anda akan kehabisan bantuan juga untuk melunasi hutang-hutang Anda.

Tentu Anda tidak mau dalam kondisi diatas bukan? Oleh karenanya, berikut penulis uraikan beberapa jurus yang bisa membantu untuk mengatasi sifat boros Anda:

1. Buat batasan terhadap diri Anda sendiri.

Langkah pertama untuk mengatasi sifat boros Anda adalah dengan membuat batasan pengeluaran Anda. Anggarkan masing-masing kebutuhan Anda sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki – berapa untuk persembahan dan perpuluhan gereja, berapa untuk kebutuhan rumah tangga, dan berapa untuk menabung. Setelah Anda melakukannya, usahakanlah menaati hal itu.

2. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu bagus.

Tidak perlu khawatir apabila Anda sering lapar mata dan ini sebenarnya adalah hal manusiawi. Hanya saja Anda perlu mengendalikan lapar mata itu. Memang ada banyak barang bagus yang dipajang di etalase toko-toko sekitar Anda, tapi jika Anda sadar bahwa uang Anda terbatas dan masih banyak keperluan yang perlu dipenuhi maka lapar mata Anda tidak akan mempengaruhi perilaku belanja Anda.

3. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang hanya karena barang itu didiskon.

Tidak peduli berapapun diskonnya, kalau Anda memang tidak membutuhkan barang tersebut, janganlah membelinya. Pembelian sebuah barang seharusnya terjadi karena adanya kebutuhan, bukan karena adanya potongan harga atau diskon. Pakaian berharga Rp 80 ribu bukan berarti harus dibeli hanya karena harganya didiskon. Ingatlah, diskon dibuat oleh para penjual dibuat agar Anda membeli.

Sifat boros Anda sebenarnya dapat dicegah apabila Anda menginginkannya. Semua tips mengenai hal ini tidak akan memiliki dampak apa-apa jika Anda tidak memiliki niat dan upaya untuk melaksanakannya. Camkanlah ini, hanya diri Anda yang dapat melakukan perubahan terhadap diri Anda sendiri.

--

Melakukan Investasi, Harus Berani Kehilangan Uang
FRIDAY, 23 JULY 2010
Total View : 555 times

Melihat kesuksesan seseorang dalam bidang investasi membuat sebagian dari kita mungkin tergerak untuk melakukan apa yang ia lakukan. Namun, masalahnya itu hanya sejenak saja. Begitu kita mendengar hal-hal buruk yang mereka alami sebelum mencapai apa yang saat ini mereka nikmati, kita menjadi mundur. Padahal, ini sebenarnya baik untuk antisipasi atau pembelajaran kala terjun ke bidang usaha.

Salah satu permasalahan yang sering kali membuat banyak orang urung berinvestasi adalah ketakutan mereka kehilangan uang. Mereka cemas bila nantinya uang yang mereka keluarkan tidak balik modal atau memberikan keuntungan. Di satu sisi, ketakutan ini bisa diterima secara logika, tetapi bila pemikiran ini terus dipegang maka orang tersebut tidak akan pernah bisa melangkah.

Solusi untuk mengatasi hal ini tentu saja adalah mengubah pola pikir. Diakui atau tidak, pola pikir sangatlah memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia. Seseorang yang dulunya takut untuk berbicara di depan umum, jika terus diberikan motivasi bahwa “dia mampu” maka lama kelamaan kata-kata itu secara tidak langsung mengubah perilakunya. Ia akan menjadi berani berbicara di hadapan banyak orang. Begitu pun prinsip ini bila dijalankan pada saat Anda hendak berinvestasi.

Jika Anda terus menerus hidup dalam ketakutan akan kehilangan uang maka Anda tidak akan pernah mengalami terobosan dalam keuangan Anda. Perlu diketahui, investasi pada dasarnya adalah membuat uang bekerja setelah Anda memilih produk yang cocok, dan memutuskan tingkat risiko yang bersedia Anda terima. Meskipun begitu, alokasi aset yang terbaik pun tidak akan melindungi Anda dari kerugian secara periodik. Namun sisi baiknya, hal itu akan membantu Anda lebih cermat dalam proses pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, sebelum Anda berinvestasi dalam jumlah yang besar dan bidang yang berisiko tinggi, mulailah dari yang kecil dahulu. Investasi reksadana sepertinya cocok bagi mereka yang masih pemula. Cobalah mengikuti naik-turunnya aktivitas tersebut selama beberapa bulan, bila Anda sudah merasa mampu maka tanamkanlah uang Anda lebih banyak untuk diinvestasikan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang saat ini bingung atau ragu untuk berinvestasi. Tuhan Yesus memberkati.
--

Keuangan yang Didasarkan pada Allah
MONDAY, 26 JULY 2010
Total View : 930 times

Seorang pria yang pernah menyampaikan keadaan finansialnya, pernah mengatakan kisah sukses. Dia membuka kalimatnya dengan, “Anda berada dalam keadaan Anda sekarang ini di hidup Anda semuanya karena keputusan-keputusan yang sudah Anda buat. Tingkat kesuksesan yang sudah Anda capai ditentukan oleh setiap keputusan dan tindakan yang Anda ambil sehingga Anda berada di tahap kehidupan seperti sekarang ini.”

Pembicara tersebut mengatakan, tidak ada seorang pun yang akan sukses jika mereka tidak lebih dulu menerima tanggung jawab yang ada dalam keadaan mereka saat itu. Tentunya pernyataan seperti ini sangat mudah untuk dikatakan tapi begitu berat untuk dilakukan. Kita mungkin berpikir, apakah perkataannya itu benar? Apakah kita benar-benar menjadi ‘kapten’ atas hidup kita? Terus, bagaimana peran Allah dalam hal ini?

Mari sekarang kita duduk diam sejenak dan mulai membuat list apa saja keputusan yang sudah kita ambil sehingga kita mengalami keuangan yang seperti sekarang ini kita hadapi.

Kita mungkin saja sudah banyak mengikuti kelas-kelas keuangan, ‘Bagaimana Menjadi Kaya dalam Sekejap?’, ‘Mendirikan Usaha Tanpa Modal’, ‘Atur Keuangan Sedini Mungkin’, ‘Hidup Kaya di Hari Tua’, dan lain sebagainya, tapi tetap saja keuangan kita saat ini pasang surut. Pasang saat di tanggal muda dan langsung surut di saat sudah memasuki tanggal tua.

Kita mungkin mengalami kesulitan keuangan karena rekan kerja kita, pasangan hidup, keadaan ekonomi negara ataupun keadaan alam, masalah kesehatan yang memerlukan banyak uang, masalah lainnya yang tidak ada dalam kuasa kita tapi terjadi dalam hidup kita.

Bagaimana kita menghadapi kenyataan bahwa apapun yang kita lakukan atau apapun rencana yang telah kita susun, hasilnya akan berantakan karena kita tidak bisa mengontrol apa yang terjadi.

Roma 8:28 mengatakan, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Apapun alasan yang membuat keuangan kita merosot, Tuhan sudah memberikan kita penawaran yang baru. Dia berjanji kepada mereka yang mencintai-Nya untuk memberikan hadiah yang luar biasa. Hadiah tersebut adalah hari baru, hari yang sudah diperbaharui, dan Dia akan menjadikan kejadian buruk dalam hidup kita dan menciptakan sesuatu yang bahkan lebih baik dari apa yang bisa kita harapkan untuk rencana sukses kita.

Apa yang terkadang tidak kita sadari adalah kita tidak memegang kontrol penuh atas hidup kita. Hal inilah yang menjadi faktor utama dalam kegagalan kita. Kita merasa setiap hal sudah ada di tangan kita dan kita pasti berhasil sehingga kita tidak menyerahkan tanggung jawab pada Tuhan untuk bekerja dalam hidup kita, menyediakan kebutuhan kita. Kita harus dapat menerima setiap kegagalan dan menyerahkannya kepada Bapa kita di surga. Yakinlah bahwa Dia menyediakan semua ketenangan, keamanan, dan keberhasilan kepada orang yang percaya pada-Nya dan yang mengasihi Dia dengan sungguh-sungguh.

--

Siapkan Pensiun yang Nyaman dan Bahagia
MONDAY, 02 AUGUST 2010
Total View : 653 times

Dalam memasuki usia pensiun, jika Anda belum mempersiapkan semuanya untuk masa pensiun Anda, akan sangat sulit dijalani. Yang ada, Anda harus terus bekerja untuk dapat menghidupi diri Anda sendiri. Mulai sekarang, cobalah sisihkan penghasilan Anda untuk masa tua Anda, dimana Anda bisa bersenang-senang menikmati hidup. Berikut adalah ciri-ciri Anda siap pensiun :

Anggaran buat pensiun yang telah tersedia

Para pensiunan memang tidak lagi harus memikirkan biaya transportasi ke kantor ataupun membeli pakaian resmi. Namun, tetap saja pengeluaran Anda sama seperti ketika Anda masih bekerja. Leisa Brown Aiken, pemegang sertifikat financial planner dari Veo Financial Counsel di Chicago mengatakan, “Saya tidak bisa menemukan orang pensiun yang pengeluaran lebih rendah daripada saat dia masih bekerja.” Bahkan, jika Anda merencanakan untuk travel atau mengembangkan hobi baru Anda, maka pengeluaran itu akan semakin meningkat, begitu menurutnya.

Selidiki arus keluar masuk uang Anda

Para pensiun kebanyakan menerima pemasukan uang dari beberapa sumber, termasuk Jamsostek, investasi, anak-anak mereka ataupun melalui pekerjaan paruh waktu. Anda perlu memastikan bahwa Anda menerima uang yang memadai untuk membayar tagihan bulanan Anda.

Perbesar lagi sarang burung Anda

Seberapa banyak Anda ingin menyimpan uang untuk hari pensiun Anda tergantung dari seberapa banyak pengeluaran pada masa pensiun Anda tersebut dan seberapa banyak penghasilan yang Anda akan terima nantinya. Sebaiknya pikirkan juga langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mencegah jika ada inflasi keuangan nantinya dan lakukan pencegahan mulai dari sekarang.

Bangun strategi aset Anda

Anda perlu mempersiapkan rencana atas aset yang Anda miliki. Biasanya penasihat keuangan akan mengatakan bahwa Anda bisa menyiapkan 4% dari keseluruhan aset yang dimiliki untuk masa pensiun Anda.

Siapkan asuransi kesehatan

Saat Anda masih 30 tahunan, mulailah mengambil asuransi kesehatan. Sekarang ini ada banyak asuransi kesehatan yang bisa diikuti, bahkan sekarang bercampur dengan investasi untuk hari tua. Anda dapat memilih yang terbaik sehingga ketika memasuki usia pensiun, Anda mempunyai uang tambahan bagi masa pensiun Anda.

Persiapan untuk kesehatan jangka panjang

Persiapan ini sangat diperlukan jika tubuh yang telah mengalami penuaan, terkadang mengalami lemah tubuh dan memerlukan perawatan kesehatan lainnya.

Pertimbangkan untuk aktivitas baru

Carilah aktivitas baru yang dapat Anda ikuti ketika Anda sudah pensiun. Anda harus menggantikan hari-hari bekerja Anda dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan Anda ataupun yang dapat membuat Anda tetap produktif.

Bergabung dalam aktifitas sosial

Bantulah orang lain selagi Anda bisa. Lakukan hal-hal positif yang dapat menolong orang lain. Anda dapat menjadi sukarelawan di perpustakaan, dalam regu bala bantuan korban alam, dan lain sebagainya.

Mengatur bersama pasangan

Memasuki masa pensiun, membuat hubungan kita dengan pasangan berubah. Ada hal-hal yang perlu diperbaharui dan diputuskan, meskipun Anda berdua memasuki masa pensiun bersama.

Pilih tempat tinggal Anda

Sekali Anda berhenti dari pekerjaan Anda, Anda bebas pergi kemanapun yang Anda mau. Anda bisa membeli kondominimum kecil atau rumah di tepi pantai, atau rumah yang nyaman dan sederhana di pedesaan, maupun tetap tinggal di rumah Anda dan Anda buat senyaman mungkin atau Anda ingin tinggal dekat cucu-cucu Anda.

Sediakan dana cadangan

Meskipun tidak banyak yang ingin Anda kerjakan dalam masa pensiun kecuali menikmati hari tua Anda bersama keluarga, Anda tetap harus menyiapkan dana cadangan untuk keperluan darurat yang tidak terpikirkan oleh Anda, buat berjaga-jaga agar hari tua Anda tetap terjamin.

Bayar semua hutang

Dengan membayar semua hutang Anda, tidak ada beban dalam masa tua Anda sehingga Anda dapat menikmati hari-hari tua Anda dengan tenang dan bahagia.

Nah, mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan uang Anda demi kenyamanan hidup masa tua Anda. Jika semua hal-hal di atas bisa dipenuhi, maka bisa dipastikan masa pensiun Anda dapat berjalan baik.

--

Penghasilan Menciut, Apa Yang Harus Dilakukan?
WEDNESDAY, 04 AUGUST 2010
Total View : 1194 times

Mungkin hari ini Anda tidak melihat adanya bahaya keuangan yang mengancam, suami istri bekerja, gaji lebih dari cukup, dapat membeli rumah bahkan mengkredit mobil. Anak-anak pun sekolah di sekolah internasional yang di tunggui oleh baby sitter mereka. Namun apakah yang akan Anda lakukan jika pendapatan Anda tiba-tiba menciut hingga setengah dari penghasilan Anda? Bahkan gaji Anda hanya cukup untuk menutup hutang kartu kredit saja.

Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Mengapa? Karena hal tersebut terjadi disekitar saya, bahkan orang terdekat dengan saya. Mengatasi hal ini, usul yang pertama mungkin yang muncul dalam pikiran Anda adalah mengubah gaya hidup. Mobil mungkin bisa Anda jual atau over kredit, anak-anak dipindah sekolahnya ke sekolah yang lebih murah, dan juga mungkin tidak lagi menggunakan baby sitter.

Lalu siapa yang akan menjaga anak-anak? Untungnya kita hidup di Indonesia dimana ikatan kekeluargaan masih kuat. Jika Anda meminta tolong pada orangtua Anda atau mertua Anda, tentu mereka akan dengan senang hati menolong. Tentunya hal ini tidak akan berlangsung seterusnya bukan? Hanya hingga keadaan ekonomi Anda stabil kembali.

Selanjutnya adalah menjual aset yang Anda miliki yang dapat Anda pergunakan untuk melunasi hutang-hutang Anda dan sebagai modal usaha untuk menambah pendapatan Anda. Buatlah list barang-barang atau aset yang Anda miliki, mana yang bisa dijual. Memang pasti akan terasa berat sekali, namun untuk keluar dari masalah keuangan seperti ini memang harus ada yang dikorbankan.

Membangun usaha sampingan. Temukan sebuah usaha yang bisa Anda kerjakan setelah bekerja ataupun diwaktu libur Anda. Bicarakan dengan pasangan Anda dan anggota keluarga Anda yang lain, bekerjasamalah agar masalah perekonomian tersebut dapat segera teratasi.

Masa-masa sulit tidaklah berlangsung selamanya. Jika kita mau berusaha dan terus melibatkan Tuhan dalam hidup kita, sekalipun sepertinya semua pintu telah tertutup Tuhan sanggup membukakan pintu-pintu berkat yang lainnya. Kuncinya adalah, “Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.” (Mazmur 55:23).

-

Memulai Bisnis Dengan Gaji Di Bawah 2 Juta
WEDNESDAY, 01 SEPTEMBER 2010
Total View : 1388 times

Kebanyakan orang memiliki mindset jika ingin memulai suatu usaha, maka dibutuhkan modal yang besar. Padahal dengan modal berapapun, Anda bisa mulai melakukan usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda.

Untuk memulai bisnis kecil-kecilan, tidak selalu harus terpatok pada modal. Karena sebenarnya Tuhan telah menganugerahkan setiap manusia dengan talenta yang luar biasa. Talenta adalah modal Anda yang sesungguhnya, jadi manfaatkanlah talenta tersebut dan kembangkanlah dengan sebaik-baiknya.

Jika gaji Anda Rp 2 juta dan Anda hidup di Jakarta, sepertinya kebutuhan hidup yang tinggi akan membuat Anda tidak dapat mengutak-atik lagi penghasilan bulanan Anda. Jika pengeluaran sama sekali tidak dapat diganggu gugat karena kondisi yang pas-pasan, maka cara yang tepat utuk mengatasinya adalah dengan menambah jumlah penghasilan.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan hobi Anda. Kalau Anda memiliki hobi fotografi, Anda bisa mencari kerja tambahan dengan menjadi fotograger di studio atau acara-acara pernikahan. Kalau Anda memiliki hobi menulis, manfaatkanlah bakat menulis Anda dengan menjadi koresponden atau penulis di berbagai media.

“Kuncinya, jangan gengsi dan jangan takut untuk mulai berbisnis. Mulailah dari bisnis yang paling kecil dan jangan takut untuk terus belajar,” ujar Aidil Akbar Madjid, penasehat keuangan yang memulai karirnya di Amerika Serikat sejak tahun 1994.

Akbar sendiri memiliki beberapa usaha sampingan seperti ojek motor dan menjual minuman ringan di beberapa kantin. Dari penjualan minuman ringan, Akbar mendapat omzet Rp 3 juta per bulan. Sehingga dari bisnis minuman ringan saja, ia bisa menghasilkan Rp 15 juta per bulan.

Jangan pernah gengsi. Jika seorang penasehat keuangan sukses saja tidak malu untuk berbisnis minuman ringan dan ojek, kenapa kita harus malu? Jadi, siapa bilang gaji di bawah Rp 2 juta tidak bisa berbisnis?

--
“Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Maz 50:15

Keadaan ekonomi yang tidak menentu membuat manusia senantiasa kuatir dengan kehidupan dan masa depannya. Berbagai pertanyaan timbul dalam hati dan pikiran tentang kebutuhan hidup mereka. Apa yang akan mereka pakai, apa yang akan mereka gunakan, darimana mereka akan mendapatkan uang, bagaimana jika tidak mendapat pekerjaan, apa yang harus dilakukan jika mengalami kesusahan dan lain sebagainya. Masalah yang datang seakan-akan datang begitu bertubi-tubi. Belum selesai masalah yang satu, masalah yang lain datang lagi. Tidak sedikit orang yang menjadi stress akibat berbagai tekanan kehidupan yang dialaminya.

Tuhan Yesus datang, supaya kita mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yoh 10:10b). Ini merupakan janji yang kekal dan berlaku bagi setiap kita yang percaya kepadaNya. Janji kehidupan yang diberikan adalah kelepasan dari segala masalah yang ada dan damai sejahtera bagi hidup kita.

Dalam Mazmur 50:15, Tuhan mengajar kita untuk berseru kepadaNya pada waktu kita mengalami kesesakan. Tuhan ingin agar kita datang kepadaNya, mencari wajahNya, sujud dan merendahkan diri di hadapanNya, serta meminta pertolongan dariNya.

Masalah dan pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa yang Tuhan ijinkan untuk membentuk kita menjadi lebih sempurna lagi, agar kita semakin dekat dengan Dia. Dia telah menyediakan jalan keluar bagi setiap masalah dan pencobaan yang kita alami (1 Kor 10:13). Tuhan berkata bahwa Dia akan meluputkan kita dari setiap masalah dan problema kita. Dia akan melepaskan kita dari segala kesesakan.

Berserulah kepadaNya maka Dia akan memberi pertolongan tepat pada waktunya, sehingga apa yang kita alami akan menjadi kesaksian, nama Tuhan dipermuliakan.

--

1 komentar: