Senin, 06 September 2010

4 Dimensi Kunci dalam Psychological Capital

Ketika kita dihadapkan pada tantangan yang kian menggunung (baik tantangan dalam arena pekerjaan di kantor ataupun dalam kehidupan personal), rajutan sikap semacam apa yang kita bentangkan? Ketika derap problema kehidupan selalu mengendap di setiap sisi perjalanan, apa yang kita senandungkan untuk memeluknya dengan penuh harapan?

Adakah cobaan demi cobaan yang terus datang menggedor itu kita hadapi dengan penuh deru kegigihan? Adakah kita bisa selalu bangkit, dan bangkit lagi setiap kali terpeleset di tikungan jalan kehidupan? Adakah kita masih bisa menghela semangat ketekunan bahkan ketika jalan masih terasa begitu jauh dan penuh dengan pendakian yang amat terjal?

Para ahli psikologi menyebutkan sikap semacam itu sebagai level of resiliency. Atau sejenis kegigihan dan keuletan yang menggumpal. Melalui sejumlah riset empirik yang melibatkan ribuan respoden, resiliency muncul sebagai salah satu dimensi paling utama untuk mereguk kesuksesan dalam arena kehidupan (baik kehidupan profesional ataupun personal).

psy-cap-re.jpgItulah salah satu bahasan yang diuraikan dalam buku menarik bertajuk Psychological Capital : Developing the Human Competitive Edge yang ditulis oleh Fred Luthans dan kawan-kawan (beberapa waktu lalu Pak Fred yang pakar manajemen SDM kelas dunia ini diundang ke Jakarta untuk membedah bukunya yang memikat itu).

Psychological capital sendiri dapat diartikan sebagai modal psikologis atau semacam modal sikap dan perilaku yang berperan besar dalam menentukan keberhasilan. Melalui beragam penelitian psikologis dan eskperimen saintifik, buku ini mencoba menelisik modal psikologis apa saja yang memiliki peran signifikan dalam membingkai kesuksesan.

Disini para penulis buku tersebut menunjuk empat dimensi yang terbukti secara empirik (dan saintifik) memberikan pengaruh besar dalam kesuksesan.

Seperti telah disebutkan diatas, dimensi pertama yang sangat penting adalah resiliency. Atau kecakapan untuk terus merekahkan ikhtiar bahkan ketika orang itu dihadapkan pada cobaan ataupun kegagalan. Atau sejenis kemampuan untuk terus bertahan bahkan ketika dihadapkan pada tekanan atau tantangan yang terus datang menghadang.

Sembari bertahan, mereka terus menganyam siasat untuk bisa keluar dari tekanan itu. Mereka juga kemudian terus melakukan serangkaian tindakan untuk meringkus tantangan, dan kemudian menggulungnya dalam sekeping solusi yang bisa dijalankan.

Dimensi kedua yang juga memegang peran penting adalah self-efficacy. Atau sejenis sikap percaya akan kemampuan diri. Sebuah keyakinan bahwa ketika kita dihadapkan pada tugas dan tantangan, kita percaya pasti bisa menuntaskan tugas itu. Betapapun berat dan kompleks-nya tugas dan pekerjaan itu.

Orang dengan self-efficacy yang tinggi cenderung menyukai tantangan dan “set high goals for themselves; and even they self-select into difficult tasks”. Ketika dihadapkan pada bentangan tugas yang challenging, mereka percaya dengan kompetensi dirinya, dan yakin bisa mengelola beragam sumber daya untuk menaklukan beragam tantangan itu.

Dimensi ketiga yang disebut dalam buku itu adalah HOPE. Dimensi itu tidak hanya melulu merujuk pada sebuah harapan positif akan masa depan yang lebih baik. Namun yang lebih penting, dimensi hope ini juga mengindikasinya adanya kecakapan untuk merajut jalan (pathways) agar masa depan yang lebih baik itu bisa tergenggam erat-erat. Dengan demikian, dimensi hope merupakan gabungan antara harapan, dan sekaligus rajutan jalan yang konkrit untuk mewujudkan harapan itu menjadi kenyataan.

Sebab kita tahu, harapan indah yang menari-nari segera akan meruap menjadi fatamorgana kalau ia tidak segera dibarengi dengan “pathway” yang jelas dan konkrit untuk menapakinya.

Dimensi yang terakhir adalah optimism. Seperti yang pernah dibahas disini, optimisme adalah sejenis keyakinan bahwa kita pasti akan mendapatkan hasil positif dalam setiap tugas dan pekerjaan yang kita lakoni. Ketika dihadapkan pada peristiwa negatif yang menghadang, orang optimis selalu melihat kejadian itu sebagai sesuatu yang hanya sementara (temporer) dan bersifat spesifik (artinya tidak akan berlaku di situasi lainnya).

Dengan cara pandang semacam itu, orang optimis selalu akan melihat “setback” dan “kegagalan” dengan kacamata “positif”. Artinya mereka tidak akan melulu meratapi kegagalan itu dengan sembilu yang berkepanjangan. Mereka tidak terjebak pada masa silam (past setback); dan hanya terus melangkahkan kaki ke depan dengan keyakinan positif.

Itulah empat dimensi utama pembentuk modal psikologis (psychological capital) yang solid. Resiliency. Self-Efficacy. Hope. Optimism. Kita berharap empat dimensi ini bisa terus menempel dan menjejak dalam relung sanubari kita yang paling dalam.

--
From zero to hero - Kisah Nyata Seorang OB menjadi Vice President Citibank
by Mario Senjaya on Monday, August 16, 2010 at 12:02pm

Sungguh sebuah karunia yang luar biasa bagi saya bisa bertemu dengan seorang yang memiliki pribadi dan kisah menakjubkan. Dialah Houtman Zainal Arifin, seorang pedagang asongan, anak jalanan, Office Boy yang kemudian menjadi Vice President Citibank di Indonesia. Sebuah jabatan Nomor 1 di Indonesia karena Presiden Direktur Citibank sendiri berada di USA.



Tepatnya 10 Juni 2010, saya berkesempatan bertemu pak Houtman. Kala itu saya sedang mengikuti training leadership yang diadakan oleh kantor saya, Bank Syariah Mandiri di Hotel Treva International, Jakarta. Selama satu minggu saya memperoleh pelatihan yang luar biasa mencerahkan, salah satu nya saya peroleh dari Pak Houtman. Berikut kisah inspirasinya:



Sekitar tahun 60an Houtman memulai karirnya sebagai perantau, berangkat dari desa ke jalanan Ibukota. Merantau dari kampung dengan penuh impian dan harapan, Houtman remaja berangkat ke Jakarta. Di Jakarta ternyata Houtman harus menerima kenyataan bahwa kehidupan ibukota ternyata sangat keras dan tidak mudah. Tidak ada pilihan bagi seorang lulusan SMA di Jakarta, pekerjaan tidak mudah diperoleh. Houtman pun memilih bertahan hidup dengan profesi sebagai pedagang asongan, dari jalan raya ke kolong jembatan kemudian ke lampu merah menjajakan dagangannya.



Tetapi kondisi seperti ini tidak membuat Houtman kehilangan cita-cita dan impian. Suatu ketika Houtman beristirahat di sebuah kolong jembatan, dia memperhatikan kendaran-kendaraan mewah yang berseliweran di jalan Jakarta. Para penumpang mobil tersebut berpakaian rapih, keren dan berdasi. Houtman remaja pun ingin seperti mereka, mengendarai kendaraan berpendingin, berpakaian necis dan tentu saja memiliki uang yang banyak. Saat itu juga Houtman menggantungkan cita-citanya setinggi langit, sebuah cita-cita dan tekad diazamkan dalam hatinya.



Azam atau tekad yang kuat dari Houtman telah membuatnya ingin segera merubah nasib. Tanpa menunggu waktu lama Houtman segera memulai mengirimkan lamaran kerja ke setiap gedung bertingkat yang dia ketahui. Bila ada gedung yang menurutnya bagus maka pasti dengan segera dikirimkannya sebuah lamaran kerja. Houtman menyisihkan setiap keuntungan yang diperolehnya dari berdagang asongan digunakan untuk membiayai lamaran kerja.



Sampai suatu saat Houtman mendapat panggilan kerja dari sebuah perusahaan yang sangat terkenal dan terkemuka di Dunia, The First National City Bank (citibank), sebuah bank bonafid dari USA. Houtman pun diterima bekerja sebagai seorang Office Boy. Sebuah jabatan paling dasar, paling bawah dalam sebuah hierarki organisasi dengan tugas utama membersihkan ruangan kantor, wc, ruang kerja dan ruangan lainnya.



Tapi Houtman tetap bangga dengan jabatannya, dia tidak menampik pekerjaan. Diterimanyalah jabatan tersebut dengan sebuah cita-cita yang tinggi. Houtman percaya bahwa nasib akan berubah sehingga tanpa disadarinya Houtman telah membuka pintu masa depan menjadi orang yang berbeda.



Sebagai Office Boy Houtman selalu mengerjakan tugas dan pekerjaannya dengan baik. Terkadang dia rela membantu para staf dengan sukarela. Selepas sore saat seluruh pekerjaan telah usai Houtman berusaha menambah pengetahuan dengan bertanya tanya kepada para pegawai. Dia bertanya mengenai istilah istilah bank yang rumit, walaupun terkadang saat bertanya dia menjadi bahan tertawaan atau sang staf mengernyitkan dahinya. Mungkin dalam benak pegawai "ngapain nih OB nanya-nanya istilah bank segala, kayak ngerti aja". Sampai akhirnya Houtman sedikit demi sedikit familiar dengan dengan istilah bank seperti Letter of Credit, Bank Garansi, Transfer, Kliring, dll.





Suatu saat Houtman tertegun dengan sebuah mesin yang dapat menduplikasi dokumen (saat ini dikenal dengan mesin photo copy). Ketika itu mesin foto kopi sangatlah langka, hanya perusahaan perusahaan tertentu lah yang memiliki mesin tersebut dan diperlukan seorang petugas khusus untuk mengoperasikannya. Setiap selesai pekerjaan setelah jam 4 sore Houtman sering mengunjungi mesin tersebut dan minta kepada petugas foto kopi untuk mengajarinya. Houtman pun akhirnya mahir mengoperasikan mesin foto kopi, dan tanpa di sadarinya pintu pertama masa depan terbuka. Pada suatu hari petugas mesin foto kopi itu berhalangan dan praktis hanya Houtman yang bisa menggantikannya, sejak itu pula Houtman resmi naik jabatan dari OB sebagai Tukang Foto Kopi.



Menjadi tukang foto kopi merupakan sebuah prestasi bagi Houtman, tetapi Houtman tidak cepat berpuas diri. Disela-sela kesibukannya Houtman terus menambah pengetahuan dan minat akan bidang lain. Houtman tertegun melihat salah seorang staf memiliki setumpuk pekerjaan di mejanya. Houtman pun menawarkan bantuan kepada staf tersebut hingga membuat sang staf tertegun. "bener nih lo mo mau bantuin gua" begitu Houtman mengenang ucapan sang staff dulu. "iya bener saya mau bantu, sekalian nambah ilmu" begitu Houtman menjawab. "Tapi hati-hati ya ngga boleh salah, kalau salah tanggungjawab lo, bisa dipecat lo", sang staff mewanti-wanti dengan keras. Akhirnya Houtman diberi setumpuk dokumen, tugas dia adalah membubuhkan stempel pada Cek, Bilyet Giro dan dokumen lainnya pada kolom tertentu. Stempel tersebut harus berada di dalam kolom tidak boleh menyimpang atau keluar kolom. Alhasil Houtman membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut karena dia sangat berhati-hati sekali. Selama mengerjakan tugas tersebut Houtman tidak sekedar mencap, tapi dia membaca dan mempelajari dokumen yang ada. Akibatnya Houtman sedikit demi sedikit memahami berbagai istilah dan teknis perbankan. Kelak pengetahuannya ini membawa Houtman kepada jabatan yang tidak pernah diduganya.



Houtman cepat menguasai berbagai pekerjaan yang diberikan dan selalu mengerjakan seluruh tugasnya dengan baik. Dia pun ringan tangan untuk membantu orang lain, para staff dan atasannya. Sehingga para staff pun tidak segan untuk membagi ilmu kepadanya. Sampai suatu saat pejabat di Citibank mengangkatnya menjadi pegawai bank karena prestasi dan kompetensi yang dimilikinya, padahal Houtman hanyalah lulusan SMA.



Peristiwa pengangkatan Houtman menjadi pegawai Bank menjadi berita luar biasa heboh dan kontroversial. Bagaimana bisa seorang OB menjadi staff, bahkan rekan sesama OB mencibir Houtman sebagai orang yang tidak konsisten. Houtman dianggap tidak konsisten dengan tugasnya, "jika masuk OB, ya pensiun harus OB juga" begitu rekan sesama OB menggugat.

Houtman tidak patah semangat, dicibir teman-teman bahkan rekan sesama staf pun tidak membuat goyah. Houtman terus mengasah keterampilan dan berbagi membantu rekan kerjanya yang lain. Hanya membantulah yang bisa diberikan oleh Houtman, karena materi tidak ia miliki. Houtman tidak pernah lama dalam memegang suatu jabatan, sama seperti ketika menjadi OB yang haus akan ilmu baru. Houtman selalu mencoba tantangan dan pekerjaan baru. Sehingga karir Houtman melesat bak panah meninggalkan rekan sesama OB bahkan staff yang mengajarinya tentang istilah bank.





19 tahun kemudian sejak Houtman masuk sebagai Office Boy di The First National City Bank, Houtman mencapai jabatan tertingginya yaitu Vice President. Sebuah jabatan puncak citibank di Indonesia. Jabatan tertinggi citibank sendiri berada di USA yaitu Presiden Director yang tidak mungkin dijabat oleh orang Indonesia.



Sampai dengan saat ini belum ada yang mampu memecahkan rekor Houtman masuk sebagai OB pensiun sebagai Vice President, dan hanya berpendidikan SMA. Houtman pun kini pensiun dengan berbagai jabatan pernah diembannya, menjadi staf ahli citibank asia pasifik, menjadi penasehat keuangan salah satu gubernur, menjabat CEO di berbagai perusahaan dan menjadi inspirator bagi banyak orang.

?-


Saat berperang di Timur tengah pada tahun 1799 bermaksud melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis, ketika Perancis berhasil merebut Jaffa. Saat itu Napoleon sedang terserang influenza. Saat menginspeksi pasukan, Napoleon terserang batuk berat hingga ia mengatakan"Ma sacre toux" (Batuk sialan). Perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan "Massacrez Tous" (Bunuh semua). Akibatnya,seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh. Hanya karena batuk sang jendral dan kuping perwira yang error!

"haha..makanya jangan suka mengucapkan kata2 sial...agar tdk sial dirimu!! perkataanmu adalah hidupmu.."
Pemimpin yg tidak bisa menjaga perkataan..

--

BILANG APAKAH CEWEK-CEWEK PERIHAL COWOK TAMPAN DAN COWOK JELEK
by Danang Hernowo on Thursday, August 19, 2010 at 1:19pm

Jika cowok tampan berbuat jahat melanggar hukum

Umumnya cewek-cewek bilang: Ok deh,kita maklum ajah, nobody's perfect. Ada saat-saatnya dimana manusia berbuat khilaf.

Tuhan aja maha pengampun.

Jika cowok jelek berbuat jahat melanggar hukum.

Cewek-cewek bilang: Ya, iya lah! pantes donk, dari tampangnya aja dah kriminalgitcu deh!



Jika cowok tampan menolong cewek cakep yang diganggu sama para premankampung.

Cewek-cewek bilang: Wuiih jantan macho...kayak di pilem-pilem superhero!

Jika pria jelek menolong cewek cakep yang diganggu sama para preman kampung.

cewek-cewek bilang: Hallaaahh...pastinya dia nih kroninya parapreman-preman sialan itu. Kongkalikong tuch plus dah di-skenario. Trick kuno,kayak di filem-filem Warkop Dono Kasino Indro aja. Cuihh!



Jika cowok tampan itu seorang pendiam;

cewek-cewek bilang: Auuww, coolbanget...! Mau duoooonk kita-kita kenalan.

Jika cowok jelek itu seorang pendiam;

cewek-cewek bilang: Idiiih kuper...minderan banget sich lo. Gaul donk,Tong!



Jika cowok tampan itu jomblo bin lajang;

Cewek-cewek bilang: Pasti dia perfeksionis, oh kejam sekali wanita yangmenyia-yiakan dia. Call me pls, this is my number 081****bla bla blabla.... ditunggu ya, Ganteng.

Jika cowok jelek itu jomblo bin lajang;

Umumnya para wanita bilang: Sudah jelas nenek-nenek peyot juga ngga demen,...kagaklaku itu dah pasti...pan tampang lo ancur gitu, mana ada yang doyan,Tong.Hueeekksss!



Jika cowok tampan dapat pasangan wanita cantik seksi pintar dan kaya.

cewek-cewek bilang: Klop dan top abes!...serasi banget..., bikin ngiri ati ajanih. Prikitieuwww....

Jika cowok jelek dapat pasangan wanita cantik seksi pintar dan kaya.

Cewek-cewek bilang: Amit-amit..., hare gene masih maen dukun! Udah pasti deh itu pake pelet plus mejik. Buruantobat euy, kiamat dah dekat.



Jika cowok tampan putus sama pacarnya

Cewek-cewek bilang: "Jangan sedih dong, khan masih ada akyu...!

Jika cowok jelek putus sama pacarnya

cewek-cewek bilang: Jelas-jelas tampang buaya gene, mana ada cewek yangbetah lama-lama. Sukur tuch cewek cepetan sadar dan putus ama dia.



Jika cowok ganteng ngaku-ngaku turunan blasteran-indo

cewek-cewek bilang: emang mirip-mirip bule sih..., Kalo cuma LeonardoDiCaprio aja sih lewat lah.

Jika cowok jelek ngaku-ngaku turunan blasteran indo

cewek-cewek bilang: pasti ibunya pribumi lokal, bapaknya Doberman.Kombinasi yang ancur. Asal lo tau aje nih, di Amrik aja, gaksemua bule itu ganteng.... yang jelek juga banyak...!



Jika cowok tampan itu seorang penyayang binatang.

cewek-cewek bilang: perasaannya halus...penuh cinta kasih. Oh ya, akyu punyaanjing chowchow lutju deh..maenke rumah akyu yuuuk

kalo cowok jelek itu seorang penyayang binatang.

cewek-cewek bilang: alamiah itu namanya sesama keluarga emang harus menyayangi,sekali-sekali perlu juga ngaca, dan sering maen ke Ragunan.



Jika cowok tampan bawa Ferrari

cewek-cewek bilang: matching...cucok kaleee, keren luar dalem. Ajak akyukeliling kota dong.

Jika cowok jelek bawa Ferrari

cewek-cewek bilang: Bang, majikannya mana? Pasti abis disuruh ganti olie mobil ke bengkel



Jika cowok tampan malas diphoto

cewek-cewek bilang: pasti takut fotonya kesebar-sebar apalagi sampe keinternet. Wajar lah namanya juga bertindak bijak dan cermat.

Jika cowok jelek males difoto

cewek-cewek bilang: Nah, gitu dong sadar diri itu namanya. Kasian tukangpotonya, buang-buang klise filem.



Jika cowok tampan naik motor gede Harley Davidson

cewek-cewek bilang: Beda-beda tipis ama Lorenzo Lamas bo! Oww itu ototlengannya kayak Bang Arnold Si Terminator, pas ama motornya.

Jika cowok jelek naik motor gede Harley Davidson

cewek-cewek bilang: Awas! Mandragade lewat..., kalo sampe tubrukan, kasianama motor gedenya.



Jika cowok tampan menuangkan air ke gelas si wanita

Cewek-cewek bilang: Nah ini dia baru namanya pria gentlemen, tahu bangeeet...gimana care and perhatian ama cewek. Oh..oh...oooh...

Jika cowok jelek menuangkan air ke gelas si wanita

cewek-cewek bilang: kan udah biasa, emang gitu kan kalo kerjaan pembantubin jongos, kudu bener kerjanye melayani juragan...hehehe



Jika cowok tampan bersedih hati

Cewek-cewek bilang: Janganlah dikau bersedih ku 'kan slalu ada untukmu.Everything gonna be okey.

Let me be your shoulder to cry on..bla..bla...bla...

Jika cowok jelek bersedih hati

cewek-cewek bilang: Hallaaaah,cengeng amat!! Sok mellow...banci lo.



Jika cowok ganteng yang nulis artikel ini

Umumnya cewek-cewek bilang : Sangat menarik tulisannya. Kamu emang benerankreatif deh, pasti sarjana lulusan luar ya.

Jika cowok jelek yang nulis artikel ini

cewek-cewek bilang : copy paste dari mana lo... inget-inget, njiplak karyaorang laen itu kampungan dan melanggar hukum.

Sadar lo sadar...



Jika cowok tampan kebetulan baca postingan ini

Itu cowok bilang : Life isbeatifull, i'm gonna live forever more.

Jika cowok jelek kebetulan baca postingan ini

Itu cowok bilang : Ssttt...Sobat, lu tau ngga, dokter mana ya yang kira-kirajago banget buat operasi plastik wajah?





Note :

(hahahaha just kidding, buat cowok-cowok jelek, jangan diambil ati ye,soalnya yang nulis artikel ini juga jeleknya akut bin kronis stadium IV....hehehhehehepeace,Bro)

--

Apakah anda ingin mengetahui HP anda asli atau tidak..???

Untuk mengetahui apakah HP anda asli atau tidak :

Dial *#06#

Akan tampil nomor imei(International Mobile Equipment Identity) dari HP anda.

Periksa digit ke 7 dan 8 dari nomor imei tersebut.

• • Jika nomor pada digit tersebut adalah 02 atau 20 berarti HP anda di buat di Emirat Arab yang berarti kualitas JELEK...• • Jika nomor pada digit tersebut adalah 08 atau 80 berarti HP anda di buat di German yang berarti kualitas TIDAK TERLALU BURUK...• • Jika nomor pada digit tersebut adalah 01 atau 10 berarti HP anda di buat di Finlandia yang berarti kualitas BAGUS...• • Jika nomor pada digit tersebut adalah 00 berarti HP anda ASLI yang berarti kualitas TERBAIK ...

Selamat Mencoba....

nb:

-Berlaku untuk semua merk Ponsel

-Ada beberapa HP CDMA yang tidak berfungsi untuk cara ini.

--

Perbedaan Antara Suka, Sayang dan Cinta? Tau? tau? tau?
by Mario Senjaya on Tuesday, June 29, 2010 at 1:34pm
Perbedaan Antara Suka, Sayang dan Cinta


Perbedaan antara suka,,sayang,,dan cinta !

Suka adalah saat kamu ingin memiliki seseorang. . .

Sayang adalah saat kamu ingin membahagiakan orang itu. . .

Dan cinta adalah saat kamu akan berkorban untuk orang itu . . .



Saat kamu bersedih dan menangis maka seseorang yg “menyukaimu” akan berkata ’sudahlah jgn menangis lg’

tp seseorang yg ‘menyayangi’ akan diam dan ikut menangis bersamamu . . .

Dan seseorang yg ‘mencintaimu’ akan membiarkanmu menangis dan menunggumu hingga tenang lalu berkata ‘mari kita selesaikan ini bersama’

saat seseorang yg menyukaimu berada disampingmu maka dia akan bertanya ‘bolehkah aku menciummu?’

tp seseorang yg menyayangimua maka dia akan berkata ‘biarkan aku memelukmu’

dan seseorang yg mencintaimu takkan berbicara..dia hanya akan selalu memegang erat tanganmu seakan dia takkan mau membiarkanmu terjatuh . . .

Saat kamu menyukai seseorang dan seseorang itu menyakitimu maka kamu akan marah dan takkan mau lg berbicara dengannya..

Tp jika kamu menyayangi seseorang dan seseorang itu menyakitimu maka kamu akan menangis karenanya..

Dan jika kamu mencintai seseorang dan seseorang itu menyakitimu maka kamu akan tersenyum walau itu pahit dan berkata ‘dia hanya belum tahu apa yg dia lakukan’

suka hanyalah keegoisan diri sendiri…
Sayang adalah memberi dan menerima..
Dan cinta adalah rela berkorban…

Suka hanya akan berbuat jika itu menyenangkan..
Sayang berbuat karena ingin selalu ada untuknya..
Dan cinta berbuat karena tak ingin membuatnya terluka tak peduli bgaimana keadaan kita. . .

Pick up yourself !!
Sumber : Kaskus, lupa sapa yg posting :D:D

--

Bersepeda Itu ternyata...........
by Mario Senjaya on Friday, June 25, 2010 at 1:08pm
"Hidup ini laksana naik sepeda. Untuk mempertahankan keseimbangan, kamu harus tetap bergerak."

Perumpamaan Albert Einstein itu sudah seperti dogma di kalangan pesepeda. Penemu teori relativitas dan peraih Nobel Fisika tahun 1921 ini memang penggila sepeda. "Saya berpikir tentang hal itu (teori relativitas) saat naik sepeda," begitu kata Einstein.

Dengan bersepeda, semua pemandangan terbaik di jalanan bisa dinikmati. Banyak tokoh besar yang menemukan pencerahan saat bersepeda, juga tentu saja kesenangan. Sebagaimana dikatakan mantan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy, "Tak ada kesenangan sederhana yang bisa dibandingkan dengan naik sepeda."

Guru Besar Fisika Institut Teknologi Bandung Pantur Silaban mengatakan, "Einstein selama hidupnya tak pernah punya mobil." Artinya, Einstein telah merayakan bersepeda sepanjang hidupnya.

-
Just share
by Mario Senjaya on Wednesday, April 28, 2010 at 10:19pm
Suatu ketika, ada seorang wanita yang kembali pulang ke rumah, dan ia melihat ada 3 orang pria berjanggut yang duduk di halaman depan rumahnya. Wanita itu tidak mengenal mereka semua.
Wanita itu berkata: “Aku tidak mengenal Anda, tapi aku yakin Anda semua pasti sedang lapar. Mari masuk ke dalam, aku pasti punya sesuatu untuk menganjal perut.”
Pria berjanggut itu lalu balik bertanya, “Apakah suamimu sudah pulang?”
Wanita itu menjawab, “Belum, dia sedang keluar.”
“Oh kalau begitu, kami tak ingin masuk. Kami akan menunggu sampai suami mu kembali,” kata pria itu.
Di waktu senja, saat keluarga itu berkumpul, sang isteri menceritakan semua kejadian tadi. Sang suami, awalnya bingung dengan kejadian ini, lalu ia berkata pada istrinya, “Sampaikan pada mereka, aku telah kembali, dan mereka semua boleh masuk untuk menikmati makan malam ini.”
Wanita itu kemudian keluar dan mengundang mereka untuk masuk ke dalam.
“Maaf, kami semua tak bisa masuk bersama-sama, ” kata pria itu hampir bersamaan.
“Lho, kenapa? tanya wanita itu karena merasa heran.
Salah seorang pria itu berkata,
“Nama dia Kekayaan,” katanya sambil menunjuk seorang pria berjanggut di sebelahnya,
“sedangkan yang ini bernama Kesuksesan “, sambil memegang bahu pria berjanggut lainnya.
“Sedangkan aku sendiri bernama Cinta. Sekarang, coba tanya kepada suamimu, siapa di antara kami yang boleh masuk ke rumahmu.”

Wanita itu kembali masuk ke dalam, dan memberitahu pesan pria di luar. Suaminya pun merasa heran.
“Hmm… menyenangkan sekali. Baiklah, kalau begitu, coba kamu ajak si Kekayaan masuk ke dalam. Aku ingin rumah ini penuh dengan Kekayaan.”

Istrinya tak setuju dengan pilihan itu.
Ia bertanya, “Sayangku, kenapa kita tak mengundang si Kesuksesan saja? Sebab sepertinya kita perlu dia untuk membantu keberhasilan panen gandum kita.”

Ternyata, anak mereka mendengarkan percakapan itu. Ia pun ikut mengusulkan siapa yang akan masuk ke dalam rumah.
anak ... “Bukankah lebih baik jika kita mengajak si Cinta yang masuk ke dalam? Rumah kita ini akan nyaman dan penuh dengan kehangatan Cinta.”

Suami-istri itu setuju dengan pilihan buah hati mereka.
“Baiklah, ajak masuk si Cinta ini ke dalam. Dan malam ini, Si Cinta menjadi teman santap malam kita.”
Wanita itu kembali ke luar, dan bertanya kepada 3 pria itu.
“Siapa di antara Anda yang bernama Cinta? Ayo, silahkan masuk, Anda menjadi tamu kita malam ini.”
Si Cinta bangkit, dan berjalan menuju beranda rumah. ternyata, kedua pria berjanggut lainnya pun ikut serta. Karena merasa ganjil, wanita itu bertanya kepada si Kekayaan dan si Kesuksesan.

“Aku hanya mengundang si Cinta yang masuk ke dalam, tapi kenapa kamu ikut juga?”
Kedua pria yang ditanya itu menjawab bersamaan.
“Kalau Anda mengundang si Kekayaan, atau si Kesuksesan, maka yang lainnya akan tinggal di luar.
Namun, karena Anda mengundang si Cinta, maka kemanapun Cinta pergi, kami akan ikut selalu bersamanya. Di sana ada Cinta, maka Kekayaan dan Kesuksesan juga akan ikut serta.

Sebab ketahuilah, sebenarnya kami buta. Dan hanya si Cinta yang bisa melihat. Hanya dia yang bisa menunjukkan kita pada jalan kebaikan, kepada jalan yang lurus. Maka, kami butuh bimbingannya saat berjalan saat kami menjalani hidup ini.

--

Yang tidak bisa diucapkan oleh Ayah
by Mario Senjaya on Thursday, March 18, 2010 at 9:51pm
Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, yang sedang bekerja diperantauan, yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luar negeri, yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya.. akan sering merasa kangen sekali dengan Ibunya.

Lalu bagaimana dengan Ayah?

Mungkin karena Ibu lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu, jika ternyata Ayah-lah yang mengingatkan Ibu untuk menelponmu?

Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng, tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Ayah bekerja dan dengan wajah lelah Ayah selalu menanyakan pada Ibu tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil.. Ayah biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda. Dan setelah Ayah mengganggapmu bisa, Ayah akan melepaskan roda bantu di sepedamu...

Kemudian Ibu bilang : "Jangan dulu Ayah, jangan dilepas dulu roda bantunya"

Ibu takut putri manisnya terjatuh lalu terluka....

Tapi sadarkah kamu?

Bahwa Ayah dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA.

Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Ibu menatapmu iba. Tetapi Ayah akan mengatakan dengan tegas : "Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang"

Tahukah kamu, Ayah melakukan itu karena Ayah tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit pilek, Ayah yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata : "Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!".

Berbeda dengan Ibu yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut. Ketahuilah, saat itu Ayah benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja.... Kamu mulai menuntut pada Ayah untuk dapat izin keluar malam, dan Ayah bersikap tegas dan mengatakan: "Tidak boleh!".

Tahukah kamu, bahwa Ayah melakukan itu untuk menjagamu? Karena bagi Ayah, kamu adalah sesuatu yang sangat - sangat luar biasa berharga..

Setelah itu kamu marah pada Ayah, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu... Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Ibu....

Tahukah kamu, bahwa saat itu Ayah memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya, bahwa Ayah sangat ingin mengikuti keinginanmu, tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?

Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu, Ayah akan memasang wajah paling cool sedunia.... :')

Ayah sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu..

Sadarkah kamu, kalau hati Ayah merasa cemburu?

Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan Ayah melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.

Maka yang dilakukan Ayah adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir...dan setelah perasaan khawatir itu berlarut- larut... ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati Ayah akan mengeras dan Ayah memarahimu.. .

Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti Ayah akan segera datang? "Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan Ayah"

Setelah lulus SMA, Ayah akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Dokter atau Insinyur.

Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Ayah itu semata - mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti...

Tapi toh Ayah tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan Ayah

Ketika kamu menjadi gadis dewasa.... dan kamu harus pergi kuliah dikota lain... Ayah harus melepasmu di bandara.

Tahukah kamu bahwa badan Ayah terasa kaku untuk memelukmu?

Ayah hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini - itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .

Padahal Ayah ingin sekali menangis seperti Ibu dan memelukmu erat-erat.

Yang Ayah lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata "Jaga dirimu baik-baik ya sayang".

Ayah melakukan itu semua agar kamu KUAT...kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.

Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Ayah.

Ayah pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.

Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru, dan Ayah tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan...

Kata-kata yang keluar dari mulut Ayah adalah : "Tidak.... Tidak bisa!"

Padahal dalam batin Ayah, Ia sangat ingin mengatakan "Iya sayang, nanti Ayah belikan untukmu".

Tahukah kamu bahwa pada saat itu Ayah merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.

Ayah adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.

Ayah akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat "putri kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang"

Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan meminta izin pada Ayah untuk mengambilmu darinya.

Ayah akan sangat berhati-hati memberikan izin..

Karena Ayah tahu.....

Bahwa lelaki itulah yang akan menggantikan posisinya nanti.

Dan akhirnya.... Saat Ayah melihatmu duduk di Panggung Pelaminan
bersama seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya, Ayahpun tersenyum bahagia....

Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu Ayah pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?

Ayah menangis karena Ayah sangat berbahagia, kemudian Ayah berdoa.... Dalam lirih doanya kepada Tuhan, Ayah berkata: "Ya Tuhan tugasku telah selesai dengan baik.... Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik.... Bahagiakanlah ia bersama suaminya..."

Setelah itu Ayah hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk...

Dengan rambut yang telah dan semakin memutih.... Dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya....

Ayah telah menyelesaikan tugasnya....

Ayah, Bapak, Papa atau Abah kita... Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat... Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis...

Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .

Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa "KAMU BISA" dalam segala hal..

Saya mendapatkan notes ini dari seorang teman, dan mungkin ada baiknya jika aku kembali membagikannya kepada teman-teman ku yang lain.

Tulisan ini aku dedikasikan kepada teman-teman wanita ku yang cantik, yang kini sudah berubah menjadi wanita dewasa serta ANGGUN, dan juga untuk teman-teman pria ku yang sudah ataupun akan menjadi ayah yang HEBAT !

Yup, banyak hal yang mungkin tidak bisa dikatakan Ayah / Bapak / Romo / Papa / Papi kita... tapi setidaknya kini kita mengerti apa yang tersembunyi dibalik hatinya

Yes I love you so much, Ayah...

Sumber: bro ran1217 kaskuser.

-

salam hangat sahabat - sahabatku yang baik,
sedikit cerita semoga bermanfaat...^_^

Pada suatu hari ada seorang gadis buta yg sangat membenci dirinya sendiri. Karena kebutaannya itu. Tidak hanya terhadap dirinya sendiri, tetapi dia juga membenci semua orang kecuali kekasihnya.

Kekasihnya selalu ada disampingnya untuk menemani dan menghiburnya. Dia berkata akan menikahi gadisnya itu kalau gadisnya itu sudah bisa melihat dunia.

Suatu hari, ada seseorang yang mendonorkan sepasang mata kepada gadisnya itu Yang akhirnya dia bisa melihat semua hal, termasuk kekasih gadisnya itu .

Kekasihnya bertanya kepada gadisnya itu , ” Sayangggg … sekarang kamu sudah bisa melihat dunia. Apakah engkau mau menikah denganku?” Gadis itu terguncang saat melihat bahwa kekasihnya itu ternyata buta. Dan dia menolak untuk menikahi si pria pacar-nya itu yg selama ini sudah sangat setia sekali mendampingi hidupnya selama si gadis itu buta matanya.

Dan akhirnya si Pria kekasihnya itu pergi dengan meneteskan air mata, dan kemudian menuliskan sepucuk surat singkat kepada gadisnya itu, “Sayangku, tolong engkau jaga baik-baik ke-2 mata yg telah aku berikan kepadamu.”

Kadang pikiran manusia berubah saat status dalam hidupnya berubah. Hanya sedikit orang yang ingat bagaimana keadaan hidup sebelumnya dan lebih sedikit lagi yang ingat terhadap siapa harus berterima kasih karena telah menyertai dan menopang bahkan di saat yang paling menyakitkan.

Hari ini sebelum engkau lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu Ingatlah akan para penganguran, orang cacat dan mereka yang menginginkan pekerjaanmu.

Sebelum engkau mengeluh mengenai cita rasa makananmu, Ingatlah akan seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

Dan ketika beban hidup tampaknya akan menjatuhkanmu, pasanglah senyuman di wajahmu dan berterima kasihlah pada Tuhan karena engkau masih hidup dan ada di dunia ini.

sahabat - sahabat ku yang baik,
Hidup adalah anugerah, syukurilah, jalanilah, nikmatilah dan isilah hidup ini dengan sesuatu yg bermanfaat untuk umat sesama.


--

Pengubahan berbagai tempat ibadah menjadi masjid dimulai pada saat Muhammad masih hidup dan diteruskan oleh para penakluk islam dan di bawah aturan muslim. Hasilnya, tak terhitung gereja, sinagoga, kuil Hindu, kuil dewa-dewa menjadi masjid.


Katedral Hagia Sophia milik Kristen Ortodoks Timur diubah menjadi masjid waktu kejatuhan Konstantinopel.

Hukum islam
Kata "masjid" bisa ditemukan di seluruh qur'an, sebagian besar berkaitan dengan tempat ziarah Ka'bah di kota Mekah. Qur'an mempergunakan kata "masjid" sebagai tempat penyembahan dari berbagai agama termasuk Yahudi dan Kristen; dengan arti umum sebagai tempat pemujaan. Kata itu dipergunakan di dalam hadis, yaitu kumpulan tradisi muslim mengenai tindakan dan perbuatan Muhammad dan para sahabatnya.

Itu ada kaitannya dengan seorang panglima arab yaitu Amir ibnu Al-As yang melakukan salat (sembahyang) di gereja dan Zayid ibnu Ali yang berkata tentang masjid dan sinagoga, "Melakukan salat di dalamnya (gereja dan sinagoga); tidak akan melukai dia," yang berarti gereja dan sinagoga bisa dipergunakan dengan aman sebagai masjid.

Ka'bah
Kuil dewa Ka'bah yang berada di Mekah, adalah tempat ibadah pertama non muslim yang diubah menjadi masjid. Hal ini dilakukan oleh Muhammad sendiri setelah dia menaklukkan Mekah pada bulan Januari tahun 630.

Sebelum munculnya islam, Ka'bah adalah tempat suci dan dipergunakan sebagai tempat ziarah terhadap para dewa Arab. Menurut catatan Tabari, para dewa sebelum islam termasuk Allat, al-Uzza dan Manat adalah tiga dewi yang disembah orang Mekah. Batu hitam (al-Hajar-ul-Aswad) masih ada sampai sekarang di Ka'bah adalah bagian khusus dari pemujaan di situs itu. Menurut tradisi, teks dari "tujuh puisi khusus yang dihormati" juga masih tergantung di sekeliling Ka'bah.

Menurut penganut islam, yang dilakukan Muhammad sebetulnya bukan merubah bangunan menjadi masjid, tetapi hanya merestorasi bangunan masijd yang didirikan Abraham yang dikatakan sebagai nabi islam. Ka'bah kemudian dikenal menjadi masjid al-Haram, masjid keramat, masjid yang paling suci agama islam.

Gereja
Menurut ahli sejarah muslim mula-mula mengatakan bahwa kota-kota yang menyerah tanpa perlawanan dan membuat perjanjian damai dengan muslim, mendapat ijin untuk mempertahankan gereja-gereja dan sinagoga tetap menjadi tempat ibadah mereka. Sementara itu di kota yang diperoleh melalui peperangan, maka tempat ibadah umat Kristen dan Yahudi diambil alih oleh muslim menjadi masjid. Akan tetapi para ahli sejarah moderen tidak melihat pengubahan gereja-gereja menjadi masjid seperti yang disebutkan itu, tetapi kenyataannya pada masa itu orang islam mengambil alih banyak sekali gereja untuk diri mereka sendiri.


Masjid Umayah di Damaskus, satu dari gereja pertama yang diubah menjadi masjid.

Dari permulaan penaklukan muslim, orang Kristen telah menyerahkan setengah gereja mereka kepada muslim dan merubah menjadi masjid. Contoh paling awal ada di Damaskus, saat khalifah Umayah pada tahun 705 mengambil gereja Santo Yohanes dari orang Kristen dan membangunnya menjadi masjid, yang sekarang dikenal sebagai masjid Umayah. Abdul Malik berkata telah merubah sepuluh gereja di Damaskus menjadi masjid.

Perubahan gereja menjadi masjid khususnya terjadi secara cepat dan luas terjadi di desa-desa yang secara bertahap merubah penduduknya menjadi islam. Selama penganiayaan orang Kristen Koptik ini, khalifah Abasiah, Al-Mahmud, mengubah banyak gereja-gereja menjadi masjid, baik di Kairo dan di desa-desa Mesir, di mana mereka tidak memiliki masjid pada generasi awal islam. Selanjutnya khalifah Fatimah, Al-Hakim, mengubah banyak gereja dan sinagoga menjadi masjid.


Masjid Lala Mustafa Pasha di Siprus sebelumnya adalah katedral Santo Nicholas - satu dari sedikit gereja berarsitektur gotik yang masih bertahan, yang diubah menjadi masjid.

Selama Perang Salib, para prajurit Kristen mengembalikan masjid-masjid itu menjadi gereja, di mana saat berkuasa lagi orang muslim mengubahnya menjadi masjid. Beberapa gereja Visighotik mula-mula diubah menjadi masjid, bahkan masjid juga dibangun di atas kuil Romawi.

Masjid kepala di Palermo sebelumnya adalah sebuah gereja. Masjid agung Kordoba asalnya adalah gereja yang diubah menjadi masjid pada masa penaklukan muslim, yang sempat dikembalikan fungsinya menjadi gereja ketika orang Kristen menduduki Spanyol.

Setelah Perang Salib berakhir, di Palestina, gereja-gereja diubah menjadi masjid, termasuk masij agung Gaza.

Ottoman Turk merubah hampir semua gereja, biara dan kapel di Konstantinopel, termasuk katedral yang sangat terkenal Hagia Sophia menjadi masjid segera setelah kota ditaklukkan tahun 1453. Untuk membuat bangunan sesuai menjadi masjid, Turk mengancurkan simbol-simbol Kekristenan, menjarah harta berharga selama proses, dan merusak lukisan-lukisan dinding.

Sultan Ottoman Mehmet II adalah yang pertama kali melakukan sembahyang muslim di tempat yang sebelumnya adalah katedral Hagia Sophia.

Pada musim dingin tahun 1543-1544, katedral Toulon diubah menjadi masjid untuk 30,000 awak kapal dari Turki-Barbaria, admiral Hayreddin Barbarossa, yang menjalani musim dingin di pelabuhan Mediterania sebagai sekutu Perancis, Francis I.

Tempat suci Alkitab
Banyak masjid didirikan di atas tempat-tempat suci Yahudi dan Kristen yang terdapat di Alkitab, yang diakui oleh Islam, contohnya umum terjadi di Palestina.

Kalif Umar meletakkan fondasi masjif Al-Aqsa di atas Temple Mount (Bait Allah), situs paling suci umat Yahudi. Masjid islam yang lain, Dome of the Rock, juga dibangun di atas Temple Mount di mana waktu itu merupakan tanah yang ditinggalkan.

Pada saat menaklukkan Yerusalem, umum dijumpai laporan bahwa khalifah Umar menolak untuk berdoa di gereja Holy Sepulchre (Makam Kudus - gereja yang terdapat gua Yesus dimakamkan) karena takut kalau nanti orang muslim mengubahnya menjadi masjid, sebagai jaminan perjanjian perdamaian.

Masjid Ayub di Ash Shaykh Sa'd, Suriah, awalnya adalah gereja Ayub.

Kuil Herodian, Gua Para Bapa, tempat paling suci kedua agama Yahudi, yang dirubah menjadi gereja saat Perang Salib, pada tahun 1266 diubah menjadi masjid yang terlarang bagi orang Yahudi dan Kristen. Sebagian dari masjid itu dihancurkan untuk diubah lagi menjadi sinagoga setelah tahun 1967 oleh Israel.

Pada bulan Oktober tahun 2000 selama gerakan intifada Al-Aqsa, kuburan Ibrani Bapa Yosep dan Yeshiva di dalam Od Yosef Chai yang berlokasi di Nablus, dihancurkan oleh masa Palestina. Selama pemerintahan Palestina, dilakukan perbaikan dan kubahnya dicat warna hijau. Karena ada protes dan keberatan dari dunia internasional, maka cat-nya diubah menjadi warna putih.

Kuil Hindu
Penghancuran kuil Hindu di India selama penaklukan islam di India terjadi dari awal penaklukan muslim sampai akhir kerajaan Mughal di seluruh benua India.

Dalam bukunya "Kuil Hindu - Apa Yang Terjadi Padanya", Sita Ram Goel memasukkan daftar 2,000 masjid yang diklaim dibangun di kuil-kuil Hindu. Terbitan kedua buku itu mengutip dari catatan dan sejarah abad pertengahan dan dari prasasti-prasasti tentang penghancuran kuil-kuil Hindu, Jain dan Buddha. Penulis mengklaim bahwa bukti yang disampaikan di buku itu hanyalah ujung dari sebuah gunung es.

Ram Janmabhoomi
Ram Janmabhoomi mengacu kepada traktat tanah di kota Ayodhya, utara India, yang merupakan tempat kelahiran Rama. Survey arkeologis India setelah melakukan penggalian di situs itu melaporkan bahwa pada tahun 1528 sebuah kuil Hindu ada berdiri di sana. Tetapi dengan kedatangan penakluk Mughal, kuil itu dihancurkan dan diganti dengan masjid Babri. Banyak kuil di sana yang dihancurkan dan diganti dengan masjid-masjid.

Dari tahun 1528 sampai 1992 di tempat ini berdiri masjid Babri. Masjid ini kemudian dihancurkan oleh massa 100,000 orang, yang dihasut secara politik, pada tanggal 6 Desember 1992. Kampanye ini dilancarkan pada tahun 1984 oleh Organisasi Hindu Nasionalis, Vishwa Hindu Parishad (VHP), dan dipimpin oleh Rashtriya Swayamsevak Sangh (RRS).

Sangh Parivaar bersama dengan Vishwa Hindu Parishad (VHP) dan Partai Bharatiya Janata (Partai oposisi terbesar) mencoba membangun kuil untuk dewa Rama di tempat ini. Novelis peraih Nobel VS Naipaul memuji para nasionalis Hindu karena "mengkaim ulang warisan Hindu India." Naipaul menambahkan bahwa pengahncurkan struktur Babri adalah kenyataan keseimbangan dan repatriasi sejarah dari Ramjanmabhoomi yang merupakan sebuah "tanda selamat datang bahwa kebanggaan Hindu sedang memulihkan dirinya sendiri."

Ensiklopedia Britania tahun 1986 menyatakan bahwa "Tempat kelahiran Rama ditandai dengan sebuah masjid, yang didirikan oleh Babar, penguasa Moghul, tahun 1528 di tempat yang klaim sebelumnya adalah kuil Hindu."

Pengggalian arkeologis pada situs ini oleh Survei Arkeologis India melaporkan keberadaan kuil Hindu abad 10. Laporan menyebutkan bahwa kegiatan manusia yang ditelusuri melalui penanggalan sains di situs itu berawal dari abad 17 Sebelum Masehi.

Banyak organisasi muslim yang memprotes kekejaman atas perusakan masjid ini dan dengan keras menolak pendirian kuil Hindu di atasnya.

Qutub Minar
Terinspirasi oleh menara Jam di Afganistan dan karena ingin mangalahkannya, Qutbuddin Aibak, penguasa Muslim pertama di Delhi, memerintahkan pembangunan kontruksi Qutb Minar pada tahun 1193, yang diselesaikan oleh penggantinya, Iltutmish dan Firuz Shah Tughlug tahun 1386.


Dengan ketinggian 72,5 meter, Qutb Minar adalah menara masjid tunggal tertinggi di dunia.

Menaranya dibuat dari batu merah beralur yang dilapisi dengan ukiran rumit dan ayat-ayat qur'an. Qutb Minar sendiri dibangun diatas reruntuhan Lal Kot, benteng Merah di kota Dhillika, ibukota Tomar dan Chaubans, penguasa Hindu terakhir dari Delhi.

Kompleks ini berisi 27 kuil kuno Hindu dan Jain, yang dihancurkan semuanya dan puing-puingnya digunakan untuk membangun Qutb Minar. Salah satu ukiran di Qutb Minar berbunyi, "Shri Vishwakarma prasade rachita" (Dibangun dengan rahmat Vishwakarma). Ukiran ini diperkirakan dibuat oleh pemahat Hindu yang dijadikan budak untuk membangun Qutb Minar.

Referensi yang lain
Sebuah prasasti di masjid Quwwat Al-Islam di Delhi berbunyi: "Masjid Jamii ini dibangun bulan Hijrah tahun 587 oleh Amir, panglima agung pasukan Qutb-ud-daula wad-din, seorang Amirul umara Adibeg, hamba Sultan, semoga Tuhan menguatkan bantuannya! Bahan-bahan dari 27 kuil berhala, yang masing masing koin 2,000,000 Deliwal telah dipergunakan dalam pembangunan masjid ini." Bagaimanapun sesuai penggambaran prasati itu, masjid dibangun dari reruntuhan material kuil Hindu kuno.

Alberuni di India menulis tentang kuil Multan yang terkenal: "Sebuah kuil berhala yang terkenal adalah Multan, dipersembahkan untuk dewa matahari, ... Saat Muhammad Ibnu Alkasin Ibnu Almunabbih menaklukkan Multan, dia menyelidiki bahwa kota itu sangat maju dan terdapat begitu banyak harta benda, dan kemudian dia mendapati bahwa kuil berhala ini ada karena semua orang dari seluruh negeri datang untuk berziarah. Sehingga dia berpikir untuk membangun sebuah masjid di tempat yang sama di kuil itu didirikan. Kemudian saat Karmatia menguasai Multan, Jalam Ibnu Shaiban, sang penguasa menghancurkan kuil berhala itu dan membunuh iman-imannya. ... Kemudian atas restu pangeran Mahmud, semua aturan berhala dihapuskan dari seluruh negeri. Dia membuat lagi sebuah masjid di tempat sembahyang Jumat, ... "

Sebuah prasarti tahun 1642 di masjid Jami di Malan, distrik Banaskantha di negara bagian Gujarat berbunyi, "Masjid Jami dibangun oleh Khan-I-Azam Ulugh Khan, yang menindas para orang kafir. Dia membasmi rumah-rumah penyembah berhala dan pertambangan orang kafir, bersama semua berhala mereka dengan mempergunakan ujung pedang, sehingga siap untuk bangunan ini (masjid Jami). Dia membuat tembok-tembok dan pintu-pintunya bersih dari berhala, punggung dari setiap batu menjadi tempat sujud bagi kaum beriman."

Kaisah Mughal, Jahangir, menulis di Tujuk-i-Jahangiri: "Saya ada di sini menceritakan bahwa di kota Banaras, sebuah kuil didirikan oleh Rajah Maun Sing, dengan biaya sebesar hampir tiga puluh enam lak dari lima methkaly pengisi abu ... Saya mengajukan permohonan untuk menghancurkan kuil ini yang merupakan simbol kota, dan di atasnya, dengan material yang sama, saya mendirikan masjid agung, karena nama islam telah diharamkan di Banaras, dan dengan Allah memberkati rencangan saya, jika saya hidup, mengisinya dengan orang percaya yang benar." Tetapi ahli sejarah moderen percaya bahwa kuil itu didirikan oleh Aurangzeb, dan moghul agung terakhir yang dikenal sekarang ini adalah Gyanvapi.

Kuil Zoroastria
Setelah Islam menaklukkan Persia, kuil-kuil Zoroastria dibakar, dan biasanya diubah menjadi masjid dengan cara mudah menempatkan mihrab (tempat imam) di sisi kiblat (arah ke Mekah). Praktek ini digambarkan pada banyak sumber-sumber tulisan muslim. Kuil-kuil Zoroastria yang diubah menjadi masjid dengan cara ini dapat dijumpai di Bukhara, begitu juga di Istakhar dan di kota-kota Iran yang lain.

Sinagoga


Sinagoga Agung di Oran, disita dan diubah menjadi masjid.

Sinagoga kuno di Katzrin diubah menjadi masjid pada masa Mamluk. Setelah pengusiran orang-orang Yahudi dari Algeria, Sinagoga Agung di Oran, disita dan dipergunakan menjadi masjid.


Masjid Aksa di The Hague, Belanda, sebelumnya adalah sinagoga.

Prakteknya pada hari ini
Pengubahan tempat-tempat ibadah menjadi masjid agak berkurang di jaman moderen ini, semenjak tidak ada lagi wilayah luas yang direbut oleh islam pada masa ini.

Akan tetapi beberapa gereja Ortodoks Yunani di Turki yang ditinggalkan pada saat pengusiran orang Yunani pada tahun 1923, semuanya diubah menjadi masjid, dan banyak sinagoga yang disita dan diubah menjadi masjid setelah pengusiran orang Yahudi dari tanah arab dari tahun 1950-an sampai tahun 1960-an.

Gelombang pengubahan gereja menjadi masjid yang cukup penting terjadi pada tahun 1974 saat Turki menyerbu Siprus. Banyak gereja Ortodoks di Siprus Utara yang diubah menjadi masjid, dan sampai sekarang masih banyak yang dalam proses mengubahan menjadi masjid. Praktek yang menjijikkan ini terjadi di daerah komunitas Siprus Yunani yang tampaknya mempunyai masalah rekonsiliasi dengan penduduk Siprus Turki.

Selama Perang Dunia II, penguasa boneka Nazi di Wilayah Bebas Kroasia mencoba bersekutu dengan orang Bosnia, yang dikenal sebagai "muslim Kroasia." Setelah persekutuan terjadi, museum Galeri Kesenian (yang didirikan Ivan Mestrovic) di Zagreb diubah dan dipasangi menara untuk digunakan menjadi masjid.

Di banyak daerah dengan gelombang populasi islam yang baru (contohnya di Amerika dan Inggris), bangunan-bangunan yang tadinya adalah gereja dan tempat ibadah umat agama lain diubah menjadi masjid sejalan dengan penurunan tingkat keagamaan orang Kristen di sana. Gereja-gereja diubah menjadi masjid setelah mereka membeli proterti tersebut. (source:wikipedia)

--


5 Buku Bisnis yang Layak Anda Baca

Membaca buku, terutama buku dengan mutu bagus, tentu merupakan sebuah lelakon yang kudu terus disuntuki. Sebab dengan itu, maka jagat pengetahuan kita bisa terus mekar dan bentangan wawasan bisa terus ditumbuhkan. Membaca buku dengan kata lain, merupakan elemen penting dalam proses self development and self learning yang terus berkelindan tanpa kenal letih.

Itulah kenapa disela-sela kesibukan kerja yang acap padat, saya selalu menyempatkan diri untuk membaca buku – khususnya buku bisnis dan manajemen yang berkualitas mak nyus. Seperti bulan lalu misalnya, saya menyempatkan diri untuk membeli dan membaca lima buku bisnis manajemen yang saya kira bagus-bagus.

Seluruh lima buku bisnis ini mendedahkan sebuah pengetahuan penting tentang budaya perusahaan, tentang rahasia dibalik peak performance, dan tentang sisi gelap irasionalitas manusia dalam mengambil keputusan bisnis. Mari coba kita bahas satu per satu disini.

re-delivering-happiness-cover1.jpgBuku yang pertama bertajuk : Delivering Happiness: A Path to Profits, Passion, and Purpose. Buku ini merupakan sebuah kisah tentang toko sepatu online zappos.com yang sangat terkenal dengan budaya layanan pelanggan yang wow. Tony Hsieh penulis buku ini dan sekaligus CEO Zappos, masih berumur 35 tahun, mengisahkan perjalanan bisnisnya dengan sangat memikat. Ringan dan mengalir.

Didalam bukunya Tony menceritakan dengan detil bagaimana ia membangun budaya kerja yang mampu mendeliver wow experience bagi para pelanggannya. Salah satu kuncinya adalah ini : sebuah perjuangan tanpa henti dari dirinya untuk membangun lingkungan kerja yang penuh dengan fun, minim birokrasi dan membebaskan karyawannya untuk melakukan improvisasi. Buku ini saya kira layak dibaca oleh semua pengelola bisnis di tanah air yang pengin mempersembahkan layanan pelanggan nan cemerlang.

re-irasional.jpgBuku kedua bertajuk : The Upside of Irrationality: The Unexpected Benefits of Defying Logic at Work and at Home. Sebuah buku yang membongkar sisi irasionalitas manusia dalam bertindak dan berpikir – utamanya dalam dunia kerja. Salah satu temuan buku ini layak disimak : ternyata memberi bonus yang terlalu tinggi bagi karyawan justru berdampak negatif bagi kinerja dan produtkivitas.

Pelajaran penting dari buku yang ditulis oleh pakar behavior economics ini adalah kepekaan untuk selalu menguji dan mempertanyakan asumsi-asumsi yang mungkin selama ini sudah dianggap taken for granted. Kita harus selalu sadar dan peka terhadap sisi emosi dan irasionalitas yang setiap saat selalu menyelinap dalam keseharian kita. Think clearly and objectively memang acap mudah untuk diucapkan namun duh kadang amat sulit untuk diterapkan.

re-thefacebookeffect.jpgBuku ketiga berjudul The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That Is Connecting the World. Buku setebal 380 halaman ini secara sangat elok menggambarkan sejarah Facebook sejak embrio pendiriannya. Di-narasikan dengan indah, buku ini menceritakan drama perjuangan dan pergulatan gagasan dibalik setiap perubahan bisnis Facebook (mulai dari proses kelahiran, visi bisnis mereka higga fitur-fitur apa yang perlu diubah dan ditambahkan). Buku ini dengan sangat baik memberi pelajaran penting tentang bagaimana mengelola pertumbuhan bisnis yang meroket, dan bagaimana memadukan idealisme dengan ide bisnis yang visioner.

re-talent-is_overrated.jpgBuku keempat berjudul Talent Is Overrated: What Really Separates World-Class Performers from Everybody Else. Buku ini mengulik rahasia dibalik setiap peak performance. Rahasianya ternyata tidak terletak pada bakat (talent) seperti yang selama ini banyak dipercaya. Studi after study menunjukkan bahwa kehebatan Mozart, Tiger Woods atau musisi legendaris John Lennon ternyata lebih bertumpu pada prinsip 10,000 hours of deliberate practice yang panjang, melelahkan, dan acap membutuhkan ketangguhan mental.

Deliberate practice bukan sekedar latihan (practice) biasa namun proses berlatih yang difokuskan pada area tertentu, dan semua itu terus diulang selama 10,000 jam (atau sekitar 5 jam selama lima tahun tanpa pernah berhenti). Setiap insan unggul dalam beragam bidang ternyata selalu melewati rute 10,000 jam itu sebelum mereka benar-benar menjelma menjadi top performers.

re-the-checklist-manifesto-how.jpgBuku kelima atau yang terakhir berjudul The Checklist Manifesto: How to Get Things Right. Buku ini mau mendedahkan sebuah prinsip yang sederhana : bahwa menggunakan checklist sebelum memulai pekerjaan – apapun pekerjaan itu, mulai dari operasi pembedahan hingga menjalankan pesawat atau mesin turbin – ternyata memberikan dampak signifikan bagi produktivitas kerja.

Ceklist adalah sesuatu yang sederhana, namun begitu sering dilupakan. Padahal seperti ditunjukkan dalam buku ini, perannya dalam meningkatkan mutu pekerjaan sungguh tak terbantahkan.

Demikianlah lima buku yang selama sebulan ini menemani saya menjalani ibadah puasa. Tak ada yang lebih saya nikmati selain duduk leyeh-leyeh di Sabtu atau Minggu sore yang teduh, lalu membaca lima buku ini sambil menunggu bedug Maghrib berkumandang. Bagi saya, momen sederhana semacam inilah yang membuat hidup terasa begitu indah. Yes, life is so beautiful.


--
"Most people never run far enough on their first wind to find out if they've got a second. Give your dreams all you've got and you'll be amazed at the energy that comes out of you."

William James
1842-1910, Philosopher and Author

--

"Even a mistake may turn out to be the one thing necessary to a worthwhile achievement."

Henry Ford
1863-1947, Industrialist

--


"Be careful what you spend your day touching because it will shape your mind, your body, and your heart."

Sam Keen
Speaker and Author

--

"I have learned this at least by my experiment: that if one advances confidently in the direction of his dreams, and endeavors to live the life he has imagined, he will meet with success unexpected in common hours."

Henry David Thoreau
1817-1862, Writer and Poet

--


"Every achiever that I have ever met says, 'My life turned around when I began to believe in me.'"

Dr. Robert H. Schuller
Minister and Author

--


Best Practices on Talent Management

The people agenda is one of my top priorities, demikian salah satu poin yang disebut oleh 98% CEO Asia Pasifik dalam sebuah survei bertajuk CEO Annual Global Survey. Secara lebih spesifik, survei itu juga menyebut talent retention sebagai salah satu isu fundamental dalam peningkatan kinerja bisnis.

Hanya persoalannya, memburu dan mengelola top talents ternyata juga bukan pekerjaan yang mudah dilakoni. Lalu apa yang semestinya dilakukan agar proses talent management itu bisa diterapkan dengan optimal? Dan best practices semacam apa yang bisa diolah agar para top talents itu bisa terus mekar, tumbuh dan memberikan kontribusi yang mak nyos bagi kecemerlangan bisnis?

Pertanyaan itulah yang coba dieksplorasi secara memikat dalam buku bertajuk Talent Management Implementation : Belajar dari Perusahaan-perusahaan Terkemuka. Buku berbahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Lembaga Manajemen PPM, sebuah sekolah bisnis yang beberapa tahun secara proaktif menyebarluaskan konsep talent management kepada segenap pengelola SDM di tanah air.

Buku ini menarik, sebab selain memetakan strategi talent management secara komperehensif, sebagian isinya berkisah tentang kasus nyata penerapan talent management di empat perusahaan papan atas, yakni : Astra, Unilever, Garuda Indonesia dan TransTV.

talent-1.jpgAda beberapa poin penting yang mungkin layak dipetik dari buku ini. Poin pertama, para top talent akan makin mekar jika mereka memiliki level of employee engagement yang kuat. Employee engagement (EE) adalah keterikatan karyawan, baik terhadap pekerjaan ataupun perusahaan. EE yang tinggi selalu memiliki korelasi positif dengan kinerja karyawan.

Itulah kenapa penting untuk melakukan pengukuran Employee Engagement secara periodik, seperti misalnya yang dilakukan oleh Astra. Dengan mengetahui level EE ini, perusahaan bisa mengetahui dimana posisi mereka saat ini, dan dalam area apa mereka arus berbenah agar level EE lebih meningkat di masa mendatang.

Poin kedua yang penting dalam talent management adalah ini : proses pengembangan talent hanya akan berhasil jika muncul dukungan yang penuh dari BOD (board of directors). Dalam buku itu misalnya diceritakan bagaimana BOD Unilever setiap tahun mendedikasikan sebuah pertemuan khusus di luar Jakarta (off site meeting) selama 2 – 3 hari, yang ditujukan untuk membahas talent maps di perusahaan mereka. Meeting level BOD ini mereka sebut sebagai Talent Review Meeting.

Dalam talent review itu, BOD melakukan kajian terhadap people development plan yang sudah dan akan dilakukan oleh masing-masing divisi; dan apakah konfigurasi top talent di masing-masing divisi itu sudah sesuai dengan kebutuhan strategis bisnis. Asyik juga mungkin jika kita bisa terlibat dalam meeting BOD talent review semacam ini.

Poin ketiga yang layak dicatat dalam proses pengembangan talent management adalah : adanya opportunities for personal development yang dijalankan dengan sistematis. Tak syak lagi, proses talent management yang jos markojos hanya akan muncul jika disitu ada sebuah ruang untuk pengembangan diri secara konstan dan terus menerus.

Proses pengembangan itu bisa dilakoni melalui sebuah jalur pendidikan yang sistematis. Di Garuda misalnya, mereka mendesain program pendidikan tiga tipe yakni : professional development program (untuk pengembangankan kompetensi teknis profesional), management development program (untuk mendidik dan menyiapkan karyawan dalam posisi manajerial) dan executive development program (program untuk mengembangkan calon top executive).

Sementara di Astra dikenal adanya program pendidikan manejerial terstruktur mulai dari level Astra Basic Management Program (berlangsung selama 1 minggu di kelas dan 3 bulan self improvement plan) hingga level Astra General Management Program (2 minggu di kelas dan 6 bulan projek penugasan).

Selain program pendidikan seperti diatas, proses pengembangan juga harus melibatkan metode project assignment secara terencana dan sistematis (jika perlu disertai penugasan di luar negeri). Di Unilever misalnya, secara reguler sejumlah top talent-nya diberi overseas project assigenments untuk makin menggemblang talenta dan kompetensinya.

Buku berjudul Talent Management Implementation ini sungguh memberikan inspirasi segar bagi Anda yang memang ingin melentingkan kinerja para talent di perusahaan tempat Anda berkiprah. Sementara jika Anda sendiri merasa sebagai salah satu top talent bagi perusahaan Anda, buku ini juga layak di-simak, agar perjalanan karir Anda bisa kian menebarkan kegemilangan.

--
"Act well at the moment, and you have performed a good action for all eternity."

Johann Kaspar Lavater
1741-1801, Poet and Physiognomist

--
People become really quite remarkable when they start thinking that they can do things. When they believe in themselves they have the first secret of success."

Norman Vincent Peale
1898-1993, Speaker and Author

--

Getting ahead in a difficult profession requires avid faith in yourself. You must be able to sustain yourself against staggering blows. There is no code of conduct to help beginners. That is why some people with mediocre talent, but with great inner drive, go much further than people with vastly superior talent."

Sophia Loren
Actress

--

"Never does a man portray his character more vividly than his proclaiming the character of another."

Winston Churchill
1874-1965, Former British Prime Minister

--

"Achievement seems to be connected with action. Successful men and women keep moving. They make mistakes, but they don't quit."

Conrad Hilton
1887-1979, Founder of Hilton Hotels

--

"Successful people form the habit of doing what failures don't like to do. They like the results they get by doing what they don't necessarily enjoy."

Earl Nightingale
1921-1989, Author and Syndicated Radio Personality

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar