Selasa, 23 Juni 2009

Orangtua yang bijaksana




Published by rimbaman at 23:06 pm under Renungan

“… kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.” (Amsal 17:6)

Ada banyak cara untuk mengukur keberhasilan: salah satunya adalah cara anak anda menggambarkan diri anda di depan teman-temannya.

Seorang pengacara muda yang sukses berkata: hadiah terbesar yang pernah saya terima adalah ketika ayah memberi saya sebuah kotak kecil pada hari Natal. Di dalamnya ada sepucuk surat yang berbunyi: “Nak, tahun ini ayah akan memberimu 365 jam. Satu jam sehari sesudah makan malam.”

Ayah saya bukan saja memenuhi janjinya, tetapi setiap tahun ia melakukan hal yang sama, dan inilah hadiah terbesar yang saya terima dalam hidup saya. Saya adalah hasil dari waktu yang diluangkannya itu.

(Dikutip dari buku “Ayah yang bijaksana”. Jakarta: Yayasan Media Buana Indonesia, 1998, hal. 1-3.)

Ulasan:

Kasih yang dirasakan anak, sepadan dengan jumlah waktu yang disediakan orangtua untuk bersama mereka, bermain dan berkomunikasi dengan mereka.

Anak yang tidak mendapat waktu yang cukup dari orangtua, akan merasa kurang dikasihi oleh orangtuanya, walau mereka dilimpahi dengan harta benda. Akibatnya biasanya adalah anak akan lebih mencintai barang daripada sesama manusia.

Pepatah Cina kuno mengatakan:“perjalanan seribu mil, dimulai dengan langkah pertama.”

Saya senang perbaikan Robert Kiyosaki(*) terhadap pepatah kuno ini: “perjalanan seribu mil, dimulai dengan langkah pertama yang kecil.”

Bila menyediakan waktu satu jam setiap hari terasa terlalu berat untuk anda, cobalah dengan membuat sasaran kecil yang pasti terjangkau. Misalnya jangan biarkan ada hari yang berlalu tanpa komunikasi yang berarti dengan anak anda selama minimal lima (5) menit. Lebih baik
merasa kurang daripada kecewa karena tidak berhasil mencapai sasaran yang terlalu tinggi.

Mengapa tidak mulai malam ini?

_______________________________________________________

(*) Robert Kiyosaki dalam bukunya “the
Rich Dad and the Poor Dad”, dan “the Cashflow Quadrant”.

--

Tujuan berkat Tuhan

Published by rimbaman at 00:37 am under Ayat Emas

Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN,… (Yesaya 45:3)


--



Feb 21 2008
Hanya ada satu tempat aman

Published by rimbaman at 23:05 pm under Renungan

“Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.” (Mazmur 62:2)

Di dunia ini, hanya ada satu tempat aman, yaitu didekat Tuhan.

Walau banyak orang baru sadar Amerika Serikat tidak aman setelah peristiwa 11 September 2001, sebenarnya sudah sejak dulu Amerika Serikat dan semua negara lain sama tidak amannya dengan di Indonesia. Hanya jenis ancamannya saja yang berbeda. Di Indonesia ancaman dari kelompok ekstrim mungkin lebih terasa. Di Amerika Serikat dan negara maju lainnya ancaman terhadap iman dan moral seseorang mungkin lebih terasa.

Beberapa tahun yang lalu seorang isteri Pendeta Gereja Sidang Jemaat Allah yang telah berusia di atas 60 tahun nyaris diperkosa seseorang yang mendobrak pintu kamar hotel-nya di tengah malam. Waktu itu dia bersama suaminya sedang melayani di sebuah kebaktian kebangunan rohani di salah satu kota di negara bagian Florida, A.S. Suaminya yang berusia hampir 70 tahun berusaha menolong isterinya. Tapi si suami bukan lawan si pemerkosa yang berusia di bawah 30 tahun dan mengalami patah tulang dan cedera berat lainnya sehingga harus dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan.

Hanya berkat campur tangan Tuhan yang ajaib si isteri lolos dari tindak tak senonoh sewaktu dia berseru kepada nama Yesus.

Kesimpulan: tidak ada tempat aman di dunia ini kecuali di dekat Tuhan.

Firman Allah berkata:

“Kuda adalah harapan sia-sia untuk mencapai kemenangan, yang sekalipun besar ketangkasannya tidak dapat memberi keluputan.

Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya, untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita!

Ya, karena Dia hati kita bersukacita, sebab kepada nama-Nya yang kudus kita percaya.

Kasih setia-Mu, ya TUHAN, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

(Mazmur 33:17-22)

--
Serba palsu

Published by rimbaman at 23:04 pm under Renungan

Rambut boleh palsu, gigi boleh palsu, perhiasan emas dan berlian boleh palsu, yang penting hati tak boleh palsu. Sebab firman Tuhan berkata:

“Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (1 Samuel 16:7)

Karena itu

“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Amsal 4:23)

Firman Tuhan adalah cermin yang disediakan Tuhan untuk menjaga hati kita:

“Hai anakku, perhatikanlah perkataanku,
arahkanlah telingamu kepada ucapanku;
janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu.
Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi
mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan
bagi seluruh tubuh mereka.” (Amsal 4:20-22; lihat juga 2 Timotius 3:16-17)

Selalu bertindak jujur dan tulus sesuai firman Tuhan, merupakan bukti bahwa kita menjaga hati dengan segala kewaspadaan:

“Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu. Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka. Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.” (Amsal 4:24-27)

Kiranya Tuhan tolong kita. Amin.
(Jakarta, 13 November 2004)


Kesulitan Setanta Sports
Mahal Tak Tertolong

Siaran Premier League di televisi masih diminati? Di Inggris sendiri, harga mahal siaran televisi membuat sebagian orang memilih mengurangi jumlah tontonan. Setanta Sports terpengaruh hingga terancam kolaps. Namun, tangan penolong menjauh.

Dua pendiri Setanta, Leonard Ryan dan Michael O’Rourke, disebut terus mendekati penyandang dana untuk membantu mereka mempertahankan jalannya firma. Di awal pekan, Setanta telah menawarkan akses ke hak tayangan langsung yang mereka miliki ke kubu British Sky Broadcasting (BSkyB atau kerap disingkat Sky).

Chief Executive BSkyB, Jeremy Darroch, membenarkan bahwa pihaknya telah duduk semeja dengan Setanta untukmeninjau peluang kerja sama atau pemberian nilai. Akan tetapi, tingginya nilai yang dimau Setanta berakibat pupusnya kesepakatan. BSkyB menolak proposal Setanta untuk paket tersebut sebesar 50 juta pound.

“Pada akhirnya kami bukanlah bank. Kami adalah stasiun penyiar, bukan penyedia kapital untuk bisnis. Tugas kami bukan mendanai perusahaan lain. Itu membutuhkan uang dalam jumlah yang besar,” kata Darroch.

Aturan kompetisi Uni Eropa yang melarang sebuah stasiun mengambil semua paket siaran juga bisa mengganjal pencaplokan itu. BSkyB telah memegang empat paket hak siar atau sebanyak 96 gim Premier League. Setanta menggenggam dua paket lainnya atau 46 partai.

Setanta, tak terelakkan, mencoba berlaku sebagai penjual grosir. Mereka bisa tetap mempertahankan hak siar, lalu menjualnya ke pesaing. Efeknya, para pembeli dapat menyiarkan pertandingan melalui saluran mereka.

Penghentian

Sejumlah analis mengatakan bahwa model pelegoan seperti itu menjadi satu-satunya opsi bagi Setanta jika mau selamat daripada menjual langsung ke pelanggan. Cara ini bisa memperluas pasar.

Itulah alasan firma asal Irlandia ini menawarkan ke BSkyB ,yang punya kekuatan dalam pemasaran. Apa daya, Sky menilai harga itu terlampau mahal.

Setanta Sports ,yang sudah di ujung tanduk kebangkrutan ,tak hanya gagal mendapat bantuan. Bahkan ikatan yang sudah ada memilih menghentikan kerja sama.

Pada Rabu (10/6), sehari usai penolakan BSkyB, lumpur makin membenamkan Setanta. BT Vision, layanan televisi digital di Britania, memutuskan menghentikan penjualan lebih lanjut Setanta.

Setanta masih bisa mengudara, tapi tak lagi bisa menambah pelanggan dari situs resmi mereka atau via telepon. Keputusan ini keluar tak lama setelah BT menyatakan menyetop pula promosi layanan Setanta.

ESPN menjadi harapan tersisa Setanta. Stasiun khusus olah raga dari Negeri Paman Sam yang belakangan gencar berekspansi ke Eropa ini telah menyatakan ketertarikan untuk melakukan satu dari dua hal, yaitu mengakuisisi firma itu dengan nilai tertentu atau membeli hak siar Premier League. Entah apakah nilai tinggi dapat diterima ESPN. (Christian Gunawan)


--

Newcastle United
Paket dari Singapura

Newcastle United sudah terlempar dari Premier League. Namun ,klub ini masih ramai diburu, apalagi setelah benderol yang ditentukan “hanya” 100 juta pound lebih. Setelah dipastikan terdegradasi, pihak klub asal Tynewear itu menyatakan sudah ada tiga peminat serius.

Selasa lalu, pengincar bertambah satu. Profitable Group, perusahaan investasi global, masuk bursa. Bahkan, grup yang berbasis di Singapura ini mengaku sudah bertemu dengan Mike Ashley, pemilik sekarang.

Namun, kubu Ashley sendiri mengaku baru mendengar kabar itu. “Tidak ada kontak atau pembicaraan dengan pihak dari Singapura. Pembicaraan dengan tiga kelompok yang ingin tetap dirahasiakan masih berlangsung,” tutur seorang yang dekat dengan Ashley seperti dikutip The Telegraph.

Walau belum mengontak seperti klaim mereka, Profitable Group toh boleh jadi tak kalah serius. Perusahaan ini sudah mengusung tiga butir rencana strategisbila jadi mengakuisisi klub juara liga empat kali itu.

Salah satu rencana strategis itu adalah tetap mengikat Alan Shearer sebagai pelatih. Peminat ini mencoba mengibarkan isu pemahaman mereka pada sepak bola untuk memuluskan niat. Maklum, mereka telah mencantumkan Kenny Dalglish , eks pelatih Liverpool dan Newcastle , sebagai penasihat operasi di Inggrisdan Steve McMahon , eks pemain Liverpool , sebagai direktur komersial.

Yang tak kalah menarik adalah ambisi menjadikan The Magpies seperti Barcelona dalam kepentingan suara para fan. “Kami tak berada dalam bisnis yang menyesatkan orang. Kami telah membuat rencanadan hal ini adalah yang kami pikirkan, yakni suporter akan berada di belakang klub.” (chrs)

Masa Depan Antonio Cassano
Mengintip Peluang Lima Persen

Nama Antonio Cassano boleh saja dikesampingkan Marcello Lippi di tim nasional Italia. Tapi, jika berbicara level klub, Cassano menjadi salah satu komoditas terpanas mercato Serie A.

Antonio Cassano, menjadi primadona dalam bursa transfer Italia. (Foto: Getty Images)

Cassano memang menjadi buah bibir sepanjang musim 2008/09. Kebangkitanpascakegagalan di Roma dan Real Madrid berbuahkecemerlang a npenampilan Sampdoria. Sejak berkostum Il Samp pada Januari 2008, ia telah mencetak 25 gol dari 67 penampilan dan kerap bermain eksepsional sebagai inspirator tim.

Takmeng heran kanjika kini sosok bergaji 1,2 juta euro per tahun ini laku keras. Bahkan, kontrak panjangnya bersama I Blucherciati hingga 2013 tidak sedikit pun menyurutkan minat sejumlah klub antre mendapatkan jasanya musim depan.

Juventus, Inter, dan Napoli dikabarkan menjadi tiga tim teratas yang berani menebus banderol 15 juta euro (Rp209 miliar) yang dicantumkan tim asal kota Genoa tersebut.

Cara pendekatan pun beragam. Kedekatan Cassano dengan Giuseppe Marottamembuat manajemen Juve mendekati Direktur Umum Sampdoria itu terlebih dahulu. BuktinyaMarotta pernah kedapatan bertemu Jean-Claude Blanc, Manajer Umum I Bianconeri, beberapa waktu lalu.

Memang isu yang berembus adalah tawaran mereka untuk Marotta agar mengisi salah satu posisi direktur di Juventus. Tapi, bukan tak mungkin kesempatan itu digunakan sekaligus untuk bernegosiasi tentang sang penyerang.

Dari Napoli, keaktifan pengejaran ini sangat bergantung pada nasib Ezequiel Lavezzi. Nama terakhir tengah disambung-sambungkan dengan kepindahannya ke klub Inggris, Liverpool dan Manchester City, karena mulai tidak betah di San Paolo.

Jika jadi hengkang, I Partenopei pasti berusaha keras mendatangkan pemain kelahiran Bari, 26 tahun silam tersebut. Hubungan baik dengan pelatih Roberto Donadoni, yang memercayainya sebagai salah satu punggawa Azzurri di Piala Eropa 2008saat Donadoni masih menjadi pelatih timnas Italia, bisamenjadimodal.

Inter lain lagi. Mereka mengirim Direktur TeknikMarco Branca ke Marassi guna bernegosiasi langsung dengan pihak Sampdoria demi mendapat incaran mereka sejak era Roberto Mancini ini.

KabarnyaLa Beneamata rela mengeluarkan dana 10 juta europlus kepemilikan penuh atas Nelson Rivas dan gelandang serangLuis Jimenez. Bahkan Mario Balotelli berharap bisa berduet dengannya di Inter musim depan.

“Saya menerima beberapa masukan darinya mengenai sikap saya belakangan ini dan sangat berterima kasih atas bantuan itu. Tentu sangat bagus jika kami bisa berduet bersama. Tapi, sejauh ini, kami hanya bisa berduetdalam permainangimvideo, ” ujar Balotelli di situs klub.

Lalu bagaimana tanggapankubu Cassano mengenai rumor ini?

“Sungguh menyenangkan bila pemain Anda dikait-kaitkan dengan tim besar seperti Juventus dan Inter. Hanya, saat ini Antonio sangat betah berada di Sampdoria. Klub telah berbuat banyak untuknya dan klien saya berniat menghormati kontrak tersebut,” cetus Giuseppe Bozzo pada calciomercatonews.com.

Meski mendapat jaminan dari sang agen, rupanya pihak klub tak percaya begitu saja andalannya bakal 100 persen bertahan. Lihat saja usaha putus asa Presiden Ricardo Garrone mempertahankan Fantantonio.

“Peluangnya bertahan di sini mencapai 95 persen. Tapi, saya sangat yakin Cassano tak akan ke mana-mana. Karakter dan temp e ramennya hanya akan mendatangkan masalah jika ia bermain di tim besar,” ujar sosok yang telah menjadi pemilik klub Genoa sejak 2002 ini seperti dikutip Tuttosport.

Jadi, apa pilihan Cassano? Sulit menentukan jawabannya saat ini. Maklum, jendela transfer pemain baru akan ramai Juli mendatangsehingga masih banyak berbagai kemungkinan yang terjadi. (Anggun Pratama)



--


Brighi Ingin Keadilan

Bagaimana sikap Anda jika lebih sering bermain dan berperan penting untuk tim tapi mendapat bayaran kurang dari yang didapat pemain yang akrab dengan bangku cadangan? Tentu wajar jika Anda berani menuntut lebih. Inilah yang dilakukan Matteo Brighi.

Matteo Brighi, berharap jasanya dihargai layak. (Foto: AFP)

Brighi memang menjadi satu dari sedikit pemain Roma yang permainannya paling mengilap musim ini. Lihat saja koleksi penampilannya yang mencapai 43 kali di semua ajang, baik itu sebagai startermaupun pengganti.

Jumlah ini jelas jauh lebih banyak ketimbang Juan (26), Alberto Aquilani (19), dan Mirko Vucinic (37), yang sudah terlebih dahulu mendapat perpanjangan kontrak plus kenaikan gaji.

“Matteo tidak dianggap sebagai prioritas utama. Padahal kontribusinya untuk tim sangat besar. Sungguh tak adilmelihat pemain seperti klien saya yang mudah saja dipinggirkan ketika sedang terpuruk, tapi sulit mendapat gaji yang pantas kala bermain bagus,” ujar Vanni Puzzolo dalam sebuah acara Radio, La Signora in Giallorosso.

Kontrak sang gelandang berusia 28 tahun ini bersama I Lupi memang baru berakhir pada 2012. Tapi, bayaran sebesar 1,3 juta euro atau sekitar 16,7 miliar rupiah per tahun yang ia terima, termasuk terendah di Roma. Bandingkan dengan Jeremy Menez, yang menerima 2,3 juta euro walau hanya 32 kali tampil musim ini dan 18 di antaranya dari bangku cadangan.

“Tentu saja Brighi kecewa. Tapi, ia masih menanti janji yang pernah diucapkan pihak klub di awal musim. Kalau memungkinkan, segala urusan negosiasi ini harus selesai sebelum masa liburan usai. Jika tidak, kami akan segera mencari klub lain,” ucap sang agen lagi.

Internazionale, AC Milan, dan Fulham dari Inggris merupakan beberapa tim yang menginginkan jasanya. (gun)





Pellissier Naik Kasta

Perjalanan hidup seseorang memang tak bisa ditebak. Tapi, dengan kerja keras, mimpi seliar apa pun bisa tercapai. Mengaku tak pernah membayangkan menjalani debut Italia di usiayang ke-30, Sergio Pellissier malah langsung membuat gol!

Gawang Irlandia Utara, yang dikawal Jonathan Tuffey, menjadi saksi gol perdana penyerang Chievo ini di levelinternasionaldalam laga uji coba . “Hidup memang aneh. Saat berpikir hanya menjadi cameo, saya malah dipercaya tampil selama 30 menit dan mampu membuat gol,” ujarnya di Football Italia.

Kepercayaan ini hadir setelah penyerang berpostur 175 cm initampiltajam bersama I Mussi Volanti. Sepanjang musim 2008/09, pria yang lahirpada12 April di Aosta, Italia, ini membuat 13 gol. Tak ayal berkat gol dan penampilan debutnya bersamaTim Azzurri, Sabtu (6/6), namanya kini menjadi incaran berbagai klub.

Sebut saja Fiorentina, Napoli, hingga dua tim Eropa semacam Werder Bremen (Jerman) dan Zenit St. Petersburg (Rusia). Tentu Chievo yang mendapat untung karena otomatis harga jual pemainnya itu meningkat.

Situs Transfermarkt menyebut nilai pasaran Pellissier mencapai 4,5 juta euro atau hampir 62,7 miliar rupiah. Besar, karena Si Keledai Terbang merekrutnya nyaris tanpa biaya dari tim cadangan Torino tahun 2000. (gun)


--







Dampak Kebebasan

Kekacauan finansial di Premier League menurut Wall Street Journal terjadi lantaran kebebasan berlebihan yang diberikan pada klub-klub.

Tidak seperti kompetisi-kompetisi olah raga profesional di AS yang memiliki sejumlah pembatasan, klub-klub Premiership tidak membatasi gaji maksimal pesepal bola, pemain boleh dibeli dan dijual ke mana saja, serta pihak administratur tak punya kendali untuk ikut menentukan investor seperti apa yang boleh ikut bermain.

Profesor Stefan Szymanski, seorang ahli ekonomi olah raga asal London, menyebut di 2009/10 keuntungan klub Premier League akan menurun untuk pertama kali sejak 1992 sebesar 5-10%. Untuk mengatasinya, pihak klub akan merampingkan skuad utama yang bernilai mahal.

“Langkah itu paling masuk akal karena sekitar 60% dari keuntungan klub dihabiskan untuk membeli dan menggaji pemain. Padahal,pada 1992, sektor itu hanya memakan 44% dari renevue klub,”sebut Szymanski.

Untungnya kebijakan perpajakan baru di Inggris turut membantu “mengusir” pemain mahal. Kini pajak pendapatan pemain sepak bola yang merumput di Inggris meningkat dari 40% menjadi 50%. (toen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar