Rabu, 01 September 2010

15 Fakta Menarik dari Kelamin Pria

Sering kali kita terjebak oleh pandangan yang salah tentang peranan kita. Tiap hari kita lebih banyak berkutat dengan kekurangan dan kelemahan semata, sehingga perasaan rendah dirilah yang lebih dominan dalam mengarungi hidup ini.

Perlu kita sadari, tidak ada manusia yang sempurna! Bagaimanapun kecilnya peranan pekerjaan yang kita emban, jika dilakukan dengan penuh tanggung jawab, yakini yang kita berikan pasti bernilai buat orang lain.

Untuk turut berbagi wisdom, inspirasi, dan motivasi, forward e-mail ini, atau REKOMENDASI-kan program ini melalui fitur "tell a friend" (link-nya ada di bawah surat ini)..

Salam sukses, LUAR BIASA!

--

15 Fakta Menarik dari Kelamin Pria

Merry Wahyuningsih - detikHealth

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Alat kelamin pria sering dijadikan kebanggaan tersendiri, baik di kalangan pria maupun wanita. Ada beberapa fakta tentang penis yang belum banyak diketahui orang.

Dilansir dari Menshealth, Rabu (1/9/2010), berikut 15 fakta tentang alat kelamin pria:

1. Kulup (kulit penis yang disunat) dapat digunakan sebagai penumbuh kulit baru pada korban luka bakar. Sel dalam kulup kaya akan fibroblas, yaitu sel pembentuk jaringan ikat yang berperan dalam penyembuhan luka. Selain itu, kulup juga dapat dijadikan bahan kosmetik krim anti kerut, karena kulit ini mengandung banyak kolagen.

2. Kelenjar prostat yang membesar dapat menyebabkan disfungsi ereksi (impotensi) dan ejakulasi dini.

3. Orgasme pria rata-rata berlangsung selama 6 detik, sedangkan wanita lebih lama yakni 23 detik.

4. Spesies tertua yang mempunyai penis adalah makhluk laut bercangkang keras yang disebut Colymbosathon ecplecticos, dalam bahasa Yunani yang artinya perenang luar biasa dengan penis besar.

5. Kulup yang disunat dapat direkonstruksi. Caranya dengan menarik ke ujung kulit lentur pada penis, memakaikan cincin plastik berbentuk topi dan berat. Dalam beberapa tahun, struktur penis akan kembali utuh semula.

6. Hanya 1 dari 400 pria yang bisa melakukan oral pada kelaminnya sendiri tanpa bantuan pasangannya.

7. Ada dua jenis penis, pertama jenis yang makin panjang dan besar saat mengalami ereksi (disebut grower). Kedua, yang selalu besar (sebelum ereksi) tetapi tidak makin besar saat mengalami ereksi (disebut shower).

8. Survei Men's Health Internasional menunjukkan bahwa 79 persen pria adalah grower dan 21 persen shower.

9. Peneliti Jerman mengatakan bahwa rata-rata hubungan seks berlangsung 2 menit 50 detik, tapi wanita menganggapnya 5 menit 30 detik.

10. Ukuran tidaklah penting karena pembuahan terjadi dari persaingan sperma yang masuk sel telur bukan karena panjang atau lamanya berhubungan.

11. Penis yang paling banyak berhubungan dengan wanita adalah milik King Fatefehi dari Tonga, yang diduga telah berhubungan dengan 37.800 wanita antara tahun 1770 dan 1784. Diketahui bahwa kelamin pria ini telah berhubungan dengan 7 perawan dalam sehari.

12. Berdasarkan penelitian ilmuwan Spanyol, pria dengan penampilan menarik (bukan hanya secara tampang) memiliki sperma yang kuat dan kualitas baik. Kebanyakan wanita tanpa sadar akan menyukai pria dengan sperma kuat.

13. Otak tidak diperlukan untuk ejakulasi, karena perintah untuk ejakulasi berasal dari sumsum tulang belakang.

14. Penyebab paling umum pecahnya penis adalah masturbasi yang terlalu kuat.

15. Berdasarkan studi, merokok dapat memperpendek penis rata-rata sepanjang 1 cm. Ini disebabkan karena kerusakan pembuluh darah, yang membuat aliran darah terhambat. Selain itu, juga disebabkan karena rusaknya elastin, yaitu protein jaringan ikat yang elastis dan memungkinkan jaringan dalam tubuh untuk kembali ke bentuk semula setelah mengalami peregangan atau kontraksi.

--

Nigerian Sweetheart Scam
Pernah Terperdaya, Baby Balas Kerjai Penipu Pengobral Cinta
Ken Yunita - detikNews

Jakarta - Meski sudah pernah terperdaya oleh pengobral cinta, Baby tidak kapok 'bersahabat' dengan pria-pria yang konon tergabung di Nigerian Sweatheart Scam itu. Baby malah berusaha mengerjai pria-pria yang gemar menipu para wanita itu.

Tiga pria yang mengaku bule dan kaya raya, sempat 'dekat' dengan Baby. Pria pertama bernama Nicolas Evans, yang dikenal Baby dari Tagged.com. Seperti penipu lainnya, Nicolas juga menjanjikan paket berisi barang-barang mewah untuk Baby.

"Dengan gaya meyakinkan, dia mengirim track number seolah-olah barang tersebut sedang dalam perjalanan pengiriman kurir," kata Baby saat mencurahkan pengalamannya kepada detikcom, Rabu (1/9/2010).

Tak lama setelah itu, Baby ditelepon dari seseorang dengan logat Melayu. Orang yang mengaku dari perusahaan kurir itu meminta Baby membayar US$ 5.000 untuk membayar pajak barang-barang Nicolas yang mewah-mewah itu.

"Si Nicolas Evans dengan rajinnya minta aku mentransfer uang. Lalu dengan polosnya aku bilang hanya ada US$ 100," cerita Baby. Uang yang melayang memang tidak terlalu besar, saat itu hanya sekitar Rp 1,2 juta. Namun saat itu, Baby tidak bekerja, jadi uang itu sangat berharga.

Baby, yang saat itu tidak sadar sedang ditipu, tidak menaruh kecurigaan sedikit pun. Bahkan saat komplotan itu tetap mengirimkan nomor Western Union (WU) perusahaan kurir dan tidak nomor rekening bank. Baby juga tidak sadar ketika sebuah perusahaan kurir yang mengaku terbesar di Malaysia tidak memiliki account di bank. Lalu Baby mengirimkan uang 100 dollarnya.

"Setelah uang dikirim, mereka bilang tidak bisa mengirim barangnya karena uang yang dikirim tidak cukup. Mereka bilang, paketnya dikirim kembali ke Inggris dengan uang yang aku kirimkan," kata Baby, yang kehilangan uang dan parsel pun tak kan pernah datang.

Saat itulah, Baby sadar dirinya telah diperdaya oleh pria bule yang mengaku kaya raya itu. Sejak saat itu, Baby lebih berhati-hati dengan modus-modus penipuan semacam itu. Namun Baby tidak menutup diri. Baby tetap meladeni pria-pria yang mengajaknya berkenalan di internet.

"'Bule' kedua bernama Sony March dia mengirim 'uang' (sekitar Rp 1,3 miliar) untuk beli apartemen/rumah yang harganya terserah aku saja, dan katanya, apartemen itu akan ditempati kami berdua kalau dia akan datang ke Indonesia," kata Baby.

Modusnya sama persis, orang yang mengaku dari perusahaan kurir kemudian menghubungi Baby dan mengatakan paketnya tertahan. Baby diminta mengirim uang US$ 1.500. Karena sudah pernah 'kena', Baby tidak terperdaya.

"Saya iseng mengatakan pada mereka kalau barang akan saya ambil sendiri ke Malaysia keesokan harinya. Tapi apa kata mereka setelah mereka mengetahui saya akan 'datang' sendiri? Mereka langsung memaki-maki saya dengan ucapan tak senonoh dan barang nggak bisa diambil langsung, harus melalui kurir. Saya hanya tertawa mendengarnya," cerita Baby.

Lantas, dengan gaya seolah-olah sedang di lepas pantai Inggris, Sony March menelepon Baby dan marah-marah karena sudah merugi puluhan juta karena sudah mengirim barang-barang mahal tapi Baby nggak mau membayar US$ 1500. "Dan akhirnya (katanya lagi) sopirnyalah yang harus membayar US$ 1.500 karena hanya sopirnya satu-satunya orang yang ada di rumahnya dia," kata Baby.

Bule ketiga 'didapat' Baby dari Badoo.com. Eric Randy mengaku putra mahkota dari kerajaan kecil di Irlandia. Namun saat nama kerajaan itu disearch di google, tidak ditemukan.

"Selama dalam sebulan, dia rajin ber-YM, sampai dia berlaku seolah-olah dia calon raja di kerajaan kecilnya, jadi kalau Baby jadi istrinya harus siap-siap dengan segala keribetan dan tata cara protokol Istana (whooaaa...asyik ga bo jadi Princess)," tulis Baby.

Si calon raja di Irlandia yang ingin dipanggil Prince Eric ini juga mengatakan akan mengunjungi Indonesia. Print out tiket elektronik pesawat dikirim ke Baby untuk meyakinkan. Tapi Baby sudah tidak terlena lagi.

"Tiba-tiba di suatu pagi, teleponku bunyi, dan itu dari Malaysia, katanya dari petugas Imigrasi Malaysia, yang mengatakan, kalau Mr Eric Randy tidak bisa melanjutkan ke perjalanan ke Jakarta, karena dia ditahan di keimmigrasian Malaysia karena kedapatan membawa uang di kopernya dengan jumlah lebih dari yang ditetapkan," cerita Baby.

Baby yang iseng, kemudian berpura-pura akan mentransfer uang sebesar US$ 5.000 lewat WU. Namun karena uang itu tidak segera datang, Eric terus menerus menelepon Baby.

"si Prince hampir tiap jam telepon aku, dan dia selalu berkata, aku sendirian nih di
Kuala Lumpur, nggak ada saudara, nggak ada yang aku kenal, sampai kapan aku harus di sini
terus? Bagaimana aku mau ketemu kamu dan ke Jakarta kalau kamu tidak transfer uang
untuk menebus aku di sini? Aku nggak ada uang sama sekali? Bagaimana mau bayar hotel
ini? Kamu nggak sayang aku ya? Kamu pura-pura cinta aku ya? Padahal kamu nggak pernah
cinta aku?" kata Baby menirukan ucapan Eric saat itu.

Penipu cinta memang pintar menggombal!

--

Dalam Sebulan, Omzet Penjualan Kopi Narkoba Buatan Malaysia Rp 4,5 M
Didi Syafirdi - detikNews
Jakarta - Penjualan kopi buatan Malaysia yang dicampur dengan narkoba jenis kethamine telah meluas ke seluruh Indonesia. Omzet penjualan kopi narkoba tersebut mencapai Rp 4,5 miliar per bulan.

Demikian pengakuan tersangka LWT alias JN (sebelumnya ditulis LCW) yang ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Barat hari ini. Pengakuan LWT tersebut disampaikan oleh Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Yazid Fanani dalam jumpa pers di Mapolres Jakbar, Jl S Parman, Jakarta Barat, Rabu (1/9/2010).

"Tersangka LWT itu ditangkap di rumahnya di Villa Taman Bandara B06/05 RT 3 RW 9 Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Tangerang, beserta barang bukti 100 gram kethamine, 175 bungkus kopi kecil yang sudah dicampur bubuk kethamine dan 23 ribu pil ekstasi," terang Yazid.

Modus yang dilakukan oleh tersangka ini merupakan modus baru yang ditemukan pihak Kepolisian. "Modus seperti ini baru kita temukan, yaitu dengan cara bungkus kopi dibuka lalu dicampur dengan kethamine, lalu bungkusnya diseterika," jelasnya.

Yazid menuturkan, tersangka telah melakukan penjualan kopi narkoba ini selama 6 bulan. Menurut pengakuan tersangka, lanjut Yazid, penjualan sudah mencapai seluruh Indonesia.

"Dalam sehari hasilnya 150 sachet, dalam sebulan 4.500 sachet seharga Rp 4,5 miliar. Harga per sachet Rp 1 juta, satu sachet bisa djadikan 8 cangkir kopi," terang Yazid.

"Penjualan ditawarkan ke teman-temannya, dijual dari mulut ke mulut," imbuhnya.

Saat ini, pihak Kepolisian masih terus mengembangkan penyelidikan atas kasus ini. Polisi juga masih mengejar satu tersangka yang buron.

"Sampai saat ini kita masih mengembangkan kasus ini dan masih mengejar DPO berinisial PN yang memasok barang ke tersangka," tuturnya.

Tersangka LWT dikenai Undang-Undang Narkotika dan Undang-Undang Kesehatan dengan ancaman 10 tahun penjara.

--

Razia Polisi Jaring 450 Penipu Digital
Wicak Hidayat - detikinet

ilustrasi (inet)

Jakarta - Sebuah razia besar-besaran digelar pihak Kepolisian di China dan Taiwan. Hasilnya, sekitar 450 tersangka jaringan penipuan online terjaring.

Razia tersebut dikatakan sebagai yang terbesar dari yang pernah dilakukan oleh kedua negara. Razia dilakukan secara bersamaan di 12 wilayah Taiwan serta di propinsi Fujian, Huanan, Hubei, Anhui, Guangdong & Guangxi serta Kota Chonqing.

Dikutip detikINET dari DarkReading, Rabu (1/9/2010), razia ini melibatkan sekitar 3.200-an anggota Kepolisian. Ini mencakup 548 dari Taiwan dan 2.720 dari China.

Tersangka yang terjaring di Taiwan berjumlah 121 orang, sedangkan di China sebanyak 329 orang. Selain menangkap orangnya, razia ini juga menjaring perlengkapan yang digunakan dalam aksi tipu-tipu mereka.

Perangkat yang disita termasuk komputer, ponsel, server, stempel palsu, seragam palsu, pistol, buku rekening bank dan beberapa 'buku petunjuk melakukan penipuan'. Sedangkan dana yang disita, diduga hasil penipuan, mencapai USD 340 ribu (sekitar Rp 3 miliar).

Modus penipuan jaringan ini cukup banyak, mulai dari penipuan transfer ATM hingga penjualan barang. Misalnya, para penipu gemar menjual barang lewat situs namun saat diantarkan pembeli hanya menerima kotak kosong.

Lebih parahnya lagi, dalam razia ini juga dicokok beberapa oknum dari operator telekomunikasi di Taiwan dan China. Mereka diduga ikut terlibat dalam aksi penipuan ini.

--

Ada Apa Dengan Apple Pada 1 September?
Fajar Widiantoro - detikinet

ilustrasi (cnet)

Jakarta - Apple dikabarkan menggelar event spesial bertempat di San Fransisco awal bulan ini. Beberapa pihak menyebutnya 'Apple Music Event 2010'. Bersamaan dengan itu, Apple bakal mengumumkan beberapa perubahan pada lini produknya.

Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (1/9/2010) Apple bakal menggelar event live music streaming pada pukul 10 pagi waktu San Fransisco, atau sekitar tengah malam WIB. Sayangnya hanya pengguna perangkat Apple saja yang bisa mengikuti live event tersebut. Terkesan sedikit eksklusif memang.

Caranya, mereka diharuskan mengakses Apple.com dari Mac, iPhone, iPad, atau iPod masing-masing. Syaratnya mereka harus memiliki minimum Mac OS X 10.6 dengan browser Safari, atau minimum iOS 3 pada iPad, iPod Touch dan iPhone. Nah, kira-kira lini produk mana saja yang bakal diubah Apple?


Inilah Beberapa Prediksinya

Engadget mengungkap, Apple segera mengumumkan Apple TV baru bernama iTV. Kabarnya sebagai set top box, pengguna hanya membutuhkan iPhone 4 yang dikoneksikan ke iTV. Tak hanya itu, iTV pun mampu menampilkan resolusi video hingga full HD (1080i dan 1080p).

Sementara Wall Street Journal melaporkan, dua studio besar Hollywood bakal menyewakan program mereka di iTunes seharga 99 sen. Dipredikasi studio itu adalah Disney dan Fox channel. Saat ini program TV memang belum berjalan dan menjadi model bisnis sewa di iTunes.

Dilansir dari Cnet, rumor lain berkembang bahwa iPod Touch bakal segera berevolusi. Dengan hardware dan tampilan baru, evolusi iPod sentuh ini bakal mengusung kamera depan. Benarkah demikian? Tunggu saja pengumuman resmi Apple.

--

10 Negara Pembajak Software Terbesar
Ardhi Suryadhi - detikinet

ilustrasi (ist.)

Jakarta - Meski Indonesia memiliki tingkat pembajakan software sebesar 86%, bukan berarti Indonesia menjadi 'raja' pembajak software dunia. Masih ada sejumlah negara yang lebih memprihatinkan dari Indonesia. Sang pemuncak bahkan berasal dari benua biru Eropa.

Ya, sang raja pembajak adalah Georgia, yang berdasarkan riset lembaga analis IDC dianggap sebagai negara dengan tingkat pembajakan software terbesar di dunia dengan presentase 95%. Artinya, setiap 100 komputer di negara itu, maka 95 di antaranya menggunakan piranti lunak tidak resmi.

Sementara Amerika Serikat didaulat menjadi negara dengan tingkat pembajakan paling rendah dari 111 negara yang diteliti. Negara adidaya itu 'hanya' memiliki presentase pembajakan 20%.

Hanya saja, kerugian yang diderita AS jauh lebih besar dari Georgia. Yakni US$ 8,3 miliar berbanding US$ 22 juta pada 2009 lalu. Ini lantaran perbedaan besarnya industri PC di kedua negara tersebut.

Berikut 10 besar negara dengan tingkat pembajakan software terbesar di dunia menurut data IDC:

1. Georgia 95%
2. Zimbabwe 92%
3. Bangladesh dan Moldova 91%
4. Armenia dan Yaman 90%
5. Sri Lanka 89%
6. Azerbaijan dan Libya 88%
7. Belarusia dan Venezuela 87%
8. Indonesia 86%
9. Irak, Ukraina, dan Vietnam 85%
10. Algeria dan Pakistan 84%

--
Si Wajah Pucat Paul Scholes
Liza Arifin - detiksport


Getty Images

London - Ketika David Beckham untuk pertamakalinya berlatih dengan pemain Real Madrid, pertanyaan pertama yang diajukan rekan barunya bukan bagaimana rasanya pindah ke Spanyol. Bukan pula akan tinggal didaerah mana di Madrid. Tentu juga bukan tentang istrinya, Victoria alias Posh Spice. Tetapi, "Bagaimana rasanya bermain dalam satu tim dengan Paul Scholes?"

Ya. Paul Scholes. Si pucat yang merupakan gelandang menyerang dari Manchester United. Walau penggemar sepakbola sering meremehkan pemain ini, tetapi dalam khazanah para jawara sepakbola di Eropa, namanya memang diunjung tinggi.

Bahkan sang maestro pemain tengah Eropa Zinedine Zidane menyebutnya sebagai pemain tengah terbaik untuk generasinya. Belum lama ini dalam sebuah wawancara ia mengaku menyesal tidak pernah berkesempatan bermain dengan Scholes. Maklum walau klub-klub besar Eropa tertarik, Paul Scholes tidak pernah ingin bermain untuk klub lain kecuali Manchester United.

Paul Scholes adalah salah satu anggota generasi emas Man United tahun 90-an bersama David Beckham, Ryan Giggs, Nicky Butt, dan Neville bersaudara. Tetapi dibandingkan kelima rekan angkatannya, profil Scholes seperti lepas dari radar.

Mungkin persoalannya adalah pribadi Scholes yang sangat pemalu dan secara sengaja menutup diri dari sorotan. Ia sangat jarang memberikan wawancara kepada wartawan, tidak pernah datang ke pesta-pesta selebriti, sangat pendiam bahkan dengan teman-teman akrabnya. Konon selama hampir dua puluh tahun bersepakbola ia baru empat kali memberi wawancara eksklusif.

Scholes bisa dikatakan satu dari sedikit pemain bola yang tidak pernah mengekpresikan diri kecuali di dalam lapangan. Setelah Eric Cantona mundur dialah denyut yang menjalin permainan lini pertahanan ke garis penyerangan Man United. Permainan satu-duanya diakui para pesepakbola sebagai yang terbaik di Eropa. Umpan-umpannya baik yang menelusur tanah maupun lambung sama akuratnya dan mematikan. Imajinasinya dalam memberi umpan tidak lumrah.

Yang luar biasa, menurut Ruud Gullit, adalah Scholes bisa melakukan semua itu dengan sangat sederhana. Sehingga yang ia lakukan seolah bukanlah sesuatu yang luar biasa. Itulah sebabnya, masih menurut Gullit, penonton melihatnya sebagai biasa-biasa saja, tetapi rekan maupun lawan sering terbengong-bengong.

Bukan sekadar menjalin serangan, ia sendiri seorang penyerang berbahaya baik dengan kaki maupun kepalanya. Ia mampu mencetak gol spektakuler dengan tendangan jarak jauhnya yang terkenal keras dan akurat. Tak heran kalau ia sudah mencetak 150 gol untuk Man United. Cukup bagus untuk seorang gelandang.

Menyebut sukses Man United usai Cantona, orang akan menyebut Beckham, Giggs, Keane, Cole, Yorke, Solksjaer dan nama-nama besar lainnya. Tetapi cabutlah Paul Scholes dari tim Man United itu maka semua pemain bintang itu akan mengatakan jangan. Itulah sebabnya semua pemain boleh silih berganti tetapi Paul Scholes tetap menjadi pantek Man United.

Namun seperti telah dikatakan, ia bisa tampil sangat hebat di lapangan tetapi begitu pertandingan usai dan wartawan berebut ingin mewancarainya, ia menghilang dari pencarian. Orang tidak pernah tahu apa yang dipikirkan maupun pandangan-pandangannya mengenai berbagai hal menyangkut sepakbola.

Misalnya orang sangat ingin tahu mengapa ia memutuskan untuk mundur dari tim nasional Inggris lima tahun lalu. Isu yang beredar ia tidak suka dengan gaya permainan yang ditampilkan Sven Goran Eriksson dan bosan dimainkan di posisi yang bukan menjadi posisi terbaiknya. Tetapi ia tak pernah mengatakan apapun sama sekali. Tidak menjelekkan, tidak mengritik, tidak mencela.

Steve Mclaren yang menggantikan Sven, membuang David Beckham tetapi dua kali membujuk Scholes untuk kembali ke tim nasional. Dua kali pula Scholes menolak dengan alasan ingin lebih meluangkan waktu untuk keluarga.

Bahkan diusianya yang ke-35, ketika kemampuannya sudah menurun terutama staminanya untuk menusuk ke kotak penalti, Fabio Capello membujuk untuk ikut ke Piala Dunia Afrika Selatan. Scholes menolak dengan alasan, salah satunya, tidak enak dengan pemain lain yang sudah berjuang untuk Inggris selama babak penyisihan.

Belum lama lalu ia mengaku menyesal tidak memenuhi panggilan itu. Itulah sebabnya kini terbetik berita Capello ingin memanggilnya untuk penyisihan Piala Eropa. Padahal pada saat bersamaan ia menutup pintu untuk pemain seangkatan Scholes dengan profil terbesar di Inggris, David Beckham dengan alasan sudah terlalu tua.

Sentimen Capello untuk pemain tua ini tidak luar biasa. Ambil misal pelatih jenial Arsenal Arsene Wenger. Belum lama ini ia masih mengatakan, kalau boleh memilih semua pemain Liga Primer yang ada, maka Scholes lah pemain pertama yang ada di susunan pemainnya. Carlo Ancelotti juga menyampaikan sentimen yang sama. Mungkin ini sudah agak usang karena dikatakan ketika ia masih memegang AC Milan.

Anak asuhnya saat itu akan bertemu dengan Man United di Piala Champions. Di hadapan wartawan ia mengatakan tidak satupun pemain Man United akan masuk ke 11 pemain utama Milan. Padahal disitu ada Ryan Giggs, Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney dan sejumlah nama lain. Tetapi Ancelotti kemudian terdiam sebentar lalu berkata, "Yahhhh… kecuali Paul Scholes".

--

Minim Pemain Baru, Inter Memang Fokus ke Maicon
Kris Fathoni W - detiksport


Getty Images

Milan - Dibandingkan klub tetangganya yang sibuk di bursa transfer, Inter Milan malah terkesan adem ayem. Tapi fokus Inter ternyata memang lebih kepada memagari Maicon.

AC Milan mencuri perhatian di bursa transfer musim panas ini. Beberapa hari sebelum bursa ditutup, Rossoneri sudah sukses memboyong Zlatan Ibrahimovic dan Robinho kemudian menyusul di hari terakhir.

Hal itu bertolak belakang dengan Inter. Jangankan pemain bintang, Nerazzurri bahkan nyaris tak ada pembelian karena pemain yang benar-benar baru hanyalah Coutinho.

Bukan hanya itu, Inter pun malah melepas salah satu pemainnya yang cukup punya potensi kendati acap bikin masalah, Mario Balotelli.

Maka banyak fans Inter pun kecewa karena kepasifan klub itu dalam merekrut pemain, terlebih pelatih Rafael Benitez pun sudah minta tambahan pemain.

"Saya tak mengerti kekecewaan dari para fans Inter," cetus Direktur Teknik Inter Marco Branca, yang dikutip Football Italia.

Menurut Branca, Interisti harusnya tak usah kecewa-kecewa amat dengan aktifitas Inter saat ini. Toh, lanjut dia, La Beneamata masih berisikan para pemain yang musim lalu meraih treble.

"Kami mempertahankan pemain yang sama seperti musim lalu, yang sudah mempersembahkan banyak piala. Kami tak bisa membeli Cesc Fabregas dan Bastian Schweinsteiger, dan tak logis membeli Javier Mascherano dengan 22 juta euro."

"Kesuksesan sebenarnya adalah mempertahankan Maicon, full-back terbaik di dunia," tegas Branca mengenai pemain Brasil yang sempat ditaksir Real Madrid itu.


--

Mengapa Juve Gagal Dapatkan Borriello?
Rossi Finza Noor - detiksport


Getty Images

Turin - Sebelum berlabuh di AS Roma, Marco Borriello santer dikabarkan bakal bermai untuk Juventus. Lalu, mengapa si pemain lepas dari tangan Bianconeri di saat-saat akhir?

Seperti diungkapkan oleh juru transfer Juve, Beppe Marotta, Borriello nyaris mereka dapatkan dengan status pinjaman. Namun, karena Juve tak menjamin bakal membelinya secara permanen musim depan, AC Milan pun tak jadi melepasnya.

Di sisi lain, Roma berani membayar 2 juta euro (sekitar Rp 22 miliar) untuk membeli jasa Borriello dengan status pinjaman. Kubu I Lupi pun berjanji untuk membeli si pemain pada Juli 2011 dengan harga 13 juta euro (sekitar Rp 149 miliar).

"Borriello adalah sebuah kesempatan yang kami coba ambil. Kami mengajukan tawaran untuk meminjamnya, tapi tak lebih dari itu," ungkapnya di Football Italia.

"Lalu, datanglah Roma mengintervensi," lanjut Marotta kemudian.

Kendati gagal mendatangkan Borriello, Juve telah berhasil mendatangkan beberapa pemain baru ke skuadnya musim ini. Tiga di antaranya adalah bintang-bintang Seri A musim lalu--dan juga bermain di Piala Dunia 2010 memperkuat Italia--, yakni Simone Pepe, Leonardo Bonucci dan Fabio Quagliarella.


--

ergie Bantu Proses Kepindahan Hleb
Rossi Finza Noor - detiksport


Getty Images

Birmingham - Ada cerita unik di balik proses transfer Aleksandr Hleb ke Birmingham City. Ada yang menyebut bahwa proses tersebut tak akan terjadi jika Sir Alex Ferguson tak ikut membantu.

Cerita dikutip dari ESPN Star. Beberapa jam seblum bursa transfer ditutup, Hleb yang berkewarganegaraan Belarusia memiliki masalah dengan izin kerja. Alex McLeish pun ambil langkah cepat dengan menghubungi Fergie, mantan pelatihnya kala di Aberdeen dulu.

Manajer Birmingham itu kemudian meminta Fergie memberikan testimoni mengenai Hleb dan disambut dengan positif oleh manajer Manchester United tersebut. Fergie menulis, Hleb bisa menjadi aset yang bagus untuk Premier League.

Berbekal surat pernyataan dari fergie tersebut, McLeish lalu pergi ke London untuk memohon supaya izin kerja itu segera turun. Permohonan McLeish dikabulkan dan Hleb pun jadi bermain untuk Birmingham.

Hleb sendiri mengaku senang bermain untuk Birmingham karena merekalah yang paling serius menginginkannya, meski ada beberapa klub lain juga mengajukan pinangan.

"Saya punya pilihan lain dari Liverpool, Tottenham dan Benfica. Itulah mengapa pilihan saya datang sangat terlambat karena saya harus memikirkan keputusan soal ini" ujarnya.

"Birmingham tampak seperti klub yang paling menginginkan saya. Itulah sebabnya saya memilih mereka."

--

Walcott Tutup Kuping dari Kritik
Rossi Finza Noor - detiksport


Reuters

London - Sudah empat gol dibuat Theo Walcott dalam tiga pertandingan di Premier League. Kala kritik masih juga mendatanginya, pemain Arsenal itu pun memilih untuk tutup kuping.

Kritik yang dimaksud datang dari Alan Hansen dan Chris Waddle. Dua mantan pesepakbola yang kini jadi komentator itu menyebut, penampilan Walcott dalam tiga pertandingan pertama Premier League tidaklah impresif.

Hansen berlasan bahwa Walcott masih kurang berkonsentrasi di lapangan dan kurang cepat mengambil keputusan. Sementara bagi Waddle, Walcott adalah pemain yang kurang memiliki visi. Maka, di mata keduanya, hat-trick Walcott ke gawang Blackpool bukanlah apa-apa.

Bagaimana tanggapan Walcott? Dia cuek saja. Baginya, pendapat yang paling penting datang dari pelatih dan rekan setimnya.

"Setiap orang berhak untuk memiliki pendapat, tapi orang-orang yang saya dengarkan adalah si bos (Arsene Wenger) dan tuan (Fabio) Capello, serta para pemain dan keluarga saya," ujarnya di ESPN Star.

"Mereka adalah orang-orang terpenting dalam karir saya," tukasnya.

Sebaliknya, kritikan itu malah menjadikannya lebih terlecut. Membuktikan bahwa dia tak seperti yang dikatakan adalah tekadnya saat ini.

"Saya sudah bermain untuk beberapa lama dan musim ini kami akan maju, membuktikan bahwa pendapat orang-orang adalah salah, juga bermain sebanyak mungkin tanpa diganggu cedera," tandas pemuda 21 tahun ini.


--

Mourinho: Aku Bukan Harry Potter
Doni Wahyudi - detiksport


Getty Images

Madrid - Hasil imbang yang diraih Real Madrid di laga pembuka musim membuat Jose Mourinho dapat banyak kritik. Tapi pria Portugal itu santai saja menanggapi itu semua karena dirinya bukan Harry Potter.

Membelanjakan banyak uangnya dan kini dibesut salah satu pelatih terbaik di dunia, Madrid langsung tersendat di pertandingan pertama Liga Spanyol. Bertandang ke Real Mallorca, Los Merengues bermain imbang 0-0.

Hasil laga tersebut kemudian memunculkan beragam reaksi dari fans Madrid hingga presiden Florentino Perez, yang usai laga mempertanyakan keputusan Mourinho karena tidak memasang Mesut Oezil dan Sami Khedira sebagai starter. Tekanan makin besar lantaran pada laga lain Barcelona justru memetik kemenangan besar 3-0.

Mantan bos Chelsea dan FC Porto itu menyebut kalau timnya masih butuh waktu untuk bisa menyatukan permainan. Terlebih di skuad Madrid banyak anggota skuad baru yang datang terlambat lantaran tampil di Piala Dunia 2010.

"Saya pelatih, bukan Harry Potter. Dia punya ilmu sihir, tapi di kehidupan nyata tak ada sihir. Sihir itu fiksi dan saya suka sepakbola karena itu nyata. Saya sudah berada di Madrid selama beberapa bulan dan kami melakukan 40 latihan. Anda tahu berapa banyak latihan bersama yang sudah kami lakukan, termasuk dengan pemain baru? Sepuluh pun tidak," papar Mourinho dalam wawancaranya dengan AS.

"Kami sangat kurang menyatu, jadi karena itulah cara termudah buat saya adalah dengan menerapkan kebijakan tanpa perubahan (pemain di skuad)," lanjut Mourinho.

Terkait kegagalan meraih kemenangan di laga perdana, Mourinho juga tidak khawatir. Sambil mencontohkan beberapa klub besar Eropa yang mengalami kekalahan di laga awal musimnya, dia juga mengakui kalau pertandingan pertama selalu memunculkan hasil tak terduga.

"Pertandingan pertama selalu terasa sangat aneh. Bayern kalah pekan ini, Inter bermain imbang, Juventus kalah. Manchester United imbang saat menghadapi Fulham, Manchester City kalah, tapi itu semua fakta yang normal di awal," dalih pelatih yang musim lalu memberi Inter tiga gelar itu.

Dari enam klub yang sudah dibesut sejauh ini, Mourinho memang punya catatan tak memuaskan pada laga debut kompetisi liga domestik karena dia selalu sulit memetik kemenangan.

"Musim saya di Porto dan Inter selalu dimulai dengan hasil imbang. Musim pertama saya di Porto, saya bisa memenangi empat titel dan Inter dapat dua. Beginilah saya memulai dan akan berakhir seperti itu. Saya tak melihatnya sebagai sebuah drama di hari pertama," tuntas Mourinho.

--

Van der Sar Belum Pikirkan Pensiun
Okdwitya Karina Sari - detiksport


Getty Images

Manchester - Edwin Van der Sar tampak ingin membuktikan ungkapan hidup dimulai dari usia 40 tahun. Meskipun dalam waktu dekat usianya akan memasuki kepala empat, kiper Manchester United ini belum memikirkan soal pensiun.

Pada 29 Oktober mendatang, Van der Sar akan genap berusia 40 tahun. Usia yang bisa dikatakan sangat tua untuk ukuran seorang pesepakbola profesional.

Walau demikian, performa dia di bawah mistar gawang masih bisa diandalkan. Tak heran jika Sir Alex Ferguson masih mempercayakan kiper asal Belanda ini sebagai yang nomor satu di skuadnya dibanding kiper MU yang lain meski berusia lebih muda.

Atas penampilannya yang masih memukau, Van der Sar diberi perpanjangan kontrak yang akan habis akhir musim ini. Tetapi apakah setelah itu kiper kaya pengalaman ini akan lantas pensiun? Jawabannya adalah tidak.

"Saya tidak khawatir ketika hari itu (pensiun) tiba. Saya sekarang sudah melampaui ekspektasi saya sehingga itu tidak mengganggu saya," ucapnya di Daily Star.

Soal ekspektasi, Van der Sar mengaku dirinya pernah berpikir untuk mengakhiri akhir ketika usianya memasuki pertengahan 30 tahun. Namun, di usia itu mantan kiper Juventus ini malah direkrut 'Setan Merah' dari Fulham lima tahun silam.

"Ketika saya lebih muda saya pikir saya akan pensiun saat usia saya berada di pertengahan 30-an. Tapi pemikiran itu normal ketika Anda berusia lebih muda dan bermain di level seperti ini," sambung pemilik caps terbanyak Belanda ini.

"Mungkin itu menjadi waktu yang jelas bagi saya pensiun, tapi saya malah datang ke MU di akhir karir saya dan mungkin ketika itu saya masih menikmatinya. Kedatangan saya di Old Trafford telah memberi saya sebuah kehidupan baru," tuntas kiper terbaik Eropa 1995 dan 2009 ini.

--

Waspadai Tipu-tipu Kartu Kredit Gaya Baru
Herdaru Purnomo - detikFinance

Jakarta - Apakah anda menggunakan Kartu Kredit? Mungkin saat ini anda harus lebih waspada dalam menggunakannya. Pasalnya, walaupun telah menggunakan chip, kini ada modus penipuan baru yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Ketua Tim Mediasi Perbankan Bank Indonesia, Sondang Samosir mengungkapkan modus yang dilakukan cukup canggih.

"Layaknya sebuah customer care sebuah bank, oknum tersebut awalnya meminta nasabah untuk melakukan up-grade limit. Siapa yang tidak mau?," jelas Sondang.

Sondang menyampaikan hal tersebut disela Forum Edukasi Nasabah Kartu Kredit Mandiri di Plaza Bapindo, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (21/07/2010).

Ia melanjutkan pastinya sebagai nasabah akan tergiur oleh godaan si oknum tersebut yang akan menambah jumlah limit kartu kredit.

"Apalagi misalnya kartu kredit kita dari silver ditingkatkan menjadi gold," katanya.

Kemudian, lanjut Sondang, nasabah yang tertarik menambah limitnya tadi dan meng-upgrade kartunya diminta untuk menyamakan data-data pribadi.

"Biasanya diminta berapa tanggal lahir dan sebagainya," jelas Sondang.

"Nanti, customer bohongan itu mengatakan akan ada sebuah kurir yang akan mengambil kartu kredit lama untuk di tukar," imbuh Sondang.

Menurut Sondang, ketika kurir datang menjemput maka disinilah nasabah akan tertipu karena kartu kredit tersebut selanjutnya akan disalahgunakan.

"Kurir bisa menyalahgunakan kartu kredit dengan sepuasnya sampai limit kartu kredit nasabah itu habis," jelasnya.

Menurutnya, semua modus tersebut sangat tersusun rapih. Sehingga saat ini diperlukan nasabah yang smart. "Intinya jika kartu sudah tidak ingin dipakai atau sebelum mengembalikan kita harus menggunting terlebih dahulu," katanya.

Hal itu dilakukan agar nantinya kartu kredit yang akan diganti tidak lagi bisa dipakai apalagi disalahgunakan.


--

Yuk, Pangkas Pengeluaran yang Nggak Penting...
Prilla Kinanti - detikFinance


Foto: Prilla
Jakarta - Dalam menjalankan kehidupan sering sekali kita mengalami suatu kondisi dimana hal yang tidak terencana malah terjadi. Masalahnya lagi, ternyata hal yang tidak produktif cukup membebankan keuangan kita di kemudian hari.

Contoh yang paling sederhana ketika kita mengunjungi pusat perbelanjaan, toko, maupun pusat elektronik dsb. Dengan mudahnya pola belanja konsumtif terjadi apalagi didalam saku kita terselip beberapa kartu kredit yang memang diciptakan oleh penerbitnya untuk melakukan transaksi seperti itu.

Beberapa fakta konsumtif sering terjadi pada diri kita, hal ini terbukti dengan akrabnya kita dengan percakapan seperti dibawah ini:

"Duh, pengen beli baju deh"
"Eh katanya Gym disitu bagus loh, ikutan yuk"
"Hmm.., gue butuh jeans nih, yang lama udah ga nge-trend"
"Mana yang lebih asik ya?, ipad atau iphone 4?, atau dua-duanya aja deh"
"Nonton konser yuk, band 'itu' mau datang loh ke Jakarta, kapan lagi bisa nonton mereka?"

Selain akrab, mungkin anda sendiri yang mengalaminya. Seringkah kita mengalaminya?

Pembaca yang bijaksana, contoh kejadian diatas adalah hal yang disebut dengan budaya konsumtif, membeli barang, melakukan transaksi keuangan yang tidak terlalu dibutuhkan, hal ini dapat terjadi karena besarnya sifat emosional yang mengalahkan sifat rasional atau ego yang begitu besar hingga ingin memiliki sesuatu yang sama dengan teman atau rekannya agar bisa menjadi bagian dari mereka.

Membedakan antara kebutuhan dan keinginan

Sebenarnya ada jalan yang tepat untuk mengatasi contoh konsumtif diatas yakni, kita dapat melakukan identifikasi antara kebutuhan dan keinginan.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kebutuhan? Kebutuhan adalah sesuatu hal yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada.

Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

Untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan, harus dilihat dari segi fungsinya.
Terkadang anda menganggap keinginan sebagai kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Inilah pola pikir yang harus diubah, karena jika anda tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan maka konsekuensi logisnya anda tidak biasa membedakan pos pengeluaran yang perlu dan tidak perlu. Karena tidak bisa membedakan maka secara otomatis yang bersangkutan sudah pasti tidak akan bisa mengontrol pengeluaran, jika ini berlangsung kama sudah pasti anda akan mengalami defist keuangan dikemudian hari atau dikenal dengan istilah besar pasak dari pada tiang.

Lalu bagaimana caranya agar tidak menjadi defisit? Ada dua cara yaitu pertama melakukan usaha tambahan agar gaji atau pendapatan bertambah, cara kedua adalah melakukan control atau pengendalian pengeluaran yang tidak perlu.

Cara kedua tentu harus menjadi cara yang lebih mudah karena hanya melibatkan diri sendiri, sedang cara pertama tentu harus melibatkan orang lain, minimal bos anda agar kerja anda dapat dinilai baik oleh sang bos sehingga gaji menjadi meningkat. Dalam hal ini cara pertama akan lebih memakan waktu.

Agar lebih jelasnya silahkan lihat contoh kasus berikut:

Misalkan seseorang wanita mempunyai gaji sebesar Rp 2.290.000 per bulan, tetapi total pengeluaran untuk biaya hidup, cicilan motor dan utang kartu kredit serta premi asuransi anda adalah sebesar Rp 2.665.000 per bulan. Ini menujukan bahwa wanita tersebut mengalami defisit yakni sebesar Rp 375.000, dengan defisit ini berarti ia tidak memiliki pos dana untuk tabungan, ivestasi, maupun dana darurat.

Dengan kondisi seperti ini pula (defisit) ia akan menutupinya dengan melakukan utang (melalui kartu kredit), pada akhirnya wanita ini kelak akan gali lubang tutup lubang.

Sebelum kondisi gali dan tutup lubang terjadi maka ada sebuah cara yang sederhana untuk memperbaikinya adalah dengan mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu.
Berikut ini adalah rinciannya:

Tabel
Sebelum Dikendalikan Sesudah dikendalikan Keterangan
PEMASUKAN Gaji Bersih Rp 2.280.000 Rp 2.280.000 Tdk berubah
Total Rp 2.290.000 Rp 2.290.000 Tdk berubah
PENGELUARAN Utilities
Gas Rp 70.000 Rp 70.000
Air Rp 60.000 Rp 60.000
Listrik Rp 160.000 Rp 160.000
Telpon Rp 70.000 Rp 70.000
Handphone Rp 170.000 Rp 170.000
TV Kabel Rp 135.000 - Tidak perlu
Internet Rp 100.000 Rp 100.000
Makanan
Grocery Rp 200.000 Rp 200.000
Restoran Rp 100.000 Rp 100.000
Transportasi
Bensin dan Parkir Rp 450.000 Rp 350.000 Efisiensi
Cicilan Motor Rp 380.000 Rp 380.000
Lain-lain
Asuransi Kesehatan Rp 150.000 Rp 150.000
Fitness Member Rp 100.000 - Tidak Perlu
Kartu Kredit Rp 200.000 Rp 200.000
Pakaian Rp 100.000 Rp 80.000 Efisiensi
Salon Rp 90.000 - Tidak Perlu
Kosmetik Rp 50.000 - Tidak Perlu
Langganan Koran Rp 80.000 - Tidak Perlu

Tabungan, Investasi & Dana darurat
Investasi Reksa Dana - Rp 150.000 Perlu
Dana Darurat - Rp 100.000 Perlu
TOTAL PENGELUARAN Rp 2.665.000 Rp 2.290.000
SURPLUS (DEFISIT) Rp (375.000)

Mari kita evaluasi catatan pemasukan dan pengeluaran diatas dengan cara seperti yang dituliskan di awal "mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu". Contohnya cable TV, ini adalah pengeluaran yang tidak perlu atau tidak wajib, anda dapat memonton acara TV tanpa menggunakan cable TV.

Lainnya adalah Fitness membership, anda dapat berolah raga tanpa pergi ke fitness centre bukan? Salon, cosmetic, langganan koran juga bukan termasuk dalam pos pengeluaran yang wajib, bukankah koran online saat ini sudah banyak? Dapat dibaca melalui internet?

Demikian juga dengan transportasi, sebelumnya ia sering melakukan kombinasi menggunakan angkutan umum (taksi) dengan kendaraan sendiri (motor) namun dengan efisiensi, penggunaan kendaraan pribadi dioptimalkan.

Bayangkan jika ia mengkapus cable TV, fitness membership, salon, cosmetic, dan langganan majalah serta efisiensi penggunaan kendaraan maka wanita tersebut sudah dapat menekan defisit sebesar Rp 375.000,00 per bulan, bahkan lebih dari itu ia memiliki tabungan, investasi serta pos dana darurat sebesar Rp 250.000,00 per bulannya.

Terkadang pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan belum tentu karena pemasukannya yang terlalu sedkit tetapi karena kebiasaan menghamburkan uang. Bahkan jika anda memiliki pekerjaan dengan 'gaji tertinggi' di dunia pun, anda dapat berada dibawah hutang akibat kebiasaan anda.

Anda dapat mengendalikan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu tersebut jika anda mau. Memang tidak mudah untuk merubahnya tetapi pasti bisa jika mau. Selamat mencoba!

--

Indonesia Masuk 'Daftar Hitam' AS Gara-Gara Open Source?
Wicak Hidayat - detikinet

ilustrasi (Earl-What I saw 2.0/cc)

Jakarta - Pergerakan sebuah kelompok lobi di Amerika Serikat mendapatkan cibiran. Masalahnya, negara-negara dengan kebijakan Open Source seperti Indonesia justru mau dimasukkan dalam sebuah 'daftar hitam'.

Lobi itu dilakukan oleh International Intellectual Property Association (IIPA), sebuah organisasi lobi yang membawa kepentingan perusahaan media digital seperti software, film dan musik. IIPA dikabarkan telah mengajukan rekomendasi agar Indonesia, India dan Brazil masuk dalam sebuah 'daftar hitam'.

Daftar yang dimaksud adalah Priority Watch List dari United States Trade Office (USTO). Negara-negara yang masuk dalam daftar ini dinilai sebagai negara yang tidak menghormati hak atas kekayaan intelektual. AS pun bisa memilih untuk menginvestigasi negara tersebut dan mengambil tindakan, termasuk larangan dagang dan lain sebagainya.

Nah, yang jadi permasalahan, dalam lobinya IIPA menyebutkan upaya pemerintah dalam menerapkan kebijakan Open Source sebagai salah satu alasan negara-negara itu layak masuk 'daftar hitam' tersebut. Negara yang tercantum (Indonesia, Brazil, Filipina atau Thailand) memang memiliki kebijakan yang mendukung Open Source.

Apa kata IIPA soal Indonesia? Berikut adalah cuplikan dokumen yang diserahkan IIPA pada USTO seperti dikutip detikINET dari laporan tersebut di Regulations.gov, Jumat (19/3/2010):

Dari halaman 79: Pada Maret 2009, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN) mengeluarkan surat edaran No. 1 tahun 2009 kepada semua pemerintah pusat dan daerah, termasuk BUMN, untuk mendukung penggunaan dan adopsi piranti lunak Open Source pada lembaga pemerintah. Meski pemerintah (Indonesia-red) membuat surat ini dalam rangka 'mengurangi pelanggaran hak cipta piranti lunak', pada kenyataannya, dengan menolak adanya pilihan teknologi, upaya ini akan menambah halangan dagang dan mencegah perusahaan software untuk memasuki pasar secara adil.

Kemudian, pada halaman 80, IIPA bahkan menyarankan agar pemerintah Indonesia membatalkan surat tersebut: IIPA meminta agar pemerintah Indonesia mengambil tindakan berikut, yang akan memberikan keuntungan komersial jangka pendek paling signifikan bagi industri hak cipta: ... membatalkan surat edaran MenPAN Maret 2009 yang mendukung penggunaan dan adopsi piranti lunak Open Source.

Dikecam Aktivis Open Source

Langkah IIPA ini mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Termasuk di antaranya adalah Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI) yang menyayangkan rekomendasi IIPA selaku sebuah kelompok lobi yang kuat.

"IIPA telah berusaha menghalangi usaha Pemerintah Indonesia yang justru ingin menghargai Hak atas Kekayaan Intelektual dengan menganjurkan penggunaan perangkat lnak Open Source untuk menggantikan perangkat lunak bajakan," sebut pernyataan AOSI yang diterima detikINET, Jumat (19/3/2010).

AOSI pun menyatakan sepakat dengan Open Source Initiative (OSI) yang mengatakan bahwa tindakan IIPA tersebut lebih didasarkan atas kepentingan tertentu, dan ketakutan atas inovasi serta model bisnis yang baru dengan berkembangnya piranti lunak Open Source di Indonesia. AOSI juga epakat dengan Open Source For America (OSFA) yang secara tegas mengecam sikap IIPA, serta menyebut tindakan IIPA tersebut tidak bertanggungjawab dan menyesatkan.

"AOSI menyerukan agar pemanfaatan Open Source Software (OSS) tetap digalakkan, karena dengan menganjurkan penggunaan OSS, Pemerintah Indonesia tidak lain sedang berusaha untuk menghormati Hak atas Kekayaan Intelektual dengan tidak membajak dan menegakkan kemandirian dalam bidang TIK, tanpa menutup persaingan dengan yang lain, meskipun IIPA telah menyudutkan Indonesia dengan menyebutkan bahwa penggunaan OSS tidak mendorong inovasi dan telah menutup kesempatan pihak tertentu untuk bersaing," sebut pernyataan AOSI.

--

Transfer Liga Inggris (I)
Liverpool 'Digembosi', Chelsea Rombak Lini Tengah
Doni Wahyudi - detiksport


Daylife

Jakarta - Terpuruk di musim lalu, Liverpool justru kehilangan beberapa pemain pentingnya di musim panas ini. Sementara Chelsea juga merombak lini tengahnya dan masih selektif mendatangkan pemain.

Berikut daftar belanja klub-klub Premier League:

ARSENAL
Masuk: Marouane Chamakh (Bordeaux, bebas transfer); Laurent Koscielny (Lorient, £10m); Phil Roberts (Norwich, bebas transfer); Kyle Ebecillo (Feyenoord, bebas transfer); Sebastien Squillaci (Sevilla, £3.2m).

Keluar: Sol Campbell (Newcastle, bebas transfer); William Gallas (Spurs, bebas transfer); Mikael Silvestre (W Bremen, bebas transfer); Eduardo (Sh Donetsk, £6m); Philippe Senderos (Fulham, bebas transfer); Fran Merida (A Madrid, bebas transfer); Luke Ayling (Yeovil, bebas transfer); F Coquelin (Lorient, pinjam); Sanchez Watt (Leeds, pinjam); Jay Simpson (Hull, £1.2m); A Traore (Juventus, pinjam).

ASTON VILLA
Masuk: Stephen Ireland (Manchester City, tak diketahui).

Keluar: James Milner (Manchester City, £26m); Wilfred Bouma (PSV, bebas transfer); Marlon Harewood (Blackpool, bebas transfer); David Bevan (Walsall, bebas transfer); Jack Dyer (Burton Albion, bebas transfer); Stephen O'Halloran (Coventry City, bebas transfer); Andy Marshall (dilepas); Nicky Shorey (West Bromwich Albion, £1.5m); Harry Forrester (Kilmarnock, pinjam).

BIRMINGHAM CITY
Masuk: Ben Foster (Man Utd, £6m); Nikola Zigic (Valencia, £6m); E Valles (NAC Breda, bebas transfer); Matt Derbyshire (Olympiacos, pinjam); M Jiranek (Sp Moscow, tak diketahui); Alexander Hleb (Barcelona, pinjam); Jean Beausejour (Club America, tak diketahui).

Keluar: Marcus Bent (Wolves, pinjam); C Benitez (Santos Laguna, bebas transfer); Lee Carsley (Coventry, bebas transfer); Gary McSheffrey (Coventry, bebas transfer); Franck Quedrue (Panionios, bebas transfer); Artur Kyrsiak (Exeter, bebas transfer); Gregory Vignal (dilepas).

BLACKBURN ROVERS
Masuk: Hugo Fernandez (Union Deportivo Cornella,-); Mame Biram Diouf (Man Utd, pinjam); Benjani Mwaruwari (Man City, bebas transfer).

Keluar: Steven Reid (West Brom, bebas transfer); Andrew Howarth (Bury, bebas transfer); Michael Hall (Accrington Stanley, bebas transfer); Marcus Marshall (Rotherham Utd, bebas transfer); Jordan Bowen (dilepas); Josh Swann (dilepas); Alex Marrow (Crystal Palace, pinjam); Yildiray Basturk (dilepas); Nick Blackman (Motherwell, pinjam); Z Khizanishvili (Reading, pinjam).

BLACKPOOL
Masuk: Craig Cathcart (Man Utd, £350,000); Ludovic Sylvestre (Mlada Boleslav, tak diketahui); Marlon Harewood (Villa, bebas transfer); Chris Basham (Bolton, £500,000); Luke Varney (Derby, pinjam); Matt Phillips (Wycombe, £325,000); DJ Campbell (Leicester, tak diketahui)

Keluar: Daniel Nardiello (Exeter, bebas transfer); David Fox (Colchester, bebas transfer); Shaun Barker (Derby, tak diketahui); Ben Burgess (Notts Co, bebas transfer).

BOLTON WANDERERS
Masuk: Martin Petrov (Manchester City, bebas transfer); Robbie Blake (Burnley, bebas transfer); Marcos Alonso (Real Madrid, £1.6m); Ivan Klasnic (Nantes, bebas transfer); Tom Eaves (Oldham Athletic £350,000; Rodrigo Moreno (Benfica, pinjam).

Keluar: Nicky Hunt (Bristol City, bebas transfer); Ali Al-Habsi (Wigan, pinjam); Ricardo Vaz Te (dilepas); Chris Basham (Blackpool, £500,000); Zoltan Harsanyi (Dunajska, bebas transfer).

CHELSEA
Masuk: Yossi Benayoun (Liverpool, £5m); Matej Delac (Inter Zapresic, £2.7m); Tomas Kalac (S Olomuc, tak diketahui); Ramires (Benfica, £18.3m).

Keluar: Joe Cole (Liverpool, bebas transfer); Michael Ballack (Bayer Leverkusen, bebas transfer); Julliano Belletti (Fluminense, bebas transfer); Miroslav Stoch (Fenerbahce, £4.95m); Deco (Fluminese, bebas transfer); Jeffrey Ntuka (K Chiefs, bebas transfer); Scott Sinclair (Swansea, £500,000); Ricardo Carvalho (R Madrid, £6.6m); Michael Mancienne (Wolves, pinjam).

EVERTON
Masuk: Jermaine Beckford (Leeds Utd, bebas transfer); Magaye Gueye (Strasbourg, £900,000); Joao Silva (Deportivo Das Aves, £500,000); Jan Mucha (Legia Warsaw, bebas transfer)

Keluar: Lukas Jutkiewicz (Coventry City, £250,000); John Ruddy (Norwich City, undisc); Dan Gosling (Newcastle Utd, bebas transfer); Anton Peterlin (Plymouth Argyle, bebas transfer); Carlo Nash (Stoke City, bebas transfer); Iain Turner (Coventry City, pinjam)

FULHAM
Masuk: Philippe Senderos (Arsenal, bebas transfer), Jonathan Greening (WBA, pinjam), Moussa Dembele (AZ Alkmaar, £5m), Rafik Halliche (Benfica, £1.3m), Carlos Salcido (PSV £1.6m), Dalla Valle (Liverpool, P/E), Kacaniklic (Liverpool, pertukaran pemain).

Keluar: Chris Smalling (Man U, £10m), Chris Buchtmann (Cologne, und), Wayne Brown (Bristol R, bebas transfer), Erik Nevland (Viking, bebas transfer), Embarlo (Oldham £25,000), Konchesky (Liverpool, tak diketauhi plus pertukaran pemain).

LIVERPOOL
Masuk: Meireles (Porto, £11.5m), Joe Cole (Chelsea, bebas transfer), Milan Jovanovic (S Liege, bebas transfer), Jonjo Shelvey (Charlton, £1.7m), Danny Wilson (Rangers, £2m-plus), Christian Poulsen (Juv, £4.5m), Brad Jones (Boro, £2.3m), iaia Embalo (Oldham, £25,000), Konchesky (Fulham, tak diketahui plus pertukaran pemain).

Keluar: Javier Mascherano (Barc, £22m-plus), Yossi Benayoun (Chelsea, £5m), Albert Riera (Olympiacos, £3.37m), Philipp Degen (Stuttgart, pinjam), Kristian Nemeth (Olympiacos, £1.5), Albert Aquilani (Juv, pinjam), Insua (Galatasaray, pinjam).

--

Malaysia Rugi Kalau Menarik Investasi di Indonesia
Suhendra - detikFinance


Halim Kalla (dok DPR)
Jakarta - Hubungan Indonesia dan Malaysia akhir-akhir ini kembali memanas setelah insiden penangkapan 3 petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Memanasnya hubungan itupun lantas dikait-kaitkan dengan masalah investasi kedua negara. Bagaimana jika memang hubungan investasi pun lantas diputuskan?

Malaysia yang punya 'jaringan' investasi di berbagai sektor di Indonesia pun tampaknya bakal menjadi pihak yang lebih dirugikan. Sementara Indonesia juga bisa menderita rugi karena banyaknya tenaga kerja di Malaysia.

Bagaimana sebenarnya hubungan ekonomi kedua negara ini? Dan apa sebenarnya penyebab dari semua permasalahan hubungan kedua negara ini?

Berikut ini wawancara detikFinance dengan Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia Urusan Malaysia Halim Kalla disela-sela acara Kadin di HIPMI Center, Jakarta, Selasa (31/8/2010).

Anda sebagai perwakilan Kadin yang bermitra dengan Malaysia, bagaimana melihat memanasnya hubungan RI-Malaysia, apa sudah mengkhawatirkan?

Ketegangan RI-Malaysia suatu hal yang biasa, ini terus terang saja ada masalah kecemburuan atau jealous (Indonesia ke Malaysia), ada perasaan begitu.

Dahulu juga orang Malaysia jealous dengan orang Singapura, dahulu Singapura memisahkan diri dari Malaysia karena merasa dengan orang melayu tak bisa maju lalu Singapura maju lalu Malaysia ketinggalan.

Lalu Malaysia cemburu, apa saja diributkan, sama ketika ribut Indonesia Malaysia. Tapi mereka Malaysia terpacu bukan hanya marah-marah saja tapi mencoba maju menyerupai Singapura, dengan jalan raya bagus, infrastruktur bagus ternyata bisa maju juga.

Sehingga setelah Malaysia maju, Malaysia tak lagi cemburu, karena apa yang dipunyai Singapura, Malaysia juga punya.

Lalu konteks terkait hubungan RI-Malaysia?

Konteksnya kita nyaris sama seperti itu. Seharusnya kita jangan hanya marah-marah saja. Untuk tidak dicueki atau dijelekan, ya kita harus maju juga.

Kita tidak hanya marah-marah saja, melempar kedubes orang, tapi bagaimana supaya kita juga bisa maju. Supaya sejajar (equal), memang kita akui Malaysia lebih maju dalam hal infrastruktur, kita pun harus begitu. Apa bedanya kita dengan mereka, sama-sama orang melayu, kekayaan kita jauh dari mereka.

Bagaimana sekarang ini kita bisa equal jangan kirim pembantu rumah tangga ke Malaysia, kita lemah sekali. Seharusnya kita kirim tenaga-tenaga produktif engineer. Bagaimana juga mereka-mereka itu (TKI) bisa bekerja di dalam negeri.

Jadi bagaimana caranya supaya mendorong ekonomi kita maju jangan sampai ketinggalan.

Bahwa kita harus menyamakan equalitas kita, mereka kan lebih. Kita harus meningkatkan ekonomi kita, supaya sama keberadaan, sama tingkatan dan level. Jadi antara kita dengan Malaysia tidak ada perasaan lebih, sehingga tak memandang enteng kita kirim pembantu.

Kenapa kita dijelekan karena yang kirim adalah pembantu, pengacau. Kalau ekonomi kita maju kita tak perlu kirim pembantu ke Malaysia.

Investor Malaysia bagaimana sejauh ini responsnya? Apakah mereka mengeluh?

Saya kira tidak ada, ini kan masalah politik, lagi pula ini sudah sering ributnya hanya di kedutaan besar saja. Kalau kita bertemu dengan teman Malaysia biasa saja.

Kan bukan ini saja yang terjadi, masalah reog Ponorogo, batik lah keributannya sudah sering.

Tapi ada laporan kalau para investor Malaysia ini mencemaskan investasi mereka di Indonesia?

Saya kira kecemasan pasti ada tapi secara keseluruhan mereka senang berinvestasi di Indonesia karena budaya, lingkungan, makanan cocok.

Soal investor Malaysia, kaitannya investasi mereka disini dan peluang-peluang kerjasama bisnis, terkait hubungan kedua negara bagaimana?

Memang saat kedatangan wakil PM Malaysia datang, saya mengeluhkan juga karena kita kalau mau kerjasama antara pengusaha Indonesia dengan Malaysia susah terjadi karena banyak MoU tak ada implementasi. Saya bilang nggak usaha MoU langsung saja. Kita memang masih mencari peluang, sama-sama masih mencari peluang tapi tidak ada yang kuat.

Bisnis dengan pengusaha Malaysia berdasarkan pengalaman tidak banyak yang terjadi. Kita sering kedatangan teman-teman Malaysia untuk mencari partner tapi selalu mentah terus. Mungkin karena ilmunya sama, tidak ada teknologi yang lebih baik.

Kalau investor Malaysia menarik investasinya di Indonesia, peluangnya bagaimana?

Rugilah Malaysia kalau menarik diri, di sini banyak investasinya seperti perusahaan perusahan telekomunikasi seperti XL, perkebunan yang merupakan investasi langsung. Selebihnya lebih banyak beli perusahaan atau menanam saham. Untuk investasi yang terdekat adalah Indonesia.

Bagaimana ada wacana boikot produk Malaysia di Indonesia?

Itu harus dipisahkan antara bisnis dan politik, misalnya Israel sama Arab perang, tetapi secara bisnis jalan loh.

Jangan dicampurkan dong, jangan kita kompor-komporin. Justru cari penyelesaiannya yaitu kita mantapkan ekonomi kita untuk setara dengan Malaysia. Jangan sampai dianggap rendah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar